kilping media sabtu, 27 desember 2015

24
KLIPINGMEDIA BA$AI{ I{I},{A$ $gI}A PIjRBAIIH{#A Radar &Uurnqs SABTU KLtwoN 27 DE5EMBER 2014 Pembebasan Laltan Dimulai Tahun Depan Pengembangan Bendung Slinga PURBALINGGA- Pem- bebasan lahan untuk pe- ngembangan Daerah Irigasi (DI) Bendung Slinga, akan dilakukan bertahap mulai tahun 2015, Tim dari pem- kab, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu 0- pak dan Badan Pertanahan Nasional (nPN) akan me- ngawal proses pembebasan Iahan tersebut. Seperti.diketahui, pengem- bangan DI Slinga di Keca- matan Kaligondang harus membebaskan Iahan hingga 76 hekar. Kabag Tata Peme- rintahan Imam Hadi men- jelaskan, pembebasan lahan itu membutuhkanwaktu yang lumayan panjang untuktahap iventarisasinya. Anggaran yang digunakan akan bersifat berkelanjutan atau rnultiyears. "Yang harus cermat dan teliti jika lahan !tr.r rnasih bermasalah, lahan sengketa dan lainnya. Tim harus cer- mat jangan sampai menim- bulkan persoalan di lain ha- rii' jelasnya, belum lama ini. Data dari Bappeda Purba- lingga, untuk pengernba- ngan irigasi dari sisi Slinga kiri melewati tiga keca- mataR, yaltu Kecamatan Kaligonclang Kej obong, rlan Bukateja. Kebutuhan tanah sepanja:rg 15. 583,10 meter, dan luas tanah yang dibu- tuhkan 42,07 hektar. 'Sedangkan pengernbang- an irigasi sisi kanan Slinga yang melewati Kecamatan Bojongsari, Purbalingga dan Kalimanah rnembutuh- kan tanah sepanjang 14.- 082,60 meter dengan luas tanah yang dibutuhkan 35,86 hektar. r ke hal.'10 Pem[a[asan Sambungan dari halaman 7 Kepala Bappeda Purba- Iingga Ir Setiadi MSi men- jelaskan, usai pemaparan di hadapan para kepala desa, camat dan pihak terkait akan dilakukan kembali sosialisasi. Rencananya pe- mbangunan fisik mulai di- laksanakan tahun 2015 hi- ngga tahun 2018. Ke depan, jika pengemba- ngan bendung rampung, Target Selesai Tahun 20IB jaringan irigasi tersebut mampu mengaliri lahan pertanian seluas 6.969 hek- tar di empat kecamatan. Masing- masing Kecamatan Kaligondang, Bukateja, Ke- mangkon clan X..rr*run Kalimanah. Pada rapat kordinasi de- ngan sejumlah camat dan kades beberapa hari lalu, sejumlah kades menanya- kan ganti rugi tanah beserta isinya. Misalnya ada pohon yang masih produktif, peme- rintah seharusnya dapat menghitungnya. I "|ika tanahltu ada isinya dan menghasilkan, harus dihirung juga dalam pembe_ basan atau hanya luasan tanah yang kena saja. Iru harus dipikirkan, karena ke_ pala desa yang bisa terkena imbasnya langsung,,, kata beb-erapa kepala deia yang terdampak pengembangan bendungtersebut. (amrlbdg) ijAUIAT\ NUI1AD bL i UA N]$UTAT LI\ I URD&I]\UUA

Upload: humas

Post on 07-Apr-2016

229 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KLIPINGMEDIA

BA$AI{ I{I},{A$ $gI}A PIjRBAIIH{#A

Radar &Uurnqs SABTU KLtwoN 27 DE5EMBER 2014

Pembebasan LaltanDimulai Tahun DepanPengembanganBendung SlingaPURBALINGGA- Pem-

bebasan lahan untuk pe-ngembangan Daerah Irigasi(DI) Bendung Slinga, akandilakukan bertahap mulaitahun 2015, Tim dari pem-kab, Balai Besar WilayahSungai (BBWS) Serayu 0-pak dan Badan PertanahanNasional (nPN) akan me-ngawal proses pembebasanIahan tersebut.

Seperti.diketahui, pengem-bangan DI Slinga di Keca-matan Kaligondang harusmembebaskan Iahan hingga76 hekar. Kabag Tata Peme-rintahan Imam Hadi men-jelaskan, pembebasan lahanitu membutuhkanwaktu yanglumayan panjang untuktahapiventarisasinya. Anggaranyang digunakan akan bersifat

berkelanjutan atau rnultiyears."Yang harus cermat dan

teliti jika lahan !tr.r rnasihbermasalah, lahan sengketadan lainnya. Tim harus cer-mat jangan sampai menim-bulkan persoalan di lain ha-rii' jelasnya, belum lama ini.

Data dari Bappeda Purba-lingga, untuk pengernba-ngan irigasi dari sisi Slingakiri melewati tiga keca-mataR, yaltu KecamatanKaligonclang Kej obong, rlanBukateja. Kebutuhan tanahsepanja:rg 15. 583,10 meter,dan luas tanah yang dibu-tuhkan 42,07 hektar.

'Sedangkan pengernbang-an irigasi sisi kanan Slingayang melewati KecamatanBojongsari, Purbalinggadan Kalimanah rnembutuh-kan tanah sepanjang 14.-082,60 meter dengan luastanah yang dibutuhkan35,86 hektar. r ke hal.'10

Pem[a[asanSambungan dari halaman 7

Kepala Bappeda Purba-Iingga Ir Setiadi MSi men-jelaskan, usai pemaparan dihadapan para kepala desa,camat dan pihak terkaitakan dilakukan kembalisosialisasi. Rencananya pe-mbangunan fisik mulai di-laksanakan tahun 2015 hi-ngga tahun 2018.

Ke depan, jika pengemba-ngan bendung rampung,

Target Selesai Tahun 20IB

jaringan irigasi tersebutmampu mengaliri lahanpertanian seluas 6.969 hek-tar di empat kecamatan.Masing- masing KecamatanKaligondang, Bukateja, Ke-

mangkon clan X..rr*runKalimanah.

Pada rapat kordinasi de-ngan sejumlah camat dankades beberapa hari lalu,sejumlah kades menanya-kan ganti rugi tanah besertaisinya. Misalnya ada pohonyang masih produktif, peme-rintah seharusnya dapatmenghitungnya.

I "|ika tanahltu ada isinyadan menghasilkan, harusdihirung juga dalam pembe_basan atau hanya luasantanah yang kena saja. Iruharus dipikirkan, karena ke_pala desa yang bisa terkenaimbasnya langsung,,, katabeb-erapa kepala deia yangterdampak pengembanganbendungtersebut. (amrlbdg)

ijAUIAT\ NUI1AD bL i UA N]$UTAT LI\ I URD&I]\UUA

Page 2: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KOMPAK : Himpaudi

KLIPINGMEDIADtfltil IrnIt0unullut ltufiuu

psdar 0a\Aurnqg Sabtu Kliwon 27 Desember2Ol4

Kecamatan Bojongsari membangun kekompakan lewat outbound,

fi{TT}T DIIDDTINNNI0iiiufl i Ul\iiniJiilWfi

"Para peserta ini akan me-mahami rcnrang pentingnayoutbound bagi mereka danbagi peserta didik. Kami ber-harap, mereka juga dapatmenggelar outbound untukanak-anak didik merekai' tuturKetua I-Iimpaudi KecamatanBojongsari, Marsusiah.

Kegiatan outbound tersebutdipandu langsung oleh trainernasionai, Kak Muksin S Sos.

Hadir pula dalam acara itu,pengurus HimpaUdi Kabu-paten Purbalingga, ILD I(eca,

matan Bojongsari dan lain-nya. "Selain meningkatkankapasitas, outbound ini jugamenjadi ajang refreshing danjuga untuk membangun ke-kompakani' tambahnya.

Kak Muksin S Sos menam-bahkan, outbound adaiah se-buah program pembelajaranmelalui permainan sehinggaguru PAUD memiliki pengala,man iangsung dan ban1,a( fs-lajar baik dalam hal afektif,kognitif, motodk psikomotorikdan lainnya. r ke hal. 10

Bekal PI finglotl(an

Sambungan dari halaman 7

"Kegiatan ini bagus untukDara quru PAUD karenamemb-erikan bekal kePada

mereka untuk mendidiksiswa d.engan model ber-

main. APalagi, dunia anak

adalah -dunia

bermain,"

enting Bagi GurutandasnYa.

Pada kesemPatan itu, te-

naga pendidik PAUD nonformal di Kecamatan Bo-

iongsari mengikuti berbagaigame baik individual game

irurrprr.t group game untukmelatih kePemimPinan,keriasama, Pro aktif, mem-

bangun emPati dan lainnYa'(bdg/adv)

Tingkatkan SDM dengan 0urboundHimpaudi Kecamatan

Bojongsari

PURBALINGGA-Setelah me_ngikuti workshop pen),usunankurikulum, 67 pendidik dantenaga kependidikan dar1 22lembaga Pendidikan Anak UsiaDini (PAUD) non formal diwilayah Kecamaian Bojongsari,mengikuti outbound edukarif diBumi Perkemahan MunjuluhuaDesa Karangbaniar KecamatanBojongsari, Rabu (2a / e).

BALii,!\ iil ].iAS SETD,{ L'\Bi-PATE\ ii-R,-iJ.J i\ti'.i

Page 3: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KLIPINGMEDIA

BA$IA}{ H[}},IA$ $ffiA PIJRBAIHJ,ffiA

n"a* g*rw*"r s-aeru xl-twott zz orseMBrnzorc

Longsor, Lalulintas Lumpuh 4!amKARANGMONCOL-Akses

jalan I(arangmoncol-Kertane-gara sempat lumpuh selamaempat jam |umat (26112).Pasalnya, di jalan di Siban-teng, Desa Karangsari terdapatlongsoran tanah dan pohontumbangyang menutup jalan.Akibatnya, kendaraan mobildan sepeda motor dialihkanmenggunakan jalur lainnya.

Pengendara Motor asal DesaRajawana Sabandi (3S) me-nuturkan, saat hendak be-rangkat ke Pasar Bobotsari iakaget karena jalan di Siban-teng tidak bisa dilalui karenapohon tumbang belum diber-sihkan. r ke hal. 10

LUMPUH:Jalan yang terkeha longsoran tebing sudahPJ#l3'',iiJ;:Sebelumnya arus lalu lintas di jalan Karanganyar-Karanjmoncolsempat lumpuh selama empat jam,

Terjadi SaatI Longsot,

Sambungan dari halaman 7

Ialan Sepi

Sehingga, ia terpaksa ha-rus'memutar melalui DesaBaleraksa.

l'Kamis malam hujan lebat,ditarnbah ada pengambilantanah di tebing tersebut,rnungkin hal itu yang me-ngakibatkan tanah mudahlongsor,' tuturnya.

Kapolres Purbalingga AKBP

Anom Setiyadi melalui Ka-polsek Karangmoncol AKPSisiwanto SIP mengatakan,kejadian pohon tumbangyang menutup jalan terjadilumat (26112) pukul 02.00dini hari. Sehingga, ti<lakmenimbuikan kemacetankarena jalan masih sepi.

'Anggota kita juga sudahmernbuat petunjuk jalanI'ang bisa dilalui samPaipohon dan tanah bisa di-bersihkani' jelasnya.

Siswanto menambahkan,saat kejadian pohon tum-bang dan tanah longsor,jalan dalam keadaan sePi.Sehingga, tidak ada korbanjiwa dalam kejadian tersebut.

Selain melakukan Pema-sangan pengalih arus, Polisibersama warga langsung me-lakukan gotong-royong gunamenyingkirkan materiai Po-hon dan tanah dari bahujalan. Sehingga, arus lalulintas bisa normal kembali.

"Pukul 06.30 WIB jalansudah bisa dilewati mobilmaupun motor," jelasnYa.-(lot</uag;

firiiriAr\ ntrr\r,i- br, r Ur\ N.:sUrSlu\ rU(Dill-li\uu8

Page 4: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KLIPINGMEDIADlfllil IInIt0Dfiuiflil ilulYlf,ri

IIIIDDAINNflTlUnDniJiiitflin

QEMIUIrlUIl

Radar BariyUmas sabtu Kriwon 27 ,"r".oo zoro

Ditinggal Salat |umat, MotorBaru Digondol Maling

KALIMANAH-Nasib apes dialami oleh Mulyono(35) warga RT 4 RW 5 Kelurahan Kalikabong,Kecamatan Kalimanah. Motor yang baru dibelinyadigondol maling saat ditinggal salat Jumat dihalaman masjid, Iumat (26112) siang.

Menurut keterangan korban kepada polisi, sekitarpukul 12.00 \MB, dia memarkirkan motor HondaVario Tekno bernomor polisi R-5798-\AIL berwarnaputih silver miliknya di tepi jalan.di depan MasjidAlhasan, Kelurahan Kalikabong. r ke hal. 10

ikunciMotor Sudah DI llltinggal

Sambungan dari halaman 7

Kemudian Ia lalu masuk kemasjid dan melaksanakanibadah Salat lumat."Waktu itu motor sudah

saya kunci stang dan bagianpintu kunci sudah saya tu-tup. Tapi setelah salat, saatsaya hendak mengambiimoto! ternyata mofor sayasudah tidak ada," katanyapada petugas Sentra pela-yanan Kepolisian Terpadu

(SPKI) Polsek Kalimanah.Polisi kemudian menda-

tangi lokasi dan mencariketerangan kepada parasaksi dan keterangan terkaithilangnya rnotor korbandan melakukan pencatatan.

Kapolres Purbalingga AK-BP Anom Setiayadi melaluiKapolsek Kalimanah AKpJainul mengatakan, hilang-nya motor tersebut karenakorban meninggalkannya ditepi jalan. Karena sedangmelaksanakan salat jumat,tidak ada yang mengawasi

motor korban.Iainul meminta kepada

masyarakat untuk lebihhati-hati saht memarkirkansepeda mztor untuk men-cegah terjadinya aksi pen-curian kembali. Parkirkan-lah di tempat yang mudahdiawasi.

"Jika memang sudah di-kunci stang, pastikan motortersebut diberi pengamantambahan. Sehingga akanmembuat pencuri kesulitanuntuk mengambil motor ter-sebuti' tegasnya.(Iok/bdg)

DA\ JIAI\ NU IVIAb OD 1 DA N,tfL)T A I DI\ T LJ,1o&II\UUA

Page 5: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KLIPNGMEDIADIflIN+4t !trrtutrurut

fiITNT DIIDDAINNNI0iitiifi I UftDftiJiilWfl

Radar Banyumas, Sabtu Kliwon 27 Desember2ol4

Stadion Bakal Dilengkapi Venue

illahraga Otomotif

P-URBALINGGA - Rorn- BupaE Purbalingga-Drs HpleksStadionGoentoerDar- Sukento Rido Marhaendri-

Jono Purbalingga bakal di- anto MM dalam kegiatan dilengkapidenganvenueolah- kompleks Stadion Goentoer

raga otomotif berupa slalom Darjono, belum lama ini.mobil, drag bike dan road "Saya memiiiki rencana,race. Hal itu, diungkapkan trotoardiseputaranStadion

-Diame.rieTa5kan-,secaraiaY-

out sebenamya komPleks Sta-

dion Goentoer Darjono laYak

untuk menggelar road race'

Akan tetaPi, karena lebar j alan

vang sangat selnPit, rnenia-

hilan konlPlcks stadion tidak

bisa menggelar Penandinganatau latihan road race.

Dia menambahkan, bebe-rapa tvaktu lalu, komPleksrtidion semPat dijadikanvenue kejuaraan road race'

r ke hal. 10

Jcoenioer Darjono), akandihilangkan sebagian. Se-

hingga jalan Yang mengeii-lingi stadion bisa digunakanuntuk olahraga balaP motor(road race, red)," jelasnYakepada Radarmas.

Ialan Stadion DilebarkanI Stadion

Sambungan dari halaman 7

Namun, mendapatkanba-nyak keluhan dari peserta,karena lebar jalan kurangmemenuhi styarat. Sehing-ga, cenderung membahaya-kanpembalap.

Sedangkan untuk venueslalom mobil, menurutnyalapangan parkir sebelah se-latan stadion sudah meme-nuhi syarat. Sebab, lapanganparkir yang sebelumnya ter-buat dari paving blok, se-karang sudah diganti denganlapisanaspal. ,

"Saya rasa sudah bisa di-pakai untuk iatihan slalommobil. Bahkan, kejuaraanslalom juga bisa digelar dilokasi tersebut," kata pria

yang sewaktu muda hobiolahraga slalom mobil ini.

Tak hanya kedua cabangolahraga tersebut, di kom-pleks stadion juga akandilengkapi dengan venuedrag bike yang memenuhistandar. Lokasi yang dpilihadaiah jalan tembus, stadionyang menghubungkan Ke-lurahan Purbalingga Kiduldan Kelurahan Kalikabong.. R.encananya, PemerintahKabupaten (Pemkab) Purba-Iingga bakal menambah lebarj alan, serta melengllgi pinggirjalan dengan lahan, yangbisadibangun trbun penonton,untuk even drag bike. Selamaini, Iokasi tersebut kerap di-gunakan untuk menggelarkejuaraan drag bike berlabelnasional. Namurl panitia me-ngeluhkan tidak adanya lahan

yang cukup untuk memba-ngun tribun penonton. Se- ,

hingga, membahayakan pe-nonton dan even menjadisepi, karena tidak ada lahanyang cukup untuk menam-pung penonton.'

Bupati menjelaskan, ren-cana jangka panjang terse-but diprogramkan, dalamrangka meramaikan kom-pleks stadion, Serta, sebagailangkah untuk mendukungpemindahan pedagang kakiloma (PKL) AIun-alun keIapangan parkir stadion.

"Saya yakin, kalau semua-nya sudah terwujud. Sta-dion akan lebih ramai di-bandingkan sekarang. Peda-gang juga akan lebih ramaidibandingkan saat masihberdagang di alun-laun,"jelasnya. (tyalbdS)

DAUId\ EUIVIN DD I UA N-]$UTAI DI\ TL)KD&II\UVA

Page 6: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

G.t<,g

(,E

G(E

(5J<Eo

.i

;q,

.EG

'Etod

-l

oct

(,o)G

G6o

o

G

=G

o.(!oIooG

;-(,o()o(1

.915()GO#Gatvt'afGll96EcErv=GOao..EDe<:FGOo

BACIT\N F{LIMAS SETDA KABUPATEN PURBALINCCA

Page 7: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KLIPINGMEDIAqE-Tru -DIIDEIII}JS}Iulilurr r utruluJutuur

mill0n! lrsu IllullrfluRadar Barrlrumas Sabtu Kliwon 27 Desember 2014

_- PURBAUilGfiA EI(SPRTS_:

Pameran BatuAkik dan

Jaianan Desa Makam DibukaREMBANG-Pameran Batu akik khas purbalingga

dan festival kuliner makanan tradisioal Rembang

Expo di Desa Makam di buka hari ini Sabtu (27 I12j. Pu*".u, potensi desa ini akan digelar selama

dua hari, z7 hingga 28 Desemb et 20L4 di

BUMDes Pasar Kertaburni Desa Makam' Kegiatan

PUTUT//RAOARilAS

KEMBANGKAN POTENSI : Rembang Expo di PasarKertabumi akan dibuka hari ini.

Tampilkan BatuAldkdan 0lahan [GnI Pamcran

Sambungan dari halaman 7

Rembang expo ini dise-lenggarakan oleh Kawangga(Paguyuban Wisata Rem-bang-Purbalingga) PemdesMakam, PKK, dan BumdesKertaraharja.

Selain memamerkan batukhas Klawing, keindahanikan hias dan makananolahan ikan juga akan ikutmemeriahkan Rembang ex-po tersebut. "Lomba mema-sak ikan, dan makanan ber-bahan dasar ikan dan UKMyang ada di Makam danPurbalingga juga ikut tampildalam acara itu. PerndesMakam juga menggandengDinakan Purbalingga dan

Dinperindagkopi' tutur Ka-des Makam Sugiyatno SH.Lebih Ianjut Sugiyatno

rnenjelaskair, festival batuakik dan jajanan tradisionalini digelar untuk menggalipotensi dan merangsangmasyarakat agar bisa ber-inovasi. Sehingga, porensiyang ada bisa bermanfaatbagi masyarakat dan bisamengurangi pengangguran.Ia mencontohkan, batu

akik khas purbalingga sela-ma ini banyak dijual dalambahan mentah ke luar kota.Padahal, bila diolah dandibentuk aksesoris seperticincin, Iiontin, geiang danaksesoris lainnya akan me-ningkatkan nilai ekonomilebih besar.

"Desa mencobamemberi-

kan pengetahuan dan pa-ndangan kepada masya-rakat, ternyata batu jenis inibisa dibuat aksesoris dandijuali' tuturnya.Dengan terbukanya pe-

ngetahuan masyarakat, di-harapkan bisa menumbuh-kan industri-industri diDesa Makam. Sehingga,masyarakat tidak perlu lagike luar desa untuk mencaripekerjaan.

Selain batu akik Purba-lingga, festival jajanan tra-disional yang rutin digelarjuga akan ikut memeriahkanfestival Rembang ekpo. "Ja-

ianan tradisional, masa kecilyang jarang dijumpai ditempat iain, di Desa Makammasih adai' jelasnya. (Adv/Iok)

B.iGi.JU'i iii]iviAs SETDA IiAB-L'?AT;JN ?UN.BAL1I{CGA

Page 8: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIAI{ H[]}dA$ HIBA P"JRBAHqGOA

Radar Barryumas sabtu Kliwon 27 Desember 2014

Biaya I\yalonKadesDinildMasihTlnffiiRawanPenyimpanganSaat Menjabat

PURBALINGGA- .BiaYa

bertarung di ajang Pemi-lihan kepiia desa (Pilkades)

hingga siat ini masih dinilaitinggl. BiaYa tersebit bisamencapai ratusan juta ru-piah untuk satu bakal calon,taikyang dimasukkan ke bi-ava pihak ketiga maupunvi ngdikeluarkan bakal calon

iaai menlaring Pendukung.Kondisi itu dinilai rawanmeny'ebabkan PenYimPa-ngan jika calon kades Yangterpilih itu menjabat.

" Sccara matematika, beng-kok selama menjabat Palingtinggi hanYa 300 juta. Pada-hal iaat nYalon menjadikades, ada yang habis sam-pai 400 iuta samPai 700 iuta'ini memicu kades bekerja

tidaktenang dan selalu me'ncari peluang untuk meme-nuhi icepentingan Pribadi-nya sendiri," jelas Ketuafbmlsi I DPRD Purbaling-ga, Sugimin, lwat (26 I l2).' PenyimPangan Yang mung-kin terladi jika kades terPilihberbiaya mahal diantaranYabermain- main dengan se-

leksi perangkat desa, danapajak bumi dan bangunandan lainnya. PrinsiPnYa, saat

ada celah, ia akantergoda.Ia melalui Komisi Yang

dipimpinnYa 1eru5 menga-wai agar ada regulasi Yangrnengatur blaYa dari Peme-rintah untguk Pilkades ha-rus semakin tinggi dan Pro-porsional. Sehingga, beban^bakal

calon kades Yang di-sumbangkan ke Panitia l-risa

' sedikit. Dia juga berharaP,nemilih bisa lebih cerdas'

"Masih ada waktu sebelumpelaksanaan Piikades se-

ientak di I9 de'a Pada Mar-'mendatang. x ke lrai.'!*

E.{GiAi\ Hiiw-iAS SET}A K.rBUi:ATi,l.i ?'L]RBAiiNGGA

Page 9: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

BACtrAN T{{J$dA$ 89.$}T.KAB{JPAT8N PUBBALS{GGA

Page 10: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KLIPINGMEDIAI!A{]JT}.JUNUIruI

Radar Barryurmas Sabtu Kriwon

rangtua

SiswaKeluhlran

Tarikan

PindahanDi SD Negeri2 BobotsariBOROTSARI- Sejumlah

orangtua siswa mengakumengeluhkan dana sumba-ngan untuk pindahan seko-lah (SD Negeri 2 Bobotsari)sebesar Rp 26.500 per siswa.Mereka mempertanyakanmunculnya biaya itu. Pasal-nya, sebelumnya belum adapemberitahuan dan tembu-san surat dari sekolah mela-lui Komite sekolah kepadaorangtua/wali murid.

Salah satu orangtua siswaasal Bobotsari yang memintanamanya tidak dikorankanmengaku, sepekan yang laluusai penerimaan buku rapo6,peguyrrban kelas ada yangdipanggii oleh sekolah. Disana mereka diberikan infor-masi jika sekolah memintabantuan kepada orangtuasebesar Rp 26.500.

"Saya langsung membayarsaat itu. Tapi sebenarnyabingung dan tak setuju. Te-

man lainnya juga sempatmempbrtanyakan adanyasumbangan itu. Ada jugayang belum membayarnyasampai kemarini' jelasnya,kemarin kepada Radarmas.

Para orangtua juga mem-p ertanyakan kepindahansekolah seharusnya sudahada biaya dari pemerintah.Karena hal itu merupakanimbas adanya relokasi seko-lah, akibat pembangunanTerminal Bus Bobotsari.

"Harusrrya kulau ada tari-kan, ada rapat orangtuasiswa terlebih dahulu. Jikatidalg orangtua berhak pro-tes, seperti saat ini. Iniharusnya menjadi perha-tian dan ditinjau kembali,karena banyak yang kebe-ratani' tambahnya.Menurut informasi yang

diterima orangtua siswa,sekolah itu akan melaksa-nakan pindahan pada 5

Ianuari mendatangke lokasiyang braru atau gedung barudi Jalan Mekarjaya, Bobot-sari. Letaknya dari arah

27 Desember 2014

H[]}dA$ $gI}A P'.lHBAlHj'ffi4

SMPN 1 Bobotsari ke BaratbeberaPa ratus meter.

Saat dikonfirmasi, KePala

SDN 2 Bobotsari, Suratnomengaku, iika tarikan itudijalankan oleh Komite Se-

kolah, bukan Perintah kePa-

la sekolah langsung. Sebe-

lumnya juga sudah ada raPat

dengan orangtua siswa."Tarikan itu bisa diPer-

tanggungjawabkan dan me-mang kita gunakan untukmembantu kePindahan se-

kolah kamii' ujarnYa singkatketika dihubungi Radarmas,semalam.

Seperti diketahui, SDN 2

Bobotsari harus direlokasike tempatYang baru karenalahannya terkena imbaspengembangan TerminalBus Bobotsari. Pemerintahjuga sudah menYelesaikanpemhangunan gedunSr SI)

dengan anggaran Yang ada.

Kemudian saat sudah siaP,

maka SD bisa segera dire-lokasi. (amr/bdg)

BAGiAl.i iilih,iAs SETDA iiAB-Lt?ATEI'i fLts BALI\{]CA

Page 11: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

Dtfllilunuuut

KLIPINGMEDIA{Emtuljlun

rlrmDrlnnflti UNiliiriii$\if,

an!rumas Sabtu Kliwon 27 Desember 2014

Uat yang s-ma juga terjadi di traflic ligh-t perempatan

Asrikin, kendaraan yang berasal dari Ialan Ketuhu

KelurahanWirasana, banyakyang diketahui tetap nekat

belok kri, meski lampu menyala merah' Padahal dilokasi tersebut terlihat ada rambu atau tulisan belok kirimengikuti lamPu lalu lintas.

Beberapa warga mengaku heran dengan sikap para

p..rg..dutu tersebut. "seharusnya mereka tidakiu..r--ukttyu sendiri. Sebab, rambu lalu lintas sudah

tertutis dengan jelas' Saya berharap pihakterkait (Polisi,

red) bisa rutin berpatroli di iokasi tersebut, agar

pelanggaran tidak banyak terjadii' ujar Yoko, tukang

pu.kit yurg bekerja di depan Pasar Mandiri'-

Bahkan, dia melihat masih banyakkendaraanyangnekat melanggar rambu dan traffic light, meski ada

polisi yang berlaga di perempatan Pasar Mandiri'(rya/bds)

sudah ada rambu larangan di traffic light perempatanPasar Mandiri.

RadarB

--PUBBAIII{GGA EKSPRES

-Sejumlah Traffic lightMasih Kerap Dilanggar

PURBALINGGA - Sejumlah traffic light di wilayahKabupaten Purbalingga, kerap dilanggar oleh pe-

ngendara sepeda motor dan mobil. Pelanggaran palingsering terlihat di traffic light pertigaan Bakso Darmin,di Kelurahan Purbalingga Kidul' Selain itu, juga terlihatdi traffic light perempatan Asrikin dan traffic lightperempatan Pasar Mandiri.

Berdasarkan pantauan Radarmas di lapangan, kemarin(261L2), di traffic lihgt pertigaan Baksb Darmin,pelanggaran banyak dilakukan oleh kendaraan yang

berasal dari sebelah timur atau Ialan Letkol Isdiman.Meski sudah ada rambu atau tulisan bahwa kendaraanyang lurus harus berhenti, banyak kendaraan yang"nyelonong" lurus jika lampu merah menyala.Hal ini, membahayakan pengendara, karena ken'

daraan bermotor dari arah Ialan Piere Tendean, atau

sebelah selatan, banyak yang langsung memacukendaraan dengan cepat, ketika lampu hijau menyala.Apalagi, kerap terlihat ada kendaraan yang langsungmenyeberang ke |alan Piere Tendean, dari toko yang

berada di pertigaan sebeLah selatan.Di traffic light perempatan Pasar Mandiri di

Kelurahan Purbalingga Lor, pelanggaran kerap teriihatdari arah falan Pujowiyoto' Meski, sudah ada tandabahwa kendaraan yang berbelok ke arah kiri atau ke

Jalan Mayjend DI Panjaitan, harus berhenti jika lampumerah menyela.

Banyak terlihat kendaraan baik mobil atau punsepeda motor tetap seenaknya sendiri berbelok ke

arah kiri tanpa memperhatikan rambu. Bahkan, kerap

terlihat ada kendaraan roda empat yang sibukmembunyikan klakson, meminta kepada kendaraanyangberhenti di sisi kiri jaian, untuktetap jaian, meskilampu menyala merah.

Pelanggaran juga terlihat dari kendaraan yang berbelokke kiri dari arah Jalan Mayjedn DI Panjaitan. Meski ada

rambu yang melarang kendaraan belok kiri, jikalampumerah menyala. masih banyak pengendara yangmelanggar, terutama sepeda motor.

ADITYA/RADARMAS

NEKAT : Pengendara dengan santai berbelok ke kiri, meksi

bAiriAr\ n\ ) llrA- $L i UA \SLrrdl Lr\ I UKD,lUIr\wd

Page 12: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

BERI CoNroH : Bupatl didampinsi lGpala BF2KP s3flryf15:iilqYils;ffi'-ffi;;Jilllffiifip:J;utidn" o"v No Rice)' "'11f 111

CANTIK: Wayang orang dari Sangar Seni Sari Ratri saat

memeriahkan Pawai BudaYa

Optimis: Bupati, Gubernur Jateng saat meninjau Lanud Wirasaba

;,i;il';ii; H#.u""gLr" ;"niadi bandara peri ntis komersil'

Page 13: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

DILANJUTT Pengembangan Band-ung:diteruskan untuk pertanian lebih baik'

HADIAH: Bupatl memberikan hadiah kep.ada',!9ra pemenang

irfrlf tlni-.ansi"ia" Aur Purbalingsa ke 1B4' ' :

Slinga yang akan

Page 14: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

''W.{:1,','fi""1I(W,*:' ,",&;:"i::: ::;:lW/t/'tffi'f i;{t'w:r'rt'tt''n'q'r:nzl *

TABURBUNGA:Bupati-,WakilBupatidanKetuaDPRDsaatmenaburkanbungadimakampimpinanPuiuiringg" di Giri Cendana'

TASYAKURAN : Bupati menyerahkan potongan tumpeng saat malam Tasyakuran HUT Purbalingga ke

Page 15: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

SIMBOLIS: Bupatl memberikan pengh1r933n kepada warga

masyarakat yang berprestasi di berbagai bloang'

PROMOSI: Bupati Sukento memberikan hadiah kepada grup

band J-Rock sebelum pentas Hari Jadi'

PENTAS : Bupati saat naik ke panggung bersama Band J'Rock

sembari memamerkan cincin akik Klawing'

Page 16: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

Btt;ItlllII

IIii

lt

=i

illtlt::

illli;il::

tIilI

iiil:i

ililltil1-;

tillI

II:.:

.:ilti

iiIi:

il;;

iiII.::

ii

pOsf : Bupati dan slawa berprestast usaiTffI;penerlmaan bantuan slswa berlirestasl,

SUMRINGAH: Bupati menerima lukisan diriry;tl::ipawai budaya dari kontingen pawai SMpN 3Purbalingga.

ISTIMEWA

SUKSES: Bupati bersama menteri pariwisata usaimenerima TCTA Award dan berjanji akanmengembangkan pariwisata di purbalingga.

i 'r.

i ,t\

Page 17: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

SUARA MERDEKA' , eabtu,tl Dtsernbr eotf

Mukn B aru D ominasi Kep e ngurus anKOI{I Purbalingga

PURBALINGGA - Ke.pengurusan Komite OlahragaNasional Indonesia (KONI)Kabupaten hrbalingga periode2014-2018, didominasi mukabaru. Hanya sekitar 30 persenpengurus lama yang kembali

masuk dalam kepengurusan. Se-lain itu, sejumlah pengurus ca-bang olahragajuga ada yang di-usulkan masuk keKONI.

Ketua KONI terpilih Kabu-paten Pwbalingga Muharnmad

Iqsan, dalam pertemuan dengancalo:r pengums KOM Kabupa-ten Purbalingga 2014-2018, diRM Joglo baru-baru ini, menga-takan masuknya muka-mukabaru tersebut dilakukan untukmemberikan gairah bam dalam

;tu

Stt/URyan Rachman

P E NGU RU S BARU : C alon pengurus KO N I P urbaling ga pe ric Je 20 I 4 -20 I 8 meng ge -lnr pertemuan di RM Joglo, baru-baru ini. (6j )

kepengurusan.Selain itu, pihaknya juga

merekut kalangan professionaluntuk masuk memperkuat ke-pengurusan.' Target kami dalamkepengurusan ini, adalah melak-sanakan program guna pen-ingkatan prestasi olahragaPurbalingg4" ungkapnya.hogramKerja

Nama-nama pengurus ca-bang olahraga yang masuk da-lam kepengurusan tersebut,antara lain Ketua Pengcab Per-satuan Judo Seluruh Indonesia(PJSI) Susilo yang dipercayamenjadi Wakil Ketua I. KetuaFederasi Olahraga Balap Motor(FOBM) Muhammad Wachyo-no menduduki jabatan WakilKetua II. Ketua Ikatan SepedaSport Indonesia (ISS! Purba-lingga Dwi Nurpito, berada diposisi Wakil Sekretaris dan En-dang Yulianti di Komisi Hukum.

"Kami juga memasukkankalangan profesional dari unsurpers, untuk masuk di Komisi

Humas dan Media. Rencananyakepengurusan baru tersebutakan dilantik oleh KONI Pro-vinsi Jateng, akhir Desembermendatang," katanya.

Sekretaris KONI Purba-lingga Hery Sulistyono, menam-bahkan pihaknya akan memba-has program kerja.,Salah satuyang menjadi fokus, adalah me-lakukan persiapan guna me-ngikuti Porwil Dulongmas yangrencananya akan digelar tahun2015 di KotaMagelang.

"Target kami, tentu inginagar atlet Purbalingga bisa ber-jay a dr mult i ev e nr olahraga terse-but," katanya,

Seperti diketahui dalam Mu-syawarah Olahraga KabupatenLuar Biasa (Musorkablub),Ketua Federasi Panjat TebingIndonesia(FPTl) PurbalinggaMuhammad Iqsan berhasil ter-pilih secara aklamasi sebagaiKetua KOM Kabupaten Rlta-lingga periode 2014-2018.(H82-63)

Page 18: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KLIPINGMEDIADIITTil MNITO OI,TNT I}IIDDIINNNI0fiUffi! Iluflint} 0iiiUfr Iutli,RiriiluUfrar.. trSUARA NfrERDEi(A

SABTU,27 DESEMBER 2014

Parkir Akan DikelolaPihak KetigaPURBALINGGA - Pemasukan pendapatan asli untuk tepi jalan umum, bukan

lokasi parkir khusus sePerti diksa Segamas, Thman Kotaus-man Janatin,.atau di StadionGoentoerDarjono.

lebih lanjut, dia mqinei' dari

hrgerPAD parkir 2014 ini sebesar

Rp 580juta Targst iur sudah t€rca-

pai hingga 95 Persen samPaiDesember ini. Jika ahun dePan

ddak tercapai atau tidak bisa rnen-

dapatt<an penrenang lelang, maka

akan kembali dikelola dinas.

"Kami akan tetaP noengu-priyakan bisa sesuai haraPan

unruk pihak ketiga Seleksi taha-

pan lelang akan dilalokan ketalMisalnya peserta lelang jasa Per-parkiran harus memiliki suratizinusahadan mengibrti proses pele-

langan termasuk memasukandokumen penawaran," jelasnYa'

Gr82-63)

daerah (PAD) ke Pemkab Purbalinggadariiasa

par4<ir di tepi jalan umum, setiap tahun

berbanding terbalik dengan potensiyang ada

Karena iur, mulai 2015, Dinas

Perhubungan Komunikasi danInformatika (Dinhubkominfo)Purbaling ga, akan melakukankerja sama pengelolaan Parkir ke

pihakketiga' Penjelasan itu disamPaikan

Kepala Dinhubkominfo Purba-lingga, Yonathan Eko Nugroho,kemarin.

Pemkab mulai melakukanproses lelang dengan nilaipenawman terendah Rp 2 miliar.

'"Ibtapi ke depan, kami akan

tetap mengawasi, agar Pengelo-laan perparkiran lebihbaik. Selain

itrdilitratdaripotensipartirdit€eijalan umuru akanbisa menaikkan

PAD,"katanya'Besamya nilai Parkir hingga

Rp 2 niiliar, mengacu Pada Poten-si yang ada. PihalurYa membuka

kesempatan terbuka bagi semua

yang menginginkan Pengelolaanpa*irini.

"Untuk 2015, kami belummenentukan target PAD. Me-nunggu perkembangan lelangini," katanya kepada awak nrcdiaTarget

Pengelolaan jasa PerPa*iranoleh swasta ini, hanYa berlaku

)1"

Rr\GiAi.i in;itlAs SE;iiA K,S.F,I l?ATEI'i PllRF,ALiNGilA

Page 19: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

Jasa Parkir Lebih TextataRENCANADinas Perhu-

bungan Komunikasi dan Infor-

matit a (OirrtrOto*info)' untt*berkerjasarnadengan Pihakketi-sa dalam mengelola Parkir di

Furbalingga mulai 2Ol5'didulcmg DPRD PutAingea'

Wakil KetuaDPRD Pwba-

lingga Adi Yuwono mengakui

saat ini Para Penggunakendara-ar1 belum oPtimal dalam menik-

mati kenYamanai jasa Parkir'Masih ada Petugas Parkir Yang

bersikaP seenaknYa, tidak ra-

matu afr-iu tidak memberikan kar-

cis.'Melalui kerja sama dengan

oihak ketiga, saYa Yakin akan^mamPu

mewuj udkan jasa Parkirvane lebih tefiata Selain iu Pen-

drprr- asli daeratr (PAD) akan

terdongkrak. APalagi saat inikabarnYa dilelang hingga mini-

mal RP 2 miliar setahul" kata.

diaMeningfrat

Dii mencontohkan, ketikaparkir di Pasm Segamas masih

dikelola secara intemal, hanYa

mampu memberi Pemasukan

. ,SWh/an Rachman

Ro 14 iuta TetaPi setelah dikelafu pitit ketiga sejak 2013 lalu'

oendapatan meningkat dan

;r"rr*b" menyetor ke PAD RP

82 jua per bulan. Hal ini menun-

jukkan manajemen akan lebih

iertata dengan tetaP mematuhi

resulasi vang ada" "Saran agar PerParkiran dik-

erjasamakan dengan Pihak ke

tiga juga dari dewan dan Pemer-

intuh.-TeotonYa berdas arkan

survei potensi Yang ada' Jadi

kami sependaPat asalkan dirtas

bisa lebih membina Petugasoarkir dan mengawasi lebihtuik," t"gutnYa. (RYan Rach-

man-63)

Page 20: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

1>

g

n{rU

oo

.54

"\<

-:$,}U.r<

R*Y

P\)4

*Y!r.+.

\N

\)OO

q)

\cj

qJ,\a

OOoo

R-S

0.

S

\\)

v1

:et\)

sR

$o

Nq.)

$-V)p

\)

+.

U)SOo

q)&trvtr

F{s<taki

E

CE

E

=a

Page 21: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

a

KTIPINGMEDIA

BTffiil HIIMA$ ffiMA HIIBAIil{OOA

$uann MeRuEKA

BAGIA}{ IIIJ.MAS SSIDAKAEUPAIEN ?IIBBALII'IGGA

Page 22: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KLIPINGMEDIADIflTil MNIIO OITIII DIIDDIINW]TDf,Uiilii nuiYlfl0 t)iiiufl I UiliifriJiiitlUfla.r.. trSUARA H"IERDEKA

SABTU, 27 DESEMBER 201 4

PamitkeSawah,Ditemukan lbwas di SungaiKEIOBONG-Nasibnahas

menimpa Sahuji (65) wargaRT1 RW 4 Desa Sokanegara,Kecamatan Kejobong. Dia dite-mukan tewas di Sungai Kaca-ngan, tiga jam setelah pamit darirumah untuk pergi ke sawah,IumatQ6/12).

Menurut Darmono (36)salah satu perangkat Desa Soka-negara, siang itu sekitar pukulI 0.00, dia mendapat laporan dariseorang penambang pasir yang

tidak diketahui namany4 batrwaada sesosok tubuh di SungaiKacangan. Lokasi penemuanmayat itu, masuk'wilayatr DesaLarnu( Kecarnatan Kejobong.

' Tubuh korban tersangkut dibatu di tengah sungai. Korbankemudian dievakuasi ke tepioleh penambang pasir itu,l'katadia, saat dimintai keteranganolehpolisi.

Darmono kemudian mela-porkan penemuan mayat itu

kepada Polsek Kejobong. Kepa-la Polsek Kejobong Ajun Komi-saris Warokoh dan anggotanyaserta tim medis dari RrskesrnasKejobong, kemudian mendatan-gi lokasi kejadian. Adapun timInafis Polres Purbalingga mela-kukan identifikasi terhadapmayatkorban.Kemungkinan Terpeleset

Setelah melakukan peme-riksaan, polisi baru mengetahuibahwa korban adalah Sahuji,

wargaDesaSokanegara-Menu-rut keluargakorban, sebelumnyakorban pamit dari rumah untukpergl ke sawah. Karena.lokasisawah berada di seberang sungaiKacangan, terpaksa korbanmenyeberang sungai tersebut.

"Korban kemungkinan ter-peleset dan terseret arus sungai.Kebetulan saat itu, arus sungaicukup deras dan keruh.Mungkin korban tidak dapatberenang, hingga akhirnya

meninggal akibat tenggelam,"kataWarokoh.

Dari pemeriksaan tim medis,diketahui korban meninggal aki-bat tidak dapat bemafas karenakemasukkan air. Tidak adatanda-tanda penganiayaan padatubuh korban. Setelah selesaidivisum dan diidenffikasi, kor-ban kemudian dibawa pulangoleh keluarga dan dimakamkandi pemakaman desa hari itu j uga.(H82-63)

BAGiAii i-iUhiAS SETDA KABU?ATEI{ FijRBALi}iGGA

Page 23: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KLIPINGMEDIADIfiTN IJINITO OI,TNI DIIDDTTNNNTunullut lluruu uljlun l ulurn!iluuflar.. rrSUARA N'IERDEKA

SABTU,27 DESEMBER 2014

40CPNSIkutiProses Pemberkasan

PURBALINGGA: Seba-nyak 40 CPNS yang lolos selek-si, saat ini sedang mengikutiproses pemberkasan. Merekadiminta melengkapi berkas un-tuk persyaratan pengusulanpenetapan NIP.

"Kami sudah mengumpul-kan40 CPNS yang lolos seleksiitt,23 Desember lalu," kataKabid

Diklat dan PengembanganPegawai, pada Badan Kepega-

.waian Daerah (BKD) WahyuPrasetiono.

Para CPNS itu diberi batas

waktu hingga 9 Januari 2015,untuk melengkapi berkas. Halitu dilakukan sambil menunggu .

program Sistem Aplikasi Pela-yanan Kepegawaian (SAPK).

"Program SAPK ini dariBadan Kepegawaian Nasional(BKN). Jadi sambil menungguSAPK itu, kami peniapkan ber-kas dahulu dari para CPNS itu,"tuturnya.

Sehingga ketika ada pem-beritahuan pemberkasar,r dariBKN, BKD Purbaiingga sudahsiap, "Kalau program SAPK itusudah dibuka oleh BKN, makakami bisa segera mengisinya,"

katanya.LangsungMengisi t

Begitu SAPK itu sudatl di-buka. BKD langsung mengisidengan berkas dari 40 CPNS ituuntuk pengusulan penetapanNomor Induk Pegawai (\m)."Sampai sekarang SAPK belumdibuka. Mungkin karena belumsemua provinsi di lndonesia frre-

laksanakan pengumurhan selek-si CPNS. Unuk Jawa Tengah,sudah semua kabupaten mengu-mumkan," katanya.

Secara nasional, pengumu-man CPNS paling lambat 30Desember 20 14. sehinggaSAPK dari BKN kemungkinanakan dibuka setelah tanggal itu.

Dari 40 pelamar yang lolosseleksi CPNS, semuanya datangpada saatdikumpulkan di BKD."sampai saat ini. Purbalinggatidak ada yang mengundurkandiri setelah dinyatakan lolos,"katanya.

Seleksi CPNS Purbalinggadiadakan 30 November-2 De-sember. Dari 2.118 peserta tes,

ada 62 peserta yang tidak datangmengikuti tes. Tes itu untukmengisi 40 formasi CPNS.(Fr0-63)

BAGiAi.i iillhi,{,; SLTDA KABL;?AIE].i ?i IRBAL1NGGA

Page 24: Kilping Media Sabtu, 27 Desember 2015

KTIPINGMEDIA

BA$IA}{ HI][{A$ $[MA ruRBAIffiffiA

Sunne fillenpEKA

B. AGiA}i }IS},IAS SETDA KABI.,?ATEN PI,RB,AI-- iNGgA