evaluasi prog tm sem i final 2015,31 agust 2015(flashdisk bu eva)

Download Evaluasi Prog Tm Sem i Final 2015,31 Agust 2015(Flashdisk Bu Eva)

Post on 04-Jan-2016

225 views

Category:

Documents

8 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

e

TRANSCRIPT

BAB IPENDAHULUANRumah sakit merupakan organisasi yang padat moral, padat tenaga dan padat teknologi. Oleh karena itu dalam mengelola rumah sakit perlu penerapan prinsip-prinsip manajemen rumah sakit, sehingga dapat tercapainya efesiensi dan kualitas pelayanan yang baik. Semakin besar sebuah rumah sakit maka pembagian kerja pun akan menjadi lebih rumit dan tingkat hirarki menjadi lebih banyak, akibatnya kebutuhan akan koordinasi menjadi semakin besar dan kebutuhan dan kebijakan, pedoman dan prosedur juga meningkat.Rumah Sakit Umum dr. Djasamen Saragih Pematangsiantar satu-satunya Rumah Sakit milik Pemerintah di Kota Pematangsiantar yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna kepada segala lapisan masyarakat tanpa membedakan suku, bangsa, ras dan golongan dan juga mengembangkan kerjasama dengan berbagai perusahaan dan instansi dalam meningkatkan derajat kesehatan pekerja dan pegawainya, secara terus menerus dan konsekuen meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sesuai standar kesehatan sehingga mampu memberikan keuntungan bagi pelanggan maupun rumah sakit dan meningkatkan serta mengembangkan kualitas sumber daya manusia di rumah sakit sehingga mampu melayani setiap pasien dengan penuh komitmen dan manusiawi. Bidang tindakan medis merupakan salah satu bidang di struktur RSUD DR Djasamen Saragih,dimana untuk meningkatkan pelayanan di Bidang Tindakan Medis dapat dilakukan melalui beberapa program. Terselenggaranya pelayanan Tindakan Medis di RSUD dr. Djasamen Saragih Pematangsiantar ini merupakan rencana yang menyeluruh dari segala kegiatan dengan tetap memperhatikan Visi dan Misi RSUD dr. Djasamen Saragih Pematangsiantar.

I. LATAR BELAKANGDalam perkembangannya rumah sakit telah berubah menjadi suatu institusi yang sangat kompleks sehingga memerlukan suatu manajemen yang baik. Dengan mengikuti standar akreditasi rumah sakit di Indonesia maka diharapkan rumah sakit akan dapat memberikan sebuah pelayanan yang baik. Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integrative yang menyangkut struktur, proses, outcome secara objektif, sistematik dan berlanjut memantau dan menilai mutu dan kewajaran pelayanan terhadap pasien, menggunakan peluang untuk meningkatkan pelayanan pasien, dan memecahkan masalah-masalah yang terungkapkan sehingga pelayanan yang diberikan di rumah sakit berdaya guna dan berhasil guna.Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit perlu didukung oleh sumber daya yang dimiliki meliputi sumber daya manusia, sarana, prasarana, peralatan medis, dan anggaran rumah sakit yang memadai. 1.2. MAKSUD DAN TUJUAN EVALUASIMaksud dilaksanakannya evaluasi program kerja bidang tindakan medis RSUD dr Djasamen Saragih secara umum adalah untuk mengetahui konsistensi antara visi dan misi yang telah ditetapkan oleh pimpinan RSUD dengan masing masing bidang di rumah sakit yang dilaksanakan di rumah sakit sehingga menghasilkan informasi pencapaian tujuan dan sasaran berbagai program yang telah dirancang dan dilaksanakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan kebijakan rumah sakit, baik jangka pendek maupun jangka panjang, dimasa yang akan datang.

1.3. Target dan SasaranSasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan evaluasi program kerja bidang tindakan medis RSUD dr Djasamen Saragih ini adalah mengacu kepada Standart Pelayanan Medis yang telah di tetapkan oleh Walikota Pematangsiantara. Tercapainya evaluasi secara menyeluruh terhadap standar kerja dan standar pelayanan melalui evaluasi mutu secara komprehensif untuk mengukur keberhasilan masing-masing kegiatan pokok di setiap pelayanan di rumah sakitkhususnya bidang tindakan medikb. Terdapat peningkatan angka kepuasan pasien terhadap kinerja pelayanan rumah sakit setiap periode sampai dengan >80% konsumen puas terhadap pelayanan rumah sakit.

BAB IIMONITORING DAN PELAPORAN KEGIATAN EVALUASI

2.1. Jadwal Pelaksanaan KegiatanSkedul pelaksanaan kegiatan dilakukan sebagaimana terlampir pada Tabel 01 dibawah ini.a. Waktu Pelaksanaan.Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama Januari s/d Juni 2015b. Tempat Pelaksanaan.Tempat pelaksanaan kegiatan bersifat in-house dan eks-house disesuaikan dengan materi kegiatan dan tatalaksana kegiatan dilapangan sebagaimana terlampir.c. Metodologi Pelaksanaan Kegiatan.Metodologi dalam pelaksanaan kegiatan untuk masing-masing pelayanan adalah melalui aplikasi langsung dilapangan dengan berinteraksi kepada masyarakat, transfer informasi antar personal di lintas unit pelayanan, transfer informasi antar stakeholders rumah sakit serta melalui pengembangan pengetahuan dan kompetensi dengan program pendidikan dan pelatihan berkelanjutan bagi setiap personel rumah sakit.

2.2 Metodologi Pelaksanaan Kegiatana. Pelaksanaan 1. Jika bersifat pengelolaan dan pengembangan SDM maka dilakukan dengan koordinasi bagian Kesekretariatan dan Diklat untuk kegiatan in-house dan atau ekshouse.2. Jika berkenaan dengan Pengembangan Infrastruktur, maka dilakukan upaya koordinasi dengan Direktur dan bagian Perencanaan untuk perincian pelaksanaan dan konsultais pekerjaan.

b. Monitoring dan Rapat Koordinasi1. Rapat koordinasi internal pelayanan/unit kerja terkait untuk sosialisasi kebijakan, standar prosedur, dan pencapaian kinerja pelayanan di unit bersangkutan. Rapat koordinasi internal pelayanan dilakukan sekurang-kurangnya setiap 3 (tiga) bulan untuk observasi mutu kinerja dan pelayanan yang telah dicapai.2. Rapat koordinasi antar lintas pelayanan/unit kerja dilakukan sekurang-kurangnya 4 (empat) s/d 6 (enam) bulan atau sesuai dengan kebutuhan untuk komunikasi pelaksanaan kinerja yang membutuhkan konsolidasi dengan unit kerja lainnya.3. Setiap bulan masing-masing penanggung jawab pelayanan melakukan monitoring sensus harian dan pencapaian kinerja pelayanan.c. Pencatatan dan Pelaporan1. Pelaporan berkala dibuat oleh masing-masing kepala bidanh sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sekali, termasuk didalamnya untuk evaluasi program kerja dari masing masing bidang masing-masing unit pelayanan untuk dilaporan pada saat rapat koordinasi antar lintas unit kerja/pelayanan.2. Laporan tahunan pencapaian kinerja masing-masing unit pelayanan dilakukan oleh penanggung jawab pelayanan untuk dilaporkan kepada Direktur.

2.3 Landasan HukumRSUD dr Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar dibentuk dengan diterbitkannya Peraturan Daerah Nomor 8 tahun 2010 tentang Organisasi Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pematangsiantar.Landasan hukum beroperasinya RSUD dr Djasamen Saragih Pematangsiantar adalah :a. UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatanb. UU RI Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakitc. Surat Keputusan MENPAN RI Nomor B 1267/I/1992 tentang Penetapan Rumah Sakit Umum Pematangsiantar sebagai Rumah Sakit Kelas B Non Pendidikand. KEPMENKES RI Nomor : 983/MENKES/SK/1992, tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum.e. KEPMENKES RI Nomor 515/MENKES/SK/IV/2007 tentang Penyerahan Rumah Sakit Umum Kota Pematangsiantar oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Utara.f. KEPMENKES Nomor HK.03.05/i/1735/2012 tentang Penetapan RSUD dr Djasamen Saragih Pematangsiantar sebagai Rumah Sakit Kelas B Pendidikan

BAB IIIPERMASALAHAN

Dalam melaksanakan kegiatan di rumah sakit, Bidang Tindakan Medik banyak mendapat kendala dalam meningkatkan target pencapaian, hal itu dikarekan banyak faktor. Pencapaian target dalam peningkatan SDM banyak kendala disebabkan kemampuan dalam bidang pendanaan, begitu juga dengan kelengkapan sarana dan prasarana rumah sakit yang semuanya berujung kepada ketiadaan dana. Hal yang paling mendasar dalam peningkatan target kinerja dalam Bidang Tindakan Medik adalah juga diakibatkan oleh kinerja pegawai rumah sakit terutama dokter dan perawat yang masih belum sepenuhnya memberikan pemikiran dan tenaga dalam meningkatkan mutu dan pelayanan di RSUD dr Djasamen Saragih. Untuk itulah Bidang Tindakan Medik membuat program kerja ini agar dalam melaksanakan kegatan di bidang, dan sebagai kepala bidang saya dapat melaksanakan tugas dengan terencana dan terukur, dan diharapkan dengan adanya program kerja ini RSUD dr Djasamen Saragih Pematangsiantar kedepan ini dapat mencapai visi dan misinya untuk dapat meningkatkan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat khususnya kepada masyarakat Kota Pematangsiantar.

1. Tujuan ProgramUmum :Terselenggaranya pelayanan rumah sakit secara optimal khususnya di Bidang Tindakan Medik sesuai Visi dan Misi Rumah Sakit.

Khusus:Dalam penyusunan program ini diharapkan penyelenggara pelayanan mampu1.Melakukan analisa/mapping terhadap dan kekurangan rumah sakit dalam penatalaksanaan kegiatan pelayanan perumahsakitan sesuai standart pelayanan minimal dan perundang undangan yang berlaku2. Kendali mutu terhadapa efektifitas pengelolaan pelayanan kesehatan dan perumahsakitan bagi pengelola rumah sakit.3.Kendali mutu terhadap kinerja rumah sakit dan pelayanan medis di rumah sakit

2. Sasaran Sasaran yang ingin dicapai dalam evaluasi laporan pelaksanaan program kerja Semester I tahun 2015 RSUD dr Djasamen mengacu kepada pelaksanaan pedoman rencana kerja RSUD dr Djasamen ini adalah tercapainya peningkatan mutu pelayanan

BAB IVKEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN

A.Kegiatan Pokok1. Program Optimalisasi Pelayanan Rumah Sakit. .a. Kegiatan pokok :Memenuhi kebutuhan optimalisasi pelayanan sesuai dengan kebutuhan instalasi OK, UGD, ICU, HD, Forensik, Perinatologi b. Rincian kegiatan :1) Instalasi Gawat Darurat :1. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap jam buka pelayanan gawat darurat harus 24 jamAnalisa :-Jam buka pelayanan di IGD adalah 24 jam,tetapi pada saat jam makan dokter sering tidak berada di tempat karena harus keluar mencari makan,menyebabkan dokter tidak stand by di IGD. Tetapi persentase keterlambatan ini sudah jauh menurun disebabkan telah di sediakan extra puding untuk dokter. -Untuk perawat jaga sudah memenu