globalisasi di indonesia smp sanur bsd 2015

45
Oleh: Jesselin Susanto IX-D / 19 Laura Virdy Darmalim IX-D / 23 Maria Averia IX-D / 24

Upload: minseong99

Post on 16-Jul-2015

208 views

Category:

Education


5 download

TRANSCRIPT

Page 1: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Oleh:

Jesselin Susanto IX-D / 19

Laura Virdy Darmalim IX-D / 23

Maria Averia IX-D / 24

Page 2: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Globalisasi adalah proses integrasi

internasional yang terjadi karena pertukaran

pandangan dunia, produk, pemikiran, dan

aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan

infrastruktur transportasi dan telekomunikasi,

termasuk kemunculan telegraf dan Internet,

merupakan faktor utama dalam globalisasi

yang semakin mendorong saling

ketergantungan (interdependensi) aktivitas

ekonomi dan budaya.

Page 3: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Perekonomian Medan naik 7,59%, paling tinggi di Indonesia,

sehingga Medan sangat menjanjikan untuk bisnis dan investasi.

Kerjasama dengan Jepang sudah menunjukkan sisi positif. Ke

depannya, sudah direncanakan untuk bekerjasama tidak hanya di

bidang pertukarqan pelajar, tapi juga mencakup bidanng ekonomi,

pertanian, dan teknologi.

Selama ini Jepang telah menerima siswa/siswi dari Kota Medan

sekitar 100 orang dan siswa/siswi Jepang yang berkunjung dan

home stay di Medan lebih 60 orang. Tahun ini siswa dari Medan

ada tujuh orang berangkat ke Jepang dan telah kembali ke Medan

dengan membawa berbagai macam pengalaman.

Tahun 2012 Jepang dan Medan juga menggelar acara ‘Pagelaran

Budaya Antar Bangsa’ yang sekaligus menunjukkan makin

harmonisnya hubungan persahabatan kedua negara.

Page 4: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Kini kantor Konsulat Singapura juga pindah kembali ke Medan,

mereka minta kerjasama di beberapa sektor. Menurutnya, harus

ada icon di kota Medan seperti Taman Sri Deli yang mempunyai

beraneka makanan khas Medan.

Pertumbuhan ekonomi daerah cukup dinamis sebesar 7,41 persen

artinya pemerintah dapat mengendalikan tingkat inflasi dengan

baik.

Tak hanya itu, produktivitas ekonomi daerah semakin baik yang

ditunjukan oleh pendapatan perkapital masyarakat mencapai

57,42 juta pertahun.

Page 5: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Perekonomian Palembang naik sekitar 6,4%. Hal ini ditopang oleh jumlahpenduduk sekarang 1,7 juta jiwa.

Beberapa sektor usaha yang berkembang antara lain: jasa dan perhotelan, perdagangan, industri, pertanian serta wisata kuliner. Hal itu mampumengurangi angka pengangguran secara bertahap. Sekarang, jumlahpengangguran di Palembang kurang dari 10% total penduduk.

Palembang telah mengekspor komoditas seperti karet, batubara dan CPO. Beberapa negara tujuannya antara lain Cina, Jepang, Amerika, Jerman, India dan Eropa. Palembang juga memiliki eksportir dan UKM eksportir yang mendapatkan penghargaan Primaniyarta (penghargaan terhadap eksportiryang berprestasi).

Sebagai kota industri, Palembang memiliki usaha yang sedang berkembangmencapai 3.046 buah. Terdiri dari perusahaan sedang dan perusahaan besar(large industry) serta puluhan industri kecil lainnya (small/home industry). Seperti industri kulit, industri barang-barang dari karet, industri kerajinan(kayu, bambu, tanah liat, kulit), industri petrokimia, industri logam, industrikaret mentah dan industri perhotelan yang sejak beberapa tahun terakhirberkembang pesat dengan hadirnya hotel-hotel bintang empat dan lima.

Page 6: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Berbagai prestasi sudah dicapai, seperti Adipura dan Kota nomorsatu Layak Investasi di Indonesia. Kini Kota Pekanbarubertransformasi menuju Kota Metropolitan Madani. Bahkan telahdiakui secara Nasional serta Internasional. Di tahun 2014 ini, Pekanbaru dinobatkan sebagai kota destinasi investasi terbaik se Indonesia. Hal ini di dukung dengan semakin tingginya tingkatpertumbuhan penduduk yang rata-rata lebih tinggi secaranasional.

Hal ini mendorong para investor baik multi nasional maupunmancanegara yang menjadikan Ibu Kota Provinsi Riau ini sebagaipusat bisnis.

Kini Kota Pekanbaru yang juga di sebut sebagai Kota Bertuah(Bersih, Tertib, Usaha bersama, Agamis dan Harmonis ), semakinmenjadi kota besar yang cepat berkembang, dengan penduduksiang capai 1,2 juta lebih, dan malam hampir 1 juta jiwa.

Page 7: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Menjelang dimulainya pemerintahan baru Indonesia hasilpemilihan umum 2014, Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau optimis jika angka pertumbuhan ekonomi Kota Batam pada tahun2015 dapat mencapai angka 8 persen atau berada diatas target pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya sebesar 5,6 persen.

Kota Batam memiliki letak yang strategis dengan berada di jalurpelayaran internasional dan menjadi sebuah peluang bagiIndonesia untuk dapat memasarkan produk-produk dalam negeri.

Kota Batam yang juga berstatus sebagai Kawasan EkonomiKhusus (KEK) membutuhkan kebijakan yang dapat memberikankemudahan berinvestasi sehingga dapat menarik minat parainvestor. Berdasarkan data Badan Pengusahaan Batam, tercatatpada periode Januari-April 2014 nilai investasi asing sertagabungan di Batam mencapai 172,2 juta dolar AS dari 45 perusahaan baru. Pada bulan Januari terdapat 13 perusahaanbaru yang berinvestasi dengan nilai mencapai 23,6 juta dolar AS.

Page 8: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Potensi Ekonomi Provinsi Bengkulu dapat dilihat dari strukturperekonomiannya, berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto(PDRB) atas dasar harga berlaku, perekonomiannya pada triwulanII tahun 2014 masih didominasi oleh sektor pertanian denganperanan sebesar 37,58 persen yang diikuti oleh sektorperdagangan, hotel dan restoran sebesar 19,68 persen, sektorjasa-jasa sebesar 16,99 persen dan sektor pengangkutan dankomunikasi sebesar 8,07 persen.

Pada pertumbuhan ekonomi triwulan II tahun 2014, ProvinsiBengkulu berada pada urutan ke 9 dari 11 daerah. IndeksTendensi Konsumen atau yang disingkat ITK pada triwulan II tahun 2014 di Provinsi Bengkulu sebesar 108,12, yang berartikondisi ekonomi konsumen pada triwulan II tahun 2014 sedikitlebih baik dibandingkan kondisi ekonomi pada triwulansebelumnya.

Page 9: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Pertumbuhan ekonomi Lampung secara kumulatif sampai dengan

triwulan III tahun 2014, tumbuh 5,50 persen. pertumbuhan itu lebih

tinggi dari pertumbuhan nasional yang sebesar 5,11 persen.

Selain itu, inflasi yang dicapai sampai November 2014 di Kota

Bandar Lampung sebesar 5,48 persen. Angka itu lebih rendah dari

angka nasional sebesar 5,75 persen.

Sedangkan untuk tingkat pengangguran terbuka di Provinsi

Lampung, sampai Agustus 2014 sebesar 4,79 persen. Bila

dibandingkan nasional yang mencapai 5,94 persen, maka

Lampung angkanya lebih rendah.

Page 10: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Kondisi kinerja makro pembangunan Padang Panjang secara umumtergambar dari pertumbuhan ekonomi tahun 2013 yang mampu mengalamipertumbuhan 6,14 persen, katanya.

Jika dibandingkan dengan angka pertumbuhan ekonomi nasional sebesar5,28 persen dan angka pertumbuhan ekonomi Propinsi Sumatera Barat sebesar 6,18 persen, maka pertumbuhan ekonomi Kota Padang Panjangtergolong baik, terangnya.Hal ini disebabkan negara-negara yang tadinyaterdampak krisis global seperti Tiongkok dan Amerika Serikat mulai pulih.

Ini artinya perekonomian global berdampak pada ekonomi Indonesia, terutama untuk ekspor dan sektor lain seperti wisatawan mancanegara. Pertumbuhan ekonomi Padang Panjang 2013 sebesar 6,14 persen itu dapatdicapai dengan adanya peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) menjadi sebesar Rp1,35 triliyun pada tahun2013. Jika dibandingkan dengan PDRB ADHB tahun 2012 yang sebesarRp1,18 triliun, maka terjadi peningkatan nilai tambah produksi sebesarRp171,79 miliar "Diperkirakan pada tahun 2014 PDRB Kota Padang PanjangAtas Dasar Harga Berlaku dapat mencapai Rp1,5 triliun,

Page 11: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Kegiatan ekonomi masyarakat Kota Bandung, Kota Cimahi, danKabupaten Bandung sudah sedemikian menyatu, khususnya yang tinggal berdekatan dengan perbatasan kota.

Pertumbuhan ekonomi kota Bandung dari tahun 2008-2012 rata-rata sebesar 8,62%, sedangkan pertumbuhan ekonomi nasionalsebesar 5,8%.

Perekonomian Jawa Barat yang diukur berdasarkan besaranProduk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar hargaberlaku padaTriwulan III-2014 mencapai Rp. 312,35 triliun rupiah, sedangkan PDRB atas dasar harga konstan 2000 mencapai Rp. 104,17 triliun rupiah. Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat TriwulanIII-2014 dibandingkan Triwulan II-2014, yang diukur dari kenaikanPDRB atas dasar harga konstan meningkat sebesar 2,32 persen(q-to-q).

Pembangunan: membangun jalan tol interchange Gedebage, pembangunan monorel.

Page 12: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

PDRB Banten triwulan I tahun 2014, secara quarter to quarter (q to q) tumbuh positif 0.87 persen, setelah triwulan sebelumnyamengalami pertumbuhan minus 0,06 persen. Sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan merupakan sector denganpertumbuhan tertinggi yang mencapai 5,23Kondisi ekonomi diProvinsi Banten pada triwulan II tahun 2014 tumbuh sebesar 5,28 persen. Pertumbuhan ini sedikit lebih tinggi dari pertumbuhantahunan di triwulan I tahun 2014 yang mencapai 5,22 persen.

Pertumbuhan ekonomi Banten 2014 secara kumulatif hinggatriwulan III lebih rendah dari tahun 2013 yang mencapai 5.87 persen (ctc), sedangkan triwulan III/2014 hanya 5,13 persen (ctc). Namun tingkat pertumbuhan tersebut sedikit lebih tinggi darinasional yang mencapai 5.10 persen (ctc).

Pembangunan : Pembangunan ruas jalan Malangnengah –Tigaraksa , Pembangunan ruas jalan Malangnengah – TigaraksaPembangunan ruas jalan Legok – Parung Panjang. Pembangunan ruas jalan Cisauk - Jaha

Page 13: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Secara total, perekonomian DKI Jakarta pada triwulan I/2014 yang diukur

berdasarkan PDRB atas dasar harga konstan 2000 menunjukkan

pertumbuhan sebesar 0,32 % dibandingkan nilai triwulan IV/2013 (q to q).

Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan tersebut didorongoleh hampir

semuasektor ekonomi kecuali sektor pertanian dan

sektor pertambangan-penggalian.

Pertumbuhan ekonomi triwulan III 2014 tercatat 5,01% (yoy), melambat

dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2014

sebesar 5,12% (yoy). Untuk tiga triwulan pertama tahun 2014

pertumbuhan ekonomi tercatat 5,11%. Realisasi pertumbuhan PDB ini

sejalan dengan perkiraan Bank Indonesia bahwa pertumbuhan ekonomi

untuk tahun 2014 akan cenderung berada dalam batas bawah kisaran

5,1%-5,5%.

Dibangun enam ruas tol dalam kota, maka Kampung Melayu akan

tersambung ke Kalimalang. Untuk lingkar dalam, kata Hermanto, saat ini

sudah ada ruas tol Cawang, Tanjung Priok, dan Pluit. Sedangkan untuk

lingkar luar, seperti ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2, sedang

menjalani proses pembebasan lahan. Pembangunan kerangka MRT di

JalanSudirman, dll

Page 14: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Pembangunan yang sedang berjalan di Jakarta yaitu:

Pembangunan monorel

Merencanakan pembangunan giant seawall

Pembangunan MRT

Pembangunan 2 ruas tol di Jakarta

Pembangunan kedutaan Prancis

Pembangunan stadion BMW

Pembangunan kantor twitter baru di Jakarta

Page 15: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Untuk tahun 2014 nilai investasi di Kota Bogor diprediksi bisa

mengalami kenaikan sampai mencapai nilai Rp 10,4 triliun.

Pertumbuhan ekonomi tahun 2014 diperkirakan bisa melaju

dengan angka 6,26%. Dengan aktivitas perekonomian yang

tumbuh di atas 6%, bisa diperkirakan Produk Domestik Regional

Bruto (PDRB).

Atas Dasar Harga Berlaku pada tahun 2014 bisa mencapai jumlah

Rp 21,4 trilyun lebih. Artinya mengalami kenaikan sekitar Rp 1,5

trilyun dari PDRB Atas harga Berlaku tahun 2013 yang

diperkirakan mencapai Rp 19,9 trilyun. Sementara itu inflasi

diprediksi bisa mencapai 5,5%.

Page 16: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Belanja daerah dalam APBD Kabupaten Tangerang tahun 2012,

Direncanakanmencapai 2,4 triliun rupiah atau lebih besar

dibandingkan dengan realisasi tahun 2011. Sedangkan

pendapatan daerah tahun 2012 oleh Pemerintah Kabupaten

Tangerang ditargetkan hanya sebesar 2,2 triliun rupiah.

Pembangunan : 3 ruas jalan tol, pembangunan pemukiman

vertical, pembangunan instalasi air bersih atau air minum,

pembangunan fasilitas park and ride, dll.

Page 17: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Perlambatan ekonomi pada tahun 2014 diperkirakan tidak akan

berlanjut pada 2015. CORE (Center of Reform on Economics)

Indonesia melihat ada potensi pertumbuhan ekonomi lebih tinggi

pada tahun 2015 mendatang, yakni di antara 5,3-5,6 persen.

Pembangunan: jalan tol antasari-depok, fly over dewi sartika dan

banyak lagi pembangunan pembangunan seperti mall, toko,dll.

Page 18: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Di awal tahun ini, pertumbuhan ekonomi sudah menyentuh satu

digit. Sekarang sudah di angka 7,4 persen. Meski fluktuatif alias

bisa naik atau turun, angka inflasi di Surabaya kini berkisar di

angka 4,3 persen. Menurut Widodo, angka ini lebih rendah dari

angka inflasi provinsi dan juga nasional.

Jadi KHL Rp 1.763.180,40 ditambah dengan asumsi inflasi di

Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) tahun

anggaran 2014 sebesar 5,5 persen, dan pertumbuhan ekonomi

Surabaya 7,5 persen. Berdasarkan hal itu, maka UMK Surabaya

pada 2014 sebesar Rp2.199.633,75 per bulan dan dibulatkan

menjadi Rp 2.200.000 per bulan

Pembangunan: akan membangun MRT, membangun hotel, mall,

dan pusat perkantoran

Page 19: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Sedangkanuntukproyeksi 5 tahunkedepan, PDRB ADHB Kabupaten Malang padaTahun 2015 diperkirakan sebesar Rp. 53.168.244.000.000,- dan PDRB ADHK sebesar Rp. 19.847.571.000.000,- dengan rata-rata pertumbuhan ekonomisebesar 6,5% per tahun. Tingkat inflasi dalam 5 tahun ke depanjuga relatif terkendali dengan kisaran 6-7% per tahun.

Bupati Malang H Rendra Kresna mengatakan pertumbuhanekonomi di Kabupaten Malang terus mengalami peningkatan. Iamenyebutkan jika tahun 2014 ini pertumbuhan ekonomi diKabupaten Malang mencapai angka tujuh persen. Dari sebelumnya pendapatan per kapita Rp12.144.878 di tahun 2010, dan Rp 18.630.285 di tahun 2013, tahun 2014 ini target pendapatkan per kapita penduduk Kabupaten Malang adalahRp.20.849.400.

Pembangunan: jalan tol malang pandaan, pembangunan jalanbawah tanah, dll

Page 20: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) sudah melakukan proses

perencanaan pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya sejak

2012. Pembangunan direncanakan dimulai pada 2015. Dijelaskan

bahwa, setelah proses desain dilakukan pada tahun 2012,

selanjutnya di 2013 penyelesaian proses perizinan, dan 2014

telah merencananakan penyelesaian proses pembebasan lahan.

Pembangunan jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya yang membentang

di jalur selatan Jawa Barat membutuhkan anggaran sebesar Rp4

triliun.

Ia menuturkan rencana pembangunan tol menghubungkan

Kabupaten Bandung, Garut dan Tasikmalaya itu untuk mengatasi

kemacetan di jalur selatan Jabar.

Page 21: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Menko Perekonomian menyebutkan bahwa Kalimantan Timur adalah

salah satu provinsi yang paling aktif dalam pembangunan di sektor

perekonomian. Hal ini karena Kalimantan Timur ditunjang dengan potensi

daerah yang beragam seperti minyak, gas, batu bara, perkebunan kelapa

sawit, dan lain sebagainya.

Selanjutnya Menko Perekonomian kembali menyatakan bahwa

Balikpapan dan Samarinda telah ditetapkan sebagai pusat pertumbuhan

ekonomi baru di Kalimantan Timur. Kedua kota ini telah dan akan memiliki

jaringan konektivitas yang dapat melahirkan akselerasi pembangunan di

Kalimantan timur dan sekitarnya. Jaringan konektivitas tersebut berupa

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, bandar udara baru bertaraf

internasional, serta pelabuhan. Dengan dibangunnya Jalan Tol

Balikpapan-Samarinda, diproyeksikan dalam 20-30 tahun ke depan dua

kota ini akan menjadi satu kesatuan yang akan melahirkan kawasan-

kawasan industri baru yang diharapkan dapat menyejahterakan rakyat

Kalimantan Timur.

Dengan penggelontoran dana dari pemerintah ini diharapkan dapat

menarik minat investor lain agar ikut berinvestasi dalam proyek tersebut.

Page 22: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Balikpapan - Pemerintah daerah Kalimantan Timur (Kaltim) sedang menjajakipembangunan bandara baru di perbatasan Indonesia (Kalimantan Timur) dengan Malaysia. Tiga bandara baru ini akan menjadi pintu gerbangIndonesia karena dirancang bisa didarati pesawat berbadan lebar.

Ada 3 bandara di perbatasan yang kita bangun ada di 3 kabupaten antaralain, untuk Bandara Long Bawan di Nunukan, Bandara Long Apung diMalinau, Bandara Data Dawai di Kutai Barat dengan dibangunnya tigabandara tersebut akan memudahkan masyarakat untuk melakukan kegiatanperekonomian. Selain itu, untuk bisa memanfaatkan untuk pengamananperbatasan.

Awang mengatakan, program Masterplan Percepatan dan PerluasanPembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) sangat membantu pembangunandi Kalimantan Timur, dari sisi fisik dan sumber daya manusia. Misalnya, besokakan ada peresmian dimulainya pembangunan tol di Kaltim.

Selain itu ada peresmianinvestasi proyek migas proyek pengembanganLapangan Gas Ruby, Blok Sebuku yang dikelola oleh Mubadala Petroleum, dan Sisi Nubi 2B, Blok Mahakam dengan operator Total E&P Indonesie.

Page 23: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Rata-rata pertumbuhan ekonominya dalam lima tahun terakhir di atassembilan persen. Angka pertumbuhan ekonomi Makassar mengalahkanangka pertumbuhan ekonomi Tiongkok (China), yang hanya berada padakisaran tujuh hingga 7,5 persen.

Makassar selama ini memang berkontribusi paling besar terhadappertumbuhan ekonomi di Sulsel.

Pertumbuhan ekonomi Makassar didorong empat sektor. Pertama, konstruksi; kedua, perdagangan; ketiga, transportasi; dan keempat, kelistrikan. Sektorkonstruksi sebagai pendorong terbesar.pertumbuhan sektok konstruksi begitu pesat. Investor membangun di mana-mana.

Pertumbuhan ekonomi Makassar di yang berada di atas sembilan persendalam lima tahun terakhir, sebagaimana disampaikan presiden, dapat menjadidasar untuk pertumbuhan ekonomi pada tahun 2015.

Ada empat kemungkinan, mengapa pertumbuhan ekonomi Makassar bisamengalahkan Tiongkok yang berada pada kisaran tujuh hingga 7,5 persen. Pertama, berkembangnya konsumsi masyarakat; kedua, menggeliatnyasektor swasta melalui investasi pengusaha; ketiga, kontribusi pemerintahmelalui APBD; keempat, perdagangan luar negeri melalui ekspor dan impor.

Page 24: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Dimulainya pekerjaan pembangunan jalur kereta api lintas Makassar-Parepare yang mengambil titik permulaan pembangunan di atas bukit DesaSiawung yang menghadap Dermaga Pelabuhan Garongkong di pantai baratBarru.

Menko Perekonomian Chairul Tanjung menganggap pembangunan kereta apidi luar Jawa dan Sumatera ini sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia. Ini akan membuat percepatan pembangunan di berbagai sektor di indonesia.

Hingga April 2014, sebanyak 35 proyek properti besar yang sedang dalamtahap konstruksi di Makassar, Sulawesi Selatan. Dari sejumlah proyek ini, duadi antaranya merupakan properti multifungsi yakni St Moritz Makassar, danKarebosi Condotel.

St Moritz Makassar yang sedang dibangun PT Lippo Karawaci Tbk., merupakan proyek terbesar dengan nilai investasi Rp 3,5 triliun. Propertimultifungsi ini mencakup di dalamnya pusat belanja, apartemen, hotel, rumahsakit, sekolah, dan fasilitas pendukung lainnya.

Sementara Karebosi Condotel dibangun PT Tosan Permai Lestari. Proyek inimencakup kondominium hotel (kondotel), dan pusat belanja KarebosiJunction.

Menurut pemerhati pembangunan pencakar langit yang juga pegiat forum Skyscraper City Indonesia (SSCI), Alpha Marganaputra, pembangunanproyek besar-besaran di ibukota ini sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir.

Page 25: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

"Properti didominasi oleh apartemen dan hotel. Sementara kondotelbaru marak dalam setahun terakhir. Saat ini ada tiga proyek kondotelyakni Karebosi Condotel, Novotel Grand Shayla, dan Multi NiagaJunction

Selain St Moritz dan Karebosi Condotel, proyek lainnya adalah Vida View Apartment hasil kolaborasi Ciputra Group dan Galesong Group. Apartemen ini terdiri atas tiga menara.

Bertebarannya proyek properti bertingkat tinggi (high rise) diMakassar, menurut Ketua DPD REI Sulawesi Selatan, Raymond Arfandy, tak lepas dari kebutuhan yang terus meningkat. Kebutuhanakomodasi dan hunian berasal dari pasar domestik dan jugaperantau

Selain membeli apartemen, rumah tapak (landed house) juga diincarpasar. Terutama rumah kelas menengah dengan harga Rp 350 jutahingga Rp 1,5 miliar per unit.

Hal senada dipertegas Direktur Ciputra Group, Harun Hajadi. Menurutnya pasar domestik dan perantauan sangat kuat. Buktinya, sebanyak satu menara atau sebanyak 670 unit menara Vida View Apartment laku terserap pasar.

Page 26: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Mataram - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melaluitelekonferensi video dari Jakarta meresmikan proyek-proyekMasterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI) Koridor V Bali Nusa Tenggara, Jumat siang, 5 September 2014.

Sebagai pintu gerbang pariwisata dan pendukung pangan nasional, di Koridor V MP3EI Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dilaksanakan pemancangan tiangperdana 33 proyek senilai Rp 53 triliun. Selama tiga tahun terakhirsejak 2011 hingga 2014, realisasi proyek mencapai 52 persen daritarget pemancangan tiang hingga Desember 2014.

Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi mewakili para gubernur diKoridor V MP3EI melaporkan selesainya pembangunan pelabuhanLabuhan dan Benete di NTB serta Moru di NTT, dengan nilai investasiRp 231,5 miliar. "Pelabuhan ini sangat bermanfaat untukmemperkokoh sistem konektivitas dan logistik antarwilayah,“

Ada empat proyek yang dilakukan pemancangan tiang, yaitupembangunan kawasan wisata Teluk Mekaki, Lombok Barat, senilaiRp 3 triliun, kawasan pariwisata Tanjung Ringgit, Lombok Timur, senilai Rp 5 triliun, pembangunan Bali Internasional Park sebesar Rp4 triliun, dan pengembangan resor pariwisata Bukit Doa di KabupatenLembata, NTT, senilai Rp 100 miliar.

Page 27: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Perkembangan tiga proyek MP3EI lainnya di Koridor V Bali Nusa Tenggara. Pertama, pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalikan senilai Rp 30 triliun yang dilakukan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (PT Pengembangan PariwisataIndonesia ex Bali Tourism Development Corporation). Status kawasan ini telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014.

Di Bali, pembangunan Bendungan Titab di Kabupaten Bulelengsenilai Rp 428 miliar telah merampungkan 96 persen tahapkonstruksinya. Pembangunan Dam Raknamo di Kabupaten Kupang, NTT, senilai Rp 1 triliun siap dilakukan pemancangan tiang pada akhir2014.

Bendungan Pandanduri Swangi di Kabupaten Lombok Timur yang pelaksanaan pemancangan tiang perdananya pada 27 Mei 2011 laluoleh SBY, pembangunan fisiknya telah mencapai 97,03 persen, danditargetkan selesai Oktober 2014 mendatang. Bendungan ini bisamengairi lahan 10.273 hektare.

Menyusul akan dibangun Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat, Bendungan Mujur di Lombok Tengah, dan BendunganMeninting di Lombok Barat. Sementara yang belum turun izinnyaadalah Bendungan Tanju dan Bendungan Mila, yang merupakanbagian dari Bendungan Rababaka Komplek di Dompu.

Untuk mendukung pengembangan kawasan ekonomi khususMandalika dibutuhkan dukungan pembangunan jalan lintas pantaiselatan Pulau Lombok mulai dari Lembar, Sekotong, Selong Belanak, Mawun, Kuta, hingga kawasan Tanjung Ringgit, Lombok Timur.

Page 28: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian-Chairul Tanjung

meresmikan pencanangan pembangunan Underpass Maros-

Makassar di perlimaan Bandara Hasanuddin, Simpang Mandai,

Maros, Sulawesi Selatan. Underpass ini memiliki panjang 120

meter dengaan lebar 2 x 9 meter. Total anggaran yang dibutuhkan

senilai Rp 256,6 miliar dari APBN dan akan rampung pada tahuun

2017 yg akan dtg

Pembangunan underpass ini, selain untuk melayani lalu lintas

arus menerus dari Kota Makassar menuju Maros atau sebaliknya,

di lokasi tersebut direncanakan juga akan dibangun Bundaran

(roundabout) untuk pengaturan arus lalu lintas dari dan ke jalan tol

menuju pelabuhan.

Page 29: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Mataram – Lombok Epicentrum Mall (LEM) yang berlokasi di eksKantor Bupati Lombok Barat, pembangunannya resmi dimulai. Pembangunan Mall yang direncakan akan selesai pada bulan Juni2015 berdiri diatas lahan 15 ribu meter persegi dari total lahan yang tersedia 76.900 meter persegi

Sejumlah mitra dagang yang baik dari kalangan PengusahaInternasional maupun Nasional serta lokal telah menyatakanminatnya untuk bergabung mengisi tempat di Lombok EpicentrumMall.

Ditambahkan, pembangunan ini kedepan memberikan dampak bagiperkembangan Kota Mataram baik dari sisi penyerapakan tenagakerja lokal maupun pendapatan daerah yang bersumber dari pajak.

Keberadaan LEM nantinya diperkirakan akan mampu menyerap 2500 tenaga kerja lokal serta potensi pendapatan yang bersumber daripajak seperti Pajak Penerangan Jalan Umum (PJU), PB1 PBB, Parkirserta sejumlah pajak lainnya.

Pembangunan ini tidak terlepas dari upaya Pemkot Mataram yang membuka pintu selebar-lebarnya bagi investor yang inginberinvestasi di Kota Mataram. Walikota menegaskan bahwa prosesperijinan telah dipermudah sehingga menambah minat para investor untuk menanamkan dananya di Mataram.

Page 30: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

The BlackSteel Group berkontribusi membangun superblok pertama, terbesar, dan terlengkap di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan nama‘Lombok City Center’. Perusahaan konsorsium gabungan Bliss Group, yakni perusahan pengembang yang berfokus padapembangunan wilayah-wilayah Indonesia bagian timur serta kota-kota kedua di Indonesia, telah melaksanakan kegiatan Ground Breaking

Pembangunan kawasan terpadu ini akan menghadirkan shopping mall terbesar di Nusa Tenggara Barat dengan tenant-tenant nasionaldan internasional, convention center berkapasitas 5000 orang, hotel berbintang, rumahsakit, ruko hingga residential

“ Kami menilai bahwa propinsi NTB memiliki potensi bisnis yang sangat besar, selain memiliki kekayaan dan pesona alam yang menakjubkan yang menarik wisatawan dalam negeri danmancanegara, propinsi NTB juga merupakan salah satu pintu masukperdagangan, sehingga kami percaya kehadiran kami melaluikeberadaan superblok ‘Lombok City Center’ nantinya turutmeningkatkan citra propinsi NTB sebagai propinsi modern yang memiliki potensi investasi yang menggiurkan”, kata Chief Operational Officer (COO), The BlackSteel Group, Isaac Bliss Tanihaha.

Lokasinya pun terbilang strategis, antara perbatasan kota Mataramdan kabupaten Lombok Barat, tepatnya di jalan Narmada.

Page 31: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

1. Mencabut subsidi BBM

Alasan mendasar yang menjadi pembenaran Jokowi-JK untuk

mencabut subsidi (menaikkan) BBM adalah karena subsidi BBM

mengakibatkan jebolnya anggaran negara, subsidi BBM

menggunakan anggaran sangat besar. Konsumsi bahan bakar

memang sangat tinggi. Salah satu variable yang menyebabkan

tingginya konsumsi BBM adalah dinamika pertumbuhan ekonomi.

Di berbagai sektor, aktivitas masyarakat harus ditunjang oleh

BBM. Ketika pemerintah mencoba membatasi konsumsi BBM

masyarakat, kita melihat panjangnya antian di SPBU. Orang-orang

telat ke kantor, bahkan tak bisa ke tempat kerja karena mobilitas

terganggu oleh keterbatasn BBM. Konsumsi BBM bersubsidi yang

tinggi tentu saja menyedot anggaran yang tidak kecil. Maka

kemudian muncul ide untuk mengemat anggaran dengan

mencabut subsidi.

Page 32: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Subsidi adalah hak rakyat yang harus dijamin oleh Negara.

Apalagi kenaikan BBM dipastikan menyebabkan inflasi dan

kenaikan harga-harga sehingga memukul daya beli

masyarakat (purchasing power hitting), menganggu pertumbuhan

ekonomi dan dampak derivatifnya bahkan bakal menciptakan

kemiskinan baru. Bila alasan mencabut subsidi untuk menghemat

anggaran atau menjaga ruang fiskal, banyak opsi solusi lain yang

bisa ditempuh. Misalnya merampingkan birokrasi, mengurangi

belanja pegawai, menekan angka kebocoran anggaran dan

korupsi, meningkatkan pendapatan Negara dari sektor pajak,

merealokasi anggaran dari Kementrian yang selama ini realisi

serapannya rendah, serta serta bebagai pilihan solusi tanpa harus

mengorbankan hak-hak rakyat.

Page 33: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

2. Menjual Pesawat Kepresidenan

Ide menjual pesawat kepresiden ini dilontarkan oleh Ketua DPP

PDIP, Maruarar Sirait. Menurut politikus muda PDIP ini, penjualan

pesawat kepresidenan yang baru beberapa bulan lalu digunakan

oleh Presiden SBY adalah dalam kerangka penghematan

anggaran Negara. Dasar kajian argumentasi tim sukses Jokowi-JK

pada Pilpres lalu ini memang masih absurd. Tidak jelas kalkulasi

dan penghematan apa yang dicapai jika pesawat kepresidenan

dijual. Padahal, alasan pengadaan pesawat kepresidenan tersebut

oleh pemerintahan Presiden SBY, adalah dalam rangka

menghemat anggaran Negara. Dari perhitungan yang dilakukan

dengan cermat oleh Pemerintah, penghematan anggaran

negara selama masa pakai pesawat ini di kisaran beberapa tahun

ke depan adalah Rp114,2 miliar per tahun, kata Menteri Sekretari

Negara Sudi Silalahi, seperti diberitakan Jurnal Nasional.

Page 34: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) dibeli Indonesia

seharga 89,6 juta dollar AS atau dalam kurs rupiah sebsar Rp 847

miliar. Sebagai perbandingan, anggaran untuk sewa pesawat

kepresidenan tahun 2011 mencapai Rp156 miliar dan tahun 2012

sebesar Rp102 miliar. Bila kita rata-ratakan Rp 120 miliar

pertahun, artinya menyewa pesawat selama 7 tahun setara

dengan satu pesawat kepresidenan baru. Dengan memiliki

pesawat kepresidenan, anggaran Negara hanya terbebani satu

kali, selebihnya hanya biaya operasional. Tapi bila menyewa

pesawat, maka setiap tahun anggarannya harus dialokasikan.

Jadi, membeli lebih efisien daripada menyewa.

Page 35: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

3. Menjual/Privatisasi Pertamina

Rencana kebijakan kontroversi ketiga yang dilontarkan olehkubu Jokowi-JK adalah privatisasi Pertamina, BUMN strategis yang tanggungjawabnya melayani hajat hidup 250 juta rakyat Indonesia. Adalah Effendi Simbolon, yang mengusulkan rencana privatisasi Pertamina. Alasannyamemang sangat bagus, dengan privatisasi, kepemilikansaham Pertamina jadi terbuka ke publik sehinggatransparansi Pertamina bisa dicapai. Cagub gagal padaPilgub Sumut ini mengatakan, selama ini Pertaminacenderung tidak transparan, termasuk dalam penentuanharga BBM.

Barangkali politikus PDIP ini lupa, bila luka yang ditorehkanoleh pemerintahan Megawati belumlah sembuh dan masihnanar di nurani bangsa Indonesia ketika Ketua Umum PDIP tersebut menjual Indosat, salah satu asset strategis bangsa.

Page 36: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

Bila alasan yang dikemukakan ingin privatisasi Pertamina hanya

untuk menciptakan transparansi, saya kira itu tergantung

pemerintah sebagai pemilik saham. Kalau pemerintah melalui

perpanjangan tangan Kementrian BUMN memang beriktikad baik

menciptakan transparansi di tubuh Pertamina, ya, sederhana saja.

Tinggal turun ke bawah, memperbaiki manajemen korporasi yang

sudah mulai berkiprah di kancah global tersebut.

Lagian, jika Pertamina dijual, kepempilikan saham pemerintah

dilepas, tak ada jaminan transparansi berdampak pada efisiensi

harga BBM yang jadi komoditas utama Pertamina saat ini.

Bahkan, harga BBM bisa dinaikkan seenaknya oleh pemilik

saham. Ini yang harus dipikirkan masak-masak oleh Effendi

Simbolon! Sebagai orang yang berpengalaman di bidang

ekonomi, kita berharap Pak JK menolak fantasi liar privatisasi

Pertamina tersebut.

Page 37: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

4. Mengurangi Gaji PNS

Rencana kebijakan keempat, dalam catatan penulis yang juga

menuai kontroversi adalah soal pengurangan/pemotongan gaji PNS.

Bagi non PNS, ide ini tentu tidak bikin pusing, malah disambut

gembira. Apalagi PNS, sebagai pelayan rakyat, selama ini kinerjanya

memang banyak yang tidak jelas. Banyak yang menuding, PNS

hanya makan gaji buta tanpa kinerja. Saya kira pendapat semacam

ini bentuk ekspresi kekecewan masyarakat terhadap birokrasi secara

umum, yang harus ditangkap dan direspons oleh pemerintah.

Namun, bagi saudara-saudara kita yang bekerja sebagai PNS,

rencana pemotongan gaji tentu saja sangat mengkhawatirkan. Di

tengah kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok, kenaikan tarif

dasar listrik dan rencana kenaikan harga BBM, gaji PNS bisa jadi

tidak mencukupi untuk meng-cover kebutuhan mereka. Ini juga dapat

berdampak pada turunnya kualitas layanan PNS kepada masyarakat

sehingga merusak tatanan birokrasi pemerintah. Yang semestinya

disikapi dari abdi Negara ini adalah menyetop sementara

(moratorium) penerimaan PNS sembari PNS yang telah ada

dioptimalisasi fungsinya agar berkinerja dengan baik sehingga

keberadaan mereka betul-betul bermanfaat/tidak membebani

anggaran Negara.

Page 38: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

KKS berfungsi untuk memberikan bantuan sosial langsung kepada

warga. Kartu ini berfungsi selama 5 tahun.

KIS, lanjut Regi, berfungsi sebagai kartu untuk berobat

KIP, bisa dibawa ke sekolah swasta atau negeri.

Page 39: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

http://beritasore.com/2012/09/19/pertumbuhan-ekonomi-medan-tertinggi-di-asia-tenggara/

http://medan.tribunnews.com/2014/04/28/eldin-pertumbuhan-ekonomi-kota-medan-mencapai-741

http://swa.co.id/business-update/bca/palembang-makin-dilirik-bagi-industri-dan-investasi

http://bertuahpos.com/advertorial/adverorial-pekanbaru-kota-tujuan-para-investor.html

http://batam.tribunnews.com/2014/11/28/pertumbuhan-ekonomi-kepri-tetap-kuat-mencapai-689-persen

http://beritadaerah.co.id/2014/08/18/pemkot-batam-optimis-pertumbuhan-ekonomi-capai-8-persen/

http://bengkulutoday.com/bps-prov-se-sumatera-pertumbuhan-ekonomi-prov-bengkulu-urutan-ke-9/

http://lampung.tribunnews.com/2014/12/23/pertumbuhan-ekonomi-lampung-lebih-tinggi-dari-angka-nasional

http://www.konfrontasi.com/content/ekbis/padang-panjang-target-pertumbuhan-ekonomi-capai-646-persen

Page 40: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

http://andriakbar.blogspot.com/2010/01/ekonomi-wilayah-sosial-

budaya-kota.html

http://www.bandung.go.id/index.php?fa=berita.detail&id=2223

http://pusdalisbang.jabarprov.go.id/pusdalisbang/beritastatistik-

64.html

http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-

nasional/14/08/14/naazgq-bandung-kebut-pembangunan-tol-

interchange-gedebage

http://www.antaranews.com/berita/447744/akhir-bulan-ini-

pembangunan-monorel-jabar-diresmikian

http://banten.bps.go.id/data/brs/file/1422_PDRB_050514.pdf

http://www.radarbanten.com/read/berita/170/21836/Ekonomi-

Banten-Tumbuh-Tipis.html

http://tangerangekspres.com/pertumbuhan-ekonomi-banten-turun/

http://www.radarbanten.com/read/berita/190/20610/Pembangunan

-Infrastruktur-Jalan-di-Banten.html

Page 41: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

http://www.bi.go.id/id/ruang-media/siaran-

pers/Pages/sp_168414.aspx

http://jakarta.bps.go.id/fileupload/brs/2014_05_05_14_13_12.pdf

http://jakarta.bps.go.id/index.php?bWVudT0yMTA0JnBhZ2U9YnJz

JnN1Yj0wNCZpZD01NDY=

http://www.tempo.co/read/news/2012/11/01/083439091/2014-

Jakarta-Akan-Mirip-Shanghai

http://www.liputan6.com/tag/mrt-jakarta

http://www.radarnusantara.com/2013/12/ekonomi-kota-bogor-

2014.html

http://www.tempo.co/read/news/2014/06/11/092584107/Tangerang

-Gagas-Pembangunan-Tiga-Jalan-Tol

http://tangerangkab.go.id/wp-

content/themes/tangerang/images/Statda%20Kab.%20Tangerang

%202012%20FINISH.pdf

http://www.academia.edu/7257899/POTENSI_SUMBER_DAYA_A

LAM_DAN_UPAYA_PELESTARIAN_LINGKUNGAN_DALAM_ME

NDUKUNG_PEMBANGUNAN_EKONOMI_DI_KOTA_TANGERA

NG_SELATAN

Page 42: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

http://www.depokraya.com/ekonomi-bisnis/pertumbuhan-ekonomi-

2015-berkisar-54-persen/

http://www.tempo.co/read/news/2014/05/08/090576283/Jalan-Tol-

Antasari-Depok-Mulai-Dibangun

http://agussutondomediacenter.blogspot.com/2014/06/pembangun

an-fly-over-dewi-sartika-di.html

http://bkppm.surabaya.go.id/index.php?option=com_content&view

=article&id=330%3Aekonomi-surabaya-tumbuh-dengan-

pesat&catid=35%3Aberita&Itemid=67&lang=in

http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/13/11/04/mvqfo5-

ini-besaran-umk-surabaya-tahun-2014

http://news.detik.com/surabaya/read/2014/05/02/140255/2571436/

475/pelaku-bisnis-sambut-baik-pembangunan-mrt-di-surabaya

http://www.antarajatim.com/lihat/berita/126443/intiland-percepat-

pembangunan-proyek-properti-di-surabaya

Page 43: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

http://kpm.malangkab.go.id/index.php?kode=36

http://malang-post.com/metro-raya/95599-pertumbuhan-ekonomi-capai-tujuh-persen

http://radarmalang.co.id/tol-malang-pandaan-dibangun-2015-521.htm

http://www.housing-estate.com/read/2014/04/08/pemkot-malang-kaji-pembangunan-jalan-bawah-tanah/

http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-barat-nasional/14/03/06/n1zmiw-jalan-tol-bandungtasikmalaya-mulai-dibangun-tahun-depan

http://www.antaranews.com/berita/447371/pembangunan-tol-cileunyi-tasikmalaya-butuh-rp4-triliun

http://www.harapanrakyat.com/2014/09/pembangunan-jembatan-ciamis-tasikmalaya-butuh-rp-40-milyar/

http://lipsus.kompas.com/topikpilihanlist/2085/1/monorel.di.jakarta

http://touch.jaringnews.com/index.php/politik-peristiwa/umum/51992/dki-rencanakan-pembanguan-giant-sea-wall-di-

http://m.antaranews.com/berita/413472/pembangunan-dua-ruas-tol-jakarta-akan-dimulai-2014

Page 44: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

http://www.ambafrance-id.org/Proyek-pembangunan-gedung-Kedutaan

http://m.news.viva.co.id/news/read/507769-pembangunan-stadion-bmw-di-jakarta-utara-dimulai

http://m.detik.com/news/read/2014/12/11/201654/2775094/10/ahok-restui-pembangunan-kantor-baru-twitter-di-jakarta

http://m.detik.com/finance/read/2014/09/15/231052/2691135/4/

http://www.ekon.go.id/berita/view/kaltim-provinsi-paling-aktif.971.html#.VLRQu8n-LqC

http://makassar.tribunnews.com/2014/08/15/ini-4-sebab-pertumbuhan-ekonomi-makassar-kalahkan-china

http://m.kompas.com/properti/read/2014/06/09/1505525/35.Proyek.Besar.Mengepung

http://m.bisnis.com/kabar24/read/20140501/78/223776/sirkuit-f1-jika-bali-tak-siap-lombok-bakal-ambil-alih

http://m.tempo.co/read/news/2014/09/05/058604819/Presiden-SBY-Resmikan-33-Proyek-Senilai-Rp-53-Triliun

http://ntbterkini.com/lombok-epicentrum-mall-mulai-dibangun/

http://pesonawisata.co/?p=2365

Page 45: Globalisasi di indonesia SMP SANUR BSD 2015

http://www.technokonstruksi.com/techno-berita/63-pencanangan-

pembangunan-underpass-maros-makassar-di-simpang-mandai

http://sp.beritasatu.com/home/akhirnya-ka-lintas-makassar-

parepare-dibangun/61903