kliping media tanggal 20 april 2016

33
KTIPINGIUEDIA BAfiN HI]ltAS SEU ru[BAtil{OOA S,ANAilERIIEI(A RABU, 20 APRIL2bl6 MREBET - Satuan Potisi ah," katanya. Pamong haja (Satpot PP) me- Tuak tersebut disira dari ngamankan 300 liter lebih tuak pembuat dan pengedar. Bahkan, yang didapat saat razia minu- beberapa pembuat menutup- man keras di wilayah Desa nutupi produksinya itu. Onje, Kecamatan Mrebet, Se- Mereka membuat tidak lasa(19/4). hanya di rumah, tetapi juga di - _ Razia tersebut setelah pi- gubuk dan kandang temak yang haknya mendapatkan laporan lokasinyajauh dari permuki- dari masyarakat yang resah man. akan keberadaan pembuat mi- "Prosesnya sangat seder- numan keras itu. hana. Itu dari badeg (sadapan air Kepala Seksi Pengenda- nira kelapa), lalu difregmentasi lian dan Operasi (Kasi Da- dengan cara dimasuki kayu ran_i lopsl Satpol PP Purbalingga dan di{irynkan beberapa hari. Teguh Suigka'ib mengala- Kayuffiadanya dafl di Sum:a- kan, selain ada laporan ma- ter4" katanya. syarakat, pihaknya bergerak Tuak disita dari rumah Wah- atas dasar penegakan Perda yono RT 4 RW I sebanyak 75 Nomor 22 Tahun 2000 rentang lirer,27 tirer dariTriah Ri4 RW Larangan Peredaran Minum- I , dan 100 liter dari Supadi RT 2 an Keras di Kabupaten Purba- RW 4 serra 125 lirer dari Anjar lingga. Kusbandi RT 2 Rw4. "Sesuai pasal 3 perda terse- "Kali ini kami masih mem- but, barang siapayang memprc- berikan pembinaan kepada duksi, mengedarkan, menjual, mereka. Tapi jika nanti mereka menyuguhkan dan mengon- kedapatan masih membuat dan sumsr mrnuman yang mema- menjual [agi, kami tidak akan bukkan diancam hukuman ku- . segan-segan membauanya ke rungan maksimal enam bulan ranah hukum,,, tegasnya. dan atau denda limajuta rupi (H82-55)

Upload: humas

Post on 28-Jul-2016

232 views

Category:

Documents


6 download

DESCRIPTION

Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPINGIUEDIA

BAfiN HI]ltAS SEU ru[BAtil{OOA

S,ANAilERIIEI(ARABU, 20 APRIL2bl6

MREBET - Satuan Potisi ah," katanya.Pamong haja (Satpot PP) me- Tuak tersebut disira daringamankan 300 liter lebih tuak pembuat dan pengedar. Bahkan,yang didapat saat razia minu- beberapa pembuat menutup-man keras di wilayah Desa nutupi produksinya itu.Onje, Kecamatan Mrebet, Se- Mereka membuat tidaklasa(19/4). hanya di rumah, tetapi juga di

- _ Razia tersebut setelah pi- gubuk dan kandang temak yang

haknya mendapatkan laporan lokasinyajauh dari permuki-dari masyarakat yang resah man.akan keberadaan pembuat mi- "Prosesnya sangat seder-numan keras itu. hana. Itu dari badeg (sadapan air

Kepala Seksi Pengenda- nira kelapa), lalu difregmentasilian dan Operasi (Kasi Da- dengan cara dimasuki kayu ran_ilopsl Satpol PP Purbalingga dan di{irynkan beberapa hari.Teguh Suigka'ib mengala- Kayuffiadanya dafl di Sum:a-kan, selain ada laporan ma- ter4" katanya.syarakat, pihaknya bergerak Tuak disita dari rumah Wah-atas dasar penegakan Perda yono RT 4 RW I sebanyak 75Nomor 22 Tahun 2000 rentang lirer,27 tirer dariTriah Ri4 RWLarangan Peredaran Minum- I , dan 100 liter dari Supadi RT 2an Keras di Kabupaten Purba- RW 4 serra 125 lirer dari Anjarlingga. Kusbandi RT 2 Rw4.

"Sesuai pasal 3 perda terse- "Kali ini kami masih mem-but, barang siapayang memprc- berikan pembinaan kepadaduksi, mengedarkan, menjual, mereka. Tapi jika nanti merekamenyuguhkan dan mengon- kedapatan masih membuat dansumsr mrnuman yang mema- menjual [agi, kami tidak akanbukkan diancam hukuman ku- . segan-segan membauanya kerungan maksimal enam bulan ranah hukum,,, tegasnya.dan atau denda limajuta rupi (H82-55)

Page 2: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

(3

a4ri-sp

vU

6llda\

s.

(J

s

€i<

a=aa

sq.a_

oscV)

vst!Fis=E)

Page 3: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPING MEDIA

BAOIAI{ flI]MI$ $IX}A IIRBAIfiOOA

SUARA MERDEIM:_RABU,20 APRIL 2016

DPRD Kririsi LKPj Bupari Thhun 201 5PURBALINGGA- DPRD

Kabupaten Purbalingga mengkri-tisi Laporan Keterangan Pertang-gunglawaban (LKPi) Bupati tahun2015. Sejun ah catatan disampai-kan dalam paripuma dengan agen-da penyerahan Keputusan DPRDtentang Rekomendasi terhadapLKPj Bupati Tahun 2015, Selasa(r9/4).

Ketua DPRD Puftalingga To-ngat mengatakan, ada sembilan ca-tatan yang disampaikan. Dan ca-tatan itu untuk masukan dalampelaksanaan pemerintahan tahunselanjutnya-

Salah satu catatan yang dibed-kan Dewan adalah mengenai pe-rencanaan pembangunan. Dewanmeminta hal itu dilakukan secarakomprehensif dan cermat. Jadi,tidak terjadi penundaan pemba-ngunan atau tidak dapat dilak-sanakan secara optimal dan tepatwaku oleh satlran keda pemngkatdaerah (SKPD).

"Kami meliha! masih ada SKP

KRITIK LWj: Kerua DPRD Purbalingga nrilr^W,ilmenyerahkan hasil tanggapan LKPJ Bupati Tahun 20 I 5 kepa-da Bupati Tasdi, dalam Rapat Paripurna PenyerahanKeputusan DPRD tentang Rekomendasi terhadap LKPj

i Tahun 20 I 5, Selasa ( I 9/4 ). (ss)

yang dalam menentukan kebijakanFogram dan kegiatannnya kuangmenyentuh masyarakat " ungkapnya-HanrsTegas

Selain itu, Dewan juga memin-ta Pemkab lebih meningkatkanpengawasan secara internal ter-hadap pelaksanaan program dankegiatan daerah. Jadi, program dankegiatan yang hasilnya kurangmemenuhi standar kualitas dapatsegera ditindaklanjuti.

"Pemkab juga harus bertindaktegas terhadap rekanan yang pelak-sanaan proyeknya memiliki kon-dite buruk. Perlu diberi sangsiadministrasi agar jer4i tandasnya.

SKPD juga dituding kurangpeka terhadap penanganan kasus-kasus ketenagakerj aan. Pasalnyamasih dijumpai banyak permasala-han dan kendala. Baik yangmenyangkut upah buruh maupunupah lembur yang tidak sesuaidengan ketentuan. Karena itu, perluada penanganan yang serius.

"Kami juga mengharapkan

Pemkab memiliki langkah keatifdalam upaya meningkatkan PAD,"lanjutnya.

Dewan juga mengusulkanPemkab memberikan paparan se-cara terpisah antara kebijakan yangbersifat tazim dan kebijatan baru.Termasuk kebijakan yang umumdan sektoral. Dengan demikian,dapat terjamin kapasitas eksekurifdalam mengatasi masalah.

"Perencanaan pembangunansebaiknya dibuat s€cara terintegasiantar-SKPD. Proses ini menjadipenting untuk menata nomenklaturprogram antar-SKPD yang seringtumpang-tindih dan berulang-ulang," katanya.

Pemkab juga diminta men-dorong mental birokrasi. Bidangpendidikan, kesehatan, kemiski-nan, serta pertanian merupakanmasalah pokok di Kabupaten Pur-balingga.

Dewan berharap penyelesaianberbagai masalah di tridang tersebutbisa diutarnakan. (H82-55)

Page 4: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

PURBALINGGA - Sebanvak45 anggora DPRD hdalingga iansejumJah SKPD akan kuniuasankeDa (kunia1 ke Kota Batam_ ir."vinsi Kepulauan Riau. Keberans-katan mereka bergantian, Komisi"Idan II pada Rabu-Jum at (20-,23/4)serta Komisi III dan IV padaMinggu-Rabu r2,t-27141.

Dalam siaran persnva DadaSelasa t I 9/4), Ketui DpRD purba-lingga Tongat mengatckan, kun-jungan keria komisi tersebut unmkstudi banding dengan Kota Batam.yang menjadi referensi di bidanstata ruang dan invesrasi. vans nanibisa direrapkan di Purbalingg-a.

Komisi I dan Komisi IV akandidampingi pejabat KantorPenaraman Modal dan perizinan

SUARA MERDEKA

RABU,20 APRIL 2016

& BelajarTata Ruang dan lnvestasi

Terpadu (KPMPT), Badan peren- wilayah) yang sudah saahya digan_canaan

_

Pembangunan Daerah ti. fita talu Ji purbainggu .rui i"ifn-1gea11a.ai pinas pekerjaan pertu ada perubahan ra;'"r*;;umum (DPU). Mereka akan bela- zonasi. karena kondisi p-erdajar tentang bagaimana mengatur RTRW saat ini sudah tid* ,efer-danmenglmplementasikankebi_ lagi...katanya.jakan invesasi, karenapemerintah niUl*uiro.1"-e.,Kota Batam juga lelah mampu da- Komisi Il iidamoinei oeiabarlam melakukan penaraan ruang pT BpRS guunu Mirr;'pei*i.ubark ruang publik maupun perin_ akan belajar bagaimana kine{adandustrian dengan baik. manaJemen pemasaran ke pT. _

"Apa lagi kita dalam waktu BPRS Syarik;t Mad".i K;;; B"-dekat ini akan membahas raperda tam. yang dinilai mampu bersainsRTRW{rencana,,aruansdan.u', J;&;;ili; ;;;:i#ffii

KLIPINGMEDIABAffAll HI]itAX $XXIA flJlBAIfitr0A

DPRD dan SKPD Terbang ke Batam

iff f +'*'Js3til'J,iiT#"Fffpenanaman modar. asins ( pMA). ;:',l;T'f]xtr r?i}".ff j,]l-,

f .dt'rH,t:iffiffi 6itfl rx*^y,mH*itff #akan srudi banding ke RSUD I I Tahun 20t5 ,.riri? n.".",*Embung Fatrimah tenhng peneru- Keria DpRD prrrhrlinoo. )^r^

ift:1,ilflffi'#fiH#ffi:. m,'[UUru;[ffi,,n:natan rawat inap. Hasilnya akan dit_ tenrang Jad;l Kegiarrn DiRDerapkan di Rubalingga- karena saar er,6"li'rgg" eri,, A"pii;ij,;. ^"m masih banyak keluhan masvara-kr, p.,i1,J;i;y;;ffiiffi fr ,.^-

Nand hasil ku nja alran di lrp"rRSriD d. d;il;i;#;H; ;ilIfr'##il?:;T:,,.;i'J::apalagr dalam waktu dekar pemkahf u ru'at in gs a, k ;; ;; ;;;;; i?s;Ififf Xllfil"t"1'Sil:_rumahsakitbam "

I

^. "1"1,$',ji',1;^-an. kepergian lffi'rT!T;,'"

t d,anpan rpDrp,

mereka ke tsatam untuk studi band_

Page 5: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPING MEDIA

BAOIAil UI][{AX SMA INBALII'IOOA

SUARA MERDEKA

RABU,20 APRIL

Keiari TungguHasil Pemeriksaan& Tersangka Korupsi Renovasi SD

PURBALINGGA- Kejaksaan Negeri Purbalinggaterus

berupaya menuntaskan kasus dugaan penyimpangan

program renovasi 63 sekolah dasar (SD) tahun 2012.

Hingga saat ini Kejari Purbalingga masih menunggu

laporan hasil pemerilsaan (LHP) dari Inspektorat

Kabupaten Purbalingga.

Setelah LHPditerima kata KepalaKejaksaan Negeri Pubalingga Tong-ging BanjarNahor di sela-sela kegialandi Pendapa Dipokusumo, baru-baruini, bisa mendukung tahapan selanjut-nya sepeni penetapan tenangka.

"Kami masih menunggu LHPlnspeklorat Kabupaten. Itu bisa menja-di dasar kami menetapkan temangka.

LHP di antaranya berisi perhitungandugaan kerugian negara, karenadugaar penyimpangan itu," katanyakepada wartawan.

Saat penyidikan kasus ini, kejak-saan telah memeriksa seratus sal<si

untuk dimintai keterangan. Bahkan,sempat beredar kuat kabar bahwakejaksaan segera menetapkan tersang-

ka akhir Desember tahun lalu. Namunhingga kini masih menunggu LHPhspektorat.Permintaan Jatah

Data yang dihimpun Suara Mer-deka dari berbagai sumber menye-butkan, kasus dugaan penyimpangan

tahun 2012 ini midp modus kasus dana

alokasi khusus (DAK) yang pemah

melanda Dindik dan mengakibatkanmantan kepala Dindik saat itu men-dekam di LP Kedungpane. Modusnyayaitu ada permintaan jatah denganpe$entase tertentu dari oknum DindikPurbalingga.

Sementara itu, Inspektur lnspek-torat Purbalingga Wahyu Kontardimengatakan, saat ini pihaknya masihmenghitun g (erugiq! 4egar4 qkibat-dugaan penyirnpangan pogram reno-

vasi SD tahun 2012 tenebut Da tidakbersedia memerinci sejauh manapenghitungan itu. "Kami masihmenghitung berapa jumlahnya (keru-gian negam). Karcna rxasihproses, jaditidak bisa kami papa*an saat ini. Nantisetelah selesai, kami akan beri tahu,"katanya singkat, Selasa ( 19/4).

Wakil Ketua DPRD RnbalinggaMukhlis mengatakan, pihaknya men-dukung langkah kejaksaan menun-tasl<an s€mua kasus dugaan korupsi diPurbalingga. Jangan sampai Kabu-paten Pubalingga tercoreng namanya

akibat ulah koruptor (H82-55)

2016

CEO Wakili PersibanggaPURBALINGGA -CEO PT Persibangga Sportama

Rohman Supriyadi ditugaskan mengikuti acara temu marajerdengan PT Gelora Trisula Semestar (GTS), dalam rangka per-siapan Indonesia Soccer Championship (ISC) B. Pertemuanitu digelar di Jakana. kemarin.

Lewat ponselnya, kemarin siang, Rohman mengatakan,sudah berada di Ibu Kota RI. Dia berangkat atas perintahKomisaris PT Persibangga, Tasdi, yang juga Ketua UmumPersibangga Purbalingga. "Apa pun hasilnya akan sayalirporkan ke komisaris."

Perintah berangkat ke Jakafia itu diberikan Tasdi. datampertemuan dengan CEO, Senin (18/4) malam. Persibanggasudah mendaftar sebagai peserta ISC B, sehingga tahapandemi tahapm diikuti. (bd-55).

Page 6: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGMEDIABAflAI{ flU}{l$ ffilDInI[BAUilCrCA

SUARA MERDEKARABU,20 APRIL 2016

Jembatan SungaiKara4i Taruna Bantu Siswa yatim Karang Siap Dibangun. BOBOTSAFI - Karang Taruna Kabupaten purba_hgga m_emberikan bantuan sejumlah uang kepadass,va yatim dan piatu di tiga sekolah. masin!-masinjSD 1 BoboEari, SD 1 Guiung Karang, Oan 6O t K6i

flsglg" Setasa ( 1 9/4/20.1 6). Kegiatan itu merupa-r€n satah satu program kerja organisasi ini di bidangsosial.

_- B."nlr".n diberikan oteh pengurus Karangtaruna Purbalingga Gatot Wahyu Nugroho, Didiitruornanono, dan l-ia Setyaningrum kepadamasrng-masing kepata sekolah Sri Welas Asih, EstiPeni S, dan Biono.

,,.^.t,:llrn berupa biaya pendidikan, yangorDenkan kepada 20 siswa di tiap sekolafr. Juga iepaida detapan warga Jumlahnya memang tid"L-O"ny"t.

lT]_s:!ldak lidaknya bisa meringankan beban brlyapendrdikan siswa tersebut,,, kata Oidit.

Kepala SD 1 Bobotsari Sri Welas Asih mengu_capkan lerima kasih kepada Karang Tarunaruroanngga yang telah memberi bantuan kepadasiswa tersebut. Semoga bantuan itu dapat berman_faat. (H82-55)

L ! A H f4N B A*y or,, * n uiffiY#)taruna Kabupaten purbalingga menyeraiKan bantuan kepada siswa SO t g;fuEari,Selasa (19/4). (SS)

. PURBA LINGGA- pemkab purbatinggaakan membangunjembatan di atas Sungai i-a_rang, yang menghubungkan Keeamatan pe-ngadegan dengan Kecamatan Karangmoncol.

"Se-lama ini masyarakat Karaigmoncolyang akan ke purbalingga harus memutarmelalui_Kecamatan Rembang.'. kata KepalaBadan Perencanaan pembangunan Dairah(Bappeda). Seriyadi.

. Dengan adanyajembatan itu, nanti masya_ralat Karangmoncol yang hendak ke pur_balingga bisa ke selaun melalui.lembaun rcrse_bul melewati Pengadegan yang lebih dekat.

^ _ Tahun ini detailed engineering design(DED) akan disusun melaluiApBD penrbahan.Jadi. saya beJum rahu berapa anggaran biayayang dibunrhkan," nrtur Setivadi.L€bar75 M

. Menurut di4 bentang jembatan itu dipe&i_rakan 50 meter lrbarjembatan dibuat 7j me_ter, agar mobil bisa lewat berpapasan denganaman.

"Sungai di bawah jem batan akan dinormat_isasidahulu. Namun arus dibawah iembatan itureladf stabil dan ridak berpindahipindah sepertid, tempat lain," ujamya.

Pembangunan jembatan itu akad memintabantuan TM melalui program karya bakti. Jadi,pekerjaan bisa cepat selesai seiuai harapanmasyarakat.

_ Setiyadi mengatakan, secara bertahapPemkab akan melebark an beberapajembatan &jalur utama Bobotsari-Rembang_pengadegan_Purbalingga.

_. "Sebab. jalan kabupaten yang melinrasikecamatan-kecamatan inr akan dilebarkan juga.Jadi. konsekuensinya jembatannya juga i[utdilebarkan," tutumya

_ Tidak hanya ditebarkan, ada kemungkinanjuga jembaran lama akan diganri. Seperii .jem-batan Rajawana-Makam yang sempiidanusEnya sudah tua.

_ "Sekarang jalur Katikajar-Gembrungan_Pasar Pahing sudah dilebarkan. Unruk piele_baran jalur Karangreja-Siwarak-Kurabawasudah diangEarkan," katanva.

. Pelebaran jalan dari Karangreja rersebutaKan dlteruskan hingga Selaganggeng.5€mentara pelebaran jalur pu6ali ngga_TobongKutasari tahun inj juga aianggarkarifut OSS.;

-

Page 7: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGMEDIABAOIA}I HI][{AS SIIDA ruflBAIflOGA

"KEDAULATAN .RAKYAT'

RABU KLIWON, 20APRIL 2016(12 REJEB 1949)

Ratusan Liter IUak Disita -PURBALINGGA (KB) - perupas Satuan "Ibmi mejakukarr razi,a setelah mendaparPotisi P-among Praja (Satpol PP) iengamaa- ke, laporan dari masyarakat yang resah akankan sedikitnya 800 riter hrak saat merikulan r."u"*'a-"r" Gi"rt',*r"-r. keras itu,,,tu-razia minuman keras di wilavah Desa onj", t* f"pJ. dGiilnienaauan dan opera"iKecamataa Mrebet, s"r.s" tisral. t "ili; ia;"dilffi;rr;iErr eorbrringgu T"srl,disita dari pembuat dan pengedar. T\rak itu Sungko;. - "-"'""

dibuat tidak hanya di rumah retepi juga ai tia"f."" ."presu itu, menurut ,lbguh, ber_cul+ d.an kandang ternak ya"g iok"";;y" a""*il"-p""Trr"#"iaerah /perda) Nomor

Jauh dari pemukima[ 22 1b]urr 2000 Tbnlang Larangan peredaranTrak disita dari rumah Wahvono warga RT Ui."*1"-i<"i* a]-frilayah purbalingga.

4.Rw 1 sebanyak ?E liter, Tliih warga-RT I p*J i p".al"*"*iplarca- siupa sula yrrrgRW 1 sebanyak 2? liter, Supadi waria.RT -2 *"*riJa,rf."f, _"rge"da"kar,, m"nju.t, rne-RW 4 seb,anyah-100 liter dan Anjar Kusbandi "V"grfrt "- i." -?"gmnsumsi minumanwarga RT 2 RW 4 sebanyak 128 lit€r. proses y""jr."..f"tt1"-i.l#dengan hukuman ku-pembuatan tuak it u- tergolong sargat seder_ i.-i"" _"t"i."f-"*_ il;dr" ;ffi;;hana, ya*ni deDgan bahan baku 6alzg-(sarla_ frri':"t. *pirf, "U"t"t kali ini kami masihpa,' air nira kelapa) yang diferrnentasileng_au ,""d;k;;;;;an kepada mereka.cara dimasuki kayu laru dan didiar <an bebe_ f"f""

"""ti-dt.frlaTma"lh -embuut d.rrrapa hari. Kayu itu konon hanva bisa diper_ -."i"ilrgi-k;ilirr, ,ournbrrr".ry..k"oleh diSumatera. ranah hukum,, tegasnya. (-Bu6)-m

nl,H,#"H#ffi ;lfl"g,yj:H."fi*iti*ffi.1igi}l*T"ilfli,liti#,iffi

ffifr*ffi*ffiYani Sutrisno mennam,,t -vo^ ^:L^,_-

-ru**-lrm*liffikont.ktor,,, tutur yani srt,ino.,-,.","".,,ro,ron r"

1*r";g

Page 8: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KIIPINGilffiDIABAffN flI]MA$ SIIDA flIIBAIIl'Ifi(iA

Radar Banyumas o Rabu Ktiwon 20Aprit2016

Pura-uri Nlotor

pUngAIIllCCA - Terdakra panFera Tengganti (fnJ temUer ZO1S putut tt.OO.Ipras Daryatrno (30), warga Windarmono, Siiasa (tS/a). Alasan terdakwa saat ituDesaPatemon, Kecamatan Da.lampersidanga.nkemarin meminiammotorparsonoBojongsari, mengakui ikut iaksa_penunrul u;rrm (IpU) unruk inembeli pulsa dannimbrung takziyah hanya Oki Bogitama SH, mengha- rokok di warung. Sepedamo-pura-pura. Karena niat se dirkan tiga orang saksi. Saksi tor iiu temyatitidai dipakaibenamya.adalah ingin men- korbanpirsorro,I;iNrukholis membeli pulsa atau rokok dicuri sepeda motor milik sai.si (30), warga Desa Kedungn_ *u-ng. .iupi ;;i;, Ji;;;korban, ParsonollB), warga benda, dan Madwiarjo aias kaburo]eh terdakwa.Desa Kedungbenda, Kemang- Sirod (55), Kaur Kesra Desa Sepeda motor dibawa keKon. Kedr ngbenda, Kemangkon. Banlumas, dan rencananyaHalitudibeberkanterdakwa Terdikwa lpras meirgaku teraikvaakan menyualnya'di

Ipras di depan majelis PN membawa kabur sepedimo- Karangpucung Cilicap.'fca-Purbalingga, yang diketuai tor yamaha Jupiter ND( nopol ,""u uiu razia, motor ituAgeng.Priambodo_ Pamung R z:g+ ZA mitii parso"o ying aiiuh;l.erdakwa rak bisaKas 5H, anggota Rarna Da- dikenali terdakwa, di Desa menun juk(an suat.suml mo_mayanti Wisudha SH, dan Kedungbenda, Kecamatan to! lalu motor ditinggal. Ter_Indah Poka SH, didampingi Kemangkon, Sabtu Zo Sep_ da6i terus ke Wanlon naik

bus,lalu ke Jogja menumpang lpras tidak ada di rum-aFtuk nenelcrva.Saksi Aii Nukholis menga- Saski iigamenlelaskan, Sab-

takan, dia tahu terdakwa me- ru 26 September 2015 pukulminiam motor palson untuk 09.00, saat saksi tak;ivahmembeli pulsa sebentar. Tapi bersama warga lainnyi disampaipuk 13.00, rerdakwa rumah prayatg di Desi fe-dan motor parsono tidak dungbenda, Kemangkon, Se_murcul lagi. Kemudian par- ktarpukul 11.00 seplda mo_sonomelaporkhnkejadian itu tor prasono dipinjam ter,Polsek Kemangkon. dakwa, yang mengalru bera_

Kemudian saksi Madwia{o lamat diDeia Sendn.alias Stod mengatakan, saksi Di sela_sela persidanganbersama teman sempat me- ketua maielis hakim Aopnolacak keberadaan r"iaatwu p.iu-b;&, ;"";;;"p;:Ipras di rumah neneloya, di sono unru* melihat barangDesa Senon, Kecamatan Ke- buki sepeda motor mililany4mangkon. Temptaterdatom digudaag.(nis)\z

Lalu

Page 9: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

ZA

o

=ooE

E

E

3

a,o,

o.

o.

!

o

o

E

oo

o.

ID

FYfql(,ztE

Page 10: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGMEDIABAOIAil HI]i{A$ SIXDANRMIfiOOA

Radar Banyrmas . Rabu Ktiwon 20 Aprit 2oj6

CintaPencakSilat Seiak KecilOLAH fisik seperti olah-

raga beladiri pencak silatkerap hanya disukai laki-laki. Namun saat ini sudahmulai jamak, olahraga itudigeluti perempuan. Karenamereka menilai, selain me-ngasah kepekaan, olahragaini iuga baik untuk kebu-

ga Staminadan Kelenturan

iGinta i:h 1."1 a-"r" rrnalum, Ke- sampai[apanpun akan saya^ cam^atan. Rembang. peraih tatuian. 6*i. _rii"[i,.,_ramoungan dariha,5

11a.r3 penama paaipopon rni._"r"ur, gelar dan me201!

Sehingga banyak r"ro.- :;i: rnr mengaku iatuh dali, ,rpi r"[ii, puau p"

p ua n tatuh cinra paau ol" h - k""il Puda pencak silat seiak Jesr arian seni bela diri yfng

tugu u"tuairt p"niak.it, iini. T.;;.: , lahir di tanah air sebagai-fl *.r".r'"iin'i""'arr]ii; ,"J,"ntu* t"ut sudah men- warisan nenek moyanB,"

srsw sMA Negeri I Rem- luuu.o-u8,'ul dalam hidup unBkap gadis -r.i[.?

oang, pesilai *'a-ni,; iil. ;:f;fi1if,iilffil::i:;,#L:lii, menghabiskanwaktunya-untuk be rl att h patkan Jom*" r"irt" _"dan mengembangkan seni i,g"r"h ir;;ilr;;"r" p.ibeladiridisekolahmaupun bidi. oi unu,r,"-niu-uong

Ii ngkungannl a. Seriap irari r"r_r^" jJ"ruiliij"rrr,di Iuar jadwal tarih'an di l"gc,rglr, ,ffiJi,ll0""SMA Negeri I RembanB iar"il .a"agi piriiul, ,"Li""dan melatih attit di SMi a"" r"ii"i*"".,iilJ r"Negeri 2 Rembanroi,,"

"-,

' inio"'*s"*",, , lllll""l",J*o"ToXillij;.J;

Rembang ini juga m"ry"__ gadi"" p""a?"; iJ]t.-"1

galal. > kehdg

Rajin Menja

Page 11: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGMEDIA

BA0IA}{ flt]Ii{As SHDA nnBfiillfl'0A

setahun pemantauan danpengawasan han-va mampudilakukan untul 20 pabrik.Tak hanya pabrik rambutsaia, pemantauan ,uga di.Iakukan kepada sejumlahpabrik skala besar dan me-miliki dampak lingkungan.

Dari total pabdk yang adatermasukpab krambut,40persennya masih dimintamembuat IPAL. lika merekabelum mampu, diminta me-miliki pengelolaan limbahbiasa. > ke hat B

Sambungan dari hal 5

Namun harus benar- be-nar mampu mengolah lim-bah menjadi aman saat dibuang ke perairan bebasseperti sungai,

'Artinya, sampai saat inibaru 60 persen pabrik yangsudah siap menghasilkanIimbah vang aman saat di-buang ke sungai. Sisanyamasih terus dihimbau danbisa ditegur serta disanksiadministratif jika terbuktimelanggar," tegasnya.Upaya pabrik menggu

nakan jasa pihak ketigadalam membuang limbahberbahaya juga dinilai be-lum opti.mal. Bahkan jikapihak ketiga tidak bertang-gungjawab, dikhawatirkaniuga akan dibuang sem-barangan ketika sudah di-angkut.

Dia kembali menegaskan,secala umum penangananlimbah Bahan Berbahayadan Beracun (83) di Purbalingga dinilai masih mi-nim. Pasalnya masih banyakperusahaan industri yang

berpotensi menghasilkanlimbah 83 tanpa memilikiIPAL itu.

Saat ini dibutuhkan mini-mal itikad baikpemilik ataupengelola industri untukmenangani limbah 83 itu."Purbalingga sudah bisadikategorikan banyak in-dusti. Paling tidat potensilimbah 83 yang ada cutuptinggi. Iika tidak ditanganiserius, maka bisa mengan-cam lingkungan sekitar,"ungkapnya,

Pihaknya terus mendo-rong pengelola industriseperti pabrik rambut hing-ga ke sejumlah instansipemerintah seperti rumahsakit, puskesmas dan lain-nya untuk lebih intensifmemikirkan solusi bahayalimbah 83 in:-

"Kami memiliki fungsipengawasan. Jika ada du-gaan pencemaran, m4kabisa dimulai dari sanksi ad-ministratif hingga sanksiberat lainnya tergantungtingkat pelanggaran. Ter-masuk kewenangan polisidalam menyidik pelang-garan ini,' ujarnya. (amr/bde)

Purbalingga Terancam

Limbah Berbahaya40PersenPabrikBesar

TakMilikiIPAL

PURBALINGGA BadanLingkungan Hidup (BLH)Purbalingga menyatakan,hingga kini masih ada 40persen pabrik besar ter-masuk pabrik rambut diPurbalingga belum me-miliki instalasi pengolahIimbah air (IPAL) yangmemadai. Dampaknya, ancaman limbah berbahayaterp apai ke perairan terbukasangat mungkin tetadi.

"Biasanya kasus yanf, ter-jadi muncul karena suatupabrik kewalahan mem-buang limbah mereka ketilamelimpah. Kemudian mereka nekat membuangnyasecara diam diam ke sungaimaupun perairan terbuka,"kata Kepala BLH Purba-lingga, Ichda MasriantoMKes, Selasa (19/4).Ichda mengakui dalam

Belum Lirik Pihak Ketigar Puruafingua

Page 12: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

alat bukti pemungkas Ke-jaksaan Negeri (Kejari) Pur-

gara akibat kasus tersebut.Total kerugian negara itu,bakal dijadikan salah satu

balingga, untuk menetap-kan tersangka.

Kepala Inspektorat Pur-balingga, wahyu Kontardimengataka!, saat ini pihaknya masih melakukanproses penghitungan keru-

KIPINGMEDIAIA(lrAil HIrffis $[mA llnBffil{tilA

Radar Banyumas o RABU KLtwoN 20 ApRrL 2016

ektorat Ratusan Saksi Tel

LHP diantaranya berisSebelumnya, Kejari Pur- perhitungan dugaan ke-

balingga mengaku terus rugian negara karena du-berupaya menuntaskan ka- gaan penyimpangan Re-sus tersebut. namun, Kejari habnas itu," katanyaPurbalingga masih me, wartawan.nunggu laporan hasil pe- Saat penyidikan kasus ini,meriksaan (LHP) dari Ins- kejaksaan telah memeriksapektorat Kabupaten Pur- seratus saksiuntukba.lingga, untuk menetap- keterangan. Bahkankan fersangka. beredar kuat kabar jika ke-

gian negara akibat dugaan Hal itu, "diungkan oleh jaksaan segera menetapkan

P:llv,*p"TqTt:tgllf le- repara Kejari pirbalingga ie,sangka"akhir Desember

TLL"'",:o*::111^,0^],lii r"l!ti"g Banjar Nahoq tahun lalu. Namun hins€iaseDut Namun, qla raK oer- baru-baru ini. Dia menj kini masih menunggu LHp*di" -"r1":l-t:ii:h 1un" piurt*, ,sai LH p direrima, tnspektorat. ""ptt-t::

ry-1fl'T!8:n ru . maka bisa mendukung ta- Sementara itu, wakil

-_1":Il lll: 5:li11tJ.h r,"p"" selanjutnya, seperti tua DPRD purbalinssprosesmelaKuKanPen8nl-penetapantersangka. Mukhlismengatakan,!1tungan berapa jumlahnya'.r<,-i -,"it Lor,nt,o ,-on,,,,L,,-^ r---::11i"1l.::.,11:-i:1"i- "r "rami masih menunggu haknya mendukung rangu<eruglan negara, reoJ. r\are-na ma"sih proiesladi ddakbi- kah kejakaan menuntaskan

sa kami paparkan saat ini. semua kasus dugaan korupsi

Nanti setelah selesai kami a di PurbalinsSa Jangan sam-

kan beri tahu," katanya di- pai kabupaten Purbalingga

temui di sela-sela kegiatan di tercorenB namanya karena

GedungGrahaAdigunaKom- ulah oknum yang diduga

pleks PendapaDipok-usumo, melakukan tindak pidana

iemarin (td/a). ' koruPsi'

Dia iuga masih enggan Berdasarkan informasi

membib"erkan, kapan"h"asil Iilq tllT.pllllliT'1". gaan penyimpangan Re-pengrxnmgan Keru$anneSa- :_._l^ ,,_..._ ;,^rcitu,bisadiselesaika[ sebab, habnas tahun 2012 i\iproses tersebut menurutnya mirip modus kasus dana

membutuhkan rvaktu yang alokasi kuhusus (DAK)yang

tidak sebentar, agar hasilnyi pemah melanda Dindik dan

akural -> kehato il::$i"Tf::#iil"*l:ldekam di LP Kedungpane.Modusnya yaitu adanyapermintaan iatah denganprosentase tertentu daripihak oknum Dindik Pur-balingga. (tyalbdg)

okus HitungKerugianNegaraKasus Penyimpangan

Rehabnas SD 2012

PURBALINGGA - Siapasaja tersangka kasus dugaanpenyimpangan programrehabilitasi sekolah (Re-habnas) 63 sekolah dasar(SD) 20i2, di KabupatenPurbalingga, bakal terung-kap. Inspektorat KabupatenPubalingga, saat ini, tengahmenghitung kerugian ne-

Page 13: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIAI{ Htl}{A$ $[IDA flIIBAIflOOARadarBanyumas. Rabu Kliwon 20 April 2016

lisi Pamong Praia (Satpol PP) yo4o RT 4/RW I sebanyak 75 li-Kabupaten Purbalingga berhasil tet Triah RT 4/RWI sebanyak 2?menyita ratusan liter minuman 1iter, SupadiRT2/RwlVsebanyakkeras (mirasJ tradisional, ienis 100 liter dan Anjar Kusbandi RTtuak di Desa Onie, Kecamatan 2/R!V IV sebanyak t25 lirerMrebet, kemarin (f9/4). Tuak Dalam raziatersebut, produsenberbahan utama nira kelapa atau tuak tersebut, sempat "kucing-badeg siap edar lebih dari 300 kucingan" dengan petugas Satpolliter tersebut, disita dari empat PP Mereka sempat mengelabuiprodusen tuak besaf 4ljeJg ftu. petugas dengan menyimpan, agar-tidak disita. Hal it", sernpai men"gfritan"gtan Uuru"g-ui i.menyulitkan perugas untuk me- yakni, dengan membuine duanyita barang bukti, bahkan be- jerigenbesarukuran25lireiruakberapa produsen tuak sempat siap edar, Tak hanya itu, pro_berbohong unrukmenutupi pro- dusen tuak luga adi yang--e_dulci tuakyang dilakukan. larikan diri, t etifa irenait al__

Selain disembunyikan di atas mintai keterangan oleh anggotalemari, rarusan liter rersebur juga Sarpol ppdisembunlikan oleh produsen Bihkan beberapa pembuattuak di tengah sawah. Bahkan, menutup-nutupi produksinyaada produsen tuakyang berusaha itu. | *eite

Hanya Sanksi Pembinaanr SatmlPP Purbalingga. Sebab, ssuai

Pasal 3 perda tersebut, ba-rang siapa yang mempro-duksi, mengedarkan, men-jual, menyuguhkan danmengkonsumsi minumanryang memabukkan diancamhukuman kurungan. mallsimal enam bulan dan ataudenda lima juta rupiah,"ielasnya.Terkait produsen tuak

yang disita tuak produk:sinya, dia mengungkapkankali ini pihaknya hanyamelakukan sanksi pembi-naan. Namun, jika dike-mudian hari mereka kem-bali tertangkap tanganmemproduksi tuak, pihak-nya akan memproses sesuaiaturan yang berlaku. "Kami

Sambungan dari hal 5

Mereka membuat tidakhanya di rurnah. Tetapi jugadi gubuk dan kandang ter-nak yang lokasinya jauli daripemukiman.

Kepala Seksi Pengendaliandan Operasi (Kasi Dalops).Satpol PP Purbalingga Teguh Sungkono mengatakan,razia tersebut dilakukanberdasarkan laporan ma-syarakat. Sebab, peredarantuak sudah sangat mem-prihatinkan, karena menyasar pelaiar dan anak-anak.

"Kami juga bergerak atasdasar penegakan Perda No-mor 22 tahun 2000 tentanglarangan peredaran mi-numan keras di Kabupaten

tidak akan segan-sega!membawanya ke ranah hu-kumi' tegasnya. (tya)

Page 14: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

90

6n

'o

Fo.o-,o.L

o

=LE

lt.E

E

Y

o

o

.g

E

td,<.;lu:-trs5

Page 15: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPINGMEDIA

BAffA}I HUil{A$ SIIDANNBAIilOOARadar BanWmas i Rabu Kliwon 20 April 2016

SIMBOLIS :Bupati Tasdidan KetuaDPRD iongatbersalamanusai menerimaLKPJ Tahun2015, Selasa(.r9/4).

Pembangunan dan

Ketenagakerjaan Disorot

PURBALINGGA - Lapo-ran Keterangan Pertang-gungjawaban (LKpl) Bupatitahun 2015 dikitisi DPRDPurbalingga. Hal itu disam-palkan Ketua DPRD pur-balingga, Tongat SH MMdalam rapat rapipurna dengan agenda PenyerahanKeputusan DPRD tentang

terhadap LK-

PI Bupati Tahun 2015, Se-lasa (19/4). Ada 9 catatanatas LKPI itu, prinsipnyaterkait beberapa kebiiakan

perencanaan pembangun-an. Pihaknya meminta hal "g3sg rylelihat masih adaitu dilakukan secara kompe- SKPD yang dalam menen-herensil dan cermat. Se- 1u(3n kebr-lakan programhingga tidak teriadi pe-dan kegtatinnnyi kuiangnundaan- pembangu !a n, menyentuh misyarakaialau tidak dapat dilaksa- Sembitan catatan

-kami ini

setidaknya bisa menjadikoreksi dan evaluasi padapemerintahan selanjumya;,papamya.

Selain itu dewan juga me_minta agar Femkab lebihmeningkatkan f engawasansecara internal terhadappelaksanaan program dankegiatan daerah. Sehinggaprograni dan kegiatan yanghasilnya kurang memenuhi .

standar kualitas dapat segeraditindaklanjuti.

"Pemkab juga harus ber_tindak tegas terhadap re_kanan yang pelaksanaaitproyeknya memiliki konditeyang buruk. perlu diberisanksi administrasi agarjera," tegasnya.

SKPD ,uga dituding ku-rang peka terhadap pena-nganan kasus-kasus kete-nagakerjaan, Pasalnya ma-

Sambungdri dari hal 5 Baikynng meryangkutbunrh maupun ulahyang tidak sesuaiketentuan. Untuk ituadanya penanganansenus.

"Kami iugaagar Pemkab memilikikah kreatif dalammeningkatkan PAD. Ber-bagai potensi yang

sih diiumpai banynk per-masalahan dan kendala.

ada selama ini menjadipenting. Mengingar kebu-

Dengan demikian dapatteriamin kapasitas ekekutifdalam mengatasi masalah.

'Antar SKPD iuga harusmemiliki pere4canaan pe-mbangunan yang terin.tegrasi. Tujuannya agar pro-gram antar SKPD tidaktum-pang tindih," katanya.(amr)

0ewan

. tuhan masyarakatpelayanan bish lebih di-tingkatkan " imbuhnya.

Dewan juga mengusulkanagar Pemkab memberikanpaparan secara terpisahantara kebiiakan yang ber-silat lazim dengan kebijakanbaru. Termasuk kebijakanyang umum dan sektoral.

Dewan Beri 9 Catatan LIG| BupatiPerencanaan

dan penerapannya dalam ;..;#ii1hi;fi:ltl;H:: 11ngu1* Pengawasan Intemal

,fJff :il",:-""'ff;l' ilit rrikan legislatil yaitu terkait

nakan secara optimal dantepat waktu oleh SatuanKeria Perangkat Daerah(SKPD). > bhdo

Page 16: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGMEDIABA0IA}{ HI]il{AS $EIDA PtlRBAtil{Cr0A

Radar BanyUmas o Rabu kliwon 20 April 20'16

I(ehadiran PNTMasih Jelek

TaSdi Baka] EValUaSi balingga, yan g d i rerapkan. seiak Ianuarj 20ts, hingga

5 Han Kefja kini belum mendapar[inpengesahan d ari Ke rt ren _

PURBALINGGA - Bupali ieriin tralam \egcri (KePurbalingga H Tasdi SH mendagri) melalu"i fiulerMM, Lembali menegaskan nur la\\,a Tengah,akan mengevaluasi pela Tasdimenjeiaskan,dirinyaksanaan uji cotra lima hai akan melakukan evaluasi u,ikerja, di Iingkungan Pe- cobalima hari kerja, setelairmerintah l(abupaten (Pem- selesai melakukan inspeksikab) Purbalingga. Hal itu mendadakdi seluruh Si?D.diungkapkan lagi oleh Bu- Saar ini, dirinya dan Wakilpari letika memimpin apel Bupati Dyah ha,,uning pra-paBi di halaman Kantor Lilvi sudai melai<ulan sidaL

minggu," jelasnya.Berdasarkan hasi evaluasi

sdmentara, ternyata pNSyang telah hadir tep at wakturata-rata dibawah 50 per-sen. Bahkan ada SI(pD yangtidak pernah apel pagi dansaat sidak didapati hanya tigaorangyang hadir tepatwaktu. Yang tingkat kehadi-rannla diatas 50 persen.

Program sidak apel pagiakanterus dilakukan hinggaseluruh SKPD dan tB Ke-camatan dicek, Bahkan se-Iuruh desa juga akan di-sambangi untuk melihatkineria aparatur di gardaterdepan pelayanan kepadamasyarakat.

Kepala Bagian Organisasidan Kepegawaian Setda Wi-diyono, program uji cobaIima hari keqla seb'elumnyadilaksanakan selama 6 bulanyang dimulai Januari - Juni2015. Setelah itu kembalidiperpaniang sampai ada-nya penetapan dari Ke-menterian Dalam Negeri(Kemendagri). Surat ke-tetapan ini mendasllri re-komendasi Kementrian Ne-gara Pendayagunaan Apa-ratur Negara dan Reformasi

.erJaBirokrasi.

"Perpaniangan uii cobapenerapan lima ha keriadiperpaniang berdasarkansurat edaran Sekretaris Dae-rah Nomor 800/4923 rang-gal 30 Iuni 2015. Diberlakukan mr ai t Iuli sampaidengan penetapan dari Ke-mendagri melalui Gubernur

' Jawa tengah," katanya.Penentuan penerapan li-

ma hari kerja lanjut Widiyono berdasarkan padaPeraturan Bupati (perbup)Nomor 68 tahun 2014 danPerbup Nomor 66 tahun2015, Penerapan lima harikeia bertujuan agar teriadiefektifitas kineria meningkat dan penghematan ang-garan, terutama di kebu_tuhan list k, air dan bahanbakar minyak (BBM), termasuk peningkatan kineriadan kedisiplinan pegawai.

Sedangkan ketemuan jamkerja yang berlaku Seninsampai dengan Kamis pukul07.00-16.00 WIB denganwaktu istirahat 12.00-12.30WIB. Untuk lum'at 07.00-1I.00 \i\,'IB dengan jam krida olahraga 07.00-07.30\,ITB. (tyalbdg)

r l(GhaditanSambungan dari hal5

"Setelah ini, saya akanmelakukan evaluasi denganmembandingkan antarayang lima hari kerja denganenam hari keria. Tingkarevisiensinya seperti apa dantingkat produktifitasnyaseperti apa, akan dilakukanevaluasi," jelasnya.Dia menambahkan, jika

hingga pu-krul 08.00 \MB pro-sentase PNS yang masukker-ja dibawah 50 persen. Malekita harus dengan rela kem-bali ke pola enam hari keriauntuk memenuhi kewajiban37,5 jam dalam satu pekan.

Namun, kebalikannya iikakehadiran PNS telah me-menuhi lebih dari 50 per-sen, sebelum pukul 08.00WIB. Maka program limahari kerja bisa diteruskan.

"Patokan saya bukan ka-rena kita ikut-ikutan dengandaerah lainnya. Tetapi kiiaharusjuiur apakah kita bisabekera 37,5 jam atau tidak.Substansinya itu, bagai-mana kita bisa mengabdiselama 37,5 iam dalam se-

Page 17: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGMEDIABAOIA},I HI]I,IA$ $[IDA flNBAIftIOffA

Radar Banyumas o Rabu Kliwon 20April2016

PUBBAIIIIGGITIGTRIS Optimis dan Percaya Diri-Siswa MAN fuara LKTI r SiswalhAllCagar Budaya

Sambungan dari hat5

an," tutumya,Saat ini, dia terus me-

matangkan persiapan baikpendalaman mate maupunpresentaSinya. Putri dariBapak Ahmad Subandi dariDesa Tidu Kecamatan Bu-kateja ini mengaku optimisdan percaya diri untukmenjadi yang terbaik dalamLKTI di Surakarta.

Kepala MAN Purbalingga,Drs Suratno MPdI menga-takan, prestasi di bidangLKII bidang serarah tersebutmerupakan prestasi yangsudah kerap disabet olehsiswa MAN Purbalingga.Dengan semangat dan ke-tekunan, para siswa denganbimbingan para guru ber-upaya untuk. meraih hasilbagus di setiap event, "Sayahanya berpesan, perjuanganini masih panjang dan lebihberat. Jangan lengah danharus percaya diri," tuturDrs Suratno. (bdg/adv)

PURBALINGGA - Triana \{ahwni, sishra kelas XIIPA 2 MAN Purbalingga menjuarai lomba karya tuiisilmiah (LKTI) Cagar Budava yang digelar DinasKebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga{Dinbudparpora ) Purbalingga 23 Marer la lu. Dia b.rLalmeniadi wakil Purbalingga dalam ajang serupa ditingkhtprovinsi pada 26 hingga 28 April, di Surakarta.Waka Kesiswaan MAN Purbalingga, Drs Joko

Saptono dan guru pembimbing sejarah, Susilo\catiSPd mengatakan, pada seleksi tingkat kabupaten,terpilih enam orang peserta untuk diujikan kembalidi Semarang. > ke hat S

Dari enam sislva itu, duadiantaranya berasal dariMAN Purbalingga yakniTriana lVahvuni sebagailuaraHarapan I dan Fathurohman sebagai Juara Ha-rapan 2. Ternyata setelahdiseleski di Semarang, justmTriana Wahyuni dipilihuntuk mewakili KabupatenPurbalingga dalam eventserupa di Surakarta.Triana mengatakan, pe-

nyusunan karya tulis ber-iudul Hilangnya |ejak praAksara Ditengah EksistensiMitos dan Legenda yangBerkembang di DesaWisataLimbasari Purbalingg.i itu,dilakukan dengan persia-pan dan perjuangan yangpanjang. "Saya ruga be-berapa kali melakukan ob-seruasi langsung ke Iapang-

MA.,U PROVINSI: Triana (tengah) didampingi KepataMAN Purbalingga dan guru pembimbingnya siap majudi LKTI Cagar Budaya tingkat Provinsi.

di Semarang.

Page 18: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGMEDIABAOIA}{ HUil{A$ SIIDA NNBfl},IIilA

Radar Banynrmas. Rabu Kliwon 20 April 2016

PURBA1IlIGG[IKSPNtS

Masih Ada ProdusenKnalpot yang Plagiat

pURBALINGGA PemerintahKabupaten (Pem-kab) Purbalingga mengakui, produsen knalpot diKabupaten Purbalingga, sebagian besar belummampu menembus pasar Agen Tunggal PemegangMerk (ATPM). Set ab, masih terkendala prosesproduksi I'ang masih dilakukan secara manual ataumasih buatan tangan, bukan mesin.

Selain itu, iuga masih banyak pengusaha knalpot diKabupaten Purbalingga, yang memilih melakukanplaSiat atau meniru merek merek knalpot terkenal, Halitu, diakui oleh Kepala Dinas Perindustrian, Per-dagangan dan I(operasi (Dinperindagkop) KabupatenPurbalingga Agus Winarno, kemarin (19/B).

Dia menambahkan, sudah ada beberapa frodusenyang mendaftarkan merek knalpotnya di Kemen-kumHANl. Nanun, hingga saat ini surat pengesahandari KemenkumHAM belum turun. Padahal me-nurutnya, rnerektersebut sangat penting bagi produsenknalpot di Purbalingga untukbersaing di pasar bebas.

"Telkait masih ada produsen knalpot yang masihmenjadi plagiat, kami sebenarnya sudah melakukanpembinaan. Namun, rnasih banyak yang nekatmemproduksi knalpot dengan merek plagiat. Sebab,hal itu dilakukan karena adanya perinintaan merek-merek tersebut dari pemakai," ungkapnya.

Dia menambahkan, produsen lolalpot plagiat banyakyang gulung tikar. Hal itu, disebabkan barangproduksinya yang kerap mengecewakan pembeli. Agusjuga mengakui, tengah mengusahakan standarisasiproduk knalpot Purbalingga, agar tetap bisa bersaing.

"Pemlab rerus mendukung pengembangan sentraknalpot di Purbalingga bahkan produk knalpot handmade ini telah menjadi ikon Purbalinggal' katanya.

Agus memaparkan, kondisi sentra knalpot Purbalingga saat ini didukung oteh 173 IKN,I knalpot yangalail Kapasitas produksi seluruh IIOVI lq:lalpot mencap€ii313.380 unit per tahun, dengan nilai produksimencapaiRp 43,8 miliar. Sedangkan tenaga kerjavangtcrselap pada sekor ini mencapai 837 orang.

Agus mengakui, meski produkknalpot Purbalinggatelah menempei pada sejumlah produk otomotifterken-ruka seperti Mercedes dan panser buatanPindad. (tya)

Validasi Data MiskinAgar tepat sasaran. maha d"ra Lntuh warga mis,(ir didesa-desa rerura.na yq dapal odrlLdr or pF-erinrar otel.t.KemDatt, te makas h

NN 081578970704

Jalan RusakKepadadinasrerka( n,ohon jdlanyalg be,lLoango.utaraperemoatan Karangkab.lr drtd^rba seme,.rara aoi [,bcrgbesar dan pos sijalan rer i\Lrng Sa,lgal oerbdhava Oag:pengendara. Terimakasih

NN 082225671656

JADI IKON:pengembangan

AOITYARADARMAS

Knalpot Pu.balingga mendu kungknalpot sebagai ikonnya Purbalingga.

Page 19: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIN Ht][{A$ $XXDA IIRBAItrOOA

SATELITPCIST

RABU KttWON2O APRIL 20]6

Dewan: Pemkab SemestinyaBertindak Tegas

r Rekanan proyek Tidak Disiplin _

ffi"Hffir,t+ffi H.fltf$,'fr ifr#iL#'"#r[[::trft'l+ffi n#pa.u tahun 2015. Kritik 61r"^- i-?kS t"Pat waktu ol;h satuan

ii#,I;I#iBi*::,#,,* .il:"fi'ffi1i;l:Jii].'i'iffi

fr +Ti{,,{iT,:;Hi"T[1;' u';

[t"l,r11wt[s*1[rltrffiii*ffi{",:fi iliFfl+il,$itrI.#fl tHd-IiJ#,i...,"nai perenca- "r*B#,Tn*:r*rutx l"l#,ylii$!tli.l]:*;naan pembangunan.-Dewan pengawasan

"u.u,u--rn*."#.iJ,l ,"p#fl;l!i*i,i,"if|*:

idil{##iil*t#eitr"*r"y*'",{ry#i;'jiihff Iil:1,"ix,1"i*,",I:eku,irda,amyang menyangkut upah buruh I11 ugu' Pemkab mernbe-rikan "Kami berharap pemkab men-h"r;r" r["r',i"-u;;;"";;;'; fafaran secara terpisdh, antara .".i ir.""ti""r.it'il;;il:ij;t""uii aungun L"r"n*"i:"" """^ I:?'iukl'. ya.ng bersilat lazim persoalan-p;;;;;li; ;;i;;;i-,'dr:x;*ilfl *i'.:xl,r,:ifl ,ffi#f,##.lil**[{n$"if;,*ru,,JffiF*

Page 20: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

BAOIAI{ flI]I{AI $XXDA TMAIfiOIiA

SATELITPOSTRABU KTIWON

20 APRIL 2016

&tahuln TidalcPernah Ap"l Pa[i

I Tasdi Akan Etamasi LimIHari Kerja

PI,'RBAUNrcA" SAIELII-POST-Bupati Purbaiinggalasdr menegaskan akanmengevaluasi pelaksanaalima hari kerja. Jam keriate6ebut belum mendapatk;npengesahan dari Kemente_riar Dalam Negeri (Kemen_dagri) melalui Cubemur Ia_wa Tengah.

"Kami akan bandingkanantara yarB lima hari keriadengar enam hari kerja. Trng_kat etisiensinya seperti apadan tingkat prod uktivitasnvaseperti apa," ujar Thsdi, sa'atmemberikart pengaraian pa_da Apel Pagi di Kantor Sekre-.tariat Daerah (Setda) pur_balingga, Selasa (19l4j.

Tasdi menjelaskan, kalaujumlah PNS yang disipUnmasuk kerja (sebelum pukul08.00 I4IIB) di bawah an;ka 50persen, maka harus kembalike pola enam hari keria. Te_tapi, kalau lebih dari 5b per_sen maka program lima harikerja bisa diteruskan

KLIPINGMEDIA

"Yang sudah bagus di Set_da, semakin hari semakinbaik dan sudah bisa meniadicontoh bagi SKpD lainnva.Berikutnya di Dinas penli_dikan, BP2Kp, dan Dinnakan,rata-rata di atas g0 persen_,,katanya.

_ Tasdi menyatakan program

sldak apel pagi akan terusdilakukan sampaj seluruhSKPD dan 18 keiamatan di_datangi. Bahkan seluruh desajuga aka-n disambangi.

Widiyono, KepalJ BaeianOrganlsasi dan KepegawlianSetda Purbalintga, menje_laskan, program uii coba Iimahari kerja sebelumnva dilak_sanakan selarna

"rr*r, brl*

flanuari-Juni 2015). Setelahitu kembali diperpanjangsampar adanya penetapan

da Kementedan Dalam Ne_geri (Kemendagri).

"Perpanjangan uji cobapenerapan lima hari keriadiperpanjang berdasarkjnsruat edaran Sekretaris Dae-rah Nomor 800/4923 taneeal30 Juni 2015," katarva ""

Penentuaa penera'oaa limahari kerja berdasark-an padaPeraturan Bupati (perLupll\omor 68 tahun 2014 danPerbup Nomor 66 tahun 2015.Penerapan lima hari keria

*i*j.""" meningkatkan k!_olslplrnan, penghematan ans_taran listdk, air, darl baha"nbakar minyal IBBM).

Jam kerja yang berlaku Se-mn sampai dengan Kamis ou_kul 07.00-16.00 iMB. Sedails_kan Jumat pukul 02.00_11.01WIB. ([email protected])

"Patokan saya bukan ka_rena ikut-ikutan densan da&rah lainnya. Tetapi kiia harusjujur apakah kiti sudah be_kerja 325 iam atau tidak Derminggu," ujarTasdi. '

Evaluasi sementara, setelahsidak di 26 SK?D dan satuKecamatan, ternvata pNSyang telai hadir tepat wa-kturata-rata dibawah 50 Der6en.Bahkan ada SKPD yar; tidakpemah menggelar Apel paci(saat sidak harya tigi oran"gyang hadrr tePat waktu).

WAKIL Bupati purbalingga (kanan) menyatami pegawai saatsidak BP2Kp purbatingga.

Page 21: Kliping Media Tanggal 20 April 2016
Page 22: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIN H[JIi{A$ $[IDA ruRBAItrOOA

Sarnr_,mPosr:

RABU KLIWON,20 APRTL 2016

BUPATI Purbatingga, Tasdi (kiri) menyerahkan ouf, poten"iiiiiaPurbalingga kepada Kepata Badan Diklat Dfy f,/|oeiinanarqo AafamacaraDiklatpim tV Angkatan I tahun 2016 di Operalion Room Oi"t

" eJigrr"l

Selasa (19/4).

yang bergerak di bidang hdustriknalpot.

" Benchmarking ini bertuiuanmembekali peserta Dikla[oimuntuk mengadopsi dan menga-d a p fas ikan keunerulan orsanislsike dalam pengel6l-aan keglatan ditempat keria," katanya sait diteri_ma Bupati Purbalingga Tasdi diL4)eration Room Graha Adieuna_Selasa (19l4).

_ Peserta Benchmarkrng merupa-kan para Peia bat Eselon IV vane

-be_

rasal dari Pemprov Dfy, perikotYogyakarta, Sleman, Bantul, Cu-nung Kidul, Kulonproso, dan Kan-tor Regional BKN Dfy."Mereka me-ngadakan kegiatan di purbalinggaselama tiga hari sejak Selasa.

Kepala Dinperhdagkop Kabu-paten Purbalingga Agus Winamomenuturkan, sejarah industriknalpot di Purbilingga diawalisejak 192. Saatini proauk knalDorPurbatingga telah tersebar hambirdi seluruh pelosok Indonesia. '

"Produk kralpot.har d nade initelah menjadi ilion purbaliigga,,,katanya. Gan)

PIjRBAUNGGA" SAIEUTPOST-Industri Usaha Mikro Kecil Me_nengah (UMKM) knalpot purba-Iingga di bawah binian DinasPerindustrian Perdagangan danKoperasi (Dinperinda-eko-o ) kem -bali meniadi ;ifta be;ch;;atkirebagi 40 peserta Diklatpim JV Ane:katan I tahun 2016 Bidan OittXt

Daerah Istimewa Yogyaka rta.Kepala Badan Di[lar DIy Moeii

Rahardjo mengaku, dipilihnvaKabupaten Put6alingga sebaeaitempat bencft markine kare-naPurbalingga meniadi sa"tu Kabu-paten di Jawa Tengah yang telahDerhasit meningkatkan keseiah_teraan melalui UMKM. Utamanya

Kejari Belum TetapkanTersangka

r Kasus Penyimpangan Rehabnas SD1.iahun 2A1PPURBALU\fGGA, STajIELIIPOST-Selasa (19 / 4), Inspektur lnspek-torat PurbaLingga, Wahyu Kontar-di mengatal<an, seiauh ini Inspe-ktorat masih melikukan oroie*penghitungan kerugian ieearaakibat adanya dugaan penyiripa-ngan kasus Rehabilitas Nasional(Rehabnas) untuk 63 SekolahDasar (SD) di Pwbalineea tahun2012.

"lni masih diproses penghitu-ngan berapa jumlah kerugiannegaranya. Kami belum bisa-me-

nyampaikannya," katanya, Selasa(le / 4).

Kinerja Inspektorat di atasakhirnya membuat KeiaksaanNegeri (Keiari) Purbalingga ridakblsa segera menentukan siapayang bersalah dalam kasus ini.KEari mengaku masih menunqgulaporan hasil pemeriksaan (LFII)dari Inspektorat Kabupaten pur-balingga.

Kepala Kejari Purbalingsa,Tongging Banjar Nahor meiia-takan, LHP itu menjadi tahapian

penthg untuk mendukung taha-part selanjutnya. Selanlutnyi men-jadi dasar bagi Kejari ualuk me-netapkan teEangkanya.

"LHP iru, berisi perhitungandugaan kerugian negara akibatadanya dugaan penyimpaneanRehabnas itu," katanya.

Tongging mengaku sudah me-meriksa 100 saksi. Dari proses itudiketahui ada permint'aan jatahdengan prosmtase tertentu yangdilakukan oknum Dinas pendildikan Purb'alingga. (en&)

Page 23: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGMEDIA

BAOIN HI]iIA$ SIIDA fl]RBAIfiOGA

tlatian Ban3urnas

Rabu, eo AY'1| AolL

Lima Hari Keria AkanDievaluasi

PURBALINGGA-Bupati Tasdi

menegbskan akanmelakukan evaluasi

uji coba program limahari kerja setelah,

selesai melakukanpemantauan atau

inspeksi mendadak(sidak) di seluruh

satuan kerja perangkatdaerah (SKPD) setesai.

recheck dan evaluasi denganmembandingkan antara yanglima hari kerja dengan enam harikeda. Tingkat efisiensinya sepeftiapa dan tingkat produktivitasnyaseperti apa, akan dilakukanevaluasi.

"Kalau hingga pukut 08.00pagi probabilitas PNS yang masukkerja di bawah limapuluh persen,maka kita harus dengan relakembali ke pola enam haii kerjauntuk memenuhi kewajiban 37,5jam sepekan," ujar Bupati Tasdisaat memberikan pengarchanpada apel pagijajaran KantorSekretariat Daerah (Setda), Selasa(19/ 4).

Namun, lanjut Tasdi, kalaupukul 08.00 kehadiran pNS ietahmemenuhi lebih dari 50 persen,maka program lima hari kerjabisa dileruskan, "patokan sayabukan karena kita ikut-ikutandengan daerah lainnya. Tapi kitaharus jujur, apakah kita bisabekerja 37,5 jam atau tidak.Substansinya itu, bagaimana kitabisa mengabdi selama 37,5 jamdalam seminggu," jelasnya.

Evaluasi sementara setelahdirinya bersama Wabup Tiwimelakukan sidak di 26 SKPD dan1 kecamatan, ternyata pNS yang

AAT ini, Bupati Tasdi danWabup Dyah HayunlngPratiwi sudah melakukansidak di 26 SKPD dan

1 kecamatan. Nantinya sidakakan dilakukan juga di seluruhkecamatan dan desa/kelurahan,. Dikatakan bupati, uji coba limahari kerja yang dilakukan pemkabsejak Januari 2015 hingga kjnibelum mendapatkan pengesahandari Kementerian Dalam Negeri(Kemendagri) melalui GubernurJawa Tengah.

Dalam waktu dekat, bupatiakan melakukan check and

Page 24: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

hadir tepat waktu rata-rata di

bawah 50 persen, Bahkan adaSKPD yang tidak pernah apel pagidan saat sidak didapati hanya tigaorang yang hadir tepat waktu,Yang tingkat kehadirannya di atas50 persen, kata Bupati, jumlahnyasangat sedikit.

"Yang sudah bagus, di Setdaini semakin hari semakin baikdan sudah bisa menjadi contohLSKPD lainnya, Berikutnya di DinasPendidikan, BP2KP, dan Dinnakan,rata-rata di atas 80 persen,"

katanya.

Terus Dilakukan' Program sidak apel pagi akanterus dilakukan hingga seluruhSKPD dan 18 kecamatan dicek,Bahkan seluruh desa juga akandisambangi untuk melihat kinerjaaparatur di garda t6rdepanpelayanan kepada masyarakat.

Kepala Bagian Organisasi danKepegawaian Setda Widiyonomengatakan, program uji cobalima hari keda sebelumnya,

ditaksanS[EifffiE?butan -yang.dimulai Januari hingqaJuni 2015. Setelah itu kembalidiperpanjang sampai adanyapenetapan dari Kemendagri,Surat ketetapan ini mendasarirekomendasi Kementerian NegaraPendayagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi.

"Perp,anjangan uji coba

. penerapan lima hari kerjadiperpanjang berdasarkansurat edaran Sekretaris DaerdhNomor 800/4923 tanggal 30 luni2015. Diberlakukan mulai l Julisampai dengan penetapan dariKemendagri melalui GubernurJawa Tengah," katanya.. Penentuan penerapan limahari kerja, lanjut Widiyono,berdasarkan pada PeraturanBupati (Perbup) Nomor 68tahun 2014 dan Perbup Nomor

. 66 tahun 2015. Penerapan limahari kerja bertujuan agar terjadiefektivitas, kinerja meningkat,dan penghematan anggaran,terutama di kebutuhan listrik, air,dan bahan bakar minyak (BBM),termasuk peningkatan kinerja dankedisiplinan pegawai,

' Sedangkan ketentuan jamkerja yang berlaku Senin sampaidengan Kamis pukul 07.00-16.00,dengan waktu istimhat 12.00-12.30. Urituk lumat 07,00-11.00,dengan jam krida olahraga 07,00-07.30. (pr-06)

PARA karyawan Setda yang mulai terlihat ramai mengikuti apel.Sebelum ada teguran dari bupati, hanya sebagian kecil yangmengikutiapel kerja.

Wong Plesiran sekang TexasGumun Desa Wisata Tanalum

PURBALINCGA _ Wong piesiranmancanegan sekang Teras Amerila padhagumun marmg mlowese alam nang Desawtsata Tanalum. Kecamatan Rembans-Purbalingga (Jareng,. penguripane maradrdesa lan kafianan alam. ditambah karosegere banyu curug Nagasari dadi daya larikkanggone sing padha plesiran.

Limang wong sing plesiran esih tunggalkerabat kuue. jenenge l\,lrs Frnili. N,lr Jhon.N,lrs Cam. [4r ltn Mckaup]arL karo si cilikCarol. Tekane wong lima mau maring Desalanatum kepengin prcian nanq IndonesiaDhe\aeke ngaku wis bola_bali teka menslndonesia Laro ndeleng pulau Bali. ninpeisiki dheweke kepengin nonro, pergu.iplremasrakal nang desa,. Penguus Desa Msata Tanalum SuciWijayanti sing mbatiri limang wong plesira!mau ngomong sewise buwaa nenq intemelbanjutan milih leka maring Deia WisaraTanaium.

Jere Suci, sewise padha gaul karomasarakat desa kambi nonton Diraoe curupneng Tanalum. kabeh ngakoni ba;gethigumw karo bisa ngra-habi panggonan

plesiran sing pancen aiami. ..Dheweke

ngaku \ is bosen katrrbi panggonan plesirankaya naner Bali. ningen kepengin marinepanggonan plesiran sing ana nene desaidesa," omonge Suci, Setu ( I 6/4) kep;ekui.

Agi dhong neng desa Tanaluh. wonslima mau padha ngahabi inurnan dawesa;sing nembe depet sekang wite. Bani;npadha dus-dusan nang Curug Nagasarisrng cthuwwe ban),u ngasi 72 meter ..Jan

mlowes pisan hj alami neng desa...iere McKaughan.

Ketua kelompok sadar Msata(Pokdarwis) Argo leshri Desa Tanalum-Taat Priyanto njlenhehaker\ curug Nagasariarupa curug sing banyu grujugane paling

|,i,I,ffi ffi !-o*"'*' r iYa nan granalum

Page 25: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGMEDIA

Kades Banjaran Minta PenutupanTPA Tepat Waktu

r Dijanjikan pada 2018 MendatangBOJONGSARI-Pemerintaf!Desa menyusunjadwalpembangunanBanjaran, Kecamatan Bojongsari TPA baru di tempat lain,tetap menuntut agar pemkab seharusnya dikedakan tepatbisa menepati janjinya untuk waktu. "Dulu dijanjikan 2018menutup Tempat Pembuangan akan ditutup. Kami harapAkhrr (TPA) Banjaran di 2018. pemerintah bisa menepatinyaSelain telah terbukti tidak layak, dan tidak lagi mengulur waktu,TPA tersebut juga mengganggu meskipun saat itu yang memberimasyarakat sekitar Dusun V, baik janji pemerintah masa Bupatipencemaran udara maupun air. Sukento," kata Ida saat ditemui

Kepala Desa Banjaran wartawan, Selasa (19/4).Ida Kristiana mengatakan, Seperti djketahui, tidakkeberadaan TPA agar tidak disetujuinya Dusun Mlayang,dibiarkan terlalu lama, Desa Sidareja, KecamatanSementara jika pemkab telah Kaligondang oleh Bupati

:ourrakan fasllitas air Polttt.

Tasdi sebagai lokasi pengganti,membuat susunan jadwalpembangunan menjadi berubah,Padahal 2016 ini sudahdiagendakan pembebasanlahan dan perancangan detaledengineering design (DED), Namunkarena tidak disetujui, makapemkab kembali mencad calonlokasi baru.

Ida menuturkan, keberadaanTPA telah membuat air sumurwarga setempat menjadi tercemarair lindi atau limbah cair hasilresapan tumupukan sampahke tariah. Sehingga air tidaklayak digunakan dan warga

tersebut. Sebab, berdasarkan pen gece-kan

langsung, ternyata masih terlalu dekat denganpermukiman warga dan sekolah dasar Padahalsesuai undang-undang, lokasi TPA minimalberjamk 3 kilometer dari pemukiman warga. Atas

dasar tersebut, bupati langsung menginstruksikanpara €amat agar mencarikan lokasi baru yang

tidak subur dan jauh dari permukiman.Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum

(DPU) Sigit Subroto menyebutkan, harus adarapat lebih lanjut untuk memutuskan lokasi,karena hingga kini belum ditentukan calon lokasiyang pasti.

"Tuqas kami (DPU), sesuaijadwal seharusnyapada APBD 2016 perubahan adalah melakukanpembebasan lahan calon lokasi, kemudianmenyusun DED. Kemudian 2017 seharusnyasudah mulai membangun. Pada 2018 sudah mulaidigunakan dan TPA Banjaran diuruk. Namunkarena terbentur.temuan tersebut, maka jadwal-jadwal itu akan disesualkan," katanya. (ms0s-06)

RA8U,20 APRIL 20I6

"Selain itu, dari segi ekonomibanyak membefl manfaat

kat sekitar. l4emangada yang memulung tapi sedikit,kebanyakan orang dari luar desa,"katanya.

Seperti diketahui, rencanapembangunan TPA baru ini mulai

terdengar sejak 2013 lalu. Pada

4, Badan Lingkungan Hidup

) melalui pihak ketiga denganRp 139 juta melakukan

n terhadap TPA Banjaran.TPA Banjaran sudah

k layak dan harus segera

Pada 2015, BLH juga melaluipihak ketiga dengan kontrakRp 171juta melakukan studikelayakan penentuan lokasi TPA.

Hasilnya, ada 3 tempat yang

direkomendasikan, yakni Desa

Sidareja, Kecamatan Kaligondang;Desa Tangkisan, Kecamatanf,lrebel; dan Desa Kaliori,Kecamatan Karanqanyar Dariketiga t€mpat tersebut, DusunlYlayafg, Desa Sidareja mendapatskor tertinggi sebagai tempatpaling direkomendasikan.

Tolak RekomendasiBupati menolak rekomendasi

Page 26: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIAI{ HUI{A$ $[IDA ru[BAtil{OGAHARIANBA}MJMAS

-

l*,l-g,y-*

RABU, 20 APRIL 20 I 6

r lndustri Knalpot Kampung Pesayangan

Nilai Produksi Capai Rp 43,8 MiliarfahunPURBALINGGA - lndustriusaha l,likro Kecil

Menengah (UMKM) knalpotPurbalingga di bawahbinaan Dinas PerindustrianPerdagangan dan Koperasi(Dinperindagkop) kembalimenjadi mitra benchmarkirgbagi 40 peserta DiklatpimIV Angkatan I tahun 2016Badan Diklat DaerahIstimewa Yogyakarta.

Kepala Badan Diklat DIY

Moeji Rahardjo mengaku,dipilihnya KabupatenPurbalingga sebagaitemlat benchmarkingkarena daerah ini menjadisalah satu kabupaten

-di lawa Tengah yang

berhasil meningkatkankesejahteraan melaluiUIYKM. Utamanya yang

bergerak di bidang industrlknalpot.

" Benchmarking inibertujuan membekalipeserta Diklatpim untukmemahami Eest Practceatau kemampuanuntuk mengadopsidan mengadaptasikankeunggulan organisasikedalam pengelolaan

kegiatan di tempat kerja,"katanya saat diterimaBupati Purbalingga Tasdidi Operation Room GrahaAdiguna, Selasa (19/4).

Dikatakan Mqji Raharjo,pesefta benchma*ingmerupakan para pejabateselon IV yang berasaldari Pemprov DIY PemkotYogyakarta, Sleman, Bantul,Gunung Kidul, Kulonprogodan KantorRegionalBKN DIY, lYereka akanmengadakan kegiatan diPurbalingga selama tiga hari

PERAJIN KNALPOT: Para perajin knalpot di KampungPesayangan, Kelurahan Purb*alingga Lor sejlang bekeljadi bengkelnya.

mulai Selasa ini.Bupati Purbalingga

Tasdi mempersilahkan parapeserta Benchmarkinguntuk mencari informasisebanyak-banyaknyaberkenaan denqanthema diklat. Sehinggainformasi yang diperolehdapat digunakan sebagaibahan kajian, analisa danmemberikan tambahanwawasan bagi para peserta

diklat,"Di Purbalingqa sendiri,

produk knalpot telahmenjadi ikon, Disampingproduk hair industry danaksesoris seperti rambutpalsu, bulu mata palsu,

kuku palsu dan peralatankecantikan," ujar BupatiTasdi yang sudah 62 harimenjabat sejak dilantikpada 17 Februari lalu.

Sementara, KepalaDinperindagkop AgusWinarno menuturkan,sejarah industri knalpot di

Purbalingga diawali sejak1977 dimana AlmarhumSultoni, salah seorangwarga Kampung PesayanganPurbalingga membuatknalpot dan akhirnya seringmendapat pesanan hinggaberkembanq. Saat iniproduk knalpot Purbalinggatelah tersebar hampir diseluruh pelosok lndonesia.

"Pemkab terusmendukung pengembangan

sentra knalpot di Purbalingga,bahkan produk knalpot handmade ini telah menjadi ikonPurbalingga," katanya.

Agus memaparkan,.kondisi sentm knalpotPurballngga saat ini didukungoleh 173 IKM knalpot yang

aktif. Kapasitas produksi

seluruh IKll knalpotmencapai 313.380 unit per' tahun, dengan nilai produksi

mencapai Rp 43,8 miliarSedangkan tenaga kerjayang terserap pada sektor inimencapai 837 orang, (pt-og)

Page 27: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

HARIANBANYTJMAS

--1-./-g-?_._

MBL.20,APRIL 2016

Desa WisataAndalkan SnKELOIIPoK Sadar Wisata(Pokdan(is) 'Situ Tirta Merta' Desa

Kamngcegak, Kecamatan Kutasari,

menyiapkan wisata snorkeling(selam permukaan) di sumbermata air Tirta lYerta. Sumber mata

air itu, sangat jernih dan bahkanmelebihi kejernihan beberapa

wisata snorkeling di Klaten dan

WonosariYogyakarta.wisata minat khusus snorkeling

merupakan rekreasi air Yangpopuler. Wisata air ini bisa

dilakukan di pantai atau bisa

dilakukan di danau atau embung.Di Desa Karangcegak, snorkeiingdikhususkan di danau kecil atau

kolam yang dipenuhi ikan dan akan

ditempatkan beberaPa benda

Bercaqby4g tla, 13 segar.

MATA AIR : Situ Tirta Marta di Desa Wisata Karangcegak,.KecamatanKutasari, Purbalingga yang memiliki sumber mata air yang lernln oan

Kqra.pgcegakorKellng

Desa Wisata...unik seperti sepeda onthel, sepeda motor,

laptop, meja kursi, dan peralatan rumah

tangga lainnya yang unik untuk sekedar

berfoto. Di dalam kolam itu tentunya banyak

ikan kecil-kecil yang semakin menambah daya

tarik.Sekretaris Pokdanais Situ Tirta Merta,

Banqun Sugito mengungkapkan, untukmenyiapkan kolam khusus snorkeling, bersama

anggota Pokdarwis mulai membersihkan kolam

dari timbunan pasir. Kolam tersebut saat ini

ditumbuhi tanaman slada air. Satu kolam yang

sudah ada, difungsikan sebagai pemandian.

"Kolam yang akan kami siapkan ini berukuran

wisata. Pokdarwis Derkewajiban membarar

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk mata

air tersebut."Untuk menylapkan wisata snorkeling, kami

masih membutuhkan peralatan seperti masker

selam, baju pelampung dan selang pelindung

mulut dan sekaligus untuk pernafasan

serta kamera anti air. Untuk sumber daya

manusianya sudah kami siapkan bertahap dan

oilitin olel pihak Dinbudparpora Purbalingga,"

kata Bangun.Bangun mengakui, kawasan Situ Tirta lYarta

memang masih butuh fasilitas pendukung.

t4eski sederhana yang penting memenuhi

standar dan layak untuk wisatawan, Fasilitas

itu sepertitempat bilas, lv1CK, mushola, pondok

kurang lebih 13x25 meter. Mata airnya selalu

melimpah dan saat musim kemarau tidakakan kekurangan air Wisata snorkeling ini

nantinya akan meniadi ikon di desa wisata

Karangcegak," kata Bangun Sugito, Selasa

(1914).Dikatakan Bangun, sumber mata air Tirta

Marta memilikl potensiyang belum digarap

optimal Pemkab Purbalingga, desa maupun

pokdarwis. Status tanah seluas kurang lebih

7.000 meter itu semuanya milik pemkab.

Pemerintah desa belum berani mengelola

sebagai destinasi wisata karena belum ada

- pelimpahan dari pemkab. sementara Pokdarwis

Situ Tirta l4erta bersama karang taruna yang

memanfaatkan sumber mata air itu untuk

Dertemuan atau tempat untuk pentas seni'i'Dengan keterbatasan dana yang ada, kami

masih terus berbenah mencukupi kebutuhan

tersebut," katanYa.

Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata

Dinbudparpora Purbalingga, lr Prayitno, f4,Si

disela-sela melakukan pembinaan di pokdarwis

tersebut, Selasa (19/4) mengatakan,

berdasarkan survei potensi wisata yang

dapat dikembangkan di Desa Karangcegak,

selain snorkeling yakni tubing, Tubing ini

memanfaatkan jaringan irigasi yang lumayan

luas, dan lebih cocok untuk kids tubing atau

tubing khusus anak-anak Pengelola Pokdarwis

setemoat saat ini sudah menyiapkan 40

karet;an untuk tubing dan disewakan bagi

Page 28: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

wisatawan yang rnand di situ T rta Nlerta,Se a r L-b ig. ianjur Pray,Lro. ootelsi !arg

lak kalah menarik yakni ada Bukit Tawang yangbisa dipakai untuk me ihat matahari terbit,sebaqai tempat camprng, dan area persawahanserta sumber mata a r yang jernih. Untukwisata budaya, ada seni ebeg, dames, tek-tek,calung dan ketoprak. Sernentara untuk kulinerada juga potensi nasijagung, gula krista, gulajahe, dan ku iner ayam kampung Nlnine,

"Kam mengarahkan agar desa wisataKarangcegak berbeda dengan desa wisata laind, Purbal ngga yang sJoah rama o.(unjun9i.Wisata snorke ing dan kids tlrbing inilah yangpas dan memi iki potensi pasar yang luas," kataPrayitno. (puos)

Penetapan Fenetapan...

Tersangka TungguLHP lnspektorat-

SernenLara jtu, Wa kil KetuaDPRD Purbaiingga tlukhjjsm:idukung langkah kejaksaanrnerLtnlaskan semua kas usdu!3an-korupsi dl purbal nooa.langrn sa rnpai kabuDatpnPurtel n!.gd [ercorenq narnanyararcla u ah oLnum Vang diduqanr aluIa. t i.]daL Drdana korrrn<r

iSfl4Network/H82/nst

r Dugaan Korupsi Rehabnas SDTahun 2012

Eersambung Hi?! t:i

Page 29: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPINGilMDIA

Ratusan Liter Tuak DiamankanI$B.Ej S?1T." potisi pamong purbntingga.

talu difregmentasi dengan laraPraja (satpol.PP) mengamankan "sesuai pasar 3 perda tersebut, oimasur,i tayu iaru j.i o,oi.rt..tuak sebanvak 300 riter rebih vano barang siapa yang ,emproaurti,' beberapa haii. x"wlir.o..v. iirdidapat saat razia minuman kirai _ mengedarkan, miniual,' di Sumatera,,, katanya.di wilayah Desa onje, Kecamatan menyuguhkan dan mengonsumsi Tuak disita dari rumah wphyono,l4rebet, Selasa (L9/4). Razia minumin yang memabu-kkan RT 4/RW 1 sebanyak 7S fitefirran

,

dilakukan menindaktanjuti laporan diancam hukuhan kurungan nf +iAW t seOanyit Zi fii"i Srp.Oidari masyarakat yang resah akan maksimar enarn buran da-n atau RT 2/RW 4 sebanyak roo it,iiJIr-keberadaan pembuat minuman keras denda lima juta rupiah," katanya. Aniai Kusbandi ai zlnw + r"6..v.trLU. Tuak tersebut djsita dari 125 liter.

- Kepala Seksi Pengendalian dan pembuat dan pengedar Bahkan ---"Unirt fufi ini kamj masihoperasi (Kasi Dalops) satpor pp beberapa pembuai menutup-nutupi memberikan pembinaan kepadaTeguh Sungkono mengatakan, produksinya itu, Mereka membuai mereka, TaDi iika nanti mc.tLi

selain adanya taporan masyarakat, tidak hanya di rumah, tapijuga Oi l.J+J." ili;il #;;.1::;pihaknya bergerak atas dasar gubuk da; kandang tlrnil yunq menjuat tagi, kami tidak akanpenegakan Perda Nomor 22 tahun rokasinya jauh dari-permukiman-. segan-segan membawanva ke ranah2000 tentang Larangan peredaran .proseinya sangat sedirhana. rtu h;'[r[;;;;;."""'lqrrro ^E rorrorr

Nlinuman Keras di Kabupaten dari badeg (sadapan air nira t<elapa), (sMNetworuhg2-06

RABU, 20 A?RIL 2016'

(SMNetworuhS2-06)

, HARMAS/SMNETWORIGYAII MCNMAN

SATPOL PP menyita ratusan riter tuak dari sarah satu pembuat di Desa onje, Kecamatan Mrebet, serasa (19/4).

Page 30: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGIIMDIABAflAIi HWA$ SSIDA IIIBAM{OOA

Susun Raperda Tata Ruang,Dewan Kunja ke BatamPURBALINGGA- RaperdaRericana Tata Ruang Wilayah(RTRW) yang sudah masukke Program Legislasi Daerah(Prolegda) tahun ini, segeraditindaklanjuti DPRD denganstudi banding kunjungankerla (kunja) ke Kota Batam,Provinsi Kepulauan Riau.Kunja rencanannya dilakukanmulai 20 hingga 23 April inioleh seluruh komisi di DPRD.

Ketua DPRD Tongatmenuturkan, kunja ini akandibagi menjadi dua rombongandengan fokus studi yangbebeda. "Rombongan I terdiriatas Komisi I dan ry akanfokus studi banding mengenaipenyusunan tata ruang danzonasi kawasan, selain itujuga pengaturan kebtjakanproinvestasi," katanya dalamjumpa pers, Selasa ( 19/4).

Dia menjelaskan,dipilihnya Batam sebagairujukan, karena kota tersebutmemiliki luas wilayah yangsempit, namun sangat pesatdalam dunia perindustrian.Menurutnya, Purbalinggaperlu belajar bagaimanamemaksimalkan lahan yangada untuk mendongkrakperekonomian kawasanindustri, Dalam kunja ini,dewan didampingi Bappedadan DPU.

"Purbalingga memangsudah saatnya memperbaruizonasi baru tentang tataruang, khususnya kawasanindustri. Sebab, saat ini adabeberapa industri yanO sudahtelanjur berdiri di luar zonasidan mereka menghidupi

ribuan karyawan, Nantinyalokasi industri tersebutakan dimasukkan dalamzonasi, agar ke depannyatidak terjadi permasalahan,"

. ujarnya.Sementara rombongan

II dalam Kunja DPRD keKota Batam ini dlikuti olehKomisi II dan IU yangakan dilaksanakan pada24 hingga 27 April. Tongatmenjelaskan, Komisi II akanmelakukan studi terhadapBank Perkreditan RakvatSyariah (BPRS) SyarikatMandiri Kota Batam, Bankmilik perusahaan daerah itudipandang sudah mampubercaing dengan bank-bank konvensional danpenanaman modal asingyang ada. "Kami ikutsertakandari pihak PT BPRS Buanal.4itra Perwira untuk bersamamempelajarinya," katanya,

Sedangkan Komisi III akanmelakukan studi banding keRSi'JD Embung Fatimah KotaBatam. Todgat menilai, RStersebut telah menempkansistem menajerial yang baik ilidalam memberikan pelayanankepada masyarakat, terutamapelayanan rawat inapnya,

"Komisi III akanmenggandeng RSUD Goeteng-Taroenadibrata, karena selamaini kabarnya pelayanan diRSL.ID kurang memuaskan.Terlebih lagi, Purbalingga jugaakan mendirikan rumah sakitbaru, sehingga perlu belajatkhususnya dalam peningkatanpelayanan rawat inap,"katanya, (msOS{6)

HARIANBA}IYI'MAS

RABU, 20 APRIL 2016kt..

Page 31: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPING MEDIA

BAffN HI]i,{AI SIIDA IIIRBAIil{OOA

! R rgr :{r .rpnrL :ur(,

Karyawati Pabr

PENGURUS Karangtaruna Kabupaten Purbalinggamenyerahkan bantuan kepada siswa SD 1

Bobotsari, Selasa (1914).

Karanglaruna BantuSiswa Yatim PiatuBOBOTSARI- Karangtaruna Kabupaten purbatingga

memberikan bantuan sejumlah uang kepada siswayatim dan p atu di ttga sekolah, masing-masingSD 1 Bobotsari, SD l cLinungkarang, dan SD 1

Karangduren, Selasa (19/4). Kegiatan itu merupakansalah satu program keia organisasi inidibidangsosral.

Bantuan diserahkan oleh pengurus l(arangtaruna,Gatoi Wahyu Nugroho, Didit Budihartono, dan LiaSetyaningrum kepada masing-masing kepala sekolah,Sri Weias Asih, Esti Peni S, dan Riono.

. "Eantuan berupa biaya pendidikan yang diberikankepada 20 siswa di tiap sekolah, Juga kepada delapanmasyarakat umpm, Jumlahnya memang tidak banyak,tapi setidaknya bisa meringankan beban biayapendldikan kepada siswa tersebut," kata Didit.

HARIANBANKJ\4AS

Page 32: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KLIPINGMEDIA

BAflN flIMA$ S[ilA flNBAtil{ffiA\ilENYiISan I nauu xliwon, zo Aprit 2ot6

I

ffi 50o/o PNS Terlam

Li-ma lIaii KeriaDievaluasi

pUnSaftNCGE Bupati l,urbalingga Tasdi menegaskan akan melakukanevaluasi uji coba program lima hari kerja di lingkungan Pemkab. Dia meng-anggap pelaksanaan lima hari kerja tersebut tidak efektif.

"Uji coba lima hari kerjayang dilakukan Pemkab sejak

.lanuari 2015 hingga kini belummendapatkan pengesahan dariKementerian Dalam Negeri(Kemendagri) melalui Guber-nur Jawa Tengah. Dalam waktudekat sava akan melakukancheck and' rccheck dan evaluasi '

dengan membandingkan an-tara yang lima hari kerja de-ngan enam hari kerja," ungkapTasdi, Selasa (18,/4).

Dengan lima hari kerja pe-gawai di Pemkrib masuk kerjamulai pukul 07.00 WIB danpulang pukul 15.00 WIB.

Tasdi

Namun berdasarkan inspeksimendadak (sidak) yang dila-kukan di sejumlah Satuan Ke4aPerangkat Daerah (SKPD)ditemukan bahwa mayoritaspegawai terlambat masuk keriadan mengikuti apel pagi.

"Akan kiia analisa. Kalauhingga pukul 08.00 pagiprobabilitas PNS yang masukkerja di bawah 50 persery makakita harus dengan rela kembalike pola enam hari kerja untukmemenuhi kewajiban 37,5 iamsepekaryl' tslangnya.

Evaluasi sementara setelahdirinya bersima Wabup Dyah

bulan yang dimulai fanuarihingga Juni 2015. Setelah itukembali diperpanjang sampaiadanya penetapan dari Ke-mendagri. Surat ketetapan inimendasari rekomendasi Ke-mentedan Negara Pendaya-gunaan Aparatur Negara danReformasi Birokrasi.

"Perpanjangan uji cobapenerapan lima hari kerjadiperpanjang berdasarkan su-rat edaran Sekretaris DaerahNomor 800/4923 tanggal 30Juni 2015. Diberlakukan mulai1 Juli sampai dengan penetap-an dari Kemendagri melaluiGubernur Jawa tengah," ka-tanya.

bat

W Uy'i CobaKepala Bagian Organisasi

dan Kepegawaian Setda Pur-balingga, Widiyono meng-

Penentuan penerapan limahari kerja laniut Widiyonoberdasarkan pada PeraturanBupati (Perbup) Nomor 68tahun 2014 dan Perbup Nomor66 tahun 2015. Penerapan limahari kerja bertujuan agar teriadiefektifitas kinerja meningkatdan penghematan anggaran,terutama di kebutuhan listrik,air dan bahan bakar minyak(BBM), termasuk peningkatankinerja dan kedisiplinan pe-gawai. "Sedangkan ketentuanjam kerja yang berlaku Seninsampai dengan Kamis pukul07.00 -16.00 \ '18 dengan waktuistirahat 72.00-"12.30 WIB.Untuk jum'at 07.00-11.00 WIBdengan jam krida olahraga07.00-07.30 lr'..IB," imbuhnya.

s ST-T/

Page 33: Kliping Media Tanggal 20 April 2016

KTIPINGMEDIA

BAffAil HIft{AS SIIDA NNBAIfiOOA

!\{a.\I/asan I R"b, Kti*on,20 Aprit 2016I

SD Galor 2 Raih |uara UmumLomba AkademikPURBALINGGA - SD Negeri 2 Purbalingga 1or (Galor 2)meraih juara umum dalam lomba akademik dan non-akademik yang diselenggarakan oieh SMP Negeri 1 Pur-balingga.

Lomba yang digelar 27 Maret dan 7 April diikuti ra-tusan siswa klas 6 SD/MI se-Purbalingga itu, untuk men-jaring siswa-siswa berprestasi agar bersekolah di SMPN 1

Purbalingga yang merupakan sekolah favorit.Tro(i iuara umum diserahl<an oleh Kepala Dinas Kebu-

ddyaan, Pariwisata,Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pur-baiingga, Drs Subeno SE MSi kepada kepala SDN 2 GalorYulut*i MPd pada upacara di SMPN 1 Purbalingga, Senin(17 / 4).

Yuliarti merasa bangga atas prestasi yang diraih anak di-diknya pada lomba yang diselenggarakan SMPN 1 Purba-Iingga tahun 2015 ini.

'Prestasi yang diraih para siswa kami tidak instan.Namun kami membekali mereka melalui proses dan keriakeras yang melibatkan peran guru,orang tua siswa, jajarankomite dan tenhl saia semanBat para siswa dalam belaiar danberlatih," ujar Yuliarti.

Prestasi iuara umum yang diraih SDN 2 Galor kali ini, ujarYulL karena tiga siswanya masing-masing menyabet juarapertama, yaitu Azhar Aryananta Pradana (matematika),Dinha Sabina Putri (IPA), dan James William Kusuma Wikan(Bahasa Inggris). f

Yuliarti menambahkan, siswanya Eering memperolehprestasi i1i bidang akademik. Trofi bergiliilombtbidangakademik dalam lomba yang digelar rutin setiap tahun se-kali oleh SMPN 1 Purbalingga ini, sudah diraihnya padatahun 2012, 2014 dan 2016 ini. Sedangkan trofi tetaplomba nonakademik sudah direngkuh Galor 2 pada tahun20"14.]

ST-jie