luwuk post online :: rabu, 17 maret 2009

16

Click here to load reader

Upload: luwuk-post

Post on 14-Mar-2016

435 views

Category:

Documents


135 download

DESCRIPTION

Harian Pertama di Kawasan Timur Sulawesi

TRANSCRIPT

Page 1: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

e m a i l : [email protected] | I n f o B e r l a n g g a n a n K o r a n d a n I k l a n : ( 0 4 6 1 ) 3 2 5 4 4 7 f a k s m i l i : ( 0 4 6 1 ) 3 2 5 0 7 1

SELASA17 MARET 2009

Nomor 0487www.luwukpost.info

KAMBING yang mirip sapi diYume Bokujyo atau PeternakanImpian di Narita, Tokyo bagiantimur, Jepang, kemarin (15/3).Tak jelas apakah dia lahir se-telah induknya suka menginapdi kandang sapi jantan. Yangjelas hewan yang kini berusiatiga bulan itu diragukan kekam-bingannya. Ini tecermin dari na-manya, Ushika. Artinya: Apa-kah kamu sapi? Selain menegas-kan binatang siapa dirinya de-ngan baunya, sesekali dia‘’menjawab’’: mbeeeekkk...(roy)

CUACA

Berpeluang Badai/malam 24°C (hujan)

INSIDE

ISLAMABAD -Panasnyasuhu politik Pakistan sedikitmereda kemarin (16/3). Pemerin-tah mengembalikan kursi KetuaMA Pakistan yang telah dipe-cat, setelah gerakan oposisihamper melumpuhkan ibu kota.Chaudry akan kembali menjabatsebagai ketua MA 21 Maret.

“Saya mengumumkan pemu-lihan semua hakim yang telahdiberhentikan, termasuk IftikharChaudhry,” ujar Perdana Men-teri Yousaf Raza Gilani. Chaudrydipecat pada masa pemerin-tahan Presiden Jenderal PervezMusharaf.

Kedubes AS menghargai

Gorontalo 28 C Palu 26 C Makassar 28 C

BACA : PEMERINTAH.....Hal 15

HARGA ECERAN Rp. 3.000

28C

PemerintahKembalikan

Kursi Ketua MA

JAKARTA-Hasil ujian nasio-nal (unas) SMP dan SMA tahunini harus lebih baik. Hal ituditegaskan Mendiknas Bam-bang Sudibyo beberapa waktulalu. Sebab, pemerintah secarabertahap akan terus meningkat-kan nilai rata-rata unas. Se-hingga, pada 2014 nanti diha-rapkan nilai rerata minimal unasbisa mencapai 7,5.

Ketua Badan StandarisasiNasional Pendidikan (BSNP)Prof Eddy Mungin mengata-kan, sesuai dengan standar na-sional pendidikan (SNP),

Nilai Rata-RataMinimal Unas 7,5

BACA : NILAI.....Hal 15

INTERMEZZO

Kambing yang Diragukan

Menteri Minta Klarifikasi DS LNGLUWUK-Upaya PT LNG Energi Utama (LEU) agar

pemerintah meninjau kembali kontrak Gas Sale Agree-ment (GSA) yang telah ditandatangani PT DonggiSenoro LNG (DSL) dengan PT Pertamina EP sertakontrak GSA antara DSL dengan PT Pertamina HETomori dan PT Medco HE Tomori, agaknya mulaimembuahkan hasil.

Setidaknya, pemerintah melalui Menteri EnergiSumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantorotelah memerintahkan penundaan penerbitan SalesAppointed Agreement (SAA) untuk penjualan gasDonggi Senoro kepada konsorsium DS LNG. Hal ini,

BACA : MENTERI.....Hal 15

..... PEMILU Hal. 5

HARI INI

..... BABASAL Hal. 2

..... METRO Hal. 3

Jaringan HP TembusBualemo

RIPTU Waluyo tampak bergegas. Bu-kan karena dipanggil komandannya.Tapi, tapi siang itu dia hendak salatduhur berjamaah di Masjid Polda Jatim.

Kebiasaan yang belum lebih dari dua minggudilakoninya. “Sekarang banyak temannya.

Suasana di Polda Jatim kinimenjadi lebih religius. Tiap waktu

salat, anggota bergegas menujumasjid untuk salat berjamaah. Situasi

seperti itu menular ke polwil danpolres jajarannya.

ANGGOTA DPRDDESAK PEMDAAMBIL SIKAP

[Foto; MUHAMAD ALI / JAWA POS]

DIANCAM 20 TAHUN PENJARA: Mantan Dubes RI untuk Malaysia Rusdihardjo usai sidang perdana diPengadilan Tipikor, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/2). Mantan Kapolri itudidakwa menyelewengkan biaya dokumen keimigrasian dan terancam hukuman 20 tahun penjara.

BACA : MUSLIM.....Hal 15

JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU)menemukan rekap lengkap jumlah surat suara yangrusak di 33 provinsi. Jumlah total surat suara rusakyang perlu diganti ternyata 3,5 juta hingga 4 jutalembar. Itu sudah termasuk jumlah surat suara tam-bahan akibat perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT)yang sudah ditetapkan. “Malam ini (kemarin) sudahmulai produksi untuk surat suara rusak,” kata AbdulAziz, anggota KPU bidang logistik dan anggaran,saat ditemui setelah deklarasi kampanye damai diPekan Raya Jakarta kemarin (16/3).

3,5 Juta SuratSuara Rusak

BACA : SURAT SUARA....Hal 15

Tunda Penunjukan PenjualGas Donggi Senoro

Brigjen Pol Anton Bachrul Alam dan Nuansa Beda di Polda Jatim (2-Habis)

Muslim Khataman Alquran,Kristiani Doa Okuimene

Apalagi pahalanya lebih banyak,” ucapnya.Waluyo memang tak omong kosong. Kini,

Masjid Polda Jatim menjadi semakin makmur.Bila sebelumnya masjid tersebut hanya ramaisaat salat Jumat, kini nyaris tiap hari banyakanggota maupun warga sipil (yang kebetulanpunya urusan di polda) salat duhur dan asarberjamaah di masjid itu. “Yang dulu hanya satusaf, kini masjid selalu penuh,” kata AKBPNoviar, koordinator sekretaris pribadi KapoldaJatim. “Itulah secara fisik perubahan yang kasat-mata. Namun, yang tak kasatmata justru yangpaling berubah,” tambahnya.

Noviar kemudian menyebut hubungan antara

Tunjangan Fungsional Cair Tiga Bulan Sekali

JAKARTA-Mantan Duta BesarRI untuk Malaysia Rusdihardjoyang terseret kasus korupsi pu-ngutan liar segera menghirupudara bebas. Departemen Hukumdan HAM menyatakan telah mem-proses permohonan pembebasanbersyarat (PB) yang diajukanbekas Kapolri di era Presiden GusDur itu.

“Persyaratan yang diajukansudah lengkap. Saat ini permoho-nan pengajuan pembebasan ber-syarat telah diajukan,” kata DirjenPemasyarakatan Untung Sugijonokemarin. Saat ini, kata Untung,permohonan itu sudah di meja

Mantan KapolriPembebasan

Bersyarat

BACA : MANTAN.....Hal 15

KARDONO SETYORAKHMADI, Surabaya

BBACA : RIO PAKAVA.....Hal 15

PALU-Debu dan lumpur mengiringi perjalananWakil Gubernur Sulawesi Tengah (Wagub Sulteng)Ahmad Yahya dan sejumlah wartawan yang me-ngikutinya, Sabtu (14/3) lalu ke Lalundu. Maklum,hari itu pesisir barat Pulau Sulawesi diguyur hujansejak pagi.

Tak pelak, iringan tiga kendaraan dalam rombonganWagub pun selalu basah sejak memasuki wilayahKabupaten Donggala hingga ke wilayah ProvinsiSulawesi Barat (Sulbar). Hujan baru mereda ketikarombongan memasuki kembali wilayah Lalundu,Sulteng.

Rio Pakava, Anak TiriSulteng di Tengah Sulbar

CATATAN

LAPORAN: RAHMAT AZIS

JAKARTA-Keluhan para guru swasta didaerah yang meminta agar tunjangan fung-sional segera dicairkan direspons peme-rintah. Tahun ini, Ditjen Peningkatan Mutu

dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) memin-ta agar daerah bisa mencairkan tunjanganfungsional tepat waktu. “Daerah juga haruspeka terhadap keterlambatan pencairan tun-

jangan fungsional. Apalagi, tahun initunjangan fungsional harus dicairkan tiap

BACA : TUNJANGAN.....Hal 15

[F-frizal/Jawa Pos]

Kapolda Jatim Brigjen Pol Anton BachrulAlam.

(Foto: Sofyan Labolo / Luwuk Post)

ANAK: Salah satu parpol padaPawai Kampanye Damai, padaSenin (16/3) kemarin mengi-kutsertakan anak dibawahumur. Padahal sebelumnyaKPUD melarangnya. Karenatermasuk sebuah pelangga-ran.

Lagi, Parpol ‘Cuekin’Ketentuan KPUD

MANCANEGARA

PENDIDIKAN

Page 2: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

2Selasa,17 Maret 2009

BUNTA-Dalam menghadapi pesta demokrasi ataupemilihan calon anggota legislatif (caleg) 9 Aprilmendatang, Dandim 1308 Kabupaten Banggai danBangkep, Budi Setianto dalam tatap mukanyadengan Pemerintah Kecamatan, Muspika, tokohagama, tokoh politik, tokoh pemuda se-KecamatanBunta serta Nuhon yang dilaksanakan di KantorDanramil Bunta pada Sabtu (14/3) lalu minta TNI-POLRI untuk bersikap Netral.

Pada kesempatan tatap muka tersebut, BudiSetianto mewanti-wanti agar anggota TNI-Polrimaupun PNS yang ada diwilayah Kecamatan Buntadan Nuhon, untuk selalu dalam prilaku netral sertatidak memaksakan maupun mengarahkankeluarganya memilih partai atau caleg tertentu padapemilu legislatif yang tinggal beberapa hari lagi.

Selain itu, Budi Setianto juga sejumlah peraturanyang mengatur dan mengikat anggota TNI-Polrimaupun PNS dalam beprilaku netral guna membantumenjaga ketertiban, keamanan serta kelancaranpelaksanaan pemilu. Sementara itu, dari amatanLuwuk Post, dalam kegiatan tatap muka tersebut,Budi Setianto juga melakukan diskusi atau tanyajawab seputar persiapan pemilu dengan sejumlahundangan yang hadir dalam acara tersebut.

Sekedar informasi, yang hadir dalam kegian tatapmuka Dandim 1308 di Danramil Bunta itu, DanramilBunta, Mewakili Polsek Bunta, Camat Bunta-Nuhon,Kacabjari, Kepala Puskesmas, Kepala Pos, KUABunta-Nuhon, tokoh agama, pemuda, masyarakatdan tokoh Politik setempat. (Amank)

Dalam Pemilu Legislatif Mendatang

KPUD Diminta Sosialisasikan Cara Memilih

Dandim 1308 Minta TNI-POLRI Bersikap Netral

.

Alamat Praktek : Jln. DR. M Hatta, No.12Kelurahan Maahas, Luwuk, Kabupaten BanggaiNaik Angkot Jurusan Poros Bandara Bubung, Samping

SDN Maahas ke Depan Kurang Lebih 50 Meter(Lihat Papan Nama Medicine Herbal)

Datang dan buktikan hasilnya…!! Dinkes RI : 442/205/STPT/10/DKK, Buka praktek tiap hari jam 08.00 - 20.00 wita

Kami mengobati penyakit baru dan kronis dengan formula khusus tanpa operasi dan injeksi METODE penyembuhan ini langsung pada penyebab penyakitalmulanya keluhan yang anda rasakan, kami padukan dengan MEDICINE dan HERBAL yang bekerja secara CAUSATIF bersifat KATALISATOR memperbaikiMETABOLISME tubuh sehingga MENGOPTIMALKAN kemampuan jaringan dan ANATOMI anda sesuai dengan program Pemerintahan dan Peraturan Menkes RINo. 037 BIRHUB 1973 Tanggal 12 Juli 1973. Ingat tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan kecuali malas berusaha dan berobat. Semoga dengan Info inimenjadi petunjuk yang tepat munuju kealam yang sehat (lahir bathin) pengalaman kami terbukti penyakit sembuh dan tidak kambuh lagi. Buktikan semoga cukup1 X berobat untuk mendapatkan penyembuhan alamiah selamanya. Amin.

TERBUKTI SANGAT EFEKTIF MENGOBATI PENYAKIT :A. SISTEM KELENJAR

- Asam Urat/Reumatik- Gondok- Amandel/Polip-Tumor

B.SISTEM PERNAPASAN- TBC/Batuk Kering- Pilek Menahun- Bronhitis- Asthma/Sesak Napas- Kanker Paru-paru

Retina & SilinderKornea MataCuci MataKatarak/Berair

Rabun JauhRabun Dekat

Minus/PlusButa Warna

BEBASKAN KACAMATA ANDABERSAMA KAMI

REFLEKSI TOTOK SYARAFJANGAN BIARKAN JASMANI DAN ROHANI ANDA DALAM HIDUP INI

HINGGA TIBA SAAT YANG SULIT TERTOLONG LAGI, KESEHATAN ADALAHMOTIF UTAMA DALAM KEHIDUPAN INI & MASA DEPAN…!!

I. SISTEM PENGLIHATAN

C. SISTEM PEREDARAN DARAH- Hipertensi, Anemia, Leukimia- Lumpuh karena Stroke

D. SISTEM URINE/KENCING- Kencing Batu/Ginjal- Prostat- Kencing Manis

E. SISTEM PENCERNAAN- Maag Kronis/Lambung- Usus Buntu- Wasir/Ambeyen- Hernia/Turun Berok

F. SISTEM SYARAF- Migran- Susah Tidur- Ayan/Epilepsi- Kanker Syaraf Otak- Sakit Kepala Menahun

G. SISTEM INFEKSI ALERGI- Telinga Bernanah- Lever/Sakit Kuning- Gatal-gatal/Exim

H. SISTEM REPRODUKSI- Kanker Rahim/Kandungan- Keputihan- Ingin Punya Keturunan- Tumor/Kanker Kandungan- Jantung

LUWUK-Setelah sempat mengalami kenaikan,akhirnya harga beberapa bahan bangunan di KotaLuwuk kembali normal. Beberapa pekan terakhirharga bahan bangunan mengalami penurunan.

Salah seorang pemilik toko bangunan di JalanJendral Sudirman, Yuli, kepada Luwuk Post menga-takan bahwa harga bahan bangunan relaif normal.Misalnya harga cat yang sempat naik hingga Rp 40ribu sekarang turun menjadi Rp 35 ribu.

Penurunan harga cat tersebut diperkirakan sudahsebulan yang lalu. Yuli juga menambahkan, bahwapenurunan tersebut hanya terjadi pada bahan ba-ngunan jenis cat yang sering mengalami perubahanharga.Yuli juga menegaskan, tidak semua bahan ba-ngunan turun sebagaimana harga cat. “Yang lainnormal-normal saja, kami juga belum bisa memastikanapa menyebab naik dan turunnya harga bangunansaat ini,” ujarnya.(Tr-04)

Harga Cat Relatif Normal

Aktivitas Guru Dikritik

LUWUK-Lengkap sudahharapan warga di KecamatanBualemo. Setelah sekian lamaterisolir dari jaringan komuni-kasi, saat ini kecamatan bualemosudah ditembus oleh jaringanhenadhone. Melalui selulernya,awak Luwuk Post semalam sem-pat menerima telepon dari seo-rang teman yang sedang beradadi Bualemo.

Menurutnya, jaringan selulersudah bisa dinikmati warga di

Kecamatan Bualemo sejakpukul 20.00 tadi malam. Wargayang sudah sekian lamamerindukan jarngan selulerlangsung bersorak sorai kegi-rangan. Meskipun ada dianta-ranya yang kesal karena saatjaringan terbuka HP nya dalamkeadaan tidak terisi pulsa.

“Pokoknya sekarang sudahada jaringan telpon,” tuturseorang kawan dari Boalemo,semalam. (far)

Jaringan HP Tembus Bualemo

BUNTA-Sejumlah aktivis politikdiwilayah Kecamatan Bunta danNuhon, Kamis (12/3) kemarin mintaagar pihak Komisi Pemilihan UmumDaerah (KPUD) Kabupaten Banggaisegera melakukan sosialisasi tata caramemilih yang baik dan benar.

Pasalnya, sebagian besar wargayang berada di desa-desa didua Keca-matan tersebut, rata-rata belum pa-ham tentang tata cara memilih yangbaik dan benar pada pemilihan calonanggota legislatif (caleg) pada 9 April2009 mendatang.

Menurut sejumlah aktivis politikyang ada didua Kecamatan itu, jikapihak KPUD tidak mengsosialisasi-kan tata cara memilih yang diangkapmasih baru atau lumrah dimata ma-syarakat khusus dipelosok desa. Se-bab mereka mengkhawatirkan, jika

tidak segera dilakukan sosialisasi,akan banyak surat suara yang rusak.Sementara itu, Kusran seorang wargaDesa Dondo Soboli Kecamatan Bunta,mengaku belum tahu sama sekalitentang cara memilih pada pemilihancaleg yang akan dihelak 9 April

mendatang.Kata Kusran, ia hanyapernah mendengar dari seorangtemannya, bahwa tata cara memilihpada pemilihan caleg mendatang telahberubah dan berbeda denganpemilihan yang dilaksanakan selamaini. (Amank)

Suka KosongkanJam Pelajaran

LUWUK-Pelaksanaan pen-didikan khususnya aktivitasguru dalam mengajar mendapatkritik dari berbagai kalangan.Salah satunya disampaikan sa-lah seorang petugas penyuluhkesehatan yang ada di Balan-tak, Sutirto Lanusi.

Sutirto tampaknya merasakandampak lemahnya kualitas SDMmasyarakat yang sangat mem-pengaruhi pemahaman keseha-tan setiap individu masyarakat.Ia mulai mencari tahu sepertiapa pelaksanaan pendidikanyang dilaksanakan sehinggamembuat keadaan pendidikansemakin terbelakang.

Menurut Sutitro, berdasar-kan pengamatannya, ternyatamodel pelaksanaan pengajaranyang dilakukan oleh guru sa-ngat tidak memberikan jaminan

kualitas SDM. Bila itu terusdilakukan, maka tidak ada jami-nan terjadi perubahan mutupendidikan di daerah ini.

Hal mendasar yang sangatdikritik Sutirto adalah sikapguru-guru yang tidak memberi-kan pelajaran sesuai denganjadwal. Katanya dalam sehariyang semestinya anak sekolahdiberikan empat pelajaran seba-gaimana yang ada di dalam jad-wal, namun kenyataan siswaterkadang hanya menerima satuatau dua pelajaran saja. Sele-bihnya, anak-anak dibiarkan sa-ja bermain.Hal lain yang dimintaSutirto untuk dirubah adalahkegiatan guru yang ada dalamKKG. Kata Sutirto, kegiatantersebut hendaknya dilaksana-kan di luar jam pelajaran sehing-ga tidak merugikan siswa untukmenerima pelajaran.“Kalau gurutidak mengajar, maka generasikita yang rugi, atau masyarakatluas,” tuturnya. (far)

PAGIMANA-Panitia PengawasPemilihan Umum ( PANWASLU )Kecamatan pagimana, hari inimelantik dan sekaligus memberikanpembekalan kepada Pengawas Pe-milu Lapangan ( PPL ) se KecamatanPagimana.

Pelantikan dan pembekalan PPLdari 35 desa dan 3 dari kelurahanyaitu kelurahan Pagimana, kelura-han Basabungan dan kelurahan

Pakowa, dengan pelaksanaan pe-lantikan PPL selasa (17/3) berlang-sung di Sekretariat Panwaslu Keca-matan Pagimana.

Pelantikan akan dilakukan secaralangsung oleh Ketua PanwasluKabupaten Banggai Moh.Suhar-tono, SH dan sekaligus pembekalanterhadap Pengawas Pemilu Lapa-ngan (PPL) di Kecamatan Pagima-na. Devisi Pelaporan dan Tindak

Hari Ini, Pelantikan PPL Se Kecamatan PagimanaLanjut Panwaslu Moh. Saleh, Sagyang di temui Luwuk Post (16/3) dikantor sekretariat Panwaslu Pagi-mana menuturkan bahwa denganpembekalan ini guna pembahasantata cara mekanisme pengawasanserta pemahaman kepada Penga-was Pemilu Lapangan (PPL) dari be-berapa desa dan kelurahan denganmetode pengawasan dan pelang-garan.(anto)

(Foto: Gafar Tokalang/Luwuk Post)

KEKERINGAN-Ratusan hektar sawah di Kecamatan Masama mengalami kekeringan. Wal hasil, ratusan hektar sawah itutidak dapat diolah menjadi sawah, kecuali menunggu giliran air irigasi yang setiap tahunnhya digilir untuk dua pintu air yangberbeda-beda.

Page 3: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

Selasa, 17 Maret 2009 Halaman 3

PADAT : Aktivitas di KPU Kabupaten Banggai belakangan ini semakin padat, menyusul semakin dekatnyapelaksanaan pemungutan suara. Kantor KPU Banggai saat ini dipenuhi oleh logistik Pemilu.(Foto:Thatoe/Luwuk Post)

LUWUK-KONI Kabupaten Banggai memintamasing-masing Pengcab olahrga yang ada diKabupaten Banggai untuk melakukan berbagaikegiatan yang dapat mempersiapkan atlit-atlityang akan diikut sertakan dalam Pekan Olah-raga Provinsi (POrprov) yang akan dilaksana-kan di Toli-Toli, tahun depan.

Sekretaris KONI Kabupaten Banggai, AndiDjalaludin saat berbincang dengan koran inibeberapa hari lalu mengatakan, KONI tidak akanturun secara langsung dan tehnis untuk urusanpembinaan potensi dan bakat masing-masingatlit. Katanya, KONI hanya memfaslitasi kebu-tuhan olahraga yang ada di daerah ini.

“saya berharap masing-masing Pengcab bisamelakukan kegiatan untuk bisa menjadi ajangrekrutmen atlit berprestasi,” tutur Andi.(far)

KONI Minta PengcabSiapkan Atlit

BACA : UPKD..... Hal 4

LUWUK-Desk Pemilu bentukan PemdaKabupaten Banggai sudah mulai membenahitempat. Desk Pemilu Pemda Kabupaten Bang-gai akan mulai berkantor di bekas kantorperikanan dan keluatan Kabupaten Banggai,di kelurahan mahaas.

Sekretaris Desk Pemilu, Irfan Poma menje-laskan, pihaknya akan menggunakan dua rua-ngan untuk keperluan kerja-kerja Desk Pemilu.Sejak kemarin eks kantor keluatan itu sudahsedang dibenahi dan akan segera di tempatisebagaimana rencana, yakni pada hari ini. “Hariini kami bersihkan, pasang listrik dan juga akanditempatkan kursi. Semoga besok (hari ini-red)bisa kita gunakan,” tutur Irfan.

Katanya, Desk Pemilu juga akan membantutugas-tugas KPU, baik sosialisasi hingga hal-hal tehnis lain bila dibutuhkan. (far)

UPKD PendidikanDistribusikan Bantuan BukuLUWUK-UPKD Bidang Pen-

didikan Program PercepatanPembangunan Daerah Terting-gal dan Khusus (P2DTK) mulaimendistribusikan bantuanbuku pelajaran.

Amatan Luwuk Post, Senin(16/3), kemarin, MTs Alkhairattelah menerima bantuan bukumata pelajaran.

KTU MTs Alkhairat Salima Y.L, kepada Luwuk Post, menga-kui, bantuan dua dos besarbuku tersebut berasal dari pro-gram P2DTK Bidang Pendidi-kan. “Jumlah dan jenis buku ma-sih sementara kami data,” tu-turnya ketika ditanya buku–buku apa saja yang disalurkanUPKD Bidang Pendidikan ke

LUWUK-Ketua Komisi BDPRD Kabupaten Banggai,Ariyanto Hakim meminta peme-rintah daerah Kabupaten Bang-gai segera mengambil sikapterkait dengan rencana inves-tor gas yang akan beroiperasidi wilayah Desa Uso, Keca-matan Batui.

Menurut Ariyanto, proyek DSLNG bukan semata-mata ke-pentingan masyarakat yangada di Desa Uso, melainkansudah menjadi kepentingan ma-syarakat Kabupaten Banggaibahkan kepentingan nasional.Katanya, bila proyek itu gagal,

sekolah itu.Amatan Luwuk Post, bantuan

buku sebanyak dua dos yangdisalurkan ke sekolah tersebut,antaranya buku mata pelajaranIPA terpadu. Buku Bahasa danSastra Indonesia, Bahasa Indo-nesia serta Buku Bahasa Ing-gris. Namun hingga kini, penya-luran buku mata pelajaran itubelum dikoordinasikan denganTPK–Kabupaten maupun KMKabupaten program P2DTK.

Konsultan Manajemen Ka-bupaten Program P2DTK Ka-bupaten Banggai, Hasbin yangdikonfirmasi Luwuk Post,mengakui, pihaknya belum

BLM Kabupaten TahapPertama Rp 2,128 Miliar

Anggota DPRD Desak Pemda Ambil Sikap

BACA : ANGGOTA..... Hal 4

maka yang akan merasakankerugian adalah masyarakatluas.

“Saya berharap pemerintahsegera mengambil sikap untuk

Desk Pemilu GunakanEks Dinas Perikanan

LUWUK-Sampai saat ini, masalah air masihtetap menjadi masalah serius di Kantor BupatiBanggai yang ada di bukit halimun. Sejumlahtoilet yang ditinjau Luwuk Post, kemarin,menunjukan kekeringan dan tidak ada air yangmengalir dari instalasi air.

Kondisi itu membuat gerah sejumlah pejabatteras di kantor bupati. Sebab, dengan sulitnyaair, maka urusan membuang air kecil maupunair besar sulit dilakukan di bukit halimun.Langkah terburuk yang dilakukan para pejabatteras di lingkungan Pemda Banggai adalahdengan menyediakan air mineralk kemasanuntuk kebutuhan bersuci.(far)

Krisis Air diKantor Bupati

Ariyanto Hakim

LUWUK-Kabupaten Banggaikembali mendapatkan anggaranprogram Percepatan Pemba-ngunan Daerah Tertinggal danKhusus (P2DTK) Tahun Ang-garan 2009 sebesar Rp 2,128Miliar. Dana sebesar itu meru-pakan anggaran programP2DTK siklus ketiga tahap 40persen pertama.

Konsultan Manajemen Pro-gram P2DTK, Hasbin, yangdikonfirmasi Luwuk Post, Senin(16/3), kemarin, mengatakan,anggaran Bantuan LangsungMasyarakat (BLM) programP2DTK Kabupaten (Banggai)tahun 2009 mendatang sebesarRp 2,128 miliar. “Itu Dana BLMKabupaten tahap pertama, yaitusebesar 40 persen dari anggaranP2DTK yang akan dikucurkantahun ini,” terangnya.

Selain dana BLM, KabupatenBanggai juga mendapatkandana DOK program P2DTKsebesar Rp 103,600 juta.

Selain BLM dan DOK Ka-bupaten. Kabupaten Banggaijuga mendapatkan anggaranprogram P2DTK untuk enam ke-camatan, masing–masing keca-matan Toili, Kecamatan ToiliBarat, Kecamatan Luwuk, Ke-camatan Luwuk Timur, Keca-matan Masama dan KecamatanBualemo. Dia merinci, Kecama-tan Luwuk dan Kecamatan Toilimendapatkan dana BLM se-besar Rp 277,600 Juta. Sedang-kan empat kecamatan lainnya,masing –masing KecamatanMasama, Bualemo, Toili Baratdan Luwuk Timur mendapatkandana BLM sebesar Rp 185.100Juta.

Khusus Dana OperasionalKegiatan, Kecamatan Toilimendapatkan DOK yang palingbesar yaitu sebesar Rp 175.200juta, Kecamatan Luwuk Rp129.100 juta, Kecamatan ToiliBarat Rp 100.400 Juta, Kecama-tan Luwuk Timur dan Masamamasing –masing Rp 65 Juta.

SEKOLAH UNGGUL: Sejumlah siswa SMP Negeri3 Luwuk dikerumuni peserta workshopPengembangan Peningkatan Mutu RSBI diGorontalo, Februari lalu. Nampak AmandaAlfattah Idris_siswa kelas VII SMP Negeri IIILuwuk sibuk menjawab pertanyaan dari parapeserta tentang kiat dan metode belajar yangditerapkannya sehingga mampu menciptakansebuah game dengan menggunakan programmacromedia flash. [Foto;DOK/Luwuk Post]

SMPN 3 Buka Penerimaan Siswa RSBILUWUK-SMP Negeri 3 Luwuk sebagai

sekolah rintisan bertaraf internasional mulaimembuka penerimaan peserta didik baru.

Soal Proyek DSLNG YangTerancam Gagal

KERAN yang ada di sejumlah WC di KantorBupati Banggai. (foto:Thatoe/Luwuk Post)

SMAN 2 Luwuk Gelar Try OutLUWUK-Sejumlah sekolah terus

menyiapkan siswanya untuk mengi-kuti Ujian Nasional (Unas) yang akandigelar bulan April mendatang.

SMA Negeri 2 Luwuk, misalnya,sejak Senin (16/3), kemarin, mulaimenggelar try out. Kegiatan itu akandilaksanakan selama sepekan,hingga Sabtu (21/3), mendatang.Humas SMA Negeri 2 Luwuk, Drs.Ardi Umar, kepada Luwuk Post,mengatakan, kegiatan itu diikuti oleh

217 peserta ujian, masing–masingIPA 74 orang dan jurusan IPSsebanyak 143 orang.

“Try out digelar setiap jam duasiang, hingga Sabtu mendatang,”terangnya. Siswa tersebut dilatihmenyelesaikan soal–soal ujiandengan materi soal prediksi dari banksoal yang sudah valid, dibawahpengawasan guru–guru SMA Negeri2.

“ Materi try out sesuai Standar

Kompetensi Lulusan (SKL) masing–masing mata pelajaran,” ujarnya.Seluruh mata pelajaran yang di-ikutkan dalam ujian nasional menjadimateri kegiatan try out, yaitu matapelajaran Bahasa Indonesia, BahasaInggiris, Ekonomi, Sosialogi, Geo-grafi, Matematika untuk programIPS. Sementara untuk program IPAyaitu mata pelajaran Bahasa Indo-nesia, Bahasa Inggiris, Biologi,Kimia, Fisika dan Matematika. (ris)

P2DTK

BACA : BLM..... Hal 4

BACA : SMPN..... Hal 4

Page 4: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

4Selasa,17 Maret 2009

Lagi, Kekerasan Terjadi Di SMUN 1 LuwukLUWUK-Lagi-lagi, kasus

kekerasan yang terjadi dilingku-ngan sekolah kembali terjadi diLuwuk, Kabupaten Banggai.Kejadian yang naas tersebutmenimpa salah seorang siswaSMUN 1 Luwuk Kelas X, Mu-hammad Abdillah. Tepatnya,Jumat (6/3) MuhammadAbdillah dianiaya hingga me-ngalami luka memar. KepadaLuwuk Post, salah seorangpihak keluarga korban yangenggan namanya dikorankanmenceritakan kronologis keja-dian tersebut. Menurutnya,sekitar jam 08.00 wita Jumat ituAbdillah berada didepan ruangkomputer. Tidak lama berse-lang, salah seorang guru Kimia,Ruli Ibrahim, bertanya kenapa

Abdillah tidak bergabung de-ngan siswa yang ikut latihankarate. Karena merasa sebagaisiswa Tenis Meja, Abdillahmenolak bergabung. Penolakansiswa kelas X itu membuat guruKimia tersebut berang dan lang-sung memukuli Abdillah. Na-mun, beberapa kakak kelasAbdillah menyeretnya danmenghujaninya dengan puku-lan. Akibatnya, siswa kelas Xtersebut mengalami luka memardibeberapa bagian tubuhnya.Tidak senang dengan kejadiantersebut, salah seorang kerabatkorban melaporkan hal itu kepihak berwajib.

Sementara itu, Humas SMUN1 Luwuk Yusuf Bakkari SPd,yang ditemui Senin (16/3) mem-

memikirkan masalah ini,” tuturAriyanto Hakim.

Seperti diberitakan sebelum-nya, proyek DS LNG di DesaUso Kecamatan Batui terancamuntuk tidak beroperasi karenaterbentur dengan sebagian ar-eal yang hingga saat ini belumberhasil di bebaskan.

Menurut Ariyanto, investasisangat penting dan dibutuhkandi daerah ini. Untuk itu, pe-merintah daerah diminta untuk

ANGGOTASambungan dari Hal 3

mendapatkan informasitentang swakelola pengadaanbuku tersebut. “Kami akankoordina-sikan dengan UPKDBidang Pendidikan,”tandasnya, kemarin.

Hal senada disampaikan

UPKDSambungan dari Hal 3

mengambil sikap atas persoalanini. Ariyanto juga berharap agarpara pemilik tanah tidakmemberikan harga yang sudahberlipat ganda sehingga mem-buat proyek ini tersendat.Apalagi, sebagian besar pemiliklahan di wilayah tersebut sudahmemberikan lahannya.

“Masak tinggal beberapa or-ang yang bertahan. Berikan sajasupaya ini bisa jalan dan dapatmemberikan maanfaat lebihbanyak orang. Lagipula perusa-haan tidak meminta dengangratis melainkan akan dibeli,”tutur Anto_sapaan akrabnya.

Penerimaan siswa barutersebut dimulai Senin (16/3)kemarin. Kepala Sekolah SMPNegeri 3 Luwuk, Mohd. Anwar,SPd, MPd, kepada Luwuk Post,menjelaskan, penerimaan siswabaru RSBI tersebut akan dise-suaikan dengan daya dukungsekolah maupun daya dukungfinansial dari Dinas PendidikanPemuda dan Olahraga Kabu-paten Banggai.

Menurut Anwar, tenaga pe-ngajar maupun fasilitas pen-dukung yang dimiliki oleh SMPNegeri 3 Luwuk sudah sangatsiap untuk menyelenggarakan

SMPNSambungan dari Hal 3

JAKARTA-Komisi Pembe-rantasan Korupsi (KPK) berge-rak cepat melengkapi berkaskasus suap Tanjung Api Api(TAA), Banyuasin, SumateraSelatan. Setelah menetapkanmantan Gubernur SumselSyahrial Oesman (SO) sebagaitersangka pada awal Maret2009, tim penyidik KPKmencecar mantan Sekda Sumselyang juga Dirut Badan Penge-lola Pengembangan TAA (BPP-TAA) Sofyan Rebuin dan SekdaSumsel aktif Musyrif Suwardi.

Keduanya tiba di gedungKPK di Jl HR Rasuna Said,Kuningan, Jakarta Selatan,sekitar pukul 09.00 Wib, Senin(16/3). Keduanya diperiksauntuk tersangka SyahrialOesman. “Dijadwalkan ada pe-meriksaan saksi untuk SO,mereka mulai diperiksa pukul10.00 Wib,” terang Jubir KPK,Johan Budi.

Perihal status Sofyan dalampemeriksaan itu, Johan mene-gaskan bahwa statusnya masihsebagai saksi untuk SyhroalOesman.

Pemeriksaan Sofyan danMusyrif untuk melengkapi dataterkait penetapan status Syah-rial sebagai tersangka. Sebe-lumnya pada vonis ChandraAntonio Tan, rekanan Pemprov

Sekda DumselDiperiksa KPK

PADANG-HP dan uang sebe-sar Rp 1 juta milik Ervin (27) dansatu unit laptop milik AndiHakim Lubis (25) raib dilarikanmaling di rumah kontrakannya,Jalan Parak Jigarang, KelurahanAnduriang Kuranji Padang, ke-marin.

Dalam kejadian tersebutdiperkirakan kerugian mencapaiRp 10 juta Hilangnya laptopsaya dan HP serta uang milikkawan saya diperkirakan antaraJam satu 01:00 WIB,â•• terangAndi kepada koran ini, Senin(16/3) Menurutnya, kejadiannaas yang menimpah merekaterJadi dengan begitu cepat.Saat itu, Andi belum tidur, kata-nya lagi nelepon dalam kamar.

Nelepon di Kamar, Maling Beraksi di Ruang TamuSekitar pukul 12.30 WIB, diamasih melihat laptop dan HP,namun setelah selesai nelepon,dia tidak melihat barang-barangitu lagi. Melihat HP dan laptopsudah tidak ada lagi , Andimembangunkan Ervin yang ke-betulan sedang tidur di ruangtengah.

Dari keterangan Andi merekayang tinggal di rumah tersebutada empat orang. saat kejadianitu, dua kawannya tertidur dikamar dan satu kawannyatertidur di luar. Menurutnya,maling diperkirakan masukpintu depan, ketika itu motormilik Ervin masih di luar danpintu masih terbuka.

Saya tidak menyadari dan

tidak mendengar tanda-tandaorang masuk ke dalam rumah.saat itu, semua kawan sudahtidur.

Sedangkan saya lagi nelepondi kamar. Setelah sele-sai, sayaberniat memasukkan motoryang lagi di luar. Saat itu sayaterkejut melihat laptop sudahtidak ada lagi di tem-pat,terangAndi.

Atas peristiwa yang dialami-nya ini, Andi dan kawan-kawanlangsung menuju Polsek Ku-ranji untuk menyampaikan ke-jadian tersebut. Setelah dibuatlaporan kehilangan, polisi ber-janji akan melakukan penye-lidikan lebih lanjut atas kejadiantersebut. (zo/jpnn)

Sumsel divonis menyuapanggota Komisi IV DPR-RIsenilai Rp5 miliar.

Dia divonis bersama-samadengan Syahrial dan Sofyan.Chandra divonis 3 tahunpenjara dan denda Rp200 juta.Direktur BPP-TAA itu menerimaputusan majelis hakim Penga-dilan Tipikor.

Selain pemeriksaan terhadapSofyan dan Musyrif, hari inidijadwalkan tuntutan untukmantan ketua komisi IV YusufErwin Faisal. Suami penyanyisenior Hetty Koes Endang itudiduga turut menikmati alirandana dari Chandra. SelainYusuf, anggota Komisi IV yangikut menikmati dana haramituialah Sarjan Taher dan Al AminNur Nasution. Keduanya su-dah divonis oleh hakim. Sarjankena 4,5 tahun, Al Amin 8 tahunpenjara. KPK masih mengem-bangkan kasus ini. Tim ‘gegana’kecipra-tan lebih besar, yaituAzwar Chesputra, HilmanIndra, dan Fachri Andi Leluasa.

“Tim penyidik KPK terusmelakukan pengembangan,selain di persidangan tim terusmelakukan penyelidikan,”ujarwakil ketua KPK Bibit SamadRiyanto, saat penetapanSyahrial sebagai tersang-ka.(gus/jpnn)

PALEMBANG-Raja rampokjalan lintas Sumatera (Jalinsum)yang paling ditakuti masyara-kat, Jhon alias Frengky aliasHengky (28) warga Desa Ka-rang Anyar, Kecamatan MuaraRupit Kabupaten Musi Rawas(Mura), kemarin pukul 11.00WIB ditembak mati anggotaPolsek Muara Rupit. Dalamcatatan polisi, sedikitnya ter-sangka bersama lima orangtemannya (3 mati,red) 36 kalimelakukan aksi perampokan.

Petugas terpaksa memuntah-kan enam butir peluru dia ba-gian kaki kanan, punggungkanan dan kiri, paha kanan sertadada bagian tengah pelakukarena hendak menusukKapolsek Muara Rupit, IptuAmir Hamzah dan kabur darikejaran polisi.

Kapolres Mura AKBP HerryNixons didampingi KapolsekMuara Rupit, Iptu Amir Hamzahmengatakan, pengakapanterhadap target operesi tigapolsek itu, Polsek Nibung,Muara Rupit dan Rawas Ulu,setelah adanya informasi darimasyarakat bahwa tersangkaberada dikediaman salah satukeluarganya di Desa KaraAnyar.

Ketika petugas hendak mem-buka pintu, tiba-tiba pelakulangsung menusukkan sebilahpisau kearah Kapolsek MuaraRupit. Dengan sigap, perwiraberkumis tebal tersebut lang-sung melepaskan satu butir pe-luru kearah dada pelaku.

Bukannya menyerah, pelakumalah kabur melarikan diri danbersembunyi di rumah tetang-ganya. Tidak mau buruannyalepas. Petugas kembali mengha-diahi tersangka dengan limabutir peluru dibagian kaki ka-nan, punggung kiri dan kananserta paha kanan.

Mobil petugas sempat dilem-pari batu oleh keluarga tersang-ka yang tidak senang tersangka

Raja rampok Jalinsumditembak mati

ditembak mati. Namun, akhirnyapetugas dapat membawa mayattersangka ke RSUD MuhammadSobirin untuk divisum. â•œSayasudah menyerahkan anggotabrimob, buser dan dalmas untukmengamankan suasana di DesaKarang Anyar,â•• tegas Ka-polres.

Berdasarkan catatan polisi,sedikitnya tersangka bersamalima orang temannya, Sueb,Salim dan Tarmizi (sudahterlebih dahulu ditembak matipetugas), dan Sabni serta Ma-dith (masih dalam pengejaran)sudah melakukan 36 kali pe-rampokan.

Dalam menjalankan aksinya,kawanan perampok yang selalumembawa senpi rakitan dansenjata tajam tidak segan-seganmelukai korbannya. Bahkan,malam hari sekitar pukul 19.00Wib, sebelum panglima rampokitu tertembak mati. Dia bersamatiga orang temannya berhasilmerampas satu unit motor Su-pra Vit milik warga KecamatanMuara Rupit.

Modus perampokan yangdilakukan tersangka dengancara mengejar, memepet danmenerjang korban dari motor-nya sembari menodongkansenpi rakitan kearah korban.Lalu, kalau korban tidak maumenyerahkan motornya, merekatidak segan-segan melakukai-nya,â•• ungkap HerryNixonâ•™s.

Sementara itu, Kepala DesaKarang Anyar, Alamsyah saatditemui Berita Pagi di RSUDMuhammad Sobirin mengucap-kan rasa terimakasih atas keber-hasilan petugas menembak matigembong rampok yang mere-sahkan warganya.

Saya hanya dapat mengucap-kan terimaka-sih kepada BapakKapolres Mura beserta jajaran-nya. Saya mohon pelaku yangbelum tertangkap segera diring-kus, pintanya. (yat/jpnn)

Sedangkan KecamatanBuale-mo mendapatkan danaDOK sebesar Rp 106.600 Juta.

Hasbin mengungkapkan,sosialisasi pelaksanaan pro-gram P2DTK siklus tiga akandimulai tanggal 18 sampai

BLMSambungan dari Hal 3

RSBI. Namun masalah yangmasih menjadi kendala adalahgedung maupun ruang kelas.Karena itu, Anwar berharapPemerintah Daerah melaluiDinas Pendidikan Pemuda danOlahraga Kabupaten Banggaimenambah ruangan kelas disekolah tersebut sebagaimanaharapan dari masyarakat yangingin menyekolahkan anak-anak mereka ke SMP Negeri IIILuwuk. “Berapa siswa yangakan diterima nanti tergantungdari dukungan Disdikpora. SMPNegeri 3 Luwuk pada prinsip-nya siap menyelenggarakanproses pembelajaran RSBI,”katanya ketika ditanya tentangberapa jumlah kuota siswa yangakan diterima di RSBI. (ris)

dengan 24 Maret mendatang.Sementara sosialisasi siklus

III untuk BLM Kabupaten akandimulai pada awal April nanti.“Nantinya, seluruh kegiatanyang didanai dengan BLMKabupaten maupun

BLM Kecamatan harusdituntaskan pada bulan Junimendatang. Sebab, untuk pe-laksanaan BLM Kabupaten

Anggota TPK–Kabupaten,Budi Koba’a. Kata dia, TPK–Kabupaten belum menerimainformasi tentang kegiatanswakelola pengadaan buku dariUPKD Bidang Pendidikan.“Kalau pun sudah diswakelolamestinya dibicarakan bersamadengan TPK–Kabupaten mau-pun KM Kabupaten,” tegas-nya. (ris)

Kata dia, keuntungan proyektersebut bila berjalan sesuaidengan jadwal, maka ribuantenaga kerja akan diserap, dandengan begitu masalah pe-ngangguran secara berlahan-lahan akan terselesaikan.

Selain itu kata Ariyanto, de-ngan adanya penerimaankaryawan di DS LNG, maka parakaryawan itu akan diberikanketerampilan oleh pihak per-usahaan. Dengan begitu, makaSDM dibidang pekerjaan per-tambangan gas sudah tidakmenjadi masalah untuk waktu-waktu ke depan. (far)

maupun BLM Kecamatan untuksiklus ketiga pencairananggaran 60 persen terakhirakan dimulai pada bulanAgustus,” tegasnya.

Dia menambahkan, 30 persendari dana BLM Kabupatendiorientasikan untuk membiayaikegiatan–kegiatan non fisik dibidang pendidikan dan kese-hatan. (ris)

KETAT : Sidang pembakaran bendera parpol peserta Pemilu 2009 yang digelar di pengadilan negeri Banjarnegara Jateng Senin (16/3) dijaga ketat aparat kepolisian.Terdakwa divonis bebas oleh majlis hakim. (FOTO : MAULA/RADAR BANYUMAS/JPNN)

berikan keterangan yang berbe-da. Guru sejarah itu menga-takan bahwa opini yang ber-kembang dimasyarakat bahwaguru memukul salah seoragsiswa tidak benar. Dia mence-ritakan, bahwa pada Jum’at (13/3) saat itu SMAN 1 Luwukmengadakan kegiatan pengem-bangan diri dalam bidang olah-raga seperti bulutangkis, tennismeja dan lain sebagainya. Padasaat pelaksanaan kegiatan,harusnya semua siswa dansiswi SMAN 1 mengikuti pe-ngembangan diri tersebut. Ha--rusnya, kata Yusuf, semuasiswa berada di tempat ke-giatan. Namun salah seorangsiswa, Muhammad Abdilahtidak mengindahkannya dan

berada ditempat yang tidakseharusnya dia ada disitu. GuruKimia SMAN 1 Luwuk, RuliIbrahim S.Pd mencoba meng-ingatkannya. Tapi MuhammadAbdilah malah menentang sangguru dan mendorong sangguru. Bahkan sempat melaku-kan pengancaman kepada guru.Saat itu guru tersebut mencobapengamanan dan menjalankantata tertib disiplin sekolah.Menurut Yusuf, siswa tersebutdiduga melakukan penyera-ngan terhadap teman-temannya

yang mencoba mengamankan.Karena berontak, Abdillah balikdikeroyok. Humas SMUN 1Luwuk itu juga mengatakan,sebenarnya kedua orang tuakorban sudah menyerahkansemuanya kepada pihak seko-lah.

Namun salah satu keluargakorban tetap bersikukuh melan-jutkan hal tersebut kepada pihakke polisian. Hingga saat ini,kasus tersebut masih dalammenyidikan pihak berwajib. (Tr-04/frm)

Kasus Suap Alih Fungsi HutanTanjung Api-api

PALEMBANG-Jajaran petugas Polsekta Ilir Timur (IT) Ikemarin berhasil membongkar jaringan bandar besar pil ekstasiatau ineks di Kota Palembang. Adalah Ayen (52), warga Jl MayorSalim Batubara (Maysabara), RT 04/02, Kelurahan 20 Ilir DII,Kecamatan IT I, bandar kakap Palembang dimaksud. Darirumahnya polisi berhasil menemuka narkoba jenis inekssebanyak 760 butir warna biru muda berlogo Batman, 8 unit HPGSM dan CDMA merek Nokia, satu plastik sedotan, satu buahkunci mobil, dua buah korek api gas, sejumlah kertas timahrokok dan beberapa buah pirek.

Selain Ayen, polisi juga mengamankan temannya bernamaAli Tjikhan (44), warga Kompleks Dwikora Indah, RT31/11,Kelurahan Sei Pangeran, Kecamatan Ilir Timur I, Adriansyahalia Acan (24), seorang kurir warga Jalan Segaran, RT10,Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan IT II dan Ana (25), warga JalanMalaka, Lorong Sosial, RT34/07, Kelurahan Sukajaya,Kecamatan Sukarami Keempat tersangka ditangkap langsungKapolsek AKP M Kadarislam Kasim SIk, kemarin (16/3) sekitarpukul 14.30 WIB, di rumah sang bandar yang diduga usai pestasabu. Informasi dihimpun Palembang Pos, terungkapnya kasusini setelah polisi menerima laporan warga kalau di rumahtersangka sering ada pesta narkoba dan peredaran narkobadari rumah tersangka.

Warga yang sudah curiga dengan keberadaan orang yangsering keluar masuk, lantas melaporkan ke Polsekta IT I. Benarsaja, saat dilakukan penyelidikan di rumah tersangka Ayen,polisi langsung meringsek masuk dan didapati tersangkabersama tiga orang rekannya baru usai pesta sabu-sabu.Sebelumnya polisi sempat terhalang masuk, karena di depanpintu rumah tersangka berlantai dua ini dipasang kamerapengintai CCTV tepat diatas pintu masuk. Polisi berhasil masuk,setelah salah satu teman tersangka Ali Tjikhan (44), wargaKompleks Dwikora Indah, RT31/11, Kelurahan Sei Pangeran,Kecamatan Ilir Timur I keluar melalui pintu depan rumahtersangka. Setelah masuk, polisi langsung mengamankan satuorang kurir Adriansyah alia Acan (24) warga Jalan Segaran,RT10, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan IT II.

Ikut diamankan juga Ana (25), warga Jalan Malaka, LorongSosial, RT34/07, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami,yang diduga wanita simpanan tersangka Ayen. Seperti bandardan kurir barang haram itu, kedua tersangka ini juga bungkamatas kepemilikan 760 butir ekstasi tersebut.

Dihadapan polisi, Ayen yang merupakan resedivis dengankasus yang sama ini terus mengelak dan menghindari wartawanyang berusaha mendekatinya. Ayin terus menerus tidakmengakui kalau barang bukti 760 butir pil ineks yang berada didalam rumahnya tersebut. “Barang itu bukan punyo aku, Pak.Cakmano kalo aku dak tahu barang tu punyo siapo. Aku daktau-tau apo-apo, sumpah. Aku nih cuma penjual kentang baesehari-harinyo. Aku bukan bandar, aku dak tau,” elak Ayin.Sedangkan dari pengakuan tersangka Acan, yang menjadi kurirAyin mengatakan kalau ia baru saja mengambil barang titipandari seorang bandar berinisial EG (DPO) di kawasan Jalan Vet-eran, Palembang. Tersangka Acan mengaku kalau upahnyahanya Rp50 ribu setiap kali mengatarkan barang ke tersangkaAyin. “Aku baru tigo kali pak ngantar barang dari EG ke Ayin.Aku diupah Rp50 ribu sekali anter barang. Kemarin (16/3) sekitarpukul 08.00 WIB aku janjian lewat telepon dengan EG, ngajakketemuan di Veteran. Sudah dapat barang aku antar ke rumahAyen. Aku tahunyo barang tu ndak dijual lagi, sebutirnyo Rp80ribu,” ujar tersangka Acan yang berprofesi penjaga malam ini.

Dijelaskan Acan, saat terjadinya penangkapan itu dirinyamemang berada di rumah Ayen untuk mengambil selang air.“Aku dak tau barang itu punyo siapo. Aku bae ditangkap waktuberada di pucuk motor setelah memperbaiki kran banyu di rumahAyen,” elak Ali. Senada, Ana juga mengaku tidak mengetahuiekstasi itu milik siapa. Saat terjadinya penggeledahan di rumahAyin, dirinya ketika itu sedang menyetrika baju.

Sebab, selama ini, kata Ana ia bekerja di rumah Ayin. KapolsekIT I AKP M Kadarislam Kasim SIk didampingi Kanit ReskrimIpda Rizka Apriyanti AmDIk saat dikonfirmasi membenarkanpenangkapan empat tersangka ini. “Tersangka bandarnya TO(target operasi) kami. Setelah kita memperoleh informasi dariwarga kita langsung melakukan penyelidikan. Saat dilakukanpenggeladahan, dari rumah yang kita duga bandar besar iniditemukan pil ineks sebanyak 760 butir senilai Rp60,8 juta.Keempatnya juga saat ditangkap usai pesta sabu-sabu karenakita juga menemukan beberapa barang bukti berupa alat hisapsabu-sabu,” ujar Kadariswlam.

Untuk modusnya, lanjut Kadarislam, bandar besar inimengambil barang dengan menggunakan jasa kurir yang jugadari seorang bandarnya yang kini masih dalam pengejaran kami.Diduga mereka saling pasok barang. (don/jpnn)

Bandar besar ineksPalembang dibekuk

DUMAI-Untuk mendapatkanuang lebih, berbagai cara dila-kukan orang. Namun yang satuini tidak pantas untuk ditiru,karena apa yang dikerjakanyakni menjual narkotika sepertiganja jelas beresiko besar,lantaran pekerjaan itu berten-tangan dengan hukum.

Seorang lelaki yang ber-profesi sebagai penoreh getahberinisial Muh (48) warga JalanBaru RT 16, Kelurahan KayuKapur, Bukit Kapur ini ditang-kap polisi, Sabtu (14/3) sekitarpukul 12.00 WIB. Muh di-tangkap, karena terbukti seba-gai pengedar ganja. Sebanyal12 paket ganja dan uang hasilpenjualan Rp1,2 Juta berhasildiamankan. Penangkapan yangdilakukan tersangka Muh, ber-mula adanya laporan masyara-kat. Mendapat informasi ini,

Jual Narkoba Petani Karet Ditangkapselanjutnya polisi melakukanpenyelidikan. Saat tersangkahendak mengantarkan pesananganja kepada seorang supir truktangki CPO, tepatnya di JalanSoekarno-Hatta KM 30, ter-sangka Muh langsung diser-gap. Polisipun langsung me-lakukan penggeledahan selu-ruh badan, kendaraan sepedamotor yang digunakan ter-sangka. Dari penggeledahanitu, polisi berhasil menemukansebanyak 4 paket ganja yangdisembu-nyikan didalam topiyang dipakai tersangka Muh.Dari penemuan barang buktiawal ini, polisi langsungmelakukan pengembangan.

Selanjutnya, polisi membawatersangka ke kediamannya.Disini, polisi melakukan peng-geledahan isi rumah tersangka,ditemukan lagi sebanyak 8

paket ganja.Barang tersebut ditemukan

dibalik pintu dapur rumahtersangka yang digan-tungkandengan bungkusan plastik.

Kapolresta Dumai AKBP DrsMuharrom Riyadi, melalui KasatNarkoba AKP Sanusi, yangdidampingi Iptu Sofyan kepadaDumai Pos mengatakan, pe-nangkapan tersebut semuladilakukan oleh Polsek BukitKapur, dan selanjutnya pena-nganan kasusnya diserahkanke Polresta Dumai.

Kita telah menerima tersangkadan barang bukti hasil tang-kapan Polsek Bukit Kapurini,terangnnya. Dalam aksinya,tersangka selalu menjual ganjakepada supir-supir truk tangkiCPO. Kini, tersangka telah mulaimenjalani proses penyidikan diMapolresta Dumai. (rio/jpnn)

Page 5: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

ADA sebuah pertanyaan yang mengemuka. Isinya adalahmengapa begitu banyak caleg yang ikut ber-tarung pada pemilukali ini. Padahal pemilu sebelumnya jumlahnya tak signifikan.Pertanyaan singkat itu memaksa salah satu LSM di kota inimelakukan survei. Hasil survei di lapangannya pun membuahkanhasil. Ada tiga hal yang menjadikan motivasi sehingga profesialeg begitu diburu. Menurut LSM itu, pertama karena ingin coba-coba. Kedua murni karena keterpanggilan jiwa menjadipenyambung lidah rakyat. Sedang ketiga karena ingin mencarikesejahteraan. Sebab semua orang tahu menjadi aleg identikdengan kesejahteraan. Uniknya, dari tiga item tadi ketikadipersentasekan LSM itu, ternyata point ketiga yang memilikinilai tertinggi.

Lantas bagaimana pendapat caleg soal itu? Caleg Dapil VSulteng (Banggai-Bangkep) nomor urut satu asal PartaiDemokrat (PD), H. Mustar Labolo mengatakan, keliru jika alegdimaknai sebagai sebuah pekerjaan. Apalagi dimaknai sebagailahan untuk mengumpul kekayaan sebanyak mungkin. Aleg, bagipria kelahiran desa Lobu 18 November 1962 ini merupakanamanah atau mandat yang diberikan rakyat lewat pestademokrasi.

Terlegitimasinya seseorang menjadi aleg lanjut Wakil Ketua IPD Provinsi Sulteng ini, tentu ada tanggung jawab yang harusdijalankan. Figur itu mampu memperjuangkan apa yang menjadikebutuhan dan keinginan dari masyarakat. Sebab dia dipilihrakyat karena konsekwensi itu yang harus dilaksanakannya. Jikasebaliknya tak mampu mengakomodasi keinginan itu? MantanKetua Fraksi PPP anggota DPRD Sulteng periode 1999-2002 inikembali berujar, ketika tidak maksimal memperjuangkan aspirasirakyat, berarti aleg tersebut tak amanah. Langkah konkrit yangharus dilakukan ketika pembawa amanah gagal adalah segerameletakkan jabatan terhormat tersebut. “Harusnya konsekwensiseperti itu yang dilakukan, ketika seorang aleg tak mampumembawa amanah rakyat,” kata Mustar Labolo.

Memang aku politisi yang rajin turun ke konstituennya ini,memikul amanah rakyat ketika duduk di kursi empuk parlemen,tidaklah mudah. Tak hanya butuh kerja keras,akan tetapi komitmen yang kuat jugapunya andil. Berangkat darihal itu sehingga t e r k a d a n gdirinya selalu memanjatkandoa pada Allah SWT atasp e r j u a n g a n y a n gdilakukannya. Bunyi doaitu antara lain, Ya Allah jikajabatan atau a m a n a hyang kami tujuh itubaik untuk diri k a m i ,keluarga danm a s y a r a k a t ,mudahkanlah dia untuk kami.Namun jika jabatan atau amanahitu hanya menda- t a n g k a nmudhorat bagi kami, k e l u a r g adan masyarakat,jauhkanlah dia darikami. (yan/PN)

�������� 235 Selasa, 17 Maret 2009 Hari Lagi ����

Nama: H. Mustar Labolo

Tempat Tanggal Lahir:Lobo, 18 Nopember 1962

Riwayat Pekerjaan1. Petugas Lapangan

Proyek Terpadu (PLPT)/Penyuluh Pertanian-SCDPProvinsi Sulteng tahun 1982s/d 1985.

2. Anggota DPRD SulawesiTengah sejak tahun 1999-2002dari Fraksi PPP. Kedua riwayatpekerjaan itu berhenti denganhormat atas permintaansendiri.

Riwayat Lain1. Pernah menerima piagam

penghargaan oleh PanitiaHUT Bhayangkara XXVIIIWilayah Bualemo tahun 1974- juara I lomba deklamasi sajakputra

2. Lomba karya SPP-SPMAse-Indonesia tahun 1981 diMalang

3. Latihan Mujahit Dakwahse-Indonesia di Bandung,tahun 1986

4. Latihan pengurusorganisasi sosial tingkatnasional dalam bidangmanajemen tahun 1986 diJakarta.

5. Latihan orientasi profesipekerjaan se-Sulteng thun1988 di Palu.

6. Latihan kewirausahaanCEFE se-Sulteng di Palutahun 199.

7. Lokakarya penyusunanpedoman perilaku bagi Parpoldalam proses Pemilu diMakassar tahun 1999.

8. Pelatihan Sistemmanajemen pemerintahandaerah yang diselenggarakanLemhanas RI bekerja samadengan Pemprov Sulteng,tahun 2001 di Palu (utusanDPRD Sulteng).

9. Sosialisasi danBimbingan Teknis SK KPUNo. 676 Tahun 2003 tentangtata administrasi keuangan,sistem akuntansi keuanganParpol serta pelaporan danakampanye peserta Pemilu diMakassar, tahun 2004.

10. Rakernas MajelisKesehatan danKesejahteraan Masyarakat diSurakarta, tahun 2006.

11. Certificate of Accom-plishment Class 101-PurposeDriven Life di Jakarta, tahun2006.

Pengalaman Luar Negeri1. Sebagai Ketua Kloter

(076) Jamaah Haji asal Sultengembarkasi Makassar, tahun2001 ke Jeddah, Mekkah danMedina.

2. Sebagai Ketua LaboloCenter Palu bekerjasamadengan Pusat Kajian StrategikPemerintahan (PKSP) Jakartamelakukan kunjungan StudiBanding dalam BidangPemberdayaan Masyarakat,Pemerintahan danPembangunan ke Singapura,Hongkong dan Cina(Zhenzhen), tahun 2006.

Curiculum Vitae Mustar: Aleg itu Amanah,Bukan Pekerjaan

Lagi, Parpol ‘Cuekin’ Ketentuan KPUDLUWUK-Untuk kesekian kalinya,

aturan yang diterapkan KPUD Kabu-paten Banggai, kembali dilanggar parpol.Kali ini terlihat pada Pawai KampanyeDamai (PKD) yang digelar Senin pagi (16/3) kemarin. Ada sejumlah bentuk pe-langgaran yang dilakukan peserta pemiluitu.

Diantaranya, jumlah kendaraan yangikut PKD melebihi dari kuota yangditentukan KPUD yakni sebanyak empatunit kendaraan. Tak hanya itu saja,pelarangan membawa peserta PKD anakdibawah umur juga dilakukan parpol. Daripantauan Luwuk Post, ada sejumlahparpol yang menggunakan kendaraanroda empat melebihi dari batasan yangditentukan KPUD. Partai itu adalah PAN

yang tampil dengan sembilan kendaraan,Gerindra lima unit kendaraan serta calonDPD-RI Sudarto juga menggunakan ken-daraan melebihi batasan KPUD. Sedang-kan PBB kedapatan membawa salah se-orang peserta PKD dibawah umur.Sekretaris DPD PAN Kabupaten BanggaiJufri Diko yang dikonfirmasi via ponselmembenarkan jika partainya mengguna-kan sebanyak sembilan unit kendaraan.

Namun dia menampik kalau itu sengajadilakukan partainya. “Memang benarkami gunakan sembilan kendaraan. Akantetapi itu bukan karena kami sengaja,”tampik caleg nomor satu dapil I ini. Diaberalasan ini terjadi karena tidak adakoordinasi yang baik dengan rekan-rekanpengurus lainnya, terkait penyiapan

kendaraan. Sebab sebagian besar pe-ngurus terlibat dalam konsoli-dasi.Meski begitu lanjut Jufri partai kamimenyadari itu merupakan pelanggaran,sehingga lima kendaraan lainnya tidakmenye-lesaikan seluruh putarannya.

“Lima kendaraan kami tidak meram-pungkan seluruh putaran pada PKD.Tepat di jalan Pelita mereka sduahmemisahkan diri dari barisan kendaraan,”kata Jufri. Tanpikkan juga dilontarkanPBB. Mereka membantah telah melaku-kan pelanggaran terkait melibatkan anakdi bawah umur dalam PKD tersebut.Kader PBB Hasbi Latuba yang menam-piknya. “Anak itu sudah berumur 17tahun. Jadi dia berhak untuk ikut pawaiini,” ujar Hasbi. (yan)

ANAK: Salahsatu parpolpada PawaiKampanyeDamai, padaSenin (16/3)kemarinmengikutsertakananak dibawahumur. PadahalsebelumnyaKPUDmelarangnya.Karenatermasuksebuahpelanggaran.

(Foto: Sofyan Labolo / Luwuk Post)

LUWUK-Caleg Partai Golkar, H.Syarifuddin Tjatjo berpendapat,sebaiknya PDI-Perjuangan tidakperlu takut pada partainya, terkaitdengan perekrutan Ma’mun Amirdan Musdar M. Amin sebagaiJurkam Partai Golkar. Sebab katacaleg nomor urut dua dapil I ini,semua terpulang pada rakyatyang akan mem-berikan pilihanpada pemilu 9 April mendatang.

“Saya kira PDI-P tak perlu adaketakutan pada partai kami,setelah resmi Ma’mun-Musdarjadi Jurkam Golkar,” kata Sya-rifuddin Tjatjo, kepada LuwukPost, Senin (16/3) kemarin.

Pernyataan Wakil Ketua DPDII Partai Golkar Kabupaten Bang-gai ini, menjawab statemen yangsebelumnya dilontarkan kaderPDI-P, William Monggesang bah-wa dengan melibatkan dua peja-bat penting itu sebagai Jurkam

menandakan ketidak perca-yaan diri partai tersebut.

Menurut Syarifuddin, baikMa’mun maupun Musdarkeduanya adalah kader Gol-kar. Sehingga wajar kalauGolkar melibatkannya seba-gai Jurkam. “Saya yakin PDI-P tahu kalau Ma’mun adalahKetua Soksi, sedang MusdarKetua MKGR. Keduanyaadalah organisasi pendiripartai ini,” jelas Syarifuddin.

Apalagi lanjut aleg yangduduk di Komisi B ini, padaPilkada 2006 lalu, pasanganini terlegitimasi rakyat menjadipimpinan daerah ini, lewatkendaraan politik Golkar.Malah sambung Syarifuddintanpa koalisi pun Golkar ber-hasil memenangkannya. “Jadikurang apa kontribusi Golkarpada keduanya.

Sehingga tak keliru jika Golkarmeminta andil kepada keduanyapada pemilu ini,” ujar Syarifuddin.

Secara terpisah, Ketua BadanPemenangan Pemilu (Bapilu)Golkar Kabupaten Banggai, SukriDjalumang mengaku, dari 61Jurkam Partai Golkar yang telahmasuk ke KPUD, belum ter-cantum kedua pejabat negara itu.

Namun dirinya belum dapatmemastikan soal informasiapakah Ma’mun-Musdar benarakan menjadi jurkam partaipemenang pemilu 2004 lalu itu.“Saya belum dapat memastikansoal itu.

Sebab kemungkinan daftarpemasukan nama Jurkam Golkarakan dilakukan lagi,” tandas Sukriseraya menambahkan jika secarapribadi, dirinya berharapMa’mun-Musdar jadi Jurkampartainya. (yan)

PDIP tak Harus Takut pada Golkar

KPUD Target H-3Distribusi Logistik Rampung

LUWUK-KPUD KabupatenBanggai pasang target, pada H-3 pemilu 9 April mendatang,seluruh logistik pemilu tiba diseluruh KPPS se-KabupatenBanggai. “Kami harap pendis-tribusian logistik pemilu selu-ruhnya rampung pada H-3,”ujar Divisi Logistik KPUDKabupaten Banggai, NirwanMuh. Nur, kepada Luwuk Post,Senin (16/3) kemarin.

Memang aku Nirwan, hinggakini logistik pemilu yang dite-rima KPUD belum lengkap.Selain tiga jenis surat suarayakni DPRD Sulteng, DPR-RIdan DPD-RI belum tiba jugasejumlah formulir logistikpemilu belum sepenuhnya di-kantongi KPUD. Berdasarkanhasil komunikasi yang dilaku-kannya dengan pihak perusa-haan distributor dalam hal iniPT. Pandusiwi Sentosa, saat inikapal pengangkut surat suaratelah bertolak dari pelabuhanMakassar menuju pelabuhanPantoloan Palu. Ditaksir kapalyang mengangkut 14 kontainer

surat suara tersebut, tiba di PaluRabu (18/3). Sehingga ke-esokanharinya yakni Kamis (19/3)pendistribusian salah satulogistik pemilu itu dilakukanpada sejumlah kabupaten, terma-suk daerah ini. Jika tahapan itutidak bergeser kata Nirwan, kamiberharap tiga model surat suaraitu tiba pada Jumat (20/3) men-datang. Dengan begitu dipeng-hujung bulan ini KPUD akan me-macu proses pelipatan suratsuara, sekaligus pendistri-busiannya. “Yah insya Allah tar-get H-3 seluruh logistik pemilusudah sampai di tangan KPPSdapat terpenuhi,” ujar Nirwan.

Sekretaris KPUD KabupatenBanggai, Nadjib Lapalantimengatakan, rencananya KPUDakan memprioritaskan pendistri-busian beberapa logistik pemilu.Diantaranya formulir A3 (daftarpemilih tetap, red) dan formulirC4 (surat panggilan pemilih,red). Itu menjadi prioritas, karenaterkait dengan kepentinganKPPS terhadap pemilih.

Hasil pantauan Luwuk Post,Senin (16/3) kemarin, sejumlahlogistik kembali masuk di KPUD.Logistik itu berupa ratusan ribulembar formulir. Kemungkinanbesok, kebutuhan pemilu lain-nya akan segera tiba. (yan)

Nadjib: FormulirA3 dan C4Diprioritaskan

LUWUK-Bupati BanggaiH. Ma’mun Amir, Senin pagi(16/3) kemarin melepas PawaiKampanye

Damai (PKD) yang diikutipuluhan parpol peserta pe-milu di daerah ini. SelainMa’mun, turut hadir padakegiatan yang dipusatkan dilapangan Bumi Mutiara Lu-wuk itu adalah Ketua KPUDKabupaten Banggai Syam-sulrizal Djalumang, SH,Ketua Panwaslu SuhartonoSahido, Kapolres, Dandim be-serta pejabat Pemkab Bang-gai lainnya.

Ma’mun dalam amanatsingkatnya mengatakan, se-luruh Parpol diharapkanmampu menciptakan situasiyang kondusif dalam berkam-panye ini, sebagaimana kese-pakatan damai yang pernahdisepakati sebelumnya.

Untuk program kampanya,Ma’mun juga berharap setiapparpol dapat mengkampa-

Ma’mun Lepas PawaiKampanye Damai

nyekan konsep-konsep yangbertalian dengan pem-bangu-nan daerah.

Sebelumnya, Ketua KPUDSyamsulrizal Djalumang jugamenekankan, agar kampanyerapat umum yang waktunyaselama 21 hari ini, betul-betuldimanfaatkan seluruh partaiuntuk meraup simpatik rakyat,dengan tidak mengenyam-pingkan aturan dalam berkam-panye.

PKD yang mengambil garisstar di lapangan Bumi MutiaraLuwuk dan finish di tempat itujuga, harusnya diikuti 31parpol. Namun karena kendalateknis, sehingga tidak semua-nya melibatkan diri.

Dari amatan Luwuk Post,ada lima parpol yang tak ikutPKD. Diantaranya, PKNU,PPPI, Patriot, PPD dan PKPB.Untuk calon DPD-RI, tercatathanya dua calon yang ikutserta, yakni Sudarto danNurmawati Bantilan. (yan)

LUWUK - “Aku nggak butuhuangmu, aku nggak butuh har-tamu. Yang kubutuh hanya cin-tamu setulus cintaku padamu.Aku nggak mau warisanmu,aku nggak mau kekayaanmu.Yang kumau rasa sayangmu,sesayang aku padamu. Hidupsederhana ngak punya apa-apa

tapi banyak cinta, hidup ber-mewah-mewahan punya sega-lanya tapi sengsara. Seperti parakoruptor...”. Begitu antara lainlirik lagu yang dipopulerkangrup musik Slank. Tembangberdurasi sekitar tiga menitdengan judul Seperti ParaKoruptor ini, turut mewarnai

Pawai Kampanye Damai (PKD)Senin pagi (16/3) kemarin.Adalah Partai KeadilanSejahtera (PKS), partai yangberinisiatif memutar lagu terse-but di atas kendaraannya.Spontan sejumlah warga yangmemadati Lapangan BumiMutiara Luwuk terhibur lewatlagu yang dikumandangkanmelalui sound system milik PKSitu. Apa obsesi PKS sehinggamenampilkan lagu yang isinyamendiskreditkan para pelakukoruptor itu? Sekretaris DPDPKS Kabupaten Banggai,Candra Ilyas kepada LuwukPost mengatakan, memangPKD kali ini kami ingin tampilbeda dengan partai lainnya.Namun ada hal yang palingpenting dari itu. Caleg nomorurut satu Dapil V Sulteng (Bang-gai-Bangkep) ini menjelaskan,partai kami sengaja memilihtembang tersebut. Sebab itubagian dari komitmen PKSuntuk terus mendakwakan po-litik anti korupsi. Sekaliguslanjut alumni MAN Luwuk inimengingatkan kepada seluruhcaleg yang bertarung padapemilu 9 April untuk tidakmelakukan praktik politik uang.“Bagi PKS lagu ini juga cocokuntuk mengkampanyekan pela-rangan politik uang kepada paracaleg,” tutur Candra. (yan)

PKS ‘Sindir’para KoruptorDi TengahArena PKD

Page 6: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

6Selasa, 17 Maret 2009

Page 7: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

77777Selasa, 17 Maret 2009

LOWONGAN KERJA

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT ( FKM )UNIV. TOMPOTIKA LUWUK MEMBUTUHKAN TENAGAPENGAJAR / DOSEN DENGAN PERSYARATAN :

A. PRIA/WANITA ( BUKAN PNS ) B. PENDIDIKAN S1 / S2 ( SARJANA/MAGISTER

KESEHATAN MASYARAKAT ) C. IPK MINIMAL 3,00 D. FOTO COPY IJAZAH / TRANSKIP NILAI

MASING - MASING 2 LEMBAR. E. PAS FOTO UKURAN 3 X 4 CM 2 LEMBAR F. MEMILIKI KEMAMPUAN INSTRUKSIONAL /

MENGAJAR ( SERTIFIKAT PEKERTI JIKA ADA ). G. TIDAK SEDANG BEKERJA DI TEMPAT LAIN DAN

INGIN SERIUS MENEKUNI PROFESI SEBAGAIDOSEN.

BAGI YANG MEMENUHI PERSYARATAN DAN LULUSSELEKSI AKAN DIANGKAT SEBAGAI DOSEN TETAPYAYASAN DAN AKAN MEMPEROLEH GAJI TETAP YANGMEMADAI ( + SAMA DENGAN GAJI PNS ) SETIAP BULAN.

PERMOHONAN DI KIRIM / ANTAR LANGSUNGKE KAMPUS FKM UNTIKA LUWUKJL. G. JULUTUMPU NO. 17 LUWUK

TELP : 0461-21826 / FAX : 0461 - 22318

PALU-Ketua Komisi Pemili-han Umum (KPU) Sulteng DrAdam Malik berharap kepadaKPU kabupaten dan kota yangtelah menerima distribusi logis-tik, agar mengonfirmasikan kepihaknya bila ada logistik yangdikirim kurang atau rusak.

Se-bab, semua logistik saat inisudah terdistribusi, kecualiformulir C, dan KPU kabupatendan kota sementara melakukansortir.

“Jika sudah selesai sortirnya,tolong diberitahu ke kami bilaada logistik yang kurang. Sehin-gga sebelum tanggal 18 Maretnanti semuanya sudah beres.Tanggal 18 Maret adalah targetdeadline jadwal distribusi logis-tik ke kabupaten dan kota,”kata

Adam Malik dihubungi Sabtu(14/3).Untuk logistik yang men-jadi tanggungjawab KPU Sul-teng yaitu bilik suara, kotaksuara, dan kelengkapan lainnya.Sedangkan logistik yang diada-kan oleh KPU pusat antara lain,surat suara, tinta dan segel. Un-tuk logistik dari KPU pusat, me-kanisme pengirimannya langsu-ng dikirim ke KPU di kabupatendan kota.

Setelah logistik semua sudahtertampung di gudang KPU ka-bupaten dan kota, tinggal pen-distribusian ke kecamatan dandesa-desa yang dipikirkan olehKPU setempat. Diharapkan se-hari sebelum hari H pencoblo-san, kepastian logistik untuksampai di tempat tujuan sudahdiketahui.

Adam Malik meminta partisi-pasi aktif KPU dan Pan-was Pe-milu untuk sama-sama mence-gah kecurangan Pemilu legisla-tif 9 April mendatang.(fri/jpnn)

KPU Sulteng Menunggu KonfirmasiSoalPendistribusianLogistik Pemilu

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai GolkarJusuf Kalla meme-rintah kader partai-nya menghindarigesekan fisik den-gan sesama kaderGolkar maupun ka-der partai lain dalamkampanye terbuka.Gesekan fisik antar-kader dan dengankader partai lain ha-nya akan membuatmasyarakat antipatikepada Golkar. “Ka-mi instruksikan, po-

koknya, harus kampanye dengan sopan, baik,tidak melanggar aturan, dan tidak perlu terjadigesekan,” ujar Jusuf Kalla (JK) setelah mene-rima Perdana Menteri Myanmar Thien Sien diKantor Wakil Presiden kemarin (16/3).

Meski kampanye terbuka diikuti 38 partai po-litik, JK yakin tidak akan terjadi kerusuhan yangmembahayakan perhelatan pemilu. Berdasarpengalaman pada Pemilu 1999 dan Pemilu 2004,banyaknya jumlah partai tidak menyebabkangesekan antarkonstituen.“Pertama, karena jad-walnya sudah diatur. Kedua, karena setelahkampanye yang kelewat lama ini, kelihatannya,pengerahan massa tidak menjadi prioritas po-kok, lebih banyak kepada pemahaman dialog,”katanya.

“Jadi, insya Allah, di samping sudah adakesepakatan pemilu damai, tidak akan timbulmasalah, terkecuali sistem pemilu yang agakrumit,” tambahnya. JK berharap gesekan antar-kader partai yang terjadi di Bali tidak terulangatau merembet ke daerah lain. Dia juga memintaseluruh partai memahami makna pemilu sebagaipesta demokrasi, bukan pesta anarki. JK hariini dijadwalkan berkampanye di Sumatera Utara.Namun, karena bukan jadwal kampanye pen-gumpulan massa, dia hanya akan berpidato didepan kadernya di salah satu gedung pertemu-an. “Terus terang, saya kesulitan karena 2-3minggu kampanye terbuka dengan negeri se-luas ini. Apalagi, sebagai Wapres, cutinya ha-nya sehari selama seminggu di luar hari libur,”ungkapnya.(jpnn)

JK Perintah KadernyaHindari Gesekan

Jusuf Kalla

PALU-Meski terbukti bersa-lah melakukan tindak pidanaPemilu pengrusakan umbul-umbul milik salah satu parpol diKota Palu, namun Ishak Cae,yang merupakan calon anggotalegislatif (Caleg), tak mendapat-kan sanksi dari partainya Golo-ngan Karya (Golkar).Ketua DPDPartai Golkar Kota Palu RusdyMastura, menegaskan apa ya-ng dilakukan Ishak Cae bukanmerupakan kesalahan. Golkar

kata Cudy, justru bangga den-gan Ishak Cae karena beranimenghadapi persoalan tersebut.

“Tidak ada sanksi untuk Is-hak Cae. Kalau menurut Golkardia tidak salah. Golkar bela dia,dia berani hadapi persoalan itu,saya bangga dengan dia,” tegasCudy sapaan akrabnya.Cudy,mengaku Golkar sebenarnyaberiktikad baik dalam menyikapipersoalan itu, karena pada saatitu, atribut Parpol yang kebera-tan dengan persoalan itu dikem-balikan kepada Parpol yang di-maksud, namun itu tetap diang-gap kesalahan.

“Kalau kami tidak punya ikti-kad baik, buat apa bendera kamikasih kembali, kami buang sajabendera itu barangkali kemana.Tapi kami tidak mau seperti itu.Coba logika,” tandasnya.Cudy,mengatakan persoalan yangdialami Ishak Cae, adalah per-soalan yang biasa menjelangPemilu. Kata Cudy, hanya orangyang baru terjun di politik sajayang menganggapnya luarbiasa.“Kami punya bendera ju-ga banyak yang hilang, mema-ng sudah begitulah Pemilu, bia-sa sudah itu. Kami ini partai ya-ng lama sudah mengalami se-mua yang seperti itu. Itu biasa,tidak usahlah dibangga-bang-gakan,” tegasnya. Dalam kepu-tusan sidang di PN Palu Selasalalu (10/3), Ishak Cae divonis 8bulan penjara dengan masa per-cobaan selama satu tahun dandenda sebesar Rp8 juta. IshakCae, terbukti bersalah melaku-kan tindak pidana Pemilu peng-rusakan umbul-umbul milik sa-lah satu parpol. Ishak Cae, ditu-duh merusak alat peraga pemiludengan mencabut umbul-umbulsalah satu parpol yang terpasa-ng di sepanjang sisi Jalan Mas-jid Darussalam, Tatura Selatan,pada 6 Februari 2009 lalu.(jpnn)

Golkar Sulteng TakSanksi Ishak Cae

Meski TerbuktiBersalah LakukanTindak PidanaPemilu

JAKARTA-Partai politik pesertapemilu masih saja mengajak anak-anak ikut berkampanye. Deklarasikampanye damai di Arena PekanRaya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jak-pus, kemarin misalnya. Panwaslu Ja-karta masih melihat adanya anak-anak yang ikut dalam acara ini. Anak-anak itu datang dengan berpakaianseragam partai. Sehingga dapat di-masukkan dalam kategori berkam-panye. Ditambah pula tempat keha-diran mereka merupakan kampanye.

Ketua Panwaslu DKI Jakarta, Ram-dansyah menegaskan anak-anak di-larang keras ikut kampanye. Sayamenyesalkan adanya parpol yangmelibatkan anak-anak dalam kampa-nye damai tadi (kemarin, Red). Wa-laupun belum masuk jadwal kampa-nye terbuka, tapi justru membuat ka-mi perlu langsung mengingatkan me-reka agar besok (hari ini, Red) jangansampai lagi Panwaslu menemukan

pelanggaran itu, kecam Ramdan-syah.Parpol yang menggunakananak-anak kecil masuk kategoripelanggaran Pemilu 2009. Dalam UUPemilu No 10 Tahun 2008, pasal 84ayat (2) huruf (j) menyebutkan, setiappelaksana kampanye dilarang meng-ikutsertakan WNI yang tidak punyahak pilih. Kalau masih nekat diancamdalam pasal 271, disebutkan, setiappelaksana yang melanggar diancamhukuman penjara selama 3-24 bulandan atau denda Rp 30-60 juta,ujar-nya.

Di samping itu, lanjutnya, parpolmasih akan dijerat UU PerlindunganAnak No 23 Tahun 2002. Di pasal (15)menyebutkan, setiap anak berhakmendapat perlindungan dalam pen-yalahgunaan perbuatan politik. Nah,anak-anak yang tidak tahu politik kokdiajak. Padahal ancamannya pidana.Karena kemarin baru kampanye da-mai yang digelar KPU, justru kami

baru akan mengingatkan supaya be-sok (hari ini, Red) tidak ada yang me-lakukannya, ujarnya.

Namun, dari jadwal kampanyeterbuka hari ini, tampaknya empatpartai yang tampil tidak memanfaat-kan waktunya alias tidak ada yangkampanye. Yaitu Partai Golkar, PartaiPengusaha dan Pekerja Indonesia(P3I), Partai Karya Peduli Bangsa(PKPB), dan Republikan.

Pasalnya, hingga berita ini ditu-runkan tidak ada satu pun partai ya-ng menyerahkan tembusan suratpemberitahuan kampanye dari polisike KPUD DKI. Saya belum menerimasurat tembusan pemberitahuan kam-panye terbuka buat besok (hari ini,Red). Tapi kalau mereka tetap inginmelaksanakannya dan baru besok pa-gi menyerahkan surat tembusanpemberitahun bisa saja,kilah DahliaUmar, ketua Pokja Kampanye KPUDDKI Jakarta.(jpnn)

Jangan Bawa Anak-Anak Kampanye

FOTO : DYAN WAHYUDI / JAWA POS

SERAHKAN MOBIL DINAS : Suryadharma Ali menyerahkan mobil dinas secara simbolis pada sekretaris kementriannegara koperasi dan UKM Guritno Kusumo sebelum mengawali masa kampanye, di kantor Kemennegkop UKM,Kuningan, Jakarta, kemarin (16/3).

Page 8: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

Selasa, 17 Maret 2009

PRESIDEN, wakil presiden (Wapres), sampai menterimenjadwalkan bakal berkampanye untuk partai politik(parpol) masing-masing. Untuk keperluan itu, mereka akancuti yang dijadwal bergilir.Tidak ada aturan yang di-langgar. Sebab, UU Pemilu memang memperbolehkanpejabat negara berkampanye untuk parpol masing-masing. UU pula yang mengharuskan mereka cuti selamaberkampanye. Syaratnya, antara lain, pejabat negara tidakboleh menggunakan fasilitas negara.Selesaikah per-soalannya? Apakah karena tidak ada UU yang dilanggar,lantas tidak ada hal lain yang perlu dipersoalkan? Tidaksesederhana itu masalahnya. Kita patut mempersoalkanpejabat negara yang berkampanye untuk parpol masing-masing lantaran dua hal.

Pertama, secara etis, ketika menjadi pejabat negara, pe-mimpin parpol seharusnya mencairkan hubungannya de-ngan parpol mereka. Mereka harus mengutamakan po-sisinya sebagai pejabat negara yang harus full, fokus,dan tidak mendua untuk bekerja demi negara dan ba-ngsanya.Adalah tidak patut jika presiden dan Wapresmemimpin para menterinya dan para menterinya harustunduk kepada presiden dan Wapres, namun di pang-gung kampanye mereka saling sindir. Bahkan, salingkecam dan membeber kelemahan masing-masing.

Memang tidak ada yang salah karena aksi mereka diajang kampanye itu tidak melanggar UU. UU bahkan mem-per-bolehkan. Hanya, itu tetap saja menjadi preseden bu-ruk karena telah memberikan contoh yang tidak baik bagipendidikan po-litik.Kedua, kepemimpinan di pemerintahanserta kolektivitas di kabinet haruslah tidak mengandungcacat apa pun. Tidak boleh diganggu kepentingan apapun. Mereka harus bekerja sepenuh hati. Tidak boleh di-ganggu kepentingan lain, termasuk kepentingan parpol.

Oleh karena itu, seharusnya meskipun tidak melanggarUU- para pejabat negara tidak perlu ikut berkampanye.Urusan kampanye serahkan saja kepada parpol masing-masing. Itu juga menjadi contoh bagi parpol-parpol. Bah-wa, untuk menarik massa, untuk menggalang dan memo-bilisasi kekuatan parpol pada arena kampanye, parpol tidakperlu bergantung kepada pemimpin mereka yang sedangmenjadi pejabat negara.Biarkan pejabat negara bekerja.Biarkan mereka fokus pada pekerjaannya. Biarkan presi-den bekerja memimpin pemerintahan. Biarkan Wapres danpara menteri asal parpol bekerja membantu presidenmenjalankan roda pemerintahan.Masyarakat pun kini su-dah semakin pintar dan cerdas. Dukung-mendukung da-lam pemilu tidak sepenuhnya lagi disebabkan pesona dandaya tarik pemimpin parpol yang sedang menjadi presiden,Wapres, dan menteri.

Dukungan dalam pemilu bergantung pada kinerja parpolselama lima tahun terakhir. Apakah wakil mereka diparlemen atau wakil parpol di kursi presiden, Wapres,dan menteri dapat memajukan negara dan bangsa. Kalaudukungan pemilih karena pesona pejabat negara, mes-tinya angka golongan putih (golput) tidak besar. Nyata-nya, angka golput dari pemilu ke pemilu terus membeng-kak.

Pejabat Negara untukApa Berkampanye?

PENERBIT : PT Luwuk Cemerlang. GENERAL MANAGER/PEMIMPIN REDAKSI : Herdiyanto Yusuf. REDAKTUR PELAKSANA : Haris Ladici. REDAKTUR : Haris Ladici, Zulhelmi Alting, Gafar Tokalang. STAF REDAKSI : Nasri Sei,Sofyan Labolo,RustamNono, Firman Ibrahim Suling. BIRO BANGKEP; Rustam Nono (Salakan), Ahmad Awaluddin (Banggai). BIRO AMPANA; Nasri Sei. BIRO PAGIMANA; Anto Yasin. BIRO BUNTA; Karman. BIRO TOILI; Nurhasan.ART & PERWAJAHAN : Sudin Salasa (Koordinator), Rustam Nasila,Wawan Kusika.

PRESIDEN KOMISARIS : Imawan Mashuri. KOMISARIS : Benny H Raintama, Suhendro Boroma. DIREKTUR : Mohamad Sirham, Urief Hassan. MANAGER KEUANGAN : Haryono, STAF KEUANGAN : Aswar Poibara (Koordinator) Astuti Mohune (Kasir) . MANAGER PEMASARAN KORAN :Sukriyadi Mamu . STAF PEMASARAN : Sofyan Dude,Dales Lantapon.MANAGER IKLAN : Sukriyadi Mamu . STAF IKLAN : Hawa Minarni A Bayak.(Kasir), Sutadi Utiarahman. PERCETAKAN : Yusuf Nelwan (Koordinator),Andri Bumbungan. OMBUSDMAN : Ismail Pelu (Ketua), Hinca IPPandjaitan (Anggota).TARIF IKLAN : Umum Rp 18.000,-/mmk (hitam putih/BW), MUNGIL : Rp 50.000,- (1x muat). HARGA LANGGANAN KORAN : Rp 65.000,- (luar kota tambah ongkos kirim). ALAMAT REDAKSI: Jl. Imam Bonjol No. 4 Km 3 Luwuk Telp. (0461) 325447 Fax : (0461) 325071email : [email protected]. PERWAKILAN GORONTALO : JL. NANI WARTABONE NO. 144 A GORONTALO Telp. (0435) 827551-827552 Fax : (0435) 829603. PERWAKILAN MANADO : Jln. Babe Palar No.54, Telp (0431) 855558 Fax : (0431) 840763-860398. PERWAKILAN SURABAYA: Graha Pena Building, Jln Ahmad Yani No.88, Telp (031) 8287999.PERWAKILAN JAKARTA : Gedung Graha Pena Lt.6, Jl. Raya Kebayoran Lama No.12, Telp : (021) 53699509, Fax (021) 5328487.

PENDAPAT KAMI

8

+628124506xxxxBENAR 2 “SPEKTAKULER” ini “KEL SALABENDA” SDH NI YG

NAMANYA PEMBODOHAN MASY ..KENAPA YANG D UNDANGSOSIALISASI HANYA ORANG 2 YG SDH TUA BHKAN AD YGPERLAMEN DAN JGA YG PUNYA PENDDKN TDK LLS SD ...APA INIPOLITIK MEREKA BIAR BISA D BODO 2 HI ...BPK CAMAT BNTA.TLONG KLARIFIKASI SMUA INI .

JANGAN BIARKAN KAMI MASY KEL SALABENDA AKAN DJADIKAN ALAT UNTK MNJU KSKSSAN POLITIK 1PIHAK.....SILAHKAN SAJA ANDA MENCOBA ,! KARENA MATA HATIPKRAN KT SKRANG SDH TERBUKA .

KAMI MASY SALABENDA SDH TDK MAU LGI D “BOHONGI”INGAT ITU .....KTA SDH BSAN B DENGAR JANJI2.

+628124506xxxxAss BPK LURAH SALABENDA ANDA JANGAN ASAL TANDA

TANGAN DONG ANDA HARUS LEBIH TELITI JANGAN MAU DPERALAT .BPK TAU 1 TND TNGN BSA MNJRAT ANDA MSK BUIKRNA ATS PERSETUJUAN BPK .TOLONG KLARIFIKASI ITU DANA20 JTA DRI MANA DAN UNTK APA? JNGN BIARKAN DIRI ANDATRJBK PD SUATU MSLH YG ANDA TDK PAHAM.

+628124519xxxxAss lp, bwt pr cleg mnjelang psta dmokrsi 9 aprl nnti, klo brsaing

mncari smptisan masyrkat hrus yg shat donk !! Jngan salingmnjatuhkn. Tunjukn sikp kedewasaan dlm brdemokrasi. By pemudabnggai.

+628134140xxxxSore LP,monitor dong realita p’kembangn pmriksaan ksus P’ctakn

Sawh d “LuBang” yg saat ini d Kejari Banggai khususx Ksus Siunayg mlibatkn oknum Sobirin,Cs (DisTan) slanjutx tolong d XPos agrmnjadi konsumsi publik yg akn lebh mnarik pmbaca n insyaAllahkomiu mndaptkn balsn setimpl dr Allah S.W.T. Amin..

+628134148xxxxAss,,,lwk post,he bupati urus jo itu pemerintahmu,jangan urus

itu bandara,krn yg atur dr pusat,jangan cb2 di ganti itu nmbandara,Dr msarakat bu2ng.TLG DI MUAT YA...WASS.

+628524121xxxxCaleg partai demokrat Retna Situmorang telah jelas2 melakukan

MONEY POLITIC, ini jelas dan dimuat LP. Panwaslu Luwuk segeratindaki.

+628524121xxxxHIMBAUAN KEPADA SELURUH RAKYAT BANGKEP HATI HATI

DE-NGAN SERANGAN FAJAR, POLITIK UANG, BAGI2 SEMBAKO,INI SEMUA CARA2 KOTOR “HARAM HUKUM-NYA”dr GENERASIANTI KKN.

+628524132xxxxAss,,..Lp Q m0 nTip sLm niC bWt tMn2Q Di MA.PdaNgn,truTmA

bWt iSmaR aNd aTi,,Q tRut prHtiN Ma kLiaN br’2,MoGa2 kLiaN cPaTsMbuH.,bWt ULLA,KiRap,ALi,kAmRan Rjin2 sKul Ya,bWtEnteng,aMa FJ.

.jnGan nKaL donG,tRuz Bwt uDin & juMAr yG luCu,,aNi sITomBoy,uCi aNd pio yG imueet,leNa & luSi yG crWet,-saMsuDin,AI,ATon,sLAM maNIS bwt kLian sMUA,..and bwt WANada slam syang dri se2orng bwt QM..,mkciiee LP.!

+628524146xxxxto fkm untika,salam merdeka,salut buat fkm untika yg mau

membayar gaji dosen sm gaji pns,cuma bnyk skali dosen sekaliguspns,nah coba yg so pns&dosen, mengundurkan diri jo jd pns biartorang yg penga-nguran dapa karja,dorang juga pns so tdkmaksimal maso kantor,dgn kata lain korupsi waktu,by untika

+628575640xxxxAss,sy gilank gzone FM yg fans bget LP,klw blh muat lbh banyak

lowongan kerja krn slain brita yg di minati msyrkat,ky’x lowongankrja it diburu oleh pengangguran dluwuk.

+628134130xxxxpak kadis kshtn..jgn cm badiam2 d.lwk kroscek anda pnya staf

yg ada d.bnta yg trlibat ikut2 sosialisasi parpol,PDS tlng tindaktegas klo prlu sgra di sk pindahkn anda tdk yakin silakan txkn pdamsyrakat yg ada d.bnta n sktrnya..

.krna sdh menyalahi UUD sesuai pasal 43 pns adlh plyn n abdinegara bkn partai politik.

(Bersambung)

SAMPAI kini, sebagian kalangan di In-donesia berpendapat bahwa globalisasimerupakan sistem yang mutlak dianut ne-gara-negara di dunia karena kondisi su-dah menuntut demikian. Pengusaha yangmendukung pendapat ini mengajukan Ci-na dan Korsel sebagai contoh negara ya-ng berhasil meraih pertumbuhan ekonomisecara mengesankan karena menerapkansistem pasar bebas.

Globalisasi bukan panaceaMeskipun terjadi perdebatan seru an-

tara pendukung dan penentang globa-lisasi, mereka sepakat untuk mengatakanbahwa globalisasi menjadi historical sta-ge akselerasi ekspansi kapitalisme pasar.Tak bisa dipungkiri bahwa globalisasi te-lah membawa manfaat bagi umat manusia.Sejumlah negara bahkan menikmati lezat-nya buah globalisasi.

Namun, harus pula diakui bahwa taksedikit negara belum menikmati apa-apa.Pendapat bahwa globalisasi adalah sum-ber peluang meski memiliki konsekuensinegatif bagi kaum lemah yang tak mampuberadaptasi dengan tuntutan-tuntutanbaru produktivitas dan kompetisi (Matta,2008), menjadi perisai yang melindungiglobalisasi dari serangan kelompokantiglobalisasi. Globali-sasi bukanlah so-al baik atau buruk, tapi kedua-duanya. Iabisa baik, bisa pula bu-ruk, kata Gray.

Yang pasti, globalisasi bukanlah obatsegala penyakit (panacea). Di era globa-lisasi, manusia yang terapung-apung dilautan kemiskinan justru makin banyak.Data menunjukkan kesenjangan antarapenduduk terkaya (the richest) dan 20 per-sen penduduk termiskin (the poorest) didunia meningkat menjadi 86:1, dan terusmeningkat setiap harinya. 80 persen in-vestasi asing langsung masuk ke negara-negara OECD, dan lebih dari 50 persendari sisa 20 persen masuk ke negara-ne-

gara emerging markets atau 10 negara du-nia ketiga di mana sebagian besarnyaditerima Cina. Artinya, lebih 100 negaralainnya tak menikmati aliran modal glo-bal. Itu berarti, terjadi ketidakadilan inves-tasi dan pendapatan (Halliday, 2000).

Kecaman terhadap globalisasi diuntu-ngkan beberapa argumen. Realitas me-nunjukkan bahwa perdagangan bebas ya-ng diandalkan pendukung globalisasi se-betulnya jauh dari bebas (far from free).Buktinya, hambatan terhadap ekspor ne-gara-negara miskin lebih besar dibandingekspor negara kaya.

Negara kaya mensubsidi ekspor per-tanian mereka yang menyebabkan ko-moditas negara miskin tersingkir daripasar dunia. Meski didalilkan satu negarasatu suara, kenyataannya proses pembua-tan keputusan yang didasarkan atas kon-sensus dalam struktur WTO mengabaikankepentingan negara-negara miskin. Den-gan demikian, globalisasi tidak hanyamelapangkan jalan bagi kapitalisme untukmembuat yang kaya menjadi lebih kaya,yang miskin makin miskin, tapi jugamerusak demokrasi (Srinivasan, 2002).

Paradigma glokalisasiDi tengah pro-kontra atas globalisasi,

Sigmunt Bauman (1998) menawarkan re-sep yang lebih cerdas, rasional, dan rea-listis. Bauman tampaknya hendak mene-ngahi untuk kemudian mengakhiri perde-batan antara pendukung versus penenta-ng globalisasi itu lewat apa yang disebut-nya glokalisasi (glocalization), sebuahformula yang terbentuk dari kombinasi ya-ng cantik antara globalisasi dan lokalisasi.

Glokalisasi, menurut Bauman, men-yangkut redistribusi privilese dan depri-

vasi, kesejahteraan dan kemiskinan, ke-berpunyaan dan ketidakberpunyaan, ke-berdayaan dan ketidakberdayaan, kebe-basan dan keterkekangan. Dengan gloka-lisasi perbedaan dan identitas komunalyang dipromosikan oleh globalisasi pasardan informasi, dan dipertahankan sebagaisesuatu yang memang harus demikian (amust), tidak lagi menjadi faktor pembeda(diversity) karena seluruh mitra dianggapsetara. Sebab itu, apa yang disebut pilihanbebas bagi sebagian menjadi kezalimanbagi sebagian lainnya. Maka, menurutBauman, globalisasi dan lokalisasi adalahdua sisi tak terpisahkan dari sekepingkoin.

Dari paparan di atas, jelaslah bahwaglobalisasi mestinya disandingkan den-gan lokalisasi sehingga tercipta sebuahstrategi yang mampu menjawab tantanganyang kita hadapi di era globalisasi dewasaini. Bagaimanapun, lokalisasi harus di-lakukan untuk memperkuat potensi lokal,tapi pada saat yang sama kita tak mungkinmenghindari globalisasi.

Maka, memadukan keduanya dalamsebuah gerak yang dimanifestasikandalam strategi dan kebijakan pembangu-nan mutlak dilakukan kalau kita maumenikmati lezatnya buah globalisasi. Jikaglobalisasi bisa baik, bisa pula buruk ataumemiliki konsekuensi negatif dalamdirinya, maka lokalisasi, demikian Bauman,mesti dilakukan guna memastikanterjadinya seleksi alami ter-hadap dampaknegatif globalisasi.

Urgensi lokalisasiLokalisasi menjadi penting karena ter-

kait dengan sifat dasar atau karakter glo-balisasi itu sendiri. Pertama, globalisasi

bukanlah sebuah sistem yang dapat ber-jalan dengan sendirinya.

Globalisasi adalah proses yang men-ciptakan peluang bagi pertumbuhan yanglebih cepat dan pemberantasan kemiski-nan secara meyakinkan hanya di negarayang memiliki atmosfer ekonomi danpolitik yang kondusif.

Sebaliknya, negara dengan tingkatkorupsi yang tinggi dan sistem hukumyang korup tidak akan menjadi lahansubur yang memungkinkan globalisasiberbuah lezat.

Maka, tantangan terbesar bagi negaraberkembang adalah mentrans-formasilingkungan domestik agar kon-dusif bagiglobalisasi (Srinivasan, 2002).

Kedua, globalisasi dalam dirinya se-betulnya tidak menyediakan ruang yangsederajat (level playing field) bagi semuanegara. Globalisasi bahkan tidak diran-cang mengangkat negara miskin dari kub-angan kemiskinan.

Lokalisasi sesungguhnya tidak antikonglomerasi melainkan memastikan di-lakukannya pemberdayaan potensi lokalterlebih dulu sebelum seluruh pintu di-buka demi globalisasi.

Jika globalisasi bisa baik, bisa pula bu-ruk, maka ia bisa dianalogikan sebagai se-bilah pisau. Di tangan koki, ia produktifmembantu sang koki membuat masakanlezat. Tapi di tangan penjahat, ia bisa me-lahirkan malapetaka. Lokalisasi atau me-mastikan pisau jatuh ke tangan koki. Tapiuntuk bisa menjadi koki, diperlukan sejum-lah syarat.

Mengambil Cina dan Korsel sebagaibukti manfaat globalisasi, menurut hematsaya, tidaklah keliru. Tapi mesti diingat,perekonomian kedua negara tersebutditopang sektor UMKM yang tangguh.Di kedua negara itu, globalisasi dan loka-lisasi berjalan secara simultan.*

Globalisasi atau Glokalisasi?Oleh : Malik Ruslan

Peneliti dan penulis. Associate editor Pustaka LP3ES Indonesia, Jakarta.

HUJAN yang turun hampir setiap hariakhir-akhir ini di Kabupaten Banggaikhususnya Kota Luwuk ternyata menu-rut Kepala Stasiun Meteorologi BubungLuwuk sudah berubah distribusinya,yaitu dapat disimpulkan bahwa Kabu-paten Banggai tidak memiliki musim ke-marau lagi tetapi setiap bulan pasti adahujan, ini merupakan salah satu gejala pe-rubahan iklim.

Kondisi demikian menuntut antasipasicurah hujan yang lazimnya dibangundrainase atau riol agar aman dari gena-ngan air yang merugikan, masalahnyaadalah drainase yang dibangun berupasaluran beton massif atau kedap air den-gan prinsip konvensional atau lebih ber-tujuan untuk membuang air sesegeramungkin ke-laut yang dapat meningkat-kan terjadinya banjir di daerah hilir.

Selain hal tersebut konstruksi drainasebeton seperti ini membutuhkan danayang besar, kurang lebih harga satuannyaRp. 250 ribu s/d Rp. 350 ribu per meterbangunan beton, sementara pada Mu-syawarah Perencanaan Pembangunan(Musrenbang) Kabupaten Banggai untuktahun 2010 hampir setiap desa mengusul-kan pembangunan riol atau drainase ter-sebut dengan total panjang drainase se-Kabupaten Banggai mencapai 197 Kilometer atau sepanjang jarak dari LuwukKe Balingara dapat menelan dana tidakkurang dari 65 milyar rupiah atau menca-pai 55 % dari Dana Indikatif Dinas CiptaKarya dan Tata Ruang Kab. Banggai pa-da Musrenbang Kecamatan BidangPengembangan Wilayah sebesar Rp.119.154.500.000 (Luwuk Post terbitan 12Maret 2009) dan menelan Semua AlokasiAnggaran untuk Dinas Cipta Karya yanghanya kurang lebih 30 Milyar Rupiahpada tahun 2009.

Namun sayangnya walaupun dana ter-sebut dipenuhi dan pembangunan drai-nase dilaksanakan seluruhnya, tidak be-rarti persoalan genangan di daerah pemu-kiman akan selesai, tetapi bisa sebaliknyapembangunan drainase beton yang tidaktepat atau tidak berfungsi baik malahanmengakibatkan genangan-genangan airkotor yang jorok, lebih lagi kalau diguna-kan sebagai tempat pembuangan sampahsehingga drainase menjadi sumber pen-yakit seperti malaria dan demam berdarah.

Salah satu alternatif sederhana danmurah dengan paradigma pengelolaansumber daya air yang baru yaitu bagaima-na menahan air selama mungkin di daratagar tidak sesegera mungkin dialirkan kelaut, maka air hujan yang terjadi sebaik-nya di”panen” atau ditangkap menggu-nakan sumur resapan, baik ditampungatau diresapkan ke dalam tanah. Untukair hujan yang berlebihan dapat dibuat-kan saluran tetapi berupa SALURANTANAH BE-RUMPUT misalnya darirumput gajah, jepang atau sejenisnya/rumput lokal yang hidup dipinggir jalandibentuk penam-pangnya seperti saluranbeton, sehingga apabila intensitas hujanmeredah saluran akan kering (tidak terjadigenangan) karena air hujan terserap olehrumput tersebut juga Saluran Tanah Be-rumput ini dapat dikerjakan secara

swadaya oleh masyarakat bahkan adadibeberapa wilayah kecamatan dimanaDaerah Milik Jalan (DAMIJA)nya telahtumbuh subur rumput, dengan hanyamembentuk model penampang salurann-ya seperti saluran beton maka menjadisaluran rumput yang berfungsi sebagaidrainase/riol yang ramah lingkungansekaligus pemeliharaan jalan (kuranglebih panjang jalan di Kab. Banggai men-capai 3.000 Km) butuh pemeliharaan,dengan mengintegrasikan pembangu-nan badan jalan, bahu jalan (berm) den-gan drainase dalam satu kesatuan DA-MIJA maka daya tahan badan jalan akanbertambah karena musuh utama badanjalan perkerasan aspal adalah air, air danair, dengan demikian diharapakan denganmembuat berm dan drainase/saluran rum-put maka badan jalan dan kesehatan ma-syarakat dapat terjamin serta dapat me-reduksi APBD Kabupaten yang mencapai1,3 Trilyun untuk Dana Indikatif BidangPengembangan Wilayah Hasil Musren-bang Kecamatan Dinas Bina Marga danPengairan Kab. Banggai.

Agar lebih mudah memahaminya, perludijelaskan terlebih dulu bagaimana prosesyang dialami oleh air hujan dari mulai jatuhke tanah sampai dengan ke sungai danlaut. Air hujan yang jatuh ke tanahmenga-lami beberapa proses yaitu retensi(berupa resapan ke tanah/infiltrasi, tam-pungan di kolam, waduk, dll) danevapotranspirasi (penguapan kembali keudara). Sisa air yang tidak masuk dalamkedua proses tersebut menjadi aliran per-mukaan (Surface Run Off) yang masuk kesaluran-saluran air (sungai) untuk selan-jutnya dialirkan ke sungai atau laut. Jikakapasitas saluran pembuang (drainase/riol) yang ada kurang dari debit air yangmasuk, maka terjadilah banjir seperti yangsering terjadi sekarang ini.

Banjir yang terjadi bukanlah semata –mata disebabkan oleh kurangnya kapasi-tas dari saluran tersebut. Tetapi harus di-perhatikan juga bahwa dari waktu ke wak-tu terjadi peningkatan debit aliran permu-kaan pada kawasan yang membuat bebansaluran semakin besar. Kapasitas saluranyang sudah tidak dapat menampung be-ban aliran permukaan ini pun diperparahlagi dengan terjadinya pendangkalan ka-rena sampah dan sedimentasi yang tinggiakibat lapisan tanah mudah terbawa olehaliran air permukaan disebabkan vegetasiyang gundul.

Peningkatan debit aliran permukaan ya-ng terjadi dari waktu ke waktu adalah kon-sekwensi logis dari semakin berkurang-nya retensi air hujan. Pembangunan dae-rah permukiman, komersial dan industriyang cukup pesat tidak memperdulikanlagi adanya Ruang Terbuka Hijau. Hal inimerupakan salah satu penyebab berkura-ngnya retensi air hujan terutama di daerahperkotaan. Permukaan tanah yang awal-nya berupa vegetasi hijau berupa pepo-honan, semak dan rerumputan berubah

drastis menjadi lapangan beton atau aspalyang kedap air.

KONSEP DRAINASE YANG LAMAyang kita kenal selama ini adalah mem-buang kelebihan air secepat-cepatnya da-ri suatu kawasan, yaitu dengan cara mem-buang kelebihan air secepatnya ke badansaluran drainase. Konsep ini telah kitaterapkan sejak lama dan diterapkan hampirpada semua kawasan seperti perumahan,daerah komersial, daerah industri, lapan-gan golf, dll.

Jika kita cermati proses terjadinya ban-jir, maka sesuai logikanya dapat di ambil 2(dua) alternatif penanganan banjir.PERTAMA ; memperbesar kapasitas salu-ran sehingga lebih besar dari debit aliranpermukaan yang masuk ke saluran, atau,KEDUA ; memperbesar retensi pada kawa-san sehingga jumlah debit aliran permu-kaan yang masuk ke saluran lebih kecildari kapasitas saluran.

Konsep drainase konvensional cende-rung memilih alternatif pertama, dan inisudah banyak diterapkan di banyak tem-pat khususnya di negara kita. Pada alter-natif pertama, hal yang umum dilakukanadalah membuang secepat-cepatnya ke-lebihan air dengan cara langsung menga-lirkan air hujan yang jatuh ke kawasaantersebut ke saluran. Contoh sederhanaadalah misal air hujan yang jatuh ke se-buah rumah baik itu jatuh ke atap atau kehalamannya biasanya langsung dialirkandari atap ke selokan pembuang melaluitalang dan pipa tanpa dicoba untuk dire-sapkan terlebih dahulu ke tanah. Tentu-nya alternatif pertama ini sah-sah sajadilakukan, tetapi sifatnya mungkin hanyasementara. Ketika debit aliran permukaanmakin hari makin besar dikarenakan se-makin kecilnya retensi , maka pada suatusaat kapasitas saluran yang sudah diper-besar-pun tetap akan terlampaui.

Trend yang terjadi saat ini dalam usahamenangani banjir justru lebih banyakbersifat masing-masing (local) seperti di-jelaskan dalam alternatif pertama di atas.Semua penanganan dari konsep drainasekonvensional cenderung masih bersifatlokal dan hanya melihat kepentingannyasendiri tanpa memperdulikan kawasan disebelah hilirnya. Penggunaan konsepdrainase konvensional yang berusahamembuang kelebihan air secepatnya kebadan drainase seperti telah disinggungdi atas, pada sisi lain akan memberikandampak negatif pada daerah disebelahhilir kawasan tersebut. Beban salurandrainase juga semakin ke hilir semakinbesar. Artinya, kawasan tersebut berusa-ha memindahkan banjir ke daerah hiliruntuk membuat daerahnya bebas banjir.Jika semua kawasan menggunakan konsepini, dapat dibayangkan berapa debit airyang harus diterima oleh daerah hilir,contoh daerah hilir di Kota Luwuk yangsering banjir adalah kompleks LuwukShopping Mall dan Daerah Pertokoan Jl.Ahmad Yani/Samratullangi.

Untuk itu, perlu diusahakan agar aliranpermukaan sebelum masuk ke badandrainase dapat di retensi semaksimalmungkin agar mengurangi beban badandrainase dan daerah sebelah hilirnya.Usaha-usaha yang dapat dilakukan untukmeretensi aliran permukaan ini cukupbanyak dan cukup memungkinkan untukdilaksanakan. Namun, kemauan dan keter-libatan dari seluruh stakeholder (pemang-ku kepentingan) sistem drainase yangmencakup semua komponen masyarakatbaik itu di daerah permukiman, perkebu-nan, komersial, di daerah hulu, daerah hilirdan pemerintah harus benar-benar mak-simal.

Beberapa cara untuk memperbesar rete-nsi air hujan terutama di daerah perkotaanadalah sebagai berikut : A. PEMBUATANKOLAM PENAMPUN-GAN. Kolampenampungan dapat memperbesar retensialiran permukaan dengan cara memberi-kan waktu yang cukup untuk air agardapat meresap ke dalam tanah. Kolam pe-nampungan juga menahan aliran permu-kaan agar tidak langsung mengalir kesaluran drainase. Dalam hal ini pemerintahharus menetapkan kebijakan bahwa untukmengubah fungsi suatu kawasan, misal-nya kawasan hijau akan di ubah menjadiKomplek Perumahan, maka diwajibkankepada pengembang untuk membuat sua-tu kolam tampungan minimal sebesardebit curah hujan yang kehilangan tempatresapannya dikarenakan berubahnya ka-wasan tersebut.

Sebagai ilustrasi, jika suatu lahan selu-as 1 hektar (10.000 m2) dengan jenispermukaan berupa vegetasi sedang yaitupepohonan dan rumput akan di ubahmenjadi daerah permukiman, maka jumlahair yang kehilangan tempat peresapanyang diakibatkan oleh perubahan fungsilahan tersebut (dengan asumsi besarnyadebit curah hujan rata – rata 100 mm / jamdan koefisien resapan = 0.001 cm/det)adalah : =100 mm/jam x 10 000 m2 x 0.001cm/det = 0.1 m/jam x 10 000 m2 x (0.00001m/det x 3600 det) = 36 m3 = 36.000 liter airper jam. Atau setara dengan 7,2 mobiltangki air ukuran 5000 liter setiap jamnya.

Dapat dibayangkan jika puluhan ataubahkan ratusan hektar lahan berubahfungsi dari ruang terbuka hijau menjadibangunan beton. Kemanakah air hujanyang kehilangan tempat resapannya ituharus lari??, tentunya sesuai dengan sifatair, pastilah air akan mencari tempat yanglebih rendah yaitu mengalir ke daerah disebelah hilirnya. Dan ini jelas merupakanbencana bagi kawasan – kawasan yangberada di daerah hilir.

B.MENYEDIAKAN RUANG TERBU-KA HIJAU. Akan sangat bijak sekali jikasetiap bangunan yang ada menyediakanruang terbuka hijau dengan luas ± 30%dari seluruh luas tanah yang dimilikinya.Permasalahannya, pada daerah permuki-man, terutama di komplek-komplek pe-rumahan, lahan yang dimiliki oleh setiaprumah sangatlah terbatas. Biasanya,semua lahan tersebut dijadikan bangunanoleh pemiliknya karena memang lahannya

PENERAPAN SISTEM DRAINASE/RIOLBERBASIS LINGKUNGAN

Oleh : Rizaldi Maadji, ST, MTDosen Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Alumnus Magister Pengelolaan Sumberdaya Air UGM Yogyakarta.

Page 9: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

99999Selasa, 17 Maret 2009

2,5 Bulan, Upal Capai 2.900 Lembar

LUWUK-Pemilihan Umumyang akan digelar kurang sebu-lan lagi, ternyata telah membe-rikan banyak pengaruh positifterhadap perkembangan berba-gai sektor usaha di daerah ini.Karena, para caleg memanfa-atkan sejumlah barang dan jasasebagai alat pemikat bagi calonpemilih. Seperti untuk keper-luan pemberian bantuan mau-pun kegiatan sosialisasi. Meskibegitu, pemilu dinilai tidak akancukup banyak memberikansumbangsih positif untuk me-

Pemilu Pengaruhi Perkembangan Usahanaikkan angka persentasi per-tumbuhan daerah, “ Karenapengaruh negatif dari krisisekonomi dan financial globalsangat besar,” ujar Arthur Su-mantri ME, pengamat ekonomilokal yang dimintakan panda-ngannya, senin kemarin.

Ia menjelaskan bahwa secaranasional, ajang pemilu di perki-rakan akan cukup membantumempertahankan atau bahkanmeningkat angka pertumbuhanekonomi nasional. Karena arusperedaran barang dan jasa da-

lam negeri meningkat di saatkondisi pasar global sedangmelemah. Tapi berbeda kondisi-nya pada skala lokal daerah,karena angka permintaan pasartidak cukup signifikan memban-tu peningkatakan ekonomi dae-rah secara umum. Meski begitu,ia mengaku tetap optimis bahwamasyarakat dapat merasakancukup banyak manfaat ekonomidari agenda politik lima tahunantersebut. “ Berapa besar penga-ruhnya, masih perlu dilakukansurvey terlebih dahulu,” ujar-nya.Sementara itu, menurut pe-ngamatan Luwuk Post, bebera-pa sektor usaha yang merasa-kan manfaat ekonomi dariperhelatan Pemilu adalah RentSound System, Usaha Penye-waan tenda dan kursi, Usahapercetakan, tailor, dan Rent Car.Resni, salah satu pemilik usaharent car mengatakan bahwa se-jak sebulan menjelang pemilu,kendaraannya sudah dikontrakoleh salah satu partai gunakeperluan sosialisasi dan kam-panye. Dan nilai kontraknya re-latif lebih tingi, dari biasanya.Karena memang perminta-anpasar terhadap ketersediaanmobil sewa saat ini sedangmeningkat. Resni juga mengakumendapat keuntungan ekstradisaat menjelang pemilu sepertisekarang.

Hal yang sama juga diuta-rakan oleh Hendrawati Diko,pemilik usaha rent soundsistem. saat dimintai ketera-ngannya kemarin, ia mengakuada peningkatan jumlah orde-ran selama menjelang masapemilu. Dan kondisi itu menu-rutnya sangat membantu per-kembangan usahanya. Pemilumemang mendatangkan cukupbanyak keuntungan bagi ma-syarakat. Tapi yang terpentingdiharapkan oleh masyarakat, ha-sil dari pemilu benar-benar dapatmemberikan banyak pengaruhpositif terhadap peningkatankwalitas ekonomi masyarakatserta kemajuan daerah kede-pan. (bim)

LUWUK-Tingginya jumlah permintaan pasar terhadapkendaraan bermotor, khususnya sepeda motor di daerahini, memberikan peluang terhadap oknum tertentu untukmemasarkan sepeda motor bekas yang kemungkinanmerupakan hasil kejahatan tertentu. Karena itu, konsumendiharapkan lebih berhati-hati lagi ketika membeli sepedamotor tanpa disertai dengan dokumen pendukung yangasli, agar tidak dirugikan di kemudian hari.

Himbauan tersebut di sampaikan oleh ManagerPemasaran Yamaha Istana Motor, Bahri Nusi. Iamengatakan dengan naiknya harga kendaraan saat ini,akibat pengaruh krisis finacial global, memungkinkansebagian konsumen memilih untuk membeli motor bekas,karena harganya relatif lebih murah. Tapi menurutnya halitu bukan merupakan jaminan konsumen bisa nyamanketika menggunakan kendaraan yang dibelinya tersebut.Apalagi jika kendaraan itu tidak dilengkapi dengandokumen pendukung yang lengkap dan asli.

Menurutnya, potensi pasar otomotif lokal yang tersediamemang sangat menjanjikan. Dan itu, menjadi daya pikatbagi banyak kalangan untuk terjun menekuni bisnisotomotis. Termasuk para pelaku kejahatan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan sudah banyak kasusdi daerah lain, para konsumen kendaraan bekas harusberurusan dengan pihak berwajib karena membelikendaraan yang ternyata merupakan hasil kejahatan.“Karena itu konsumen mesti lebih waspada lagi,” jelasnya.

Membeli kendaraan baru, memang harganya lebih mahaldari kendaraan bekas. Hanya saja, kata Bahri, konsumendijamin akan lebih nyaman menggunakan kendaraantersebut tanpa harus khawatir dengan kwalitaskendaraan. Baik dari kondisi mesin, maupun keabsahandokumen kepemilikan.

Karena itu, Bahri menyarankan kepada para konsumenagar memilih membeli motor baru. Karena saat ini sudahbanyak program penjualan yang memudahkan konsumen.Selain itu, motor yang dibeli di dealer resmi, di berikangaransi serta jaminan perawatan kurun waktu tertentu.“Saya kira, konsumen akan lebih kenyamanan daripadamemikirkan beban harga,pungkas Bahri. (bim)

Waspada Beli MotorBekas

LUWUK-Keunggulan potensi wisata bahari di Daerahini, lambat laun mulai diminati oleh wisatawan asal luardaerah. Menurut data yang dihimpun dari beberapa jasatravel, jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah inidalam 3 bulan terakhir meningkat. Tapi dominannya adalahwisatawan dalam negeri. Para wisatawan itu datang kedaerah ini untuk melakukan kegiatan diving serta fishing.Karena menurut informasi yang mereka dapatkan melaluimedia internet serta brosur wisata, daerah ini memilikikelebihan pemandangan alam bawah laut serta anekaragam ikan menarik.

Salah seorang wisatawan yang sempat ditemui LuwukPost, hari minggu kemarin di objek wisata KM 5, Sutrisno(32), mengaku tertarik datang ke daerah ini setelahmendapatkan informasi dari rekan bisnisnya yang sempatdatang sebelumnya. Dari informasi itu, dia mengetahuidaerah ini memiliki potensi wisata bahari yang cukupmenarik. Tapi sangat disayangkan fasilitas pendukunguntuk keperluan wisata masih sangat terbatas. SepertiCottage, peta wisata, serta tempat penyewaan alat selam.“Sampai saya harus membawa perlengkapan sendiri darirumah,” ujar Sujarwo. Meski begitu, ia tidak membantahjika potensi wisata yang ada sangat memikat.

Sementara itu, Vivi Alfian salah seorang club divingasal Jakarta, yang juga rekan dari Sutrisno, mengatakanbahwa ia tertarik untuk membuka usaha di bidang wisatabahari daerah ini. Meski keinginannnya itu belum akandilaksanakannya dalam waktu dekat, tapi ia sudahmelakukan survey pada objek-objek wisata yang ada.“Saya melihat melihat potensi yang ada, belum dikelolasecara baik. Dan itu merupakan sebuah peluang bisnisyang baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Vivi mengatakan bahwa daerah ini memilikikeunikan tersendiri. Dan jika potensi yang ada ini, bisadikembangkan secara profesional, maka akan memberikankeuntungan ekonomis yang cukup besar. “Tapi nilaiinvestasinya juga harus besar pula,” tuturnya.

Menurutnya lagi, daerah ini masih perlu dikenalkansecara luas dikalangan wisatawasan. Karena informasiyang ada sekarang cukup terbatas. Padahal, sekali lagivivi mengatakan potensi wisata bahari yang dimiliki olehdaerah ini sebenarnya tidak kalah bersaing dengan daerah-daerah lain. Apalagi ketersediaan fasilitas tranportasi,relatif lebih baik dari beberapa daerah tujuan wisatalainnya yang juga merupakan daerah pesisir. (bim)

Potensi Wisata Bahari MenarikPerhatian Wisatawan

LUWUK-Gelar Produk Keraji-nan Nasional Indonesia yang di-laksanakan oleh Dewan KerajinanNasional di Jakarta, dari tanggal18 hingga 22 Maret mendatang,bakal dimanfaatkan secara mak-simal oleh Dewan Kerajinan Nasi-onal Daerah (Dekranasda) Kabu-paten Banggai untuk mengenalkanberbagai macam produk kerajinandaerah yang ada. Mulai dari anekaperhiasan mutiara, kerajinan kaintenunan Nambo, dan beberapaproduk lainnya.

Ketika berbincang Luwuk Post,ketua Dekranasda KabupatenBanggai, Halima Amir menjelaskanbahwa pihaknya berkomitmenmembantu meningkatkan kwalitasekonomi rakyat dengan cara mem-bantu mempromosikan serta me-masarkan aneka kerajinan yangdiproduksi oleh para perajin lokal.Dan Gelar Produk Kerajinan Nasi-onal Indonesia, dinilainya adalahsalah satu moment yang tepatuntuk mewujudkan keinginan ter-sebut. Alasannya, kegiatan ituakan disaksikan oleh banyak or-ang dari berbagai daerah. Terma-suk para pengusaha besar nasio-nal. “Kami akan berupaya agar me-reka bisa mengenal lebih jauh ber-bagai produk kerajinan asal daerahini,” tukas istri dari Bupati Banggaiini.

Pastinya kata Halima, melalui ke-giatan gelar produk kerajinan ter-sebut. Kedepannya, produk keraji-nan lokal bisa merambah pasarnasional atau bahkan internasi-

onal. Sama halnya dengan hasilkerajinan dari para perajin di dae-rah lain. Karena, sudah banyakkonsumen yang mengenal hasilproduk kerajinan dari perajin lokal.

Upaya yang dilakukan oleh Dek-ranasda Kabupaten Banggai itu,sangat produktif untuk membantuperkembangkan usaha kerajinanmasyarakat di daerah ini. Karenaselama ini, salah satu kendala ter-besar dalam pengembangan usahakerajinan yang ada sekarang, ada-lah terbatasnya peluang pasar. Pa-dahal kwalitas dari produksi kera-jinan lokal, tidak kalah bersaingdengan hasil kerajinan asal daerahlain.

Kegiatan promosi memang sa-ngat penting untuk meraih peluangpasar, dan hal tersebut diyakinioleh Indrawati Hasan salahseorang kolektor kerajinan perhi-asan mutiara. Menurutnya, tanpadibantu dengan kegiatan promosi,upaya pemerintah dalam mendo-rong perkembangan usaha keraji-nan daerah akan sulit terwujud.Karena peluang pasar bagi produkkerajinan tersebut akan sangat ter-batas.

Karena alasan itu, ia menilai apayang dilakukan oleh DekranasdaKabupaten Banggai, akan sangatbermanfaat bagi perkembanganusaha kerajinan yang ada di daerahini. “ Tentunya saja, para perajinjuga di tuntut untuk selalu beru-saha meningkatkan kwalitas pro-duk mereka,” ungkap Indrawati.(bim)

Dekranasda Siap PasarkanKerajinan Lokal

SURABAYA - Bank Indonesia(BI) terus melakukan pencegahanterhadap peredaran uang palsu.Salah satunya melalui upaya so-sialisasi terhadap masayarakattentang ciri khas uang asli, teru-tama mendekati pemilu.

Berdasar data yang ada di BISurabaya uang palsu yang ma-suk ke BI pada 2008 mencapai13.900 lembar. Naik dari jumlahpada 2007 lalu yang hanya 11.800

lembar. Sementara sampai pekanke dua Maret ini tercatat ada2.900 lembar uang palsu yangmasuk ke BI Surabaya.

“Mayoritas adalah pecahan 50ribu jumlahnya sekitar 63 persendari total uang yang palsu. Ter-banyak setelah itu adalah uangPecahan 100 ribu,” kata DeputiPemimpin BI Surabaya bidangsistem pembayaran dan manaje-men interen Mahmud Sabtu (14/3).

Walau dari sisi jumlah ada pe-ningkatan jumlah uang palsu ya-ng masuk ke BI pada 2008 diban-

ding 2007, tetapi menurutnyakenaikan itu masih tidak terlalumengkhawatirkan. Hal ini karenapertumbuhannya tak sebandingdengan pertumbuhan nilai uangyang masuk ke BI.

Pada 2008, jumlah uang yangmasuk ke BI Surabaya mencapaiRp 14 triliun, atau tumbuh 94,4persen jumlah pada tahun sebe-lumnya yang hanya mencapai Rp7,2 triliun. “Sedangkan pertum-buhan jumlah lembaran uang pal-su yang masuk ke BI Surabayapada 2008 dibanding 2007 hanyasekitar 17,7 persen. Maaf kami

Berpeluang Meningkatsaat Kampanye Pemilu”

tidak bisa menyebut jumlah no-minalnya karena beberapa ala-san,” jelasnya.

Jumlahnya diprediksi akannaik di saat perputaran uang dimasyarakat meningkat. Salahsatunya satunya saat masa kam-panye pemilu karena konsumsimasyarakat yang cenderung me-ngalami kenaikan. “Intensitassosialisasi terutama tentang pro-gram Dilihat, Diraba, dan Ditera-wang (3D) kami tambah. Salahsatunya dengan menitipkan pe-san kepada masyarakat melaluimahasiswa yang melaksanakan

KKN (kuliah kerja nyata) didaerah-daerah,” ungkapnya.

Menurutnya”Hal itu untukmemaksimalkan upaya BI untukmemberantas uang palsu de-ngan menambah fitur pengama-nan uang asli dari 14 menjadi 18fitur di semua uang tahun ini. Tar-getnya minimal tahun ini jumlahuang palsu yang masuk ke BI Su-rabaya akan berkurang 10 per-sen. “Kami tentu ingin tidak adalagi uang palsu yang masuk keBI. Tetapi hal itu perlu proses danperjuangan,” imbuh Mahmud.-(luq/jpnn)

TAK TERPANGARUH KRISIS : Mobil-mobil premium dengan harga di atas Rp 1 miliar masih terus diburu,meskipun krisis keuangan global telah mereduksi daya beli masyarakat secara umum.

Sales Mobil Premium EksisJAKARTA - Toyota Astra

Motor (TAM) tetap percaya dirimenawarkan mobil-mobil pre-mium dengan harga diatas Rp 1miliar di Indonesia. Meskipunkrisis keuangan global telahmereduksi daya beli masyarakatsecara umum, namun masihterdapat sebagian masyarakatyang tidak merasakan gonca-ngan krisis.

“Banyak orang kaya ‘terpen-dam’ di Indonesia. Konsumensuper kaya tersebut memilikiselera dan kemampuan membeliyang sangat besar, mereka me-rupakan kolektor yang membelimobil bukan untuk dijual kem-bali,” ujar Presdir Toyota AstraMotor, Johnny Darmawankemarin. Hal itu berarti penjua-lan mobil premium tidak bisadikaitkan dengan prediksi pe-nurunan penjualan mobil hing-ga 30 persen tahun ini.

Johny mengambil contoh,Toyota Lexus tahun lalu terjualsebanyak 241 unit, didominasijenis sedan (LS460) yang harga-nya mencapai sekitar Rp 2miliar, dan Lexus jenis SUV (seriLX) dengan harga diatas Rp 1miliar terjual lebih dari 90-anunit. Dan tahun ini, pihaknyakembali meluncurkan jenis SUV

Crossover, All New RX350,yang harganya mencapai Rp1,1miliar. “Kami percaya pasar In-donesia untuk mobil mewahmasih potensial,” tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, penjua-lan Lexus di Indonesia jugamenyamai penjualan di negara-negara lain di Asia yang lebihdulu memperkenalkan kendara-an tersebut, seperti Thailanddan Brunei. Di kawasan Asia,Indonesia bahkan dinilai seba-gai pasar Lexus yang palingcepat berkembang. Buktinya,selama 2008 penjualan mening-kat 524 persen. “Bila dulupenjualan mobil mewah kitatertinggal dari Thailand, seka-rang penjualan kita lebih ba-nyak,” ungkapnya.

Menurut dia, pasar Indone-sia sangat unik dalam menang-gapi masuknya mobil mewah.Meskipun dampak krisis mone-ter meluas yang ditandai jatuh-nya harga saham di Bursa EfekIndonesia (BEI) dan melemah-nya nilai tukar rupiah, permin-taan mobil mewah masih tetaptinggi, terutama di Jakarta.“Penjualan Lexus, misalnya,sekitar 80 persen di Jakarta, sisa-nya kota lain seperti Surabayadan Medan, serta sejumlah

daerah di Kalimantan,” terang-nya.

Dia mengatakan, karakteristikkonsumen mobil mewah adalahmereka yang super kaya. Kala-ngan tersebut membeli mobiluntuk koleksi dan bukan untukdijual kembali. Oleh karena itu,harga setinggi apapun tetapakan mereka beli kalau bisamemuaskan idealismenya. DiIndonesia jumlah orang yangmemiliki karakteristik seperti itulumayan besar. “Mereka meru-pakan kalangan yang punyaselera tinggi dan punya kemam-puan membeli yang besar,”jelasnya.

Mengenai solusi untukmengatasi krisis global ini,Johny mengatakan semua pi-hak harus saling bahu memba-hu.

Apalagi, industri otomotif kinijadi motor pendorong perekono-mian nasional. Mata rantai bis-nis pendukung industri otomo-tif, mulai manufaktur komponen,kendaraan itu sendiri, jaringandistribusi dan layanan purnajualnya, sampai bengkel pera-watan juga harus terlibat. “Dantentu saja harus ikut menikmatipertumbuhan itu,” jelasnya-.(wir/jpnn)

(bim)Perhiasan : Aneka kerajinan perhiasan mutiara yang akan dipamerkan olehDekranasda Kabupaten Banggai pada gelar Produk Kerajinan Nasional Indone-sia di Jakarta, Tanggal 18-22 Maret 2009

Page 10: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

I. Panitia Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Dewan Perwakilan RakyatDaerah Kabupaten Banggai Kepulauan akan melaksanakanpelelangan umum untuk Pekerjaan : Penyediaan PemeliharaanKesehatan Pimpinan dan Anggota DPRD dengan nilai pagu Rp199.500.000,- yang bersumber dari dana APBD Tahun Anggaran2009

II. Bagi Badan Usaha yang berminat, dapat mendaftarkan diri denganmembawa : 1. Fotocopy Akte Pendirian/Perusahaan (Asli diperlihatkan) 2. Fotocopy SBU (Asli diperlihatkan) 3. Bagi yang bukan Direktur /Direktur Utama, harap membawa

Surat Kuasa dari Direktur/Direktur Utama diatas materai Rp.6.000,-.

III. Pendaftaran dibuka pada tanggal 12 s/d 19 Maret 2009Alamat : kantor Sekretariat DPRD Kab. Bangkep di SalakanJam : 08.00 s/d 14.00 Wita

IV. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi panitia

PENGUMUMAN LELANGNomor : 02/PPBJ-SEK-DPRD/III/2009

Salakan, 12 Maret 2009

TTDPA N I T I A

10Selasa, 17 Maret 2009

Page 11: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

1111111111Selasa, 17 Maret 2009

SALAKAN - Bupati BanggaiKepulauan (Bangkep) Drs Iri-anto Malingong MM memas-tikan diri tidak akan turun lagamengikuti kampanye umumalias monologis. “Saya tetapakan berdiri di tengah -tengah(netral) pada pemilu ini,” tegasIrianto saat memberikan sambu-tan pada acara konvoi seluruhparpol di lapangan bukit Trikorakemarin.

Karena itu, dia berharapkepada seluruh parpol membe-rikan pendidikan politik yangsehat kepada masyarakat dalammenyelenggarakan kampanyenanti. “Jangan ada gesek gese-kan sesama parpol, masyarakatjuga harus memberikan duku-ngan untuk suksesnya pemilu,”sambungnya.

Diakuinya dirinya sebenar-nya bisa masuk dalam gelang-gang politik pada pemilu untukmengikuti kampanye. Pasalnyadirinya tidak tercacat sebagaiPegawai Negeri Sipil (PNS). “Ta-pi saya tetap memberikan ke-sempatan terhadap parpol untukmengiplementasikan seluruhprogramnya dalam kampanyetersebut,” katanya.

Kelanjutan pembangunan

Bupati PastikanTak IkutKampanye

Umar : Masyarakat SulitPasarkan Hasil Bumi

SALAKAN - Camat Bangkurung, Umar Uloli mengatakanpihaknya membutuhkan pembangunan peningkatan jalan.Pasalnya beberapa desa di Kecamatan Bangkurung sulit dijangkaukendaraan darat akibat tidak dibukanya jalan tersebut.

“Masyarakat terpaksa mengunakan transporasi laut untukmenjangkau wilayah tetangga,” tambah Umar.

Padahal kata dia, beberapa desa dikecamatan sulit dijangkau kendaraan

darat itu memiliki potensi sumberdaya alam (SDA) yang melimpahruah.

Utamanya komoditi pertanian.“Hasil-hasil bumi masyarakathanya bisa dipasarkan murahakibat lambatnya memasarkangara-gara tidak diaspalnya jalantersebut,” tegasnya. Diakuinya bilaakses jalan tersebut sudah terbuka,

maka masyarakat utamanya peta-ni bakal memetik hasil yang

memuaskan dari hasil bumiyang mereka kelolah. Ka-

rena itu dia berharapkepada pemerintah

Bangkep mengalo-kasikan anggaranuntuk pembangu-nan peningkatanjalan di Bangku-rung.(tam)

Irianto : Parpol JanganGesek- Gesekan

Konvoi Parpol, Tensi Politik MemanasSALAKAN -Baru saja dibuka,

pelaksanaan kampanye umum aliasmonologis mulai menunjukan tensimemanas. Itu terlihat saat mengi-kuti konvoi parpol di lapanganbukit trikora Salakan Senin (16/3)kemarin.

Dalam aksi konvoi sebagai per-tanda kampanye umum dibuka,beberapa anggota partai nyaris sajabentrok. Masing -masing partaimembawa massa untuk meramai-kan konvoi tersebut. Ada yang me-naiki motor, mobil bahkan becak.Aksi kian memanas setelah sesamapendukung sudah berkumpul dilapangan trikora. Yel yel hidup par-tai pun kian dikumandangkan sesa-ma pendukung dan nyaris berujungbentrok. Untung aparat keamananbertindak sigap, sehingga tidaksampai terjadi bentrokan fisik.Hingga selesai acara itu, sesamapendukung hanya meneriakan yel-

Tanpa Ogotan, PerjuanganBalut Tetap Jalan

SALAKAN-Bupati IriantoMalingong menegaskan, tanpamantan Kepala Bappeda Bang-gai Kepulauan (Bangkep) al-

MEMBLUDAK : Massa pendukung Partai Amanat Nasional membludak di acara konvoi parpol di Salakan,kemarin

marhum Edison Ogotan, peme-karan Banggai Laut (Balut)tetap akan jalan. Sebab, menu-rutnya sejak awal, perjuanganpemekaran wilayah ini dilaku-kan oleh system. Sehinggameski Edison telah tiada, sistemtetap berjalan. “Sebab, para per-sonil di Bappeda rata-rata me-nguasai masalah pemekaranBanggai Laut,” ujar Iriantokepada Luwuk Post, kemarin.

Jawaban Irianto ini kembalimenampik keraguan sejumlahkalangan bahwa proses peme-karan Balut, terutama dari sisiadministrasi akan tersendat,sepeninggal Edison Ogotan.

“Berlebihan kalau ada yangmenilai begitu. Sebab, sejauh iniproses pemekaran Balut kantetap jalan,” katanya lagi. Diakembali menegaskan bahwapersonil yang ditinggalkanOgotan di lingkungan Bappe-da mengusai persis eksistensipemekaran Balut. “Pemerintahjuga tetap all out memperjuang-kannya di tingkat pusat,” kata-nya. Ditanya kapan Balut akanterealisasi. Irianto menjawab di-plomatis. “Tunggu saja, pro-sesnya kan sementara berjalan,”katanya.(tam)

SALAKAN-Bupati IriantoMalingong, Senin (16/3) kema-rin mengumpulkan para camatse Banggai Kepulauan. Agendatersebut berkaitan erat denganpelaksanaan pemilu yang ting-gal hitungan hari ini. Dia me-minta kepada Camat se Ban-gkep agar bersikap netral dalampemilu 9 April mendatang.

“Saya tidak mau ada laporandari masyarakat bahwa para ca-mat terlibat kampanye atau me-menangkan partai tertentu.Prinsipnya, seluruh camat tidakbisa ikut -ikutan berpolitik,”tegasnya. Meski begitu diamemberikan kolanggaran kepa-da camat untuk tetap mengawa-

si pemilu.“Kalau sekedar mengawasi

pelaksanaan pemilu tidak apa -apa, tapi jangan mendukungsalah satu parpol,” ancam Iri-anto lagi.Menurutnya camatsebagai PNS sudah diatur dalamaturan Pegawai Negeri Sipil(PNS) tidak tidak bisa bermainpolitik.

Dia mengaku akan memberi-kan sanksi sesuai aturan PNSbila terbukti menemukan camatikut berpolitik. Dalam rapat ituhadir Wakil Bupati Bangkep DrsEhud Salamat, Kepala Kesbang-linmas Husni Makaraow, KabagHumas Sudirio Laise serta selu-ruh Camat se Bangkep.(tam)

Irianto Kumpul Para Camat

Bangkep sendiri tidak lepas dariperan dan dukungan para ang-gota DPRD sebagai mitra ekse-kutif untuk mewujudkan sebu-ah program. “Nah, bagaimanakalau caleg yang terpilih nantitidak memiliki program yangtepat sasaran, ini bisa jadi bu-merang untuk memberikandorongan terhadap pembangu-nan daerah ini,” katanya.

Terpisah, Dedy Hadiz, Pemu-da Peling memuji sikap IriantoMalingong tersebut. Alasanya,dengan menempatkan posisiseperti itu, maka Irianto tidakterjebak memihak kepada salahsatu parpol. Padahal kata dia,Irianto memiliki saudara yangsaat ini sebagai caleg. “Kita me-ngapresiasi sikap bupati. Sikapini menunjukan bahwa beliaubenar-benar seorang negara-wan yang mengayomi semuakalangan,” puji Dedy.(tam)

DINAMIKA KECAMATAN

70 Eselon III-IV Dilantik

yel saja.Aksi konvoi sendiri tidak

berubah pada jadwal sebelumnya.yakni star di lapangan trikora danmengelilingi pusat kota Bangkep(Salakan red). Bupati Bangkep DrsIrianto Malingong ditemani Ka-polres Bangkep AKBP Drs RudyMulyantoko melepas konvoi ter-sebut. Pelaksanaan konvoi sendiridihadiri muspida, Bupati, WakilBupati, Kapolres, Ketua KPUDNur Sastro Salomo, Ketua Pan-waslu Jalil T Takuat dan beberapapejabat daerah.

Lantas bagaimana dengan warn-ing KPUD Bangkep terkait mo-bilisasi massa cukup 10 motor dan5 mobil? Sementara di lapangan mo-bil bahkan motor sudah melebihiyang disampaikan pihak KPUDsetempat.

Salah seorang anggota KPUDBangkep Rafli Udaa mengatakan

pihaknya sama sekali tidak kebe-ratan. Pasalnya kelebihan massa ituterjadi di lapangan. “Asal tidak ter-jadi bentrok maupun hal -hal yangtidak diinginkan,” katanya. Di lapa-ngan, nampak partai yang berjubelmassanya adalah Partai AmanatNasional (PAN) dan Partai Keda-ulatan (PK).

Ketua DPD PAN Bangkep Su-laeman Husen SE.MH mengatakanmassa tersebut spontanitas mem-berikan dukungan terhadapnya.“Saya tidak suruh itu adalah ko-mitmen mereka tersendiri,” ka-tanya. Salah seorang pengurusPAN Bangkep, Risno mengatakanpihaknya benar -benar berkomit-men memberikan dukungan suaraterhadap PAN. “Kami tidak pernahdisuruh siapa pun, itu kami lakukankarena kerelaan kami mendukungPAN yang dipimpin pak Sulae-man,” katanya.(tam)

SALAKAN-Janji pemerintah Banggai Kepu-lauan (Bangkep) menggelar mutasi pada pejabateselon 3 dan 4 dibuktikan. Senin (16/3) kemarinsekitar 70 pejabat daerah ini dilantik dan diambilsumpah. Demikian diungkap Kabag HumasBangkep Sudirio Laise.

Kata dia pelantikan kepada 70 pejabat itu ha-nya mengisi kekosongan. “Dan sebagian kecilterjadi pengeseran,” ujar mantan Sekcam Liang

itu. Pelantikan yang digelar di gedung DPRD

Bangkep itu dilakukan Bupati Bangkep DrsIrianto Malingong MM dan dihadiri KapolresBangkep AKBP Drs Rudy Mulyantoko sertapara pejabat teras di daerah ini.Bupati dalam sam-butanya mengharapkan kepada ke 70 pejabatitu bekerja maksimal seperti harapan pemerintahdan masyarakat. (tam)

Drs Irianto Malingong MM

Umar Uloli

Page 12: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

Selasa,17 Maret 2009 12

[Foto: Firman/ Luwuk Post]

TUNJANG PERTANIAN : Proyek rehabilitasi sejumlah jaringan irigasi di Kecamatan Toili dan Toili Barat diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian sertamenunjang perkenomian petani.

Populasi Kendaraan Meningkat

TOILI-Populasi atau jum-lah kendaraan roda dua danempat di Kecamatan Toili, se-pertinya makin meningkat. Initampaknya ditunjang dengan

kehadiran dan berkembang-nya dealer resmi kendaraanbermotor di wilayah kecama-tan tersebut. Namun, kondisitersebut tidak ditunjangdengan kondisi jalan. Sejum-lah ruas jalan yang menjadiurat nadi transportasi tampakmengalamim kerusakan.

PEMERINTAH KABUPATEN BANGGAIDinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SMP Negeri 3 LuwukSekolah Bertaraf Internasional

Alamat ; Jl. K.H. Dewantara No. 10 Telp (0461) 21276/Fax (0461) 325429Email : [email protected] blog: http://smp3luwuk.wordpress.comPENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)SMP Negeri 3 –RSBI LUWUKDasar Penerimaan Siswa Baru: 1. Surat Direktorat Jenderal Mandikdasmen Nomor: 169/C3/KP/2009

Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru 2. Surat Kepala Dinas Disdikpora No: 522/421/Dikpora/2009 tertanggal

10 Maret 3. Surat Kepsek SMP Negeri 3 Luwuk No: 074/422/SMP.03/2009 Tentang

Prosedur Penerimaan.Disampaikan Prosedur Seleksi PPDB SMP –RSBI Meliputi :

Adapun prosedur seleksi PPBD SMP-RSBI meliputi : A. Seleksi Administartif : 1. Memiliki Surat Keterangan bahawa siswa sedang duduk di kelas 6 SD. 2. Memiliki nilai raport kelas 3-6 untuk Mapel IPA, Matematika dan Bahasa

Indonesia minimum 70 (Sekolah dapat menentukan lebih tinggi nilai raportsesuai kondisi SD dan yang Sederajat sekitar serta mempertimbangkantarget jumlah anak yang akan diterima sebagai PDB SMP-RSBI).

3. Memiliki Surat Keterangan/Sertifikat Bahasa Inggris, Komputer dan lain-lain (jika ada).

4. Memiliki prestasi kejuaraan akademik/non-akademik minimal pada tingkatKab./Kota (jika ada) dan buktikan dengan sertifikat, piagam, suratketerangan, dan lain-lain.

5. Membuat Surat Pernyataan :a. Bersedia mengikuti seleksi PPDB.b. Bersedia mengikuti program RSBI.

B. Seleksi Akademis : 1. Tes Tertulis (MIPA, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum). 2. Tes lisan. C. Seleksi lainnya : 1. Tes Bakat, minat dan kecerdasan (psikotes). 2. Seleksi atau tes lain sesuai kebutuhan sekolah. 3. Wawancara dengan calon peserta didik dan orang tua peserta didik. D. Tes kemampuan komputer dan Bahasa Inggris dapat dijadikan dasar untuk peningkatan kompetensi melalui program matrikukulasi (Bridging Course). - Pelaksanaan test kemampuan komputer dan Bahasa Inggris dapat dilakukan sebelum atau sesudah pengumuman PPDB. - Pelaksanaan Bridging Course dilakukan sesudah pengumuman PPDB. E. Pelaksanaan PPDB pada bulan Maret s.d sebelum PPDB reguler dilaksanakan20 Maret sampai dengan sebelum penerimaan siswa regular dimulai. F. Pengumuman diterima sebagai peserta didik baru sebelum pendaftaran reguler. G. Tempat Pendaftaran Kantor SMPN 3 Luwuk, setiap hari kerja, dapat secara kolektif maupun perorangan.

Kepsek SMP Negeri 3 Luwuk

Mohd. Anwar SPd, MPd.

Sehubungan dengan belum selesainya pemeliharaan mesin SWD &Komatsu Di PLTD Luwuk yang berkapasitas 600 KW, maka masihdilaksanakan pemadaman bergilir dengan pola 6:1 (enam hari nyala,satu hari padam). Adapun jadwal pemadaman tanggal 16 Maret s/d 22Maret 2009, sebagai berikut :

Senin, 16 / 03 / 2009Jam 17.00 - 23.00

Jl. A Yani, Psr Malam, Psr Sentral, MesjidAgung, Tel. Lalong, BRI, Telkom, PertokoanSebagian, Ktr Bupati Lama, Jl. Hasanudin,Jl. Datu Adam, Golden Hill, Htl Dinasty,Komp. Psr Malam, Jl. Maleo, Jl. A Yani, Jl.C Aminoto, Jl. Sutarjo, Jl. Diponegoro, Jl. SRatulangi, POLRES, KODIM & Htl RamayanaCadangan : PMT Jur. Pagimana

NO. HARI / TANGGAL LOKASI PEMADAMAN1.

Demikian pemberitahuan, mohonmaaf atas terganggunya pelayanankami dan terima kasih.

Jl. Tg Branjangan, Jl. P Nias, Kelapa 2 Atas,Jl. P Seribu, Jl. Tg Santigi, Jl. Tg Jepara, Jl.Tg Sari, Belakang PLTD, Tontouan, Jl. PKalimantan, Jl. P Karimun Jaya, Komp. SDN9, Jl. P Irian, Komp. Puskesmas Simpong,Jl. P Seram, Jl. Lumba-lumba, Puge,Maahas, KM 5 Kafe, KM 5, KM 8, Bandaradan Bubung.Cadangan : F. Moilong

Rabu, 18 / 03 / 2009Jam 17.00 - 23.00

3.

Selasa, 17 / 03 / 2009Jam 17.00 - 23.00

Keraton, Jl. U Sumoharjo, Jl. Panjaitan,Sentral Sulawesi, Hoki Laut, Komp. RM Dewi,Jl. Sudirman, Jl. P Komodo, Jolek, PsrSimpong, Jl. P Bokan, Jl. P Banggai, Jl.Marthadinata, Warna Sari, Htl. Rosalina &Tanjung.Cadangan : PMT Jur. Tangeban

2.

Selain masih banyak yangtampak rusak parah, bebe-rapa ruas jalan juga tampakmakin tidak memungkinkandengan bertambahnya jum-lah kendaraan yang lalu lala-ng. Jumlah kendaraan makinhari makin bertambah. Se-mentara, kondisi jalan yangkecil dan rusak memungkin-kan terjadinya kecelakaan.Volume kendaraan, khusus-nya sepeda motor dari ber-bagai tipe dan merek, dalamsetiap bulan terus bertam-bah. Salah seorang pegawaiperusahaan penjualan salahsatu merek sepeda motor diUnit 11, Rosihan, mengata-kan permintaan warga ataskendaraan sepeda motor ma-kin meningkat setiap triwulan.Diperkirakan,setiap bulanterjadi peningkatan jumlahkendaraan sepeda motor ro-da dua sedikitnya 200 unit.Jumlah tersebut belum ditam-bah dengan jumlah kendara-an sepeda motor yang telahada dan roda empat lainnya.(frm)

Kondisi JalanDipertanyakan

TOILI-Isu flu burung rupa-nya tidak berpengaruh ban-yak di Kecamatan Toili. Buk-tinya, hingga saat ini sejum-lah rumah makan masih tetapadem menjajakan makanandengan menu daging ayam.Konsumen juga sepertinyatidak terpengaruh dengan halitu.

Sejumlah konsumen te-tapmembanjiri berbagai wa-rungmakan di sekitar Pasar Unit11 Desa Tirta Kencana. Sa-lah seorang pedagang ayam,Sumarno, mengata-kan om-zet penjualan tidak menga-lami penurunan meskipunada isu flu burung sebagai-mana dilansir media ini. Se-tiap harinya, Sumarno me-ngaku masih menjual dagingayam hingga 150 ekor. “Sayamasih menjual ayam sampai150 ekor setiap hari,” tutunya.(frm/acg)

Isu Flu BurungTak Kurangi

Omzet

Arembo KalahTipis DihadangMansahang FCTOILI-Meski sempat ditunda

karena hujan deras, namunSenin (16/3) kemarin, pertandi-ngan liga Forum Pemuda CintaBangsa (FPCB) akhirnya dilan-jutkan. Pada pertandingan ke-marin, tampil Arembo VS Man-sahan FC. Diprediksi, Aremboakan menang dengan mudahmenghadang rivalnya kali ini.Sebab komposisi Arembo danperforma permainan mereka se-belumnya cukup memukau.Akan tetapi, prediksi tersebutmeleset. Faktanya, MansahanFC mampu menundukkan Arem-bo dengan skor tipis 3-1.

Diawali kesalahan lini belaka-ng Arembo, pemain MansahangFC dengan nomor punggung 7,Feki, berhasil memecah kebun-tuan pada menit ke-23. Tidaklama berselang, pada menit ke-37, pemain Mansahang FC, Arifkembali membuat takjub sup-poter setelah memberikan gol-

Manfaatkan Peluang Kemenangannya ke gawang Arembo. Posisi2-0 babak pertama itu berhasildipertahankan Mansahang FChingga akhir permainan tanpaperlawanan berarti Arembo.

Memasuki babak ke-dua,Arembo tampaknya siap mere-but kemenangannya denganmeningkatkan tempo permai-nan. Namun, usaha untuk mem-perkecil angka kekalahan terse-but justru dibuat buyar pemainMansahang FC. Pada menit ke-37, Mansahang FC justru mem-pertegas kemenangannya den-gan memberi satu gol lagi yangdihadiahi oleh pemain nomorurut 11, Udin. Merasa diatas an-gin, pertahanan Mansahang FCmelemah. Kondisi itu dimanfa-atkan oleh Arembo denganmembobol gawang lawan. Le-wat tendangan pemain nomorurut 16, Ispar, Arembo berhasilmemperkecil angka kekalahan-nya. (frm/ton)

Page 13: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

1313131313Selasa,17 Maret 2009

RS Tak Ada Air, Lima Operasi Ditunda���� ���

PALU – Mahkama Agung (MA) akhirnyamengabulkan permohonan kasasipengusaha calian C atas nama YennyUmar pimpinan CV Bintang Jaya terhadapGubernur Paliudju.

Kepada Radar Sulteng Sabtu (14/3)Yenny Umar, mengungkapkan berdasar-kan salinan surat keputusan MA nomor109/P.PTS/II/2009/179 K/TUN/2000 ter-tanggal 10 Februari 2009, menyatakan ke-putusan Tata Usaha Negara yang diseng-katakan yang dikeluarkan Gubenur Kepa-la Daerah Tingkjat I tanggal 26 Mei 1999Nomor : 540/182/Distam/1999, tentangpembatalan Surat Keputusan GubenurKepala Daerah Tingkat I Sulteng Nomor :545/44/1996 tanggal 12 Februari 1996 ten-tang Pemberian Surat Izin PertambanganDaerah (SIPD) Eksploitasi bahan galianC PT Argasari Pratama dan pemberianSIPD eksplorasi bahan galian C kepadaCV Bintang Jaya. Menghukum pihak ter-gugat untuk mencabut SK Tata UsahaNegara dan menerbitkan SK Tata UsahaNegara yang baru tentang izin pertamba-ngan daerah seluas 10 Hektar atas lokasipertambangan bahan galian C di lokasisunga Tawaeli kecamatan Palu Utara Ko-tamadya Palu. Membayar biaya ganti rugikepada tergugat kepada tergugat sebesarRp 5 juta dan membayar biaya perkaradalam semua tingkat peradilan yang da-lam hal ini ditetapkan sebesar Rp 100 ribu.“Setelah menunggu 10 tahun tahun saatgubenur Paliudju kembali menjabat gu-bernur akhirnya hasil keputusan MAkeluar dan saya dinyatakan menangs,”katanya.

Menurut Yenny, ia awalnya mem-PTU-N-kan gubernur HB Paliudju Rabu 25Agustus 1999 dan pihaknya dinyatakanmenang dan gubernur harus membayar668 juta dan menerbitkan kembalikembali SIPD CV Bintang Jaya. Kemu-dian tanggal 28 Agustus 1999 gubernurPaliudju kembali menggugat Yenny Umardan CV Bintang Jaya ke PTUN Makassardan sekitar dua bulan kemudian kepu-tusan PTUN Makassar memenangkangugatan gubernur Paliudju. “Setelah sayamelakukan diskusi dengan pengacarasaya waktu itu Alberth Mentang SHakhirnya 20 April 2000 kami Kasasi keMA. Setelah menunggu sekian lama danuntuk kedua kalinya gubernur HB Paliudjuterpilih gubernur tanggal 10 Februari 2009putusan MA menyatakan saya menang,”ujarnya sembari memperlihatkan salinanputusan MA.(jpnn)

MA KabulkanPemohonan Kasasi

Pengusaha Galian C

CALON ANGGOTA LEGISLATIFDPR-RI, DPRD PROVINSI DPRD

KAB. BANGGAIPARTAI AMANAT NASIONAL

PADA PEMILU 2009

CALON ANGGOTA DPRD KABUPATEN BANGGAIDAPIL III (BUNTA-PAGIMANA-BUALEMO-NUHON)

7. FARID M. YUSUF 8. IDHAM IDRIS 9. NININ ZAHRA SALUKI

10. WAHYUNI GIASI

11. ARFA DG. PARANI, SE

12. NUR’ATNI BOTUTIHE

11. HISAM URUSI

1. IBRAHIM DARISE, SH 2. FARID HALUTI, S.AG., M.PD

3. DRS. AMNAN HAMZAH, MM

4. HJ. DAEHATI LAMBAGA

5. AZIKIN LASADAM

6. TAUFIK MANSUR

11. I KETUT RUDI HARTONO

12. HASJAN KASIM7. AMINUDDIN APOK

8. INDRIATI Z. AZIS, S.PI

9. MAHMUD DUNGGIO

10. H. MOH. NASAROEDDIN

CALON ANGGOTADPRD KABUPATEN BANGGAIDAPIL II (KINTOM-BATUI-TOILI-TOILI BARAT)

1. OSKAR R. PAUDI 2. ARIS T. KAHOHON, SH

3. NURJAYATI ENTEDING

4. MARIMAN, SH. M.SI

5. MOH. SALEH, SE 6. ROHMAT, S.SOS

8. BABA USMAN

3. DRS. ARIFIN MASI

1. MUH. DJUFRI R. DIKO, S.SOS., MM

1. SIRAJUDIN, SE, MM

5. DRS. SUTRISNO K. JAWA

99

SUTRISNO BACHIR

Ketua UmumPAN

1. H. NURHADI M. MUSAWIR, SH., MH., M.BA

CALON ANGGOTADPR-RI

DAPIL SULTENG

12. RAHMANSAHADA

13. TASRIF SAADJAD 14. SYAKIB JIBRAN

7. SUKARDI MAUDARA

9. ALDILLA REPPY 10. ASWAN ALI, SH

5. ZULFIKAR JAKA PUTRA DJALAMANG, SE

6. LAODE FALIMU R.4. IR. TASRUDDIN

CALONANGGOTA DPRD

KABUPATENBANGGAI

DAPIL I(LUWUK- LUWUK

TIMUR- MASAMA- LAMALA-BALANTAK)

2. DRS. ZAINUDDIN AHMAD

CALON ANGGOTA DPRD PROVINSI SULTENGDAPIL V (KAB. BANGGAI, BANGGAI KEPULAUAN)

2. DRS. H. BASRI SONO, MM

3. SYAFRI R. DIKO, ST

6. RAODA, SH 7. LAHMUDDIN MASSA

8. NIZAR, S.PD

4. SILFIA MAKMUR

(YOUDI SAUD/GORONTALO POST)

MAULUDAN ALA GORONTALO : Peringatan maulid nabi di Kabupaten Gorontalo dirayakan meriah di desa Bongo KecamatanBatudaa Pantai, Minggu (15/3).

PALU – Senin kemarin (16/3),Pemkot Palu kedatangan tamu daridua kabupaten di kawasan Indo-nesia Timur.

Mereka adalah Bupati KupangProvinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) Drs Ayub Titueki MS PHD,bersama sejumlah kepala SKPDdan anggota DPRD KabupatenKupang serta Wakil Bupati BeluNTT Ludovikus Taolin BA danketua DPRD Kabupaten Belu NTTGabriel Dermawan bersama ja-jarannya. Kedatangan mereka un-tuk melakukan studi banding ten-tang program-program pemba-ngunan yang telah dilaksanakan

Pemkot Palu, khususnya mengenaiprogram penanganan konflik diKota Palu. Kedatangan merekaditerima langsung Walikota Palu HRusdy Mastura, di ruang rapat se-kretariat kantor walikota.

Ditemui usai pertemuan tersebutBupati Kupang NTT Drs Ayub Ti-tueki MS PHD, mengatakan di-pilihnya Kota Palu sebagai daerahstudi banding karena Palu diang-gap berhasil mengatasi konflikyang terjadi di Kota Palu.

Selain itu, dipilihnya Palu jugakarena keberhasilan-keberhasilanPemkot Palu dalam melaksanakanprogram pemberdayaan

masyarakat.“Kami memilih Palu, karena ke-

betulan Palu telah mendapat ban-tuan dalam penanganan konflik,maka kami kabupaten kupang yangbelum mendapatkan bantuan, perlumempelajari apa yang telah dila-kukan Pemerintah Kota Palu dalammemanfaat bantuan. Selain itu ka-mi juga tertarik dengan keberhasi-lan walikota dalam melaksanakanprogram-program pembangunan,”ujar Ayub di kantor walikota kema-rin.

Menurut Ayub, dari penjelasanwalikota Palu, begitu banyak hal-hal positif yang perlu ditiru oleh

Kabupaten Kupang.Misalnya, penyampaian aspirasi

masyarakat yang tidak hanyadilakukan melalui Musyawarah Pe-rencanaan Pembangunan (Mus-renbang), namun juga melaluipesan singkat hand phone.

“Begitu banyak hal positif yangkami dapat dari walikota. MisalnyaSMS dari masyarakat tentang per-soalan-persoalan yang belum ter-tampung dalam Musrenbang, se-hingga menjadi bahan pertimba-ngan dalam merumuskan kebija-kan,” katanya.

Selain itu katanya, kebijakan-kebijakan walikota yang fokus

pada pengembangan potensi ung-gulan, juga menjadi pelajaran ber-harga baginya untuk diaplikasi-kan di Kupang.

“Seperti yang dikemukakanwalikota tidak ada artinya kalaupembangunan itu tidak berdasar-kan kondisi aktual pada masyara-kat.

Jadi dalam penekanan beliau itujelas, bahwa kalau kita meman-faatkan potensi yang ada itu sudahmerupakan modal besar dalamrangka meningkatkan kemampuandaerah. Ini yang akan kami pelajaridan akan kami aplikasikan didaerah kami,” katanya. (dit/jpnn)

PALU-Air bersih di ruangan operasi (RO) RSUD Undata,kemarin (16/3), mampet. Karena itu tidak setetes pun airbersih mengalir. Akibatnya, lima operasi yang sedianyadilakukan saat itu, batal terlaksana. Kelima operasi ituadalah operasi tumor pipi, TB kelenjar, hernia anak, danusus buntu. Operasi terpaksa ditunda dan dijanjikan akandilaksanakan hari ini (17/3).

Keluarga Riski Yani (20), salah satu pasien Tuberculo-sis (TB) kelenjar yang batal dioperasi hanya mengakupasrah. Sa’adiah, tante dari Riski kepada Radar Sultengmenjelaskan sedianya benjolan di kiri leher kemenakan-nya tersebut, akan dioperasi saat itu. Namun Sa’adiah

“Operasi batal, karena tidak ada air di kamar operasi.Ya, mau bagaimana lagi. Terpaksa menunggu saja. Karenabukan hanya kami, ada lima operasi yang batal,” aku Sa’-diah.

Menurutnya sudah tiga malam, Riski menginap di KelasIII Paviliun Teratai dan dijanjikan operasi akan dilaksana-kan hari ini. Dengan catatan, jika air bersih telah tersedia.

Selain Riski, ternyata di ruangan yang sama, ada satupasien yang terpaksa batal operasi. Pasien itu adalah ne-nek berusia 77 tahun yang mengidap tumor di wajah ya-ng bernama Ina Lau. Hari itu, nenek asal kelurahan LabuanBajo Kota Donggala itu, dijad-walkan akan operasi men-jalani operasi tumor. Menurut keluarga, operasi akan dila-kukan oleh dokter Oy.

“Terpaksa menunggu lagi. Sudah 1 bulan lebih kami disini. Semoga cepat di operasi,” ujar Aisyah (40), salahsatu anak Ina Lau. Sementara itu dikonfirmasi terpisah,dr Roberthy David Maelissa SpB atau yang dikenal di-kenal dengan sebutar dokter Oy, tidak membantah jikaterjadi pembatalan ope-rasi.

Meski begitu, dirinya menolak anggapan jika pi-haknyasengaja melakukan pembatalan.

“Saya hanya tahu air di kamar operasi tidak ada. Tidakbisa operasi kalau tida ada air,” ujarnya lantas berlalu.Dirinya menolak memberikan keterangan lebih lanjut. Ala-sannya, urusan masalah air bukan kewenangannya.(uq/jpnn)

Keluarga Pasien Mengaku Pasrah

Pemkot Palu Jadi Percontohan

Page 14: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

14SELASA, 17 MARET 2009��������

PALEMBANG-PSMS Me-dan kembali merumput di AFCCup. Kali ini Ayam Kinantan-julukan PSMS-bakal bertindaksebagai tuan rumah. PSMS akanmenjamu wakil Malaysia JohorFC di Gelora Sriwijaya, Palem-bang, malam ini.

(tayangan langsung TPI

YANG PENTING MENANG

[EVAN ZUMARLI/SUMATERA EKSPRES]

Pasukan Ayam Kinantan saat latihan malam tadi di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang,Sumsel Indonesia.. sebelumnya Tim Johor FC juga latihan malam.

pukul 18.30 WIB)Kemenanganmenjadi harga mati yang di-patok PSMS. Hanya kemena-ngan yang bisa membuat pe-luang ke babak berikutnya tetapterjaga. Jadi berapapun skor-nya, yang penting kami harusmenang, tegas Liestiadi, pelatihPSMS, kepada Jawa Pos,

kemarin.Hanya kemenangan memang

yang bisa menjaga peluangPSMS maju ke fase berikutnya.Sebab, pada laga perdana pekanlalu, mereka takluk 0-3 dariSouth China (Hongkok). Keka-lahan itu membuat PSMS me-nempati posisi juru kunci kla-

semen sementara Grup F.Dan kans PSMS untuk me-

menangkan pertandingan ma-lam ini cukup terbuka. SelainPSMS tampil di Indonesia, ke-kuatan Johor FC juga tidakterlalu menakutkan. Buktinya,di laga perdana, mereka hanyamampu bermain 0-0 melawan VBSport (Maladewa) di Malaysia.

Johor FC juga tidak diperkuatpemain asing. Di sisi lain, PSMSjustru bisa memaksimalkanamunisi asingnya. Kans PSMSsemakin besar lantaran hampirsemua pilarnya juga dalam kon-disi fit. Mungkin hanya Markus(Horison, kiper utama, red) ya-ng masih sedikit meragukan.Ungkap Liestiadi.

Selebihnya tidak lagi terken-dali kelelahan fisik. Demi ke-menangan, kami tetap tidak bo-leh meremehkan lawan. Apalagi,kami masih buta dengan kekua-tan mereka, ujar Liestiadi.

Sama halnya dengan PSMS,kubu Johor FC juga mengakumasih buta kekuatan rivalnya.Referensi yang mereka milikitentang PSMS sangat minim.Karena itu, mereka tidak mausesumbar. Namun, mereka jugatidak lantas patah arang.

Satu poin saya rasa sebagaihasil yang sangat bagus bagikami. Dan kami optimis bisameraihnya. Jika toh kami bisameraih kemenangan, maka ituadalah sebuah bonus, kata Pela-tih Johor FC Ramlan Rashid,yang dilansir dalam situs resmiAFC. (jpnn)

PSMS JOHOR FC

SIDOARJO -ManajemenDelta Putra Sidoarjo (Deltras)sudah menyiapkan striker baruuntuk mengganti Hillary Eche-sa. Namun, hingga kini, merekabelum membeberkan nama pe-main tersebut. Meski demikian,manajemen tim berjuluk The Lo-bster tersebut menjamin bahwastriker anyar itu punya kualitasmumpuni. Pasalnya, tukang ge-dor tersebut pernah malang me-lintang di Liga Indonesia.

Kalau orang-orang nggak ta-hu kualitas pemain ini ya keba-

ngetan. Soalnya, dia sudah sa-ngat berpengalaman di Liga In-donesia, terang Awan Juliarto,manajer Deltras kemarin (16/3).

Awan pun menyatakan bah-wa manajemen sudah berkon-sultasi dengan pelatih DeltrasM. Zein (Mamak) Alhadad ten-tang pemain anyar itu. Hasilnya,Mamak menyetujui perekrutanmesin gol anyar itu.

Pelatih sudah tahu tentangstriker baru ini. Pak Mamak jugasudah setuju. Hanya manaje-men dan pelatih sudah setujuagar tidak menyebutkan namapemain itu, tambah Awan.

Hanya, proses perekrutan pe-main anyar tersebut hampir mi-rip kala Deltras merekrut Hil-lary. Saat itu, Hillary direkruttanpa proses seleksi. Buntut-nya, pemain asal Kenya terse-but gagal total memenuhi eks-pektasi The Lobster. Malah, pe-main asal Kenya tersebut akhir-nya cabut ke Kenya.

Kekhawatiran pun menye-ruak jika nantinya tim yang mu-sim lalu itu menembus babakdelapan besar Ligina kembalibak membeli kucing dalam ka-rung. Sayang, awan engganberkomentar tentang hal ter-sebut.

Pada perkembangan yangsama, para pemain Deltras takbisa menikmati liburan panjang.Sebab, Deltras bakal melawat kekandang Sriwijaya FC padaRabu (25/3) mendatang.

Saya dapat surat dari BLI.Ternyata di sana boleh meny-elenggarakan pertandingan sa-at kampanye.

Besok sore (nanti sore) Del-tras akan latihan lagi, terangAwan. (jpnn)

NDIAN WELLS-Cedera lututkanan sempat membuat RafaelNadal terpuruk di bulan Februa-ri. Petenis Spanyol itu kalah difinal ABN Amro Rotterdam Ter-buka dari Andy Murray (Brita-nia Raya) dan mengundurkandiri dari Dubai Championships.Konsentrasi dicurahkan padapemulihan cedera.

Hasilnya sudah bisa dinikma-ti Nadal di Indian Wells Mas-ters. Dengan mantap dia melajuke babak ketiga turnamen ber-kategori Masters itu. Dia hanyabutuh 67 menit untuk meraih ke-menangan 6-2, 6-1 atas MichaelBerrer (Jerman).

Saya rasa saya bisa bermaindengan baik. Saya memainkanpertandingan yang bagus hariini, ungkap Nadal yang sedangmenikmati pekan ke-30 beradadi puncak peringkat ATP (Aso-siasi Tenis Pria).

Nadal tak sekali pun meng-hadapi tekanan dari Berrer yangmenghuni peringkat ke-112. Pe-tenis Spanyol itu mampu mema-tahkan servis Berrer dalam limakali kesempatan.

Bagi saya, itu sempurna. Sayabermain dengan nyaman, mam-pu mematahkan servis di ke-sempatan pertama tiap set. Ya-

ng penting, saya merasa enakdi lapangan juga bermaindengan baik, tambah Nadal.

Di babak ketiga, Nadal sudahditunggu oleh Dmitry Tursu-nov (Rusia). Di babak kedua,Tursunov melewati hadanganpetenis kualifikasi Michael Rus-sell (AS) dengan kemenangan7-6 (5), 4-6, 6-3.

Mulusnya langkah ke babakketiga juga didapatkan juarabertahan Novak Djokovic (Ser-bia). Penghuni peringkat ketigaATP itu menumbangkan Mar-tin Vassallo Arguello (Argenti-na) 7-5, 6-4.

Menuju Indian Wells, Djoko-vic sangat terbantu dengantambahan motivasi dari gelar diDubai Championships, dua pe-kan lalu. Padahal, kemampuanbersaingnya sempat diragukanusai serangkaian hasil buruk diawal musim, termasuk kegaga-lan mempertahankan gelar digrand slam Australia Terbuka.

Gelar di Dubai berarti besarbagi level kepercayaan diri sayadan permainan saya secara ke-seluruhan. Semuanya jadi terasalebih baik Masih ada ruanguntuk peningkatan, tapi sayaakan melakukan langkah demilangkah, tutur Djokovic. (jpnn)

Nadal Sudah Merasa Nyaman

Deltras TentangPenyerang Baru

RAFAEL NADALM. ZEIN

FERRARI AWASI KHUSUS BRAWN GP

Rubens Barrichello (Brawn BGP001 Tim) mencatat waktu tercepat pada sesi ujicoba di JeresSpanyol minggu lalu 15 Maret 2009.

JEREZ - Brawn GP, tim baruFormula 1 2009, kembali me-nunjukkan diri sebagai unggu-lan juara. Ketika mengawali ujicoba di Jerez, Spanyol, Minggulalu (15/3), mobil bermesin Mer-cedes-Benz itu kembali mem-buat para pesaing pusing tujuhkeliling.

Rubens Barrichello mampumenggeber mobilnya lebih dari100 lap tanpa masalah, danmencatat waktu jauh lebih ce-pat dari para pesaing. Tepatnyasekitar 0,6 detik lebih baik dariFernando Alonso (Renault).

Padahal, karakter Sirkuit Jerezsangat beda dengan Barcelo-na, yang digunakan uji cobasemua tim F1 pekan lalu. BilaBarcelona punya kombinasitikungan dan trek lurus komp-let, dan cenderung lebar dan ce-pat, Jerez, justru sempit danberliku.

Berarti, mobil baru Brawn be-nar-benar garang dalam ber-

bagai bentuk lintasan. Takheran bila Brawn mulai men-dapat perhatian khusus daripara pesaing. Usai latihan diBarcelona pun, beberapa timsudah langsung menjadikanBrawn sebagai alat ukur kekua-tan. Termasuk Ferrari, yang mu-sim lalu meraih gelar konstruk-tor.

Stefano Domenicali, bos timFerrari, mengaku barisan KudaJingkrak berada di papan atas.Tapi mungkin bukan yang pal-ing di atas. Sebab, tim ini jugamasih dilanda masalah-masa-lah ketahanan.Tim yang palingdi atas itu, kata Domenicali,mungkin adalah Brawn GP. Per-forma mereka sangat mengejut-kan. Mereka harus diberi per-hatian secara khusus, tandas-nya.

Rangkaian uji coba di Jerezini merupakan yang terakhir se-belum dimulainya musim 2009,di Melbourne, Australia, 27-29Maret mendatang. Hanya em-pat tim yang turun di Jerez. Bra-wn-Mercedes, Renault, danWilliams-Toyota turun mulaiMinggu lalu (15/3), berlanjuthingga Selasa hari ini atauRabu besok (18/3).

McLaren-Mercedes se-be-

narnya sudah hadir Minggulalu. Tapi, Lewis Hamilton danHeikki Kovalainen baru turundi lintasan mulai Senin kemarin(hingga dini hari tadi WIB),berlanjut hingga Kamis lusa(19/3).

Penggemar F1 mungkin su-dah tahu, McLaren punya ma-salah kecepatan cukup parahmenjelang musim 2009 nanti.Mobil MP4-24 termasuk yangpaling lamban selama beberapakali uji coba. Aerodinamikadisebut sebagai sumber masa-lah.

Kalau masalah tidak teratasidi Jerez, peluang mereka di awalmusim 2009 pun jadi meng-khawatirkan. Martin Whitma-rsh, bos McLaren, masih men-coba bersikap positif.

Dia me-ngaku kagum ataskerja keras dan niatan parapersonel Mc-Laren untuk me-ngatasi masalah dan kembali kepundak.

Di tim ini, kami menguta-makan tanggung jawab, bukansaling menyalahkan. Kamimenganalisa masalah, lalu me-ngatasinya.

Tidak ada yang disalahkansama sekali, tandas Whitmarsh.(jpnn)

Di Jerez,BarrichelloKembaliMemukau

Striker Anyar Tanpa Seleksi

Page 15: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

15Selasa, 17 Maret 2009

sesama kolega. “Terasa lebih santun.Suasana pun terasa sejuk. Rasanyasemakin sabar saja,” ungkapnya.

Bahkan, kata dia, para frontliner(petugas di depan) pelayanan Polrimengaku bisa lebih bersabar ketikamenghadapi masyarakat yang kadangsuka cerewet tersebut.

Bagaimana dengan keluarga polisi?Seorang istri polisi yang berdinas di PoldaJatim bercerita, kini suaminya harusbangun dini hari, kemudian berangkatke masjid polda untuk salat berjamaah.“Jam empat saya grayahi (diraba-raba,Red), kok sudah nggak ada. Ternyata,dia salat subuh berjamaah di masjidpolda,” ungkap ibu yang tinggal di kawa-san Ketintang tersebut.

Kapoda Jatim Brigjen Pol AntonBachrul Alam mengaku meminta agaranggotanya yang sudah punya “hobi” kemasjid mengajak temannya. “Sebenar-nya apa sih yang membuat kita tak mauke masjid? Di mana-mana ada masjid,pahalanya lebih banyak, dan bisa men-jadi alat interaksi sosial yang bagus,”ucap jenderal polisi bintang satu tersebutbernada tanya.

Untuk bisa mengajak temannya salatberjamaah di masjid, Anton yakin ituhanya masalah komunikasi. “Bisadikomunikasikan yang enak,” tuturnya.

Dia tetap yakin, bila the man behindthe gun-nya sudah baik duluan,segalanya akan mengikuti. “Bila secaramental sudah baik, saya yakin kinerjakami akan meningkat secara kualitatif.Tidak akan ada halangan apa pun,” tegasperwira tinggi yang lama berdinas disatuan lalu lintas tersebut.

Bukan hanya di lingkungan Mapolda

Jatim. Spirit religiusitas tersebut jugaterus menular ke jajarannya. Takterkecuali ke Polwiltabes Surabaya. Dipolwiltabes terbesar sejajaran PoldaJatim tersebut, spirit religiusitas jugadiwarnai semangat pluralitas yang kental.Sebab, Kapolwiltabes Surabaya KombesPol Ronny Franky Sompie adalahkristiani. “Saya sepenuhnya setuju, bilaSDM-nya sudah baik, baiklah semuakinerjanya,” urainya.

Untuk anak buahnya yang beragamaIslam, Polwiltabes Surabaya mengadopsiseperti yang dilakukan Mapolda Jatim.Yakni, khataman Alquran danpembacaan asmaul husna tiap selesaiapel pagi.

Berbeda untuk yang kristiani. Untukitu, Ronny mengaku turun langsung dalam“pembinaan ketakwaan” anak buahnya.Di seluruh jajarannya, Ronny menyata-kan total anggotanya yang beragamaNasrani mencapai 250 orang. “Sehari-hari pembinaan tersebut dilakukan dipolres jajaran masing-masing,” tuturnya.

Perbedaannya, bila yang beragamaIslam melafalkan asmaul husna seusaiapel pagi, yang kristiani langsung mengu-capkan doa Bapa kami. Selain itu, tiapJumat, bila kolega-koleganya yangberagama Islam melakukan salat Jumat,yang beragama Kristen melakukan doaokuimene. “Waktunya sama denganyang salat Jumat. Pukul 13.00 sudahselesai,” jelas perwira dengan tiga mawardi pundak tersebut. Namun, pada Jumatterakhir dalam bulan itu, Ronny menya-takan mengumpulkan semua pemelukKristen di Ruang Bhara Wira SasanaMapolwiltabes Surabaya. “Ini merupakandoa okuimene akbar,” ungkapnya.

Dia menuturkan, dalam ajaran kris-tiani, ada yang namanya hukum kasihterhadap sesama. “Itu kira-kira sepertihablum minannas dalam Islam,” ujarnya.

Bila hubungan dengan sesamamanusia sudah baik, kinerja pelayananpolisi akan baik pula. “Sebab, polisi selaluberinteraksi dengan masyarakat. Bilasudah mampu berinteraksi dengan baik,tentu saja masyarakat akan puas,”tegasnya.

Perubahan juga terjadi di PolwilBojonegoro. Di ruang dinas Kapolwil kinijuga bertumpuk Alquran dengan berbagaiwarna sampul. “Dulu jarang memang.Tapi, sekarang setiap Kamis ada tahlilandan Yasinan di rumah dinas saya,” kataKapolwil Bojonegoro Kombes Noer Aliyang mengaku peningkatan kegiatanagama itu merupakan imbauan Kapolda.

Mereka yang tahlilan dan Yasinanadalah anggota Polwil Bojonegoro.Terkadang, anggota polres jajaran jugamengikuti kegiatan rohani tersebut.Kegiatan agama di polwil tak hanyatahlilan dan Yasinan.

Setiap hari kerja, Kapolwil jugameminta 30 anggotanya bergiliranmelakukan salat subuh berjamaah.Setelah salat subuh, mereka diajakmembaca Alquran di ruang kerjanya mulaipukul 05.00. Setiap orang membacasatu juz, sehingga tiap hari merekakhatam Alquran. “Makanya, ada banyakAlquran di meja ini,” ceritanya. “Itu sudahlebih dari dua minggu kami lakukan,”sambungnya. Sebagian polwan jugasempat berjilbab seusai Kapolda berkun-jung ke Bojonegoro. Namun, sebagiandi antara mereka kini telah melepasnya.Noer Ali menuturkan, pemakaian jilbabitu hanya imbauan. Kondisi tersebutberbeda dari polwan di Nanggroe AcehDarussalam (NAD) yang sudah ada per-aturan khusus.

“Ya gak ada masalah (polwan tidakberjilbab lagi), memang peraturan sepertiitu,” imbuhnya. (dilengkapi Tonny AdeIrawan dari Bojonegoro/nw)

MUSLIMSambungan dari Hal 1

RIO PAKAVASambungan dari Hal 1

Wilayah terpencil di KabupatenDonggala itu memang lebih dikenaldengan nama Lalundu ketimbang RioPakava. Padahal, Lalundu adalah namalama dari kawasan yang kini menjadiKecamatan Rio Pakava. Dulu, arealpenempatan transmigran asal Jawa, Balidan Lombok ini disebut Lalundu, yangterdiri dari enam UPT (Unit PemukimanTransmigrasi). Wilayah yang berbatasanlangsung dengan Sulbar ini merupakanwilayah Kecamatan Dolo, KabupatenDonggala. Namun, pada tahun 2000,dimekarkan menjadi Kecamatan RioPakava. Selain transmigran asal luarSulawesi, wilayah seluas 17.014,14 ki-lometer persegi ini juga dihuni oleh etnisBugis dari Sulawesi Selatan dan jugasebagian kecil etnis Kaili yang tersebardi 14 desa dengan ibukotanya di DesaLalundu Utama.

Wilayah berpenduduk 22.228 jiwayang terdiri dari 5.324 KK (kepalakeluarga) ini memang terpencil. Beradadi pedalaman, Rio Pakava terkepungwilayah Kabupaten Mamuju Utara,Provinsi Sulbar di sebelah barat, selatan,dan tenggara. Kecamatan ini berbatasandengan Kecamatan Pasangkayu,Kecamatan Tike dan Kecamatan Barasdi Sulbar. Sementara kecamatan diwilayah Sulteng yang berbatasan denganRio Pakava adalah Kecamatan DoloSelatan, Kecamatan Pinambani, Keca-matan Pipikoro dan Kecamatan Kulawiyang masuk Kabupaten Sigi.

Untuk mencapainya, rombonganWagub yang melaju dengan kecepatan80 kilometer per jam dari halaman KantorGubernur Sulteng di Palu bahkan harusmelewati empat kecamatan di ProvinsiSulbar terlebih dulu dengan menghabis-kan sekitar 4 jam perjalanan di jalanannegara yang berlubang-lubang danjalanan kabupaten yang tak beraspalsepanjang kurang lebih 150 kilometer.Empat kecamatan di Sulbar yang harusdilewati itu adalah Kecamatan Sarjo,Kecamatan Bambaira, Kecamatan Bam-balamotu dan Kecamatan Pasangkayudalam Kabupaten Mamuju Utara yangalur jalannya mengikuti pesisir baratPulau Sulawesi sebelum kemudian ber-belok memasuki ribuan hektar perke-bunan kelapa sawit PT. Pasangkayu, PT.Letawa dan PT. Lestari Tani Teladan.Sepanjang perjalanan, tapal batas antarakedua provinsi ini tidak begitu diketahuikarena tidak adanya gerbang yangmenandakannya. Untuk mengenaliwilayah Sulteng atau Sulbar, hanyaberdasarkan pengamatan pada balihocaleg peserta Pemilu 2009 yang mencan-tumkan daerah pemilihan (dapil). Di

dalam areal sawit di Kecamatan Pasang-kayu yang dekat dengan Rio Pakava,wilayah Sulteng dan Sulbar justru tidakbisa dipastikan.

Keadaan alam yang tidak mengun-tungkan inilah yang membuat aksespenduduk Rio Pakava ke ibukota Kabu-paten Donggala di Banawa memangmenjadi sulit. Keterpencilan itu disebab-kan tidak ada jalan lain yang bisa dilaluiuntuk bisa langsung ke kecamatan laindi Kabupaten Donggala. Pasalnya,wilayah ini dibentengi rangkaian Pegunu-ngan Gawalise yang menjulang tinggi.

Padahal, penduduk Rio Pakavadan empat kecamatan di KabupatenMamuju Utara, Provinsi Sulbar tersebutlebih memilih membawa hasil buminyaseperti kakao, beras, jagung dan sayuranke Donggala di Kecamatan Banawa yanglebih dekat. Untuk mencapai Donggala,penduduk Rio Pakava selain harusmelintasi empat kecamatan di ProvinsiSulbar, juga harus melintasi KecamatanBanawa Selatan dan Banawa Tengah.

Karena harus melintasi ProvinsiSulbar, maka penduduk Rio Pakavasering terkena tarikan retribusi di jalanraya yang biayanya tinggi. Agar bebasdari pungutan, masyarakat yang memilikikendaraan bermotor harus mengantongisurat jalan terlebih dulu dari Rio Pakava.Surat ini hanya berlaku untuk satu kaliperjalanan. Jika tidak, mereka harusmembayar pungutan sebesar Rp 50 ribudi perbatasan wilayah yang dilakukanoleh petugas dari Sulbar. Dan saatkembali ke Rio Pakava pun mereka harusmengantongi surat jalan dari Donggalajika tidak ingin dikenai pungutan lagikarena perbedaan pelat nomorkendaraan.

Karena terpencil di pedalamanitulah yang menyebabkan wilayah inikurang mendapat perhatian Pemerintah.Akibatnya, kecamatan ini minim fasilitas.Jangankan jaringan telekomunikasi,listrik dari PT. PLN pun belum masuk keRio Pakava.

Kurangnya perhatian pemerintahini setidaknya bisa juga dilihat dari jumlahkunjungan yang jarang dilakukan olehpejabat Pemprov Sulteng. KunjunganWagub yang kedua kalinya ini, setelahpeninjauan tapal batas provinsi di tahun2008 lalu juga terhitung sebagai yangkedua kalinya bagi pejabat PemprovSulteng. Selain Ahmad Yahya yang kaliini bertujuan untuk bersilaturahmi danmemenuhi janjinya untuk membantupembangunan masjid di Desa PolantoJaya, belum ada pejabat Pemprov lainyang mampir di Rio Pakava. Karenaitulah, beberapa warga yang ditemuimengatakan bahwa mereka merasadianaktirikan oleh Pemprov Sulteng.

Wilayah terpencil ini baru jadipembicaraan hangat manakala persoalan

keputusan itu dan menyebutnya sebagaisikap kenegarawanan seorang pe-mimpin. Namun secara jelas, keputusantersebut justru menunjukkan kelemahanPresiden Asif Ali Zardari yang merupakansekutu AS. Karena selama ini peme-rintahannya menolak mengembalikankursi Chaudry yang dikenal sebagaihakim agung independen. Meski didesakoleh para pengacara dan pemimpinoposisi Nawaz Sharif dalam serangkaiandemo besar-besaran.

Yousuf Raza Gilani juga menjanjikanpembebasan sejumlah hakim lainnyayang pernah dipenjarakan semasapemerintahan Presiden PervezMusharraf, pada 2007. Perdana menterijuga akan mengupayakan pembebasanpara aktifis yang ditahan minggu lalusebagai cerminan niat baik untukmelakukan rekonsisilasi nasional di Pa-

kistan.Gerakan anti pemerinta tersebut

didukung oleh pemimpin oposisi NawazSharif, yang menolak penahanan rumahatasnya. Meski pemerintah mengatakanpengerahan polisi ke rumahnya itu untukmelindungi Nawaz Sharif dari ancamanteroris.

Para pendukung Sharif sempatbentrok dengan polisi dan berhasilmenggeser barikade menuju jalan utamake Islamabad dan konvoi Sharif bisaberjalan. Dia kemudian bergabungdengan gelombang pengunjuk rasa diibukota Islamabad untuk menuntutpemulihan para hakim.

Pendukung Jubilant di luar rumahChaudhry, di Islamabad home,memekikkan semangat saat Chaudrymenemui pendukungnya dari balkonnya.Para aktifis mengatakan keputusantersebut merupakan kemenangan bagidemokrasi dan sentiment positif bagipasar modal nasional.

“Tak Negara maju tanpa peradilanyang independent. Dan dengan kepu-

kata Yusgiantoro, karena ada pihak lain,yaitu PT LNG Energi Utama, yangmengaku telah memiliki kontrak ekslusifdi proyek tersebut.

“PT LNG EU, mereka mengaku me-megang exclusive agreement. Kalau kitakasih Sales Appointed Agreementkepada Mitsubishi, Pertamina, danMedco, tiba-tiba mereka punya exclu-sive agreement, nanti BP Migas bisadituntut oleh mereka,” ungkap MenteriEnergi Sumber Daya Mineral (ESDM)Purnomo Yusgiantoro kepada wartawandi Hotel Darmawangsa, Jakarta, sepertidikutip detikfinance.com, Senin (16/3)kemarin.

Untuk itu, imbuh Purnomo, pemerin-tah meminta agar DS LNG untuk meng-klarifikasi status dari lapangan tersebutagar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

“Saya bilang tunggu dulu, diklarifikasidulu dong. Ini dulu persoalannyabagaimana? Dibicarakan dulu dengangubernur dan pihak LNG EU. Apalagimasalah ini diangkat ke KPPU,” jelasnya.

Selain itu konsorsium tersebut jugaharus memastikan peruntukkan penggu-naan gas tersebut. Apakah akan diekspordengan bentuk LNG atau digunakanuntuk keperluan domestik.

“Gas tersebut akan digunakan untukapa? Apa mau LNG atau domestik?Karena LNG dan domestik itu bedaharganya. Pertamina dan BP Migas jugabelum memastikan berapa harganya,”ungkapnya.

Purnomo menambahkan, karenaproyek Donggi Senoro menggunakanmodel downstream (hilir), maka kewe-nangan Departemen ESDM hanyasampai di well head (mulut tambang).

“Ini downstream model, artinya yangdi sana (kilang) bukan urusan kita, kitasampai well head saja. Setelah well headitu ada Menteri Perdagangan, MenteriPerindustrian karena yang punya permit(izin) malah mereka,” paparnya.

Setelah ketiga hal tersebut sudahdiklarifikasi, barulah SAA bisa dike-luarkan pemerintah.”SAA belum dike-luarin, sebelum semuanya diselesaikandulu,” tandasnya.

TETAP DESAK KPPUSecara terpisah, kemarin, Anno, Me-

dia Relation PT LNG Energi Utamamenegaskan, pihaknya terus mendesakKomisi Pengawas Persaingan Usaha(KPPU) menyelidiki salinan kontrak GasSale Agreement (GSA) yang telahditandatangani PT Donggi Senoro LNG(DSL) dengan PT Pertamina EP sertakontrak GSA antara DSL dengan PTPertamina HE Tomori dan PT MedcoHE Tomori. “Dengan meneliti GSA

MENTERISambungan dari Hal 1

direktorat. Pihaknya, tengah menunggucatatan kelakuan Rusdihardjo selama ditahanan dari cabang Rutan Brimob.

“Yang saya tahu, track record-nya jugabaik. Kami menunggu surat dari kepalarutan itu,” jelasnya.

Menurut dia, pembebasan bersyaratRusdi telah jatuh tempo sejak dua bulanlalu. Seperti diberitakan, Rusdihardjodiganjar hukuman dua tahun penjara. Inisetelah KPK menemukan pemberlakuantarif ganda pengurusan dokumen

keimigrasian di kedutaan besar Malay-sia.

Saat kasus itu disidangkan di Pe-ngadilan Tipikor, Rusdi diganjar hukuman2 tahun penjara. Dia juga dibebankanmembayar uang pengganti senilai Rp 815juta. Tak terima dengan putusan itu,Rusdi mengajukan banding ke PT DKIJakarta. Para hakim tinggi mengkortinghukuman Rusdi menjadi 18 bulan penjaraatau dikurangkan enam bulan dari vonispengadilan di bawahnya.

Saat ini, Rusdihardjo menjalani sisahukuman di LP Cipinang. Itu setelah duapekan lalu dipindahkan dari cabang RutanBrimob Kelapa Dua. Untung menam-

MANTANSambungan dari Hal 1

bahkan, pembebasan bersyarat tersebutdiberikan dengan sangat hati-hati.Pembebasan bersayarat diberikanterdakwa yang telah menjalani 2/3 masahukuman. “Misalnya bagi terpidanakorupsi apakah sudah ada uangpengganti yang dibayarkan. Kamimembantu sekeras tenaga pemerintahdalam memerangi korupsi,” jelasnya.

Bagi, terdakwa yang belum membayaruang pengganti, maka DirektoratPemasyarakatan lebih dahulu memin-takan surat keterangan dari kejaksaanatau jaksa yang menangani perkara itu.“Kami minta catatan dari mereka,”terangnya. (git/JPNN)

tersebut, KPPU dapat mempelajariperbandingan harga, baik harga jual gasmaupun nilai proyek pada saat tender,dengan harga yang disepakati di dalamGSA sebagai bukti adanya predatorypractices,” ujarnya dalam siaran persyang diterima Luwuk Post, Senin (16/3)kemarin. PT LEU tetap bersikuh adadugaan predatory practices melalui arti-ficial offering (penawaran pura-pura) saattender (beauty contest) .

Hal Senada dikemukakan salah satukuasa hukum LEU, HMBC RikrikRizkiyana dari Law Firm RIZKIYANA &ISWANTO, Antitrust and Corporate Law-yers di Jakarta, kemarin.

“Berdasarkan salinan kedua GSAtersebut, KPPU mestinya bisa melihatsejumlah bukti kuat atas dugaan preda-tory practices melalui artificial offeringoleh Mitsubishi untuk menyingkirkan klienkami dalam Beauty Contest Proyek HilirLNG Senoro tersebut,” kata Rikrik.

Menurut Rikrik, apalagi berdasarkanlaporan sejumlah media massa, proyekLNG Senoro berpotensi menimbulkankerugian negara yang cukup besar, yaknisekitar 20 triliun rupiah. Kerugian inididuga disebabkan oleh rendahnya hargajual gas dan melambungnya nilai proyekpembangunan LNG Plant-nya.

Sebelumnya, pada Agustus 2008, LEUtelah melaporkan adanya dugaan indikasipersaingan yang tidak sehat di dalamtender proyek LNG di Sulawesi Tengah

tusan pemerintah memulihan hak-hakpara hakim tersebut, saya rasa ini adalahsukses besar,�� tambah Ali AhmadKurd, pimpinan pengacara oposisi.

Menanggapi keputusan tersebutSharif berterima kasih pada Zardari andGilani. Dalam pernyataannya diasekaligus ingin menunjukkan penguatanposisinya sebagai kekuatan politik diPakistan. ��Dari sini, dengankehendak Tuhan, negeri ini akanberubah. Perjalanan menuju kemajuansegera dimulai dan dari sini sebuahrevolusi akan terjadi,�� pekik Sharifdari dalam jeep-nya di Gujranwala didepan para pendukungnya.

Asif Ali Zardari dan Nawaz Sharifberaliansi untuk menjatuhkan PresidenMusharaf. Dengan pengumuman terbarudari perdana menteri, masih belum jelasapakah rencana unjuk rasa nasional hariSenin ini akan tetap berjalan atau tidak.Namun pihak keamanan sudah menutupakses-akses utama yang menujuIslamabad dan mengerahkan ribuanpolisi dan tentara tambahan.(cak/JPNN)

kompetensi anak didik Indonesia harusditingkatkan terus. Tahun ini, nilai rata-rata minimal unas adalah 5,5. Atau, pal-ing tidak minimal siswa meraih nilai 4,00untuk maksimal dua mata pelajaran dan4,25 untuk mata pelajaran lain.

“Jika menyimak hasil unas tahunsebelumnya, kami optimistis pesertadidik bisa melewati nilai yang ditentukantersebut,” ungkapnya, kemarin (16/3).Secara umum, jumlah siswa yang tidaklulus unas tahun lalu berkisar 8-9 persen.

Dengan demikian, kata Mungin,secara bertahap nilai rata-rata itu akanditingkatkan. Sejak unas diadakan pada2004, nilai rata-ratanya adalah 4,0.Setelah itu, targetnya terus naik. Pada

NILAISambungan dari Hal 1

2005 menjadi 4,25, 4,50 (2006), 5,0(2007), 5,25 (2008), dan 5,5 (2009). “Danakan terus naik, sehingga pada 2014menjadi 7,5,” ujarnya.

Sejatinya, kata Mungin, nilai 7,5 itumerupakan nilai rata-rata terendahstandar pendidikan. Indonesia, menu-rutnya, masih kalah jauh dibandingkannegara tetangga Asia Tenggara lainnya.Nilai rata-rata unas Malaysia danSingapura sudah diatas 6. “Karena itu,ketertinggalan itupun harus kami tinggal.Jika tidak demikian, maka kualitas anakdidik kita bakal ketinggalan,” ungkappejabat asli Semarang itu.

Untuk itu, harus ada keseimbanganantara target kenaikan nilai rata-rata unasdan kualitas soal yang disusun. “Jangansampai kita ini terus menaikan targetnilai naik, tapi kualitas soal turun,”ujarnya. Karena itu, berbagai upaya bakal

ditempuh pemerintah. Terutama, me-ningkatkan peran guru dalam meng-hasilkan output terbaik.

Selain itu, pemerintah akan terusmeningkatkan stimulus bantuan saranadan prasarana untuk pembelajaran. Danauntuk unaspun dari tahun ke tahun akanterus ditingkatkan. Dengan demikian,tingginya nilai rata-rata minimal unasyang dicapai nanti berbanding lurusdengan kualitas soal. “Sehingga, ouputyang kami hasilkan pasti berkualitas,”tuturnya. Sekedar mengingatkan, unastingkat SMA/sederajat akan digelar pada20-24 April mendatang. Sedangkan ujiansusulan akan dilaksanakan pada 27 Aprilhingga 1 Mei 2009.

Sedangkan, unas SMP/MTs/sederajatakan digelar pada 27-30 April. Untuk ujiansusulan akan dilaksanakan pada 4-7 Mei2009. (kit/JNN)tapal batas antara Sulteng dan Sulbar di

Desa Lalundu, Bone Maruwa, Toiwioradan Desa Ngowi meruncing pada tahun2007 silam. Yang mana, pada batasbagian selatan Desa Toiwiora denganProvinsi Sulbar, baik Pemerintah ProvinsiSulteng dan Sulbar tidak dapat memungutPajak Bumi dan Bangunan (PBB),disebabkan penduduk desa di wilayahSulteng ini justru banyak memiliki lahandi wilayah Sulbar, sehingga warga punmenolak membayar pajak. Hal serupajuga terjadi pada batas utara Sulteng danSulbar di Desa Bone Maruwa.

Desa Ngowi justru lebih buruk.Desa yang sejak tahun 1955 termasukdalam wilayah Kecamatan Marawola,Kabupaten Donggala ini justru masukke wilayah Sulbar saat pemasangan tapalbatas antara Sulteng dan Sulbar.Meskipun begitu, masyarakat DesaNgowi sampai saat ini masih menolakbergabung dengan Sulbar dan lebihmemilih bergabung dalam KecamatanRio Pakava. Saat ini, tapal batas yangmasih bermasalah tinggal tapal batas diDesa Ngowi Pakava dan Desa Bulava.

Karena kurangnya perhatianPemprov itulah, maka saat bertatapmuka dengan Wagub, sejumlah tokohmasyarakat memanfaatkan kesempatanitu dengan membeberkan sejumlahkekurangan di daerah mereka danberharap ada tindak lanjut dariPemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng.Sebab, mereka tahu, mengharapkanperhatian lebih dari pemerintahKabupaten Donggala yang memilikianggaran terbatas bukanlah perkaragampang.

“Kami mengharapkan jalan danjembatan ke tempat kami dapat dima-sukkan dalam anggaran provinsi untukdiperbaiki. Begitu juga dengan listrik.Selain itu, kami juga meminta agardibuatkan bendungan irigasi dan pabriksawit,” pinta Camat Rio Pakava, YanW. Podung mewakili masyarakatnya dipertemuan yang digelar dengan tendasederhana di halaman gilingan padi KUDBangun Tani. Menurut Camat, wilayah-nya memiliki potensi air yang melimpah,namun karena tidak adanya bendungandan jaringan irigasi telah menyebabkanpetani sawah tidak dapat memproduksiberas secara maksimal. Yang ada hanyasawah tadah hujan. Saat musimkemarau, tanaman padi mengalami gagalpanen. Sementara saat musim hujan,air yang melimpah membuat dataranrendah ini tergenang dan tanaman padipun kadang mati terendam jika volumeair terlampau besar.

Dengan adanya bendungan,menurut Camat, potensi air yang melim-pah ini dapat dimanfaatkan untuk pengai-ran sawah dan juga untuk pembangkitlistrik tenaga air (PLTA). Dua hal ini

PEMERINTAHSambungan dari Hal 1

Seperti diwartakan, para guru diberbagai daerah resah lantaran merekabelum menerima rapelan tunjanganfungsional. Bahkan, ada daerah yangbelum mencairkan tunjangan itu selamadua tahun. Salah satunya, Palangkaraya.Tak urung, para guru sempat mendatangidinas pendidikan setempat. Di Kabu-paten Batu, Malang juga demikian.Hanya, sudah ada kepastian bahwatunjangan 2007 dan 2008 akan diterimapada April 2009.

Dian menjelaskan, tahun ini tunjanganfungsional tetap diberikan untuk 500 ribuguru swasta di seluruh Indonesia. Baikyang berstatus guru tetap maupun tidaktetap. Besarnya tunjangan yang diberikanRp 200 ribu per bulan.

Pemerintah, sejatinya berencana

TUNJANGANSambungan dari Hal 1

Menurut Aziz, rata-rata jumlah suratsuara rusak yang harus diganti di satudaerah hanya 20 ribu hingga 100 ribulembar. Kerusakan itu, antara lain, dise-babkan kotor akibat tinta, tersobek, danjuga warna cetakan yang tidak sesuaistandar. “Pencetakan di masing-masing

konsorsium, targetnya, sehari selesai,”katanya. Setelah pencetakan, KPUharus mendistribusikan surat suara tam-bahan itu sendiri. Di sinilah masalahnya.Menurut Aziz, harus ada anggaran khu-sus untuk distrbusi tersebut. Sebab,sebelumnya, distribusi surat suara daripencetakan ke kabupaten/kota dilakukanoleh konsorsium. “Kami harus mengirim-nya cepat karena harus sesuai jadwaljuga,” ujar Aziz. Pengiriman surat suara

perbaikan dan tambahan itu akandilakukan dengan manual. KPU akanmenggunakan jalur udara, yaknimenggunakan pesawat reguler, sebagaipilihan utama distribusi.

Dalam hal ini, pengiriman mengguna-kan pesawat, lanjut Aziz, memang agakmahal. “Itu dilakukan agar surat suara,termasuk surat suara pengganti, sudahharus tiba di kabupaten/kota pada 19Maret 2009,” katanya. KPU pun menggu-

SURAT SUARASambungan dari Hal 1

menjadi yang paling dibutuhkan pendudukRio Pakava saat ini. ”Ben-dungan bisauntuk penerangan dan bisa untuksawah,” ujarnya.

Untuk listrik, saat ini pendudukhanya mengandalkan genset dengandaya 3 kilowatt yang hanya dinyalakansejak pukul 18.00 sampai pukul 23.00.Satu mesin genset ini rata-rata mampumenerangi 10 rumah tangga denganmenghabiskan solar hingga 5 liter.

Dulu, sebelum Pembangkit ListrikTenaga Surya (PLTS) yang dikelola olehkoperasi setempat mengalami kerusa-kan, setidaknya Desa Polanto Jaya,salah satu desa yang penduduknyaterbanyak di Rio Pakava bisa terang-benderang. Sayangnya, PLTS daribantuan luar negeri ini tidak berumur pan-jang. PLTS yang mensuplai 600 rumahtangga ini hanya mampu beroperasi sejak2002 hingga 2005. Menurut Camat, tidakberfungsinya PLTS ini karena tidakadanya suku cadang yang bisamenggantikan perangkat yang rusak.Apalagi, PLTS yang perangkatnya dariluar negeri ini menggunakan sistemkomputer dalam operasinya, sementaratidak ada tenaga ahli yang dapatmemperbaikinya di Rio Pakava. Alhasil,PLTS hanya teronggok begitu saja.Bahkan, sebagian komponen PLTS yangtelah tertutupi semak-semak itu telahberkarat. Ketidakberuntungan pendudukRio Pakava juga semakin bertambahdengan membusuknya buah kakaomereka saat ini. ”Dulu, coklat di sinibagus tapi sekarang menghitam,” ungkapDjamal, petani di Rio Pakava. Karena-nya, mereka mengharapkan agarPemprov dapat lebih memperhatikannasib para petani Rio Pakava dengankembali mengaktifkan penyuluhanpertanian di daerah itu.

Sementara itu, para petani sawitmengharapkan agar Pemprov Sultengjuga dapat membangunkan pabrik sawitdi kecamatan ini. Sebab, saat ini sekitar2.000 petani telah menanam sawit seluas120 hektar. Dengan adanya pabrik sawit,para petani tidak perlu menjual sawitmereka ke Sulbar. Wagub sendiri dalamkunjungannya kali ini mengatakan akanmemperhatikan aspirasi masyarakat RioPakava. Namun, ia juga mengatakanbahwa Pemprov Sulteng belum dapatmemberikan jaminan akan dapat mereali-sasikan segala keinginan masya-rakattersebut. Tapi setidaknya, ada sedikitharapan dengan akan dibukanya ruasjalan dari Rio Pakava menembus DesaWatatu, Kecamatan Banawa Selatan diKabupaten Donggala. Dengan panjangjalan sekitar 45 kilometer ini, diharapkanakses masyarakat Rio Pakava semakinmudah ke Donggala tanpa harus me-lewati Sulbar lagi. Tahun 2009 ini, jalantersebut mulai dikerjakan. ***

menaikan tunjangan fungsional menjadiRp 300 ribu. Lantaran anggaran tidakmencukupi, kenaikan itu terpaksaditunda. Untuk sementara, pemerintahmenaikkan tunjangan pendidik dankependidikan bagi 1,4 juta guru PNS.

Lantaran tunjangan fungsional belumbisa naik, pihaknya berharap dinaspendidikan setempat mencairkan tepatwaktu. Apalagi, krisis ekonomi dikha-watirkan berimbas pada kesejahteraanguru. Berdasar amanat UU guru dandosen tahun 2005, pemerintah berupayameningkatkan pendapatan merekasecara bertahap.

“Dengan tunjangan itu, diharapkankesejahteraan guru naik. Dengan begitu,turut berpengaruh pada kualitas mengajarmereka,” ujarnya. (kit/oki)

kepada KPPU. Namun laporan ini sempatdihentikan, karena KPPU menganggaptidak cukup bukti adanya pelanggaranpasal 21 dan 22 Undang-undang Nomor5 tahun 1999.

Kamis lalu (12/03), LEU kembalidiklarifikasi adanya bukti baru yangdisampaikan ke KPPU atas adanyadugaan predatory practices (tindakanyang merusak pesaing) yang dilakukanMitsubishi Corporation (sebagaipemegang saham mayoritas PT DonggiSenoro) melalui artificial offering(penawaran pura-pura ) pada saat ten-der proyek hilir LNG Senoro. Bukti-buktiitu di antaranya berupa penetapan hargagas, dari yang semula sekitar US$3,8/mmbtu dengan asumsi harga minyakdunia US$35/ barel (di saat tender),menjadi menjadi US$2,8/mmbtu denganasumsi harga minyak US$40/barel.

Selain itu, harga proyek kilang tersebutmelambung dari 700 juta dollar AS disaat tender, menjadi menjadi 1,8 miliardollar AS. Bukti lainnya yang berbedadengan tender adalah waktu pengirimangas, dari yang direncanakan tahun 2009,menjadi tahun 2013. Rikrik mengingatkanbahwa selain KPPU, DPR dan masya-rakat luas khususnya Masyarakat Sula-wesi Tengah perlu mengetahui salinankedua kontrak GSA tersebut, mengingatproyek LNG Senoro dan Matindok meru-pakan sumber daya alam yang dimilikinegara.(dtf/her/JPNN)

nakan anggaran tambahan untuk mem-biayai pengiriman surat suara mengguna-kan pesawat. Terkait dengan penamba-han Tempat Pemungutan Suara (TPS)akibat penyesuaian DPT, Aziz mengata-kan, hal itu sudah disesuaikan denganlogistik. “Kita masih mempunyai tinta ca-dangan,” ujarnya. Karena itu, KPUmemandang tidak perlu adanyapenambahan logistik akibat penambahanTPS. (bay/mk/JPNN)

JAKARTA-Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mengusulkan revisi terhadapKeppres 80/2003. Aturan tentang pengadaan barang/jasa pemerintah itu seringkali salah tafsir. Revisidiharapkan selesai Juli tahun ini. Revisi Keppres ter-sebut merupakan awal dari terbentuknya UU menge-nai pengadaan barang dan jasa. Sehingga tidak hanyadiatur melalui Keppres. Peraturan tersebut adalahlangkah awal untuk mengawasi dan mengevaluasiproses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Upayaini diharapkan menutup kemungkinan adanya korupsidi pemerintahan. “Dari 20 ribuan kasus korupsi, 80persen kasus terjadi di bidang pengadaan barang danjasa,” ungkap Ketua LKPP Roestam Sjarief di Jakartakemarin (16/3).

Roestam menambahkan kebocoran belanja sekitar20-30 persen tiap tahun membuat efisiensi pengadaanbarang dan jasa menjadi agenda mendesak. “Rata-ratabelanja pemerintah 30 persen dari APBN atau sekitarRp 350 triliun. Kalau bisa diefisiensikan sebanyak 20persen saja, bisa menghemat uang rakyat sebanyakRp 70 triliun,” kata Roestam. Deputi Bidang Moni-toring Evaluasi dan Pengembangan Sistem InformasiLKPP Agus Prabowo mengatakan revisi Keppres 80akan meliputi tiga hal. Pertama, tentang strukturpengadaan barang dan jasa. Selama ini, pengadaan

Keppres Pengadaan BarangDiusulkan Diubah

barang dan jasa hanya berpedoman pada satu buku,yakni aturan yang dido-minasi jasa pemborong saja.

LKPP mengusulkan buku tentang aturan tersebutditambah menjadi delapan buku. Satu buku tentangketentuan umum, sedangkan tujuh buku yang lainmeliputi aturan teknis menurut pengadaan yang lebihspesifik. Ketujuh buku tersebut antara lain memuataturan pengadaan barang, pekerjaan konstruksi, penga-daan konsultan, pengadaan jasa lain, pengadaan badanusaha dalam rangka pemerintah dan swasta, swa kelola,dan e procurement.

Revisi kedua adalah mengenai aturan-aturan yangbelum diterapkan di Indonesia. Agus mencontohkanaturan mengenai framework agreement atau penggunajasa bisa dikontrak dalam jangka panjang. “Dengankontrak jangka panjang ini nanti bisa mengurangi adanyawaktu tender yang panjang. Kalau biasanya setahunsekali sekarang bisa panjang,” katanya. Juga akandiperkenalkan klausul prefers offer, atau kontak denganpenawaran menurun. Jadi jika kontrak semakin lama,maka harga yang ditawarkan akan semakin rendah.Revisi ketiga adalah klarifikasi mengenai istilah-istilahyang multitafsir. Dia mencontohkan istilah pembayaranuang muka, blaclisting, dan sebagainya. Tak adanyaprosedur standar operasi di tiap departemen, bisamembuat lebih banyak salah tafsir. (sof/jpnn)

JAKARTA-Tak mau diang-gap kuper (kurang pergau-lan), Partai Demokrat mulaiaktif bersilaturahmi politik.Kalau sebelumnya berkun-jung ke Partai Keadilan Se-jahtera (PKS), tadi malam par-tai pendukung PresidenSusilo Bambang Yudhoyonoitu bertamu ke kantor DPPPartai Kebangkitan Bangsa(PKB).

Ketua Umum DPP PartaiDemokrat Hadi Utomo menga-takan, hingga saat ini PartaiDemokrat memang belum me-nentukan calon wakil presi-den untuk mendampingi SBY.Namun, Partai Demokratsudah memiliki kriteria sepertiyang diutarakan SBY diCikeas, Minggu sore lalu, yak-ni memiliki integritas yangbaik, kapasitas memadai, danchemistry.

Ipar SBY itu melihat sosokKetua Umum DPP PKBMuhaimin Iskandar memenuhipersyaratan tersebut. Karenaitu, dia akan diperhitungkanmenjadi salah satu nominatorpasangan SBY. “Di mata saya,Cak Imin memenuhi syarat.Beliau itu ketua umum partaiyang mumpuni. Pemimpinmuda yang terbukti bisa me-nyelesaikan berbagai perso-alan dengan tegar,” kata Hadi

Utomo saat konferensi perssetelah pertemuan denganpimpinan DPP PKB tadi malam(16/3). Namun, kata Hadi Utomo,Partai Demokrat belum bisabicara banyak tentang cawap-res. Partai Demokrat baru me-nentukan calon presiden, yakniSusilo Bambang Yudhoyono.Soal cawapres akan diputuskanpasca pemilihan umum legis-latif, setelah menjajaki koalisidengan sejumlah partai.

Hadi Utomo tidak bersediamenyebutkan alternatif pasa-ngan SBY dalam pilpres nanti.Begitu juga saat ditanya soalarah koalisi Partai Demokrat,Hadi Utomo menjawab secaranormatif. “Jangan paksa kamimenyebutkan sekarang. Soalcawapres dan koalisi, itu nantisetelah pemilu legislatif,” katamenantu mantan KomandanRPKAD Sarwo Edhie Wibowoitu.

Rombongan Partai Demokrattiba di markas PKB, Jalan Su-kabumi, Menteng, pukul 19.00.Mereka adalah Hadi Utomo(ketua umum), Marzuki Alie(Sekjen), Anas Urbaningrum(ketua), dan Syarief Hassan(ketua fraksi di DPR). PimpinanPKB yang menyambut adalahMuhaimin Iskandar (ketuaumum), Lukman Edy (Sekjen),Abdul Kadir Karding (ketua),

Bachroedin Nasori (bendaharaumum), Ni?am Salim(Wasekjen), dan A. HelmyFaishal Zaini (Wasekjen).Muhaimin Iskandar mengata-kan, antara PKB dan Demokratbelum ada komitmen soal koa-lisi. “Pertemuan hanya sebatasberpacaran dan belum disebutsoal mahar perkawinan,” ka-tanya tadi malam.

Menurut Muhaimin, keha-diran Partai Demokrat merupa-kan silaturahmi politik sebagaisesama partai yang berkoalisidalam pemerintahan. Keduapartai, kata Muhaimin, sepakatkeputusan soal koalisi diambilsetelah pemilu legislatif.

Komitmen yang dicapai tadimalam, kata Muhaimin, adalahPKB sepakat melanjutkanhubungan dengan Demokratdan akan mendukung pasa-ngan SBY-JK untuk menun-taskan kepemimpinan sampaiakhir periode, 20 Oktober nanti,”kata wakil ketua DPR itu.

Sebelumnya, Sekjen DPPPartai Demokrat Marzuki Aliemengatakan, langkah partainyamelakukan pendekatan kepadaparpol-parpol akan selalu mem-bahas empat hal. Yakni, komit-men kebangsaan, sharing ofpower, capres dan cawapres,serta etika berkoalisi. “Perte-muan dengan PKB juga mem-

bahas empat hal tersebut,”kata Marzuki Alie di BravoMedia Center, Jalan TeukuUmar 51, Menteng, kemarin.

Pembicaraan bagi-bagikekuasaan, kata Marzuki,harus didasarkan hasil pemilunanti. Begitu juga pembica-raan tentang capres-cawapresyang diusung koalisi. PartaiDemokrat, kata Marzuki, ber-tekad membangun koalisiyang lebih baik dibandingkoalisi yang ada saat ini.“Koalisi yang penuh etika dantata karma. Ini agar pemerin-tahan stabil. Tidak ada lagipartai koalisi yang bermanu-ver di tengah jalan.,” papar-nya.

Marzuki membenarkanbahwa silaturahmi politik itudilakukan partainya karenaPartai Golkar sudah menen-tukan capres tunggal, yakniJusuf Kalla. “Setelah PartaiGolkar menyatakan diri me-ngusung capres, PD tentuharus membuka komunikasidengan parpol lain,” katanya.Setelah berkunjung ke PKSdan PKB, partai berikutnyayang didatangi adalah PartaiAmanat Nasional (PAN).

“Besok rencananya, kalautidak ada perubahan, denganPAN,” papar Marzuki. (tom/dyn/jpnn)

Lebarkan Koalisi, Demokrat Dekati PKB

tiga bulan sekali. Tahun lalu, masih enambulan sekali,” ujar Kasubid Penghargaandan Perlindungan Guru Dian Mahsunahkemarin.

Sejatinya, kata Dian, pemerintah inginagar tunjangan itu dapat turun tiap bulan.Namun, lantaran mekanisme pencairanmembutuhkan waktu, diusahakan danaitu turun tiga bulan sekali. Sebenarnya,pencairan tunjangan relatif cepat karenamerupakan dana dekonsentrasi yangdipasrahkan ke dinas pendidikanprovinsi. “Jadi, tidak mampir ke sini.Melainkan, langsung ke dinas pendidikanprovinsi,” jelasnya.

Page 16: LUWUK POST ONLINE :: Rabu, 17 Maret 2009

Selasa, 17 Maret 2009 Halaman 16

KLAIMSCUDETTO

KONTROVERSI tidak pernah lepas dari allenatore(pelatih) Jose Mourinho. Sempat dituduh melakukanpemukulan kepada fans Manchester United pada saat

Inter bertandang ke OldTrafford, 11 Maret lalu,kini dia berulah lagi. Ka-rena dinilai terlalu kerasmelayangkan protes ke-pada wasit DanieleOrsato yang memimpinlaga giornata (pekan) ke-28 antara Inter versusFiorentina, Mourinhodiusir keluar lapanganjelang pertandingan ber-akhir, kemarin dini hari.

Bukan kali pertamaMourinho diusir keluarlapangan di pentas SerieA. Kejadian kemarin dinihari merupakan kali

kedua. Sebelumnya, pada 25 Januari lalu, Mourinho jugadikartu merah lantaran melancarkan protes keras kepadawasit Domenico Celi. Kartu merah itu sekaligus menjadikado buruk bagi ulang tahunnya ke-46 yang jatuh padakeesokan harinya. Wasir mengusir Mourinho pada lagaantara Inter versus Sampdoria karena dia mengeluarkankalimat provokatif kepada wasit. Wasit mengeluarkankeputusan yang ganjil ketika memutuskan memberi kartumerah bagi Mourinho. Jadi, Mourinho tidak bisa hadir dikonferensi pers kali ini, jelas Giuseppe Baresi, asistenmanajer Inter Milan, seperti dilansir Tribalfootball. Wasitlangsung meniup peluitnya dan memberikan kartu kepadapemain kami begitu ada pelanggaran. Sehingga kamiberhak marah atas kondisi tersebut. Kami merasa tidakmelakukan hal yang salah, lanjut Baresi. (jpnn)

Kartu MerahKedua Mourinho

[GOAL]

JOSE MOURINHO

VALENCIA-Gencarnya pemberitaan dirinya bakalsegera bergabung dengan Juventus membuat ge-landangValencia, David Silva gerah. Pemain tengah timnasSpanyol itu menyanggah jika ingin bergabung denganJuventus. Beberapa hari lalu La Gazzetta dello Sport

bahkan sempat melansir kabar bila Silvamengaku berambisi bermain

bersama Bianconeri ( se-butan Ju-ventus) agar

bisa menjuaraiLiga Champions.

“Itu sama sekalitidak benar jika

saya menga-takankepada seseorang

di media Italia bahwasaya akan senang

untuk bermain bersa-ma Juventus atau me-

menangkan Liga Cham-pions bersama mereka,”

bantah Silva sepertidilansir situs klub.”Valencia se-lalu menun- jukkan loyalitas merekakepada saya dan sekarang saya harus bertanggungjawab atas semua yang mereka berikan ,” sambungnya.Juventus saat ini memang tengah sibuk mencari sosokpemain yang tepat untuk menggantikan posisi gelandangkawakan Pavel Nedved yang bakal pensiun akhir musimnanti. Dan salah satu nama yang menjadi incaran Juveadalah Silva. Selain itu ada nama Franck Ribery, DiegoRibas da Cunha, Ivan Rakitic dan Antonio Cassano. (jpnn)

Silva Bantah Tertarik Juve

David Silva

FIORENTINA 0INTER MILAN 2

MILAN-Pertarungan di SerieA Liga Italia masih menyisakansepuluh partai lagi,tapi Inter Milan su-dah berani meng-klaim merebut scu-detto musim ini. Itumenyusul kemena-ngan 2-0 (1-0) atasFiorentina, kemarindini hari. Kemenangan itu mem-buat jarak antara Nerazzurri(julukan Inter) dengan pesaing-pesaingnya tetap terjaga. Hing-ga giornata (pekan) ke-28, Intersudah mengoleksi 66 poin danunggul tujuh angka di depanpesaing terdekatnya Juventus.

Bertanding di GiuseppeMeazza, Javier Zanetti dkk yangingin menutupi kekecawaanpendukungnya pasca tersingkirdari Babak 16 Besar Liga Cham-pions, sempat mengalami kesuli-tan di awal pertandingan. Tapi,berhasil diatasi dengan baik.

Bahkan, pada menit ke-11, In-ter sudah unggul melalui golZlatan Ibrahimovic. Penyerangjangkung asal Swedia itu jugajuga mencetak gol kedua Interdengan tendangan bebasnya

pada masa injury time yanggagal diantisipasi kiper Sebas-

tien Frey.Dengan karakter

seperti itu, tim iniakan memenangkanscudetto. Malam ini(kemarin dini hari)kami bermain de-ngan determinasi

dan semangat yang tinggi, koarJose Mourinho, pelatih InterMilan, seperti dikutip Goal.

Pelatih asal Portugal itu memu-lai pertandingan itu dengankondisi yang kurang menye-nangkan. Sebab, mereka kehila-ngan sederet pilar di bentengpertahanan. Dampaknya, Cris-tian Chivu yang belum fit benardimainkan sebagai starter ber-sama Walter Samuel.

Kami punya masalah malam ini(kemarin dini hari), saat Chivuberusaha mengorbankan dirinyauntuk bermain. Tapi, saya akhir-nya menggantinya pada babakkedua dan memainkan (Esteban)Cambiasso di posisinya, jelasMourinho. Soal peluang scu-detto, bukan hanya Mourinhoyang punya keyakinan bahwa

Inter akan merebut scudettokeempat beruntun. Hanyatersisa beberapa pertandinganlagi dan kami sudah mendekatitujuan (scu-detto). Kami hanyaharus fokus, bilang Cambiasso,di situs resmi klub. Prestasi diSerie A memang yang palingrealistis direbut Nerazzurrimusim ini. Sebab, mereka sudahtersingkir di Liga Champions danberada pada posisi sulit diCoppa Italia karena kalah 0-3pada first leg semifinal dariSampdoria.

Kendati begitu Inter tetappercaya diri di Coppa Italia.Kami berada di berisan terdepanSerie A Liga Italia, sayangnya

harus tersingkir dari Liga Cham-pions. Tapi, kami berpeluangmerebut dua gelar musim ini diSerie A dan Coppa Italia, ucapIbrahimovic. Di sisi lain, kiperFiorentina Sebastien Frey me-mang kecewa dengan kekalahandari Inter. Tapi, dia tetap berbesarhati dan justru memuji performalawannya. Dua pemain Interdinilai tampil fantastis, yakniIbrahimovic dan kiper JulioCesar. Tendangan bebas yangluar biasa. Tidak ada yang biasasaya katakan, tutur Frey menang-gapi gol kedua Ibrahimovic diTuttomercatoweb.it. Kekalahanitu membuat La Viola (julukanFiorentina) tersingkir dari zona

Liga Champions. Mereka harusmerelakan posisi keempat klase-men sementara kepada Genoayang menang 1-0 atas Cagliari.Kini, Fiorentina berada di posisikelima dengan 46 poin. (jpnn)

Zlatan Ibrahimovic menembus benteng pertahanan Fiorentina sekaligus menyumbangkan duagol kemenangan bagi Nerazzurri pada laga Serie A Liga Italia antara Inter Milan dengan Fiorentinadi Stadion Meazza, Milan kemarin dini hari (16/3) WIB.

Fiorentina Inter Milan6 Tembakan ke Gawang 89 Tembakan Melenceng 66 Penyelamatan 66 Offside 58 Sepak Pojok 31 Kartu Kuning 50 Kartu Merah 120 Pelanggaran 2147 % Penguasaan Bola 54 %

STATISTIK PERTANDINGAN

[REUTERS/PHIL NOBLE/INGGRIS]

MANUCHO: Striker The Tigers yang berstatuspinjaman dari Manchester United ini bakalmendapatkan pengawalan ketat dari Squad The Gun-ners.

PERKIRAAN PEMAIN:

ARSENAL (4-4-2) : 21-Fabianski(g); 3-Sagna, 5-Toure, 20-Djourou, 22-Clichy; 12-Vela, 17-Song, 15-Denilson, 27-Eboue;11-Van Persie, 26-BendtnerCADANGAN : 1-Almunia, 2-Diaby, 8-Nasri, 9-Eduardo, 10-Gallas, 14-Walcott, 23-ArshavinPELATIH : Arsene Wenger

HULL CITY (4-4-2) : 12-Duke (g);21-Ricketts, 30-Gardner, 6-Turner, 3-A. Dawson; 15-Mendy,4-Ashbee, 24-Zayatte, 10-Geovanni; 25-Cousin, 7-FaganCADANGAN : 1-Myhill, 2-Doyle, 8-Barmby, 14-Garcia, 16-H a l m o s i , 2 2 - M a r n e y , 2 8 -ManuchoPELATIH : Phil Brown

Asian HandicapArsenal v Hull City 0 : 11/2

Arsenal v Hull City

Tak Kenal LelahLONDON-Arsenal tak kenal lelah menembus persaingan empat besar Pre-

mier League di pekan ini. The Gunners (julukan Arsenal) yang kini berada diposisi kelima dengan 38 poin, kembali bertekad mendongkel posisi Aston Villadi peringkat keempat (41 poin).

Mampukah Arsenal? Itu karena lawan yang bakal mengganjal Arsenal adalahtim ulet Hull City. Duel bakal dihelat di kandang Hull, Stadion KC, dini harinanti WIB (siaran langsung Star Sports pukul 02.45 WIB). Di sisi lain, AstonVilla juga harus melakoni laga away ke kandang Sunderland. Kami tetapoptimitis bakal meraih kemenangan di kandang Hull karena grafik tim yangpositif, ucap Arsene Wenger, arsitek Arsenal, kepada BBC.

Dalam tujuh laga terakhir, Arsenal memang tak pernah kalah. Yakni lima kaliseri plus kemenangan di dua laga terakhir. Tapi, dua kemenangan itu diraihdengan hanya skor 1-0. Lini belakang kami memang belum solid, tapi sayapercaya dengan kemampuan pemain yang ada saat ini, tambah Wenger.

Dengan masih absennya duo defender, William Gallas dan Mikel Silvestre,Arsenal harus mewaspadai daya gedor tuan rumah yang bakal lebih bertenagaseiring masuknya dua pemain di transfer window Januari. Yakni striker pinjamandari Manchester United Manucho serta gelandang kidal Kevin Kilbane asalWigan. Di putaran pertama pada 27 September 2008, Hull bisa memukul Arse-nal 2-1 di Emirates. Itu tentu menjadi tambahan spirit bagi tuan rumah. Satulagi, The Tigers (julukan Hull) tengah dalam tren positif usai menumbangkanNewcastle United 1-0 di replay putaran ketiga Piala FA Kamis lalu (15/1). (jpnn)

[GOAL]