metro sawiran maret 2009

8
MAR 2009 metrosawiran www.cusawiran.org APA yang ditunggu dan dilakukan anggota saat RAT Sawiran tiba? Hasil survei menunjukkan berbagai macam keunikan motivasi yang semuanya begitu indah: 1. ingin curhat dan mengungkapkan keluhan-keluhannya terhadap apa yang sudah dialaminya bersama CU Sawiran 2. ingin bertanya, meminta kejelasan atau klarifikasi tentang apa saja yang ada di laporan di Buku RAT 3. ingin sumbang saran, pemikiran, kritik, ide, gagasan buat kebaikan CU Sawiran di masa yang akan datang 4. ingin mendapatkan informasi2 penting yang terbaru dari pengurus, pengelola dan anggota yang lain 5. ingin silahturahmi, kumpul bareng, bertemu melepas kangen di antara sesama anggota yang hanya 1 kali setahun. 6. ingin meme- riahkan pesta, datang bersama keluarga, menikmati hidangan, hiburan, hadiah dan souvenir. “Rumah saya jauh,” kata Mas Nono seorang anggota yang berasal dari Batu. “Setiap RAT saya selalu mengajak anak dan istri saya. Saya senang suasananya, bikin saya tidak minder. Kami merasa enjoy, saya merasa diperhatikan, dan sungguh-sungguh merasa bagian dari CU Sawiran.” Bapak Joko seorang anggota yang paham betul seluk beluk keuangan terpanggil untuk mengkritisi laporan keuangan. Tidak tanggung- tanggung ada 4 halaman analisa yang dibuat. CU Sawiran sangat berterima kasih kepada Bapak Joko karena dibantu beberapa pemikiran untuk menyempurnakan kebijakan keuangan lembaga di masa yang akan datang. Ada beberapa anggota yang ingin meminta kejelasan dan mengkoreksi tentang data SHU. Tidak ada harga mati untuk meminta kejelasan dan koreksi. Kami terbuka untuk permintaan dan masukan itu. Karena yang ingin kita capai dalam RAT adalah bagaimana memberikan yang terbaik kepada lembaga dengan dijiwai semangat kebaikan dan berpikir positif sehingga mendorong tercapainya visi lembaga kita. Terima Kasih untuk Bapak Joyo dan Ibu Sri dan atas pemikiran kritisnya. Dan terima kasih juga untuk semua anggota yang begitu bersemangat dan bergairah menyongsong tahun 2009. Tetap bersemangat! RAPAT ANGGOTA TAHUNAN XV Bukti CU Sawiran Sungguh Milik Anggota Ibu Kartini, anggota TP Tosari sangat antusias, beliau hadir RAT paling awal, jam 7 pagi.

Upload: adhiwijaya-fx

Post on 07-Mar-2016

241 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

Buletin Sawiran Credit Union

TRANSCRIPT

Page 1: Metro Sawiran Maret 2009

MAR 2009

metrosawiranwww.cusawiran.org

ApA yang ditunggu dan dilakukan anggota saat RAT Sawiran tiba? Hasil survei menunjukkan berbagai macam keunikan motivasi yang semuanya begitu indah:

1.ingin curhat dan mengungkapkan keluhan-keluhannya terhadap apa yang sudah dialaminya bersama CU Sawiran

2.ingin bertanya, meminta kejelasan atau klarifikasi tentang apa saja yang ada di laporan di Buku RAT

3.ingin sumbang saran, pemikiran, kritik, ide, gagasan buat kebaikan CU Sawiran di masa yang akan datang

4.ingin mendapatkan informasi2 penting yang terbaru dari pengurus, pengelola dan anggota yang lain

5.ingin silahturahmi, kumpul bareng, bertemu

melepas kangen di antara sesama anggota yang

hanya 1 kali setahun.

6.ingin meme-riahkan pesta,

datang bersama keluarga, menikmati

hidangan, hiburan, hadiah dan souvenir.

“Rumah saya jauh,” kata Mas Nono seorang anggota yang berasal dari Batu. “Setiap RAT saya selalu mengajak anak dan istri saya. Saya senang suasananya, bikin saya tidak minder. Kami merasa enjoy, saya merasa diperhatikan, dan sungguh-sungguh merasa bagian dari CU Sawiran.”

Bapak Joko seorang anggota yang paham betul seluk beluk keuangan terpanggil untuk mengkritisi laporan keuangan. Tidak tanggung-tanggung ada 4 halaman analisa yang dibuat.

CU Sawiran sangat berterima kasih kepada Bapak Joko karena dibantu beberapa pemikiran untuk menyempurnakan kebijakan keuangan lembaga di masa yang akan datang.

Ada beberapa anggota yang ingin meminta kejelasan dan mengkoreksi tentang data SHU. Tidak ada harga

mati untuk meminta kejelasan dan koreksi. Kami terbuka untuk permintaan dan masukan itu.

Karena yang ingin kita capai dalam RAT adalah bagaimana memberikan yang terbaik

kepada lembaga dengan dijiwai semangat kebaikan dan

berpikir positif sehingga mendorong tercapainya

visi lembaga kita. Terima Kasih untuk Bapak Joyo dan Ibu Sri

dan atas pemikiran kritisnya.Dan terima kasih juga untuk semua

anggota yang begitu bersemangat dan bergairah menyongsong tahun 2009. Tetap

bersemangat!

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN XV

Bukti CU Sawiran Sungguh Milik Anggota

Ibu Kartini, anggota TP Tosari sangat antusias, beliau hadir RAT paling awal, jam 7 pagi.

Page 2: Metro Sawiran Maret 2009

metrosawiran�

salampenasehat Pengurus CU Sawiran | penanggung jawab Kokok Budianto | redaktur pelaksana Ibe Octaviano - Vivi Damayanti - Yohana Maria | alamat Ruko Sawojajar - Jl. Danau Toba A2 Sawojajar - Malang, Telp 0341 716316, Fax. 0341 716317 | iklan 0341 716316 e mail [email protected] | rekening BCA an. CU Sawiran No. 316 310 2214 layout cetak AXA Creative Design, 0341 77 123 24 | 081 555 20 124 isi diluar tanggung jawab percetakan

KepompongHAmpir setengah tahun Buletin Sawiran tidak terbit. Saat-saat tersebut dipakai sebagai sarana refleksi dan introspeksi bagi anggota redaksi. Ibarat ulat yang akan berubah menjadi kupu-kupu, waktu setengah tahun tersebut merupakan saat-saat redaksi menjadi kepompong. Saat bertapa, saat merenung. Dan, kini kupu-kupu itu telah lahir dengan warna dan dandanan baru.

Buletin Sawiran kembali bernama Metro karena nama itu mudah disebut dan popular. Masih dengan semangat untuk melayani masyarakat lewat tulisan-tulisan yang mendorong orang untuk mandiri dalam merencanakan dan menata keuangan pribadi dan keluarga, mari kita tumbuhkan budaya baca.

Sungguh, dengan membaca, pengetahuan kita tak terbatas cakrawala.

Di hadapan semua anggota CU Sawiran dalam setiap pelaksanaan RAT XV di masing-masing TP, Bapak Kokok Budianto (General Manager CU Sawiran) menjelaskan visi dan misi baru CU Sawiran. Visi CU Sawiran ialah menciptakan pertumbuhan lembaga yang berkualitas. Adapun misi untuk mencapai visi tersebut ialah: (1) meningkatkan kualitas SDM dan (2) meningkatkan kualitas asset, layanan, dan bisnis.

Demi peningkatan kualitas, CU Sawiran melakukan perubahan struktur manajemen. Semua itu dilakukan semata-mata demi semakin baiknya pelayanan kepada anggota. Ada 3 manajer baru yaitu: manajer operasional, manajer kredit atau account officer (AO), dan manajer pengembangan SDM.

3 PILAR CU“Sekarang ini jumlah calon anggota pasti sudah mencapai

4 ribu, sedangkan peserta tabungan umum mencapai 7 ribu. Jumlah yang amat besar,” tutur Bapak Budi. Namun, bukan kuantitas yang terpenting dalam penyelenggaraan sebuah lembaga keuangan. Bapak Budi justru menekankan pentingnya peningkatan kualitas anggota, lembaga, dan SDM-nya.

Hal tersebut sejalan dengan 3 pilar Credit Union yaitu: (1) pendidikan, (2) solidaritas (kesetiakawanan), dan (3) keswadayaan. Pilar pendidikan selalu dijalankan oleh CU terhadap anggotanya. CU Sawiran selalu mengajak anggota untuk mengembangkan asset melalui kegiatan setia menabung. Bahkan, lembaga ini juga menerbitkan bulletin Metro Sawiran sebagai media informasi dan pendidikan angota.

Pilar solidaritas membedakan CU Sawiran dengan Bank, BPR, atau koperasi lain. “Dengan menabung atau berinvestasi di CU, kita telah membantu anggota lain. Jadi, jika ada anggota memakai fasilitas pinjaman di CU, bukan lembaga yang menyediakan dananya, tetapi justru anggota lainnya,” begitu tegas Bapak Budi. Sehingga, jika ada anggota sengaja mengingkari kepercayaan yang diberikan kepadanya, misalnya dengan tidak melaksanakan kewajibannya, anggota itu telah menyakiti hati anggota lain. Ini tidak boleh terjadi.

KETERBUKAAN KEKELUARGAAN”Jika anggota memiliki hambatan untuk membayar

angsuran, sebaiknya datang ke kantor. Jangan lantas melarikan diri, ” kata Bapak Budi, ”CU Sawiran bersifat terbuka kekeluargaan. Segala masalah dapat diselesaikan bersama. Dicari solusi terbaik.”

Bapak Budi mengingatkan bahwa semangat kekeluagaan ini penting, karena CU Sawiran ini milik anggota, bukan miliki pengurus atau manajemen. Mati hidupnya CU amat bergantung kepada komitmen anggota. Salah satu komitmen itu adalah bagaimana meningkatkan modal sendiri, bagaimana meningkatkan keswadayaan. ”Di Tosari uang yang berputar di anggota mencapai Rp 5 milyar. Dari sekian itu dana anggota berjumlah Rp 2 milyar. Artinya, Rp 3 milyar adalah dana pihak ketiga. Padahal setiap dana pihak ketiga tentu ada biayanya. Nah, biaya-biaya seperti itu akan mengurangi jumlah SHU. Kita harus berjuang meningkatkan jumlah modal sendiri agar kita sungguh-sungguh mandiri,” ungkap Bapak Budi.

Kokok Budianto (General Manager CU Sawiran):

Yang Penting Kualitas, Bukan Hanya Kuantitas

Page 3: Metro Sawiran Maret 2009

kilasmetro

�maret2009

Kantor Pusat Km 6, Nongkojajar Pasuruan Tel. (0343) 7735535 Fax. (0343) 499303

PasuruanNongkojajar Km 6, Nongkojajar Pasuruan Tel. (0343) 7735535 Fax. (0343) 499303

Tosari Pasar Tosari - Pasuruan Tel. (0343) 571060

Malang RayaLawang Ruko Diponegoro Blok B - Lawang Tel. (0341) 422010 Fax. (0341) 422009

Kepanjen Jl. Raya Sumedang 1 Tel. (0341) 393062

Blimbing Jl. L.A. Sucipto 46 Tel. (0341) 474768

Dinoyo Jl. MT. Haryono 167 Kav.1 - Dinoyo Tel. (0341) 577639 Fax. (0341) 558764

Sawojajar Ruko Sawojajar Jl. Danau Toba A2 Tel. (0341) 711375 Fax. (0341) 716317

Batu Jl. A.Yani - Batu

ProbolinggoSukapura Jl. Raya Ngadisari - Sukapura Tel. (0335) 541178

BlitarWlingi Jl. Urip Sumoharjo 119 Beru - Wlingi Tel. (0342) 695617

websitewww.cusawiran.org

[email protected]

hotline(0341) 477777

sawiran entrepreneur community:

Sahabat Usaha AnggotapADA saat RAT, anggota CU pasti melihat sesuatu yang baru yang ditampilkankan CU Sawiran. Ya, ketika itu CU Swiran menampilkan profil usaha anggota dalam Slide yang ditampilkan saat RAT. Profil tersebut berupa Foto Anggota berserta usahanya, nama usaha, berikut nomor telepon yang bisa dihubungi. Suatu terobosan yang sangat baik.

“Usaha saya jadi lebih dikenal oleh anggota lain”, ungkap salah satu anggota yang profilnya ditampilkan.

Memang CU Sawiran berusaha selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru untuk anggotanya. Profil tersebut akan dilihat oleh ribuan orang anggota sehingga akan lebih dikenal dan menjadi referensi bagi anggota lain yang memerlukan produk / jasa yang diperlukan.

Menampilkan produk/jasa/usaha anggota pada saat RAT adalah salah satu bagian dari program Sawiran Entrepreneur Community (SEC) yang mempunyai misi mendukung angota CU mengembangkan usaha anggotanya.

“Saya sungguh bangga melihat usaha saya ditampilkan, jadi seperti iklan,” kata salah seorang anggota.

“Saya jadi lebih mengenal anggota-anggota CU lain yang berkunjung ke toko saya”

Profil /produk anggota nantinya tidak hanya ditampilkan dalam RAT, namun akan diberikan iklan baris secara gratis pada

bulletin (METRO), dan ke depannya akan ditampilkan pula pada website CU Sawiran.

CU Sawiran juga akan melibatkan anggota dalam acara-acara bazaar maupun pameran. Intinya CU Sawiran berusaha memperkenalkan usaha, karya, dan produk para anggota kepada masyarakat luas. Anggota CU Sawiran kelak bukan hanya pemilik pasif CU Sawiran, tetapi aktif terlibat, berkomunikasi satu dengan yang lain, saling mengetahui usaha masing-masing. Jaringan yang terbangun ini diharapkan berdampak pada kemajuan usaha dan peningkatan penghasilan para anggota. ”Dukung kami ya,” begitu kata salah seorang staf manajemen kepada METRO.

pelayanan kepada anggota dan calon anggota. Salah satu pola kebijakan itu adalah deregulasi calon anggota. Untuk menjadi anggota cukup menjadi calon anggota selama 2 bulan saja, tidak 4 bulan seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, kualitas anggota tetap menjadi perhatian.

Di samping itu pengurus berusaha meningkatkan modal sendiri. Peningkatan modal sendiri itu dilakukan dengan cara menyisihkan 50% deviden dan menambahkan simpanan kapitalisasi pada saham. Simpanan sukarela yang selama ini ada akan dipindahkan ke Simpanan Kapitalisasi yang merupakan simpanan saham, yang artinya tidak dapat diambil selama menjadi anggota, namun akan menambah SHU. Atau, anggota boleh memindahkan Simpanan Suka Relanya ke produk SIHARTA (Sibuhar Anggota) yang akan mendapatkan bunga harian dan dapat digunakan sebagai jaminan apabila mengajukan fasilitas pinjaman. Anggota diberi kebebasan menentukan pilihannya.

Dan, yang tak kalah penting pengurus dan tim manajemen berkomitmen untuk meningkatkan kualitas asset dengan pencegahan kredit bermasalah dan monitoring kredit.

Dari RAT XV CU Sawiran:Deregulasi Calon Anggota

BANyAK manfaat yang dapat dipetik dari setiap Rapat Anggota Tahunan. Di samping RAT selalu menjadi ajang bertemu dan berkomunikasi antar anggota serta anggota dengan pengurus, RAT juga berfungsi untuk mengajak anggota terlibat aktif memberikan sumbangan pemikiran demi kemajuan CU. Karena itu, seminggu sebelumnya buku berisi laporan pertanggung jawaban tersebut sudah dibagikan kepada anggota untuk dibaca dan dipelajari. Dengan demikian pada saat RAT berlangsung para anggota sudah siap memberikan tanggapan dan sumbangan pemikiran kepada pengurus dan pihak manajemen.

Pola Kebijakan BaruPada RAT XV kali ini banyak pola kebijakan baru sebagai

bentuk upaya pengurus dan pihak manajemen meningkatkan

Page 4: Metro Sawiran Maret 2009

SAULi poultry Shop & pertanianRansum, obat-obatan, alat pertanian & peternakan Jl. Raya Kesamben no 5 BlitarTelp. 0342-331116muklis pSRental, Service, Tukar Tambah & Jual Beli PSJl. A. Yani Kesamben Blitar Telp. 0812 331 4387Garansi Service, Bonus Games, TasmediaService Handphone & SparepartJl. A. Yani Timur SMEA Pemuda Telp. 085649543999, 0812 331 03671Widia JayaSedia Buah Lokal & ImportPasar Wlingi Kios no 4 dari TimurTelp. 081 334 764109Sapulidi Wedding CardBerbagai macam dan model undangan pernikahanJl. A Yani Kesamben BlitarTelp. 081 233 55064Toko Bu SuwartiSedia Cengkeh, Kopi, Coklat Terminal Pasar Wlingi Los 37Telp. 0812 598 4698Sriwijaya plastikMenyediakan Perabot rumah tangga dllJl. Wirabumi 20 Wlingi Telp. 0342-691209Sriwijaya TextilMenerima Pesanan Seragam SD, SMP & SMAJl. Bromo 6 Wlingi Telp. 0342-691041mr StikerMelayani pesanan stiker partai & eceranJl. Merapi Darungan Babadan - WlingiTelp. 081 334 153 954iquadesDepot air minum isi ulangJl. Merapi Darungan Babadan - WlingiTelp. 0342-774 6675

metrosawiran�

Kenapa Anda tidak memulai usaha dari dan di rumah sendiri?

Banyak keuntungan yang Anda peroleh dari usaha yang Anda mulai dan lakukan di rumah:

Penghematan modal, karena usaha dilakukan di rumah sehingga tidak perlu biaya untuk menyewa tempat. Memudahkan pengawasan, Anda dapat memonitor usaha anda sewaktu-waktu karena usaha berada di rumah. Relatif lebih mudah dikontrol, Anda dapat memantau apa saja yang terjadi karena dapat lebih mudah dijangkau.

Waktu yang fleksibel, kegiatan usaha dapat dilaksanakan & disesuaikan dengan kegiatan lain. Menjadi bos untuk diri sendiri , mengatur usaha sesuai dengan impian dan harapan Anda. Bebas PHK, karena anda pemilik usahanya.

Oke saya sudah memutuskan usaha di rumah sendiri. Lalu modalnya dari mana?

Dana yang dimiliki sendiri:Tabungan, apabila anda memiliki tabungan yang bisa digunakan untuk usaha.Penjualan barang berharga, misalnya emas, perhiasan, dan lain-lain.

Keluarga, apabila secara kekeluargaan, pinjaman mungkin bisa lebih fleksibel.Penarikan dana lewat kartu kredit, ini sebaiknya dilakukan sebagai cadangan saja. Penarikan cash advance lewat kartu kredit memang mudah dan cepat, tapi ada bunga tinggi dan fee-nya akan menguras kantong.Lembaga keuangan, seperti CU Sawiran, yang pasti mendukung Anda apabila pinjaman anda digunakan untuk usaha yang produktif.

BANyAK orang (mungkin juga Anda termasuk di dalamnya) ingin mempunyai usaha, tapi bingung mau dilaksanakan dari dan di mana.

Membangun Usaha di Rumah: Kenapa Tidak?

SAyA BUKTiNyA!! KApAN giLirAN ANDA??Devi Amalia : Turun 10 kg, 2 bln 2 minggu

Perum. Bumi Mondoroko Raya Blok AI-17 Singosari, Malang

Call Center

Malang

Utara & Timur: (0341) 732.5485, 081.6470.1205

Selatan & Barat: (0341) 774.9785, 081.252.368.33

GARANSI 30 HARI UANG KEMBALI

Turun berat badan 5-30 kg.

Bebas makan kesukaan.

Alami tanpa efek samping.

Stamina lebih prima dan bugar, berat badan turun dan tidak naik lagi.

Konsultasi & pemantauan hingga berhasil.

Coba produk

rp 14.000,-

Free: Pengecekan

kadar lemak

Tersedia pilihan rasa:

strawberry vanilla chocholate

Page 5: Metro Sawiran Maret 2009

�maret2009

metrosolusi

Apa Saja Jenis SIBUHAR?Halo Metro Sawiran. Saya dengar ada beberapa jenis Sibuhar di CU Sawiran ya? Supaya tidak bingung memilih, jelaskan dong, ada berapa macam Sibuhar dan apa kelebihannya. (Santi – Wlingi)

Konsultasikan masalah keuangan Anda, atau cari tahu tentang CU Sawiran dengan mengirim surat pada:- kantor: TP terdekat - telepon: 0341 716316, - fax. 0341 716317 - e mail: [email protected]

angota

aset

vol. kredit

keuanganAsset Rp. 47.216.244.248

Equity Rp. 13.574.794.272

Liability Rp. 46.302.029.431

Volume Kredit Rp. 34.191.268.276

Kredit Berisiko Rp. 1.175.120.928

Dana Risiko Kredit Rp. 1.405.718.210

Dana Cad. Umum Rp. 1.826.212.609

ratioCAR 28,75% min 20%

LDR 109,40% min 75%

NPL 3,44% max 5%

Pertumbuhan Kredit -0,09% min 10%

Pertumbuhan Anggota 0,65% min 10%

Pertumbuhan Asset -0,04% min 10%

statistikJumlah Anggota 3.544

Perempuan 1.590

Laki-laki 1.954

Calon Anggota 4.662

Penyertaan Modal 4.428

TOTAL yANg DiLAyANi 12.634

HALO juga Mbak Santi. CU Sawiran memilik 3 jenis simpanan bunga harian (SIBUHAR), yaitu SiCalang, SiHarum, dan SiHarta. Perbedaan dari masing-masing Sibuhar adalah sebagai berikut: a. SiCalang adalah Sibuhar Calon Anggota yang

dikhususkan untuk mereka ingin bergabung menjadi anggota namun masih harus menjalani proses calon Anggota. Apabila sudah menjadi anggota CU, SiCalang akan ditutup, dan dananya akan dipindahkan ke Buku Anggota CU Sawiran.

b. SiHarum adalah Sibuhar Umum (Sebelumnya disebut Sibuhar A). Sibuhar ini dapat disetor tarik sewaktu-waktu

dan tidak ada biaya administrasi bulanan. Pilihlah tabungan ini apabila memerlukannya untuk transaksi dan kebutuhan sehari-hari. SiHarum tidak dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman.SiHarum ini dapat dimiliki oleh siapa saja, baik anggota maupun bukan.

c. SiHarta adalah Sibuhar Anggota. Ini merupakan jenis sibuhar paling baru di CU Sawiran. Sibuhar ini mempunyai kelebihan dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman, dan menambah plafon pengajuan pinjaman, serta dapat ditarik sewaktu-waktu. SiHarta hanya bisa dimiliki oleh mereka yang sudah menjadi anggota CU.

angkasawiran

DALAm RAT XV Tahun Buku 2008 telah diambil beberapa keputusan penting. Bagi anggota yang tidak dapat hadir inilah beberapa keputusan yang perlu Anda ketahui:1. Proses menjadi anggota 2 bulan2. Ada 2 pilihan setoran SHU ke simpanan saham: 50%

atau 100% 3. sebagian bunga pinjaman yang disetor masuk ke

Simpanan Kesejahteraan. Persentase setoran bunga bersifat floating (bisa berubah)

4. Pemindahan Sibuhar B menjadi Simpanan Kapitalisasi (saham) atau SIHARTA/ Sibuhar anggota (non saham)

Khusus keputusan No. 4 anggota perlu membaca penjelasan sebagai berikut:1. SIBUHAR B yang selama ini digolongkan jenis SAHAM

akan berubah menjadi 2 kemungkinan, pertama dipindahkan ke SIMPANAN KAPITALISASI atau yang kedua menjadi SIMPANAN SIHARTA (Sibuhar Anggota). Pilihan diserahkan kepada anggota.

2. Jika anggota memutuskan untuk memindahkan Sibuhar B menjadi Simpanan Kapitalisasi maka:

a. Jumlah SHU anda kemungkinan bisa dipertahankan bahkan bisa ditingkatkan karena Simpanan kapitalisasi termasuk Jenis Modal Saham. Jumlah Simpanan Kapitalisasi sangat berpengaruh terhadap nilai saham anda. Dan nilai saham sangat berpengaruh terhadap perolehan SHU

b. Konsekuensinya: jika Sibuhar B anda masukkan

ke Simpanan Kapitalisasi maka simpanan Anda tidak bisa ditarik selama anda menjadi anggota. Menarik Simpanan Kapitalisasi berarti menarik saham anda di CU Sawiran dan itu berarti Anda keluar dari keanggotaan CU Sawiran

3. Jika Anda memutuskan untuk memindahkan Sibuhar B menjadi SIHARTA (Sibuhar Anggota) maka:

a. Kelebihannya: jika simpanan ini tidak dijadikan jaminan pinjaman maka bisa diambil setiap saat. Atau bila SIHARTA anda selisih lebih besar dari pada pinjaman anda maka selisihnya bisa ditarik setiap saat.

b. Konsekwensinya: Jumlah SHU anda akan berkurang karena SIHARTA tidak tergolong Jenis Saham melainkan Sibuhar biasa. Sebagai gantinya anda akan mendapatkan bunga bulanan seperti Sibuhar A selama ini. Bunga akan diberikan setiap bulan dan nampak dalam buku sibuhar anda. Besar bunga sesuai dengan ketentuan yang berlaku di CU Sawiran dan pasar uang yang berlaku saat itu. Jika anda saat ini mempunyai tabungan jenis Sibuhar A maka Perlakuan terhadap SIHARTA sama dengan SIBUHAR A anda.

4. Batas konfirmasi atas Sibuhar B ini sampai dengan tanggal 30 April 2009. Jika pada tanggal tersebut anggota yang bersangkutan tidak ada konfirmasi maka Sibuhar B secara otomatis akan dimasukkan ke Siharta dengan konsekuensi akan mempengaruhi perolehan SHU tahun 2009.

Keputusan Penting RAT XV

Page 6: Metro Sawiran Maret 2009

metrosawiran6

Tukul Arwana

Komitmen untuk

Berubah

TUKUL merasa bahwa dirinya bukanlah berasal dari keluarga kaya. Namun, hal tersebut bukanlah penghalang untuk mau. Semangat belajar Tukul sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat tatkala Tukul bekerja sebagai sopir pribadi Alex Sukamto. Menurut Alex bahwa setiap gajian, Tukul selalu menyisakan uang untuk beli buku. Sungguh, tidak disangka bahwaseorang sopir seperti Tukul ternyata mempunyai hobi membaca buku. Lebih mengherankan lagi, buku-buku yang dibacanya adalah tentang psikologi, politik dan lain-lain.

Tukul mengakui bahwa dirinya memang tidak pintar. Namun, ia memiliki komitmen untuk berubah. Komitmen itulah harta tak ternilai miliknya. Ia biasa-biasa saja, tetapi ia senang membaca bacaan apa saja. Ia juga senang mengobrol bertukar pikiran. Dari kegiatan membaca atau mengobrol inilah ia bisa mendapatkan ilmu dan kemudian dijadikannya

bekal untuk masa depan.Di tengah

kesibukannya yang cukup padat, ia selalu berusaha menyempatkan diri untuk membaca. Ia sadar bahwa bacaan akan membuatnya tidak terbelakang. Ilmu yang semakin bertambah diyakini akan semakin menambah kemampuan dirinya sehingga ia mampu menjadi seorang.

BeriNveSTASi? Hal tersebut memang baik, karena dengan berinvestasi berarti Anda memiliki potensi keuangan yang baik untuk hari depan Anda. Namun, tetap saja menjadi tanda tanya besar saat orang merasa tidak memiliki uang lagi untuk disisihkan dan ditabung. Setiap bulan seluruh pendapatan Anda habis hanya untuk berbelanja. Bagaimana caranya agar dapat menyisakan sebagaian uang untuk berinvestasi?

Menurut Tung Desem Waringin ada 3 tahap untuk mencapai kemerdekaan finansial yaitu:1. Berbelanja lebih sedikit daripada pendapatan (gaji).2. Menginvestasikan selisihnya.3. Menginvestasikan kembali pokok dan bunga investasi untuk pertumbuhan

bunga majemuk.

Jadi, yang paling utama untuk mencapai kemerdekaan finansial adalah kemampuan mengatur keuangan agar pengeluaran jauh lebih kecil dibandingkan penghasilan. Dengan cara demikian Anda akan memiliki uang sisa untuk disisihkan, ditabung atau diinvestasikan. Hal tersebut menuntut disiplin diri untuk berani jujur pada diri sendiri bahwa belanja kebutuhan sekunder atau tersier belum Anda perlukan misalnya. Ingat: buatlah prioritas dalam penganggaran belanja bulanan Anda.

Pada www.KeuanganPribadi.com dituliskan 3 langkah besar untuk menjadi kaya yaitu:1. Memotivasi diri Anda. Buanglah pikiran-pikiran negatif yang menghalangi

Anda dari jalan menuju kekayaan. Ingat, Anda tidak dilahirkan untuk menjadi miskin.

2. Memberdayakan Dana. Dalam langkah ini Anda diajarkan untuk mengoptimalkan penggunaan uang Anda, sehingga pendapatan Anda akan menjadi lebih besar daripada pengeluaran. Disini Anda akan mendapatkan sisa uang yang dapat diinvestasikan untuk tahap berikutnya.

3. Melipatgandakan Kekayaan. Disini saya menuliskan berbagai macam produk investasi dengan konsep compound interest (bunga majemuk). Setelah Anda menginvestasikan sebagian uang Anda, kemudian Anda menginvestasikan ulang pokok dan bunga investasi Anda sebelumnya. Sehingga bunga yang Anda dapatkan dari investasi dapat turut berbunga. Dengan menggunakan

konsep ini, maka Anda dapat melipatgandakan nilai investasi Anda.

Agar Anda mampu memberdayakan dana secara optimal dan maksimal Anda harus mampu merancang penganggaran keuangan (budgeting) secara baik.

Setelah anggaran Anda susun, disiplinlah pada anggaran yang telah Anda susun itu. Belanjalah sesuai dengan potensi dana yang Anda anggarkan. Jika pos untuk pakaian hanya Rp. 100.000,- maka jangan belanja lebih dari anggaran itu. Jika ternyata harga pakaian itu amat mahal, maka bersabarlah menabung dulu selama dua bulan, baru membeli pakaian yang Anda inginkan. Dengan cara demikian Anda tidak boleh

mengeluh: Tak ada sisa dari gajiku. Ada atau tidak adanya sisa gaji hanya bergantung kepada sudahkah Anda menyusun anggaran dan selalu mematuhinya.

Kunci Pengelolaan Keuangan adalah Penganggaran

BELANJAMakanan/Keb. harian Rp. 1.350.000,-Pakaian Rp. 100.000,-Pendidikan Rp. 400.000,-Kesehatan Rp. 100.000,-Rekreasi Rp. 100.000,-Transportasi Rp. 200.000,-Asuransi Rp. 150.000,-Tabungan Rp. 300.000,-Pembayaran Kredit Rp. 200.000,-Lain-lain Rp. 100.000.-TOTAL BeLANJA rp. 3.000.000,-

metroinspirasi

Ada harga yang harus dibayar untuk tumbuh. Bayarannya adalah komitmen.

Ed Cole

Page 7: Metro Sawiran Maret 2009

�maret2009

Subrahmanyam, direktur NAFSCOB, isu-isu yang menarik yang muncul adalah peraturan kredit di CU, perpajakan, teknologi dan sumber daya manusia dan manajemen masalah.

“Kami sangat ingin mengetahui peraturan mekanisme pinjaman dan dampaknya pada Credit Union,” ujar Subrahmanyam. “Persaingan dan kemampuan modal juga amat menarik. Koperasi-koperasi India belum memenuhi persyaratan modal karena miskin sumber daya.”

Pemerintah India, dengan dukungan finansial dari Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia, sedang dalam proses pertumbuhan dari US $ 3,4 miliar dan upaya reformasi dan rekapitalisasi dari sektor keuangan koperasi. Mereka berencana untuk memaafkan US $ 15 miliar memberikan pinjaman lunak kepada petani kecil India, yang diperkirakan mencapai US $ 8,5 miliar .

Pinjaman Lunak kepada Petani Kecil India

kilasmanca

WOrLD Council of Credit Union (WOCCU) menerima10 anggota delegasi dari koperasi bank-bank India sebagai bagian dari kunjungan bersama Credit Union di Amerika Utara dan asosiasi serikat pekerja. Delegasi itu merupakan semua anggota dari National Federation of State Cooperative Banks (NAFSCOB), adalah bagian dari program restrukturisasi dan rencana pemerintah memberikan pinjaman lunak terhadap koperasi pedesaan. WOCCU menawarkan untuk memberikan bantuan teknis kepada bank koperasi yang didukung pemerintah dalam mengupayakan reformasi ekonomi.

WOCCU telah menyelesaikan kunjungan selama dua minggu, yang meliputi kunjungan ke National Federation of Community Development Credit Unions and Lower Eastside People’s Federal Credit Union di New York, Credit Union Central of Canada and Credit Union Central of Ontario di Toronto, Community One Federal Credit Union di Las Vegas, dan WesCorp and Water & Power Credit Union di Los Angeles. Menurut Bhima

Babu

bhai

_ Pa

rmar

, cot

ton

farm

er, I

ndia

©Fa

irtra

de F

ound

atio

n Si

mon

Raw

les

SeTiAp anak berangkat ke sekolah orang tua selalu memberikan uang saku kepada anak-anaknya. Modelnya bisa bermacam-macam: bisa harian, mingguan, atau bulanan. Sikap anak-anak pun dapat bermacam-macam: uang saku itu habis dalam sehari atau ditabung karena anak itu memang tidak boros. Namun, sesungguhnya hidup hemat atau boros bukanlah sebuah bakat. Itu hanyalah faktor kebiasaan. Artinya, untuk hidup hemat Anak dapat dilatih.

Melatih Anak Untuk Tidak Hidup Boros?

1. Dilatih untuk membuat prioritas. Apa prioritas pemakaian uang saku oleh anak? Tentu untuk kepentingan biaya

transportasi atau makan jika di sekolah ada kegiatan olah raga atau jarak rumah dengan sekolah berjauhan. Belanja VCD, internet, atau jalan-jalan hendaknya menjadi kebutuhan kedua atau ketiga, bukan yang utama. Orang tua pun harus

memberikan uang saku sebatas keperluan anak, jangan berlebihan.

2.Berikan pengertian perbedaan

kebutuhan dan keinginan. Hal-hal yang sungguh-sungguh dibutuhkan harus menjadi prioritas, tetapi hal-hal yang hanya merupakan keinginan, hendaknya diletakkan pada urutan kedua atau ketiga. Misalnya: membeli T-shirt baru itu merupakan kebutuhan atau keinginan?

3.Jelaskan kepada anak-anak bahwa uang saku tidak harus dihabiskan. Jika ternyata uang saku itu sisa,

uang tersebut dapat ditabung. Biasakan anak memiliki buku tabungan sendiri. Tumbuhkan kepada mereka kebanggaan memiliki buku tabungan.

Membiasakan Anak

Mengelola Uang Saku

4langkah jadianggota

Langkah PertamaDatang ke TP terdekat, mengisi formulir dan melampirkan fotokopi KTP, setoran awal minimal Rp. 35.000,00

Langkah KeduaMenjalani proses calon anggotaselama 2 bulan dengan menabung rutin minimalRp. 25.000/bulan.

Langkah KetigaPenuhi saham minimal satu juta (Rp. 1.000.000,00) selama proses calon anggota.

Langkah KeempatSetelah semua persyaratan terpenuhi, atas persetujuan Anda, proses keanggotaan akan dilakukan oleh staff CU Sawiran.

kelebihan jadianggota

devidenDeviden diberikan sebagai balas jasa simpanan saham, deviden merupakan bentuk kepemilikan CU Sawiran.

tabunganBerbagai macam tabungan didesain untuk kebutuhan keuangan dan investasi anggota.

SIBUHAR CALON ANGGOTASIBUHAR ANGGOTASIBUHAR UMUMCEMERLANGSIMASTERSIPINTAR

pinjamanPinjaman hanya diberikan pada Anggota, untuk memenuhi kebutuhan dari anggota.

UMUMMUSIMANKENDARAAN BERMOTORPEMILIKAN RUMAH/TANAH KAPITALISASIPRODUKTIFDARURATKOMPUTERMULTIGUNA

asuransiSimpanan dan pinjaman anggota diasuransikan tanpa harus membayar premi.

dana sosialSetiap Angota dan keluarga intinya berhak atas:

DANA SOSIAL SUKADANA SOSIAL DUKADANA SOSIAL PENDIDIKANDANA SOSIAL RAWAT INAP

Page 8: Metro Sawiran Maret 2009

metrosawiran�

Lilik Handayani (UD DnD Consumer Good)

Membangun Kepercayaan

Masyarakat

potret

LiLiK Handayani (29 tahun) yang tinggal di Jalan Karimata E2/23 Malang ini tergolong pribadi yang pantang menyerah. Ibu yang mempunyai seorang putri bernama Denira dan sedang menunggu kehadiran putra keduanya ini menjalankan usaha bersama sama dengan suaminya, Bapak Denny.

“Modal kami memulai usaha dulu hanya 500 ribu,” kenang Ibu Lilik. Ia merintis usahanya sejak tahun 2002. Pulang pergi naik sepeda motor melebarkan sayap pernah dijalani sendiri oleh ibu Lilik dan suaminya tanpa kenal lelah. Setelah berjalan dua tahun, usaha ini pernah bangkrut, assetnya hampir nol. Tapi Ibu lilik tidak menyerah, menganggapnya hal tersebut sebagai suatu “teguran” dari yang Maha Kuasa. “Jadi saya terus bangkit kembali dan menata kembali dari awal.”

Apa jadinya bila Ibu Lilik ketika itu putus asa, merasa tidak mempunyai harapan lagi? Tentu, ia akan gagal untuk selamanya. Yang penting ia tidak malu untuk memulainya lagi, walaupun harus kembali dari nol. Bahkan, kegagalan kemarin dipakai untuk melakukan refleksi diri. Ia pun mencoba melihat mengapa kebangkrutan itu terjadi. Belajar dari

kegagalannya, ia berusaha untuk menjadi lebih baik.Semangat pantang menyerah dalam

mengembangkan usahanya terus menerus menyala dalam dirinya. Selain semangat pantang menyerah, Ibu Lilik memiliki kiat lain untuk mengembangkan usahanya yaitu perlunya membangun kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayanannya. “Kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam usaha ini,” tuturnya. Dengan kiat seperti itu perusahaannya yang berlabel “UD DnD Consumer Good” berkembang sangat pesat. Sekarang ini perusahaan yang bergerak di bidang distributor permen dan snack ini sudah memiliki 37 orang sales yang melayani seluruh wilayah kotamadia dan kabupaten Malang.

AMAN BERSAMA CU SAWIRANOleh karena kepercayaan masyarakat yang tinggi

terhadap UD yang dikelolanya, usahanya sekarang sudah berkembang dengan cashflow Rp 300-400 juta sebulan. Merasa yakin atas usahanya ini, Ibu Lilik yang semula bekerja, kemudian memutuskan diri untuk berkonsentrasi penuh pada usahanya, begitu juga

dengan sang suami. “Hanya saya kerepotan menyimpan uang.

Masak disimpan di rumah? Tentu amat berisiko,” tuturnya. Maka, ia memilih CU Sawiran sebagai “bank” pribadinya. Sebagai pribadi yang menjunjung tinggi pentingnya kepercayaan, tampaknya Ibu Lilik merasa yakin bahwa CU Sawiran sungguh dapat dipercaya.

Sebagai anggota CU Sawiran Ibu Lilik memang belum pernah mengajukan fasilitas pinjaman kepada CU. Sebab, menjadi anggota baginya bukan semata-mata untuk meminjam uang. Yang terpenting baginya asset yang dimilikinya menjadi aman karena disimpan di lembaga yang dapat dipercaya. “Di lembaga keuangan lain risikonya tinggi. Dan, yang membuat saya senang ikut CU Sawiran karena tiap hari ada karyawan CU yang datang ke sini. Saya tak perlu repot-repot ke kantor CU. Pokoknya aman dan mudah.”

Dalam waktu dekat Ibu Lilik akan membuka cabang di Jl. Raya Pakis, depan Balai Desa Pakisjajar “Makmur Jaya Grosir”.

12.000pembaca

6 kabupaten dan kota

segmentasi

jelas

Pastikan bisnis anda menjadi bagian dari kesuksesan bersama dengan beriklan di metrosawiran

iklan warna harga210 mm x 280 mm Rp 1.250.000,0075 mm x 140 mm Rp 600.000,0075 mm x 68 mm Rp 300.000,00

- Harga berlaku untuk sekali pemasangan.- Pemasangan 3x berturut-turut gratis 1x- iklan diterima dalam bentuk jPg, res.300dpi

iklan baris harga/barisanggota gratis

non anggota Rp 5.000,00- maksimal iklan 5 baris.- 1 baris maksimal 30 karakter termasuk spasi.

* untuk iklan gratis disesuakan dengan kolom dan bergantian dengan anggota yang lain.

iklan barisgratis*

Call: phone: 0341 716316 | Fax.: 0341 716317 | e mail: [email protected]