sanitasi permukiman

Post on 05-Jan-2016

54 Views

Category:

Documents

5 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

parameter indikator rumah sehat dan lingkungan rumah

TRANSCRIPT

SANITASI PERMUKIMAN

PARAMETER DAN INDIKATOR PENGAWASAN DAN PEMANTAUAN

KELOMPOK 7

1. Choiria Yuliana

2. Lubenah

3. Nofriyan Reza Kurnia

4. Nurahma Hardyana

5. Sukma Widya Yanti

Tingkat 3 Prodi D-III

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA IITAHUN 2015

BAB IPENDAHULUAN

1.1 Latar BelakangPerumahan merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Rumah atau tempat tinggal,

dari zaman ke zaman mengalami perkembangan. Pada zaman purba manusia bertempat tinggal di gua-gua, kemudian berkembang dengan mendirikan rumah di hutan-hutan dan di bawah pohon. Sampai pada abad modern ini manusia sudah membangun rumah bertingkat dan diperlengkapi dengan peralatan yang serba modern.

Rumah yang sehat merupakan salah satu sarana untuk mencapai derajat kesehatan yang optimum. Untuk memperoleh rumah yang sehat ditentukan oleh tersedianya sarana sanitasi perumahan. Sanitasi rumah adalah usaha kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pengawasan terhadap struktur fisik dimana orang menggunakannya untuk tempat tinggal berlindung yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia. Rumah juga merupakan salah satu bangunan tempat tinggal yang harus memenuhi kriteria kenyamanan, keamanan dan kesehatan guna mendukung penghuninya agar dapat bekerja dengan produktif (Munif Arifin, 2009).

Rumah yang tidak sehat merupakan penyebab dari rendahnya taraf kesehatan jasmani dan rohani yang memudahkan terjangkitnya penyakit dan mengurangi daya kerja atau daya produktif seseorang. Rumah tidak sehat ini dapat menjadi reservoir penyakit bagi seluruh lingkungan, jika kondisi tidak sehat bukan hanya pada satu rumah tetapi pada kumpulan rumah (lingkungan pemukiman). Timbulnya permasalahan kesehatan di lingkungan pemukiman pada dasarnya disebabkan karena tingkat kemampuan ekonomi masyarakat yang rendah, karena rumah dibangun berdasarkan kemampuan keuangan penghuninya (Notoatmodjo, 2003).

1.2 Tujuan1.2.1 Untuk mengetahui parameter dan indikator sanitasi lingkungan perumahan.1.2.2 Untuk mengetahui parameter dan indikator sanitasi rumah tinggal.

1.3 Ruang LingkupDalam pembahasan ini kelompok membatasi pembahasan yaitu hanya pada sanitasi lingkungan perumahan dan sanitasi rumah tinggal.

1.4 Dasar Hukum1.4.1 Kepmenkes No. 829/Menkes/SK/VII/1999 tentang Persyaratan Kesehatan

Perumahan.1.4.2 Permenkes No. 1077/Menkes/Per/V/2011 tentang Pedoman Persyaratan Udara

dalam Ruang Rumah.

BAB IITINJAUAN PUSTAKA

2.1 Rumah a. Pengertian Rumah

Menurut UU RI No. 1 Tahun 2011 menyatakan bahwa rumah adalah bangunan gedung yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni, sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya, serta aset bagi pemiliknya.

b. Jenis-jenis RumahMenurut UU RI No. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman Jenis-jenis rumah sebagai berikut ; Rumah komersial adalah rumah yang diselenggarakan dengan tujuan mendapatkan

keuntungan. Rumah swadaya adalah rumah yang dibangun atas prakarsa dan upaya masyarakat. Rumah umum adalah rumah yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan

rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Rumah khusus adalah rumah yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan

khusus. Rumah Negara adalah rumah yang dimiliki negara dan berfungsi sebagai tempat

tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga serta penunjang pelaksanaan tugas pejabat dan/atau pegawai negeri.

c. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah rumah1) Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan, baik lingkungan fisik, biologis maupun lingkungan sosial. Maksudnya membangun sebuah rumah harus memperhatikan tempat dimana rumah itu didirikan.

2) Tingkat kemampuan ekonomi masyarakatHal ini dimaksudkan rumah dibangun berdasarkan kemampuan keuangan penghuninya. Perlu diperhatikan bahwa mendirikan rumah adalah bukan sekedar berdiri saja, namun perlu diperhatikan pemeliharaan berikutnya.

3) Teknologi yang dimiliki masyarakat.Dalam rangka penerapan teknologi tepat guna, maka teknologi yang sudah dipunyai oleh masyarakat tersebut dimodifikasi. Segi-segi yang merugikan kesehatan dikurangi, dan dipertahankan segi-segi yang sudah positif.

4) Kebijaksanaan (peraturan pemerntah yang menyangkut tata guna tanah)Untuk hal ini, bagi perumahan masyarakat pedesaan belum merupakan suatu masalah, namun di kota sudah menjadi masalah yang besar

2.2 Rumah Sehata. Pengertian

Rumah sehat merupakan bangunan tempat tinggal yang memenuhi syarat kesehatan yaitu rumah yang memiliki jamban yang sehat, sarana air bersih, tempat pembuangan sampah, sarana pembuangan air limbah, ventilasi yang baik, kepadatan hunian rumah yang sesuai dan lantai rumah yang tidak terbuat dari tanah (Depkes RI, 2003).

Dapat dikatakan bahwa rumah sehat adalah bangunan tempat berlindung dan beristirahat yang menumbuhkan kehidupan sehat secara fisik, mental dan sosial, sehingga seluruh anggota keluarga dapat memperoleh derajat kesehatan yang optimal.

b. Persyaratan Rumah SehatRumah sehat menurut APHA (American Public Health Association) harus memiliki syarat, antara lain: Memenuhi kebutuhan fisiologis antara lain pencahayaan, penghawaan (ventilasi),

ruang gerak yang cukup, terhindar dari kebisingan/suara yang mengganggu. Memenuhi kebutuhan psikologis, antara lain cukup aman dan nyaman bagi masing-

masing penghuni rumah, privasi yang cukup, komunikasi yang sehat antar anggota keluarga dan penghuni rumah, lingkungan tempat tinggal yang memiliki tingkat ekonomi yang relatif sama.

Memenuhi persyaratan pencegahan penularan penyakit antar penghuni rumah dengan penyediaan air bersih, pengelolaan tinja dan air limbah rumah tangga, bebas vektor penyakit dan tikus, kepadatan hunian yang berlebihan, cukup sinar matahari pagi, terlindungnya makanan dan minuman dari pencemaran.

Memenuhi persyaratan pencegahan terjadinya kecelakaan baik yang timbul karena keadaan luar maupun dalam rumah. Termasuk dalam persyaratan ini antara lain bangunan yang kokoh, terhindar dari bahaya kebakaran, tidak menyebabkan keracunan gas, terlindung dari kecelakaan lalu lintas, dan lain sebagainya.

BAB IIIPEMBAHASAN

3.1 Parameter dan Indikator Sanitasi Lingkungan PerumahanPersyaratan kesehatan perumahan adalah ketentuan teknis kesehatan yang wajib dipenuhi dalam rangka melindungi penghuni dan masyarakat yang bermukim di perumahan dan masyarakat sekitar dari bahaya atau gangguan kesehatan. Persyaratan kesehatan perumahan yang meliputi persyaratan lingkungan perumahan dan pemukiman serta persyaratan rumah itu sendiri, sangat diperlukan karena pembangunan perumahan berpengaruh sangat besar terhadap peningkatan derajat kesehatan individu, keluarga dan masyrakat.

Persyaratan kesehatan perumahan dan lingkungan pemukiman menurut keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) No. 829/Menkes/SK/VII/1999 meliputi parameter sebagai berikut:

1) Lokasi Tidak terletak pada daerah rawan bencana alam seperti bantaran sungai, aliran

lahar, tanah longsor, gelombang tsunami, daerah gempa dan sebagainya. Tidak terletak pada daerah bekas tempat pembuangan akhir (TPA) sampah atau

bekas tambang Tidak terletak pada daerah rawan kecelakaan dan daerah kebakaran seperti

jalur pendaratan penerbangan.

2) Kualitas UdaraKualitas udara di lingkungan perumahan harus bebas dari gangguan gas beradun dan memenuhi syarat baik mutu lingkungan sebagai berikut: Gas H2S dan NH3 secara biologis tidak terdeteksi Debu dengan diameter kurang dari 10 g maksimum 150 g/m3 Gas SO2 maksimum 0,10 ppm Debu maksimum 350 mm3/m2 per hari

3) Kebisingan dan Getaran Kebisingan dianjurkan 45 dBA, maksimum 55 d.A Tingkat getaran maksimum 10 mm/detik

4) Kualitas Tanah di Daerah Perumahan dan Pemukiman Kandungan timah hitam (Pb) maksimum 300 mg/kg Kandungan Arsenik (As) total maksimum 100 mg/kg

Kandungan Cadmium (Cd) maksimum 20 mg/kg Kandungan Benzo(a)pyrene maksimum 1mg/kg

5) Prasarana dan Sarana Lingkungan Memiliki taman bermain untuk anak, sarana rekreasi keluarga dengan

konstruksi yang aman dari kecelakaan. Memiliki sarana drainase yang tidak menjadi tempat perindukan vektor

penyakit Memiliki sarana jalan lingkungan dengan ketentuan konstruksi jalan tidak

mengganggu kesehatan, konstruksi trotoar tidak membahayakan pejalan kaki dan penyandang cacat, jembatan harus memiliki pagar pengaman, lampu penerangan jalan tidak menyilaukan mata.

Tersedia cukup air bersih sepanjang waktu dengan kualitas yang memenuhi persyaratan kesehatan

Pengelolaan pembuangan tinja dan limbah rumah tangga harus memenuhi syarat kesehatan

Memiliki akses terhadap sarana pelayanan kesehatan, komunikasi, tempat kerja, tempat hiburan, tempat pendidikan, kesenian dan lain sebagainya.

Pengaturan instalasi listrik harus menjamin keamanan penghuninya Tempat pengelolaan makanan (TPM) harus menjamin tidak terjadi kontaminasi

makanan yang dapat menimbulkan keracunan.

6) Vektor Penyakit Indeks lalat harus memenuhi syarat Indeks jentik nyamuk dibawah 5%

7) PenghijauanPepohonan untuk penghijauan lingkungan pemukiman merupakan pelindung dan juga berfungsi untuk kesejukan, keindahan dan kelestarian alam.

3.2 Parameter dan Indikator Sanitasi Rumah TinggalParameter yang dipergunakan untuk menentukan rumah sehat adalah sebagaimana yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 829/Menkes/SK/VII/1999 tentang Persyaratan kesehatan perumahan. meliputi 3 lingkup kelompok komponen penilaian, yaitu :

1) Kelompok komponen rumah, meliputi langit-langit, dinding, lantai, ventilasi, sarana pembuangan asap dapur dan pencahayaan.

2) Kelompok sarana sanitasi, meliputi sarana air bersih, pembuangan kotoran, pembuangan air limbah, sarana tempat pembuangan sampah.

3) Kelompok perilaku penghuni, meliputi membuka jendela ruangan dirumah, membersihkan rumah dan halaman, membuang tinja ke jamban, membuang sampah pada tempat sampah.

Adapun aspek komponen rumah yang memenuhi syarat rumah sehat adalah : 1) Langit-langit

Adapun persayaratan untuk langit-langit yang baik adalah dapat menahan debu dan kotoran lain yang jatuh dari atap, harus menutup rata kerangka atap serta mudah dibersihkan.

2) DindingDinding harus tegak lurus agar dapat memikul berat dinding sendiri, beban tekanan angin dan bila sebagai dinding pemikul harus dapat memikul beban diatasnya, dinding harus terpisah dari pondasi oleh 13 lapisan kedap air agar air tanah tidak meresap naik sehingga dinding terhindar dari basah, lembab dan tampak bersih tidak berlumut.

3) LantaiLantai harus kuat untuk menahan beban diatasnya, tidak licin, stabil waktu dipijak, permukaan lantai mudah dibersihkan. Menurut Sanropie (1989), lantai tanah sebaiknya tidak digunakan lagi, sebab bila musim hujan akan lembab sehingga dapat menimbulkan gangguan/penyakit terhadap penghuninya. Karena itu perlu dilapisi dengan lapisan yang kedap air seperti disemen, dipasang tegel, keramik. Untuk mencegah masuknya air ke dalam rumah, sebaiknya lantai ditinggikan ± 20 cm dari permukaan tanah.

4) Pembagian ruangan / tata ruang Setiap rumah harus mempunyai bagian ruangan yang sesuai dengan fungsinya. Adapun syarat pembagian ruangan yang baik adalah : a) Ruang untuk istirahat/tidur

Adanya pemisah yang baik antara ruangan kamar tidur orang tua dengan kamar tidur anak, terutama anak usia dewasa. Tersedianya jumlah kamar yang cukup dengan luas ruangan sekurangnya 8 m2 dan dianjurkan tidak untuk lebih dari 2 orang agar dapat memenuhi kebutuhan penghuninya untuk melakukan kegiatan.

b) Ruang dapurDapur harus mempunyai ruangan tersendiri, karena asap dari hasil pembakaran dapat membawa dampak negatif terhadap kesehatan. Ruang dapur harus memiliki ventilasi yang baik agar udara/asap dari dapur dapat teralirkan keluar.

c) Kamar mandi dan jamban keluargaSetiap kamar mandi dan jamban paling sedikit memiliki satu lubang ventilasi untuk berhubungan dengan udara luar.

5) VentilasiVentilasi ialah proses penyediaan udara segar ke dalam suatu ruangan dan pengeluaran udara kotor suatu ruangan baik alamiah maupun secara buatan. Ventilasi harus lancar diperlukan untuk menghindari pengaruh buruk yang dapat merugikan kesehatan. Ventilasi yang baik dalam ruangan harus mempunyai syarat-syarat, diantaranya : Luas lubang ventilasi tetap, minimum 5% dari luas lantai ruangan. Sedangkan luas

lubang ventilasi insidentil (dapat dibuka dan ditutup) minimum 5%. Jumlah keduanya menjadi 10% kali luas lantai ruangan.

Udara yang masuk harus udara bersih, tidak dicemari oleh asap kendaraan, dari pabrik, sampah, debu dan lainnya.

Aliran udara diusahakan Cross Ventilation dengan menempatkan dua lubang jendela berhadapan antara dua dinding ruangan sehingga proses aliran udara lebih lancar.

6) PencahayaanCahaya yang cukup kuat untuk penerangan di dalam rumah merupakan kebutuhan manusia. Penerangan ini dapat diperoleh dengan pengaturan cahaya alami dan cahaya buatan. Yang perlu diperhatikan, pencahayaan jangan sampai menimbulkan kesilauan. a) Pencahayaan alamiah

Penerangan alami diperoleh dengan masuknya sinar matahari ke dalam ruangan melalui jendela, celah maupun bagian lain dari rumah yang terbuka, selain untuk penerangan, sinar ini juga mengurangi kelembaban ruangan, mengusir nyamuk atau serangga lainnya dan membunuh kuman penyebab penyakit tertentu (Azwar, 1996). Suatu cara sederhana menilai baik tidaknya penerangan alam yang terdapat dalam sebuah rumah adalah: baik, bila jelas membaca dengan huruf kecil, cukup; bila samar-samar bila membaca huruf kecil, kurang; bila hanya huruf besar yang terbaca, buruk; bila sukar membaca huruf besar.

b) Pencahayaan buatanPenerangan dengan menggunakan sumber cahaya buatan, seperti lampu minyak tanah, listrik dan sebagainya. (Azwar, 1996).

7) Luas Bangunan RumahLuas bangunan rumah sehat harus cukup untuk penghuni di dalamnya, artinya luas bangunan harus disesuaikan dengan jumlah penghuninya. Luas bangunan yang tidak sebanding dengan jumlah penghuninya akan menyebabkan kepadatan penghuni (overcrowded). Hal ini tidak sehat, disamping menyebabkan kurangnya konsumsi oksigen, bila salah satu anggota keluarga terkena penyakit infeksi akan mudah menular kepada anggota keluarga yang lain. Sesuai kriteria Permenkes tentang rumah sehat, dikatakan memenuhi syarat jika ≥ 8 m2 / orang.

Dilihat dari aspek sarana sanitasi, maka beberapa sarana lingkungan yang berkaitan dengan perumahan sehat adalah sebagai berikut :

1. Sarana Air Bersih Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Di Indonesia standar untuk air bersih diatur dalam Permenkes RI No. 01/Birhubmas/1/1975 (Chandra, 2009). Dikatakan air bersih jika memenuhi 3 syarat utama, antara lain : a. Syarat fisik

Air tidak berwarna, tidak berbau, jernih dengan suhu di bawah suhu udara sehingga menimbulkan rasa nyaman.

b. Syarat kimiaAir yang tidak tercemar secara berlebihan oleh zat kimia, terutama yang berbahaya bagi kesehatan.

c. Syarat bakteriologisAir tidak boleh mengandung suatu mikroorganisme. Misal sebagai petunjuk bahwa air telah dicemari oleh faces manusia adalah adanya E. coli karena bakteri ini selalu terdapat dalam faces manusia baik yang sakit, maupun orang sehat serta relatif lebih sukar dimatikan dengan pemanasan air.

2. Jamban (sarana pembuangan kotoran) Pembuangan kotoran yaitu suatu pembuangan yang digunakan oleh keluarga atau sejumlah keluarga untuk buang air besar. Cara pembuangan tinja, prinsipnya yaitu :

Kotoran manusia tidak mencemari permukaan tanah. Kotoran manusia tidak mencemari air permukaan / air tanah. Kotoran manusia tidak dijamah lalat. Jamban tidak menimbulkan bau yang mengganggu. Konstruksi jamban tidak

menimbulkan kecelakaan.

BAB IVPENUTUP

4.1 Kesimpulan1) Parameter dan indikator sanitasi lingkungan perumahan terdiri dari berbagai aspek yang harus dipenuhi, antara lain:

Lokasi Kualitas Udara Kebisingan dan Getaran Kualitas Tanah di Daerah Perumahan dan Pemukiman Prasarana dan Sarana Lingkungan Vektor Penyakit Penghijauan

2) Parameter dan indikator sanitasi rumah tinggal terdiri dari berbagai aspek yang harus dipenuhi, antara lain:

Kelompok komponen rumah, meliputi langit-langit, dinding, lantai, ventilasi, sarana pembuangan asap dapur dan pencahayaan.

Kelompok sarana sanitasi, meliputi sarana air bersih, pembuangan kotoran, pembuangan air limbah, sarana tempat pembuangan sampah.

Kelompok perilaku penghuni, meliputi membuka jendela ruangan dirumah, membersihkan rumah dan halaman, membuang tinja ke jamban, membuang sampah pada tempat sampah.

4.2 Saran1) Pemerintah

Peraturan-peraturan yang telah dibuat sedemikian rupa hendaknya dibarengi atau diselaraskan dengan pemantauan di lapangan agar benar-benar tercipta suasana lingkungan tempat tinggal yang diidamkan oleh masyarakat.

2) MasyarakatMasyarakat yang ingin membangun rumah harus memperhatikan serta mempelajari aspek-aspek dan parameter lingkungan yang ada di dalamnya, agar tercipta perumahan yang berbasis lingkungan dan membawa dampak positif pada masing-masing pihak.

top related