cara membuat bootable flashdisk lewat cmd-cahyo-12140937

5
NIM : 12140937 Nama : Cahyo Hendratmono Membuat USB Bootable Installer Windows 7 USB juga sering kali digunakan untuk menginstal Windows. Selain lebih praktis Menginstal lewat USB terbukti lebih cepat dibandingkan mengunakan DVD. USB Bootable dapat dibuat tanpa menggunakan tool atau software tambahan apapun, cukup dengan command promt yang ada di Windows. Tidak hanya Windows 7 dan Windows 8 saja yang bisa dibuat mengunakan cara ini, Windows server 2008 hingga windows server 2012 pun bisa. Berikut cara membuat USB Bootable Windows 7 dan Windows 8 Tanpa Tools: 1. Langkah pertama yang Anda perlu lakukan tentunya adalah colok Flashdisk ke USB port Anda. 2. Berikutnya buka command prompt Anda dengan cara mengetik “cmd” dibagian Search programs and files. Klik kanan, lalu pilih Run as administrator. Ingat harus Run as administrator karena jika cmd tidak di—run sebagai administrator maka akan ada beberapa perintah yang tidak dapat dijalankan. Langkah ini digunakan jika USB flashdisk Anda belum pernah digunakan sebagai Bootable USB Installer. Jika USB flashdisk Anda pernah digunakan sebagai USB installer Anda dapat langsung menuju ke langkah ke 6 dengan catatan memformat USB flashdisk Anda. 3. Ketik peritah diskpart, maka prompt akan berubah menjadi DISKPART> Tugas Sistem Operasi 2 Membuat Bootable Disk dari Flash Disk

Upload: yusuf-eko-rohmadi

Post on 02-Jan-2016

81 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

Create Bootable Win7 with command prompt

TRANSCRIPT

Page 1: Cara Membuat Bootable Flashdisk Lewat Cmd-cahyo-12140937

NIM : 12140937Nama : Cahyo Hendratmono

Membuat USB Bootable Installer Windows 7

USB juga sering kali digunakan untuk menginstal Windows. Selain lebih praktis Menginstal lewat USB terbukti lebih cepat dibandingkan mengunakan DVD. USB Bootable dapat dibuat tanpa menggunakan tool atau software tambahan apapun, cukup dengan command promt yang ada di Windows. Tidak hanya Windows 7 dan Windows 8 saja yang bisa dibuat mengunakan cara ini, Windows server 2008 hingga windows server 2012 pun bisa. Berikut cara membuat USB Bootable Windows 7 dan Windows 8 Tanpa Tools:

1. Langkah pertama yang Anda perlu lakukan tentunya adalah colok Flashdisk ke USB port Anda.

2. Berikutnya buka command prompt Anda dengan cara mengetik “cmd” dibagian Search programs and files. Klik kanan, lalu pilih Run as administrator. Ingat harus Run as administrator karena jika cmd tidak di—run sebagai administrator maka akan ada beberapa perintah yang tidak dapat dijalankan.  Langkah ini digunakan jika USB flashdisk Anda belum pernah digunakan sebagai Bootable USB Installer. Jika USB flashdisk Anda pernah digunakan sebagai USB installer Anda dapat langsung menuju ke langkah ke 6 dengan catatan memformat USB flashdisk Anda.

3. Ketik peritah diskpart, maka prompt akan berubah menjadi DISKPART>

4. Selanjutnya ketik list disk untuk menampilkan disk yang tersedia pada komputer kita saat ini.

Tugas Sistem Operasi 2Membuat Bootable Disk dari Flash Disk

Page 2: Cara Membuat Bootable Flashdisk Lewat Cmd-cahyo-12140937

NIM : 12140937Nama : Cahyo Hendratmono

(Gambar di atas menunjukkan bahwa Disk 0 dan Disk 1 adalah harddisk utama komputer yang berkapasitas 298 GB, sedangkan Disk 2 adalah flashdisk yang berkapasitas sekitar 8GB yang akan menjadi sarana bootable installer)

5. Kosongkan flashdisk terlebih dahulu, juga backup data yang ada di dalam flashdisk. Kemudian lakukan format terlebih dahulu pada flashdisk tersebut. Ketik peritah – perintah select disk untuk mengaktifkan drive yang akan di format

select disk 1

Angka 1 adalah nomor disk yang ingin diformat, silahkan sesuaikan dengan keperluan

clean

Untuk membuat partisi hardisk ketik perintah :

create partition primary

Tugas Sistem Operasi 2Membuat Bootable Disk dari Flash Disk

Page 3: Cara Membuat Bootable Flashdisk Lewat Cmd-cahyo-12140937

NIM : 12140937Nama : Cahyo Hendratmono

Kemudian aktifkan partisi primary yang dibuat:

select partition 1 active

Setelah itu baru bis kita lakukan format pada flash disk dengan perintah :

format fs=NTFS

Tunggu sampai 100 %

assign

exit

6. Setelah berhasil di format, selanjutnya kita akan membuat flashdisk kita menjadi bootable dengan bantuan utilitas bootsect yang terdapat pada Windows 7. Masih pada command prompt yang sama, mari kita lanjutkan.

Tugas Sistem Operasi 2Membuat Bootable Disk dari Flash Disk

Page 4: Cara Membuat Bootable Flashdisk Lewat Cmd-cahyo-12140937

NIM : 12140937Nama : Cahyo Hendratmono

Masukkan DVD Windows 7 pada DVD Drive komputer kita (atau dapat menggunakan master iso dari windows 7 yang di-load menggunakan virtual disk), lalu ubahlah ke direktori dimana DVD tersebut berada, dengan perintah:

E: cd boot

(dengan asumsi drive DVD atau virtual disk adalah e:)

Pindah direktori ke direktori Installer Windows 7

Gunakan bootsect untuk membuat flashdisk kita menjadi bootable. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah:

bootsect /nt60 j:

(diasumsi flashdisk saya berada pada drive letter j:)

7. Tutup windows command prompt Anda. Copy-lah semua file instalasi yang ada di DVD drive Anda ke flashdisk Anda. Bila telah dicopy, sekarang flashdisk sudah bisa bootable.

 

Tugas Sistem Operasi 2Membuat Bootable Disk dari Flash Disk