seri analisis makroekonomi rapat dewan gubernur … · syahda sabrina seri analisis makroekonomi...

Post on 02-Mar-2019

228 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Highlights• BI perlu mempertahankansuku bunga acuan danberfokus pada intervensilangsungdipasarvalas

• Inflasi inti y.o.y Februarimasih terlalu rendah;permintaandomestikmasihlemah

• EkspektasipasarbahwaFedakanmenaikkansukubungaempat kali di tahun inimenambah tekanan padaRupiah

KajianMakroekonomidanKebijakanPasarKeuanganFebrioN.Kacaribu,Ph.D.(HeadofResearch)febrio.kacaribu@lpem-feui.orgAlvinU.Lumbanrajaalvin.lumbanraja@lpem-feui.orgDennyIrawandenny.irawan@lpem-feui.orgSyahdaSabrina

SERI ANALISIS MAKROEKONOMI

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia Maret 2018

kspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve yang lebih cepat tahun ini, di manakenaikandibulanMaretsudahdianggappasti,memicualiranmodalkeluarselamasatu

bulanterakhir.Namun,reaksinegatifterhadapperkiraankenaikansukubungaFedsebanyak4kali perlahan sudahmereda, yangmenunjukkan kepercayaanpasarpada fundamentalmakroIndonesia.Inflasijugaterlihatstabil,meskimasihsangatrendah,yaknisekitar3%untukinflasiumumdan2,5%untukinflasiinti,dandiperkirakanakansedikitlebihtinggiakibatpeningkatankonsumsi terkait kampanye Pemilihan Umum 2019. Mengingat sebagian besar risiko yangdihadapiRupiahsaatiniterkaitnilaitukar,BankIndonesiaperlumempertahankansukubungaacuandanfokusmenjaganilaitukarRupiahmelaluiintervensilangsungdipasarvalas.

InflasiTerlaluRendah,dibawah3%

InflasiFebruarimencerminkantrenpermintaandomestikyangkamiperkirakanuntuktahunini,dimanainflasiumumbanyakdipengaruhiolehkenaikanhargakomoditas,sedangkaninflasiintitetapbertahandilevel2,5-3,5%.Dibandingbulansebelumnya,inflasiumumdanintimencapai0,17%dan0,26%,dimanapengaruhkenaikanbahanbakarnon-subsidisertatrenkenaikanhargamusimantelahmereda.Trenserupajugaterlihatpadainflasisecarayear-on-year,dimanainflasiumumdanintimencapai3,18%dan2,58%.

Grafik1:PertumbuhanPDB(y.o.y)

Sumber:CEIC

Grafik2:TingkatInflasi(%,mtm)

Sumber:CEIC

Inflasiintimemperlihatkandenganjelasbahwapermintaanrumahtanggasaatinimasihrendah.Meski demikian, konsumsi dan inflasi tahun ini dapat meningkat akibat tiga faktor berikut.Pertama,pertumbuhanekonomiglobalturutmeningkatkanhargakomoditasutama,terutamakelapa sawit,minyakmentah,dan logam.Hal inimembantu sebagianbesarmasyarakatyangbekerjadisektorterkaitsumberdaya.Kedua,produsenshaleoildiASterbuktiberperansebagaipesaing utamaprodusenOPEC, dimanamereka dapat dengan cepatmeningkatkan produksiminyakketikahargaminyakmulainaiksehinggahargaminyaktidakakanjauhlebihtinggidaritrenhargasaatini($70/barel).Ketiga,kampanyePemilihanUmum2019yangakandimulaiakhirtahun ini akan signifikan mendorong konsumsi. Oleh karena itu, kondisi domestik secarakeseluruhankondusifbagiBankIndonesiauntukmenjagasukubungaacuanditingkatsaatini.

IntervensiNilaiTukarLebihEfektfifdalamMenghadapiTekananEksternal

Sepertiyangtelahdiutarakansebelumnya,sebagianbesartekananbagiRupiahdalambeberapabulankedepanmasihakandatangdarisisieksternal.Secarakhusus,Fedakanmenaikkansukubunga lebih cepat menyusul perekonomian AS yang semakin membaik. Analis Wall Street

-6-4-202468

Q1 Q2 Q3 Q4 Q1 Q2 Q3 Q4 Q1 Q2 Q3 Q4

2015 2016 2017

% p.a.

Government Investment Household GDP

-1,0

-0,5

0,0

0,5

1,0

1,5

M A M J J A S O N D J F M A M J J A S O N D J F

2016 2017 2018

Headline Core

E

Angka-angkaPenting• BIRepoRate(7-day,Feb‘18)4,25%

• PertumbuhanPDB(FY2017)5,07%

• PertumbuhanPDB(Q4‘17)5,19%

• Inflasi(y.o.y,Feb‘18)3,18%

• InflasiInti(y.o.y,Febb‘18)2,58%

• Inflasi(mtm,Feb‘18)0,17%

• InflasiInti(mtm,Feb‘18)0,26%

• CadanganDevisa(Feb‘18)$128,06milyar

SERI ANALISIS MAKROEKONOMI

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia Maret 2018

memperkirakan 4 kenaikan suku bunga di tahun ini, meningkat dari konsensus bulan lalusebanyak3kali. Ekspektasi semakincepatnyakenaikan sukubungaFedmemicualiranmodalkeluar sepanjang satubulan terakhir danmenyebabkanRupiah terdepresiasi 3%, dari 13.300menjadisekitar13.750.BankIndonesiameresponsdenganmenambahlikuiditasdolarkepasar,yangterlihatdaripengurangancadangandevisasebesarhampir$4milyar.

Grafik3:ImbalHasilSuratUtangPemerintah(%pa)

Sumber:CEIC

Grafik4:IDR/USDdanAkumulasiArusModalMasukkePortofolio,(12bulanterakhir)

Sumber:CEIC

HalyangmenarikuntukdiperhatikanadalahbahwasetelahaksijualdiFebruari,Rupiahterlihatstabil pada angka 13.700 dalam beberapa pekan terakhir dan aliran modal masuk ke pasarobligasi tercatatmencapai$700 jutahanyadalamseminggu terakhir.Hal inimengindikasikanbahwapasarsudahsepenuhnyamemperhitungkankenaikansukubungaFeddimingguini.Sejakawaltahun,arusmodalkeportofoliomasihtecatatsebesar-$1,3milyar(Grafik4).ImbalhasilSBN1tahunterusmenurun,sedangkanimbalhasilSBN10tahunmengalamipeningkatan.AdabeberapafaktoryangmenyebabkanreaksinegatifpasarterhadapkenaikansukubungaFedtidakseparah tahun 2015. Pertama, aset dalammata uang rupiahmasih cukupmenarik bagi parapelaku pasar, meskipun terjadi kenaikan suku bunga AS. Selain itu, fundamental ekonomidomestiksaatiniberadapadaposisiyanglebihkuatdibandingkan2015,dengandefisitneracaberjalanyang lebih rendah,pertumbuhanekonomiyang lebih tinggi,dan inflasi yang rendah.Indonesia jugamasihmenjadi salah satudi antara tujuanutamaFDIdi tahun2018.Terakhir,pelakupasarmelihatbahwaBIberadadalamkondisiyanglebihbaikuntukmencegahdepresiasiberlebihan,mengingatcukupbesarnyacadangandevisasaatini($128,1milyar).

Dengandemikian,BankIndonesiaperlumempertahankansukubungaacuanditingkatsaatinidanperlumenghindarikenaikansukubungauntukmeresponspelemahanRupiah.Menaikkansukubungaacuankurangefektifdibandingkandenganintervensisecaralangsungdipasarvalasdalam menahan depresiasi, mengingat cukup besarnya cadangan devisa saat ini. Selain itu,dampak negatif yang signifikan dari kenaikan suku bunga acuan terhadap suku bunga pasar,inflasidanjugaPDBmembuatkenaikansukubungaacuanakanmemilikidampakkeseluruhanyang negatif terhadap perekonomian. Apabila tidak ada berita negatif eksternal yang lebihgenting, seperti meningkatnya kemungkinan perang dagang sebagai dampak dari berbagaikebijakan proteksionis Presiden Trump, Bank Indonesia seharusnya mampu mengendalikantekananeksternalterhadapRupiahselama2018dengankebijakansaatini.

6,70

4,96

4

5

6

7

8

9

M A M J J A S O N D J F M A M J J A S O N D J F

2016 2017 201810 Year 1 Year

top related