palembang ekspres senin, 3 september 2012

16
TERBIT 16 HALAMAN SENIN, 3 SEPTEMBER 2012 Rp. 1000,- SUARA : 563 PERSENTASE : 60 % SUARA : 197 PERSENTASE : 21 % SUARA : 30 PERSENTASE : 3.2 % SUARA : 118 PERSENTASE : 13 % SUARA : 9 PERSENTASE : 1 % SUARA : 16 PERSENTASE : 2 % M ENJELAJAHI dunia cinta memang men- jadi kebiasaanku se- jak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Wajahku yang innocence men- jadi daya tarik bagi para wanita yang berada di dekatku. Penjelajahan cintaku pun tidak pernah usai apalagi saat aku masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Petualangan cintaku semakin sengit dengan mema- cari banyak wanita dalam kurun waktu bersamaan. Meskipun masa muda ku habiskan dengan bermain cinta, Bersambung ke HAL 5 PALEMBANG. PE – Musim depan sepertinya sejumlah punggawa Sriwijaya FC (SFC) akan banyak yang hengkang. Entah karena factor apa, namun sejumlah nama pemain bintang dikabarkan sudah menjalin kontrak dengan klub lain. Malah, ada pemain yang berani teken kontrak padahal masih terikat perjanjian kerjasama dengan SFC. Sriwijaya FC sendiri tidak akan menghalangi jika para pemainnya ingin pindah ke klub lain. Hengkang ke Bandung PEMAIN SFC YANG DIKABARKAN BAKAL HENGKANG KE PERSIB 1. Firman Utina (15) 2. M Ridwan (23) 3. Supardi (22) 4. Jamie Coyne (3) 5. Kayamba Gumbs (17) 6. Ferry Rotinsulu (12) 7. Hilton Moreira (10) 8. Siswanto (7) SFC Bakal Gugat Firman dan Persib Bersambung ke HAL 5 Pacarku Dua Wanita Dalam Satu Rumah (1) PALEMBANG. PE – Belum hilang dalam ingatan kita musibah kebakaran besar pada hari raya Idul Fitri yang meng- hanguskan 39 unit rumah beberapa waktu lalu. Sabtu (1/9) sekitar pukul 04.00 WIB, kebakaran besar kembali terjadi di Jalan Selamet Riady, Lorong Sungai Jeruji 1, RT 8, 9 dan 10 Kecamatan Ilir Timur II. Lokasi Bekas Kebakaran Titik Jembatan Musi IV Wako Tawarkan Rumah Murah Bersambung ke HAL 5 BERIKAN BANTUAN Walikota Palembang Ir H Eddy Santana Putra MT saat melihat langsung lokasi korban kebakaran dan juga memberikan bantuan untuk meringankan beban korban. PRABUMULIH. PE – Tiga mantan pejabat Dinas Pendi- dikan (Disdik) Pemerintah Kota Prabumulih ditahan penyidik Reserse Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Prabu- mulih. Pasalnya, ketiga mantan pejabat tersebut diduga terlibat penyelewengan dan penerimaan hadiah dana blockgrand dari Anggaran Pendapatan Be- lanja Negara (APBN) Tiga Mantan Pejabat Disdik Prabumulih Ditahan Bersambung ke HAL 5 FOTO NOVA WAHYUDI/PALPRES FOTO DOK PALPRES

Upload: palembang-ekspres

Post on 13-Mar-2016

299 views

Category:

Documents


17 download

DESCRIPTION

Bener-bener korannyo Wong Plembang

TRANSCRIPT

Page 1: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

TerbiT 16 Halamansenin, 3 september 2012 Rp. 1000,-

Suara : 563PerSentaSe : 60 %

Suara : 197PerSentaSe : 21 %

Suara : 30PerSentaSe : 3.2 %

Suara : 118PerSentaSe : 13 %

Suara : 9PerSentaSe : 1 %

Suara : 16PerSentaSe : 2 %

menjelajaHi dunia cinta memang men-jadi kebiasaanku se-jak duduk di bangku

sekolah menengah Atas (smA).Wajahku yang innocence men-jadi daya tarik bagi para wanita yang berada di dekatku.

penjelajahan cintaku pun tidak pernah usai apalagi saat aku masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. petualangan

cintaku semakin sengit dengan mema-cari banyak wanita dalam kurun waktu bersamaan. meskipun masa muda ku habiskan dengan bermain cinta,

bersambung ke Hal 5

PalembanG. Pe – Musim depan sepertinya sejumlah punggawa Sriwijaya FC (SFC) akan banyak yang hengkang. Entah karena factor apa, namun sejumlah nama pemain bintang dikabarkan sudah menjalin kontrak dengan klub lain. Malah, ada pemain yang berani teken kontrak padahal masih terikat perjanjian kerjasama dengan SFC.

Sriwijaya FC sendiri tidak akan menghalangi jika para pemainnya ingin pindah ke klub lain.

Hengkang ke Bandung

Pemain SFC yang Dikabarkan bakalHengkang ke PerSib

1. Firman Utina (15)2. M Ridwan (23)3. Supardi (22)4. Jamie Coyne (3)5. Kayamba Gumbs (17)6. Ferry Rotinsulu (12)7. Hilton Moreira (10)8. Siswanto (7)

SFC bakalgugat Firman

dan Persib

bersambung ke Hal 5

Pacarku Dua Wanita Dalam Satu Rumah (1)

PalembanG. Pe – Belum hilang dalam ingatan kita musibah kebakaran besar pada hari raya Idul Fitri yang meng-hanguskan 39 unit rumah beberapa waktu lalu. Sabtu (1/9) sekitar pukul 04.00 WIB, kebakaran besar kembali terjadi di Jalan Selamet Riady, Lorong Sungai Jeruji 1, RT 8, 9 dan 10 Kecamatan Ilir Timur II.

Lokasi Bekas Kebakaran Titik

Jembatan Musi IV Wako Tawarkan rumah murah

bersambung ke Hal 5BERIKAN BANTUAN Walikota Palembang ir H eddy santana Putra mT saat melihat langsung lokasi korban kebakaran dan juga memberikan bantuan untuk meringankan beban korban.

PrabUmUliH. Pe – Tiga mantan pejabat Dinas Pendi-dikan (Disdik) Pemerintah Kota Prabumulih ditahan penyidik Reserse Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Prabu-mulih. Pasalnya, ketiga mantan pejabat tersebut diduga terlibat penyelewengan dan penerimaan h a d i a h d a n a blockgrand dari A n g g a r a n Pendapatan Be-lanja Negara (APBN)

Tiga Mantan Pejabat Disdik Prabumulih Ditahan

bersambungke Hal 5

foto novA WAhyudi/pAlpres

foto dok pAlpres

Page 2: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

Pimpinan Umum: Rosmiyati. Pemimpin Perusahaan: Ahmad Rosidi. Pemimpin Redaksi: Tri Nurwanto, Redaktur Pelakasana : Muhammad Iqbal. Kordinator Liputan : David Ariyanto, Tun Teja Staf Redaksi : Ella Sulistiana, Berry Sandi, Trisno, Dian Cahyani Fitri, Nefri Inge, M Wijdan (Ogan Ilir), Yuni Hartati (Muba), Hendra (OKU), Rifat Achmad (Mura/Lubuklinggau), Heru Fachrozi (Muara Enim), Heri Afrizon (OKU Selatan),

Firdaus (Empat Lawang/Lahat), Mujianto (OKI), Arman Jaya (OKU Timur), Andre (Prabumulih). Redaktur Foto: Nova Wahyudi. Bagian Pracetak: M Firman, Firyansyah, Abdul Kholid, Kgs Yahya, Bagian Iklan: Iwan Khumaini, Acounting Executive/AE : Abdul,Noris Taslim. Bagian Pemasaran: Abdul Kadir (Manager), Lukman, Alwi Riyanto Bagian Keuangan : Dimas Murdani Muharam, Silvi Winda Pratiwi, Penerbit: PT Citra Media Palembang Ekspres

Komisaris Utama: H Suparno Wonokromo. Komisaris: Muwarni, H Didi Wahyudi. Direktur Utama: H. Subki Sarnawi. Direktur: H Mahmud,Yunita Ayu

Tarif Iklan: Iklan Baris per baris Halaman 1 Display Full Colour/Warna Rp.60.000/mm kolom, Halaman 1 BW Rp.30.000,/mm kolom,Halaman Dalam Full Colour/Warna Rp.25.000/mm Kolom Harga Berlangganan Koran : Rp.25.000/bulan No. Rek Mandiri Pasar 16 PT Citra Media Palembang Ekspres 113002062008.8 [email protected]

Alamat Redaksi/ Sirkulasi/ Iklan: Gedung GRAHA PENA Palembang, Jl Kol H Barlian No 773, Palembang. Telepon (0711) 8304424, 411768, 415263, 415264, 419503. ext 136,139 Fax (0711) 420066.

PALEMBANG EKSPRES SENIN, 3 SEPTEMBER 20122

HOTLINE IKLAN 0711 77 95 171

Ribuan Masyarakat Berebut Jadi ‘Pelayan’

Pemkab PastikanTak Ada Jual Beli Bangku

PEMERINTAH Kabupaten Empat Lawang memastikan peneri-maan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2012 yang tesnya akan dilaksanakan pada 8 September 2012 serentak se Indonesia tidak ada bangku diperjualbelikan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri SE MM melalui Kepala BKD Empat Lawang Januarsyah Hambali, SH MH, kemarin (2/9).

Menurut dia, kesempatan untuk memperjual belikan itu sangat kecil, karena mekanisme mulai dari penyaluran master plan soal semuanya dilakukan oleh pemerintah pusat serta dikawal oleh pihak kepolisian dan Lembaga Sandi Nasional (LSN).

Selain itu Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Re-formasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) telah menunjuk 7 universitas ternama di Indonesia untuk membuat soal penerimaan CPNS, namun sangat disayangkan Universitas Sriwijaya belum diberikan amanat.

“Sangat kecil kemungkinan sekali, semuanya langsung dari pusat dan dikawal oleh pihak polisi serta LSN,”tegasnya.

Bukan hanya itu, master plan soal ujian tes CPNS sudah ada diprovinsi dan hari ini (Kemarin,red) akan dilakukan pembukaan master plan soal secara langsung yang disaksikan oleh pihak pusat, provinsi, kepolisian, dan perwakilan dari pemerintah daerah yang melakukan penerimaan CPNS.

Setelah itu, sambung Januarsyah, langsung diperbanyak soalnya dan disimpan diprovinsi yang dijaga ketat oleh kepolisian selama 24 jam dengan sistem 8 jam secara bergantian. Sedangkan master plan soal langsung dimusnahkan agar menghindari kebocoran soal. “Untuk soal belum bisa dipastikan kapan tiba di Empat Lawang, namun untuk peluang kebocoran soal sangat kecil karena dijaga ketat 3 orang polisi selama 24 jam dan sistem 8 jam bergantian,” jelasnya.

Januarsyah juga menyampaikan, pada penerimaan CPNS 2012 ini agar jangan percaya kepada oknum-oknum tidak bertanggung jawab dengan memberikan kepastian bisa meluluskan serta tentang kebocoran soal.

Dan juga untuk tes CPNS tahun ini masyarakat, LSM, awak media, dan anggota DPRD bisa mengawasi secara langsung untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. “Jangan percaya kepada oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memberikan angan-angan bisa meluluskan. Serta seluruh lapisan masyarakat bisa mengawasinya”katanya. FIR

Dr Hamidah, MAg, Sosiolog

Tingkatkan Taraf Hidup Rela SuapBUKAN rahasia umum jika ditemukan Calon Pegawai Negeri

Sipil (CPNS), yang terjadi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan jual beli kursi PNS.

Pasalnya, harapan pegawai semuanya sama. Guna me-ningkatkan taraf hidup banyak yang rela suap. “Sebetulnya dari amatan sosial, mereka menganggap menjadi PNS dapat dijamin oleh pemerintah seiap bulan,” ujar Hamidah, kepada Palembang Ekspres Minggu (2/9) via telepon tadi malam.

Dia mengatakan, untuk menjadi PNS banyak yang menutup mata akhirnya, bahkan menyuap demi menjadi pegawai. Padahal kata Hamidah, menjadi PNS tidak lantas menjadikan orang itu sejahtera.

“Ya, kalau dibandingkan sama buruh biasa, mungkin PNS lebih baik. Tetapi tidak juga menyuap dan membayar mahal untuk menebus SK dari pemerintah,” katanya.

Sudah banyak sambungnya, pegawai yang justru bekerja tidak sesuai dengan hak diberikan pemerintah. Sehingga, menjadi PNS bukan berarti jaminan untuk tidak berbuat curang sama saja merugikan pemeirntah.

Dia menambahkan, saat ini sudah menjadi rahasia umum, sehingga kebanyakan masyarakat berbondong-bondong mencari bantuan untuk masuk untuk menjadi PNS.

“Kita berharap tidak semua masyarakat memiliki pandangan demikian,a rtinya menjadi PNS harus benar-benar jujur. Kalau sudah diawal tidak jujur, bagaimana menjadi pemimpin bagi masyarakat, jika dari awal saja sudah mengikuti tren suap,” kata dia.

Dirinya sangat menyayangkan kasus demikian, karena semua akan terasa lebih baik dari mengerjakan apa yang sesuai aturan. Sehingga yang menyuap dan disuap sudah menjadi daftar yang tidak boleh ditiru. “Pemerintah juga harusnya tegas menyikapi hal ini, karena kalau tidak akan jadi apa bangsa ini. Pemerintah jugalah yang dapat menindaktegas supaya tidak berlangsung demikian,” tukasnya. DYN

Rela Bayar Mahal Demi Gaji Seumur HidupMENDAMBAKAN kehidupan mapan dan aman hingga hari tua menjadi salah satu alasan banyak masyarakat untuk bisa menjadi

Pegawai Negeri Sipil (PNS). Padahal tugas pokok PNS adalah abdi negara yang bertugas melayani kepentingan umum.

UNIkNyA lagi banyak masyarakat yang rela bayar mahal demi mendapatkan gaji seumur hidup tersebut. Akibatnya, aksi jual bel kursi menjadi kegiatan

biasa dan rahasia umum. Tak tanggung, besaran dana yang harus dike-

luarkan untuk bisa mendapatkan kursi empuk di dalam lingkaran pemerintahan. Puluhan hingga ratusan juta sudah barang tentu menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi.

Cara pembayaran juga beragam, ada ognum yang menjanjikan kursi dan meminta sejumlah dana terlebih dahulu. Kemudian berjanji akan mengembalikan uang booking jika tidak lolos seleksi. Ada pula yang menerima pembayaran dibelakang setelah lulus CPNS, ada lagi yang menerapkan system potong gaji selama beberapa tahun pertama.

Menanggapi fenomena tersebut, Arwani Deni, Sekretaris Komisi I DPRD Sumsel mengatakan, seharusnya praktek jual beli kursi CPNS tak lagi terjadi. Jangan sampai, banyak masyarakat yang rela mengorbankan hartanya untuk hidup santai dan mapan sesuai hayalan mereka.

“Padahal yang harus ditenamkan dalam benak masyarakat, seorang PNS adalah ‘pelayan’ atau dalam kata lain abdi negara, mereka harus berk-

erja sesuai tugas dan kemampuannya untuk bisa menjalankan tugas PNS yang sebarnya,” tegas Pria berkacamata itu.

Lebih lanjut Deni menambahkan, harusnya tidak boleh terjadi lagi aksi booking kursi. Se-bab kedepan yang dibutuhkan oleh pemerintah berkaitan dengan fungsi pelayanan dibutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas. Ulu dari ekspektasi itu dari rekturmen yang berkualifikasi. “Makanya untuk memastikan rekrutmen sesuai

fungsi, akuntabilitas dan transparansi. Maka harusnya DPRD juga terlibat dengan rekrutmen itu, tinggalnya bagai mana mekanismenya,” kata dia.

Tak hanya itu Deni menambahkan, ada ognum yang mencari keuntungan tanpa berfikir output yakni masyarakat yang harus dirugikan.

“Untuk mencari PNS dan abdi negara yang baik, maka lembaga negara harus membuka diri. Sebagai contoh Polri sudah punya serti-fikasi ISO untuk perektutmenan yang terbaik, pemerintah juga harus merujuk ke sana. Apa lagi sejak otonomi daerah, hendaknya jalur birokrasi bisa dipangkas. Itu harus terus kita dengungkan, bahwa menjadi PNS itu bukan jadi bos tapi jadi pelayan. Pemikiran ini yang harus ditanamkan di

benak mereka,” katanya.Lebih lanjut Deni me-

nambahkan, pada prak-teknya para pendaftar ber-pandangan bahwa menjadi PNS adalah pilihan terbaik diluar dari tugas seharus-nya. “Itu sebabnya harus ada lapangan kerja,” tu-tupnya. TJA

NGADU NASIB Para calon PNS saat membeli soal-soal CPNS (kiri) dan CPNS ini mengerjakan soal-soal yang dihadapinya. PNS masih menjadi favorit mencari pekerjaan bagi lulusan universitas.

FOTO-FOTO: DOKUMEN / PALPRES

Page 3: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

PALEMBANG. PE – Ang-garan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang dipre-diksikan menurun hingga Rp 2 miliar. Hal ini disebabkan adanya perubahan peraturan pemerintah dan pendapatan dari sejumlah sektor sumber pendapatan.

Sebelumnya, anggaran PAD ditetapkan sebesar Rp 458.533.807.831,31. Namun setelah perubahan APBD 2012 direncanakan menjadi Rp 455.936.773.219,85 atau men-galami penurunan sebesar Rp 2.597.034.611,46.

Wakil Walikota Palembang, H Romi Herton SH MH menjelas-kan, jenis pendapatan yang ma-suk dalam daerah meliputi pajak daerah, retribusi daerah dan lain-lain PAD yang sah.

Untuk pajak daerah sambung Romi, semula dianggarkan sebe-sar Rp 277.576.226.690, pajak ini akan bertambah menjadi Rp 287.152.544.690 atau bertam-bah sebesar Rp 9.576.318.000.

“Ini dikarenakan adanya peningkatan beberapa pendapa-tan pajak yaitu pajak restoran,

pajak reklame, pajak peneran-gan jalan, pajak mineral bu-kan logam, bantuan dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan,” jelas dia.

Tak hanya itu, untuk jenis retribusi daerah juga mengalami penambahan. Sebelumnya, je-nis pendapatan ini dianggarkan sebesar Rp 85.650.629.874,31, namun pada perubahan APBD mendatang diprediksikan akan bertambah menjadi Rp 92.533.114.636,85 atau men-galami kenaikan sebesar Rp 6.882.484.762,54.

“Penambahan pendapatan dari sektor retribusi daerah yang terbesar adalah retribusi izin mendirikan bangunan yaitu bertambah sebesar Rp 7.500.000.000. Sedangkan retribusi yang berkurang antara lain retribusi pengola-han limbah cair dikarenakan tidak lagi dipungut tahun ini,” terangnya.

Lainnya hal untuk sek-tor lain-lain PAD yang sah. Diperkirakan, pada pe-rubahan APBD nanti, jenis pendapatan ini akan mengal-ami penurunan sebesar Rp 18.920.837.374. Hal ini dise-babkan adanya penyesuaian target berdasarkan realisasi tahun berjalan dan pengali-han pendapatan hibah tidak Terikat dari Bank SumselBa-bel sebesar Rp 3.800.000.000 menjadi pendapatan hibah dari BUMD dikelompok pendapa-tan lain-lain pendapatan dae-rah yang sah.

Dalam kesempatan itu, Romi juga menjelaskan, untuk anggaran dana perim-bangan akan mengalami penambahan sebesar Rp 8.330.329.800 dari ang-garan semula sebesar Rp 1.171.996.422.779 menjadi Rp 1.180.326.752.579 atau mengalami peningkatan sebesar 0,71 persen.

“Dana ini meningkat karena adanya beberapa perubahan alokasi dana bagi hasil pajak/bukan pajak ke-pada pemerintah daerah ber-dasarkan peraturan Menteri Keuangan,” beber dia.

Diketahui, dana perim-bangan ini merupakan dana yang bersumber dari APBN yang dialokasikan kepada

daerah guna membantu membiayai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan azas desentralisasi.

Tak hanya dari pemerintah pusat, Pemprov Sumsel pun akan menambah memberikan bantuan kepada Pemkot Palembang. Sep-erti bantuan program sekolah gra-tis sebesar Rp 804.181.000 dan bantuan keuangan lainnya dari Provinsi untuk Kota Palembang sebesar Rp 1.404.986.600.

“Untuk bantuan program ber-obat gratis berkurang sebesar Rp 520.046.236,” jelasnya. RIS

PALEMBANG. PE – Meskipun pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sudah mencapai 17 ribu orang, tahun depan Pemkot Palembang akan mem-buka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Meski demikian, kepastian penerimaan CPNS tersebut belum bisa dilakukan. Sebab kepastiannya masih menunggu keputusan Kementerian Dalam

Negeri (Kemdagri) RI.Sekeretaris Daerah (Sekda) Kota Palem-

bang Husni Thamrin mengatakan, meski jumlah PNS mencapai 17 ribuan, tahun ini banyak pegawai pensiun. “Itulah sebabnya kita ajukan usulan penerimaan CPNS ke Pemerintah Pusat 2013 nanti,” kata dia.

Soal formasi yang dibuka, dia belum memastikan. Hal ini dikarenakan masih dalam tahap pengusulan.

“Yang jelas kita rekrut sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepega-waian Daerah (BKD) Palembang, Agus Kelana mengatakan, tahun depan pi-haknya akan mengusulkan kuota CPNS sebanyak 2.500 orang. Namun, pegawai yang akan direkrut diprioritaskan bagi pegawai Non PNS kategori I dan II.

“Pegawai non PNS kategori I itu merupakan pegawai yang bekerja sebelum tahun 2002. Sementara pegawai yang ma-suk kategori II, mereka ada pegawai yang bekerja sebelum 2005. Pegawai non PNS

yang bekerja diatas 2005 juga bisa ikut. Namun tidak melalui jalur khusus melain-kan jalur seleksi umum,” jelas Agus.

Saat ini tambah dia, pegawai yang akan diterima didominasi untuk mengisi formasi tenaga medis dan tenaga pendi-dik atau guru. Sebab, saat ini pegawai di tenaga medis masih banyak diisi oleh pegawai non PNS. Sementara untuk guru, untuk beberapa mata pelajaran tertentu masih mengalami kekurangan.

“Untuk guru bidang keahlian, kita masih kekurangan seperti kesenian atau Penjaskes,” terangnya. RIS

info pemasangan iklan

0711 77 95 171

info pemasangan iklan

0711 77 95 171

PALEMBANG EKSPRES SENIN, 3 SEPTEMBER 2012 Customer Care : 0711 411768 Ext 138 Langganan: 082175107700 Iklan: 0711-7795171, 08127342997 3

Subuh Zhuhur Ashar Maghrib Isya

04:48 12:08 15:28 18:09 19:19

2013, Palembang Buka CPNSUsulkan 2.500 Kuota CPNS

Anggaran PAD 2012 Menurun Rp 2 Miliar

PMI Kesulitan Darah AB

PALEMBANG. PE – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang mengaku kesulitan mendapatkan darah golon-gan AB. Hal ini disebabkan minimnya partisipasi masyara-kat mendonor darah. Padahal, mendonor darah baik untuk kesehatan salah satunya kes-ehatan jantung.

Demikian diakui Sekretaris PMI Palembang Apriadi S Busri. Saat ini masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya masih sedikit. Bahkan pada Ramadan lalu, tak ada satu pun pendonor yang ke PMI.

“Oleh karena itulah, kita selalu mengalami kekurangan saat masyarakat memerlukan darah, terutama daerah yang sulit ditemui AB,” jelas pria yang juga menjabat Asisten IV bidang kesejahteraan rakyat di Pemkot Palembang.

Oleh karena itu, pada Sep-tember ini pihaknya berencana akan mendirikan posko peng-galangan donor darah di central bisnis distrik. Saat ini lokasi

yang dilirik yakni di kawasan Rumah Sakit Siloam Jalan POM IX.

“Kita sudah survei disana tempatnya cocok. Rencana awal tempat itu kita sewa dulu, bila memungkinkan selanjutnya kita permanenkan posko PMI diwilayah itu,” ujar dia.

Dipilihnya kawasan tersebut sambung Apriadi, selain strat-egis dan ramai kawasan tersebut diyakini bisa mengajak ma-syarakat untuk mendonor darah terutama kalangan muda.

“Kami harap para remaja lebih aktif melakukan do-nor darah, karena lokasinya tempat mereka berkumpul,” kata dia.

Dia juga menjelaskan, semua daerah yang didonorkan ti-dak sepenuhnya bisa di terima pasien. Selain harus sama den-gan golongan, darah yang terse-dia di PMI juga harus sama gen dengan pasien.

“Jika lain gen, darah yang akan di transfusi tidak bisa di-lakukan,” jelas dia. RIS

Partisipasi Pendonor Minim

Info Palembang

Hari ini, 2.768 Mahasiswa PGRI Mulai PPL

PALEMBANG. PE – Tepat hari ini sebanyak 2.768 mahasis-wa Universitas PGRI Palembang sudah memulai Program Profesi Lapangan (PPL) yang tersebar di berbagai sekolah di Palembang.

Seperti diungkapkan Ketua pelaksana pelepasan PPL Drs H Yuswan MPd, ribuan mahasiswa yang mengikuti PPL berasal dari 10 program studi (prodi).

”Kegiatan PPL menjadi salah satu kurikulum wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa UPGRI Palembang. Dengan PPL, mereka akan terbiasa mem-baur ke masyarakat dan dapat mengabdikan ilmu yang sudah didapatkannya,” tuturnya kepada Palembang Ekspres, di Gedung Guru Universitas PGRI Palem-bang, kemarin.

Pelepasan mahasiswa PPL dilakukan langsung oleh Rektor UPGRI, Drs. Syarwani Ahmad ke pihak Dinas Pendidikan Pe-muda dan Olahraga (Disdikpo-ra) yang diwakili oleh Kabid

SMP,SMA, SMK Disdikpora, Riza Fahmi dan Untung Gutmir, Kasi Mapenda Kementrian Aga-ma (Kemenag) Palembang.

Peresmian penyerahan pem-binaan ke pihak Disdikpora Palembang dan Kemenag Pa-lembang ditandai dengan ditanda tanganinya surat penyerahan mahasiswa.

Dalam program PPL, ma-hasiswa akan terjun langsung sebagai guru magang di berba-gai sekolah. Pola pembelajaran menjadi seoarang guru dengan mempraktekkan pada temannya sendiri (Micro Teaching).

”Di setiap kegiatan PPL, me-reka akan mengajarkan materi yang dimiliki dan sesuai dengan jurusan masing-masing. Untuk itu, kita juga membutuhkan bim-bingan dari pihak Disdikpora dan Mapenda Kemenag Palembang,” lanjutnya.

Sementara itu, Rektor Uni-versitas PGRI, Drs Syarwani Ahmad mengungkapkan, para

mahasiswa akan disebarkan ke 132 sekolah di Palembang dan Kemenag.

”Sebagian besar akan menja-lani profesi sebagai guru magang di 132 sekolah Palembang. Di-mana, mereka akan dibina dan diawasi langsung oleh pihak Disdikpora Palembang,” sam-bungnya.

Sedangkan 7 orang maha-siswa akan dipilih untuk menda-patkan binaan dan praktek di Kemenag Palembang.

Praktek ini sendiri akan ber-langsung selama dua bulan, dari tanggal 3 September hingga 6 November mendatang.

”Sebelum terjun langsung ke lapangan, mahasiswa su-dah mendapatkan materi Micro Teaching. Namun saya harap kegiatan ini menjadi sebuah lati-han sebelum mereka benar-benar terjun langsung ke masyarakat, baik sebagai seorang pendidik ataupun pekerjaan lain,” tukas-nya. NEF

Jelang Tahapan,Bawaslu Belum Terbentuk

Pilkada Kota PalembangPALEMBANG. PE

– Jelang memasuki tahapan Pilkada Kota Palembang yang akan dimulai 9 Sep-tember mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palembang belum juga terbentuk.

Padahal sesuai aturan berlaku, Bawaslu menimal terbentuk satu bulan se-belum memasuki tahapan pilkada. Hal ini diakui Ketua KPU Kota Palembang, Efti-yani.

“Kita sudah menyurati Bawaslu pusat dan mem-beritahukan jika tahapan Pilkada Palembang akan dimulai pada 9 September mendatang. Karena sesuai aturan, harusnya Bawaslu dibentuk satu bulan sebe-lum pelaksanaan tahapan,” terangnya ditemui, kema-rin.

Eftiyani mengungkapkan, dari keterangan yang didapat pihaknya, seleksi dan penen-tuan Bawaslu Palembang langsung dilakukan Bawaslu Pusat, namun bagaimana proses dan mekanismenya belum diketahui.

“Sesuai surat yang kita terima, pembentukan Ba-waslu Palembang langsung dilakukan Bawaslu RI dan memang Bawaslu Pusat memiliki kewenangan itu,” katanya.

Mekanisme ini mengala-mi perubahan, karena pada Pilkada Kota Palembang periode sebelumnya, pem-bentukan Bawaslu Palem-bang dilakukan oleh KPU.

Ia menambahkan, se-jauh ini pihaknya sudah memplenokan regulasi tekh-nis pelaksanaan pilkada yang dimulai 28 Agustus lalu, dan sudah melahirkan tiga keputusan, diantaranya penetapan dari dan tanggal pencoblosan.

“Tahapan pilkada akan kita mulai tanggal 9 Sep-tember mendatang, dengan melakukan rekrutmen PPK dan PPS, dan pencoblosan sudah kita tetapkan yakni di tanggal 7 April mendatang,” pungkasnya. TJA

Ini dikarenakan adanya

peningkatan beberapa

pendapatan pajak yaitu

pajak restoran, pajak

reklame, pajak penerangan

jalan, pajak mineral bukan

logam, bantuan dan bea

perolehan hak atas tanah

dan bangunan

---------------------

Romi HeRtonWakil Walikota Palembang

Eftiyani

FOTO KRIS SUMEKS

FOTO NEFRI INGE PALPRES

KEAKRABAN AGEN DAN SUMEKS GROUP H Suparno Wonokromo, CEO Jawa Pos Wilayah Sumbagsel, Jawa barat dan Jawa Tengah (duduk tengah berpeci) bersama dengan karyawan serta

para bos agen koran Sumeks Group (Sumatera Ekspres, Palembang Ekspres, Palembang Pos, Radar Palembang, TOP, Pal TV) berpose bersama penuh keakraban saat acara silaturahmi dan halalbihalal di rumah pak Parno. Suasana keakraban antara semua tamu undangan khususnya para agen ini

terjalin dengan sangat baik.

PELEPASAN PPLKabid SMP/SM Disdikpora Palembang Reza Fahmi didampingi rektor Universitas PGRI menandatangi berkas terima mahasiswa Pgoram Profesi Lapangan (PPL) di SMP dan SMA di Palembang.

Page 4: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

PodiumOleh: Drs. Muhamad Ymin

(Guru SMA Negeri 16 Pale mbang)

PALEMBANG EKSPRES SENIN, 3 SEPTEMBER 2012 Pendidikan4

Kuota Bidik Misi Unsri Tak TerpenuhiPALEMBANG. PE – Kuota Beasiswa Bi-

dik Misi sebanyak 600 kursi yang tersedia di Universitas Sriwijaya (Unsri) tidak terpenuhi. Salah satu alasannya, karena dari sekian banyak peserta Bidik Misi yang mendaftar, banyak yang tidak memenuhi persyaratan, bahkan tidak sedikit yang bermasalah dalam nilai yang ditentukan.

Pembantu Rektor I Unsri Prof. Anis Sag-gaf mengatakan, jalur beasiswa ini memang diperuntukkan bagi masyarakat kalangan menengah kebawah yang mempunyai prestasi

yang bagus di bidang akademik.“Dari 600 kursi yang kita sediakan untuk

para calon mahasiswa, hanya sebagian yang terpenuhi. Banyak yang gugur dari beberapa survey dan tes yang kita lakukan selama masa penyeleksian tahap lanjutan,” katanya kepada Palembang Ekspres, kemarin.

Pada awal pembukaan beasiswa bidik misi, ada sekitar 1.800 pendaftar yang berasal dari berbagai provinsi. Pada seleksi tahap awal, hanya lulus sekitar 500-an mahasiswa.

Setelah melewati tahap seleksi administrasi,

para peserta Bidik Misi juga harus melewati tahap seleksi lanjutan, yaitu survey perekono-mian keluarga, cek ulang nilai raport dan nilai yang diinput dan lainnya.

“Banyak dari peserta yang terhenti karena perekonomian keluarga ternyata masih diatas rata-rata dan nilai yang diinput pada tahap awal lebih besar dibandingkan nilai raport. Sehingga, banyak peserta yang gugur karena kita juga menilai keju-juran dari peserta tersebut,” lanjutnya.

Ada salah satu peserta Bidik Misi yang lulus tahap administrasi namun gagal di tahap survey

perekonomian. Dimana, peserta tersebut ber-asal dari keluarga mampu, bahkan orang tuanya merupakan pengusaha Elpiji di Palembang.

Ia mengatakan, kini kuota yang ter-penuhi dari penyeleksian Bidik Misi yaitu sebanyak 349 kursi. Unsri masih kekuran-gan sekitar 251 mahasiswa lagi yang me-menuhi persyaratan Bidik Misi.

Untuk mencukupi kuota tersebut, pi-haknya menjaring mahasiswa dari jalur reguler Seleksi Nasional Masuk Pergu-ruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian

Saringan Mandiri (USM).Para mahasiswa yang sudah lolos SNMPTN

dan USM Unsri yang juga mendapatkan nilai terbaik akan diseleksi lagi. Dimana, mahasiswa yang terpilih wajib mengumpulkan surat ket-erangan kurang mampu dan nilai akademik pada pada pendidikan terakhir.

“Kuota Bidik Misi harus terpenuhi meskipun dari jalur awal tidak tercukupi. Tapi kita men-gambil inisiatif lain untuk menyeleksi dari jalur SNMPTN dan USM yang sudah usai agar kuota mencapai 600 kursi,” paparnya. NEF

Dewan Bantu Buku di 8 Sekolah

Paduan Suara SMA Muhammadiyah 1

Lebih Suka Seni

PALEMBANG. PE – Ekskul paduan suara yang digelar lingkungan Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Palembang cukup menampung apresiasi siswa terhadap seni tarik suara.

Bahkan, ekskul ini menjadi salah satu kegiatan penyaluran hobi seni yang banyak

diikuti para siswanya.Menurut Dra. Musliha Fauzie, Humas

SMA Muhammadiyah 1 Palembang men-gatakan, ekskul yang sudah dihadirkan sejak beberapa tahun yang lalu lebih banyak disukai para siswa wanita, namun siswa pria juga tidak kalah tertarik dalam

hal seni tarik suara.Setiap seminggu sekali mereka selalu

melakukan kegiatan rutin, yaitu olah vokal dan latihan berbagai jenis lagu. Terkadang latihan mereka juga diiringi oleh musik.

”Kebanyakan yang tertarik dengan ekskul seperti ini adalah para siswa yang lebih suka terhadap bidang seni. Ekskul ini juga cukup aktiv di seko-lahan, bahkan sering tampil dalam berbagai acara,” tukasnya.

Untuk kali ini, jadwal latihan ekskul paduan suara ini dilakukan pada hari Sabtu. Dimana, para siswa diajarkan langsung oleh pelatih yang sudah mahir dan berpen-galaman dalam dunia tarik suara.

Tidak hanya itu saja, setiap siswa juga dipisahkan berdasarkan jenis suaranya, baik Tenor, Bass, Shopran dan lainnya. Sehingga, pada saat mereka tampil, terdengar merdu dengan beragam jenis suara yang dihasilkan.

”Siswa paduan suara sering tampil dalam beberapa acara sekolah, mulai dari acara resmi sekolah hingga perpisahan siswa kelas 3 setiap tahunnya,” lanjutnya.

Pihaknya pun berharap, semoga den-gan jadwal padat ekskul ini tidak melu-pakan kewajiban siswa sebagai seorang pelajar. Dimana, mereka juga harus melatih manage waktu antara belajar dan penyaluran hobi. NEF

PALEMBANG. PE - Sebanyak 8 SMA swasta di Palembang yang belum mendapat jatah kucuran dana sekolah gratis, mendapat bantuan buku dan meubeler sekolah. Alokasi tersebut diberikan anggota DPRD Sumsel khu-susnya dari daerah pemilihan (dapil) Kota Palembang.

Menurut anggota DPRD Sumsel dari dapil Kota Palembang, RA Anita Noeringhati SH MH, pengalokasian bantuan buku tersebut berasal dari dana reses/aspirasi dari anggota dewan.

“Ya karena untuk sekolah swasta ada yang tidak masuk menerima dana sekolah gratis. Jadi bantuan ini memang kita berikan kepada sekolah-sekolah swasta,” ungkap Anita, usai menyerah-kan bantuan buku ke SMA Karya Ibu di jalan Sosial km 5, kemarin siang.

Politisi wanita asal partai Golkar ini menerangkan, ada delapan sekolah swasta yang mendapatkan bantuan buku tersebut, memang dipilih untuk sekolah-sekolah yang tidak menerima bantuan sekolah gratis, seperti SMA

Bina Cipta, SMK PGRI, SMP Tri Budi Mulia, SMA Karya Ibu, SMA Antara dan SMP Karya Sejati.

“Tiap sekolah dibantu 850 eksemplar buku, yang terdiri dari buku mata pela-jaran dan buku pegangan guru. Kede-pan, kita akan bantu meubeler sekolah. Karena masih banyak sekolah swasta yang masih kurang meubelernya, seperti bangku dan meja baru,” sambungnya.

Anita yang juga Sekretaris Komisi V DPRD Sumsel ini menuturkan, bahwa sumber dana bantuan ini dari reses pribadi ini, tidak berbenturan dengan anggaran bantuan sekolah gratis, namun mendampingi anggaran sekolah gratis. “Kalau anggaran seko-lah gratiskan, dibagi-kan untuk sekolah di seluruh kabupaten/kota, termasuk meu-belernya,” tukasnya lagi.

Sementara Kepala Sekolah SMA Karya Ibu, Munirul Ikhwan,

mengatakan, kalau untuk kesejahteraan guru SMA Karya Ibu, masih tergantung dari banyaknya jumlah murid yang masuk. Serta dari 490 siswa yang ada saat ini, 70% siswa tersebut berasal dari keluarga menengah kebawah.

“SMA yang berada d ibawah yayasan Darma Wanita Sumsel ini usianya sekitar 23 tahun dan sudah menelurkan 4000 alumni. Karena ada bantuan seperti ini, kami sangat berterima kasih, khususnya dari ang-gota DPRD Sumsel,” katanya.

Munirul juga meminta agar pemerin-tah provinsi dapat memberikan bantuan sarana dan prasarana pendidikan seperti

labor, penyelesaian pembangunan la-pangan futsal, aula, pengadaan sarana ekstra kurikuler seperti drum band dan lainnya.

“Beberapa waktu lalu pemerintah telah mengalokasikan dana untuk pembangunan lapangan futsal dan pembangunan aula ini. Namun karena jumlahnya terbatas, maka bangunan tersebut selesai dan tidak bisa digu-nakan. Untuk itu, melalui wakil rakyat ini kami minta bantuan agar pemer-intah dapat mengalokasikan kembali dana tambahan untuk penyelesaian sarana penunjang pendidikan ini,” ujarnya. TJA

MUARA ENIM. PE – Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar menegaskan akan mem-prioritaskan putra daerah yang akan menempati posisi sebagai guru yang sesuai dengan asal daerah guru tersebut.

Hal itu terungkap dalam kegiatan sila-turahim dan arisan Dharma Wanita Unit Dinas Pendidikan (Disdik) Muara Enim di SMA N 1 Semende Darat Laut (SDL), kemarin (2/9)

Menurut Muzakir, penempatan putra daerah secara psikologis dan emosi. Guru tersebut akan lebih mudah memahami kara-kter penduduk setempat dan juga geografis wilayahnya.

“Dengan demikian akan tercipta efektifi-tas kerja diwilayah masing - masing daerah,” jelasnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri kepala seko-lah se-Kabupaten Muara Enim tersebut,Bupati mengajak agar semua elemen terkait dapat memberikan sumbangsih positif melalui per-annya masing guna mendukung terciptanya

kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang diinginkan dan pada gilirannya dapat tercip-tanya Sehat Mandiri Agamis Sejahtera (SMAS) di Kabupaten Muara Enim.

“Untuk itu semua,Pemkab Muara Enim berjanji akan meningkatkan anggaran pen-didikan di Kabupaten Muara Enim setiap tahunnya,”ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, acara dimeriah-kan oleh gelaran marchingband kolaborasi tiga sekolah yakni SMA N 1 SDL,SMK 1 SDL dan SMA N 1 Semende Darat Ulu (SDU).Dan pada malam harinya, kunjungan dan kegiatan Bupati serta rombongan dilanjutkan di Bumi Perke-mahan Al Haromain dengan memasang api unggun yang diikuti pramuka se- Kecamatan Semende,pramuka Kecamatan Tajung Agung dan pramuka Kecamatan Lawang Kidul.

Dalam kesempatan itu, Muzakir juga memberikan bantuan seragam marching band dan juga bantuan lainnya untuk keperluan sanggar tari. HFB

Rekrut Guru Prioritas Putra Daerah

Adakah Pemimpin Yang Sanggup Mengatakan

Benar Walaupun Pahit (1)TERNYATA sudah enam

puluh tujuh tahun Indone-sia merdeka, apakah cita-

cita Proklamasi pembangunan Negara yang adil, makmur dan sejahtera seperti yang diama-nahkan oleh pembukaan UUD 1945 masih jauh panggang dari api.

Sampai hari ini, bangsa Indonesia masih bergelut den-gan berbagai permasalahan. Krisis ekonomi, sosial, politik, hukum,dan ketidakadilan, hi-langnya rasa aman dikalangan masyarakat dan ancaman dis-etigrasi bangsa, seolah belum beranjak dari bumi Indonesia. Pimpinan bangsa sudah silih berganti, namun upaya-upaya perbaikan bangsa bagaikan berjalan ditempat.

Berbeda dengan masa se-belumnya, pimpinan bangsa kita sekarang ini dipilih secara bebas oleh seluruh rakyat In-donesia yang berhak memilih. Tentunya sejuta harapanpun dititipkan kepundak pemimpin yang mengemban amanat penderitaan rakyat.

Semenjak kemerdekaan 1945 hingga tahun 1965, dibawah kepemimpinan Soek-arno, bangsa ini masih menjali kehidupan try and error. Diawali dengan revolusi fisik mem-pertahankan kemerdekaan, demokrasi liberal, demokrasi terpimpin, hingga meletus penghianatan Gerakan 30 Sep-tember 1965 yang didalangi oleh PKI, bangsa ini gagal me-napaki kehidupan berdemokrasi membangun bangsa. Presiden Soekarno jatuh bersama kega-galan gerakan tersebut.

Kemudian pasca penghi-anatan G30S/PKI, Indonesia dipimpim oleh Soeharto dengan Orde Baru. Dalam perjalanan awalnya, Presiden Soeharto

memang member harapan be-sar bagi perbaikan kehidupan rakyat Indonesia yang porak-poranda sebelumnya. Pertum-buhan ekonomi digenjot.

Investasi asing dibuka se-luas-luasnya. Namun, yang menikmati hasil pembangunan hanya sebagaian kecil elit eko-nomi (konglomerat) beserta para birokrat. harus diberikan . Fondasi ekonomi yang dari luar tampak kuat, ternyata rapuh didalam.

Kesenjangan ekonomi sema-kin menganga, antara segelintir orang yang hidup dalam keme-wahan dan kekuasaan dengan ratusan juta rakyat dalam kes-engsaraan dan kemiskinan.

C e l a k a n y a , S o e h a r t o yang sempat diberi gelar sebagai”Bapak Pembangunan menjalankan pemerintahan-nya dengan tangan besi dan otoriter. Saluran-saluran politik ditutupnya. Alat-alat demokrasi satu persatu dipretelinya. Hak-hak rakyat untuk menyampai-kan pendapat dibungkam.

Berbagai bentuk kejahatan HAM yang dilakukannya lang-sung maupun tidak langsung seaka-akan tidak ada yang be-rani memprotesnya. Penghilan-gan nyawa, pencabutan hak-hak perdata, pengucilan dan penjara sering harus , diterima orang-orang yang berusara lantang mengkeritik kebijakannya.

Akhirnya, betapapun kuat-nya Soeharto, people’s power yang digerakakkan oleh maha-siswa dan gerakan reformasi berhasil menjungkalkannya dari kursi kepresidenan pada 20 Mei 1998. Soeharto, bagaikan pen-dosa besar, harus menerima kenyataan dihujat, sehingga ia tidak bisa tenangmengisi sisi-sisa hari hidupnya.

BERSAMBUNG. . . . .

BERIKAN BUKUAnggota DPRD Sumsel dari dapil Kota Palembang, RA Anita Noeringhati SH MH saat menyerahkan bantuan buku ke SMA Karya Ibu di jalan Sosial km 5 melalui kepala SMA Karya Ibu, Munirul Ikhwan.

SALURKAN HOBIEkskul paduan suara di SMA Muhammadiyah 1 Palembang ini menjadi media dalam menyalurkan hobi seni. Karena itulah, ekskul ini banyak diikuti siswa terutama siswa putri.

FOTO: IST

FOTO: IST

Page 5: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

PALEMBANG EKSPRES SENIN, 3 SEPTEMBER 2012Sambungan 5

Hengkang Ke Bandung ......................................................................DARI HALAMAN 1

Namun meski menyesali kepindahan para pemain yang musim lalu mempersembahkan gelar juara untuk Laskar Wong Kito ini, Sriwijaya FC akan men-coba lapang dada menerima ke-pergian para pemainnya. Namun jika dilakukan dengan baik-baik dan sesuai prosedur.

Namun jika kepindahan pe-mainnya ke klub lain tidak sesuai dengan prosedur dan aturan per-pindahan pemain, maka manage-men Sriwijaya FC siap menggugat alias memperkarakan pemain tersebut serta klub yang akan men-gontraknya. Seperti yang dilaku-kan Firman Utina yang dikabarkan sudah pindah untuk musim depan ke Persib Bandung.

Nah, khusus untuk kasus perpindahan Firman Utina ke Persib Bandung ini, Sriwijaya FC terlebih dahulu akan meny-

elidiki proses perpindahannya. Jika tidak sesuai prosedur, maka Sriwijaya FC siap memperkara-kan Firman Utina.

Hal ini dikatakan Hendri Zainuddin yang mengatakan, kontrak Firman Utina baru be-rakhir pada Sabtu (1/9). Namun dikabarkan sang pemain ini su-dah mencapai kesepakatan dan menerima (down payment) DP atau uang muka jauh hari sebelum kontraknya di Sriwijaya FC bera-khir. Atau tepatnya sebelum laga Timnas Indonesia menghadapi Valencia beberapa waktu lalu.

“Karena i tu kami akan mengecek informasi ini lebih lanjut. Jika informasinya benar, kami siap memperkarakan Fir-man Utina. Bukan hanya Firman, tetapi juga klub yang akan mer-ekrutnya,” tegas Direktur Tehnik dan SDM PT SOM ini.

Ditegaskannya, Fi rman bisa diperkarakan jika terbukti melakukan pelanggaran dalam proses perpindahan. Karena jika persetujuan antara Persib dan Firman sudah dilakukan se-belum kontrak berakhir, maka klub yang merekrut harus mem-bayar uang transfer pemain. Selain itu, Hendri juga sangat menyesalkan Firman hengkang ke Persib dengan mengajak M Ridwan dan Supardi.

“Firman sudah deal sebelum kontraknya berakhir. Semen-tara M Ridwan dan Supardi masih menghormati kontrak dengan menerima pinangan Persib setelah kontrak berakhir. Dengan demikian hanya proses perpindahan Firman ke Persib yang akan kami selidiki dan tindak lanjuti. Nanti akan kami informasikan langkah selanjut-

nya dari managemen Sriwijaya FC terhadap perekrutan Firman Utina ini,” ungkapnya.

Saat ini nama Firman, M Ridwan dan Supardi sudah ter-masuk dalam skuat tim Persib Bandung musim depan. Ren-cananya trio Sriwijaya FC ini akan mengikuti latihan perdana bersama Persib Bandung pada Rabu (5/9), sementara M Rid-wan dan Supardi direncanakan menyusul kemudian.

Hendri mengatakan, Hilton juga mulai bertingkah tidak wajar agar bisa dilepas Sriwi-jaya FC dengan meminta nilai kontrak hingga Rp 1,9 miliar agar bisa bergabung bersama Maung Bandung.

“Hilton buat-buat alasan dengan minta kontrak Rp 1,9 miliar. Padahal dia juga akan kita pertahankan,” tukas Hendri.

Lokasi Kebakaran ...........................................................................................DARI HALAMAN 1

Dalam bencana tersebut, si jago merah menghanguskan 25 unit rumah yang ditempati 51 Kepala Keluarga (KK).

Kemarin (2/9), Walikota Palembang Ir H Eddy Santana Putra MT didampingi istri Eva Santana meninjau lokasi keba-karan. Dalam kesempatan itu, Pemkot Palembang memberikan bantuan Rp 1 juta dan beras 20 kilogram per kepala keluarga.

Dari Walikota diketahui jika lokasi kebakaran ini merupakan lokasi pembangunan Jembatan Musi IV. Rencananya, jembatan Musi IV akan melintasi Sungai Jeruji tidak jauh dari lokasi kebakaran.

“Ini lokasi jembatan musi IV, nanti diatas sungai Jeruji,” kata orang nomor satu di Palembang ini usai melakukan peninjauan di lokasi kebakaran Minggu (2/8).

Eddy juga menyayangkan, saat ini bantaran Sungai Jeruji sudah banyak bangunan liar se-bagai tempat tinggal penduduk. Meski demikian, pihaknya tidak akan langsung menggusur rumah tersebut, namun masih akan di-cari solusi yang terbaik.

“Mereka sudah tahu kalau

tanah yang ditempati ini meru-pakan tanah PU (Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan PUCK Palembang). Mereka juga men-gaku sudah meminjam tanah ini, jadi kalau sewaktu-waktu mau diambil mereka memper-silakan,” terang Eddy. Hanya saja, keberadaan rumah liar ini menambah kekumuhan terutama di bantaran Sungai Jeruji.

Menurut Eddy, kawasan kumuh bisa menjadi penye-bab kebakaran. Sebab, kondisi pemukiman padat dan penataan rumah yang tidak teratur akan memudahkan terjadinya konslet-ing listrik.

“Seperti di sini, kondisinya rumah kumuh, padat dan tidak teratur. Hal ini terjadi penyebab kebakaran karena konsleting lis-tri. Saya menyarankan penataan selanjutnya,” jelasnya.

Penataan yang dilakukan berupa tersedianya fasilitas umum (fasum) yang refresenta-tif, salah satunya jalan yang bisa dilalui mobil. Dengan begitu, tata letak rumah terlihat lebih rapi. “Karena kekumuhan inilah men-jadi penyebab kebakaran, kalau di tempat teratur tidak ada, jarang

sekali terjadi,” ucapnya.Dalam kesempatan itu, Eddy

menyarankan agar korban keba-karan tersebut bisa mencari tem-pat sewa untuk tempat tinggal. Bagi pemilik rumah, pihaknya akan melakukan pendekatan persuasif.

“Kita rundingkan ke pemi-liknya dulu, apakah mau diganti atau kita cari solusi yang lebih bagus. Kalau rumah cetak kecil. Bagi korban yang sebelum keba-karan menyewa, saya sarankan memiliki rumah sendiri, tapi bukan disini,” jelasnya.

Dia menjelaskan, saat ini Pemkot Palembang sedang mengembangkan 2.599 unit rumah sejahtera tapak T-36 yang dibangun sistem cetak. Pembayaran rumah cetak ini dilakukan secara kredit dengan nilai Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu perhari.

“Kita tawarkan ke rumah cetak itu sangat murah. Bagi yang merokok, stop rokok dapat rumah. Jika dalam sehari habis 2 bungkus rokok atau Rp 26 ribu perhari. Bayar rumah paling mahal Rp 15 ribu perhari pasti sangguplah,” terangnya.

Sementara, Camat Ilir Timur II Yanurpan Yany mengatakan, rumah yang terbakar 25 unit yang ditempati 51 KK. Dari total jumlah korban ini, ada 23 KK yang sewa. Sebab, rata-rata kawasan tersebut merupakan bangunan lama yang bisa me-nampung banyak keluarga.

“Satu rumah ditempati 10-12 KK, malah ada 20 KK bentuk rumah limas,” katanya.

Masih kata Yanupar, be-berapa instansi pemerintah mulai memberikan bantuan kepada korban kebakaran. Selain Pem-kot Palembang, Dinas Sosial (Dinsos) Pemprov Sumsel sudah memberikan peralatan dapur dan peralatan bayi. Bahkan, beberapa pengusaha juga sudah menyalur-kan bantuan sembako seperti mie instant, minuman dan lainnya.

“Kami masih membuka saluran bantuan baik dari BUMN dan BUMD. Tapi saat ini, mereka lebih membutuh-kan kompor gas dan gasnya, karena sejauh ini banyak yang memberikan sembako, tapi kalau sudah ada kompor gas dan gasnya, mereka sudah bisa masak,” harapnya. RIS

Pacarku Dua ..........................................................................................................DARI HALAMAN 1tapi itu tidak membuatku puas.

Aku ingin merasakan permainan cinta yang lebih dahsyat dan menggelora.

Sampai akhirnya aku bertemu Tina, salah satu selingkuhanku. Ia menjadi deretan selingkuhan-ku diangka puluhan, karena ha-rus kuakui banyak yang tertarik dengan daya pikat dan gayaku.

Tina memang sangat meng-gairahkan, aku sangat tertarik dengannya. Apalagi gayanya yang centil walau dirinya masih berusia belasan tahun. Kedeka-tanku memang baru beberapa minggu dengan Tina, tapi kami bak sepasang kekasih yang su-dah bertahun-tahun menjalani

hubungan percintaan.Agar lebih dekat, Tina pun men-

gajakku kerumahnya. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya, karena dirinya termasuk anak yatim yang ditinggal mati oleh sang ayah. Setelah panjang lebar aku berce-rita, akhirnya aku pun dikenalkan dengan Ayu, ibunya Tina. Buah memang jatuh tidak jauh dari po-honnya, kecantikan Tina memang diturunkan dari ibunya.

Meskipun sudah mempunyai anak dua, namun paras dan bentuk tubuhnya tidak kalah dibandingkan wanita yang masih muda dan berusia belasan. Aku, Tina dan Ayu pun saling bercerita tentang perjalanan masa muda

kita. Pacar dan hubungan serius yang ingin dibina. Aku semakin bingung karena kedua wanita yang berada di hadapanku ini be-nar-benar menarik perhatianku.

Sebulan sudah aku menjadi pacar Tina dan dia juga sering mengajakku bercinta dirumah-nya, pada saat rumahnya tidak berpenghuni. Setelah aku puasSetelah aku puas bercinta dengan Tina, aku tidak langsung pulang, karena ingin melihat paras Ayu.

Senyuman Ayu sudah membu-atku semakin penasaran dengan janda satu ini. Bagaimana dirinyaBagaimana dirinya bisa bertahan hingga bertahun-tahun tanpa pasangan hidup. Saat itu, Tina menyuruhku datang

kerumahnya untuk mengambil barang yang diberikannya un-tuk ku. Karena Tina tidak bisaKarena Tina tidak bisa memberikan secara langsung, pasalnya dirinya sedang berada di luar kota.

Aku pun memanfaatkan ke-sempatan ini untuk berkunjung kerumah Tina dan bertemu Ayu. Pertama-tama aku sempat gugup saat berbincang berdua saja dengan Ayu. Jangankan untuk berbicara panjang lebar, menatap wajahnya pun aku tidak kuasa saking aku dilanda grogi. Namun Ayu tetap mengakrabkan diri denganku dan pada akhirnya aku pun semakin akrab dengannya. BERSAMBUNG

Tiga Mantan .............................................................................................................DARI HALAMAN 1 Dekonsentrasi tahun 2009.Ketiga pejabat tersebut antara

lain Pahudar (57), mantan Kepala Bidang Pengawas Luar Sekolah tahun 2009, H Moh Holidi (50) mantan Kasi Dikmas tahun 2009 dan Hibawahi (45) mantan Kasi-dikmas periode Desember 2009 hingga Maret 2010.

Kapolres Prabumulih AKBP Yerry Oskar SIK melalui Kasat Reskrim AKP Raphael Lingga ST SH didampingi Kanit Pidkor Aipda Harioni ketika dikonfir-masi membenarkan penangka-pan terhadap tiga pelaku.

Ketiga pelaku diduga kuat melakukan penyalahgunaan, pe-nyelewengan dan penerimaan dana APBN 2009. Bahkan ketiganya telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Ketiga pelaku telah dilaku-kan pemanggilan dan pemerik-saan oleh tim Tipikor kita. Ke-

tiganya secara resmi ditetapkan sebagai tersangka dan sudah kita tahan,” ujar Raphael Lingga, Minggu (2/9) pagi.

Ditanya apakah ada keterli-batan pejabat tertinggi di ling-kungan Dinas Pendidikan Pem-kot Prabumulih, Raphael belum bisa berkata banyak.

Sementara itu Kanit Pidkor Aipda Harioni menjelaskan, ketiga pelaku dijebloskan ke tahanan diduga terlibat penyelewengan dan penerimaan hadiah dana blockgrand dari APBN Dekonsen-trasi 2009. Dana digunakan untuk Lembaga Khusus Pendidikan (LKP) dan Pusat Kegiatan Belajar masyarakat (PKBM) 2009.

Dugaan penyelewengan yang dilakukan ketiganya menyebab-kan negara mengalami kerugian sebesar Rp 227 juta dan melang-gar empat pasal Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 31 Ta-hun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor. Ketiganya dijerat pasal 2 dan 3 junto pasal 9 dan 11.

Informasi berhasil dihimpun, ketiga mantan pejabat Disdik tersebut ditahan akibat bantuan dana blockgrand untuk LKP dan PKBM yang dananya bersumber dari APBN dekonsentrasi 2009, dikelola oleh Disdik Provinsi Sumsel Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI).

Pada saat itu LKP dan PKBM mengajukan proposal bantuan dengan prantara ketiga tersang-ka. Diduga ketiga mantan pejabat tersebut meminta syarat diber-inya uang saat dana tersebut cair. Apabila dana tersebut cair, ketua LKP dan Kelompok Belajar Usaha (KBU) yang menginduk ke PKBM untuk menyetor uang kepada ketiganya yang diduga

merekayasa proposal.Kemudian setelah sekian lama

petugas mendapat informasi ten-tang dugaan penyelewengan itu, dilakukan pengumpulan data dan melakukan pemanggilan terha-dap ketiga pelaku untuk dimintai keterangan.

Setelah lama dilakukan pemer-iksaan seharian, ketiga mantan pejabat kemudian secara resmi ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan. Kadiknas Kota Prabumulih A Rasyid ke-tika dikonfirmasi mengatakan, dirinya tidak mengetahui kasus tersebut karena waktu itu baru menjabat akhir 2009.

“Saya tidak tau kasus itu kare-na waktu itu saya baru menjabat. Yang pasti dua orang memang bawahan saya di Disdik. Dan mereka masih dinas semua,” katanya. AND

PALEMBANG. PE – Pas-ca pemberlakukan pelarangan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) subsidi untuk kendaraan berat dan industri. Mendapat reaksi keras Dewan Sumsel, sehingga meminta aparat pen-egak hukum untuk lebih tegas menjalankan peraturan.

Demikian diungkap Wakil Ketua DPRD Sumsel, Djauhari kemarin (2/3). Menurutnya, aturan pemerintah berisikan pelarangan penggunaan BBM subsidi merupakan keputusan terbaik. Tingginya beban negara untuk mengalokasikan dana subsidi kepada masyarakat ban-yak dimaanfaatkan oleh pihak

perusahaan. “Itu sebabnya, pihak terkait

dalam hal ini aparat harus ber-tindak tegas mengawal peraturan itu,” ungkap politisi Partai De-mokrat tersebut.

Djauhari menambahkan, sejauh ini baru ada satu SPBU khusus yang menjual BBM non subsidi. Meski belum begitu efektif tapi sudah cukup membantu.

“Tapi sesungguhnya tidak per-lu mengalokasikan dana khusus untuk SPBU non subsidi, cukup SPBU bisa saja tetapi petugasnya harus benar-benar berkerja mem-erangi perusahaan yang ingin am-bil untung dengan memanfaatkan BBM subsidi,” ungkap dia.

Tak hanya itu, dirinya men-sinyalir masih adanya kerjasama antara sopir dan operator bahkan pemilik SPBU. Main mata di lapangan masih kerap terjadi, se-hingga negara banyak dirugikan oleh ketidak jujuran itu.

Terkait temuan sejumlah oknum yang ternyata terbukti menimbun BBM. Djauhari minta agar ditindak tegas, secara kode etik berupa pemecatan, tak hanya itu sanksi secara hukum.

“Jika hukuman tegas diberi-kan, saya yakin tidak akan ada lagi aparat negara yang berani korup dan mengambil keuntun-gan dari menyusahkan masyara-kat lainnya,” tegas dia. TJA

PALEMBANG. PE – Pihak PT Agung Pratama Sriwijaya (APS) meminta kepada pihak Pomdam II Sriwijaya untuk segera mungkin membuka penyegelan di lokasi milik PT APS di Jalan Purwasari Raya, RT 52, RW 10, Kelurahan Bukit Sangkal, Kecamatan Kalidoni Palembang. Karena, PT APS tidak ada hubungannya dengan Risdan oknum anggota TNI yang disebut terlibat kasus BBM ini.

Bahkan pihak PT APS juga membantah adanya penyataan dari Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) II Sriwijaya, Kol ARM Jauhari Agus Suradji yang menyatakan jika telah terjadi pe-nyembunyian barang bukti milik Sertu Risdan di lokasi tersebut.

“PT APS tidak ada hubungan-nya dengan Risdan. Karena secara akta tidak ada hubungannya den-gan Risdan dan PT APS mempu-nyai izin tetap dan dilengkapi den-gan surat resmi untuk memasok Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Pertamina. Jadi PT APS tidak ada kaitannya dengan Risdan,” tegas Kuasa hukum PT APS, Bambang Haryatno SH kemarin (2/9).

Diterangkan Bambang, pen-anggung jawab PT APS dalam hal ini Direktur PT APS, Syahril Nasution juga tidak ada hubun-gannya dengan kepentingan militer. Karena direktur perusa-haan tersebut bukan merupakan seorang anggota militer dan perusahaan tersebut juga di-jalankan sesuai dengan prinsip-prinsip hukum privat.

“Jadi PT APS adalah peru-sahaan yang berbadan hukum privat dan memiliki izin resmi baik SITU, SIPU, TDP dan NPWP. Ada 18 truk tanki milik PT APS yang memiliki izin resmi masuk Depo Pertamina, sehingga perusahaan ini legal sebagian perusahaan transpotir BBM non subsidi. Belum lagi perusahaan ini mem-punyai kontrak resmi mengangkut BBM dengan perusahaan-perusa-haan besar,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kendaraan-kendaraan tersebut me-mang dititipkan dan diletakan di

lokasi. Karena izin pengangkutan minyak dari Depo Pertamina saat ini sedang dibekukan sementara oleh pihak Pertamina sampai den-gan penyelesaian kasus tersebut.

“Saat kejadian pada Juni 2012 lalu di Bukit raflesia, Kecamatan Alang - Alang Lebar (AAL) itu, maka izin pengangkutan kenda-raan-kendaraan milik PT APS untuk sementara dibekukan, sampai dengan penyelesaian ka-sus tersebut. Karena tidak berop-erasi jadi kendaraan-kendaraan itu dititipkan dan diparkirkan di lokasi,” jelasnya.

Sewaktu dilakukan pengre-bekan yang dilakukan pihak POMDAM II Sriwijaya, beber Bambang, juga tidak ditemukan jika adanya BBM yang akan diangkut oleh kendaraan-kenda-raan tersebut.

“Kendaraan-kendaraan itu dalam keadaan kosong, karena memang sedang tidak berop-erasi,” bebernya.

Menurutnya, apa yang di-lakukan pihak TNI telah jauh melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Karena memang saat dilakukan pemeriksaan terhadap kasus di Bukit Raflesia, pihak PT APS juga sudah menjelaskan jumlah kendaraan-kendaraan yang dimiliki PT APS.

“Harusnya pihak TNI itu men-getahui jumlah kendaraan milik PT APS. Sedangkan di lokasi Bukit Raflesia hanya ada berapa jumlahnya. Jadi tidak mungkin semuanya ada di sana, sehingga dititipkan di lokasi di Kalodoni itu. Belum lagi, penyitaan itu tidak dilengkapi dengan ijin penyitaan dari Pengadilan Negeri (PN) sep-erti yang diatur dalam KUHAP. Jadi menurut kami, hal itu sudah melanggar ketentuan hukum yang berlaku,” tegas Bambang.

Ditambahkannya, pihaknya berharap untuk pengungkapan dan penyelesaian proses hukum kasus di Bukit Raflesia dilakukan sesuai dengan fakta hukum. Namun, harus dilakukan sesuai dengan profesional dan proporsional, se-hingga tidak menyimpang dengan

ketentuan yang berlaku.“Kami tetap memohon kepa-

da pihak TNI dalam menangangi perkara ini bertindak profesional dan proporsional dengan tidak menerobos aturan hukum yang berlaku. Sehingga dalam penan-ganan perkara ini tetap pada jalur yang benar dan berpegang pada rule of law. Dan itu juga harus dibuktikan dengan fakta yang ada,” tukas Bambang.

Terpisah, Kapendam II Sriwi-jaya, Kolonel ARM Jauhari Agus Suradji saat dihubungi melalui telpon selulernya mengatakan, pi-haknya mempersilakan kuasa hu-kum PT APS membantah adanya penyegelan dan mengamankan kendaraan-kendaraan yang diduga milik Sertu Risdan.

“Itu hak kuasa hukum mereka untuk membantah apa yang kita lakukan. Yang jelas apa yang kita lakukan sesuai prosedur dan berdasarkan hasil laporan warga dan masyarakat. Memang truk tangki tersebut bukan aset Ris-dan, tapi tidak semua ilegal, ada beberapa truk tangki yang ilegal. Ada sekitar 11 truk yang ilegal,” terang Jauhari

Saat ditanya mengenai per-mintaan kuasa hukum PT APS untuk membuka segel yang di-lakukan pihaknya, Jauhari men-gatakan, saat ini masih dalam pemeriksaan sehingga belum bisa dilakukan.

“Kalau mau membuka nanti dulu, karena masih dalam pemer-iksaan,” pungkas Jauhari.

Seperti diberitakan sebelum-nya, pihak POMDAM II Sriwi-jaya, Kamis malam (30/8) sekitar pukul 21.30 WIB, melakukan pengrebekan lokasi penitipan truk-truk tanki di Jalan Purwasari Raya, RT 52 RW 10, Kelurahan Bukit Sangkal, Kecamatan Kali-doni Palembang.

Dalam pengrebekan itu, pihak POMDAM II Sriwijaya men-gamankan sembilan truk tanki kapasitas 20 ribu liter, dua mobil kapasitas 10 ribu liter. Kesemua truk tanki itu bertuliskan PT Agung Pratama Sriwijaya. JOE

PT APS Nilai Pomdam Langgar Ketentuan Hukum

Terkait Kasus Penyegelan Lokasi Truk BBM PT APS Kapendam “Yang Kita Lakukan Sesuai Presedur”

Dewan Minta Aparat TegasAturan BBM Subsidi

Maliki: Ini Semua Salah Saya

P A L E M B A N G P E – Kendati belum mencapai surplus sempurna, tetapi Pemprov Sumsel yakin bisa mendapatkan hasil yang baik jelang panen kedua. Bahkan Dinas Tanaman Pangan dan Holrikultura Provinsi Sum-sel memprediksi hingga 14 persen peningkatan.

“Mudah-mudahan bisa mencapai, karena dari angka ramalam kita cukup tinggi. Termasuk daerah penghasil beras di OKU Timur tepat-nya di Belitang dan Empat Lawang meskipun persen-nya sedikit,” jelas Ir Ilfantri, MM, Kepala Bidang (Ka-bid) Produksi Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel, kepada Palembang Ekspres Minggu (2/9).

Pihaknya optimis panen berikutnya dapat terjadi peningkatan. Daerah berpo-tensi yakni OKU Timur dan Empat Lawang ini diperki-rakan menjadi penyumbang sekitar 50% dari produksi beras Sumsel.

Lanjutnya, sekitar 35 ribu ton sudah diproduksi hingga akhir Juni tadi dan diperkiraan sampai akhir tahun 2012 real-isasi panen bisa mencapai 78 ribu ton gabah kering giling.

“Walaupun saat ini masuk musim kemarau, tetapi seka-rang sudah mulai hujan. Se-hingga saya jamin panen bisa lebih baik dari sebelumnya,” katanya.

Tinggal kata dia, perbaikan infrastruktur yang diharapkan menjadi upaya untuk mening-

katkan produksi beras.Tetapi caranya yakni men-

gatur jarak waktu antara pen-golahan benih, penanaman dan pemasarannya itu sendiri.

“Namun tidak membuat harga beras naik, bahkan stabil kisaran antara Rp 7.000-8000 per/Kg dan terendah ada di daerah Kabupaten OKI sebesar Rp 7.500,” bebernya.

Dia mengatakan, asal bibit yang umumnya digunakan oleh para petani di Sumsel sendiri diungkapkan oleh Tau-fik jika benih beras di Sumsel ini sebagian besar berasal dari Balai besar yang terletak di daerah Jawa Barat untuk vari-tas unggul. Namun tetap cukup banyak petani yang menggu-nakan bibit yang berasal dari sumsel. DyN

BATUARAJA. PE – Maliki (64) warga Ogan, No 1123, RT 15, RW 002, Kemalajaya, Keca-matan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akh-irnya dapat kembali berkumpul bersama keluarga yang dicintainya setelah selama 20 hari tertinggal rombongan saat menjalankan ibadah umroh di masjidil Harom Mekkah.

Maliki tiba di rumahnya Sabtu (1/9) sekitar pukul 23:30 WIB dengan diantar oleh pihak PT Cahaya Ka’bah haji dan umroh.

Setibanya dirumah, Maliki langsung menemui sang istri yang ada di dalam kamar. Tidak lama usai bertemu sang istri yang men-galami sakit stroke, Maliki men-gambil huduk untuk salat sunat. Kemudian kembali keruang tamu untuk bertemu dengan sejumlah wartawan. Dini hari itu, Maliki memang tidak terlalu banyak ber-cerita karena masih merasa lelah dari perjalanan. Hanya poin-poin

perjalanan pulang ia ceritakan.Siangnya, saat berkunjung

di kediamannya, Maliki terlihat segar, ia berkumpul bersama kel-uarga yang telah lama menunggu kepulangan Maliki.

Maliki menceritakan, ia san-gat bersalah dengan pihak PT Cahaya Ka’bah karena tidak menuruti apa yang disarankan. Menurut Maliki, ia tertinggal karena kesalahannya sendiri. Sama seperti pemberitaan Maliki menceritakan, ia tertinggal kare-na tertidur di Masjidil Harom Mekkah usai melakukan sa’i.

“Saya saat itu kehausan jadi saya minggir menyandarkan minum dua gelas air zam-zam. Setelah itu saya menyandarkan tubuh ke dinding dan tertidur lelap. Saya tidak bisa menyangka bisa tertidur, sebab saat itu posisi saya duduk jongkok,” katanya.

Namun harus bagaimana mung-kin ini sudah jalan yang dikendaki

Allah SWT kata Maliki. Menurut-nya, ini semua salahnya. Kalau saja saat itu ia tidak sombong dan merasa gagah, mungkin hal ini tidak akan tertinggal dari rombongan.

“Saya terlalu sombong dan terla-lu percaya diri tidak mau mengambil ID Card yang tertinggal di dalam kamar, sebab saat itu sangat yakin tidak akan tersesat. Padahal pihak PT Cahaya Ka’bah terus menerus memperingatkan jangan sampai tinggal. Namun ini semua kehendak Allah. Allahuakbar,” kata Maliki mengingat kesalahannya.

Sebelum mendapat jemputan. Maliki mengaku tidak memiliki pengalaman buruk di tanah suci. Orang di sana menurut dia baik dan sederhana. Untuk bertahan hidup di sana kata Maliki, dia mengandal-kan sedekah dari jamaah-jamaah lainnya. Namun meski demikian ia mengaku, tidak meminta-minta melainkan orang di sana sifatnya berlomba-lomba untuk sedekah.

“Pertama kali terpisah saya masih memegang uang sekitar Rp 1 juta. Namun lama kelamaan habis juga. Untung disana banyak orang baik, mengetahui saya tertinggal oleh rom-bongan mereka memberi uang dan makanan tanpa saya pinta. Sebelum dapat jemputan saya menunggu di dekat rak sepatu nomor 2355.” kata Maliki tempat tersebut tidak pernah ia tinggalkan kecuali makan, buang air besar dan berwudu.

Pemimpin PT Cahaya Ka’bah Haji dan umroh, Rian Dinata dan wakil pemimpin Rahmat Hidayat mengatakan, Maliki dijemput pi-haknya untuk pulang ke tanah air pada hari Jumat (31/8) sekitar pukul 23:00 waktu setempat menggunakan pesawat Saudi Airlines.

Maliki didampingi pihak PT Cahaya dari Saudi di antaranya, H Reki Abu Musa dan H Abdul Aziz Ishomuddin. Sesampainya di johor Malaysia mereka di samput Rian dan Dayat. Sabtu, (1/9) sekitar pukul 13:00 maliki melanjutkan perjalanan menuju Palembang dengan menggunakan pesawat penerbangan Air Asia. CVG

Prediksi Produksi Beras Sumsel Meningkat

Page 6: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

AGENDAJADWAL PERTANDINGAN

04 Sept Selasa 02:30 WIB Real Betis vs A Madrid Trans 7

JADWAL PERTANDINGAN LIGA SPANYOLCelta de Vigo 2 - 0 Osasuna Real Zaragoza 0 - 1 Málaga Deportivo La C 1 - 1 Getafe Mallorca 1 - 0 Real Sociedad

JADWAL PERTANDINGAN LIGA INGGRISWest Ham United 3 - 0 Fulham Swansea City 2 - 2 Sunderland Tottenham Hotspur 1 - 1 Norwich City West Bromwich … 2 - 0 Everton Wigan Athletic 2 - 2 Stoke CityManchester City 3 - 1 Queens Park Ra

JADWAL PERTANDINGAN LIGA ITALIABologna 1 - 3 Milan

KLASEMEN LIGA INGGRIS

1 Chelsea 3 3 0 0 8-2 92 Swansea City 3 2 1 0 10-2 73 West Bromwich Albion 3 2 1 0 6-1 74 Manchester City 3 2 1 0 8-5 75 Everton 3 2 0 1 4-3 66 West Ham United 3 2 0 1 4-3 67 Wigan Athletic 3 1 1 1 4-4 48 Fulham 3 1 0 2 7-6 39 Manchester United 2 1 0 1 3-3 310 Stoke City 3 0 3 0 3-3 311 Newcastle United 2 1 0 1 2-3 312 Sunderland 2 0 2 0 2-2 213 Arsenal 2 0 2 0 0-0 214 Tottenham Hotspur 3 0 2 1 3-4 215 Norwich City 3 0 2 1 2-7 216 Reading 2 0 1 1 3-5 117 Liverpool 2 0 1 1 2-5 118 Queens Park Rangers 3 0 1 2 2-9 119 Southampton 2 0 0 2 2-5 020 Aston Villa 2 0 0 2 1-4 0

KLASEMEN LIGA SPANYOL

1 Mallorca 3 2 1 0 4-2 72 Málaga 3 2 1 0 3-1 73 Rayo Vallecano 3 2 1 0 3-1 74 Barcelona 2 2 0 0 7-2 65 Real Valladolid 2 2 0 0 3-0 66 Deportivo La Coruña 3 1 2 0 6-4 57 Sevilla 3 1 2 0 3-2 58 Atlético Madrid 2 1 1 0 5-1 49 Getafe 3 1 1 1 4-4 410 Real Sociedad 3 1 0 2 3-7 311 Real Betis 2 1 0 1 6-5 312 Real Zaragoza 3 1 0 2 2-3 313 Celta de Vigo 3 1 0 2 3-3 314 Valencia 2 0 2 0 4-4 215 Real Madrid 2 0 1 1 2-3 116 Granada 2 0 1 1 1-2 117 Levante 2 0 1 1 1-3 118 Espanyol 2 0 0 2 2-4 019 Osasuna 3 0 0 3 1-6 020 Athletic Club 2 0 0 2 3-9 0

KLASEMEN LIGA ITALIA

1 Internazionale 1 1 0 0 3-0 32 Napoli 1 1 0 0 3-0 33 Chievo 1 1 0 0 2-0 34 Genoa 1 1 0 0 2-0 35 Juventus 1 1 0 0 2-0 36 Fiorentina 1 1 0 0 2-1 37 Lazio 1 1 0 0 1-0 38 Torino 2 1 1 0 3-0 39 Milan 2 1 0 1 3-2 310 Sampdoria 1 1 0 0 1-0 211 Catania 1 0 1 0 2-2 112 Roma 1 0 1 0 2-2 113 Udinese 1 0 0 1 1-2 014 Cagliari 1 0 0 1 0-2 015 Parma 1 0 0 1 0-2 016 Palermo 1 0 0 1 0-3 017 Bologna 2 0 0 2 1-5 018 Pescara 2 0 0 2 0-6 019 Atalanta 1 0 0 1 0-1 -220 Siena 1 0 1 0 0-0 -5

6 PALEMBANG EKSPRES, SENIN, 3 SEPTEMBER 2012

All Sport

PE – Real Madrid membuat ge-brakan pada detik – detik akhir bursa transfer dengan resmi mendatang-kan gelandang bertahan milik Chelsea Michael Essien dengan status sebagai pemain pinja-man selama satu tahun penuh.

Pemain asal Ghana ini akan kembali bergabung dibawah arahan mantan pelatihnya dulu di Chelsea Jose Mourinho, Essien gagal mendapatkan tempat utama di Chelsea semenjak kedatangan pelatih asal Italia Roberto Di Matteo. Hal ini membuat sang pemain akhirnya lebih memilih untuk kembali bekerja sama dengan Mourinho di Santiago Bernabeu.

Kedatangan Essien ke Madrid diproyeksikan untuk menggantikan pos yang akan ditinggalkan gelandang mereka Lassana Diarra yang diberi-takan akan pindah ke klub asal Rusia Anzhi Makhachkhala, Lass sedang menyelesaikan tahap akhir proses transfernya sebelum bursa transfer Liga Rusia ditutup pada hari Kamis mendatang.

Essien yang kini berusia 29 tahun hanya memperkuat Chelsea sebanyak 14 pertandingan saja sepanjang musim lalu, ini dikarenakan cedera parah yang dideritanya sehingga membuat tempatnya di skuad utama Chelsea tergusur oleh John Obi Mikel dan Raul Meireles. NET

City Datangkan Javi GarciaPE - Manchester City dikabarkan telah

resmi mendapatkan tanda tangan pemain asal Benfica Javi Garcia. Sang pemain didatangkan dengan biaya transfer sebesar 18 juta Pounds dengan perincian 15,5 juta Pounds ditambah dengan 2,5 juta Pounds sebagai biaya kenaikan potensial.

Sebelumnya Garcia tercatat pernah menjadi pemain raksasa Spanyol Real Madrid, namun dengan banyaknya pemain bintang disana akhirnya ia tidak mendapat-kan tempat di tim utama Madrid dan menjalankan masa peminjaman di Osasuna sebelum akhirnya bermain untuk Benfica.

Kedatangan Garcia melengkapi be-berapa rekrutan anyar City lainnya yang

juga didatangkan menjelang deadline akhir penutupan bursa transfer, pemain yang sebelumnya juga berhasil didatangkan City adalah Scott Sinclair, Maicon, Nastasic dan Richard Wright.

Sayangnya Garcia tidak bisa di-mainkan saat City melawan QPR nanti malam namun ia sudah dapat bermain untuk City ketika mereka melawan Stoke City dua minggu kedepan setelah jeda pertandingan internasional. City sendiri tidak memberikan rincian secara detil mengenai kontrak pemain asal Span-yol berusia 25 tahun ini. Garcia akan mengenakan kostum bernomor 14 di City musim ini. NET

Clint Dempsey & Hugo Lloris HIjRAH Ke ToTTenHAM

PE - Tottenham Hotspur telah sukses mendapatkan dua pemain tambahan lagi, yakni gelandang Fulham, Clint Dempsey dan kiper Lyon, Hugo Lloris. Dempsey bergabung ke White Hart Lane dengan nilai transfer sebesar 6.6 juta Poundsterling. Gelandang berusia 29 tahun ini memang sudah menyatakan dirinya ingin meninggalkan Craven Cottage di bursa transfer musim panas ini. Kini, Dempsey telah menan-datangani kontrak selama tiga tahun, atau hingga 30 Juni 2015 bersama Tottenham.

Sedangkan Lloris tiba di White Hart Lane dengan nilai transfer sebesar 8.8 juta Poundsterling. Diyakini Spurs butuh kiper baru, menyusul kiper Tottenham saat ini, Brad Friedel, telah berumur 41 tahun dan tak lama lagi akan pensiun. Ia telah menandatangani kontrak selama empat tahun, atau hingga 30 Juni 2016.

Kedatangan dua pemain ini berarti Andre Vil-las-Boas telah total membeli 6 pemain baru di bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya Villas-Boas sudah membeli Mousa Dembele, Jan Vertonghen, Emmanuel Adebayor, dan Gylfi Sigurdsson.

Dempsey memiliki torehan caps sebanyak 224 kali dan menciptakan 60 gol selama karirnya di Fulham sejak tahun 2007 lalu. Sedangkan Lloris memiliki 146 caps selama karirnya di Lyon sejak 2008, dan dua kali memenangkan penghargaan Ligue 1 Goalkeeper of the Year Award. NET

Malaga Datangkan ouguchi onyewuPE – Malaga diberitakan telah resmi mendatangkan

pemain baru yang berposisi sebagai bek dari klub Sporting Lisbon Ouguchi Onyewu dengan status sebagai pemain pinjaman selama satu musim penuh namun dengan opsi permanen diakhir musim.

Pemain tim nasional Amerika Serikat ini bisa bermain dalam berbagai posisi dilini belakang namun ia lebih sering dipasang sebagai bek tengah, Onyewu juga tercatat pernah membela salah satu klub liga Italia AC Milan namun ia gagal mendapatkan kesempatan bermain di San Siro.

Keberhasilan Malaga mendatangkan Onyewu ini me-lengkapi pekan sibuk bagi Malaga dalam mendatangkan pemain baru musim ini, sebelumnya mereka juga berhasil mendatangkan Javier Saviola dan Roque Santa Cruz di menit – menit akhir penutupan bursa transfer.

Onyewu merupakan pemain yang memiliki passport Belgia yang didapatnya ketika ia bermain di Standard Liege, hal ini menjadi suatu nilai tambah sang pemain karena dengan begitu ia tidak mengurangi jatah pemain non Eropa yang dimiliki oleh Malaga. NET

Allegri Incar Posisi Tiga

Besar Serie APE - Massimiliano Allegri percaya bah-

wa AC Milan akan berjuang untuk selesai di tiga besar Serie A musim ini, sebagaimana ia sedan bersiap untuk memperebutkan Scudetto dari juara bertahan Juventus.

Kehilangan dua pemain kunci Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva ke Paris Saint-Germain telah mendominasi bursa transfer musim panas ini, namun man-tan pelatih Cagliari untuk masih tetap yakin akan kesempatan yang dimiliki Rossoneri untuk bisa meraih sukses di musim 2012/13 ini. “Kami bermain untuk mengincar posisi puncak dari posisi tiga besar di liga, sementara target minimal kami adalah lolos ke babak kualifikasi Liga Champions,” ujar Allegri saat menjalani konfer-ensi pers. “Juventus masih menjadi yang difavoritkan untuk meraih gelar juara, namun kami akan mencoba memperebutkannya dari mereka.”

Terkait masa depannya, ia pun menambahkan: “Saya tidak pernah kehilangan antusias, jika tidak saya akan pergi dari sini. Itu hal yang nor-mal saat tim sepenuhnya berubah maka akan membutuhkan waktu untuk bisa menyesuaikan kem-bali.” “Kami harus melupakan Milan beberapa tahun yang lalu, kini kami memiliku tim yang sangat muda.”

M i l a n t e l a h m e m b e r i k a n penawaran di detik-detik terakhir, den-gan mendapatkan beberapa pemain seperti M’Baye Niang, Bojan Krkic dan Nigel de Jong sebelum jendela transfer ditutup, dan kini mereka menantikan kunjungan mereka selanjutnya ke Bologna. NET

Page 7: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

PALEMBANG EKSPRES, SENIN 3 SEPTEMBER 2012 7

PALEMBANG. PE- Dugaan Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Hendri Zainudin yang menilai top skor kedua Laskar Wong Kito julukan Sriwijaya FC musim lalu, Hilton Moreira akan menyusul Firman Utina dan kawan-kawan berlabuh ke Persib Bandung, dibantah keras oleh pihak Persib.

Kemarin, bahwa yang membantah akan Hengkangn-nya Hilton ke Presib adalah tidak lain pelatih baru Persib Bandung sendiri, Djadjang Nurdjaman. Menurutnya, bahwa pihaknya tidak menginginkan lagi jasa Hilton untuk musim depan. “Kami memang masih membutuhkan satu asing non Asia lagi, namun bukan Hilton pilihan kami. Karena memang, sisa satu slot pemain non Asia diprioritaskan untuk posisi playmaker dan bukan pe-nyerang,” ujarnya.

Pihak manajemen Maung Bandung sendiri dikabarkan mendekati Zah Rahan dan Gustavo Lopez serta pemain veteran Las-kar Wong Kito Keith Kayamba Gumbs. Karena memang Gumbs juga

Persib Bantah Rekrut Hilton

bisa berperan sebagai playmaker. Namun, Djanur sapaan akrabnya masih enggan komentar men-

genai satu buruan asing non asianya lagi.“Saya tidak mau Hilton. Jadi kalau ada

yang bilang saya mau Hilton, itu tidak benar. Satu pemain asing saya prioritas-kan untuk playmaker dan bukan striker. Striker satu lagi, kita ingin dari lokal saja,” tegasnya.

Tak hanya itu Djanur juga membantah tudingan yang menyebut Firman sudah mendapatkan DP dari Persib sejak lama. Namun, dia tidak menampik jika pemain andalan Laskar Wong Kito tersebut sudah

menjadi bagian Persib begitu juga dengan Supardi dan M Ridwan.

“Mereka memang sudah menjadi milik kita. Tapi enggak benar kalau kita nego sama

Firman sudah dari dulu. Yang saya tahu, pendekatannya baru-baru kemarin,” im-buhnya. Djanur juga menolak jika dirinya

meminta Firman membawa para pemain lain seperti Ridwan dan Supardi.

“Kalau masalah Firman bujuk Su-pardi dan Ridwan itu kami tidak tau. Yang jelas, kami tidak meminta Firman untuk membawa teman-temannya agar bergabung bersama kita. Kita hanya melakukan proses pendekatan sewaja-

rnya saja,” tukasnya.Seperti yang diberitakan sebelumnya,

bahwa pihak managemen Sriwijaya FC memang menilai Firman Utina bergabung

bersama Persib dengan mengaja ktiga pemain Wong Kito tersebut seperti Supardi, Ridwan,

dan Hilton. Bahkan, Sriwijaya menduga Firman bergabung dengan Persib sudah menerima DP

sejak lama atau sebelum pertandingan Indonesia mejamu Velencia.

Karena itu pihak manajemen menyoalkan Firman yang telah melanggar kontrak, karena kontrak Firman baru berakhir 1 September ke-marin. “Karena itu kami akan mengecek infor-masi ini lebih lanjut. Jika informasinya benar, maka kami siap memperkarakan Firman Utina, bukan hanya Firman tetapi juga klub yang akan merekrutnya,” tegas Direktur Tehnik PT SOM Hendri Zainuddin.

Sementara Firman sendiri juga membantah, bahwa dirinya mengaja Supardi, Ridwan dan Hil-ton untuk gabung ke Persib. Menurutnya, bahwa itu semua kehendak mereka. “Saya bukan tuhan atau Nabi yang mereka harus ikut, mereka pemain profesional mereka tau mana yang baik untuk mereka-mereka,” katanya.

Mengenai dugaan, bahwa dirinya telah me-langgar kontrak dengan Sriwijaya FC itu juga dibantahnya menurutnya, bahwa pemberitaan tentangnya itu adalah tidak benar semua. “Mer-eka bilang saya pergi begitu aja dari Sriwijaya, itu berita yang engga baik. Setiap Tim ISL yang saya pernah main, saya selalu datang baik, dan pergi juga baik-baik,” imbuhnya.

Ditambahkannya juga, bahwa di sepakbola dirinya selalu ketemu terus dengan siapa saja.

“Harus tetap bersilaturahmi. Apalagi saya sudah kerja sama baik selama dua tahun dengan Sriwijaya FC dan sudah memberikan gelar kepada Sriwijaya, walaupun Sriwijaya masih ada tunggakan terhadap saya,” tukasnya. VIV

PE - Peslalom muda Sumsel ikut ambil bagian dalam seri ke VI Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Slalom Djarum Super MLD City Slalom 2012 yang digelar di Lapangan Rampal, Malang, pada Sabtu 1 September. Meski baru turun di seri 4, prestasi yang diraih, tim peslalom Berita Pagi Keeps Spirit High (BPKSH) asal Sumsel ini cukup menjanjikan. Para peslalom bertekad men-goptimalkan poin di empat seri terakhir.

Rencananya, pada empat seri tera-khir di Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan Bali, tim yang mewakili Sumsel di tingkat Nasional ini akan menurunkan tiga mobil dengan sejumlah peslalom di beberapa kelas berbeda.

Pasalnya, kendati hanya dengan per-siapan singkat dan hanya dengan satu unit mobil, ketiga pembalap yang turun pada kejuaraan tersebut mampu memberikan ha-sil yang cukup memuaskan dengan mampu meraih dua posisi, yakni Ipung Padma dan M Audriyan Gambino yang akrab dipanggil Bino yang masih duduk di bangku kelas 3 SMAN 1 Palembang di kelas seeded B menempati posisi ke empat, di kelas wanita sukses di posisi tiga atas nama Yuanita den-gan menggunakan Honda Jazz.

“Awalnya kita menganggap Kejurnas 2012 ini hanya sebagai ajang pemanasan untuk melaju pada Kejurnas Slalom 2013, karena kita baru dapat turun di seri ke enam. Namun, melihat hasil ini, dalam waktu tiga bulan ke depan tetap akan kita optimalkan dengan sejumlah persiapan baik untuk kendaraan, fisik

pembalap maupun tim untuk meraih prestasi tahun ini,” ujar Arief MB, Manager Tim BPKSH.

Arief mengakui, untuk bisa meraih posisi terbaik di Kejurnas 2012 ini sangat sulit, karena baru aktif di seri ke enam. Hal ini dikarenakan beberapa pembalap muda masih menempuh pen-didikan di sekolah. Sedangkan untuk mencapai posisi puncak paling tidak ikut di delapan seri dari 10 seri yang diperlombakan sepanjang tahun.

“Dari seri ini sudah terlihat peta kekuatan Kejurnas slalom ini sudah mengarah ke wilayah Indonesia Timur, karena dari sana cukup banyak pem-balap yang baru turun tahun ini. Jadi dengan persiapan yang matang dan mengikuti setiap seri, tim kita diyakini akan sukses mengumpulkan poin-poin untuk meraih prestasi lebih baik tahun depan,” ujar Arief yang juga mengu-capkan terimakasih kepada Pemprov Sumsel yang telah memberikan dukun-gan terhadap para peslalom muda untuk berprestasi di ajang tingkat nasional.

“Mudah-mudahan, pada seri-seri berikutnya, saya bisa tampil lebih baik lagi untuk membawa nama Sumsel di pentas slalom tingkat nasional ini. Saya juga berterima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan izin sehingga saya bisa tampil di ajang ini,” imbuh Gambino, yang tercatat sebagai siswa kelas 3 SMAN1 Palem-bang ini. REL/FIF

Gambino Cs Sabet Dua Posisi di MLD

MUARA ENIM. PE -Meski memi-liki pembalap yang masih usia remaja, akan tetapi dalam hal prestasi dan ke-mampuan tim balap motor kebanggaan Bumi Serasan Sekundang, Muara Enim Fans Club (MFC) berani dan siap ber-tarung meraih prestasi terbaik. Kali ini mereka menurunkan pembalap - pem-balap muda usianya (rising star).

Saat Palembang Ekspres, menyam-bangi stand tim MFC bersama Pembina MFC Muara Enim, Drs.Aminullah, saat gelaran Roadrace Muara Enim dipela-taran Gor Pancasila Muara Enim,Sabtu (1/9) memperkenalkan satu persatu pem-balapnya. “Inilah pembalap kita yang siap beradu kemampuan dan akan men-gukir prestasi terbaik,”ujar Aminullah.

Sementara Ketua MFC Muara Enim, Zamrie mengatakan untuk kelas yang diikuti pembalap MFC kali ini adalah dikelas 110 cc dan 135 cc. Adapun pem-balapnya yang biasa otak - atik mesin motor di base camp yakni Bengkel Boy Jalan A.Tohir dekat Vihara yaitu Elvin Firkansyah (16),Danar Wijiarnarko (16) dan Rici Febrianto (17). Semua berstatus pelajar SMU kelas 11.

Walaupun masing berusia muda,terang Zamrie kemampuan pembalap MFC bisa dibilang cukup bagus. Seperti Elvin pernah juara 2 road race Muara Enim tahun 2012. “Harapannya pada road race kali ini bisa mendapatkan juara umum, yang penting jangan pantang menyerah,”pungkasnya. HFB

MFC Siap juarai Rising Star

MEJENG | Para pebalap MFC saat berpose bersama dengan rekan-rekan-nya sebelum mengikuti Roadrace kemarin.

Gambino (kanan) saat ikut dalam MLD Slalom yang diadakan di Malang Sabtu lalu. Peslalom Sumsel ini sukses menyabet dua nomor.

Hilton MoreiraFOTO NOVA WAHYUDI/PALPRES

FOTO HERU/PALPRES

FOTO IST

Page 8: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

DENPASAR. PE – Komitmen yang tinggi terhadap pendidikan termasuk pendidikan inklusif menghantarkan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin kepada kesuksesan bahkan Sum-sel kembali meraih penghargaan di bidang pendidikan. Kali Sumsel menerima penghargaan Pendidikan Inklusif 2012 (Inclusive Award)

Penghargaan langsung diserah-kan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim di Sanur Denpasar Bali pada Minggu (2/9). Selain Alex Noerdin, penghargaan yang sama juga diterima Gubernur DKI Jakarta.

Alex mengatakan, komitmen Sumsel pada bidang pendidikan tidak perlu diragukan lagi, termasuk pendidikan inclusive.

“Dalam rangka menjamin keter-capaian tujuan milenium atau MDGs yang terkait dengan penyelesaian universal primary education for all children Pemda Sumatera Selatan su-dah merumuskan beberapa program intervensi pendidikan secara inklusif,” ujar Alex Noerdin usai menerima penghargaan.

Dia menambahkan, pendidikan gratis yang merupakan pemenuhan hak dasar bagi anak-anak usia seko-lah pada semua jenjang pendidikan dan sosialisasi serta implementasi

pendidikan di seluruh Sumatera Se-latan sejak 2009.

“Harus dicatat bahwa di Sumatera Selatan komitmen dan implementasi pendidikan inklusif sudah dimulai di Kabupaten Musi Banyuasin sejak 2006. Sekarang kita bersama DPRD tengah mempersiapkan rancangan peraturan daerah pendidikan inklusif yang di-harapkan bisa selesai pada 2012 ini,” jelas Alex didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Ade Karyana.

Menurutnya, selain menerima “Inclusive Award” Sumatera Selatan juga mengirim siswa berkebutuhan khusus mengikuti olimpiade sains na-sional pendidikan khusus dan layanan khusus pendidikan dasar 2012.

“Ada delapan siswa kita dari siswa SLB di Palembang yang mengikuti olimpiade sains nasional di Sanur saat ini. Mereka ikut olimpiade IPA, IT, cer-das cermat MIPA dan kewirausahaan. Pada olimpiade tahun lalu anak-anak

kita bisa berprestasi. Tahun ini kita harapkan prestasi mereka bisa lebih baik,” katanya.

Diketahui, selain penghargaan tertinggi yang diterima Gubernur Sumsel Alex Noerdin dari Kemen-trian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, komitmen mantan Bupati Musi Banyuasin ini terhadap pendi-dikan inclusive sudah tampak dari penandatangan komitmen pada 2007 di Yogyakarta pada kegiatan stake holder meeting yang diprakar-sai Bank Dunia dan Depdiknas.

Tidak hanya itu, awal 2008 lalu saat masih menjabat Bupati Muba, Gubernur Alex Noerdin sudah di-undang sebagai nara sumber pada international inclusive education forum yang diselenggarakan Bank Dunia.

Sementara itu, Ade Karyana, Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sumsel mengatakan, pendidikan in-

clusive atau pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Sumsel sudah mempersiapkan grand desain.

“Jadi program pendidikan inclusive ini setelah adanya Perda dan peraturan gubernur termasuk anggaran ini men-jadi bukti akan komitmen Pemerintah Provinsi Sumsel untuk menuntaskan tujuan pembangunan pendidikan na-sional dan tujuan pembangunan mile-nium,” tutupnya. REL/DYN

Berita Sumsel

8 PALEMBANG EKSPRES SENIN, 3 SEPTEMBER 2012

PALEMBANG. PE- Kiper nomor wahid Sriwijaya FC Ferry Rotinsulu juga dikabarkan akan hengkang dari Sriwijaya FC musim de-pan. Tak ayal banyak yang berasumsi pemain asal palu Sulawesi Selatan ini akan mengikuti jejak Firman Utina, Supardi, dan M Ridwan yang berlabuh ke Persib Bandung.

Kabar ini terkuak, setelah dihembuskan salah satu internal Laskar Wong Kito sendiri yang namanya menolak untuk dipublikasikan.

“Katonyo ado perlu, jadi Ferry nak pinjem duit tanggal 30 Agustus kemarin. Terus ngo-mong jugo dengan pak Augie minta gaji duo bulan dibayar duluan. Pak Augie dak biso, tapi diusahakan, ditransfer duit satu bulan gaji tang-gal 31 via robi,” papar sumber ini.

“Robi sms ferry kalo duit la masuk dan cuma Fery pemain yang baru dikasih. Ferry ngomong sama Robi, perlu duitnyo tu ke-maren, bukan hari ini (setelah tanggal 30 red). Selanjutnya, disuruh Robi transfer balik duit tu, Ferry dak galak,” sambugnya.

Nah, masalah inilah yang membuat isu akan hengkanganya pemain yang sudah enam musim bersama Laskar Wong Kito ini. Men-genai peminjaman uang ini dibenarkan pihak managemen Sriwijaya FC yang dalam hal ini PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) yakni Direktur Keuangan Augie Bunyamin.

Menurutnya, bahwa benar Ferry beberapa hari yang lalu menelponnya untuk meminjam uang atau dibayarkan gaji dua bulan lebih dulu. Namun, dirinya baru mendengar kabar bahwa ada isu Ferry akan hengkang karena masalah sepele ini. “Me-mang ada Ferry telpon saya ingin pinjam uang satu bulan gaji, dan itu sudah kita kasih dan ditransfer lewat rekeningnya. Itu kalau tidak salah sudah kita trasfer tiga hari yang lewat,” ujar Augie.

Augie juga mengaku, bahwa baru menden-gar kabar dari media, bahwa masalah sepele ini membuat Ferry akan pergi dari markas Sriwi-

jaya FC musim depan. “Saya tidak tau pasti masalahnya ini, setau saya dia mau pinjam uang dan sudah kita beri,” tuturnya.

Dikatakannya juga, bahwa jika suami dari Anisa ini akan hengkang karena masalah ini, pihaknya tidak bisa menghalanginya, dan itu menjadi haknya. Pihaknya lanjutnya, sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahnkan pemain, dan menu-ruti semua kemauan pemain.

Sementara itu Direktur Tehnik dan SDM PT SOM Hendri Zainuddin mengaku, bahwa masalah tunggakan ke pemain, itu benar adanya. Yaitu gaji selama merka tidak aktif di Sriwijaya FC setelah musim usai, sebanyak dua bulan.

“Khusus yang terkena sanksi hanya 1 bulan, di potong 1 bulan gaji. Sep-erti biasa managemen akan melunasi semua kewajibannya dalam waktu dekat. Manage-men mengucapkan terima kasih untuk pemain-pemain yang sudah sudah berjasa kepada Sr iwi jaya FC musim lalu. Ter-masuk beberapa pe-main yang hengkang tanpa konf i rmasi ke kita,” tukasnya. Namun sayang , ketika dikonfir-masi kebenaran-nya, Ferry tidak bisa dihubungi.

VIV

Lantaran Duit, Ferry Hengkang?

Gubernur Raih Penghargaan Inclusive Award 2012

Ferry RotinsuluFOTO NOVA WAHYUDI PALPRES

FOTO-FOTO TRIYOGO HUMAS PEMPROV SUMSEL

SALAMIAlex Noerdin saat memberikan selamat pada 8 siswa dari SLB dari Palembang untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional di Sanur.

Page 9: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

Samsung Galaxy Note 10.1 Rambah Semua Segmen

ALAmAT HOTELTHE ARYADUTA HOTEL & CONVENTION CENTER PALEMBANGJl. POM IX, Palembang Square Palembang 30137, Sumatera Selatan Indonesia, Telpon +62711 383838Fax +62711 377900

THE ARISTA HOTELJl Kapt A Rivai Palembang 30129Sumatera Selatan, Telpon +62711 355000Fax +62711 377966

NOVOTEL PALEMBANG HOTEL & RESIDENCEJl R Sukamto No 8ASumatera Selatan 30127 PALEMBANG INDONESIATel. (+62)711/369777 Fax. (+62)711/379777

JAYAKARTA HOTELS AND RESORTSJl Jenderal Sudirman no. 153 PalembangSumatera Selatan IndonesiaTel +62 711 365 222 Fax +62 711 364 222

HOTEL ASTONJl Basuki Rahmat No.189 Palembang'Telp : (0711) 388999

HOTEL SANDJAJAJl Kapten A Rivai No 6193 Palembang 30129 Sumatera Selatan, Telp +62-711 362222Fax +62-711 313693

HOTEL ANUGERAHJln Jendral Sudirman No 149 Palembang 30129Sumatera Selatan, Telp 62 711 312828 Fax 62 711 351183

Nama Kereta Berangkat Datang

Limex Sriwijaya 21.00 05.10Sindang Marga 20.00 04.00Bukit Serelo 09.20 18.00Rajabasa 08.00 18.45

JADWAL KEBErANgKATAN KA

Palembang-Jakarta Berangkat Tiba06.00 07.0010.25 11.3016.15 18.50

Palembang-Jakarta Berangkat Tiba06.10 07.0007.40 08.4511.05 10.2014.20 11.5015.55 14.0017.20 16.0019.10 17.35

Palembang-Jakarta Berangkat Tiba18.20 18.40

Palembang-Jakarta Berangkat Tiba06.00 07.0008.35 09.3510.45 11.4513.20 14.2014.20 15.2016.40 17.4017.40 18.4018.40 19.40

JADWAL PENErBANgAN

PALEMBANG EKSPRESSENIN, 3 SEPTEMBER 2012 9

Rusdi tahar SeKetua DPD PAN Ogan Ilir

Tanggal 7 September sampai 7 Oktober 2012 di lapangan Futsal Biru Sport Center Desa Sribandung.Dilaksanakan oleh Karang Taruna Desa Sribandung.

PENDAFTArAN grATIs

Ketua Panitia Pendaftaran Ibnu Dauri, Hadiah 1, Rp 2 juta, hadiah 2, Rp 1.5 juta, hadiah 3, Rp 1 juta dan harapan 1, Rp 500 ribu.

rumah Baru Target Pelanggan Telkom Sebulan Seribu Sambungan Telpon Rumah

PALEMBANG. PE- Pangsa pasar PT Tel-kom Palembang dalam menggaet pelanggan telpon rumah masih terbuka lebar pasalnya perumahan baru yang masih terus tumbuh di kota berpenduduk 1,5 juta jiwa ini menjadi target yang dibidik.

Terbukti saat ini saja Telkom baru mengga-rap pelanggan baru yang berada di Perumahan Tiga Putri yang berhasil memperoleh sekitar 260 sambungan telpon.

“Sekarang ini Telkom memang cenderung fokus perumahan baru karena peluangnya masih terbuka lebar,” ujar Nurhalim, Manager Customer Care PT Telkom Palembang kemarin.

Tentu saja dengan bertambahnya jumlah pelanggan telpon yang baru diperoleh ini me-nambah pelanggan perusahaan telekomunikasi plat merah yang ditargetkan bisa mencapai 16.000 pelanggan ditahun ini.

Menurut Nurhalim, Telkom dalam sebulan ditahun ini mampu menggaet sekitar 1.000 sambungan telpon baru, dengan jumlah ini terjadi peningkatan sambungan telpon men-jadi 1,4 persen sambungan dari total 121.000 pelanggan di Palembang.

Bahkan Telkom juga memiliki cara sendiri untuk bisa mendongkrak jumlah pelanggan, salah satunya dengan pemasangan wifi gratis

bagi pelanggan yang pasang telpon rumah.“Tapi memang dikenakan biaya wireless

itu juga sudah diberikan diskon 50 persen, sehingga pelanggan hanya cukup membayar Rp 162.000,” katanya yang mengatakan promo ini berakhir 31 Agustus kemarin.

Bukan hanya itu saja, sadar pelanggan telpon rumah mulai berkurang, Nurhalim juga mengatakan ada paket tagihan tetap yang bisa dinikmati oleh pelanggan.

Paket yang dihadirkan mulai dari Rp 60.000, Rp 75.000, Rp 150.000 sampai dengan Rp 1,5 juta, menurutnya paket ini sengaja diberikan supaya pelanggan tetap menggunakan telpon

rumah sebagai sarana berkomunikasi.“Apalagi pelanggan sekarang juga ada yang

hanya menerima panggilan telpon yang masuk saja tanpa menggunakannya (telpon tidur),” bebernya seraya mengatakan pelanggan ini mencapai 10 persen.

Selain telpon rumah, Telkom juga giat mem-promosikan produk Speedy, dengan membayar hanya Rp 10.000 untuk pemakaian dengan kecepatan 512 kbps.

Sampai saat ini total pelanggan bisnis Telkom sudah mencapai 57.000, pelanggan biasa sebanyak 35.000, dan pelanggan bisnis masih terbuka lebar pangsa pasarnya. LA

PALEMBANG. PE- PT Samsung Elec-tronics Indonesia hari ini meluncurkan seri Galaxy Note terbaru yaitu Samsung Galaxy Note 10.1 yang dihadirkan bagi konsumen di Indonesia dalam sebuah acara yang digelar di Atrium Timur Grand Indonesia Mall, Jakarta.

Samsung GALAXY Note 10.1 dileng-kapi dengan fungsi-fungsi dan kinerja tinggi pada layar seluas 10.1-inci sehingga mampu menghadirkan pengalaman luar biasa bagi para pengguna.

Dilengkapi dengan prosesor quad-core 1.4GHz dan RAM 2GB untuk meningkat-kan kinerja dan performa, Samsung GAL-AXY Note 10.1 dirancang untuk memper-mudah dalam menciptakan dokumen serta mencatat ide-ide, mengakses informasi serta membuat kegiatan multi-tasking menjadi lebih mudah dan cepat hingga membuat semua kegiatan tersebut terasa lebih alami dan efisien.

Samsung Galaxy Note 10.1 diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan tablet yang multifungsi sekaligus memiliki performa terbaik.

Data Gfk telah menunjukkan bahwa peningkatan permintaan konsumen akan perangkat tablet telah mencapai 500 persen sejak pertengahan tahun 2011 hingga kini.

“Samsung juga memahami bahwa tablet masa depan harus dapat memahami penggu-nanya, baik dari segi fungsi ataupun kinerja,” ujar Yoo Young Kim, Managing Director PT Samsung Electronics Indonesia.

Samsung Galaxy Note 10.1 dipersiapkan sebagai gadget yang mampu menjawab kebu-tuhan para pengguna dengan tuntutan profesi, hobi dan minat yang berbeda, baik untuk membuat catatan pribadi, keperluan bisnis, presentasi ataupun untuk menyalurkan ide-ide kreatif dalam bentuk gambar atau desain.

Samsung Galaxy Note 10.1 merupakan tablet dengan fungsi dan pengalaman yang

luar biasa yang sebelumnya belum pernah didapatkan di gadget lainnya.

Samsung Galaxy Note 10.1 memang memahami kebutuhan konsumennya, sep-erti yang disampaikan oleh Yoris Sebastian yang sehari-harinya berkecimpung dalam dunia bisnis kreatif. Hadir dalam konperensi pers siang itu.

“Di setiap presentasi atau perbincangan bisnis, seringkali ide-ide atau solusi baru muncul. Sayang sekali kalau hal itu tidak bisa dicatat dengan baik. Apalagi saat kita berhadapan dengan klien,” Jelas Yoris.

Samsung Galaxy Note 10.1 ternyata mema-hami kebutuhan ini. Fitur-fiturnya yang serba bisa, terutama S Pen nya yang pintar, membuat kegiatan bisnis saya menjadi lebih produktif.

Karena dalam sebuah meeting dengan Klien saya bisa membuat catatan meeting yang komprehensif, sehingga bisa langsung dikirim ke mitra kerja lainnya agar tenggat waktu terpenuhi.

Kemampuan Samsung Galaxy Note 10.1 dalam mendukung kerja kreatif juga disetu-jui oleh Didiet Maulana, seorang fashion

desainer pemilik label IKAT. “Dengan tablet terbaru dari Samsung ini,

saya bisa membuat sketsa desain dimana saja, bahkan saat bertemu dengan klien atau kapanpun saat inspirasi tiba-tiba muncul,” ujar Didiet Maulana.

Yang lebih seru lagi adalah, kemampuan multitasking-nya, membuat saya bisa mem-buat mood board atau desain ambience dari peragaan busana saya, sambil meng-copy and paste berbagai gambar-gambar atau foto-foto sebagai referensi.

Kinerja Samsung Galaxy Note 10.1 memang memungkinkan pengguna melaku-kan berbagai kegiatan seperti layaknya kita membuat catatan atau note dengan freehand.

S Pen nya sangat sensitif dan pintar, se-hingga tangan kita bebas mengekspresikan apa yang ingin kita catat, seperti layaknya mencatat di selembar kertas.

S Pen memiliki tekanan sensitif dan me-miliki kalibrasi 1024 kali lebih sensitif un-tuk menghasilkan ketepatan terbaik dalam memberikan pengalaman. REL/LA

Dukung Produktivitas, Kreativitas dan Edukasi

TABLET MULTIFUNGSISamsung Galaxy Note 10.1 dilengkapi dengan fungsi-fungsi dan kinerja tinggi pada layar seluas 10.1-inci sehingga mampu menghadirkan pengalaman luar biasa bagi para pengguna.

BIDIK PELANGGAN BARUTelkom Palembang membidik pelanggan telpon rumah baru dari perumahan baru yang dibangun, apalagi pertumbuhan perumahan di kota ini cukup menjanjikan.

FOTO NOVA WAHYUDI PALPRES

FOTO NET

Page 10: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

Dapatkan Rumah Idaman anda di Hunian Eksklusif

HuBuNgI KAmI DI : 0711 7757249 (David) 0711 417477 (Kantor)

Hubungi: 7944589

SEDANG DIBANGUN

DIJuAL CEPAT

MINIMALIS 2,5 LANTAI LOKASI STRATEGIS PADAT PENDUDUK COCOK BUAT USAHA

ruKO

BuruAN HANYA 2 UNIT

ALAmATKomplek Talang Kelapa

PALEMBANG EKSPRES, SENIN 3 SEPTEMBER 2012 SMS ke: 081958300250 / 07117757249

Hindari Penggunaan Sekat yang Terlalu BanyakPENGGUNAAN sekat terkadang cukup membantu, tetapi penera-

pannya di lapangan banyak terlalu berlebihan. Karena hunian yang cukup luas membuat kita menjadi kesulitan untuk menatanya, salah satu untuk membantu hunian lebih natural adalah menambah sekat.

Tetapi penambahan sekat tersebut juga sudah menyalahi aturan dalam tata hunian, karena justru membuat rumah lebih semrawut dan tidak terlihat manis, misalnya ada beberapa ruangan yang ditambah untuk sekedar memberikan luas ruangan agar tampak tidak meluas.

Sehingga, sekat menjadi penting. Tetapi perlu diketahui penam-

bahan sekat yang terlalu banyak juga menge-sankan hunian seperti kos-kosan. Banyak bilik dan membentuk sekat lebih permanen, untuk otu bagi anda yang menginginkan sekat dan memberikan kesan hunian tertata adalah membiarkan sekat yang tidak permanen di ruangan tertentu.

Seperti ruang keluarga dengan ruang tamu, bisa menggunakan sekat seperti tirai dan beberapa ornamen yang transparan, sehingga tetap memberikan kesan kekeluargaan dalam hunian anda. TIPS

PALEMBANG. PE – Warga peruma-han Mutiara mengeluh. Pasalnya, sudah membeli rumah di kawasan Muham-mad Mansyur ternyata belum dibangun. Parahnya, blok rumah yang telah dihuni puluhan unit tidak dibangun drainase dan ruas jalan yang nyaman.

Dibincangi Darwis, warga setempat mengaku perumahan tersebut baru dibangun developer tidak bertanggung jawab. Pengembang cukup ternama di Palembang ini membangun peruma-han tipe menengah ke bawah bertujuan memenuhi kebutuhan akan hunian bagi masyarakat kota Palembang.

“Tetapi sayangnya membangun pe-rumahan tidak disertai dengan fasilitas. Apalagi selama masa pengerjaan, truk yang membawa bahan material terpaksa

terus melintas dan merusak ruas jalan,” beber Darwis, kepada Palembang Ekspres Minggu (2/9).

Dia mengatakan, pembangunan rumah untuk Masyaakat Berpenghasi-lan rendah (MBR) ini memang berjalan sudah satu tahun lalu. Bahkan dirinya mengatakan, perkiraan pembangunan hampir satu tahun. Namun hingga saat ini belum terselesaikan.

Sebetulanya sambung Darwis, pem-bangunan rumah sudah separuh unit dan ruas jalan sudah diratakan. Tetapi, karena perumahan Mutiara menimbun membuat jalannya becek dan sulit dilalui.

Padahal, konsumen yang membeli unit rumah kerap mengecek perumahannya melihat proses pembangunan. “Jangankan motor, jalan kaki saja kesulitan karena

kondisi jalan tanah liat,” akunya.Senada diungkapkan HM, warga setempat

mengaku mengeluh karena penimbunan mem-buat rumahnya kerap kebanjiran. Untungnya kata dia, rumah di kawasan Kelurahan Bukit Lama cukup tinggi. “Bagi rumah yang tidak tinggi akan kena imbas dari pembangunan perumahan tersebut,” kata dia.

Dia berharap, pengembang yang hen-dak memperluas bisnis tidak mengor-bankan lingkungan setempat. Jika memang membuka unit perumahan lanjutnya, pengembang sebaiknya dapat membuat semacam drainase maupun penampungan air yang cukup besar. Sehingga, air tetap diberikan resapan untuk keluar. “Kami berharap hanya begitu, jangan sampai membangun perumahan mengganggu warga lainnya,” pintanya. DyN

Jalan Warga Mutiara Belum

Dibangun

PALEMBANG. PE – Me-miliki nyaman dengan harga terjangkau tentu semua masyara-kat menginginkan, seperti peru-mahan Raffi Residence 2, yang menawarkan hunian strategis dengan harga sesuai kocek. Pe-rumahan yang berlokasi di jalan Sukabangun II ini dibangun oleh developer berpengalaman.

Windi, Marketing CV Mitra Anugrah Barokah menjelas-kan, pembangunan hunian ini memang bertujuan untuk me-menuhi kebutuhan akan pe-rumahan dengan lingkungan asri namun dengan harga yang terjangkau.

“Perumahan ini memang di-bangun untuk membidik ka-langan middle. Dengan harga yang bersahabat, hunian di ling-kungan asri dan sejuk pun bisa didapatkan. Konsep hunian yang minimalis di lokasi yang strate-

gis, membuat griya ini menjadi semakin diminati,” ujar Windi kepada Palembang Ekspres Minggu (2/9).

Jenis hunian ini tersedia dengan beberapa tipe dianta-ranya, tipe 36, tipe 45 dan tipe middle up (menengah atas) yakni tipe 54. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp 125 juta hingga Rp 300 juta ke atas.

“Perumahan ini dibangun sekitar 100 unit, dan sekarang tinggal tersisa sekitar 15 unit ru-mah. Karena banyak peminatnya, sehingga perumahan kami selalu laris terjual,” kata dia.

Fasilitas umum yang dise-diakan yaitu security one gate system, taman asri, bebas banjir, dan lokasi strategis. Untuk fa-silitas hunian sendiri, tersedia pemasangan listrik, PDAM, telepon, dan lainnya.

Hunian ini juga dibangun dengan bahan material yang b e r m u t u , s e p e r t i r a n g k a bangun bersloof tulang, jalan bercor beton, batu bata karang pilang, ornament kayu kelas dua, dan lainnya.

Ia menambahkan, pembeli bisa melakukan pembayaran dengan tiga cara yaitu cash keras, cash berjangka, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Untuk cash berjangka, pem-beli harus menyetor uang muka sebesar 20 persen, selanjutnya diberi tempo hingga 6 bulan untuk melunasi pembayaran tanpa dikenakan bunga.

Sedangkan untuk pembaya-ran sistem KPR, pembeli dapat menyetor uang muka sebesar 20 persen. Selanjutnya, pembayaran dapat diangsur selama kurun waktu 5 – 15 tahun dengan bunga hanya 12,5 persen. DyN

Buruan Hunian Terjangkau di

Raffi Residence 2

BELUM DIBANGUNRuas jalan perumahan Mutiara belum dibangun sehingga menyulitkan pengendara melintas di ruas jalan tersebut.

STRATEGISPerumahan Raffi Residence menghadirkan hunian nyaman dengan konsep minimalis modern di lokasi strategis dan harga terjangkau.

FOTO IST

Page 11: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

MUARA ENIM.PE - Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Muara Enim, pimpinan Iptu Hendri Sianipar, Jumat (31/8) sekitar pukul 20.30 WIB, berhasil meciduk seorang bandar narkoba jenis ganja di Jalan Tungkal Ulu Dusun II, Kabu-paten Muara Enim, berinisial Hr (30).

Dalam penangkapan pertama, petugas mendapati barang bukti delapan paket besar ganja

kering yang perpaketnya seberat satu kilogram. Kemudian petugas melakukan penggeledahan dirumah tersangka di Komplek BTN Air Paku, Kabupaten Muara Enim.

Setelah dilakukan penggeledahan, didalam kamar tersangkam, petugas kembali berhasil men-emukan 11 paket kilogram ganja sehingga petugas berhasil mengamankan 19 kilogram ganja kering siap edar. Tak hanya itu, petugas juga menyita satu paket sabu-sabu.

Keberhasilan penangkapan terhadap bandar besar narkoba yang sudah menjadi Target Operasi (TO) sejak enam bulan lalu ini, bermula dari

petugas yang mendapat informasi jika akan ada transaksi narkoba dalam jumlah besar.

S e t e l a h p e t u g a s melakukan penyelidikan di lokasi penangkapan, petugas mendapati ter-sangka dengan gerak ger-ik mencurigakan sambil membawa bungkusan be-sar. Kuat dugaan jika ter-sangka sedang menunggu pembelinya.

Melihat itu petugas langsung melakukan penangkapan, dan ditemukan delapan kilogram ganja. Kemudian dilaku-kan penggeledahan dirumah tersangka dan kembali ditemukan 11 kilogram ganja serta satu paket sabu-sabu.

Tersangka Hr mengaku, ganja-ganja tersebut didapatnya dari Kota Palembang. Satu kligram ganja itu dibelinya seharga Rp2,3 juta, lalu di-jualnya kembali seharga Rp2,8 juta.

“Jadi keuntungan yang aku dapatkan sebe-sar Rp500 ribu per kilogramnya. Setiap kali melakukan transaksi aku selalu menjual dalam partai besar bukan paket-paket kecil,” terang tersangka Hr.

Sementara Kapolres Muara Enim, AKBP Budi Suryanto melalui Kasat Narkoba, Iptu Hendri Sianipar mengatakan, tersangka merupakan TO pihaknya sejak enam bulan lalu.

“Kalau dilihat dari barang bukti yang didapat-kan, tersangka merupakan bandar besar yang wilayah pemasarannya adalah Muara Enim-Tan-jung Enim dan sekitarnya. Dari pengakuannya, tersangka mendapatkan barang bukti itu dari salah seorang bandar asal Palembang. Kita masih menyelidiki keberadaan bandar asal Palembang itu,” pungkas Hendri. HFB

Polda Sumsel : (0711) 360404/ (0711) 310264Poltabes : (0711) 513334, (SPK) (0711) 510455 Polsek IB I : (0711) 353014 Polsek IB II : (0711) 352973 Polsek IT I : (0711) 351607 Polsek IT II : (0711) 713344

Polsek SU I : (0711) 510128 Polsek SU II : (0711) 510096 Polsek S Gerong : (0711) 596333/ (0711) 598144/ (0711) 598145 Polsek Sako : (0711) 820062Polsek Gandus : (0711) 7365855Polsek Sukarami : (0711) 411585Polsek Kemuning : (0711) 7300930KPPP Boombaru : (0711) 712386Pos Laka Pakjo : (0711) 7920902 Kodim 0418 : (0711) 351637

Denpom 2/4 : (0711) 351843/ (0711) 374836

LBH Palembang : 0711 356153 E-mail : [email protected] Ikadin Palembang : 0811711830/ (0711) 7081830/ 08197830830Pemadam Kebakaran : (0711) 312011 PDAM : (0711) 350079 PLN : (0711) 356911- (0711) 358355

RSMH Palembang (Sentral) : (0711) 354088 RS Charitas : (0711) 350827 RSI Siti Khadijah : (0711) 311884 RS AK Gani : (0711) 354691 RS Muhammadiyah : (0711) 513144 RS Myria : (0711) 411610 RS Ernaldi Bahar : (0711) 410354Informasi Telepon : 108 Layanan Telegram : 165 SLI : 100 Pengakuran Jam : 103

Gangguan Telepon : 117 Ambulance : 118 Bandara SMB II : (0711) 411778 Informasi SMB II : (0711) 413695 Vip Room SMB II : (0711) 410159 Lanud : (0711) 410376 STA Kertapati : (0711) 515555/ (0711) 510201 ULPK BBPOM Palembang : (0711) 371463 Perusahaan Gas Negara : (0711) 717950

TELEPON PENTING

PALEMBANG EKSPRES SENIN, 3 SEPTEMBER 2012 11

Bandit Pecah Kaca Dibekuk Warga

Nunggu Pesanan roti Dijambret

Reyhan Larikandan ‘Tiduri’ Pelajar

KAYUAGUNG.PE – Dua pelaku bandit pecah kaca yang selama ini meresahkan warga Kota Kayuagung, Kabupaten OKI, akhirnya ber-hasil dibekuk jajaran Polsek Kota Kayuagung. Keduanya yakni Dedi alias Dedek (20) dan Edi alias Adi (19), keduanya warga Kelurahan Paku, Kecamatan Kayua-gung, Kabupaten OKI.

I n f o r m a s i y a n g d i h i m -pun Palembang Ekspres, kedua t e r -sangka dibekuk saat berusaha m e m -ecahkan kaca mobil Xenia Abu-Abu BG 2274 LK milik Mustofa (40), pada Jumat sore (31/8) didepan rumah korban di Desa Buluh Cawang, Kecamatan Kayuagung.

Saat itu korban sedang berada di dalam mobil, dan melihat tersangka Dedi berusaha

melempar kaca mobilnya dengan butiran ke lahar. Melihat itu, korban langsung berteriak, dan teriakannya didengar warga sekitar sehingga langsung menangkap kedua tersangka yang berusaha melarikan diri.

Beruntungnya nyawa keduanya berhasil diselamatkan, setelah ang-gota Polsek Kota Kayuagung datang ke lokasi kejadian dan langsung mengamankan keduanya dari amukan warga.

Kemudian keduanya dibawa ke Mapolsek Kayuagung untuk untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Saat dinterogasi polisi, ternyata kedua ter-sangka pernah melakukan aksi yang sama di depan Masjid Buluh Cawang dengan memecah kaca mobil Xenia hitam milik warga, pada (24/8) lalu. Dari dalam mobil tersebut, keduanya berhasil mengambil Laptop, GPS, Kamera dan

dua unit HP, Tersangka Dedi mengaku jika dirinya dirinya

baru dua kali melakukan aksi pencurian dengan modus pecah kaca.

”Waktu itu aku tidak tahu kalau di dalam mobil itu ada orangnya. Pas aku mau melempar kacanya ternyata ada orang dan warga langsung menangkap kami. Baru dua kali aku melakukan aksi itu,” ucap tersangka Dedi.

Kapolres OKI, AKBP Agus Fatchul-loh melalui Kapolsek Kayuagung, AKP Karimun Jaya SH mengatakan, saat ini kedua tersangka sudah diamankan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

”Kasus ini masih kita kembang-kan. Mungkin tersangka terlibat dalam aksi pecah kaca di TKP lain,” tegasnya. IAN

PALEMBANG.PE - Setelah perke-nalannya lewat radio, akhirnya Reyhan (25), warga Desa Jati, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, langsung berpacaran dengan seorang pelajar kelas dua SMA beri-nisial NPS (16).

Namun, ternyata hubungan berpa-caran itu tidak direstui oleh orang tua pacarnya itu, sehingga Reyhan nekat melarikan pacarnya itu ke desanya. Bahkan selama enam hari melarikan pacarnya itu, Reyhan setidaknya telah lima kali melakukan hubungan badan dengan pacarnya.

Lantaran tidak senang dengan apa yang dilakukan Reyhan, maka orang tua pa-carnya berinisial BS (40), lalu melaporkan-nya ke Mapolresta Palembang. Walaupun telah dilaporkan, namun Reyhan tidak juga mengantarkan pacarnya itu.

Akhirnya, orang tua pacarnya me-mancing Reyhan untuk mengantarkan pacarnya setelah memberitahu jika orang tua pacarnya sedang sakit. Mendapat kabar itu, lalu Sabtu (1/9) Reyhan men-gantarkan pacarnya ke Palembang.

Barulah kemarin (2/9) sekitar pukul 08.00 WIB, Reyhan diamankan ke Ma-polresta Palembang, guna mempertang-gung jawabkan perbuatannya itu.

Dalam laporannya diceritakan, ke-jadian yang menimpa korban berawal dari ayah korban BS mengetahui pu-trinya tersebut sudah enam hari tidak pulang-pulang ke rumah sepulang dari sekolah.

Setelah dicari-cari namun korban tidak juga ditemukan. Akhirnya ayah korban mendapat kabar melalui SMS dari dari seseorang yang isinya meminta doa restu, dimana anaknya dan tersangka Reyhan akan menikah di Lahat.

Begitu mendapat kabar itu, ayah korban langsung menyuruh korban untuk pulang kerumah. Namun korban menghiraukan permintaan orang tuanya. Kemudian korban dan tersangka dipanc-ing bahwa jika ayah korban sedang sakit, akhirnya kemarin (2/9) sekitar

pukul 00.05 WIB, keduanya datang ke Palembang.

Setelah keduanya pulang kerumah korban, ayak kroban mengetahui jika korban telah digauli tersangka Reyhan. Dan ayah korban menduga jika per-buatan tersebut dilakukan dengan cara membujuk dan memaksa korban saat masih berada di Palembang.

Ayah korban juga menduga jika per-buatan itu dilakukan dipondokan dekat Perumahan Grand City, Kecamatan Alang Alang Lebar (AAL) Palembang. Bahkan saat berada dirumah tersangka di Lahat, keduanya sudah lima kali melakukan hubungan mesum itu.

Tersangka Reyhan mengaku jika dir-inya mengenal korban sejak Juni 2012 lalu, setelah mendengarkan radio. Keb-etulan saat itu dirinya mendengar jika korban sedang ingin mencari pacar.

“Aku lalu mencatat nomor hand-phone dia (korban, red). Setelah itu kami saling telpon dan kami pun berpacaran sampai bertemu langsung,” ucap ter-sangka Reyhan.

Diungkapkannya, setelah pertemuan itulah, lalu mereka melakukan hubungan badan layaknya suami istri. Perbuatan tersebut dilakukan atas dasar suka sama suka bukan dengan paksaan.

“Kami melakukan hubungan itu atas dasar suka sama suka, jadi tidak ada pak-saan. Kami sudah melakukan hubungan itu sebanyak lima kali. Yang jelas aku berani tanggung jawab. Tapi sayangnya orang tua dia tidak merestuai sampai aku dibawa ke kantor polisi,” terangnya.

Kapolresta Palembang, Kombes Pol Sabaruddin Ginting SIk melalui Kasat Reskrim, Kompol Djoko Julianto SIk MH membenarkan jika pihaknya sudah mengamankan seorang tersangka yang telah melarikan anak dibawah umur.

“Saat ini tersangka sudah kita amank-an untuk dimintai keterangan. JIka ter-bukti maka akan tersangka bakal dijerat dengan Undang-undang perlindungan anak serta perbuatan pencabulan,” tukas Djoko. JOE

PALEMBANG.PE - Sial dialami seorang ibu rumah tangga bernama Nirwana (37),warga Jalan Sambu III, RT 2 RW 1, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil Palembang. Pasalnya, saat sedang menunggu pesanan roti, malah dijambret dua orang tidak dikenal.

Kejadiannya, Sabtu (1/9) sekitar pukul 19.00 WIB, didepan toko bak-ery Moriska di Jalan Kapten A Rivai Palembang. Akibatnya, korban harus kehilangan satu buah tas yang berisi uang sebesar Rp25 juta, empat kartu ATM, satu Handphone (HP) Black-Berry dan HP Fleksi.

Kesal dengan apa tyang menimpanya, lalu korban melaporkan peristiwa tersebut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang.

Dalam laporan polisi bernomor LP/B-2278/IX/2012/Sumsel/Resta, diceritakan, saat kejadian sedang

duduk menunggu pesanan roti yang dipesannya.

Namun, tanpa disadari korban, tiba-tiba datang dua orang pelaku yang menggu-nakan sepeda motor langsung mendekati korban. Secepat kilat seorang pelaku lang-sung menarik tas yang dijinjing korban.

Korban yang tidak menyangka jika akan dijamret tidak sempat mempertahankan tas miliknya. Usai mendapatkan tas korban kedua pelaku langsung melarikan diri dengan menggunakan motor.

Kapolresta Palembang, Kombes Pol Sabaruddin Ginting SIk melalui Kasat Reskrim, Kompol Djoko Ju-lianto SIk MH membenarkan jika pihaknya telah menerima laporan dari korban.

“Laporan dari korban sudah kita terima dan telah diteruskan ke bagian Reskrim untuk ditindak lanjuti,” tan-das Djoko. JOE

Tunggu Pembeli, Bandar Ganja DibekukDIPERIKSATersangka Reyhan yang menjalani pemeriksaan di Sat Reskrim Polresta Palembang, setelah melarikan dan meniduri seorang pelajar SMA

KAWALJajaran Polsek Kota Kayuagung sedang

mengawal dua pelaku bandit pecah kaca

bernama Dedi alias Dedek dan Edi alias

Adi yang berhasil ditangkap warga

setelah terpergok oleh korbannya saat

sedang memecahkan kaca mobil.

FOTO MUJIANTO PALPRES

FOTO IST

Page 12: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

KAYUAGUNG. PE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komer-ing Ilir (OKI) melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) menert-ibkan sejumlah spanduk dan baliho bakal calon (Balon) Bupati OKI dan Balon Gubernur yang mengotori sejumlah masjid dan jalan protokol di Kota Kayuagung.

Penertiban dilakukan kemarin karena petugas menganggap bahwa spanduk dan baliho tersebut membuat Kota Kayuagung tampak semrawut, mengingat banyak spanduk yang dipasang bukan pada tempatnya. Bahkan tidak sedikit keberadaan alat peraga sosialisasi tersebut meng-ganggu ketertiban masyarakat.

Pada penertiban tersebut, petugas

dengan peralatan lengkap melakukan penyisiran di sejumlah jalan protokol dan langsung melakukan pencopotan secara paksa spanduk dan baliho yang dianggap mengganggu. Bukan hanya spanduk dan baliho balon Bupati OKI yang dicopot, baliho balon Gubernur Sumsel yang sekarang sedang men-jabat Bupati OKI, H Ishak Mekki juga dicopot.

Kasat Pol PP Pemkab OKI, Prata-ma Suryadi SP kepada Palembang Ekspres mengatakan, personil dari Sat Pol PP OKI menertibkan spanduk dan baliho yang terpasang dipinggir dan melintang di atas badan jalan, karena sudah mengganggu kebersi-han Kota Kayuagung.

“Penertiban yang dilakukan ini

tidak lain bertujuan untuk mem-bersihkan spanduk dan baliho yang banyak terpasang tersebut, karena ke-beradaannya dapat membuat suasana jalan terlihat semrawut,” ujarnya.

Menurut Kasat, pihaknya tidak melarang siapapun untuk memasang baliho, tetapi harus dipasang pada tempat yang sudah disediakan. ”Se-lama puasa dan lebaran ini banyak sekali baliho ucapan yang terpasang di masjid dan tempat-temapat yang bukan pada tempatnya, sehingga kita terpaksa menertibkannya,” terangnya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga menertibkan spanduk yang sudah kedaluarsa, kemudian baliho yang sudah rusak juga ditertibkan. ”Ada sebagian spanduk yang memang dipasang di tempatnya, tetapi sudah rusak, itu kita kembalikan pada pihak yang memasangnya agar diganti den-gan yang baru,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Kasubag Teknis Pemilu dan Humas KPUD Kabupaten OKI, Dedi Irawan, masalah penertiban baliho balon bupati itu be-lum masuk dalam kewenangan KPUD. ”Kalau memang sudah memasuki tahapan boleh memasang baliho atau spanduk, karena statusnya balon bukan calon, boleh mereka memasang tapi harus beretika,” katanya.

Masalah penertiban spanduk itu, kata dia, adalah kewenangan pemer-intah daerah, sudah ada aturan-aturan yang mengatur dimana tempat-tempat yang diperbolehkan untuk memasang spanduk. “Jika dianggap melanggar memang harus ditertibkan,” tukas-nya. IAN

12 PALEMBANG EKSPRES SENIN, 3 SEPTEMBER 2012 Sumsel

Sumur Keluarkan Gas dan Api

25 Desa Belum Dialiri ListrikINDRALAYA. PE - Sedikitnya

25 desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) masih gelap gulita. Pasalnya hingga saat ini desa-desa tersebut belum dialiri listrik. Ini terungkap berdasarkan hasil survey dan verifikasi dinas pertambangan dan energi Kabupaten OI di Enam belas kecamatan di Bumi Caram Seguguk tersebut.

Nah, dari keenam belas Keca-matan tersebut 25 desa yang belum diliri listrik itu berasal dari 9 keca-matan seperti Kecamatan Pemulu-tan, Pemulutan Selatan, Pemulutan

Barat, Sungai Pinang, Kandis, Indra-laya, Indralaya Utara, Kandis, dan Kecamatan Rambang Kuang.

Untuk itu, dalam meningkatkan pelayanan masyarakat khusunya men-genai penerangan, Pemerintah Kabu-paten (Pemkab) OI dalam hal ini Dinas Pertambangan dan Energi mengadakan koordinasi dengan PT PLN Persero Ca-bang Indralaya mengenai peningkatan pelayanan listrik di daerah yang belum ada jaringan listrik tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pertam-bangan dan Energi Pemkab OI, M Tahir, pemerintah telah melakukan

beberapa program untuk meningkat-kan pelayanan. ”Program itut khusus di tujukan kepada desa yang belum memiliki aliran listrik, program tersebut seperti penyambungan jaringan dari desa ke desa seperti yang ada di kecamatan Pemulutan Barat dan Selatan,” ujarnya.

Selain program peningkatan dan penambahan jaringan Dinas Pert-ambangan dan Energi Kabupaten OI juga akan memberikan bantuan aliran listrik kepada sarana publik. ”Bantuan penyaluran listrik diuta-makan bagi tempat-tempat keramaian

seperti sekolah, kantor camat dan sarana ibadah. Sekolah yang menjadi prioritas SMP dan SMA, bagi sekolah yang sudah ada aliran listrik akan mendapatkan bantuan penambahan daya agar mampu mencakup kebutu-han energi,” terangnya.

Berkaca pada hasil tahun 2011, Dinas Pertambangan dan Energi bersama PLN telah mampu men-galirkan arus listrik sebanyak 9 desa. Untuk tahun ini sudah diusulkan untuk dialiri listrik sebanyak 25 desa dari 9 kecamatan. ”Dari 9 kecamatan tersebut memang sudah ada yang

dialiri, namun bagi desa Pedalaman Bulum, seperti yang ada di Desa Arisan Jaya, Aurstanding, Mayapati, Palu dan lain-lain,” ungkapnya.

Untuk itu, pemerintah berharap agar usulan yang telah diajukan dapat terealisasi secepatnya, pal-ing tidak tahun 2014 tidak ada lagi desa yang ada di kabupaten Ogan Ilir yang belum ada jaringan listrik. “Mudah-mudahan harapan kita ini bisa tercapai, dan kalu bisa tahun 2013 sudah terlaksana. Jadi, dengan ini di OI tidak ada lagi warga yang kegelapan,” tukasnya. VIV

MUARADUA. PE - Hing-ga detik ini kondisi jembatan gantung yang berada di Desa Tanjung Menang masih mem-prihatinkan, kondisi yang kian parah jembatan semakin miring membuat masyarakat untuk melewati harus rela menyeberang sungai. “Kondisi miringnya jembatan gantung tersebut sudah terjadi 6 bulan silam, hingga detik ini tak nampak ada perbaikan,” ucap Tambang Tawi, Kepala Dusun (Kadus) II ditemui Palembang Ekspres, Minggu (2/9).

Ta w i m e n a m b a h k a n , j embatan gantung yang menghubungkan t a lang petani, di mana terdapat 30 pelajar SD yang harus rela mnyeberangi Sungai Teleme. ”Besok (hari ini, Red) masuk sekolah terpaksa para siswa harus menyeberang sungai, saat ini kondisi keberuntungan karena air sungai surut. Bila musim bujan tiba terpaksa para siswa harus memutar lebih jauh ” katanya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Desa (Sekdes) Tan-jung Menang, Irwadi, sampai saat ini belum ada tanda jem-batan tersebut akan diperbaiki. ”Hingga saat ini tak nampak jembatan kami ini akan diper-baiki. Sampai saat ini juga tak nampak ada survei dari pihak terkait,” ucapnya.

Dampak yang ditimbulkan petani yang akan membawa hasil pertanian seperti, pi-sang, kopi, jagung dah hasil lainnya harus memutar se-jauh 5 kilometer. “Tentunya dengan membawa hasil perta-nian tersebut berdampak pada ongkos ojek yang ikutan naik. Ongkos ojek jadi naik karena harus memutar arah sejauh 5 kilometer,” ujarnya.

Hingga berita ini diturunk-an Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Hiarul Amri, nomor handphone (Hp) yang diketahui wartawan ini tak kunjung aktif. ZON

jembatan Gantung Desa Tanjung Menang Kian Parah

Satpol PP Tertibkan Baliho Balon Bupati dan Gubernur

Banmus Belum Putuskan Tindaklanjut Pembahasan APBD-P

MARTAPURA. PE - Tin-dak lanjut pembahasan APBD Perubahan (APBD-P) 2012 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur hingga kini belum terjadwal. Penyebabnya karena Badan Musyawarah (Banmus) DPRD OKU Timur belum memutuskan kapan tin-dak lanjut pembahasan APBD P tersebut.

Kepala Bagian (Kabag) Sekre-tariat DPRD OKU Timur, Hasbul-lah mengatakan, pihaknya belum menerima keputusan penetapan jadwal pembahasan APBD P 2012 tersebut. “Ini disebabkan belum ada usulan dari pimpinan dan ang-gota tentang kapan pembahasan tersebut,” jelasnya.

Sesuai dengan aturan lan-jut Hasbullah, jadwal pemba-hasan suatu anggaran diputuskan setelah adanya pengajuan dari pimpinan dan anggota banmus sendiri. “Namun jika nantinya sudah diputuskan tentu akan

segera kita kita susun kapan pelaksanaannya,” ucapnya.

Sementara itu Ketua DPRD OKU Timur, Beni Dafitson SIP yang juga Ketua Banmus saat dikonfirmasi mengatakan, be-lum adanya jadwal pembahasan APBD-P 2012 oleh Banmus lantaran masih adanya klarifikasi terkait evaluasi LKPJ Bupati. “Namun begitu, kita akan segera akan menetapkan jadwal dan membahas APBD-P 2012 bila klarifikasi dan LKJP bupati su-dah final,” tandasnya.

Dasar langkah tersebut lanjut Beni, berpegang pada surat gubernur No 556 KPTS/BPAKD/2012 tentang per-tanggungjawaban pelaksanaan APBD 2011 dan rancangan peraturana bupati OKUT ten-tang per tanggungjawaban APBD 2011. “Artinya di sini APBD P bisa dibahas jika klarifikasi LKJP bupati sudah selesai,” tukas Beni. CJ1

Kekeringan, AktivitasWarga Beralih ke Sungai

MARTAPURA. PE - Su-dah hampir dua bulan berjalan aktivitas kehidupan warga Kecamatan Bunga Mayang dan sekitarnya beralih di Sungai Komering. Pasalnya, sejak awal bulan Juli lalu curah hujan tak kunjung turun, hal itu mengaki-batkan lahan pertanian terutama tebing dan persawahan dilanda kekeringan.

Lebih parahnya lagi seir-ing bergulirnya waktu rasa kekhawatiran warga dihantui kekeringan mulai timbul. Jika sebelumnya lahan pertanian penopang hidup dilanda keker-ingan, sekarang sudah hampir satu bulan setengah sumur wargapun menyusul kering kerontang tak ada airnya.

Kenyataan tersebut sungguh sangat mengganggu aktivitas warga pada umumnya. “Kalau lahan tebing dan sawah kekerin-gan itu hal yang lumrah,namun saat persoalannya sumur ker-ing, warga berpindah aktivitas ke sungai,” ungkap Jamil, warga Bunga Mayang.

Lebih lanjut kata Jamil men-gatakan, tahun 2011 tak separah yang terjadi di tahun ini. Walau-pun telah masuk musim kemarau tidak seperti sekarang warga semua dibuat susah. Untuk mi-num warga harus mengambil air sungai komering yang jauh dari rumah sekitar 100 meter.

“Habis sholat subuh aku dan istriku sambil membawa jerigen pergi ke sungai. Selain

mengambil air untuk kebutuhan masak sehari-hari, mandi dan cuci pakaian juga kita lakukan bersama warga lain di sungai,” tandasnya.

Terpisah, Bowok, warga Desa Sukabaru mengatakan, melihat kondisi lahan pertanian kering disertai tumbuh-tumbu-han layu warga mulai gelisah. “Terus terang melihat keadaan sekarang semua warga kha-watir dan cemas. Kami takut kalau kemarau berlangsung panjang, hal ini tentunya ban-yak tanaman tahun misalnya karet dan sawit bisa dipastikan akan mati karena dilanda keker-ingan,” ujarnya dengan raut wajah sedih.

Kekeringan yang melanda di beberapa desa wilayah ke-camatan Bunga Mayang dan sekitarnya bukan hanya dira-sakan warga masyarakat. Bah-kan, Camat Bunga Mayang, Berlian SE MM, beberapa waktu lalu sempat mengeluh karena kondisi kekeringan dan sulitnya akan terpenuhinya kebutuhan air bersih. “Sumur di perumahan dinas ini pun tak luput dari kekeringan juga. Jadi keluhan akan kebutuhan air yang dirasakan warga ma-syarakat sekarang ini juga saya alami. Saking butuhnya dengan air terkadang kalau aku pulang ke dusun Betung kesininya menyempatkan bawa jerigen untuk air minum,” terang Berlian, saat itu. CJ1

Memasuki Musim Hujan, Penyakit MengintaiINDRALAYA. PE - Setelah

kemarau panjang yang terjadi, akhirnya masuk juga musim hujan. Meskipun curah hujan masih relatif kurang, namun sudah menandakan jika pergantian musim telah terjadi. Ancaman tiga penyakit berbahaya pun sedang mengintai masyara-kat. Waspadai serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Diare, dan Inspeksi Saluran Per-napasan Atas (ISPA).

Kepala Dinas Kesehatan, Ka-bupaten Ogan Ilir (OI), H Kosasi melalui Kabid Promyankes, A Fait, Minggu (3/9) menjelaskan, warga dihimbau untuk mengantipasi ad-anya perubahan cuaca agar tidak terjangkit penyakit. “Peralihan musim dari kemaraum ke hujan su-dah mulai terlihat meski hujan turun itensitasnya masih sedikit. Untuk itu, masyarakat OI dihimbau untuk waspada agar tidak terkena penya-kit,” ujarnya dihubungi Palembang Ekspres, kemarin.

Dikatakannya juga, warga di-harapkan mampu menjalankan pola hidup sehat sehari-harai agar terhidar dari bebagai macam penyakit. “Di musim penghujan nanti, banyak makanan yang tidak

hygienis dan tidak steril, karena saat musim penghujan banyak orang tidak memperdulikan keber-sihan tangan setelah melakukan aktivitas,” ungkapnya.

Di musim hujan lanjutnya, warga juga rentan terjangkit DBD. Penyaki t ini disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypt i yang sering berkembang biak di dalam genangan air baik di tempayan, ember bahkan di dalam bak mandi yang jarang di bersihkan. Nyamuk Aedes Aegypti, ini selanjutnya menginfeksi tubuh manusia.

“Tubuh seseorang yang diin-feksi oleh nyamuk Aedes Aegypti akan menunjukkan gejala panas tiba-tiba kemudian sakit kepala berat. Otot dan persendian juga diserang oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti, aki-batnya seseorang yang terkena penyakit ini biasanya sendinya akan terasa sakit (myalgia dan arthalagia),” paparnya.

Satu ciri khusus yang menan-dakan penyakit DBD dengan pe-nyakit lainnya adalah munculnya bintik-bintik berwarna merah terang dan biasanya muncul pada bagian bawah badan beberapa pasien

yang terjangkiti virus ini. Kondisi ini diperparah dengan diare akut dengan kombinasi sakit perut, rasa mual, muntah dan pilek. “Jika sudah dalam kondisi demikian, maka tidak ada cara lain kecuali melakukan pemeriksaan di dokter setempat atau menjalani rawat inap,” kata pria berkacamata ini.

Se la in i tu , p ihaknya juga mengimbau masyarakat diminta untuk mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). Cuaca yang panas dan kering, me-nyebabkan udara yang dihirup ber-campur dengan debu, angin, kotoran dan kuman. Jika udara kotor kita hirup maka akan masuk ke tubuh dan menimbulkan infeksi.

“Daya tahan tubuh pun cender-ung melemah ketika cuaca panas dan perubahan iklim yang ekstrim, sehingga membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Indikasi awal terserangnya tubuh oleh penya-kit pun ditandai dengan badan lemas dan terasa panas. Apabila keadaan tersebut terus dibiarkan tanpa adanya penanganan, dapat mengakibatkan terserangnya tu-buh oleh berbagai penyakit ,” tukasnya. VIV

INDRALAYA. PE - Sumur bergemuruh hingga mengeluarkan gas dan api menghe-bohkan warga Kelurahan Muara Kuang, Keca-matan Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir (OI). Beruntung tidak ada kobaran jiwa akibat nyala api dalam sumur. Informasi yang dihimpun Palembang Ekspres dari Koya yang juga tet-angga Sugiono, warga RT 3, Kelurahan Muara Kuang, dekat SMP Negeri 1 Kecamatan Muara Kuang, OI, Jumat (1/9) lalu hendak membuat sumur bor lantaran kesusahan mendapatkan air gara-gara panjangnya musim kemarau.

Saat pipa keempat masuk ke dalam tanah atau kedalaman 24 meter saat air mulai keluar iapun berhenti menggali bersama tenaga ker-janya yang lain. Namun Sabtu (1/9) pukul 00.15 WIB tiba-tiba sumur yang berada disamping rumahnya tiba-tiba mengeluarkan api besar, hingga ia beserta istrinya ketakutan karena khawatir rumahnya ikut terbakar.

Kemudian bersama warga iapun berbon-dong menyiram api dan menutup sumur terse-but. Meski sumur sudah ditutup namun suara gemuruh seperti guntur kerap terdengar keras, diduga kandungan gas di dalam yang tinggi di dalam sumur. Bahkan pihak kepolisianpun sampai memasang garis polisi demi keamanan warga setempat.

Salah satu saksi mata warga Kholid men-gatakan, bahkan untuk mengetes adanya kandungan gas di dalam sumur, seorang warga menyulutkan api ke permukaan sumur bor tersebut, hingga api kembali menyala hingga akhirnya mati sendiri, namun sampai saat ini suara gemuruh masih sering terdengar. “Sampai saat ini (kemarin) kadang-kadang warga masih melihat-lihat sumur tersebut. Katanya memang jaman Belanda dulu pernah ada galian sumur yang mengandung gas dan minyak. Namun kita juga sudah menghubungi kepolisian dan Dinas Pertambangan OI agar di-lakukan pengecekan,” ujarnya, Minggu (3/9).

Sementara itu Kapolsek Muara Kuang, AKP Ujang Kopli membenarkan adanya sumur bor yang diduga mengandung gas dan mengeluar-kan api. “Saat ini kita kita sudah pasang police line dan sudah ditutup, tujuannya agar tidak membahayakan warga,” ujarnya dihubungi via ponselnya, kemarin.

Terpisah Kepala Dinas (Kadis) Pertam-bangan OI, M Tahir mengatakan, masih akan melakukan pengecekan terhadap sumur yang menyemburkan api tersebut. “Kita sudah den-gar itu, namuan belum kita cek langsung sore ini atau besok akan kita cek langsung apakah ada kandungan gas, minyak atau apalah,” tandasnya. VIV

Selama Bulan Puasa Nominal Zakat Naik 5%MARTAPURA. PE - Kesadaran masyarakat

Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dalam mem-bayar zakat meningkat. Pasalnya, selama puasa, zakat terkumpul di Badan Amil Zakat (BAZ) OKU Timur naik 5 persen dibanding puasa tahun sebelumnya. Dimana selama puasa tahun ini, zakat terkumpul mencapai Rp 187 juta.

Ketua BAZ OKUT, Hamdi S Ag, kemarin mengatakan, zakat yang terkumpul Rp 187 juta tersebut telah disalurkan ke fakir miskin selama pelaksanaan Safari Ramadhan se-banyak 500 orang. “Selain itu melalui zakat ini kita juga menyalurkan ke ustadz sebanyak 30 orang untuk membantu kebutuhan mereka termasuk juga musafir,” ungkapnya.

Tak hanya terkait dengan program bulanan lanjut Hamdi, secara intensif pihaknya juga menyalurkan zakat ke fakir miskin sebanyak 600 orang. “Kenaikan nominal zakat yang terkumpul di BAZ merupakan bukti meningkatnya kesada-ran masyarakat baik perorangan maupun badan hukum dalam membayar zakat,” ucapnya.

Nominal zakat tersebut kata Hamdi, akan terus mengalami kenaikan saat memasuki akhir tahun nanti. “Salah satunya penyebabnya karena perusahaan BUMN atau BUMD akan tutup buku pada akhir tahun atau Desember nanti. Ini akan berdampak pada jumlah zakat yang akan dibayarkan,” tandasnya.

Pihaknya sendiri masih kata Hamdi, akan terus melakukan sosialisasi terkait kesadaran membayar zakat tersebut. “Dan Alhamdulillah untuk tahuhn tidak ada yang tak membayar zakat terutama selama bulan puasa,” tukas Hamdi. CJ1

PDAM Tirta Saka Selabung Targetkan

Tambah 2.000 Pelanggan

MUARADUA. PE- Guna memenuhi kebu-tuhan air bersih masyarakat khususnya dalam kota Muaradua, PDAM Saka Selabung di tahun ini targetkan penambahan 2.000 pelanggan baru, dengan perluasan jaringan, menelan dana Rp 1 Miliar lebih.

“Kita tergetkan penambahan pelanggan baru 2.000, dengan adanya perluasan jarin-gan tersebut,” ucap Hendra Gunawan, Kabag Teknik PDAM Tirta Saka Selabung kepada Palembang Ekspres, kemarin.

Dengan rincian biaya dari APBD induk Rp 311 juta dan di APBD Perubahan Rp 700 juta, di mana perluasan jaringan pelanggan tersebut di Kecamatan Buay Pemaca, yakni Desa Karet, Plangki. ”Saat ini masih tahap perencanaan berkemungkinan setelah rampung proses pengerjaan akan dilaksanakan,” ucapnya.

Tak hanya itu sambung Hendra, saat ini proses pengerjaan jaringan baru sepanjang 16 kilo mulai dilaksanakan hanya saja, menurut dia, proyek perluasan jaringan PDAM ini milik Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Di mana proses pengerjaan jaringan pelanggan baru PDAM dimulai Talang Kates, Perumahan Griya II, Kelurahan Batu Belang Jaya, Kampung Abadi, Terminal Muaradua, Pasar Saka Selabung, Talang Bandung Bawah, Kisau Ujung, Kampung Serdang sampai dengan Pasar Lama. ”Ada di beberapa tempat tersebut selain pemasangan jaringan baru, ada juga perbaikan pipa. Kita hanya menerima barang dan alat untuk proses pemasan-gan jaringan, semua kelengkapan alat langsung didrop dari Provinsi Sumsel,” timpalnya. ZON

KIAN PARAHKondisi jembatan di Desa

Tanjung Menang kian parah, tiang penyanggah jembatan nyaris roboh

sehingga bila warga melintas terpaksa ekstra hati-hati.

COPOT SPANDUKSatu-persatu spanduk dan baliho Balon Bupati OKI dan Balon Gubernur yang mengotori sejumlah masjid dan jalan protokol di Kota Kayuagung dicopoti aparat Pol PP.

FOTO: HERY / PALPRES

FOTO: MUJIANTO

Page 13: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

LUBUKLINGGAU. PE – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin kem-bali mengeluarkan program pro rakyat. Program untuk mem-bantu masyarakat itu menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Pendapatan Dae-rah (UPTD Dispenda) Provinsi Sumsel Kota Lubuklinggau, M Ali Amin SPd SD MSi itu yakni membebaskan denda atas tunggakan pajak kendaraan bermo-tor (PKB) atau yang lebih dikenal dengan sebutan pemutihan.

Dijelaskan Ali yang baru dipercaya di Kantor UPTD Samsat Kota Lubuklingau se-jak awal Agustus lalu itu, kebijakan orang nomor wahid di Bumi Sriwijya itu sesuai dengan Peraturan Gubernur Sumsel Nomor : 29 Tahun 2012. Tidak tanggung-tanggung jangka waktu masa pemutihan PKB terse-but selama satu tahun terhitung sejak 30 Agustus 2012 hingga 30 Juli 2013.

Ali yang sebelumnya bertugas di Dispenda Propinsi Sumsel itu merinci, sebagaimana tercantum dalam Pergub itu, pertama pem-bebasan denda atas tunggakan PKB untuk kendaraan bermotor nomor polisi dalam provinsi (Plat BG) dengan ketentuan, membe-baskan denda atas tungggakan PKB untuk kendaraan bermotor yang menunggak 1 tahun ke atas. Lalu membebaskan denda PKB untuk kendaraan bermotor yang terlambat melakukan daftar ulang dan pembebasan denda atas tunggakan sebagaimana tersebut di atas tidak merubah tanggal jatuh tempo pembayaran ketetapan pajak sebelumnya.

Kedua, pengurangan bea

balik nama kendaraan bermotor kedua (BBNKB II) sebesar 50 persen untuk kendaraan bermo-tor nomor polisi dalam Provinsi Sumsel (Plat BG). Terakhir, pembebasan BBNKB II untuk kendaraan bermotor nomor polisi luar Provinsi yang mutasi ke Provinsi Sumsel, sehingga hanya membayar PKB saja.

Dikatakan Ali yang mengaku ber-profesi sebagai guru dan pernah menjabat sebagai Kepala SDN Babat Kecamatan Babat Toman dan pernah juga berugas di Dinas Transmi-grasi di Kabupaten Mus i Banyuas in (Muba) itu, adapun tujuan diberlakukan program tersebut,

salah upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dalam mem-bantu masyarakatnya, dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan daerah guna kelan-jutan pembangunan di daerah Sumsel. Lantaran dari hasil pembayaran pajak itu, nantinya 40 persen akan dikembalikan ke-pada daerah setempat, sementara sisanya juga akan direalisasikan bagi daerah yang PAD-nya masih tergolong kecil atau minim.

Sehingga lebih lanjut dia mengajak sekaligus menghim-bau masyarakat khususnya pe-milik pengendaraan bermotor baik roda dua maupun roda atau lainnya, dapat memanfaat-kan momentum pemutihan ini dengan sebaik-baiknya dengan mendatangi Kantor Samsat Kota Lubuklingau dengan alamat Jalan Garuda, sebelum Kantor Walikota Lubuklinggau, Ke-lurahan Kayuara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau. RIF

Sumsel 13PALEMBANG EKSPRES SENIN, 3 SEPTEMBER 2012

SPBU Khusus Berspanduk Ramai Truk

Sertifikasi Bibit Karet Diduga Dimonopoli

LUBUKLINGGAU. PE - Upaya sertifikasi bibit karet di Lubuklinggau ternyata diduga kuat telah dimonopoli oleh oknum pegawai UPTD Dinas Perkebunan (Disbun) Propinsi Sumsel, bekerja sama dengan pengusaha bibit karet inisial Gp, warga Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Demikian di-ungkapkan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Dedi Yansyah di hadapan sejumlah Anggota DPRD Sumatera Se-latan (Sumsel) Daerah Pemilihan (Dapil) 7 saat reses di Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, baru-baru ini.

“UPTD Disbun hanya menjalin kerjasa-

ma dengan personal dalam upaya sertifikasi bibit karet, seharusnya kerjasama dijalin dengan lembaga. Misalnya dengan mem-buat koperasi yang dikelola masyarakat dan dikomunikasikan pemkot,” kata Dedi.

Tujuannya lanjut Dedi, agar ada pe-nyeragaman harga jual bibit karet yang akan diberi label sertifikat, sehingga keuntungan yang didapat petani bibit karet relatif seragam. Harganya tidak dimonopoli personal. “Monopoli harga bibit karet tentunya merugikan petani bibit karet yang bekerja keras merawat dan memelihara bibit karet. Namun setelah siap disertifikasi, harganya diten-

tukan pengusaha personal yang ditunjuk UPTD Disbun Propinsi dengan mendapat keuntungan berlipat,” jelas Dedi.

Dia mencontohkan, rata-rata harga bibit karet yang siap disertifikasi dijual Rp 1.500 per batang. Setelah disertifikasi, harganya bisa mencapai hingga Rp 7.000 perbatang. “Sungguh jauh selisih harganya, hal ini sudah berlangsung lama dan sudah jutaan batang bibit karet yang disertifikasi. Namun hanya memberikan keuntungan yang besar kepada salah seorang pengusaha saja. Sementara petani karet memperoleh keuntungan minim,” ulasnya.

Untuk itu lanjut Dedi, alangkah bai-

knya bila upaya sertifikasi bibit karet dilakukan lembaga misalnya koperasi yang dibina pemerintah. Imbasnya, ma-syarakat Lubuklinggau yang hanya mengandalkan sebagai petani bibit karet bisa lebih sejahtera.

Menanggapi itu, Korwil DPRD Sum-sel Dapil VII, H Darmadi Djufri men-gatakan, akan membawa permasalahan sertifikasi bibit tersebut kepada pihak Pemprop Sumsel. “Aspirasi dari Pemkot Lubuklinggau ini, juga akan kita bahas pada rapat-rapat komisi terkait dan pari-purna di DPRD Sumsel,” tutur calon Wa-likota Lubuklinggau 2012-2017. RIF

Bongen Lawang Wetan Penuh Sampah

SEKAYU. PE - Tidak hanya di kota Sekayu, di Kecamatan Lawang Wetan, pun memiliki pantai yang merupakan hasil dari sungai musi menyurut. Ratusan orang yang seba-gian besar anak remaja, berjalan di hamparan pasir (bongen dalam ba-hasa Musi Banyuasin) di dasar aliran Sungai Musi yang ada di Desa Ulak Paceh, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Saat ini, Sungai Musi sedang surut karena musim kemarau panjang dan dasar sungai yang berpasir, terhampar luas hingga mencapai dua kali lapan-gan sepakbola. Pantai pasir ini sendiri muncul satu tahun sekali pada musim kemarau panjang dari Juli hingga September.

Untuk mendatangi tempat ini, harus banyak bertanya dengan masyarakat, karena letaknya yang tersembunyi di antara pepohonan rindang. Tidak ada tanda khusus yang menunjuk tempat wisata tahunan bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Lawang Wetan dan sekitarnya ini.

Sesampainya di bibir sungai, pen-gunjung disambut luasnya hamparan

pasir. Untuk menuju hamparan pasir ini, kita harus menuruni lereng curam setinggi lebih kurang lima meter, ka-lau tidak berhati-hati, akan terjatuh. Saat sampai di bawah, pengunjung tidak bisa berjalan cepat, karena pasir sungai yang tidak padat. Sehingga, kita hanya berjalan pelan untuk menuju aliran sungai yang mengecil di seberang yang menjadi tempat bermain air bagi pengunjung.

Beberapa pengunjung serasa ti-dak percaya bahwa ada pantai kecil berpasir di Kabupaten Muba yang dikenal dengan bongen, yang berarti pasir. “Ya Allah, alangkah luas bon-gennye,” ujar Rayhan (12), seorang pengunjung dari Kayuara, Kecamatan Sekayu, kemarin.

Dia mengaku, baru kali ini melihat pantai pasir yang luas di Desa Ulak Paceh, Kecamatan Lawang Wetan. Bersama temannya, ia bermain air di aliran sungai kecil karena kemarau. Ternyata, air Sungai Musi ini cukup jernih dan bisa terlihat dasar sungai yang berpasir. Beberapa orang terli-hat berenang di pinggir aliran sungai menggunakan ban karet.

Sedangkan yang lainnya, hanya menikmati hamparan pasir yang han-gat di kaki karena terbakar matahari. Untuk makan dan minum, tidak perlu cemas. Ada banyak penjual di pantai kecil ini yang menjajakan makanan dan minuman. Bahkan, juga sudah disediakan tenda seadanya di tepian sungai untuk berteduh dari panas terik.

Namun, keindahan pasir sungai banyak tertutupi sampah plastik yang dibuang pengunjung tak bertanggung-jawab. Tumpukan sampah plastik ini, seharusnya dibuang di tempat khusus atau dibawa kembali pulang ke rumah. Sehingga tidak mencemari pasir sungai.

Seorang pengunjung, Rahmanto (29), menuturkan, seharusnya pemer-intah bisa membenahi tempat tersebut dan menyediakan beberapa fasilitas. Sehingga, menurut dia, pengunjung bisa merasakan kenyamanan. “Coba disediakan tempat sampah agar sam-pah tidak dibuang sembarangan,” ujar warga Palembang yang diajak temannya melihat pantai kecil terse-but. yUN

Lagi, Gubernur Keluarkan Program Pro Rakyat

Mulai Akhir Desember, AngkutanBatubara Lewat jalan Khusus

PRABUMULIH. PE – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Ir H Alex Noerdin berjanji kepada masyarakat Kota Prabumulih dan daerah yang dilintasi angkutan batubara, mulai akhir Desember 2012, angkutan ba-tubara tidak akan lagi melalui jalan umum. ”Saya berjanji mulai akhir Desember, angkutan batubara tidak akan melintasi jalan umum lagi,” ujar Alex ketika melakukan halal bihalal dengan Kader Golkar Kota Prabumulih dan kegiatan pembagian sembako di Lapangan Pujasuma Kota Prabumulih, kemarin.

Karena jalan khusus yang akan dilalui angkutan batubara tersebut, akan selesai pada waktunya. Sehingga tidak akan ada lagi kendaraan ba-tubara yang akan lewat jalan umum. ”Pembangunan jalan khusus batubara sudah dikerjakan, mudah-mudahan akhir Desember 2012 jalan tersebut sudah bisa dilewati dan tidak ada lagi truk batubara yang melewati jalan

umum,” tegasnya.Saat ini, angkutan batubara hanya

diperbolehkan mengangkut hasil tambang batubara yang bermuatan 8 ton yang melintasi jalan umum. ”Mereka hanya diperbolehkan men-gangkut hasil tambang batubara sampai akhir Desember, setelah itu tidak boleh lagi. Jika mulai tidak diperbolehkan lagi mengangkut ha-sil batubara mulai akhir Desember nanti, terserah bagaimana pemilik angkutan batubara, mau dibawa den-gan cara dipanggul boleh,” kata Alex sumringah.

Masih kata Alex, mengenai adanya isu bahwa dia dan beserta keluarga mempunyai bisnis angkutan batubara. Dia berani bersumpah tidak mempun-yai bisnis apapun. ”Kalau pembuat isu tersebut tertangkap, akan saya tuntut secara hukum karena sudah mence-markan nama baik saya,” tukasnya.

Mengenai isu bahwa dia serakah setelah kalah dari pencalonan dirinya

sebagai Gubernur DKI Jakarta dan kembali mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Sumsel periode 2013-2018 mendatang, Alex mengatakan bahwa itu adalah kehendak Partai Golkar yang menginginkan dirinya mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI. ”Itu bukan keinginan saya un-tuk mencalonkan diri sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, tapi adalah tugas dari Golkar yang ingin saya maju sebagai Gubernur DKI Jakarta,” terangnya seraya menambahkan apa-bila masyarakat Sumsel mendukung dan merestui dirinya maju kembali sebagai Gubernur Sumsel Periode 2013-2018, maka dirinya akan men-calonkan kembali sebagai Gubernur Sumsel.

Pantauan di lapangan, kendaraan angkutan batubara masih melintasi jalan umum dan menyebabkan ke-macetan yang panjang akibat konvoi yang dilakukan kendaraan batubara tersebut. AND

Hanya TL Berhak Ikuti Seleksi Pengangkatan KaryawanBATURAJA. PE - PT Mitra

Ogan (PT MO) yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dalam waktu dekat akan men-gadakan seleksi pengangkatan karyawan tetap bagi 750 Tenaga Lepas (TL) yang telah memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan. Manajer SDM Mitra Ogan, Edi Prauza, didampingi Pimpi-nan Kebun Peninjauan Plasma, Bambang Effendi, Minggu (2/9) menjelaskan, seleksi tersebut dilaksanakan setiap tahun dan setiap kali seleksi minimal ada 250 TL yang diangkat menjadi karyawan tetap.

“Artinya tahun ini diharapkan sekitar 250 TL lagi bisa diang-kat menjadi karyawan tetap,” tegasnya sembari menjelaskan seleksi pengangkatan karyawan itu akan dilaksanakan pada 3 September 2012.

Sesuai aturan perusahaan, lanjut dia, seleksi pengangkatan karyawan itu hanya boleh diikuti TL di Mitra Ogan yang sudah memenuhi seluruh syarat yang telah ditetapkan perusahaan mulai dari masa kerja, jenjang

pendidikan hingga loyalitas kepada perusahaan.

Sementara bagi tenaga swake-lola saat ini belum bisa ikut serta dalam seleksi pengangkatan karyawan tersebut. “Mereka kan hanya buruh yang dipekerjakan berdasarkan borongan saja. Ti-dak ada sama sekali keterikatan dengan Mitra Ogan,” bebernya.

Disinggung mengenai jumlah karyawan di Mitra Ogan secara keseluruhan, Edi mengungkap-kan, sampai Juli 2012 tercatat 1.400 warga asli Ogan Komering Ulu (OKU) dan Muara Enim sudah terdata sebagai karyawan tetap di perusahaan yang memi-liki luas kebun sawit mencapai 23 hektare (ha) di Kecamatan Peninjauan, OKU dan Rambang Lubai, Muara Enim tersebut. “Jika melihat luas kebun yang kita miliki sebenarnya jumlah karyawan yang ada saat ini sudah over kapasitas, namun mengingat Mitra Ogan sudah berkomitmen ingin mempekerjakan penduduk lokal sebanyak mungkin, maka seleksi pengangkatan kary-awan ini tetap dilaksanakan,” pungkasnya. CVG

MUARA ENIM. PE - Terkait pencemaran dari limbah batubara PT Manambang Muara Enim (MME) Muara Enim yang men-galiri beberapa sungai-sungai kecil di Kabupaten Muara Enim. Ternyata limbah dari PT MME ini diduga bisa menyebabkan pencemaran Sungai Enim dan Sungai Lematang.

Menurut H Andarisi (61), salah seorang pemilik kebun karet, sawit dan bambu yang ikut merasakan kerugian dari limbah PT MME yang menggenangi perkebunannya, kepada Palem-bang Ekspres beberapa hari lalu, hal ini cukup mendasar bila dirunut dari aliran pem-buangan limbah PT MME yang melewati sungai-sungai kecil seperti sungai jambutan, sungai bangke dan terakhir bermuara di sungai besar. “Yakni sungai yang menjadi sumber kebutuhan hidup masyarakat Kabupaten Muara Enim,yakni Sungai Enim dan Sungai Lematang,” tukasnya.

Kerugian yang dialami terang Andarisi, sebenarnya bukan saja dialami kami warga Desa Darmo, akan tetapi juga dirasakan warga pemukiman di Sungai Bangke. Penduduk di Sungai Bangke merasa dirugikan, karena akibat

limbah batubara PT MME sumur milik mereka menjadi berkurang kualitas airnya. “Yang pasti bila tuntutan kami tidak dipenuhi kami akan menuntut PT MME secara hukum, karena jelas dalam undang-undang pertambangan, perusahaan tidak boleh menutup sungai,” ungkapnya.

Terpisah, PJS Senior Site Manager PT MME, Ardian-syah Abdul Rasyid mengaku mengetahui apa yang terjadi di lapangan. Dan apa yang menjadi penjelasan perusa-haan sama seperti apa yang telah disampaikan oleh Kepala Keselamatan Kesehatan Kerja Lingkungan (K3L) PT MME, Mas Mualim saat tim gabun-gan turun ke lapangan. “Jadi perusahaan tetap menyanggupi ganti rugi,terhitung tiga bulan dari sekarang,” jelasnya.

Terkait adanya indikasi pencemaran di aliran sungai-sungai yang tersebut di atas, Ardi memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk melihat secara langsung sistem pengamanan dan penanggulangan limbah batubara PT MME, sehingga mengetahui prosedurnya secara jelas, benar atau tidak adanya pencemaran tersebut. HFB

Parpol Harus Setor Minimal 1000 KTA PRABUMULIH. PE – Pengurus

partai politik (parpol) terutama partai peserta pemilu 2009 lalu, sepertinya harus bekerja ekstra. Terlebih dengan keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan bahwa semua partai politik baik partai peserta pemilu 2009 mau-pun partai baru, baik yang punya kursi di parlemen atau tidak, harus tetap mengikuti tahapan verifikasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bisa menjadi peserta pemilu 2014 mendatang.

Pernyataan itu diungkapkan Ket-ua KPUD Kota Prabumulih, Wagiyo K didampingi Zonial Djak Umar SH

kepada Palembang Ekspres, Jumat (31/8). Menurut Wagiyo, dengan keluarnya keputusan MK itu, pi-haknya menghimbau kepada para parpol untuk segera menyerahkan berkas verifikasi ke KPU. “Sesuai jadwal penyerahan dibatasi hingga 7 September mendatang,” ujarnya.

Dikatakannya, sesuai aturan par-pol diminta untuk menyerahkan foto copy kartu tanda anggota (KTA) minimal 1000 atau 1/1000 dari jumlah penduduk kota Prabumulih. “Itu sesuai peraturan KPU nomor 7 tahun 2012 tentang tahapan, pro-gram dan jadwal penyelenggaraan pemilu,” katanya.

Sesuai jadwal, verifikasi vaktual kepengurusan dan keanggotaan par-pol tingkat kabupaten dan kota akan dilaksanakan 4-24 Oktober. Dalam kesempatan itu juga, Wagiyo men-gungkapkan beberapa keputusan MK terkait uji materiil sejumlah pasal undang-undang nomor 8 tahun 2012 tentang pemilu. Antara lain kata dia, MK memutuskan semua parpol harus diverifikasi. Kemudian MK memutuskan bahwa ambang batas atau PT hanya berlaku di tingkat nasional. “Parpol yang tidak mencapai PT masih berhak untuk duduk di DPRD propinsi dan kabu-paten/kota,” tandasnya AND

Limbah MMe Cemarkan Sungai

enim dan Lematang

MUARA ENIM. PE - Diterapkannya peng-gunaan SPBU khusus mulai 1 September 2012 untuk truk jenis PS 100-125,sejak Minggu (2/9) di beberapa SPBU khusus di Kabupaten Muara Enim mulai ramai dipadati truk-truk tersebut. Menurut Asisten II Pemkab Muara Enim, Hasa-nudin mengatakan, sudah kewajiban SPBU khusus dan umum memberikan spanduk yang menjelaskan bahwa SPBU tersebut khusus digunakan truk pertambangan, perkebunan dan kehutanan atau kendaraan umum.

“Bila dilanggar baik pemilik SPBU dan perusahaan pemilik truk akan kena sanksi,” sebut Hasanudin saat dibincangi Palembang Ekspres, kemarin.

Dari pantauan di lapangan di Kabupaten Muara Enim ada dua unit SPBU khusus yang menyediakan sola non subsidi untuk truk perke-bunan, pertambangan dan kehutanan, yakni SPBU Desa Simpang Kepur dan SPBU Keca-matan Rambang Dangku.Hal ini bisa dilihat dari antrian truk dan juga adanya keterangan dari spanduk, berisi keterangan tanggal dimulainya truk-truk mulai mengisi solar non subsidi di SPBU khusus. HFB

Sistem Gravitasi PDAM Tahap

Pembangunan Pipanisasi

EMPAT LAWANG. PE – Program perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Musi Empat Lawang dengan sistem gravitasi pengairan meng-gunakan pipanisasi sudah masuk pembangunan jaringan pipa. Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur PDAM Tirta Musi Empat Lawang, Sudibyo belum lama ini. “Pipa sudah ada, tinggal pembangunan dan penyambungan dari mata air yang ada diperbukitan,” katanya.

Dijelaskan Sudibyo, program yang dimak-sudkan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat itu semua proses sudah dijalani. Mulai dari pengajuan program ke pemerintah pusat melalui direktorat sumber daya alam pusat (Dirjen SDA). Kemudian di-lakukan survey langsung ke lapangan, hingga kini dalam tahap realisasi. Setidaknya sudah ada di kantor PDAM peralatan pipa berukuran besar sebanyak kurang lebih 500 unit.

“Program gravitasi PDAM diperkirakan mencapai 5 km. Estimasi jarak tempuh 1 pipa hanya 6 meter. Dengan demikian pipa yang dibutuhkan mencapai 1.000 buah. Nah yang ada saat ini baru 500 buah. Namun kita pastikan dalam waktu dekat dikirim lagi oleh tim dari pusat,” terangnya seraya menerangkan apa-bila sudah mencukupi baru program gravitasi segera dibuatkan.

Lebih jauh dia menerangkan, program gravi-tasi pipanisasi PDAM itu dipastikan sangat ber-manfaat untuk melayani masyarakat. Karena selain bisa menyalurkan distribusi air selama 24 jam, dipastikan melayani pembelian dari masyarakat lebih maksimal. “Kondisi produksi air yang ada saat ini hanya mencapai 10 liter/ detik. Itupun bila setiap hari listrik aktif hanya mencapai 12 jam. Namun bila listrik tidak aktif (Padam) bisa lebih kurang dari itu. Sedangkan penggunaan gravitasi pipanisasi bisa mencapai 60 liter/ detik. Bahkan pemanfaatannya pun tidak ada pengaruh listrik aktif maupun tidak,” jelasnya.

Disampaikan sebelumnya, dengan dilaku-kan sistem gravitasi biaya yang dikeluarkan menjadi lebih hemat dibandingkan meng-gunakan pompa. Pasalnya melihat kondisi listrik yang sering padam tak cocok dengan penggunaan pemompaan. “Selama inikan kita menggunakan sistem pompa, yang memerlu-kan tenaga listrik untuk mengoperasikannya. Apabila listrik padam maka pompa tidak akan berjalan dengan sehingga tidak dapat meng-alari air kerumah pelanggan,” ungkapnya.

Sudibyo seraya menjelaskan dengan pompa setidaknya pemutaran mesin pompa PDAM 3 pass membutuhkan listrik mencapai 380 Volt Ampere. Namun selama ini yang terjadi berkisar antara 300 hingga 340 Volt Ampere, jadi san-gat wajar bila kekuatan mesin untuk memutar pompa tidaklah sempurna.

Beda halnya dengan sistem gravitasi tidak menggunakan listrik. Karena tenaga yang digu-nakan adalah gravitasi bumi. Air yang mengalir dari atas bukit ataupun mata air terus dialirkan ke rumah penduduk. Sehingga masyarakat bisa merasakan aliran air PDAM selama 24 jam.

“Sistem gravitasi ini bisa berjalan 24 jam karena tidak tergantung dengan tenaga listrik. Dengan bersumber mata air diderah masing-masing sehingga seluruh warga juga dapat menikmatinya, selain itu juga airnyapun akan lebih alami,” tandasnya. FIR

TINGGALKAN SAMPAHHamparan pasir yang ada di Desa Ulak Paceh dijadikan warga sebagai tempat rekreasi alternatif. Sayangnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan masih minim.

M Ali Amin

FOTO YUNI PALPRES

Page 14: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

HOTLINE IKLAN 0711 77 95 171

Ekonomi & OtomotifPALEMBANG EKSPRES SENIN, 3 SEPTEMBER 201214

PALEmBANg EKsPrEs

Produk Serba Bersih-bersih DISKoN DI CARRefoUR

PALEMBANG. PE- Supaya konsumen tetap mempercayakan keperluan belanja se-hari-hari di Carrefour, gerai yang berada di Palembang Square Mall menggelar program bersih-bersih dengan memberikan potongan harga 30 persen ditambah ada harga spesial yang bisa dinikmati konsumen sampai 4 September 2012.

Program ini sendiri dilakukan Carrefour untuk semakin memberikan kepuasan ber-belanja kepada konsumen terlebih usai hari raya Idul Fitri.

“Sengaja kita hadirkan paket bersih-ber-sih rumah usai Lebaran dengan memberikan harga promo dan spesial untuk peralatan membersihkan rumah,” ujar Diah Maya Sari, Customer Service Carrefour Palem-bang Square Mall kemarin.

Produk yang dibandrol dengan harga promo mulai dari brand bermerek seperti deterjen, kapur barus, cairan pembersih lan-

tai sampai lap pel juga diberikan potongan harga hingga 30 persen.

Menurut Diah dengan adanya promo produk dan peralatan yang berkaitan dengan bersih-bersih rumah ini cukup mendatang-kan hasil karena penjualan ikut terdongkrak naik 50 persen.

“Tapi kalau untuk jumlah kunjungan saat ini memang kembali normal lagi dengan rata-rata sekitar 3.000 pengunjung yang datang dalam sehari,” tambahnya.

Dikatakan program bersih-bersih terse-but, seperti untuk berbagai merek detergen dan pembasmi serangga dengan potongan harga hingga 25 persen.

Dia juga menambahkan setiap produk memiliki potongan harga yang berbeda sesuai dengan brand dan produk yang lagi promo, contohnya peralatan pembersih rumah mulai dari sapu, lap pel, tempat sampah, clean matic, produk swash, ker-

anjang pakaian, keset kaki didiskon sampai 30 persen.

Begitu juga dengan peralatannya seperti mesin cuci Midea MTE76/C dengan harga spesial Rp 1.119.000 padahal harga sebel-umnya mencapai Rp 1.179.000.

Toshiba VH-AX75KN dari harga Rp 2.449.000 menjadi Rp 1.849.000. Harga spesial lainnya juga berlaku un-tuk merek Denpoo, Sanken, Panasonic, Polytron, Sharp serta Samsung. Dan juga vacumm cleaner ada harga spesial yang dihadirkan.

Produk seperti susu dan minuman, makanan, bahan masakan, vitamin dan perawatan tubuh juga ada harga khusus, kemudian produk kecantikan dan kesehatan, perlengkapan rumah tangga, sepeda dan mainan, perlengkapan berkebun hingga koleksi pakaian dan peralatan elektornik ada diskon 30 persen. LA

Produk 3D CanggihLG Hadir di IFA 2012PALEMBANG. PE- Sebagai salah

satu pameran besar industri elektronik yang diadakan setiap tahun di Jer-man, IFA selalu menjadi ajang bagi berbagai pabrikan elektronik untuk memamerkan produk-produk dengan teknologi paling baru miliknya.

Demikian pula pada gelaran IFA 2012 yang berlangsung hari ini, 31 Agustus 2012, ajang ini tak disia-siakan LG Electronics. Di bawah tema “Above and Beyond”, pabrikan produk elektronik konsumer berbasis di Korea Selatan ini menjadikan per-helatan IFA 2012 sebagai ajang untuk menampilkan hasil inovasi berbagai produk berbasis 3D miliknya.

“Penyelenggaraan IFA setiap ta-hunnya telah menjadi seperti sebuah tradisi bagi LG untuk menyajikan ber-bagai produk yang membuka dimensi baru khususnya dalam perangkat hiburan dalam rumah (home enter-tainment). Pada penyelenggaraan IFA tahun ini, LG membawa rang-kaian lengkap inovasi 3D terkini dan Smart TV. Termasuk pula TV dengan teknologi panel masa depan, OLED TV,” ujar Havis Kwon, President and CEO LG Electronics Home Entertain-

ment Company. Lebih lanjut Havis Kwon me-

nyatakan, LG tetap mempertah-ankan penggunaan teknologi Cinema 3D yang berbasis Film Patterned Retarder dalam seluruh koleksi terbaru 3D TV-nya ini. Disamping TV 3D OLED LG, terdapat pula TV 3D berdimensi 84inch dengan resolusi Ultra Defini-tion dan jajaran LG Cinema 3D Smart TV yang ikut meramaikan booth LG yang menempati Hall 11.2 dalam ajang IFA 2012.

LG pun menyiapkan cara spektakuler dalam memamerkan keunggulan

rangkaian produk 3D miliknya. Pertama kali memasuki booth

LG yang menempati Hall 11.2 dalam ajang IFA 2012 ini, pengun-

jung akan dibuat terpesona sejak dari pintu masuknya.

Pasalnya, LG memasang 122 layar 3D membungkus dinding area masuk yang menayangkan gambar berkesinambungan. Zona yang akan membawa pengalaman 3D paling mendalam.

Zona 3D OLED TV akan mengun-dang pengunjung untuk mengalami sendiri menyaksikan tampilan dari panel layar TV generasi terkini melalui kehadiran TV 3D OLED LG berdi-mensi 55-inch.

Sebagai informasi, TV 3D OLED LG ini merupakan yang terbesar dan tertipis di dunia saat ini. Debut perdananya di gelaran Consumer Electronics Show 2012 di awal tahun ini berhasil mencuri perhatian dan mengundang decak kagum dian-tara pengunjung untuk kemudian mendapatkan penghargaan prestisius Best of Show Award.

Dikatakan sebagai panel TV masa depan karena penggunaan teknologienggunaan teknologi OLED dapat memangkas ketebalan TV secara signifikan dan konsumsi listrik lebih rendah dibandingkan teknologi-teknologi yang ada sebelumnya.

Sementara hasil inovasi LG pada panel OLED, berhasil membuat TVTV 3D OLED LG berdimensi 55-inch ini tampil anggun dengan ketebalan hanya mencapai 4 milimeter. Sebagai ilustrasi, ketebalan ini setara dengan tebal tumpukan tiga kartu kredit.

Ketebalan inilah yang menguku-hkan TV 3D OLED LG berdimensiTV 3D OLED LG berdimensi 55-inch sebagai TV 3D OLED tertipis sebagai TV 3D OLED tertipis di dunia saat ini.

Meskipun memiliki bodi super langsing, tak berarti TV 3D OLED LG ini lantas rentan terhadap keru-sakan.

Hal ini berkat penggunaan mate-rial Carbon Fiber -Reinforced PlasticCarbon Fiber -Reinforced Plastic (CFRP). Bahan yang sama, yang digunakan pada mobil Formula-1, bodi pesawat ataupun sepeda kelas premium.

Tak hanya dari kelangsingan bo-dinya, daya tarik TV 3D OLED LG ini juga terpancar dari kecemerlangan warna-warni tayangan pada layarnya. Kuncinya terletak pada teknologi 4-Color Pixels. REL/LA

Bersaing di Motor Sport, Suzuki Keluarkan Motor Gede

PALEMBANG. PE- Lama tidak terdengar kabar mengeluarkan motor terbarunya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana akan mengeluarkan Suzuki Inazuma motor sport dalam waktu dekat ini.

Kehadiran motor sport 250 cc ini seakan mengerti kebutuhan konsumen yang ingin mo-tor yang garang namun tetap stylish, motor ini sendiri memiliki tampilan modern touring bike. Sehingga segmen yang ingin dibidik juga lebih kepada high end.

“Motor gede yang akan kita luncurkan ini diperkirakan sudah diluncurkan dua bulan men-datang di Palembang, meskipun demikian kon-sumen yang berminat sudah bisa mendaftar,” ujar Ryan Aditya, Marketing Promotion PT Suzuki Daya Cipta Palembang kemarin.

Dia juga mengingatkan untuk pemesanan kendaraan ini untuk di area Sumbagsel hanya bisa dilakukan di Suzuki Daya Cipta yang berada di depan pasar Cinde, tidak di tempat lain.

Meskipun roda dua yang dirilis ini tergolong baru, ditar- getkan penjualan motor j e n i s ini mampu terjual seki - tar 400 unit

untuk wilayah di Palembang dan Sumbagsel. Suzuki Inazuma memiliki dua pilihan warna

menarik yaitu candy cardinal red dan pearl nebuar black. Dan harga jual ini dibandrol sekitar Rp48 juta untuk On The Road (OTR) Palembang.

Suzuki Inazuma dirancang dengan penuh ke-cermatan hingga ke detail akhir motor. Penampi-lan mesin high class dipersenjatai dengan mesin injeksi 250CC water cooled dua selinder, meng-hasilkan tenaga 24hp pada 8.500 rpm serta torsi 23,8 Nm pada 6.500 rpm.

Tampilan yang menyiratkan aura gagah macho dan ekslusive, dilengkapi juga dengan dua muf- f l e r menjadikan Inazuma m o -tor pertama di indone- s i a yang menggunakan twin muffler.

Lampu depan yang futur-istik dan agresif membuat tampilan terlihat tangguh dan powerfull. Panel speedometer terkesan modern dengan indika-tor digital, ditambah dengan indikator inter-

val perawatan seperti yang terdapat pada motor besar dan feature digital yang lebih mudah dilihat dan informatif. Ditambah touring riding posotion yang nyaman dengan jok yang lebar.

Pada transmisi, Inazuma dilengkapi dengan mesin langkah piston (kaliber 53.5 mm x stroke 55.2mm). Didesain untuk kepraktisan mesin dengan kecepatan low to mid (sekitar 4.000rpm), serta kontribusi 6 speed transmision yang hemat bahan bakar. Sangat nyaman dikendarai dalam berbagai kondisi baik transportasi sehari-hari ataupun touring. Walaupun pasar sepeda mo-tor sport 4 tak saat ini didominasi Kawasaki Ninja dan Honda CBR, keduanya menempati diri sebagai sport bike 250 cc.

Namun Inazuma menawarkan keunggulan dengan lengkap sederet fitur modern yang mengutamakan kualitas tampi- lan yang sem-

p u r n a dengan performa berkualitas tinggi se-

bagai sport touring bike dan communi-ty. LA

HARGA PROMO

Usai Lebaran, Careffour

menawarkan promo paket

produk bersih-bersih yang

dibandrol diskon dari 20-30

persen sampai 4 September mendatang.

PRODUK CANGGINGLG ikut ambil bagian dalam ajang pameran elektronik tahunan yang bergengsi di Jerman dengan memamerkan produk-produk canggih.

STYLISH DAN TOURING BIKESuzuki akan meluncurkan Inazuma 250 cc kelas motor sport, di Palembang roda dua ini baru ada sekitar dua bulan lagi, namun body motor yang stylish dan sesuai untuk

touring bike sudah bisa dipesan.

FOTO IST

FOTO IST

FOTO ELLA /PALPRES

Page 15: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

InfotainmentPALEMBANG EKSPRES SENIN, 3 SEPTEMBER 2012 15

TEMAN COWOK OR CEWEKMC 9406NAMAKU Rizki tolong dong carikan aku teman cowok/cewek yang mau jadi teman aku buat mc makin sukses 087769893483

PACAR BERJILBABMC 9407SALAM MC aku cowok 29 tahun udah kerja pengen cari pacar yang berjolbab dan benar benar solehah umur di bawah 30 tahun hubungi 008981167536 trims buat mc semoga tambah jaya terus

CARI ISTERIMC 9408AKU Lepi cowok 35 tahun hitam manis tinggi mencari isteri umur di bawah 35 atau sama gadis atau janda anak 1 atau hamil di luar nikah, romantis dan gak malu maluin dan ini khusus yang serius aja dan langsung hubungin ke 081958756304

CARI ADIK ANGKATMC 9409AKU Hendra caria adik angkat cowok ABG

yang lagi butuh duit hubungi 08199584572773 buat Palpres semoga tetap jaya

CARI CEWEKMC 9410M C t o l o n g c a r i k a n c e w e k a k u A r d i 08980814491

CEWEK APA ADANYAMC 9411MC cinta sejati memang sulit mendapatkannya yang bisa sama sama berbagi gue cowok mau cari teman/cewek apa adanya aku tunggu sms/teleponnya 08194815548

TERIMA AKU APA ADANYAMC 9412NAMAKU Adhi aku tinggal di Km 7 aku mau cari cewek yang bisa terima aku apa adanya 087897646469

TEMAN COWOKMC 9413MC tolong carikan teman cowok aja aku Rian 08980828980

GADIS OR JANDAMC 9414HEY sob buat wanita yang lagi kesepian gadis or janda yang butuh kasih sayang silakan hubungi aku Raka di 081958123665

CARI CEWEKMC 9415MC aku cowok 25 tahun cuma mau cari cewek aja di nomor 089676092884 makasih ya mc moga tambah sukses aja.

CALON ISTERIMC 9416HAY MC cariin aku cewek dong aku Erwan umur 29 tahun mencari calon isteri yang bisa nerima aku apa adanya mau gadis oke janda juga oke hubungi aku di nomor ini 081933356731 CARI PACARMC 9417NAMAKU Gugun cari cewek yang terima aku apa adanya umur dan status gak masalah yang berminat hubungi aku di 087795540205 TEMAN CURHATMC 9418NAMAKU Firman umur 17 tahun lagi nyari temen curhat khusus buat yang tinggal di OKI sms aku ya terutama cowok lagi butuh teman curhat 087796649408 PENDAMPING HIDUPMC 9419AKU Agus mau cari pendamping hidup yang mau menerima aku apa adanya gadis/janda tak masalah hubungi 085377583007 dan buat mak comblang terima kasih TEMAN COWOK YANG CAKEPMC 9420LIANI umur 14 tahun ingin cari teman cowok yang cakep yang umurnya 14 tahun masih SMP hubungi 089627431694 TEMAN JANDAMC 9421COWOK berbulu dada 21 tahun mau cari temen janda sms 087796448075

BUTUH PACAR SETIAMC 9422MC bantuin aku aku lagi jomblo ni aku butuh pacar yang setia namaku Yanto nomor hp bebas bisa ditelepon or sms 087796958823 CARI PACARMC 9423AKU Liana umur 14 tahun mau cari pacar bagi yang berminat menjadi pacar aku di nomor 08979155879 thank you PACAR PNSMC 9424HAY MC aku mau cari pacar PNS gadis ataupun janda yang serius yang dapat terima aku apa adanya hubungi di nomor ini 082375855747 CEWEK JOMBLOMC 9425PAGI hy all kenalin gue Rian 21 tahun aku di sini mau cari teman cewek yang jomblo atau pacar yang gak memandang materi ataupun fisik tapi menilai hatinya bisa hubungi aku di 08976567012 khusus cewek aja ya thanks TEMAN CURHATMC 9426NAMA aku Yudi aku mau cari janda atau ibu ibu yang mau di ajak curhat/kencan yang berminat hubungi ke nomor ini 085368038999 CARI CEWEKMC 9427HALO aku Andre umur 23 tahun kerja tinggal di Plaju mau cari cewek umurnya 16-25 tahun hubungi 082373632200

Bagi anda cowok, cewek, janda, duda yang mau cari jodoh atau pendamping hidup, silahkan kirim atensi anda

di SMS Online Mak Comblang kami : 0711-7737360 Mudah-mudahan kami bisa membantu mencarikan anda jodoh

atau pendamping hidup.

08779498XXXXKEPADA Pimpinan PLN, tolong kami jadi korban biaya listrik yang tidak sesuai dengan pemakaian kami dan alasan dari petugas anda tolong dibebankan kami jadi rugi Pak, tolong kebijaksanaannya.

08526799XXXXKEPADA Yth Denpom Kodam II/Sriwijaya, masih enak TNI berbisnis tidak merugikan masyarakat, tapi Polri sibuk “minta sumbangan” di jalanan?

08779612XXXXMANTAN Sekwan Empat Lawang, Muaz Akhmad MM (mana jemen maling) dan Mesi. Bayar insentif kami TKST Sekwan nih. Kami nih ngekos, hutanglah banyak. Man nendak mati dibakar sumpah serapah kami nih. Apo nak kami bakar hidup-hidup kaba ngan mesi u. katek duit, mobil, rumah mewah di Palembang juali.

08237564XXXXBAPAK Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yth, kenapa di Kabupaten Empat Lawang, kalau Bupati tidak di tempat, kepala dinas dan PNS sepi bahkan kantor pemerintah tidak ada pegawainya, ada kepala dinas berbulan-bulan tidak masuk kantor, mana akan maju kabupaten Empat Lawang kalau seperti ini terus.

08779612XXXXBAPAK Alex Noerdin yth to long diperintahkan bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri copot jabatan kadishub kominfo mantan sekretaris DPRD Empat Lawang Muaz Akhmad, SE.M.Si orang yang telah menzolimi kami TKST/pendukung bapak di Empat Lawang Muaz Akhmad telah mengambil/korupsi uang kegiatan TKST sekretariat DPRD Empat Lawang dari tahun 2010-2012. Kami TKS nih mau bayar hutang kalau masih mau minta pilih ngan kami jemo Lintang nih janganlah jadu bupati mau makan duit rakyat terus.

08237807XXXXKEPADA yth Bapak Kadis Pariwisata dan Kebudayaan kota Palembang dan Kasat Pol PP kami mewakili dari masyarakat pengunjung baik dari daerah maupun dari luar minta tolong untuk menjaga keindahan dan kenyamanan berkunjung dan berekreasi ke BKB jangan terlalu banyak PKL-PKL cukup satu sisi saja yaitu sisi di pinggir sungai dan jangan ditambah lagi di tengah dan dipinggir parkir motor karena menambah kesemerawutan dan tidak bisa mengabadikan kenangan untuk berfoto.

08526823XXXXWALIKOTA Pagar Alam yth. Gunung Dempo wilayah perkebunan teh cukup mangkok adalah aset pariwisata yang saya pribadi sangat kagumi dari saya masih kecil. Tolong dong perintahkan dinas kebersihan buat tong tong sampah disekitaran tanaman-tanaman teh. Kasih tulisan kebersihan tanda orang Islam yang menjalankan Al Quran karena saat saya berekreasi Rabu 22/08/2012 banyak sekali sampah karena di sana tidak ada tong sampah.

08583822XXXXPERBUATAN Lutfa Lidya asal luar Muba yang bisa lolos dan lulus Akper Pemkab Muba di Sekayu padahal tinggi badannya jauh di bawah ketentuan yaitu min 155 cm sangat merusak citra akper Sekayu bagaikan setetes nila merusak susu sebelanga tapi lebih terkutuk lagi yang membekinginya. Mohon pada bupati Muba, DPRD, dinkes untuk bertindak tegas dengan membatalkan kelulusannya serta usul backingnya.

08536664XXXXKAMI sebagai tamu undangan mengamati beragam cara tamu menyerobot antri taku dak kebagian dimano bae komplain dari menu makan. Ngapilah catering galak mak itu, banyak tamu dak kebagian lauk ludes berarti enak! Lauk habis nasi banyak dan sebaliknyo, tamu makan nasi putih bae, ado yang sekadar nyicip takut kalu mati berkat nyicip laju panjang umur bukan kami ini wong jawo masak ilmu makan nasi putih tok, sudah itu tamu undangan ngamuk dak makan marah-marah pada penjaga meja, kami ini berongkos, bayar mahal 1 piring paling kecik 50 ribu isi amplop, yang jago merah muka, padahal jago bae laju diam nahan diri.

UNTUK INfoRMASI fILM WWW. 21 CINefLex.CoM Internasional 21 Parkir Lantai 6-7 Telp. 357766 PIM 21 Palembang Indah Mal lt. 3 Telp. 7623064

PIM : 19:00-21:20 WIB PIM : 12:00-14:15-16:30-18:45-21:00 WIB

PIM : 12:15-15:00-17:45-20:30 WIB

INTERNATIONAL : 12:45-15:00-17:15-19:30 WIB

PIM : 12:15-14:30-16:45-19:00-21:15 WIB

INTERNATIONAL : 12:45-15:00-17:15-19:30 WIB

PIM : 12:15-14:30-16:45 WIBPIM : 12:00-14:15-16:30-

18:45-21:00 WIB 12:15-14:30-16:45-19:00-21:15 WIB

INTERNATIONAL : 13:15-15:30-17:45-20:00 WIB

INTERNATIONAL : 13:00-15:15-17:30-19:45 WIB

0852 98038301

PALEMBANG. PE – Bendera Graduate Band yang semakin berkibar ternyata mem-bawa nuansa baru untuk musik indie band di Palembang. Bahkan, karena kekompakannya, semua personel sudah membangun keakraban seperti saudara. Seperti diungkapkan Manager Graduate Band, Yualiasandy, kelima personel sudah berkumpul sejak lama, sehingga mem-bangun chemistry kekeluargaan.

“Mereka disatukan dalam hobi yang sama yaitu bermusik, jadi harus ada chemistry antar para personel. Jadi, tidak hanya professional dalam bekerja, tapi juga ada suasana kekeluar-gaannya,” tutur isteri pengusaha sukses, Kms HA Halim ini kepada Palembang Ekspres, pada saat ditemui di acara Graduate Band Competition di halaman Palembang Trade Centre (PTC), kemarin.

Band yang beranggotakan Titan (vokalis), Yoyo (gitaris), Fathur (Keyboardis), Thoriq (bassist) dan Adli (drummer) tampak kompak dalam setiap penampilannya. Bahkan dalam band ini, Adli dan Thoriq adalah saudara kan-dung yang merupakan anak dari Managernya sendiri. Kendati demikian, semua personel sudah dianggap Yualiasandy seperti anak-anaknya sendiri. NEF

Semua SepertiSaudara

PALEMBANG. PE – Lantaran sudah cukup sering kemalingan di rumahnya, Ayudiah Setia Utami men-gaku jadi sungkan mengadu kepada pihak kepolisian. Lantaran menurut aktifis seni kampus di IAIN Raden Fatah ini, kendati dilaporkan juga kasus kemalingan di rumahnya tak satupun yang berhasil diungkap.

“Sengaja pencurian yang terjadi Ju-mat (31/8) malam di rumah saya, tidak dilaporkan ke polisi. Lantaran sebelum-sebelumnya juga pernah terjadi pencu-rian motor, lalu sejak semua pintu pagar dan garasi digembok sempat aman. Kasus pencurian itu sempat dilaporkan namun tidak juga ada hasilnya. Sampai sekarang, tak terungkap sama sekali,” jelasnya saat dibincangi Palembang Ekspres, kemarin.

Mengenai pencurian yang terjadi Jumat (31/8), jelas Ayu, para pencuri sukses menggondol uang milik Ma-manya. “Para pelaku nyelonong lewat pintu belakang rumah lalu masuk kamar Mama dan bongkar lemari. Mereka menguras uang jutaan rupiah milik Mama. Uang itu merupakan hasil pembayaran para pengontrak kontrakan Mama. Untungnya, para pelaku tidak berhasil menemukan perhiasan Mama yang disimpan di tempat lain,” ujar Ayu yang ber-domisili di Jalan Kemang Manis, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang.

Dari kejadian ini, Ayu dan kelu-arganya hanya mengambil hikmah. “Mudah-mudahan Allah mengganti-kan dan menambahkan rezeki Mama serta keluarga kami,” tukasnya sum-ringah. QPL

ogah Lapor

Polisi

Ayudiah

FOTO KRIS SAMIADJI/SUMEKS

Page 16: Palembang Ekspres Senin, 3 September 2012

PRABUMULIH. PE - DPD Golkar Sumsel dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Prabu-mulih periode 2013-2018, telah menetapkan Ridho Yahya sebagai bakal calon walikota Prabumulih.

“DPD Golkar Sumsel, me-milih Ridho Yahya sebagai bakal calon walikota Prabumu-lih dalam pilkada Kota Prabu-mulih periode 2013-2018 Maret mendatang,” tegas Ketua DPD Golkar Sumsel, Ir H Alex Noer-din yang juga Gubernur Suma-tera Selatan (Sumsel).

Alex Noerdin menjelaskan, Ridho Yahya merupakan kader Golongan Karya (Golkar) yang terbaik di Kota Prabumulih.

“Beliau merupakan salah satu kader terbaik, jadi su-dah pantasnya didukung oleh masyarakat dan kader Golkar sendiri untuk menjadi Walikota

Prabumulih periode 2013-2018 mendatang,”ujarnya.

Alex menambahkan memang secara aturan pihaknya belum ada yang tertulis akan dukungan kepada Ridho Yahya. Akan tetapi, dukungan DPD Golkar Sumsel kepada Ridho Yahya tinggal menunggu mekanisme dari DPD Golkar Sumsel saja. “Memang belum ditentukan, tapi tinggal mekanismenya saja,”jelasnya.

Saat disinggung bakal calon wakil walikota Prabumulih, yang akan mendampingi Ridho Yahya sebagai Walikota Prabumulih periode 2013-2018. Alex Noerdin menyerahkan semuanya kepada Ridho Yahya. “Untuk bakal calon wawako kita serahkan kepada be-liau (Ridho Yahya, red),” katanya.

Terpisah, Ridho Yahya, Ketua DPD Golkar Prabumulih yang juga Wakil walikota Prabumulih men-

gatakan, DPD Golkar Prabumulih dalam pemilihan Gubernur men-datang juga siap mencalonkan kem-bali, Alex Noerdin sebagai Gubernur Sumsel periode 2013-2018.

“Untuk Sumsel satu DPD Golkar Prabumulih siap menja-dikan pak Alex sebagai Gubernur Sumsel. Karena, sudah banyak prestasi yang dilakukan oleh Gu-bernur Sumsel untuk masyarakat Sumsel,”jelasnya.

Ridho menambahkan sebagai contoh, Jakabaring telah disulap menjadi area olahraga yang ber-skalakan Internasional.

“Saya salut dengan pak Alex, Jakabaring yang awalnya meru-pakan kawasan rawa dapat dija-dikan menjadi tempat kawasan olahraga berskala internasional. Bahkan saya ingin Prabumu-lih bisa juga dijadikan seperti Jakabaring,”ujarnya. AND

KAYUAGUNG. PE – Komisi Pe-milihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menegaskan bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Dae-rah (Pilkada) OKI tetap akan dilaksanakan serentak pada pertengahan 2013, bersa-maan dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini sebagai penegasan dari wacana yang dilontarkan Mendagri bahwa Pilkada OKI bisa diundur pada 2015 bersama be-berapa kabupaten/kota lainnya.

Penegasan tentang pelaksanaan Pilkada OKI tersebut sesuai dengan penjelasan dari KPU Sumsel melalui surat penjelasan ber-nomor 121/KPU.prov.006/VIII/2012, surat tersebut ditandatangani oleh Ketua KPU Sumsel dan ditujukan kepada Ketua KPUD OKI.

Dijelaskan dalam surat tersebut bahwa berdasarkan surat Dirjen Otonomi Daerah Ke-mentrian Dalam Negeri No 100/1288/OTDA tanggal 27 Februari 2012 perihal penjelasan Pemilukada bersamaan dan surat KPU Nomor 115/KPU/III/2012 tanggal 22 Maret 2012 perihal penetapan hari pemungutan suara Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di wilayah Sumsel.

Intinya dalam surat tersebut menegaskan, bahwa pelaksanaan Pemilukada secara bersamaan terkait masa berakhirnya jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang selisihnya dalam kurun waktu 90 hari adalah Provinsi Sumsel, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten OKI, Kabupaten Lahat

dan Kabupaten Muara Enim.Menurut Kasubag Teknis Pemilu dan Humas

KPUD OKI, Dedi Irawan, bahwa wacana pen-gunduran pelaksanaan Pemilukada OKI masih merupakan pernyataan lisan dari Mendagri.

“Karena hingga saat ini belum ada petun-juk teknis baik dari Mendagri maupun KPU RI berkaitan dengan wacana pengunduran pelaksanaan Pilkada tersebut,” ujarnya kepada Palembang Ekspres, Minggu (2/9).

Dikatakannya, pengunduran pelaksanaan Pilkada OKI di-maksud bisa dilaksanakan jika ada dasar hukum tertulis yang lebih tinggi atau sejajar tingkatnya dengan peraturan perundang-un-dangan yang berlaku saat ini.

”Dengan penjelasan dari KPU Sumsel tersebut, pelaksanaan Pilkada OKI tetap akan dilaksanakan pertengahan 2013 mendatang serentak dengan pemilukada Provinsi Sumsel dan beberapa kabupaten lainnya,” terangnya.

Tahapan Pilkada Kabupaten OKI ta-hun 2013, akan dimulai November 2012 mendatang. Prediksi dimulainya tahapan tersebut setelah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKI mendapat kepastian jadwal, bahwa Pilkada OKI akan dilak-sanakan serentak dengan Pilkada Gubernur pada Juni 2013 nanti.

Ditambahkan Ketua KPUD OKI, Abdul Hamid Usman, bahwa tahapan tersebut akan dimulai dengan penetapan daftar pemilih,

kemudian pendaftaran dan penetapan pas-angan calon, dilanjutkan dengan kampanye calon, pemungutan suara, penghitungan suara dan terakhir penetapan pasangan calon terpilih, pengesahan dan pelantikan.

“Kita akan mulai pelaksanaan tahapan pada November 2012 mendatang, tentunya akan ditandai dengan penandatanganan

nota kesepahaman (MoU) antara KPUD dengan lembaga-lem-baga terkait, seperti kepolisian (Polres), Pemkab, Kejaksaan, Panwaskab, maupun kalangan partai politik peserta Pilkada,” bebernya.

Sebelum itu, lanjut Abdul Ha-mid, pihaknya terlebih dulu mem-persiapkan seluruh kepanitiaan pelaksana/penyelenggara pilkada,

mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa. Salah satu agenda mendesak yang tengah disusun tim KPUD adalah persiapan rekrutmen panitia pemilihan tingkat kecamatan (PPK) serta panitia pemungutan suara (PPS).

“Tahapan Pemilukada sudah kita buat, dian-taranya pada bulan Januari 2013 KPUD akan mulai melakukan pemberitahuan dan pendaft-aran pemantau kepada masyarakat, kemudian menerima pemberitahuan DPRD OKI kepada KPUD mengenai berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati OKI. PertengahanPertengahan Januari, kita akan melakukan rapat koordinasi dengan PPK, PPS dan KPPS terkait pelaksanaan Pemilukada OKI,” tandasnya. IAN

PALEMBANG EKSPRES | HALAMAN 16SENIN, 3 SEPTEMBER 2012

RIBUAN masyarakat Prabumulih dan Guber-nur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin siap mendukung dan menjadikan Ketua DPD Golkar Prabumulih, Ir Ridho Yahya MM menjadi Walikota Prabumulih periode 2013-2018. Hal itu

terungkap dari acara Halal Bihalal Pengurus partai Golkar Prabumulih dengan Ketua DPD Golkar Sum-

sel, H Alex Noerdin di lapangan Pujasuma, Kelurahan Wonosari, Kecamatan Prabumulih Utara, Sabtu (1/9).

Hadir pada dalam acara itu, Ketua DPD Partai Golkar Prabumulih, Ir Ridho Yahya MM, Sekretaris

DPD Partai Golkar Prabumulih, Daud Rotaris, Sekjen DPD Partai Golkar Sumsel, Jamratul, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumsel, Nas-run Madang, Bendahara DPD Partai Golkar Prabumulih, Deni Victoria, Ketua DPD PNBK Sumsel, Edy Rianto SH, pen- gurus partai Golkar

Prabumulih, dan lapisan masyarakat Prabumulih.

Dalam acara itu juga dibagikan 2.000

paket sembako kepa-da masyarakat kota Prabumulih. Selain itu, kegiatan tersebut begi-tu antusias disaksikan

warga terlebih lagi yang ingin bersalaman dengan

Alex Noerdin maupun Ridho Yahya. Bahkan menurut salah satu warga mereka ingin Ridho Yahya jadi Walikota Prabumulih. “Kami ingin Pak

Ridho Yahya jadi Walikota Prabumulih. Sebab, Pak Ridho sangat peduli rakyat,” ujar Sumarni.

Ketua DPD DPD Partai Golkar Prabumulih, Ir Ridho Yahya MM mengatakan pada pilgub mendatang dia siap mensukses-kan Alex Noerdin kembali menjadi Gubernur Sumsel periode 2013-2018. “Sudah sepantasnya masyarakat Sumsel khusus-nya Prabumulih menjadikan kembali Pak Alex sebagai Gubernur Sumsel. Ya, sudah banyak prestasi yang dilakukan oleh Guber-nur Sumsel untuk masyarakat Sumsel,” tegas Ridho.

Dia mencontohkan, seperti Jakabaring telah disulap men-jadi kawasan olahraga. “Saya salut dengan Pak Alex, Jakabar-ing tempat kawasan olahraga. Saya ingin sekali Prabumulih bisa juga dijadikan seperti Jakabaring,” ungkap Ridho.

Untuk mencontoh dan menjadikan Prabumulih seperti di Jakabaring, Palembang yang dilakukan H Alex Noerdin, dia minta dukungan masyarakat Prabumulih menjadikan dia jadi Walikota Prabumulih. “Saya minta masyarakat Prabumulih dukung saya jadi walikota Prabumulih. Agar saya bisa mewu-judkan cita-cita saya untuk membangun kota Prabumulih lebih maju. Apakah saudara siap menjadikan saya jadi walikota?” ujar Wakil Walikota ini sambil yang dijawab “Siap” oleh ribuan masyarakat Prabumulih yang hadir.

Ketua DPD Partai Golkar Sumsel, Ir H Alex Noerdin meminta masyarakat Prabumulih mendukung dan men-sukseskan Wakil Walikota Prabumulih, Ir Ridho Yahya sebagai Walikota Prabumulih mendatang. “Saya selaku Ketua DPD Partai Golkar Sumsel menyerukan seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan Ridho Yahya sebagai Walikota Prabumulih,” pinta Gubernur Sumsel ini.

Lebih jauh, untuk masalah calon pendamping Ridho Yahya mendatang diserahkan kepada sepenuhnya kepada Ketua DPD Golkar Prabumulih. “Saya serah-kan semua dengan pak Ridho untuk masalah wakil dia mendatang,” ungkap Alex. ADV/AND

ribuan masyarakat Prabumulih dan Alex Noerdin Dukung ridho Jadi Walikota

Jangan Lewatkan Momen Spesial Anda! Palembang Ekspres siap mengabadikan momen tersebut. Hubungi : David Ariyanto 0711 7757249, M Iqbal 0711-7737360. Harga bersaing, Tersebar di Sumsel dan elegan.

14 Bakal Calon Wako dan Wawako

Berebut PPPPRABUMULI. PE --- Se-

banyak 14 Bakal calon walikota dan wakil walikota Prabumulih periode 2013-2018 akan bersa-ing mendapatkan dukungan De-wan Perwakilan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Prabumulih.

Ke empat belas bakal calon tersebut adalah Ahmad Palo (Ketua DPC PPP Kota Prabumulih seka-ligus wakil ketua DPRD Kota Prabumulih), Hanan Zulkarnain (Mantan Bupati Muara Enim), Ridho Yahya (Ketua DPC Partai Golkar yang juga calon incum-bent), Rizal Kennedy (Kader PPP yang juga anggota DPRD Sumsel), Zulfan (Kepala Dinas Pertamban-gan lingkungan hidup dan energi), TR Hulu (Kader PAN yang juga anggota DPRD Kota Prabumulih), Hartono Hamid (Anggota DPRD Kota Prabumulih yang juga ketua komisi I), Kesuma Irawan (Kader Demokrat yang juga Anggota DPRD Kota Prabumulih), Ahmad Daswan (Pegawai Negeri Sipil), Ganjar Iman, Wijaya (Dosen IAIN Raden Fatah Palembang), Erwan-syah (Ketua DPC Partai Demokrat Prabumulih yang juga wakil ketua DPRD Kota Prabumulih), Sumary-

ono, terakhir Firlandia Muchtar (Kader Golkar Kota Prabumulih).

“Mereka akan bersa ing mendapatkan dukungan PPP,” ujar Ketua tim sembilan PPP Octabana didampingi Sekretaris DPC Affandy ketika ditemui, Minggu (2/8).

Untuk empat belas nama terse-but akan dibawa ke rapat pimpinan cabang yang akan digelar dalam waktu dekat ini. “Dalam rapat tersebut, nantinya akan kita akan memilih dua calon walikota dan dua calon wakil walikota yang akan direkomendasikan ke dewan pimpinan wilayah,” katanya.

Menurutnya, setelah direko-mendasikan ke dewan pimpinan wilayah PPP provinsi Sumsel. DPW akan meneruskannya ke dewan pimpinan pusat. “Ada mekanismenya, jadi nama-nama bakal calon tersebut akan dibawa sampai ke DPP,”tegasnya

Selain itu, setelah sampai ke DPP, nama dua bakal calon walikota dan dua bakal calon wakil walikota tersebut akan mengerucut lagi menjadi satu nama bakal calon walikota dan bakal calon wakil walikota.

“Sampai akhirnya hanya akan

ada satu pasang bakal calon walikota dan bakal calon wakil kota Prabumulih yang akan di-usung oleh PPP,”ujarnya seraya menambahkan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa diumumkan siapa bakal calon dari PPP. Bahkan, tidak menutup kemungkin bulan September ini sudah ada.

Terpisah, Anggota DPRD Sumsel, dari Fraksi PPP (F-PPP) Rizal Kennedy, mengaku siap untuk maju sebagai bakal calon walikota maupun wakil walikota, pada Pilkada Kota Prabumulih jika diusung oleh PPP Kota Prabumulih.

“PPP masih akan melihat seluruh kemungkinan sebelum menetapkan pasangan calon yang akan diusung pada Pilkada Prabumulih nanti,”ujarnya.

Rizal memastikan, ia mau-pun partainya tak akan mem-permasalahkan, soal menjadi bakal calon wal ikota a tau wakil walikota. Yang pasti, selama komitmen dari calon yang diusung PPP seja lan dengan keinginan partai dan segenap elemen masyarakat Kota Prabumulih. AND

Pemilukada OKI Tetap Digelar 2013

Golkar Muara enim Resmi Usung CaknurMUARA ENIM.PE - Hasil dari

rapat pimpinan partai Golkar Ka-bupaten Muara Enim, secara bulat mengusung pasangan Caknur (Ir H Muzakir Sai Sohar-H Nurul Aman SH) untuk maju pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Muara Enim 2013.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPD Partai Golkar Muara Enim,Ir H Muzakir Sai Sohar, kepada insan pers Kabupaten Muara Enim dalam jumpa pers di ruang serbaguna Partai Golkar Muara Enim, setelah Rapimda I DPD Partai Golkar Muara Enim, Sabtu (1/9).

Menurut Muzakir, Rapimda I Partai Golkar Muara Enim yang bertemakan mem-bangun solidaritas Partai Golkar. Memiliki dua agenda besar yakni penepatan calon Bupati dan Wakil Bupati dari Partai Golkar

Muara Enim yang akan maju pada Pemilukada Muara Enim 2013 dan kedua yaitu untuk mensukseskan Pemilukada.

“Alhamdulillah dengan dinamisme yang berlangsung dan mekanisme yang sesuai dengan aturan Partai, akh-irnya Rapimda I dapat berjalan dengan lancar dengan hasil final mengusung pasangan Caknur maju dalam Pemi-

lukada Muara Enim 2013,” ujarnya saat didampingi pasangannya, Wakil Bupati incumbent, Nurul Aman.

Jadi sekarang lanjut Muzakir, sudah jelas yang menjadi pasangan dirinya untuk berkompetisi pada Pemilukada Muara Enim 2013 nanti adalah Ketua DPC Partai PPP Muara Enim,H Nurul Aman SH.

Meski begitu, DPD Partai Golkar M u a r a E n i m , t i d a k m e n u t u p d i r i untuk partai lain berkoalisi dengan Partai Golkar dan Partai PPP.

Kemudian setelah Rapimda I yang menghasilkan keputusan, dirinya akan me-nyampaikan hasil ke DPW Partai Golkar serta DPP Partai Golkar untuk mengikuti mekanisme yang ada.

Setelah itu dalam waktu yang nanti akan ditentukan,segera akan dilakukan deklarasi. Katika ditanya wartawan alasan memilih Nurul Aman sebagai pasangannya?

Menurut Muzakir,dipilihnya Nurul Aman sebagai pasangannya bukan tanpa alasan. Karena secara historis sudah sejak lama dirinya mengenal sosok Nurul Aman. Sejak sama - sama masih duduk di kursi DPRD Muara Enim. “Jadi sudah tau betul satu sama lain,”jelasnya.HFB

DPD Golkar Sumsel Usung Ridho Yahya Balon Walikota Prabumulih

Alex Noerdin saat melakukan pembagian sembako.

Daud Rotasi saat membacakan pernyataan dukungan pengurus Golkar Prabumulih mendukung Alex Noerdin,

Calon Gubernur Sumsel 2013.

Ridho Yahya saat bersama kader Golkar dan masyarakat Prabumulih.

Edy Rianto Daud Rotasi Deni Victoria

Ridho Yahya

Alex Noerdin

FOTO-FOTO: ANDRE / PALPRES

Muzakir Sai Sohar