laporan jaga 27 maret 2015

21
LAPORAN KASUS ILMU PENYAKIT BEDAH Firdha Trias Nawas, S.Ked Hananti Ahhadiyah, S.Ked

Upload: firdhatriasnawas

Post on 30-Sep-2015

224 views

Category:

Documents


5 download

DESCRIPTION

Ileus

TRANSCRIPT

Diapositiva 1

LAPORAN KASUS ILMU PENYAKIT BEDAH

Firdha Trias Nawas, S.KedHananti Ahhadiyah, S.Ked1Identitas PasienNama: Tn. MTempat, Tanggal Lahir: Umur: 50 tahunJenis kelamin: Laki-lakiAlamat: Pekerjaan: Pedagang pakaianStatus : MenikahTanggal Masuk RS: 26 Maret 2015

Anamnesa (Alloanamnesis)Keluhan Utama : os mengeluh nyeri pada seluruh perut.

Keluhan Tambahan : Mual, Muntah, Badan lemas, Benjolan pada skrotum kanan. Anamnesa (Alloanamnesis)Riwayat Penyakit Sekarang : Pasien mengeluh nyeri perut sejak 2 hari yang lalu. Pasien sekitar 2 hari yang lalu mengeluh muntah-muntah, Muntah adalah makanan yang dimakan, muntah darah (-), Muntah berwarna Hijau (-). Pasien juga tidak dapat buang air besar sejak 2 hari yang lalu. Pasien tidak dapat kentut. Perut terasa begah dan lama kelamaan pasien merasa sesak. pasien mengeluhkan ada benjolan di skrotum kanan, di karenakan pasien mual-muntah terus menerus. Demam (-), pasien tidak nafsu makan. Anamnesa (Alloanamnesis)Riwayat Penyakit Dahulu :Riwayat Hernia sejak 6 tahun yang lalu. Benjolan masih dapat masuk bila pasien dalam keadaan berbaring. Dan juga dengan bantuan tangan, sakit (-), keluhan saat BAK (-).

Anamnesa (Alloanamnesis)Riwayat Penyakit Keluarga:riwayat keluhan yang sama pada keluarga disangkal

Riwayat Alergi: alergi obat : disangkal alergi makanan : disangkal alergi cuaca : disangkal

Riwayat Psikososial:

Pemeriksaan FisikKeadaan Umum: Tampak sakitKesadaran : composmentis

Status Antopometri: BB : 64 kgTB: 165 cmIMT: 23,50

Pemeriksaan FisikTANDA VITAL

Tekanan Darah: 130/70 mmHgNadi: 103x/menitRR: 20x/menitSuhu: 37.2C

Pemeriksaan FisikSTATUS GENERALISKepala: NorrmochepalRambut: Hitam, tersebar merata, tidak mudah dicabutMata: Konjungtiva Anemis (-/-), Sklera Ikterik (-/-), Refleks Cahaya (+/+), Pupil IsokorHidung: Septum Deviasi (-/-), Sekret (-/-), Epistaksis (-/-), konka normalTelinga: Normotia, Serumen (-/-)Mulut: mukosa bibir lembarLeher: Pembesaran Kelenjar Tiroid (-), KBG (-)ThoraksParu:Inspeksi: Dada tidak simetris (-), Retraksi Dinding Dada (-), Palpasi: Vocal fremitus sama kanan dan kiri Perkusi: Sonor disluruh lapang paruAuskultasi : Vesikuler (+) Rhonki (-/-), Wheezing (-/-)Jantung:Inspeksi: Ictus Cordis Terlihat (-)Palpasi: Ictus Cordis Teraba (+) di ICS V linea Midclavicula sinistraPerkusi: Dalam Batas NormalAuskultasi : Bunyi Jantung I dan II normal. AbdomenInspeksi: Tampak Cembung, Dram steifung (-), Dram countur (-)Palpasi: Defans muskuler (+)Perkusi: Hypertympani pada seluruh lapangan abdomen. Metalic Sound (-)Auskultasi: BU (-)

Genitalia EkternaInspeksi: Tidak terlihat tanda Inflamasi, Terdapat benjolan di Skrotum kanan. Palpasi : Nyeri (-), Benjolan dapat di masukan. Perkusi : -Auskultasi: - Ekstremitas Atas :Akral: HangatCRT: