edisi 1 tahun 2010

Upload: elsa-echa-pattikawa

Post on 07-Apr-2018

216 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • 8/6/2019 Edisi 1 Tahun 2010

    1/10

    Edisi 1 Tahun 2010

    TANGAN TUHAN DAN CAHAYA WAJAH TUHAN

    Sebab bukan dengan pedang mereka menduduki negeri (Kanaan),bukan lengan mereka yang memberi mereka kemenangan, melainkantangan kananMu, dan lenganMu dan cahaya wajahMu, sebab Engkauberkenan kepada mereka. Mazmur 44: 4.

    Perjalanan kita menapaki tahun 2010 adalah perjalanan kemenanganmenaklukkan musuh dan merebut apa yang Tuhan berika untukditaklukkan. Hal ini mirip dengan perjalanan Israel dari Mesir masuk keKanaan.

    Perjalanan umat Israel keluar dari Mesir dan menaklukkan Kanaan adalah

    karena tangan Tuhan yang kuat yang memberikan kemenangan. Ketikaberbicara tentang Hari Paskah, Musa katakan kepada umat Israel: .....sebab pada hari ini kamu keluar dari Mesir, dari rumah perbudakan; karenadengan kekuatan tanganNya Tuhan telah membawa kamu keluar.....(Keluaran 13: 3). Setelah Firaun dan tentaranya ditenggelamkan ke dalamLaut, Israel bermazmur dalam kemenangan : Tangan kananMu, Tuhan,mulia karena kekuasaanMu, tangan kananMu Tuhan, menghancurkanmusuh......... Engkau mengulurkan tangan kananMu; bumipun menelanmereka. (Keluaran 15: 6, 12).

    Perjalanan iman kita di tahun 2010 pun adalah mengalami kenyataantangan kanan Tuhan yang perkasa menjadikan kita pemenang dan naiklebih tinggi dalam kemenangan yang semakin besar. Mengalami tangankuasaNya dan hidup dalam terang cahaya wajahNya adalah dua hal yangsejajar dan menjadi satu kesatuan.

    Janji Allah yang digenapi dalam hidup kita adalah karena perbuatan tanganAllah dan karena terang cahaya wajah Tuhan menerangi kita. Dua hal ini

    adalah penentu kemenangan dalam hidup kita. Kita harus senantiasamengalaminya.

    Cahaya wajah Tuhan menyinari kita artinya hadirat Allah yang menerangihidup kita dengan kemuliaanNya. KemuliaanNya terpancar dari wajahNyayang berkenan kepada kita. Inilah yang dialami oleh orang yang hatinyafokus kepada Tuhan. Hati yang tulus mengasihi dan merindukanNya akanmembuat kita dapat berfokus kepadaNya. Tangan Tuhan artinya perbuatanbesar dan ajaib yang Dia lakukan bagi umatNya, supaya umatNya menjadisaksi yang meberitahukan kebesaran Tuhan. Diam dalam hadirat Tuhantelebih dahulu, hidup dalam cahaya wajah Tuhan, barulah mengalami

    1

  • 8/6/2019 Edisi 1 Tahun 2010

    2/10

    perbuatan tangan Tuhan.

    Ketika kita senantiasa hidup dalam terang cahaya wajahNya danmengalami tangan kananNya yang perkasa, maka kita sedang diubahkanmenjadi Bintang Timur untuk menyatakan kepastian kedatanganNya yang

    kedua kali. Karena itu kita harus senantiasa hidup dalam Prinsip KerajaanAllah supaya mengalaminya.

    Kamu pasti bisa!!!!!!!

    2

  • 8/6/2019 Edisi 1 Tahun 2010

    3/10

    Kamis, 14 Januari 2010

    Sebab bukan dengan pedang mereka menduduki negeri (Kanaan),bukan lengan mereka yang memberi mereka kemenangan, melainkantangan kananMu, dan lenganMu dan cahaya wajahMu, sebab Engkau

    berkenan kepada mereka. Mazm. 44: 4.

    Pengakuan kita atas perbuatan tangan Allah dan hidup terang cahayawajah Tuhan menentukan kemenangan dalam hidup kita. Cahaya wajahTuhan menerangi kita adalah ungkapan mataNya tertuju memperhatikanumatNya. Hasilnya, kemuliaanNya menerangi hidup umatNya, sehinggakegelapan dihancurkan di dalam terang hadirat Allah. ManifestasikemuliaanNya mengakibatkan kemenangan dan janji Allah digenapi,kehendakNya terjadi dalam hidup kita di bumi sebagaimana di sorga.

    M-1 Berdoa minta tuntunan dan pengertian Roh KudusM-2 Renungkanlah Mazmur 44: 4.

    Ayat 4. Bukan dengan pedang mereka dan bukan lengan merekayang membuat umat Israel berhasil merebut Kanaan. Apakah artinyaini? Menyangkal dirikah? Tidak mengandalkan kekuatan manusiawi?

    Prinsip apakah yang anda dapat melalui ayat ini? Bandingkan Lukas9: 23. Apakah anda telah diajar Tuhan untuk tidak mengandalkanmanusia dan kekuatan manusiawi dalam melakukan kehendak Allah?Prinsip Kerajaan Allah: mati bagi kepentingan diri sendiri, hidupkembali oleh kuasa kebangkitan Kristus untuk kepentingan Tuhan.

    Dapatkan dan renungkan prinsip mengandalkan Allah sebagai sumberkekuatan dan kemampuan dari ayat ini: Yohanes 5: 19, 2 Korintus3: 5-6, Filipi 4: 13, 2 Korintus 4: 6-7, Yeremia 17: 5-8. Tuliskan hasilperenungannya.

    M-3 Tangkaplah apa yang firman sedang nyatakan kepada anda, lakukantindakan penerapannya.M-4 Saksikanlah hasilnya.

    3

  • 8/6/2019 Edisi 1 Tahun 2010

    4/10

    Jumat, 15 Januari 2010

    M-1 Nyanyikan pujian dan ucapan syukur bagi Tuhan untuk hari yang telahDia ciptakan.

    M-2 Renungkan- Mazmur 44: 4. Apakah artinya Umat Israel meraih tanah Kanaan karena Tuhan yang

    memberikan kemenangan kepada mereka: dengan tangan kananNya dengan lenganNya dengan cahaya wajahNya sebab Tuhanberkenan kepada mereka.

    Uraikan, dan tuliskan perenungannya: tangan Tuhan dan lenganTuhan itu maknanya adalah:........ (Yesaya 41: 10-16, Yesaya 43:10-13, Mazmur 20: 7 - inilah perbuatan tangan Tuhan).

    Cahaya wajah Tuhan itu maknanya adalah: ............ (Mazmur 89:16-19, Mazmur 4:7-8 - inilah cahaya wajah Tuhan)

    M-3 Tangkaplah apa yang firman sedang nyatakan kepada anda, lakukantindakan penerapannya.M-4 Saksikanlah hasilnya.

    4

  • 8/6/2019 Edisi 1 Tahun 2010

    5/10

    Sabtu, 16 Januari 2010Cahaya wajah Tuhan artinya hadirat Allah yang menerangi hidup kitadengan kemuliaanNya. KemuliaanNya terpancar dari wajahNya yangberkenan kepada kita. Ini yang dialami oleh orang yang hatinya berfokuskepada Tuhan. Hati yang tulus mengasihi dan merindukanNya akan dapat

    fokus kepadaNya. Tangan Tuhan artinya perbuatan besar dan ajaib yangDia lakukan bagi umatNya, supaya umatNya menjadi saksi yangmemberitahukan kebesaran Tuhan. Diam dalam hadirat Tuhan telebihdahulu, hidup dalam cahaya wajah Tuhan, barulah mengalami perbuatantangan Tuhan.

    M-1 Berdoalah memohon pewahyuan baru dari Roh Kudus.M-2 Renungkan Mazmur 89: 16-25, Mazmur 4:7-8

    Ayat 16. Apakah yang terjadi dengan orang yang hidup dalam cahayawajah Tuhan? Bandingkan Mazmur 16: 11, cahaya wajah Tuhan adalah hadirat Allah

    yang menerangi kita. Kebalikannya Mazmur 30: 8, kehilangan hadiratTuhan. Yesus membawa hadirat Tuhan bagi kita (Yohanes 1: 4-5).

    Wahyu 21: 23-24. Apakah standard hidup orang yang ada di dalamalam surgawi? Hidup dalam terang siapa? Apakah artinya hari inidalam hidup kita?

    M-3 Tangkaplah apa yang firman sedang nyatakan kepada anda, lakukantindakan penerapannya.M-4 Saksikanlah hasilnya.

    5

  • 8/6/2019 Edisi 1 Tahun 2010

    6/10

    Minggu, 17 Januari 2010Daud adalah orang yang hidup dalam cahaya wajah Tuhan, sehinggamengalami tangan kuasa Allah dinyatakan.

    M-1 Baca dan terimalah firman Tuhan dalam terang Roh Kudus

    M-2 Renungkan- Mazmur 89: 16-25, Mazmur 27: 8-9 Daud seorang yang berkenan kepada Tuhan karena selalu mencari

    wajah Tuhan, dan ingin diam dalam hadiratNya senantiasa.Renungkan Mazmur 27: 8-9 dan ayat 4. Apakah yang diinginkan dandicari Daud dalam ayat ini?

    Mazmur 89: 20-21. Apakah tanggapan Tuhan terhadap Daud yangselalu mencari Tuhan? Apakah Tuhan berkenan kepada Daud?Apakah Daud diperhatikan Tuhan secara khusus?

    Apakah akibatNya (ay 22)? Renungkanlah, pengalaman dan

    perjalanan yang Daud alami bersama Tuhan, apakah semua itukarena tangan Tuhan yang bertindak di dalam hidupnya (ay 18, 25)?Apakah anda menginginkan tangan Tuhan dinyatakan dalamhidupmu?

    M-3 Tangkaplah apa yang firman sedang nyatakan kepada anda, lakukantindakan penerapannya.M-4 Saksikanlah hasilnya.

    6

  • 8/6/2019 Edisi 1 Tahun 2010

    7/10

    Senin, 18 Januari 2010

    Musa adalah orang yang selalau ingin ada dalam hadirat Tuhan. Ia maubejalan jika hadirat Allah ada bersamanya. Tuhan menghargaikrinduanMusa. Doanya sangat diperhatikan Tuhan.

    M-1 Baca dan terimalah firman Tuhan dalam terang Roh KudusM-2 Renungkan- Keluaran 33: 15-17

    Ayat 15. Apakah yang Musa katakan kepada Tuhan? Apakah iamenolak perintah Tuhan untuk berangkat dari gunung Sinai menuju keKanaan? Mengapa ia menolak?

    Perhatikan ayat 1-3. Tuhan menyuruh umat Israel berangkat dariSinai ke Kanaan, tetapi Tuhan tidak akan menyertainya, hanyadiwakilkan kepada seorang malaikat yang akan diutus, karena

    mereka tegar tengkuk. Jika Tuhan tidak menyertai, apakah hadiratAllah ada pada umatNya?

    Ayat 16. Apkah yang diminta Musa dari Tuhan? Apakah Musamenginginkan Tuhan berjalan bersamaya? Apakah ini kebutuhanMusa akan hadiratNya? Apakah jawab Tuhan di ayat 17?

    M-3 Tangkaplah apa yang firman sedang nyatakan kepada anda, lakukantindakan penerapannya.M-4 Saksikanlah hasilnya.

    7

  • 8/6/2019 Edisi 1 Tahun 2010

    8/10

    Selasa, Januari 2010

    Selasa, 19 Oktober 2009M-1 Berdoa dan bersyukurlah, bukalah hati bagi firmanNya

    M-2 Renungkan- Keluaran 33: 17-23 Ayat 17. Apakah yang Tuhan janjikan kepada Musa? Ada dua hal

    yang membuat Allah mengabulkan permintaan Musa,yaitu: ......................................dan .................

    Ayat 18, karena Tuhan mau kembali menyertai perjalanan umataNyake Kanan, apakah yang Musa minta dari Tuhan? Apakah ini ungkapankehausan Musa akan hadiratNya lebih dalam lagi?

    Renungkgan ayat 19-23. Apakah yang Tuhan jawab? Pelajaranapakah yang anda serap dari sikap Musa ini? Apakah teladan yang

    anda ingin ikuti dari Musa?M-3 Tangkaplah apa yang firman sedang nyatakan kepada anda, lakukantindakan penerapannya.M-4 Saksikanlah hasilnya.

    8

  • 8/6/2019 Edisi 1 Tahun 2010

    9/10

    Rabu, 20 Januari 2010

    Karena kerinduan Musa ingin melihat kemuliaan Tuhan dinyatakankepadanya, Tuhan menjawab kerinduan itu. Sebetulnya apa yang Muaminta adalah berakibat dia mati. Musa meminta sesuatu yang

    membahayakan dirinya, namun karena menginginkan kemuliaan Tuhan,maka Tuhan memberi jalan keluar di lekuk gunung.

    M-1 Nyanyikan pujian dan ucapan syukur bagi Tuhan untuk hari yang telahDia ciptakan.M-2 Renungkan Keluaran 34: 5-10

    Ayat 5. Bagaimanakah sikap hati Tuhan terhadap kehausan Musaakan hadiratNya? Lihat Keluaran 33: 19-23, sesungguhnya hal itutidak bisa dialami Musa, tetapi Tuhan memberi fasilitas untuk Musa

    bersembunyi di lekuk gunung, sehingga apa yang tidak mungkin, jadibisa. Ayat 6. Apakah yang Musa minta ketika Tuhan menyatakan diriNya? Ayat 10. Apakah jawab Tuhan? Karena ada di dalam terang kemulian

    Tuhan, Musa mengalami janji perbuatan tangan Tuhan yang dahsyat.Rincilah ayat ini dan tuliskan , apakah yang Tuhan akan lakukan? Iniadalah kepastian kemenangan.

    M-3 Tangkaplah apa yang firman sedang nyatakan kepada anda, lakukantindakan penerapannya.M-4 Saksikanlah hasilnya.

    9

  • 8/6/2019 Edisi 1 Tahun 2010

    10/10

    Kamis, 21 Januari 2010

    M-1 Berdoa dan bersyukurlah dengan hati yang haus akan Tuhan.

    M-2 Renungkan- Keluaran 34: 28-35 , 2 Korintus 3: 7-9 Ayat 29. Apakah yang terjadi akibat Musa dalam terang kemuliaan

    wajah Allah? Ayat 30, 35. Apakah akibatnya? Apakah yang Paulus katakan mengenai peristiwa yang dialami Musa

    (2 Korintus 3: 7-9)? Apakah Paulus sedang berbicara dampak rohanipelayanan dalam Roh Kudus masa kita ini? Dapatkan apa yangsedang Tuhan katakan kepda anda mengenai cahaya wajahNya danperbuatan tanganNya.

    M-3 Tangkaplah apa yang firman sedang nyatakan kepada anda, lakukantindakan penerapannya.M-4 Saksikanlah hasilnya.

    1