jumat, 11 september 2020

22
Jumat, 11 September 2020

Upload: others

Post on 25-Oct-2021

1 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Jumat, 11 September 2020

Jumat, 11 September 2020

Page 2: Jumat, 11 September 2020
Page 3: Jumat, 11 September 2020

GEOGRAFI

Banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Padang PainanSumatra Barat terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggidalam beberapa hari mengakibatkan akses transportasipenghubung antara Kota Padang menuju Pesisir Selatanterputus total.

Diterjang Longsor, Akses Jalan Padang-Painan Putus

https://kaltim.tribunnews.com/2020/09/10/tembok-sebelah-kanan-rumah-hasnaina-di-sebatik-masuk-malaysia-risna-siap-siap-pindah

Page 4: Jumat, 11 September 2020

KEKAYAAN ALAM

Pemerintah Indoensia tengah mengembangkan eksplorasi sumber dayayang dimiliki dalam hal EBT di berbagai tempat. Pemerintah Indonesiamemberikan kemudahan bagi investor sehingga menarik minat untukberinvestasi di Indonesia melalui penerbitan Undang-Undang Nomor 21tahun 2013 tentang Panas Bumi, yang mengatur pembangunan PLTP yangdapat dilaksanakan diantara hutan produksi, hutan lindung dan hutankonservasi. Pemerintah menggalakkan pembangunan panas bumi berbasisregional melalui program FGI untuk kebutuhan listrik pulau Flores.

Pemerintah Indonesia Genjot Untuk PermudahPengembangan Energi Panas Bumi di Indonesia

https://bekasi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-12732187/pemerintah-indonesia-genjot-untuk-permudah-pengembangan-energi-panas-bumi-di-indonesia

Page 5: Jumat, 11 September 2020

POLITIK

Mendagri Buka Opsi Diskualifikasi Calon KepalaDaerah Pelanggar Protokol

Kemendagri menghendaki para calon kepala daerah menandatanganipakta integritas untuk mencegah pelanggaran protokol kesehatansekaligus kepatuhan pada protokol kesehatan. Kepatuhan padaprotokol kesehatan tersebut akan dituangkan dalam peraturanKomisi Pemilihan Umum (PKPU) atau peraturan pemerintahpengganti undang-undang (Perppu) sehingga jika terbukti, adakandidat yang melanggar protokol kesehatan berkali-kali, maka statuspencalonan kandidat tersebut dapat didiskualifikasi.

https://nasional.kompas.com/read/2020/09/10/15414741/mendagri-buka-opsi-diskualifikasi-calon-

kepala-daerah-pelanggar-protokol

Page 6: Jumat, 11 September 2020

Pemerintah mempertimbangkan memperpanjang Bantuan LangsungTunai (BLT) pekerja formal hingga kuartal II 2021. Rencana perpanjangandilandasi akan kebutuhan masyarakat dan menjaga sisi permintaansupaya ekonomi tetap dapat tumbuh. Dengan demikian, secara totalpemerintah akan memberikan BLT Rp. 600 ribu selama 6 bulan padatahun 2021. Jika rencana kebijakan perpanjangan BLT tersebut dapatdilaksanakan pada 2021 akan sangat membantu masyarakat/pekerjaformal. Dimungkinkan berbagai kebijakan ekonomi lainnya akan terusdibutuhkan masyarakat seiring perkembangan pandemi virus corona.

Pemerintah Berencana Memperpanjang BLT Hingga Kuartal II Tahun 2021

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200910125410-532-544867/blt-15-juta-pekerja-dilanjut-sampai-kuartal-ii-2021

EKONOMI

Page 7: Jumat, 11 September 2020

SOSBUD

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi BirokrasiTjahjo Kumolo mengatakan, dengan akan diberlakukannya kembaliPembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakartaoleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang rencananyamulai tanggal 14 September 2020, maka sistem kerja ASN kembalikepada Surat Edaran Menpan RB Nomor 5 Tahun 2020, yaitusistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) secara penuh(full). Keputusan pemberlakuan kembali PSBB di DKI Jakarta dinilaimerupakan langkah tepat dan logis dalam menyikapi peningkatankasus Covid-19 di daerah maupun nasional, sehingga penyebaranCovid-19 di DKI Jakarta dapat segera ditekan dan upaya-upayapencegahannya dapat lebih optimal.

DKI Jakarta PSBB, Menpan RB: Instansi PemerintahBerlakukan WFH Full

https://nasional.sindonews.com/read/159826/15/dki-jakarta-psbb-menpan-rb-instansi-pemerintah-berlakukan-wfh-full-1599707375

Page 8: Jumat, 11 September 2020

HANKAM

Dengan adanya pengukuran ulang yang dilakukan Badan InformasiGeospasial (BIG) bersama Jabatan Ukur dan Pemetaan Malaysia (JUPEM)dan dilakukan pemasangan patok baru, pada 19 Juni 2019, mengakibatkanperubahan batas Negara yang merugikan Neraga Kesatuan RepublikIndonesia, yang menimbulkan dampak terhadap letak rumah tinggal, letakperkebunan, letak persawahan, walaupun saat ini masyarakat masihdiperbolehkan melakukan aktifitas ekonomi di daerah yang sekarangmenjadi milik Malaysia, sampai adanya pengesahan patok baru. Sehinggaperlu adanya capur tangan pemerintah pusat dalam mengatasipermasalahan tersebut.

Tembok Sebelah Kanan Rumah Hasnaina di SebatikMasuk Malaysia, Risna Siap-siap Pindah

https://kaltim.tribunnews.com/2020/09/10/tembok-sebelah-kanan-rumah-hasnaina-di-sebatik-masuk-malaysia-risna-siap-siap-pindah

Page 9: Jumat, 11 September 2020
Page 10: Jumat, 11 September 2020

Vietnam Mendukung Peran Kontribusi AS di LCS

Pada tanggal 10 September 2020 selama pertemuan virtual antaraperwakilan dari 10 anggota ASEAN dan Menlu AS Michael Pompeo, MenluVietnam Pham Binh Minh menyatakan bahwa “Kami menyambut baikkontribusi konstruktif dan responsif AS untuk upaya Asean untuk menjagaperdamaian, stabilitas dan perkembangan di LCS”Pernyataan tersebut dikaitkan dengan klaim negara ASEAN terhadapwilayah yang disengketakan maka sikap AS telah menyatakan klaim Chinaatas sebagian besar perairan LCS yang berdasarkan Nine Dash Line tidaksesuai dengan hukum internasional UNCLOS. Klaim maritim China yang luasdi LCS melanggar hukum menurut putusan PCA 2016, dimana Chinamenganggapnya tidak sah sehinga China memilih keluar dari ketentuanpenyelesaian sengketa walaupun China menandatangani Konvensi PBBtentang Hukum Laut.

https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/vietnam-backs-us-role-in-south-china-sea-rebuffing-beijing-at-asean-meeting

Page 11: Jumat, 11 September 2020

Intelijen Inggris Memperingatkan Ada UpayaSabotase Korut Terhadap Indonesia

Pada tanggal 10 September 2020, dipublikasikan bahwa seorang analisintelijen yang bekerja di Tim Digital Pertahanan Kementerian PertahananCorsham, Wiltshire, Inggris telah menggagalkan tiga kode rahasia yangdiduga menyebabkan sabotase di Prancis dan Australia.Indonesia menjadi target berkaitan dengan hasil analisis intelijen Inggrisbahwa sabotase di Australia menyangkut pangkalan udara militer. PosisiIndonesia secara geografis yang dekat Australia dan hubungan strategispartnership Indonesia-Australia terkait kesepakatan perdagangan hasilpertanian memberikan ancaman bagi Korea Utara yang mengandalkanproduk pertaniannya. Upaya sabotase tersebut dilakukan melalui wargasipil yang membelot diketahui telah bekerja untuk badan intelijen eksternalKorea Utara dari Hong Kong.

https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-01727485/intelijen-pecahkan-3-kode-rahasia-korea-utara-termasuk-upaya-sabotase-perjanjian-canberra-indonesia

Page 12: Jumat, 11 September 2020

China Akan Bergabung Dalam Latihan Militer Strategis “Kavkaz-2020” Rusia

Kementerian Pertahanan China mengumumkan bahwa militer Chinaakan bergabung dalam latihan militer strategis bersama tahunan yangdiselenggarakan oleh Rusia. Latihan militer dengan sandi “Kavkaz-2020”tersebut akan digelar pada 21-26 September 2020 Wilayah AstrakhanRusia. China akan mengirimkan pasukan dari Komando Teater BaratTentara Pembebasan Rakyat China (PLA) beserta kendaraan tempur,senjata ringan dan peralatan lainnya. Sebelumnya China telah bergabungdengan latihan strategis skala besar Rusia, Tsentr-2019 dan Vostok-2018.Negara-negara lain yang bergabung dalam latihan ”Kavkaz-2020” yaituArmenia, Belarusia, Iran, Myanmar dan Pakistan. Sedangkan Indiamenyatakan menarik diri dari keikutsertaan karena sedang terjadiketegangan perbatasan dengan China.

https://www.globaltimes.cn/content/1200475.shtml

Page 13: Jumat, 11 September 2020

Koalisi Arab Cegat Drone Houthi

Pada tanggal 9 September 2020, koalisi pimpinan Arab Saudimenyatakan bahwa pihak mereka telah mencegat pesawat tanpa awakatau drone yang bermuatan bahan peledak yang ditembakkan olehpemberontak Houthi di Yaman menuju wilayah Arab Saudi. Seharisebelumnya, pemberontak Houthi juga melakukan serangan drone keBandara Internasional Abha, Arab Saudi dan berhasil dicegat oleh koalisiArab. Serangan drone Saman 3 ini sudah berkali-kali dilakukan olehHouthi dalam dua tahun terakhir dengan menargetkan warga sipil danobjek sipil di wilayah Arab Saudi menurut koalisi Arab. Salah satuserangan drone berskala besar yang berhasil dilakukan Houthi adalahdengan menyerang pabrik minyak Arab Saudi, Aramco pada tanggal 14September 2019 dan berimbas pada kenaikan harga minyak dunia.

https://republika.co.id/berita/qge9ep286116575/koalisi-arab-saudi-cegat-serangan-drone-dari-yaman

Page 14: Jumat, 11 September 2020

Permintaan AS Kepada ASEAN Terkait SangksiTerhadap Perusahaan China di LCS

Pada tanggal 10 September 2020, Menlu AS Mike Pompeo memintanegara-negara Asia Tenggara untuk mempertimbangkan kembalikesepakatan dengan perusahaan China yang masuk daftar hitam olehWashington untuk membangun pos-pos pulau yang menurutnyadigunakan China untuk "menggertak" penuntut saingan di LCS yangdisengketakan.Permintaan AS tersebut merupakan ajakan kepada ASEAN untuk bertindakdimana pada masa pandemic Covid19, 4 negara ASEAN (Filipina, Vietnam,Malaysia,Brunei) telah terkunci dalam konflik teritorial yangberkepanjangan dengan China, bersama dengan Taiwan, atas jalurpelayaran laut yang sibuk, yang diklaim oleh China hampir secarakeseluruhan. China tidak menghormati nilai-nilai demokrasi dan prinsipkedaulatan, kualitas, dan integritas wilayah yang terdapat dalam piagamASEAN.

https://www.usnews.com/news/world/articles/2020-09-10/pompeo-asks-asean-states-not-to-let-china-walk-over-us

Page 15: Jumat, 11 September 2020
Page 16: Jumat, 11 September 2020

Amerika Serikat (AS) menolak untuk memberikan visa bagi mahasiswa danpeneliti pasca sarjana tertentu asal China untuk memasuki negara itu.Keputusan itu dilakukan untuk melindungi penelitian sensitif agar tidakdicuri oleh Beijing di tengah memburuknya hubungan kedua negara. kepalaDepartemen Keamanan Dalam Negeri AS, Chad Wolf mengatakan bahwa ASmemblokir visa bagi mahasiswa dan peneliti pascasarjana China tertentuyang terkait dengan strategi fusi militer China untuk mencegah merekamencuri dan sebaliknya mengambil alih penelitian sensitif. FBI mengatakanbahwa ilmuwan China dengan hubungan militer rahasia bekerja di banyakkota di AS. Pada Maret lalu, Washington memangkas jumlah warga negaraChina yang diizinkan bekerja di kantor media utama negara AS dari 160menjadi 100. AS juga menetapkan lima outlet media pemerintah Chinasebagai agen asing, yang akhirnya memaksa 60 jurnalis meninggalkannegara itu.

Cegah Pencurian Teknologi, AS Tolak Visa 1.000 Pelajar dan Peneliti China

https://international.sindonews.com/read/159660/42/cegah-pencurian-teknologi-as-tolak-visa-1000-pelajar-dan-peneliti-china-1599692982

Page 17: Jumat, 11 September 2020

https://dunia.tempo.co/read/1384787/pm-yunani-minta-turki-tarik-kapal-dari-laut-mediterania

Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, dalam tulisan opini yangdipubikasi di tiga media di Eropa mengatakan Uni Eropa seharusnyamengenakan sanksi kepada Turki kecuali Ankara bersedia menarik asetmaritim dari wilayah sengketa di Laut Mediterania Timur. Yunanibersedia untuk membuka dialog jika Turki menarik semua kapalnya diLaut Mediterania. Yunani melihat bahwa Uni Eropa seharusnya dapatbertindak lebih menggunakan kekuasaan geopolitiknya untuk menekanTurki menarik semua kapalnya dari perairan Mediterania. Kedua negaraharus menahan diri dan kembali ke meja perundingan serta memulaidari posisi terakhir saat mereka meninggalkan pembicaraan soaleksplorasi pada 2016. Jika tidak menemukan kesepakatan, makakeduanya perlu mencari resolusi di Hague (pengadilan untukmenyelesaikan sengketa internasional).

PM Yunani Meminta Turki Menarik Kapal dari LautMediterania

Page 18: Jumat, 11 September 2020

Presiden Afrika Selatan (Afsel), Cyril Ramaphosa, mengatakan bahwanegaranya akan memperketat undang-undang tentang kekerasan yangberbasis gender dan pelanggaran seksual yang semakin mengkhawatirkan.Dengan adanya UU tersebut selama ini telah mengakibatkan, banyakmasyarakat Afsel merasa tidak puas karena putusan yang dijatuhkan padatersangka kejahatan, hukuman seringkali tidak sesuai dengan kejahatanyang dilakukan terhadap baik terhadap perempuan dan anak-anak. Selainitu, banyak masyarakat di Afrika Selatan, telah kehilangan kepercayaan padasistem peradilan pidana negara sehingga peraturan perlu diperketat. Makadengan berlakunya RUU baru, peraturan itu akan membantu memulihkankepercayaan perempuan bahwa hukum ada untuk melindungi mereka,terutama karena selama ini Afsel sebagai salah satu negara yang memilikibanyaknya kasus pemerkosaan dan kekerasan dalam rumah tangga tertinggidi dunia.

Afrika Selatan Perketat UU Kekerasan BerbasisGender

https://republika.co.id/berita/qgbfvy382/afrika-selatan-perketat-uu-kekerasan-berbasis-gender

Page 19: Jumat, 11 September 2020
Page 20: Jumat, 11 September 2020

https://www.kompas.com/global/read/2020/09/11/043151470/pbb-pasokan-senjata-barat-dan-iran-picu-kejahatan-perang-di-yaman-selama

Penyidik PBB mengungkapkan bahwa senjata yang dipasok oleh kekuatan Barat danIran kepada pihak yang bertikai di Yaman memicu kejahatan perang selama 6tahun. Konflik tinggi ditandai dengan serangan udara koalisi pimpinan Saudi danHouthi, yang mematikan. Para penyidik PBB kemudian mengatakan dalam sebuahlaporan bahwa serangan udara koalisi pada tahun lalu itu, mungkin merupakankejahatan perang. Sementara gerakan Houthi yang berpihak pada Iran melakukanpembunuhan dan pelanggaran lain yang mungkin juga merupakan kejahatanperang. Ini adalah tahun ketiga berturut-turut panel ahli independen menemukanbahwa semua pihak telah melanggar hukum internasional. Koalisi Muslim Sunniyang dipimpin Saudi melakukan intervensi di Yaman pada Maret 2015, setelahHouthi menggulingkan pemerintah yang diakui secara internasional dari kekuasaandi ibu kota, Sanaa, pada 2014. Konflik tersebut secara luas dilihat sebagai perangproksi antara Arab Saudi dan musuh regionalnya, Iran Muslim Syiah yang membuatlebih dari 100.000 orang tewas, jutaan orang berada di ambang kelaparan, katabadan bantuan.

PBB: Pasokan Senjata Barat dan Iran PicuKejahatan Perang di Yaman Selama 6 Tahun

Page 21: Jumat, 11 September 2020
Page 22: Jumat, 11 September 2020

Gerindra Minta Paslon Kampanye Pilkada Via Spanduk-Medsos untuk Mencegah Kerumunan

https://news.detik.com/berita/d-5166139/cegah-kerumunan-gerindra-minta-paslon-kampanye-pilkada-via-spanduk-medsos?_ga=2.216576597.251790236.1599608791-126382609.1533015291

Partai Gerindra meminta pasangan calon (Paslon) yang diusungnya untuktidak melakukan pengerahan massa selama proses Pilkada Serentak2020. Gerindra pun meminta para Paslon berkampanye melalui mediasosial dan memperbanyak spanduk. Para Paslon agar memanfaatkanmedia sosial sebagai sarana kampanye dan mengenalkan diri kepadacalon pemilih melalui spanduk maupun stiker. Gerindra mengingatkanpara calon kepala daerah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,karena kerumunan massa di masa proses Pilkada rawan penyebaran virusCorona. Gerindra menilai bahwa sanksi bagi pelanggar protokolkesehatan di Pilkada sangat memungkinkan untuk diberlakukan karenatermasuk tindakan yang membahayakan keselamatan orang lain.Tindakan pemberlakuan sanksi salah satunya termasuk opsi sanksipenundaan pelantikan yang tengah dikaji oleh Kemendagri.