mymagz edisi mei 2016

84
FREE ! MEI / 2016 INSPIRED STAYOVER THE ROYAL SURAKARTA HERITAGE HOTEL KEMEGAHAN DALAM KONSEP JAWA DAN BATIK SPOTLIGHT AROMA KASONGAN MAKAN PUAS DI TEMPAT PANTAS SVASTI MANGGALIA KAIN TENUN SEBAGAI WARISAN BUDAYA

Upload: mixmedia

Post on 29-Jul-2016

246 views

Category:

Documents


10 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Mymagz edisi mei 2016

FREE !

MEI / 2016

INSPIRED

STAYOVERTHE ROYAL SURAKARTA HERITAGE HOTELKEMEGAHAN DALAM KONSEP JAWA DAN BATIK

SPOTLIGHTAROMA KASONGANMAKAN PUAS DI TEMPAT PANTAS

SVASTI MANGGALIAKAIN TENUN SEBAGAI WARISAN BUDAYA

Page 2: Mymagz edisi mei 2016
Page 3: Mymagz edisi mei 2016
Page 4: Mymagz edisi mei 2016

PUBLISHEROlaf Purvis

MANAGING EDITORYerina Margia

SENIOR EDITORBilly Bagus

EDITORHerwin Setyo WStephania Shakila CorneliaEnindya Leony Zuchraya

JOURNALISTAthalia Damaria AriawatiRizky Listya PratamaUswah Chandra Fitriani

CREATIVE DEPARTMENTSENIOR GRAPHIC DESIGNERRetno WulandariHenrych ChrystyanClif Ricky

GRAPHIC DESIGNERRifqi Syam

SENIOR PHOTOGRAPHERGus Dharma

PHOTOGRAPHERAsrandi MudiantoAldu Godjali

MANAGING DIRECTOROlaf Purvis

ACT GENERAL MANAGERYerina Margia

REGIONAL HEADWoro Agustin

AREA MANAGERDian YustikariniRully Hasbi

TECHNICAL ADVISORM. Amirullah

FINANCENik Purnama DewiGilang Delima

OPERATIONImam FahmuddinWayan Vena IrawanAlit SukadanaDidi Artana

Branch OfficeKompleks Bulaksumur blok H no 5, Yogyakarta 55281Phone : +62 274 2924114Fax : +62 274 549515

: @my_magz :my_magz : mymagz : issuu.com/mymagz

Perkembangan dunia kreatif dalam bidang interior design di Yogyakarta terlihat mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut memiliki dampak yang positif dan berimbas pada sektor ekonomi maupun sektor sosial. Keberadaan tempat-tempat hangout yang tak lagi hanya menyajikan suguhan yang nikmat saja, akan tetapi juga memperhatikan segala aspek dan estetika desain ruang. Dimana dengan menghadirkan desain yang unik tersebut, roda ekonomi terus berjalan dan social habbit yang tumbuh di masyarakat yang akan lebih nyaman menghabiskan waktu di suatu tempat yang photogenic.

Tak terlepas dari hal tersebut, melestarikan tenun sebagai warisan budaya menjadikan inspirasi dari sosok Inspired yang kami suguhkan dalam menciptakan beragam produk home and livingnya di bawah nama Svas Living. Kemudian kami juga akan mengupas sudut pandang Nuvosis ID dari kacamata arsitek dalam merancang sebuah ruangan dan tata interior dalam sebuah hunian.

Dalam edisi kali ini pula, kita akan menghadirkan artikel tentang pusat kerajinan gerabah yang sudah berdiri sejak tahun 70-an yang terletak di kawasan Selatan kota Yogya-karta. Menghadirkan ulasan salah satu hotel heritage di kota Solo yang mengusung konsep Jawa dan batik dengan nilai historis yang tinggi dalam setiap sudut ruangannya. Tak hanya itu, temukan pula berbagai review mengenai tempat hangout, wisata kuliner, beragam acara menarik dan masih banyak lagi.

editor'snote

Head OfficeBy Pass Ngurah Rai, NO. 73, Kedonganan Bali 80361Phone : +62 361 4724 599 +62 361 8957 791

e-mail: [email protected]

Published By:

Woro Agustin([email protected])

DIGITAL DEPARTMENTHEAD OF DIGITALSanjaya Margianta

DIGITAL PROMOTIONPrasyudyo

DIGITAL ADMINMeynar Audito

SALES DEPARTMENT

SALES MANAGERNashrul Jihadan

ACCOUNT EXECUTIVEIqbal Febian TirtowigunoErma Dwi KartikaStella Maris

Happy reading dear readers.

Page 5: Mymagz edisi mei 2016
Page 6: Mymagz edisi mei 2016

CONTENT

inspiredSVASTI MANGGALIAKAIN TENUN SEBAGAI WARISAN BUDAYA

stayoverTHE ROYAL SURAKARTA HERITAGEKEMEGAHAN DALAM KONSEP JAWA DAN BATIK

SpotlightAROMA KASONGANMAKAN PUAS DI TEMPAT PANTAS

DeviceMEMPERCANTIK RUMAH MELALUI APLIKASIHOME STYLER INTERIOR DESIGN

20

38

24

54

6 - MEI 2016

Page 7: Mymagz edisi mei 2016

PerspektifKASONGANDESA WISATA PENGRAJIN GERABAH KASONGAN

My infoCUBICTEMPAT HANGOUT SANTAI SEKALIGUS FORMAL

58

64

Page 8: Mymagz edisi mei 2016

NEXT

CANON SEMARANG PHOTO MARATHON II

Kompetisi fotografi terbesar kategori pelajar dan mahasiswa di Jawa Tengah kembali di gelar di Kota Semarang. Hasil kerjasama antara Canon dengan Pemerintah Kota Semarang ini melibatkan Bapak Gubernur, Walikota, serta Wakil Walikota sebagai juri diantara beberapa fotografer lainnya. Acara ini akan digelar pada 15 Mei 2016, bertempat di Grahadhika Bhakti Praja Semarang.

Sebagai upaya mempromosikan produk unggulan UMKM, Pemerintah Surakarta akan menggelar pameran investasi, perdagangan, dan pariwisata melalui acara SITTEX (Solo Investment Trade and Tourism Expo) 2016. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi investasi dan pariwisata kota Surakarta. Rencananya, pameran ini akan dilaksanakan pada 26-29 Mei 2016 di Solo Square Mall.

SITTEX 2016

Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin UNDIP kembali menggelar acara tahunan dengan menghadirkan musisi dan band favorit anak muda kota Semarang. Acara yang bertajuk Mechanical Stock MMXI ini mengundang Deadsquad, Elephant Kind, dan Rastaline. Rencananya, acara ini digelar pada 14 Mei 2016 di Auditorium Imam Barjo. Tidak hanya musik, acara akan dilengkapi dengan food festival dan market place.

MECHANICAL STOCK MMXI

8 - MEI 2016

Page 9: Mymagz edisi mei 2016
Page 10: Mymagz edisi mei 2016

NEXT

AGNES MO LIVE IN CONCERT @ALILA SOLO GRAND BALLROOMSelain mengembangkan bakatnya di kancah musik internasional, kali ini Agnez Monica akan tampil di Solo. Bagi para fans dan pecinta lagu-lagu Agnez Mo, ini kesempatan anda untuk menyaksikan aksi panggung Agnez Mo Live in Concert pada tanggal 14 Mei 2016 di ALILA SOLO Grand Ballroom.

10 - MEI 2016

Untuk mengobati suara merdu dari Glenn Fredly, FKG UGM menyelenggarakan Dental Project yang akan menggelar konser bertajuk “Notation In An Action” pada tanggal 4 Juni 2016 bertempat di Graha Sabha Pramana UGM Yogyakarta. Selain alunan lagu-lagu cinta dari Glenn Fredly, anda juga dapat menyaksikan penampilan dari Hivi!, Javablanca, Koala, dan The Banana Theory yang turut serta memeriahkan acara ini.

DENTAL PROJECT “NOTATION IN AN ACTION”

SOLO KERONCONG FESTIVAL 2016Pemerintah Kota Solo akan kembali menyelenggarakan Solo Keroncong Festival 2016. Menampilkan berbagai seniman keroncong lokal, nasional, dan internasional, Solo Keroncong Festival 2016, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Mei 2016 di Benteng Vastenburg Solo. Pagelaran ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap musik tradisional dan memupuk rasa nasionalisme.

Page 11: Mymagz edisi mei 2016
Page 12: Mymagz edisi mei 2016

Bagi yang menyukai menu daging dan seafood, Papricano Restaurant Phoenix Hotel Yogyakarta menghadirkan beragam menu dengan daging dipadukan seafood dalam satu piring. Surf and Turf, merupakan perpaduan antara bahan dasar daging sapi dan makanan laut seperti udang dan ikan. Hidangan pencuci mulut kreasi dari pastry chef The Phoenix Hotel Yogyakarta, grand duke cake dapat menjadi pelengkap utama Surf and Turf. Menyempurnakan sajian lezat dari The Phoenix Hotel Yogyakarta, para bartender Vino Bar menunjukkan kebolehannya melalui racikan cocktail, ketel one. My Spa dari The Phoenix Hotel Yogyakarta juga menghadirkan perawatan tubuh dan wajah sebagai bagian dari relaksasi tubuh dan pikiran selama liburan anda. Terdiri dari peppermint footbath, aromatherapy massage, dan simple facial.

SURF AND TURF di THE PHOENIX HOTEL YOGYAKARTA

12 - MEI 2016

MAKSIMALKAN EVENT DI HARRIS HOTEL & RESIDENCES SUNSET ROAD BALIHARRIS Hotel & Residences selalu berkomitmen dalam memberikan fasilitas terbaik untuk anda. Untuk memaksimalkan pertemuan dan event yang digelar, Sunset Garden Convention Center siap mengakomodir kebutuhan anda dengan kapasitas hingga 1.500 orang. Convention center ini menghadirkan sentuhan arsitektur Bali yang modern di tiap sudutnya. Beragam paket telah dipersiapkan untuk berbagai kebutuhan anda. Residential meeting package dengan fasilitas ekslusif,

POST

half-day meeting package dan full-day meeting package. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi 0361-8947001 atau media sosial @harrissunsetroad.

Page 13: Mymagz edisi mei 2016
Page 14: Mymagz edisi mei 2016

POST

14 - MEI 2016

SAMBUT HARI BUMI, ACCOR HOTELS REGIONAL DIY & JAWA TENGAH, TANAM POHON DI DESA BANDAR DAWUNGDalam rangka memperingati Hari Bumi, Accor Hotels Regional DIY–Jateng menyelenggarakan program tanam pohon di Desa Bandar Dawung, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh 100 karyawan dari 10 hotel jaringan Accor Hotels yang berada di wilayan regional DIY–Jawa Tengah. Desa Bandar Dawung menjadi lokasi acara ini karena menjadi desa

PERAYAAN ULANG TAHUN PERTAMA h BOUTIQUE HOTELDengan tema “My 1st Golden Moment”, h Boutique Hotel Yogyakarta, merayakan ulang tahunnya yang pertama dengan mengadakan serangkaian acara. Hotel berbintang 3 ini menyelenggarakan donor darah yang diikuti oleh warga setempat, karyawan h Boutique Hotel Yogyakarta dan teman-teman General manager dan karyawan hotel-hotel Yogyakarta lainnya. Selain donor darah, pada malam

harinya diadakan syukuran dan makan malam bersama. Dalam acara ini, h Boutique Hotel Yogyakarta menyampaikan rasa terima kasih untuk setiap mitra bisnisnya mulai dari kalangan perbankan, mitra perusahaan, instansi kementrian dan pemerintahan. Menurut Jimmy Situmeang, General Manager h Boutique Hotel Yogyakarta, melalui peringatan ulang tahun ini diharapakan menjadi titik awal untuk lebih baik di semua lini, dari pelayanan, tingkat hunian, karyawan, hingga menjadikan hotel ini sebagai destinasi wisata.

kreatif pemenang lomba tingkat Jawa Tengah. Bibit yang ditanam kurang lebih berjumlah 3.000 bibit dari pihak Accor Hotels, 500 bibit dari sumbangan Perum Perhutani KPH Lawu. Area dengan luas 5 hektar di lokasi yang terpisah ini ditanam berbagai jenis pohon antara lain Pinus, Sengon, Durian, Rambutan, Mangga.

Page 15: Mymagz edisi mei 2016
Page 16: Mymagz edisi mei 2016

POST

16 - MEI 2016

TRI LUNCURKAN 4G DAN FESTIVAL #AMBISIKU

Memasuki usia ke-9, Hutchison 3 Indonesia (Tri) menghadirkan 4G-LTE di Indonesia. Selain peluncuran tersebut, Tri juga berkolaborasi dengan anak muda Indonesia melalui Festival #Ambisiku. Sebuah festival yang memiliki rangkaian program untuk merefleksikan dukungan dan kontribusi Tri di 9 tahun berkarya bersama generasi muda Indonesia. Festival #Ambisiku digelar di tiga kota pada bulan

THE LAUNCHING OF H RESIDENCE ROYAL BINTARAN

PT HK Realtindo bekerjasama dengan PT Anugerah Tri Artha meluncurkan produk hunian vertikal di Yogyakarta. Dengan nama H Residence Royal Bintaran, hunian ini terletak di kawasan royal heritage, Jalan Bintaran Kidul No. 2, sebelah timur Keraton Yogyakarta.Rencananya H Residence Royal Bintaran Yogyakarta berdiri di atas lahan seluas 3.420 meter persegi, terdiri atas 246 unit apartemen, 144 unit condotel premium, dan kawasan komersial yang melengkapi gedung setinggi sepuluh lantai ini. Menurut Bapak Putut Ari Wibowo, Direktur Utama Pengembangan Bisnis dan SDM PT HK Realtindo, melalui pembangunan hunian vertikal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk masyarakat Yogyakarta, salah satunya bekerjasama dengan Pemerintah Kota untuk menambah transportasi massal.

April kemarin. Rangkaian program ini memiliki 4 kegiatan utama, antara lain Cerita #Ambisiku, Kelas #Ambisiku, Sebarkan #Ambisiku, Parade #Ambisiku.

Page 17: Mymagz edisi mei 2016
Page 18: Mymagz edisi mei 2016

POST

18 - MEI 2016

FASHION SHOW PERINGATAN HARI KARTINIHOTEL THE 101 YOGYAKARTA TUGUDalam rangka peringatan hari Kartini, THE 101 Yogyakarta Tugu mengadakan serangkaian acara seperti fashion show dan lomba selfie. Mengusung tema “Fashion and Hi-tea” : Tribute to Kartini, fashion show ini diselenggarakan oleh THE 101 Yogyakarta Tugu bekerjasama dengan Designer Lia Mustafa, koleksi Isyanto dan Rotary Club. Hal menarik dari acara ini adalah peraga busana bukan paras model melainkan para wanita karir yang tergabung dalam gabungan LIONS Group. Konsep rancangan busana kebayanya pun unik, yaitu desain modifikasi kebaya yang bisa dipakai di semua aktivitas. Selain fashion show, lomba selfie juga menjadi bagian dari acara yang diadakan bertepatan pada tanggal 21 April 2016.

YOGA FESTIVAL 2016Yoga, telah menjadi bagian dari masyarakat urban. Selain menyehatkan untuk tubuh, yoga juga bermanfaat untuk pikiran dan jiwa. Setelah berjalan sukses di Jakarta, Bali, dan Bandung, Yoga Festival 2016 kembali diadakan di Yogyakarta. Berlokasi di Candi Ratu Boko, acara ini diikuti oleh berbagai kalangan penyuka dan pegiat yoga. Acara yang diselenggarakan oleh MNC Channels pada hari Sabtu (09/04) ini dipandu oleh instruktur yoga yang telah dikenal banyak kalangan, Dionisius Henry di kelas Campursari Yoga, Amalina Th pada kelas Temple Yoga, kolaborasi Fajar Puradan DJ Wisnu pada kelas Yoga Rave. Di acara yang diselenggarakan oleh MNC Channels ini, peserta menikmati berbagai hiburan melalui beragam gimmick seperti yoga swing, yoga ball, relaxing area, dan food & entertainment area.

Page 19: Mymagz edisi mei 2016

POST

- MEI 2016 19

SOLO INDONESIA CULINARY FESTIVAL 2016Solo Indonesia Culinary Festival 2016 kini kembali digelar untuk ke-3 kalinya di kota Solo.Mengambil tema kearifan lokal masyarakat Solo, festival yang dibuka oleh walikota Solo, F.X Hadi Rudyatmo ini berlangsung dari tanggal 7-10 April 2016 di Benteng Vastenburg. Sejumlah 110 stand makanan turut memeriahkan perhelatan kuliner ini. Beragam kuliner lokal hadir menjamu para pengunjung, dari menu tradisional sampai internasional.

BEAUTYPRENEURSHIP TOUR 2016Pink Up Indonesia bersama Puspita Martha International BeautySchool menggelar seminar dan talkshow bertajuk “Beautypreneurship Tour 2016. ”Kegiatan yang berlokasi di Hotel Harper Yogyakarta ini menekankan bahwa menjadi seorang Beautypreneur harus mempelajari hal-hal baru, berinovasi, berkreasi, dan tidak enggan untuk berimprovisasi. Acara yang didukung oleh Beauty Trend Center, Beauty Trend Products, PMAC (Puspita Martha Alumni Club), Ali Karisma, dan Salon Pro sebagai media partner, ini diperuntukkan bagi para beautypreneur dan profesional hair dresser.

Selain itu, terdapat beberapa kegiatan meriah lainya, seperti Tradisional Cuisine Competion 2016, PestaTengkleng, dan Festival Ceker.

Page 20: Mymagz edisi mei 2016

INSPIRED

Page 21: Mymagz edisi mei 2016

INSPIRED

SVASTI MANGGALIAKAIN TENUN SEBAGAI WARISAN BUDAYA

Muda, cantik, dan berbakat, Svasti Manggalia, perempuan kelahiran Yogyakarta ini mantap menjalankan usaha home and livingnya yang berlabel Svas Living. Lulusan UNSW dan ESMOD ini memulai karirnya di dunia entertainment sebagai stylist.“Selama 4 tahun saya jadi stylist untuk penyanyi. Memilih, merancang, dan membuat kostum panggung mereka untuk video klip dan iklan TV,” jelas Svasti.

Awalnya, setelah selesai sekolah, perempuan penyuka kucing ini ingin menciptakan brand sendiri.“Aku sempat tinggal di Bali, kerja di Italian fashion label, namanya Biasa. Di sana, saya belajar bagaimana menjalankan fashion label yang ready-to-wear. Lalu setelah itu pulang ke Yogya pingin punya brand sendiri,” tambah Svasti. Keinginan tersebut kemudian diwujudkan setelah berdiskusi bersama ibunya. Ia memilih tenun sebagai material utama produk utama Svas Living.

Menurutnya tenun merupakan warisan yang wajib untuk dilestarikan. Berawal dari workshop tenun milik neneknya yang lama tidak terpakai, menggugah kemauan nya untuk membangun kembali bengkel tenunnya.

Berbekal warisan workshop tersebut, mencari pengrajin menjadi agenda rutinnya. Berkurangnya minat masyarakat terhadap tenun menjadikan area ini minim pengrajin tenun.

Svas Living fokus terhadap kebutuhan hunian, “saat ini, produk-produk Svas Living masih seputar ruang tidur, seperti sleep wear, sandal tidur, rug atau karpet, piyama, dan lainnya untuk kamar,” tutur perempuan berparas ayu ini. Selain memasarkan melalui pameran, website, dan media sosial, Svas Living juga tersedia di beberapa toko di Jakarta dan Bali.

Untuk rencana selanjutnya, Svas Living akan terus mengembangkan produk-produk untuk melengkapi kebutuhan hunian. Baginya, tenun merupakan warisan yang harus dikembangkan.“Harapannya Yogya tidak hanya dikenal dengan batik saja, tetapi juga tenunnya, karena seperti Klaten, Jepara memiliki tenun yang dikenal oleh masyarakat luas. Ingin sekali bisa ikut menjadi bagian untuk memajukan potensi tenun lokal,” tutur penyuka designer Alexander Wang ini menutup obrolan.

- MEI 2016 21

“Bagi saya, makna menjadi fashion designer adalah tempat untuk menuangkan kreativitas dan melestarikan budaya...”

Page 22: Mymagz edisi mei 2016

INSPIRED

DENFARINO ENDO TERSIANOMENYUKAI BANGUNAN LAWAS

“Arsitek adalah jiwa dan kebahagiaan hidup saya...”

Page 23: Mymagz edisi mei 2016

INSPIRED

Berawal dari kegemarannya membuat prakarya miniatur dan juara lomba menggambar pada saat kecil mengantarkan Denfarino Endo Tersiano berkarya menjadi Arsitek. Saat ini, pria kelahiran Yogyakarta yang biasa dipanggil Endo ini sedang sibuk dengan studio arsitektur miliknya, Nuvosis ID yang berlokasi di Perumahan Dosen UGM. Beberapa proyek telah ia kerjakan bersama Nuvosis ID, salah satunya adalah merancang bangunan dan interior untuk Kunena Eatery, sebuah restoran yang terletak daerah Baciro, Yogyakarta.

Proyek apa saja yang telah anda kerjakan?

Sudah banyak tentunya proyek arsitektur dan interior yang saya kerjakan, antara lain, yang besar salah satunya adalah proyek arsitektur Kemanggisan Square di Jakarta. Sedangkan untuk proyek interior di Yogya yang pernah saya rancang antara lain, Jasmine Cakery, SBS Jewellery, Bake A Boo Cup Cake, Kunena Eatery, dan lainnya. Namun, karya masterpiece saya adalah Kunena Eatery karena saya juga mengerjakan arsitektur dan interior ruangan- ruangannya.

Dengan Nuvosis ID anda memiliki beberapa karya yang diunggulkan, bisa anda jelaskan tentang tempat tersebut?

Nuvosis adalah nama studio arsitektur milik saya. Meskipun kebanyakan orang mengenal saya sebagai arsitek dengan nama Denfari-no Endo. Nuvosis, berasal dari kata NU yang memiliki arti baru. Dalam hal ini, arsitek selalu punya konsep baru dan fresh. Nama NU juga sama dengan awalan usaha kreatif saya yang lain, seperti NU lab, NU bike dan Nuv Living.

Bisa dijelaskan tentang konsep Kunena Eatery dari sudut pandang desain bangunan dan interiornya?

Pada segi bangunan, konsep Kunena mengacu dari analisa kawasan daerahnya yakni Baciro. Di wilayah tersebut banyak terdapat bangunan lawas dan heritage. Sedangkan dari interiornya merupakan pengembangan permintaan klien yang ingin menerapkan konsep warna biru dan berkesan homey untuk sebuah restoran.

Sebagai arsitek, bagaimana pandangan anda mengenai bangunan heritage di Yogyakarta?

Pengembangan bangunan heritage sudah sangat bagus di Yogyakarta. Program heritage building yang ada di UGM, tempat kuliah saya dulu, sangat membantu untuk mempertahankan bangunan- bangunan heritage di Yogya. Menurut saya, bangunan lawas itu lebih melegenda dari pada desainbangunan modern. Bangunannya bisa long lasting dan bisa berdiri di zaman apa saja.

Bekerja di dunia kreatif, anda pasti memiliki panutan yang menginspirasi, siapa tokoh idola anda?

Tadao Ando dan Richard Meir, keduanya merupakan idola saya dari dunia arsitek. Mereka memiliki gaya bersih dan simpel tetapi detilnya kuat, sehingga punya ciri khas yang mantap. Zaha Hadid juga idola saya, ia memiliki konsep moderen dan teknologi desainnya sangat menginspirasi arsitektur dunia.

Apa tips untuk para generasi muda yang ingin menjadi arsitek?

Banyak jalan-jalan, selain itu, lakoni dunia arsi-tektur seperti layaknya gabungan seniman dan arsitek. Juga jangan semata mengharapkan uang yang banyak. Ini tips sederhana yang dapat mem-buat dirimu sebagai arsitek yang bahagia dan membanggakan, hehe.

- MEI 2016 23

Page 24: Mymagz edisi mei 2016

STAYOVER

K E M E G A H A N D A L A M K O N S E P J A W A D A N B A T I K

THE ROYAL SURAKARTA HERITAGESOLO

Jl. Slamet Riyadi No. 6, Solo, Jawa TengahTel. +62 271 666111

Hotel yang memiliki konsep Jawa dan batik yang kental ini terletak di antara dua bangunan sejarah, Keraton Kasunanan dan Keraton Mangkunegaran. Keindahan ornamen batik yang terletak di seluruh sudut ruangan, mulai dari lobi, restoran, koridor, hingga kamar akan memanjakan mata anda. Sesuai dengan konsepnya, The Royal Surakarta Heritage memiliki 150 kamar yang merefleksikan kebudayaan dipadukan dengan fasilitas modern yang terdiri dari 40 superior room, 75 deluxe room, 22 executive room, 11 junior suite dan 2 executive suite.

The Royal Surakarta Heritage menyediakan tempat meeting untuk memenuhi kebutan berbisnis anda di kota Solo, sesuai dengan kota Solo sebagai pusat bisnis. Terdapat 5 meeting room dengan kapasitas mencapai ratusan orang, mulai dari Sidomukti Ballroom yang memiliki daya tampung sampai 420 orang, Sidomukti I menampung 220 orang, Sidomukti II mencapai 120 orang, Sidomukti III sampai 90 orang, Truntum Meeting Room 110 orang, sampai Srikaton Room yang bisa memuat lebih dari 30 orang. Kuat dengan konsep ruangan perpaduan Jawa dan Batik membuat meeting anda menjadi nyaman dan relaks.

Di Srikandi Restaurant milik hotel heritage ini, melayani breakfast, lunch, dinner, dan late supper. Perpaduan desain Jawa dan budaya Cina menjadikan restoran ini memiliki interior yang unik dan istimewa.

24 - MEI 2016

Page 25: Mymagz edisi mei 2016

STAYOVERSTAYOVER

Pilihan menu yang disajikan berupa hidangan khas kota Solo seperti tengkleng dan nasi liwet. Selain itu, Delicates sen Coffee and Pastry Shop menawarkan berbagai varian cake, pastry, dan sweet bread dengan nuansa tradisional.

Restoran ini mempunyai desain Jawa yang elegan ditambah sentuhan budaya Cina membuat Srikandi Restaurant semakin nyaman. Menu yang disajikan pun berupa makanan khas kota Solo seperti tengkleng dan nasi liwet. Menu internasional juga tak ketinggalan melengkapi menu khas Solo yang akan memanjakan lidah anda. Ada juga Delicates sen Coffee and Pastry Shop menawarkan berbagai pilihan variasi cake, pastry, bakery dan sweet bread dalam nuansa tradisional yang mengesankan.

- MEI 2016 25

Page 26: Mymagz edisi mei 2016

P E R P A D U A N M O D E R N D A N T R A D I S I O N A L

SWISS - BELINN SARIPETOJOSOLO

STAYOVER

JL.Slamet Riyadi No. 437, Solo-Jawa TengahTel. +62 271 7451111

www.swiss-belhotel.com

26 - MEI 2016

Hotel berbintang 3 ini dulunya merupakan pabrik es bersejarah yang berdiri sejak zaman colonial Belanda. Kini, disulap menjadi bangunan megah di pusat kota Solo. Terletak di Jalan Slamet Riyadi, anda dapat dengan mudah mengakses ke berbagai tempat kunjungan favorit di Kota Bengawan, antara lain Keraton Kasunanan, Kampung Batik Kauman, Pasar Klewer, Puro Mangkunegaran, Museum Batik Danar Hadi, Pasar Triwindu dan hanya 5 menit mencapai Kampung Batik Laweyan.

Page 27: Mymagz edisi mei 2016

- MEI 2016 27

Swiss-Belinn Saripetojo memiliki 136 kamar yang terdiri dari 6 kamar superior, 118 kamar deluxe, 12 kamar grand deluxe dan 1 kamar suite. Dengan memadukan konsep modern dan tradisional, anda dapat menikmati landscape kota Solo dari hotel berlantai 12 ini. Melengkapi relaksasi anda, di hotel ini juga menyediakan

STAYOVER

kolam renang atau sky pool yang lokasinya berada di lantai 5.

Selain sky pool, di lantai 5 dan 6 Hotel Swiss-Belinn Saripetojo ini terdapat 8 meeting room dan 1 ballroom yang mampu menampung hingga 1.200 orang yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih untuk berbagai kegiatan anda. Di lantai yang sama, terdapat BaReLo yaitu perpaduan bar, resto dan lounge yang menyediakan berbagai macam menu lokal maupun internasional yang buka selama 24 jam.

Page 28: Mymagz edisi mei 2016

STAYOVER

B O U T I Q U E H E R I T A G E H O T E L D I K A W A S A N T U R I S

INDIES HERITAGE HOTELYOGYAKARTA

Sebagai kota budaya, Yogyakarta menghadirkan Indies Heritage Hotel hadir dengan mengusung konsep boutique heritage. Terletak di kawasan turis Yogyakarta, Prawirotaman, hotel ini memberikan kemudahan keberbagai lokasi wisata Yogyakarta, seperti Malioboro dan Pantai Parangtritis.

Hotel berbintang 3 ini memiliki interior yang klasik sekaligus modern. Menjadi perpaduan yang pas dengan suasana kampung turis Prawirotaman. Bagi anda yang ingin menikmati liburan di Yogyakarta dengan banyak jalan kaki atau naik becak, menginap di Indies Heritage Hotel dapat menjadi pilihan. Dari hotel ini, untuk menuju ke cafe dan art gallery dapat dilakukan hanya dengan jalan kaki.

Feels like home, merupakan konsep yang ditawarkan Indies Heritage Hotel bagi anda yang sedang bertandang ke kota seniman ini.

Jl. Prawirotaman III, No. 3 YogyakartaTel. +62 274 2870 999

www.indiesheritage.com

28 - MEI 2016

Page 29: Mymagz edisi mei 2016

Dengan 2 tipe kamar, deluxe dan suite room, hotel ini menyediakan 74 kamar. Terdiri dari 41 deluxe room, 24 deluxe pool view, 6 deluxe balcony, 3 indies suite room.

Selain suasana tenang di area Prawirotaman, anda juga dapat mengecap berbagai fasilitas dari hotel ini. Seperti kolam renang, kamar dengan balkon dan pemandangan kota Yogyakarta juga spa untuk melengkapi relaksasi anda.Tidak hanya memenuhi waktu santai anda, Indies Heritage Hotel juga

- MEI 2016 29

STAYOVER

menawarkan fasilitas meeting room dengan kapasitas mencapai 100 pax. Ruang meeting ini dapat dibagi menjadi 3 bagian, dengan kapasitas maksimal mencapai 30 pax. Konsep kenyamanan seperti berada di rumah juga lengkap dengan sarana akses WIFI gratis di semua area hotel, tv kabel 41 channels, concierge service, shoeshine polish, laundry, dry cleaning, dan turn down service.

Page 30: Mymagz edisi mei 2016
Page 31: Mymagz edisi mei 2016
Page 32: Mymagz edisi mei 2016

SNAPSHOT

32 - MEI 2016

RED CARPET MOMENT GALA PREMIERE AADC 2@ EMPIRE XXI YOGYAKARTA

Page 33: Mymagz edisi mei 2016

SNAPSHOT

- MEI 2016 33

@ EMPIRE XXI YOGYAKARTA

RED CARPET MOMENT GALA PREMIERE AADC 2

Page 34: Mymagz edisi mei 2016

SNAPSHOT

34 - MEI 2016

GRAB YOUR CAREER @INDOMARET GROUP

Page 35: Mymagz edisi mei 2016
Page 36: Mymagz edisi mei 2016

SNAPSHOT

SMART LOUNGE@ LIPPO PLAZA JOGJA

36 - MEI 2016

Page 37: Mymagz edisi mei 2016
Page 38: Mymagz edisi mei 2016

Berawal dari keinginan untuk mewujudkan mimpi sang pemiliknya, Aroma Kasongan hadir sebagai pilihan tempat hangout anda. Perpaduan bangunan ukir berkonsep industrial dan ciri khas taman dengan unsur Bali yang kuat menjadikan tempat ini memiliki kesan sejuk dan nyaman sedangkan konsep nusantara yang tampak pada interiornya menciptakan suasana yang homey. Lokasinya yang berdekatan dengan pusat kerajinan Yogyakarta, membuat restoran ini memiliki letak yang strategis. Secara menyeluruh, ruangan yang terdapat di Aroma Kasongan menerapkan interior minimalis dengan sentuhan dekorasi kaca dan kayu alami.

Kemunculannya sejak bulan Desember 2015, bisa anda jadikan pilihan untuk berkumpul dengan rekan kerja maupun keluarga. Alunan musik yang diputar juga semakin menambah kenyamanan anda. Dengan menggunakan furnitur berbahan kayu yang diolah secara daur ulang mempercantik sudut-sudut restoran. Menu nusantara dengan berbagai bahan pilihan yang segar siap disajikan oleh chef andalan. Aneka sajian nusantara, seperti nasi goreng kambing, ayam sereh, vegetarian, laksa, nasi campur dengan aneka pilihan, dan sate lilit khas Bali dapat anda cicipi. Seluruh menunya diracik tanpa menggunakan MSG.

Jl. Kasongan Raya 69, Bantul Yogyakarta.Tel. +62 81 23630 550838 - MEI 2016

MAKAN PUAS DI TEMPAT PANTAS

AROMA KASONGAN

YOGYAKARTA

SPOTLIGHTSPOTLIGHTSPOTLIGHTSPOTLIGHTSPOTLIGHT

Dessert carrot cake almond, menjadi menu dessert atau makanan penutup andalan dari Aroma Kasongan. Nikmati pula, berbagai minuman, seperti es timun serut aceh, es lidah buaya, es kopi susu medan, jus aroma terong belanda. Restoran ini buka hampir setiap hari kecuali Selasa dari pukul 10.30 hingga 18.00 WIB sedangkan untuk Sabtu dan Minggu buka sampai 20.00 WIB.

Page 39: Mymagz edisi mei 2016
Page 40: Mymagz edisi mei 2016

SPOTLIGHTSPOTLIGHTSPOTLIGHTSPOTLIGHTSPOTLIGHT

KELEZATAN DI PUSAT KOTA SEMARANG

MET DUCK

SEMARANG

Menyajikan berbagai macam menu western, mulai dari menu breakfast, seperti granola, jus, pancake sampai ke berbagai menu dinner, seperti classic egg benedict, delmonico steak, dinosaur ribs dan lain sebagainya. Selain itu, keistimewaan lainnya di tempat ini adalah anda akan dimanjakan dengan alunan live musik yang cocok anda nikmati dengan signature coffee serta classic twist cocktails.

Satu lagi tempat hangout baru di Kota Semarang dengan memiliki nama dan filosofi yang unik. Met Duck hadir sebagai tempat di mana banyak orang yang berkumpul dan berbincang layaknya bebek, sesuai filosofinya. Restoran ini dapat menjadi pilihan anda sebagai tempat makan sekaligus berkumpul bersama keluarga, sahabat,atau rekan kerja.

Berada di Paragon Mall Ground Floor, Met Duck memiliki interior yang khas yaitu perpaduan tema klasik dengan kaca, uniknya tempat ini menggunakan alas telur bebek untuk menjadi dekorasi dinding yang cantik. Restoran yang berlokasi di dalam pusat pertokoan ini, beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga 23.00 WIB di hari Minggu sampai Kamis sedangkan untuk Jumat dan Sabtu hingga pukul 24.00 WIB. Paragon Mall Ground Floor

Jl. Pemuda No. 118, SemarangTel. +62 24 8657925840 - MEI 2016

Page 41: Mymagz edisi mei 2016
Page 42: Mymagz edisi mei 2016

Bagi yang menyukai nongkrong di area yang luas dan nyaman, Par3 Golf Cafe Resto & Driving Golf adalah tempat yang cocok untuk anda.Tidak hanya menyediakan area untuk berkumpul bersama teman, area cafe ini juga bisa digunakan untuk bermain golf.

Di Par3 Golf Cafe Resto & Driving Golf ini terdapat beberapa ruang, antara lain VIP Room yang bisa digunakan untuk meeting atau kegiatan lainnya. Selain itu, terdapat Pizza Corner dengan varian pizza yang dibuat langsung dari tungku. Bagi yang ingin sekaligus bermain golf, terdapat area Golf Center yang berlokasi di bagian belakang restoran.

Di atas Golf Center terdapat tempat untuk menikmati pilihan makanan dan minuman yang terdiri dari menu western dan Indonesia sembari bersantai melihat orang yang bermain golf. Par3 Golf Cafe Resto & Driving Golf buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 11 malam. Cafe ini juga menyediakan akses wi-fi serta live musik setiap Sabtu malam untuk melengkapi kebutuhan hiburan anda.

SPOTLIGHTSPOTLIGHTSPOTLIGHTSPOTLIGHTSPOTLIGHT

PAR3 GOLF CAFE RESTO & DRIVING GOLF

Jl. Adisucipto, SoloTel. +62 271 727477

SOLO

42 - MEI 2016

PERPADUAN KLASIK DAN GOLF

Page 43: Mymagz edisi mei 2016
Page 44: Mymagz edisi mei 2016

Dikenal sebagai kota heritage, Yogyakarta memiliki cita rasa khas tersendiri dalam kuliner. Ciri khas kulinernya antara lain, bakpia, sate klathak, bakmi jawa, dan paling terkenal adalah gudeg. Gudeg merupakan olahan kuliner yang terbuat dari sayur berbahan dasar buah nangka yang dipadukan dengan santan dan bumbu rempah pilihan. Gudeg, banyak dijumpai di berbagai tempat, mulai dari warung hingga restoran.

Seperti di Restoran Paprika The Phoenix Hotel Yogyakarta, sajian gudeg dibuat berbeda dan modern. Biasanya gudeg didampingi nasi, tetapi di sini menggunakan sandwich. Bukan menggunakan roti melainkan tempe kedelai dipadu dengan french fries. Menu ini cocok bagi anda pecinta makanan sehat. Selain itu anda dapat menikmati menu lainnya, seperti pizza garang asem dan pizza beef krengsengan. Hidangan lain yang patut dicicipi adalah italian pizza homemade dengan topping ayam pepes segar dan daging sapi pilihan lengkap ditaburi keju mozzarella impor.

Bagi pecinta kuliner tradisional, anda dapat mencoba namigou-teas, yang juga salah satu menu andalan restoran ini. Hidangan perpaduan nasi dan mie goreng ini didampingi udang jumbo goreng krispi dan telur asin. Sebagai pelengkap, suguhan ini ditambah aneka saus sambal pilihan.

Jl. Jenderal Sudirman No.9 Yogyakarta Tel. +62 274 566617

44 - MEI 2016

BITES

PAPRIKA RESTAURANTTHE PHOENIX HOTEL YOGYAKARTA

SAJIAN GUDEG MODERN ALA PHOENIX HOTEL

YOGYAKARTA

Page 45: Mymagz edisi mei 2016
Page 46: Mymagz edisi mei 2016

Jl. Singosari No. 25. SemarangTelp +62 24 8313145 / 082225400903

ORENJI SUSHI

KULINER JEPANG DI SEMARANG

SEMARANGBITES

46 - MEI 2016

Bagi yang ingin menikmati cita rasa hidangan Jepang, tidak perlu melanglang buana jauh sampai ke sana.Anda dapat menikmati kelezatan makanan negeri Sakura ini di kota anda. Seperti di Orenji Sushi, salah satu restoran negara Matahari Terbit yang berlokasi di kota Semarang.

Telah hadir di Cilegon dan Jakarta Selatan, Orenji Sushi memiliki berbagai macam pilihan hidangan seperti onigiri, gunkan, makimono, dan tentunya sushi. Menu andalan yang patut anda cicipi adalah orenji special roll, unagi crunchy, cheese crab katsu, ten to roll, volcano roll, dan hot spicy ramen. Semua menu disajikan dengan kualitas terbaik, fresh, dan sesuai lidah Indonesia.

Berbagai promo bisa anda dapatkan melalui sosial media dari restoran yang berlokasi di Jalan Singosari no. 25 ini. Resto yang buka dari jam 12 hingga jam 10 malam ini, mematok menu-menunya dengan harga yang terjangkau. Orenji berasal dari bahasa Jepang yang berarti jeruk, buah yang melambangkan kesehatan dan kebersihan.

Page 47: Mymagz edisi mei 2016
Page 48: Mymagz edisi mei 2016

KIMCHI KOREAN RESTAURANT

CITARASA KOREA DI SOLO

SOLO

Menjamurnya tren drama Korea juga turut mempengaruhi rasa penasaran orang untuk mencicipi sajian Korea di restoran negara yang melahirkan k-pop tersebut. Salah satunya, Kimchi Korean Restaurant yang berlokasi di Kota Solo. Menu favorit di restoran ini adalah korean fried chicken, yaitu ayam goreng saus gochujang, dengan saus yang diimpor langsung ke kota bengawan ini. Saus ini disajikan dengan tingkatan level yang berbeda, dari manis hingga sangat pedas.

Pilihan lainnya adalah korean curry rice, terdiri dari crispy chicken katsu yang diberi saus curry korea panas dan dilengkapi dengan nasi. Bagi penyuka mie, terdapat menu rabokki, ramyeon yang disajikan dengan teokbokki, jajanan dari tepung beras khas Korea ditambah saus kategi.

Selain itu, anda dapat mencicipi beef bulgogi, jajang myeon, shin ramyeon, yukgaejang,dan berbagai sajian lainnya. Ciri khas Korea lainnya juga tampak dari pilihan minuman, salah satunya adalah makgeoli, minuman yang terbuat dari fermentasi beras dan jagung yang bahannya diimpor langsung dari negeri ginseng ini. Di cuaca yang panas seperti saat ini, anda bisa memesan patbingsu , yakni es campur dari Korea yang berisi potongan buah dan agar-agar yang segar untuk dinikmati.

Jl. Veteran No. 190, SoloTel.+62 271 655735

BITES

48 - MEI 2016

Page 49: Mymagz edisi mei 2016
Page 50: Mymagz edisi mei 2016

ESPRITRp1.570.000,00

LAURENSIARp429.000,00

ROYAL MARINARp880.000,00

LOOKS FAVORITE STYLE

50 - MEI 2016

PANTS HEIRESSRp278.000,00

BLOUSE HEIRESSRp398.000,00

GUESSRp1.799.000,00

Page 51: Mymagz edisi mei 2016

HEIRESSRp258.000,00

TOUS ROSARp1.100.000,00

ABSOLUTEERp539.000,00

WRANGLERRp399.900,00

ESPRITRp1.180.000,00

GUESSRp1.699.000,00

LOOKS

- MEI 2016 51

SUNGLASSESRp488.000,00

Page 52: Mymagz edisi mei 2016

ELLE HOMMERp599.000,00

WOODRp199.000,00

BYFORDRp799.000,00

ELLE HOMMER649.000,00ANDRE VALENTINO

Rp1.689.000,00

FERRARIRp4.555.000,00

LOOKS

POLICERp700.000,00

52 - MEI 2016

AMBROGIORp799.000,00

Page 53: Mymagz edisi mei 2016

SUNGLASSESRp2.480.000,00

PUMARp890.000,00WOOD

Rp429.000,00

LEVI’SRp999.900,00

LEE COOPERRp669.500,00

OBERMAINRp1.599.000,00

LOOKS

- MEI 2016 53

Collections By:

PARKSON HARTONO MALL YOGYAKARTA

Page 54: Mymagz edisi mei 2016

KASONGANDESA WISATA PENGRAJIN GERABAH KASONGAN

Kasongan terletak di dataran rendah bertanah gamping di kawasan selatan Yogyakarta. Tepatnya berada di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Bantul. Area ini telah menjadi pusat kerajinan gerabah keramik sejak tahun 70an. Perjalanan menuju kemari membutuhkan sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat atau tanah lempung. Dulunya kawasan Desa Wisata Gerabah Kasongan merupakan tempat bermukimnya para pembuat barang-barang kerajinan, seperti perabotan dapur dan beragam jenis perkakas lainnya. Pembuatan gerabah, dahulu terbatas untuk keperluan rumah tangga seperti kendi( wadah air minum), kendil (tempat air), gentong, anglo (kompor) dan lainnya. Sekarang pembua-tan gerabah tidak terbatas pada perabotan untuk rumah saja, melainkan barang hias dengan nilai jual yang tinggi.

Sejarah munculnya kawasan wisata gerabah ini berhubungan dengan seekor kuda milik Reserse Belanda yang mati di atas lahan sawah salah satu penduduk. Warga takut terkena hukuman kemudian melepaskan hak kepemilikan tanahnya. Setelah itu banyak warga lain yang mengikuti langkahnya untuk melepaskan hak milik tanah mereka.

54 - MEI 2016

PERSPECTIVE

Page 55: Mymagz edisi mei 2016

- MEI 2016 55

Mereka akhirnya hanya berdiam diri di rumah karena tidak lagi memiliki sawah. Untuk mengisi hari para penduduk, mereka memanfaatkan tanah dan mengempal-ngempalkannya.Ternyata tanah tersebut tidak pecah lalu mereka mulai untuk membuat

PERSPECTIVE

berbagai macam bentuk perabotan.Kegiatan tersebut terus dijalankan hingga menjadi sentra industri gerabah di Yogya.

Tersedia beragam jenis kerajinan gerabah di area Kasongan dari ukuran kecil sampai besar. Mulai dari souvenir untuk pernikahan seperti hiasan, pot tanaman, lampu hias, patung, guci, sampai meja dan kursi. Selain itu, juga terdapat galeri-galeri keramik di sepanjang jalan. Dengan variasi produk yang ditawarkan, dari perabotan sampai keperluan dekorasi rumah.

Di desa yang pada tahun 1970 dikembangkan oleh Sapto Hudoyo, seniman besar dari Yogyakarta, terdapat salah satu patung legendaris yaitu Loro Blonyo. Patung ini berwujud sepasang pengantin yang dipercaya akan memberikan keberuntungan apabila ditaruh di dalam rumah. Di kawasan ini juga terdapat festival seni Kasongan yang diadakan tiap tahun. Selain itu, anda juga dapat membuat keramik di workshop milik para pengrajin.

Page 56: Mymagz edisi mei 2016

SOLO 24 JAM MENARIMENYEMAI RASA SEMESTA RAYA

Dalam rangka Hari Tari Dunia yang jatuh pada 29 April, Institut Seni Indonesia Surakarta kembali menggelar Solo Menari 24 Jam. Acara yang diadakan sejak tahun 2007 telah menginjak usia ke-10. Hampir setiap tahun perayaan ini mendapat animo yang cukup tinggi dari masyarakat.

Festival Solo Menari diselenggarakan lebih dari 24 jam, dengan tema Menyemai Rasa, Semesta Raya. Acara berlangsung dari tanggal 28 – 30 April, dimulai pukul 15.30 WIB dari Gedung Jurusan Tari Institut Seni Indonesia Surakarta. Lokasi festival tahunan ini terdapat di beberapa tempat, antara lain ISI Surakarta, Jalan Jendral Sudirman, Solo

Square, Solo Paragon, dan Solo Grand Mall. “Awalnya, acara ini terbentuk dari festival jaringan lalu mengumpulkan relasi yang sudah ada, kemudian diketemukan menjadi satu dalam 24 jam menari. Acara ini setiap tahunnya masih akan berkembang, berbagai alternatif akan dicoba mulai dari perayaan di kota sampai suatu saat akan mencoba di kampung kampung.” kata ketua umum Solo 24 Jam Menari, Joko Asmoyo.

56 - MEI 2016

ART & CULTURE

Page 57: Mymagz edisi mei 2016

Sekitar kurang lebih 150 kelompok tari ikut memeriahkan pegelaran ini. Dalam acara tersebut, terdapat 2 orang penari yang membawakan tari selama 24 jam tanpa berhenti, yaitu Samsuri (Surakarta) dan Mudjo Setiyo (Jakarta). Sekitar 250 penari berpartisipasi dalam acara tahunan ini. Mulai dari anak-anak sampai seniman dari berbagai penjuru Indonesia. Keterlibatan anak-anak di festival ini bertujuan untuk menumbuhkan bibit baru dalam melestarikan seni tradisi.

Ketua pagelaran Solo Menari 24 Jam dari ISI Surakarta, Eko Supendi mengatakan, “Terdapat berbagai rengkaian acara, tidak hanya penampilan tari tetapi ada juga seminar internasional dengan tema Menyemai Rasa, Semesta Raya. Selain itu, pameran Fotografi dari prodi Fotografi ISI Surakarta dan penerbitan buku mengenai Solo Menari 24 jam.”

Selama acara, pengunjung disuguhkan dengan berbagai jenis pertunjukan tari. Beragam tari-tarian hadir di festival tahunan Solo ini, mulai dari tarian tradisional sampai modern sehingga menarik minat wisatawan mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara.

- MEI 2016 57

ART & CULTURE

Page 58: Mymagz edisi mei 2016

DEVICE

HOME STYLER INTERIOR DESIGN

MEMPERCANTIK RUMAH MELALUI APLIKASI

Membeli furnitur untuk mengisi rumah anda memang bukan keputusan yang mudah. Perabot yang dipilih atau dibeli belum tentu cocok dengan tema atau atmosfer ruang anda. Homestyler Interior Design, sebuah aplikasi yang membantu untuk mencocokkan rumah dengan perabotan yang ingin anda beli. Cukup dengan foto bagian rumah yang ingin anda ubah kemudian masukkan warna dinding atau perabotannya. Melalui aplikasi ini, anda juga dapat mengeksplore rancangan dari para designer interior kelas dunia.

Membahas rancangan interior tidak selalu menjadi hal yang serius, terlebih bagi anda yang gemar bermain media sosial. Neybers, salah satu aplikasi interior yang dapat berbagi dengan pengguna lain melalui media sosial. Melalui aplikasi ini, portfolio desain dapat anda tunjukkan kepada sesama pengguna. Sebagai pelengkap, terdapat berbagai macam tools bagi anda yang ingin mengutak-atik rancangan rumah impian melalui beragam template yang disiapkan.

NEYBERS - TRY INTERIOR DESIGN ANYWHERE

Membawa kertas rancangan rumah seperti -nya bukan lagi menjadi pilihan yang efektif. Aplikasi Magic Plan siap membantu anda untuk mengatasi masalah tersebut, terlebih bagi orang awam yang tidak dapat merancang rumah tetapi memiliki keinginan besar untuk merenovasi atau mendesain rumah anda.Melalui aplikasi ini, setiap orang dapat membuat indoor map hanya dalam beberapa menit. Tersedia juga pilihan auto measure untuk foto rancangan rumah anda.

MAGIC PLAN

58 - MEI 2016

Page 59: Mymagz edisi mei 2016

DEVICE

Desain dapur kadang sering luput dari perhatian karena lokasinya yang berada di belakang rumah. Tetapi melalui aplikasi Kitchen Design, merancang dapur jadi menyenangkan. Aplikasi ini membantu anda untuk merancang dapur dengan tampilan 2D atau 3D. Sebagai pelengkap, aplikasi Kitchen Design menyediakan berbagai pilihan lantai dan perabotan dapur yang dapat diterapkan di rancangan dapur anda.

KITCHEN DESIGN

Houzz, aplikasi ini juga patut menjadi pilihan, terlebih bagi anda yang cepat bosan dengan tata -nan interior rumah anda. Aplikasi ini memudahkan anda mengatur ulang ruangan anda. Caranya dengan mengambil foto ruangan yang ingin anda ubah. Setelah itu, anda dapat utak-atik dengan

HOUZZ INTERIOR DESIGN IDEAS

memilih beberapa property yang telah tersedia. Bahkan bagi anda yang berminat untuk membeli -nya, aplikasi ini menyediakan layanan online shopping bagi para penggunanya.

- MEI 2016 59

Page 60: Mymagz edisi mei 2016

CLIPS

60 - MEI 2016

MUSIC

BOOK

MOVIESebuah film fiksi yang disutradarai Roland Emmerich ini menceritakan bahwa pada tahun 2016 mendatang menjadi kisah hari kebangkitan bencana ilmu Amerika. Skenario yang ditulis oleh Emmerich dan Dean Devlin ini merupakan sekuel dari film Independence Day 1996. Film bergenre action ini dibintangi Jeff Goldblum, Bill Pullman, Judd Hirsch, Vivica A. Fox dan Brent Spiner yang mengulangi peran aslinya bersama dengan pendatang baru Liam Hemsworth, Jessie Usher, Maika Monroe, Sela Ward, Charlotte Gainsbourg dan William Fichtner. Bagianda yang penasaran dengan kisah serunya, film ini dijadwalkan akan rilis pada 24 Juni 2016.

INDEPENDENCE DAY : RESURGENCE

Album Yuna yang berjudul Chapters akan rilis pada tanggal 20 Mei 2016 di VERVE Records mendatang. Tersedia 13 lagu dengan single pertamanya berjudul “Places To Go” yang diproduksi oleh DJ Premier.Penyanyi asal Malaysia ini rencananya akan melakukan beberapa tur ke negara lain dalam waktu dekat. Perempuan yang bulan April lalu tur ke Washinton telah menerima beberapa penghargaan seperti Billboard, NPR, Elle, NY Times, dan penghargaan bergengsi lainnya.

CHAPTER

YUNA

Berisi kisah sang penulis sebagai orang ‘baru’ di Paris, buku ini lebih merujuk ke kehidupan warga Perancis yang memiliki kehidupan yang tidak biasa. Ada banyak hal menarik yang dapat dikulik, mulai dari makanannya, cara masyarakat Paris menikmati liburan, dan juga berbagai peraturan unik yang tidak dapat ditemui di negara lain.Dengan gaya tulisan yang enak dibaca, hal-hal menarik tentang kehidupan di Perancis, terutama Paris, jadi menghibur dan kaya infomasi berharga.

VOILA LA FRANCE : PARIS, SI KOTA CAHAYA

LONA HUTAPEA TANSALE

Page 61: Mymagz edisi mei 2016

CLIPS

- MEI 2016 61

THE BFG

Film ini menceritakan seorang gadis bernama Sophie yang bertemu raksasa yang ramah yang memiliki penampilan menakutkan tetapi berjiwa baik hati. Sophie meng- anggap raksasa ini tidak seperti rekan-rekan raksasa lainnya, ia baik hati dan menolak untuk makan anak laki-laki dan perempuan. Menampilkan artis Rebecca Hall, Bill Hader, Mark Rylance, film ini disutradarai oleh Steven Spielberg dan Melissa Mathison sebagai penulis scenario. Nantikan karya Roald Dahl ini akan tayang pada 1 Juli 2016 di bioskop kesayangan anda.

Setelah rilis awal April lalu, Lagu “Kali Kedua”menjadi single pertama dari album ketiganya yang bertajuk “Handmade”. Diluncurkan pada 27 April 2016, album ketiga dari solois bernama lengkap Raisa Andriana ini akan berisi 11 lagu dengan lagu andalan “Nyawa dan Harapan”. Dalam album ini terdapat lagu yang menjadi soundtrack film London Love Story berjudul “Percayalah” dalam aransemen yang berbeda. Rekan duet Afgan ini merasa sangat puas karena terlibat secara total dalam mengurus albumnya, mulai dari penggarapan, produksi, hingga distribusi.

HANDMADE

RAISA

Sesuai dengan musim yang akan terjadi di beberapa bulan ini, novel Hujan karangan Tere Liye memang selalu digemari pembaca. Buku bergenre fiksi ini selalu menyingkap kejutan bagi pembaca. Menariknya novel ini ditulis tidak hanya tentang cinta saja namun lebih kepada bumbu kehidupan yang semestinya. Bagi anda yang penasaran buku ini dapat anda dapat di toko-toko buku favorit tanda.

HUJAN

TERE LIYE

MUSIC

BOOK

MOVIE

Page 62: Mymagz edisi mei 2016

WHAT'S ON

WOODEN KREATIF DESIGNKREATIVITAS KAYU DARI SEMARANG

Berawal dari beberapa anak muda satu jurusan selama masa kuliah yang tinggal bersama dalam satu kontrakan, berbagai ide kreatif dilahirkan. Mulai dari membentuk band, visual artist, handcraft leather, potong rambut, hingga mengutakatik kayu. Dari hasil kreativitas bersama tersebut kemudian muncul Wooden Kreatif. Wooden Kreatif bermula dari iseng-iseng saat membantu teman yang sedang membuat display untuk pameran. Dari hasil iseng tersebut, lahir karya – karya Wooden Kreatif yang banyak diapresiasi oleh masyarakat Kota Semarang dan beberapa kota lainnya di Indonesia. Mulai dari meja, kursi, rak, hingga hiasan yang terbuat dari kayu.

Selain berkarya menggunakan materi kayu, Wooden Kreatif juga kerap mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan sharing atau berbagi. Salah satunya adalah berbagi ilmu melalui workshop. Berbagai kegiatan sharing melalui workshop sering dilakukan, seperti workshop clock making session. Di dalam kegiatan ini, peserta belajar membuat jam dinding mulai dari pemilihan material mentah hingga siap digunakan.

Tujuan dari workshop ini untuk mengakrabkan anak muda kreatif Kota Semarang dan memperkenalkan kepada anak muda bahwa banyak hal baru yang dapat diciptakan dan dikembangkan dari beragam media menjadi sebuah karya, salah satunya adalah kayu.

62 - MEI 2016

Page 63: Mymagz edisi mei 2016

myCommentsMY COMMENT

Menurut saya kenyamanan dalam sebuah hunian merupakan poin yang utama. Tentunya ini berkaitan dengan fungsi hunian itu sendiri sebagai tempat tinggal. Hunian yang nyaman akan berdampak positif bagi penghuninya dan selalu mampu membangun mood yang baik, itu sangat penting, karena menurut saya semua kegiatan berawal dari rumah dan berakhir di rumah jadi jangan sampai kita merasa bosan di rumah kita sendiri.

GRETA INDRI HAPSARI,MARCOMM EXECUTIVE ALILA SOLO

""

Penting banget. Setelah seharian kerja dan beraktivitas di luar, pulang ke rumah yang nyaman bisa bikin mood jadi baik.Tidak mesti rumah mewah, yang penting menurut saya rapi, bersih, dan terutama ada orang-orang yang kita sayang di dalam rumah.

ROSALIA FILANI,GM SASANTI

Zaman sekarang, rumah tidak lagi sekedar menjadi tempat untuk tidur dan berteduh, tetapi memiliki makna lebih dari itu. Saat ini, hunian atau rumah seolah menyatu dengan pemiliknya, biasanya diwakilkan dengan interior, arsitektur, dan lainnya.Bagaimana hunian yang nyaman dan ideal menurut mereka? Berikut penuturannya...

- MEI 2016 63

Sangat penting sekali, hunian yang nyaman akan membuat kita bisa menjalani hidup dengan penuh makna dan bahagia. Rumah juga menjadi tempat untuk mencari energi saat kita lelah, saat bahagia, saat sedih,dan suasana hati lainnya. Menurut saya, suasana dan isi rumah atau arsitekturnya merupakan cerminan jiwa penghuni. Kalau saya memilih tempat hunian yang sesuai dengan karakter saya.

DITO HUTOMO,PT XL AXIATA TBK. CRR XL CENTER

Page 64: Mymagz edisi mei 2016

MYINFO

CUBIC KITCHEN & BARTEMPAT HANGOUT SANTAI SEKAL IGUS FORMAL

Konsep social house, disediakan oleh Cubic Kitchen & Bar sebagai tempat yang nyaman untuk melakukan interaksi bagi pengunjung. Berlokasi di Jalan Demangan Baru, anda dapat berkumpul bersama sahabat dan kerabat untuk hangout dan party melepas penat. Selain itu, Cubic juga dapat digunakan untuk beragam perhelatan. Tidak terbatas sebagai tempat berkumpul, anda dapat mengadakan berbagai acara di Cubic, antara lain, gathering, workshop, acara, arisan, hingga sebagai venue prewedding, dengan harga terjangkau dan kapasitas mencapai 100 hingga 400 pengunjung. Bagi yang sering mencari acara untuk waktu relaksasi anda, di tiap minggu Cubic Kitchen & Bar mengadakan event regular yang menarik. Selain itu, tersedia diskon bagi yang melakukan reservasi makanan mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB di tiap harinya.

Bagi pecinta kuliner, tempat ini juga sesuai untuk anda. Cubic Kitchen & Bar memiliki 40 menu makanan dan sederet menu minuman. Menu biasanya disajikan dengan tema, untuk kali ini “Spring Summer Food,” yang telah launching dari bulan lalu dan diperkirakan sampai bulan Agustus. Selain tawaran menu yang menarik, berbagai acara juga disuguhkan untuk para penikmat hiburan. Beragam promo dapat diikuti melalui akun Instagram Cubic Kitchen & Bar, antara lain seperti gratis cocktail sepanjang malam di hari Rabu, permainan dart machine, grill grovin, special musik hip hop dan RNB, stay with Jhonnie di hari Kamis, live musik jazz.

Tidak berhenti sampai di sini, kenyamanan lainnya yang ditawarkan antara lain fasilitas wifi, area parkir yang luas, dan suasana ruangan yang unik serta nyaman dapat membuat anda berlama-lama berkumpul bersama dengan teman-teman di tempat yang beroperasi mulai pukul 17.00 WIB ini. Di bulan puasa nanti, agenda free nobar EURO 2016 akan menjadi event menarik bagi para pecinta bola.

64 - MEI 2016

Page 65: Mymagz edisi mei 2016

SNAPSHOT

WINE AND DINE@ CUBIC KITCHEN AND BAR YOGYAKARTA

- MEI 2016 65

Page 66: Mymagz edisi mei 2016

RELAX

YOGA GANEP

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menuju sehat secara hayati dan jasmani, salah satunya dengan Yoga. Tidak lagi menjadi olah raga ekslusif, kini Yoga dapat dilakukan oleh semua orang. Seperti di Yoga Ganep Solo yang dapat menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan jiwa dan raga.

Menjadi tempat yoga pertama di Solo, Yoga Ganep didirikan oleh Ibu Oeke pada tahun 2000 dan terus berkembang hingga sekarang. Tempat yoga ini memiliki 11 instruktur yoga yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi nasional. Hatha Yoga merupakan aliran yang digunakan oleh para instruktur Yoga Ganep. Jenis aliran ini mengajarkan untuk menyatukan pikiran dan tubuh melalui perpaduan gerakan dan pernapasan.

Di Solo, Yoga Ganep memiliki 3 lokasi, antara lain Balaikambang, Ruang Aula Gereja Santo Antonius Purbayan, dan Roti Ganep Lantai 2 dan 3. Tersedia jadwal yoga pagi dan sore, untuk pagi hari anda bisa datang di hari Selasa sampai Jumat. Sedangkan jadwal sore hari terdapat di hari Senin hingga Rabu.

Menurut salah satu instruktur Yoga Ganep, Ibu Ifa, yoga memiliki manfaat untuk membentuk dan melen-turkan tubuh, mengoreksi cedera, melancarkan pernapasan, meningkatkan konsentrasi, dan manfaat baik lainnya untuk tubuh dan pikiran.

RELAKSASI TUBUH DAN PIKIRAN

66 - MEI 2016

Jl. Sultan Syahrir 176 Tambak Segaran, SoloTel. +62 271 647 559www.rotiganep.co.id

Page 67: Mymagz edisi mei 2016

SNAPSHOT

- MEI 2016 67

@ TAWANGMANGU, JAWA TENGAH

PLANET 21 ACCOR HOTELS REGIONAL DIY, JAWA TENGAH

Page 68: Mymagz edisi mei 2016

SNAPSHOT

68 - MEI 2016

FASHION SHOW HARI KARTINI@ HOTEL THE 101 YOGYAKARTA

Page 69: Mymagz edisi mei 2016

- MEI 2016 69

SNAPSHOT

NOBAR CIVIL WAR@ AMBARRUKMO XXI

Page 70: Mymagz edisi mei 2016

SNAPSHOT

70 - MEI 2016

FESTIVAL KOPI JOGJA 2016@ JEC YOGYAKARTA

Page 71: Mymagz edisi mei 2016

THE PHOENIX HOTEL YOGYAKARTA

Menempati bangunan bersejarah, hotel ini memiliki 144 kamar, restoran, bar, kolam renang, spa, dan fasilitas konferensi.www.mgallery.comJl. Jenderal Sudirman 9, YogyakartaTel. +62 274 566617

ALILA SOLO

Alila Solo menawarkan tempat tinggal yang tak tertandingi serta akses dengan berbagai pemandangan alam, budaya dan potensi bisnis Jawa Tengah.www.alilahotels.comJl. Slamet Riyadi No. 562, Solo, Java Tel. +62 271 6770888

HYATT REGENCY YOGYAKARTA

Suasana dan lokasinya yang terletak di sebelah utara kota Yogyakarta, menawarkan ketenangan dan pemandangan indah dari Gunung Merapi.www.yogyakarta.regency.hyatt.comJL Palagan Tentara Pelajar, YogyakartaTel. +62 274 869123

SOLO PARAGON HOTEL & RESIDENCES

Hotel bintang 4 pertama di Solo yang terhubung dengan pusat perbelanjaan modern dan city-walk dining dalam kawasan Solo Paragon Superblock.www.soloparagonhotel.comJl. Dr.Soetomo, Solo Tel. +62 271 7655888

JAMBULUWUK MALIOBORO

Hotel 144 rooms bintang 4 yang memadukan unsur modernitas dan keramahan budaya lokal dalam setiap detail interior dan pelayanannya.www.jambuluwuk.comJl. Gajah Mada 67, YogyakartaTel. (0274) 585655

HOTE L

- MEI 2016 71

Page 72: Mymagz edisi mei 2016

GRAND ARTOS HOTEL & CONVENTION MAGELANG

Hotel bintang 4 yang menjadi landmark Magelang ini memberikan fasilitas yang lengkap. Terletak di lokasi strategis jalur utama dan mengusung konsep ramah lingkungan, Grand Artos Hotel terkoneksi langsung dengan Artos Mall.www.grandartoshotel.comJl. Mayjen. Bambang Sugeng No.1 Magelang, Jawa TengahTel. +62 293 3218888

HOTE L

de LAXSTON HOTEL

Hotel bintang 3 yang memiliki lokasi strategis dan berdiri di kawasan bisnis yang hanya berjarak 10 menit saja dari sentra belanja Malioboro, menjadikan de Laxston de Laxston Hotel sebagai pilihan favorit. www.de.laxstonhotel.comJl. Urip Sumoharjo No. 139 A YogyakartaTel. +62 274 552552

NEO+ AWANA YOGYAKARTA

Neo+ Awana Yogyakarta yang hadir dengan perpaduan gaya kontemporer dan nuansa Jawa, interior design yang segar dan juga lokasi yang strategis.www.neohotels.com Jl. Mayjen Sutoyo No.52 YogyakartaTel. +62 274 4580111

SAMBI RESORT SPA & RESTO

Atmosfer pedesaan yang kuat dengan nuansa alam pegunungan dan topografinya yang berkelok serta eksotis menjadi keunggulan tersendiri bagi Sambi Resort Spa & Resto Yogyakarta.www.sambiresort.comJl. Kaliurang Km 19.2, Desa wisata Sambi, YogyakartaTel. +62 274 4478777

YELLOW STAR HOTEL AMBARRUKMO YOGYAKARTA

Hotel bintang 3 dengan konsep desain bergaya semi gallery ini, memiliki lokasi strategis yang dekat dengan lokasi ternama seperti bandara Adisucipto, pusat perbelanjaan, Candi Prambanan, dan obyek lainnya. www.yellowstar.co.idJl. Laksda Adisucipto No 23 YogyakartaTel. +62 274 2800 719

72 - MEI 2016

Page 73: Mymagz edisi mei 2016

THE GROVE EXPRESS HOTEL

Dengan desain modern, The Grove Express Hotel dapat menjadi pilihan tepat bagi anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis ataupun berlibur. Terletak di kawasan Timoho, The Grove Express Hotel hadir memberikan kenyamanan dan ketenangan di tengah riuh kota Yogyakarta.www.thegrove-express.com Jl. Ganesha II No. 53 Timoho Yogyakarta Tel. +62274 554333

OMAH KECEBONG GUEST HOUSE

Dibangun dengan konsep Jawa kuno, bentuk joglo yang khas dan suasana pedesaan adalah ciri khas dari guest house yang terletak 7 km dari pusat kota Yogyakarta ini. Omah Kecebong Guest House menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin menenangkan diri dan menghindar dari hiruk-pikuk suasana kota. www.omahkecebong.comSendari (Cebongan) Tirtoadi, Mlati, Sleman, YogyakartaTel. +62 8170290771

h-BOUTIQUE HOTEL YOGYAKARTA

Hotel bintang 3 dengan sentuhan mewah yang identik dengan adat Jawa khususnya Yogyakarta.www.h-boutiquehotel.comJalan Prof. Yohanes No.1 Sagan, YogyakartaTel. +62 274 6429742

HOTE L

GRAGE JOGJA HOTEL

Hotel berbintang 3 yang terletak strategis di area Malioboro ini hadir dengan bangunan baru bergaya modern minimalis untuk para pengunjung.www.gragejogjahotel.comJl. Sosrowijayan 242 Malioboro, YogyakartaTel. +62 274 560125

GRAGE RAMAYANA HOTEL

Hotel yang berlokasi di area malioboro dengan konsep modern minimalist, dekat dengan pusat perbelanjaan, wisata kraton dan stasiun Tugu. Jl. Sosrowijayan 33 Malioboro, YogyakartaTel. +62 274 512928

- MEI 2016 73

Page 74: Mymagz edisi mei 2016

RESTAURANT ,

INDOCHINE BISTROIndochine Bistro menyajikan beragam sajian populer dari French Indochine: Vietnam, Kamboja, dan Laos. Vietnamese beef soup ‘Pho’, fresh summer rolls ‘Goi Cuon’, grilled chicken sandwich ‘Banh Mi’, Cambodian fish “Amok" yang sayang untuk anda lewatkan.

Jl. Seturan Raya (depan Superindo), YogyakartaTel. +62 821 36800500

De GORDO BISTROMengusung konsep casual dining yang nyaman, De Gordo Bistro menyajikan aneka menu otentik masakan western. Bangunan 3 lantai ini dikonsep dengan tata ruang yang terbuka, nuansa dinamis yang diciptakan mampu menampung hingga 100 pengunjung. Buka jam 12.00-24.00 WIB.

Jl. Raya Seturan No 2 YogyakartaTel. +62 82226668268

LOKALOKA BISTRO

Masakan rumahan Prancis (crêpe, quiche, fresh pasta, croque-monsieur, healthy pressed juice & smoothie) hasil olahan kebun istimewa Jogja. OPEN Thursday - Monday: 3pm - 10pm

Jl. Sidomulyo No. 29 Tiyasan, Condongcatur, Depok, SlemanTel. +6281903702133

CAFE & BAR

BAJAK LAUTBajak Laut seafood dan nasi goreng adalah sebuah restoran yang menyediakan aneka menu olahan masakan seafood dengan berbagai pilihan saus. Mulai dari kepiting saus Bajak Laut, kakap saus Padang, udang saus Bajak Laut, dll. Dan tidak lupa varian menu nasi goreng mulai dari nasi goreng ayam, nasi goreng xo, nasi goreng hot plate, dll.Jl. Tunjung KM.5 No.3, Yogyakarta, 55225Tel. +62 274 565572

ESCO RESTAURANTTerletak berdekatan dengan 3 universitas ternama, sehingga menjadikan Esco Restaurant sebagai tempat yang pas untuk meeting maupun tempat hangout dengan sahabat, keluarga dan yang terkasih.

Jl. Pringgodani no. 14, Demangan Baru, Yogyakarta Tel. +62 888 2744714

74 - MEI 2016

Page 75: Mymagz edisi mei 2016

TIPSI “Eat good feel good” ,dekorasi dengan sentuhan penuh kaca dan bernuansa industrial menjadi ciri khas tersendiri bagi Tipsi. Letaknya tak jauh dari pusat kota Yogyakarta dan kawasan mahasiswa memudahkan anda untuk menemukan tempat makan dengan konsep casual dining ini. Berbagai menu Asia dan Eropa pun disajikan dari chef terbaiknya.

Jl. Jalan Kenari No.7, Demangan Baru, Yogyakarta Tel +62 877 3805 3585

SAFFRON RESTO & MEATSHOP

Dengan mengusung konsep Mediteranian, Saffron Restaurant hadir menyapa para pecinta kuliner kota Solo dengan berbagai menu andalannya. Ada egg benedict, omelette ham and cheese dan pancake untuk menemani sarapan anda.

Jl. Ronggowarsito no 38, Kampung Baru, SoloTel. +62 271 648454

CUBIC KITCHEN & BAR

Mengusung konsep fusion kitchen & bar, Cubic Kitchen & Bar hadir dengan menciptakan sebuah ruang interaksi yang hangat untuk anda dengan suguhan interior serba ungu.

Demangan Square Building 3-5, YogyakartaTel. +62 274 540252

SUA COFFEESesuai dengan namanya, SUA Coffee ingin menjadi tempat untuk bersua bersama kerabat, ditemani obrolan hangat dan menikmati secangkir kopi. Buka tiap hari pukul 11.00-24.00 WIB.

Jl. Kenari No 6A Demangan Baru, Yogyakarta

Tel. +62 274 2921350

NEST'CO THE BISTRO

Restaurant ini mengusung konsep welcome kitchen untuk para pengunjungnya yang tak ingin hanya sekedar makan namun juga belajar.

Jl. S. Parman No.53, Kota SemarangTel. +62 24 70707090

RESTAURANT ,CAF E & BAR

- MEI 2016 75

Page 76: Mymagz edisi mei 2016

CANDI BOROBUDUR Candi terbesar yang merupakan peninggalan sejarah dan tercatat sebagai UNESCO World Heritage.Magelang, Jawa Tengah

RAMAYANA BALLET CANDI PRAMBANANNikmati cerita Ramayana di pentas terbuka dengan latar Candi Prambanan yang megah pada malam hari.Jl. Raya Yogya Solo Km. 16 Prambanan, Yogyakarta Tel. +62 274 496402

KERATON YOGYAKARTARasakan kentalnya budaya dan sejarah Keraton. Keraton Yogyakarta merupakan tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur di Yogyakarta.Keraton Yogyakarta, Jl. Rotowijayan 1 YogyakartaTel. +62 274 374500

MUSEUM MERAPILebih mengenal Gunung Merapi lewat Museum yang berada di daerah tinggi yang sejuk ini.Jl. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Sleman,Yogyakarta Tel. +62 274 868405 ext. 1866

TAMAN PELANGIDi taman ini kita bisa melihat pelangi bahkan di malam hari. Lampion aneka bentuk dan warna memanjakan mata. Bermacam-macam wahana permainan juga tersedia.Monumen Jogja Kembali, Jl. Lingkar Utara, YogyakartaTel. +6287839887929

TAMAN PINTARPernah terbayang ada parabola yang bisa berbisik? Atau dinding yang bisa berdendang? Semuanya ada di Taman Pintar.Jl. Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta, Tel. (+62 274 583 713, 583 631

GEMBIRA LOKA ZOOTak hanya bisa mencoba berbagai wahana permainan dan menyaksikan tingkah aneka satwa, di Gembira Loka Anda juga bisa menemukan kadal raksasa, Komodo Dragon.Jl. Kebun Raya 2, Yogyakarta, Tel. +62 274 373 861

MUSEUM SONOBUDOYOMuseum Negeri Sonobudoyo sebagai salah satu Museum yang bersifat umum, yakni memiliki 10 jenis koleksi. Diantaranya adalah koleksi Geologi, Biologi, Arkeologi, Senirupa, Keramologika, dll.Tel. +62 274 376775

KERATON SURAKARTAKeraton Surakarta adalah tempat wisata di Solo yang menjadi primadona di kota Solo. Di Keraton, wisatawan bisa berkeliling menikmati koleksi benda kuno di museum dan berfoto dengan prajurit Penjaga Keraton Surakarta.Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo

ATTRACT I ON

76 - MEI 2016

Page 77: Mymagz edisi mei 2016

KALIURANGMenikmati pesona alam di ujung utara Yogyakarta. Bersentuhan dengan udara sejuk dan meresapi suasana romantis ala nyonya dan meneer Belanda tempo doeloe di Kaliurang yang terletak di kaki Gunung Merapi.Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

KALIADEMKaliadem adalah tempat melihat keindahan Gunung Merapi dan jejak ganasnya letusan gunung itu pada tahun 2006 lalu. Sleman, Yogyakarta

PARANGTRITISNikmati sunset sambil having fun menaklukkan gundukan pasir dengan ATV (All-terrain Vechile) ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis.Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta

SEAFOOD DEPOKPantai Depok menyajikan hidangan ikan segar dan sejumlah hasil tangkapan laut lainnya dalam nuansa khas restaurant pesisir.Depok, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

PANTAI SUNDAKBukan cuma ombak saja yang bisa dinikmati ketika ke pantai, tetapi juga bukti sejarah dan berkah yang ada; misalnya gua karang yang menjadi tempat perkelahian asu (anjing) dan landak.Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta,

PANTAI INDRAYANTISelain menawarkan pesona pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih, Indrayanti juga menawarkan sensasi dinner romantis bertabur bintang di restauran yang terletak di tepi pantai.Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta,

PANTAI SIUNGPantai Siung kaya akan karang-karang raksasa. Tebing karangnya memiliki 250 jalur pemanjatan, juga tempat tepat untuk menikmati panorama pantai. Ada pula karang menyerupai siung wanara yang menjadi dasar penamaan pantai.Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta

PANDAWA WATER WORLD SOLO BARUPandawa Water World Solo Baru menawarkan pengalaman bermain air yang menyenangkan bagi keluarga dengan fasilitas lengkap sehingga cocok untuk semua umur.Jl. Cemara Raya Solo Baru, SukoharjoTel. +62 271 626955

MUSEUM MANUSIA PURBA SANGIRANSebuah museum unik yang mempunyai koleksi berupa fosil-fosil manusia purba. Dengan lebih dari 13,000 koleksi fosil manusia purba, Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum manusia purba yang paling lengkap di Asia.Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen

ATTRACT I ON

- MEI 2016 77

Page 78: Mymagz edisi mei 2016

CITRA ELONikmati sensasi wisata sambil bertualang Citra Elo menyediakan arung jeram, outdoor games (airsoft games, paintball, flying fox), management training dan riverside restaurant. Jl. Raya Mendut - Sendangsono Km 0,2 Progowati, Mungkid, MagelangTel. +62 293 788 435

GOA PINDULTelusuri sungai di dalam gua menggunakan ban pelampung sambil menikmati pemandangann stalaktit dan stalagmit yang indah, anda juga akan disodori dengan legenda pengembaraan Joko Singlulung mencari ayahnya.Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia

GOA JOMBLANGGoa Jomblang merupakan goa vertikal dengan hutan purba yang rapat di dasarnya. Lorong 300 m yang dihiasi dengan ornamen goa akan membawa anda menuju Goa Grubug, tempat di mana bisa menyaksikan cahaya surga.Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

KALISUCIMengarungi sungai bawah tanah menggunakan ban pelampung menjanjikan sensasi tersendiri. Petualangan sesungguhnya dimulai saat aliran sungai memasuki relung gua yang gulita. Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

SUNRISE AT BOROBUDURSaksikan terbitnya mentari dari balik Gunung Merapi serta kemegahan Candi Borobudur di tengah keheningan pagi.

GUNUNG NGLANGGERANGunung Nglanggeran adalah gunung api purba berbentuk bongkahan batu raksasa. Selain dapat menyaksikan sunset & sunrise yang mempesona serta gemerlap Jogja di malam hari.Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

SRI GETHUKTerletak di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan nan hijau, Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Gemuruhnya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang terkenal kering.Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

SEPEDA MALAM ALUN-ALUN KIDULSaat malam, Alun-alun Kidul dipenuhi masyarakat yang mencari hiburan murah. Kerlap-kerlip lampu dari odong-odong yang mengelilingi alun-alun menambah kemeriahan.

PASAR KLEWER SOLOPasar Klewer adalah pusat tekstil terbesar di kota Solo dengan lebih dari 2,000 pedagang yang berjualan setiap harinya. Berlokasi di sebelah alun-alun Solo, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis batik di Pasar Klewer, mulai dari batik buatan dalam negeri, hingga batik buatan luar negeri.Jl. Dr. Rajiman, Gajahan, Surakarta

TAMAN SRIWEDARIDahulu kala, Taman Sriwedari dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Sekarang ini, Taman Sriwedari adalah salah satu tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana.Jl. Slamet Riyadi 275

ACT IV I T Y

78 - MEI 2016

Page 79: Mymagz edisi mei 2016

TRANSPORTATION

ASA TAXI+62 274 545545

CENTRIS TAXI+62 274 7111111 +62 274 4362221

PATAGA TAXI+62 274 384384 +62 274 371725

ALIF TRANSPORTJl. Kaliurang km 5,2 Karang Wuni D 3.A YogyakartaTel. +62 274 7434961

ANNISA TRANSPORTJl. Wahid Hasim, YogyakartaTel. +62 274 7441405

CAHAYA TRANSPORTJl. Tohpati 64 YogyakartaTel. +62 274 7485807

OLIVIA PRATAMA Jl. AM Sangaji 68 YogyakartaTel. +62 274 7163092

EMERGENCY NUMBERS

POLISI: 110AMBULANS : 118PEMADAM KEBAKARAN : 113EMERGENCY : 112PMI : +62 274 379212JIH EMERGENCY : +62 274 4463555

MEDICAL & PHARMACY

JOGJA INTERNATIONAL HOSPITALJl. Ring Road Utara No. 160 Condong Catur, Sleman YogyakartaTel. +62 274 4463535

RS. PANTI RAPIHJl. Cik Ditiro No.30 YogyakartaTel. +62 274 514845

RS. BETHESDAJl. Jend. Sudirman 70 YogyakartaTel. +62 274 586688

AIRLINES

AIRASIAMelia Purosani Hotel, Jl. Suryotomo No. 3Tel. +62 274 557337

GARUDA INDONESIAHotel Inna Garuda, Jl. Malioboro no 60Tel. +62 274 558470 Fax. +62 274 558489

LION AIRBandara Adi SuciptoTel. +62 274 7831919/ +62 274 7872929Fax. +62 274 487850/ +62 274 487883

SRIWIJAYA AIRJl. Sultan Agung No. 54Wirogunan, MergangsanTel. +62 274 414777Fax. +62 274 414700

MONEY CHANGER

PT BARUMUN ABADIAlamat: Natour Garuda Jl. Malioboro 60 YogyakartaTel. +62 274 563314

PT. DOLLAR CENTERJl. Pasar Kembang 85 - 88Tel. +62 274 587648

MARGA VALASJl. Laksda Adisucipto Km. 5Tel. +62 274 582251

$

ESSENT IA L

- MEI 2016 79

Page 80: Mymagz edisi mei 2016

HOTELSGRAND ASTONJl. Urip Sumoharjo

THE 101 YOGYAKARTA TUGUJl. Margo Utomo 103

H BOUTIQUE HOTELJl. Prof. Yohanes No. 1 Sagan

HARPER MANGKUBUMI HOTELJl. Mangkubumi 52

AWANA NEO+Jl. Mayjend Sutoyo 53

GRAGE RAMAYANA HOTELJl. Sosrowijayan 33 Malioboro

GRAGE JOGJA HOTEL Jl. Sosrowijayan 242 Malioboro

HYATT REGENCYJl. Palagan Tentara Pelajar

THE PHOENIX HOTELJl. Jenderal Sudirman no.9

ROYAL AMBARRUKMO YOGYAKARTAJl. Laksda Adisucipto no.81

EASTPARC HOTELJl. Laksda Adisucipto KM6,5

GRAND QUALITYJl. Laksda Adisucipto

JAMBULUWUK HOTELJl. Gadjah Mada no 67

SANTIKA PREMIEREJl. Jenderal Sudirman 19

JOGJAKARTA PLAZA HOTELJl. Affandi, Gejayan

GRAND TJOKRO HOTELJl. Gejayan no 37

HOTEL TENTREM Jl. AM Sangaji

PURI ARTHA HOTELJl. Cendrawasih no 36

SHERATON MUSTIKA YOGYAKARTAJl. Laksda Adisucipto KM8,7

IBIS STYLES HOTELJl. Dagen

IBIS MALIOBOROJl. Malioboro

INNA GARUDAJl. Malioboro

DAFAM FORTUNAJl. Dagen

NOVOTELJl. Jenderal Sudirman

MELIA PUROSANIJl. Mayor Suryotomo no 31

HOTEL MERAPI MERBABUJl. Seturan

CRYSTAL LOTUSJl.Magelang KM 5,2

HARPER MANGKUBUMIJl. Mangkubumi 52

SAMBI RESORTJl. Kaliurang KM 19,2

PLATARAN BOROBUDURDusun Kretek, Borobudur, Magelang

ATRIA HOTELJl. Jendral Sudirman 42, Magelang

GRAND ARTOS AEROWISATAJl. Mayjend. Bambang Sugeng no 1

RESTAURANTOUTLETPIA BAKPIAPIAJalan Kaliurang KM 5,2Jalan Dagen No.9

LOKAL RESTAURANTJl. Jembatan Merah

ROASTER AND BEARJl. Mangkubumi 52

GENDHIS RESTOJl. Dewi Sartika

MYOOZIKJl. Dewi Sartika

HOUSE OF BALCONYPlaza Ambarrukmo

DIXIEJl. Gejayan 40 B

MEDITERRANEAJl. Tirtodipuran 24A

MR CRABJl. Tunjung Baru 3 Baciro

INDOCHINE BISTROJl. Seturan Raya (Depan Superindo)

LOKALOKA BISTROJl. Sidomulyo No.29 Tiyasan, Condong Catur

VIA VIAJl. PrawirotamanAGLIO LIOJl. Prawirotaman

R&B GRILLJl. Wolter Monginsidi no 37

NANAMIA PIZZERIAJl. Moses Gatotkaca B 10-17Jl. Tirtodipuran

IL MONDO PIZZAJl. Garuda no 26, Demangan Baru

TICKLES RESTAURANTJl. Kenari no 4, Demangan Baru

ESCO RESTAURANTJl. Pringgodani no 14, Demangan Baru

CANTING RESTAURANTGaleria Mall Yogyakarta

MARY ANNE ICE CREAM AND RESTOJl. Kebonsari no.2

ABHAYAGIRI RESTAURANTSumberwatu Heritage Resort

PARSLEY BAKERYJl.Kaliurang KM 5,3 A19Jl.Seturan Raya No. 15A SUSHI TEIJl.Affandi No. 9

CAFESTARBUCKSPlaza AmbarrukmoJogja City Mall

KILLINEY COFFEE SHOPJl. Dewi Sartika

CHEZ MOI PATTISERIEJl. Sagan

INDIECOLOGYJl. Candra Kirana no.14

LEGEND COFFEE &PREMIUMJl. Abu Bakar Ali no 24

ARTEMY GELATO ICE CREAMJl. Kranggan no 58Jl. Babarsari

BLACK CANYON COFFEEJl. Babarsari

DUNKIN DONUTSJl. Kaliurang

KAFE COKLATJl. Cik Di Tiro no 19

EPIC COFFEEJl. Palagan Tentara Pelajar no 29

NOX COFFEEJl. Kaliurang KM 5 No.53

LAGANI & CO.Jl. Cendrawasih no.4 & no.8

BABO CAFEJl. Johar Nurhadi, Kotabaru

AWOR GALLERY & COFFEEYAP Square B-11

LARRE TREE HOUSE & SECRET MILK BARJl. Kenari No. 6A, Demangan Baru

CINEMA BAKERYJl. Urip Sumoharjo

KOBAYASHIJl. Urip Sumoharjo

COFFEE NO 27Jl. Pringgodani no 14, Demangan Baru

CUBIC KITCHEN & BAR Demangan Square

MCDONALD'SJl. Laksda Adisucipto Km 6

SKINCARE, SALON & SPAHEMA SALON DAY SPAJl. Cendrawasih no 7

JOGJA HOUSE OF BEAUTYJl. Sagan

YOGYAKARTA

80 - MEI 2016

Page 81: Mymagz edisi mei 2016

D I STR I BUT I ON PO I N TSNATASHA SKINCAREJl. Kaliurang Km 5

LARISSAJl. Reksobayan no 8

MIRACLE AESTHETICJl. Suroto no 3

NAVA GREEN SKINCAREJl. Cendrawasih no 5

RIVINNI SALONJl. Demangan Baru no 12A

OTHERS.IFI LIPJl. Sagan

LIPPO PLAZA JOGJAJl. Laksda Adisucipto

TOURISM INFORMATION CENTREJl. Malioboro

HAPPY PUPPYJl. Ringroad UtaraJl. Seturan Raya

HYPER BOXJl. Babarsari Raya no 15

HELLO F-KTVJl. Seturan Raya

YOGYATOURIUMJl. Gedongkuning Selatan 28A

PLAZA AMBARRUKMOJl. Laksda Adisucipto

GALERIA MALLJl. Jendral Sudirman 99-101

SWARAGAMA FMKompleks Bulaksumur H 5

RADIO QJl. Kaliurang KM 7, Sengkan

HOTELSALILA SOLOJl.Slamet Riyadi No. 562

THE ROYAL SURAKARTA HERITAGEJl.Slamet Riyadi 6

SOLO PARAGON Jl. Dr. Soetomo

NOVOTEL SOLOJl. Slamet Riyadi 272

IBIS SOLOJl. Slamet Riyadi

BEST WESTERN PREMIERJl. Ir. Soekarno, Solo Baru

FAVE SOLO BARUJl. Ir. Soekarno, Solo Baru

THE SUNAN HOTELJl.Ahmad Yani 40

SALA VIEW HOTELJl.Slamet Riyadi 450

GRAND ORCHIDJl. Gajah Mada No 29

ROEMAHKOE HERITAGE HOTELJl. Dr. Radjiman 501

OMAH SINTEN HERITAGE HOTELJl. Diponegoro 34-54

DE SOLO BOUTIQUE HOTELJl. Dr Sutomo 8

POSE INJl. Mayjend Sutoyo 62

LORIN SOLO HOTELJl. Adi Sucipto 47

D'WANGSA HAPJl. Slamet Riyadi 331

HOTEL INDAH PALACEJl. Veteran 284

RIYADI PALACEJl. Slamet Riyadi 335

SAHID JAYAJl. Gajah Mada 82

RUMAH TURIJl. Sri Gading II No 12

CAFE & RESTAURANT HOME CAFE & RESTOJl. Sugiyopranoto No 56

SAFFRON RESTOJl. Ronggowarsito No 38

CAFEDANGANJl. Adi Sucipto No. 7 Manahan

ZEPPELIN CAFEJl. Imam Bonjol No. 12 Keprabon

CAFE 3 TJERETJl. Ronggo Warsito No.97

WEDANGAN RUMAH NENEKJl. Sidoluhur 58 Kampoeng Batik Laweyan

STARBUCKSSolo ParagonThe Park Mall

THE PARK MALLSolo Baru

SOLO RADIOJl. Menteri Soepeno 6, Manahan

HOTELSCIPUTRA HOTELJl. Simpang Lima

CROWNE PLAZA Jl. Pemuda 118

NOORMANSJl. Teuku Umar 27

NOVOTEL HOTEL Jl. Pemuda 123

ASTON HOTEL Jl. MT. Haryono 1

GUMAYA HOTELJl. Gajah Mada

HOLIDAY INN EXPRESSJl Ahmad Yani

GRAND CANDIJl. Sisingamangaraja 16

HOTEL SANTIKA PREMIER Jl. Pandanaran 116-120

@HOM HOTELJl Pandanaran 119

HORISON HOTELJl. KH. Ahmad Dahlan

STAR HOTELJl. MT. Haryono

IBIS HOTELJl Gajah Mada 172

CANDIVIEW HOTELJl Rinjani

CAFE & RESTAURANT THE TAVERNJl. Rinjani no 1

S2Jl Sisingamangaraja

TOKO OENJl. Pemuda

VALLE PIZZA E RESTOJl. Diponegoro 22

SAKAPATAT GARDEN & RESTOJl. Diponegoro 24

SUDOKUJl. Atmodirono

E - PLAZAJl. Simpang Lima

NEST’CO THE BISTRO Jl. S. Parman 53

STARBUCKSParagon MallMall Ciputra

LIND'S CAFEPapandayan

PEACOCK COFFEE Jl. Gajah MadaJl. S. Parman

IRISH COFFEEJl. Veteran

MY KOPI-OJl. Sisingamangaraja 75

MOM MILKJl. Muria 10

LIQUID CAFE Thamrin Square

BABYFACE CLUBJl Puri Anjasmoro E1/8

GOODFELLAS Jl. Gajah Mungkur Selatan 11

BASILIAJl. Teuku Umar 18

SOLO

SEMARANG

- MEI 2016 81

Page 82: Mymagz edisi mei 2016
Page 83: Mymagz edisi mei 2016
Page 84: Mymagz edisi mei 2016