nebengers community profile 2013

18
Menjalin persahabatan sembari mengurai macet COMMUNITY PROFILE

Upload: beng-beng

Post on 21-Jun-2015

1.860 views

Category:

Education


5 download

DESCRIPTION

Nebengers Description

TRANSCRIPT

Page 1: Nebengers Community Profile 2013

Menjalin persahabatan sembari mengurai macet

COMMUNITYPROFILE

Page 2: Nebengers Community Profile 2013

02

Daftar IsiNebengers Adalah

Visi dan Misi

Statistik

Nebengers 1.0

Media Komunikasi 1.0

Dalam Sebuah Tagar

Cerita Nebeng

Nebengers 2.0

Media Komunikasi 2.0

Komunitas

Menjadi Bagian dari Kami

Kopdar Seru

Nebeng Piknik

Nebeng Futsal

Publikasi

03

04

05

06

07

08

09

10

11

13

14

15

16

16

17

Page 3: Nebengers Community Profile 2013

Nebengers adalahMedia pertemuan pemberi dan pencari tebengan,untuk mengoptimalkan ruang kosong dalamkendaraan pribadi; serta penyedia sistemtransportasi yang efektif untuk mengurangikemacetan.

03

Awalnya Adalah...Bermula dari kepadatan para pengguna angkutan umum yang belum terpenuhi, sedangkan ruang dalam kendaraan pribadi masih sangat minimal, menarik perhatian Andreas Swasti untuk menjembatani pertemuan kedua pihak pengguna jalan raya ini melalui media sosial. Dibantu oleh Putri Sentanu secara strategi dan Maria Stefany dalam pengelolaan komunitas, mereka mengawali gerakan nebengers melalui kampanye ‘Driving Safety’ dan sistem sederhana dengan berbagai tagar di twitter.

Gerakan sosial ini kemudian berubah menjadi sebuah komunitas. Komunitas dipilih agar masyarakat dapat saling mengenal, membentuk jaringan sosial keamanan mereka berdasarkan dengan domisili tempat mereka tinggal.

Page 4: Nebengers Community Profile 2013

04

Menjadi media interaksi sosial dan integrasi data, dengan memberikan solusi masalah transportasi serta membangun komunitas yang peduli.

Visi

Berkontribusi memberikan solusi permasalahan transportasi

Menjadi media interaksi modern yang komunikatif bagi para anggota komunitas

Menciptakan kultur sosial yang tinggi peduli untuk saling berbagi

Membentuk lingkungan yang saling menguntungkan bagi

seluruh pihak yang berkolaborasi

-

-

-

-

Misi

Page 5: Nebengers Community Profile 2013

05

STATISTIK

12 DISTRIKJabodetabek, Bandung, Yogyakarta(menyusul Denpasar, Surabaya, dan Medan)

1000Pertumbuhan followers

setiap bulan

2,865jumlah memberterdaftar

22,434jumlah followers twitter

22,488jumlah page viewwebsite

*data per Juni 201305

Page 6: Nebengers Community Profile 2013

06

NEBENGERS 1.0

Page 7: Nebengers Community Profile 2013

07

Media komunikasiMelalui media sosial, twitter, nebengers mengawali misi untuk

mempertemukan para pencari dan pemberi tebengan.

Melalui media sosial, twitter, nebengers mengawali misi untukmempertemukan para pencari dan pemberi tebengan.

Media sosial kami pergunakan untuk membangun sebuah hubungan berdasarkan kebutuhan, ketertarikan dan problem. Salah satu problemnya adalah masalah keamanan. Keamanan berhubungan dengan membangun kepercayaan antar penebeng.

Dengan twitter, sebagai pembentuk “Reputation Capital”, kita dapat mengetahui kredibilitas teman tebengan. Dengan avatar dan biografi yang dipasang, timeline yang ditulis, siapa, berapa jumlah follower serta following, dan mutual friends di facebook

Page 8: Nebengers Community Profile 2013

08

Dalam Sebuah Tagar#BeriTebengan#BeriTebengan adalah tagar untuk memberikan tumpangan. Tumpangan bisa menggunakan mobil atau motor, dilengkapi dengan rute, hari dan jam keberangkatan. Informasi mengenai jumlah kursi yang tersedia serta syarat dan ketentuan ditentukan sendiri oleh pemilik kendaraan.

#ShareTaksi#ShareTaksi adalah tagar untuk berbagi taksi. Format, dilengkapi dengan rute, hari, dan jam keberangkatan, informasi mengenai kursi yang tersedia serta syarat yang ditentukan sendiri.

#CariTebengan#CariTebengan adalah tagar untuk mencari tumpangan. Format penulisan cari tebengan dilengkapi dengan rute, hari dan jam keberangkatan, serta syarat yang ditentukan sendiri oleh pencari tumpangan.

Sistem sederhana untuk transaksi nebeng dengan

tagar #CariTebengan #BeriTebengan

#ShareTaksi dan mention nebengers.

3,009mentions#BeriTebengan

6,627mentions#CariTebengan

*data per Juni 2013

Page 9: Nebengers Community Profile 2013

Merupakan bukti pemberi & pencari tebengan yang berhasil melakukan transaksi tebeng-menebeng. Dengan menuliskan tweet dengan hastag #CeritaNebeng dan foto, nebengers memberikan tanda sebuah transaksi tebeng-menebeng berhasil dilakukan. Kumpulan #CeritaNebeng ini yang akan menjadi indicator keberhasilan solusi tebeng-menebeng serta membangun kepercayaan dan pola pemikiran yang positif, bahwa masih ada orang yang berani kenal dan mau berbagi keselamatan kepada orang lain.

#CeritaNebeng dapat berupa kumpulan testimoni, kesan & pesan dari hasil tebeng-menebeng. Dibuat oleh si penebeng & yang ditebeng. #CeritaNebeng dijadikan faktor pengukur kesuksesan solusi dari nebengers.

09

Kalau mobil penuh, rasanya bawa mobil ga sia2 :) seru,

share uang tol, lumayan lho.

@putciput327mentions#BeriTebengan

Page 10: Nebengers Community Profile 2013

10

NEBENGERS 2.0

Page 11: Nebengers Community Profile 2013

11

Media komunikasiPlatform baru melalui aplikasi khusus yang memberikan informasi data

real-time bagi pengguna kendaraan.

Di platform 2.0, kami melakukan improvisasi terhadap media bertukar informasi beri/cari tebengan. Dengan membangun aplikasi berbasis sosial media, location based-map, diharapkan memperluas jaringan pengguna nebengers, mempermudah menemukan tebengan & peningkatan keamanan.

Dilengkapi dengan fitur sosial yang menyenangkan dan aman, nebengers 2.0 akan hadir di semua platform mobile. Melalui fitur chat, pengguna dapat melakukan suatu transaksi tebeng-menebeng yang aman karena semua data akan tersimpan, serta gamifikasi membuat pengguna dapat berinteraksi sosial, baik secara online maupun offline.

Page 12: Nebengers Community Profile 2013

12

Nebengers 2.0 juga hadir dalam fitur social, fun & secure di semua platform mobile. Dengan fitur chat, pengguna dapat melakukan transaksi tebeng-menebeng yang aman karena semua data akan tersimpan, serta gamification membuat pengguna dapat berinteraksi sosial di dalam dunia maya & aktual.

Page 13: Nebengers Community Profile 2013

13

KOMUNITAS

Page 14: Nebengers Community Profile 2013

14

Menjadi Bagian Dari KamiTransportasi adalah salah satu penyumbang polusi udara terbesar. Berjuta-juta orang melakukan kegiatan bertransportasi perharinya. Banyak orang yang tidak mengenal satu sama lain yang memiliki asal dan tujuan yang berdekatan.

Jika ada sumber informasi yang dapat mengakomodir itu semua, maka bisa saja mereka berbagi kendaraan untuk mengurangi polusi udara, mengurai macet, menghemat biaya dengan berbagi dan menambah teman.

Nebengers mengandalkan kekuatan dari internet dan komunitas, sehingga masyarakat dapat mengenal satu sama lain dan bekerjasama, mengambil bagian dari sebuah solusi.

Temukan cara untuk menjadi bagian dari

aktivitas peduli kami, di dalam komunitas, dan di

jalan raya. Berbagi manfaat, mengurai

macet sambil menambah sahabat.

Page 15: Nebengers Community Profile 2013

15

Berawal dari sebuah jejaring sosial, tak dapat dipungkiri sebuah jalinan persahabatan akan mudah sekali terbangun, Nebengers, sebuah komunitas telah menjaring tiap anggotanya dalam wilayah yang disebut distrik telah membentuk satu kelompok kecil yang saling membangun, merawat dan menguatkan yang dikepalai oleh lurahnya masing-masing.

“Tak kenal maka tak nebeng” merupakan slogan yang tak pernah dilupakan setiap anggota distrik Nebengers. Oleh karena itu, seringkali diadakan beberapa pertemuan, yang dinamakan Kopdar Seru. Selain untuk saling mengenal, Kopdar Seru dijadikan ajang untuk saling tukar informasi dan wawasan antar anggotanya.

Kopdar Seru dapat diadakan sesuai dengan kesepakatan anggotanya, misalnya setelah jam kerja di restoran/ mall terdekat atau dihari libur. Seringkali terjadi Kopdar Seru juga diadakan antar distrik. Dalam hal ini, hubungan baik antar distrik pun tercipta.

Dalam Kopdar Seru juga dapat saling bertukar rute antar anggotanya, tips jalan alternatif, bahkan saling berbagi informasi seputar hobi, pekerjaan dan cerita.

Terbagi dalam wilayah yang disebut 'distrik' kami bergerak dalam berbagai aktivitas untuk memasyarakatkan pentingnya kolaborasi di jalan raya.

Page 16: Nebengers Community Profile 2013

16

Nebeng Futsal 2013

Kegiatan olahraga pun tak luput dijadikan ajang kopdar seru oleh Nebengers. Adalah kegiatan yang mengambil konsep turnamen futsal antar distrik. Turnamen diadakan di Warung Futsal Kalimalang, pada 13 April 2013. Sambutan meriah datang dari teman-teman nebengers yang hadir dengan tebeng-menebeng.

Sejumlah 120 orang datang dengan jumlah kendara an; 6 mobil & 15 motor dan kendaraan umum. Tiap distrik membawa tim futsal dan suporternya siap memeriahkan suasana. Inti dari #NebengFutsal adalah kebersamaan dalam berkompetisi.

Nebeng Piknik 2013

#NebengPiknik adalah kegiatan dari nebengers yang diadakan di Bumi Perkemahan Ragunan. Tujuan dari #NebengPiknik adalah keluar dari rutinitas sehari-hari, berkenalan dengan teman nebengers dari berbagai distrik. Acara yang dikemas berupa permainan dalam tim dan yang terpenting adalah verifikasi setiap anggota nebengers.

#NebengPiknik diikuti oleh lebih dari 100 orang yang rindu akan suasana kekeluargaan. Tujuan terutama yaitu sosialisasi dan membiasakan setiap orang untuk pergi beraktivitas dengan tebeng-menebeng atau naik kendaraan umum.

Page 17: Nebengers Community Profile 2013

PUBLIKASI

17

Kompas TV - Liputan Siang: nebengers' anniversary

TRAX FM Magazine: Hot Issue 2013.

Metro Sudut Pandang Komunitas.

Trans TV: Reportase Siang

Metro TV: Wide Shot

Radio 99ers FM

Cosmopolitan FM

Hard Rock FM: Flux Me with Rene Suhardono

KisFM Jakarta

Harian Kompas; Komunitas Berbagi

Majalah Info Komputer; Solusi Macet

Artikel di majalah Heart of Jakarta, Reader's Digest Indonesia,

Artikel di FreeMagz, Suara Kampus UI

Talkshow di ITB dan Trisakti

Narasumber di Smart City Workshop dan Sinergi Muda.

Liputan Jakarta Post, Fimela Magz, harian Rakyat Merdeka Online

Acara 'Inisiatif' Kompas TV (akan tayang)

The Marketing magz

National radio ABC Australia

National Geographic Indonesia.

Page 18: Nebengers Community Profile 2013

16

2013

Be Our Partner To Solve Traffic Problems

Kompas TV - Liputan Siang: nebengers' anniversary

TRAX FM Magazine: Hot Issue 2013.

Metro Sudut Pandang Komunitas.

Trans TV: Reportase Siang

Metro TV: Wide Shot

Radio 99ers FM

Cosmopolitan FM

Hard Rock FM: Flux Me with Rene Suhardono

KisFM Jakarta

Harian Kompas; Komunitas Berbagi

Majalah Info Komputer; Solusi Macet

Artikel di majalah Heart of Jakarta, Reader's Digest Indonesia,

Artikel di FreeMagz, Suara Kampus UI

Talkshow di ITB dan Trisakti

Narasumber di Smart City Workshop dan Sinergi Muda.

Liputan Jakarta Post, Fimela Magz, harian Rakyat Merdeka Online

Acara 'Inisiatif' Kompas TV (akan tayang)

The Marketing magz

National radio ABC Australia

National Geographic Indonesia.Please contact us at: [email protected]