fay 1284

2
Tambahan Pr Respon host menentukan apakah lesi awal bisa normal kembali atau menjadi kronis. Jika kronis terjadi inflamasi makrofag dan sel limfoid (Newman, dkk : 2012). Gingivitis kronis ditunjukkan dengan meningkatnya sel plasma. Sel plasma menyerang jaringan ikat di bawah junctional epitelium serta jauh ke dalam jaringan ikat, sekitar pembuluh darah, dan antara bundel serat kolagen. Junctional epitelium diisi dengan sisa granula celuler, lisosom, limfosit dan monosit, lisosom tersebut mengandung asam hidrolase yang bisa merusak komponen jaringan (Newman, dkk : 2012). LO3 Tambahan DHE dapat diberitahukan kepada pasien tentang pengaturan dietnya. Penyakit gingiva bisa terjadi karena malnutrisi. Dimana ciri-ciri yang ditunjukkan pada gingiva berwarna merah, bengkak, dan pendarahan gingiva berhubungan dengan defisiensi vitamin C. Jika malnutrisi dibiarkan bisa mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh dan berdampak pada kemampuan host untuk melindungi penyakit (Newman, Takei, dan Caranza : 2002). Lo4 Tambahan Periodontal endoscope fungsinya untuk memvisualisasikan secara dalam ke poket subgingiva dan untuk mendeteksi deposit pada akar gigi yang furkasi (Newman, dkk : 2012). Scaler ultrasonik Pada akar gigi yang furkasi akan sulit untuk menghilangkan semua kalkulus maka dari itu digunakan scaler mekanis seperti skaler ultrasonik dan

Upload: fakhirotuz-zakiyah

Post on 25-Dec-2015

213 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

perawatan fase 1

TRANSCRIPT

Page 1: fay 1284

Tambahan Pr

Respon host menentukan apakah lesi awal bisa normal kembali atau menjadi kronis. Jika kronis terjadi inflamasi makrofag dan sel limfoid (Newman, dkk : 2012).

Gingivitis kronis ditunjukkan dengan meningkatnya sel plasma. Sel plasma menyerang jaringan ikat di bawah junctional epitelium serta jauh ke dalam jaringan ikat, sekitar pembuluh darah, dan antara bundel serat kolagen. Junctional epitelium diisi dengan sisa granula celuler, lisosom, limfosit dan monosit, lisosom tersebut mengandung asam hidrolase yang bisa merusak komponen jaringan (Newman, dkk : 2012).

LO3

Tambahan

DHE dapat diberitahukan kepada pasien tentang pengaturan dietnya. Penyakit gingiva bisa terjadi karena malnutrisi. Dimana ciri-ciri yang ditunjukkan pada gingiva berwarna merah, bengkak, dan pendarahan gingiva berhubungan dengan defisiensi vitamin C. Jika malnutrisi dibiarkan bisa mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh dan berdampak pada kemampuan host untuk melindungi penyakit (Newman, Takei, dan Caranza : 2002).

Lo4

Tambahan

Periodontal endoscope fungsinya untuk memvisualisasikan secara dalam ke poket subgingiva dan untuk mendeteksi deposit pada akar gigi yang furkasi (Newman, dkk : 2012).

Scaler ultrasonikPada akar gigi yang furkasi akan sulit untuk menghilangkan semua kalkulus maka dari itu digunakan scaler mekanis seperti skaler ultrasonik dan instrumen rotary untuk mencapai penghapusan semua kalkulus (Newman, dkk : 2012).

Instrumentasi ini telah terbukti mengurangi jumlah mikroorganisme subgingival dan menghasilkan pergeseran komposisi plak subgingiva. Dimana yang awalnya meningkatnya jumlah bakteri anaerob gram negatif menjadi dominasi bakteri gram positif fakultatif yang kompatibel dengan kesehatan. Sehingga dengan dilakukannya instrumentasi tersebut meminimalkan terjadinya infeksi ulang (Newman, dkk : 2012).

Lo5 tambahan

Dasar pemikiran root planing

Page 2: fay 1284

Root planing harus dilakukan karena berhubungan dengan deposit kalkulus pada permukaan akar sering melekat pada sementum. Selain itu juga pada subgingiva yang terkontaminasi oleh zat-zat beracun seperti endotoksin. Tapi bukti terbaru dikatakan bahwa endotoksin hanya melekat secara dangkal pada akarnya dan tidak meresap secara mendalam(Newman, dkk : 2012).

Sumber :

Newman, Michael, dkk. 2002. Carranza’s Clinical Periodontologi Ninth Edition. WB Saunders Company : America.

Newman, Michael, dkk. 2012. Carranza’s Clinical Periodontologi 11th Edition. Saunders : China.