jambi independent edisi 27 maret 2009

28
www.jambi-independent.co.id ECERAN: Rp. 3.500,- Provinsi Jambi Penghasil Karet Terbesar Kedua di Indonesia (data Pemprov Jambi, 2007) JUMAT, 27 MARET 2009 8 30 RABIUL AWAL 1430 H Abdullah Hehamahua, “Guru Spiritual” Dua Periode di KPK Tak Tega Istri Repot Berkerudung ke Kamar Mandi Keluarga sudah minta Abdullah Hehama- hua pensiun dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun masih maraknya praktik korupsi di negeri ini membuat dia tertantang memasuki periode kedua masa pengabdiannya menjadi “guru spiritual” di lembaga superbodi tersebut. ANGGIT SATRIYO NUGROHO, Jakarta baca Tak hal 2 HIDUP SEDERHANA: Abdullah He- hamahua saat berbincang dengan koran ini di ruang tunggu KPK. ANGGIT SATRIO/JAWA POS 631 Orang Mati Masuk DPT Verifikasi oleh KPUD Diragukan FINARMAN WP, Jambi NOVA D, Merangin DAFTAR Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2009 Provinsi Jambi ternyata masih centang-perenang. Di Kota Jambi, Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu kaget menemukan 631 nama orang mati masih masuk DPT terbaru bikinan KPU Provinsi Jambi. Temuan lain, di antara para pemilih juga tercantum nama 36 anggota aktif TNI dan Polri. Padahal TNI dan Polri aktif tak boleh memilih. “Kita akan terus kroscek di kabu- paten/kota, apakah masih ada pe- milih ganda dan meninggal dunia,” ujar Ketua Panwas Provinsi Jambi, Salahuddin, kemarin (26/3). Temuan terbaru, katanya, sudah disampaikan ke KPUD pada Selasa (24/3), lewat surat nomor 160/Panwaslu-KJ/III/2009. Masuknya sejumlah orang mati dalam daftar orang akan memberikan suara pada 9 April nanti itu sungguh membuat Panwas geleng-geleng ke- pala. Itu karena DPT yang divalidasi KPUD Provinsi Jambi pada 5 Maret 2009 dan disahkan KPU pusat itu telah melewati berjenjang verifikasi. Februari 2009, Panwas menemukan indikasi adanya 14.152 pemilih ganda dan fiktif pada Februari 2009. Kasus itu ditemukan setelah mempelajari DPT pemilu legislatif bikinan KPUD Provinsi dan disahkan KPU pusat. Ada indikasi, DPT itu disusun ber- dasarkan DPT pilkada bikinan KPUD kabupaten/kota. Tak mau memperpan- jang masalah, KPUD Provinsi memer- intahkan KPUD kabupaten/kota memverifikasi ulang. Hasilnya? Imigrasi Amankan 7 Warga Afganistan Masuk Jambi tanpa Dokumen JAMBI – Sebanyak tujuh warga Afganistan diamankan petugas Imigrasi Jambi karena tidak memiliki dokumen yang lengkap, termasuk paspor. Mer- eka dicokok petugas saat hendak membeli tiket pesawat menuju Jakarta di Bandara Sultan Thaha, Jambi, Rabu (25/3) sekitar pukul 11.00 WIB. ILEGAL EDDY JUANEDY/JAMBI INDEPENDENT Empat dari tujuh warga Afganistan yang diamankan Imigrasi Jambi pada Rabu (25/3) sekitar pukul 11.00 WIB karena tidak me- miliki paspor. baca Imigrasi hal 2 baca 631 Orang hal 2 DJATMIKO/JAMBI INDEPENDENT

Upload: jambi-independent

Post on 08-Mar-2016

394 views

Category:

Documents


21 download

DESCRIPTION

ePaper Jambi independent edisi 27 Maret 2009

TRANSCRIPT

Page 1: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

www.jambi-independent.co.id ECERAN: Rp. 3.500,- Provinsi Jambi Penghasil Karet Terbesar Kedua di Indonesia (data Pemprov Jambi, 2007)

JumaT, 27 maReT 2009

8

30 RabIul awal 1430 H

Abdullah Hehamahua, “Guru Spiritual” Dua Periode di KPK

Tak Tega Istri Repot Berkerudung ke Kamar Mandi Keluarga sudah minta abdullah Hehama-hua pensiun dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun masih maraknya

praktik korupsi di negeri ini membuat dia tertantang memasuki periode kedua

masa pengabdiannya menjadi “guru spiritual” di lembaga superbodi tersebut.

aNGGIT SaTRIYO NuGROHO, Jakarta

baca Tak hal 2

HIDuP SeDeRHaNa: abdullah He-hamahua saat berbincang dengan koran ini di ruang tunggu KPK.

aN

GG

IT S

aTR

IO/J

aw

a P

OS

631 Orang Mati Masuk DPTVerifikasi oleh KPUD Diragukan

FINaRmaN wP, JambiNOVa D, Merangin

DAFTAR Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2009 Provinsi Jambi ternyata masih centang-perenang. Di Kota Jambi, Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu kaget menemukan 631 nama orang mati masih masuk DPT terbaru bikinan KPU Provinsi Jambi.

Temuan lain, di antara para pemilih

juga tercantum nama 36 anggota aktif TNI dan Polri. Padahal TNI dan Polri aktif tak boleh memilih.

“Kita akan terus kroscek di kabu-paten/kota, apakah masih ada pe-milih ganda dan meninggal dunia,” ujar Ketua Panwas Provinsi Jambi, Salahuddin, kemarin (26/3). Temuan terbaru, katanya, sudah disampaikan ke KPUD pada Selasa (24/3), lewat surat nomor 160/Panwaslu-KJ/III/2009.

Masuknya sejumlah orang mati dalam daftar orang akan memberikan suara pada 9 April nanti itu sungguh membuat Panwas geleng-geleng ke-pala. Itu karena DPT yang divalidasi

KPUD Provinsi Jambi pada 5 Maret 2009 dan disahkan KPU pusat itu telah melewati berjenjang verifikasi.

Februari 2009, Panwas menemukan indikasi adanya 14.152 pemilih ganda dan fiktif pada Februari 2009. Kasus itu ditemukan setelah mempelajari DPT pemilu legislatif bikinan KPUD Provinsi dan disahkan KPU pusat.

Ada indikasi, DPT itu disusun ber-dasarkan DPT pilkada bikinan KPUD kabupaten/kota. Tak mau memperpan-jang masalah, KPUD Provinsi memer-intahkan KPUD kabupaten/kota memverifikasi ulang. Hasilnya?

Imigrasi Amankan 7 Warga Afganistan Masuk Jambi tanpa Dokumen

JAMBI – Sebanyak tujuh warga Afganistan diamankan petugas Imigrasi Jambi karena tidak memiliki dokumen yang lengkap, termasuk paspor. Mer-eka dicokok petugas saat hendak membeli tiket pesawat menuju Jakarta di Bandara Sultan Thaha, Jambi, Rabu (25/3) sekitar pukul 11.00 WIB.

ilegaleDDY JuaNeDY/JambI INDePeNDeNT

empat dari tujuh warga afganistan yang diamankan Imigrasi Jambi pada Rabu (25/3) sekitar pukul 11.00 wIb karena tidak me-miliki paspor. baca Imigrasi hal 2

baca 631 Orang hal 2 DJa

TmIK

O/J

am

bI I

ND

ePeN

DeN

T

Page 2: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

jumat, 27 maret 2009 Jambi Independent

GAYA berpakaian Abdul-lah Hehamahua masih seperti dulu: baju batik lengan panjang dan songkok hitam. Demikian pula kedisiplinan dirinya dalam memanfaatkan fasilitas negara yang diterimanya sebagai pe-jabat KPK. Jangan bayangkan bisa berbincang dengannya di ruang kerja saat jam-jam efektif, misalnya. Apalagi untuk urusan tak terkait tugas KPK.

Abdullah berprinsip, meng-hindari korupsi itu harus dimulai dari hal-hal kecil. Misalnya, Rabu pagi atau sehari setelah Se-lasa lalu (24/3) dilantik kembali menjadi penasihat KPK, Jawa Pos (induk Jambi Independent) berusaha menemui di ruang kerjanya di lantai 6 gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Meski resepsionis sudah membuatkan surat pengantar untuk bisa menemui di ruangan-nya, bapak empat anak tersebut memilih mengajak turun ke ruang tunggu di lantai satu.

“Anda saya temui di sini karena urusan ini (wawancara) terkait dengan saya, bukan tugas se-bagai penasihat (KPK),” jelas pria kelahiran Saparua, 60 tahun lalu, itu.

Selain ruang tunggu di lantai satu, untuk menemui tamu yang terkait dengan urusan pribadi, ada tempat lain yang biasa dipilih Abdullah, yakni musala gedung Jasa Raharja yang bersebelahan dengan gedung KPK. Itu pun pada jam istirahat.

Abdullah mengakui, pilihan-nya untuk kembali mengabdi ke KPK tak sesuai dengan keinginan keluarga. Bahkan empat anaknya sudah melarang dia mencalonkan diri menjadi penasihat lagi. Namun dia kembali terpang-gil karena korupsi tak pernah habis.

Saat kasus kasus Al Amin Na-sution (anggota DPR dari PPP) terungkap, dia sempat berpikir orang makin takut melakukan korupsi. “Tapi kenyataannya justru berganti modus operandi dengan tertangkapnya anggota DPR (dari Fraksi Bintang Refor-masi) Bulyan Royan,” katanya. Bahkan setelah itu muncul lagi kasus korupsi dengan tersangka anggota DPR Abdul Hadi Djamal dari PAN.

Di KPK, tugas Abdullah me-mang tidak kecil. Setiap Senin dan Jumat, dia selalu memberi-kan surat elektronik (e-mail) kepada semua anak buahnya di Komisi. Pertama, menyangkut tugas mereka memberantas ko-rupsi. Kedua, nasihat spiritual. “Kalau mereka Muslim, saya berikan nasihat berdasarkan ajarannya,” katanya.

Demikian pula bagi para ang-gota beragama Kristiani, Abdul-lah bisa memberikan petuah ber-dasar Alkitab. Meski Muslim, dia mengaku pernah 12 tahun belajar kitab suci itu di tanah kelahiran-nya di Saparua, Ambon.

Meski mengemban tugas mulia bagi negara, lanjut Abdullah, sebagai manusia, anggota KPK kadang diliputi pertentangan batin. Yang paling baru, dia mem-berikan nasihat kepada penyidik tentang langkah penyadapan kepada para tersangka yang men-jadi target operasi kasus korupsi. “Bagi anggota yang Muslim, pe-nyadapan yang diperdengarkan ke muka publik (pengadilan) tentu dianggap membuka aib orang,” kata pria dengan jenggot lebat memutih itu.

Menghadapi dilema itu, Abdul-lah “berfatwa” bahwa penyada-pan boleh dibuka kalau terdakwa korupsi mengingkari semua perbuatannya. “Maka seka-

Tak Tega Istri Repot Berkerudung ke Kamar Mandi ---------------------------- dari hal 1rang ditawarkan apakah mereka (tersangka korupsi) mengakui perbuatannya atau tidak. Kalau membantah, buka saja penyada-pan itu,” tambahnya.

Dalam dua periode masa tugas-nya, Abdullah mengaku sudah banyak memberikan kontribusi bagi tugas KPK. Pada masa awal berdirinya lembaga antikorupsi itu, dia ikut turun tangan menyu-sun nilai identitas KPK, kode etik, standar prosedur operasi. Namun di fase kedua jabatannya, dia bertugas menjembatani ko-munikasi pimpinan satu dengan lainnya.

“Tugas saya menjembatani bahwa keputusan yang diambil KPK adalah kolegial,” jelasnya. Artinya, tak ada satu pun peran pimpinan yang menonjol dalam pengambilan keputusan.

Sebagai mantan ketua PB HMI, Abdullah merasa prihatin karena banyak terdakwa korupsi yang kini ditangani KPK adalah para mantan aktivis organisasi maha-siswa. Kebanyakan HMI. Tentu itu juga menjadi pertentangan batin tersendiri. Saat Amirudin Maula, wali kota Makassar yang dulu kader HMI, disidik KPK karena dugaan korupsi pengadaan mobil pemadam ke-bakaran, dia sering ditelepon para aktivis HMI. Mereka merayu agar jangan sampai Amirudin masuk bui.

“Saya jawab, semoga dengan masuk penjara bisa menjadi tempat untuk bertobat,” jelasnya. “Sebagai senior, lebih baik saya yang menghukum daripada harus orang lain. Itu lebih menyakit-kan,” tambahnya.

Meski punya peran sentral di

KPK, hidup Abdullah tergolong sederhana bagi orang sekelasnya. Sebagai penasihat, Abdullah menerima gaji Rp 30 juta-Rp 35 juta per bulan. “Gaji yang saya terima naik-turun di kisaran itu, tergantung kontribusi dan prestasi yang saya raih di KPK,” jelasnya.

Tiga tahun belakangan, pu-lang-pergi ke kantor, Abdul-lah mengendarai mobil Toyota Avanza. Uang muka mobil (Rp 50 juta) tersebut diambilkan dari tabungan Rp 40 juta dan pinjaman seorang teman. Setiap masuk kantor, Abdullah selalu menjinjing tas kulit warna hitam berisi dokumen pekerjaannya. “Semua ini produk dalam neg-eri,” ujarnya.

Kesederhanaan memang sudah menjadi prinsip hidup mantan ketua Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu. Tanah plus rumahnya di perkampungan Rawa Denok, Depok, tepatnya di Jalan H Kimah, Rangkapan Jaya Baru, yang dibeli seharga Rp 90 juta, baru lunas setahun lalu.

“Kalau cerita alamat, susah. Rumah saya itu benar-benar di tengah perkampungan,” ka-tanya.

Ketika Jawa Pos bersikeras mengatakan akan mengunjungi rumahnya, Abdullah lalu mem-berikan kiat cara cepat mencari rumahnya. “Cari saja tuan tanah H Edy di daerah Rawa Denok. Dia akan memberi tahu, sebab saya beli rumah itu dari dia,” jelasnya.

Dulu Abdullah memang pernah punya rumah di Jalan Tambak Manggarai, Jakarta Selatan.

Namun saat dirinya dikejar-kejar aparat keamanan di masa Orde Baru karena diduga terkait kasus Tanjung Priok, rumah itu men-galami musibah kebakaran.

Sebagai penasihat KPK, Abdul-lah terdorong memberikan con-toh hidup sederhana kepada para anak buahnya. Maka dia pun memilih indekos di Jalan Bukit Duri. Setelah itu dia mengontrak rumah dua kamar di kawasan Ja-lan Al Barkah, kompleks Masjid As-Syafiiyah di kawasan Men-teng Pulo, Jakarta Pusat.

“Saya mengontrak rumah karena kamar mandi rumah kos yang dulu ada di luar. Istri saya jadi kerepotan harus pasang kerudung kalau mau ke kamar mandi,” bebernya.

Seperti yang dilihat Jawa Pos, rumah kontrakan itu, dengan harga pasaran Rp 5 juta-Rp 7 juta per tahun, berada di gang yang padat penduduk. Tak ada halaman yang cukup untuk sekadar parkir mobil. Karena itu Abdullah harus memarkir mobilnya di halaman Masjid As-Syafiiyah.

Meski namanya amat tersohor di KPK, Abdullah tak begitu dikenal di kompleks rumah kon-trakannya. Saat menanyakan sosok Abdullah Hehamahua kepada warga sekitar, Jawa Pos harus bicara panjang lebar untuk menerangkan ciri-ciri fisik Abdullah. Ternyata di kawasan itu dia akrab dipanggil Pak Haji. Tak ada yang tahu bahwa dia adalah orang penting di KPK. Soal ini, dia berdalih. “Saya memang tak bercerita di mana saya bekerja. Ini karena saya bertugas di KPK,” kata suami Emma Arifin itu. (el)

Profesi Nyonya Emy Haryani adalah penjahit pakaian. Oleh karena itu, tentu saja ia lebih banyak duduk di dalam bekerja. Akibatnya, “Di pung gung ini sering muncul rasa pegal-pegal,” ujar wanita kelahiran Mage lang, 6 Juli 1958, ini. Tapi, lain dari itu, tidak ada yang bermasalah de ngan kesehatan ibu tiga anak ini, walaupun usianya sudah genap se tengah abad. “Alhamdulillah, darah saya masih normal-normal saja sampai hari ini,” ucapnya. Namun, dengan tujuan agar badan nya lebih fit lagi, salah seorang kenalannya menganjurkan nya untuk minum Zena-600. Ia pun penasaran. “Dari dulu saya sudah suka makan ka cang hijau, tapi berupa bubur ka cang hijau yang direbus sendiri,” ujarnya. Sing-

Dan, Pegal-Pegal itu Pun Kini tiDaK Muncul lagi

Emy Haryani

kat cerita, ia pun mencoba meminum kacang hijau bubuk instan plus sari kedelai itu. “Sudah sebulan saya meminumnya secara rutin dua kali sehari,” tuturnya saat ditemui awal Oktober 2008 lalu di rumahnya, di Jalan Madu, Kam pung Curug, Kelu-rahan Pondok Kela pa, Kecama tan Durensawit, Jakarta Timur. Hasilnya ternyata memuas kan. “Pegal-pegal tadi sekarang ti dak muncul lagi,” ungkapnya. Pegal-pegal di punggung itu mungkin disebabkan gangguan pada otot atau mulai tak lancarnya metabolis me tubuh. Oleh karena itu, perlu dila kukan pemeliharaan yang rutin. Di antara sekian banyak pemeli-hara an itu, mengkonsumsi makanan kese hatan merupakan salah satu nya, seperti dengan meminum Zena-

600 ini. Asupan kacang hijau secara rutin memang amat banyak manfaat nya. Selain kadar protein nya yang tinggi, 24%, yang ber-guna bagi per tumbu han dan pergan tian sel yang rusak, ka cang hijau juga mengan dung lemak tak jenuh yang tinggi, 73%. Lemak ini berguna un-tuk menja ga kesehatan jantung. Pada kaca ng hijau juga terkandung kalsium, fosfor, vitamin B1, dan vitamin B2 yang tinggi. Kalsium dan fosfor untuk memper kuat tulang. Vitamin B1 (tiamin) untuk pertum buhan, perbaikan saluran pencer naan, peningkatan nafsu makan, sumber

energi, dan pemaksimalan ker ja syaraf. Sedangkan vita min B2 (ri-boflavin) untuk membantu penye ra-

pan protein dalam tubuh. Dan juga, kacang hijau, teru tama kecambahnya, ber fungsi sebagai antiok sidan yang dapat mem perlambat proses penu aan dan penyebaran sel kanker. Selain itu, beber-apa kan dungan kacang hijau dapat mem bantu peningkatan kesuburan. Karena Zena-600 juga mengan dung isoflavon

kedelai, maka man faatnya jadi makin komplet. Senya wa ini pertama dike-nal sebagai obat awal 1990-an oleh ahli Amerika. Selain sebagai antioksi

dan, iso flavon berfungsi sebagai antiosteo porosis, antiaterosklerosis, penam bah imunitas tubuh, pendo-rong lancarnya metabolisme, dan lain-lain. Nagata, peneliti Jepang, pada 1998 menganjurkan manusia meng konsumsi isoflavon 50-100 mg/hari. Pada kedelai juga terdapat vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin E, kalsium, zat besi, fosfor, dan sodium. Walaupun demikian, yang lebih penting untuk dilakukan adalah menjaga pola hidup yang sehat, seperti berolah raga secara teratur, beristirahat dengan cukup, memi num air putih dengan cukup, dan sebagainya. Kendati belum lama beredar, Zena-600 sudah laku di se-luruh wilayah pemasarannya. Hal itu tak lepas dari manfaatnya yang nyata

dan produknya yang diolah higienis serta merupakan penyem purnaan dari kedelai bubuk yang se lama ini banyak beredar di pasaran. Dan ini amat ditunjang oleh mulai sadarnya masyarakat untuk beralih ke bahan-bahan nabati alami dalam meme-lihara kesehatan. Tapi, pro duk ini bukan lah obat melainkan ma kanan kesehatan untuk memelihara kon disi tubuh. Ingin tahu lebih jauh, kunjungi [email protected] atau telepon (021) 70288540 atau hubungi dis-tributor Prov. Jambi: 08128361642. Subdist Kerinci: 081366360140, Sub-dist Bangko: 08127350234, Subdist Batanghari: 081274175178, Subdist Tebo : 085274776210.

Page 3: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,- 8

Jambi Independent jumat, 27 maREt 2009

EKONOMI NASIONAL

advERtoRialIndosat Memberikan Bukti Bukan Janji!

jamBi-Tidak pernah terbayang sebelumnya dibenak Azhar kalau salah satu hadiah yang sangat me-narik dari Program Poin Plus Plus yang diadakan oleh Indosat, yang selama ini hanya bisa dilihat olehnya di Televisi, akan menjadi miliknya. Bahkan sempat terbersit kalau hadiah tersebut hanya formalitas saja. Maklum, Azhar yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Muaro Sabak Kabupaten Tanjab Timur ini beranggapan bahwa selain formalitas hadiah tersebut hanya bisa didapatkan oleh orang yang tinggal di Kota saja. Tetapi semua anggapan itu mentah karena Azhar dinyatakan sebagai salah satu Pe-menang Program Poin Plus Plus Periode iv bulan desember 2008 dengan hadiah uang tunai Rp. 5.000.000,-

Bagai mendapat durian runtuh awalnya Azhar tidak percaya. ”Wak-tu di telepon mulanya saya tidak per-caya kalau saya dinyatakan sebagai pemenang hadiah uang tunai dari Indosat, saya takut ini modus pe-nipuan yang menggunakan undian seperti yang lagi marak saat ini.” ujar Azhar sambil tersenyum.

”Tapi pihak penelpon menyuruh saya mengkonfirmasi lagi ke kantor Indosat Jambi untuk lebih jelasnya,

kebetulan lurah di tempat saya berdomisili tahu alamat dan nomor telepon Indosat Jambi, maka saya pun mengkonfirmasi hal ini dan ternyata memang benar”, lanjut Azhar dengan mata berbinar.

Point Plus Plus merupakan pro-gram reward buat pelanggan In-dosat yang loyal dengan terus menggunakan produk-produk Indosat baik itu Matrix, Mentari, IM3 maupun Starone yang hadiah uta-manya 1 unit Mobil JAGUAR. Azhar sendiri merupakan pelanggan setia Mentari dengan nomor 0815 3222xxxx dan sudah menggunakan nomor tersebut selama kurang lebih 3 tahun. Jadi tidak salah pilihan Pak Azhar ini dengan terus meng-gunakan produk Indosat. ”Saya

sekarang, bahkan dari dulu sudah menghimbau saudara-saudara saya untuk menggunakan produk Indosat, karena pelayanan Indo-sat sudah terbukti dengan sinyal kuat-nya terutama di Muaro Sabak, tarifnya murah, dan yang pasti Indo-sat memberikan bukti bukan janji”. Sambil tertawa.

Bagi Pemenang Program Poin Plus-Plus ataupun program lain yang diselenggarakan oleh pihak Indosat, mohon dikonfirmasi ulang dengan datang langsung ke Galeri Indosat atau via nomor telepon 0741.60969 & hati-hati dengan penipuan berkedok undian yang mengatasnamakan INDOSAT. (*)

azharPenyerahan hadiah oleh Yahya Pramana, Head of jambi Branch (kanan).

Gebrakan Berhadiah mobildari lampu arthess dan PlanoLampu Hemat EnergiHarga Lebih Ekonomis

jamBi – Lampu Arthess dan Plano yang dikenal hemat energi dengan harga jual lebih ekonomis, kembali hadirkan gebrakan ber-hadiah. Tak tanggung-tanggung hadiah berupa satu unit mobil Avanza, diberikan kepada toko yang telah setia dan loyal mema-sarkan produk lampu Arthess dan Plano yakni Toko Feri Kings di Lubuk Linggau.

Kebahagiaan langsung terpan-car di wajah pemilik toko Feri Kings, begitu PT Cahaya Makmur Gemi-lang distributor lampu Arthess dan Plano memberikan hadiah satu unit mobil Avanza. “Memasarkan lampu Arthess dan Plano tidak

sulit karena sudah sangat dikenal masyarakat sebagai lampu hemat energi sampai 80 persen, dan har-ga jualnya pun sangat terjangkau.” Ujar Feri sang pemilik toko.

Manager Eksekutif Lampu Ar-thess dan Plano, Suryati men-gatakan, pihaknya telah menyiap-kan berbagai hadiah seperti mobil dan motor yang akan dibagi-bagi-kan kepada toko-toko yang begitu setia dan loyal dalam memasarkan Lampu Arthess dan Plano. “Nan-tikan terus gebrakan berhadiah dari kami, untuk itu tingkatkan terus penjualan lampu Arthess dan Plano,” ujar Suryati.

Bola lampu Arthess dan Plano mengusung produk hemat energi hingga 80 persen, dengan meng-gunakan teknologi China. Bola lampu terasa lebih ringan, dan langsung menyala saat dialiri arus listrik. Memiliki kinerja terbaik di te-gangan 220 – 240 volt. “Bola lampu ini dapat beroperasi di tegangan turun naik antara 170 – 250 volt.

Menariknya lampu Arthess dan Plano juga mengadopsi teknologi mega 3 band phospor, yang menja-dikan lampu tahan lebih lama, lebih terang, dan cahaya lampu yang dipancarkan tidak menyilaukan mata. Lampu Arthess dan Plano hadir dengan model 2U, 3U, dan spiral. Sedangkan harga sangat-lah kompetitif, namun kualitas produk yang diberikan adalah yang terbaik. Jadi, buat para peng-guna bola lampu, segeralah beralih memilih lampu Athess dan Plano sebagai alat penerangan di rumah Anda. Untuk mendapatkan lampu tersebut tidaklah sulit, karena Anda bisa menemukannya di beberapa toko terdekat. (ynn)

PemerintahKurangiSetoranDividenBankBUMN

KebijakanHadapiEksposurLikuiditas

JAKARTA-PemerintahakanmengambilkebijakankhususuntukmelindungibankBUMN(BadanUsahaMilikNegara)terhadapeksposurlikuiditas.

MenteriNegaraBUMNSofyanDjalilmengatakan,salahsatuopsikebijakanyangdipertim-bangkanpemerintahadalahmengurangisetorandividenbankBUMN.‘‘Itumenjadiconcernkami,”ujarnyadiKantorKemen-terianBUMNkemarin(25/3).

MenurutSofyan,meskipemer-intahoptimistiskondisimakroperekonomiandanperbankancukupkuat,namunsebagailang-kahantisipasi,pemerintahtetapmendorongagarperbankanmem-perkuatlikuiditas.

Untukitu,lanjutdia,jikame-mungkinkanpemerintahakanmenurunkan targetsetorandividenbankBUMNseminimalmungkin.‘‘Supayauangnyalebihbanyakdibankuntukmem-perkuatCAR(capital adequacy ratio/rasiokecukupanmodal,Red),”katanya.

Sofyanmengatakan,penguatanCARsangatdiperlukanuntukmengantisipasigejolakper-ekonomian.‘‘Kitaberharapperekonomiancepatmembaik.

Tapiperluanstisipasikalau-ka-lauadakesulitandiperbankan,”terangnya.

SekretarisKementerianBUMNSaidDidumenambahkan,pi-haknyasudahmelakukanber-bagai s imulas i pada bankBUMNuntukmemetakanber-bagaikemungkinanyangakandihadapidimasaresesiini.‘‘Se-caraumum,bankBUMNtetapbisaperform,”ujarnya.

Terkaitpengurangansetorandividen,Saidmengatakankinitengahdalamkajian.Selamaini,katadia,setorandividenbankBUMNsebesar50persendarilababersih.‘‘Sekarangsedangdikajiberapapersenbesaran-nya,”katanya.

Sebelumnya,DeputiKemen-terianNegaraBUMNBidangPerbankandanJasaKeuanganParikesitSupraptomengatakan,dividenyangakanditarikdaribankBUMNuntuktahunbuku2008dipastikanakanlebihkecildaridividentahun2007.Halitudilakukanuntukmengantisipasitingkatkreditmacetataunonper-formingloan(NPL)yangdikha-watirkannaikdi2009.‘‘Dividenpastiakanlebihsedikit,sebabsebagiandanaakandiarahkansebagaicadangan,”ujarnya.(jpnn)

PertumbuhanIndustriManufakturDiperkirakanHanyaDuaPersen

JAKARTA-Depperinmem-prediksiempatsektormanufakturtumbuhnegatifpadakuartalItahunini.Itumeliputitekstil,logamdasardanbesibaja,alatangkut,sertasemenbaranggaliannonlogam.Karenaitu,pertumbuhanindustrimanufakturpadaperiodesamatahuninidi-perkirakanhanyaduapersen.

KepalaBadanPenelitiandanPengembanganIndustri(BPPI)DepperinDediMulyadimen-gatakan,saatnormaltrenper-tumbuhanindustrimanufakturnasionalkuartalIbiasanyalebihbaikdibandingkankuartalIVta-hunsebelumnya.Namun,dalamkondisikrisissepertisaatini,tren

ituakanberubah.‘‘Untuktumbuhlebihdari2persensajapadakuar-talI2009,agakberat,”ujarnyakemarin(25/3).

Menurutdia,Depperinma-sihmenghitungberapabesarkontraksipertumbuhanindustrimanufakturnasionalakibatdam-pakkrisisglobal.Jikaeksporterusmenurun,industridipastikanakanberkontraksi.Tapi,diayakinbe-berapasektorindustrimanufakturbisadiandalkan.‘‘Yangtumbuhpositifsepertinyahanyaindustrimakananminuman,industrikayudanprodukkayu,sertaindustripupukkimia,”katanya.(jpnn)

Foto: YuSNaiNi m NaRiS/jamBi iNdEPENdENt

BERHadiaH: Produk lampu arthess dan Plano yang dikenal sebagai lampu hemat energi hingga 80 persen. Foto atas peny-erahan hadiah mobil dari manaje-men lampu arthess dan Plano kepada pemilik toko Feri Kings, Nyonya Feri.

Pt CaHaYa maKmuR

GEmilaNG(Cv SumBER maKmuR)

distributor lampu arthess dan Plano

jl.Kompol Zainal abidin No.75-76tanjung Pinang, Kasang jaya jam-

Page 4: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi IndependentJUMAT, 27 MARET 2009

Sultan ThahaSyaifuddin (STS)(Diangkat dari buku Sultan Thaha Syaifuddin: Perang Tak KenalDamai 1855-1904 karya Fachruddin Saudagar)

Foto S i l u e t p a t u n g S u l t a n T h a h aSyaifuddin di bandara Jambi (Bersambung)

(seperti ditulis kembali oleh Ali Fauzi)

MUARAMUARAMUARAMUARAMUARATEBOTEBOTEBOTEBOTEBO

SAROLSAROLSAROLSAROLSAROLANGUNANGUNANGUNANGUNANGUN

Pencairan RaskinRimbo Ulu TerhambatPENCAIRAN beras miskin (raskin) untuk

689 Rumah Tangga Sasaran (RTS) KecamatanRimbo Ulu periode Januari-Maret 2009 ter-hambat. Sebab desa-desa merasa keberatan ter-hadap kebijakan baru pelunasan sebelum dicair-kan. Hal ini diutarakan camat Rimbo Ulu EkoNuryanto melalui Kasi Sosial Budaya Nurbadri.

Menurutnya, sebenarnya saat ini raskin tersebutsudah bisa dicairkan apabila desa-desa melunasiterlebih dahulu. “Tetapi kerena desa keberatan ter-paksa pencairannya ditunda,” ungkapnya.

Katanya, sesuai keterangan para kepala desa,masyarakat merasa trauma dan khawatir untukmenyerahkan uang terlebih dahulu. Kekha-watiran masyarakat ini katanya karena salahsatu dari mereka pernah mengalami uang yangdibayarkan diawal lebih banyak dari jumlahberas yang diterima.

Jadi katanya, untuk kecamatan Rimbo Ulukarena tunggakan raskin tahun 2008 nol pers-en, maka pihaknya meminta kepada pihak pen-yalur raskin memberikan keringanan untukmencairkan raskin seperti tahun 2008. “Cairdulu baru uang,” ujarnya.

Tambahnya lagi, sesuai keterangan para ke-pala desa kalau tidak dicairkan terlebih dahu-lu beras miskin tersebut tidak akan bisa disa-lurkan. Sebanyak 689 RTS di kecamatan Rim-bo Ulu berasal dari enam desa. Diantaranya desaSungai Pandan 57, Suka Maju 179, Suka Dam-ai 101, Wana Reja 149, Sumber Sari 124 danSido Rukun 79. Jumlah ini menurut Nurbadrijauh menurun dari data yang dipakai tahun2008 lalu mencapai 1.343 KK.(rb)

BANGUN SANTOSO,Muaratebo

Wabup Imbau SKPD Efektif Gunakan Dana

Pencairan BLT Belum Jelas

Warga Lempur MintaPerbaikan Jalan

Wabup MintaPartisipasi Warga

MENJELANG penilaian Adipura, Sarolan-gun terus berbenah. Pemkab Sarolangun men-yadari, tanpa dukungan warga, keinginanmeraih Adipura sulit dicapai. Untuk itu Pemk-ab meminta partisipasi warga menjaga keber-sihan dan keindahan lingkungan dalam rang-ka merebut penghargaan Adipura 2009.

Guna memastikan kesiapan menghadapi pe-nilaian, Rabu (25/3) lalu Wakil Bupati Saro-langun Cek Endra bersama dinas terkaitmelakukan inspeksi mendadak (sidak) ke be-berapa lokasi yang nanti akan dinilai tim.

Pada kesempatan itu Wabup dan rombonganmelakukan pengecekan kesiapan beberapalokasi menjelang tim penilai datang ke Saro-langun, untuk melakukan pembinaan dan im-bauan kepada semua pihak agar benar-benarserius mempersiapkan diri.

Sasaran sidak antara lain Terminal Sarolangun,dilanjutkan pantauan ke beberapa sekolah, yaituSMPN 2, SDN 2, dan SMAN I Sarolangun. Disekolah-sekolah tersebut, Wabup meminta pihaksekolah dan semua warga turut berpartisipasi men-jaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Tolong partisipasinya untuk menjaga keber-sihan lingkungan. Jangan sampai ada air yangtergenang di selokan,” katanya. Warga jugadiminta menggalakkan gotong royong untukmembersihkan lingkungan.

“Kita minta warga supaya gotong royongmembersihkan lingkungan. Kalau ada rumahyang tidak ada penghuninya, nanti akan kitabantu tenaga harian yang kita miliki,” ungkapCek Endra di sela-sela sidak.(lis)

n ADVERTORIAL

28 Maret, Nalim Buka MTQ Ke-39BANGKO – Perhelatan religius yang

terangkum dalam agenda MusabaqahTilawatil Quran (MTQ) Ke-39 bakaldigelar di Merangin. Agenda tahunanyang melibatkan 24 kecamatan se-Merangin tersebut akan dibuka olehBupati Merangin Drs H Nalim SH MM.

“Setelah berbagai sarana dan prasa-rana guna persiapan MTQ kita kebut,akhirnya MTQ Ke-39 akan dibukaBupati Merangin Drs H Nalim SH MM,Sabtu 28 Maret tepatnya pukul 20.00WIB di Desa Rawajaya, Tabir Selatan,Merangin. Kegiatan MTQ akan ditut-up pada 4 April mendatang,” ungkapKabag Humas Setda Merangin DrsElvis Suryadinata kemarin (26/3).

Saat ini Pemkab Merangin sudahmempersiapkan 126 perumahan pen-duduk yang akan dijadikan pemondo-kan bagi para kafilah. “Itu artinya tiapkecamatan akan dibagi lima sampaienam rumah yang dipinjam PemkabMerangin. Konsekuensinya, kecama-tan dengan jumlah kafilah besar akanmendapatkan enam perumahan war-ga,” terang Elvis.

Hal lain terkait berbagai lokasi MTQyang sudah dirancang sedemikianrupa oleh Pemkab. Arena MTQ, mis-alnya, untuk kegiatan Tilawah danTartilul Quran. Kemudian Masjid BaitulAmin menjadi lokasi Hifzul Quran.

Selanjutnya Masjid Al Hidayah untuk

cabang Berzanji dan Marhaba, MasjidNurul Huda menjadi lokasi SyarhulQuran, Masjid Al Ihklas Tafsir Alquran,Masjid Al Amin Qiraat Alquran, SMPNegeri 23 Merangin Kaligarfi, dan MTsDesa Rawajaya Fahmul Quran.

Sementara itu Bupati Merangin DrsH Nalim SH MM di tempat terpisahmengharapkan masyarakat Meranginikut serta menyukseskan kegiatankeagamaan di Merangin. “AgendaMTQ itu merupakan agenda rutinPemkab Merangin setiap tahun dankita semua wajib menyukseskannya.Setelah agenda MTQ berjalan, berb-agai jawara MTQ Ke-39 akan dijadikanduta Merangin guna mengikuti ajangMTQ tingkat Provinsi Jambi,” ucapNalim.

Sekadar informasi, selain PemkabMerangin sudah membebaskan lahanseluas 2 hektar sebagai titik lokasiMTQ, pihaknya juga membangun mim-bar utama MTQ dengan luas 18x24meter, mimbar utama bangunan bert-ingkat dengan ukuran 4x12 meter, danbangunan portokoler serta MCK.(ctr)

TINJAU: Wakil Bupati Sarolangun Cek Endrameninjau kesiapan penilaian Adipura. TANDA TANGAN Disaksikan Wakil Bupati Merangin Hasan Basri Harun (HBH), terlihat salah satu kepala SKPD Merangin menandatangai

MoU PKPI.

Nalim

HERMAYULIS/JAMBI INDEPENDENT NOVADIANSYAH/JAMBI INDEPENDENT

Sekda IngatkanPara Camat

MUARATEBO – Meskipun da-na Bantuan Langsung Tunai (BLT)segera dicairkan, kepastian waktupembagiannya belum diketahui.Hal itu terungkap saat Pemkab Tebomenggelar rapat koordinasi distribu-si BLT dengan para camat serta Ke-pala Kantor Pos Wilayah Bungo-

Tebo, Yoserizal, Rabu (25/3) lalu.Pada rapat yang dipimpin Sekda

Tebo Ridham Priskap tersebut, pi-hak PT Pos belum bisa memastikankapan pencairan dana BLT dilaku-kan. “Pada prinsipnya kami siap se-mua, namun untuk pencairannyamasih menunggu kepastian daripihak bank,” tutur Yoserizal.

Menurutnya, penerima BLT tahunini di Tebo berjumlah 16.033 rumahtangga sasaran (RTS). Jumlah terse-but menurun 185 dari jumlah RTS2008 yng mencapai 16.208 RTS.

Dalam pembagian BLT nanti,Kantor Pos tidak lagi menggu-

nakan kartu cetak. Selain jumlah-nya berubah, kartu tersebut bany-ak dipegang orang yang tidak ber-tanggung jawab.

“Jadi saat pembagian kami mem-butuhkan waktu lebih lama kare-na harus mencocokkan KTP dannomor penerima dengan data yangada,” ujarnya. Untuk menghindarikerawanan saat pembagian, Yos-erizal akan mengirimkan tim lang-sung dari Kantor Pos ke tiap desayang dianggap rawan.

Sementara itu, Ridham Priskapmeminta BLT tersebut benar-benardisampaikan kepada yang berhak.

“Jangan sampai ada lagi kasus pe-motongan. Dan itu sangat saya te-kankan,” ujarnya.

Untuk itu dirinya menginstruk-sikan kepada seluruh camat agarmengumpulkan lurah dan kepaladesa untuk membahasnya. “Apa-bila ada lurah atau kades atau sia-pa pun oknumnya terbukti me-lakukan pemotongan, jangan seg-an-segan laporkan kepada polisimaupun kejaksaan,” tandasnya.

Sekadar diketahui, BLT tahun2009 hanya berjumlah Rp 200 ribuper RTS terhitung Januari danFebruari.(san)

SUNGAIPENUH – Tidak adaakses jalan membuat petani kesu-litan mengangkut hasil pertanian.Kondisi itulah yang dirasakanmasyarakat Desa Baru Lempur, Ke-camatan Gunung Raya. Merekamendambakan jalan ke Air Resahdiperbaiki.

Sejak dulu, jalan yang ada beru-pa jalan setapak dari hasil gotongroyong dan swadaya masyarakat.Sementara belum ada bantuan daripemerintah daerah.

Zakir, tokoh masyarakat DesaBaru Lempur, mengatakan bah-wa jalan ke Air Resah denganpanjang kurang-lebih 1 kilo-meter memil ik i a r t i pent ingbagi masyarakat Desa Baru Lem-pur dan sekitarnya.

Menurutnya, jalan tersebut ber-fungsi sebagai jalan ekonomi yangmenghubungkan desa ke areal per-sawahan dan ladang masyarakat.“Jalan itu kami kerjakan denganswadaya. Masyarakat berharap pe-

merintah bisa memperbaiki,” ter-ang Zakir.

Hampir setiap hari masyarakatyang kebanyakan petani itu melin-tasi jalan tersebut. “Terkadangakibat jalan tidak ada, kami kesu-litan mengangkut hasil pertaniansehingga upah angkut menjadimahal,” katanya.

Ia meminta jalan ke Air Resah itudiperlebar sekaligus dibeton seh-ingga bisa tahan lama. “Kemam-puan masyarakat sebatas memper-baiki seperti yang ada sekarang,”ungkap Zakir.

Kadis Pekerjaan Umum KerinciZulfikar ketika dikonfirmasi men-gatakan, dirinya akan mengirim-kan staf untuk melakukan surveiterlebih dulu.

“Ya, kita akan kirimkan staf un-tuk melakukan survei dulu kelapangan. Setelah itu baru akandiperbaiki dengan menyesuaikankondisi anggaran yang ada,” kat-anya. (eep)

Pada PenandatanganMoU PKPI

sr y s e l a k u l e a d i n g s e c toragenda mengatakan, MoU PKPIguna menciptakan good gover-nance dan implementas i In-struksi Presiden Nomor 7 Tahun

1999 tentang Akuntabi l i tasKiner ja Instansi Pemerintahguna pengembangan dan pener-apan sistem pertanggungjawabanyang tepat, jelas, terukur, dan le-

gitimate.“Kita menyadari salah satu upaya

untuk mewujudkan pemerintahyang baik tentu d iper lukantekad dan itikad yang baik, ter-

utama dalam melaksanakan per-tanggungjawaban masing-masinginstansi,” katanya.

Dikatakan, MoU PKPI itu perta-ma di Provinsi Jambi.(ctr)

BANGKO – Kekhawatiran Pem-kab Merangin akan terjadinya pe-nyimpangan pada penggunaandana di berbagai satuan kerja per-angkat daerah (SKPD) cukup tinggi.

Saat ini Pemkab Merangin, khu-susnya Bagian Keuangan Setda,tengah tersandung kasus di KejatiJambi, yakni dugaan penyimpan-gan dana senilai Rp 7,5 miliarAPBD 2008.

Rabu (25/3) lalu pukul 10.30WIB di Ruang Pola SetdaMerangin , Bupat i MeranginNalim melalui Wakil Bupat i(Wabup) Hasan Basr i Harun(HBH) mendaulat para SKPD diMerangin menandatangani mem-orandum of unders tanding(MoU) yang terangkum dalamPenetapan Kinerja dan Pakta In-tegritas (PKPI).

“Penandatanganan MoU PKPItiada lain guna memblokade peng-gunaan anggaran di berbagaiSKPD yang tidak sesuai denganlandasan yang telah ditetapkansesuai prosedur,” ungkap HBHdalam sambutannya.

Gunanya membunuh praktikkorupsi yang rentan terjadi diSKPD Merangin pada pengunaanAPBD 2009. “Jika memang dalamsalah satu kegiatan SKPD tidak adahonor yang mengatur, jangan men-geluarkan biaya. Sebagai PNS,memang kita memiliki kewajibankhusus untuk terus memberikanpelayanan terbaik pada masya-rakat,” jelas HBH.

Sementara itu, Kabag Organisa-si Setda Merangin Syahgawi Ab-

Keterangan Datuk Haji Muhammad Kasim soalsaat-saat menjelang wafatnya STS sebetulnyasudah dimuat pada terbitan Rabu (25/3). Hanya

saja tulisan itu terpotong karena terbatasnyahalaman. Berikut ini keterangan Muhammad

Kasim selengkapnya yang dimulai dari awal lagi:

rakyat selama ini.Bagiku sendiri sudah layaknya kembali kepada Allah

Subhanahu Wataala, dengan jalan syahid, insya Allah.Dengan ini aku beri kebebasan kepada kamu untuk ber-pikir memilih antara dua jalan. Bagi yang ragu-ragumumpung musuh belum tiba segeralah tinggalkan tem-pat ini. Hanya seperti apa yang aku amanahkan, andai-kan aku mati katakan kepada rakyat bahwa yang mati itubukan aku demi menjaga keutuhan semangat juangrakyat terhadap penjajah laknat itu selanjutnya.

Semua tidak ada yang menjawab sepatah pun, dan ke-mudian Sultan melanjutkan pembicaraannya lagi. Mat-seh, kau segera menghubungi dusun-dusun terdekat dansampaikan apa yang terjadi dan yang sudah terjadinantinya. Dan kau Muhammad Kasim (Sultan menunjukkepadaku), karena engkau masih terlalu muda, tidak usahikut dalam pertempuran. Sekarang lekas berangkat dantujukan dusun yang lekas dapat dicapai.

Sebenarnya berat hati saya untuk berpisah dengan Sul-tan, apa lagi masih ada yang kurang-lebih sebaya den-gan saya di samping Sultan, yaitu anaknya, Kertapati.Tetapi karena didesak dan diperintahnya segera be-rangkat, dalam keadaan masih kelam hari dan gelap hu-tan saya ambil arah menuju Dusun Betung Bedareh.

Rupanya saya tersesat dan berputar-putar masih belumjauh dari tempat semula. Kemudian timbul fajar dan harimulai terang sabak-sabak, sayup terdengar bunyi seren-tetan tembakan, bergelombang turut-menurut. Bagaikanditarik oleh sesuatu, dengan bergegas saya kembali darimana arah tembakan ramai itu. Dekat sekali dengan tem-pat perlagaan itu, saya berlindung di balik sebuah banir

(batang pohon berakar sayap) besar.Di tengah tembakan-tembakan satu dan lainnya antara

kedua belah ihak, kemungkinan Sultan kehabisan pelor,dengan pekik Allahu Akbar mencabut pedang melom-pat ke arah lawan dengan maksud mau mengamuk, teta-pi akibat lompatannya itu tinggi dan jauh, tiba di tanahsatu kakinya terbenam, kalah capat dengan serdadu Be-landa yang menembaknya, beberapa peluru dialamatkankepadanya, menyebabkan Sultan jatuh tersungkur den-gan darah syahidnya.

Demikian riwayat wafatnya STS dalam pertempuran diBetung Bedareh pada subuh 26 April 1904. Belanda lan-tas mengangkut jasad STS ke Muara Tebo dan memaka-mkannya secara militer di sana.

Terkait peperangan-peperangannya, STS menyadaribahwa pascajatuhnya Muara Tembesi ke tangan Belan-da, pasukannya mengalami banyak kemunduran dalamsetiap medan pertempuran. Kemunduran tersebut antaralain berupa: (1) benteng-benteng pusat perlawananrakyat semakin banyak yang direbut Belanda; (2) per-senjataan dan amunisi semakin sulit didapat; (3) pem-bantu dan tangn kanan militan Sultan makin berkurangkarena meninggal, tertangkap, atau dibuang ke luar Jam-bi; (4) pengejaran dan intimidasi Belanda atas anggotakeluarga pejuang; (5) pengejaran dan intimidasi Belan-da atas anggota keluarga (istri, anak, dan cucu) Sultan;(6) gugurnya Pengeran Anom dan Pangeran Diponegoro(Dipo) pada 1903.

SUMBER dan keterangan utama soal gugurnya STS diBetung Bedareh ditulis Mukti Nazaruddin pada 1989.Keterangan tersebut hasil wawancara Mukti denganDatuk Haji Muhammad Kasim, anak angkat STS yangjuga ikut serta dalam pertempuran di Betung Bedareh.Kasim, lahir di Kampung Tengah, Seberang Kota Jambi,pertama kali menceritakan soal gugurnya STS pada 1930-an saat menjabat kepala Kampung Pasar Tebo. Berikutini keterangan Kasim itu:

Pada malam yang nahas itu, 25 April 1904, sesudah sem-bahyang Isya dan sesudah makan, kami duduk bersama-sama mengelilingi Sultan karena dipanggilnya. Ia ber-bicara dengan tenang, katanya, menurut gerak isyarat yangada pada badanku malam ini berkemungkinan besar akan ter-jadi pertempuran antara kita dengan musuh. Dalam hal inisudah jelas musuh memiliki senjata yang lebih segala-galan-ya, sedang kita apa yang sekarang kita miliki itulah.

Kamu sudah mengetahui bahwa aku berpantang meny-erah, Belanda hanya dapat menawan aku jika jasadkutidak bernyawa lagi. Karena itu aku rasa malam ini ad-alah malam terakhir hayatku. Aku sangat banyak berter-ima kasih atas kesetiaan kamu, atas kesetiaan seluruh

Ridham Priskap

Page 5: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi Independent JUMAT, 27 MARET 2009

MUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBIMUAROJAMBI20 Perusahaan Hanya

Perbaiki DrainasePEMKAB Muarojambi kembali mengun-

dang 20 perusahaan yang dianggap bertang-gung jawab atas kerusakan jalan di Desa Petal-ing, Kecamatan Sungaigelam, Muarojambi.Senin pekan depan, perusahaan itu dimintahadir ke Kantor Bupati Muarojambi. Tujuan-nya membicarakan kelanjutan perbaikan jalanyang telah disepakati 20 perusahaan pada Rabudua pekan lalu.

Kabag Perekonomi Setda Muarojambi Dar-mawi, salah satu anggota tim, mengatakan bah-wa terkait persoalan jalan di Desa Petaling,perusahaan tidak dibebankan untuk melaku-kan pengaspalan. Berdasarkan perintah bupati,perusahaan hanya akan dibebani perbaikandrainase, pondasi, dan pengerasan.

“Masalahnya tahun ini jalan itu telah diang-garkan untuk diaspal. Jadi perusahaan hanyaakan dibebankan perbaikan drainase, ponda-si, dan pengerasan,” katanya.

Panjang jalan yang akan diperbaiki juga tidaksampai 13 kilometer seperti pernah diungkap-kan Asisten Pemerintahan Setda MuarojambiA Mukti selaku ketua tim. 20 perusahaan itudiminta hanya akan bertanggung jawabpada perbaikan jalan sepanjang 2,5 kilome-ter, yaitu jalan dari Simpang Bumi Perke-mahan sampai ke Simpang Topo, KecamatanSungaigelam.

“Inilah hasil rapat kita terakhir,” katanya.Untuk pengerjaan, Pemda Muarojambi meny-erahkan sepenuhnya kepada 20 pemilik peru-sahaan. Pengerjaan akan diawasi masyarakatdan camat setempat ditunjuk selaku koordinator.

Lantas apa topik pembicaraan yang akan diba-has pada Senin pekan depan? Darmawi men-jelaskan, salah satu topik yang dibicarakanmasalah volume pengerjaan dan waktu peker-jaan.

Topik kedua, masalah biaya yang akan ditang-gung perusahaan. Pemkab Muarojambi akanmenyampaikan jumlah biaya yang akan ditang-gung pemilik perusahaan. Jumlahnya tidaksama, sebab pemerintah harus objektif menilaiperusahaan mana yang harus dibebani lebihbesar dalam perbaikan jalan itu.(fes)

RUSAK Kerusakan jalan seperti ini cukup mudah ditemui di Kabupaten Tanjab Barat. Banyaknya jalan yangrusak jadi keluhan warga.

Warga KeluhkanJalan Rusak

KUALATUNGKAL – Kondi-si jalan di Kualatungkal yangbanyak rusak dikeluhkan war-ga. Masyarakat merasa dirugi-kan karena jalan rusak meng-hambat aktivitas mereka. Yas-ri, warga Parit 2 Tungkal Ilir,mengatakan bahwa sebagianbesar jalan di Kualatungkalberlubang. “Tak terhitung lagijumlah lubang di jalan. Tapisampai sekarang belum adaperbaikan,” katanya kemarin(25/3).

Pria yang masih membujangitu sangat menyesalkan lam-bannya perbaikan jalan terse-but. Padahal jalan di Parit Duamerupakan sarana ekonomiwarga. “Karena kondisinyayang rusak, kadang malas me-lewati jalan itu,” ujarnya.

Keluhan serupa diungkapkanRian, warga Parit Dua lainnya.Rian menyayangkan tahun iniPemkab dan DPRD tidak men-ganggarkan dana untuk perbai-kan. “Di tempat itu ada lemba-

CHANDRA PURNOMO/JAMBI INDEPENDENT

ga permasyarakatan (LP). Jikajalan tidak diperbaiki, mobilyang membawa tahanan bisaterbalik dan makan korban,”katanya.

Bupati Tanjab Barat SafrialMS beberapa hari lalu menga-takan, jalan–jalan di Kuala-tungkal yang rusak segeradiperbaiki, di antaranya JalanParit Dua yang banyak dike-luhkan warga. “Saya mintamasyarakat sabar, Pemkabmela lu i d inas nant i akanmelakukan perbaikan den-gan melakukan penambal-an,” katanya. independentdirumahnya membenarakanbahwa saat ini dilingkunganrumahnya telah diterapakansiskamling oleh masyarakatdil ingkungan ditrmpat di-r inya bersamanya “sudahhamper dua pecan ini sayadan t ema- t eman me laku -kan ak t i v i t a s s i skaml ingtersebut:ungkapnya kemarin(26/3). (can)

Pemkab Enggan Diberi Hak Kelola

FRANCISCUS,Muarojambi

Terkait PasarAgrobisnisyang DibangunPemprov

HINGGA saat ini, status kepemi-likan Pasar Agrobisnis di Desa

Muarokumpeh, Kecamatan Kum-peh Ulu, Muarojambi belum adakejelasan. Pasalnya pasar yangdibangun oleh Pemprov Jambi ituberada diatas tanah milik PemkabMuarojambi. Pembangunanyamenelan dana APBN. Pihak Pemk-ab sendiri enggan jika hanyadiberikan hak pengelolaan, saja.

“Kita belum bisa menentukanstatus Pasar Agrobisnis tersebut,karena dibangun oleh Pemprov,tapi status tanah milik kita (Pemk-

ab Muarojambi-red),” ujar NazmanEfendi Kabag Perlengkapan SetdaMuarojambi.

Disebutkannya, beberapa waktulalu pernah ada perwakilan dariDinas Kimpraswil Provinsi mem-inta Pemkab Muarojambi agarmenyetujui hak pengelolaan saja.“Tapi saat itu saya belum terima,karena untuk pengelolaan bukandi bagian perlengkapan. Karena per-lengkapan mengurusi masalah aset-nya, bukan pengelolaan,” paparnya.

Nazman menerangkan, PemkabMuarojambi sendiri enggan jikahanya diberikan status pengelo-laan saja. “Karena nanti

tidak jelas bagaimana statuskepemilikannya,”ujarnya.

Untuk itu dia mengatakan se-harusnya Pasar tersebut dihibah-kan oleh Pemprov, atau sebalikn-ya, dimiliki oleh satu pihak saja.“Admistrasinya bisa jelas, terma-suk untuk penganggaran biayaperawatannya,”lanjut Mantan Ca-

mat Muaratembesi ini.Ditanya bila Pemkab yang meng-

hibahkan tanah tersebut ke Pem-prov, Nazman mengaku pemkabtidak keberatan. “Pada prinsipnyatidak, karena aset (pasar) tersebutkan tetap digunakan untuk ke-pentingan masyarakat banyak.Kalau Pemprov meminta, ya kitaakan urus admistrasinya, karenasesuai peraturan (PP) penghibah-an harus dengan persetujuan D-PRD,” tandasnya.(*)

Rp 8 M Digelontorkan untuk PNPM Hich: Nelayan Jangan BergantungTangkapan di Laut

AntisipasiDatangnyaOmbak Besar

MUARASABAK - Musimombak besar yang terjadi setiapDesember hingga Februari,yang mengakibatkan nelayandi pesisir pantai Tanjab Timurtidak melaut, mendapat per-hatian khusus Bupati AbdullahHich. Tingginya ombak yangkerap terjadi membuat pereko-nomian masyarakat terpuruk.Bahkan Januari lalu nyarismembuat salah satu nelayanasal Nipah Panjang tenggelamdan hanyut hingga perairanSumatera Selatan.

Bupati Tanjab Timur Abdul-lah Hich didampingi KepalaDinas Kelautan dan Perikanan

(DKP) Saipudin mengimbauagar nelayan tak hanya bergan-tung pada tangkapan ikan dilaut, tapi juga membuat usahalain seperti pembuatan tambakatau keramba ikan. Usaha ker-amba atau tambak ikan bagusbagi peningkatan perekonomi-an nelayan saat musim ombakt ingg i .

“Kalau memang ombaknyasudah kembali normal, nelay-an bisa kembali melaut dengantetap memiliki usaha tambakatau keramba sebagai peno-pang ekonomi keluarga,” ujarHich.

Melalui DKP juga telah di-lakukan sosialisasi tata carabudidaya tambak dan telahdibuat unit percontohan ikanbandeng dan udang di DesaLambur Luar. Unit percontohan

dengan luas 4 hektar itu di-harapkan menjadi gambaranatau wujud nyata nelayan yangmau berusaha membuat budi-daya ikan tambak atau keram-ba. Hanya saja tidak semuadaerah di Tanjab Timur bisauntuk budidaya ikan keramba.Pasalnya, kondisi perairanyang mudah surut menyebab-kan budidaya terhambat.

“Hanya di Berhala yang bisabudidaya keramba laut. Itu per-nah dicoba oleh Pemprov Jam-bi pada 2003 lalu,” ulasnya.

Selain langsung melakukanpertemuan dengan para nelay-an tentang budidaya tambak ikan,timpal Saipudin, setiap nelayanyang mengajukan izin tangkapselalu diberi penjelasan tentang ke-untungan dan pola pembudi-dayaan ikan tambak. (usr)

Razia, Polres Tangkap 31 MotorMUARASABAK - Balapan

liar di sekitar Gelora PadukaBerhala membuat resah ma-syarakat. Bunyi knalpot yangkeras dan aksi remaja yangmelakukan trackatau kebut-kebutantanpa pengamanatau helm, membuatmasyarakat tergang-gu. Apalagi aksi ituser ing membuatpembalap amatiranitu celaka hinggaluka parah.

Kondisi jalan ma-sih mulus dan aktivitas ken-daraan yang relatif sepi mem-buat aktivitas para remaja ber-tambah.

Dalam razia dadakan yangdilaksanakan Satlantas PolresTanjab Timur beberapa waktulalu, berhasil menjaring 31 ken-daran roda dua tanpa surat resmidan peralatan kendaraan yangkurang lengkap.

Kapolres Tanjab Timur AKBPBudi Wasono menyebutkan,puluhan kendaraan roda duatersebut saat ini diamankan diMapolres Tanjab Timur guna

proses lebih lanjut. Razia yangdilakukan Satlantas sebagaiupaya meminimalisasi terja-dinya balapan liar yang berba-haya bagi sang pengendara.

“Puluhan kendaa-ran ini akan kita pro-ses. Jika pemilik ken-daraan ingin men-gambil kendaran,mereka harus me-lengkapi surat-suratdan melengkapi per-alatan kendaraanm e r e k a , s e p e r t imengganti knalpot

racing menjadi knalpot stan-dar,” tegas Kapolres.

Tak hanya itu, tentang suratkendaraan, Kapolres juga akanmemanggil orangtua pemilikkendaraan guna menandatan-gani surat pernyataan agar sanganak yang mayoritas remaja itutidak mengulangi perbuatanmereka.“Itu upaya pembinaan.Kita minta agar orangtua mere-ka bisa memberi arahan dan me-negur sang anak,” katanya.

Meski merupakan daerahyang tidak terlalu padat denganaktivitas lalu lintas, Polres Tan-

Dilakukandi 32 Desa

MUARASABAK - SebanyakRp 8 miliar dana pusat akandikucurkan melalui ProgramNasional Pemberdayan Ma-syarakat (PNPM) Mandiri diTanjab Timur. Itu diperuntukanbagi kegiatan pembangunanfisik di 32 desa dalam lima ke-camatan. Program PNPM yangdiluncurkan sejak 2007 lalubertujuan meningkatkan efek-tivitas penanggulangan ke-miskinan dan penciptaan lapa-ngan kerja bagi masyarakat.

Bupati Tanjab Timur Abdul-lah Hich mengungkapkan, pro-gram PNPM Mandiri merupa-kan sebentuk upaya penanggu-langan kemiskinan yang meli-batkan unsur masyarakat, mu-lai tahap perencanaan, pelak-sanaan, hingga pemantauandan evaluasi. Kegiatan itu san-gat baik menciptakan pemban-gunan partisipatif, kesadarankritis, dan kemandirian ma-syarakat.

“Masyarakat bukan lagi ob-yek, melainkan subyek upayapenanggulangan kemiskinanitu sendiri,” kata Hich didamp-ingi Kepala Dinas PekerjaanUmum Tanjab Timur M Isroni.

32 desa yang mendapatkandana PNPM tahun ini terdiri atas6 desa di Kecamatan Berbak, 9di Geragai, 4 di Kuala Jambi, 6di Mendahara Ulu, dan 7 desadi Kecamatan Muarasabak Bar-at. Masing-masing desa akanmendapatkan Rp 250 juta un-tuk kegiatan fisik yang sudah

direncanakan oleh desa mela-lui organisasi masyarakat set-empat (OMS).

Dalam hal pengawasan pelak-sanaan PNPM di lapangan, Hichmeminta ketegasan dan kete-litian Dinas Pekerjaan Umumsebagai pengawas. Apalagi ituerat kaitannya dengan pencai-ran dana dan kelanjutan bagidesa untuk mendapatkan danaPNPM berikutnya.

“Harus diawasi betul. Jangansampai pekerjaan itu tidak se-lesai. Kalau tidak selesai, desabisa saja tidak akan mendapat-kan lagi pada proyek PNPMberikutnya,” imbuh Hich.

Dalam mencegah terjadinyatumpang-tindih program yangdikucurkan melalui dana AP-BD Tanjab Timur dengan danaPNPM di desa-desa, Dinas PUakan melakukan monitoringser ta mengawasi programyang akan d i laksanakandengan meminta laporanprogram rencana kegiatanyang di laksanakan olehmasing-masing OMS. “Itutidak akan terjadi karena sebe-lum pelaksanaannya, kita me-minta laporan dan menggelarsosialisasi,” timpal Isroni.

Untuk itu Isroni mengharap-kan OMS yang ada benar-benarmelakukan pemantauan ter-hadap apa yang dibutuhkan didesa tersebut dengan berkoor-dinasi dengan masyarakat.

“Jangan sampai dana yangjumlahnya ratusan juta ter-buang begitu. Tentu kita mintaapa yang dilakukan benar-benardibutuhkan dan bisa terealisasisepenuhnya,” pintanya. (usr)

PANEN: Abdullah Hich bersama Gubernur saat panen raya ikanbelum lama ini. Hich meminta nelayan tidak menggantungkanhidup pada melaut.

DO/JAMBI INDEPENDENT

jab Timur tetap gencar me-lakukan raz ia , khususnyakendaran tanpa surat dan per-alatan lengkap.

“Tujuannya agar para pen-gendara merasa nyaman dantenang dalam berkendara,”tandasnya. (usr)

Budi Wasono

Page 6: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

jumat, 27 maRet 2009 Jambi Independenta . D . V . e . R . t . O . R . I . a . L

meriah, Pembukaan tenis meja Piala Presiden RIPeSta Olahraga Kerakyatan

Tenis Meja Piala Bergilir Presiden RI resmi dibuka Kadispora Provinsi Jambi Lutvi. Acara pembukaan

tersebut bertempat di GOR Ko-tabaru. Pertandingan diikuti seban-yak 257 peserta se-Provinsi Jambi,

terdiri atas kategori pelajar, maha-siswa, umum, veteran, eksekutif, serta BUMN.

Kejuaraan itu baru pertama kali di-laksanakan di Indonesia, dan meru-pakan kejuaraan yang bertujuan

mencari atlet muda. Direncanakan peserta yang menang akan bertan-ding di Jakarta pada 8 hingga 10 Mei 2009 melawan pemenang dari 32 provinsi se-Indonesia lainnya. (dno)

Kiri, m Hasbi Komarudin, mukhtar Latif, Lutvi menerima sambutan tarian Sekapur Sirih.

Pembukaan dilakukan pemukulan bola pertama oleh Lutvi dan mukhtar Latif. Para peserta yang hadir.

atraksi oleh para atlet senam.

tamu unda-ngan yang hadir.

fOtO-fOtO:aLDInO/jambI InDePenDent

burhanuddin mahir didampingi amran anwar membuka kain selubung papan nama balai desa. burhanuddin mahir didampingi amran anwar menggunting pita peresmian balai desa. burhanuddin mahir menandatangani prasasti peresmian.

fOtO-fOtO:ROLanDa HaSIbuan/jambI InDePenDent

amran anwar saat menyampaikan sambutan.

jOb Pertamina-HeSS jambi merang beri bantuan

burhanuddin mahir dan amran anwar saling tukar cen-dera mata.

jOb PeRtamIna Hess Jambi Me-rang bersama kepala Perwakilan BPMIGAS Sumbagsel dan bupat i Muarojambi meresmikan Balai Desa Solok di Kecamatan Kumpeh Ulu, tanggal 25 April 2009. Kegiatan itu merupakan salah satu program pe-ngembangan masyarakat.

Pembangunan balai desa seluas ku-rang-lebih 90 meter persegi telah selesai pada Februari 2009. Pengerjaannya memakan waktu sekitar tiga bulan. Program itu terimplementasi berkat hasil kerja sama antara perusahaaan dan pemda serta partisipasi masya-rakat desa setempat.

“Seandainya para investor yang ada di Muarojambi mempunyai kepedulian yang sama dengan JOB Pertamina-Hess Jambi Merang, tugas pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur diraih dengan sangat mudah,” ungkap Bupati Muarajambi Burhanuddin Mahir dalam sambutannya. (*)

Ribuan massa Hadiri Kampanye PKS

Ribuan kader PKS antusias mendengarkan orasi politik tifatul Sembiring. foto bersama sebelum bertanding. Safrudin Dwi apriyanto ketika mendengar orasi politik.

Kanan, Syafrudin Dwi aprianto, Henry masyhur, tifatul Sembiring, bersama kader PKS lainnya.

tifatul Sembiring secara simulasi menconteng kertas suara PKS. Pengamen jalanan turut meramaikan kampanye PKS.

Orasi politik tifatul Sembiring didampingi Henry masyhur.Henry masyhur menyampaikan orasi politiknya.

fOtO-fOtO:ROLanDa HaSIbuan/jambI InDePenDent

PaRtaI Keadilan Sejahtera (PKS), Rabu (25/3) sekitar pukul 14.00 WIB, menggelar kampanye terbuka di pelataran parkir KONI Jambi. Presiden PKS Tifatul Sembiring tampil sebagai juru kampanye yang dihadiri ribuan kader dan simpatisan PKS dari seluruh Provinsi Jambi. Tampak hadir Ketua DPW PKS Provinsi Jambi Henry Masyhur, Ketua DPD PKS Kota Jambi Syafruddin Dwi Aprianto, serta calon lagislatif PKS se-Provinsi Jambi, salah satunya Ami Taher.

Henry Masyhur pada orasi politiknya mengatakan, kader PKS yang dipercaya menduduki kursi di legislatif siap mencip-takan DPRD yang bersih. Menariknya, kampanye menghadirkan pengamen

anak jalanan dengan musik penyemangat bagi ribuan kader PKS yang hadir. Semen-tara Tifatul Sembiring pada orasi politiknya menegaskan, PKS akan mengajukan calon presiden sendiri jika mampu men-dulang 25 persen suara pada pemilihan 9 April 2009 mendatang.

Terpisah, seusai kampanye sekitar pukul 16.00 WIB, PKS melakukan pertandingan persahabatan bersama Jambi Indepen-dent dan PWI Provinsi Jambi. Dalam pertandingan tersebut, suasana akrab begitu tampak. Ikut dalam pertandingan tersebut Presiden PKS Tifatul Sembiring serta pengurus PKS lainnya, GM Jambi Independent Ali Fauzi, serta Ketua PWI Jambi Mursid Sonsang. (lan)

Para pemenang bersama monalisa, ms Sherly, ms eva Lam, dan Pratiwi.

Kanan belakang, ms eva Lam, ms Lynne Harisson, mo-nalisa, dan Pratiwi bersama anak didik Royal Club kelas pre-primary.

anak didik Royal Club kelas primary mengikuti ujian hari kedua.

Royal Club Gelar ujian balet Internasional

SeKOLaH Balet Royal Club Jambi kembali menggelar Bal-let International Examination (ujian balet internasional) bagi anak-anak didiknya, dengan penguji Ms Lynne Harisson dari Royal Academy of Dance London.

Ujian diikuti kelas pre-primary, primary, graded (G) 1-5 de-ngan pianist Sherly dan Monalisa yang berlangsung sukses pada 25-26 Maret. Turut menyaksikan pimpinan Royal Club Ms Eva Lam bersama pengajar balet Ms Pratiwi. Dominiqui (primary) dengan nilai 83 (distinction) tampil sebagai terbaik pada 2008 dari seluruh peserta ujian. Terbaik selanjutnya adalah Tahta (G.1), Candy (G.2), Kinsy (G.2), Brenda (G.4), Inez (primary), dan Anggella (primary).

Eva Lam menjelaskan, ujian bertujuan mengukur kemam-puan anak didiknya setelah selama ini mengasah balet di Royal Club. Nilai tertinggi sampai saat ini masih dipegang Elizabeth Gauw dengan nilai 100 (distinction) pada 2006. (lan)

fOtO-fOtO:ROLanDa HaSIbuan/jambI InDePenDent

Page 7: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi Independent JUMAT, 27 MARET 2009

Si Bos ---- dari hal 8Mengingat, kini ko jalan ke

Kerinci rusak berat. Dak taulagi kito bedakan mano jalanmobil dan pedati.

Kadang-kadang naek mobilsamo macam naek pedati. Be-gitu sebaliknyo, naik pedatikayaknyo lebih enak daripadonaek mobil. Setelah sehariandalam perjalanan, akhirnyo Pai-lul sampai jugo di ranah Kincai.

Mobil diparkir dak jauh darilokasi proyek. Di lokasi, Pailuldisambut oleh penduduk aslidengan tarian dan kalunganbungo. Ternyato kemeriahanitu tidak berlangsung lamo.Soalnyo, seorang warga wak-tu itu bertanyo kepado Pailuldan dio langsung memukul sibos. Ado apo gerangan?

Ceritanyo kayak iko. Jadi,waktu itu seorang tokoh pemu-da deso setempat nanyo Pailul.“Apo kabar, Bos? Dalam rang-ko apo Bos ke siko?” tanyo sese-orang kepada Piilul.

Pertanyaan itu dijawab den-gan ramah dan penuh senyum.“Sayo nak ninjau,” jawabnyoke pemuda itu.

Mendengar jawab itu, pemu-da daerah asli yang dikenalpreman itu langsung memukul.

Beberapo kali wajah si bosmenjadi bulan-bulanan bogemmentah. “Eh, ngapo kau mukulaku? Apo salah aku?” kato siPilul. “Kan Bos tadi bilangmau ninjau! Daripado kenotinjau kan lebih aku ninjau du-luan!” kata si pemuda.

Hahhhh errrrr alamak akundak negrti apo maksud-nyooo…(*)

Kades Karmen Dilimpahkan ke Kejaksaan ------------------------------------------- dari hal 8Pelimpahan tahap dua kades

Karmen diungkapkan KapolresSarolangun AKBP Irawan Da-vid Syah melalui Kasat ReskrimPolres Sarolangun AKP Agus Se-tiawan SIK kemarin (26/03).

“Besok kita akan melakukanpelimpahan tahap dua kasusKades Karmen, yaitu penyera-han tersangka berikut barangbukti (BB) ke pihak Kejak-saan,” ungkapnya. Sebelumpelimpahan, pihaknya telahmelakukan pelimpahan P-21 ka-sus Rabu lalu. “P-21-nya sudah kita

limpahkan Rabu lalu. Sedangkanbesok adalah pelimpahan tahapduanya,” bebernya.

Sekadar mengingatkan, Ka-des Karmen ditahan Polres Sa-rolangun terkait pengaduandari masyarakat bahwa Kadesdiduga telah melakukan peng-gelapan uang koperasi Rp 35juta sejak Agustus 2008 lalu.

Setelah menjalani proses pe-meriksaan terkait dugaan peng-gelapan uang Koperasi TigaSerumpun sejak Rabu (28/01)lalu, akhirnya Kades Karmenresmi menjadi tahanan PolresSarolangun. Penahanan di-lakukan setelah Polres usaimelakukan pemeriksaan se-

cara intensif terhadap kasusdugaan penggelapan uang darikoperasi Rp 35 juta yang se-harusnya dibagikan kepada ma-syarakat sejak Agustus 2008.

Meskipun sempat terjadi pe-nolakan terhadap pemeriksaanKades dari masyarakat Karmenyang beberapa kali menggelaraksi sejak pemeriksaan dilaku-kan terhadap Kades mereka,pemeriksaan tetap berlanjut hing-ga pihak kepolisian memutus-kan melakukan penahanan.

Terpisah, pengacara KadesKarmen, Musri Nauli, mengata-kan bahwa masih banyak ker-ancuan dalam penanganan ka-sus itu. “Pernyataan Kapolres

mengenai penggelapan uangRp 35 juta tidak sesuai hasilpenyidikan, karena hasil penyi-dikan hanya 24 juta,” ungkapnya.

Menurut dia, Kades Karmentidak mengembalikan uangkoperasi karena menjalankanhasil rapat desa mereka. “Apa-kah orang yang menjalankantugas dari hasil rapat desa bisadianggap melakukan pidana?”beber Nauli.

Nauli menyayangkan merekatidak diberi berkas penyidikandalam kasus itu. “Padahal Ka-des kan perlu tahu juga berkasitu. Tapi hak untuk mendapat-kan berkas tidak dipenuhi,”pungkasnya.(lis)

Polsek Ringkus Pelaku Perampokan ---------------------------------------------------- dari hal 8

Korban Keracunan --------------- dari hal 8

Sekitar pukul 03.00 WIB, poli-si langsung melakukan penge-jaran ke Tungkal Ulu.

Hasilnya, sekitar pukul 05.30,pelaku berhasil diringkus dandibawa ke Polsekta Kotabaru.

Bersama pelaku, diamankanbarang bukti motor Thundernomor polisi BH 6988 AQ yangtelah diganti nomor polisi pal-su BH 1113 UU. Nomor polisisepeda motor yang asli dibuangke sumur oleh pelaku. Selain

itu, diamankan tas korban, tigabatu bata yang digunakan un-tuk memukul korban, bajukaos hijau milik pelaku, danuang korban yang dirampas Rp150 ribu.

Kepada wartawan, kedua pe-laku mengaku baru sekali mela-kukan perampokan “Meram-pok karena kesulitan ekono-mi,” katanya. Mereka mengata-kan, modus yang dilakukanadalah memberhentikan sepe-

da motor korban. Lalu korbandibawa ke rumah kosong tem-pat Dedi bekerja dan seringmenginap di sana. Kemudiankorban dipukuli hingga babakbelur dengan batubata. Setelahitu korban dibungkus karpetagar tidak diketahui orang.

Seperti diberitakan, Selasa(24/3) sekitar pukul 13.00 WIB,warga menemukan tubuh kor-ban perampokan dan penga-niayaan di sebuah rumah ko-

song milik Rini di Lorong Tani1, RT 3, Mayang, tepatnya didekat Puskesmas Ujung. Kor-ban dengan kondisi kritis matakiri luka lebam, luka sayatan ditelinga kiri, dan kepala bagi-an belakang benjol , lang-sung dibawa ke Rumah Sak-it Mayang Medical Centerdan mendapat perawatan in-tens i f . Kemudian korbandipindahkan ke RS Bratanata(DKT). (dip)

Kakek Renta Gantung DiriPutus Asa, Tak MauBebankan Keluarga

MUARABULIAN - Jasman,warga Dusun Pematang Pan-jang, Desa Ampelu, Muaratem-besi, Batanghari, nekat menga-khiri sisa usianya dengan carabunuh diri. Perbuatan kakekrenta berusia 60 tahun itu di-duga lantaran putus asa dan takingin membebani keluarganya.

Peristiwa gantung diri kali ke-empat di Batanghari dalam se-bulan terakhir itu terjadi siangkemarin (26/3) sekitar pukul14.00. Kejadian gantung diridilakukan sang kakek tepat dipondok kebun karet berjaraksekitar 7 km dari desa setempat.

Menurut keterangan wargadi hadapan polisi, tiga harisebelum per is t iwa nahas ,korban yang mengalami ca-cat kaki akibat strok itu sempatmencoba mengakhiri hidup-nya dengan cara meminum ra-cun serangga.

Namun kejadian itu sempatdigagalkan keluarga korbanyang melihat gelagat kurangbaik yang ditunjukkan kor-ban. Korban pun berhasil dise-

lamatkan.Kapolres Batanghari AKBP

Edy Djubaedi didampingi Ka-polsek Muaratembesi AKPSahril menerangkan bahwakorban bersama istrinya, Legi-na (50), dan satu anaknya, Mu-hammad Sugianto (13), sebe-lum kejadian tinggal di pon-dok di kebun karet tersebut.Seperti biasanya, pagi-pagisekali Legina dan anaknya be-rangkat ke kebun untuk menya-dap karet demi menopang ke-butuhan ekonomi keluarga. Se-dangkan Jasman tinggal sendi-rian menjaga pondok lantarancacat kaki yang kurang memu-ngkinkannya turut bekerja.

Namun kemarin, sepulangmenyadap karet, Legina dananaknya tersentak melihat pon-doknya tertutup rapat dan di-kunci dari dalam. Beberapa kalikeduanya mengetuk pintu danmemanggil Jasman, tak adasahutan.

Semula keduanya mengiraJasman tertidur. Namun ketikamengintip dari lubang anginrumah, Legina terkejut melihatjasad Jasman terkulai denganposisi tergantung di bubunganpondok papan berukuran seki-

tar 3x3 meter. Kontan ibu dananak itu mendobrak pintu danmenurunkan jenazah korbanseraya memohon pertolonganwarga.

Tak lama kemudian wargabersama aparat kepolisian Pol-sek Muaratembesi turun kelokasi dan melakukan olahTKP. Jasad korban lalu dibawake puskesmas setempat untukdivisum. Menurut Syahril, darihasil olah TKP, saat ditemukankemaluan korban mengeluar-kan cairan. Tak jauh dari kor-ban, juga ditemukan secarikkertas berisi surat korban kepa-da keluarganya.

Surat tersebut ditulis dalambahasa Jawa. “Ada kita temu-kan surat wasiat, cuma yangtahu persis terjemahan surat tadiPak Kasat Reskrim Polres Ba-tanghari,” terang Syahril.

Menurut Kasat Reskrim Pol-res Batanghari AKP AgungWahyu Nugroho, inti surat ada-lah korban menyebutkan pu-tus asa a tas kondis i cacatkakinya. Dia merasa hidupn-ya membebani keluarga, se-mentara dia tidak tega melihatistri dan anaknya menafkahikeluarga. (aki)

“Setelah kami cek kemarin(Rabu, 25/3) sudah tidak adapasien yang dirawat inap, baikdi Puskesmas Rimbobujangmaupun Rimboulu,” beberHaflin.

Sebelumnya, korban kera-cunan tercatat mencapai 142orang. Sebanyak 58 rawat inap,82 rawat jalan. Dua di antara-

nya dirujuk ke Rumah SakitRSUD Bungo. Seperti dike-tahui, nasib apes menimpa Sa-kirin (30), warga Jalan Tiga Be-las, Unit II, Kecamatan Rim-bobujang. Puluhan warga ke-racunan usai menyantap ma-kanan yang disajikan sewaktuacara sukuran anaknya, Ming-gu (22/3) malam. (san)

Polda Tahan 11 Anggota IPB -------------------------------------------------------------- dari hal 8Berbekal informasi itu, polisi

lalu melakukan penyelidikan.Hasilnya, sekitar pukul 23.00WIB polisi berhasil mengam-ankan 14 orang. Kemudian darihasil pengembangan, polisi ke-mudian menangkap Tedi diJalan Raden Wijaya RT 24 Ke-lurahan The Hok, Kecamatan Jam-bi Selatan, sekitar pukul 02.00WIB dini hari kemarin (26/3).

Semuanya kemudian diaman-kan ke Polda Jambi.

Setelah dilakukan pemerik-saan, awalnya polisi hanya me-netapkan sepuluh tersangka.Namun, sekitar pukul 17.00WIB, jumlah tersangka bertam-bah satu sehingga menjadi se-belas tersangka. “Nazaruddinyang menjadi tersangka baru-nya,” kata Lubis.

Masih keterangan Lubis, poli-si ikut menyita barang buktiberupa tiga unit handpone,enam parang, satu tombak, dansatu sepeda motor. Dari hasilpenyelidikan, kata Lubis, Tedididuga sebagai orang yang telahmemerintahkan melakukan peng-rusakan melalui handphone.

Terpisah, pengacara IPB MAmin ketika diwawancaraimembenarkan penahanan ter-hadap 11 anggota IPB itu. Me-nurut Amin, sebelumnya IPBatas nama PT Kirana Sakernantelah melapor ke polisi atastuduhan pencurian yang di-lakukan Amirudin di lahan PTSakernan. “Kerana dia (Ami-rudin,red) memanen di lahan PTKirana,” katanya. Hal ini, ka-tanya, bermula saat Amirudin

dan rekan-rekannya menjual614 hektar lahan ke PT Kirana.“Kedua belah pihak sepakatuntuk menjual, bekerja samadengan perusahaan,” katanya.

Sebelum melakukan jual beli,pihak perusahaan memintapengukuran ulang. Setelah di-ukur, ternyata luas tanah adalah648 hektar. “Kemudian, peru-

sahaan dan masyarakat mem-buat perjanjian bagi hasil, ma-sing-masing 70 untuk masya-rakat dan 30 untuk perusa-haan,” katanya.

Namun, ternyata Amirudinmasih melakukan aktivitas dilahan itu. Dari sinilah masalah iniberawal, hingga berakhir denganpenahanan 11 orang itu. (*)

Page 8: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

8 www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Jambi Independentjumat, 27 maRet 2009

lintas

Si Bos Keno JotosPado suatu hari, seorang kontraktor asal

Sarolangun sedang mengecek megaproyeknyo di Kecamatan Batang Merangin, Kerinci. Kunjungan itu baru pertamo kali dilakukan sejak proyek itu mulai bajalan. Adolah na-monyo Pailul. Dio belum pernah samo sekali ke Kerinci. Dio dak begitu paham dengan daerahnyo dan bahaso Kerinci.

Maklum, jam terbang Pailul lah tinggi! Kali iko Pailul menyempatkan melihat proyeknyo. Dio pegi dengan seorang asisten dan duo staf, dengan menggunokan mobil Ranger double gabin.

baca Si Bos hal 7

ado-ado bae... Pengedar SS

Ditangkap

baca Kades hal 7

Polsek Ringkus Pelaku Perampokan

JAMBI - Polsekta Kotabaru berhasil meringkus dua pelaku perampokan sekaligus penganiayaan terhadap Joipan Sihombing (15), siswa SMP Xaverius 1. Kedua pelaku adalah Dedi (18), warga Palmerah asal Palembang yang bekerja sebagai kuli bangunan, dan Romi (19), pekerja sebuah bengkel di Thehok. Mereka diringkus Polsekta Kotabaru di rumah kakaknya di dekat Pasar WKS, Tungkal Ulu, Rabu (25/3) sekitar pukul 5.30 WIB.

Kapoltabes Jambi melalui Kapolsek Ko-tabaru AKP Hotmaida Sianturi mengatakan, penangkapan kedua pelaku perampokan Joipan, warga Lorong Melati, Kompleks

Guru, RT 04, Kelurahan Mayang, Ko-tabaru, bermula dari laporan masyarakat, warga Lorong Tani 1, RT 3, Mayang, tepatnya di dekat Puskesmas Ujung, yang merupakan lokasi kejadian. Korban mel-aporkan kejadian ke Polsekta Kotabaru, Selasa (24/3) sekitar pukul 17.00 WIB. Laporan tersebut menyebutkan bahwa telah ditemukan sesosok tubuh dibalut karpet dengan kondisi sekarat di sebuah rumah kosong milik Rini.

Berdasarkan laporan itu, polisi langsung melakukan olah TKP dan memeroleh informasi bahwa kedua pelaku melarikan diri ke Tungkal Ulu.

baca Polsek hal 7

Korban KeracunanBertambah Satu

Polda Amankan 11 Anggota IPB

Pegawai Kejari Lumpuhkan

Jambret

Kesehatan Tetapkan Kejadian Luar Biasa

MUARATEBO Peristiwa ke-racunan di Jalan Tiga Belas, Unit II, Kecamatan Rimbobujang, Tebo, kembali memakan korban. Satu korban kembali meninggal dunia. Dia adalah Ina Kautsar (4), yang mengembuskan napas terakhir setelah dirawat dua hari di RSUD Bungo.

Ina adalah satu dari dua kor-ban keracunan yang dirujuk ke RSUD Bungo. Pertama yang me-ninggal dunia adalah Usai Rusdi (60). Kepastian meninggalnya Ina disampaikan Kapolres Tebo AKBP Franky Harianto Parapat melalui Kapolsek Rimbobujang AKP Bobby.

“Meninggalnya Kamis (28/3) malam sekitar pukul 24.00 WIB,” ujar Bobby kemarin.

Walaupun telah memakan korban dua orang, Bobby mengaku belum

menentukan tersangka. “Pemerik-saan saksi saya rasa sudah cukup. Untuk penetapan tersangka, kami menunggu hasil uji laboratorium BP POM Jambi,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Tebo Haflin telah menetapkan ke-jadian keracunan dalam kategeri kejadian luar biasa (KLB). “Begitu ada kejadian keracuan, status su-dah KLB,” ujarnya kemarin (26/3) sore. Dirinya membenarkan kasus tersebut memakan dua korban meninggal. “Tugas kami adalah me-nindaklanjuti dengan memberikan pengobatan. Prosedurnya sudah kami lakukan,” tuturnya.

Bahkan Dinas Kesehatan, kata Haflin, menggratiskan seluruh biaya pengobatan para korban ra-wat jalan. Begitu pula biaya obat, kecuali obat yang dibeli sendiri oleh pasien maupun yang tidak terjangkau oleh Dinas Kesehatan.

RiSza S BaSSaR, Kota Jambi

Diduga Melakukan Perusakan

KETUA Umum Ikatan Pemuda Bersatu (IPB) Jambi Tedi Sarmidi bersama sepuluh anggotanya dia-mankan Sat I Ditreskrim Polda Jambi bekerja sama dengan anggota Polres Muarojambi. Penahanan terhadap sebelas warga ini dibenarkan Kabid Humas Polda Jambi AKBP Syamsu-din Lubis kemarin (26/3).

Masing-masing Anggi Priyanto (22), Riki Siswanto (37), Nurwahid (45), Syawal (53), Supomo (30), Antoni (29), Ardianyah (24), Mu-kotim, Said Habibi, dan Nazarudin. “Sekarang semua sudah ditahan,” kata Lubis kemarin.

Menurut Lubis, penahanan ini bermula dari laporan Amirudin ke

Polda Jambi. Dalam laporan Ami-ruddin pada Rabu (25/3) lalu di-sebutkan bahwa ada orang yang telah melakukan perusakan kamp miliknya, sekitar pukul 22.00 WIB.

Peristiwa pengerusakan terjadi di areal milik PT Kirana Sakernan, KM 73 Jalan Lintas Timur, Kabupaten Muarojambi. Mendapat laporan

ini, polisi langsung menuju ke lokasi kejadian. Di sana, didapati bahwa kamp milik Amirudin telah rusak dan dibakar. “Informasi yang kita peroleh, ada 18 orang pelaku pengrusakan ini,” ujar Lubis me-nambahkan.

baca Polda hal 7

baca Korban hal 7

Kades Karmen Dilimpahkan ke Kejaksaan

SAROLANGUN Hari ini (27/3), Polres Sa-rolangun melimpahkan tahap dua kasus Kades Karang Mendapo (Karmen) M Rusdi ke Kejak-saan Negeri Sarolangun. Pelimpahan kasus Rusdi dilakukan karena semua berkas dianggap lengkap (P-21) oleh Kejaksaan.

PolisiJAMBI Anggota Direktorat Nar-

koba Polda Jambi berhasil menang-kap dua pelaku penyalahgunaan nar-koba, Senin (23/3) lalu. Keduanya ditangkap di tempat berbeda dalam waktu hampir bersamaan. Pertama, polisi menangkap seorang pengedar bernama Husen Slamet Siregar (21), warga Jalan Sukasari, Perumahan Pondok Sejahtera No 84, RT 39, Thehok, Jambi Selatan.

Tersangka ditangkap sekitar pukul 22.30 WIB di Jalan Elang, Kelura-han Jelutung. Dari tersangka, polisi menyita barang bukti berupa lima butir pil ekstasi dan satu paket kecil sabu-sabu.

Kabid Humas Polda Jambi AKBP Syamsudin Lubis mengatakan, penangkapan berawal dari adanya laporan warga ke polisi. “Ber-bekal laporan itu, anggota segera melakukan penyelidikan,” ujarnya.

Hasilnya, ketika tersangka berada di lokasi kejadian, petugas lang-sung menangkap. Saat digeledah, petugas menemukan ekstasi dan sabu-sabu tersebut. Guna proses hukum, tersangka berikut barang

bukti dibawa ke Polda Jambi.Sebelum itu, sekitar pukul 23.00

WIB, petugas meringkus Budi Utomo alias Cecep (23), warga Ja-lan Katelia II, RT 11, Sungai Putri, Telanaipura. (rib)

NaRKOBa: Barang bukti berupa sabu-sabu yang diamankan polisi beberapa waktu lalu. Kini kembali diamankan dua pelaku penyalahgunaan narkoba.

JaMbRet dibeKUKNopri Yusri digiring petu-gas Polsek telanai-pura, setelah melakukan aksi jambret.

JAMBI - Nopri Yusri (20), pemuda asal Kampung Kayuaro, RT 01,

Sekernan, Muarojambi, terpaksa menginap di tahanan Mapolsek Telanaipura. Itu setelah aksi jambret yang dia lakukan bersama temannya, berinisial Am, berhasil dipergoki kor-bannya sendiri.

Berdasarkan pengakuan Leonedes, pegawai Kejari Jambi yang menjadi korban penjambretan, pada Minggu malam sekitar pukul 22.30, dia se-

dang berboncengan dengan teman wanitanya.

Tepat di Jalan Kol Abundjani di depan STMIK Nurdin Hamzah, ke-tika lagi asyik mengendarai sepeda sambil memegang HP Nokia E-90 dengan tangan kiri, dari arah Sipin ada dua orang mengendarai sepeda motor jenis Yahama Jupiter memepet dari sebelah kiri.

Kedua tersangka adalah Nopri bersama temanya. Selanjutnya pelaku yang dibonceng merebut handphone yang sedang digenggam dan mencoba melarikan diri.

Menurut Leo, tidak terima de-ngan kejadian itu, dia langsung mengejar pelaku. Setelah terjadi pengejaran sekitar lima menit, sepeda motor jenis Yamaha Mio

yang dikendarainya, ketika mele-wati bundaran simpang empat Unbari arah Bumi Putera, berhasil menyalip dan menghentikan sepeda motor yang ditumpangi pelaku. Melihat gela-gat kurang baik, pelaku melarikan diri. Kapolsek Telanaipura melalui Kanit Reskrim Polsek Telanaipura Ipda Khairul Saleh membenarkan kejadian itu. (cr02)

edd

Y juN

aed

Y/jam

Bi iN

dePeN

deN

t

eddY juNaedY/jamBi iNdePeNdeNt

gRafiS:SujatmiKO/jamBi iNdePeNdeNt

Page 9: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] ECERAN: Rp. 3.500,- 8

Jambi Independent jumat, 27 maRet 2009

teras

baca Kerja hal 10

Kerja, Ikhlas, dan CerdasMenjabat ke-

pala SMPN 15 Jambi tak membuat Harpin Eri berpuas diri. Kini ia menambah ilmu p e n g e t a h u a n n y a dengan berkuliah di pascasarjana Jurusan Teknologi Pendidikan di Unja. Tak heran itu sejalan dengan motto hidupnya.

“ S a y a m e m i l i k i prinsip bekerja keras,

ikhlas, dan cerdas,” terangnya. Dijabarkan, keras merupakan bagian fisik, ikhlas bagian hati sedangkan cerdas bagiannya pikiran atau otak.

DispendikDiminta beberkan Hasil tO

jembatan batanghari II Dilaporkan ke KPKteLanaIPURa – Pembangunan Jembatan Batang-

hari II terus disorot massa. Terakhir, dugaan penyim-pangan pada pembangunan jembatan itu dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Jambi.

Ketua LSM Jarak, Hasan Gondrong, men-gakui bahwa pihaknya sudah melaporkan dugaan penyimpangan pembangunan Jembatan Batanghari II ke KPK. Dia mengatakan, laporan dibuat pada 3 Maret 2009 lalu.

Dasar pihaknya melaporkan antara lain ada dugaan pembengkakan anggaran, keterlam-batan waktu penyelesaian, dan ketidakpuasan atas proses hukum di Kejaksaan Agung (Ke-jakgung) RI terhadap dugaan penyimpangan anggaran Jembatan Batanghari II.

Dijelaskan, sekitar September 2008 lalu, kasus dugaan penyimpangan anggaran pem-bangunan Jembatan Batanghari II masuk ke Kejakgung RI. “Tapi hasilnya sampai sekarang tidak tahu. Jadi kita tidak puas, makanya kita laporkan lagi ke KPK,” ungkap Hasan beberapa waktu lalu.

Mendapat kabar itu, Jambi Independent berusaha menelusuri. Ternyata apa yang dis-

ampaikan Hasan ada benarnya. Lewat pesan singkat yang diterima koran ini, laporan dugaan penyimpangan pembangunan Jembatan Batanghari II sudah masuk ke Kejakgung pada 10 September 2008 lalu.

terus disoalaldino/jambi independent

Setelah sempat diperiksa Kejagung, kini pembangunan jembatan batanghari ii dil-aporkan ke KpK.

Sekolah Kesulitan Evaluasi

dddd

KOtabaRU - Keseriusan Di-nas Pendidikan (Dispendik) Kota Jambi menyukseskan Ujian Na-sional (UN) perlu dipertanyakan. Meski telah menganggarkan dana yang tidak sedikit guna menggelar try-out UN, pelaksanaannya perlu jadi bahan evaluasi bagi dinas yang dikepalai M Syahir itu.

Meski telah menggelar uji coba

UN tingkat SMP, 11-14 Maret l a l u , h i n g g a kini hasilnya belum diketahui. Dispendik belum membeberkan hasil capaian siswa. Padahal sekolah, termasuk siswa, berharap hasil itu bisa segera mereka ke-tahui. “Hasil itu kan untuk kita jadikan evaluasi, di mana kelema-han siswa, di mana yang bagus,” kata Kepala SMPN 18 Nanang Sunarya kemarin sore.

baca jembatan hal 10 baca dispendik hal 10

Harpin eri

Page 10: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

KOTABARU - Keinginan Wali Kota Jambi Bambang Priyanto segera terwujud. Kailani, yang ia jagokan untuk menjadi sekda, tiga hari lagi akan dilantik. Dite-mui Rabu (25/3) lalu, Bambang tampak semringah menjelaskan rencana pelantikan Kailani yang ia “bajak” dari sekda Tanjab Barat. “Senin (30/3), rencananya sekda akan dilantik,” kata Bambang saat meninjau soft opening RSUD H Abdul Manap. Bambang yang tidak dapat menyembunyikan rasa senangnya memberikan penjela-san soal pelantikan Kailani tanpa diminta wartawan.

Bambang mengakui, surat dari Mendagri soal penetapan Kailani telah ia terima. Bah-kan pelantikan akan dilakukan langsung oleh dirinya, bukan oleh gubernur seperti bisanya. “Surat mandat pelantikan juga sudah saya terima,” timpalnya sambil meminta wartawan ikut menghadiri prosesi pelantikan.

Dua kali diajukan, nama Kailani sempat tak direstui Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin. Pasalnya, pria yang juga ketua DPW PAN Provinsi Jambi itu menginginkan mantan Asisten II Setda Batang-hari itu membantunya menjadi asisten di Setda Provinsi.

Bahkan menurut Bambang yang menumpang perahu PAN saat Pilwako, rencananya sekda Kota akan diperuntukkan bagi to-koh asal Jambi Barat. Alasannya, balas jasa karena ikut memenang-kan duet Bambang Priyanto-Sum Indra saat Pilwako.

Toh, akhirnya Kailani maju dengan menyingkirkan dua pesaingnya, Husin Kasim dan Ambiar Usman. Keberadaan sekda definitif sudah lama dinanti Bambang. Wali kota Jambi per-tama hasil pemilihan langsung itu pernah mengaku kerepotan den-gan kekosongan sekda. Karena itu ia menaruh banyak harapan pada sekda definitif.(dra)

jumat, 27 maret 2009 Jambi Independent

Malah lewat surat nomor B-1223/D.3/Dek.4/09/2008, pihak Kejakgung telah memanggil beberapa pihak, antara lain Tas-rif selaku direktur PT ABKM, rekanan yang mengerjakan pem-bangunan Jembatan Batanghari II.

Isi surat itu meminta keterangan dari Tasrif soal laporan terjadinya perbuatan melawan hukum yang memenuhi unsur tindak pidana korupsi, kolusi, dan nepotisme terkait pelaksanaan pembangu-nan Jembatan Batanghari II. Su-rat itu juga menjelaskan adanya dugaan keterlibatan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin dengan cara menyelewengkan dana yang disetor Pemkab Muarojambi, Tanjab Timur, dan Kota Jambi

sekitar Rp 12 miliar. Dana itu, menurut laporan masyarakat, diduga digunakan sendiri oleh Gubernur. SMS gelap itu sudah menyebar sejak beberapa bulan lalu. Seberapa benar informasi le-wat SMS itu? Benarkah kasus itu pernah diproses di Kejakgung? Terpisah, Kepala Inspektorat Provinsi Jambi Fauzy Syam membenarkannya.

Fauzy mengatakan, kasus yang dimaksud sudah di-SP3 oleh Kejakgung. Alasannya, tidak ada bukti soal laporan dugaan penyelewenangan dana bantuan pemkab atau pemkot tersebut.

“Itu sudah lama. Kalau tidak salah Kejakgung sudah SP3-kan kasus itu,” tandas Fauzy singkat.(nas)

Sandra, seorang siswi SMP, mengatakan bahwa dirinya cukup penasaran dengan hasil try-out yang digelar dua pekan lalu itu.

“Kan kami biar tahu matape-lajaran apa yang jeblok. Intinya kan biar kami bisa lebih fokus ke sana,” keluh siswi SMP di Tela-naipura itu. Teman-temannya juga berharap hasil try-out segera diumumkan.

Terpisah, Kepala SMPN 5 M Yusuf menerangkan, meski sekolah telah menggelar try-out, tetap saja hasil try-out oleh Dis-pendik mereka jadikan evaluasi. “Karena itu, kita harapkan Dis-pendik segera menyampaikan hasilnya,” pinta Yusuf.

Permintaan senada juga datang dari Nanang. Menurutnya, try-out kedua akan digelar.

Keinginan sekolah cukup beralasan. Di samping waktu UN yang semakin dekat, try-out serupa juga akan digelar pada 1 April nanti. “Jadi kita harap sebelum try-out kedua, (hasil try-out pertama) sudah keluar,” kata Yusuf.

Menururt Nanang, dari try-out yang lebih dulu digelar sekolah, evaluasi hanya bisa mereka

lakukan secara umum. Sayang, petinggi Dispendik be-

lum banyak memberikan komen-tar. Kepala Dispendik M Syahir via ponsel hanya berharap dalam pekan ini hasil tersebut diketahui. “Kan butuh proses, hasilnya masih direkap,” katanya sembari mengakhiri pembicaraan.

Sementara Kabid Dikdas Suna-rto memberi alasan keterbatasan volume pekerjaan mesin scanner. “Itu idealnya kan sepuluh hari, jadi belum lewat,” katanya yang sedang berada di bandara untuk bertolak ke Jambi. Soal hasil try-out, ia menjanjikan hari ini disampaikan.

Desakan agar Dispendik bertin-dak cepat juga datang dari DPRD. Ketua Komisi D DPRD Kota, M Zayadi, mengatakan bahwa se-harusnya sebelum try-out kedua digelar, lebih dulu dibeberkan hasil yang pertama. “Sehingga sekolah bisa mengevaluasi,” imbuhnya.

Zayadi menilai, bukan hanya hasil try-out, “Tapi apa yang dilakukan Dinas dalam mengha-dapi UN juga perlu dievaluasi,” tegasnya.(dra)

Jembatan Batanghari II -------- dari hal 9

Dispendik Diminta -------------- dari hal 9

Rp 56 M Dana BOS Cair Hari Ini Dicairkan di Kantor Pos

PASAR - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan I 2009, hari ini mulai dapat dicairkan sekolah se-Provinsi Jambi. Bila sebelumnya pencairan melalui BRI, kini Kantor Pos ditunjuk sebagai tempat pencairan.

Wakil Kepala Kantor Pos Jambi, Akh-mad Sumaryadi, mengatakan bahwa pada pencairan itu pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Nasional (Dik-nas) Provinsi. “Untuk itu dalam pencairan-nya pun kita berkoordinasi dengan dinas pendidikan kota dan kabupaten, dinas pendidikan kecamatan, termasuk kepala sekolah,” kata Akhmad kemarin.

Pria yang baru dua bulan menjabat itu mengatakan, mereka telah menjadwalkan 27 Maret-3 April untuk pencairan BOS. Tapi pencairan bisa dilakukan tidak sekal-igus atau bertahap, tergantung sekolah.

Sebanyak Rp 56 miliar lebih dana BOS tahun ini akan disalurkan ke sekolah-sekolah di Provinsi Jambi. Kantor Pos melansir, untuk periode Januari hingga

Senin, Sekda Kota Dilantik

Itulah juga yang ia terapkan dalam mendidik siswanya. “Jadi kita harus mendidik siswa dengan ikhlas, kerja keras, dan cerdas,” papar suami Marinda itu.

Menjadi kepala sekolah sejak Juni 2007, banyak prestasi di-torehkan sekretaris Musyawarah Keja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Jambi tersebut. Beberapa siswanya pernah ikut lomba lukis tingkat nasional dan jambore nasional di Cibubur.

Harpin mengawali kariernya dengan menjadi staf penga-

jar di SMPN 1 Muaratembesi, Batanghari, pada 1990. Alumnus IKIP Padang 1989 itu kemudian pindah tugas ke SMPN 12 Kota Jambi. Ayah tiga anak itu memi-liki segudang pengalaman dalam dunia pendidikan, di antaranya pernah menjadi pembina OSIS, wali kelas, pembantu kepala sekolah (PKS) bidang Humas, instruktur Penjaskes tingkat Provinsi pada 1994-2000, dan lulus tes orientasi kepala sekolah pada 1997 di Bengkulu.(kin)

Kerja, Ikhlas, dan Cerdas ----- dari hal 9

Pos yang terdekat dari sekolah masing-masing,” terang pria berkumis itu.

Tahun ini terjadi peningkatan anggaran dana BOS dari tahun lalu. Dari surat Mendiknas kepada kepala daerah tertang-gal 2 Desember 2008 lalu, kenaikannya rata-rata sebesar 50 persen dari tahun anggaran 2008. Tahun ini BOS untuk SD negeri dan swasta di kabupaten sebesar Rp 397 ribu per siswa per tahun. Adapun di kota Rp 400 ribu per siswa per tahun. Sedangkan untuk SMP di kabupaten juga lebih kecil dibanding di kota, masing-masing Rp 570 ribu dan Rp 575 ribu per siswa per tahun.

Lebih jauh Sumaryadi menguraikan persyaratan agar sekolah bisa mengambil dana tersebut. Menurutnya, dana BOS diambil oleh kepala sekolah (kepsek) bersangkutan. Itu dilakukan dengan menunjukkan SK asli kepsek yang ditetap-kan Dinas Pendidikan serta memberikan kopiannya.

“Termasuk menunjukkan identitas diri serta kopiannya. Mereka juga harus me-nyerahkan spesimen tanda tangan dan cap sekolah serta menusis slip penarikan giro on-line,” rinci Sumaryadi.(dra)

Maret, dari jumlah itu, Rp 39,922 miliar lebih diperuntukkan bagi 2.336 SD dan SD luar biasa (SDLB), dengan jumlah siswa sebanyak 401.692.000 siswa.

Sementara untuk SMP dan SMPLB sebanyak 576 sekolah se-Provinsi Jambi. Total dananya Rp 16.255.802.500. “Jadi nanti pencairannya dilakukan di Kantor

Pemprov Terima Lulusan SMA

dja

tmik

o/j

am

bi i

nd

epen

den

t

Pada PenerimaanCPNS 2009

JAMBI – Ada kabar gembira bagi pencari kerja di Provinsi Jambi. Pada penerimaan CPNS tahun ini, Pemprov Jambi beren-cana menerima CPNS lulusan SMA sederajat selain lulusan sarjana.

Informasi itu santer disebut-sebut di lingkungan Pemprov Jambi. Alokasi tenaga lulusan SMA dikabarkan untuk menutupi kekurangan di kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jambi.

Saat ini Pemprov tengah mem-buat kriteria lulusan SMA yang bisa diterima sebagai tenaga Satpol PP. Sayang, saat ini hanya alokasi Satpol PP yang me-nerima lulusan SMA. Formasi lain tidak.

Terpisah, Sekda Provinsi Jambi AM Firdaus membenarkan ad-anya penerimaan CPNS untuk formasi SMA tersebut. Namun Firdaus mengaku itu belum bisa dipastikan.

“Rencananya kita menerima SMA juga, tapi untuk Satpol PP,” beber Firdaus beberapa hari lalu.

Ditanya kapan kepastian CPNS digelar, Firdaus belum bisa me-mastikan. Padahal beberapa wak-tu lalu Firdaus dan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi mengabarkan bahwa pelaksanaan CPNS dimu-lai pada April 2009.

Untuk diketahui, sebelum-nya Pemprov juga menerima CPNS dari lulusan SMA tahun lalu. Cuma formasi penempa-tan CPNS itu diarahkan bagi pemenuhan tenaga pengajar atlet.(nas)

Kritik Suwarno Disanggah KoleganyaBukan Mewakili DPRD

TELANAIPURA- pernyataan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Suwarno Soerinta yang menyebut LKPj Gubenur penuh rekayasa mendapat bantahan dari koleganya di DPRD. Anggota DPRD seperti Wakil Ketua DPRD Chairul Naim M Anik, Ketua Komisi III Wahab Hasyab, Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Reformasi Arfani Damhuri, Mirza Ansori Ketua Komisi II, Syaruddin Sidik Ketua Fraksi Partai Pembangunan Demokrat.

Lalu, Syafri Sofyan Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional dan Yos Adrino Sekre-taris Komisi III ramai-ramai membantah pernyataan Suwarno yang tak lain poli-tikus PDIP.

Kepada wartawan Rabu lalu, mereka me-nyesali pernyataan Suwarno yang telalu dini memvonis LKPj gubernur. Mereka sepakat pernyataan Suwarno terlalu dini dan tidak proposional. “Apalagi Suwarno waktu itu tidak hadir dalam paripurna. Kok tiba-tiba berbicara di media,” kata mereka.

Untuk menilai LKPj tersebut harus mengikuti mekanisme yang berlaku di DPRD. Seharusnya Nota pengantar Lapo-ran Keterangan Pertanggungjawaban gubernur Jambi tahun 2008 itu dibahas dan didalami dulu di tingkat komisi. Lalu dilakukan pandangan umum terha-dap hasil pembahasan tersebut, barulah fraksi-fraksi menyampaikannya terang salah satu anggota dewan.

Sayang, Suwarno kemarin belum berha-sil dikonfirmasi. Mengingatkan, Suwarno beberapa memprotes keras Nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawa-ban (LKPj) gubernur Jambi tahun 2008.

“Saya secara pribadi melihat LKPj yang disampaikan gubernur Jambi itu diduga rekayasa belaka,” tegas Suwarno usai paripurna. (dip)

dikritik: dprd saat paripurna beberapa waktu lalu. pernyataan Suwarno Soer-inta terhadap Lkpj Gubernur mengundang kritikan anggota dewan lainnya.d

ok

/ja

mb

i in

dep

end

ent

Page 11: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi Independent JUMAT, 27 MARET 2009

JAMBI-PALEMBANG SETIAP JAM KERJA

JAMBI-BENGKULU 09.00 & 20.00

JAMBI-PADANG 08.00 & 20.00

JAMBI-BANGKO 10.00 & 17.00

JAMBI-PEKANBARU 10.00 & 20.00

JAMBI-TEMBILAHAN 10.00 & 18.00

JAMBI-BUNGO 10.00 & 16.00

JAMBI-LAMPUNG 20.00

BERANGKAT DENGAN MOBIL KIJANG KAPSULMENERIMA JASA TITIPAN (PAKET/BARANG)

UNTUK SEMUA JURUSAN

PO. RATU INTANJl. Prof. M Yamin (depan Hotel Harisman)Telp: (741) 20784, 27876 HP: 81174378

PO. WIJAYA KUSUMAJl. Mayor A. Marzuki (Simpang Kawat)

Jambi Telp. (741) 41888 - 438

JAMBI-PALEMBANG 08.00,10.00, 12.00,14.00, 16.00, 20.00

JAMBI-PEKAN BARU 10.00, 20.00

PO. TOPJl. HOS Cokroaminoto No. 3 Simpang Kawat

Telp. 40653,43160

JAMBI-PALEMBANG 07.00, 08.00, 09.00,11.00, 12.00, 14.00,16.00, 18.00, 20.00,EXTRA

JAMBI-PEKANBARU 10.00, 20.00JAMBI-DUMAI 10.00, 20.00JAMBI-LAMPUNG 12.00, 20.00JAMBI-MA BUNGO 07.00, 09.00, 11.00

17.00, 20.00, EXTRAJAMBI-PADANG 10.00, 16.00, 20.00

MA. BUNGO-PEKAN BARU 10.00 dan 20.00

MA. BUNGO-PALEMBANG 09.00, 12.0015.00, 20.00

JAMBI-SAROLANGUN 07.00, 09.00, 11.00,13.00, 15.00, 17.00,EXTRA

JAMBI-BANGKO 07.00, 09.00, 11.00,13.00, 15.00, 17.00,EXTRA

JAMBI-BENGKULU 10.00 dan 20.00

Potensi Minyak Nilam JambiBelum Tergarap

Sinar Mentari SediakanKebutuhan Seragam

Penjualan Produk Lokalke Dalam Negeri Meningkat

Mulai dari PNShingga Polisi

pangkat tergantung kualitas bahan” katan-ya. Jika bahan pangkat dari fiber atau lapisplastic harganya Rp 20 ribu, kalau berbah-an stainlis dibanderol Rp 35 ribu.

Perlengkapan Polisi dan ABRI seperti se-patu PDH dan PDL harganya berkisar dariRp 85 ribu hingga 300 ribu. Sedangkan bajukaos, untuk kaos biasa dibanderol RP 20ribu dan baju kaos kombinasi harganyaberkisar Rp 25 ribu hingga Rp 40 ribu.

Di took Sinar Mentari ini kata Susi keban-yakan di jual perlengkapan Polisi “yangbanyak dijual atribut Polisi” ujarnya. Se-dangkan perlengkapan PNS seperti pangkatdibanderol Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu“kalau yang berbahan logam” tuturnya.Selain itu juga dijual baju korpri denganharga Rp 75 ribu.

Took yang telah lima tahun berjualan diJambi ini juga menjual aksesoris sepertigantungan kunci. Di jual dengan harga Rp7 ribu hingga Rp 10 ribu.(dip)

JAMBI- Tidak banyak toko di Jambi yangmenjual perlengkapan pakaian seragamuntuk instansi resmi. MIsalnya seragamPolisi , TNI dan PNS. Diantara ya n gsedikit itu adalah toko Sinar Mentariyang berada di jalan Jenderal Sudirman,Thehok.

Susi, pengelola toko ini mengatakanditempatnya cukup lengkapn berbagai atributuntuk instansi tersebut. Mulai dari tandapangkat, sepatu PDH, PDL, baret, baju kaos,kaus kaki, tali kur, handuk dan gantungankunci. “Itu untuk TNI dan Polisi, kalau untuPerlengkapan PNS yang di jual sepertipangkat dan baju korpri,” terangnya kemar-in.

Untuk harga pangkat seperti bintara ber-pangkat bripda dibanderol dari harga Rp 20ribu hingga Rp 35 ribu. “Mahal-tidaknya

SURABAYA - Krisis global membawa ber-kah tersendiri bagi produk lokal. Saat inihampir 90 persen produk dalam negeriyang gagal ekspor, dipasarkan ke sejumlahpusat perbelanjaan (mal) di Jatim. Peminat-nya pun naik signifikan. Harga yang lebihmurah menjadi daya tarik produk lokal.

“Jika dulu perbandingan penjualanproduk lokal dan impor sekitar 80 berband-ing 20 persen, kini menjadi 90 berbanding10 persen,” kata Ketua Asosiasi PengelolaPusat Belanja Indonesia (APPBI) Jatim,Didi Woelyadi Simson, dua hari lalu.

Didi mengatakan, dirinya optimistis pen-jualan produk lokal di mal akan terus men-ingkat. Tetapi belum akan menggeser penjua-lan produk branded. “Itu karena produk kelasatas tersebut memiliki pasar sendiri,” ujarnya.

Dampak positif kenaikan penjualanproduk lokal akan meningkatkan pertum-buhan ekonomi dalam negeri. “Selain itu,memang kini para tenant di mal di masa kri-

sis berusaha lebih keras dalam melakukanpromosi dagannya terutama untuk yanglokal,” terangnya.

Salah satunya dengan terus memperbaruivisual dari barang-barang yang dijual. “Kinistok melimpah karena pasar ekspor kurang baik.Hampir semua produsen konsentrasi memasar-kan produknya di dalam negeri,” ujarnya.

Di sisi lain, berkurangnya persediaanproduk branded, lanjut dia, dipengaruhifluktuasi nilai tukar dolar Amerika Serikat(AS) terhadap rupiah. “Apalagi juga adapengetatan impor untuk beberapa jenis ko-moditi seperti sepatu dan tekstil,” ujarnya.

Untuk lebih meningkatkan penjualan ter-hadap produk domestik, mal di Jatim harus gen-car melaksanakan program belanja. Terutamapotongan harga, karena program itu paling di-minati konsumen. “Tetapi nilai diskon yangdiberikan harus potongan dari harga sebe-narnya. Bukan menaikkan harga dulu barukemudian memotongnya,” tukasnya. (jpnn)

Harga Kian Merosot en seperti Merangin dan Kerinci mengga-rapnya, tapi belum maksimal. “Masyarakatkita cenderung melihat keberhasilan daridaerah lain dulu, baru mengikuti,” katanya.

Padahal harga nilam terkadang menjanji-kan. Belum lama ini harga minyak nilam dipasaran melambung mencapai Rp 1,2 jutaper kilogram. Tapi akibat krisis ekonomiglobal saat ini, harga minyak nilam mero-sot tajam. Kini komoditi ekspor itu berkisarantara Rp 280 ribu di tingkat petani dan Rp300 ribu pada pedagang pengumpul.

Menurut Lesly, banyak potensi yang bisadikembangkan di Jambi. Nilam salah satu-nya. “Nilam memiliki peluang pasar dan me-miliki nilai ekonomi cukup tinggi. Tapi pe-luang itu tidak dioptimalkan. Hal itudikarenakan infrastruktur yang tidak mema-dai. Di samping itu, sumber daya manusiamasyarakat juga masih rendah. Kurang in-formasi,” ulasnya.

Lesly menambahkan, perkembangan ituterjadi alamiah. Bila kebutuhan meningkat,produksi tentu juga akan mengikuti. Se-

karang, lanjut Lesly, di Jambi tidak ada pe-rusahaan farmasi yang menampung hasildari minyak nilam. Mau tidak maumasyarakat yang memanan nilam menjualke daerah lain melalui pedagang pengum-pul.

“Berbeda dari Padang dan Medan, merekasudah punya infrastruktur yang bagus sam-pai ke daerah. Selain itu memang terdapatbeberapa perusahaan yang yang menam-pung minyak nilam milik masyarakat,”jabarnya.(cr01)

JAMBI - Minyak atsiri dari tanaman nil-am belum begitu dilirik petani di ProvinsiJambi. Kepala Bagian Perdagangan DalamNegeri Disperindag Provinsi Jambi, LeslyAndalusia, mengatakan bahwa minyak nil-am di Jambi merupakan hal baru. “Wajarbanyak masyarakat yang belum tahu keg-unanan dan manfaat dari minyak ini. Apala-gi pemasarannya,” ujar Lesly.

Meskipun menurutnya sejumlah kabupat-

Kebutuhan Wanita, Komplit di Toko SilkyJAMBI - Jika Anda, khususnya wanita,

sedang berada di WTC Batanghari, sila-kan mampir ke toko Silky. Menempatisalah satu kios, toko itu menjual sega-l a m a c a m p e r l e n g k a p a n w a n i t a .Seka l i masuk , b erbagai barang bisaAnda dapatkan.

Di sana Anda bisa berbelanja mulai dari

kosmetik, beragam aksesori, hingga paka-ian. Apalagi toko yang telah dua tahun me-nempati WTC itu tengah memberi diskon10 persen untuk semua produk.

“Kita menjual berbagai produk bagiwanita, seperti kosmetik, tas wanita,baju butik, aksesori, dan sandal,” terangLia, karyawan Silky. Kosmetik merupa-

kan produk ternama lokal maupun luarnegeri. “Kalau untuk baju butik ada bajudress, kemeja dress. Kalau untuk aksesoriseperti tali pinggang, anting, dan bros, ser-ta banyak lagi,” kata gadis yang tinggal diSimpang Pulai itu.

Bukan sekadar toko, Silky juga menawar-kan jasa rias make-up bagi Anda yang

akan memenuhi undangan pesta ataukeperluan lain. “Jika hanya dua yangminta di-make-up, bisa dilakukan ditoko. Tapi kalau lebih dari dua orang,karyawan kita bisa dipanggil ke rumah,”terang Lia. Soal tarif, make-up dibanderolRp 70 ribu. Jika rambut juga ditata, biayan-ya Rp 100 ribu. (dip)

KOMPLITALDINO/JAMBI INDEPENDENT

Beragam perlengkapan kebutuhan wanita yang tersedia di Silky. Kebutuhan ini mulai dari kosmetik hingga aksesori.

Page 12: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

JUMAT, 27 MARET 2009 Jambi Independent

Page 13: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

JUMAT, 27 MARET 2009Jambi Independent

March 27, 2009

Jika anda llsn SMU/sederajat inginberkarir di dunia anak. Ikuti pendidikansingkat calon guru TK/Playgroup. Ph.0741-7163636.

JI0913 | 12-12/04

Teacher Needed: 1. MIPA (SD), 2. Mtk,3. Fisika, 4. B. Ing, 5. Komp, 6. Sejarah,7. Akuntansi (SMA), 8. T. Adm, 9. Satpam. Mulsim. Ph. 31725 (Novi), 31121(Yanti). Pk. 08.00-13.00.

JI0913 | 24-30/03

Dibthkn krywti salon, khusus muslimah,berpglmn. Segera hub. 081274270055.

JI0913 | 19-27/03

Dibthkan: Adm, Gdng, Operator, Marktng(SMK/K), Pengws, Inventory (D3/S1),blm menikah/tdk kuliah. Antar ke Jl.Prof. M. Yamin No. 30 (samp. AvatarMotor) Lbk Bandung. Hub. Wahyu, 081366282555/085261622272.

JI0913 | 25-04/04

Dicari tng krj, llsn SMA umur 18-21 th, u/jaga stand minuman. Hp. 081994582323.

JI0913 | 25-31/03

Dibthkan wanita berjilbab utk perhotelanpddkn tdk diutamakan. Ph. 60533/60369.

JI0913 | 27-28/03

Dibthkan Instuktur komp, B. Ing, Matmatik. Min. D3. Krm ke Menara Informatika Komp. BBC Blok D/2-4 Ma. Bulian.

JI0913 | 23-29/03

G U R UDicari Guru Taman kanak2 (TK) Min.peng. 3 Th, bisa Word & Excel. Lmrnantar lsg: Jl. Sultan Taha No. 37 DepanRamayana. Ph. 7080501.

JI0913 | 22-04/04

Bitec mmbthkan 3 (tiga) org Guru Bhs.Inggris, wnt. Syrt: S1/D3, beragamaKristen. Lmrn ke Bitec Jl. P. DiponegoroNo. 35. Ph. 0741-7555720 blkg KONIJambi.

JI0913 | 27-24/04

MARKETINGDibthkan 1. Marketing, pria, umur max.28 th, SMA, pglmn. 2. Adm, wnt, umurmax. 26 th, bs kmptr, mic. office, SMA/SMEA. 3. Supir, umur max. 32 th, SMA,pglmn keluar kota, ngerti mesin. Lmrndiantar ke Perum Puri Mayang ClusterAnggrek Blok C No. 11 an. CV. Triguna.

JI0913 | 27-01/04

Bth Marketing. Sy punya motor, pend.SLTA. Lmrn antar ke Solingen Jl. HayamWuruk 15 Jelutung.

JI0913 | 27-01/04

O P E R A T O RDicari Operator Power House, pglmn min3 th, ahli dlm bid genset, turbin, listrik.Hub. Girang, 081919160837, email:[email protected].

JI0913 | 27-01/04

PENGAWAS LAPANGANDicari Pengawas Lapangan mengerti ME,min STM. krm lmrn ke Lr. Abadi No. 66Jelutung. Hp. 08176583137.

JI0913 | 27-01/04

SPG, SALESMANSPG, Salesman pemasaran. Hub. TokoEmbun Pagi Jl. Ir. Sutami No. 17.

JI0913 | 27-01/04

SUPERVISORDibutuhkan Operasional SDM, Personalia, Supervisor, Administrasi. Syrt: wnt,brpnglmn krj dbdng lainnya. Krm lmrnke PO BOX 248.

JI0913 | 24-24/04

BOR MESINCV. Gusnia Lampung Bor Mesin menerima pembuatan sumur bor, perbaikanpompa. 081272504333/0721-7624267.

JI0913 | 11-11/04

DIJUAL LAHANDijual lahan yg sudah ada tanaman sawitls. 30 Ha lok. Betaling Jambi. Hp. 085285349069.

JI0913 | 19-31/03

R U M A HDijual RUMAH Komp. Teguh Permai lok.Pal 5 Kt Baru, T 70 (72) 3 kmr tdr, 2 kmrmdi, lt. 180 M2. Hp. 0811743831. (TP).

JI0913 | 05-05/04

Dijual RUMAH Lt. 363 M2, Lb. 140 M2,Kt 3 + perabot komplt, hrg 450 jt/ng.Pinang Sebatang/blkg Sutan Kasim. Hp.081366549697.

JI0913 | 12-01/04

Djl RUMAH baru lt. 500 M2, lb. 220 M2,grsi, 7 kt, 1 rk, 3 km, gypsum, lt. kr mk,klm ikan, PAM, pgr jln, hrg 485 jt/ng. Jl.Kapt. Pattimura dpn RCTI/Lrg. MasjidRt. 05. Hp. 081366936157/0812708744689.

JI0913 | 20-30/03

Jual RUMAH & TANAH 5 tbk Jl. Kop.Ramli, 100 m dr SMKN 2. Butuh cpt.Hp. 08127400843.

JI0913 | 24-30/03

Djl RUMAH Lb. 58 M2, lt. 180 M2 keramik, lok. Lrg. Famili Palmerah. Hp. 081366505145, Mama Billy. 081366294766,Muslim.

JI0913 | 27-01/04

Djl RUMAH lt. 350 M2, 4 kt, 3 AC, lok.Lr. Cemara 2 Rt. 11 Rw. 4 Kel. SelamatSipin, hg 850 jt/ng. Hp. 081366496255.

JI0913 | 25-08/04

Dijual RUMAH di Puri Mayang, Casablanca (hook) bangnn 12 x 10, lt. 273 M2(siap huni). 7117799.

JI0913 | 18-01/04

Jl RUMAH Jl. Jend. A. Tholib (dpn SMP7) lt. 315 M2, lb. 117 M2. Fslts: 5 kt, 3km, PLN, Telp, full krmk, full conblok,hg 300 jt. Hp. 081366002257.

JI0913 | 21-27/03

Jl RUMAH prmnt brtkt, SHM, lt 5,5 tbk,lb. 370M, 7 km + toilet, bs utk kos. LrgPerikanan, Thehok Hp. 08127411678.

JI0913 | 17-16/04

Dijual RUMAH Puri Beringin BlokC-36(depan) 50 M dr Parma Residence type65/170, 2 kt/2 km, PAM, canopy, teralis,pgr kllng. 190 jt (nego). Hp. 08127829110.

JI0913 | 21-29/03

Dijual (BU). RUMAH Puri Mayang Bougenvil B/3 Lt. granit-canopi-sdh tralis, lt 2sdh pgr besi. Hp. 08127405866.

JI0913 | 23. 25. 28. 30. 01. 04/04

Dijual RUMAH type 70 di Perum Barcelona, hrg nego. Hp. 08127485629.

JI0913 | 22-28/03

Dijual cepat RUMAH uk 1,5 tmbuk, k. tdur 3, k. mandi 1, r. kel, r. tamu, r. dapur,berpagar, alamat Lrg. Harmoni blkng Persijam. Hp. 08127491041.

JI0913 | 20-03/04

R U K ORUKO dijual Jl. Ir. Juanda/Mayang. Hp.08127300920/0741-62515.

JI0913 | 11-11/04

DAIHATSUTAHUN 1995

FEROZA 95/94 BH, w. biru, AC/RT/VR/BR/PS/CL/variasi, kond. bgs & trwt, hrg49 jt (dmi). 085266106404.

JI0913 | 27-29. 03-05/04

TAHUN 2001Djl Daihatsu CERIA th 01 wrn silver/AC/Tape/VR. 081366154333 (orsnl) hg ng.

JI0913 | 21-27/03

TAHUN 2008GRAN MAX MB D PS 1,5 08 hitam, BH,Rp. 85 jt. Bisa credit (via KKBBCA)bunga 6,25%/1 thn. Ph. 7078899.

JI0913 | 27-01/04

H O N D ATAHUN 2003

Jual CRV Htm 03, full variasi, jok kulit,hrg 157 Jt Ng. Hp. 081994604449.

JI0913 | 22-01/04

Dijual cpt Honda CRV mrh mtlc 03 matik,jok klt, km 60 ribuan, TV/DVD/MP3/VCD,160 jt, ban bru. Hp. 081366070022.

JI0913 | 21-26/03

TAHUN 2005Honda STREAM M/T silverstone 05 Rp.168 jt. Bisa credit (via KKB BCA) bunga6,25% (1 tahun). Ph. 7078899.

JI0913 | 27-01/04

TAHUN 2007Dijual ALL NEW CRV th 2007 matic,wrn moca, htm, pjk br, sound, TV 3 bh.Ph. 0741-7043099.

JI0913 | 19-02/04

TAHUN 2008Honda ALL NEW JAZZ A/T BH 08 silverstone, Rp. 180 jt. Bisa credit (via KKBBCA) bunga 6,25% / 1 thn. Ph. 707 8899.

JI0913 | 27-01/04

DIJUAL OUTLET JUSDijual Outlet Jus & Mesin Press Cupbeserta perlengkapannya, hrg bs nego.Hp. 081366241000.

JI0913 | 27-01/04

FOTO & VIDEO SHOOTINGDVD Video Org, Foto Dgtl (hsl bagus,grsi) Prospek Prod, 0741-7153080.

JI0913 | 16-20.23-28/04

KEHILANGANTelah hilang STNK & BPKB mobil a/n.Harsono (BH 1969) hilang di Jl. Pattimura(Jambi). Bagi yang menemukan surat2tsb mohon utk menghubungi counter HpRaju Cell, 085266258545 & 085266772155. Kami akan berikan imbalan/bonussepantasnya sbg bentuk ungkapan rasaterima kasih.

JI0913 | 27-00/03

Hilang BPKB BH 6949 Supardi Rt 16Kenali Asam Bawah. Hp. 081366186836.

JI0913 | 27-00/03

KONSULTAN PAJAKSehub dgn fas. Sunset Policy. Andakesulitan mengisi SPT 21, SPT 22, SPT23, menghtng pasal 24, SPT 25, SPTPPn, menghtng devered Tax, dll. Ph.0741-7070726.

JI0913 | 27-27/03

KOST PUTRIKost putri Gg. Buntu I Trnal Rawasari.Hp. 08129180083/08163201769.

JI0913 | 23-06/04

KURSUS PRIVATEKursus privat merakit komputer 7xpertemuan, biaya Rp. 376.000. Fas. CDtutorial, sertifikat, algoritma computer.081366968888.

JI0913 | 25-31/03

M-KIOS & PULSA ELEKTRIKDream Cell. Menerima pndftran M-Kios& Pulsa Elektrik. Pendaftaran gratis &muraah banget. Hp. 085266060708.

JI0913 | 26-27/03

RENTALAGUS RENTAL. Harian, Mingguan,Bulanan. Kjg Krista, Panther, Taft Hi-Line, Grand Vitara, L-200. Ph. 34014/08127481527.

JI0913 | 03-03/04

SH RENTAL. Avanza, Xenia, LGX die-sel, Harian, Mingguan. Ph. 581706/085266116128.

JI0913 | 16-16/04

FAJAR RENTAL. Kijang kapsul, Inova,Harian/Bulanan. Ph. 0741-570519/085266075725.

JI0913 | 25-24/03

MURAH RENTAL. Mbl Innova. Hp. 081274914516/08127838758/64408.

JI0913 | 14-03/04

AMEL RENTAL. Sewakan Kijang LGX,Krista. Harian/Bulanan. Ph. 570502/0816398939/7006836/65551.

JI0913 | 25-24/03

PAMILY RENTAL. Jl. H. Adam Malik RT.3 No. 13. Hub. Yandra KTR 7094410/08 5266922890.

JI0913 | 21-20/04

SAFIR RENTAL. Mnywkn harian, blnan,Kjg Kapsul, Innova, L200, DC Ranger.Hp. 0811740955/0741-63722/7079055.

JI0812 | 24-24/03

JAVA RENTAL. LGX, Xenia, Innova.Harian, Mnggn, Blnn. Hp. 085266749975.

JI0913 | 15-15/04

RnR. Daily/Weekly, interior bersih,terawat. LGXD/Innova, harga flexy. 081366399905.

JI0812 | 05-24/03

CERIA AUTO menyewakan Jam2an, harian, mingguan, bulanan, armada Innova, LGX, Xenia, Panther, Apv. Hp. 08127870210/7048555/085266435778.

JI0913 | 16-16/04

RIZKY RENTAL. Menyewakan Innova,Avanza. Harian/Mingguan. Hp. 085266228224.

JI0913 | 25-02/04

MP RENTAL. Kijang LGX, Kuda. MulaiRp. 200 rb/hr. Ph. 0741-7142806/081366969866.

JI0812 | 27-26/04

ALL NEW JAZZ M/T 08 km 8 rban, silverstone, sound sistem, Rp. 175 jt. Bisacredit (via KKB BCA) bunga 6,25% / 1thn. Ph. 7078899.

JI0913 | 27-01/04

HYUNDAITAHUN 1996

Dijual Hyundai ELENTRA 96, TV DVDvelg rcing. Hp. 081366303900.

JI0913 | 21-27/03

TAHUN 2004Dijual mbl Hyundai ATOZ 04 biru, platBH, pjk s/d 2010. Ph. 9718799.

JI0913 | 23-29/03

I S U Z UTAHUN 1994

Djl cpt PANTHER th 94 BH asli/CD, AC,kdsi prima. 081274667457 (45 jt ng).

JI0913 | 21-27/03

TAHUN 1995Dijual Isuzu PANTHER PU th 95 kond.bgs Ph. 21510/27992/7000277/7020900.

JI0913 | 24-01/04

TAHUN 1996Dijual PANTHER Hi-Grade th 96, AC,double, hijau. Hp. 081366411000.

JI0913 | 24-30/03

Dijual PANTHER mdl Pajero 96, BH, pjkbr, 47 jt. Hp. 085266269949.

JI0913 | 24-30/03

TAHUN 1997Jual cpt BU. PANTHER Hi-Sporty 97BH, PS, PW, hijau, AC double, 61 jt nego. Hp. 081366122148/7142207.

JI0913 | 27-01/04

TAHUN 2005Dijual PANTHER Hi-Grade LS, th 05 wrncoklat muda, hrg ng 132,5 jt. Ph. 0741-7113986.

JI0913 | 27-03/04

J E E PTAHUN 1986

Dijual Jeep CJ-7 Diesel th 86, hrg 50 jt.Hp. 081366556607.

JI0913 | 27-01/04

K I ATAHUN 2001

Dijual KIA PISTO 2001 M/T, Km mshrndah, mls, hrg 64 jt. Hp. 081274039179.

JI0913 | 20-28/03

M A Z D ATAHUN 1990

Interplay 90 mls, AC, PS, PW, EM/VR17/ban 4 bru/pjk bru/STNK 2014/DVD/USB. 081366465746.

JI0913 | 25-31/03

MERCEDES BENZTAHUN 1994

Dijual Mercedes Benz seri C180 th 94full ors, tgn ke 2, kond. sgt mls, BH. Ph.0741-7150222 (merah metalik).

JI0913 | 14-28/03

MITSUBISHITAHUN 1990

Jual Mitsubishi LANCER 90 BH AC PWPS EM rmt 32 jt ngo. Hp. 081539988252.

JI0913 | 21-27/03

TAHUN 1996Dijual PS 120 COLT DIESEL th 96kondisi mulus, plat BH, bak tinggi. Hp.08127437999.

JI0913 | 21-30/03

TAHUN 2000Dijual KUDA GLX th 00 hrg 75 jt. HondaJAZZ th 04 hrg 118 jt, harga nego. Hp.085266892777/7140292.

JI0913 | 15-29/03

TAHUN 2003L-200 DOUBLE CABIN Turbo 03, hrgnego. Hp. 08127406078.

JI0913 | 21-27/03

TAHUN 2004Dijual DUMP TRUCK PS 120 HD 04.LGX 03. FEROZA 94. TAFT GT 4x4 92.KIJANG Pick Up 95. BMW 00. HYUNDAIVERNA 03. Hp. 08127410210.

JI0913 | 22-29/03

TAHUN 2005Dijual cpt L-200 Turbo & 2,8 double cabinth 05. Hp. 08127349830 (tanpa perantara).

JI0913 | 27-29. 03-05/04

N I S S A NTAHUN 2008

GRAND LIVINA 1.5 XV BH th 08, abu-abu metalik. Ph. 33528.

JI0913 | 25-01/04

S U Z U K I

Djl cpt RUKO mewah lok. pasar samp.GSP lb. 26x4M, 3 lt, kmr mandi air pns/dngn, ada bath up mwh. Hp. 0811741009.

JI0913 | 05-05/04

Jl/Sewa RUKO Jl. MH. Thamrin, Jl. DewiSartika, BTN Angso Duo. Ph. 33940/085286359311.

JI0913 | 27-01/04

Dijual cepat RUKO 3 pintu 3 lantai sdhmenyatu/blong, cocok utk kantor, minimarket atau show room lokasi simp. lampu merah psr putih (dpn bengkel Trijaya).Peminat langsung hub. 087896973688.

JI0913 | 21-04/04

T A N A HJl sbdg TANAH 24 Tbk samp. LIA Lr.Cadas pgr jalan besar Telanaipura. Ph.31497.

JI0913 | 21-27/03

Dijual TANAH SHM 87 M x 53 M (45 tbk)lok. Lrg. Laksana Tanjung Lumut, harga12 jt/tbk nego. Hp. 081274997789/085266314545.

JI0913 | 21-26/03

Jual TANAH & RUMAH luas 5 tbk, blkgktr Pos Giro Pasar Baru, Tlg Banjar, hrg410 jt. Nego. Ph. 20337/08127499915.

JI0913 | 27-01/04

Jual cpt TANAH 15 tbk di depan RCTI100 mt dari jl besar, hrg 155 jt nego. Ph.7149203/081312704478.

JI0913 | 24-30/03

Jual cpt TANAH + 12 tbk. /tbk Transito,strategis, hrg nego. Hp. 081372800991.

JI0913 | 08-29/03

DIKONTRAKKANDisewa RUKO 3 lt, Jelutung. Ph. 21510/7008082/ 7000277/ 27992.

JI0913 | 21-31/03

Dikntrkkan RUMAH tipe 43, Puri Mayang,Casablanca. Hp. 081366641875 (siaphuni Juni 09).

JI0913 | 27-27/03

Disewakan RUMAH utk perusahaan lt10 tbk, 4 kmr, Lr. Cadas No. 26 Telanaipura. Ph. 62117.

JI0913 | 24-30/03

DICARI RUKOCr Ruko siap pakai dkt RS Kota Mayang,dana 600-700 jt. Hp. 085664317124.

JI0913 | 21-02/04

TAHUN 1994KATANA 94 GX merah cantik, BH, overcredit 18 jt. Hp. 08127305330.

JI0913 | 20-26/03

TAHUN 1995KATANA 95 GX hitam, PS, VR. Hp.085839315380.

JI0913 | 23-31/03

TAHUN 1996Dijual Suzuki ANGKOT th 96 jurusanPerumnas-Kota Baru. Hp. 08127409142.

JI0913 | 21-27/03

Jl KATANA 96 akhir w. ungu 100% orsnlcat. Ph. 7002700.

JI0913 | 27-01/04

TAHUN 1997Dijual cpt KATANA GX 97 hijau, AC, R/T,VR, mulus. Ph. 0741-7103937.

JI0913 | 27-01/04

TAHUN 2007Over kredit mobil Suzuki APV th 2007.CARRY FUTURA wrn cream. Hp. 085266969876.

JI0913 | 24-30/03

APV GE PS 07 BH silver Rp. 85 jt. Bisacredit (via KKB BCA) bunga 6,25% / 1thn. Ph. 7078899.

JI0913 | 27-01/04

TAHUN 2008APV ARENA GL 08 BH silver Rp. 110 jt,pajak bln 8. Bisa credit (via KKB BCA)bunga 6,25% / 1 thn. Ph. 7078899.

JI0913 | 27-01/08

TOYOTATAHUN 1978

HARDTOP wrn mrh ht, th 78, bnsin, perkeong, BH 1947 A. Ph. 0741-7092 572.

JI0913 | 22-28/03

TAHUN 1994Jual Great COROLLA 94 61,5 Jt, ng.Hp. 085266185122.

JI0913 | 22-28/03

KIJANG GRAND EXTRA 94 abu met,PS/AC dbl/VR 16/bodi kaleng full ors.Ph. 0741-9707177.

JI0913 | 27-01/04

Jual KIJANG pick up th 94 biru, mulus,BH, 45 jt. Hp. 08127305330.

JI0913 | 25-27/03

TAHUN 1995GRAND EXTRA 1.8 95, merah met, PS/PW/dbl blower/audio pioneer/body mls.Ph. 0741-9707020.

JI0913 | 27-01/04

TAHUN 1996Dijual KIJANG LGX th 96 grand 1.8 wrnmrah, BH asli Jambi. Ph. 0741-7015641.

JI0913 | 27-01/04

TAHUN 1997Jual cpt KIJANG SGX Th. 97, BH, hrg83 Jt. Hp. 085266544444.

JI0913 | 22-28/03

TAHUN 2000Jl cpt BU. Toyota CAMRY th 2000, hrgnego. Hp. 081251168678.

JI0913 | 21-26/03

TAHUN 2002Jl KIJANG LGX th 2002, silver, BH, jokkulit, mulus, terawat. Hp. 081366819645.

JI0913 | 24-31/03

Jl KIJANG LGX Diesel th 2002, BH, pjk1 th, sound system, w. silver. Hp. 081366118998.

JI0913 | 27-01/04

TAHUN 2003Jual cepat SOLUNA biru met 03 AC,CD. Hp. 081808218198.

JI0913 | 21-27/03

Toyota KIJANG SGX 03 silver 1.8 bensinRp. 118 jt. Bisa credit (via KKB BCA).Ph. 7078899.

JI0913 | 27-01/04

TAHUN 2004Jual Toyota AVANZA G th 04 Rp. 112 jtnego. Ph. 582575/7040434.

JI0913 | 27-01/04

TAHUN 2005Dijual Toyota ALTIS th 2005 hitammetalik, manual. Hp. 081384891620.

JI0913 | 25-31/03

Dijual KIJANG INNOVA tipe G hitam2005. Hp. 0811740065/0741-7027758.

JI0913 | 25-31/03

INNOVA G 05/06 hitam, bensin Rp. 155jt. Bisa credit (via KKB BCA) bunga6,25% (1 thn). Ph. 7078899.

JI0913 | 27-01/04

Dijual FORTUNER th 2005 wrn silver G,langsung pemilik. Ph. 0741-714112/081274030093.

JI0913 | 25-31/03

TAHUN 2006Dijual AVANZA G th 2006 silver metlk,mulus, nego. Hp. 085266390000.

JI0913 | 24-30/03

Dijual AVANZA G th 06 plat B, hitammetalik, pjk 2010. Hp. 081366044841.

JI0913 | 24-30/03

TAHUN 2007Toyota VIOS type G manual th 2007,wrna silver (trwt, tangan pertama). Hp.087846996232/0741-40538.

JI0913 | 21-10/04

Dijual AVANZA th 07/08 type G VVT-i wnhitam metalik. Hp. 08127838775.

JI0913 | 21-26/03

Djl mbl RUSH th 2007, wrn metalik tipeS, plat BH. Hp. 081274454444 (Hrg 160Jt, bs ng).

JI0913 | 22-28/03

Dijual mobil RUSH th 2007 harga 168 jt,bisa nego. Hub. Ibu Yuli, 08127445444.

JI0913 | 24-30/03

TAHUN 2008Jl NEW AVANZA tipe S w. hitam th 08akhir Jambi asli, full variasi. Hp. 0811744395.

JI0913 | 24-30/03

KREDIT BCA FINANCETAHUN 2000

KARIMUN DLX 2000, plat BH, biru. Hub.Mercyano 228 Mobilindo. Hp. 08127498099/0741-7002598. Kredit via PT. BCAFinance 9% 1 th.

JI0913 | 19-04/04

TAHUN 2001KIJANG SX 2001 up GLX, plat BH, biru.Hub. Pahlawan Mobilindo. Hp. 081274229992/08192581800. Kredit via PT. BCAFinance 9% 1 th.

JI0913 | 19-04/04

TAHUN 2003ESCUDO 1.6 2003 plat D, hitam, mulus,tgn pertama. Hub. Mercyano 228. Hp.08127498099/0741-7002598. Kredit viaPT. BCA Finance 9% 1 th.

JI0913 | 19-04/04

TAHUN 2004HONDA JAZZ plat F, htm low km. Hub.Sukses Mobilindo. Ph. 0741-7555996/081366079888. Kredit via PT. BCA Fi-nance 9% 1 th.

JI0913 | 19-04/04

AVANZA 2004 up 2008 plat BH, silver.Hub. Pahlawan Mobilindo. Hp. 081274229992/08192581800. Kredit via PT. BCAFinance 9% 1 th.

JI0913 | 19-04/04

TAHUN 2005PANTHER SMART 2005 plat BH, silver,128 jt/nego. Hub. Teratai. Hp. 081366597777/0741-7073777. Kredit via PT. BCAFinance 9% 1 th.

JI0913 | 19-04/04

AVANZA G 2005 plat D, silver. Hub. DivaAutomobilindo. Ph. 0741-7083111/0741-7033399. Kredit via PT. BCA Finance9% 1 th.

JI0913 | 19-04/04

INNOVA G 2005 plat B, hitam. Hub.Pahlawan Mobilindo. Hp. 08127422 9992/08192581800. Kredit via PT. BCA Fi-nance 9% 1 th.

JI0913 | 19-04/04

TAHUN 2006AVANZA 2006 VVT-i, hitam, kndsi oke.Hub. Mercyano 228 Mobilindo. Hp.08127498099/0741-7002598. Kredit viaPT. BCA Finance 9% 1 th.

JI0913 | 19-04/04

AVANZA G 2006 VVT-i, plat BH, silver.Hub. Diva Automobilindo. Ph. 0741-7083111/0741-7033399. Kredit via PT.BCA Finance 9% 1 th.

JI0913 | 19-04/04

MOTOR DIJUALDijual Kawasaki NINJA Th. 2008, merahmulus. Balik DP. Hp. 08117406696.

JI0913 | 17-27/03

BUTUH MOBIL ?Ready ! Granmax, Xenia, Luxio, Terios,Serion. DP 13 jt-an. Hub. Fitri, 081366166072/7093833.

JI0913 | 18-07/04

BELI MBL BUNGA RINGANReady ! Xenia, Terios, Luxio, GranmaxMB, Pick Up. DP 13 jt-an. Hub. Nila,081274063978.

JI0913 | 21-04/04

FARREL RENTAL. Avanza, murah,harian, bulanan. Ph. 0741-7137074.

JI0913 | 25-31/03

DEVA RENT. Kijaang, Nissan X-trail. Hub.715882/668085/081274155002.

JI0913 | 22-22/04

PANJI RENT CAR. Avanza, Innova, LGX.Harian, bulanan. Hp. 0813663833 37/0741-7142213.

JI0812 | 13-27/03

DION RENTAL. Mnywkn Kijang LGX,Innova. Harian, Bulanan. Hp. 081366556045/0741-7048421.

JI0913 | 21-20/04

SERVICEMENTARI JAYA . Service AC panggilan/pemasangan AC/pemeliharaan/cuci AC.Ph. 0741-7006537/75512356.

JI0913 | 16-16/04

WARNET DIJUALWarnet dijual dlm keadaan jalan lokasimayang One-Waynet. Ph. 7080501.

JI0913 | 22-28/03

Percepat Stimulus, Pemda Tak Perlu Ubah APBDJAKARTA - Pelaksanaan sti-

mulus fiskal berupa tambahanbelanja negara bisa segera di-

laksanakan. Pemerintah danPanitia Anggaran DPR, denganmempertimbangkan konsulta-si dengan Badan PemeriksaKeuangan (BPK), sepakat un-tuk hanya memasukkan angga-ran stimulus ke kementrian/lembaga. Sehingga meskipunpelaksanaan proyek melibat-kan daerah, anggaran itu tidakperlu masuk ke APBD.

Menkeu Sri Mulyani Indrawatimengatakan anggaran stimulusfiskal yang didaerah tidak bisamasuk ke dalam Dana AlokasiKhusus (DAK). Hal berakibatpada keharusan mengubahAPBD yang dipastikan akanmemakan waktu lebih lama.Revisi APBD paling cepat barubisa selesai Agustus. Sementa-ra stimulus fiskal tambahan be-

lanja negara sudah dicairkanApril. “Penanggung jawabnyajelas, kalau pengguna anggaranadalah kementrian, umpamanyaDepartemen Pekerjaan Umumatau Departemen Perhubungan,ya tetap mereka. Tapi kalau mere-ka bekerjasama dengan pemrin-tah daerah tetap karena itu men-jadi keharusan,” kata Menkeu dikantornya, Rabu (25/3).(jpnn)

Page 14: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Kami Metode yang tepat bagi anda dan mem-punyai sertifikat dari India spesialis mengobatipenyaKit Lemah Syahwat, Impoten, Cepat Ke-Luar , Sperma encer, memperbesar jaka(btg), tidak mempunyai keturunan, Kencingmanis, Sakit pinggang, kurang gairah dalamhubungan suami istri, juga tersedia ramuanambein khusus pria dan wanita tanpa operasidan menghilangkan bau badan pria dan wani-ta. Juga tersedia ramuan untuk memperbesarpayudara

Ramuan ini alami, tanpa efek samping, jangantunda lagi konsultasikan diri anda segera, kami

dapat memberikan kartu garansiJam Praktek : 08.00 s/d 20.00 WIB . praktek setiap

hari, hari libur tetap buka.Hp. 081274377000

NOMOR : 8.422/N.5.3/PAKEM/II/2002

Alamat :Jln. Prof. Dr Sumantri Brojonegoro No. 58Simpang Pulai (Samping Apotik Beradat)

NB : Spesialis mata tanpaoperasi dan kami juga me-nyediakan ramuan untuk pe-nyakit mata min-plus, matamerah, rabun jauh/dekat, ka-tarak, mata berkunang-ku-nang akibat diabetes baikpria maupun wanita muda/tua, yang berkaca

PUSAT PENGOBATAN

TRADISIONAL INDIA

- COBRA SUPER (USA) TL 054515281, MPBdan MPP Venis Pria secara cepat, alami, permanen selamanya

- PENINGGI BADAN (TR. 022514301), Menambah tinggi Hormon Pertumbuhan tulangsehingga menambah tinggi postur tubuh 5 -10 cm.

- LIDA/EASYSLIM (TR RI 862704011486),Kapsul penghancur lemak, langsingkan perut,paha dan seluruh tubuh, 100% natural danaman.

- PENGGEMUK BADAN (TR RI 024516871),Tablet spesial penggemuk badan, penambahnafsu makan badan anda lebih gemuk dan macho.

- HAI MHA JIANSHEN/ TR. RI 953476411,Mencegah ejakulasi dini, menyehatkan ginjal,lemah syahwat, impotent dan menambah

stamina.- PROCOMIL SPRAY FROM GERMAN Spesial spray tahan lama, berulang-ulang.- BREAST CREAM / TB. VACUM (TR. 1007

490091), Cream payudara bikin payudara besar, kencang, montok dan berisi.

KHUSUS UNTUK MEMPERBESAR,PANJANG DAN PERMANEN

VACUM HANSAP

ANTAR KE ALAMAT GRATIS (DALAM KOTA)

“SIMSON” SIMPANG KAWATJl. Hos Cokroaminoto 42 Sp. Kawat

(Samp. Terminal Lama) Telp. 669652 Jambi

hal 14

JUMAT, 27 MARET 2009 Jambi Independent

Page 15: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

!!!!! [email protected] nnnnn ECERAN: Rp. 3.500,-

Jambi Independent JUMAT, 27 MARET 2009

SIUPP: No.169/SK/Menpen/SIUPP/A, tanggal 26 April 1986Alamat Redaksi/Sirkulasi/Iklan:

Graha Pena Jambi Jl. Jenderal Sudirman No 100 ThehokKota Jambi

Telp Redaksi 0741 35272, Faks 0741 35267;Iklan/Pemasaran 0741 23330, 35265, Fax 0741 23740

Perwakilan Jakarta: Graha Pena Jakarta,

Perintis: H Syamsul Watir (alm), General Manager: Ali Fauzi, Wakil General Manager/Pemimpin Perusahaan: Dulpiah, Pemimpin Redaksi: Joni Rizal, Redaktur Pelaksana: M. Surtan, Paisal Khumar, KoordinatorLiputan: Paisal Khumar, Redaktur: Asriadi, Darmanto Zebua, Joni Rizal, M. Surtan, Paisal Khumar, Staf Redaksi: Alpadli Monas, Fachrul Rozi, Risza SB, Surya Elviza, Deddy Rachmawan,Finarman, Siti Masnidar,Yusnaini Copy Editor: MH. Abid, Fotografer: Aldino, Rolanda Hasibuan, Eddy Junaedy, Event Organizer: Fitrilidia, Sekretaris Redaksi: Eniwati, Grafis/Ilustrator: Djatmiko, Wartawan di Daerah: Chandra Purnomo(Tanjab Barat), Musrip Hulaimi (Tanjab Timur), Franciscus (Muarojambi), Lukman Hakim (Batanghari), Bangun Santoso (Tebo), Dwi Setyowati (Bungo), Nova Diansyah (Merangin), Herma Yulis (Sarolangun), Sepriyono(Kerinci), Wartawan Jambi Independent di luar negeri lewat Jawa Pos News Network (JPNN): Ramadhan Pohan (Washington DC), Dany Suyanto (Hongkong), Nurani Susilo (London). Bagian Pracetak: SafarudinAris, Ishak, Adam Surata, Asep Syaefudin . Bagian Iklan: Illah Rohilah (Kabag), Munawir (Wakil Kabag), Etika Utama (Desain), A Ridwan, Wita. Bagian Pemasaran: , Jumeidi Chairul (Koordinator), Tareju, Sarjono, AbdulAziz . Sirkulasi: Hamsir, Aris. Bagian Keuangan: Novita KS (Accounting), Megawati (Kasir), Liza Elvistia, Bagian Umum & Personalia: Soleh Rofiki (Kabag), Rusanna Watir, Edi Erlani, WahyuHarga Langganan: Rp 87.500,- per bulan (dalam kota), Harga Eceran: Rp 3.500,- (Luar kota tambah ongkos kirim). Tarif Iklan Umum/Display Hitam Putih: Rp 30.000,- per mm kolom, Iklan Full Colour: Rp 40.000,-per mm kolom, Iklan Full Colour Halaman 1: Rp 92.000,- per mm kolom, Iklan Baris: Rp. 9.000 per baris. Nomor Rekening PT Jambi Independent Press; BNI Cabang Jambi No: 0069879445, BCA Cabang Jambi:119.1327000, Danamon Cabang Jambi: 008251019, BII Cabang Jambi : 3564.Penerbit: PT Jambi Independent Press, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris : Ny Hj Miarni S Watir, Ny Hj Sri Nurbani Retno Watir, Dwi Nurmawan, Direktur Utama: H Suparno Wonokromo, Direktur: Ali Fauzi.Percetakan: PT Jambi Press Intermedia. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

ppppp Wartawan Jambi Independent dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita ppppp Wartawan Jambi Independent dibekali ID card/surat tugas yang selalu dikenakan saat bertugas

Harian Pagi Jambi Independent

Bajak Laut KembaliBeraksi

Kepada Yth instansi terkait. Pak,tolong kawasan perairan di Jambidari bajak laut. Karena baru-baru iniada bajak laut yang ditangkap. Ituartinya, mereka mulai beraksi lagi.

08136692xxxx

0812-707-20474

LINTLINTLINTLINTLINTASASASASAS

Penjelasan PosAngkatan Laut Jambi:

Terima kasih. Yang akan dilakukan TNI ALuntuk bisa menjaga perairan Provinsi Jambidari bajak laut, adalah terus melakukan pa-troli rutin setiap hari. Saya dan anggota terusmelakukan patroli baik siang maupun malam.Dalam patroli, kita menurunkan empat anggo-ta bersenjata lengkap.

Saat ini TNI mempunyai enam pos, masing-masing di Kampung Laut, Muarasabak, NipahPanjang, Talang Duku, Simpang Tuan, danPusat AL di Kualatungkal. Fasilitas kita sudahmemadai dari senjata maupun kapal patrolidengan kekuatan mesin cepat.(can)

Letda Irwanto,Komandan Pos Angkatan Laut

Tangkap PengedarNarkoba

Warga Keluhkan Hasil Try-Out UN SMP

Kondisi Desa Sungai Limau Memprihatinkan

RENDAHNYA hasil try out Ujian Nasional (UN)di beberapa sekolah, setidaknya membuat resahwarga. Khususnya para orang tua. Betapa tidak,di sejumlah sekolah, persentase kelulusan hasiluji coba UN jauh di bawah nilai 100 persen.

Di SMPN 2, misalnya. Di sekolah itu, keberhasi-lan siswa saat try-out hanya 50 persen. SMPN 18sedikit lebih baik. Hasil try-out yang mereka ge-lar hanya berhasil meluluskan 62,5 persen siswa.SMPN 14, dua kali try-out yang diselenggarakansekolah, persentase kelulusan tak mencapai 50persen.

Melihat kondisi ini, warga mempertanyakanupaya pemerintah yang dalam hal ini adalah Di-nas Pendidikan Kota Jambi, dalam mengantisipa-si hasil tersebut.

“Kepada Yth Dinas Pendidikan. Pak, apa yangbisa dilakukan oleh dinas supaya pelaksanaan UNnanti bagus. Mohon penjelasannya,” demikian isiSMS dari nomor handphone 08526623xxxx yangmasuk ke meja redaksi Jambi Independent.

Dikonfirmasi, Sekretaris Dinas Pendidikan KotaJambi, Azharudin Sabri mengatakan, pihaknyaakan terus melakukan pembinaan terhadap paraguru, untuk membimbing anak didiknya dalamrangka menghadapi UN nanti. “Ya, kita akan laku-kan pembinaan terhadap guru-gurunya. Toh se-cara resmi kita belum lihat hasil try-out itu,”tandasnya.(dra)

DO

K/JA

MB

I IND

EP

EN

DE

NT

Terima kasih. Polisi memangterus melakukan pemantauandan operasi di daerah-daerahrawan penggunaan dan pereda-ran narkoba. Kami juga memin-ta kerjasama masyarakat, den-gan memberikan informasi kepa-da polisi.

Informasi ini tentu akan kamitindak lanjuti, dan tentunyadengan melindungi identitasyang memberikan informasi. (*)

AKBP Syamsudin Lubis,Kabid Humas

Kepada Yth KapoldaJambi. Pak, kami sa-ngat mendukung jikabapak terus menang-kap i para pengedarnarkoba di Jambi ini.Terima kasih.

08526651xxxx

DOK/JAMBI INDEPENDENT

GANJA: Tersangka dan barang bukti berupa ganja yang berha-sil diamankan polisi.

AL

DIN

O/JA

MB

I IND

EP

EN

DE

NT

PenjelasanPolda Jambi :

MEMPRI-HATINKAN:

Kondisijembatan

yang sudahsangat

mempri-hatinkan.

TRY OUTPelaksa-naan TryOut UNtingkat SDbeberapawaktu lalu.

Kepada Yth anggota DPRDMerangin. Kami warga DesaSungai Limau, Merangin, me-minta agar pemerintah lebihmemperhatikan kondisi desakami. Banyak fasilitas yangtidak diperhatikan.

081174xxxx

Merangin:Terima kasih, kita telah mengecek

langsung ke lapangan. Dan emangbenar apa yang telah dilaporkan ma-syarakat. Keberadaan desa tersebut,bisa dibilang luput dari perhatianPemkab Merangin.

Hasil ini akan saya koordinasikandengan Bupati Merangin. Mudah-mudahan keterpurukan Desa SungaiLimau dapat segera terobati denganberbagai pembangunan.(ctr)Penjelasan

DPRD Fauzi Yusuf,Wakil Ketua DPRD Merangin

Page 16: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

JUMAT, 27 MARET 2009 Jambi Independent

IMPRESSION

Imigrasi Amankan 7 Warga Afganistan------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- dari hal 1Ketujuh warga negara asing

(WNA) asal Afganistan yangdiduga masuk ke Jambi secarai legal i tu masing-masingMuhammad Zaki (22), wargaKota Malistan; Hamidullah(30) warga Kota Zauhri; Mus-lim Sujad (30), warga KotaDaikundi; Kosim (25), wargaKota Zauhri; Ismatuloh (28).warga Kota Crazniz; Muham-mad Yaqub (29); dan SatwathCriznip (33).

“Mereka kita amankan kare-na t idak memil iki paspor.Tapi kita belum bisa memas-tikannya,” kata Kepala Kan-tor Imigras i Jambi AgusMustar i kemar in (26/3) .Menurut dia, dari pengakuanketujuh orang itu, mereka be-rasal dari Afganistan.

Agus menjelaskan, pihaknyamengamankan ketujuh WNAitu setelah mendapat laporan

dari pihak Bandara Sul tanThaha. Ketujuh orang terse-but dibawa ke Ruang Deten-simigrasi. “Ketika ditanyapaspor atau identitas lain,mereka t idak bisa menun-jukkan. Menurut pengakuanmereka, paspor sudah dibuangkarena habis masa berlaku,” ka-tanya.

Menurut Agus, dari hasil inter-ogasi, terungkap ketujuh WNAitu sudah berada di Indonesiaselama dua bulan. Mereka men-gaku awalnya memiliki paspor.Namun karena waktu yang ter-tera di paspor hanya satu bulan,sementara mereka sudah lebihdari tenggat itu, paspordibuang. “Mungkin karenatakut,” katanya.

Ketujuh warga Asal Afgani-stan itu masuk ke Jambi mela-lui jalur laut. “Mereka dariBatam (Provinsi Kepulauan

Riau) menuju Kualatungkal(Tanjab Bara t ) meng-gunakan feri. Kemudian dariKualatungkal mereka meng-gunakan travel ke Bandara.Itu keterangan dari mereka,”beber Agus.

Selain tidak memiliki doku-men, ketujuh WNA itu jugamemberikan keterangan berbe-lit-belit. Parahnya lagi, dari tu-juh orang itu, hanya satu yangmenguasai bahasa Inggris,yakni Muhammad Zaki.Selebihnya bahasa negara mere-ka. Menurut Agus, awalnyamereka mengaku keberadaanmereka di Indonesia untuk ber-wisata.

Namun ketika kembali ditan-yai, Zaki mengaku ke Indone-sia untuk mencari pekerjaan.Menurutnya, saat ditanya petu-gas, dia dan rekan-rekannya keIndonesia karena negara mere-

ka dalam keadaan perang dankacau. Karena itu, pemuda den-gan perawakan tinggi besar itumereka memilih ke Indonesiadengan harapan mendapatkanpekerjaan.

Rencananya hari ini (27/3)pihak Imigrasi Jambi akan me-meriksa ke tujuh WNA terse-but. “Nanti akan ketahuan dariBAP (berita acara perkara, red)-nya,” ujarnya. Setelah itu, pi-haknya akan berkoordinasidengan Rumah Detensimigra-si Pekanbaru. Ruang Deten-simigrasi di Jambi merupakancabang Pekanbaru. Pihaknyajuga telah berkoordinasi den-gan International OrganizationImmigration (IOM).

Di luar pengakuan ketujuhWNA itu, Agus menduga adayang bertindak sebagai penam-pung mereka. “Saya curigamereka akan dikirim ke Austra-

lia sebagai pekerja. Itu pasti adayang menampung. Tapi kitalihat saja hasilnya besok, dariBAP-nya,” katanya. Agus men-gatakan, ketujuh WNA itu me-langgar UU Keimigrasian No-

631 Orang Mati Masuk DPT ------------------------------ dari hal 1

mor 9 Tahun 1992.Meski terancam dideportasi,

ketujuh WNA itu terlihat ten-ang saat berada di dalam ru-ang Detensimigrasi. Salahseorang dar i mereka juga

mau ket ika diaja k b e r k o -munikas i . Namun ka renat idak bisa berbahasa Ing-g r i s , m e r e k a h a n y amelambaikan tangan tandatak mengerti.(rib)

Jumlah pemilih sah ProvinsiJambi turun dari 2.091.673menjadi 2.086.780. Ada selisih4.893 pemilih. Data terbaru itudivalidasi KPUD Provinsi pada5 Maret 2009 dan disahkanKPU pusat. Namun DPT 5 Marettersebut pun ternyata tidak val-id.

Selain di Kota Jambi, JambiIndependent juga menemukandata kejanggalan daftar pemil-ih di Merangin. Sepanjang tang-gal 10 sampai 26 bulan ini, ter-data setidaknya 2.418 pemilih“aneh”.

“Sebanyak 1.985 di antaran-ya terindikasi sebagai pemilihganda, 395 pemilih di bawahumur, dan 38 pemilih ber-masalah lainnya,” ujar anggo-ta Panwas Merangin, Hapis, ke-marin.

Anggota Panwas Meranginlainnya, Ikhwan Firdaus, men-jelaskan bahwa data pemilihbermasalah itu mereka temukandi 24 kecamatan di Merangin.“Sayang, persoalan itu belummendapat tanggapan seriusKPUD Merangin,” ujat Ikhwan.

Di Sarolangun, Panwas men-emukan sebanyak 20 pemilihganda. Anehnya, di antara yangdatanya ganda tersebut, justrujuga tercatat nama orang yangtelah meninggal dunia. “Sayaheran,” ujar Ketua Panwas Sa-rolangun, M Paisol.

Sepertinya KPUD ProvinsiJambi tidak mengetahui bany-ak soal temuan terakhir terse-but. Itu terbaca dari pernyataanKoordinator Pokja Sosialisasidan Pemutakhiran Data Pemil-ih KPUD Provinsi Jambi, Nu-

raida Fitri Habi. Menurutnya,DPT termutakhir tidak ber-masalah. “Kita sudah cek se-muanya dari semua kabupatendan kota,” jelasnya.

Berbeda dari Fitri , KetuaKPUD Kota Jambi Ratna Dewimengakui sudah tahu adanyatemuan terbaru oleh Panwas.Menurutnya, cukup sulit me-mantau adanya pemilih yangmeninggal dunia.

Menurut dia, bila dihitungsejak November 2008, bisa sajaorang meninggal dunia seban-yak itu. Pernyataan itu menge-sankan KPUD Kota tidak me-lakukan verifikasi lagi sejakPanwas Provinsi Jambi mene-mukan kesalahan pada Febru-ari 2009.

Ketua KPU Merangin Barlefmengaku menghormati temuanPanwas. Namun dia terkesanenggan mengutak-atik DPTlagi. “Kendati ada laporan Pan-was, kuat kemungkinan DPTMerangin tidak akan berubahlagi,” ujarnya.(*/dilengkapiSiti M dan Herma Y)

Page 17: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

07 30 I Gosip Pagi08 00 Selamat Pagi09 00 Meteor Garden10 30 On The Spot11 30 Redaksi Siang12 00 I Gosip Siang12 30 Bocah Petualang13 00 Laptop Si Unyil13 30 Jalan Sesama14 00 Cita-Citaku14 30 Tom & Jerry Tales15 00 Scooby's All Star

Laff'a-Lympics15 30 Asal - Usul16 00 Jejak Petualang16 30 Redaksi Sore17 00 I Gosip News17 30 Petualangan Liar18 00 Happy Hour18 30 On The Spot Malam20 00 OKB21 00 Bukan Empat Mata

06 30 Go Spot07 30 Si Doel Anak

Sekolahan09 00 Dahsyat11 00 Silet12 00 Seputar

IndonesiaSiang

12 30 Sergap15 00 Cek & Ricek15 30 Mata-Mata16 30 Minta

Tolong17 00 Seputar

Indonesia17 30 Tarzan

Cilik18 00 Nikita19 00 Sekar20 00 Alisa21 30 Rafika22 30 Coblos Cinta

07 30 Deri ngs09 00 Ceriwis Pagi Manis10 00 Wisata Kuliner10 30 Jelang Siang11 00 Insert12 00 R eportase

Siang12 30 Dorce Show13 30 Missing Lyrics14 30 Kroscek15 00 Jelajah15 30 Topsert16 30 Makin Gaya17 00 Reportase Sore17 30 Insert Sore18 00 Suami Suami

Takut Istri19 00 Bioskop

Indonesia21 00 Bioskop

TRANSTV01 00 Reportase Malam

07 00 Dink07 30 Simba The King Lion09 00 Espresso11 00 Berbagi Cerita11 30 Topik Siang12 00 Tawa Sutra13 00 Star Kids13 30 Transformers

Galaxy Force14 00 Justiriser14 30 All New Popeye15 00 Klik!16 30 Tangkap!!!17 00 Topik Petang17 30 Hari Yang Aneh18 00 Cuplikan Lucu19 00 Lajang19 30 Numpang Idup20 00 Cagur Naik Bajaj21 00 Tawa Sutra Bisa Aja22 30 4 Lawan Satu23 30 Mata Rantai

07 30 Inbox09 33 Halo

Selebriti10 00 Para Pencari

Tuhan 212 00 Liputan 6

Siang12 30 Kasak

Kusuk13 30 Backstreet14 33 Playlist15 30 Kepompong16 33 Food Court17 30 Liputan 6

Petang18 00 Cinta Bunga 219 00 Melati Untuk

Marvel20 03 Cinta Fitri 321 30 Cucu

Menantu22 33 Gala Sinema

07 30 Fairly Odd Parents08 00 Transformers08 30 Dancouga Nova10 30 MTV Ampuh12 00 SineTV

Motorku Antik,Cewekku Cantik

13 30 Cari-Cari Pacar14 00 Garasi14 30 Masak Yuk16 00 Sentuhan Kasih

Khatolik16 30 Berita Global17 00 Big Movies

Super BabbiesBabbies Genuises II

19 00 Abdel & TemonBukan Superstar

20 00 Grand FinalPop MieCheerleadance

21 30 Big Movie

*ACARA TELEVISI SUATU WAKTU DAPAT BERUBAH TANPA PEMBERITAHUAN DARI PIHAK TVC A T A T A N:

06:00 Selamat PagiNusantara

07:00 Sinegolek07:30 Varia Anak08:00 Silang Presiden

Harteknas10:00 Berita Nusantara11:00 Untukmu Ibu

Indonesia12:00 Berita Siang13:00 Dialog

InformasiSeputarParlemen

14:00 PerempuanBerkarya

15:00 Bahasa Indonesia17:00 Fisika Itu Mudah18:00 Ormas

Kebangsaan19:00 Berita Nasional22:30 Indonesia Bisa

07 00 Pokemon08 00 Detective

Conan08 30 Ryukendo09 00 Dragon Ball10 00 Naruto

Shippuuden11 00 Bleach12 00 Ben 1012 30 Fokus Siang13 00 Layar Indonesia

Mawar Tak Berduri15 00 Sinema Keluarga

Lutung Sakti17 00 Tasbih

Cinta18 00 Muslimah19 00 Jihan20 00 Sinema Utama

Maaf untuk Mama00 00 Seven

Swordsman

07 05 Indonesia Morning07 30 Metro Xin Wen08 05 Healthy Life09 05 Election Update Pagi10 05 Kreasi10 30 The Interview11 05 Expedition11 30 Megapolitan12 05 Metro Siang13 05 Sports Club13 30 Metro 10 - 1014 05 Metro Realitas14 30 Election Update Sore15 05 Bisnis Hari Ini15 30 Public Corner16 05 Metro Files17 05 Discover Indonesia17 30 Metro Hari Ini19 05 Partai Bicara Special20 05 National Geographic21 30 Auto Zone22 05 Today's Dialogue

06 00 Sidik Pagi06 30 Kassel - 207 00 Layar Pagi09 00 Layar Asyik11 00 Extreem Idola11 30 Sidik12 00 Lintas

Siang12 30 Go Show - 213 00 Layar

Hidayah15 00 Layar Asyik16 30 Lintas - 517 00 Sinema

Legenda18 30 Afc Champion

League 200921 00 Afc Cup 200923 00 Sinema

Malam00 30 Lintas Malam01 00 Galaxy

06 30 Apa Kabar Indonesia08 30 Bunga Rampai09 00 Kabar 909 30 Kabar Pasar10 00 Documentary One 111 00 1001 Dunia12 00 Kabar Siang13 00 Khatulistiwa13 30 Expose14 00 Documentary One 215 00 Kabar 1515 30 Kabar Pasar16 00 Kerah Putih16 30 Tertangkap Kamera17 00 Kabar Pemilu17 30 Kabar Petang19 00 Interview Politik19 30 Uji Kandidat20 30 Telusur21 00 Apa Kabar Indonesia22 00 Jakarta Lawyer's Club23 00 Nama dan Peristiwa

Jambi Independent Informasi Dunia Hiburan Terkini JUMAT, 27 MARET 2009

Apa Kata Marissa Nasutionyang Ogah Dijuluki Seksi"Saya sih biasa-biasa saja dan tidakpernah merasa seksi," kata Marissa

saat ditemui di Sarinah, JakartaPusat, belum lama ini. Jarang diet

juga sih karena saya tidak mau me-nyiksa diri," ungkap VJ MTV ini.Kalau diubah-ubah itu namanyatidak bersyukur. Saya tidak mau

operasi plastik,"

THE CHANGCUTERS

EksisDalam

Gelap &Terang

LAUDYA CYNTHIA BELLA

Malas DandanDALAM setiap penampilan,

Laudya Cynthia Bella selalucantik dengan riasan make up.Sebenarnya, mantan pacarAnanda Mikola ini tak sukadandan. Dia risih bila harusbermake up tebal.

"Aku enggak betah kalau pa-kai make up tebal, kayaknyagimana gitu. Paling aku pakaimake up khusus buat syutingsaja. Itu juga karena terpaksa,"tutur artis yang akrab disapaBella ini saat ditemui di StudioRCTI, Kebon Jeruk, JakartaBarat, Selasa (24/3/2009).

Bella mengaku, jarang pergike salon ataupun ke dokter ku-lit. Bila ada waktu libur syut-ing, dia lebih sering istirahatdi rumah. "Kalau jerawatan,baru aku suntik ke dokter. Teta-pi kalau tidak, mending istira-hat saja atau kumpul sama te-man," ungkapnya.(*)

○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

KEMBALI hadir dengan al-bum terbaru bertajuk 'TheChangcuters & Misteri Kala-jengking Hitam'. Nama itu dip-ilih karena The Changcutersingin menampilkan sisi gelapdan terangnya kehidupan.

"Hitam itu adalah simbol yanggelap. Jadi, di sini kita meng-gambarkan sisi gelap kehidu-pan. Yang gelap itu kala-jengking dan yang terang ituThe Changcuters," kata Tria,vokalis The Changcuters, saatditemui di La Piazza, KelapaGading, Jakarta Utara, Rabu(25/3/2009).

Menurut grup band asal Band-ung ini, album tersebut berisi-kan lagu-lagu yang mencerita-kan petualangan.

"Album ini seperti petualan-gan buat kita. Jadi, biar kitajuga lebih wild," tutur pria yangsedang menjalin hubungandengan Tyas Mirasih ini.

Dalam pembuatan album ini,The Changcuters tidak mene-mukan kesulitan berarti. Mere-ka sangat menikmati prosespembuatan album.

"Biasa saja sih, cuma men-gumpulkan materi dan reka-man," tandasnya.(*)

Page 18: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi IndependentJUMAT, 27 MARET 2009

SURYA ELVIZA, Kota Jambi

KOKOKOKOKOKOKOKOKOKO

Pengasuh: Rosefina

Bangga denganGedung Baru

PRIA bernama Erdiyanto ini paling sibuk saatperesmian Gedung Vipassana dan SekretariatMaghabudhi yang digelar pada Minggu (22/3). Maklum, saat itu pria yang berstatus sebagaidokter tersebut dipercaya sebagai ketua panitiayang tentu membuatnya sibuk beberapa harimenjelang peres-mian. Apalagi pa-da saat hampir ber-samaan, Vihara Ja-yamanggala jugadipercaya sebagaitempat berkum-pulnya para bikuyang tergabungdalam SanghaTheravada Indo-nesia dari seluruhIndonesia untukmenggelar rapatpimpinan yang di-gelar tiga kali dalam setahun. “Kita berusahamelakukan yang terbaik dengan kerja samasemua pihak,” bebernya.

Erdiyanto mengatakan, dengan berdirinyaGedung Vipassana dan Sekretariat Maghabu-dhi, umat Buddha Kota Jambi diharapkan se-makin aktif menggelar kegiatan yang bisadipusatkan di gedung di kawasan LebakBandung tersebut. “Tentu diharapkan ge-dung ini akan sangat bermanfaat sekalibagi umat Buddha, baik untuk sembahyangmaupun menggelar berbagai kegiatan sepertisekolah minggu Buddhis, kegiatan kepe-mudaan, dan kegiatan lainnya yang ber-manfaat,” bebernya.

Erdiyanto sangat bangga dengan berdirinyagedung yang menjadi kebanggaan umat Bu-ddha itu. Apalagi gedung itu dibangun atasprakarsa dan kepedulian umat berdana. “Ataskerja sama dan keikhlasan para umat, akhirnyagedung ini bisa dibangun dengan baik,dilengkapi ornamen yang mencirikan budayaJambi,” bebernya. (viz)

Hari Pertama, Cengbeng SepiPuncaknya pada 5 April banyak warga Tionghoa yang datang

melakukan sembahyang pada leluhurmereka,” kata seorang anggota panitiadari Yayasan Kesejahteraan Sentosa(YKS).

Dari pantauan Jambi Independent dilokasi Permakaman Pal 7, jumlah war-ga Tionghoa yang hadir tidak terlaluramai. Waktu ritual Cengbeng yangdisediakan mulai dari pukul 06.00hingga 14.00 WIB. Hanya saja sudah

terlihat satu posko bertuliskan“Posko Keamanan Cengbeng”tepat di pusat permakaman.Tidak hanya panitia yang ter-lihat sibuk, tetapi juga bebera-pa petugas pembersih makamdan tim keamanan dari pihakkepolisian. Meskipun cuacacukup terik, tidak menghalangimereka untuk tetap membersih-kan makam dan membakarrumput-rumput yang sudahmulai mengering. Sebagian be-sar lokasi permakaman telahbersih dari ilalang yang biasa-nya menjulang tinggi hinggamenutupi makam.

Permakaman yang terletak diJalan Pattimura itu tersusunrapi. Terlihat sekali bahwa per-

makaman tersebut dikoordina-si dengan sangat baik. Itu ter-lihat dari cara mereka menen-tukan letak masing-masing ma-kam sehingga para penziarahpun tidak merasa bingung saatakan menggelar sembahyang ke-pada para leluhur mereka.

Menurut Wang Suwandi, sek-retaris panitia sembahyangCengbeng, persiapan telah di-lakukan jauh-jauh hari, sehing-ga warga Tionghoa cukup men-gambil karcis kebersihan yangdisediakan di beberapa ya-yasan. “Panitia tidak hanya adadi yayasan, tetapi juga lang-sung stand-by di lokasi per-makaman. Biasanya pas dekat-dekat 5 April baru banyak yang

datang,” bebernya.Untuk diketahui, Cengbeng

merupakan tradisi menghor-mati leluhur yang digelar seka-li setahun. Mereka juga me-miliki kepercayaan bahwamenghormati para leluhur yangtelah meninggal dengan tatacara dan waktu yang tepat.“Tidak boleh dilakukan sem-barang waktu. Harus di waktuyang tepat yang disesuaikandengan tanggal lahir dan tang-gal mereka meninggal. Jadimereka yang akan menggelarCengbeng juga bisa memilihwaktu yang tepat mulai hari ini(26 Maret, red) hingga pun-caknya nanti 5 April,” ujarAsiang. (viz)

JAMBI - Warga Tionghoa mulaimenggelar ritual Cengbeng kemarin(26/3). Pada hari pertama itu, wargayang datang tidak terlalu ramai. Itukarena waktu untuk menggelar Ceng-beng masih cukup lama. Puncak Ceng-beng yang jatuh tepat pada 5 April2009 digelar dari 26 Maret hingga 5April. “Hari pertama ini tidak terlalu

Suhaidin, 23 Tahun Menjadi Pembersih Makam Setiap Cengbeng

Membawahi 60 MakamSuhaidin merupakan satu dari

puluhan warga non-Tionghoa yangikut serta dalam upacara Cengbeng.

Hanya saja mereka menjadikanritual sembahyang dan menghornati

leluhur tersebut sebagai tambahanrezeki yang hanya datang sekalisetahun. Menariknya, pria 56 itu

telah 23 tahun menekuni pekerjaantersebut.

DI lokasi Permakaman Pal 7 seluas seki-tar 7 hektar, terlihat lima orang duduk san-tai di bawah pohon cukup rindang. Mere-ka sedang berbincang-bincang sambilberistirahat karena cuaca cukup terik se-kitar pukul 10.00 WIB kemarin (26/3).Salah satu dari mereka adalah Suhaidin,petugas pembersih makam yang sedangbersenda gurau dengan beberapa panitia.Mengenakan peci putih, Suhaidin ke-mudian menceritakan pengalamannyayang sudah 23 tahun menjadi pembersihmakam Cina setiap kali Cengbeng digelar.“Itu sudah menjadi kegiatan saya setiaptahun. Sekali setahun saya pasti ikut mem-bersihkan makam Cina di sini,” ujarnya.

Setiap tahun, pria yang lebih akrab di-sapa Pak Cuak itu menjadi koordinator ke-bersihan di 60 makam. Jadi dimulai 10Maret lalu, Suhaidin mulai mengangsurpekerjaannya membersihkan 60 makamyang telah menjadi tanggung jawabnya.“Saya juga melibatkan anak-anak untukmembantu saya di sini,” ujarnya.

Sehari-hari bapak dua anak itu menjadipedagang ikan di Pasar Keluarga. SelamaCengbeng digelar, sang istri tercinta meng-gantikan pekerjaannya di pasar untuk semen-tara. “Kita bagi-bagi tugas dulu. Sementara inisaya bersih-bersih dulu, setelah Cengbengnanti baru saya kembali ke rutinitas sayasemula,” beber pria yang saat ini bertempattinggal di kawasan Bagan Pete itu.

Pria kelahiran 23 September 1953 terse-but mulai menceritakan bagaimana diri-nya pertama kali menjadi petugas keber-sihan saat Cengbeng digelar setiap tahun.Sekitar 23 tahun lalu, Suhaidin bertempattinggal di sekitar Permakaman Pal 7. Be-berapa penduduk yang bertempat tinggaldi lokasi permakaman banyak yang ber-profesi sebagai pembersih makam. “Sayaminta sama pak RT saat itu agar saya jugabisa menjadi petugas kebersihan. Saya pundiberi tanggung jawab membersihkan be-berapa makam dan hal itu masih berlang-

sung hingga saat ini,” kenangnya.Selama menjadi pembersih makam, Su-

haidin tidak pernah merasakan hal-halganjil atau hal berbau mistik. “Bahkansaya pernah selama sebulan tinggal dantidur di lokasi permakaman ini. Tidak adaketakutan sama sekali dan alhamdulillah

hingga saat ini semuanya baik-baik saja,”ujarnya. Menurutnya, rezeki yang didapatsetiap kali Cengbeng digelar cukup untukmenambah biaya memenuhi kebutuhan se-hari-hari mereka. “Yah, cukuplah untuk ma-kan. Saya juga tidak mematok harga. Berapapun yang mereka berikan, saya terima. (*)

REZEKI TAHUNAN:Suhaidin yang sudah 23tahun menjadi pember-sih makam setiap ritual

Cengbeng digelar.

MASIH SEPIALDINO/JAMBI INDEPENDENT

Salah seorang petugas kebersihan sedang membersihkan makam. Pada hari pertama Cengbeng, warga Tionghoa masih sedikit yang menggelar ritual.

Erdiyanto

ALDINO/JAMBI INDEPENDENT

Page 19: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

BIY

PUNYA KISAH?

Siswa SMA/SMK dan MA serta mahasiswa juga dapatberbagi kisah gaul dan pengalaman menarik, unik danberharga lewat tulisan di Bianglala! Tulisan kamu harussesuai tema minggu depan:

Korban IklanModel Tas

Ungkapkan Rasa Meski Tak JadianKetemu Teman LamaKu Tunggu Jomblo mu

Panjang tulisan tidak lebih dari 1 halaman kuarto dike-tik dengan spasi 1,5. Tulisan harus diterima Bianglalapaling lambat pada 30 Agustus 2008 di Lantai II GrahaPena Jambi (Kantor Jambi Independent) Jalan Jender-al Sudirman No. 100, Thehok, atau kirim melalui [email protected]. Sertakan foto (dilarangpakai pas foto) sertai, biodata lengkap dengan alamatsekolah atau kampus dan alamat rumah.

The Crew

USIA JENIS KELAMIN

JUMLAH RESPONDEN

PENDIDIKAN

COWOK 20 %

CEWEK 80 %

100 Siswa dan Mahasiswa

Perguruan Tinggi di Jambi

S1 30 %

SMA 70 %

13-15

tahun

(11,90 %)

16-18

tahun

(79,77 %)

19-21

tahun

(8,33 %)

JUMAT, 27 MARET 2009

[email protected]

Minul-Palcomtech

Opi-SMA Unggul Sakti

Ika-SMAN 6

Riko-Stephen

Mytha- nusantara

Diana-Poltekkes

Dini-PGRI 2

Fery-Ferdi Feri

Manda-PGTK

Cholida -MAN Model

Minul-SMAN 8 Manda-PGTK

Keliling KotaNYOBAIN tempat baru…Asik tuch…lebih

banyak info en ketemu orang banu. Nech, Biykasih tip biar sobat bisa nemuin tempat barudengan mudah.

1. Cari Info Sebanyaknya. Kumpulkan infor-masi sebanyak mungkin. Baca Koran, liatspanduk en kalau perlu search di internet.

2. Keliling Kota. Perhatikan satu persatu tem-pat baru yang ada di sekitar daerah sobat. Ka-lau ada langsung masuk aja, kalau belum ada,tetap tancap gas cari yang laen.

3. Bangun Sendiri. Kalau enggak ada lagi tem-pat baru, ajak nyokap en bokap bangun lokasibaru yang lebih keren. Bisa digunakan sebagaitempat bersantai ria. (viz)

FUN TAK TIK

ASEP

THINK IT

PROFIL

Banyak PilihanSaat ini, cukup banyak bangunan baru

ataupun tempat yang bisa dijadikan se-bagai pilihan untuk bersantaiataupun menghabiskan waktu den-

gan keluarga dan te-man-teman. Ini karnapembangunan di-daerah yang sudahcukup banyak seh-ingga banyak seka-li muncul tempat-tempat baru seper-ti tempat makan,tempat santai, sa-lon, tempat ber-main ataupuntempat beristira-

hat memanjakan diri. Hadirnya tempat inibisa menjadi alternative pilihan sehing-ga kita bisa lebih bebas memilih tempatyang kita sukai. Hanya saja,jangan sam-pai hal ini menjadi bumerang tersendirisehingga kita lupa akan kewajiban yangharus dilakukan. (viz)

DendiEntertainer

Lebih Asikvoritnya mulu’. Tapi setelah itu,aku minta dia deh untuk nuru-tin tempat yang aku mau. Dia

aja kebingun-gan kenapasih tiap minggukalo kita ma-kan bakso,udah pasti deh

ke setiap tempat yang berbe-da, ga pernah lagi tuh ke tem-pat Langganan.

Kalo Ke kafe pun juga begitu,tiap minggu mesti nyari kafemana yang baru,dan belum per-nah kami kunjungi. Jadi pusingdehh, tapi lama kelamaan co-wok aku tu udah bisa ber-adaptasi lho. Dia pun sekarang

kalo jalan-jalan pasti nyari kafemana yang belum dikunjungi,and ga perlu dibilang-bilangdulu. Dia kayaknya udahngerti banget ama aku. Bah-kan dia sekarang kalo non-gkrong pasti ke tempat yangberbeda-beda and baru. Mu-ngkin dia tuh udah ketularanaku kale’ yah..

Tapi pesan-nya sih “awas ajakalo aku jalan-jalan ama cowokyang berbeda tiap minggu-nya”kayaknya dia udah mulai agakjealous nihh.

Begitu juga dengan keluarga,tiap mau beli baju pasti akunyaranin buat beli di tempat-tem-pat yang baru. Mama aku aja

Kalo jalan-jalan ke mall pastiudah biasa banget, apalagisama keluarga bahkan barengdo’i. Tapi kalo yangnamanaya jalan-jalanbagi aku, kita mesticari tempat-tempatyang baru yang nu-ansa agak berbedadeh dari sebelumnya. Banyakbanget aku rasa tempat-tempatyang udah aku coba’in buatmakan-makan, nongkrong,nge-date.

Waktu aku ama cowok aku,kami tuh tiap jalan-jalan hobbybanget yang namnya makanbakso, kami jadian sihh gueselalu makan bakso tempat fa-

Waktu

gak mau shooping ama aku,katanya ribet sihh” Hobbinyanyoba’in tempat yang barumulu’, jadi kan ribet banget,belum tentu yang kita dapatsesuai dengan yang di hati kita”.Wahh kata temen-temen akutuh cewek yang suka hal-halyang baru, bagi aku bagus ba-gus aja tuhh selagi masihpositip hehehehhe. Tapi hobbiku ini emanx ga bisa dirubah,emanx yang naamnya jalan-jalantuh mesti nyobain hal-hal yangbaru. Jadi kita tuh bisamerasakan berbagai rasa yangberbeda. Lagean kan nyobaintempat-tempat yang baru tuhjuga seru. (ferry)

WAKTU itu adalah hal yangmisterius…

Bukan mau sokberfilosofis yak,tapi emang kayakgitu kenyataannyakan? Coba dehbayangin kalo kita

mau belajar memahami waktu.Bisa-bisa kepala udah botak,badan kurus kering, dan perutudah buncit, tapi masih nggak pa-ham2 juga. Kenapa gitu? Yah kare-na seperi yang gue tulis di atas tadi,waktu itu adalah hal yang misteri-us. Tak bisa kita paham denganilmu dunia yang dangkal dan fanaini (wuihhhh sadeeesss… )

Waktu itu katanya bisa terbang,karena kita sering mendengar sese-orang mengatakan waktu berlalubagai terbang, padahal waktu itu

bukanlah benda mati. Jadi adalahhal yang mustahil untuk mengata-kan bahwa waktu itu bisa terbangatau berjalan, ato merayap, ato per-sonifikasi lain yang bisa kita sisip-kan pada kata waktu itu sendiri.

Karena sifat kemustahilannya it-ulah waktu jadi suatu instrumenpenting dari hidup ini. Nyadarnggak, kebanyakan hal yangmerajai hidup kita adalah halyang mustahil, tak masuk di akaldan misterius.

Dan waktu adalah salah satu dariempat misteri yang nggak sanggupdicapai oleh akal, yakni Tuhan,rasa, dan mistis.

Tetralogi ini, menjadi satu ke-satuan yang sangat erat kaitannyasatu sama lain.

Kenapa waktu? Apa karena diabisa dipersonifikasikan sehingga

ia tiba2 menjadi hal yang sangatmistis?

Bukan sob, lebih karena betapapenguasaan waktu terhadap hidupkita begitu adidaya.

Sering kan mendengar ada orangyang hidupnya kacau karena ng-gak bisa mengatur waktu denganbaik? Hal ini menyebabkan bany-ak kekacauan dalam hidup orangitu sendiri.

Sebenarnya, kita tau kan kalowaktu itu adalah sisr\tem yangdibuat oleh manusia untuk ke-hidupannya sendiri? Lalu menga-pa kini waktu justru mengganti-kan posisi manusia dan menjadipenguasa dari si penciptanya?

Sungguh kenyataan yang iro-nis… bisa nggak sobat pikirin gi-mana sesungguhnya waktu yangkita huni itu? (choliDah)

CARI TONGKRONGANBARU YUKKSSS….

Suasana Baru, BisaCari Inspirasi

SEGALA sesuatu yang barutentunya bikin kita penasaran,ya nggak sob? Apalagi kaloyang baru itu menyangkut

keeksisan kita. Pastinyawajib dicoba tuh… Mi-salnya aja ada tem-pat nongkrong

FITRI WULANDARI,XI IPA I SMAFER

Lebih Banyak Pilihan

baru yang konon kabarnyamenawarkan suasana dan hal-halyang seru… tentunya sayang buatdilewatin kan? Karena nyobaintempat baru emang hal yang seru.

Kadang sobat pasti bosan kalo

Cuma ngumpul di satu tempat aja.Udah kayak base camp gitu. Tapi,kalo mau nyoba tempat yang barukok rasanya takut nggak sesuaiharapan…Tenang sob, don't wor-ry be happy. Sebagai anak mudayang gaul dan inovatif udah se-mestinya donk kita nyobain hal-hal baru yang bisa kita lakuin didunia ini. Termasuk juga berani

nyobain tempat-tempat nongkro-ng baru yang konon kabarnya asikpunya. Kayak misalnya ada satucafé yang baru buka dan roman-ro-mannya lumayan cozy buat di-datengin. Seperti yang suka ba-nget dilakoni ama 87,6 persen so-bat Biy. “Asik dunk, bisa jadi pili-

han terbaru. Kalau lebih baguswhy not kita coba,” beber Yeni

yang ngakunya suka bangetshopping ini.

Yah langsung aja kitatancap cui! Siapa tau

aja tempat yang barukita cobain ternya-

ta lebih memuas-

kan daripada tongkrongan kitayang lama. mungkin atmos-fernya lebih yahud dan bisajadi salah satu pilihan tempatyang kita rekomendasiin buatdidatengin lagi bareng-barengwhy not kan?

Tapi lain urusannya kalo tern-yata tempat yang dicobain ng-gak sesuai harapan. Misalnyapelayanannya nggak memuas-kan ato makanannya kurangnendang. Ya nggak apa-apajugalah kalo ternyata tempatyang didatengin nggak sesuaiharapan, jangan keburukecewa dulu. Liat sisi positifn-ya, seenggaknya ‘kan kitaudah nyobain tempat baruyang mengecewakan. Nama-nya juga manusia, kadangdapat hal yang baik, kadangburuk, kadang senangkadang sedih . Gi tu jugadalam kasus coba-mencobatempat nongkrong in i ,kadang kita mujur nemuintempat nongkrong yang me-muaskan, tapi jangan jugalangsung cemberut begitutempat yang dicoba nggakseas ik yang d ibayangkansebelumnya.Anggap a japengalaman.

Namanya juga anak muda,nggak ada jeranya donk…

Kecewa sekali dua kali itubiasa. Anggap aja kayak kitalagi ngadain inovasi, gagalsekali dua kali juga seenggakn-ya ada keberhasilan yang bakalkita dapet di akhirnya nanti,jangan manyun mulu, ntar ng-gak ada yang naksir loh…

Walau kecewa sekali tapi ter-us mencoba! Sampe rata semuatempat kita cobain. Okeh!!. (*)

TENTUNYA saat ini banyakbanget tempat baru yang bermun-culan. Misalnya aja tempat makan,tenpat nongkrong, toko pakaian barubahkan studia baru. Ini tentunya bisamenjadi pilihan tersendiri bagi kitayang emang suka sekali hunting lokasior tempat terbaru. Seperti yang di-

ungkapkan ama 37,6 persen sobat Biyyang bilang kalau munculnya tempatbaru tuch bisa menjadi alternative kitauntuk memilih. Lebih enak toch ka-lau pilihan yang tersedia semakinbanyak. Jadi kita bisa lebih telitilagi menilai mana tempat yang lebihnyaman en Ok untuk kita datangi.

Selain itu, kita bisa kenal ban-yak orang loh (38,7 persen) .Yap…enggak mungkin ajakanpergaulan kita Cuma ampe dis-itu-situ aja. Setiap hari ada aja in-formasi terbaru dan kita mesti upto date, termasuk juga dengan ha-dirnya tempat or lokasi baru yang

bagus untuk kita datangi. Con-tohnya aja kalau ada tempat makanbaru, boleh tuch dicicipi maka-nannya. Sapa tau enak bangeten sobat bisa lebih betah makansambil bersantai ria disana. So,mau hunting tempat baru?? Yuk-kksss… (viz)

CHOLIDAMAN MODEL

Menurut kamu tentangseseorang yang suka

sekali mencaritempat baru?Informasi terbuka

23,7%Bagus dunk…bisa

kenal en tahu tentanginformasi terbaru

38,7%Lebih banyak pilihan

37,6%

Sobat suka mencaritempat baru?

Iya 87,6%

Enggak 12,4%

Kenapa?Cari suasanabaru 32,3%Suka denganyang baru-baru 33%Suka adventure 34,7%

Kalauenggakkenapa?

Males ah32.8%Enggak adakerjaan21%Enggakhobby46,2%

Reaksi orang disekitarmu?Biasa aja 32,7%Ikut-ikutan 32,1%Kasih support 35,2%

Yang kamu lakukan?Hunting tempat baru 38,9%Cari informasisebanyak-banyaknya 32,2%Suka keliling daerah 28,9%

Page 20: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

jumat, 27 maret 2009 Jambi Independent

Page 21: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi Independent JUMAT, 27 MARET 2009

SMPN 15 Kota Jambi

Butuh Perhatian Orangtua SiswaSMPN 15 Kota Jambi di bawah

pemimpin Drs Harpin Eri telah ba-nyak menorehkan prestasi, diantaranya baru-baru ini menjadijuara 2 lomba bola voli tingkat KotaJambi dan juara 2 lomba bulutangkis tingkat Kota Jambi.

Sekolah dengan luas areal 2 hek-tar itu dilengkapi fasilitas dan sara-na-prasarana memadai, sepertiruang komputer, laboratoriumMIPA, perpustakaan, 17 ruang be-lajar siswa, ruang multimedia, ser-ta ruang OSIS dan pramuka. Pa-silitas lain adalah kantin kejujuran,UKS, lapangan bola voli, lapanganbadminton, lapangan basket, danlapangan sepak bola.

SMPN yang teletak di Jalan Ber-dikari, Kelurahan Payo Selincah,Kecamatan Jambi Timur, itu berdiripada 1986 dengan jumlah siswa640 siswa dan tenaga pengajar 42siswa. Sekolah yang terlihat asritersebut memiliki visi menciptakansiswa yang berprestasi, berpijakpada iman dan takwa serta berbudipekerti luhur. Dengan misi me-laksanakan KBM dan bimbingan

secara efektif, menerapkan par-tisipasi dengan melibatkan seluruhwarga sekolah, dan member-dayakan segenap komponen danpotensi sekolah untuk meningkat-kan prestasi belajar.

“Pendidikan itu akan berhasil

dengan tiga komponen, yaitu guru,siswa, orangtua siswa, dan ma-syarakat. Tanpa itu, tidak mungkinpendidikan berhasil,” kata KepalaSMPN 15 Kota Jambi, Drs Harpin Eri.

Menurut alumnus IKIP Padang itu,masih ada sebagian kecil orangtua

yang menganggap pendidikan tu-gas penuh sekolah. Padahal per-an orangtua yang terpenting danharus ditingkatkan. Apalagi waktuanak lebih banyak di rumah. Orang-tua harus selalu menyarankananaknya belajar, jangan dibiarkan

menonton TV, bermain gitar, atau ke-luyuran ke luar dan pada puku l21.00 malam baru pulang. “Jangananak nonton sinetron, orangtuanonton juga. Kalau TV pendidikantidak masalah,” kata ayah tiga anakitu.(kin)

SMPN 5 Kota Jambi

Unggul dalam Prestasi,Teladan dalam Perilaku

SMPN 5 Kota Jambi merupakansalah satu sekolah favorit di KotaJambi. Sekolah itu adalah rintisansekolah standar nasional (RSSN)2007-2008 dan berhasil menjadisekolah standar nasional (SSN) pada2008 di bawah pimpinan Drs HM Yusuf.

Sekolah dengan luas kurang-le-bih 8.000 meter persegi itu di-lengkapi fasilitas, sarana, danprasarana pendukung cukup leng-kap, antara lain laboratorium kom-puter, laboratorium multimedia, lab-oratorium MIPA, perpustakaan, danmusala. Sarana lainnya adalahlapangan bola voli, lapangan badmin-ton, lapangan tenis meja, ruang be-lajar siswa yang nyaman dan asri,kantin kejujuran, dan fasilitas pen-dukung lainnya.

Sekolah favorit itu memiliki visitaat beribadat, unggul dalam pres-tasi, dan teladan dalam perilaku.Sedangkan misinya mewujudkanperilaku siswa yang beriman, ber-takwa dengan menjalankan ajaranagama sesuai dianut, mewujudkantim olimpiade matematika dan sainsyang tangguh dan kompetitif. Misilain, mewujudkan tim olahraga dan

seni yang tangguh dan kompetitif,menumbuhkan semangat disiplinsecara intensif pada seluruh war-ga sekolah, mewujudkan pem-belajaran dan bimbingan secaraefektif sehingga setiap siswaberkembang optimal dengan po-tensi yang dimiliki. Lalu menumbu-hkan penghayatan budaya bang-sa dan norma yang berlaku sehing-ga menjadi sumber kearifan dalambertindak/berperilaku, menerap-kan manajemen partisipatif de-ngan melibatkan seluruh wargasekolah.

Seperti sekolah favorit lainnya,SMPN 5 Kota Jambi sudah banyakmeraih prestasi, di antaranya jua-ra 1 lomba band antarpelajar SMPNtingkat Kota Jambi 2007, juara 2lomba band antarpelajar SMPtingkat Kota Jambi 2008, juara hara-pan 1 olimpiade sains yang dise-lenggarakan SMA Titian Teras2007, dan juara harapan 1 olimpia-de matematika yang diselengga-rakan SMA Titian Teras 2007.

Prestasi lain, juara 3 olimpiadematematika tingkat Kota Jambi2008, peringkat 4 olimpiade sains

tingkat Kota Jambi 2008, juara 2LCC tingkat Kota Jambi 2008, danjuara 3 LCC yang diselenggarakanIAIN STS Jambi 2008. Selanjutnyajuara 1 IPS jambore kelas unggultingkat Provinsi Jambi 2008, juara

2 lomba melukis dalam rangka JiwaSehat dan Berseni ketiga yang di-selenggarakan Nurul Ilmi, dan jua-ra 1 guru berprestasi tingkatProvinsi Jambi 2008.

Demi meningkatkan iman dan tak-

wa siswa khususnya dan wargaSMPN 5 Kota Jambi umumnya, SMPN5 mengadakan peringatan Maulid NabiMuhammad SAW, Rabu (25/03) pukul08.30 WIB di Masjid Nurdin HasanahKota Jambi.(kin)

Drs HM Yusuf bersama peserta konser ensemle.

Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nurdin Hasanah

Pemberian hadiah siswa berprestasi oleh Drs HM Yusuf.

Majelis guru dalam peringatan Hari Kartini.Drs Harpin Eri menjadi pembina upacara bendera SMPN 15.

nnnnn ADVERTORIAL

FOTO-FOTO: ALI SADIKIN/JAMBI INDEPENDENT

FOTO-FOTO: ALI SADIKIN/JAMBI INDEPENDENT

TINGKAT SD SEDERAJATTINGKAT SD SEDERAJATTINGKAT SD SEDERAJATTINGKAT SD SEDERAJATTINGKAT SD SEDERAJATNO NAMA GURU NAMA SEKOLAH DUKUNGAN

1 Nurhayati SDN No 02 Kota Jambi 702 Hj Fatnelyati, SPd SDN No 42 Kota Jambi 23 Maliki S.Pd SD. IT AL-AZHAR 44 Jawahir S.Pd SDN Al-Falah 115 Tuti Indriyani MPd SD. IT AL-AZHAR 36 Nurhayani SD Adhyaksa I Jambi 87 Nasrudin SD Adhyaksa I Jambi 18 Alimin SD Adhyaksa I Jambi 159 Toni Eko H SD Adhyaksa I Jambi 310 Arpanidar S.Pa SD Adhyaksa I Jambi 711 Hj. Sur Irama S.Pd SD I /IV Jambi 5112 Hj. Elita A Ma.Pd SD 221 Jambi Selatan 1713 Hendriansyah S.Pd SDN I Jambi Timur 50014 Adawiyah S.Pd SD Adhyaksa I Jambi 315 Ibu Des SD Adhyaksa I Jambi 116 Endang SD Adhyaksa I Jambi 317 Ibu Suli SD Adhyaksa I Jambi 118 Ibu Sum SD Adhyaksa I Jambi 119 Nurhakawi SD Adhyaksa I Jambi 220 Almin SD Adhyaksa I Jambi 121 Ratini SD I /IV Jambi 4822 Eda Adawiyah S.Pd SD Adhyaksa I Jambi 2

TOTAL 754

TINGKAT SMP SEDERAJATNO NAMA GURU NAMA SEKOLAH DUKUNGAN1 Harsiyati SMP Xaverius I 62 Christina Sari UBF SMP Xaverius I 43 Siti Amina P SMP N 5 Jambi 54 Michael Kusjiatmoko SMP Xaverius I 115 Bangku Muli S.Pd SMP N 6 Jambi 16 Nazalman S.Pd SMP N 6 Jambi 17 Roswatinuh SMP N 6 Jambi 68 Nurhayati SMP N 6 Jambi 29 Yuslain Latifah SMP N 6 Jambi 1410 Gusniwarni SMP N 6 Jambi 611 Masri SMP N 6 Jambi 912 Yulmainis SMP N 6 Jambi 113 Eni SMP N 6 Jambi 114 Marwi S.Pd SMP N 6 Jambi 115 R. Saragi S.Pd SMP N 6 Jambi 316 Abdul Rasyid SMP N 6 Jambi 717 Rosmia SMP N 6 Jambi 218 1-Nazalman S.Pd SMP N 6 Jambi 219 Mulyati S.Pd SMP N 6 Jambi 320 Nasida SMP N 6 Jambi 421 Novela S.Pd SMP N 6 Jambi 722 Joni S.Pd SMP N 6 Jambi 2223 Elfayeti S.Pd SMP N 6 Jambi 524 Amrilla SMP N 2 Jambi 825 Kutni Srisubekti SMP N 2 Jambi 326 Rimsah SMP N 2 Jambi 127 Lumban S.Pd SMP N 2 Jambi 128 Zainal Abidin SMP N 2 Jambi 129 Ariyadi SMP N 2 Jambi 130 Elli SMP Adhyaksa I Jambi 131 Rusdiansyah SMP Adhyaksa I Jambi 132 Samsuar SMP Adhyaksa I Jambi 133 Siti Ambarwati SMP Adhyaksa I Jambi 234 Simalango SMP Adhyaksa I Jambi 2335 Dra. Rumini SMP Adhyaksa I Jambi 3036 Latifa Hanum Lubis S.PdSMP Adhyaksa I Jambi 537 Sukamdi SMP Adhyaksa I Jambi 338 Rohimin S.Pd SMP Adhyaksa I Jambi 1439 Yuhelmi SMP Adhyaksa I Jambi 1040 Darul Quitini SMP Adhyaksa I Jambi 441 Zemi Azuri SMP Adhyaksa I Jambi 242 Tetty Ritonga SMP Adhyaksa I Jambi 243 Lia SMP Adhyaksa I Jambi 344 Sunariem S.Pd SMP Adhyaksa I Jambi 445 Maria S.Pd SMP Adhyaksa I Jambi 346 Machmud S.Pd SMPN I Jambi 1047 Era Wahyuni SMPN 6 Jambi 148 Nurhayanti SMPN 10 Jambi 149 Supriyanti SMPN 10 Jambi 150 Nizam SMPN 6 Jambi 151 Mardianis SMPN 10 Jambi 152 Azmi SMPN 10 Jambi 153 Nurzahyuni S.Pd SMPN 10 Jambi 254 Wen Warina SMPN 10 Jambi 655 Drs. Erita Kasmi S.Pd SMPN 10 Jambi 256 Tantri M SMPN 10 Jambi 357 M. Najmi S.Pd SMPN 6 Jambi 858 L Manik SMPN 10 Jambi 45959 Burhanudin SMPN 21 Kota Jambi 12560 Ermaleni SMPN 12 Jambi 1061 AlamsyahBani SMPN I Kota Jambi 56

TOTAL 933TINGKAT SMA SEDERAJATNO NAMA GURU NAMA SEKOLAH DUKUNGAN1 Bambang Setiawan SMK Pelita RayaJambi 1172 M Iqbal SMA PGRI 2 Jambi 153 Odolina Manulang SMA 2 Mei Jambi 44 Habinuddin S.Pd SMA 7 15 Nur Hamid Hadi SMA 11 36 Arthur,S.Ag, S.pd SMA N 6 Jambi 27 P. Napitupulu SMA N 6 Jambi 78 Hanisa SMK N I Batanghari 69 Nurjasmi SMK N I Batanghari 1610 Nilawati S.Pd SMK N I Batanghari 511 Budi Hadi Purnawa SMK N I Batanghari 712 Dra. Mardiana M.Pd SMK N I Batanghari 1613 Tarmiadi SMK N I Batanghari 1714 Eka Sukma S.Pd SMK N I Batanghari 415 Nildawati S.Pd SMK N I Batanghari 2716 Dra. Sukar Salawati SMK N I Batanghari 717 Edison SMK N I Batanghari 1818 Mira Dwiga Oktalia S.Pd SMK N I Batanghari 1119 Eva Fitriati SMK N I Batanghari 3720 Jestra S.Pd SMK N I Batanghari 821 Nirmawani S.Pd SMK N I Batanghari 422 Yapisham S.Pd SMK N I Batanghari 523 Megawati S.Pd SMK N I Batanghari 424 Drs. Karsidi SMK N I Batanghari 5125 Mikran SMA N I Jambi 25626 Suwanto SMA N I Jambi 127 Nina Marlina SMK DB I Jambi 1528 Dra. Sukrawita SMK N 2 Jambi 929 Dra. M. Sabani SMK N 2 Jambi 3230 Berjon S.Pd SMA Adhyaksa I Jambi 831 Nini Maswati S.Pd SMA Adhyaksa I Jambi 132 Edison SMA Adhyaksa I Jambi 133 Siti Aminah.P SMAN 5 Jambi 434 M. Iqbal SMA PGRI 2 Jambi 135 Yuliartati S.Kom SMKN 2 Sarolangun 2736 Brury SMAN 2 Jambi 137 Sinar Maiti SMKN 2 Jambi 138 Sukrawita S.Pd SMKN 2 Jambi 139 Siti Zubaidah S.Pd SMAN 2 Jambi 140 Presto Sihombing SMKN 2 Jambi 241 Drs. Midian Sitro SMA UNGGUL SAKTI 242 Sulastri SMAN 2 Jambi 243 Amrilah S.st Par SMKN 2 Jambi 344 Nikmah Fauziah Adinna SMKN 2 Jambi 245 Drs. M.Sabani SMKN 2 Jambi 346 Lili Amalia SMKN 2 Jambi 247 Nofriyanti S.Pd SMKN 2 Jambi 248 Rina Silabon SMAN 2 Jambi 249 Tarsono S.Pd SMK UNGGUL SAKTI 1350 Elvi Elza SMAN 2 Jambi 551 Mahyunis S.Pd SMAN 2 Jambi 552 Ridwan S.Pd SMAN 1 Jambi 253 A. Haryandoko SMA Xaverius I Jambo 1154 Asep Sutoyo S.Pd M.Pd SMAN I Jambi 23855 Drs.Sugiyono M.Pd SMAN 4 Jambi 23956 Drs. Hamidi Sabri SMAN 9 Payoselincah 157 Sihotang SMAN 9 Payoselincah 158 Amalva Ratna SMAN 9 Payoselincah 159 Enni Hartati SMAN 9 Payoselincah 160 Wendawati S.Pd SMAN 9 Payoselincah 261 Qodri SMAN 9 Payoselincah 162 Lambon Manurung SMAN 9 Payoselincah 363 Sri Damayanti SMAN 9 Payoselincah 564 Sastri SMAN 9 Payoselincah 465 M. Alwi S.Pd SMAN 9 Payoselincah 2966 Siti SMAN 9 Payoselincah 353 Linda Esteva S.Pd SMAN 9 Payoselincah 1354 Rita Herlina SMAN 9 Payoselincah 1155 Hasidah S.Pd SMAN 9 Payoselincah 156 Amin SMAN 9 Payoselincah 157 K Limbong SMAN 9 Payoselincah 458 Miswati Bustami SMAN 9 Payoselincah 159 Derima Ginta Suri SMAN 9 Payoselincah 660 Adi Kusman SMAN 9 Payoselincah 1161 Rizal SMAN 9 Payoselincah 2662 Armini S.Pd SMAN 9 Payoselincah 763 K. Silaban SMAN 9 Payoselincah 1264 Imbang Sugiharto SMAN 9 Payoselincah 765 Asnamayanti SMAN 9 Payoselincah 3066 Zulhelmi SMAN 9 Payoselincah 1853 Syafrianis S.Pd SMAN 9 Payoselincah 454 Yamani S.Pd SMAN 9 Payoselincah 955 Mesrawati SMAN 9 Payoselincah 253 Sukaryati S.Pd SMAN 9 Payoselincah 2654 Rohana Uli S SMAN 9 Payoselincah 355 Badi'o SMAN 9 Payoselincah 1556 M. Nursyam S.Ag SMAN 9 Payoselincah 63

TOTAL 1626

s/d 26 Maret 2009

nnnnn ADVERTORIAL

Page 22: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi IndependentJUMAT, 27 MARET 2009

Gerindra Tugaskan Mantan Tokoh PDIPUntuk Garap MasaKampanye di Kediridan Bojonegoro

wilayah Jawa Timur, khususn-ya Kediri dan Bojonegoro. Un-tuk menjaring masa dan simpa-tisan, Gerindra mengutus duamantan pentolan PDIP yaituPermadi SH dan HaryantoTaslam menjadi jurkam.

Ketua DPD Partai GerindraJatim, Rin-doko menya-takan bahwaPermadi danH a r y a n t oTaslam di-p a s t i k a nbakal hadiruntuk bero-rasi mem-bakar se-m a n g a tmasa Gerin-dra. “Mereka

dipastikan hadir dan akan men-yampaikan orasi politik didepan massa. Pak Haryanto jadijurkam di Bojonegoro, sement-ara Pak Permadi di Kediri,” kataRindoko seperti dikutip dari si-aran pers Gerindra Media Cen-ter kepada JPNN, Kamis (26/3).

Selain kedua mantan tokohPDIP itu, Gerindra juga me-masang Untung Sutomo, man-tan politisi PDI dan juga PKPIuntuk berkampanye mendamp-ingi Haryanto Taslam di Bojo-negoro. Haryanto Taslam yangbiasa disapa dengan nama Har-tas, adalah salah satu pendiriPDI Perjuangan dan sempatmenduduki jabatan WakilSekjen. Di kala masih bernamaPDI–sebelum berubah menjadiPDI Perjuangan– bekas anggo-

ta Komisi II DPR itu pernahmengalami siksaan penguasarezim Orde Baru karena dikenalsebagai orang kepercayaanMegawati.

Sementara Permadi sebelum-nya adalah anggota DPR-RIdari Fraksi PDI Perjuangan dandikenal sebagai “penyambunglidah Soekarno”. SedangkanUntung Sutomo dulunya jugaaktif berkiprah di partai ban-teng dan pernah mendudukijabatan strategis di partai yang

dipimpin Megawati tersebut.Belakangan, Hartas, Permadi,dan Untung bersinergi men-dukung Partai Gerindra.

Kehadiran mantan-mantanpentolan PDI Perjuangan itu,menurut Rindoko, diyakiniakan menjadi daya tariktersendiri bagi massa Gerindra,baik di Kediri maupun di Bojo-negoro. “Mereka dikenal se-bagai politisi-politisi handalyang sudah banyak makan asamgaram politik. Mereka juga sin-

ga-singa podium,” tambahnya.Rindoko meyakini, puluhan

ribu orang akan tumpah ruah didua kota itu. Terlebih lagi,sejumlah tokoh NU dan mas-sa nahdliyin pro Gus Dur jugatelah memastikan diri akanbergabung dalam kampanyeterbuka Par-tai Gerindrabaik di Kedi-ri maupunB o j o n e -goro.

JAKARTA - Jumat (27/3) be-sok, Partai Gerindra akanmenggelar kampanye di

“Massa dipastikan akan mem-bludak dan mencapi puluhanribu orang. Sebab, dua kota itubisa dibilang basis NU. Kediri,misalnya, banyak pesantren-pesantren NU yang pro Gus Dur,seperti Pesantren Lirboyo,”tandas Rindoko.(jpnn)

Kampanye Pileg,JK Orasi Sebagai CapresJAKARTA - Meski pilpres baru akan

digelar Juli mendatang, namun kandi-dat capres dari Partai Golkar, JusufKalla mulai berandai-andai. JK menye-but, jika dirinya terpilih sebagai pres-iden maka pembangunan infrastrukturakan berjalan lebih cepat.

“Jika saya yang presiden, dijaminpembangunan infrastruktur akan jauhlebih cepat dan lebih baik. Itu akan sayabuktikan,” tegas JK di depan puluhanribu massa simpatisan dan kader PartaiGolkar pada kampanye di LapanganGasibu Bandung, Jawa Barat.

Hanya saja, JK mengakui bahwa un-tuk memenangkan pilpres menda-tang, Golkar harus lebih dulu me-menangkan pemilu legislatif. Makan-ya, menjadi tugas kader dan simpati-san untuk bisa mempertahankan ke-menangan Golkar seperti pada pemi-lu 2004 lalu. “Makanya, Golkar haruskembali menang. Golkar sudah mem-berikan bukan sekadar janji, tapi buk-ti,” tegas JK.

Golkar Bantu Fadel Muhammad

JK berkampanye pada hari ke-11 diBandung dengan didampingi sejum-lah petinggi Golkar seperti Wakil Ket-ua Umum DPP Golkar Agung Laksono,Sekjen Golkar Sumarsono, serta poli-tisi muda Golkar Yuddy Chrisnandi.

Selain orasi JK, kampanye Golkar diBandung itu juga dimeriahkan dua pen-yanyi muda asal kota Kembang, BrinetIdol dan Nelvi KDI yang mampu meng-goyang massa Partai Golkar.Puluhanribu massa dan simpatisan Golkar punikut berdendang penuh semangat.

Nelvi dan Brinet melantunkan laguhits milik The Rock, Munajat Cinta.Sejumlah baitnya diplesetkan untukmenyemangati massa Golkar. Salah satu-nya, kata ‘kekasih' diganti dengan ‘pe-mimpin' yang baik hati dan apa adanya.

Selain Nelvi dan Brinet, kampanyerapat akbar partai Golkar juga dihibursejumlah artis lokal seperti Ayu Sor-aya. Mereka bergantian menyanyikanlagu dangdut yang disambut antusiasmassa Golkar.(jpnn)

JAKARTA - Kasus hukum yang men-jerat Ketua DPD I Golkar Gorontalo FadelMuhammad memaksa DPP Golkar men-gambil sikap. Golkar akan membackupproses hukum yang akan dijalani Gu-bernur Gorontalo dua periode itu.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Gol-kar Jusuf Kalla (JK), setelah dimintaitanggapan apakah DPP Golkar akanmenyiapkan tim bantuan hukum untukFadel atau tidak. “Pasti..pasti. Jelaslah,”tegas Jusuf Kalla kepada wartawan yangmenemuinya sesaat setelah meram-pungkan rangkaian kampanye di Indra-mayu, Jawa Barat, Kamis (26/3).

Seperti diketahui, saat ini Fadelsudah berstatus tersangka dalam kasusdugaan penyalahgunaan Sisa LebihPenggunaan Anggaran (Silpa) padaAPBD Gorontalo 2001 senilai Rp5,4Miliar. Fadel diumumkan sebagai ter-sangka sejak 23 Maret lalu oleh Kejak-saan Agung. Fadel bahkan dikabarkan

telah diperiksa sebagai tersangka diKejaksaan Tinggi Gorontalo.

Hanya saja, Golkar cukup optimis bah-wa Fadel sebagai salah satu kader terbaikGolkar itu bisa lepas dari jeratan hukumkasus terkait. “Masalah itu tahun 2000-an semua. Itu dengan DPRD. Banyak ka-sus seperti itu sudah bebas semuanya.Bebas di Sumbar, di mana. Tapi InsyaAllah karena kasus yang sama yang ter-jadi di banyak daerah yg dulu dianggapmelanggar, tapi karena ada keputusanDPRD kemudian itu dianggap pelang-garan administrasi. Kita menunggu, kitataat kepada hukum.” terang JK lagi.

JK juga menanggapi kasus yang men-impa Fadel saat ini diharapkan bisa di-fahami dengan baik para kader Golkar,utamanya kader Golkar di Gorontalo.Sehingga, diyakini tidak akan membuatsuara partai Golkar di Gorontalo khusus-nya, jeblok. “Tapi Golkar juga akanmenunjukkan sikap taat pada hukum se-

hingga saat ini kita menung-gu saja,” tambahnya lagi.

Saat disinggung apakah ka-sus tersebut mengandungnuansa politik menjelang pel-aksanaan pemilu dan pilpres,JK hanya berharap itu me-mang bukan pesanan politik.“Mudah-mudahan tidak,”ungkapnya.( jpnn)

Page 23: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

RABU, 27 MARET 2009Jambi Independent

Berlaku dari 27 Maret s/d 29 Maret 2009

Kampanye terbuka…kok sepi-sepi saja, ya? Padahal ibaratlomba lari marathon, belum finis lho! Masyarakat masihmenunggu partai yang tidak ada matinya…

(08127419xxx)

Janga pilih mereka yang hanya bisa cari muka. Manis di bi-bir, tapi di hati busuk. (mereka) hanya mementingkan diri sendi-ri. Mereka pintar, tapi licik. Pilih (caleg) yang benar-benarterbukti.

(085266286xxx)

Masalah DPT ganda sudah menjadi persoalan nasional. DiJambi beberapa waktu lalu juga terungkap ribuan kasus DPTganda. Kok sampai sekarang tidak ada penyelesaiannya?(081366522xxx)

PKS Awali Kampanye Akbar di Bungo

PEROLEHAN KUPON PEROLEHAN KUPON PEROLEHAN KUPON PEROLEHAN KUPON PEROLEHAN KUPON DUKUNGANDUKUNGANDUKUNGANDUKUNGANDUKUNGANCALONCALONCALONCALONCALON WAKIL RAKYAT IDOLAKUWAKIL RAKYAT IDOLAKUWAKIL RAKYAT IDOLAKUWAKIL RAKYAT IDOLAKUWAKIL RAKYAT IDOLAKU

DI PROVINSI JAMBI(s/d 26 Maret 2009)

Calon DPD-RINO

1

KUPONNAMA CALON

23456789

101112131415

LUSIA ROSA PARABAK Ir 315

Dra. Hj. NYIMAS ENA 169

HM. YUNUS 442

SYULFAH SARI DEWI SYAM 150

JUNIWATI M. SOFWAN 218

JAYA KUSUMANTRI, S.Pd 150

16

FIRMANSYAH 29

YASMIDAR M. 2

Drs. H. NIZAM HASAN 15ARRAKHMAT EKA PUTRA 4

TURSIMAN 19

KEMAS AL FAJRI A. 72

M. SYUKUR, SH 15

Calon DPR-RINO1

KUPONNAMA CALON

23456

H. BAKRI HM (PAN) 100789

BURHANUDDIN ABBAS (Gerindra) 232HARMEN SAPUTRA (Hanura) 145

1011 JOERLEXZIE MOEAR (Hanura) 21

CHAIRUL NAIM (PAN) 74

12 LUKMAN HAKIM HS (PPP) 15RATU MUNAWAROH (PAN) 15NOVIAN ISKANDAR (PKB) 7

13

IRSAL YUNUS (PDIP) 115

SUPARMAN (Demokrat) 273

YENNY SINAGA (PDS) 514

NASRULLAH HAMKA (PBB) 1045

17 SYAMSUL RIDUAN 1

HM. ARFAH HAP 319

TIOPAN PURBA, BBA 189

15

160ILHAM KHALID LATIF (Hanura)Drs. H. AD SAYUTI (Golkar) 150SYARIF GAMAL (PKB) 150

Hj. FIT ARZUNA, SE. MM (PAN) 170

Calon DPRD-ProvinsiNO1

KUPONNAMA CALON

23456789

1011121314151617181920212223242526272829303132333435363738394041

Hj. RISNA HARYANTI, SE (PAN) 200

42

RADEN HAMID. AT (PBR) 49

WANG SUWANDI, SE (PAN) 6

EKO HARWANTO (PPRN) 5

M. NAZAR LUKMAN (PMB) 48

SURYAWATI VALERINA, SH(PKPI) 5

AHMAD MIFTAH (Golkar) 74344

H. SUDIRMAN (Hanura) 15

HELMI EDISA (PBR) 19

Ir. JAYAPURA (PAN) 12

45

IMELDA, SE (PBR) 5

GEORGE EDWIN S. (Gerindra) 1

IRSADUNAS NOVERI (PMB) 119

46

H. ZAINUR NAZIR (Hanura) 39

47

Drs. ABUNDJANI A. ROFAR(Golkar) 8

PARIDATUL HUSNI (PBB) 591

SARIMAN WIBISONO (Golkar) 7

EDI PURWANTO (PDIP) 201Drs. JUKRI AR (PKNU) 228

ROSI SILVIA (PDIP) 327

48

ABDUL HAMID (PBR) 36

ENDANG KUSWARDANI(Demokrat) 43

Hj. DILAH HIKMAH SARI, ST (PAN) 538

BAMBANG BAYU SUSENO (PAN) 341

49

SUSY ROHAYATI (Demokrat) 28

AGUS TIARDI (PKNU) 8

AZIZ MUSTAKIM (PBR) 317

SARIMAN (PBB) 16

5051

YULIUS NUR, Sp (PBB) 377

H. AGUS S. RONI (PDIP) 24

HENRI MASYHUR (PKS) 35

Drs. ERWIN ARIFIN (PPPI) 1886ZOERMAN MANAP (Golkar) 2293

RUDI ATTAN (PPRN) 1257

H. ULIL AMRI (PBR) 56

52

SARMADI (PDP) 68

H. NUKMAN SYARKOWIE (PBR) 296Ir. FAKHRUL ROZI YAMLI, ME (PD) 234

M. HASAN MASDENI (Patriot) 701

H. ANAS SURYA (PPP) 4

Ir. H. RAMAYULIS (PKPB) 104

CHAIRUL AMRI (PKPB) 15

Calon DPRD-BatanghariKUPON

13

315

88

7

NO

1

NAMA CALON

234567

JAMALUDDIN (PPD)

Hj. WIDYA NINGSIH (Demokrat)

NURMAN EFFENDI (PAN)

89

1011

UTAMI DEWI (PKPI)1213

M. MAHDAN (PKPB) 21DEVI PADRIYANI (PKPI)

27RIDWAN (PKPB)31PAIDJO PARENG (PKPI)40GUN HARAPAN (PPP)

14

307JASASILA (Demokrat)

47M. USNAN TANJUNG (PKS)

415

MARYANA (PDIP)

16

78SUTIJAK (PDIP)

MUHAMAD AFIF (PKS) 10SUGIONO SABAR (PKPI) 9

Calon DPRD-SarolangunNO1 MUHAMMAD SYAIHU (PDIP) 330

KUPONNAMA CALON

2 M. FADLAN ARAFIQI (PKB) 1503

HAPIS (PPRN) 264SUSI APRIYANTI (PAN) 50

Calon DPRD-Tanjab BaratKUPONNO

1NAMA CALON

23

INO KURNIATI (PDIP) 44A. AZIZ ELWAQOSH (PDP) 15SYAIFUDDIN (PBB) 15

Calon DPRD-Merangin

5KUPONNO

1 DJOKO WAHYONO (RepublikaN)

NAMA CALON

Calon DPRD-Muaro TeboNO

1 JHON ERIZAL (Demokrat) 21

KUPONNAMA CALON

ZAMHARIRO (PPP) 110

NOVEL TRIYOGA M (PMB) 6

SUWARNO SOERINTA (PDIP) 63

RITAS MAIRIYANTO (PKPI) 384

ERNITA (PPRN) 22 KEMAS FARIED ALFARELI, SE 30

DANNY SAMIRIN (PPRN) 431

99

RAHMI KURNIATI (PKPI)LESTARTI (Karya Perjuangan)

230BENNY LESTIO, SE (Barnas)

Calon DPRD-Kota JambiKUPON

6

12

48

155

320

4

36

7

23

37

5

2121

33

222

26

NO NAMA CALON123456789

1011121314151617181920

AMIR M. IQBAL (PKPB)

EDI HARTONO (Gerindra)

21222324252627282930

H. AHMAD SUKRI HM (PPP)

313233

M. ALI (PPP)

34353637

RIDWAN, SE (Demokrat)

3839

HIDAYAT OKTAVIAWAN (PKNU)

41

M. NAUFAL ALHUSNI (PPRN)

HA. SYUHAIMI ALI (RepublikaN)

424344

IRWAN F. HAMIJAYA (PAN)

45

KUN SURYADANA (Golkar)

46

40

Drs. HAMDANI ISHAK (PBB)

SALAMAH (PKS)REZA M. HASBI (PKPI)

SYAIFUL BAHRIIr. JAMALIYUS ILYAS

YUDI MANSYAH (PKPI)BAHARUDIN, SH (Gerindra)

47

AHMAD FIRDAUS (PDIP)

48

HALIMAH TUSSAKDIAH (PPPI)

495051

11MAYA, SH (PBR)

525354

263BUJANG KADIR (Gerindra)

19KAHARUDIN (Gerindra)

17ISMAIL AMSAL (Golkar)

42NOVRIYADI MARPAUNG (Buruh)

49Drs. EDI SUHERMAN (PAN)

1YOSEP MARTIN (PKPI)

555657

3SYOFIAN EFFENDI (Gerindra)

15MUHLIS AMIN (PBR)

58

19DISMAYANTUTI (PIS)

1ICHWANI FITRI LUBIS (PDIP)

59606162

173LIA DINANTI (Barnas)

25AMIN MUALIM (PKB)

425HARTADINATA WINITA (Barnas)

63

1Ir. DIANA WATI (Golkar)

6465

2Drs. A. ARIFIN (Merdeka)

3RUDI (PNBK)

761CHEN WENDRA (Barnas)

1H ELLY ROSANITA (Golkar)

66

1HENDRA (Demokrat)

6768

11MULYADI M, Msi (PAN)

996NUZUL PRAKASA (Golkar)

69

3IRDIANSYAH (PKPB)

22RD. MARZUKI (PKPI)

69SARINAH (PDK)

15SUYADI, SPd MA (Hanura)

32AHMAD AFFANDY (PPIB)

707172

41LUSI NOVFITASARI (PKB)

18DEVI SUSANA NOLTES (PDS)

3AMRIL MADJID (PDK)

10AHMAD RAHIMUDDIN (PK)

9DANIEL P.S HUTABARAT (PDK)

17ASMARA CHAN, BA (PDK)

302RUDI ARDIANSYAH (PKPB)

370JANUAR PARAPAT (PDS)

15ZULKARNAIN (PAN)

200JULIANTO MOERAD(RepublikaN)

6YENNY NURJANI (PPDI)

20EDDY W. KAMIL (Golkar)

6AHMAD ARIFIN (Merdeka)

13SUBANDI (PKS)

96Ir. VERONICA (Golkar)

12ARY BUDI ARTA (Hanura)

101SUNARMANTO (Golkar)

401MULYANTO, S.Kom (Barnas)

43ALI MASTA (PMB)

73

3SUHANDRIYANI (PDIP)

Calon DPRD-Tanjab TimurNO KUPONNAMA CALON1 SUDIRMAN (Pelopor) 20523

YUDI HARYANTO (PAN) 98

45

MUHRONI (Pelopor) 69

6789

1011

M. YUSUF (PKS) 2

EFRIZAL (PDK) 32

IDRIS (Barnas) 39

121314

SUHAIMI HK, Sag (Gerindra) 2

BESSE NURBAYA, S.Kom (PPP) 38

MASJAYA (PDIP) 31

RAMOGERS, SH (PPP) 7YUNURMALA DEWI (Golkar) 29

SYAFRUDDIN (Golkar) 6

SALIMUN (Pelopor) 61

15

HASANUDIN K (PPPI) 4

JUNI YANTO (PBR) 7

Calon DPRD-Muaro JambiNO1

M. AMILUDIN (Demokrat) 13

KUPONNAMA CALON

23

PARDIANSYAH (PNIM) 5RUSLI L. (RepublikaN) 4

4

ANDI SAMSUDDUHA (Hanura) 233

LIMAR DANIS (Demokrat) 3

567

SUHERMAN (PNBK) 27

EFFENDI, SAg (PPD) 8

8

KERRY RUSTINI (Hanura) 8

M. NASIR (PBI) 10

203HERNI, SPd (PPPI)206IRMANSYAH (PAN)

ANDI RUDI (Barnas) 1191

SYAHRIL (PKPI) 200

1011SYAFRIWANTO (PPPI)

4 H. BUSTAMI YAHYA (PPRN) 1

AZIZAH DARYATI UTENG (Golkar) 1229

24MUHAMMAD SYAH SAG (Golkar)

MUARABUNGO- Partai Keadi-lan Sejahtera (PKS) memulai kam-panye akbar di Bungo. Dalam ka-mpanye terbuka itu, beberapa pet-inggi PKS seperti HM Djanawir (ca-leg DPR RI), Yasir (caleg DPRDProvinsi Jambi), dan Rudi Wijaya(caleg DPRD Kabupaten Bungo)menyampaikan visi dan misi partaidi depan massa pendukung.

Kampanye ini digelar di lapanganSerunai. Dan ini merupakan kam-panye pertama yang digelar olehparpol di depan simpasan dan mas-sa pendukungnya di Bungo.

Dalam orasi politiknya, ketiga ca-leg PKS meyakinkan masyarakat

kalau partai mereka tidak ada yangtersangkut masalah korupsi. Hal itumembuktikan wakil-wakil rakyatyang duduk di kursi dewan dari PKSsesuai dengan slogan PKS yangbersih, peduli, dan profesional.

“Pilih PKS, pojok kanan atas no-mor 18,” kata Rudi Wijaya, calegDPRD Kabupaten Bungo berse-mangat. Rudi Wijaya juga sekaligusmenunjukkan cara pencoblosanuntuk memilih PKS sebagai partaiyang dipilih pada Pemilu 9 Aprilmendatang.

Sebagai partai yang menjujungtinggi aturan main kampanye, PKStidak mengizinkan anak-anak di

bawah umur mengenakan atributpartai saat kampanye.

Seluruh massa pendukung PKSjuga dihibur dengan iringan kelom-pok musik Basing Kadak. Alunanmusik dan syair mengajak massauntuk memilih partai dakwah dandekat dengan masyarakat. Hing-ga saat akhir kampanye, seluruhpendukung PKS meninggalkanlapangan dengan tertib.

Panwaslu, KPUD, Polres Bungoyang memantau jalannya kampanyeakbar itu cukup puas. PKS dapatmengkondisikan massanya, sehing-ga kampanye dapat berjalan dengansukses hingga selesai. (dwy)

n ADVERTORIAL

Depdagri Anggap Panwaslu Keliru

LUKMAN H LUKATULU,Muarabulian

Soal Izin CutiKampanyeSyahirsah

POLEMIK seputar persoalanizin cuti kampanye yang diberi-kan Mendagri, H Mardiyanto ke-pada bupati Batanghari Syahirsahterus berlanjut. Baru-baru ini Pan-waslu Batanghari melalui Ba-waslu pusat melayangkan suratkepada Mendagri. Surat itu beri-si permohonan agar Mendagrimelakukan peninjauan ulangterkait legitimasi pemberianizin kampanye terhadap orangnomor satu di bumi serentakbak regam itu.

Namun, hingga kini pihakDepdagri mengaku belum me-nerima surat itu dan tetapkukuh menyatakan pemberianizin cuti terhadap Syahirsahsudah berdasarkan pertimban-gan dan sesuai dengan peratu-ran dan ketentuan yang ber-laku. Hal ini dijelaskan dalam

Pasal 85 ayat (1) UU Nomor 10tahun 2008 tentang pemilu danpasal 3 Peraturan Pemerintah(PP) Nomor 14 tahun 2009 ten-tang tata cara bagi pejabatNegara dalam melaksanakankampanye pemilu.

Termasuk juga telah memenu-hi unsur pasal ayat 2 Permenda-gri nomor 13 tahun 2009 ten-tang pengajuan cuti bagi kepa-la daerah dalam melaksanakankampanye Pemilu. “Dengandemikian, keputusan itu tidakbisa diganggu-gugat lagi. Dep-dagri menilai pemberian cutiyang diberikan Mendagri kepa-da pak Syahirsah itu sudahprosedural karena cuti kam-panye itu merupakan hak dia(Syahirsah, red) sebagai peja-bat negara,” tegas Itjen OtdaDepdagri, Makmur Marbun ke-tika dihubungi via ponselnya,kemarin (26/3).

Pria berlogat Sumatera Utaraini bahkan menilai langkah dantindakan yang dilakukan olehpanwaslu tersebut sangat keli-ru. Dia menyarankan agar Pan-waslu Batanghari kembalimenganalisa dan memahamiulang secara detail peraturandan tafsir yang termaktub

dalam peraturan. “Bodoh ituPanwaslu! Coba pahami dananasilsis itu aturan, tidak ada is-tilahnya PNS aktif atau sejenisn-ya, tapi kepala daerah itu adalahpejabat negara. Atas sikap keliruini panwaslu bisa saja digugatbalik,” kata Makmur Marbundengan nada agak tinggi.

Bila panwaslu merasa belumpuas atas keputusan mendagrisebelumnya, lanjutnya, sila-kan ajukan gugatan ke Depda-gri bukan justru berpolemikdengan Syahirsah secara indi-vidu. “Akan kita tindak lanju-ti, namun yang jelas, keputu-san Mendagri itu sudah finaldan prosedural. Kita tidak akanmencabut surat tersebut. Iniadalah lembaga resmi, sement-ara pak Syahirsah silakanberkampanye sesuai izin yangdiberikan dengan mematuhisemua aturan,” tegasnya.

Tanggapan Itjen Otda Depda-gri ini senada dengan keteran-gan yang dikemukakan Kepa-la biro (Karo) Hukum PemkabBatanghari, Idaryami. Salahseorang utusan Syahirsah untukberkonsultasi secara langsungke Depdagri. Dia mengatakanbahwa dari hasil konsultasi

dengan Makmur Marbun danstaf Depdagri, Hendra bahwaSyahirsah dipersilahkan untukturun berkampanye pada tang-gal 27 Maret dan tanggal 5 Aprilnanti sesuai dengan izin yangdiberikan Mendagri.

“Pak Syahirsah silahkanberkampanye, namun tetapmemperhatikan dan mematuhiketentuan, tidak menggunakanfasilitas negara, serta menjaminterwujudnya misi dan kelanca-ran penyelenggaraan pemerin-tah daerah serta asas-asaspenyelenggaran pemerintahanyang baik,” jelas Idaryami.

Bupati Batanghari, SyahirsahSY ketika dikonfirmasi menya-takan, dirinya tetap akan turununtuk berkampanye. “Saya te-gaskan, berdasarkan izin dariMendagri yang diberikan kepa-da saya dan pernyataan pihakDepdagri, saya akan tetap turununtuk berkampanye,” jawabnya.

Lalu bagaimana jika nantin-ya Panwaslu tetap tidak mem-perbolehkan? “Silahkan diatanya dengan Mendagri, sebabsebagai kepala daerah, saya inidiberikan izin oleh Mendagri.Kalau mendagri melarang saya,tentunya saya tidak akan lang-

gar itu, tapi saya sudahmengikuti semua prosedur danketentuan yang ada,” katanya.

Ketua Panwaslu Batanghari,Mustra belum dapat berkomen-tar banyak. Menurutnya, saatini pihaknya masih menunggujawaban dari mendagri terkaitsurat permohonan peninjauanulang soal izin cuti yang diang-gapnya bertentangan denganPP nomor 14 tahun 2009. “Se-mentara saya belum dapatberkomentar banyak, sebelum-nya kita memang mengajukansurat permohonan peninjauankembali ke mendagri soal izincuti kampanye ini. Artinya, kitamasih menunggu jawaban itu,”jawabnya diplomatis.

Anggota KPU Batangharipokja kampanye, MuhammadAris menyatakan, sebagaipenyelenggara pemilu pihakn-ya hanya mengacu pada aturan.“Kalau lah depdagri menyatakanizin cuti kampanye itu legal dansemua ketentuan aturan berikutpersyaratan terpenuhi dan kuatsecara hukum, tentu kita akanikuti aturan. Kita ini hanyapenyelenggara, namun yangjelas permasalahan ini lebih ke-pada panwaslu,” katanya.(*)

Tifatul Berikan Sinyal ke DemokratTerkait KoalisiPemilihanPresiden

Demokrat, para massa yang hadirpun menjawab setuju.

Menurut Tifatul, sinyal dukun-gan koalisi ke partai Demokrat darikader PKS di daerah cukup kuat.“Di atas 50 persen,” ujarnya saatjumpa pers di ruang VIP Bandara.

Meski demikian, pihaknyabelum memutuskan koalisiPKS pada pilpres karena di par-tainya sendiri ada mekanismeyang harus dilalui baik dari dew-an syuro dan suara dari daerah.“Tapi, segera setelah diketahuihasil quick account, akan kitaumumkan,” ungkapnya.

Dalam orasinya pada kam-panye itu, Tifatul juga memin-ta masyarakat untuk tidak

golput pada pemilu mendatang.PKS sendiri, katanya bisa men-jadi pilihan untuk mendapatkananggota DPR yang bersih danpeduli pada masyarakat, “Jan-gan pilih caleg yang suka bersel-ingkuh, suka korupsi, suka mem-buat SPJ fiktif, kwitansi fiktif.”

Tidak hanya itu, Tifatul jugamenyinggung sejumlah blackcampaign yang menimpa par-tainya. Mulai dari kasus Indra-mayu hingga kasus ZulhamliAlhamidi di Jambi yang men-jadi komiditas politik. “Berit-anya jauh dari fakta. Zulhamlitidak melakukan tindakan me-sum. Kasihan keluarganya,”ungkapnya.(nid)

JAMBI - Dalam kampanyerapat umum yang digelar PartaiKeadilan Sejahtera (PKS) diKoni, Rabu (25/3), presidenPKS Tifatul Sembiring memin-ta masukan dari massa dan sim-patin PKS Jambi terkait arahkoalisi pada pemilihan pres-iden mendatang. “Setuju den-gan PDIP,” teriaknya kepadaribuan massa yang hadir.

Simpatisan pun menjawab tidak.“Setuju dengan Golkar,” ujarnya.Massa yang hadir pun masih men-jawab tidak. Saat menyebut Partai

Dua DapilKekuranganSurat Suara

Baru 10 Item logistik Lengkap

MUARABULIAN - Prosespelaksanaan pemungutansuara pemilu legislatif 2009hanya tinggal belasan hari lagi.Namun, Komisi PemilihanUmum (KPU) Kabupaten Ba-tanghari mengaku masihkekurangan ribuan surat suarayang bakal di contreng (con-teng) oleh pemilih nantinya.

Ketua KPU Batanghari, Mu-hammad Sanusi mengatakan,kekurangan surat suara itu ter-jadi lantaran kondisinya tidaklayak untuk diconteng karena ca-cat terkena noda, buram dan be-berapa di antaranya bahkan dite-mukan dalam keadaan sobek.

Dia menjelaskan, kekurangansurat suara meliputi 2.011 suratsuara untuk DPR RI, 742 surat suarauntuk DPRD Provinsi Jambi, 1.445surat suara untuk DPRD Kabupat-en Batanghari dan 530 lembar su-rat suara untuk Calon DPD RI.

Dari penghitungan ulangKPU,kekurangan untuk DPRDKabupaten Batanghari diketahuiterjadi di dapil 1 (Muarabulian-Maro Sebo Ilir) dan di dapil 4 (Mer-sam-Maro Sebo Ulu). “Kalau diDapil 1 kekurangan surat suarasebanyak 982 surat suara, dan diDapil 4 kita temukan kekurangan

sebanyak 463 surat suara. Semen-tara di dua dapil lainnya sudahdicek ulang, namun sekarangkita masih kembali menghitunguntuk lebih memastikan,” ujarSanusi diamini anggota Pokjakampanye, Muhammad Aris.

Khusus di dapil Murabulian-Maro Sebo Ulu, kata Sanusi, ke-butuhan riil surat suara seban-yak 46.257 lembar surat suara.Jumlah itu dihitung berdasar-kan jumlah daftar pemilih tetap(DPT) ditambah 2 persen suratsuara antisipasi. Sementara diDapil 4 Mersam-Maro Sebo Ulu,lanjutnya, kebutuhan jumlahsurat suara sebanyak 39.347 su-rat suara termasuk penambahan2 persen sesuai ketentuan.

Terkait masalah ini, Sanusi men-gaku sudah membuat berita acaradan telah melaporkannya ke KPUProvinsi Jambi. Selanjutnya diter-uskan ke pihak percetakan untukmengganti kekurangan tersebut.“Laporan sudah kita kirimkan keKPU Provinsi berikut surat suarayang dinyatakan rusak tersebut.Kita berharap secepatnya pihakpercetakan sudah menggantiribuan surat suara itu karena tanpaitu kita tidak bisa melakukan pe-mungutan suara,” katanya.(aki)

BANGKO – Dari total 47 itemlogistik, ternyata baru 10 itemlogistik yang tercatat cukup. Se-dangkan sisanya, 34 item belumlengkap dan tiga item sama seka-li belum masuk ke gudang logis-tik Merangin hingga kemarin.Ini dikatakan Kasubag TeknisKPUD Merangin Ahmad Jhon.

Dia mengatakan, 10 itemyang sudah lengkap itu antaralain, sampul S1 DPR RI, sampulII S1 DPD, sampul II S1 DPRDP, dan sampul II S2. Selanjut-nya, lem perekat botol, spidol,mur dan baut kotak suara, pen-gadaan kunci dan anak kuncikotak suara. selanjutnya, biliksuara, serta kotak suara.

“Dan untuk logistik yang be-lum masuk sama sekali kegudang KPU Merangin hinggasaat ini, tercatat tiga item ant-ara lain, sampul I S1 DPR RI,sampul I S1 DPD, dan sampul IS1,” terangnya.

Sedangkan kertas suara darisetelah disortir total kerusakansebanyak 3.027 kertas suara.Sebanyak 1.902 kerusakankertas suara untuk DPR RI, 396DPD; surat suara DPRD provin-si rusak sebanyak 157. dabDPRD Merangin sendiri ter-catat 572 lembar kertas suara.

“Berbagai kekurangan logis-tik itu mudah-mudahan 10 harisebelum hari H sudah kita teri-

ma termasuk penambahan un-tuk kertas suara yang rusak. Se-hingga logistik dapat segerakita distribusikan ke 767 TPSdi Merangin,” jelasnya.

Mekanisme pendistribusianlogistik akan dilakukan 10 harisebelum hari H pelaksanaanpemilu. Atau tepatnya pada 30Maret mendatang. Distribusiakan memprioritaskan kawasanpaling jauh dan sulit di jan-gkau. Misalnya, lanjutnya, ke-camatan Jangkat dan Kecama-tan Sungai Tenang. “Dua keca-matan itu adalah daerah yangcukup jauh dan sulit ditempuhlantaran buruknya infrastrukturjalan,” tandasnya. (ctr)

ROLANDA HASIBUAN/JAMBI INDEPENDENT

BERAPI-API: Presiden PKS, Tifatul Sembiring saat memberikan orasi politik di KONI, Rabu (24/3).

Page 24: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi IndependentJUMAT, 27 MARET 2009

Page 25: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi Independent JUMAT, 27 MARET 2009

Mengatasi Sulit TidurBERIKUT beberapa tip yang bisa dilakukan mengatasi tip

sulit tidur:1.Jagalah kebugaran tubuh dan rutin dalam berolahraga.2.Jadwalkan waktu dan lama tidur yang teratur serta patuhi

jadwal itu. Jadwal yang berantakan membuat jam biologis jugakacau sehingga gangguan tidur muncul. Sebaliknya, keteratu-ran bisa memudahkan langkah dalam beristirahat di hari-hariberikutnya.

3.Buat lingkungan sekeliling kita senyaman mungkin un-tuk tidur. Hilangkan semua bunyi yang menjengkelkan, semi-sal tetesan ringan pada keran.

4.Mandi air hangat pada malam hari, juga minuman seperti susu,sari buah, atau teh hijau, dapat membantu memudahkan tidur.

5.Hindari tidur dalam suasana lapar atau kekenyangan.6.Matikan atau redupkan lampu. Jangan tidur dengan peralatan

pemancar elektronik (televisi, komputer, laptop) masih menyala.7.Menulis rencana tugas/beban untuk esok hari. Tenangkan

diri sebelum tidur. Banyak orang sibuk memikirkan beban tu-gas hingga menggangu istirahatnya. Lebih baik menjadwalkan-nya pada kertas, buku harian, atau organizer; beban lewat, jad-wal esok lancar tidak membuat penat, tidur malam pun nikmat.

8.Jangan berlama-lama di tempat tidur jika belum mengan-tuk. Lakukan aktivitas ringan untuk memancing kantuk. Hin-dari tempat tidur sebelum kita merasa mengantuk.

9.Jadikan tempat tidur untuk tempat istirahat, jangan beker-ja tempat tidur. Para peneliti hanya mengenal kamar tidurdalam dua fungsi: untuk melakukan aktivitas seks dan untuktidur. Bila kamar tidur dan kasur telah digunakan untuk fungsilain, justru akan mengurangi kualitas ruang istirahat. Jadi jan-gan sekali-kali menyatukan ruang tidur dengan ruang kerja ataubelajar. Bagi yang masih kos, sebaiknya fungsikan bagian–bagi-an kecil dikamar dengan sebaik mungkin, sehingga kasur han-ya dipakai untuk tidur, sedangkan selebihnya lakukan aktivi-tas seperti belajar atau menonton TV di tempat lain.(*)

TIPSTIPSTIPSTIPSTIPS

Manfaat BekerjaBagi Ibu yang AktifDI luar masalah merawat dan

mendidik anak, seorang ibuyang bekerja sebenarnya cuk-up banyak memberikan nilaipositif dan manfaat bagi kelu-arga, yaitu pendapatansekunder keluarga.

Bila seorang ibu bekerja, sum-ber pendapatan tidak hanyasatu, tetapi dua pemasukan, se-hingga untuk memenuhi kebu-tuhan primer dan sekunderakan jauh lebih maksimal.

Manfaat kedua, harga dirimeningkat dan identitas se-makin mantap. Dengan beker-ja, akan mampu mengekspresi-kan diri dengan cara yang leb-ih kreatif dan produktif. Hasilkerja juga memberikan rasabangga pada diri sendiri.Apalagi hasil kerja tersebutmenghasilkan prestasi dan ko-mentar positif dari orang lain.

Hubungan keluarga semakinsehat dan positif. Secara tidaklangsung ibu yang bekerja akanmemiliki wawasan yang lebihluas dan bervariasi dibanding-

kan bila seorang ibu tidak beru-paya untuk mengembangkandiri (baik sebagai wanita yangberkarier di luar rumah maupunmemiliki usaha sendiri di ru-mah).

Pola pikir jauh lebih terbuka,energik, dan dinamis dalam me-lihat permasalahan. Di sisi lain,mudah bertukar pikiran danberbagai pandangan.

Manfaat selanjutnya, relasisosial yang baik. Pengalamanberhadapan dengan banyak or-ang pada akhirnya akan men-ingkatkan kemampuan berem-pati dan kepekaan sosial.

Manfaat kelima atau terakhiradalah meningkatkan kemam-puan. Menjalani dua kehidu-pan (karier dan rumah tangga),akan membantu ibu menyesuai-kan diri dengan tuntutan dantanggung jawab. Ibu pun mera-sa kemampuan dan keahliandiri yang dimiliki telah ter-penuhi, bahkan semakin men-ingkat karena terus diasah saatbekerja. (*)

Cedera Fisik Pengaruhi Fungsi TelingaJAMBI - Telinga adalah salah

satu pancaindera penting yangdimiliki manusia. Namun terk-adang tanpa disadari telingadan pendengaran kita teran-cam oleh berbagai hal berba-haya yang dapat mengakibat-kan gangguan pada telinga danorgan pendengaran. Gangguanitu dapat berupa kuman pato-gen penyebab infeksi salurannapas atas dan telinga, bisingyang bersifat terus-menerus, hi-lang-timbul ataupun ledakansingkat dan keras yang dapatmenyebabkan trauma akustik.

Hal lain adalah yang dapatmenyebabkan cedera fisik lang-sung pada telinga dan organpendengaran seperti cederakepala pada kecelakaan lalulintas, cedera telinga akibatolahraga beladiri, cedera telin-ga akibat penyelaman yangdalam atau penerbangan.

Gangguan telinga dan pen-dengaran yang sangat mu-ngkin Anda derita saat ini ad-alah radang kronis telinga.Barangkali Anda pernah den-gar orang menyebut congekan,meleran, atau kopokan. Istilahkeren penyakit tersebut adalahradang kronis supuratif telingatengah (RKSTT).

RKSTT adalah suatu peradan-gan atau infeksi telinga tengahyang ditandai dengan terdapat-nya lubang pada gendang tel-inga disertai keluarnya cairankental seperti lendir atau nan-

ah yang terus-menerus atau hi-lang-timbul dan berlangsunglebih dari dua bulan.

Bila terjadi superinfeksi, cai-ran telinga yang meleleh kelu-ar akan berbau busuk dan ber-warna putih kekuningan atau-pun kehijauan sesuai kumanyang menginfeksi. Selain gamba-ran klinis tersebut, gejala lainyang juga sering dikeluhkan pen-derita adalah gangguan penden-garan atau kurang dengar, tentu-nya pada telinga yang sakit.

Seseorang dapat menderitaradang telinga biasanya beraw-al dari infeksi saluran napasatas berupa batuk pilek (flu)yang tidak diobati dengan baik.Akibatnya, infeksi tersebutmenyebar ke telinga tengahmelalui saluran yang meng-hubungkan antara telinga ten-gah dan rongga hidung danmenyebabkan radang telingatengah akut. RKSTT biasanyadidahului radang telinga ten-gah akut stadium lanjut diser-tai gangguan gendang telingayang tidak sembuh.

Nanah (pus) yang terbentukakibat proses infeksi di telingatengah merupakan media yangsesuai bagi berbagai macamkuman untuk dapat tumbuh danberkembang biak dengan sub-ur. Ditambah lagi terbentuknyakolesteatom, potensi untukmenyebarluaskan infeksi se-makin besar. Penyebaran infek-si dapat terjadi baik secara lang-

sung maupun tidak langsung.Penyebaran secara langsung

terjadi akibat penipisan (erosi)tulang pembatas ataupun peru-sakan (destruksi) dinding tu-lang organ sekitar oleh koleste-atom. Beberapa struktur pent-ing telinga yang sering rusakakibat proses di atas adalahrongga mastoid, rongga peng-hubung (atticoanthral), telin-ga dalam meliputi organ pen-dengaran (cochlea), dan organkeseimbangan (vestibuler).

Penyebaran infeksi juga dap-at terjadi mengikuti aliran pem-buluh darah balik dan dapatmengenai beberapa strukturamat penting otak di antaran-ya adalah selaput otak (menin-gens), sinus lateralis otak, lobustemporalis otak atau cerebel-

lum. Beberapa kelainan akibatkomplikasi di atas adalah men-ingitis, tromboflebitis sinuslateralis, dan abses otak.

Beberapa manifestasi klinisyang patut dicurigai adanyakomplikasi berbahaya padapenderita RKSTT adalah pen-ingkatan suhu tubuh, demam,menggigil, lemah, lesu, nafsumakan menurun dan iritabili-tas, sakit kepala hebat, pengli-hatan kabur dan silau, mual,muntah yang menyembur (pro-jectil), penurunan kesadaran,mengigau, kaku kuduk, danpada anak-anak kadang-kadang timbul kejang dan ke-lumpuhan. Gejala tersebutmerupakan tanda keadaan ga-wat yang harus segera ditanga-ni di rumah sakit. (*)

Jangan Suka Mengorek KupingKEBIASAAN mengorek

kuping bagi sebagian orangdianggap memiliki kenikmatansendiri. Padahal, kalau sampaiterluka, bisa menyebabkan in-feksi yang mungkin saja berlan-jut dengan ketulian.

Menurut dr Safei SKM MKes,mengorek kuping untuk tujuanmembersihkan boleh-bolehsaja. Hanya saja tidak bolehberlebihan dan harus dilaku-kan dengan cara benar serta alatyang benar pula. “Selama untukkebersihan dan caranya pas,tidak masalah,” ujarnya baru-baru ini.

Sebenarnya, jika produksikotoran kuping tidak terlalubanyak, biasanya telinga pun-ya daya self cleaning. Pada li-ang telinga, sepertiga bagianluar telinga yang berbulu, ter-dapat kelenjar minyak atau se-rumen. Itu berfungsi untukmencegah masuknya kotoran,serangga, serta bakteri. Dalamkeadaan normal, kelenjar akanmengeluarkan minyak sedikitdemi sedikit, meleleh keluar ke

daun telinga. Limbahnyamenyerupai kotoran yang liatatau lembek, namun akan men-gering dengan sendirinya.

Setelah kering, kelenjar tadiakan memproduksi minyakkembali. Dengan demikianpada dasarnya telinga mampumembersihkan dirinya sendirisecara alami. “Sebaliknya jikaliang telinga terlalu seringdirangsang, dalam hal ini diko-rek, kelenjar akan mengeluar-kan minyak berlebihan yangjustru kurang baik buat keseha-tan telinga,” paparnya.

Karena itu, lebih baik tak men-gorek kuping. Kecuali pada or-ang yang pabrik tahi kupingn-ya overproduksi, membersih-kan telinga rutin berkala diwa-jibkan.

Kasi Medik dan PelayananRSU A Manap Kota Jambi itujuga menjelaskan beberpa halyang harus diperhatikan jikamembersihkan kuping dengancotton bud.

Sebaiknya jangan sampai keliang telinga. Jika sampai ke li-ang, sebagian besar kotoranakan terdorong masuk ke bagi-an lebih dalam, yakni gendangtelinga yang kemudianmenumpuk dan membatu.Apalagi kalau jenis kotorannyakering dan keras. “Kondisi itubisa menimbulkan masalah,sebab kotoran keras danmenumpuk di dalam akanmengganggu pendengaran.Jika dikorek-korek sendiri,dengan korek kuping, misaln-ya, bisa mengakibatkan lukapada kulit telinga atau gendangtelinga, gatal, bahkan bisa ter-jadi infeksi sampai bernanah(otitis media) alias congek,”ungkapnya.

Ia menyarankan, sebaiknya

jika ada kotoran yang telahmengeras di dekat gendang tel-inga, segera diperiksakan kedokter. Biasanya dokter akanmemberikan obat tetes telinga(karbol gliserin 10 persen) un-tuk memecahkan kotoran terse-but. Kemudian kotoran yangsudah pecah dikorek keluar.Sedangkan infeksi akibat irita-si kotoran diobati dengan anti-biotik.

Selain itu, untuk menjagakesehatan telinga, tidak hanyadengan mengorek kuping.Yang tidak kalah penting ad-alah membersikan bagian luarkuping saat mandi. Pada anakkecil, biasakan mengunyahmakanan dengan benar karenamengunyah adalah mekanis-me alamiah tubuh untuk men-geluarkan kotoran dari dalamtelinga.

Kemudian menghindarkandiri dari suara yang terlalukeras, apa pun itu, termasukmendengarkan musik terlalukeras. Bila telinga terasaberkurang pendengarannya,segera ke dokter THT untukdibersihkan atau bisa jugagunakan ear wax candle atauear candles. “Jika sudah terja-di infeksi, segera mengobatin-ya,” pungkasnya.(*)

SITI MASNIDAR,Kota Jambi

MEMBERSIHKAN: Seorang wanita sedang membersihkan kuping. Sebaiknya jangan terlalu seringmengorek kuping.

ROLANDA HASIBUAN/JAMBI INDEPENDENT

MENGELUARKAN: Seorang bayis edang dibersihkan kupingnya. Men-gunyah yang baik bisa mengeluarkan kotoran telingans ecara otomatis.

ROLANDA HASIBUAN/JAMBI INDEPENDENT

IST/JAMBI INDEPENDENT

Page 26: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi IndependentJUMAT, 27 MARET 2009All Sport

257 Atlit Perebutkan PialaBergilir Presiden RI

TENIS MEJA

Dibagi Dalam6 KategoriPeserta

JAMBI – Pesta olahraga ker-akyatan Tenis Meja piala Ber-gilir Presiden RI tahun 2009resmi dibuka oleh KasdisporaProvinsi Jambi Lutvi, pembu-kaan tersebut berlangsung diGOR Kotabaru Jambi pada hariRabu (25/3) lalu.

Menurut Ketua Umum SteringComitte (SC) Marsaid kemarin(26/3), bahwa pertandinganyang diikuti 257 atlit tersebut,dimana pihaknya membagidalam 6 kategori, yakni untukpelajar, mahasiswa, umum, ek-sekutif, veteran serta BUMN.

“Jujur saja bahwa Jambi dalamevent ini, pertama kali yang sudahsiap melaksanakan kegiatan ini,dibandingkan daerah se-Indo-nesia,” ungkapnya.

Dijelaskannya, bahwa meskipersiapan yang pendek, namunpihaknya tetap melaksanakandengan adanya dukungan danbantuan, terutama dari pihakBUMN di Provinsi Jambi, yak-ni PTPN VI serta Semen Padang.

“Untuk saat ini tahapan sele-ksi daerah yang dilakukan olehsemua daerah di Indonesia, dannantinya pada Mei 2009 men-datang, para pemenang darimasing-masing kategori akandiutus mewakili Jambi dalamtingkat nasional dievent yangsama,” katanya.

Selain itu, lanjutnya bahwapihaknya juga mempersiapkansedikitnya 20 wasit profesional

yang pada umumnya memilikisertifikat, dan wasit tersebut ter-pilih setiap daerah di ProvinsiJambi. “Makanya kita tidakhanya mengejar kegiatan for-mal yang terkesan kepentingansesat, kita berharap kedepan-nya bisa melahirkan bibit-bibityang handal dan siap bersainghingga ketingkat nasional,”katanya.

Untuk diketahui, bahwapertandingan pesta kerakyatantenis meja tersebut berlangsungtanggal 25 hingga 29 Maret2009, dimana Jambi mendapat-kan mandat dari pengurus pu-sat untuk melaksanakan kegia-tan tersebut, mandat tersebutdiberikan kepada yakni Prof

Muchtar Latief, Prof Hasbi, ProfLias hasibuan, Prof Sutrisnoserta Dr Dendi Denmark.

“Terus terang saja kami sangatterkejut dengan melihat animopeserta yang tinggi, dan semuadaerah se-Provinsi Jambi me-ngirim utusannya untuk semuakategori yang dipersiapkan,”tambahnya.

Terkait tujuan pelaksanaantersebut, Marsaid mengakubahwa kegiatan ini sangat posi-tif dalam rangka untuk men-cari bibit baru yang mana,khusus di Jambi, olahraga tenismeja belum begitu terkenal bagimasyarakat. “Kita akan beru-paya semaksimal agar olagragaini benar-benar menjadi olah-

raga merakyat, dan kedepan Jam-bi akan mengenal lebih luas de-ngan olahraga ini,” harapnya.

Kota Jambi danMuarojambi

Dominasi PertandinganMeskipun Pertandingan Pes-

ta Kerakyatan Tenis Meja PialaBergilir Presiden RI baru dibu-ka, para atlet yang memperkuatsetiap daerah sudah menampa-kkan permainan mereka. Bah-kan dalam pertandingan terse-but, yang mendominasi adalahatlet dari Kota Jambi danMuarojambi.

Menurut seorang wasit dariKota Jambi, Muzakkar, hinggahari kedua pertandinga, Muaro-jambi dan Kota Jambi men-dominasi pertandingan. Di-prediksi, kedua daerah tersebutbersaing ketat untuk meraihjuara setiap kategori.

“Peluang lain juga tidakmenutup kemungkinan daridaerah lain,” katanya. Bahkanselama pertandingan, begitutampak atlet yang memilikibakat yang ke depan berpoten-si bisa bertanding ke tingkatnasional.

“Prinsipnya tergantung pro-ses pembinaan, dan kita ber-harap semua pengurus di setiapdaerah eksis, terutama setiapsekolah,” tambahnya. Selainitu, dari pertandingan tersebut,kualitas perlu peningkatan,karena tampak minimnyastrategi yang dimainkan paraatlet. “Kita berkeyakinan bah-wa jika itu diseriusi, ke depanatlet Jambi bisa diperhitung-kan,” tambahnya. (roz)

PIALA PRESIDENPara atlet yang mewakili daerah se-dang berlaga memperebutkan pialabergilir Presiden RI. Kegiatan terse-but berlangsung di GOR Kotabaru.

ALDINO/JAMBI INDEPENDENT

Page 27: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

Jambi Independent All SportJUMAT, 27 MARET 2009

Rossi Mantap Menuju JerezJEREZ - Valentino Rossi dan

Fiat Yamaha melangkah man-tap menuju Sirkuit Jerez, Span-yol, tempat diselenggarakan-nya uji coba terakhir MotoGP2009 akhir pekan ini. Dalamsesi yang berlangsung Sabtusampai Minggu lusa (28-29Maret), mereka yakin bakal

muncul sebagai yang tercepat.Dalam dua uji coba di Malay-

sia dan Qatar, Valentino Rossimemang belum pernah mun-cul sebagai yang tercepat.Casey Stoner, andalanDucat i Mar lboro , se la lumuncul di puncak daftar cata-tan waktu. Bahkan di Qatar,

Stoner mampu melaju satu de-tik lebih cepat dari Rossi.

Meski demikian, Rossi tetapmerasa yakin dengan kecepa-tan Yamaha YZR-M1-nya diJerez. Karakter Jerez yang leb-ih berliku mungkin lebih men-guntungkan dirinya.

“Saya merasa yakin bakal san-

gat cepat di Jerez. Tahun lalusaya yang tercepat di sana. Mo-tor kami sekarang beda dengan(saat uji coba di Jerez) No-vember (tahun lalu). Dan diJerez, ada banyak tikungansempit. Itu bakal menarik,karena kami banyak bekerjauntuk menyempurnakan ak-selerasi saat keluar dari tikun-gan lamban,” tuturnya sepertidilansir Motorcycle News.

Bos Yamaha, Daniele Ro-magnoli, juga merasa man-tap. Bukan hanya untuk ujicoba d i Jerez , juga untukmusim 2009 yang dimulai 12April nanti di Qatar. Pihakn-ya kini telah mengembang-kan sistem elektronik yangbisa menjadi andalan menja-di juara, yaitu sistem anti-wheel ie , yang membantu“menahan” motor supaya tidakmelonjak saat digas keluar daritikungan.

Pada musim 2008 lalu,masalah wheelie yang palingbanyak dikeluhkan pengen-dara Yamaha. Maklum motorYamaha termasuk yang palingpendek di MotoGP, sehinggalebih rentan melonjak. Meskitahun lalu meraup sepuluh ke-menangan dengan masalah itu,Yamaha tetap bekerja agarmasalah itu tidak lagi meng-ganggu. (jpnn)

Page 28: Jambi independent edisi 27 Maret 2009

8 www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,- 8

David Beckham

Jambi Independent jumat, 27 maRet 2009

Jadi Bahan Taruhan Wanita Cantik 28 Halaman

BUKAN sekali ini David Beckham men-jadi bahan taruhan. Mulai dari hal remeh temeh seperti apakah dia bisa mengeksekusi penalti di suatu pertandingan penting, sam-pai kemungkinan dia pindah ke Milan secara permanen pernah dijadikan taruhan. Tapi, taruhan yang dilakukan para wanita cantik di Milan ini sungguh unik dan dijamin bisa membuat Victoria, istri Beckham, kebakaran jenggot. Sebuah majalah lokal mengungkap

bahwa ada kelompok wanita di Milan berta-ruh tentang siapa yang bisa mengajak tidur pemain LA Galaxy tersebut. Pemenangnya bakal mendapat kenikmatan ganda: tidur dengan Beckham plus uang taruhan sebesar 20 ribu pounds (sekitar Rp 345 juta)!

Kelompok wanita itu berisi sekitar 20 orang. Mereka kerap mengunjungi kelab-kelab langganan para pemain bola. (jpnn)

Mereka merayu pemain-pemain tersebut

Dukung Messi Kenakan Nomor 10

MainkanKuartet

LiverpoolCeDerANyA beberapa pemain membuat pelatih

timnas Spanyol, Vicente del Bosque, memeras otak menyusun formasi baru. Dalam sesi latihan kemarin, mantan pelatih Real Madrid itu bereksperimen dalam starting IX nya.

Dalam latihan tersebut Del Bosque menempatkan kuar-ter The Reds Liverpool dalam satu tim. Mereka adalah Alvaro Arbeloa, Xabi Alonso, Albert Riera, dan Fernando Torres. Kemungkinan besar, mereka akan dipasang men-jadi starter saat menjamu Turki Minggu dini hari lusa.

Menjamu Turki, Del Bosque sepertinya akan meng-gunakan formasi 4-4-2. Arbeloa dimainkan di posisi bek kiri menggusur pemain reguler, Joan Capdevila. Meski belum fit, dalam latihan kemarin Sergio Ramos masih d ipercaya menjadi bek kanan. Riera dimainkan di sayap kiri mengisi posisi Andres Iniesta. Sementara, David Silva digeser ke kanan sekal-igus membuat Santi Cazorla dicadangkan.

Dengan kondisi Xavi yang masih cedera, Del Bosque juga mendeutkan Xabi Alonso dengan Marcos Senna untuk mengisis lini tengah. Sementara Gerard Pique yang masih diganggu berpartner dengan Raul Albiol di lini belakang. Pique yang baru sekali tampil bersama timnas Spanyol diharapkan bisa mengisi posisi seniornya di Bar-celona, Carles Puyol, yang absen akibat cedera engkel.

“Melawan Turki kami harus ekstra waspada. Mereka tim hebat dan sangat patriotik . Permainan Turki sangat agresif dan kuat. Turki bermain dalam satu kesatuan,” kata Albert Riera seperti dilansir AFP. (jpnn)

MADrID - Lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Eropa digelar serentak Minggu dini hari WIB lusa. Semua tim bersiap untuk meraih kemenangan. Skuad terbaik pun disiapkan. Tapi, beberapa tim terancam tidak bisa memainkan formasi terbaiknya. Kenapa ? Selain ada pemain bin-tang yang harus menjalani sanksi akumulasi kartu, beberapa pilar juga tengah tergolek cedera.

Jawara Piala Eropa 2008 dan pim-pianan klasemen sementara Grup 5 Zona Eropa, Spanyol, adalah tim tim paling banyak diusik masalah cedera. Dua pilar sudah pasti tidak bisa main. Yaitu defender tangguh Carles Puyol dan gelandang Andres Iniesta. Puyol cedera hamstring saat Barca menang 2-0 atas Ath-letic Bilbao 7 Maret lalu. Pemain berambut kriwil itu divonis absent paling tidak satu bulan. Sedang-

kan Andres Iniesta cedera otot paha saat Barca pesta enam gol ke gawang Malaga Minggu ( 22/03) lalu.

Selain pasti tak diperkuat dua pemain pentingnya, beberapa punggawa La Furia Roja ( sebu-tan timnas spanyol ) saat ini juga dalam kondisi belum 100 persen fit. Mereka adalah David Villa, David Silva, Sergio Ramos, Xavi, dan Gerard Pique.

“Sampai saat ini Villa belum merasa enak dengan lututnya. Tapi dia sudah dalam tahap final proses penyembuhan. Kami akan terus memonitor kondisinya,” kata Os-car Luis, tim dokter timnas Spanyol kepada Marca seperti dilansir situs Goal. “Kondisi Xavi bagus. Tapi dia masih merasa terganggu dengan otot tendon urat ketingnya. Dia masih berlatih terpisah dan harus menjalani fisioterapi har-ian. Kami akan lihat bagaimana

perkembangannya. Tapi saya yakin dia akan bisa dimainkan,” sambung Luis.

Minggu dini hari, Spanyol akan menjamu runner up Grup 5, Turki, di Santiago Bernabeu lalu meng-hadapi tim yang sama empat hari berikutnya di Istambul. Tak leng-kapnya skuad ini bisa mengancam rekor La Furia Roja yang tak ter-kalahkan di 29 laga terakhir. Kali terakhir Spanyol kalah adalah saat dikalahkan Rumania 1-0 pada No-vember 2006 di kandang sendiri.

Prancis yang dalam kondisi sulit harus bekerja lebih keras lagi setelah dipastikan tidak bisa memainkan dua penyerangnya. Bomber The Blues Chelsea, Nico-las Anelka, tidak bisa dimain-kan pelatih Raymond Domenech karena cedera jari kaki. Sedang-kan striker muda Jimmy Briand ( Rennes) harus menunda caps ke-

empatnya bersama timnas karena cedera lutut. Briand mengalami cedera setelah bertabrakan dengan kiper Cedric Carasso saat latihan kemarin.

“ Jimmy Briand mengalami dislo-kasi pada kneecap (tulang lapisan bagian luar lutut) kirinya. Dia pasti absent melawan Lithuania,” kata juru bicara Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) seperti dilansir Reuters. Posisi Anelka akhirnya digantikan striker debutan dari klub Paris Saint-Germain, Guil-laume Hoarau.

Tergabung di Grup 7, Prancis yang baru memainkan tiga laga berada di posisi ketiga dengan poin empat tertinggal lima poin dari pimpinan klasemen Serbia dan runner up Lithuania yang masing-masing sudah memainkan empat laga.

Minggu dini hari besok Les Bleus

( sebutan timnas Prancis) akan melawat ke Kaunas menantang tuan rumah Luthuania dan empat hari berikutnya giliran menjamu tim yang sama.

Di Grup 4, Jerman yang akan menjamu Liechtenstein juga tak bisa tampil dengan skuad ter-baik. Bomber Miroaslav Klose tidak main main karena baru saja menjalani operasi engkel. Cedera itu didapat saat timnya, Bayern Munchen, menang 3-0 atas tuan rumah VfL Bochum pada 14 Maret lalu. Tim Panser juga akan tampil tanpa gelandang kaya pengalaman Trosten Frings yang cedera saat men-gantarkan timnya, Werder Bremen, lolos ke babak delapan besar Piala UEFA.(jpnn)

BUeNOS AIreS - Selepas keputusan gelandang Boca Juniors Juan Roman Riquelme pensiun dari timnas Argentina, kostum ber-nomor punggung 10 jadi lowong. Lionel Messi dijagokan sebagai pewaris nomor keramat tersebut.

Selain Messi, nama Carlos Tevez dan Juan Sebastian Veron dinilai sebagai kandidat lain yang cukup pantas. Namun, bagi gelandang Liverpool dan Timnas Argentina

Javier Mascherano, Messi meru-pakan sosok yang pantas.

“Keputusan memang ada di tan-gan pelatih, tapi Messi dengan mudah akan mengenakan kaos tersebut karena dia memang bagus, tapi ada juga beberapa pemain yang bisa mengenakan kaos itu,” bilang Mascherano, sepert dilansir Goal.

Diego Armando Maradona, pela-tih Argentina, sudah pernah melon-tarkan pernyataakn akan memilih

salah satu di antara Messi, Tevez, Veron, dan Daniel Montenegro. Nomor punggung 10 di Argentina sangat identik dengan Maradona.

Betapa tidak, dia sempat men-genakan kostum itu selama 21 tahun karir sepak bolanya bersama Albicelestes (julukan Argentina). Bahkan, demi menghormati jasa Maradona, kostum 10 di timnas pernah direncanakan untuk dipen-siunkan.

Pawaris nomor punggung kera-mat itu segera ditentukan jelang dua laga kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Conmebol. Tim Tango (julukan Argentina) akan mengha-dapi Venezuela pada 28 Maret dan Bolivia pada 1 April nanti.

Selain mengomentari Messi layak mengenakan kostum 10 di timnas, Mascherano juga telah membicarakan keputusan gantung sepatu Riquelme setelah bersite-

gang dengan Maradona. Tapi, dia enggan mengungkapkannya ke publik.

“Saya telah berbicara dengan Roman (sapaan Riquelme), pembi-caraan kami tidak akan terungkap ke publik, tapi saya tahu itu kepu-tusan pribadi,” begitu pengakuan Mascherano. (jpnn)

CEDERAPara punggawa timnas Spanyol

mendengar pengarahan dari pelatih. Dalam lan-

jutan babak kualifikasi piala

dunia 2010 zona eropa dini hari lusa, Spanyol

kehilangan be-berapa pilarnya karena cedera.

Fernando Torres

Lionel Messi