energi pengling hanifan arisyi. tmm. 123.14.009

8
ENERGI Dalam keseharian sering kita dengan kata berenergi atau orang kuat yang memiliki banyak energi. Orang yang mampu mendorong mobil dikatakan sangat berenergi, air yang mampu mendorong kapal di laut dikatakan memiliki energi, begitupun dengan angin. Aki mampu menyalakan motor dikarenakan memiliki energi dan seterusnya. Pengertian energi berdasarkan ilmu fisika adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Kemampuan ini diukur dengan variabel waktu dan besarnya usaha yang dilakukan. Tidak ada pengertian energi selain ini yang sangat menggambarkan apa itu energi. Dalam sistem SI, Energi memiliki satuan Joule. Satuan lain dari energi seperti KWh, Erg dan kalori digunakan dalam bidang tertentu untuk memudahkan. Konversi satuan energi dapat dilakukan melalui ketetapan bahwa 1 kalori=4.2 Joule dan 1 joule=1 watt sekon. Macam Macam Energi (Macam macam tulisan) Setelah membahas tentang pengertian energi, kali ini akan diterangkan tentan berbagai macam bentuk energi yang telah diketahui oleh manusia. Perlu anda ketahui bahwa energi tidak mampu dimusnahkan (tidak akan hilang) akan tetapi berubah bentuk. Hal ini merupakan hukum kekekalan energi. Macam macam energi: Matahari 1. Energi Kimia (Macam macam tulisan) Energi kimia adalah energi yang paling dibutuhkan oleh makhluk hidup dikarenakan pada bentuk kimiawi, energi mampu disimpan lebih lama. Energi kimia tersimpan dalam bahan bahan makanan. Dalam metabolisme sel, ATP adalah salah satu bentuk energi kimia yang paling berguna dan penting untuk manusia. Energi kimia juga tersimpan dalam bahan bakar yang sering kita gunakan seperti bensin, dan minyak tanah. Energi ini muncul karena terjadi proses pemecahan

Upload: yos

Post on 20-Sep-2015

8 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Pengertian Energi

TRANSCRIPT

ENERGIDalam keseharian sering kita dengan kata berenergi atau orang kuat yang memiliki banyak energi. Orang yang mampu mendorong mobil dikatakan sangat berenergi, air yang mampu mendorong kapal di laut dikatakan memiliki energi, begitupun dengan angin. Aki mampu menyalakan motor dikarenakan memiliki energi dan seterusnya.

Pengertian energi berdasarkan ilmu fisika adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Kemampuan ini diukur dengan variabel waktu dan besarnya usaha yang dilakukan. Tidak ada pengertian energi selain ini yang sangat menggambarkan apa itu energi.

Dalam sistem SI, Energi memiliki satuan Joule. Satuan lain dari energi seperti KWh, Erg dan kalori digunakan dalam bidang tertentu untuk memudahkan. Konversi satuan energi dapat dilakukan melalui ketetapan bahwa 1 kalori=4.2 Joule dan 1 joule=1 watt sekon.

Macam Macam Energi(Macam macam tulisan) Setelah membahas tentang pengertian energi, kali ini akan diterangkan tentan berbagai macam bentuk energi yang telah diketahui oleh manusia. Perlu anda ketahui bahwa energi tidak mampu dimusnahkan (tidak akan hilang) akan tetapi berubah bentuk. Hal ini merupakan hukum kekekalan energi.

Macam macam energi: Matahari

1. Energi Kimia(Macam macam tulisan) Energi kimia adalah energi yang paling dibutuhkan oleh makhluk hidup dikarenakan pada bentuk kimiawi, energi mampu disimpan lebih lama. Energi kimia tersimpan dalam bahan bahan makanan. Dalam metabolisme sel, ATP adalah salah satu bentuk energi kimia yang paling berguna dan penting untuk manusia. Energi kimia juga tersimpan dalam bahan bakar yang sering kita gunakan seperti bensin, dan minyak tanah. Energi ini muncul karena terjadi proses pemecahan ikatan kimia dalam susunannya sehingga menghasilkan energi. Melalui penjelasan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa energi kimia merupakan energi yang paling utama di dunia ini.

Macam macam energi:Makanan

Macam macam energi:Kimia

2. Energi Panas(Macam macam tulisan) Energi panas adalah bentuk energi yang berubah menjadi kalor. Energi panas dapat muncul karena terjadi perubahan bentuk energi seperti pada reaksi energi kimiawi pada matahari yang mengakibatkan munculnya api serta panas yang berpindah secara radiasi.

Macam macam energi: Panas

3. Energi Bunyi(Macam macam tulisan) Energi ini merupakan salah satu bentuk perubahan energi. Bunyi mampu dihasilkan oleh tabrakan, tumbukan, serta banyak peristiwa lainnya asalkan ada penghantar seperti udara ataupun benda lainnya. Satuan bunyi adalah desibell

4. Energi Listrik(Macam macam tulisan) Energi listrik merupakan energi yang saat ini paling banyak digunakan dan dianggap penting oleh penduduk dunia. Energi ini muncul karena adanya perbedaan muatan antara dua buah titik penghantar. Energi listrik dihasilkan oleh pembangkit tenaga listrik. Energi ini mampu diperoleh dari perubahan berbagai sumber energi seperti air, angin, panas, cahaya, dan bahan bakar fosil (kimiawi). Energi tersebut dikonversikan menjadi energi listrik melalui terputarnya turbin yang merupakan dinamo yang mampu menghasilkan medan listrik. Untuk cahaya, energi listrik diperoleh berdasarkan reaksi fotovoltaik pada permukaannya sehingga menyebabkan perbedaan muatan dan menghasilkan listrik.Energi Terbarukan

Secara sederhana, energi terbarukan didefinisikan sebagai energi yang dapat diperoleh ulang (terbarukan) seperti sinar matahari dan angin. Sumber energi terbarukan adalah sumber energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global seperti pada sumber-sumber tradisional lain. Ini adalah alasan utama mengapa energi terbarukan sangat terkait dengan masalah lingkungan dan ekologi di mata banyak orang.

Banyak orang biasanya menunjuk energi terbarukan sebagai antitesis untuk bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil memiliki tradisi penggunaan yang panjang, sementara sektor energi terbarukan baru saja mulai berkembang dan ini adalah alasan utama mengapa energi terbarukan masih sulit bersaing dengan bahan bakar fosil.

Energi terbarukan masih perlu meningkatkan daya saing, karena sumber energi yang terbarukan masih membutuhkan subsidi untuk tetap kompetitif dengan bahan bakar fosil dalam hal biaya.

Energi terbarukan sering dianggap sebagai cara terbaik untuk mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim. Energi terbarukan akan mengurangi penggunakan bahan bakar fosil yang terus kita bakar, mengurangi pembakaran bahan bakar fosil berarti juga mengurangi emisi karbon dioksida dan memberikan dampak perubahan iklim yang lebih rendah.

Contoh dari energi terbarukan ini, adalah:

1. Energi Surya

Tenaga surya dapat digunakan untuk:

Menghasilkan listrik menggunakansel surya Menghasilkan listrik Menggunakanmenara surya Memanaskan gedung secara langsung

Memanaskan gedung melaluipompa panas Memanaskan makanan Menggunakanoven surya.

Memanaskan air melalui alat pemanas air bertenaga surya

2. Tenaga Angin

Turbin angindimanfaatkan untuk menghasilkan energi kinetik maupun energi listrik. Energi yang tersedia dari angin adalah fungsi dari kecepatan angin; ketika kecepatan angin meningkat, maka energi keluarannya juga meningkat hingga ke batas maksimum energi yang mampu dihasilkan turbin tersebut[5]. Wilayah dengan angin yang lebih kuat dan konstan seperti lepas pantai dan dataran tinggi, biasanya diutamakan untuk dibangun "ladang angin".

3. Tenaga AirEnergi air dimanfaatkan dalam bentuk:

Bendungan pembangkit listrik. Yang terbesar adalahThree Gorges damdiChina.

Mikrohidroyang dibangun untuk membangkitkan listrik hingga skala 100 kilowatt. Umumnya dipakai di daerah terpencil yang memiliki banyak sumber air.

Run-of-the-riveryang dibangun dengan memanfaatkan energi kinetik dari aliran air tanpa membutuhkan reservoir air yang besar.4. Biomassa

Biomassa dapat dimanfaatkan sebagai:

Bahan bakar bio cair

Biomassa padat

Biogas

Energi tak terbarukan

Sumber daya yang tidak terbarukan merupakan sumber daya alam yang dikonsumsi atau digunakan lebih cepat daripada yang dapat dibuat oleh alam. Dua jenis utama dari sumber daya tak terbarukan adalah bahan bakar fosil dan energi nuklir. Bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam, terbentuk dari tumbuhan dan hewan tetap selama periode 50-350 juta tahun yang lalu. Mereka mengambil jutaan tahun untuk terbentuk. Manusia telah mengkonsumsi bahan bakar fosil selama kurang dari 200 tahun, namun cadangan sisa minyak dapat menyediakan kebutuhan kita hanya sampai sekitar tahun 2055. Gas alam hanya dapat memasok kita sampai sekitar 2085. Batubara akan bertahan lebih lama, sampai sekitar tahun 2250. Itulah mengapa sangat penting untuk mengembangkan bentuk-bentuk energi alternatif , terutama untuk mobil kita. Saat ini, mobil listrik menjadi lebih banyak dan lebih umum.

Contoh dan pemanfaatan energi ini, adalah:

1. Minyak Bumi

Digunakan untuk kebutuhan bahan bakar, seperti bensin, kompor, dll.

2. Batu bara

Dapat digunakan sebagai pembangkit listrik, bahan bakar kereta api uap

Energi Alternatif

Energi Alternatif adalah sumber energi yang di gunakan untuk menggantikan sumber energi utama tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. Penggunaan energi alternatif bertujuan untuk mengurangi ketergantungan suatu negara kepada negara yang menjadi pemasok sumber energi utama seperti minyak bumi. selain itu juga bertujuan untuk mengantikan penggunaan sumber energi utama seperti bahan bakar minyak yang tidak terbarukan dan mengurangi efek pencemaran lingkungan yang semakin parah saat ini.

Jenis Sumber Energi Alternatif

Berikut ini merupakan contoh mengenai macam-macam sumber energi alternatif.

1. Energi Tenaga Nuklir

tenaga nuklir digadang-gadang merupakan energi alternatif yang mempunyai potensi hasil yang paling besar bagi kebutuhan energi manusia. Tetapi selain memiliki segudang kelebihan, tenaga nuklir juga mempunyai bahaya yang menakutkan bagi lingkungan dan makhluk hidup.

2. Energi Biomassa

Biomassa terdiri dari Tanaman hidup, pohon mati, dan serpihan kayu.

3. Energi Gas Alam

Merupakan energi yang terbarukan dan harganya lebih terjangkau daripada bahan bakar minyak.