kliping berita tanggal 13 agustus 2015

44
KTIPING MEDIA BAOIN IIUI'{AS $[IDA PUIBIIJNOOA SUARA MERDEKA KAMIS,13AGUSTUS 2015 Diminta Dieualuasi ffi Program Lima Harisekolah PURBAUNGGA - Pelaksanaan tima hari sekolah di Purbalingga menuai banyak keluhan. Tak hanya siswa, tetapijuga orang tuasiswa, bahkan guru. Karena itu, Kepala Dinas Pendidikan Tri Gunawan meminta sekolah melakukan evaluasi secara menyeluuh ter- l;.hp pelaksanaan lima hari sekolah tanpa menunggu satu semester ini selesai. "Saya minta sekolah yang menerapkan program ini untuk melakukan evaluasi secarakom- prehensif. Tidak lianya kepada gulu, tetapi juga siswa dan wali mudtl" katanya, Rabu (128). Tri mengakui banyak keluh- an yang dia dengar langsung, baik dari siswa, orang tua, maupun guru. Setidaknya dia sudah mendatangi 4 SMA dari 10 SMA yang menerapkan lima hzui sekolah program Gubemur Ganjar Pranowo ihr. (Bersanbwg hlm 22 kol4 ) ll,\(ll L\ HLi\IAS SI:ITD \ l, \Bl'P \1LN Pt'ItlJ,\l-lN(i(i \

Upload: humas

Post on 23-Jul-2016

244 views

Category:

Documents


5 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPING MEDIA

BAOIN IIUI'{AS $[IDA PUIBIIJNOOA

SUARA MERDEKA

KAMIS,13AGUSTUS 2015

DimintaDieualuasi

ffi Program Lima HarisekolahPURBAUNGGA - Pelaksanaan tima harisekolah di Purbalingga menuai banyakkeluhan. Tak hanya siswa, tetapijuga orangtuasiswa, bahkan guru.

Karena itu, Kepala DinasPendidikan Tri Gunawanmeminta sekolah melakukanevaluasi secara menyeluuh ter-l;.hp pelaksanaan lima harisekolah tanpa menunggu satusemester ini selesai.

"Saya minta sekolah yangmenerapkan program ini untukmelakukan evaluasi secarakom-prehensif. Tidak lianya kepadagulu, tetapi juga siswa dan walimudtl" katanya, Rabu (128).

Tri mengakui banyak keluh-an yang dia dengar langsung,baik dari siswa, orang tua,maupun guru. Setidaknya diasudah mendatangi 4 SMA dari10 SMA yang menerapkan limahzui sekolah program GubemurGanjar Pranowo ihr.

(Bersanbwg hlm 22 kol4 )

ll,\(ll L\ HLi\IAS SI:ITD \ l, \Bl'P \1LN Pt'ItlJ,\l-lN(i(i \

Page 2: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

R \(it \\ 1tt \t \s sI.] t) \ l\ \l 1) \ l l:\ Pl llll \l.l\(ici \

Page 3: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

Diminta... arkan uang lebih untuk anaknya.Kalau anak laki-laki tidak akanmau membawa bekal. mdrekaminta uang saku lebih banyak.

"Kalau alak perempuan yang

membavabekal terkadang malu -

dengan teman jika lauknyabiasa-biasa saja. Mereka mintalauk yang enak atau istimewakepada orang uany4" ujamya-

Kalangan guru juga nien-geluh capek karena metekaharus mengajar 7 jam dalamsehari. Waktu mereka terlalubanyak di sekoiah, sehingga uru-san keluarga iembaikan.

"Banyak di antara guruadalah keluarga muda yangmasih mempunyai anak kecil. .

Anak-anak itu butuh kasihiiryang dari orang tuanya, takhahya pada hari Sabtu danMinggu," katanya-

Selain itu, karena sudahcapek para gurujuga berat ketikapada inalam harinya harusmenyiapkan materi pelaj aranuntuk had berilGtnya.

Karena i!u, Tri Gunawanmeminta sekolah untuk mela-kukan evaluasi komprehensiftanpa harus menunggu satusemester. Dia khawatir jika

seperti ini terus, nilai siswa bisanrun di akhir pembelajaran.

"Mumpung sekarang masihawal pembelaj aral. Ini adalahkewenangan sekolah. Bagi saya

tidak masalah sekolah kembalimenerapkan enam hari sekolahseperti semula," katanya.

Ketua Musyawarah.KeiaKepala Sekolah Ortr(KS) SMAKabupaten Purbalingga,Kustomo, menuturkan pelak-sanaan lima hari sekolah itumasih sebatas uji coba"

"Kami siap melalarkan evalu-asi. Jika hasil evaluasi yangdilakukan baik teihadap siswa,guru maupun orang tua merekamerasa berat kita tindaklanjutievaluasi itu," ujamye.

Memrut dia kepaltu sekolahtidak bisa.sbita rneftr{l€irbalimehsfapkan 6 hari SekolZih.Pihakriya berhatap DinasPendidikan atau Bupati men-geluarkan surat edaran.

"Kami ini lembaga formal.Kalau mengambil keputusanharus ada kebijakan dari atas.Kami befiarap ada imbauah ter-tulis dari atas agar kemtrali 6 harisekolah. hi sebagai pegangan '

kami," katanya.(F10-17)

(Sambungan hln 21)

"A-nak-anak mengal:u capeksekali ketika dalirm sehari harusmengikuti 9-10 jam pelajaran.Setiap siang hari konsentrasimereka menurun. Stamina jugamenuun," katanya.

Anak yang rumahnya jauhdari sekolah dan tidak punyakendaraan akan kesulitan saat

. pulang sekolah sore. Merekatidak mendapatkan an gkutanumum, sehingga harus dijemputorarg tuanyil

"Padahal orang tua punyakesibukan di sore hari: Bahkan.iwa melihat senidki add bebera-pa siswa yang terpaksa naik r

kcrrdaraan apa saja untuk bisapulang ke nmah. Ter.rnasukmenumpang trulg" ujamla.

Karena keluar dari sekolahpukul 16.00, anak-anak sampaidi rumah pukul 17.00- 17.30dalam kondisi capek sekali. Jadimereka enggan menge{akan PRdari sekolah.

Adapun orang tua mengeluhkarena mereka harus mengelu-

li.{CiIA\ HIr\,1AS SI:ll'D.\ Kq.BL-}' \TtN Pl IR II,\LIN(}( }'\

Page 4: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPING NMDIA

BAOIN IIUI{AS SIIDA PI]RBAIT{GOA

IIUNNN MERDEKAKAMIS,13 AGUSTUS 2015

Mekani sme Pembagian KloterCalon Haji Tanyakan

PURBALINGGA - Ang-gota Komisi Itr DPRD Purba-Iingga In'am Birohmatillah,Rabu (1 78), mengemukakan,sejumlah calon haji yang akanberangkat ke T[nah Suci akhirAgushrs nanti mempdtanyakanmekanisme pembagian kloterdan rombongan keberangkataff.Pasalnya, banyak dari merekayang terpisah dengan jamaahdari wilayah yang sama.

"Ada duajamaah dari Ke-camatan Karanganyar dima-sukkan kloter 7 rombongan 2bersamajamaah dari kecarnatanlain. Namun di rombongan 1

yang sebagian besarjamaah dariKaranganyar, ada kekurangandua calon haji, malah diam-trilkan dari Karangmoncol,"papamya

Karena iq dia menanyakanmekanisme penentuan pemba-gian jamaah ke kloter, rombon-gan dan regu seperti apa- Sebab,pembagiannya dinilai kurangproporsional. Seharusnya pe-nentuan berdasarkan urut wi-layah.

Pilnknya sudah berkoordi-nasi dengan Bagian Kese-jahteraan Ralcyat (Kesra) SetdaPurbaiingga tapi hal itu menja-di ranah Kantor KementerianAgarna (Kemenag).

"Ini bisa berisiko terhadapketenangan jamaah, karenamereka tidak bisa beradaptasisecara cepat dengan jamaahdad wilayah lain. Imbasnyamengganggu kekhusyukansaat pelaksanaan ibadah hajinanti. Efek lain, setelah haji,untuk menjaga kemabruran,kegiatan rombongan pengajianakan terpencar-pencar, tidakdalam satu wilayah keca-

matan," papar wakil rakyatdari Partai Persatuan Pemba-ngunan (PPP) ini.

Karena itu, pihaknya akanmeminta kejelasan dari Ke-menag perihal permasalahanini. Dia juga berharap, agarKemenag bisa memberi solusibagi para calon haji agar tidakterbebani selama menjalaokanibadah di Thnah Suci.Sudah Pmponional

Sementara itt! Kepala SeksiPenyelenggaraan Haji danUnimh KantorKemenagPurba-lingga Mukhlis Abdillah me-

. nandaskan, mekanisme pemba-gian kloter, rombongan danregu sudah proporsional, terma-suk berpedoman pada keterse-bamn risiko tinggi.

Jamaatr calon haji Purba-lingg4 sebagian untuk menu-tupi kekurangan jumlah ja-maah dari Banyumas di kloter6 dan 7, sehingga komposisitidak sama.

"Pembagian iiu hanya ditataran teknis untuk memu-dahkan administrasi dokumendan pengaturan selama pelak-sanaan ibadah haji. Nanti padapelaksanaamya di lapangan,jarnairh bisa melakukan ibadahbersama jdmaah lain dariwilayah saura- Pembagian klot-er ini tidak akan berpengaruhterhadap kekhusyukan ibadah,"tegasnya

Tahun ini 413 calon hajiPurbalingga akan diberangkat-kan ke Arab Saudi. Merekaterbagi menjadi dua kloter, yaitukloter 6 dan 7. Hari ini merekaakan dilepas oleh Pj BupatiPurbalingga Budi Wibowo diPendapa Dipokusumo. (H82-s7)

]].\GI \\ III'\I.\S SF,TDA K \I}1:P]\1IJ\ IL IiL}AI.I\';(;.\

Page 5: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPING MEDIA

BAGIN III]I\{A$ $[IDA PURBAIil'IOGA

SUARA MERIIEKAKAMIS, 13 AGUSTUS 2015

PertumbuhanKB PriaMasih Lambat

PURBALINC,GA - Pertumbuhan peserta Keluarga Berencana

(KB) pda,tar, metode operasi pqG\,IOP) di Kabupaen hnbalinggamasih lambar Alasan psikis kaum ardam disebut-sebut sebagai penye-

babnya" 'Mereka lebih suka menggunakan kondom daripada op€rasi.

Bahkan ada sebagian yang menganggap, masalali KB merupakan uru-sa:r wanita," ujar Kepala Sub.Bidang Pembinaan KB pada Badan

Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan @KBPP)PurtalinggaMuklsinu& kemdn.

Dd dara di kantor BKBPP Pubalingea jumlah aks?ttr KB PriaMOP baru, sampai akhir 2014 hanya 68 orang. Jauh dibandingkanpeserta metoda operasi wanita (MOIY) sebanyak 178 orang.

Menunrhya, untukpelayanan KB pda saat ini sudahdapatdilayani

di RSIID Doker Go€theng Tan:nadibrata dan Puke'smas Bobotsari.

Rurrah sakit bNebut tiap bulan manrpu rnelalad hingga 4,0 al(sq)tor

KB pda atau sekital,lo0 orarlg dalan satlltahun.Berdasarkan data di BKBPR jumlah pes€rta KB baru hingga Juni

2015 sebanyak 11..162 akeptor. JumlahpesertaKB priaMoPhanya 14

orang, sedangkan MOW sudah 412. Dengan demikian, murkputggu-naan alat konrasepsi mantap (kontap), persentase pria masih sangat

sedikitatau s€t m0,12persen, sedangkankontrywanita3J9persen.Pesata KB banl tertinggi moupakan pengguna alat kontrasePsi

suntik sebanyak 5.712 orang, disusul implant 2.348 s'ang, IuD/spirdl1.5u10 orang, pil 1.@5 orang dan kondom411 omng. (tI8!57)

BAGL\-\" lIL \1,\S SIfII).\ K.\IJL-P \1L\ PI RB \l.l\(i(1.\

Page 6: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUII{AS $[[DA PIJRBAII'IOOA

SUARA MERDEKA

KAMIS,l3AGUSTUS 2015

Pawai Karnaval HUTRIDitiadakanPURBALINGGA - Peri- Tahun ini tidak boleh dan harus

menggunakan danaAPBD Non-hibah. Tapi, Pemkab berupayatetap hihnat dan m€riah.

"Kegiatan pawai kamavalkami tiadakan guna mengantis!pasi suasana kondusif menje-lang pilkada. Tetapi, sejumlahacara hibuan tetap kami upa-yakan dengan menggandengpihak ke tiga" papamya.

Pada tahun inl panitia hanyaakan nrenyelengga'akan sejurnlabacara pokok, .seperti sidangparipunra DPRD mendengarlan

pidato k€lrcg@an BESiden RldanNota Pengantar RAPBN 2016pada Jurnd (1418) diDPRD.

Malam tasyakuran di Pen-dapa Dipokusumo, Apel Kehor-matan dan Renungan Suci diTaman Makam Pahlawan(TMP) Purbosaroyo pada 16Agustus. Upacara detik-detikpmklamasi di Alun-alun pada 17Agustus.

"Pemberian Remisi di Ru-mah Tahanan (17l8) setelahupacara. Sore harinya, dilak-sanakan upacara penumnan ben-

ngatan HUT Ke 70 RepublikIndonesia di Kabupaten Purba-lingga akan diselenggarakansecara sederhana.

Bahkan untuk kegiatan pa-wai kamaval yang sudah rutindiselenggarakan, tahun inidipastikan ditiadakaa. .,Kamiterbentur aturan pendanaan,,'ujar Pelaksana TUgas SekretarisDaerah (Sekda) Kodadiyanto.

Dia menyebutkan, tahun-tahun sebelurnnya panitia men-dapat kucuran dana hibah.

dera Sang Menh Putih dan ma-lamnya resepsi di PendapaDpoksumo," paparnya.Itrburan Ral<yat

Selain ihr, panitiajuga man-gagendakar acara pendukung,yaitu pengukuhan paskibra diPendapa Dipokusumo padaSabt't (15/8). Anjangsana ke pa-ra janda perirtis kemerdekaandan pentas hiburan rakyat.

Kodadiyanto mengajak ja-jaran SKPD hingga desa agarietap menyelenggarakan kegiat-an peringatan secara mandiri.

Termaiuk acara hiburan danlomba yang mampu men-gangkat potensi daemh masing-masing. Anggota Seksi HiburaqSri Kuncoro, akan mengagen-dakan pentas hiburan rakyatpada Rabu (19/8) malam diStadion GoentoerDaryono.

Hiburan lain pada saatupacara detik-d6tik proklamasiakan tampil tari kolosal menge-nang perjuangan JenderalSoedirman. Acara ini akan dita-mpilkan oleh 150 personelgabungan. (FlG57)

B,\(;I,\\ H I II,\s sE.tD,\ I.-\BI'P,\T}-\ PI RR \I,I\CG,\

Page 7: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUMA$ $[IDA PIIIBAIII{OOA

SUARA MERDEKA

KAMIS,13 AGUSTUS 2015

Pendakian Gunung Slamet

PURMUNGGA - Jalur pendakian GunungSamet melalui pos Bambangan di Dusun

kepada masyarakat masih bisaberahivitas sepefi biasa di luarradius yang sudah ditentukanP\1\4BG.

Masyarakar juga diminraun^hrk tidak mudah rerpengaruhmrormas yang tidak ielas sum-bemya. Informasi rismi akandikeluarkan oleh pVMBGmelalui pos pemanauan GununeSlanet di Garnbuhan, Rrlosari_

-Adapun data PVMBC Dada

.

lGl l Agusen 2015 pukd G.ff!06.00, secara visual terpantauterang mendung. agin beniuotenang, dan puncak GununeSIamet terhatang kabut. Saaicuaca cerah bramati hembusanasap purih tipis tebal dari Duncaksetinggi 5G100 rneter

"Aktivitas vulkanik masihbelum menentu. Gerrun hembu_san berint€nsitas dnggi anEra 5msampai i.000 kali keia.ti2n. Darikawah juga masih menyemburasap sulfatara,,' puogkusouu.G182-s7)

Bambangan, Desa Kutabawa, KecamatanlGrangreja, Purbalingga masih dftrnup. padahal,banyak pe+rdaki yarg ayrln npnjat urtukmempedngati HUT K+70 Rt di puncak

hiyo Satmoko, Kepala pe_laksrnan Badan penans;rransanBencana Daerah (BptsD puim_lingga Rabu (lZ8) nrenegaskan,meruruk pada hformasi pusarVulkauologi dan MitisasiBencana Geologi (pvMBGt,-saatmi status GuruDg Slametmasih dilevel waspada

"PVMBG merekomendasiagar tidak ada a.lcivitas di mdiusdua kilometer dari puncakgunung. Dengan demikian ielaspendakiaa hingga puncak iila_rang dilakukan karena aktivitas

vnJkanik Gunung Slamet masihbelum menenhr Petugas pos pen_oatoan Juga pasti akan melaranspendaki yang zkannaik', uiamv;

Memang. banyak calon oen_daki yang menghubungi peurgasPos pendakian. Athasi.l. merekaharus mengurunglan niar unnrkaeust$an di purrcak gununs terr_inggi di Jawa Tengal itu. Frivonrcnegaskan kepada semua pihak,un[ft mematuhiiDshuki remebutdan tidak nekar menctaki.BehmMenentr

Sementara itu, lanjutnya,

B.\CT.\N HTINI-IS SIITI)N.!',\BI]P.\TE\ PTIRBALI\C{;.\

Page 8: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

SM/R,"n Rachinan

MASIH DITIITIIP : Jalur pendnkian Gunung Slaietmelalui Dusun Bambangaq Desa Kutabaua, KecarnatanKarangreja, Purbalingga masih dirurup hingga waktuyang belum ditentukan. (57)

R \(it \\ Ill \t \s sillt) \ K \lii 1..\T[\ Pt Rl] \l l\(i(; \

Page 9: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIAN IIIIIIAS $[MA PURBAIil{OOA

KAMIS, 13 AGUSTUS 2015

Jadwal laga Persibangga Dubah(F Pafiai Perdana [r,4aju Sehari

PLTRBALINGGA- Jadwal laga Pe$ibangga Pubalingga dalamPiala Kemerdekaan diubab- Partai perdana melawan persinga Ngawiyang semuta Minggu (16/8) dimajukan sehari meniadi Sabrr (15/8),hck off uk berubah. pulai 15.m.

Perubahan iru diungkapkan Manajer Tirrl Laskar Soediman,Roiman Supriyadi,kemarin siang. Saatitudiabarumenerimapember-itahuan perubahan dari operator kompetisi. "Waktu keberangkatanjugaharus disesuaikan."

Agendalegkeduajugaberubah. SemulaskuadKabupatenperwirabetemu PPSM Magelang di Stadion Manahan, Solo, Selasa (18/8)pula[ 15.00, dimajukan menjadi Minggu (16/8).

Setelah istirahat sehari pada U Agustus, dalam laga berikuhyaPuibalinggamenghadapi PSIRRembang (Selas4 18/8), lalu nrlawanPersis Solo (Rabu (19/8), dan terakhir melawan pSS Slanan (Juma!21t8).

Melihat perubahan tersebut, menurut Rohman, panitia mema-datkan jadwal pertandingan. Dalamrencanas€mul4 setetahmenjalanipafiai perdana Penibanga mendapat wakur istirahat sehad di antaraduapertzudingarL

Pada jadwal baru, Farikin dkk medapat jatah dra kali bemainberturut-turul, yakni pada Sabtu dan Minggu (15 dan 16/8),lal.u Selasadan Rabu (18 dan 19/8). Selainjadwal, manajemen juga menerimapemberitahuan dari panitia lokal bahwa tim-tim peserta a*an Apmputdengan bus di ma*as masing-masing. Angftutan peniemputan air:ruspanitia- Tempatpenginapanjuga disediakan panitia. (bd-sr.

BA(IIAN HI')'AS SETDA XABI]PATtrN Pl]RB{I-INGG.IT

Page 10: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIU[,IA$ $[TDA PI]RBATII{OOA

P enggali Tanah Temulwn Rqtus anBOJONGSARI - Seratus kaliolehSuramo(zl0),\vargadesa Saatdilihatternyataadabebe-

lebih peluru ditemukan di tanah setempat di pekarangan milik rapabuahpeluuditanahlssebulmilik warga Desa Metenggeng, tetanggany4 Weni (50). Saat itu Setelah dikumpulkan, temyataKecamatan Bojongsari, Rabu dia tengah menggali tanah, di jurnlatmyalebjh dari semnsbutir.(1U8) siang. Ddryapeluruteme- kedalaman sekitar 50 sentimeter, Dialalurrrtapod<ankejadianbutpeninggalanmasap€rang. tiba-tiba cangkulnya menghan- itu ke Polsek Bojongsai. K€pala

Pehrmi[rditemukanpertama hmbesi. FolsekAjm Kmisaris Subaryo

Wuru

beserta anggotanya kemudiandatang ke lokasi unutlapomnitrr.

'?eluu tenebut sudah tidakatlif, berlarat d"n msak Peluruini sejenisAKdenganpardang 8Jsentirreter dan diarneter 1,5 sen-

timeter," ujar Kepala SutrBagianHumas Polres PurbalinggaInspehur SatuDiman.

Dipedilsi, di lokasi sektarmasih ada b€mda-benda lain )"ngmerupakan pednggalan penjaja-han Unnk pernenlsaar lebrrh lar

TaNJaKKAN pELrrR(I : Kepata ro*rnnijiffi H,sffiH,HHfHAjun Komisaris Subagyo dan anggotanya memperli- peddak (Wasendak) Satuanhatkan temuan p e luru w arga D e s a M ete n g g eng, ImelilndanKearwran(Intelkam)

Kecamaan Bojongsai, Purbalinggq Rabu (LlE). (57) Fohmtunohgga(H82-57)

Koramfl Pantau Perbaikan lrigasiKALIMANAII - Koramil Kalimanah mernantau perbaikan saluran irigasi di

Desa Karangsari, Kecamatan Kalimanah dan Desa Karangjambe, KecamatanPadamara-"Pemantauan ini untuk mengetahui sejauh mana perbaikan saluran iri-gasi itrr" ujarDanramil Kalimanali Kapten Inf Slamet Hidayat, Rabu (12/8).

Menuut di4 pmantauan itu penting sehingga pekerjaan bisa selesai tepatwaktu. Saluran igasi itu memprmyai fimgsi penting dalarn keberhasilan petanian.

"Bila prbaikan saluran irigasi inr selesai, maka pengaturan air menjadi lebihtertib. Dengan demi}ian, pemanfaaran air menjadi lebih efektif, " tandasnya-

Selain itu alimn air itu bisa sampai ke bagian ujung saluran irigasi. Dengandemikian, seluuh area prsawahan dapat memanfaatkan saluran irigasi tersebut.

"Jika saluran irigasi bocor, kasihan petani yang berada di ujung irigasi. Air yangdidapatkantidakakanmencukupikebu han,"kaltanya.PasokanAir

Danrarnil menyebutkan, saat ini sebagian pet ni di Kecamatan Padamara sudahpanen padi. Bahkan, sudah ada yang selesai panen dan masuk musim tanam.

"Adapun di Kecamatan Kalimanatr, sebagian petani belum panen. Untuk diPadamar4 kebuhrhan air tercutupi sepanjang musim, sehingga sebagian petani bisapanen sampai tiga kali dalam setahun." ujamya-

Sementara itu, di Kalimanah pasokan air untuk pertanian masih mencukupimeski tidak sebanyak di Padamara. Dengan demikian, rata-rata ptani di Katirnanahhanya bisa panen padi setahun dua kali.

"Kami metakulan berbagai upay4 termasuk pemantauan perbaikan irigasi,dengan hrjuan untuk meryulseskan program Indonesia swasembada pangan," tan-

dasnya. (F1G57)

SUARA2015

Sllt/Ryan Rachman

r,] \GI.\\ t \t \s st fD-\ K.\BI P ffl\ PL tul \l I\(;(i.\

Page 11: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

sss%

="{

vU:N*SS

'r< ':.=Ss\si!

\IE'. a.ts'rdN

RSh< 5-.={ !P-O

h * s'*9 S'F EE HNES H 9.q6 F( tr<

Page 12: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPING MEDIA

BAGIAN IIUMA$ $[IDA PIIRBAIII,IOOA

Radaf BanyUmas . Kamis wage 13 Agustus 2015

Selalu BelaiarSEBACAI seorang ke-

nala desa, Pengalamantermasyarakat meruPakan

modal Penting. "Bergurupada pita sesePuh, jadi-bisa paham bagaimanamenvelesaikan konflik didesa dan meminmalisirkonllik di masyarakat;' kata

Kepala Desa Tunjungmuli,

Joko Pranoto. > ke hal 19

Harus TetaP Bergurur sGlalu

varakat, dia mengakui Penga-iaman tetaP masih kurang'"Harus tetiP berguru danbelaiar kepada masyakat tuaatauoun muda," tandasnYa'

Did menambahlan, belaiar

tentang maslarakat maupunlainnvd, harus tetap dilalokan'Nam'un selama belajar danberbagi pengalaman, harus

meniadi "gelas kosonS'; se-

hingla banYak hal Yang bisa

didapatkan."Kita tahu IaPi jangan soK

tahu atau sok mengefti. Kii-rena kita belum tentu Pahamterkait sebuah Permasala-hanl' imbuhnYa. (iok/din)

Sambungan darihalaman 5

Menurut dia, masukan a-

tau tukar Pengalaman darimasvarakat memang Pen-ting: sebab pengetahuandan saran terhadap suatuoermasalahan meruPakanLal penting, karena ada so-

lusi yang tepat untuk me-nyelisaikan masalah Yangadadidesa. .

Meskipun setiaP hari ber-masvarakat, bersosialisasi,dan berbaur dengan mas-

lJ.\(;l \\ III \1,\S SL ID,\ ( \BI-P{ fll\ Pl iitli\l.1\(i(; \

Page 13: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPING MEDIABAOIN IIII{AS SIIDA PINBAIINOOA

Radar Banyumdli o (2rni5 g,2ge l3Agustus 2015

EVAKUASI :Petugas

Satlantas PolresPurbatingga

mendatangkanmobil derek

untuk'mong€vakuasibus pariwisatayang masuk ke

sawah.

Hilarg l(endali, Bus Masuk SawahPURBALINGGA-Kecela _

kaan tunggal menimpa buspariwisata bernomor polisi H1447 AC di Jalan Raya parli-can, Kecamatan Kemangkon.Diduga kecelakaan te-riadi

karena slip karena,kondisijalan yang licin. Tidak adakorbal jiwa dalam kecelakaantersebut, karena bus dalamkeadaankosong.

Informasi yang dihimpun

menyebutkan, saat kejadiarlkondisi dalam keada an gefimissehingga ialan menjadj Icin."Bus melaju d engan kecepatannorm4 ddakngebuti' kata saksi,Mugiman (43). > ke hat I

Sopir Langsung Melompatr flihng Untuk mengeluarkan bus

dari sawah, Satlantas me-nurunkan mobil derek un-tuk mengeluarkan bangkaibus. Kemudian, bus lang-sung dibawa ke Unit Laka-

. lantas Pohes Purbalingga.Kasat Lantas Polres purba-

lingga, AKP Sudarsono SHMH mengatakan, saat keia-dian bus dalam keadaankosong, sedangkan sopirbisa keluarsebelum bus ma-suk ke sawah. "Tidak adakorban karena bus dalamkondisi kosongi' jelasrya.

Sudarsono menambah-kan, kecelakaan tersebutdiduga karena karena busmengalami selip, sehinggabus mengalami kendali danmasuk ke sawah.(iok/din)

Sambungan dari halaman 5

Namun tiba-tiba bus kehi-langan arah dan bus masuk kesauahyzngada di sisijalan. Saatbus hendak masuk sawah,sopir bus Ari Purbaya (30)warga RT 0l/03 Desa Ge-mun*! KecanEtan Padamara,langsung melompat sehingga,sopt tidakmengalami luka.

Akib at kecelakaan tersebut,lalu-lintas di sepanianglalanPanican sempat mengalamikemacetan. Namun PetugasSatlantas Polres Purbalinggayahg turun ke lokasi lang-sung mengatur lalu-lintas.Sehingga, kepadadatan ken-daraan bisa teratasi.

B,\Gl \\ 1tt \l\s sF'Il),\K.uI p.\Tt:\ pt ItB.\t.t\(i(i\

Page 14: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPING NffiDIA

BAOIN IIUMAS SIIDA PI]XBAIINOOA

Radar BanWmas'. Kamis wage 13 Agustus 2015

limaHektareLahanTebuTerbakar

PURBALINGGA - Ben- tar Keiobong, Edy PrayitnoSH mengatakan, api cepatmembesar dan meluas.

"Kemungkinan besar karenakondisi lahan tebuyangkering,.akibat musim kemarau," je-lasnF, Rabu (12lB) kemarin.Meskl lahantebu!,arlgterbakarcukup luas, kerugian yangdialami oleh petani menu-mtnya tidak terlalu besax

Sebab kebakaran hanFme-

nghanguskan daun pohontebu. Sedangkan, batangtebumasih bisa dijual. 'iAkan tetapinilai jualrrya menjadi turun,"uiamlta, tanpa menyebutkanberapa total kerugian yangdialami oleh petani tebu.

Dia menjelaskan, saat inidi wilayah Kecamatau Keio-bong ada sembilan desa,yang masih membutuhkandroping air dari Pemkab

cana kekeringan di wilayahKecamatan Kejobong mulaiberimbas negatif. Selainmenyebabkan kekeringan disembilan desa di kecamatantersebut-Akibat kekddngan lahan

tebu di Desa Sokanegera,lima hekare lebih hangusterbakar akhir pekdn lalu.Kasi Pemerintahan Kecama-

Purbalingga."Desa lainnya sementara

masalah kekeringan *nasihdapat teratasi dengan Pam-simas,"kata dia. Dia me-nambahkan, di Desa Soka-negara ada 987 jiwa, yangmengalami kekeringal.

Di Desa Iftenceng ada 927jiwa, Desa Nangkasawit (1.-230 iiwa), Desa Pandansari(3.875 jiwa), Desa Pangem-

pon (250 jiwa), Desa Kejb-nong (1.890 jir.,,?), Desa lang-gar (2.259 jiwa), Desa Tim-bang (3.518 iiwa) dan DesaNa$gkod (r.569 jiwa).

"Sementara ini, belum adatambahan permintaan dro-ping air Seluruh desa yangmembutuhkan droping airakibat kekeringan sudahmendapatkan droping air,"imbuhnya. (tya/din)

B \(it. \N H I '\ l.\S SL',l t)A LALitrtJAl t-N Pl lllj.U-t\C( i \

Page 15: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]tr,lAS SEIDA PUIBAIT'IOOA

Radaf BanyUmaS . Kamis Wage 13 Agustus 2015

IGnerja PemdesBisa TergangguKosongnya Puluhan perbup dan lainnYa turunan

dad PP yang ada segera klir.Upaya lain Yaitu meminta

pemkab segera mengeluar-kan regulasi agar Pengisianperanggkat desa formasisekdes dikembalikan ke de-sa. Karena akan banYaksekali manfaatnYa, selaindikenal iuga sekdes sebagaitangan kanan kades.

Seperti diketahui, UUNomor 6 Tahun 2014 ten-tang Desa mengamanatkankewa;'iban pengisian sekdes

- PNS tidak ada lagi. Namunkepastian itu menungguPeraturan Pemedntah. Pa-dahal disisi lain hingga saatini banyak sekdes Yang su-dah memasuki masa Purnakarena usai sudah lebih dari60 tahun.

"Kami sangat sePakat Pe-ngisian sekdes dikembali-kan ke pemerintah desaKarenajika masih dari PNS,garis komando menjadisedikit rancu. Di satu sisisekdes PNS itu beftang-gungjawab ke pemerintahkecamatan, disisi lain masihada komando dengan Ke-pala Desa," ujarnYa.

Sebaliknya, jika Pengisianpersonil langsung dari Pemerintah desa akan Iebihmudah koordinasi dan gariskomandanya kembali ;'elas.IikadadPNS, maka bisa saia

karena domisili.tidak daridesa setempat, maka koordinasi dan Pekeriaan bisaterkendala. (amr/din)

Kades Sekdes

PURBALINGGA- Masihadanya 23 kepala desaYangkosong dan 60 sekdes Yangbelum jelas pengisiannya,dinilai bisa menganggu ki-nerja pemerintahan desa.

Sebab kesolidan kerja timmenjadi minim. Padahaltahun ini mulai mengelolabantuan dana dari Pusatdalam jumlah besar.

Iuru Bicara sekaligus TimAdvokasi PaguYrban Kadesdan Perangkat Desa \'tr/ira-

praja Kabupaten'h]rbalingga,Ngudi wismantoro menga-takan, sesuai aft[an bisa diisidengan penjabat (Pj).

Namun dalam kesehariantetap tidak bisa maksimal.Karena ada tim Yang hilangdan membutuhkan waktulagi untuk pengisian.

"TerganggunYa kineriacontohnya, soal anggarandan program lang ada. Iikaada kades definitif dan sek-des dari perangkat desa,maka akan lebih oPtimalpekerjaannya," tegasnya,Rabu (13/B).

Karenanya, WiraPraia se-

dang mendorong agar regu-lasi segera lerbit. Karena jikamoi,cr lagi dan belum adaregulasi turunan UU ten-tang Desa, maka Pemba-ngunan desa tersendat. Iajuga menegaskan, maksimaltahun ini regulasi sePefii

rrrCrUl ilt.\t,rS Slrl) \ !',\]]1]'j{IE\ Pl :Rl} \I'I\Ci(l \

Page 16: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPING MEDIA

BAOIN IIUMAS SEIDA PI]RBAIT{GOA

' Radar Banyumas . Kamis Wage 13 Agustus 2015

Wagub Minta Bandara DilanjutPURBALINGGA - Peniabat

(Pj) Bupati Pirrbalingga, DrsBudi Wibowo MSi dimintamelanjutkan rencaira pe-ngembangan Bandara Wira-saba di Desa Wirasaba, Ke-camatan Bukateja, meniadibandara koniersial.wakil Gubernur lawa Te-

ngah Heru Sudj atrnoko, saatacara lepas sambut Pj Bupatidi Pendapa Dipokusumokemarin mengatakan, dengan

diteruskannya pembangunanbandara tersebut, diharapkandapat memberikan manfaatbagi masyarakat.

"Pemda jangan menayakalincome (pendapatan, red).Tapi benefit (keuntungan, red)

bagi masFmkat' katanya saatmemberikan sambutan.

Dia menjelaskan, benefitbagi masyarakat bisa berben-tuk pada peningkatan kun-jungan pariwisata, peninS-

katan sosial budaya dan segikemanfaatan lainnya.

Selain itu,,uga bisa meniadistimulus bagi roda pereko-nomian masyarakat. Selainpengembangan bandara,Budi Wibowo iuga diminta14eneruskan pembangunanlaniutan pasca diresmikann-ya Iembatan Linggamas de-ngan melakukan peningka-tan jalan dari Desa Penican- Desa Ngebrak. > kehata

Menjaga Netralitas ASNr wagu[ ujaln}?

BudiWibowo menjelaskan,tugasnya merjadi Pi Bupatiada tiga, lakni pelaksanaanpembangunan, pemednta-han dan kemasyarakatan,melaksanakan pesta demo-kasi agar berjalan lancar danberkualitas dan ketiga men-jaga netalitas ASN.

Dia juga berkomitmen un-tuk dapat secepatnya dapat .

menyelesaikan pembahasanperubahan anggaran tahun2015. Tergetnya perubahananggaran bisa ditetapkanpada Agustus ini. Budi jugaberharap kepada semua kepa-la SKPD untuk dapat mem-bantu pelalGanaan pemba-ngunan di Purbalingga. (tyaldtn)

Sambungan dari halaman 5

Iuga pembangunan saluranirigasi Bendung Slinga danpemantauan proyek-proyekyang didanai dari APBDProvinsi seperti jembatan diDusun Karangbawan, fem-batan Bantarbarang, Iem-batan CSR Limbasad.

Dalam kesempatan itu, He-ru juga kembali menegaskan,Pegawai Negeri Sipil (PNS)unruk tidak ikut dalam politikpraktis. "Karena pada da-sarnya Bupati Purbalingasudah ada, cuma kita belumtahu. Siapa yang terpilihsudah jelas bagi Allah SWIj'

p \( ir \\ I]l \l\S SllIl).\ K.\lll P llll\ PI Rll\l-l\(j(i \

Page 17: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUMAS SEIDA PURBAIJNOOA

Radar Barrlnrmas . Kamis wage 13 Agustus 20'15

Lusa, Verifikasi FaktualDolomen DiumumkanTerkait Paslon rs

Setelah kamiumumkan, kaml akan

memberlkankesompatan kepadaparpol dan paslonuntuk m6lengkapl

dokumgn pencalonan

Srl Wahyuni AKSKetua KPU Kabupaten

Pubalingga

BupatidanWabup

PURBALINGGA - KomisiPemilihan Umum (KPU)IGbupaten Purpalingga, akanmerilis hasil verifikasi faktualdokumen pencalonan pasa-ngan calon (Paslon) Bupatidan Wakil Bupati Purba-lingga, Sabtu (I4l8) lusa.

Hal itu, sesuai dengantaha-pan pendaftaran paslon langtertulis dalamlampiGn Kepu-tusan KPU Pubalingga, no-mor 39/Kpts/KPU-Kab.012.-329398 I 2015, tentang peru-bahan atas Keputusan IeUnomor 02lKpts/KPU-Kab-012-329398/2015, tentangtahapan, progam dan jadwalPilkada 2015.

Ketua KPU Kabupaten Pw-balingga, Sd Wahyuni AKSmengatakan, KPU Purba-Iingga baru saja menyelesai-kan velifikasi faktual doku-men pendataran paslon.

"saat ini (kemarin, red),

kami baru saia menyele-saikan verifikasi di Sidareja,Cilacap," ujarnya kepadawartarvan melalui sambu-ngan telepon selularnya.

Sebelumnya, KPU mem-buat tiga tim verifikasi fak-tual yang bertugas memve-rifikasi dokumen pencalo-nan paslon. > ke hal I

Undian Nomor Urut 25 Agustusr [usa, pendidikan paslon, Renca-

nanya, sebelum diumum-kan, KPU akan menggelarrapat pleno, untuk mem-bahas hasil verifikasi fakualdokumen pencalonan pas-Ion yang telah dilaksanakan.

"Setelah, kami umumkan.Kami akan memberikan ke-sempatan kepada parpol danpaslon, untuk melengkapidokumen pencalonan, jikaada kekurangan/' ungkapnya.

Jadwal perbaikan dokumenpencalonan paslon adalah15'18 Agustus. Sedangkanpenelitian perbaikan do-kumen pencalonan paslon,akan dilakukan 19-22 Agus-tus mendatang. "Penetapanpaslon akan digelar 24Agus-tus dan pengundian dan pe-ngumumannomorurutpas-lon digelar 25 Agustus men-darang,' imbuhnya. (tya/din)

Sambungan dari halaman 5

Tim pertama berangkat keJakarta untuk memeriksasurat rekomendasi pim-pinan pusat partai politik(parpol) kepada paslon.Tim kedua, berangkat ke

Semarang dan Tim Ketigake fogja, Solo dan Salatiga,untuk memeriksa dokumen

!l \(il \\ lll \i \S SIl l l) \ K,U]{ IPAI l-\ PI RB \l 'l\(i(iA

Page 18: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPINGIIMDIA

BAOIN IIUI\{AS $[TDA PURBAIINOOA

Radaf Banyfmas . Kamis Wage 13 Agustus 2015

'i

Temukan I 00 Peluru di Pekarangan

DI DALAM TANAH: warga oesa Mctenggengt Kocamatan

i"i""g""ti menemukan 100 butir peluru dl pekarangan rumah

Kemudian saYa Panggil walgasekitai' katanla.

Meodengaikabar Yang di-

bawa Sunarto, warga Iangsungeeeer dan berbondong-bon-ioire mendatangi lokasi Peng'sali;. Tidakingin terjadi hal'f,al vang tidak diinginkan,warea kemudial melaPorkan

oen"emuan tersebut ke PihakLerwajib. "sudah karatan, taPi

kelihatan itu Peluru untuksenaDan" rutur Sunarto.

Kanolres Purbaliagga AKBP

anorn Setyaa;i SIK melaluiKapolsek Bojongsari AKP Su-

baRvo mengatakan, setelahdi-fumDulkan ada sekitar I00butirp;lurujenisAX "Setelah

mendengar laPoran warga,

kami langsungke TKP dan ad.a

sekitar 100 butir Peluru dI

lokasi penggalian. Kedalamantanah hanYa 50 sentimeter;'tuturnva. Setelah diPeriksa,oeluru dalam kondisi berkaratian sudah rusak. Sehinggaoeluru tidak alctif dan tidak'membahayalan. (ok/sus)

PURBALINGGA - Sunarto(40), warga Desa MetenggengKecamatan Boiongsari Udak

menyangka, Saat menggalitanah di Pekarangan rumahmil&Weni (50), selasa (11/8),

Sunarto menemukan 100 Pe-luru ienis AI(. Merasa khawatirdan iakut, Sunano melaPorkanpenemuan Peluru te6ebut ke

MapolsekBoiongsari.

Sunarto menuturkan, saat itudia sedang menggali tanahuntuk membuat Pondasl dtoekaranqan rumah Weni. Se-

ielah mingga[ hingga keda-

laman 50 sentimete! dia kaget

dengan benda Yang miriPDeluu. Setelah rerus men88a1i,iia selalu menemukan benda

serupa. " SaYa Perhatilar sePeni

peluru kalau di fiIm luar negen,

lJ.\( it \\ IIt \t,\S Sti I D \ ( \1ll |.\ I li\ P1 RB \l.l\(ic \

Page 19: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPING MEDIA

BAOIN IIUII{AS $BIDA II]RBAIINOOA

Radar Banyumas . Kamis wage 13 Agustus 2o1s

---PURB[1I1IGE[ TKSPRES -Minim, Kesadaran Urus

Surat PindahPURBALINGGA - Kesadaran masyarakat ddam

mengurus Surat Keterangan Pindah Datang(SKPD) di Kabupaten Purbalingga, masih mi-nim.Kepala Dinas Kependudukan dan CatatanSipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga NurHamam mengatakan, masih banyak pendudukyang tinggal di suatu wilayah namun masihmemiliki KTP wilayah lain, sehingga tidak sesuaidengan azas domisili."Masih banyak penduduk yang tidak mau

melaporkan kepindahanya di daerah asal, sehinggapada saat pindah tidak memiliki SKPDI ujarnya.Pihaknya sebenarnya sudah mela.kukan sosialisasiagar masyarakat mau nelaporkan kepindahannyaserta membawa surat pindah ketika melakukanperpindahan ke lain daerah.

"Harapannya, tertib administrasi kependudukandapat s€gera terwujud,' uiarnya. Menurut dia,Ianuari hingga Juli lalu, pihaknya mencatat adanyapenduduk yang pindah datang antar Desa-Kecamatan sebanyak 5.687 berkas. Sedangkanpendudukyangpindah datangantarkabupaten se-

banyak 3.147 berkas.Kasubdit Pindah Datang Penduduk Dalarn

Wilayah NKRI, Ditjen Kependudukan dan Pen-catatan Sipil, Kemendagri, Trihono Pul'ihartomeminta kesadaran penduduk dalam mengurusSKPD terus ditingkatkan untuk memberikan ke-pastian atas kepemilikan dokumen berupa lc< danKIP Elektronik sesuai dengan domisili atau tempattinggal penduduk.

Trihono menegaskan, pemerintah dan pemdamemerlukan data penduduk yang valid yangdirekam dalamDatabase Kependudukan. Databasetersebu! lanjut Trihono sangat bermanfaat untukperumusan kebijakan perencanaan pembangunan,dan pelayanan publik oleh sektor lain.

"Mengurus surat pindah datang diatur dalamundang undang nomor 23 tahun 2006, sepeftitelah diubah dengan UU No 24 tahun 2013,"jelasnya. (tyra)

I].\(iI.{\ I1I'\I \S SLlD \ K,\BI'P\T];\ PI R]} \],I\C'i\

Page 20: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUI\,IA$ $[TDA PURBAIT{OOA

Radar Banyum?s r KAMts wAGE.t3AGUSTUS 2015

Pendakian SlametMasih DitutupStatus GunungLevelWaspada.

PURBALINGGA- Para pe-hobi mendaki gunung khu-susnya jalur pendakian Du-sun Bambangan, Desa Ifuta-baw?Kecamatan Karangreja,pada SaatperaFanAgustusanini masih tetap gigit iari.

Sebab hingga kini, jalurpendakian itu masih ditutupultuk umum. Padahal masihbanyakpendaki luar kota danlokal yang berminat.

Kepala Pelaksana HarianBadan Penanggulangaa Ben-cana Daerah (BPBD) Purba-Iingg& Pdyo Samoko menje-Iaskan, pertimbangan penu-tupan itu ilga sejak awal atashimbauan Pusat Vulkanologidan Mitigasi Bencana Geologi(PVMBG). Menuut P\MBG,saat ini status Gunurg Slamet

masih di level waspada."Rekomendasi dariPVMBG

meminta agar tidak ada akti-fitas di radius dua kilometerdari puncak gunung. Dengandemikian ielas pendakianhingga puncak dilarang dila-kukan karena aktifitas url-karfk Gunung Slamet masihbelum menentu. Petugas pospendakian juga pasti akanmelarang pendaki lang akannaik" papamy4 Itabu (12l8).Priyo mengakui, saat ini

masih banyakpendaki yangmenghubungi petugas pos-ko Bambangan, Namunpendakin tetap tidak bisaberbuat banyak karena niatmereka menyrrsuri lerenggunung hingga puncat ha-ruspupus.

"Kami meminta semua ca-lon pendaki mematuhi ter-masuk warga dan petugas disana," tegasnya. Masyarakat

iuga masih bisa beraktifitassepeni biasanln di luar radiusyang sudah ditentukan olehPVMBG. > ke hal I

Info rmasi Re smi D ikeluarkan PVVIB G

r PendalfianDemantauan Gunung Slamethi Gambuhan, Pulosari,KabuDaten Pemalang

Dat; dari P\MBG Pada l0-11 Agustus 2015 Pukul06.00-o6-00. secaravisual terPantaureran g-mendung, angi n b,er-

tiup tenang dan Puncak Uu-mrn g SIamit terhalang kabut,saat cuaca cerah teramati

hembusan asaP Putih tipis-tebal dari puncak setinggi 50-

I00 meter,"Aktifitas Sunung masih

flulduatil Dengan gemPa

hembusan intensitas tinggiantara 500 samPai 1.000 kalikeiadian lalu m asih ada sem -

buran asaP Suifatara darikawahi' imb-uhnfa. (amr/alin)

Sambungan dari halaman 5

Hanva saia, mereka di-minta untuk ridak mudahterpengaruh informasi Yangtidal< ielas sumbernya. Inior-masi iesmi akandikeluarkanoleh PVMBG melalui Pos

I].\CI \\ IIl I\I \S SL I I),\ K,\BI :I)-\1'] ]N PI III}.\I,I\GC \

Page 21: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

RAGI.\\ I]i ]\I.\S SE'ID.\L\BTI'.\']}]\ PI iRT]AI,I\(i(i.\

Page 22: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPING MEDIA

BAOIN IIUI{AS SIIDA PI]RB,{II}'[OOA

Radaf Banyumas a Kamis wase 13 Agustus 2015

PURBA1IlIGG[EIGPRES-

TNI Siap Dukung ProgramI(etahanan Pangan

PURBALINGGA- Kommil 01 Purbalingga dan

iaiaran Kodim 0702 men8,8anden8 srakeholderLeras di Purbalingga. Mereka rerdiri darikelompok tani, pengusaha beras dan cemillsena Bulog.

Tuiuannva unruk mendukung ketahanan PangandenBan ketersediaan beras di Purbalingga yang

mencukupi. Danramil 01 Purbalingga, Kapten

Sudamo, ketika mengumpulkan stakeholder beras,

Rabu ( 1218) berharap beras lokal Pufualingga tidak

lari keluar daerah, > kehalI

KOMPAK : TNI dan stakaholder beras foto bersamausal bcrkoordinasi soal ketahanan pangan.

Dislcusi dan Lakukan PengecekanI TilI dinasi dengan Bulog. Lo-

kasi pertemuan kemung-kinan di Kodim Purb a -lingga atau di KompleksGudang Dolog SubdivrePurbalingga.

"Kita akan berdiskusi danmela.l<ukan pengecekan (o-ndisi beras di Purbalinggadan menyampaikan per-soalan yang dihadapi petanisampai ke pedagang beras,'ungkapnya.

Menurut Sudamo, kegia-tan ini juga sebagai tindak-lanjut perintah dari MabesTNI AD dan sudah ada notakesepahaman soal beras danketahanan pangan. Hara-pannya, hingga tingkat ba-wah bisa melaksanakan pro-

gram-program yang bers-ineri dengan pemerintahdan stakeholder yang ada.

Salah satu perwakilan ke-lompok tani yang juga pe-ngusaha dce mill dan berasasal Bojong, Bambang Iat-rrliko mengatakan, persoa-lan yang dihadapi saat iniyaitu lahan yang dimilikipetani tidak bisa maksimaljika menginginkan kesejah-teraan petani meningkat.

"Kami siap bersinergi se-suai fungsi masing- masing.Termasuk untuk peredarartberas di Purbalingga yangmasihberasal dari luar dae-rah maupun Purbalinggakeluar daerah," jelasnya.(adv/amr/din)

Sambungan dari halaman 5

Selain itu, dia berharapkeseiahteraan petani di Pur-balingga bisa lebih baiklagi."Kita kumpulkan stakehol-derini untuk bersama meii-hat visi kedepan dan men-cari upaya yang sama untukmengawal ketahanan pa-ngan danpengawasan beras.Selain itu, saat ini Babinsajuga sudah ikut mendam-pingi petarf di lapangansaatmusim tanam dan panen,"ujarnya.

Rencananya, 19 Agustusmendatang mereka jugaakan kembali b erko o r-

T] \GI \\ I]I i\I \S SIiII).\ K,\IJL PJft\ 1'I II!].\I,]\CG \

Page 23: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPING MEDIA

BAOIN IIUI,IAS SEIDA PIIRBATINOOA

Radaf BarymmitS o Kamis Wage 13 Agustus 2o1s

Paskibra LatihanDelapan Jam Sehari

PURBALINGGA- Pasukan pengibar bendera(Paskibra) merah putih HUT RI ke 70 selalumenjadi daya tadk tersendiri bagi undangan danpesertaupacara,

Fomasi barisan hingga kekompakan Paskibra iniselalu mendapaatkan ap resiasi tinggi. Tak ayal, sejakbeberapa waktu terakhir ini Paskibra harus ekstraberlatih hingga B jam sehari.

Dinas Kebudayaan Pawisata Pemuda dan Olah-raga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga,telah menyeleksi dan melatih para pelajar tingkatSMA/SMK/MA untuk bertugas menjadi Paskibra17 Agustus 2015 mendatang.

Kordinator Pelatih Paskibra, Pelda TNI Edi Sumartomen;elaskan, kegiatan latihan diawali dengan enamhari pertama, yakni program pembinaan fisik,pemantapan pemahaman baris berbaris level dasa!jalan dilempat meninggalkan tempat."Da tahapan-tahapantersebut,.sebelumnya

sudah kita pilih layak dan pantas siswa yangditunjuk sebagdi petugas pengibar dan penurunbendera atau petugas B dan pasukan 17:' kata BaOpslat Pangkalan Udara (Lanud) Wirasaba itudisela latihan di Alun- alun Purbalingga.

Total jumlah pasukan pengibarFitu pelaiar 30 orangdan polisi 55 orang. Dengan ritmen latihan gabungansejak3- 16 Agushrs di komplekalun- alun Purbaalingga.

AnggotaPpaskibra mendapatkan latihan pengenalanformasi dasar pengibaran bendera. "Mereka nantinyaada tahap pemantapal, termasuk latihan.gabungandengan unsur TNI Pold atau pasukan 45 dandimasukkan karantina. Sehari mereka berlatih total

. hampir 8 iam dengan dua sesil' papamya.Edi menambahkan, saat ini pasukan sedang

berlatih pola pemantapan gerakan dan formasi-formasi pengibaran, pehurunan dan penyema-yaman bendera. Formasi tersulit berada padapasukan 8 atau pembawa nampan atau bakiBendem Memh Putih.

"Pasukan I untuk prosesi pengibaran danpenurunan Bendera Merah putih harus koD-sentasi penuh agar faktor lupa yang akan menjadibagian kesalahan dapat dihindari," imbuhnya.(amr/din)

PACU : Para anggota Paskib.a harus memacu latihankarena peringatin HUT Rl tlnggal beberapa hari lagi'

Anda memiliki unek-unek tentang ber-bagai haldemi perbaikan dan kemajuanPurbalingga yang penting tidak me-nyinggung sara dan litnah.Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KlRll\,4 SMS

KEt 081-327-333-778

Pdrkir di Samsat MemberatkanPARKIR neng Samsat Purbalingga arep bada Rp2.000 kaya arep nonton dangdut bae wong nenglahane dewek jarkua.

NN 085743811352

R \GI\\ I]I \I \S SHI'I)\ N \III'P \'fI]\ Pi 'RB.\I,I\(;(J. \

Page 24: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPNGMEDIABA0IN IIUI\,IAS SITDA PtlRBAtil,[G0A

Radaf BanSrumas . Kamis Wage 13 Asusrus 2015

\,tla1ctu Mepet, Pemain Belum LenglcapBralirtg Siap

Merahkan BantulPURBALINGGA-Ielang

penyeienggaraan turna-nren Piala I(emerdekaan,kesebelasan PersibanggaPurbalingga sudah mulaimelakukan Iatihan sejakSeniD ( 1o/B) dengan di-pimpin langsung pelatihSiswanto. Meski begitu, dimepetnya waktu Pelaksa-naan turnamen -vang h an-va

menyisakan tiga hari lagi,belum semua pemain bergabung dalam latihan ter-sebut. Hal ini cukup di-sesalkan oleh Sisrvanto.

"Sarn;rai hari nri (l2i S)pernain belum semua kom-plil dat.ing latihan," katapelaiih berjuiuk si Kancilitu.

Siswanto mengatakan,meskipun belum semuapemain hadir, ia tetap ber-usaha semaksimal mung-kin untuk mempersiapkantim. Pada pertandinganperdana nanti, Siswantosiap menerapkan strategiagar meraih kemenangan.

"Meski pemain belumlengkap saya tetap per-siapkan strategi yang tepatdengan sisa waktu yangada," terang mantan pe-Iatih PSS Sleman itu. Un-tuk mematangkan permai-nan, Sis$.anto berencanaakan menggelar Iaga uji-coba sebelumberangkatkeBantui.

Semenrara itu, Suponerfanatik kesebelasan Persi-bangga Purbalingga, Bra-ling Mania, menyatakansiap mendukung tim kesa-

yangannya ketika berma-in di Bantul dalam lagaperdana Piala Kemerde-kaan menghadapi Per-singa Ngawi, (16/8) men-datang.

Yudi, salah seorang ang-gota Braling Mania akanmengakomodasi suporterdari Purbalingga yangingin menyaksikair lagatersebut. Pengurus Bra-Iing Mania juga menye-diakan kendaraan untukmengangkutpara suporter

"Untuk sementara, per-siapan kami hanya rne-nvediakan bus dan mobiluntuk transport," tururn1'a.

Yudi mengatakan, parasuporrer siap memcrahkan sradjon Sultan.{gungBanrul. Pasalnl-a, suponervan8 hadir iak hanJ a dariFrrbaiingga namun ju8a

dari berbagai wil'ayah diIalva. Dipastikan p adapenandingan besok bakalramai oleh Braling Maniakarena Braling Batavia,Braling Pasundan danBraling Yogya juga akanikut meramaiakan.

Yudi tidak menargetkanberapa suporter dari Pur-balingga yang akan ikutmendukunglangsrtng. Pa-da laga iru, Braling Maniaakan menyiapkan koreo-grafi sebagai bentuk duku-ngan. Koreograii tersebut,uga menurut Yudi akandibuat berbeda dari yangsudah ada.

"lntinya kita selalu pakaihal yang sederhana lapimenarik.. Koreo kami a-kan keiihatan berbed a

dari suporter lainnya,"pungkas Yudi. (rus/ttg)

Senifl,2,t/8vs PSIR RembangStadion Manahenplkul 15.00 W8

ll \(il \\ lll \l\s SI ll) \ k.U]l P \ lll\ Pl Illl \l.l\(i(i \

Page 25: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

a

E

Y

-g4

a,

_o.!

E'o)

!

o-

d,o,

o-

,iE

zouIU'

B\(it \\ HI \t \s sla'fl).\N.\lll P \lli\ l'l RB \t-l\(i(i\

Page 26: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPING MEDIA

BAOIN IIUII{A$ $flIDA PI]RBAIil'IOOA

Radar Banyrmas . Kamis wage 13 Agustus 2015

KIoterDipe

Jamaah Satu

Wilayah Terpisah

PURBALINGGA- Meka-nisme pembagian kelomPokterbang (KIoter) calon ia-maah haii dan rombongan

rtanyalgnkebemngkatan diPertanya-kan Komisi III DPRD Pur-balingga. Seiumlah jamaahhaii mempertanyakan ka-rena mereka terPisah de-ngan jamaah dad wilayahyang sama.

Anggota Komisi UI DPRDPurbalinggr,- ln'am Biroh-

matillah, Rabu (12l8) me-ngatakan, ada dua jamaahdari Kecamatan KaranS-anyar dimasukkan kloter 7

rombongan 2bersamaParaiamaah dari kecarnatan lain.Namun di rombongan I

yang sebagian besar iamaahdari Karanganyar Yahg ada

kehuangan dua jamaah justrudiisi dad Karangmoncol.Pihaknya butuh keielasanmekanisme penentuan pem-bagian iamaah ke klotetrombongan dan regu.

Dia menilai, pembagianrrFkurang proporsional. Seha-!usnya penentuan berda-

sarkan urut wilayah. Pihak-nya sudah berkoordinasidengan Bagian Kesejahtera-an Ralq?t (Kesla) Setda Pur-balingga, namun hal itu me-njadi ranah Kantor Kemen-rerian Agama (Kemenag)PuIbalingga.

"Ketenangan para jamaah

bisa terpengaruh, karenamereka tidak bisa beradap-tasi secara cepat denganjamaah yang berasal dariwilayah lain. Imbasnya me-ngganggu kekhusukan saatpelaksanaan ibadah haiinanti. Efek lain, paska haji,unhrkmenjaga kemabruran,

kegiatan rombongan pe,ngaiian akan terpencar-pencar, tidak dalam satuwilayah kecamatan," paparpolitisi Partai PersatuanPembangunan (PPP) ini.

Dia berharap Kernenag bisamembedkan solusi atas kondisi ini secepamya. > ke hat B

bagian kloter, rombongandan regu sudah propor-sional, di antaranF berpe-doman pada ketersebaranrisiko tinggi.

Calon jamaah haji Purba-lingga sebagian untuk me-nutupi kekurangan iumlahjamaah dari Banyumas dikloter6dan7sehinggakomposisinya tidak sama.

"Pembagian itu hanya ditataran'teknis untuk me-mudahkan administrasi do-kumen dan pengaturan se-Iama pelaksanaan ibadah

haji. Pada pelaksanaannyadi lapangan, jamaah bisamelakukan ibadah bersamajamaah iain dari wilayahsama. Pembagian kloter initidak akan berpengaruh ter-hadap kekhusukan ibadah,"ungkapnya.

Data yang dihimpirn Radartnat tahun ini sebanyak415 calhai termasuk timpendamping diberangkat-kan ke Arab Saudi pada 2I-22 Agustus. Kloter 6 terdiddad 284 orang dan kloter 7sel'umlah 131. (amr/din)

Minta Penjelasan Kemenagr Pcm[agian

Sambungan dari halarnan 5

Karenanya, pihaknya se-gera meminta kejelasan ke-pada Kantor Kemenag Pur-balingga. Harapannya, paracalhaj tidak terbebani se-Iama menjalankan ibadahhaji di Tanah Suci.

Kasi Penyelenggaraan Haiidan Umroh Kantor KeIne-nag Kabupaten Purbaling-ga, Mukhlis Abdillah me-ngatakan, mekanisme pem-

I] \GI \\ I{I \I,\S SL fD.\ K \BI'P ffl\ PI ItI] \T,I\(J'; \

Page 27: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

REGISTRAS, : satah seorano cat6n jamaah haji sedans ..r"*r#i'ffi"r.lTit",trilU;Kemenag Kabupaien purbatiisqi.

Ping_in Ngrasakna Dalane Alus

;*Tl'+lrilil*d*gtriffir;+*ffiNN 081327324283

BIGI.\\ TIL \I.\S SETD \ NABI P \I'}:\ PI iIt II U-INGC.\

Page 28: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPINGN{EDIA

BAOIA}{ IIIIIIA$ $[IDA PINBAIII,IGOA

WBanyH.{IlGmis, 13 Agustus 2O1S

l0 Desa Deklarisi Bebas dari BAB SemharanganPURBAI-I GGA- Sebanyak 10 desa di tGbupatenfurbalingga, mendeklarasikan djri sebagai desa yangbebas dari buang air besar 1Am; di semtamng iemlata|d,u Open Defedion Fttf' (oDF). Sepuluh desa itumenyusul Desa Bandingan, Kecamatan Kejobong yangsudah menjadi Desa oDF sejak 2011 lalu.

"Hingga kini baru 11 desa di purbalingga yangbebas dari aktivitas BAB sembarangan. Cakupanyamasih sangat sedikit. Angka itu baru 5,95 prrsendari 239 desa/kelurchan yang ada di KabupatenPurbalingga," kata Kepala Bidang pengendalia;Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (p2pl) padaDinas Kesehatan Semedi pada Deklarasi DesaoDF di Balai Desa Kebutuh, Kecamatan Bukateja,Selasa (12l8).

Sepuluh desa tersebut, lanjut Semedi, adalahDesa Karangnangka, Karangcengis, Kebutuh,Penaruban di Kecamatan Bukateja. KemudianDesn l"lajatengah, Sumilir, Kedunglegok, Bakulan,di Kecamatan Kemangkon. Selanjutnya DesaTetel, Kecamatan pengadegan dan Desa Serang,

Kecamatan Karangreja, Kecuali Desa penaruban

dan Bakulan, lainnya adalah desa-desa yangikut Program Penyediaan Air Minum dan SanitasiBerbasis 14asyarakat (pamsimas) yang sudah

".dimulai sejak 2008."Deklarasi ini untuk memicu desa-desa lain

untuk meningkatkan akses sanitasi dan tidakbuang air besar di sembarang tempat. Butuhkomitmen bersama untuk mewujudkan purbalingga100y0 Akes Sanitasi pada 20I9,,, katanya.

Baru 68 Pe6enKasubdit funyehatan Alr dan Sanitasi Dasar

DrektoEt Penyehatan Lingkungan Ditjen pp dan pL

F Eko Sapum mengaku, secara naslonal cakupannyabaru 68 pecen unhJk sanjtasi dan 7O,g persen unfukakses air minum. Targetnya, pada akhir 2019 seluruhmasyamkat Indonesia bebas dari BAB sembarangan.Altinya, masyarakat pada 2019 harus MB dijamban.Kemudian seluruh masyarakat Indonesia harus dapatmengakses air minum 100 persen. (pt{6)

B/tGIAl\.' HfiNIAS S[,TD-\ IL{BI]PATEN PITRD-{LING{;-{

Page 29: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAflN IIUII{T$ $[IDA IUIBAIJI{ffiA

ffiBanyUmesKarnis, 1i Agustus 2015

Penem uan [{atusan Peluru Eegerkan Warga

BOJONGSARI- Seratus lebih

peluru ditemukan di tanah milik

warga di Desa Metenggeng,

Kecamatan Bojongsari, Rabu

(11/8) siang, Diduga Pelurutersebut Peninggalan masa

0erang.Peluru tersebut ditemukan kali

pertama oleh Suratno (40), warga

desa setempat di Pekaranganmilik tetangganya, Weni (50).

Saat itu ia tenqah menggali

tanah, di kedalaman sekitar 50

centimeter tiba-tiba cangkulnya

menghantam besi. Saat dilihat

temyata ada bebeGpa butirpeluru di tanah-tersebut. Setelsh

dikumpulkan, temYata jumlahnYa

lebih dari seratus butir.

Dia lalu melaPorkan kejadian

tersebut ke Petugas Polsek

Bojongsari. KePala Polsek Ajun

Komisaris Subagyo beserta

anggotanya lalu datang ke lokasi

untuk mengecek laPoran warga

tersebut."Dari hasil Pengecekan

terhadaP barang tersebut,

diketahui Peluru tersebut

sudah tidak aktif dalam kondisi

berkarat dan rusak. Peluru ini

sejenis AK dengan Panjang

KEPALA Polsek Boiongsari Ajun Komisaris Subagyo dan

1i16ffi,i"-i"!iir"]tt k-an peluru vans ditemukan warsa Desa

iiLiE"ssJ^s, K"irfi atan Bojonsdari, Rabu (1 1 /8)

8,5 centimeter dan diameter

1,5 centlmeter," kata Kepala

Sub Baglan Humas Polres

Purbalingga InsPektur Satu

Diman.Ada dugaan, Peluru tersebut

peninggalan zaman Perang.Diprediksi, di lokasi sekitar

masih ada benda-benda lain

yang merupakan Peninggalanzaman penjajahan, Untuk

oemeriksaan lebih lanjut,pihaknya lalu menyerahkan ke

Unit Pengawasan Seniata dan

Bahan Peledak (Wasendak)

Satuan Intelejen dan Keamanan(lntelkam) Polres Purbalingga'' (SMNe$ork/h82lmg05-o6)

B,\GII\ HIll'1.\S St 'ID,\ L\RLP,\TIIN PLRB:\LINGGA

Page 30: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]IIAS $MA NNBAIT{OOA

Mekanisme PembagianKloter Dipertanyakan

PURBALINGGA- Sejumlah calonhaji yang akan berangkat ke

Tanah Suci akhir Agustus nantimempertanyakan mekanisme

pembagian kloter dan rombongankeberangkatan. Pasalnya, banyak

dari mereka yang terpisah denganjamaah dari wilayah yang sama.

E I[{DA(LA JUTI pertanyaanjamaah haji, anggota Komisi IIIDPRD? In'am Birohmatillah, Rabu(12l8) mengemukakan, ada dua calon

haji dari Kecamatan Karanganyar dimasukkanKloter 7 rombongan 2 bersama.para jamaah darikecamatan lain, Namun di rombongan l yangsebagian besar jamaah dari Karanganyar, di manaada kekurangan dua calhaj malah diambilkan dariKarangmoncol," katanya.

oleh karena itu, dia menanyakan mekanismepenentuan pembagian jamaah ke kloter,rombongan, dan regu seperti apa, sebabpembagiannya dinilai kurang proporsional.Seharusnya, penentuan berdasadian urut wilayah.Pihaknya sudah berkoordinasi dengan BagianKesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda, namun halitu menjadi ranah Kantor Kementerian Aqama(Kemenag).

"Ini bisa berisiko terhadap ketenangan parajamaah, karena mereka tidak bjsa beradaptasisecara cepat dengan jamaah yang berasal dariwilayah lain. Imbasnya mengganggu kekhusukan

,.saat pelaksanaan ibadah haji nantj. Efek lain,pascahaji, untuk menjaga kemabruran, kegiatanrombongan pengajian akan terpencar-pencar, tidakdalam satu wilayah kecamatan," kata wakil rakyatdari Paftai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Oleh karena itu, pihaknya akan memintakejelasan dari Kemenag perihal pdrmasalahan ini.Dia juga berharap agar Kemenag bisa memberikansolusi bagi para calon jamaah agar mereka tidakterbebani selama menjalankan ibadah haji diTanahSuci.

ProporsionalKepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh

Kantor Kemenag lYukhlis Abdillah mengatakan,mekanisme pembagian klote[ rombongan,dan regu dinilai sudah proporsional, termasukberpedoman pada ketersebaran risiko tinggi. Calonjamaah hajl Purbalingga sebagian untuk menutupikekurangan jumlah jamaah dari Banyumas diKloter 6 dan 7, sehingga komposisinya tidak sama.

"Pembagian itu hanya di tataran teknisuntuk memudahkan administrasi dokumen danpengaturan selama pelaksanaan ibadah haji.Nanti pada pelaksanaannya di lapangan, jamaahbisa melakukan ibadah bersama jamaah laindari wjlayah sama. Pembagian kloter initidakakan berpengaruh terhadap kekhusukan ibadah,"

Tahun ini, sebanyak 413 calon jamaah hajiakan diberangkatkan ke Arab Saudi. Merekaterbagi menjadi dua kloter di Kloter 6 dan 7.Adapun hari ini mereka akan dilepas oleh PjBupati Budi Wibowo di Pendapa Dipokusumo.

(SMIetwork/h82-05]

l!\GI,\\ HII\tAS Sli'I DA KABIiP{'t l.lN pliRIIALIN(;(i\

Page 31: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIU[{A$ $ilDA PINBAIil'{GOA

ffigPnvHmrHI P a s k i b ra tatin a n-F o r m a s iTbta- p

'Yang Bawa Baki Senyum,Lainnya Tidak Boleh!'

PURBALII{cGA - Upacara pengibaranbendera lYerah Putjh akan menjadiprosesi puncak peringatan Hari UlangTahun ke-70 Republik Indonesia tahun2015. Dinas Kebudayaan pariwisata

Pemuda dan olahraga (Disbudparpora)Kabupaten Purbalingga telahmenyeleksi dan melatih para pelajartingkat SMA/SMK/llA untuk bertugasmenjadi Pasukan Pengibar BenderaPlerah Putih (Paskibrd) 17 Agustus2015 mendatang.

Kordinator Pelatih paskibra, pelda

fNI Edi Sumarto menerangkan,kegiatan latihan diawali denganenam hari pertama, yakni programpembinaan fisik, pemantapan .

pemahaman baris berbaris level dasar,jalan ditempat meninggalkan tempat,

'lDari tahapan-tahapan tersebut,kita sebelumnya sudah memilih layakdan pantas siapa-siapa yang ditunjuksebagai petugas pengibar dan penurunbendera atau petugas B dan pasukan17," kata Ba Opslat panqkalan Udara(lanud) Wirasaba ini di sela-selamengawasi jalannya latihan paskibra

di alun-alun Purbalingga,kemarin.Setelah itu lanjut Edi, anggota

paskibra mendapat*an latihanpengenalan formasj dasar pengibaranbendera, "Mereka nantinya adatahap pemantapan, termasuk latihangabungan dengan unsur TNI polri

atau pasukan 45 dan dimasukkan kekarantina," katanya.

Edi menambahkan, sekarangini sedang dalam tahapan polapemantapan gerakan dan formasi-formasi pengibaran, penurunan danpenyemayaman bendera. Formasitersulif berada pada pasukan 8 ataupembawa baki Bendem Merah putih.Nantinya mereka harus melepas dariformasi pasukan 17 dan 45.

"Pasukan 8 untuk prosesipengibaran dan penurunan BenderaMerah putih harus konsentrasi penuhagar faktor lupa yang akan menjadibagian kesalahan dapat dihindari,,,ungkap Edi.

Edi menegaskan, anggota Paskibrapembawa baki harus senyum,Senyumnya itu harus enak dilihat oleh

1'--?\,/

orang lain, Bukan senyum terpaksa."Yang senyum khusus ini saja..yangsebelah sana tak usah senyum.Senyum itu harus natural," kata Edisambil menujuk pemegang baki saatlatihan.

Edi menjelaskan, syarat utamamenjadi anggota Pabkibra yang tidakdapat diganggu-9ugat adalah tinggihadan. Rentang tinggi badan calonPaskibraka putra 170 hingga 180sentimeter, sementara putri dari 165hingga 175 sentimeter. Lolos seleksikesehatan yang mencakup tekanandarah, jantung, liver, ginjal.

"Intinya mendeteksi segalakemungkinan penyakit. Termasuk fungsimata dan postur tubuh," ujar Edi.

Edi menambahkan, pengibaranbendera adalah hal yang sakralkarena tujuh puluh tahun silambendeB Indonesia sang Merah putih

bisa dikibarkan di bawah tembakinBelanda.

"Oleh karena itu putm-putri yangdipilih mengibarkan bendera adalahyang terbaik,"ungkap .Edi. (pr{2)

11.'\cl,L\ lllr\I\S SllTDr\K,[]Lil'r[lEN PI:RBA].IN(i(n\

Page 32: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

SUASANA latihan paskibra di alun-alun Purbalingga, Selasa (11l8).

II{(;]AN III \IAS SLTD.\ K.\BTTP.\TI]\ PTIRI]A],I\G'JA

Page 33: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

R \(ir \\ rrr \t \s sF ft)A K,\Br P.\1lt\ l)l :l ),\l l\(ic \

Page 34: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIIIIilA$ $I[DA PINBAIII,IOOA

ffiFpnvgmas

PURBALINGGA- Gara-garaban slip, bus PO Barra Abadi,kemarln (1218) pukul 05.35pagi terperosok ke ladang dilalan Raya Panican, KecamatanKemangkon (Kompleks GarduPLN). Beruntung tidak ada

korban jiwa, Kecelakaan terjadididuga karena bus tergelincir,karena kondisi aspal yang

basah."Kecelakaan tunqgal. Posisi

jalan rirenikung sdat mengerambus meleset dan akhirnya bus

terjun ke pekarangan," kata

Kasatlantas Polres Purbalingga

AKP Sudarsono saat dihubungiHarmas, kemarin.

Diketahui, bus P0 BanaAbadi dengan nomor polisi

H 1477 AC ini dikemudikanoleh Ari Purbaya (30), wargaDesa Gemuruh, KecamatanPadamara. Berdasarkanpantauan Harmas, kondisi jalanjuga tidak bermarka, sehingga

dalam kondisi masih petang

kurang terlihat ada tikungan.

Jalan tersebut menjadi jaluraltSrnatif menuju Banjarnegara,mengingat jalan provinsi viaBukateja tenbah dalam PelaPisanbeton.

"Korban nihil (tidak ada)'Hanya Sopir berhasll melompatsebelum bus terjun," jelas

sudarsono.Dia menambahkan, bus

terjun ke pekarangan sedalam

1 meier, sehingga tidakmenimbulkan kerusakan parahpada bus. Beruntung, bus

tersebut juga dalam keadaan

kosonq atau tidak menganqkutpenumpang, sehingga tidakmenimbulkan banyak korban.

Bus terj u n dalam kondisimasih mirinq dan tidak samPai

terguling, sehingga lebih mudah

dalam evakuasi. Bus segera

dievakuasi menggunakan trukderek. Kondisi jalan utamaKecamatan Kemangkon tersebutsempat macet, namun tak lamaarus lalu lintas kembali lancar.

(m905'06)

<Z

B,\GI:\N IIf.-\'IAS SE'I DA IiI.BLIP.{TI'N PIIRBALINGG.\

Page 35: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

Z>

KONDISI bus PO Barra Abadi yang terperosok ke ladang, akibat .

ban slip tak terkendali lantaran jalanan licin.

Page 36: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPNGMEDIABAOIN IIUI{AS SEIDA II]RBAIII'{OOA

SATELITPSST

f r<anrrrs w.AGE,I I3 AGUSTLIS 20 ]5

r!63iki*r:.Ee%.jl5ry''.-,%

Bera LugaKontraPersiha dan Persis

t)

r Turnarnen piala Kemerdekaan

PLJRBALINGGA' SerErnPOSr-p"oi- ll - -bangga mulaimemetatankekuatanlawan '7 '7 Mau tidak mau kamipada putaran pertama di Grup C Trmen piala Kemerdekaar. n*mvulTfu harus mencuri angka saat

ffi#*mgi*Hf5#Ri"1,1il,Sl bertandins densan"Dalam jadwal pertandingan kami PefSiba dan PefSiS.

menghadapiPersiba pada Karnis (2018) di rr, _, _.stuailo" s,irt",.eg"o! iltur K;#i; Walau p u n me reka tam pi I

t*t$Jr,"rfii1?*:ilY#*S,?:l: dikandans.t!dingan yang tidal< mudah,''kata ManajerPersibangga H Rohman Supriyadi SE, H ROHMAN SUPRIYADI SERabu (12l8) petang.

- selain dua tim iersebut, persibangga Manaier Persibangga

akan menghadapi Persinga (Ngawi),PPSM (Magelang), dan PSIR (Rembang) rangka tim. Mengenai pola yang diterap-dibabak penyisihan. Untuk dapatlolos ke kan; dia menqata-kan kemuirgk ap akanputaran lierikutnya, Persibargila minimat menggLrnak# pola 4-4-2. "ilamun kitaharus meniadi rlirlrler updi grup tersebut. juga lihat situasi dan kondisi. Persiapan"Mau tidak mau kami haiud mencuri kami sangat mepet- Kami akan diskusii<anangka caettertanding dengan Persiba dan dengan pimain mengenaipola yang akanPersis. Walaupun mereka tampiJ di kan- dipakai,'' katanya. -dang," ujar Rohman. Sekrctaris Peisibangga, Imam SR, rne-

Sementara jtu par-a pemain Persibangga, ngatakan sesuai jadwal Persibangga akanmulai. kemarin-sudah menjalani latih;n menjalani laga perdana pada Min!"gu {16lpagr dan sore di bawah instruksi pelatih 8) menghadapi Pershg-a di Bantul ParaSiswanto- llohmanmengatakan sebanyak pemain dan official akan berangkat ke2,]. pglnain mengikuti latihan yang juga Bantul pada Sabtu (15/8) pagi. M;nurut-drradrkan arang seleksi. Menurutnya nya para pemain akan difasilitasi akomo-kemungkinan tidal< semua pemain dilia- d;si-dan'transportasi oleh tim transisiwa ke Banhd dan Solo. "Menjelang kebe- selaku pelaksana Tumamen Piala Kemer-rangkatan kami akan umuml<an skuat dekaan-,yang akan diturunlan di Tumamen Piala "Kemungkinan kami akan membawaKemerdekaan," ujamya. sekitar 20 pimain ditambah tuiuh official.

Slswanto mmginginjcan satu laga uji- Namun kepastian siapa pemain yartg akancoba lagi sebelum timnya merumput di dipilih masih menunggu keputusanPiala Kemerdekaan. ltatitu dilakulian se- peiatih dan manuier," uiiinva. (afganaebagai upaya untuk memantapkan ke- byahoo.com) '

u,.\ct.\\ Iri\t \s sLI).\ K.\BI:lr.\11;\ PI Itll \l-l\(;(i.\

Page 37: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

II:\GI,L\ I[\L{S SIl'Il)A K.\BLT.\TLIN P{ rRRA].lN(X}A

Page 38: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPINGI\MDIABAOIN IIUII,|A$ SIIDA PIIIBAIT{OGA

SATELITp$ST

iflEfi#,Ti,

nusamyanffiapansekorahrEtsi Sejarah Furbatingga

PURBALINGGA, SATELTTPOST.Nama Famili bisa dibilans telah me_tegenda di purbalingqa I Toko oe_nyedia perlengkapan s;kolah an'ak_Dul(u-buku agama islam, alat tuliskantor dan dan kebuhrhan sekolahtamrya ini berdiri seiak tahun 1955Namun, sedikit ya-ng tahu seiarahpusat kebutuhan sekolah terieno_ka,p di Purbalingga ini berawal da?itoko kulit ballan sepatu dan benderapartar politik.

Tahrm 1q55 dikenal sebagai tahur.rpersemaian benih demokEsi di In_oonesia. Sistim m ulti partai berkem_trant. .l,uluhan partal politik ber_muncu lan mengikuti pemilihanumum. t,endiri Famili me.liharrnr sebagai peluang bisnis de-ngan menjual atribut partai Do_lrtlk., Famili mulai tumbuh berkem-Dang pada generasi kedua, v_akni era.{marhum Husein Fa}unii Huseinmengasah naluri bisnis seiak dudukdr bangku SMp. Dia *eoihubiskuiwaktu seusai sekolai di t6ko bersa_ma orangtuanya. Tak perlu wakturama unful< mengembaiekan bisnis9jang tu_anya. Menginiak-usia SMA.flusern berinisiatif r4enambatr ba_rang oagangarurya dengan berbagai

kebu tuIar sekolal. ,,Seirhs oer_

ke-mbangan zaman, dunia ieirdi_I'kan semakin ma ju. Ba_nyai seko_rall dldirikan, kebutuhan #ak seko_tax iuga meningkat. peluane ini di_tangkap dan jadilai Famlli ireniadipeny-edia peralatan sekolal,,, (atil,aryar setiabudi, pengelola Tokofarrux l,usat, Selasa (1r8).

Permintaan kebutuhari sekolahmerungkat. pelan namun pasti Hu_sern mulai membangun imoerirrmb6nisn-ya. Famili terus berivolus.imenladr pusat penyedia perlens-kapan sekolah terbesar di purbX_rtngga. "Perubalan besat teriadi se-telah almarhum menikai denqankakak sa ya, ibu Endah AkhrianU:Butndah ini iuga berlatarbelakane oe-brsrus, sehingga kolaborasi kefla_nya sangit mempengaruhi perkem_Dangan _bamili,,, uiar dia. -

- Tak lama setehh penyatuan duaxetuarga pebisnis ini, F;mili mulaimembuka cabang. Cabaag pertamadr l,urwokerto. Setetah i-hi Familimembuka cabang di Bobotsari, ke_mudran cabang Darussalam danterakhir Farnili Lama di sebelah Fa_m r (usat. "Kami punya haraDanakan membul<a cabang 6aru lad t<eoepan, kata Ganjar.(gan)

!l \GI.\\ IIl \1,\S SLTD.\ I',\BL l'.\TE\ PITRBAI-l\(;G.\

Page 39: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPING MEDIA

BAOIA},[ IiUI\,IAS $[TDA PIIRBAIINOGA

SATELITpOSTKAMIS WAGE. i

I3 I,GUSIUS 20tj r. -."***,'.]

lr\(;i \\ llr \l\ssllll)\K\tJr t,\tt:\Pr RItu_t\G(il

Page 40: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPNGMEDIABAOIN IIUI\{A$ $[IDA PINBAIINOOA

SATELITPCIST

KAi'IIS WAGE,I3 AGUSTUS 2OI5

[-Baiu 11 Desa Bebas BABSembarangan

PLRBALINGGA, SATBLITPOST-Sebanyak I 0 -desamendeklarasikan diri bebas dari buang air besar (tsAB)

sembaransan atau Open Defectjon Frce (ODF) Pada

zolr ut",6"sa gundi-rigan Kecamatan Keiobong sudah

lebih dulu meniadi desa ODF.--l'Hi.ggu Litlbu- 11 desa di PurbnlinSga vang bebas

dari aktilitas BAB sembarangan. LakuPannya masrn

sang,at sedikit. Angld itu btru 5,85 Persen da 23q

desi/kelu rahan vang ada di Kabupaten I'urbalrn88a,iuii X"putu Bi'darig Pengendaiian Penyakit danPenvehatan Linskuhgan (P2PL) Dinas Kesehatanruu'""it"" Purb"aling"ga s;medi SKM MKes padaDektaiasi Desa ODF diBalai Desa Keburu}r KecamatanB'rkateia. I{abu ( i 2,/8).

Menrrrut Semedi 10 desa tersebut adalah Desafurutrrnanska, Karangcengis, Kebutuh, Penaruban-ri.."rfit"n"

nrtuteia,"De; Ma iatenga h, Sumilir,Kedunglegok, Bakulin Kecamatan Kemangkon, Desa

ior.l t(ec"amatan Pengadegan, dan Desa Serangru.i*atun Karangreia keculti desa Penaruban dan

Balulan, lairurva a"daiah desa-desa yang ikut ProgramPenvediaan ,tir Minum dan Saritasi Berbasis Masya-rakit (Pamsimas) vang sudah dimulai sejak 2008'

"Deklarasj lni uituk"memicu desa-desa lain menint-katian akses sanitasi dan tidak buang air besar disembarallg tempat Butuh komitmen bersama untuk;;;;Gtm Pirrbalingga 100eo akses sanitasi Pada2019." kata Semedi.

Pi Bupati Budi Wibowo dalam sambutan yangdisimodikan Kepala DKK Nonot MuJyono mengaPre-siasi ipa vanq'dilakukan l0 desa tersebut Budiberha rip, ag,ar desa-desa lainnya, terutama desa Pesertapiogru,i, ri-.lmus, segera menyusul meniadi desa

ODF berikutnva.Acara deklaiasi ODF d itand a i den gan penand atanga-

nan orasasti dan penveralran sertifikat serta Penanda-tans;nan komitnien 6ersama percepatar "Stop Buang

Air"Besar Sembarangan" di Kabupaten Purbalingga'Keqiatan tersebut, ditutup dengan demo cuci tantan.,rfii sab un oleh seiurnl ali siswiSD d arl ekspos inov asi

iepa t gr.rn a berupa fo m Pa air tan Pa lisbik ol e h A sosia si

BPSPAM Tirta Gamas. (gan)

SUASANA demo cucitangan pakaisabun dalam acara

DeklarasiDesa ODF di Balai Desa Kebutuh Kecamatan

Bukateja, Rabu (12l8). Deklarasiiniuntuk memicu desa-

aesa lain meningkatkan akses sanitasidan tidak buang

air besar di sembarang tempat.

R \(it \\ nr \t,\s SI:TD-\ K \rll P \]',F-\ |l:RB \L1\ai(l \

Page 41: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPING MEDIA

BAOIN IIUI,IAS SEIDA PIJRBAIII.IOOA

S.A.TELITPOST

KAMIS WAGE,I3 AGUSTUS 20I5

Rehabilitasi Pecandu NarkobaDiupayakan Optimal

PURBALINGGA, SATELIT-POST-Badan Narkotika NasionalKabupaten (BNNK) Purbalinggasemaiin aktif menggelat sejum-lah koordinasi dengan Peme n-tah daerah. Kegiatan tersebut un-tuk memudahkan uPaya teraPirehabilitasi pecandu narkotika.

"Khususnya rehabilita si rawatialan vang dilakukan di rumahiakit um,im daerah (RSUD) da-lam witayah keria BNNK Purba-tingga," uiar Edy Santosa MSi,Kep;la BNNK Purbalingga da-

lam siaran DersnYa, Rabu (12/8).Edv meirvebritkan seiumlah

nsub datim wilavah keriaBNNK Purbalilgga. Antara lainRSIID Goetheng-Taroena dibrataPurbalinega, RSUD Haiiah AnnaLasman a1i Baniamegara, RSUDAiibarang, dan RSIID BumiaY.userta RSUD Brebes.

Edv berharap semua kePala,laer;h di witaval tersebut ber-kenan menerbitkan'surat kePu-hrsan tentang tim rehabilitasi ta-wat jalan. Tim itu, kata EdY. ber-

anggotakan dokter, Perawat ser-ta ;:ikolos di masing-masingRSiJO vuis telah mendaPatoelatihair asesor dari BNN Pusat.bemua dilakukan agar rehabi-li-tasj rawat ialan berialan optimal.

"sehinsla akan makin banYakoula korl"an PenYalah gunaanhan atau peiandu naikotikayang terselamatkan. Pecanduira rkbtila boleh kehilangan masalalunya, tapi jangan samPaimereka kehilangan masa dePan-nya," ujar Edy. (gus)

B \GI.!\ H{ \l \S SLTD \ K.\Bt P \ ll:.\ PI -RI},\LI \( i( i'\

Page 42: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPINGI!ffiDIABAGIN IIIIIilA$ $EI}A PIJIBAIJNOOA

Sarnr-rrPosr

] 3 AGUSTUS 201 5

Digagas- D esa tseb as KoruP sir Asosiasi Kepala Desa Wirapraia Purbalingga

PURBALINGGA, SATELIT-POST-Asosiasi KePala Desa Wi-rapraia Purbalingga menggatasr)ilot Droiect 100 Desa Bebaskorufsi iebagai bagian dariupaya membangun Pemeflnta-hln'desa yang bersih. Gagasanini dilataii pemberlakuan Un-dang-undang Desa Yant ment-amanatkan dana desa. Asosiasimengantisipasi did agar ParakenaTa desa terhindar dari kasuspeiryalahgunaan dana desa.-

K'etua Wirapraia PuraLingga,Muhamrnad Yani, mengatakan,rrerlu banyak trobosan agar Pe-iryerapari dana desa efektif.Pihaknya akan terus memPerbal-ki sisteir-r, satu di antaranya me-lalui oilot Droiect ini. "Dari 100

desa 'lni, t6 depan setelah teruji

efektif sistem akan diteraPkan kedesa yang lain " kata dia.

Yarii iuia mewacanakan Pem-bentu(aiDPD di tingkat kabu-oaten. DPD akan meniadi salu-ian aspirasi politik pari kades ditingka-t pemerhtal kabuPaten.Me-nurritnya, saluran Politispenthg agar kePentingan desaierakomodasi. "Terobosan inimasih wacana, taPi sudah kami

djskusikan di seminar kemarin "uiar dia.-

Sementara itu, dari segi teknis,kepala desa dan sekretaris mene-ririra pelatihan dan Pembekalanpetrgilotuun dana desa. Pe1ati-hanberisi materi tentang Peren-caraan, pengelolaan dan PelaPo-ran keu-angan desa, "KesiaPandesa seiauli ini kurang lebih 80perserl" kata dia, (gan)

Ll \CI.\\ III r\l\S Sl:l'l l)A I\ \llt P {fh\ PL ltB.\ll\c(iA

Page 43: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KLIPING IUEDIA

BAOIN III]MAS $MDA PUIBAIil{GOA

Kamis Wage, 13 Agustus 2015

Cathaj Pertanyakah MekanismePembagian KloterPURBALINGGA- Anggota satu wilayah kecamatan," kataKomisi III DPRD Purbalingga wakil rakyat dari Partai Persa-In'am Birohmatillah, menge- tuan Pembangunan (PPP) ini.mu ka kan, sejumlah calon ja-maah haji (calhaj) yang akan 11$ Keielasanberangkat ke Tanah Suci akhir OIeh karena itu, pihaknyaAgustus nanti mempertanya- akan meminta kejelasan darikan mekanisme pembagian Kemenag perihal permasalah-kloter dan rombongan kebe- an ini. Ia iuga berharap agarrangkatan. Pasalnya banyak Kemenag bisa memberikandari mereka yang terpisal solusi bagi para calon iamaahdengan jamaah dari wilayah agar mereka tidak. terbebaniyang sama. selama menjalankan ibadah

"Ada duajamaah dari Keca- haji di Tanah Suci.matan Karanganyar dimasuk- Sementara itu, Kepala Seksikan kloter 7 rombongan 2 Penyelenggaraan Haji danbersama para jamaah dari ke- Umroh Kantor Kemenag Pur-camatan lain. Namun di rom- balingga, Mukhlis Abdillahbo-ngan 1 yang sebagian besar mengatakan, mekanisme pem-jamaah dari Karanganyar di - bagian kloter, rombongan danmana ada kekurangan dua ia- regu dinilai sudah Proporsio-maah malah diambilkan dari naI, termasuk berpedomanKarangmoircol,'l katanya, padakgter-sebalanrisikoting-Rabu (1218) gi. Calon jamaah haji Purba-

Oleh karena itu, ia mena- lingga sebagian untuknyakan mekanisme penentuan menutupi kekurangan jumlahpembagian jamaah ke kloter, jamaah dari Banyumas dirombongan dan regu seperti kloter 6 dan 7 sehingga kom-apa, sebab pembagiannya di- posisinya tidak sama.nilai kurang proporsional. Se- "Pembagian itu hanya diharusnya penentuan berda- tataran teknis untuk memu-sarkan urut wilayah. Pihaknya dahkan administrasi dokumensudah berkoordinasi dengan dan pengaturan selama pelak-Bagian Kesejahteraan Rakyat sanaan ibadah haji. Nanti pada(Kesra) Setda Purbalingga, pelaksanaannya di lapangan,namun hal itu menjadi ranah ,amaah bisa melakukan ibadahKantor Kementerian Agama bersama jamaah lain dari wila-(Kemenag). yah sarna. Pembagian kloter

"Ini bisa berisiko terhadap ini tidak akan berpengaruhketenangan para jamaah, kare- terhadaP kekhusukan ibadah,"na mereka tidak bisa beradap- katanya.tasi secara cepat dengan Tahun ini sebanyak 413jamaah yang berasal dari calon iamaah haji akan dibe-wilayah lain. Imbasnya meng- rangkatkan ke Arab Saudi.

Banggu kekhusukan saat Mereka terbagi menjadi duapelaksanaan ibadah haji nanti. kloter di kloter 6 dan 7- Ada-tsfek lain, paska haji, untuk pun hari ini mereka akan di-menjaga kemabruran, kegiatan lepas oleh Pj Bupati Purbarombongan pengajian akan lingga Budi Wibowo di Pen-terpencar-pencar, tidak dalam dapa Dipokusumo.ffi ST-ad

I4AIlaSaI?

BAGI-\N HtTIIAS SETDA K]\BIIP]\TEN PI]RBALINGCIA

Page 44: Kliping berita tanggal 13 agustus 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUII{A$ $[IDA PIIIBAIT{OOA

Kamis Wage, 13 Agustus 2015 i \,IialYasart

SMptrt 1 Bojgngsari Juara PerpustakaanPURBALINGGA - PerPus-takaan S.MP 1 Boiongsariberhasil menjadi iuara Per-tama dalam lomba PerPus-takaan sekolah tingkat Ba-korwil III Banl'umas taltun2015. Sekolah ini Pun akanmaju ke tingkat Provinsila*a Tengah Pada ajangyang sama Oktober men-datang.

Kepala Seksi PerPusta-kaan pada Kartor PerPus-takaan dan ArsiP Daerah(KPAD) Purbalingga, Siti14u11*.o6u6, fulasa (11/8)

mengatakan selain SMP 1

Boiongsari, SD Karang-banjar 1 juga dinilai dalamlomba itu, namun belumberhasil menjadi yang ter-baik.

Tim peniLai yang datang4 Agustus lalu memuii Padakelembagaan, sarana Pra-sarana, pengelolaan, admi-nistrasi, pelayanan dan Pe-manfaatan perpustakaan.llanya saia beberapa halyanj periu dibenahi lagiuntuk penilaian di tingkatprovinsi nanti, salah satu-nya bangunan fisik per-pustakaar.

"Di SMP 1 Borongsari,paling tidak ruang mu1-timedia dan audiovisualharus lebih representatif la-gi. Saat ini sudah ada, na-mun tempatnya masihsempit " katanya.

Menurutnya, dad segikualitas kelembagaary ad-ministrasi dan pelayanaryperpustakaan di Purba-lirgga bisa dikatakan baik.Namun dalam setiap lom-ba, perpustakaan di kota iniselalu kalah dalam bangu-nan fisik.B$

ST-jie

R\(,lIAN HIIM.\S SF.TD-j\ KARIIPATL\ PITRBALINGG,\