cemungudhb4rujkt.p 20110716

29
Sebuah rencana perbuatan untuk membangun Jakarta (juga Indonesia)

Upload: pico-seno

Post on 22-Jul-2015

346 views

Category:

News & Politics


1 download

TRANSCRIPT

Sebuah rencana perbuatan untuk membangun Jakarta (juga Indonesia)

  Sekelompok insan pemerhati politik menyimpulkan bahwa proses politik Indonesia saat ini sangatlah tidak kondusif untuk mewujudkan mimpi indah berbangsa dan bernegara seperti cita-cita bangsa dalam pembukaan UUD’45

  Kesimpulan tersebut muncul dari kenyataan bahwa sangat kecilnya harapan masyarakat akan proses politik yang bersih bila diserahkan pada politisi-politisi hari ini (skeptisme).

  Seolah makin memperburuk adalah minat masyarakat untuk memperbaiki keadaan semakin mengecil, justru karena takut terjebak ke dalam lingkaran setan sistem politik yang keruh (apatis).

  Para generasi baru politik tadi berkumpul dan bersepakat untuk melakukan perbuatan nyata untuk memperbaiki kondisi ini dengan mencari jalur alternatif yang bebas dari jebakan-jebakan para betmen politik

  Perbuatan nyata kelompok generasi baru politik ini diharapkan dapat di-amini dan kemudian bermetamorfosis secara alami menjadi gerakan masyarakat yang menginginkan perubahan nyata

  Agenda PilGub DKI 2012 kemudian terlihat sebagai sebuah peluang momentum

adalah perbuatan nyata yang dilakukan dengan c a r a - c a r a l u a r b i a s a y a n g m a m p u menggerakkan partisipasi warga untuk menjadikan Jakarta sebagai kota metropolitan yang nyaman

adalah rekayasa inspirasi bagi lahirnya gerakan Semangat Baru Indonesia

  Jakarta adalah barometer dinamika dan stabilitas yang menjadi rujukan pertama/utama media dan rakyat Indonesia

  Menggerakkan masyarakat Jakarta untuk berpartisipasi aktif dalam proses politik adalah tantangan besar bagi semua calon politisi dan masyarakat Jakarta itu sendiri.

  Masalah komunikasi politik Jakarta adalah cermin dari berbagai permasalahan nasional dan permasalahan daerah lain.

Kurangnya legitimasi

Komunikasi politik

tersumbat

Kepentingan kelompok

Rendahnya partisipasi masyarakat

Rendahnya orientasi

nilai

barrier

Semangat baru

Partisipasi masy

Jebakan betmen

Luas wilayah 7.659,83 km2

Luas daratan 662,33 km2

Luas Lautan 6.977,5 km2

Administrasi 5 kota dan 1 kabupaten administratif

Jumlah Penduduk

9.588.198 jiwa

PDRB 757 triliun rupiah

kemacetan air

bersih

sanitasi pertanahan

keamanan

Limbah

Tata Ruang

birokrasi

transportasi

Polusi udara

bajaj pendidikan

kriminalitas urbanisasi

banjir

solusi yang tersandera proses politik yang sarat dengan kepentingan kelompok

Dengan luas wilayah 662,33 km2 dan jumlah penduduk sekitar 9,6 juta jiwa, belum lagi ditambah arus komuter dari luar Jakarta pada siang hari sekitar 1,5 – 2 juta jiwa, menjadikan Jakarta sebagai kota yang sesak. Selain menimbulkan masalah keamananan, kepadatan penduduk ditambah dengan jumlah kendaraan pribadi: mobil sebanyak 2.116.282 unit dan motor sebanyak 7.518.098 unit (pertambahan jumlah kendaraan pribadi: 240 mobil dan 890 motor setiap hari) dan pertambahan panjang dan luas jalan yang tidak seimbang, mengakibatkan kemacetan yang luar biasa. Beberapa ahli menyatakan bahwa transportasi jalan raya di Jakarta akan mengalami kemacetan total pada tahun 2014. Belum lagi trotoar yang berubah fungsi menjadi lahan pedagang dan parkir kendaraan.

Kendaraan umum belum menjadi alternatif transportasi bagi warga Jakarta, karena dirasakan belum aman dan nyaman. Bahkan Transjakarta, busway, pun belum memenuhi harapan warga Jakarta dalam hal kenyamanan dan ketepatan waktu. Masih terlihat penumpukkan penumpang, terutama di halte-halte “transit” dan padat dan sesaknya penumpang dalam bus. Jalur khususnya pun sering dilalui oleh kendaraan lain.

Masalah lain yang masih terkait dengan kepadatan penduduk adalah masalah infrastruktur lain seperti perumahan dan akses terhadap air bersih serta masalah kualitas lingkungan dan pendidikan.

Kendaraan umum belum menjadi alternatif transportasi bagi warga Jakarta, karena dirasakan belum aman dan nyaman. Bahkan Transjakarta, busway, pun belum memenuhi harapan warga Jakarta dalam hal kenyamanan dan ketepatan waktu. Masih terlihat penumpukkan penumpang, terutama di halte-halte “transit” dan padat dan sesaknya penumpang dalam bus. Jalur khususnya pun sering dilalui oleh kendaraan lain.

Masalah lain yang masih terkait dengan kepadatan penduduk adalah masalah infrastruktur lain seperti perumahan dan akses terhadap air bersih serta masalah kualitas lingkungan dan pendidikan.

Pada tahun 2009 banyaknya jumlah banyaknya kejahatan/pelanggaran keamanan dan ketertiban yang dilaporkan mencapai 57.597 kasus. Namun yang berhasil diselesaikan hanya 24.053 kasus atau sekitar 41,76 persen

Akses terhadap air minum bersih pun masih menjadi masalah penting. Di Jakarta hanya sekitar 40 – 50 persen warga yang mempunyai akses terhadap air minum bersih

Pendidikan yang murah dan berkualitas adalah salah satu harapan terbesar warga Jakarta. Mereka berharap agar sekolah yang benar-benar gratis dapat terwujud tanpa pungutan apapun, bahkan hingga sampai tingkat pendidikan SMA dan setara.

  Ajakan agar warga lebih aktif berpartisipasi dalam proses politik tidak hanya pada pemilihan pimpinan daerah tetapi juga pada proses pembentukan dan pelaksanaan kebijakan.

  Partisipasi aktif dari masyarakat akan membuka sumbat-sumbat komunikasi politik dan mengangkat kearifan lokal sebagai solusi bersama.

  Partisipasi aktif nyata dari masyarakat luas juga akan mengurangi praktek-praktek transaksi politik yang manipulatif.

  Menggalang partisipasi aktif masyarakat Jakarta untuk terlibat dalam proses PilGub DKI 2012, demi mencapai proses politik yang bersih dan menghasilkan kepemimpinan efektif dengan legitimasi yang tinggi.

  Memenangkan calon gubernur alternatif, Imam Rasyidi pada proses Pemilihan Gubernur DKI Jakarta sebagai perwujudan dari keberpihakan masyarakat (partisipasi aktif) terhadap proses politik yang bersih.

Menyampaikan pesan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk kembali berdaulat.

  materi gerakan menyebar dan meluas melalui gerakan viral masyarakat melalui berbagai medium

  interaksi langsung dengan berbagai elemen masyarakat Jakarta

  penggalangan dana dari masyarakat (crowd funding)

  penyelenggaraan event-event terkait dengan permasalahan Jakarta: ◦  diskusi mencari solusi berbagai permasalahan ◦  bergotong-royong untuk menyelesaikan masalah lokal

Untuk mengerakan Semangat Baru Jakarta, diperlukan seorang pemimpin yang selalu siap dan berada di tengah-tengah warganya. Ia tidak berdiri di atas atau di bawah. Pemimpin haruslah seorang yang ikut bergerak dan memberikan atau menularkan energinya kepada warga Jakarta serta menjadi teladan. Ia haruslah orang yang jujur kepada diri sendiri dan warganya, bersih dari berbagai perbuatan tercela, dan berani berbuat untuk mencapai tujuan dan kebaikan Jakarta dan warganya.

Imam Rasyidi adalah orang yang tepat untuk memimpin gerakan Semangat Baru Jakarta, dan siap melayani warga Jakarta serta siap maju menjadi calon Gubernur DKI Jakarta dari kalangan non-partai (calon independen). Ia bukan seorang tokoh politik , namun paham politik. Ia ingin berbuat dari pada terus mengeluh.

BERANI

BERSAHAJA

BUKAN TOKOH POLITIK

JUJUR

MENOMORSATUKAN KEPENTINGAN BERSAMA

BERSIH

BERINTEGRITAS

ORANG BIASA

MEMAHAMI POLITIK

INDEPENDEN

Ia tidak pernah meminta-minta jabatan atau perlakuan khusus. Namun, rekan dan lingkungannya selalu meminta dan mendorongnya untuk menjadi pemimpin, seperti ketika ia didorong dengan susah payah oleh rekan-rekan almamaternya untuk menjadi Ketua Senat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 1988 - 1990, sebuah amanah yang kemudian ia jalankan dengan baik.

Pria 45 tahun ini lahir dan besar di Jakarta, dan menamatkan pendidikan menengahnya di SMA Negeri 1, Budi Utomo Jakarta. Ia paham betul dengan denyut kehidupan mayoritas penduduk Jakarta, karena ia lahir dari lingkungan keluarga bersahaja.

Dalam karirnya, sarjana ekonomi studi pembangunan ini, sempat mengenyam jabatan tinggi di beberapa perusahaan nasional dan multinasional. Namun, karena keinginan yang kuat untuk menjadi seorang usahawan, jabatan-jabatan bergengsi tersebut, dengan fasilitas-fasilitas “super”, rela ia tinggalkan. Dengan susah payah, kini, perusahaan kontraktor rumah yang ia dirikan sudah dapat menghidupi ia dan keluarganya, walaupun belum menjadi usaha yang besar.

Ketika ia baru memulai usahanya, beberapa kalangan meragukan keberhasilannya, karena latar belakang pendidikan dan karirnya jauh dari usaha yang ia dirikan. Tapi ia mampu membuktikan bahwa hal yang tidak mungkin menjadi mungkin dan terealisasi.

Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak yang mempunyai keperdulian yang sama terhadap proses politik Jakarta maupun Indonesia saat ini. Lebih lanjut lagi, kami sangat mengharapkan keterlibatan saudara-saudari dalam gerakan ini. Dukungan terkecil dalam bentuk apapun merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kesuksesan gerakan ini.

  Tenaga (sukarelawan)   Pendanaan   Endorsement   Atau apapun juga..

untuk berpartispasi dalam gerakan ini dalam bentuk:

www.imamrasyidi.com Kunjungi website sbj

belumberes.com

 @imamrasyidi  @saptadi  @dapih  @Aft4  @zulfikar_bmr  @St_Dedi  @endalayukallo  @kensaptomoadji

 @ariesprima  @AriesPAji  @d3to  Ayudha  nama anda..  pacar anda..   si abang ojek..  dan jutaan warga

lainnya..?

karena hati adalah sumber energi terbesar manusia