pembuatan komik fisika tentang kemagnetan 4 - jawab : iya * info : magnet lain itu adalah magnet...

Download Pembuatan Komik Fisika Tentang Kemagnetan 4 - Jawab : Iya * Info : Magnet lain itu adalah magnet bumi.…

Post on 08-May-2019

217 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

- 1 -

LAMPIRAN :

Rancangan Proses Pembelajaran Indikator : 1. Siswa dapat menjelaskan bahwa kutub magnet bebas selalu menunjuk utara-selatan. 2. Siswa dapat membuat kompas sederhana. 3. Siswa dapat menggunakan kompas dan peta sebagai penunjuk jalan. Alat dan bahan : 1. Ember/ baskom 2. Air 3. 8 buah magnet 4. 3 buah kayu 5. Kertas pembukus warna gelap. 6. Sterofom 7. Isolasi 8. Kompas 9. Peta Motivasi : Guru memberikan kompas dan peta. Guru bertanya pada siswa : bagaimana cara menggunakan kompas dan peta sebagai penunjuk arah? Hipotesa :

- . - .

Guru membagi kelas dalam 3 kelompok. Setelah itu guru memberikan 3 kayu yang dibungkus kepada 3 kelompok. Kemudian guru meminta 1 orang dalam tiap kelompok untuk meniru posisi kayu yang dibungkus tadi setelah di apungkan dalam baskom yang berisi air yang diputar beberapa kali. Setelah itu guru memberikan magnet yang dibungkus kepada setiap kelompok dan melakukan hal yang sama dengan sebelumnya. Dan guru menanyakan mengapa posisi benda yang diberikan pertama arahnya sembarang sedangkan benda yang diberikan kedua posisnya sama ? setelah siswa menjawab kemudian guru meminta setiap kelompok membuka bungkusan tersebut. Perumusan Masalah : Mengapa magnet bebas selalu menunjuk arah utara-selatan?

- 2 -

Hipotesa : - . - . Guru membagikan komik pada siswa Kegiatan inti : Guru mengajak siswa mencari jawabannya dengan mengikuti kegiatan berikut ini : Kegiatan I : Bagaimana cara menentukan kutub-kutub magnet ? Hipotesa : - .. - .. ( Siswa di tugaskan membaca halaman 3 4 ) Pertanyaan menggiring mengamati : 1. Apa yang harus di lakukan agar magnet dalam keadaan bebas ?

Jawab : Diapungkan di air, atau diikat di tengahtengah, atau diletakkan di poros. 2. Setelah diputarputar dan ditunggu berhenti, kemana arah magnet bebas itu ?

Jawab : Utaraselatan. 3. Bagaimana menentukan mana kutub utara dan mana kutub selatan ?

Jawab : Yang menunjuk kutub utara geografis adalah kutub utara magnet diberi tanda U dan yang menunjuk kutub selatan geografis adalah kutub selatan magnet diberi tanda S.

4. Apakah warna dapat digunakan untuk menentukan kutub utara dan kutub selatannya? Jawab : tidak dapat, karena kita dapat memberi warna apa saja pada kutub kutubnya. Pertanyaan menggiring menarik kesimpulan : ( Bagaimana cara menentukan kutub utara dan selatan magnet? ) Jawab : cara menentukan kutub utara dan kutub selatan adalah dengan membiarkan magnet bebas bergerak contohnya di apungkan di air atau di gantung di tengah-tengah . Yang menunjuk utara geografis itu adalah kutub utara magnet dan yang menunjuk selatan geografis itu adalah kutub selatan magnet.

Kegiatan II : Apa yang terjadi jika kutubkutub magnet saling didekatkan ? Hipotesa : - Tarikmenarik. - Tolakmenolak . - Tidak terjadi apaapa. (Siswa di tugaskan membaca halaman 4 6 ! ) Pertanyaan menggiring mengamati : 1. Ada berapa magnet yang dibutuhkan untuk mendekatkan kutub-kutub magnet?

Jawab : 2 magnet 2. Ada berapa cara kombinasi mendekatkan kutub-kutub magnet ?

Jawab : ada 4 cara kombinasi. 3. Apa saja 4 cara kombinasi mendekatkan kutub-kutub magnet ?

- 3 -

Jawab : Utarautara, selatanselatan, utaraselatan, selatanutara. 4. Apa yang terjadi jika kutubkutub itu di dekatkan?

Hasil Pengamatan : - Kutub utara didekatkan kutub utara : saling tolak menolak. - Kutub selatan didekatkan kutub selatan : saling tolak menolak. - Kutub utara didekatkan kutub selatan : saling tarik menarik. - Kutub selatan didekatkan kutub utara : saling tarik menarik.

5. Tolak menolak terjadi jika kutub senama atau tidak senama didekatkan? Jawab : Senama.

6. Tarik menarik terjadi jika kutub senama atau tidak senama didekatkan? Jawab : tidak senama.

Pertanyaan menggiring menarik kesimpulan : (Apa yang terjadi jika kutubkutub magnet saling didekatkan ? ). Jawab : kutub senama akan tolak menolak dan kutub tidak senama akan tarik menarik.

Kegiatan III : Mengapa magnet bebas menunjuk utaraselatan ? Hipotesa : - - (Siswa di tugaskan membaca halaman 6 ! ) Pertanyaan menggiring mengamati : 1. Dengan menggunakan magnet B, bagaimana memindah kutub utara magnet A yang

semula ke arah utara pindah ke timur ? Jawab : Mendekatkan kutub selatan magnet B ke kutub utara magnet A, kemudian dibawa ke timur.

2. Dalam posisi tetap seperti itu, putar-putar magnet A. Kemana arah magnet A akhirnya berhenti ? Jawab : Tetap ke timur.

3. Sekarang jauhkan magnet B. kemudian magnet A kita putar-putar, menunjuk kemana arah utara magnet A ? Jawab : Utara

Hasil Pengamatan : Ketika dalam keadaan bebas kutub utara magnet A menunjuk utara. Ketika kutub selatan magnet B didekatkan ke kutub magnet A tejadi tarik menarik dan kutub utara magnet A dapat dipindah kearah timur oleh kutub selatan magnet B. Ketika magnet A diputar-putar, kutub utara magnet tetap menunjuk timur. Ketika magnet B dijauhkan dan magnet A diputar-putar kemudian berhenti, kutub utara magnet A menunjuk utara. Pertanyaan menggiring menarik kesimpulan : Jika kutub magnet A dapat dipindah kearah timur oleh kutub selatan magnet B. Dan ketika diputar-putar kutub utara masih tetap berhenti kearah timur. Jika tidak ada magnet B, dalam keadaan diam magnet A selalu menunjuk utara. Apakah kamu percaya ada magnet lain seperti magnet B selalu mengarahkan kutub utara magnet A ke arah utara ?

- 4 -

Jawab : Iya * Info : Magnet lain itu adalah magnet bumi. (Mengapa magnet bebas menunjuk utara selatan ?) Jawab : Karena ada magnet lain yang selalu mengarahkannya ke arah utara selatan, yaitu magnet bumi. Kegiatan VI : Dimana tepatnya letak kutubkutub magnet bumi ?

Hipotesa : - . - . (Siswa di tugaskan membaca halaman 6 7 ! ) Pertanyaan menggiring mengamati : Guru menggambarkan magnet bebas dan posisi bumi dan kutubkutubnya. 1. Lihat magnet kecil, gambarkan dimana kutub utara dan kutub selatan magnet. 2. Di kutub utara bumi ada kutub utara atau selatan magnet bumi ?

Jawab : Ada kutub selatan magnet bumi. 3. Di kutub selatan bumi ada kutub utara atau selatan manet bumi ?

Jawab : Ada kutub utaranya magnet bumi. Pertanyaan menggiring menarik kesimpulan : (Dimana tepatnya letak kutubkutub magnet bumi ?) Jawab : Di utara bumi ada kutub selatannya magnet bumi dan di kutub selatan ada kutub utara magnet bumi. Kegiatan V : Bagaimana cara membuat kompas sederhana ? Hipotesa : - . - . (Siswa di tugaskan membaca halaman 7 9 ! ) Pertanyaan menggiring mengamati : 1. Apa saja bagian kompas?

Jawab :

Kutub pada magnet bebas di gambar siswa.

- 5 -

- Jarum kompas - Wadah kompas - Mata angin

2. Apakah jarum kompas, magnet atau bukan ? Bagaimana cara mengetahuinya ? Jawab : Magnet, dengan cara memutarmutar magnetnya dan jika magnet pasti jarum kompasnya akan selalu menunjuk utara selatan.

3. Apa yang sudah kita punya ? Jawab : Magnet yang bebas yaitu magnet yang diapungkan di air.

4. Apa yang kurang ? Jawab : Mata angin.

(* Info : buatlah mata angin dengan menggambarnya di kertas. Kemudian setelah jadi kita letakkan di bawah magnet yang terapung tadi ). Hasil pengamatan : Bagian kompas ada magnet bebas dan arah mata angin. Pertanyaan menggiring menarik kesimpulan : ( Jika kita sudah memiliki magnet bebas dan mata angin. Bagaimana cara membuatnya menjadi kompas sederhana ? ) Kesimpulan : Cara membuat kompas sederhana: dengan magnet bebas ( magnet yang terapung ) dan membuat mata anginya dari kertas kemudian meletakkan magnet bebas ( magnet yang terapung ) di atas mata angin.

Kegiatan VI : Bagaimana cara menggunakan kompas dan peta sebagai penunjuk arah ? Misalnya kita di Salatiga akan pergi ke Magelang melewati boyolali ? Hipotesa : - - (Siswa di tugaskan membaca halaman 9 10 ! ) Pertanyaan menggiring mengamati : 1. Bagimana cara agar kutub utara jarum kompas menunjuk utara yang sesungguhnya?

Jawab : Dengan cara mengimpitkan kutub utara jarum kompas dengan utara mata angin kompas.

2. Supaya peta betul-betul menunjuk utara yang sesungguhnya, apa yang harus di lakukan? Jawab : Meletakkan kompas yang sudah berimpit dengan utara mata angin kompas di atas mata angin peta dan mengimpitkan ketiganya.

3. Apabila belum berimpit apa yang harus dilakukan ? Jawab : Memutar-mutar peta.

4. Kalau kita di Salatiga akan pergi ke Magelang di mana kompasnya akan diletakkan ? Jawab : Di Salatiga ( Kota tempat kita berada ).

5. Menurut peta Magelang ada di mananya salatiga ? Jawab : Barat daya.

- 6 -

6. Apakah bisa mengarahkan kemudinya langsung ke Magelang ? Jawab : Tidak, karena tidak ada jalan lurus menuju Magelang dari Salatiga.

7. Jadi, kemana kita mengarahkan kemudinya ? Jawab : Boyolali.

8. Menurut peta Boyolali ada di mananya Salatiga ? Jawab : Tenggara. *info : setelah sampai di kota terdekat yaitu Boyolali, ulangi prosedur yang sama untuk menuju kota terdekat berikutnya, dimana seterusnya sampai kita di tempat tujuan. cara menggunakan kompas dan peta sebagai penunjuk arah adalah sebagai berikut : 1. Mengimpitkan jarum utara kompas dengan utara mata angin kompas. 2. Mengimpitkan jarum utara kompas dengan utara mata angin kompas dan mata angin

pada peta. 3. Setelah semua berimpit menggeser kompas ke tempat kita berada ( Salatiga ). 4. Jika kompas sudah diletakkan di Salatiga. Lihat di mana letak boyolali dari Salatiga

kemudian arahkan kemudinya. 5. Jika telah sampai ke kota terdekatnya ulangi prosedur 1-4 untuk menuju kota berikutnya,

demikia seterusnya sampai di tempat tujuan.

- 1 -

SOAL EVALUASI Nama : Kelas : No. Absen :

1. Apakah warna dapat digunakan untuk menentukan kutub utara dan kutub selatan

magnet? Apa alas