menyembunyikan sheet di excel 2007

3
Cara Menyembunyikan Sheet di Excel 2007 Sebagai ilustrasi misalnya sobat mempunyai file Excel, yang mana didalamnya terdiri dari beberapa sheet, misalnya dengan nama Adsense, Accounting, Acne dan Articles. Maka bagaimana caranya bila sobat ingin menyembunyikan salah satu sheet Excel tersebut, misalnya sheet yang bernama Acne ingin kita sembunyikan, tindakan yang dilakukan ini bukan berarti menghapus salah satu sheet dari Excel, namun hanya menyembunyikan atau menghidden sehingga tidak akan nampak oleh orang yang membuka file Excel tersebut. Sekarang lihat gambar dibawah dimana ada 4 sheet dan sheet yang bernama Acne akan kita hidden atau sembunyikan. Cara Menyembunyikan Sheet di Excel 2007 1. Klik kanan pada nama sheet yang ingin disembunyikan (klik kanan pada Acne) 2. Lalu pilih Hide untuk menyembunyikan sheet tersebut. 3. Nah lihat gambar dibawah ini untuk melihat hasilnya, dimana sheet Acne disembunyikan dari tampilan bukan ? Cara Menampilkan Worksheet Yang Terhidden – Sekarang sobat telah tahu bahwa sheet Excel bisa disembunyikan seperti halnya kolom dan baris yang biasa juga dihidden oleh pemilik file excel agar tidak diketahui oleh orang lain yang membuka file excel tersebut. Bila sobat pernah menyembunyikan atau menghidden salah satu sheet excelnya maka sobat juga perlu tahu caranya untuk menampilkan sheet yang tersembunyi itu. Karena bisa menjadi hal yang lucu bila sobat telah menyembunyikan sheet tertentu tapi tidak bisa menampilkannya kembali, ini bisa menjadi masalah lagi, tentunya bukan ? Bagi sobat yang belum tahu cara melakukannya maka baca terus tulisan dibawah ini !

Upload: dimejo-sosrobahu

Post on 11-Jul-2016

225 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

menyembunyikan sheet pada excel

TRANSCRIPT

Page 1: Menyembunyikan Sheet Di Excel 2007

Cara Menyembunyikan Sheet di Excel 2007

Sebagai ilustrasi misalnya sobat mempunyai file Excel, yang mana didalamnya terdiri dari beberapa sheet, misalnya dengan nama Adsense, Accounting, Acne dan Articles. Maka bagaimana caranya bila sobat ingin menyembunyikan salah satu sheet Excel tersebut, misalnya sheet yang bernama Acne ingin kita sembunyikan, tindakan yang dilakukan ini bukan berarti menghapus salah satu sheet dari Excel, namun hanya menyembunyikan atau menghidden sehingga tidak akan nampak oleh orang yang membuka file Excel tersebut.

Sekarang lihat gambar dibawah dimana ada 4 sheet dan sheet yang bernama Acne akan kita hidden atau sembunyikan.

Cara Menyembunyikan Sheet di Excel 20071. Klik kanan pada nama sheet yang ingin disembunyikan (klik kanan pada Acne)

2. Lalu pilih Hide untuk menyembunyikan sheet tersebut.3. Nah lihat gambar dibawah ini untuk melihat hasilnya, dimana sheet  Acne

disembunyikan dari tampilan bukan ?

Cara Menampilkan Worksheet Yang Terhidden –  Sekarang sobat telah tahu bahwa sheet Excel bisa disembunyikan seperti halnya kolom dan baris yang biasa juga dihidden oleh pemilik file excel agar tidak diketahui oleh orang lain yang membuka file excel tersebut.

Bila sobat pernah menyembunyikan atau menghidden salah satu sheet excelnya maka sobat juga perlu tahu caranya untuk menampilkan sheet yang tersembunyi itu. Karena bisa menjadi hal yang lucu bila sobat telah menyembunyikan sheet tertentu tapi tidak bisa menampilkannya kembali, ini bisa menjadi masalah lagi, tentunya bukan ? Bagi sobat yang belum tahu cara melakukannya maka baca terus tulisan dibawah ini !

Sebagai ilustrasi misalnya sobat memiliki sebuah workbook yang terdiri dari 4 sheet yaitu Produk, Harga, Laba dan Rugi, tetapi sheet Harga telah disembunyikan atau telah dihidden, lalu bagaimana caranya untuk menampilkan kembali sheet yang disembunyikan tersebut.

Cara Menampilkan Kembali Sheet Yang Tersembunyi di Excel 20071. Klik kanan pada tab nama sheet yang ada kemudian pilih Unhide

2. Setelah muncul Kotak Dialog Unhide maka akan muncul nama-nama sheet yang disembunyikan, pilih salah satunya (kebetulan disini hanya sheet harga saja yang disembunyikan) kemudian klik OK.

Page 2: Menyembunyikan Sheet Di Excel 2007

3. Lihat hasilnya gambar excel dibawah dimana sheet Harga  akhirnya muncul kembali setelah sebelumnya disembunyikan dari pandangan orang yang membuka file Excel tersebut.

Cara diatas bisa dilakukan saat sobat membuka sebuah file excel muncul kecurigaan bahwa ada beberapa sheet yang sengaja disembunyikan oleh pemiliknya, maka cara tersebut bisa digunakan untuk memastikan ada tidaknya sheet yang tersembunyi.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------Mengunci Kolom atau Baris di Worksheet Excel

suatu saat kita pernah menemukan sebuah worksheet excel dimana diantara kolom atau baris ada beberapa kata/kalimat ada yang bisa diedit ada juga yang tidak sama sekali. Biasanya kita menemukan hal tersebut ketika mengisi data atau suatu isian dalam lembar kerja excel.

Apakah sulit membuatnya, tentunya tidak….dan caranya adalah sebagai berikut :

Buka excel, anggaplah kita akan kerja di Sheet1 dan sekarang klik kanan pilih  Format Cells... kemudian arahkan kursor ke Protection disana sudah tercentang untuk Locked sedangkan Hidden  belum, sekarang hilangkan centan di Locked  dan setelah itu klik OK tentunya.Coba kamu tulis di cell A1 —–> Nama, Cell A2  —–> Tempat Lahir, Cell A3  —–> Tanggal Lahir.Sorot atau blok untuk Kolom A atau yang ada tulisan Nama dll.Setelah itu klik kanan dan pilih  Format Cells… kemudian arahkan kursor ke Protection centang untuk Locked begitupun Hidden  lalu klik OK.Dalam kondisi dikolom A masih di blok atau yang ada tulisan Nama dll , arahkan Kursor di tulisan Sheet1 kemudian klik kanan dan pilih Protect Sheet.., biasanya akan muncul form dimana sudah tercentang secara otomatis adalah Protect worksheet and contents of locked cells kemudian tambah centang selain Select locked cells dan Select unlocked cells yaitu Sort  dan tekan aja OK.Sekarang coba arahkan kursor ke tulisan yang sudah kita buat tadi sudah bisa dipastikan tidak bisa di edit lagi sedangkan kolom lainnya yang tidak di blok masih bisa kita edit.