pedoman magang 2015

22
Buku Pedoman Pendidikan Sitem Ganda (PSG) SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru Yayasan Sandhykara Putra Telkom Tahun 2015

Upload: luthfi-ariyanto

Post on 07-Dec-2015

23 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

Untuk yang magang

TRANSCRIPT

Page 1: Pedoman Magang 2015

Buku PedomanPendidikan Sitem Ganda (PSG)

SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru

Yayasan Sandhykara Putra Telkom

Tahun 2015

BUKU PEDOMAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) / MAGANG

Page 2: Pedoman Magang 2015

A. LATAR BELAKANG

Pendidikan Sistem Ganda (PSG) / Magang adalah secara umum bentuk kerja sama antara SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru dengan Dunia Usaha / Dunia Industri (DUDI) atau Instansi yang berkompeten dalam praktek kerja / magang di lapangan, uji praktek kompetensi dan sertifikasi bagi siswa. Secara khusus bertujuan mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan Dunia Usaha/ Industri (DU/ DI) dan adanya pengakuan berupa pemberian sertifikat.

SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru dibawah pembinaan Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT) menjalin kerjasama PSG dengan PT. Telkom Indonesia Tbk. Pelaksanaan PSG ini didasari pada perjanjian kerjasama (MoU) antara PT. Telekomunikasi Indonesia dengan Yayasan Sandhykara Putra Telkom Nomor :TEL. 175/ HK810/ HRC60/ 2012 dan Nomor: PKS. 09/ PDD/ DPPP-YSPT/V/2012. Tentang : PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) Terhadap Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di bawah pembinaan YSPT untuk diberikan kesempatan guna memanfaatkan fasilitas TELKOM melalui Pendidikan Sistim Ganda.

B. TUJUAN

Secara umum sebagai pedoman dalam pelaksanaan Pendidkan Sistem Ganda (PSG) / magang.

C. RUANG LINGKUP

Prosedur kegiatan praktikum magang diterapkan untuk siswa magang , Koordinator PSG, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kemahasiswaan dan Hubin, Kepala Program Studi, Guru Pembimbing, Guru Penguji, Pembimbing Lapangan dan DUDI atau Instansi tempat magang yang terlibat pada pelaksanaan magang pada Program Magang SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.

Ruang lingkup pekerjaan magang mencakup bidang sebagai berikut :

1. Untuk semua Sistem Jaringan Akses : tembaga, radio dan fiber optic (FO).

(1)Instalasi(2)Operasi dan Pemeliharaan(3)Pasang Baru(4)Penanganan Gangguan(5)Administrasi Pelaporan.

Page 3: Pedoman Magang 2015

2. Untuk semua Sistem Jaringan Komputer (1)Perakitan dan Perawatan PC (Maintenance PC)(2)Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi(3)Perancangan dan Pembuatan Jaringan Komputer berbasis kabel dan

nirkabel (4)Instalasi Sistem Operasi Jaringan (5)Desain Grafis menggunakan Corel Draw dan Adobe Photoshop(6)Aplikasi perkantoran

D. TATA TERTIB MAGANG

1. Setiap peserta diwajibkan untuk hadir setiap hari kerja, sesuai dengan jadwal kerja yang telah ditetapkan oleh kantor yang bersangkutan , termasuk waktu istirahat serta mentaati peraturan yang berlaku dikantor setempat.

2. Setiap peserta diwajibkan untuk melaksanakan tugas dengan baik, disiplin, bertanggungjawab dan melaporkan hasilnya kepada pembimbing PSG.

3. Setiap peserta tidak diperkenankan menggunakan fasilitas–fasilitas dinas baik telepon, faksimail, komputer, dan lain-lain tanpa seijin kepala kantor / pembimbing lapangan untuk kepentingan pribadi.

4. Apabila terjadi sesuatu yang mengakibatkan tidak dapat mengikuti kegiatan (sakit, urusan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan) maka yang bersangkutan diwajibkan untuk melapor dan minta ijin kepada pembimbing PSG lapangan tembusan guru pembimbing di sekolah dan menyerahkan bukti fisik surat baik surat sakit dari dokter atau surat ijin dari anggota keluarganya yang berkompeten.

5. Selama PSG, setiap peserta diwajibkan untuk memakai baju seragam PSG yang telah ditetapkan SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.

6. Selama PSG, setiap peserta diwajibkan untuk memelihara kekompakan, kerukunan serta diwajibkan untuk memelihara / menjaga nama baik SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru serta kantor tempat PSG.

7. Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan yang ditugaskan oleh pembimbing PSG, seperti upacara, apel pagi, senam dll.

8. Setiap peserta wajib mengganti segala kerusakan/ kerugian yang diakibatkan oleh kesalahan / kelalaian oleh siswa PSG yang bersangkutan.

E. GURU PENGANTAR DAN PEMBIMBING PSG

Guru dari SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru memiliki tugas dan wewenang:

Sebagai Pengantar:

1. Mendata jumlah siswa dan tempat pelaksanaan PSG

Page 4: Pedoman Magang 2015

2. Mengkoordinasikan pelaksanaan PSG dengan dunia usaha/ industri (industri telekomunikasi dan non telekomunikasi) tentang kegiatan tersebut

3. Mengantarkan siswa ke tempat tujuan PSG4. Menjelaskan ruang lingkup PSG kepada pembimbing lapangan PSG5. Mencatat Alamat Kantor, Email/ Nomor Telepon Pembimbing Lapangan

DU/ DI untuk kepentingan data base

Sebagai Pembimbing:

1. Memonitor pelaksanaan PSG2. Memberikan bimbingan selama kegiatan PSG berlangsung baik melalui

media elektronik maupun non elektronik, lisan maupun tulisan seperti berkomunikasi lewat telepon, surel, jejaring grup PSG dan web update.

3. Membantu memberikan alternatif solusi bagi siswa yang memiliki permasalahan di bidangnya masing-masing selama pelaksanaan PSG

Pembimbing lapangan/Supervisor

Adalah karyawan yang ditunjuk oleh pimpinan DUDI atau kepala instansi yang berkompotensi sesuai bidang keahlian yang dimiliki siswa.

Tugas dan wewenang pembimbing lapangan adalah :

1. Membimbing dan mengarahkan pelaksanaan tugas.2. Memberi penilaian atas hasil kerja siswa yang menyangkut sikap,

pengetahuan dan keterampilan.3. Memberi tugas yang harus dilaksanakan siswa PSG4. Mengevaluasi seluruh kegiatan dan laporan kegiatan siswa selama PSG.

F. KEWAJIBAN SEKOLAH DAN SISWA

Kewajiban sekolah

1. Membuatkan Surat Keputusan (SK) panitia pelaksana, pembimbing dan penguji magang.

2. Memberi bimbingan, arahan dan petunjuk secara keseluruhan mengenai pelaksanaan magang.

3. Menanggung biaya pengajuan asuransi bagi siswa yang mengikuti magang.

4. Menanggung biaya guru pengantar dan penjemput, guru pembimbing dan penguji.

5. Merencanakan dan mengkoordinasikan magang.

Kewajiban siswa

1. Melaksanakan PSG sesuai dengan ketentuan sekolah maupun dunia industri telekomunikasi tempat PSG.

2. Menaati semua peraturan yang berlaku di kantor magang.

Page 5: Pedoman Magang 2015

3. Menanggung sendiri biaya akomodasi dan transportasi selama pelaksanaan magang.

4. Mencari kos bagi yang magang diluar kota.5. Membayar uang SPP seperti biasa.

G. DETAIL PROSEDUR

1. PERSIAPAN MAGANG

a. Siswa secara informal melakukan survey lapangan untuk menjajagi tempat magang yang dituju.

b. Siswa mengisi Surat/Angket Permohonan Magang yang terlebih dahulu disetujui dan ditanda tangani oleh orang tua (bermaterai Rp. 6.000,-).

c. Siswa membuat proposal magang (khusus DUDI / instansi nontelkom) yang berisi spesifikasi keterampilan personal yang dimiliki dan keterampilan yang ingin diperoleh di DUDI /Instasi sesuai dengan kompetensi program keahliannya.

d. Kepala Program Studi memverifikasi proposal Magang yang akan diajukan sesuai dengan kompetensi keahlian.

e. Siswa mengajukan surat permohonan magang dan proposal magang yang telah diverifikasi kepada Ketua PSG yang diketahui Wakil Kepala bidang Kesiswaan dan Hubin.

f. Ketua PSG menyetujui usulan magang dan menerbitkan surat permohonan magang kepada DUDI/ instansi yang dituju dan diproses oleh sekretaris PSG.

g. Siswa menyerahkan surat pemohonan magang dan proposal ke DUDI / Instansi tempat magang.

h. DUDI / Instansi tempat magang mengirimkan surat balasan diterima atau tidak dapat merealisasikan magang bagi siswa PSG.

i. Apabila surat balasan DUDI / Instansi magang tidak dapat merealisasikan maka siswa dapat mengajukan permohonan ke DUDI / Instansi lain yang kompeten

j. Sekretaris PSG menerbitkan Surat Tugas Melaksanakan Magang dari Kepala Sekolah kepada siswa yang memenuhi syarat kenaikan kelas ke kelas XII.

k. Siswa yang magang di luar kota atau tidak mempunyai keluarga di kota tersebut harus mendapatkan kos terdekat dengan kantor sebelum serah terima.

l. Siswa berkoordinasi dengan guru pengantar yang telah ditentukan untuk mengatur jadwal serah terima magang.

m. Siswa datang ketempat praktek kerja diantar oleh guru pengantar, memperkenalkan diri kepada kepala kantor serta stafnya dan memberikan penjelasan tentang teknis pelaksanaan PSG.

Page 6: Pedoman Magang 2015

n. Mendengarkan pengarahan dari kepala kantor tentang organisasi, SDM, ruang lingkup pekerjaan, peraturan-peraturan kedinasan dan perangkat yang berada di bawah tanggung jawabnya. Pada kesempatan ini kepala kantor juga memperkenalkan petugas yang menjadi pembimbing siswa di lapangan.

o. Pembimbing membawa siswa untuk mengenal lingkungan kerjanya.p. Pembimbing bersama siswa menyusun program kerja dan

mekanisme pelaksanaannya.q. Pembimbing memberikan pengarahan dan penjelasan sebelum siswa

mulai bekerja.r. Siswa melaksanaan magang.

s. Dokumen dan perlengkapan yang dipersiapkan yaitu :(1) Mengisi Surat Pernyataan sanggup mengikuti aturan di

perusahaan/kantor bermaterai Rp. 6.000,00.(2) Menyiapkan Foto Warna ukuran 3x4 (2 lembar) dan 2x3 (2

lembar)(3) Memprint buku jurnal magang(4) Bergabung di Grup Magang Facebook : 15 the Best (untuk

informasi magang)(5) Bergabung di Grup Line : skatel@15 (media sosial dan tanya jawab seputar tugas)(6) Bergabung di Googlegroups : [email protected]

(mengirim dokumen magang)(7) Mendownload file daftar guru pengantar, guru pembimbing

laporan, kelompok presentasi laporan dan jadwal presentasi di grup Magang Facebook.

(8) Pakaian seragam atau pakaian sesuai ketentuan di tempat magang (sopan dan Rapi)

(9) Memprint atau membaca "Buku Pedoman Pendidikan Sistem Ganda".

2. SELAMA PELAKSANAAN MAGANG

a. Siswa mengisi buku jurnal harian dengan ditandatangi pembimbing lapangan setiap hari kerja.

b. Mengirimkan foto atau scan rekap jurnal harian setiap 1 minggu dan foto kerja magang ke email Googlegroups : [email protected]

c. Siswa konsultasi pekerjaan dan pembuatan laporan awal magang dan sharing via facebook, line dan googlegroups.

d. Siswa mengambil satu topik pekerjaan untuk dijadikan bahan laporan sesuai pekerjaan yang didapat dengan ruang lingkup yang dipersempit.

e. Diakhir setiap tugas yang mengambarkan suatu sub kompetensi dilakukan evaluasi dan penilaian, dan hasilnya dicantumkan dalam penilaian buku jurnal.

Page 7: Pedoman Magang 2015

f. Siswa diwajibkan membuat laporan hasil PSG yang format penyusunannya ditetapkan oleh SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru dan akan diadakan evaluasi dan dinilai oleh pembimbing lapangan dan guru pembimbing sekolah.

g. Siswa bersama guru penjemput magang berkoordinasi dengan pihak kantor untuk penjemputan.

h. Pada hari terakhir masa PSG siswa dan guru penjemput melaporkan secara singkat hasil semua kegiatan PSG kepada kepala kantor dan sekaligus menyampaikan salam perpisahan.

i. Dokumen dan perlengkapan yang dipersiapkan diakhir magang yaitu :Siswa (1) Membuat daftar hadir selama 3 bulan magang.(2) Meminta penilaian pada lembar akhir jurnal kepada pembimbing lapangan. (3) Meminta tanda tangan lembar pengesahan awal laporan kepada

pembimbing dan kepala kantor (di cap/stempel).(4) Meminta pembimbing mengisikan survey kepuasan magang.(5) Wajib meminta sertifikat atau surat keterangan melaksanakan magang.

Guru Pembimbing

(1)Daftar siswa, lokasi magang dan kelompok bimbingannya beserta no. telp yang dapat dihubungi.

(2)Mendapatkan Buku Pedoman Pendidikan Sistem Ganda.

Guru Penjemput

(1)Daftar siswa yang akan dijemput beserta kontak person kantor dan lokasi.

(2)Form Tindak Lanjut Magang untuk pelaksanaan magang di masa yang akan datang.

3. SETELAH MAGANG

a. Siswa berkonsultasi dengan guru pembimbing yang telah ditentukan. b. Siswa membuat laporan dengan materi yang disetujui oleh

pembimbing DUDI/ Instansi dan guru pembimbingc. Petunjuk pembuatan laporan mengacu kepada Buku Pedoman

Pendidikan Sistem Ganda.d. Siswa yang telah beberapakali konsultasi dan disetujui siap untuk

melaksanakan presentasi laporan.e. Siswa membuat slide power point laporan.f. Mengetahui kelompok, jadwal dan ruang presentasi.g. Mengetahui penguji laporanh. Menyiapkan 2(dua) audience dari kelas X (1 anak) dan kelas XI (1

anak)i. Setiap kelompok menyiapkan snack untuk penguji dan audience

(sesuai kemampuan)

Page 8: Pedoman Magang 2015

j. Siswa mempresentasikan laporannya dan diujikan oleh guru penguji dari TJA dan TKJ serta penguji independen dari guru lain yang kompeten.

k. Siswa mencatat saran dan masukan yang diberikan untuk revisi laporannya jika ada penambahan atau kesalahan konsultasikan dengan guru pembimbing.

l. Laporan yang telah direvisi dan fix harus sudah terurut dari cover sampai lampiran (semua tanda tangan telah dilengkapi mulai dari pembimbing, penguji, kepala kantor, dan kepala sekolah) siap untuk di dokumentasikan.

m. Siswa mengumpulkan laporan kepada sekretaris PSG untuk diinventaris.

n. Laporan yang dikumpul dicek kembali kelengkapan, urutan dan struktur penulisannya.

o. Laporan siap dijilid.p. Dokumen dan perlengkapan yang harus disiapkan : Siswa :

(1) Siswa harus membayar SPP minimal sampai dengan bulan terakhir magang.

(2) Lembar Konsultasi(3) Lembar pengesahan yang telah ditanda tangani.(4) Fotocopy Laporan sebanyak 2 berkas untuk penguji.(5) Slide presentasi(6) Lembar Penguji yang telah ditanda tangani

(7) Laporan yang telah direvisi dijadikan 2 bentuk yaitu : Bentuk Softcopy PDF dalam 1 file terurut dari cover sampai

lampiran. Lembar asli yang tidak bisa dijadikan PDF dapat discan atau difoto. PDF dikirimkan ke: [email protected] & [email protected]

Bentuk Hardcopy Laporan dijilid hardcover sebanyak 2 buah yaitu yang asli dan fotocopy. Laporan harus sudah terurut dari cover sampai dengan lampiran dikumpulkan ke sekretaris PSG yang mengkoordinir penjilidan.

(8) Berkas lampiran dengan urutan : Fotocopy dan scan sertifikat atau surat keterangan Jurnal asli. Lembar penilaian/nilai magang dari pembimbing lapangan

asli. Daftar hadir magang asli. Lembar konsultasi asli. Survey kepuasan magang asli. Foto magang sebanyak 2 buah.

Guru Penguji :

(1) Daftar nama, kelompok, jadwal dan nomor ruang pengujian.(2) Lembar penilaian pengujian.(3) Fotocopy laporan siswa yang akan diuji.

Page 9: Pedoman Magang 2015

(4) Daftar hadir siswa yang diuji dan audience.

q. Sekretaris PSG mengumpulkan nilai magang siswa yaitu nilai dari pembimbing lapangan, nilai penguji dan presentasi laporan.

r. Nilai yang telah terkumpul diolah dan diberikan ke wali kelas XII. s. Siswa magang memperoleh nilai magang dan dituliskan pada rapor

semester V. t. Siswa menyerahkan laporan yang telah dijilid kepada :

(1) Instansi Magang(2) Perpustakaan

G. SUSUNAN LAPORAN :

1. HALAMAN JUDUL 2. LEMBAR PENGESAHAN

Pada lembar pengesahan, siswa menyiapkan format pengesahan oleh 2 orang pembimbing (lapangan dan sekolah) yang diketahui oleh kepala kantor setempat dan format untuk dewan penguji sekolah yang diketahui oleh kepala sekolah.

3. KATA PENGANTAR Mencakup ucapan puji syukur, terima kasih dan lain-lain yang menyangkut pelaksanaan magang.

4. DAFTAR ISIMencakup urutan dari halaman judul sampai lampiran. (Contoh terlampir)

5. DAFTAR TABEL (jika ada)6. DAFTAR GAMBAR (jika ada)7. DAFTAR LAMPIRAN

8. BAB I. PENDAHULUAN A. Latar belakang

Membuat gambaran secara umum tentang perkembangan teknologi komunikasi, dampaknya pada aspek sosial budaya masyarakat, peran SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru dalam pendidikan dan yang melatar belakangi pelaksanaan magang.

B. Tujuan 1. Tujuan Pelaksanaan Magang2. Tujuan Pembuatan Laporan

C. Batasan MasalahMencakup batasan masalah yang ruang lingkupnya dipersempit terkait dengan hasil praktek kerja.

D. Metode Mencakup yang digunakan dalam pengumpulan data laporan diantaranya metode praktikum, metode observasi, metode wawancara dan metode kepustakaan

E. Manfaat Pendidikan Sistem Ganda1. Manfaat bagi siswa 2. Manfaat bagi Dunia Industri (DUDI)

9. BAB II. LANDASAN TEORIBerisikan teori yang mendukung pekerjaan dan penyelesaian masalah pada BAB III.

Page 10: Pedoman Magang 2015

10. BAB III. HASIL PRAKTEK KERJAA. Gambaran Umum Perusahaan/Kantor/InstansiB. Pekerjaan yang dilakukanC. Prosedur KerjaD. Permasalahan yang dihadapi E. Pemecahan Masalah

11. BAB IV. PENUTUP A. Kesimpulan B. Saran/Rekomendasi

1. Saran bagi tempat magang2. Saran bagi sekolah

12. DAFTAR PUSTAKA 13. LAMPIRAN

Urutan lampiran dapat dilihat pada dokumen dan perlengkapan setelah magang halaman sebelumnya.

H. SISTEMATIKA PENULISAN

1. Bahan dan UkuranNaskah diketik pada kertas HVS kwarto ( 22 x 30 cm ). Sampul dibuat dari kertas buffalo atau yang sejenis, diperkuat dengan karton dan dilapisi plastic (Hardcover). Tulisan yang terletak pada sampul sama dengan halaman judul. Warna sampul untuk laporan magang berwarna MERAH dengan cetak warna tulisan timbul dipermukaan.

2. Pengetikan

a. Jenis huruf : Times New Roman 12 pt. Jenis huruf lain diperbolehkan Cambria 12pt, Arial 11pt dan Book Antiqua 11pt. Naskah laporan diketik tidak bolak balik dengan ketikkan jarak antara dua baris adalah 1,5 spasi. Kecuali kutipan langsung, judul tabel, nama gambar, daftar pustaka diketik dengan jarak antar baris 1 spasi.

b. Batas tepi ( margin ) Tepi atas : 4 cm Tepi kiri : 4 cm Tepi bawah : 3 cm Tepi Kanan : 3 cm

c. Hurup pertama setiap paragraf diidentasikan/ dimasukan dengan tujuh ketukan huruf dari batas kiri naskah dan diketik tegak. Bila ada kata dalam bahasa asing atau belum ada terjemahannya maka kata tersebut diketik miring.

d. Singkatan - singkatan seperti dll, tsb, Jl, dst, s.d dan sebagainya tidak diperbolehkan dalam penulisan laporan.

e. Judul, sub-judul, anak sub-judul dan lain-lainJudul diketik dengan jelas, serta sesingkat mungkin; tanpa diakhiri titik; bisa dimungkinkan menggunakan jenis font dan ukuran font yang tidak sama dengan body text. Penomoran bab harus disertakan dengan jelas. Sub-judul, anak sub-judul, sub anak

Page 11: Pedoman Magang 2015

sub-judul diketik dengan jelas, serta sesingkat mungkin; tanpa diakhiri titik; bisa dimungkinkan menggunakan jenis font dan ukuran font yang tidak sama dengan body text dan judul. Penomoran bab / anak sub-bab / sub anak sub-bab harus disertakan dengan jelas.

f. Gambar, Grafik, dan TabelDiletakkan simetris center serta diberi nama/penjelasan dan nomor yang mengacu pada nomor bab dimana gambar, grafik, atau tabel tersebut berada.

g. Penulisan Bullets & NumberingSebisa mungkin hindari menggunaan strip atau bullet.

3. Penomoran

a. Bagian awal Laporan, mulai dari halaman judul sampai dengan halaman daftar lampiran diberi nomor halaman dengan angka Romawi kecil yaitu i, ii, iii, iv dan seterusnya ditempatkan ditengah - tengah kaki halaman.

b. Bagian utama dan bagian akhir, mulai dari PENDAHULUAN sampai dengan halaman terakhir, diberi nomor halaman dengan angka Arab, yaitu 1, 2, 3 dan seterusnya ditempatkan di pojok kanan atas halaman. Jika terdapat judul bab, maka nomor halaman ditempatkan ditengah-tengah pada kaki halaman / bawah.

c. Pembuatan penomoran pada penulisan naskah laporan penunjukan hierarki yang dimaksudkan sebagai berikut.

Contoh :

I. Bagian tingkat pertama A. Bagian tingkat kedua

1. Bagian tingkat keempat a. Bagian tingkat kelima 1). Bagian tingkat keenam a). Bagian tingkat ketujuh

(1). Bagian tingkat kedelapan (a). Bagian tingkat kesembilan

d. Nomor dan nama Gambar, dan GrafikGambar diberi nomor dengan angka arab, didahului dengan angka BAB, diikuti nomor urut dari kecil ke besar, tanpa diakhiri dengan titik. Nama Gambar diletakkan simetris di bawah gambar. Sedapat mungkin keterangan gambar diketik pada halaman yang sama.

Contoh :

Page 12: Pedoman Magang 2015

Gambar nomor 1 dari BAB III bernama Pengupasan Kabel Serat Optik , maka penulisan nama gambar adalah : Gambar 3.1 Pengupasan Kabel Serat Optik

e. Nomor Daftar atau Tabel,Aturan penomorannya sama dengan penomoran gambar. Bedanya nama dan nomor tabel diletakkan simetris di atas tabel.

f. Nomor persamaanNomor urut persamaan yang berbentuk rumus matematis, reaksi kimia dan lainnya, ditulis dengan angka Arab di dalam kurung, dan ditempatkan di dekat batas tepi kananContoh :

E = m.c2

(1)4. Bahasa

a. Bahasa yang dipakai ialah bahasa Indonesia baku, sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar.

b. Penulis atau penyusun Laporan tidak boleh menggunakan kata / istilah saya, namun harus menggunakan istilah penulis, dan sedapat mungkin digunakan kalimat pasif.

c. Istilah asing yang memang belum ada terjemahannya dalam bahasa Indonesia, atau kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia mempunyai pengertian lain, kata itu diketik seperti kata asli, tetapi diketik miring. Misalnya : fiber optic diketik fiber optic.

5.Penulisan Acuan

Jika suatu kalimat atau rumus diambil lengkap dari buku acuan, maka perlu dan harus disebut pengarang dan tahun penerbitan buku.Contoh :Sebuah kalimat lengkap diambil dari buku Dasar-dasar Teknik dan pemrograman CNC karangan David Gibbs, terbitan tahun 1991, sebagai berikut : Tidaklah mungkin menghilangkan keterlibatan manusia secara total dari proses pemesinan.Catatan: derajat kesarjanaan pengarang tidak perlu ditulis.Maka penulisannya adalah sebagai berikut :alternatif 1Menurut David Gibbs (1991), tidaklah mungkin menghilangkan keterlibatan manusia secara total dari proses pemesinan.

atau, alternatif 2Tidaklah mungkin menghilangkan keterlibatan manusia secara total dari proses pemesinan (Gibbs, 1991)

Page 13: Pedoman Magang 2015

Bila pengarang buku tersebut lebih dari satu, maka dapat ditulis sebagaiberikut:Menurut David Gibbs dkk (1991) , tidaklah menghilangkan keterlibatan manusia secara total dari proses pemesinan.atauMenurut David Gibbs et al (1991), tidaklah menghilangkan keterlibatan manusia secara total dari proses pemesinan.

6. Penulisan Daftar Pustaka (Bibliografi) Daftar Pustaka dibuat secara lengkap dari buku yang dijadikan referensi, pengarang, judul buku, tahun percetakan dengan sistematika tertentu. Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan alfabet, berturut-turut dari atas ke bawah, tanpa menggunakan angka arab (1,2,3, dan seterusnya). Baris kedua dan selanjutnya diketik menjorok ke dalam pada ketukan yang ke tujuh.

a. Sumber acuan : BukuCara penulisan daftar pustaka sebagai berikut:1. Tulis nama pengarang (nama pengarang bagian belakang ditulis

terlebih dahulu, baru nama depan)2. Tulislah tahun terbit buku. Setelah tahun terbit diberi tanda titik (.)3. Tulislah judul buku (dengan diberi garis bawah atau cetak miring).

Setelah judul buku diberi tanda titik (.).4. Tulislah kota terbit dan nama penerbitnya. Diantara kedua bagian

itu diberi tanda titik dua (:). Setelah nama penerbit diberi tanda titik

Contoh :Sumber acuan berupa buku dengan judul The PC Configuration Handbook Acomplete Guide to Troubleshooting, Enchancing, and Maintaining Your PC, 2nd Edition karangan John Woran, terbitan tahun 1990, penerbit Bantam Books, Toronto.Maka Penulisan daftar pustaka adalah:Woran, J., 1990. The PC Configuration Handbook Acomplete Guide to

Troubleshooting, Enchancing, and Maintaining Your PC, 2nd

Edition. Toronto : Bantam Books

Contoh lain :

Amperiyanto,Tri. 1993. Sri Penuntun Praktis Melindungi Data dan Hard Disk. Jakarta : Elekmedia Komputindo

b. Sumber acuan : Jurnal/Laporan

Page 14: Pedoman Magang 2015

Pengarang, tahun penerbitan, Judul Jurnal, Kelompok Jurnal, Volume: halaman.Contoh :(dari jurnal dengan judul The Science of Product Develepment dari jurnal dengan kelompok bidang ilmu industrial technology, volume jurnal 44 dari halaman 178 sampai dengan halaman 183)

Hodgson, J., Surtiman, A. dan Pearce, S., The Science of Product Develepment, Industrial Technology, 44:178-183.

Contoh lain :

Kusumaningsih, Tyasari, 2012, Laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di PT. Pramindo Ikat Nusantara (PINs) Jakarta tentang Pembuatan Aplikasi dengan Menyertakan Komponen Active Data Object Dalam Delphi dan Smart Building. Laporan tidak dipublikasikan. Banjarbaru : SMK Telkom Sandy Putra Banjarbaru,

c. Sumber acuan : artikel dari situs di internet

Tidak diperbolehkan alamat URL secara umum misalnya: www.google.com1) Artikel umum dari internet dengan nama

Penulis, tahun, judul artikel, [jenis media], alamat website (diakses tanggal …).*) Judul artikel harus ditulis miringContoh :Winarko, E. ____, Penulisan Sitasi pada Karya Ilmiah, [pdf],

http://ewinarko.staff.ugm.ac.id/metopen/modul6-daftarpustaka.pdf, (diakses tanggal 17 September 2008 )

2) Artikel umum dari internet tanpa nama Anonim, tahun, judul artikel, [jenis media], alamat website (diakses tanggal …).

*) “Anonim” dapat diganti dengan “_____”. Judul artikel harus ditulis miring

Contoh :

_____, 2011, Deskripsi Produk Telkom Speedy, [online], http://telkomspeedy.com/product-description, (diakses pada tanggal 1 September 2014)

I. PENUTUP

Page 15: Pedoman Magang 2015

Demikian Buku Pedoman Pendidikan Sistem Ganda (PSG) / Magang ini dibuat mudah-mudahan dapat mempermudah pelaksanaan magang bagi seluruh komponen yang terlibat dalam pelaksanaan magang tersebut.

Contoh sampul laporan :

L A P O R A N PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)

INSTALASI DAN PENANGANAN GANGGUAN TEKNIS SENTRAL TRUNK / APLIKASI CCAN

DI PT TELKOM BANJARBARU, KALIMANTAN SELATAN

Diajukan untuk melengkapi Persyaratan Dalam Menyelesaikan PendidikanPada Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi Sandhy Putra

Banjarbaru

Page 16: Pedoman Magang 2015

Dibuat Oleh :

AHMAD TAUFIQNIS : 123456

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELEKOMUNIKASISMK TELKOM SANDHY PUTRA BANJARBARU

TAHUN 2014

Contoh Lembar Pengesahan Pembimbing :

LEMBAR PENGESAHAN

Disetujui untuk dilaporkan dihadapan Tim Penguji Prestasi Akademik

Program Studi ……………………… Sekolah Menengah Kejuruan

Telekomunikasi ( SMK TELKOM ) Sandhy Putra

Banjarbaru

Pada Tanggal : ………………. 2015 Pada Tanggal : ………………. 2015

Pembimbing Lapangan: Pembimbing Sekolah

Page 17: Pedoman Magang 2015

1. ……………………………. 2. ……………………………

NIK : ………………………………… NIK : ………………………………

Mengetahui

Kepala Kantor ……………….

( ……………………………………………)

NIK : ……………………….

Contoh lembar pengesahan pengujian.

Telah dipertahankan di hadapan dewan Penguji Prestasi Akademi

Program Studi ……………………… Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi

( SMK TELKOM ) Sandhy Putra Banjarbaru

Pada Tanggal : …… Oktober 2015

Dewan Penguji :

Page 18: Pedoman Magang 2015

1. < Nama Penguji 1> 1 : ……………………………..

2. < Nama Penguji 2> 2.: ……………………………..

Mengetahui:Kepala SMK Telkom Sandhy Putra

Banjarbaru

Abdul Karim, S.H, M.IKomNIK. 7638155