membuat database pada visual studio 2010

Upload: agus-rahman-hidayat

Post on 19-Jul-2015

1.072 views

Category:

Documents


32 download

TRANSCRIPT

Membuat Database pada Visual Studio 2010Oleh Vika F. Insanittaqwa

Berikut ini adalah tutorial untuk membuat database sederhana dengan menggunakan Visual Studio 2010 karena terdapat fitur untuk membuat database tersebut tanpa harus menginstall software tambahan. Bayangkan kita akan membuat database untuk mencatat pembelian dan penjualan barang yang dilengkapi dengan login untuk pengguna. Oleh karena itu, kita membutuhkan 4 tabel, yaitu stokBarang, Penjualan, Pembelian, dan Pengguna untuk keperluan login dalam sistem tersebut. stokBarang memiliki hubungan one-to-many terhadap Penjualan dan Pembelian, dan Pengguna adalah terpisah dengan tabel lainnya. Jika digambar, maka CDM-nya kurang lebih akan terlihat seperti ini.

Nah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Tutorial ini menggunakan gambar untuk mempermudah penyampaian. Klik gambar untuk memperbesar.

1. Membuat sebuah project baru pada visual studio 2010

Dalam contoh kali ini digunakan .NET Framework 4 dan menggunakan Visual C# Web ASP.NET Empty Web Application (lihat gambar). 2. Add new folder App_data Klik kanan Solution - Add - Add ASP.NET Folder - App_Data

3. Membuat SQL Server Database Pada folder App_Data yang telah dibuat, klik kanan dan Add - New Item Lalu pilih SQL Server Database.

Sekarang App_Data telah berisi database bernama Database1.mdf

Pada Server Explorer juga akan terdapat Database1.mdf, namun masih belum terisi dengan table apapun

4. Membuat tabel pada database Klik kanan pada folder table pada Server Explorer dan klik Add New Table

Pada window yang baru muncul, isilah nama column dan tipe data yang akan menjadi atribut pada table baru. Pada contoh kali ini, akan dibuat table Pengguna dengan atribut IdUser, Username, dan Password

Jangan lupa untuk men-set atribut idUser sebagai Primary Key dengan klik kanan - Set as Primary Key. Akan muncul tanda kunci di sebelah atribut (lihat gambar). Pada properties toolbar, gantilah nama table1 dengan nama table "Pengguna".

Demikianlah cara membuat table dengan sederhana dengan Visual Studio 2010. Untuk table-tabel selanjutnya bisa membuatnya dengan atribut sebagai berikut: Tabel "stokBarang"

Tabel "Penjualan"

Khusus untuk table Penjualan yang memiliki Foreign Key yang terhubung dengan table stokBarang, maka kita membuat sebuah atribut bernama IdBarangFK yang akan kita set Foreign Key-nya dengan cara sebagai berikut:

a. Klik kanan idBarangFK - Relationship. b. Pada window yang baru, klik Add c. Klik properties pada "Tables And Colums Specific"

d. Pilih "stokBarang" pada Primary Key table dan "idBarang" sebagai atribut yang dipilih. Hal ini berarti kita mengambil atribut IdBarang pada table stokBarang untuk menjadi foreign key pada table Penjualan pada atribut idBarangFK

Lalu tabel "Pembelian"

Dalam table ini kita juga perlu membuat relationship foreign key yang berhubungan dengan stokBarang. Cara yang dipakai sama seperti penjelasan sebelumnya. Langkah berikutnya adalah mengisi table-tabel tersebut dengan record-record untuk bisa ditampilkan di dalam project yang kita buat. Untuk table Pengguna, kita hanya memerlukan record yang berisi username dan passwordnya. Demikianlah tutorial singkat membuat database sederhana dengan Visual Studio 2010 Micsosoft Corporation.