pedoman umum ppdb 2015

8
1 | 8 PEMERINTAH DAERAH SUBANG DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI I SUBANG Jalan Ki Hajar Dewantara No. 14 A Subang 41212 Telp. (0260) 411402 website: http://www.sman1subang.sch.id e-mail: [email protected] PEDOMAN PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMA NEGERI 1 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 A. PENDAHULUAN Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), merupakan bagian integral dari penyelenggaraan sistem pendidikan dan persekolahan yang secara rutin dan terencana diselenggarakan pada setiap akhir tahun pelajaran menjelang awal kegiatan belajar mengajar tahun pelajaran berikutnya dimulai. Mengingat PPDB sebagai bagian integral dari sistem pendidikan dan penyelenggaraan persekolahan, maka dinamika serta problematika yang ada dan terjadi sangat dipengaruhi oleh keberadaan sistem pendidikan itu sendiri. Demikian pula halnya dengan kegiatan PPDB tahun pelajaran 2015/2016 merupakan tahun ketiga pelaksanaan Kurikulum 2013 sebagai konsekuensi dari tuntutan masyarakat yang mengharapkan agar SMA dapat menghasilkan lulusan yang mampu berfikir logis, terampil, mampu memecahkan masalah secara cerdas dan sekaligus berakhlak dan berbudi pekerti yang baik sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Selain itu, para lulusan juga diharapkan mampu bersaing baik secara lokal, regional, nasional maupun global. Namun demikian, kompleksitas dinamika serta problematika yang terjadi, hendaknya tetap berpijak pada komitmen bersama insan-insan pendidikan yakni upaya peningkatan mutu pendidikan sebagai bagian integral dari upaya peningkatan sumber daya manusia ditengah-tengah kompetisi bangsa-bangsa di dunia. Kebijakan serta tindakan yang dilakukan, selayaknya berbasis pada peningkatan mutu tersebut. Oleh karena itu, dalam upaya merealisasikan hal termaksud, SMA Negeri 1 Subang sebagai institusi dalam kiprahnya turut bertanggung jawab terhadap pembangunan sumber daya manusia, memandang perlu melanjutkan kebijakan dalam penyelenggaraan PPDB Tahun Pelajaran 2015/ 2016, sebagai langkah konstruktif dalam melakukan penemuan bentuk ideal kegiatan PPDB khususnya yang dilaksnakan di SMA Negeri 1 Subang dengan tetap mengacu pada kebijakan yang ada pada saat ini, sesuai dengan kebijakan serta strategi yang dikembangkan pemerintah provinsi Jawa Barat. Dalam pelaksanaannya perlu penerapan aturan dan ketentuan tentang rekruitmen calon siswa baru agar berkualitas. Ketentuan tersebut perlu dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen oleh semua pihak. Dengan demikian, akan didapatkan input yang diharapakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. B. DASAR 1. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; 2. Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Upload: de-fiat

Post on 30-Jan-2016

22 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Pedoman Umum PPDB 2015

1 | 8

PEMERINTAH DAERAH SUBANG DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI I SUBANG Jalan Ki Hajar Dewantara No. 14 A Subang 41212 Telp. (0260) 411402

website: http://www.sman1subang.sch.id e-mail: [email protected]

PEDOMAN PELAKSANAAN

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMA NEGERI 1 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

A. PENDAHULUAN

Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), merupakan bagian integral dari penyelenggaraan sistem pendidikan dan persekolahan yang secara rutin dan terencana diselenggarakan pada setiap akhir tahun pelajaran menjelang awal kegiatan belajar mengajar tahun pelajaran berikutnya dimulai.

Mengingat PPDB sebagai bagian integral dari sistem pendidikan dan penyelenggaraan persekolahan, maka dinamika serta problematika yang ada dan terjadi sangat dipengaruhi oleh keberadaan sistem pendidikan itu sendiri. Demikian pula halnya dengan kegiatan PPDB tahun pelajaran 2015/2016 merupakan tahun ketiga pelaksanaan Kurikulum 2013 sebagai konsekuensi dari tuntutan masyarakat yang mengharapkan agar SMA dapat menghasilkan lulusan yang mampu berfikir logis, terampil, mampu memecahkan masalah secara cerdas dan sekaligus berakhlak dan berbudi pekerti yang baik sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Selain itu, para lulusan juga diharapkan mampu bersaing baik secara lokal, regional, nasional maupun global.

Namun demikian, kompleksitas dinamika serta problematika yang terjadi, hendaknya tetap berpijak pada komitmen bersama insan-insan pendidikan yakni upaya peningkatan mutu pendidikan sebagai bagian integral dari upaya peningkatan sumber daya manusia ditengah-tengah kompetisi bangsa-bangsa di dunia. Kebijakan serta tindakan yang dilakukan, selayaknya berbasis pada peningkatan mutu tersebut.

Oleh karena itu, dalam upaya merealisasikan hal termaksud, SMA Negeri 1 Subang sebagai institusi dalam kiprahnya turut bertanggung jawab terhadap pembangunan sumber daya manusia, memandang perlu melanjutkan kebijakan dalam penyelenggaraan PPDB Tahun Pelajaran 2015/ 2016, sebagai langkah konstruktif dalam melakukan penemuan bentuk ideal kegiatan PPDB khususnya yang dilaksnakan di SMA Negeri 1 Subang dengan tetap mengacu pada kebijakan yang ada pada saat ini, sesuai dengan kebijakan serta strategi yang dikembangkan pemerintah provinsi Jawa Barat.

Dalam pelaksanaannya perlu penerapan aturan dan ketentuan tentang rekruitmen calon siswa baru agar berkualitas. Ketentuan tersebut perlu dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen oleh semua pihak. Dengan demikian, akan didapatkan input yang diharapakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

B. DASAR

1. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

2. Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Page 2: Pedoman Umum PPDB 2015

2 | 8

3. PP Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan dan Prestasi Peserta Didik yang memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa;

4. PP Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;

5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;

6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA;

7. Model Penyelenggaraan Peminatan, Lintas Minat, dan Pendalaman Minat di SMA, Direktorat Pembinaan SMA Tahun 2013;

8. Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru SMA/MA/SMK Tahun Pelajaran 2015/2016.

9. Program Kerja SMA Negeri 1 Subang Tahun Pelajaran 2015/2016.

10. Hasil Rapat Manajemen SMA Negeri 1 Subang tanggal 7 Mei 2015.

C. TUJUAN

1. Memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siswa lulusan SMP atau sederajat untuk melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Subang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Mendapatkan peserta didik baru Kelas X Tahun Pelajaran 2015/2016 terbaik yang mempunyai prestasi akademik dan/atau non akademik tinggi dan mampu meraih sukses menempuh studi di SMAN 1 Subang.

D. PRINSIP

1. Penerimaan peserta didik baru SMA Negeri 1 Subang tahun pelajaran 2015/2016 dilaksanakan secara obyektif, transparan, dan akuntabel berdasarkan pada program PPDB SMAN 1 Subang tahun pelajaran 2015/2016.

2. Kesempatan untuk mengikuti seleksi PPDB pada SMA Negeri 1 Subang terbuka seluas-luasnya bagi peserta didik SMP atau sederajat baik negeri maupun swasta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Semua calon peserta didik yang memenuhi syarat dapat diterima sebagai peserta didik sesuai daya tampung SMA Negeri 1 Subang.

4. Pendaftaran tidak dipungut biaya (gratis)

E. KETENTUAN UMUM CALON PESERTA DIDIK

1. Calon peserta didik baru SMAN 1 Subang adalah semua lulusan SMP/MTs atau yang sederajat yang telah memenuhi syarat dan ketentuan usia paling tinggi 21 tahun pada awal tahun pelajaran 2015/2016.

2. Calon peserta didik baru SMAN 1 Subang adalah lulusan SMP/MTs atau yang sederajat tahun berjalan dan lulusan satu tahun sebelumnya, termasuk lulusan program Paket B, tahun berjalan dan tahun sebelumnya sesuai ketentuan.

Page 3: Pedoman Umum PPDB 2015

3 | 8

3. Berkelakuan baik, tidak terlibat kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolah asal.

F. JALUR SELEKSI

Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 1 Subang Tahun Pelajaran 2015/2016 dilakukan

melalui 2 (dua) jalur, yaitu :

1. Jalur Akademik

PPDB Jalur Akademik adalah proses penerimaan peserta didik baru dengan menggunakan kriteria utama berupa nilai hasil Ujian Nasional sebagai dasar seleksi yang dilaksanakan secara off line atau on line yang dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang dapat diakses oleh masyarakat luas melalui internet.

2. Jalur Non-Akademik

a. Afirmasi/keberpihakan

Jalur afirmasi adalah penerimaan peserta didik baru berdasarkan afirmasi (keberpihakan) untuk warga miskin/tidak mampu secara ekonomi/anak yatim/yatim piatu/warga sekitar sekolah yang memiliki MoU/dilindungi perundang-undangan yang berlaku.

b. Apresiasi Prestasi Siswa

Jalur apresiasi prestasi siswa adalah siswa yang berprestasi dan memperoleh gelar kejuaraan dalam bidang Iptek, Seni, Olahraga, dan Agama. Diutamakan pada prestasi yang diperoleh pada kejuaraan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Lembaga/Organisasi yang memiliki induk Organisasi Tingkat Kabupaten/Kota, Propinsi, dan Nasional.

G. KUOTA/DAYA TAMPUNG

Kuota/daya tampung peserta didik baru SMA Negeri 1 Subang yaitu sebanyak 360 orang yang dibagi menjadi 10 Rombongan Belajar (7 Peminatan IPA dan 3 Peminatan IPS) dengan kuota untuk tiap jalur seleksi adalah sebagai berikut :

1. Jalur Akademik : 75% x 360 = 270 orang

2. Jalur Non-Akademik : 25% x 360 = 90 orang

H. PERSYARATAN PENDAFTARAN

1. Jalur Akademik

a. Mengisi formulir pendaftaran (formulir Model F-1)

b. Melampirkan Surat Keterangan Lulus dari SMP atau sederajat yang disahkan oleh Kepala Sekolah

c. Melampirkan SKHUN asli atau SKHUN sementara yang disahkan oleh Kepala Sekolah (apabila SKHUN asli belum ada).

d. Melampirkan fotokopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir.

Page 4: Pedoman Umum PPDB 2015

4 | 8

e. Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak yang dibuat Orang tua/wali. (formulir Model F-9)

f. Melampirkan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari sekolah asal.

g. Pendaftar laki-laki menggunakan map berwarna biru dan pendaftar perempuan menggunakan map berwarna kuning.

2. Jalur Non-Akademik Afirmasi siswa miskin/kurang mampu

a. Mengisi formulir pendaftaran (formulir Model F-3)

b. Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK)

c. Melampirkan fotokopi akte kelahiran/Surat Kenal Lahir.

d. Melampirkan SKHUN asli atau SKHUN sementara yang disahkan oleh Kepala Sekolah (apabila SKHUN asli belum ada).

e. Terdaftar dalam data base siswa miskin di Kabupaten Subang, Menyerahkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/KIS/KIP atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari pejabat yang berwenang.

f. Menyerahkan surat keterangan Tanggungjawab Mutlak Orang Tua/Wali (format disediakan sekolah/formulir Model F-9 )

g. Menyerahkan Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak pejabat yang menerbitkan surat keterangan. (format disediakan sekolah/formulir Model F-6 )

h. Melampirkan surat pernyataan (formulir Model F-8) yang ditanda tangani oleh calon peserta didik dan Orang Tua/Wali peserta didik yang menyatakan :

1) Persetujuan atas pemilihan kelompok peminatan (pilihan 1 dan pilihan 2)

2) Apabila diterima di SMAN 1 Subang, calon peserta didik/orang tua/wali bersedia ditempatkan pada kelompok peminatan pilihan 2 apabila tidak memenuhi kriteria pada kelompok peminatan pilihan 1.

i. Melampirkan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari sekolah asal.

j. Pendaftar laki-laki menggunakan map berwarna merah dan pendaftar perempuan menggunakan map berwarna hijau.

3. Jalur Non-Akademik Apresiasi Prestasi siswa

a. Mengisi formulir pendaftaran (formulir Model F-2)

b. Melampirkan fotokopi akte kelahiran/Surat Kenal Lahir.

c. Melampirkan SKHUN asli atau SKHUN sementara yang disahkan oleh Kepala Sekolah (apabila SKHUN asli belum ada).

d. Melampirkan surat keterangan Tanggungjawab Mutlak Orang Tua/Wali (Formulir Model

F-9 )

e. Melampirkan Sertifikat kejuaraan asli.

f. Melampirkan Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak dari Pimpinan Lembaga yang mengeluarkan sertifikat (formulir Model F-6)

Page 5: Pedoman Umum PPDB 2015

5 | 8

g. Melampirkan surat pernyataan (formulir Model F-8) yang ditandatangani oleh calon peserta didik dan orang tua/wali peserta didik yang menyatakan :

1) Persetujuan atas pemilihan kelompok peminatan (pilihan 1 dan pilihan 2)

2) Apabila diterima di SMAN 1 Subang, calon peserta didik/orang tua/wali bersedia ditempatkan pada kelompok peminatan pilihan 2 apabila tidak memenuhi kriteria pada kelompok peminatan pilihan 1.

h. Melampirkan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari sekolah asal.

i. Pendaftar laki-laki menggunakan map berwarna merah dan pendaftar perempuan menggunakan map berwarna hijau.

I. PENDAFTARAN

1. Jalur Akademik dan Non-Akademik Apresiasi Prestasi Siswa

a. Pendaftaran Kolektif (bagi calon peserta didik yang berasal dari Kabupaten Subang)

1) Kepala sekolah mengakomodasi, memfasilitasi, dan membuat rekapitulasi data pendaftar/daftar kolektif calon peserta didik di sekolah masing-masing dalam bentuk printout (cetak) maupun soft copy (file excel dalam CD) dengan format yang sudah ditentukan. (formulir Model F-10 untuk jalur Non Akademik prestasi, dan formulir

Model F-11 untuk jalur Akademik)

2) Melampirkan surat pernyataan Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa data dan nilai pendaftar adalah benar dan apabila ditemukan ada pemalsuan (manipulasi) data bersedia menerima sanksi sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku. (formulir Model F-12).

3) Kepala sekolah mendaftarkan calon peserta didik

b. Pendaftaran Perseorangan

1) Pendaftaran dilakukan secara langsung oleh calon peserta didik.

2) Pendaftar menyerahkan kelengkapan syarat-syarat yang telah ditentukan.

2. Jalur Non-Akademik afirmasi siswa miskin/kurang mampu

a. Pendaftaran dilakukan secara langsung oleh calon peserta didik dan Orang Tua/Wali calon peserta didik.

b. Pendaftar Menyerahkan kelengkapan syarat-syarat yang telah ditentukan.

3. Pilihan sekolah yang dituju

a. Setiap calon peserta didik wajib memilih 2 sekolah pilihan yang berada di Kabupaten Subang lengkap dengan kelompok peminatan (Program Studi MIPA/IPS).

b. Setiap calon peserta didik bebas memilih untuk sekolah pilihan 1, pilihan kedua wajib memilih sekolah yang berada dekat dengan tempat tinggal.

Page 6: Pedoman Umum PPDB 2015

6 | 8

J. WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN

1. Waktu

Jalur Non-Akademik : tanggal 15 Juni s.d. 20 Juni 2015 , pukul 08.00 s.d 14.00 WIB. setiap

hari kerja.

Jalur Akademik : tanggal 29 Juni s.d. 4 Juli 2015 , pukul 08.00 s.d 14.00 WIB. setiap

hari kerja.

2. Tempat

Sekretariat Pendaftaran PPDB SMAN 1 Subang - Jl. Ki Hajar Dewantara No. 14 A Subang Kabupaten Subang.

K. MEKANISME SELEKSI PENERIMAAN

1. Jalur Akademik

a. Seleksi calon peserta didik baru SMAN 1 Subang pada jalur ini ditentukan melalui pemeringkatan nilai UN peserta didik.

b. Bagi calon peserta didik yang tidak diterima di sekolah pilihan ke-1, akan dilimpahkan ke sekolah pilihan ke-2.

2. Jalur Non-Akademik Afirmasi siswa miskin/kurang mampu

Seleksi jalur afirmasi siswa miskin/kurang mampu secara ekonomi/anak yatim/yatim piatu, ditentukan melalui verifikasi data, data base dan/atau verifikasi dilapangan, serta pertimbangan jarak tempat tinggal ke sekolah calon peserta didik.

3. Jalur Non-Akademik Apresiasi Prestasi Siswa

a. Calon peserta didik pada jalur ini diseleksi berdasarkan database prestasi siswa yaitu daftar nama siswa dan prestasi yang diperoleh dari berbagai kejuaraan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, organisasi induk olahraga/kesenian atau lembaga lainnya yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan dan menjadi database dalam sistem PPDB.

b. Bagi calon peserta didik pada jalur ini yang ternyata tidak termasuk dalam sistem PPDB akan dilakukan verifikasi data yang dientri operator sekolah akan diproses sistem menjadi skor.

c. Seleksi didasarkan perolehan skor dari sertifikat prestasi yang dimiliki calon peserta didik (daftar prestasi dan penskoran terlampir)

L. KELULUSAN

1. Jalur Akademik

Kelulusan calon peserta didik melalui jalur akademik ditentukan oleh passing grade sekolah dengan mempertimbangkan peringkat Nilai UN dan kuota sekolah.

2. Jalur Non-Akademik

Page 7: Pedoman Umum PPDB 2015

7 | 8

Kelulusan calon peserta didik melalui jalur Non-Akademik ditentukan oleh kuota/daya tampung sekolah dengan mempertimbangkan peringkat akumulasi Nilai penskoran.

3. Keputusan tentang kelulusan peserta didik yang diterima di SMAN 1 Subang bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

M. PENGUMUMAN KELULUSAN

Pengumuman kelulusan akan diberitahukan secara luas dan terbuka melalui website http://www.sman1subang.sch.id , dan papan pengumuman khusus di SMAN 1 Subang.

1. Jalur Non-Akademik : 25 Juni 2015

2. Jalur Akademik : 9 Juli 2015

N. DAFTAR ULANG

Calon peserta didik yang dinyatakan DITERIMA wajib melakukan daftar ulang secara langsung (tidak diwakilkan) dengan membawa persyaratan (ditentukan kemudian) dan mengenakan seragam sekolah masing-masing

1. Jalur Non-Akademik : 26 s.d. 27 Juni 2015 pukul 08.00 -14.00

2. Jalur Akademik : 10 s.d. 11 Juli 2015 pukul 08.00 -14.00

Apabila pada waktu yang sudah ditentukan calon peserta didik tidak melakukan daftar ulang, maka yang bersangkutan dinyatakan MENGUNDURKAN DIRI.

O. JADWAL

Pelaksanaan seluruh tahapan seleksi penerimaan peserta didik baru mengacu pada rentang jadwal sebagai berikut :

No. Kegiatan Rentang Waktu

1. Pengiriman surat pemberitahuan ke SMP/MTs. 12 s.d. 15 Mei 2015

2. Pendaftaran/Penerimaan berkas pendaftaran jalur Non-Akademik

15 Juni s.d. 20 Juni 2015

3. Pengumuman hasil seleksi jalur Non-Akademik 25 Juni 2015

4. Daftar ulang jalur Non-Akademik 26 s.d 27 Juni 2015

5. Pendaftaran Penerimaan berkas pendaftaran jalur Akademik

29 Juni s.d. 4 Juli 2015

6. Pengumuman hasil seleksi jalur Akademik 9 Juli 2015

7. Daftar Ulang jalur Akademik 10 s.d. 11 Juli 2015

8. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 13 s.d. 14 Juli 2015

P. LAIN-LAIN

1. Apabila terjadi pemalsuan data/nilai untuk kepentingan pendaftaran siswa, akan diproses secara hukum dan siswa tersebut akan dikeluarkan dari SMA Negeri 1 Subang.

Page 8: Pedoman Umum PPDB 2015

8 | 8

2. Informasi resmi PPDB SMA Negeri 1 Subang tahun pelajaran 2015/2016 dapat diakses melalui Website SMA Negeri 1 Subang http://www.sman1subang.sch.id

3. Apabila ada perubahan jadwal akan diberitahukan melalui Website SMA Negeri 1 Subang http://www.sman1subang.sch.id dan/atau kontak person pendaftar/sekolah asal pendaftar.

Q. PENUTUP

Demikian Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Subang Tahun Pelajaran 2015/2016 ini ditetapkan untuk menjadi acuan dalam pelaksanaanya. Apabila ada hal-hal yang belum diatur dalam ketentuan ini akan diberitahukan kemudian.

Subang, 7 Mei 2015 Kepala SMA Negeri 1 Subang, ttd Iin Solahudin, S.Pd., MM.Pd. NIP. 19660427 198903 1 001