isbd 2013

10
Ilmu Sosial Ilmu Sosial dan dan Budaya Dasar Budaya Dasar (ISBD) (ISBD) ABDULLAH TAUFIQ NOVIARTO, S. Pd, M. Pd, M.M UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Upload: nurul-istiqomah

Post on 13-Feb-2015

48 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

mr abdullah is my teacher

TRANSCRIPT

Page 1: ISBD 2013

Ilmu SosialIlmu Sosial dan dan

Budaya DasarBudaya Dasar(ISBD)(ISBD)

ABDULLAH TAUFIQ NOVIARTO, S. Pd, M. Pd, M.M

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Page 2: ISBD 2013

KONTRAK FORUMKuliah masuk sesuai jadwalPenilaian : 1.UTS2.UAS3.Absensi4.Presentasi dan tugas tugas lainnya

Page 3: ISBD 2013

LANDASAN MENGAPA ISBD PERLU DIAJARKAN DI PERGURUAN TINGGI

LANDASAN HISTORIS Diantaranya nenek moyang kita orang beragama terbukti dengan peninggalan sejarahnya, memiliki warisan budaya dan peradaban tinggi serta bangsa indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah, cinta damai, toleran dan bergotong. LANDASAN FILOSOFIS, Bangsa Indonesia memiliki falsafah hidup Pancasila LANDASAN YURIDIS FORMAL, UUD’45 Pasal 30, 31, UU No 20 TH 2003 tentang Sisdiknas, Keputusan Mendiknas No. 232/U/2000 dan No. 045/U/2002) tentang Kurikulum Inti, Keputusan Dirjen Dikti. No 30/DIKTI/Kep/2003 tentang rambu-rambu Pelak MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian) di PT, Surat Edaran Dirjen Dikti : No 1058?D/T/ 2003 tentang Pelaksanaan Keputusan Dirjen Dikti No 30 dan Keputusan. Dirjen Dikti : No 29/DIKTI/Kep/2004 tentang Pengangkatan Tim Pembina Kelompok MPK dan MBB (Mata Kuliah Berkehidupan dan Bermasyarakat).LANDASAN PEDAGOGIS adalah tujuan dari pendidikan mewujudkan manusia indonesia seutuhnya, maka dalam upaya mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya diperlukan suatu proses secara terencana, terus menerus dan berkesinambungan, (disebut proses pendidikan), lalu dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat perlu adanya pewarisan pengetahuan, nilai religi, dan sosial budaya, selanjutnya dalam pergaulan global perlu mempertahankan jati diri sebagai bangsa yg beragama, berdaulat dan bermartabat.

Page 4: ISBD 2013

LATAR BELAKANGDI AJARKANNYA ISBD

Agar tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi memiliki tiga jenis kemampuan yang meliputi :

Kemampuan personal : dimana para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

Kemampuan akademis : kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan , menguasai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis, sistematis, analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi, seta mampu menawarkan alternatif pemecahan.

Kemampuan profesional : kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, para ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

Page 5: ISBD 2013

PENGERTIAN ISBDPENGERTIAN ISBD

Page 6: ISBD 2013

Masalah sosial budaya

Masalah budaya adalah segala sistem atau tata nilai atau sikap mental, pola pikir, pola tingkah laku dalam berbagai aspek kehidupan yang tidak memuaskan bagi masyarakat secara keseluruhan, atau dapat dikatakan bahwa masalah budaya adalah tata nilai yang dapat menimbulkan krisis-krisis kemasyarakatan yang akan menyebabkan dehumanisasi/ Kemrosotan moral manusia.

Page 7: ISBD 2013

ISBD menggunakan pendekatan secara komprehensif dari berbagai cabang ilmu untuk memecahkan masalah sosial, diantaranya :

Sosiologi

Antropologi Sosial Budaya

Ilmu Sejarah

Ilmu Ekonomi

Ilmu Hukum

Ilmu Politik

Geografi

Psikologi sosial

Page 8: ISBD 2013

VISI ISBD

Berkembangnya mahasiswa sebagai manusia terpelajar yang kritis, peka

dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia yang

dilandasi nilai-nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan

bermasyarakat

Page 9: ISBD 2013

MISI ISBD

1. memberikan pengetahuan dan wawasan tentang keragaman, kesetaraan dan martabat manusia sebagai

individu dan makhluk sosial dalam kehidupan masyarakat

2. memberikan dasar2 nilai estetika, etika, moral, hukumdan budaya sbg landasan untuk menghormati &

menghargai sesama manusia sehingga terwujud masyarakat yg tertib, teratur, & sejahtera

3. memberikan dasar2 untuk memahami masalah sosial budaya serta mampu bersikap kritis, analitis, & responsif untuk memecahkan masalah tsb scr arif di

masyarakat

Page 10: ISBD 2013

Tujuan ISBD:

1. mengembangkan kesadaran mahasiswa untuk menguasai pengetahuan tentang keragaman & kesetaraan manusia sbg

individu & mh.sosial dlm kehidupan bermasyarakat.

2. menumbuhkan sikap kritis, peka, & arif pada mahasiswa dlm memahami & memecahkan masalah sosbud dgn landasan nilai estetika, etika, moral,& hukum dlm kehidupan bermasyarakat.

3. memberikan landasan pengetahuan & wawasan yg luas serta keyakinan kpd mahasiswa sbg bekal hidup bermasyarakat, selaku individu & mk.sosial yg beradab dlm mempraktikkan pengetahuan

akademis dan keahliannya.