laporan ke bali

LAPORAN STUDY TOUR KE PULAU BALI 13 Mei -17 Mei 2014 Laporan ini di buat sebagai syarat untuk mengikuti UAS(Ulangan Akhir Semester) atau UKK(Ulangan Kenaikan Kelas) Semester Genap Disusun oleh : Nama :Ega Reformawati syam NIS : Kelas :VIII A No Absen :13 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA i

Upload: danoesapuetra

Post on 21-Dec-2015

250 views

Category:

Documents

4 download

DESCRIPTION

ccccccccc

TRANSCRIPT

NIS :3941

Kelas :VIIIA

No Absen :13

Laporan ini di sahkan pada tanggal………………………….

Pembimbing Penyusun

iii

Page 4: Laporan Ke Bali

MOTTO

‘’ To get a success ,your courage must be greater than your fear’’

iv

Page 5: Laporan Ke Bali

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada tuhan yang mahakuasa karena kegiatan study tour ke bali kelas VIII

Bisa berjalan dengan lancar .

Tujuan pembuatan laporan ini sebagai syarat mengikuti Ulangan Kenaikan Kelas 8 (UKK

Tahun 2014.

Penulis mengucapkan terimakasih karena kegiatan study tour ke bali dapat berjalan dengan lancar berkan bantuan barbbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terimakasih kepada :

1. Bapak celsius suhartanta selaku kepala sekolah yang telah memberikan kesempatan untuk study tour ke bali.

2. Bapak / ibu guru pendamping yang telah mendampingi penulis selama kegiatan berlangsung.

3. Pihak pengelolaan hotel dan pariwisata yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menginap dan mempelajari bedaya yang ada di bali.

4. Pihak Transportasi yang telah mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat .5. Orang Tua yang telah mengijinkan untuk melakukan study tour ke bali.6. Pihak – pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa laporan ini belum sempurna. Untuk itu, penulis menerima kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan karya tulis ini.

Sedayu....../......./......

Page 8: Laporan Ke Bali

BAB I PENDAHULUAN

1 Latar Belakang

Bali adalah nama salah satu provinsi di Idonesia dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut.Selain terdiri dari pulau bali,wilayah provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya,yaitu pulau Nusa Penida,Pulau Nusa Lembongan,Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.

Bali terletak diantara pulau jawa dan pulau lombok.Ibukota provinsinya adalah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini.

Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk Agama Hindu.Di dunia,Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni budayanya,khususnya bagi para wisatawan.Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

2. Tujuan

Untuk mempelajari tentang laporan ini adalah supaya kita bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasa yang luas,dan juga supaya kita dapat melestarikan budaya kita dan dapat menjaganya supaya tetap asri dan indah.

3. Manfaat

Manfaat dari laporan ini adalah supaya kita dapat melestarikan Budaya kita dan dapat menjaganya supaya menjadi asri dan indah. Dan laporan ini juga bermanfaat untuk kita karena bisa mempelajari tentang pulau bali dan kebudayaan bali secra luas.

Page 9: Laporan Ke Bali

BAB II LAPORAN PERJALANAN

1.1.1 Perjalanan Yogya – Bali

Kami barangkat pukul 07.30, sebelum berangkat kami berkumpul di aula sekolah untuk berdoa bersama agar selamat sampai tujuan. Sesudah berdoa selesai kami mendapatkan pengarahan sebentar ,sesudah selesai menberi pengarahan kami pun segera memasukan barang ke dalam bagasi bus dan segera naik untuk berangkat.Kami pun senang sekali karena bisa melihat pemandangan yang indah sekali,Perjalanan pun cukup lama karena kita harus melewati jawa timur dan harus menyebrang di penyebrangan ketapang menuju gilimanuk untuk sampai di pulau bali.Kami berhenti di Restaurant Lokal kurnia untuk makan siang ,dan kami makan malam di Restaurant lokal bromo asri yang bertepatan di jawa timur , Sesudah makan malam kami pun segera melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan ketapang untuk menyebrang ke gilimanuk.Sesampai di penyebrangan ketapang sekitar pukul 01.30 Kami harus menunggu lama karena tanggal 12 mei terjadi banjir bandang sehingga Perjalanan menjadi macet,Kami baru berangkatan sekitar pukul 03.30.Dan sampai ke pelabuhann gilimanuk sekitar pukul 05.30 .Dan di kapal kami harus menunggu 1 jam untuk sampai di pelabuhan gilimanuk.Dan sesampainya di gilimanuk kami pun segera turun dari kapal dan naik ke bus lagi dan segera melanjutkan perjalanan ke denpasar bali.

Page 10: Laporan Ke Bali

1.1.2 Perjalanan Bali-Yogya

Kami berangkat menuju yogja pukul 06.30 WITA,sebelum kami pulang kami harus mengunjungi dua objek wisata yaitu ke hutan pala sangeh dan ke pasar sukowati.Setelah kami selesai mengunjungi tempat wisata tersebut, kami segera menuju ke penyebrangan Gilimanuk ke ketapang,Waktu kami sampai di penyebrangan kita langsung naik kapal tanpa antri,dan kita menyebrang lebih cepat dari pada sebelumnya ketika menuju ketapang-gilimanuk. Perjalalananpun sangat menyenangkan karena kita bisa melihat pemandangan yang indah dipagi hari dan di tengah laut. Sesudah kami sampai ke pelabuhan ketapang kami segera melanjutkan perjalanan menuju Yogja. Sebelum kami melanjutkan perjalanan ke jogya, kami beristirahat dan makan malam di Restaurant lokal Puri Tama, kami makan malam sekitar pukul 20.00WIB. Setelah selesai makan kami melanjutkan perjalanan, menuju yogja.Kamipun tak terasa sudah sampai di surabaya, Disurabaya kami juga melihat PLTUnya surabaya,dan lampu –lampu yang ada di sana sekitar 1 juta lampu,Perjalananpun semakin mengasikkan karena kita bisa melihat pemandangan PLTU surabaya.Kamipun telah melewati surabaya dan kami pun segera menuju ke solo untuk sampai ke yogya,dan kamipun telah sampai di klaten dan kami segera menuju ke ke solo, Dan kami pun sudah sampai di yogja dan segera menuju ke sedayu ,kami sampai di sedayu pukul 09.00WIB.

Page 11: Laporan Ke Bali

BAB III LAPORAN WISATA

2.1 Objek Wiata Seni Budaya

2.1.1 Museum Braja Sandi

Museum braja sandi ini berlokasi di jalan Malesti, kutuh kuta di selatan badung.Kesan dan sesuatu yang unik yang terdapat di museum braja sandi adalah terdapat 17 anak tangga, 8 tiang dan tinggi museum itu 45 meter, umlah tersebut sesuai dengan tanggal kemerdekaan indonesia.Deskripsi singkat tentang museum braja sandi merupakan museum perjuangan rakyat bali untuk memberi hormat pada para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat bali.

Page 12: Laporan Ke Bali

2.1.2 Tari Barong

Tari barong adalah tarian khas bali yang berasal dari khazanah kebudayaan pra-hindu. Tarian ini menggambarkan pertarungan antara kebajikan(dharma) dan kebatilan (adharma).Wujud kebajikan dilakukan oleh barong ,yaitu penari dengan kostum binatang berkaki empat, sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda,yaitu sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya.

Ada 6 babak yaitu :

1.Barong dan kera sedang berada didalam hutan yang lebat,kemudian datang tiga orang bertopeng yang menggambarkan sedang berbuat keributan dan merusak ketenangan hutan.

Mereka bertemu dengan kera dan akhirnya berkelahi ,dimana kera dapat menolong hidung salah satu seseorang dari mereka.

2.Dua orang penari muncul dan mereka adalah pengikut dari Rangdasedang mencari pengikut Dewi Kunti yang sedang dalam perjalanan untuk menemui patihnya.

3.Pengikut dewi kunthi tiba. Salah seorang pengikut Rangda berubah menjadi setan dan memasukan roh jahat kepada pengikut Dewi Kunthi yang menyebabkan mersa dapat menjadi marah .Keduanya memenuhi patih dan bersama-sama menghadapi Dewi Kunthi.

4.Munculah dewi kunthi berserta anaknya Sahadewa dan Dewi kunthi telah berjanji kepada rangda untuk menyerahkan sahadewa sebagai korban .Sebenarnya tidak sampai hati mengorbankan anaknya sahadewa kepada Rangda.Tetaoi setan memasukan roh jahat kepadanya yang menyebabkan Dewi kunthi bisa menjadi marah dan berniatkan anaknya menjadi korban serta memerintahkan patihnya untuk menbuang sahadewa kedalam hutan.Patihnya pun tidak luput dari kemasukan roh jahat oleh setan dan mengikatnya dimuka istana Rangda.

5.Turunlah Dewa siwa dengan menberikan keabadian kepada sahadewa dan keabadian ini tidak diketahui oleh Rangda ,untuk mengoyak -goyakan sahadewa dam membunuhnya tetapi tidak dapat dibunuhnya ,karena kekebalan yang diberikan dewa siwa.Rangda menyerah kepada sahadewa dan memohon untuk di selamatkan agar demikian dia bisa masuk surga.Permintaan ini dan sang rangda mendapat surga.

6.Kalika adalah seseorang pengikut Rangda menghadap sahadewa .penolakan ini menimbulkan Perkelahian dan kalika berubah menjadi babi hutan ,sahadewa mendapatkan kemenangan. Kemudian ketika babi hutan berubah menjadi burung akan tetapi tetap di kalahkan .dan akhirnya burung berubah menjadi Rangda.oleh karena saktinya Rangda ini ,maka sahadewa berubah menjadi barong dan melawan Rangda. Tidak ada yang menang ,dengan demikian pertarungan ini abadi kemudian masina-masing dengan kerisnya yang hendak menolong barong dalam pertempuran melawan rangda.Mereka ini semua tidak berhasil mengalahkan kesaktian sang Rangda.

Page 13: Laporan Ke Bali

2.2 objek wisata alam

2.2.1 Pantai pandhawa

Lokasi tempat pantai pandhawa adalah di desa kutuh.Kesan yang unik di sana adalah terdapat batu besar - besar di sepanjang perjalanan menuju ke pantai pandhawa dan juga terdapat sebuah pahatan pantung pandhawa di batu besar-besar yang terdapat di perjalanan menuju ke pantai pandhawa.Pantai pandhawa juga termasuk objek wisata alam yang sangat indah .Dan pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai kuta.Dan juga banyak wisatawan mancan negara yang banyak berkunjung kesana,dan tempat pantai pandhawa juga sebagai tempat foto prewiding pernikahan,Dan di pantai pandhawa juga terdapat pasir yang putih yang bersih dan lembut.Disana juga terkenal dengan tumbuhan rumput laut karena sebagian penduduk di sana termasuk petani rumput laut.di sana juga terdapat batu karang.Di sana juga terdapat wahana walaupun wahana di dana sedikit tepi sangat menyenangkat jika kita melaksanakan dengan penuh gembira dan suka cita.

Page 14: Laporan Ke Bali

2.2.2 pantai sanur

Lokasi pantai sanur ini terletak di desa Sanur,Kabupaten paten Badung.Pantai ini juga di sebut dengan pantai matahari terbit.Pantai ini merupakan tempat pelabuhan pertama belanda.Dan pemandangannya pun sangat indah .Deskripsi singkat tentang pantai sanur adalah Tempat wisatawan berlibur. Tempat pantai sanur ini tidak kalah indah nya dengan pantai lain nya yang ada di pulau bali,karena di pantai sanur ini kita bisa melihat pemandangan yang indah ,apalagi jika kita ada di sana pukul 05.30 WITA, kita akan melihat pemandangan yang indah yaitu pemadangan matahari terbit.Meskipun kami waktu kesana pantai sanur sedang pasang dan waktu disana cuman sebentar ,tetapi kami tidak kecewa karena kami telah terbayar dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Page 15: Laporan Ke Bali

2.2.3 Danau beratan bedugul

Danau baratan bedugul ini berlokasi di kabupaten Tabanan. Kesan, sesuatu yang unik adalah Lumbung adalah berasnya bali.Pemandangan di Danau bedugul ini sangatlah indah karena di pinggir danau agak menjorok terdapat semacam pura yang sangatlah indah,disana juga airnya bersih dan sejuk,dan juga disana terdapat wahana perahu dan kita juga bisa menaiki perahu itu untuk memutari danau bedugul ini.Disana juga memiliki hawa yang sangat sejuk karena danau baratan bedugul ini terdapat di puncak.Danau baratan bedugul ini juga merupakan tempat berwisata yang mempesona dan banyak wisatawan yang belibur di sana.Dan danau baratan bedugul ini juga merupakan tempat disucikan.Karena di sana terdapat pura pada saat kita akan memasuki dana baratan bedugul,Oleh karena itu bagi orang yang sedang mendapa halangan dilarang untuk melewati atau masuk melwati pura itu karena tempat pura itu adalah tempat suci,jadi harus melewati jalan lain untuk sampai di danau baratan bedugul

Page 16: Laporan Ke Bali

2.2.4 Tanah Lot

Tanah lot ini berlokasi di selatan, Samudera Hindia Kecamatan Kediri Kabupaten Taibanan ,Desa Braben.Kesan yang unik di sana adalah terdapat pura khusus untuk sembayang bagi orang yang memiliki ikatan darah ,dan juga terdapat gua di pinggir dan agak menjorok dan gua itu terdapat ular yang disucikan,Tetapi sayangnya kita saat disana tidak bisa mendekati karena pada waktu itu air laut sedang pasang.Tanah Lot ini merupakan tempat wisata yang sangat indah karena pemandangannya yang indah dan dengan adanya pura di pinggir agak menjorok,itu menambahkan pemandangan menjadi menakjubkan dan juga di sana tempat yang cocok untuk berfoto foto karena pemandangannya yang indah dan masih asri.

Page 17: Laporan Ke Bali

2.2.5 Hutan Pala Sangeh

Hutan pala sangeh berlokasi di desa sangeh kabupaten badung.Kesan dan sesuatu yang unik di sana adalah pohon-pohon di sana masih terjaga dengan baik dan di sana juga terdapat pohon lanag wadon, yang disucikan.Dan juga monyet - monyet disana tidak boleh dipegang karena jika di pegang monyet itu akan agresif dengan kita,tempat di dana juga merupakan tempat yang di sucikan maka dari situ kita tidak di perbolehkan untuk berbuat macam –macam yang tidak baik disana,Dan sangeh adalah binatang yang di lindungi karena jaman dulu monyet telah membantu rama untuk mencari istrinya yang bernama Dewi Sintha yang sedang di culik,Disana juga terdapat juga patung hanoman.Dan juga kami boleh menberi makan para monyet itu dan bermain dengan monyet dan berfoto foto dengan monyet,Kami waktu berada di sangeh ternyata bertepatan dengan upacara galungan ,maka yang berkunjung di dana tidaklah banyak.

Page 18: Laporan Ke Bali

2.3 Objek wisata hiburan

2.3.1 Pasar Seni Sukowati

Pasar seni sukowati ini berlokasi di desa Giwangan Kecamatan Sukowati Kabupaten Gianyar.Pasar seni sukowati merupakan pasar yang masih tradisional,Karena barang disana di bisa di tawar,tetapi kita harus berhati - hati dalam memilih barang di sana karena barang yang di jual di sana ada barang yang berkualitas dan ada juga barang yang kurang berkualitas, Maka dari itu kita harus berhati –hati supaya kita tidak mendapatkan kerugian. Kami pun di sana cuman melihat –lihat saja karena di sana penjualnya memaksa untuk menbeli dan kami pun di tarik –tarik dan di paksa untuk menbeli dan kami pun tidak ada yang menbeli barang itu karena cara berdagangnya dipaksa untuk membeli.

Page 19: Laporan Ke Bali

2.3.2 Joger

Joger berlokasi di tabanan, joger merupakan salah satu oleh-oleh khas bali. Selama ini joger sangat identik dengan T-Shirt atau kaos khas bali dengan kata –kata yang unik dan nyeleneh, dan jogerpu tidak hanya menjual produk kaos melainkan juga menjual pernak-pernik untuk oleh-oleh.Dan barang yang di jual di sana juga berkualitas baik,Tapi tak heran kalau harga barang di sana sangat mahal.Dan tak heran lagi kalau joger merupakan pusat oleh –oleh bali yang sangat berkualitas nomor 1 di bali.

Page 20: Laporan Ke Bali

2.3.1 kerajinan krisna

Loksi krisna adalah di jalan Nusa Indah. Kerajinan krisna merupakan toko yang menawarkan berbagai produk ciri khas bali yang menarik dan beranekaragam bentuknya.Produk yang di jual di sana sendiri unik dan lucu,menarik dan tidak ada ditempat lain.Dan di sana juga menjual camilan khas bali, seni pahat anyaman dan masih banyak produk-produk disana yang tidak kalah bagusnya dengan tempat lain.

Harga barang di krisna tidak jauh berbeda dengan ditempat lain ,seperti di sukowati.Dikrisna pengunjung yang datang tidak perlu susah-susah menawar,karena harga di sana juga standar dengan kualitas bahan yang kita beli.dan di sana juga terdapat pilihan yang banyak.

Page 21: Laporan Ke Bali

Bab IV Penutup

3.1 Kesan

Mengasikan karena bisa melihat pemandangan yang indah yang belum pernah di lihat di yogya.Dan Kesan bagi Budya dan Bahasanya disana Unik dan menarik.Dan orang –orang di sana sangat ramah- ramah kepada pengunjung.

Page 22: Laporan Ke Bali

3.2 Pesan.

Tetap melestarikan Budaya di bali dan jangan sampai di rusak,Supaya makin banyak wisatawan berdatangan di sana untuk berlibur.