metro sawiran april 2009

8
APR 2009 metrosawiran www.cusawiran.org BETAPA PENTINGNYA Komitmen dan Konsistensi Anggota SIAPA pemilik CU Sawiran? Jawabannya sangat mudah: PEMILIK CU SAWIRAN ADALAH ANGGOTA. Namun, anehnya, dalam pandangan kebanyakan anggota masih hidup cara pandang lama yaitu bahwa lembaga keuangan itu milik pihak manajemen atau pengurus. Cara pandang semacam itu harus dikikis. Sebagai PEMILIK, anggota berhak mengetahui bagaimana perputaran uangnya di CU Sawiran, bagaimana aset dikembangkan, bagaimana uang dikelola, dan bagaimana jaminan keamanan atas simpanan para anggota. Serta, yang tidak kalah penting bagaimana perhatian kesejahteraan diberikan kepada setiap anggota. Dalam konteks ini anggota dapat menuntut keterbukaan pihak manajemen dan pengurus. CU Sawiran didirikan sungguh-sungguh demi ngayani, ngayomi,dan ngayemi anggota. Karena itu CU Sawiran selalu menerapkan manajemen terbuka. Setiap saat anggota dapat mengunjungi kantor-kantor TP menanyakan perputaran aset yang dimilikinya. Di setiap RAT (Rapat Anggota Tahunan) anggota berhak bertanya dan menerima penjelasan perihal sesuatu yang tidak diketahui (entah itu perasaan ganjil, ragu-ragu, dan sebagainya) sehubungan dengan pengelolaan CU Sawiran, berhak pula memberikan masukan-masukan positif demi masa depan CU Sawiran. Bahkan, berhak pula mengkritisi kebijakan yang ditawarkan oleh pengrus dan manajemen. Selain hal tersebut, sebagai pemilik, anggota berkewajiban merawat dan menjaga secara baik CU Sawiran. Bahkan, lebih dari itu bertanggung jawab untuk menumbuhkembangkan. Maju-mundurnya CU Sawiran bukan semata-mata ditentukan oleh kinerja para pengurus dan tim manajemen, tetapi juga bergantung kepada kerja keras anggota. Dengan demikian, anggota tidak boleh hanya menuntut HAK-nya saja, tetapi juga harus memiliki komitmen dan konsisten melaksanakan kewajiban-kewajibannya. Kasus kredit macet terjadi karena anggota tidak merasa memiliki CU Sawiran. Dia mungkin berpikir bahwa jika CU Sawiran bangkrut yang bangkrut hanyalah pengurus dan tim manajemen. Jika bangkrut yang bertanggung jawab hanyalah pengurus dan tim manajemen. Tidak. Tidaklah demikian. Dampak kredit macet dirasakan bukan hanya oleh pengurus dan pengelola, tetapi juga akan dirasakan oleh semua anggota lainnya. Kita semua harus menyadari bahwa dana di CU Sawiran adalah uang para anggota yang disimpan di CU Sawiran. Dengan tidak melaksanakan kewajiban-kewajibannya, anggota tersebut berarti telah mengingkari kesepakatan awal, dan ujung-ujungnya menyakiti anggota lain yang nota bene adalah pemilik juga. Hanya komitmen dan konsistensi anggotalah yang membuat CU Sawiran langgeng. Komitmen untuk solidaritas satu dengan yang lain, untuk mengembangkan permodalan CU Sawiran, untuk ikut serta membangun kejujuran dan kepercayaan sebagai sesama anggota, dan untuk ikut menjaga keamanan aset anggota. Pertanyaannya adalah: sudah seberapa tinggi tingkat komitmen dan konsistensi kita? Jawabannya terpulang kepada diri kita masing- masing.

Upload: adhiwijaya-fx

Post on 11-Mar-2016

224 views

Category:

Documents


9 download

DESCRIPTION

Buletin Sawiran Credit Union

TRANSCRIPT

APR 2009

metrosawiranwww.cusawiran.org

Betapa pentingnya Komitmen dan Konsistensi AnggotaSiapa pemilik CU Sawiran? Jawabannya sangat mudah: PEMILIK CU SAWIRAN ADALAH ANGGOTA. Namun, anehnya, dalam pandangan kebanyakan anggota masih hidup cara pandang lama yaitu bahwa lembaga keuangan itu milik pihak manajemen atau pengurus. Cara pandang semacam itu harus dikikis.

Sebagai PEMILIK, anggota berhak mengetahui bagaimana perputaran uangnya di CU Sawiran, bagaimana aset dikembangkan, bagaimana uang dikelola, dan bagaimana jaminan keamanan atas simpanan para anggota. Serta, yang tidak kalah penting bagaimana perhatian kesejahteraan diberikan kepada setiap anggota. Dalam konteks ini anggota dapat menuntut keterbukaan pihak manajemen dan pengurus.

CU Sawiran didirikan sungguh-sungguh demi ngayani, ngayomi,dan ngayemi anggota. Karena itu CU Sawiran

selalu menerapkan manajemen terbuka. Setiap saat anggota dapat mengunjungi

kantor-kantor TP menanyakan perputaran aset yang dimilikinya. Di setiap RAT (Rapat Anggota Tahunan)

anggota berhak bertanya dan menerima penjelasan perihal

sesuatu yang tidak diketahui (entah itu perasaan ganjil,

ragu-ragu, dan sebagainya) sehubungan dengan pengelolaan CU Sawiran, berhak pula memberikan masukan-masukan positif demi masa depan CU Sawiran. Bahkan,

berhak pula mengkritisi kebijakan yang ditawarkan oleh pengrus dan

manajemen.Selain hal

tersebut, sebagai

pemilik, anggota berkewajiban merawat dan menjaga secara baik CU Sawiran. Bahkan, lebih dari itu bertanggung jawab untuk menumbuhkembangkan. Maju-mundurnya CU Sawiran bukan semata-mata ditentukan oleh kinerja para pengurus dan tim manajemen, tetapi juga bergantung kepada kerja keras anggota. Dengan demikian, anggota tidak boleh hanya menuntut HAK-nya saja, tetapi juga harus memiliki komitmen dan konsisten melaksanakan kewajiban-kewajibannya.

Kasus kredit macet terjadi karena anggota tidak merasa memiliki CU Sawiran. Dia mungkin berpikir bahwa jika CU Sawiran bangkrut yang bangkrut hanyalah pengurus dan tim manajemen. Jika bangkrut yang bertanggung jawab hanyalah pengurus dan tim manajemen. Tidak. Tidaklah demikian. Dampak kredit macet dirasakan bukan hanya oleh pengurus dan pengelola, tetapi juga akan dirasakan oleh semua anggota lainnya. Kita semua harus menyadari bahwa dana di CU Sawiran adalah uang para anggota yang disimpan di CU Sawiran. Dengan tidak melaksanakan kewajiban-kewajibannya, anggota tersebut berarti telah mengingkari kesepakatan awal, dan ujung-ujungnya menyakiti anggota lain yang nota bene adalah pemilik juga.

Hanya komitmen dan konsistensi anggotalah yang membuat

CU Sawiran langgeng. Komitmen untuk solidaritas satu dengan yang lain, untuk mengembangkan permodalan CU Sawiran, untuk ikut serta membangun kejujuran dan

kepercayaan sebagai sesama anggota, dan untuk ikut menjaga

keamanan aset anggota. Pertanyaannya

adalah: sudah seberapa tinggi tingkat komitmen dan konsistensi kita?

Jawabannya terpulang kepada diri kita masing-masing.

metrosawiran�

salampenasehat Pengurus CU Sawiran | penanggung jawab Kokok Budianto | redaktur pelaksana Ibe Octaviano - Vivi Damayanti - Yohana Maria | alamat Ruko Sawojajar - Jl. Danau Toba A2 Sawojajar - Malang, Telp 0341 716316, Fax. 0341 716317 | iklan 0341 716316 e mail [email protected] | rekening BCA an. CU Sawiran No. 316 310 2214 layout cetak AXA Creative Design, 0341 77 123 24 | 081 555 20 124 isi diluar tanggung jawab percetakan

Bukan Simpan pinjam

apakah ada lembaga keuangan yang dapat ngayani, ngayomi, dan ngayemi anggota? Sebagai PNS Bapak Drs Sugeng Santoso bergabung dengan beberapa koperasi. Pengalamannya dengan beberapa lembaga keuangan membawanya pada satu kesimpulan bahwa tidak banyak lembaga keuangan yang sungguh-sungguh memperhatikan kebutuhan anggotanya, kecuali soal simpan-pinjam.

“ Ketika saya bergabung dengan CU Sawiran, saya merasakan bahwa kebutuhan saya dipenuhi. Anak sakit mendapatkan dana sosial sakit, anak masuk sekolah mendapatkan dana pendidikan, kesulitan mengangsur pinjaman diajak berbicara, dan seterusnya. Komitmen CU Sawiran sungguh patut diacungi jempol. Kami sekeluarga sungguh dapat sejahtera, ayem, dan merasa diayomi,” tuturnya.

Memang, ditengarai ada beberapa anggota yang menyatakan keluar atau mau keluar dari CU Sawiran. Rata-rata mereka lebih banyak menuntut haknya, namun melupakan kewajibannya. Menurut Bapak Sugeng anggota tersebut rata-rata tercatat memiliki track-record yang buruk, misalnya sering menunggak, atau bahkan tidak melaksanakan kewajibannya. ”Sebenarnya pihak pengurus dan manejemen sudah berusaha mendekati mereka dari hati ke hati. Namun, ya sulit, karena mereka memang tidak memiliki komitmen dan lebih memikirkan diri sendiri. Saya berharap janganlah berwatak seperti mereka agar CU Sawiran ini tetap langgeng dan berguna bagi hidup kita bersama,” harapan Bapak Sugeng.

Atau, ada pula anggota yang menyatakan bahwa kredit pinjaman di CU Sawiran itu sulit. Informasi seperti ini tidak sepenuhnya benar. ”Sulit” biasanya terjadi pada

mereka yang selama ini memiliki track-record yang tidak baik. Hal tersebut dilakukan karena pihak pengurus dan manajemen berusaha agar tidak terjadi kredit macet di CU Sawiran. Kehati-hatian ini penting karena dana yang terkumpul di CUSawiran adalah milik anggota, dan harus dipertanggungjawabkan kepada anggota. ”Nah, jadi jangan mudah percaya pada informasi-informasi seperti itu. Jika ada berita seperti itu, tanyakan kebenarannya ke kantor,” kata Pak Sugeng mengakhiri pembicaraannya.

Drs. Sugeng Santoso (Ketua Pengurus 2006-2008)

CU SAWIRAN: ngayani, ngayOMi, ngayeMi anggOta

CU Sawiran bukanlah lembaga keuangan simpan-pinjam. Spirit CU Sawiran bukanlah mencari nasabah sebanyak-banyaknya untuk menjadi peminjam. Bukan itu.

Sejak awal CU Sawiran didirikan untuk mendidik anggotanya mengelola keuangan keluarganya secara baik, menabung dan mengembangkan asset, serta melatih berinvestasi. Artinya, fasilitas pinjaman hanyalah sarana untuk mengembangkan asset itu, bukan tujuan saat orang berkeinginan menjadi anggota.

Karena itu, pihak manajemen selalu mendampingi setiap anggota tatkala mengajukan permohonan fasilitas pinjaman. Apakah benar pinjaman itu akan digunakan untuk hal-hal produktif dan utama, atau hanya bersifat konsumtif? Sungguh, CU Sawiran tidak ingin memperkaya diri dengan membiarkan anggotanya terbelit hutang. Karena asset CU Sawiran adalah asset anggota, bukan asset pengurus atau pihak manajemen.

kilasmetro

�april2009

Kantor Pusat km 6, Nongkojajar Pasuruan Tel. (0343) 7735535 Fax. (0343) 499303

PasuruanNongkojajar Km 6, Nongkojajar Pasuruan Tel. (0343) 7735535 Fax. (0343) 499303

Tosari Pasar Tosari - Pasuruan Tel. (0343) 571060

Malang RayaLawang Ruko Diponegoro Blok B - Lawang Tel. (0341) 422010 Fax. (0341) 422009

kepanjen Jl. Raya Sumedang 1 Tel. (0341) 393062

Blimbing Jl. L.A. Sucipto 46 Tel. (0341) 474768

Dinoyo Jl. MT. Haryono 167 Kav.1 - Dinoyo Tel. (0341) 577639 Fax. (0341) 558764

Sawojajar Ruko Sawojajar Jl. Danau Toba A2 Tel. (0341) 711375 Fax. (0341) 716317

Batu Jl. A.Yani - BatuTel. (0341) 5025649Fax. (0341) 5025651

ProbolinggoSukapura Jl. Raya Ngadisari - Sukapura Tel. (0335) 541178

BlitarWlingi Jl. Urip Sumoharjo 119 Beru - Wlingi Tel. (0342) 695617

websitewww.cusawiran.org

[email protected]

hotline(0341) 477777

Bapak Heru Fariyanto (Camat tosari)

MIMPI BISA TEREALISASISeTiap orang memiliki mimpi untuk menjadi lebih baik. Demikian juga masyarakat Tosari. Mereka memiliki mimpi untuk sejahtera secara ekonomi. ”Indonesia di tahun 1997-1998 mengalami krisis yang amat hebat. Sektor riil hancur. Namun nyatanya masyarakat Tosari tetap mampu bertahan, tidak tergoyahkan. Mengapa? Karena rakyat memiliki daya tahan dan keteguhan,” begitu tutur Bapak Heru Fariyanto.

Dan, kehadiran CU Sawiran di wilayah Tosari sungguh-sungguh mampu meneguhkan daya tahan masyarakat pada sektor ekonomi, ”Masyarakat Tosari semakin memiliki keteguhan karena kehadiran CU Sawiran. Saya percaya CU Sawiran bertujuan untuk menyejahteraan anggotanya. Kesejahteraan anggota diwujudkan oleh pengurus dengan bantuan anggota. Bersama-sama membangun mimpi menjadi kenyataan,” ungkapnya.

”CU Sawiran perlu kita dukung. Semua masyarakat Tosari harus mendukung karena faktanya masyarakat sangat terbantu. Lebih-lebih untuk pilar pendidikan. Pendidikan keuangan pada masyarakat perlu ditingkatkan. Sadar menabung harus terus ditumbuhkan,” tutur Bapak Heru menegaskan.

Bapak Wartono (Kepala Desa Wonokitri-tosari)

BAGAIKAN BAPAK ANGKATSeBagai pamong di wilayah desa Wonokitri Bapak Wartono sungguh berterima kasih kepada CU Sawiran yang berkarya di wilayahnya. ”Terima kasih untuk CU Sawiran karena sedia mengajak bersama membangun negeri di Bumi Tosari,” katanya membuka pembicaraan.

Menurut Bapak Wartono 99,9% masyarakat Tosari adalah bercocok tanam, sehingga hidupnya amat bergantung kepada kalender musim. Pada bulan Januari sampai dengan April merupakan masa-masa paceklik. Pada masa-masa sulit seperti itu para petani memerlukan uluran tangan dari pihak lain. Mereka amat membutuhkan kebersamaan. Kehadiran CU Sawiran bagaikan Bapak Angkat bagi mereka. Membantu mereka bangkit pada masa-masa sulit.

Dahulu, sebelum ada CU Sawiran, masa-masa paceklik menjadi masa-masa sulit. Tetapi, sekarang situasi itu tidak lagi terasa. Masyarakat selalu yakin dan optimistis bahwa kebahagiaan itu pasti dapat diraihnya.

Ikutilah rangkaian acara dalam rangka 75 tahun Sang Timur:1. Gerak Jalan Untuk Umum2. Lomba Mewarnai tingkat TK3. Lomba Fotogenic tingkat TK4. Lomba Fashion

Show tingkat TK

Informasi dan pendaftaran: SDK Sang TimurJl. P. Sudirman 59A Batu0341- 593778

MULAI24April 2009

Toko karunia JayaSedia Kain, Blaco, DllPasar Besar Malang Lantai 1 Blok D No. 40Telp. 0341-7037872, 9734400

galuh SportPakaian Sport Aremania & Aremanita, Syal, Topi, Slayer Dll.Pasar Besar Malang Lantai 1 Blok Barat no 340341-5414685, 6331987Jl. Mayjend Sungkono 2 0341-718254

432 MushroomsSedia jamur Tiram dan KupingJl. MT Haryono XIII/432 MalangTelp. 0341-7565432

UD D’nD Sumber RejekiGrosir & Eceran permen, snack, biskuitJl. Selat Karimata E2/23 SawojajarTelp. 0341-710958, 9156788

kedai kopi MedanFoodCourt MATOS Lt. Dasar

Servis Dinamo “Urip”Jl. Brigjend S Riadi 87 Malang

Toko kue “Unyil”Jl. Muria gg II/672 Malang

kristina SalonJl. Panji no 11 Kepanjen Telp. 0341- 7056671

Micro CellularJual Beli & Servis Handphone, Voucher Pulsa & PerdanaJl. Panji no 82 Kepanjen

Ramses ComputerHardware, accessories, rental, les dan service computerJl. Sultan Agung 14 Kepanjen Telp. 0341-8670312

9+ photoworksJl. Sultan Agung 4 KepanjenRuko Istana Dinoyo Kav D3 Malang

es SelunJl. Sunandar Priyo Sudarmo 28-32 Malang

pecel MerapiJl. Merapi 18 Malang

Star Nur Cuci Mobil & BengkelJl. Danau Toba G-7/F33 Malang

metrosawiran�

aNDa memiliki usaha, namun mungkin terkendala hal-hal seperti kurangnya modal dan kurangnya kemampuan Anda mengelola usaha. Karena itu lalu Anda memutuskan untuk memilih partner usaha.

Namun partner usaha yang bagaimana yang sesuai? Anda dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut..

pilihlah partner yang mempunyai :keahLiaN. Keahlian itu hendaknya sesuai dengan bidang usaha yang Anda geluti. Memilih partner yang punya keahlian yang sesuai memudahkan Anda untuk menjalankan dan mengembangkan usaha.

peNgaLaMaN. Pengalaman merupakan hal penting dalam menjalankan usaha. Apapun usaha Anda, apabila memiliki partner berpengalaman yang pernah terjun langsung dan menjalankan usaha sejenis sangat penting.

MoDaL. Apabila Anda kekurangan modal, mempunyai partner yang bisa sharing modal dengan Anda akan memperkuat struktur modal dan mempermudah cashflow usaha Anda.

Bagaimana kriteria partner usaha yang sesuai dengan anda?

Anda bisa menentukan sendiri kriteria partner usaha yang Anda inginkan. Tapi pada dasarnya inilah kriteria parter usaha yang sebaiknya Anda miliki :kepRiBaDiaN & SifaT. Dua hal ini sangat penting dalam menjalankan usaha. Pertimbangkan kepribadian patner dalam

komunikasi sehari hari apakah dia bisa bekerja sama dengan Anda. Sifat yang dimiliki partner juga sangat penting agar bisa saling bersinergi dalam menjalankan usaha Anda.

CaRa keRJa. Partner yang tahu bagaimana melakukan tugasnya dalam bekerja sangat penting. Karena sebagai partner Anda dalam menjalankan usaha dia tahu betul apa saja langkah-langkah yang harus diambil dan dilaksanakan.

kepeRCayaaN. Kepercayaan merupakan hal yang penting dan harus dijaga. Tanpa kepercayaan antar partner, usaha yang dijalankan tidak sehat, dan tidak akan terjalin komunikasi yang baik.

ReaLiSTiS dalam menjalankan usaha dan mencapai target-target yang ditentukan. Oleh karena itu dalam membuat rencana, menjalankan, dan mengevaluasinya, harus disiapkan dan disusun secara baik, ke depan tampak dinamis dan sesuai dengan kebutuhan.

Saya BUkTiNya!! kapaN giLiRaN aNDa??Devi amalia : Turun 10 kg, 2 bln 2 minggu

Perum. Bumi Mondoroko Raya Blok AI-17 Singosari, Malang

Call Center

Malang

Utara & Timur: (0341) 732.5485, 081.6470.1205

Selatan & Barat: (0341) 774.9785, 081.252.368.33

GARANSI 30 HARI UANG KEMBALI

Turun berat badan 5-30 kg.

Bebas makan kesukaan.

Alami tanpa efek samping.

Stamina lebih prima dan bugar, berat badan turun, dan tidak naik lagi.

Konsultasi & pemantauan hingga berhasil.

Coba produk

Rp 14.000,-

Free: Pengecekan

kadar lemak

Tersedia pilihan rasa:

strawberry vanilla chocholate

BAGAIMANA MEMILIH PARTNER USAHA ?

�april2009

Saya hanya mau tahu hak, gak perlu tahu kewajiban saya.Saya hanya mau tahu apa untungnya saya dan apa yang harus lembaga berikan buat saya.Saya gak mau tau apa yang dilakukan lembaga pokok kalau sampai salah, rugi, dan lain lain... Awas tak sikat nanti.Tidak penting kebaikan lembaga, tidak penting apa yang sudah pernah saya dapatkan dari lembaga. Itu sudah hak saya. Yang harus lembaga ketahui adalah saya ini belum puas, saya kecewa, saya protes dan akan menuntut sampai dipuaskan seperti yang saya mau.Bagi saya yang penting bukan apa yang sudah dicapai karena itu hal biasa bukan sebuah prestasi. Yang saya pikirkan hanyalah permasalah yang harus saya persoalkan terus-menerus dan siapa yang harus diadili dan dihukum.Saya kecewa, saya gak cocok dengan kebijakan lembaga, saya gak terima. Saya akan ngotot mengubah lembaga ini seperti yang saya pikirkan. saya akan menekan lembaga untuk mengikuti jalan pikiran saya. Walaupun saya gak tau bagaimana mewujudkannya. Yang penting saya maunya begitu. terserah. Lembaga harus mewujudkan kemauan saya. Kalo lembaga gak bisa... Awas tak sikat nanti.

Saya tahu hak sekaligus kewajiban saya.Saya ingin tahu bagaimana lembaga memperjuangkan kepentingan saya.Saya berusaha ingin tahu apa yang bisa saya berikan untuk kebaikan lembaga, dan jika saya bisa saya akan mewujudkannya sesuai dengan kondisi saya sebagai sumbangsih saya buat lembaga.Saya ingin mengerti bagaimana tantangan, kesulitan, dan persoalan yang dihadapi lembaga dalam mengusahakan tercapainya misi lembaga dan juga harapan saya.Kalo saya cocok dan bisa menerima keputusan lembaga, saya akan mencintai lembaga saya dan memotivasi pengurus, pengawas , manajemen dan anggota yang lain untuk melakukan yang terbaik baik untuk kepentingan kita bersama.Bagi saya yang penting mensyukuri apa yang sudah kita capai bersama dan mencari solusi thdp apa yang belum dan ingin kita capai di masa mendatang. Saya kecewa, gak cocok, gak terima kebijakan lembaga. Saya gak perlu marah dan secara bebas saya akan memutuskan untuk keluar dari anggota dan mencari lembaga lain yang lebih bisa mewujudkan harapan saya.

metrosolusi Konsultasikan masalah keuangan Anda, atau cari tahu tentang CU Sawiran dengan mengirim surat pada:- kantor: TP terdekat - telepon: 0341 716316, - fax. 0341 716317 - e mail: [email protected]

angota

aset

vol. kredit

keuanganAsset Rp. 46.893.940.960

Equity Rp. 10.081.144.199

Liability Rp. 36.812.796.761

Volume Kredit Rp. 34.343.618.332

Kredit Berisiko Rp. 1.175.120.928

Dana Risiko Kredit Rp. 1.377.328.639

Dana Cad. Umum Rp. 1.891.631.609

ratioCAR 21,50% min 20%

LDR 93,29% min 75%

NPL 3,42% max 5%

Pertumbuhan Kredit 0,36% min 10%

Pertumbuhan Anggota 2,47% min 10%

Pertumbuhan Asset -0,72% min 10%

statistikJumlah Anggota 1.641

Perempuan 1.967

Laki-laki 3.608

Calon Anggota 4.845

Penyertaan Modal 4.608

ToTaL yaNg DiLayaNi 13.061

angkasawiran

Yth. Sawiran, saya dengar dari anggota lain, menggunakan fasilitas pinjaman di Sawiran sekarang lebih sulit dibanding dulu. Tolong penjelasannya ya.. (Gigih – Kepanjen)

Pengajuan Pinjaman Kok Tidak Seperti Dulu

TeRiMa kasih atas pertanyaannya. Sebenarnya tidak ada yang berubah mengenai syarat-syarat pengajuan fasilitas pinjaman di CU Sawiran. Proses penggunaan fasilitas pinjaman memang mempunyai syarat-syarat tertentu.

Namun tidak lebih sulit daripada yang dulu, proses masih sama, sesuai dengan pola kebijakan yang telah disepakati oleh semua anggota dalam RAT. Kami hanya mendorong anggota untuk bersama sama mematuhi peraturan dalam POLJAK.

SURAT SUARA PEMILIHAN SIKAP

metrosawiran6

Rano Karno: Cintailah Pekerjaan

Rano Karno, siapa yang tidak kenal. Dia adalah artis serba bisa sebelum terjun ke dunia politik, bahkan kini menjabat sebagai Wakil Bupati Tangerang. Namun, kesuksesan Rano Karno bukan tiba begitu saja. Ada proses panjang yang harus dilalui. Jatuh-bangun, suka-duka, dilaluinya lebih dahulu.

Untuk menjadi pemain sinetron saja, berbagai penolakan kerap menjadi santapan artis kawakan ini.

“Namun, saat saya diberikan kesempatan untuk membuktikan diri, tidak akan saya sia-siakan. Akhirnya, setelah kita bisa membuktikan, orang baru percaya bahwa kita bisa melakukannya. Itu adalah hal yang lumrah dalam dunia perfilman,” ungkapnya.

Namun, yang tidak kalah penting adalah kecintaan terhadap pekerjaan itu. Rano mengaku bangga atas

prestasi yang diraihnya. Bahkan, dengan terjun di dunia sinema membuat dirinya mengerti bahwa ini adalah jalan hidup yang harus dijalaninya. “Sehingga, saya harus terus meyakinkan diri untuk mencintai pekerjaan ini. Kalau tidak ada kecintaan di dunia film ini, saya yakin tidak akan bertahan lama,” ujarnya.

Nah, cintailah pekerjaan Anda. Itulah yang dapat kita petik dari pengalaman hidup Rano Karno. Dengan mencintai pekerjaan, kita akan menuai keberhasilan.

yang datang menghampirinya, tapi dari respon yang ia berikan dari peristiwanya itu sendiri.

Kunci utama dalam mengatasi ketakutan dalam mengambil risiko ialah percaya diri dan selalu berpikir positif. Dengan percaya diri, hal itu akan menambah energi yang ada dalam diri kita sebelum benar-benar bertindak. Dan dengan berpikir positif, akan membuat langkah kita menjadi ringan dalam bertindak.

Yakinlah, bahwa ketika kita telah memutuskan untuk mengambil risiko, akan ada jalan yang terbuka bagi kita nantinya. Jangan takut bila gagal. Karena ada setiap pelajaran yang dapat dipetik, entah gagal ataupun sukses, terhadap risiko yang kita ambil.

Orang yang telah berhasil mencapai sesuatu, seringkali tidak menyangka sebelumnya kalau sebenarnya ia mampu melakukannya. Padahal asal ada keinginan yang kuat, mereka dapat melakukan sesuatu, yang katakanlah, bahkan di luar perhitungan mereka sendiri sebelumnya.

“Kapal akan aman bila berada di pelabuhan, tetapi kapal tidak diciptakan untuk itu.” Begitulah kata Grace Murray Hopper, ahli matematika, penemu teknologi komputer. Artinya, kapal diciptakan untuk dipakai mengarungi samudra, buan untuk diam di dermaga. Mengarungi samudra bukanlah tanpa risiko. Namun, apa pun yang terjadi kapal harus tetap berlayar.

Sebuah kapal memang akan terlihat besar, indah, dan gagah ketika berada di pelabuhan. Tetapi kapal diciptakan tidak untuk berada di pelabuhan. Sebuah kapal akan bermakna dan memiliki nilai, ketika ia berada di tengah samudra luas, dalam mengarungi lautan, menghadapi terjangan ombak, dan melewati rintangan badai. Ketika sang kapal telah mencapai tujuan, ia telah menjalankan satu tugasnya dengan baik. Perjalanan berikut telah menantinya. Begitu seterusnya.

Sama halnya dengan sebuah kapal. Bila Anda tak mau menerima tantangan dan mengambil risiko, maka Anda tak akan merasakan dan menikmati getar kemenangan dan kesuksesan, kecuali getir kekalahan dan kepahitan hidup Anda.

Berani Menerima Risiko

metroinspirasi

Tidak ada jaminan dalam hidup ini, kecuali kesempatan.

Jendral Douglas Mac Arthur

SeTeLah menikah, dengan bekal warisan dari orang tua, Hambali bersama sang istri berniat membuka usaha toko pracangan. Tapi, apa yang berkecamuk dalam pikiran mereka? Bagaimana nanti jika justru banyak tetangganya yang berhutang di pracangannya? Bagaimana nanti jika tidak ada yang membeli? Bagaimana nanti kalau justru terus merugi? Intinya, mereka berdua takut menerima risiko. Akibat yang amat parah adalah harta warisan itu pelan-pelan habis untuk keperluan sehari-hari. Hambali pun tidak memiliki apa-apa lagi. Nah, tidak membuka toko pracangan pun, Hambali harus menerima risiko yang amat buruk.

Menurut Sonny Wibisono takut mengambil risiko justru dapat mengakibatkan batu sandungan. Hal itu malah menghambat mereka untuk dapat berkembang lebih baik dalam menjalani hidup, usaha, atau karir mereka sendiri. Sebaliknya, bila berani mengambil risiko, artinya kita telah berani menjalani kehidupan itu sendiri. Juga menunjukkan bahwa kita yakin akan mendapatkan suatu pelajaran berharga dari setiap risiko yang diambil. Tentu saja bukan berarti melangkah tanpa perhitungan yang matang. Satu rahasia orang-orang yang telah sukses, seperti yang mereka ungkapkan, adalah bahwa mereka sering mengambil risiko dalam bertindak.

Lantas, mengapa sebagian orang enggan untuk mengambil risiko? Jawabannya sederhana. Mereka takut gagal, berpikir tak dapat melakukannya, atau merasa belum mahir dan berbakat. Keberanian mengambil risiko, sesungguhnya lebih menunjukkan kepada karakter dan mental seseorang. Bukan pada besar kecilnya risiko yang dihadapi. Kualitas seseorang tidak ditentukan dari peristiwa

�april2009

informasi ini untuk membantu meningkatkan pengetahun mereka sendiri mengenai sistem CU,” kata Fryzel.

Bukan hanya SIC belajar mengenai NCUA, tetapi NCUA pun memiliki kesempatan untuk belajar tentang SIC serta mengetahui persamaan dan perbedaan sistem CU Federal Amerika. “Ini merupakan pengalaman belajar bagi kedua belah pihak,” komentar Anggota Dewan Hyland. “Ini adalah jenis pertemuan yang dapat membantu CU di seluruh dunia untuk melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka. Pada NCUA kami menemukan hal penting untuk membantu sistem CU di seluruh dunia. “

Gabungan Asuransi Koperasi Tabungan Pertanian dan Perikanan Jepang Kunjungi NCUA

kilasmanca

NaTioNaL Union Administrasi Kredit (NCUA) baru-baru ini menerima kunjungan empat wakil dari Japanese Agricultural and Fishery Cooperative Savings Insurance Corporation (SIC).

Para tamu tersebut ingin mempelajari lebih lanjut mengenai sistem Credit Union Amerika Serikat. Perwakilan SIC bertemu dengan Ketua NCUA Michael E. Fryzel, Anggota Dewan Hyland Gigi dan staf NCUA untuk membahas topik mulai dari struktur dari Federal Credit Union sampai dengan Saham Asuransi dan bantuan federal.

“Pertemuan dengan Jepang Pertanian dan Perikanan Koperasi Simpan Asuransi Corporation Japanese Agricultural and Fishery Cooperative Saving Insurance Corporation disiapkan untuk kunjungan kami demi menggali informasi yang berkaitan dengan Sistem CU Amerika. Wakil ini akan kembali ke Jepang, dan memanfaatkan

Hargailah usahanyaHargailah sekecil apapun usaha yang

diperlihatkan anak untuk mengatasi sendiri kesulitan yang ia hadapi. Orang tua biasanya tidak sabar menghadapi anak yang membutuhkan waktu lama untuk membuka sendiri kaleng permennya.

Hindari banyak bertanyaPertanyaan-pertanyaan yang diajukan

orang tua , yang sebenarnya dimaksudkan untuk menunjukkan perhatian pada si anak, dapat diartikan sebagai sikap yang terlalu banyak mau tahu. Karena itu hindari kesan cerewet.

Jangan patahkan semangatnya

Tak jarang orang tua ingin menghindarkan anak dari rasa kecewa dengan mengatakan “mustahil” terhadap apa yang sedang diupayakan anak. Sebenarnya apabila anak sudah mau memperlihatkan keinginan untuk mandiri, dorong ia untuk terus melakukanya. Jangan sekali-kali anda membuatnya kehilangan motivasi atau harapannya mengenai sesuatu yang ingin dicapainya.

Mendidik AnakJadi Mandiri

4langkah jadianggota

Langkah PertamaDatang ke TP terdekat, mengisi formulir dan melampirkan fotokopi KTP, setoran awal minimal Rp. 35.000,00

Langkah KeduaMenjalani proses calon anggotaselama 2 bulan dengan menabung rutin minimalRp. 25.000/bulan.

Langkah KetigaPenuhi saham minimal satu juta (Rp. 1.000.000,00) selama proses calon anggota.

Langkah KeempatSetelah semua persyaratan terpenuhi, atas persetujuan Anda, proses keanggotaan akan dilakukan oleh staff CU Sawiran.

kelebihan jadianggota

devidenDeviden diberikan sebagai balas jasa simpanan saham, deviden merupakan bentuk kepemilikan CU Sawiran.

tabunganBerbagai macam tabungan didesain untuk kebutuhan keuangan dan investasi anggota.

SIBUHAR CALON ANGGOTASIBUHAR ANGGOTASIBUHAR UMUMCEMERLANGSIMASTERSIPINTAR

pinjamanPinjaman hanya diberikan pada Anggota, untuk memenuhi kebutuhan dari anggota.

UMUMMUSIMANKENDARAAN BERMOTORPEMILIKAN RUMAH/TANAH KAPITALISASIPRODUKTIFDARURATKOMPUTERMULTIGUNA

asuransiSimpanan dan pinjaman anggota diasuransikan tanpa harus membayar premi.

dana sosialSetiap Angota dan keluarga intinya berhak atas:

DANA SOSIAL SUKADANA SOSIAL DUKADANA SOSIAL PENDIDIKANDANA SOSIAL RAWAT INAP

kUNCi keberhasilan seseorang dimulai dari kemandirian. Sejak kapan pendidikan kemandirian diberikan kepada anak-anak? Sikap mandiri sudah dapat dibiasakan sejak anak masih kecil: memakai pakaian sendiri, menalikan sepatu dan bermacam pekerjaan-pekerjaan kecil sehari-hari lainnya. Kedengarannya mudah, namun dalam prakteknya pembiasaan ini banyak hambatannya. Berikut ini tips agar anak tumbuh mandiri.

Beri kesempatan memilihAnak yang terbiasa berhadapan dengan situasi atau hal-hal yang sudah

ditentukan oleh orang lain, akan malas untuk melakukan pilihan sendiri. Sebaliknya bila ia terbiasa dihadapkan pada beberapa pilihan, ia akan terlatih untuk membuat keputusan sendiri bagi dirinya.

metrosawiran�

Mari Hartini (Usaha Warung)

Ingin Punya Tabungan

potret

iNgiN punya tabungan? Apa susahnya? Ternyata memang tidak mudah. Jika uang ditabung di rumah, sering kali ”katut” untuk kebutuhan ini dan itu. Mau menabung di Bank, juga susah karena harus pergi ke Bank yang jaraknya relatif jauh. Itulah yang dialami oleh Ibu Mari Hartini (34 tahun) sehubungan dengan keinginannya menabung.

”Untung saya kenal CU Sawiran, maka saya sungguh-sungguh memaksakan diri untuk menabung. Lebih-lebih para karyawan CU selalu mengarahkan saya perihal pentingnya menabung. Saya tak harus pergi ke kantor CU, karena tiap hari ada karyawan CU yang ke sini,” kata Ibu satu anak yang tinggal di Dusun Wonokitri Tosari ini.

Sebelum membuka usaha warung Ibu Hartini adalah seorang petani, membantu

suaminya di ladang. Bapak Budi Sisono (36), suaminya, tetap berladang sampai sekarang, menanam sayur mayur, seperti kentang, kobis, dan lain-lain. ”Ya, maunya menambah penghasilan dengan buka warung kecil-

kecilan. Bagaimana pun kami punya cita-cita anak kami bisa bersekolah sampai tinggi. Siapa tahu tambahan ini bisa menutupi biaya sekolah,” tutur Bu Hartini.

SEMULA KARENA KATA ORANGTertarik ikut CU Sawiran karena terpengaruh cerita

orang. ”Menurut kawan yang sudah jadi anggota ikut Sawiran itu enak. Pinjam mudah, bunga rendah. Maka, kami pun mencoba ikut.” Nah, karena dorongan kawan-kawannya Ibu Hartini akhirnya bergabung dengan CU Sawiran. Tiap hari ia menabung antara Rp 50 ribu s.d. Rp 100 ribu. Ia pun tak perlu datang ke kantor CU karena setiap hari pasti ada karyawan CU yang singgah di warungnya. ”Ternyata kata orang itu benar. Saya sudah mengalami dan merasakan sendiri,” komentarnya.

Sampai saat ini Bu Hartini memang belum pernah pinjam ke CU. Namun ke depan rencana menggunakan fasilitas pinjaman itu ada, ”Kami ingin mengembangkan usaha. Jadi perlu tambahan modal dan biaya. Kami nanti pasti akan pinjam,” katanya. Menurut Bapak Budi warung yang dikelola istrinya memang tidak begitu besar. “Yang penting lancar saja. Omset tiap hari pun lumayan. Biasanya setiap pendapatan Rp 100 ribu akan kami sisihkan Rp 3 ribu sebagai keuntungan kami. Itu yang kami pakai untuk hidup sehari-hari dan sisanya ditabung,” ungkap Bapak Budi yang terlihat bersahaja.

Begitulah pengalaman sederhana pasangan Mari Hartini –Budi Sisono. Ada satu hal yang dapat kita petik dari pengalaman itu yaitu semangat menabung dan bagaimana memperoleh keuntungan kecil demi kelanggengan usahanya. Semoga kita bisa meneladaninya.

12.000pembaca

6 kabupaten dan kota

segmentasi

jelas

Pastikan bisnis anda menjadi bagian dari kesuksesan bersama dengan beriklan di metrosawiran

iklan warna harga210 mm x 280 mm Rp 1.250.000,0075 mm x 140 mm Rp 600.000,0075 mm x 68 mm Rp 300.000,00

- Harga berlaku untuk sekali pemasangan.- Pemasangan 3x berturut-turut gratis 1x- iklan diterima dalam bentuk jPg, res.300dpi

iklan baris harga/barisanggota gratis

non anggota Rp 5.000,00- maksimal iklan 5 baris.- 1 baris maksimal 30 karakter termasuk spasi.

* untuk iklan gratis disesuakan dengan kolom dan bergantian dengan anggota yang lain.

iklan barisgratis*

Call: phone: 0341 716316 | Fax.: 0341 716317 | e mail: [email protected]