modul atc autocad 2011

167
1. PEMASANGAN PROGRAM AUTOCAD 20 11 PADA KOMPUTER Pemasangan (installing) program AutoCAD ke dalam hard disk komputer pribadi (PC = Personal Computer) yg akan digunakan untuk menjalankan program tersebut harus memenuhi persyaratan tertentu,dalam hal ini dianjurkan untuk memeriksa terlebih dahulu sistem perangkat keras (hardware) maupun lunak (software) yang telah terpasang. Program autoCAD 2011 hanya dapat dijalankan dibawah Windows XP, Vista atau Windows 7. Perkembangan perangkat keras terus berkembang baik dalam segi kecepatan pemrosesan data maupun tampilan gambar pada layar.Sementara itu pengembangan perangkat lunak (software)juga tak mau ketinggalan dalam memanfaatkan perangkat keras yang ada. Tidak jarang perangkat lunak yang dibuat pada akhir-akhir ini telah menuntut kecepatan akses yang tinggi sehingga terkadang memerlukan memory kerja (RAM =Random Acces Memory) yang besar, tanpa melupakan kemugahan pengopeerasian dari perangkat lunak itu sendiri (unsers friendly). Guna menjalankan program autoCAD 2011 diperlukan persyaratan perangkat keras sebagai berikut: Processor Dual Core minimum 1.40 GHz RAM sebesar 1 GB (direkomendasikan) Hard disk berkapasitas minimum 200 MB (ruang kosong), 64 MB untuk ruang swap minimum dan 50 MB ruang bebas untuk folder sistem CD Rom drive Parallel port digunakan untuk menempatkan hard- lock (sentinel) Mouse

Upload: sardy-tak-sempurna

Post on 16-Sep-2015

62 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

Tutorial mengenai penggunaan autocad di MATC Unmuh Malang

TRANSCRIPT

PEMASANGAN PROGRAM AUTOCAD 2005 PADA KOMPUER

1. PEMASANGAN PROGRAM AUTOCAD 2011PADA KOMPUTER

Pemasangan (installing) program AutoCAD ke dalam hard disk komputer pribadi (PC = Personal Computer) yg akan digunakan untuk menjalankan program tersebut harus memenuhi persyaratan tertentu,dalam hal ini dianjurkan untuk memeriksa terlebih dahulu sistem perangkat keras (hardware) maupun lunak (software) yang telah terpasang.

Program autoCAD 2011 hanya dapat dijalankan dibawah Windows XP, Vista atau Windows 7. Perkembangan perangkat keras terus berkembang baik dalam segi kecepatan pemrosesan data maupun tampilan gambar pada layar.Sementara itu pengembangan perangkat lunak (software)juga tak mau ketinggalan dalam memanfaatkan perangkat keras yang ada. Tidak jarang perangkat lunak yang dibuat pada akhir-akhir ini telah menuntut kecepatan akses yang tinggi sehingga terkadang memerlukan memory kerja (RAM =Random Acces Memory) yang besar, tanpa melupakan kemugahan pengopeerasian dari perangkat lunak itu sendiri (unsers friendly).

Guna menjalankan program autoCAD 2011 diperlukan persyaratan perangkat keras sebagai berikut:

Processor Dual Core minimum 1.40 GHz

RAM sebesar 1 GB (direkomendasikan) Hard disk berkapasitas minimum 200 MB (ruang kosong), 64 MB untuk ruang swap minimum dan 50 MB ruang bebas untuk folder sistem

CD Rom drive

Parallel port digunakan untuk menempatkan hard-lock (sentinel)

Mouse

Plotter atau printer (optional)

Digitizing Tablet (optional)

Sebagai informasi program autoCAD 2011 dibuat dalam 2 versi (peruntukan) yaitu untuk pemakai tunggal (single user) dan pemakai jamak / pemakai dengan sistem jaring (network).

1.1 Pemasangan AutoCAD 2011

Sebelum memasang autoCAD 2011 jalankan terlebih dahulu windows sistemnya. Pada dasarnya pemasangan autoCAD 2011 untuk pemakai tunggal (single user) atau pemakai jamak (single user) adalah sama.Yang membedakan adalah tempat dimana program AutoCAD tersebut akan dipasang,untuk pemakai tunggal sudah tentu pada komputer sendiri sedangkan untuk multi user cukup dipasang di server saja.Berikut ini langkah-langkah cara pemasangan secara umum :

Pemasangan AutoCAD 2011 dapat diikuti pula dengan pemasangan Migrain Assistance (hal ini diserahkan kepada pemasang). Migrain Assitance menyediakan peralatan (tools) dan informasi dalam upaya untuk membimbing para pemakai AutoCAD versi sebelumnya. Dengan pemakaian Migrain Assistance menu, toolbars, gambar dan costom application lainnya dapat dijalankan pada AutoCAD 2011.

1. Start Windows.

2. Hentikan semua program aplikasi yang mungkin masih berjalan di Windows.

3. Masukkan CD Rom program AutoCAD ke dalam CD Rom drive.

4. Dari menu bar Start pilih Run.

5. Pilih dan jalankan msetup dari CD Rom.

6. Selanjutnya ikuti perintah-perintah yang ada,

1.2 Hardware Lock AutoCAD (sentinel)

AutoCAD versi Internasional dilengkapi dengan Hardware Lock, baik untuk pemakai tunggal maupun untuk pemakai jamak (multi users) dengan jaringan LAN (Local Area Network). Hardware Lock ini mutlak harus terpasang pada port parallel (konektor untuk ke printer) yang ada pada komputer. Seandainya hardware lock ini rusak atau tidak dapat berfungsi segera hubungi dealer penjual software AutoCAD, dan kembalikan hardware lock tersebut karena Autodesk akan mengganti dengan yang baru.

Hardware lock untuk AutoCAD ini akan berfungsi bila program AutoCAD dijalankan sedangkan untuk menjalankan program lain dapat tetap sebagaimana biasa, artinya hardware lock AutoCAD ini tidak akan mempengaruhi fungsi dan sistem program lain yang terpasang pada komputer.

Perhatikan!!Hardware lock ini tidak boleh lepas dari port parallel komputer,karena akan berakibat tampilan layar diam dan ada kemungkinan jalannya program terhenti serta data kerap dapat hilang .

Apabila sewaktu bekerja dengan AutoCAD tiba-tiba hardware lock tercabut atau terlepas, Segera simpan data gambar dan berhenti (quit) dari program AutoCAD, kemudian keluar Windows dan matikan segera komputer. Selanjutnya pasangkan kembali hardware lock dengan baik agar tidak terlepas lagi (kencangkan bautnya) dan mulailah kerja kembali sesuai dengan prosedur AutoCAD.

1.2.1 Pemasangan Hardware Lock untuk pemakaian tunggal

4 Matikan komputer dan semua peralatan tambahannya.

4 Pasangkan hardware lock (pada sisi male connector) pada port parallel dari komputer,jika port parallel, kencangkan bautnya, dan pasangkan kembali konektor+kabel printer tersebut pada sisi female connector dari hardwere lock.

4 Jalankan program AutoCAD. Apabila program AutoCAD dapat berjalan artinya pemasangan hardwere lock telah betul dan peralatan tersebut berfungsi dangan baik.

1.2.2 Pemasangan Hardware Lock untuk jaringan Network

Pemasangan hardware lock untuk jaringan network pada dasarnya hampir sama prosedurnya dengan hardware lock untuk pemakai tunggal, bedanya hardware lock ini di pasang pada komputer server. Network Server Lock (NSL) memberikan lisensi dan keamanan untuk modul perangkat lunak yang dipasang kan pada komputer server (SSSM= Security Server Softwere Module). NSL inilah yang perlu dipasangkan pada port paralel komputer server sebelu SSSM dipasang.

Ada dua network yang dapat mendukung AutoCAD : IPX dan NetBIOS. Novell memakai IPX. Windows for workgrops dapat memakai IPX ataupun NetBIOS CATATAN :Untuk lebih jelasnya ikuti buku petunjuk yang dikeluarkan AutoCAD untuk pemasangan pada jaringan network, karena pemasangan program AutoCAD untuk network memerlukan perhatian tersendiri , hal ini disebabkan ada kaitannya dengan sistem softwere LAN yang dipakai.

2. MENGENAL AUTOCAD

Mempelajari AutoCAD sebenarnya tidak terlalu sulit, karena perintah-perintahnya (commands) mudah diingat dan dibuat dalam menu pulldown, pop up, prompt dan juga menu icon yang memudahkan untuk diingat oleh para pemakai AutoCAD.

Pada dasarnya perintah-peerintah dalam AutoCAD berjumlah ratusan macam perintah, akan tetapi yang lazim/sering digunakan relatif sedikit. Perintah-perintah AutoCAD secara lokal diatur untuk dikelompokkan sesuai dengan fungsi dan kemiripan perintahnya.

Draw And Modify Toolbars:

Menyediakan perintah-perintah menggambar dan memodifikasi gambar. Kedua tooibar ini akan muncul pada sisi kiri dan layar monitor sewaktu pertama kali program AutoCAD dijalankan.

Drawing Area :

Tempat untuk menggambar dan menampilkan gambar sesuai dengan kondisi tampilannya. Luas ruang gambar akan semakin kecil bila jumlah flyout toolbar yang di tampilkan lebih banyak. Drawing Area ini bila dialog akan tertutup tampilannya box sedang aktif

Crosshairs :

Merupakan cursor grafik yang bergerak di drawing area cursor ini digunakan juga untuk memilih titi lokasi gambar ataupun obyek gambar.

User Coordinate System (UCS) Icon :

Menampilkan orientasi gambar. Sistem koordinat X, Y, dan (untuk 3D) Z. AutoCAD memiliki World Coordinate system (WCS) yang tetap serta koordinat yang tidak tetap (Moveable) yaitu user coordinate system (UCS).Model Tabs/Layout Tabs :

Penggantian antara model (drawing) space dan paper (layout) space. Dalam menggambar biasanya memekai model space, kemudian mengatur gambar tersebut pada layout (paper space) untuk dicetak (print/plot).

Command Windows :

Menampilkan pesan dan prompt perintah. Pada AutoCAD ada tiga cara memberi perintah yakni :

Memilih perintah dari menu toolbar

Memilih tombol icon yang ada pada toolbar

Mengetikan perintah-perintah pada commad prompt (baris perintah).

Penggunaan AutoCAD diwajibkan selalu membawa pesan-pesan yang ditampilkan pada command windows ini, baik senelum maupun setelah pengetikan perintah dilakukan.

Status bar :

Posisi koordinat cursor dapat dilihat pada coordinate display yang terletak pada pojok kiri bawah dari status bar ini. Status bar juga memuat tombol-tombol pengatur peralatan gambar (drawing aids) yang meliputi : Snap (snap mode), Grid (drawing grid), Ortho (ortho mode), Polar (polar tracking), Osnap (object sanps), Otrack (object snap tracking), Lwt (line weight display), dan Model/Paper (model/paper space toggle).Scroll bar :

AutoCAD menyediakan scroll bar pada sisi kanan dan bawah kanan dari layar, yang gunanya untuk mengatur posisi ruang gambar atau manggeser gambar dalam arah vertikal maupun horisontal.

2.2 Pemakaian Mouse pada AutoCAD

Penggunaan peralatan bantu (pointing devices) pada AutoCAD terutama mouse sangat dianjurkan, karena mempercepat proses menggambar dan memilih perintah-perintah yang dikehendaki oleh pemakai AutoCAD antara lain :

Digitizer dengan 3-,4-,8-, atau 16- tombol (button puck) ;

Trackball :Fungsinya mirip mouse, hanya kebalikan dari mouse letak Bolanya. Bola (trackball) terletak pada sisi atas sedangkan mouse ada pada bagian bawah.

Digitizer atau mouse dianggap merupakan peralatan bantu yang sama (memiliki kemiripan fungsi pada AutoCAD). Biasanya para pemakai AutoCAD lebih mengenal dan terbiasa menggunakan mouse daripada pemakaian digitizer, dengan alasan lebih murah disamping juga sudah merupakan standar minimal pada sebuah komputer yang bekerja dengan Windows.Trackball biasanya terdapat pada komputer-komputer jinjing (notebook), namun pemakaian trackball ini memerlukan kosentrasi dan relatif lebih sukar bila dibanding dengan pemakaian mouse.

Ada dua jenis mouse yang lazim digunakan orang, yakni :

Mouse dengan 2 fungsi tombol (2 buttons) lihat gambar 2. biasanya dikenal dengan nama Microsoft mouse.

Gambar 2

Dan mouse dengan 3 buah tombol,( gambar3)

Mouse ini banyak dan populer digunakan orang adalah mouse dengan fungsi tombol yang juga dapat dijadikan juga sebagai mouse dengan fungsi tombol karena memiliki sakelar (switch) pilihan antara 2 atau fungsi tombol yang terdapat pada mouse jenis ini.

Gambar 3

2.3 Graphic Cursor

Tampilan graphics cursor biasanya ada tiga macam bentuk : crushair, pickbox dan object snap cursor.

Gambar. 4

Crosshairs: Digunakan AutoCAD bila akan menempatkan atau menentukan tepat posisi satu titik dengan memakai peralatan bantu (mouse misalnya). Besarnya crosshairs (nilai default=5) atau diatur melalui menubar Tools, option, kemudian display.

Pickbox: Digunakan AutoCAD bila akan memilih suatu obyek untuk diubah (editing or inquiry).

Object Snap Cursor :Biasanya dipakai bila akan menentukan letak posisi dengan tetap memperhatikan obyek yang lain.

2.4 Menggambar dengan file baru

Sewaktu AutoCAD mulai dijalankan akan menampilkan sebuah Startup seperti dibawah ini.

Gambar. 5

Pada startup terdapat empat pilihan yakni :

Start from scratch: Membuka file baru berdasarkan standar yang dipilih metric (milimeter) atau English (inci)

Open a drawing: Membuka file gambar yang telah ada pada daftar file pada hard disk/disket.Tekan browse untuk melihat nama file pada tempat /direktori yang berbeda.

2.5 Menyimpan file

Untuk melakukan penyimpanan file gambar dapat memakai menu bar file, kemudian pilih save untuk file yang pertama kali akan disimpan atau pilih save as khusus untuk file yang telah ada dan akan disimpan dengan nama lain atau pindah tempat pada direktori yang berbeda. Nama file gambar memiliki nama ekstensi dwg. Bila file gambar telah memiliki nama maka nama file akan tercantum pada tampilan baris paling atas dari layar monitor.

Penyimpanan file dapat pula dilakukan melalui tombol icon dengan gambar disket (perintah seve) selanjutnya pilihlah direktori tempat menyimpan file tersebut.

3. PERINTAH DASAR AUTOCAD

Berikut ini perintah-perintah dasar (Basic Commands) yang terdapat pada AutoCAD dan akan sering digunakan dalam menggambar.

Line : Membuat gambar garis

Undo: Pembatalan perintah yang sudah berjalan (pada kondisi tertentu bisa juga perintah yang sedang berjalan) .

Circle:Membuat lingkaran

Save

: Menyimpan file

Arc

: Membuat gambar busur

Open

:Membuka file

Redraw

: Penggambaran ulang (dilakukan oleh komputer)

Close

: Menutup file yang sedang dibuka

Esc

:Membatalkan perintah yang sedang berjalan

Regen

:Regennerate seluruh gambar yang tampil dilayar termasuk indeksnya

3.1 Perintah Line (menggambar garis)

3.1.1. Perintah menggambar garis (Command line) cukup menuliskan kata line atau bahkan cukup dengan ketikan huruf l saja pada CommandPrompt. Setiap penulisan perintah selalu diakhiri dengan menekan tombol Enter space bar pada papan tombol (keyboard). Perintah dalam AutoCAD disamping diketikkan padaa command prompt dapat diberikan pula melalui tombol icon yang telah tersedia, berikut contoh untuk menggambar garis (line).

Pilih tombol icon dengan menekan tombol mouse l atau dapat juga ketikan langsung pada command prompt.

Command: Line atau l

From point: Masukkan titik l (koordinat x,y) atau cukup tekan tombol mouse l.

To point: Masukkan titik 2 (koordinat x,y) atau cukup tekan tombol mouse l.

To point: Untuk mengakhiri tekan enter atau tombol mouse 2 kemudian pilih enter pada dialog box yang muncul.

Untuk membuat garis, cukup dengan memasukkan dua titik atau lebih. Tekan tombol mouse l setelah posisi awal garis ditentukan kemudian tentukan akhir garis dan tekan kembali tombol mouse l.

3.1.2. Perintah line dan mambuat tiga garis yang bersambung.

Command: line

From point: (tentukan sendiri)

To point: (tentukan sendiri)

To point: (tentukan sendiri)

To point:

Mengakhiri perintah line tekan Enter (Escape) pada papan tombol atau dapat juga dengan menekan tombol mouse sebelah kanan (button 2 pada mouse) disamping tombol space bar. Bila ingin membatalkan perintah membuat garis yang kedua (to point) cukup mengetikkan u (undo=perintah pembatalan).

Perhatikan: Fungsi tombol Esc (Escape) juga berarti membatalkan perintah yang telah/sedang dijalankan.

Untuk menghubungkan titik akhir (titik ke n) dengan titik awal cukup mengetikkan huruf C (close) kemudian tekan Enter.3.2 Perintah Circle (menggambar lingkaran)

Menggambar lingkaran gunakan perintah Circle. Ketikan Circle atau cukup C saja pada command prompt dan akhiri dengan enter.

Command: Circle

Circle3P/2P/TTR/:

Tempatkan cursor pada lokasi titik pusat limgkaran yang akan dibuat,dan tekan tombol mouse l kemudian geser posisi cursor dengan jarak (r) tentukan dan akhiri dengan menekan tombol mouse l kembali untuk mengakhiri perintah circle.

Cara lain adalah dengan menuliskan besarnya radius lingkaran yang akan dibuat, secara lengkap akan ditemui perintah sebagai berikut:

Command:Circle

Circle3P/2P/TTR/:Diameter/:

Perhatikan : Perintah dengan menekan huruf c (circle) pada command prompt akan berbeda dengan c (close) pada perintah l (line)

Perintah Circle 3P- option adalah perintah lingkaran dengan menentukan tiga titik pada garis lingkaran.

Perintah Circle 2P- option adalah perintah lingkaran dengan melalui dua titik; dimana titik akhir merupakan endpoints dari diameter lingkaran.

Perintah circle denganTTR(tangent-tangent Radius) option adalah dengan mendefinisikan tangent lingkaran dua obyek dan radiusnya.

3.3.Perintah Arc (menggambar busur atau garis lengkung)

Menggambar busur (arc) dengan jalan memakai perintah Arc yaitu dengan jalan mengetik Arc atau ketik huruf a pada commend prompt sebagai berikut:

Command: Arc atau a

Center/:

Center/End/:

End point:

Menggambar busur melalui 3(tiga) titik seperti diatas merupakan default perintah dari tombol icon yang terdapat pada layar monitor. Busur dapat digambar dengan berbagai cara/prosedur, AutoCAD menyediakan 11(sebelas) cara dalam menggambar busur lihat tombol icon dibawah:

3.4.Perintah Erase (menghapus gambar/obyek)

Perintah menghapus (erase command); perintah ini sering digunakan dalam menghapus atau menghilangkan obyek gambar yang terdapat pada layar tampilan.

Cara memberi perintah menghapus cukup dengan mengetik erase atau hapus e saja atau dengan jalan memilih icon erase dan menekan tombol mouse l.

Command: erase atau e

Select objects: (Pilih obyek gambar yang akan dihapus)

Perhatikan yang terjadi pada croshair cursor berubah menjadi pickbox cursor, bawalah pickbox cursor ini ke obyek yang akan dihapus dan tekan tombol mouse l, obyek yang akan dihapus akan berubah jenis/tipe garisnya (misalnya dari garis kontinyu menjadi garis setrip-setrip). Penghapusan obyek dapat dilakukan terhadap beberapa obyek gambar sekaligus, setelah selesai memilih obyek akhir dengan enter atau tombol spasi atau tombol mouse 2.

3.5.Perintah Undo (pembatalan perintah)

Perintah-perintah yang telah diakhiri dengan enter / space bar (tanda aelesainya satu tahap perintah), apabila ingin membatalkan perintah-perintah yang telah berlaku tersebut, dapat memanfaatkan perintahUndo. Perintah undo ini akan membantu para pemakai AutoCAD yang telah melakukan kesalahan dalam menggambar sehingga kesalahan tersebut dapat diperbaiki saat itu juga.

Perintah pembatalan ini dapat diberikan dengan mengetikkan undo atau cukup huruf u saja kemudian tekan enter.peringatan undo ini dapat membatalkan perintah sekaligus yakni dengan memasukkan nomor langkah perintahtertentu dengan hitungan mundur artinya dimulai dari perintah paling akhir adalah nomor 1 dst.

Bila hanya huruf u yang diketikkan berarti hanya membatalkan satu perintah yang telah berakhir sebelumnya. Perintah ini tetep akan berfungsi terus bila enter ditekan berkali-kali yang berarti juga membatalkan perintah secara satu demi satu.

4. SISTEM KOORDINAT PADA AUTOCAD

AutoCAD menggunakan sistem koordinat Cartesian dan koordinat tersebut dibagi dalam 4(empat) kwadran yang orientasi titik mula (0,0) dimana x = 0 dan y = 0 berada ditengah-tengah sumbu pusat dari sebuah lingkaran. Masing-masing kwadran memiliki sudut sebesar 90 .

AutoCAD mengenal dengan sebutan World Coordinat

System (WCS). Sistem ini dapat digambarkan misalnya

Sumbu x adalah arah horisontal layar monitor sedang

Sumbu y adalah arah vertikal layar monitor dan sumbu

Z (bila bekerja dengan 3D) adalah tegak lurus terhadap

Sumbu x dan y (ke arah pemakai komputer).

Disamping WCS, AutoCAD juga mengenal koordinat pemakai (User Coordinate system:

UCS). Dalam sistem ini pemakakaian dapat menentukan lokasi dan orientasi titik mula misalnya x-y dan arah koordinatnya dapat pula diubah sesuai dengan keperluan pemakaian.

Untuk mengetahui sistem apa yang sedang berlaku pada kertas/layar kerja AutoCAD dapat dilihat pada pojok kiri bawah. Apabila informasi yang terdapat pada Coordinate

icon tertera huruf W berrarti koordinat yang dipakai adalah WCS, sedangkan bila menampilkan huruf U berarti koordinat UCS yang sedang digunakan.

Dalam gambar pandangan 2D (baca: dua dimensi) biasanya dikenal sumbu x-y, yang artinya sumbu x arah horisontal dan sumbu y arah vertikal. Titik pertemuan dari kedua sumbu tersebut disebut titik nol (0,0).

Jenis koordinat yang dipakai dalam menggambar AutoCAD :

~Koodinat Absolut Cartesian (Absolutes Cartesian Coordinates) = berdasarkan dari

titik mula (origin point).

~Koordinat Relatif Cartesian (Relativ Cartesian Coordinates) = berdasarkan

masukkan titik akhir.

~Koordinat Polar Absolut (Absolute Polar Coordinates) = berdasarkan jarak titik dan

sudut dari titik mula.

~Koordinat Polar Relatif(Relative Polar Coordinates) = berdasarkan masukkan jarak

dan titik sudut yang terakhir.

Dari keempat sistem koordinat tersebut diatas hanya koordinat polar absolut yang jarang digunakan.

Contoh aplikasi koordinat cartesian pada AutoCADPenggunaan koordinat cartesian absolut.

Gunakan perintah : Draw line,

Command: line

From point: 30,30 (Ttk 1);

To point: 30,60 (Ttk 2);

To point: 60,60 (Ttk 3);

To point: 60,30 (Ttk 5);atau ketikkan c = close;

Akhiri perintah dengan menekan enter / space bar.

Penggunaan koordinat cartesian relatif

Gunakan perintah : Draw line

Coommend line

From point: masukkan sembarang titik pada layar (Ttk 10);

Too point: @40,0 (Ttk 2);

Too point: @0,40 (Ttk 3);

Too point: @-40,0 (Ttk 4);

Too point: c=close (Ttk 5);

Akhiri perintah dengan menekan enter / space bar.

Penggunaan koordinat polar relatif

Gunakan perintah : Draw line

Commant: line

Specify first point:masukkan sembarang titik (Ttk 1);

Specify next point or [Undo]: @50