mutu yankes (mdgs 2015)

Upload: candra-dewi

Post on 07-Jan-2016

218 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

YANKES

TRANSCRIPT

  • MENGELOLA MASALAH KEBIDANAN di TINGKAT PEL. KESEHATAN PRIMER CANDRA DEWINATANINGTYAS, S.ST

  • KONSEP PELAYANAN PRIMERmerupakan pelayanan kesehatan essensial yang dibuat dan bisa terjangkau secara universal oleh individu dan keluarga di dalam masyarakat.

    fokus dari pelayanan kesehatan primer luas jangkauannya dan merangkum berbagai aspek masyarakat dan kebutuhan kesehatan.

    peningkatan upaya promotif dan preventif, di samping peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, utamanya penduduk miskin.

  • PHC merupakan strategi yang dapat dipakai untuk menjamin tingkat minimal dari pelayanan kesehatan untuk semua penduduk.

    dimana konsumen pelayanan kesehatan menjadi mitra dengan profesi dan ikut serta mencapai tujuan umum kesehatan yang lebih baik.

    PHC menekankan pada perkembangan yang bisa diterima, terjangkau, pelayanan kesehatan yang diberikan adalah essensial bisa diraih, dan mengutamakan pada peningkatan serta kelestarian yang disertai partisipasi masyakarat dalam menentukan sesuatu tentang kesehatan.

    Sehingga timbullah kesadaran u/ memelihara stiap tingkat perkembangan mereka dalam semangat untuk hidup mandiri (Self reliance) dan menentukan nasib sendiri (self Determination)

  • 1. KEMATIAN IBU DAN BAYI2. PMS3. PERTOLONGAN PERSALINAN OLEH NON NAKES 4. TINGKAT KESUBURAN5. KEHAMILAN REMAJA6. PERILAKU DAN SOSIAL BUDAYA YANG BERPENGARUH PADA PELAYANAN KEBIDANAN DI KOMUNITAS / MASALAH SOSIAL (FAKTOR EKONOMI, FAKTOR BUDAYA, FAKTOR PSIKOLOGIS,FAKTOR BIOLOGIS)

    PENGENALAN MASALAH KEBIDANAN yg. TERJADI di MASYARAKAT

  • Strategi Pemecahan Masalah Pelayanan Kebidanan di Masyarakat

  • Upaya Pemecahan Masalah di Masyarakat dengan Pendekatan SistemPendekatan sistem a/ upaya untuk melakukan pemecahan masalah yang dilakukan dengan melihat masalah yang ada secara menyeluruh dan melakukan analisis secara sistem.

    Pendekatan sistem diperlukan apabila kita menghadapi suatu masalah yang kompleks sehingga diperlukan analisa terhadap permasalahan tadi, untuk memahami hubungan bagian dengan bagian lain dalam masalah tersebut,serta kaitan antara masalah tersebut dengan masalah lainnya.

  • Dalam pendekatan sistem upaya pemecahan masalah scr menyeluruh dilakukan dengan analisa sistem. Analisa sistem a/ proses untuk menentukan hubungan yang ada dan relevansi antara beberapa komponen (subsistem) dari suatu sistem yang ada.Langkah2 yg harus dilakukan dlm suatu analisa sistem yang baik a/ :1. Tentukan input dan output dasar dari sistem.2. Tentukan proses yang dilakukan di tiap-tiap tahap.3.Rancang perbaikan sistem dan lakukan pengujian dengan :Fersibility : cari yang memungkinkan,Viability : kelangsungan, Cost : cari yang nilainya terjangkau,Effectiveness : dengan input yang sedikit, output besar.4.Buat rencana kerja dan penunjukkan tenaga.5.Implementasikan dan penilaian terhadap sistem yang baru.

  • Upaya Akselerasi Pencapaian MDGs 2015

  • MDGs 2015Kepala Negara/Pemerintahan dari berbagai negara telah mengukuhkan komitmen internasional dalam memberantas kemiskinan dan kelaparan di seluruh dunia yang dituangkan dalam :Millennium Development Goals (MDGs) pada KTT millennium PBB yang diadakan di New York pada tahun 2000 lalu.

  • MDGs memuat sejumlah target berikut tolok ukurnya sebagai acuan internasional dalam mencapai target pemberantasan kemiskinan dan kelaparan yang diharapkan bisa dicapai pada tahun 2015.

    Target MDGs mencakup : 1) pemberantasan kemiskinan dan kelaparan ekstrem; 2) pencapaian pendidikan dasar yang universal; 3) promosi kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan; 4) pengurangan tingkat mortalitas anak; 5) peningkatan kesehatan ibu; 6) pemberantasan HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya; 7) pencapaian keberlangsungan lingkungan hidup; dan 8) pengembangan kemitraan global untuk pembangunan.