bagaimana lebih sukses di tempat kerja

17
BAGAIMANA supaya lebih sukses di tempat kerja? Editor: Drs. Nur A. Soedjatmiko, MBA Ilustrator: Alfons Hendrata Petunjuk Praktis Pengembangan Pribadi Lembaga Psikologi & Manajemen BINA GRAHITA MANDIRI

Upload: nur-agustinus

Post on 11-Nov-2014

2.817 views

Category:

Career


12 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

BAGAIMANA

supaya lebih sukses

di tempat kerja?

Editor:Drs. Nur A. Soedjatmiko, MBA

Ilustrator:Alfons Hendrata

Petunjuk Praktis Pengembangan Pribadi

Lembaga Psikologi & Manajemen

BINA GRAHITA

MANDIRI

Page 2: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

2

Trik bekerja dengan cerdas

Ingin berhasil dalam karir dan dihargai? Bekerja keras memang perlu,tetapi menyiasati kerja dengan cara cerdas juga tak kalah penting.Kuncinya, jangan ragu menggali potensi yang Anda miliki serta kemudianmengekspresikannya.

Buatlah ide-ide yang brilian dan penuh kejutan untuk membuat lawanbicara terkesan serta memandang Anda sebagai “seseorang yang patutdiperhitungkan”. Berikut tips yang bisa menuntun Anda meraih suksesdengan menggali potensi yang dimiliki:

Mulai dari yang besarBuatlah kerangka topik dan penjelasan yang langsung kena saran.Dengan demikian lawan bicara tidak merasa kehilangan waktumendengarkan Anda.

Tunjukkan ekspresi“Lakukan kontak mata dan gunakan gerakan tangan untukmengekpresikan diri Anda,” demikian David J. Lieberman, penulis “GetAnyone to Do Anything”. Cara ini ditanggung membuat orangmengangguk-angguk setuju dengan ide Anda.

Libatkan atasanSaat mengajukan rencana padaatasan, beri penekanan bahwasebenarnya rencana itu timbuldari ide beliau. Membuat atasanseperti dilibatkan akanmembuatnya semakin tertarikdengan ide Anda, dan kemudiantak ragu-ragu meluluskannya.

Ingatlah, usahakan untukberkomunikasi langsung padatujuan. Berputar-putar akanmenjengkelkan orang yang

mendengarkan...!

Page 3: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

3

Tujuh cara jitu meningkatkan karir

Setiap orang pasti menginginkan karirnya meningkat. Namun tak sedikityang mengeluh selalu gagal. Berbagai jalan rasanya telah dicoba, namunmengapa laju karir tetap berjalan lambat ya? Jangan putus asa, mungkinAnda kurang awas dan melewatkan celah di depan mata Anda. Cobalahtujuh cara yang bisa meningkatkan karir di kantor:

1. Memiliki ijasah dalamketerampilan apapun yang bisaberguna sebagai penguat jabatan diperusahaan Anda. Setiap orang diperusahaan Anda mungkin memilikiijasah dari perguruan tinggi, tetapicoba tunjukkan kelebihan apa yangAnda miliki. Sertifikat dalamketerampilan atau ilmu penting jugabisa berbanfaat dalam industritertentu. Jika ijasah sarjana Andaditunjang dengan sertifikat ini,bayangkan siapa kira-kira yang akanmendapat bayaran lebih tinggi?

2. Mintalah tanggung jawab yanglebih besar kemudian buktikan bahwaAnda berhak mendapatkannya danmampu menanganinya. Berdasarkansebuah sumber, kurang dari 5-10% dariseluruh pegawai yang berani memintatanggungjawab lebih, maka ini akanmenjadi jalan mudah bagi Anda untukmemisahkan diri dari kelompok yang takberani tersebut.

3. Terimalah tanggungjawab skilltraining sebagai tanggungjawabpertama Anda. Investasikan diriAnda sendiri sebelum Andamengharapkan orang lainmelakukannya, dan Anda akanmendapatkan imbalannya.

Page 4: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

4

4. Tentukan seberapa tinggi Andaingin terbang dan di mana Anda inginmenargetkan posisi Anda. Terlalu banyakorang hanya mengerjakan pekerjaannya,tanpa memiliki target tujuannya.Kemudian mereka akan merasa heran,mengapa mereka tidak mengakhiripekerjaannya dengan tujuan yang lebihbaik. Aturlah keinginan Anda danputuskan sejak sekarang.

5. Tingkatkan standar Anda.Mulailah dari penampilan, tunjukkanbahwa penampilan Anda lain darisemua orang di kantor. Mulai darikemeja yang lebih bagus, lebih rapidan bersih. Seringkali orang menilaiAnda hanya dari penampilan danmenghargai serta mempercayai orangyang berpenampilan paling oke. Sepertikata-kata berikut, orang menilai mulaidari harum tubuh, penampilan gagahatau ganteng nan rapi, pembawaanyang menarik, kepribadian menarikdan..setelah itu pasti lelaki ini memangsempurna.

6. Kerjakan pekerjaan Anda dengan teliti, tak perlu terburu waktu.Mengerjakan dengan waktu lama namun hasil memuaskan adalah yangdicari. Anda perlu waktu beberapa jam untuk menjadi ahli dalampekerjaan Anda.

7. Jangan mengharapkan terlalu banyak pujian sebelum Andamemberikan lebih bagi diri Anda. Jika jumlah besar uang yang Andahasilkan adalah nilai sebanding dari nilai pekerjaan yang Andaciptakan, maka Anda harus mencari jalan untuk mengantarkan lebihbanyak nilai untuk lebih banyak orang dalam waktu singkat.Demikian tujuh cara jitu yang bisa Anda terapkan mulai besok..ataubahkan hari ini. Jadi kejarlah target karir Anda, hambatan hanyalahmasalah ringan yang merupakan bumbu persaingan.

Page 5: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

5

Konsentrasi saat bekerja

Kerjaan sederhana bisa menjadi sangat berat jika pikiran tak terfokus.Sebabnya apalagi kalau bukan karena tak ada konsentrasi. Hal initentunya akan menjengkelkan... Berikut beberapa tips yang bisa Andaterapkan agar pikiran menjadi tenang sehingga bisa bekerja denganbaik.

Pejamkan mata Anda danaturlah nafas dengan baik.Coba dengarkan suara nafasAnda sendiri. Teoripernafasan diakui sangatefektif memberikanketenangan. Tak usah jauh-jauh, sejak jaman dahulu orangcina melakukan tai chi yaitusalah satu teknik pernafasan.Hasilnya..sangat menakjubkan.

Saat mata terpejam, cobalah untuk mengenali satu suara. Perlahan-lahandengan tenang buatlah suara tersebut menjadi sebuah irama yang indahdidengar. Dengan begitu Anda akan menikmatinya. Perasaan nikmat atausuka dapat memunculkan semangat bekerja.

Jangan biarkan perut Anda keroncongan. Perut lapar tak bisa diajakkompromi. Jika rasa lapar itu menyerang saat lewat jam makan siang,Anda bisa mencoba sesuatu yang ringan semacam buah-buahan.

Jika Anda punya cukup waktu, carilah suasana baru. Misalnya denganberjalan-jalan seputar halaman kantor. Saat ada waktu luang cobalahuntuk lebih rileks dan santai.

Air sangat membantu untukmengembalikan fokus perhatianAnda. Jadi, ketika konsentrasimulai terpecah cobalah untukmeneguk air minum. Ada baiknya diatas meja Anda selalu tersediagelas dengan air yang penuh. Otakmanusia memerlukan air agar bisaberfungsi dengan baik.

Page 6: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

6

Bagaimana mengurangi stres dalam bekerja?

Apapun rutinitas Anda, pekerjaan memang dapat membuat Anda streswalaupun segalanya kelihatan lancar-lancar saja. Agar Anda tidak cepattergoncang stres, belajarlah untuk tidak mengambil hati masalah-masalah kecil yang terjadi di kantor.Mereka yang sukses mengatasi problema ini tidak mempunyai waktuuntuk frustrasi, karena mereka memiliki segudang produktivitas. Merekasering bilang take it easy. Yang lebih penting, mereka belajar menikmatiwaktu di kantor. Coba simak berikut ini cara-cara agar stress Andaberkurang dan mulai menambah kesuksesan Anda.

Nikmati waktu Anda di kantorYang mengetahui rutinitas sehari-hari adalah Anda sendiri. Memangmaunya sih kerja di kantor seperti di rumah. Tapi, bila Anda tidakberhati-hati, bisa-bisa pekerjaan Anda sehari-hari hanya membayangkanyang enak-enak saja dan lupa pada tugas kantor. Sebaiknya, Anda lebihmemusatkan perhatian pada pekerjaan, yang akan membuat semangatmeningkat dan Anda lebih fun mengerjakan tugas.

Jangan pernah mengatakanhari ini saya harus pergikerjaKarena jika Anda mengatakan, sayaharus pergi kerja, berarti Anda tidaksuka pekerjaan Anda. Cobalahmengatakannya dengan gaya yang lainatau tempo yang lebih riang. Misalnya,saya dalam perjalanan menuju kekantor atau hari ini adalah hari yangindah untuk bekerja.

Membuat pekerjaan membosankan jadi menarikAnda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan mengeluh setiap hariatau meneruskannya melakukan yang terbaik. Anda dapat mencari jalankeluar untuk membuat pekerjaan Anda menjadi menarik di mata Anda.Lagipula, semakin Anda bersemangat dan menanamkan pikiran positifdibenak Anda, untuk membuat pekerjaan Anda tidak membosankan,waktu Anda tak akan habis di dalamnya. Mereka yang menghadapipekerjaannya dengan cara positif, hampir selalu menjadi orang yangsukses.

Page 7: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

7

Belajar mengatakan tidakSalah satu hal yang membuat dirikita terlibat dalam masalah adalahkomitmen yang terlalu banyak.Janganlah berusaha menjadipahlawan, dengan selalumengatakan iya terhadap tugas-tugas lainnya. Anda akan merasasakit hati karena banyak sekalipekerjaan yang harus Andalakukan. Trik untuk menghindarinyaadalah memutuskan saat yang tepatuntuk mengatakan iya dan tidak.

Memperkuat kehadiranAndaInti dari kehadiran Anda yangkuat adalah merasa nyamandengan keberadaan Anda danAnda mengetahui di manamenempatkan diri. Bila Andamemilikinya, orang yang beradadekat dengan Anda akan merasabahwa Anda benar-benar adadisana dengan mereka. Carauntuk memperkuat kehadiranAnda adalah denganmempertajam konsentrasi danmenyelesaikan stres Anda.Pusatkan perhatian Anda danberusaha untuk menghentikanpikiran Anda yang mengembara.

Temukan keseimbangan AndaJika Anda merasa di ujung tanduk, mulailah mengevaluasi prioritas yangberbeda dari pekerjaan. Mulailah menjadwal kegiatan Anda. Cobangobrol dengan mereka yang tidak terkena stress dan Anda akanmenemukan bahwa mereka memiliki hidup yang seimbang. Ini berarti,walaupun mereka bekerja keras, mereka tetap memiliki kehidupan lain diluar pekerjaannya. Fokuskan pikiran Anda bahwa life is wonderful apapun yang Anda kerjakan.

Aku harus bisamerasa nyaman

di tempat kerjakuini...

Page 8: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

8

Mengapaaku merasakesal hari

ini?

10 Cara Atasi Rasa Kesal di Tempat Kerja

Anda merasa kesal di Kantor? Apabila anda merasa kesal atau marah ditempat kerja. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untukmenghindari kekesalan anda:

1. Akuilah kalau anda kesalPara ahli sering menyarankan untuk meluapkan rasa amarah kita jikakita sedang emosi, hal ini untuk mengatasi menumpuknya kekesalan.

Aku merasajengkel sekali

hari ini...!

Mengapa?Kamu sedang

punya masalahapa?

2. Tidak semua kekesalankarena diri andaBanyak orang menyalahkan dirisendiri sebagai penyebab adanyamasalah, Cobalah berdialogdengan seseorang rekan anda.

3. Tak perlu meratapi kesalahanyang telah terjadiDalam bekerja suatu kali kitapasti melakukan kesalahan, danhal itu adalah manusiawi.

4. Kenali kebiasaan atasanDengan mengetahui momen yangbaik dan buruk dan mempelajarikebiasaan dengan teliti.

Page 9: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

5. Bersikap cerdik ketika sedang kesalMotivator terbaik adalah kekesalan atauamarah. Dengan amarah cobalah mencariperubahan positifnya. Hindari gerundelanyang tak menghasilkan. Lebih baikmenyatakan dengan terus terangkeinginan anda kepada atasan daripadaanda menggerutu di belakang.

6. Tetap bersikap tenangJika amarah menjelang kita maka kontroldiri akan hilang, sehingga kita harushitung dalam hati, dan tarik napas dalam-dalam dan minumlah.

8. Curahkan isi hatiCurahkan isi hati pada temanakrab atau pada diri sendiri,pilihlah teman yang memiliki akaldan kebijakan.

9. Lampiaskan emosi pada gerakbadanEmosi akan berdampak padakondisi kesehatan. Maka lakukanolah raga yang menguras tenaga,sehingga emosi akan tercurah.

7. Tentukan apakah masalah patut diatasiBila kesal datang, tanyakan pada diri sendiri apakah persoalan ini akanterulang lagi. Jika ya, maka kita harus mempersiapkan diri untukmengatasinya, jika tidak maka diamkan saja.

10. Kalau perlu, ambillah cutiBila sudah tak ada jalan lain, jikasemua cara yang anda lakukan takmenghasilkan maka cobalah untukmengambil cuti dengan itu mungkinanda akan menemukan solusikekesalan anda.

9

Page 10: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

10

Tips Agar Anda Betah Bekerja di Perusahaan

Sekarang ini sering kali kita dengar betapa sering karyawan dijuluki ‘sikutu loncat’ karena seringnya berpindah dari satu perusahaan keperusahaan yang lain. Adakah untungnya? Bukankah kita harusberadaptasi dengan perusahaan yang baru, rekan yang baru, dantentunya harus mempelajari lagi banyak hal baru. Bukankah kita semuaketahui bahwa durasi kerja yang pendek terlihat kurang bagus diCuricullum Vitae (CV)? Mengapa tidak bekerja di perusahaan yang samauntuk jangka waktu yang cukup lama terutama jika perusahaanmemberikan kesempatan berkembang yang baik?

Agar Anda betah bekerja di perusahaan, berikut ini ada beberapa tipsYohana Susanto, General Manager – The Jakarta Consulting Group,memberikan tips untuk Anda sehingga membuat Anda terus berkembangdengan sendirinya dan makin betah.

Fokuslah pada pekerjaan selama bekerjaJangan bekerja hanya semata untuk mengisi waktu atau mencari teman.Atasan akan dapat secara langsung melihat motivasi anda bekerja. Jikadilihatnya Anda tidak serius sewaktu bekerja, menggunakan waktuluang justru dengan ngobrol dan mengganggu rekan kerja, tentunyaatasan Anda akan senantiasa dipaksa untuk mengawasi Anda.Konsekuensinya, Anda bukannya meringankan tugas atasan akan tetapilebih menambah pekerjaan, karena harus terus “menjaga” Anda.Anda akan dibuatnya tidak kerasan dan Anda pun akan semakin merasatertekan. Karenanya selama bekerja fokuskanlah pikiran Anda padapekerjaan.

Jika ada waktu luangisilah dengan hal-hal yangkonstruktifMisalkan, rapikan file atau data-data. Ambilah inisiatif sendiri.Anda dapat juga langsungmenghadap atasan untukmenanyakan pekerjaan yang dapatAnda lakukan. Dapat dipastikanatasan Anda akan menghargainyakarena anda terus bekerja untukmembantunya.

Page 11: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

11

Hindari rutinitasHal lain yang membuat Anda ingin berpindah adalah rasa bosan yangberlebihan. Karenanya, hindari rutinitas-rutinitas dalam bekerja.Carilah terus cara lain yang lebih kreatif dan efisien dalammengerjakan suatu hal, dengan sendirinya kinerja Anda akan dapatterus meningkat dan Anda tidak akan cepat merasa bosan. Biasakan diriuntuk terus mengikuti perkembangan teknologi, misalnya, tentunya halyang baru akan membuat anda terus bersemangat. Ciptakan pulalingkungan bekerja yang tidak hanya bersih dan rapi tetapi juganyaman. Satu pot kecil tanaman atau bunga di ujung meja akanmemberikan suasana kerja yang lebih nyaman dan segar. Tanaman jugabaik untuk dipandang bila kita terus bekerja di depan monitor.

Cari terus tantangan baruDalam bekerja tentunya kita ingin terus berkembang. Perasaaan tidakdapat berkembang di suatu perusahaan merupakan alasan yang palingsering diutarakan bila mencari pekerjaan yang baru. Lakukan duluevaluasi terhadap diri Anda. Bersediakah Anda sewaktu atasanmemberikan pekerjaan yang di luar tanggung jawab Anda yang sekarangsehingga Anda harus bekerja hingga larut malam? Menggerutukah Andasewaktu diminta mengorganize acara kantor yang tentunya bukan tugasAnda? Anda melakukan kesalahan besar bila menolak ini semua, karenaatasan Anda sedang mempertimbangkan Anda untuk suatu tanggungjawab yang lebih besar. Bilamana atasan Anda tidak pernah memberikesempatan tetapi Anda merasa mampu, tawarkanlah diri danbuktikanlah.

Rasanya akusudah mulai bosanbekerja di sini?

Mengapa? Cobalahuntuk membuat

suasana lingkungankerja yang nyaman

untukmu...

Page 12: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

Kembangkan terus diri AndaBila perusahaan Anda menyediakanberbagai pelatihan, gunakanlahsecara maksimal. Jika belum,usulkanlah agar training- trainingmulai dapat dijalankan. Selain itu,gunakanlah waktu Anda denganterus belajar. Dalami terus bidangpekerjaan Anda dan ikuti terusperkembangannya. Dengan wawasanyang bertambah luas, dengansendirinya kesempatan akan terusterbuka, dan Anda akan merasasemakin kerasan di sana.

Jangan lari dari konflikKonflik di kantor sering kaliterjadi, baik itu dengan atasan,rekan sekerja, maupun bawahan.Janganlah lari dari suatuperusahaan karena Anda inginmenghidari konflik, karena ditempat lain pun ada kemungkinanbesar Anda akan mengalami halyang sama. Konflik sebaiknyadihadapi, dibicarakan bersama,dan diselesaikan secarakekeluargaan. Gunakan interper-sonal, negotiation, dan leadershipskill Anda.

Oh ya, kalaupun Anda tetap ingin pindah kerja, ada baiknya perhatikanbeberapa hal berikut:

l Situasi orang lain selalu terasa lebih baik.l Pastikan informasi yang Anda dengar adalah informasi yang akurat.l Pastikan kultur perusahaan sesuai dengan kepribadian Anda.l Pastikan Anda memiliki alasan positif untuk pindah.l Pastikan pekerjaan yang baru memberi nilai tambah pada Anda.l Bila pindah, pastikan meninggalkan kesan yang baik...!

12

Page 13: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

Yang Tabu di Tempat Kerja

Ada 8 tabu dan kalau diabaikan, karier Anda bisa terancam. Anda bolehasyik bekerja di kantor, tetapi jangan pernah lupa akan aturan mainnya.

Begitu Anda dinyatakan lulus tes masuk sebuah perusahaan, biasanyapihak personalia langsung menjelaskan peraturan yang berlaku di sana.Mulai dari undang-undang ketenagakerjaan sampai tunjangan ataukebijaksanaan perusahaan. Tetapi di samping itu, sebenarnya adaaturan yang harus diketahui agar tak salah langkah dan berbuat, inilah8 hal tabu yang tak boleh Anda lakukan di kantor mana pun juga.

Ingat-ingatlah akan hal ini dan hindari !

Tabu 1: Mengeluh Saat Krisis MelandaLizz Starr, executive director dari Skincare Product Development,berkata bahwa karyawan yang selalu datang mengadu dan mengeluhketika krisis tiba menunjukkan bahwa ia tak bisa menangani stress. Jadibila nanti masalah datang pikirkan minimal dua solusi. Bila peran ataupersetujuan atasan diperlukan dalam solusi ini, maka sampaikan masalahitu dengan tenang berikut cara penyelesaiannya. Ingat, krisis bolehmelanda, tetapi Anda harus bisa menemukan solusinya.

Tabu 2: HP Berdering Saat MeetingSungguh menjengkelkan mendengar dering telepon saat seseorangsedang presentasi. Apalagi bila itu dilakukan di tempat klien, dan Andamengharap dapat proyek besar darinya.

Ya, memangmasalah datangsilih berganti,tapi cobalahmenemukansolusinya...

Pekerjaankuterlalu berat,Masalah yangkuhadapi juga

banyak...

13

Page 14: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

14

Alangkah baiknya bila Anda mengatur telepon dalam posisi “silent”begitu masuk ruangan meeting. Mengurangi suara tak membawa manfaat.Karena sekecil apa pun, bunyinya akan terdengar juga dan terkadanglebih mengganggu lagi. Sebab suara sayup-sayup membuat semuabertanya-tanya, HP siapakah yang berbunyi. Selain itu juga mengganggukonsentrasi pembicara dalam acara tersebut.

Tabu 3: Pura-pura MembantuJangan pernah menawarkan bantuanpada teman, apalagi bos, saat Andabersiap melangkah ke luar kantor.Tawaran bantuan yang disampaikanoleh pegawai yang telah menyandangtas adalah uluran tangan asal-asalan.Bagaimana saya bisa minta tolongpadanya, kalau pikirannya sudah sampaidi rumah, atau pacarnya sudahmenunggu di lobby kantor? Jelas ituCuma basa basi saja.

Tabu 4: Kiriman Berlembar-lembarKecanggihan e-mail memang sangat menggoda. Hanya dengan menekansatu tombol Anda sudah bisa meraih banyak orang. Tetapi ingatlah saatmengirim pesan jangan terlalu serakah. Artinya, Anda tak perlu mengirimhingga 10 halaman sekaligus. Alangkah baiknya bila pesan e-mail bisadisampaikan dalam 5 kalimat saja. Dan saat mengirim e-mail, jangan lupamencantumkan subjek/topik bahasan. Jangan biarkan si penerimabertanya-tanya dan terpaksa mencari-cari dalam rimba kata-kata Anda.Ingatlah semakin sederhana pesan yang Anda buat akan lebih baik.

Tabu 5: Menghilang Dari KantorMeninggalkan kantor lebih dari setengah jam kerja tanpa pemberitahuanadalah tindakan yang tak bisa dimaafkan. Anda bisa dituduh punyapekerjaan sampingan, tidak loyal, malas. Maka bila Anda memang takdapat hadir selama setengah hari, telepon segera. Bila sakit, sampaikansecepatnya. Kalau Anda akan berada di luar kantor dalam waktu yangcukup lama, bekali sekretaris, atau rekan kerja dengan nomor teleponyang bisa dihubungi. Pasang voice mail, dan periksalah dengan rajin.

Page 15: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

15

Tabu 6: Tiada Catatan Saat PertemuanAnda akan langsung dicap tidak professional bila selama meeting takberbuat apa-apa. Jadi di setiap pertemuan, baik meeting resmi ataukunjungan singkat ke ruang kerja atasan, bawalah selalu alat tulis dangunakan dengan semestinya. Catatlah hal-hal penting. Janganmenggambar bunga-bungaan atau desain baju. Karena ini juga akanmenunjukkan bahwa Anda tak punya perhatian pada pertemuan ini.

Tabu 7: Rajin Cari MukaBila ingin bos memperhatikanAnda, maka kerjakan tugasdengan baik. Perhatian berlebihakan membuat bos muak danjengkel. Iapun bisaberanggapan, Anda tak punyapekerjaan sehinggamenghamburkan waktu denganmencari muka pada atasan. Bilapekerjaan Anda beres, bos akantahu bahwa Anda telah bekerjadengan baik dan itu akanmenjadi bahan pertimbangannyadalam memberi penilaian danpenghargaan di kemudian hari.

Tabu 8: Jadi Alarm“Saya jengkel dengan sikap seorangpegawai yang hampir setiap minggumelaporkan ia selalu pulang malam danbekerja mati-matian setiaphari.”Mempromosikan diri sendirimemang boleh-boleh saja. Tetapi adacaranya. Misalnya denganmenyelesaikan tugas tepat waktu,membuat laporan yang diminta.Melaporkan keberhasilan pun bolehdan sangat wajar bila pekerjaan Andaberes, bos akan tahu bahwa Andatelah bekerja dengan baik dan ituakan menjadi bahan pertimbangannyadalam memberi penilaian danpenghargaan di kemudian hari.

Sungguh jengkel punya pegawaiyang terus mengikuti setiap gerak

bos, menawarkan kopi, bahkanmengobral gossip tentang teman

sekerja...

Bla..bla

Bla..

Page 16: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

16

Bagaimana menciptakan persahabatandi tengah kesibukan?

Akhirnya....pernahkah Anda merasa kesepian? Tidak memilikikegembiraan apapun selain semangat untuk bekerja. Jangan menganggapremeh persoalan tersebut. Umumnya hal itu bisa dikarenakan tidakadanya lagi persahabatan dalam kehidupan. Lalu, bagaimanamenciptakan persahabatan padahal Anda sibuk dengan pekerjaan?

Jangan ragu berkenalanJangan pernah berpikir, orang lain yang lebih dahulu menegur Anda,singkirkan pendapat itu. Pendapat seperti ini hanya akan menempatkanAnda pada posisi makin jauh dari pertemanan.

Beri perhatianOrang akan senang denganperhatian yang diberikan. Perhatianyang diberikan tidak harus Andamemberi sesuatu, tapi bisa melaluimenanyakan kabar, memberikanucapan selamat ulang tahun atau hallain yang tengah dikerjakannya.

Sediakan waktu untuk berbagiUntuk manusia modern sepertiAnda, waktu memang berarti uang.Lobi-lobi yang melelahkan tentusudah cukup membuat Anda lelah.Tapi tak ada salahnya Andamengangkat telpon menanyakankabar si A, atau menanyakanrencana pernikahan si B. Apa yangAnda lakukan adalah suatu buktibahwa Anda akan menciptakanpersahabatan.

Kesan ramah dan menyenangkanPekerjaan kantor yang menumpuk membuat Anda kesal, namun janganpernah memperlihatkan hal itu pada orang di luar kantor. Berikan kesanramah dan menyenangkan bagi mereka yang jarang bertemu denganAnda. Sebab kesan terakhir itulah yang akan diingatnya tentang Anda.

Hallo,apa

kabar?

Page 17: Bagaimana lebih sukses di tempat kerja

Bagaimana Supaya Lebih Sukses di Tempat Kerja?Editor: Drs. Nur A. Soedjatmiko, MBA

Ilustrator: Alfons Hendrata

Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang

Diterbitkan pertama kali oleh:

Lembaga Psikologi dan Manajemen Bina Grahita mandiriJl. Krembangan Barat 31-I Surabaya 60175

Telp. (031) 3542570, 3526207, Fax (031) 3559283

Surabaya, Oktober 2001

BACA DAN KOLEKSI SERI BUKU

Petunjuk Praktis Pengembangan Pribadi