analisis uji kausalitas granger antara pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penanaman modal asing...

1
ABSTRAKSI Jalur Tobin’s q theory merupakan salah satu dari beberapa jalur other asset channel yang digunakan oleh Bank Indonesia dalam mempengaruhi perekonomian khususnya dalam mencapai sasaran akhir dari kebijakan moneter yang dikeluarkan yaitu kesetabilan harga-harga ( tingkat inflasi ). Penelitian ini ingin menganalisa mengenai jalur yang melihat harga aset, yang di pegang oleh masyarakat sebagai equitas, sebagai indikator untuk mengendalikan tingkat inflasi. Sebagai proxy harga aset penelitian ini menggunakan pertumbuhan indeks harga rumah tinggal dan pertumbuhan indeks harga saham gabungan. Selain itu untuk mendapatkan hasil analisa mengenai jalur ini digunakan pendekatan Structur VectorAutoregression dimana pendekatan ini menganalisa kebijakan moneter dengan menggunakan alat yang disebut sebagai Impulse Response dan Variance Decomposition. Selain menganalisa jalur ini dengan melihat impulse response dan variance decomposition dari setiap variabel dalam model, penelitian ini juga mencoba melihat apakah proxy harga aset dengan menggunakan pertumbuhan indeks harga rumah tinggal dapat dijadikan indikator yang menggambarkan pergerakan harga aset.

Upload: kensell

Post on 27-Jul-2015

415 views

Category:

Documents


8 download

TRANSCRIPT

Page 1: Analisis Uji Kausalitas Granger Antara Pertumbuhan Ekonomi Dan Pertumbuhan Penanaman Modal Asing Langsung Indonesia Periode 1986-2003

ABSTRAKSI

Jalur Tobin’s q theory merupakan salah satu dari beberapa jalur other asset channel yang digunakan oleh Bank Indonesia dalam mempengaruhi perekonomian khususnya dalam mencapai sasaran akhir dari kebijakan moneter yang dikeluarkan yaitu kesetabilan harga-harga ( tingkat inflasi ). Penelitian ini ingin menganalisa mengenai jalur yang melihat harga aset, yang di pegang oleh masyarakat sebagai equitas, sebagai indikator untuk mengendalikan tingkat inflasi.

Sebagai proxy harga aset penelitian ini menggunakan pertumbuhan indeks harga rumah tinggal dan pertumbuhan indeks harga saham gabungan. Selain itu untuk mendapatkan hasil analisa mengenai jalur ini digunakan pendekatan Structur VectorAutoregression dimana pendekatan ini menganalisa kebijakan moneter dengan menggunakan alat yang disebut sebagai Impulse Response dan Variance Decomposition.

Selain menganalisa jalur ini dengan melihat impulse response dan variance decomposition dari setiap variabel dalam model, penelitian ini juga mencoba melihat apakah proxy harga aset dengan menggunakan pertumbuhan indeks harga rumah tinggal dapat dijadikan indikator yang menggambarkan pergerakan harga aset.