soal gerak lurus dan gerak parabola

Post on 12-Jul-2015

312 Views

Category:

Documents

7 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

SOAL LATIHAN BAB II GERAK LURUS DAN GERAK PARABOLA

1. Sebuah benda daei keadaan diam mengalami percepatan tetap selama t. tentukan persamaan kecepatan dan jarak dalam t ?

2. Sebuah partikel bergerak dipercepat dengan kecepatan awal

, selama

10 s kecepatan partikel 20 m/s dan menempuh jarak 100 m. tentukan kecepatan awal dan percepatannya ?

3. Mobil A bergerak dipercepat dengan kecepatan awal 40 m/s dan percepatan 1 . dari jarak 400 m mobil B bergerak dari arah awal 20 m/s dan percepatan 2 .

berlawanan dengan kecepatan

Kapan dan dimana kedua mobil bertemu jika : a. Kedua mobil bergerak secara bersamaan ? b. Mobil A bergerak 2 s lebih dulu dari mobil B ?

4.

V (m/s)

40 30 20 10 0

-

20

t (s)

Grafik di atas menggambarkan hubungan kecepatan terhadap waktu dari mobil A dan B pada lintasan yang sama. Jika percepatan mobil A = 0,5 , tentukan kapan dan dimana kedua mobil bersusulan ?

5. Sebuah partikel bergerak dengan kecepatan awal

, dan mengalami

perlambatan konstan hingga berhenti pada jarak s. tentukan kecepatan benda saat menempuh jarak 0,25 s ?

6. Sebuah bola dilempar vertical ke atas dengan kecepatan 19,6 m/s. a. Berapa lama waktu diperlukan untuk mencapai titik tertinggi ? b. Hitung tinggi maksimumnya ? c. Pada saat kapan benda berada pada jarak 9,8 m di atas tanah ? Gunakan g = 9,8 .

7. Sebutir peluru menembus balok setebal 10 cm. peluru masuk dengan laju 400 m/s dan keluar dengan laju 300 m/s. bila perlambatan turun dalam balok konstan, hitung : a. Perlambatan peluru ? b. Lama peluru berada di dalam balok ?

8. Misalnya anda sedang berada di lantai atas sebuah gedung yang tingginya 50,7 m di atas tanah saat anda menjatuhkan sebutir telur, pada saat itu pula ada sebuah robot yang tingginya 1,7 m digerakkan menuju gedung itu dengan kecepatan tetap 1,2 m.jika anda ingin agar telur itu tepat mengenai kepala robot, dimana kedudukan robot bila pada saat anda menjatuhkan telur ?

9. Sebuah partikel bergerak lurus dari keadaan diam, dengan percepatan gerak bertambah dengan waktu yang dinyatakan dengan persamaan : 12 , hitung : a. Kecepatan sesaat pada t = 2 ? b. Persamaan gerak ? c. Laju partikel setelah menempuh jarak 66 m ?

10. Sebuah mobil mainan meluncur dari sisi meja yang tingginya 1,25 m dari lantai. Jika mobil mendarat di lantai berjarak 0,4 m dari kaki meja, berapakah : a. Lama waktu diperlukan mobil untuk mendarat di lantai ? b. Kecepatan mobil meluncur dari sisi meja ? c. Kecepatan mobil saat menumbuk lantai ?

11. Sebuah peluru di tembakkan dengan sudut elevasi tebing yang berada atas tanah. Hitung : a. Kelajuan awal peluru ?

, peluru mengenai

m di depan tempat penembakkan dan 15 m di

b. Besar dan arah kecepatan peluru saat mengenai tebing ?

12. Sebuah pesawat terbang menukik ke bawah membuat sudut

terhadap

bidang horizontal. Saat tingginya 800 m di atas tanah, sebuah karung pasir dijatuhkan, bila karung ini jatuh di tanah setelah 5 s sejak dijatuhkan, hitung: a. Kelajuan pesawat ? b. Jarak horizontal yang ditempuh karung sejak dijatuhkan sampai tiba di tanah ?

top related