rowing technique -...

Post on 20-Aug-2019

221 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

ROWING

TECHNIQUE

PENCAPAIAN PRESTASI OPTIMAL –

CABOR DAYUNG

Aerobic Capacity 15%

Muscular Endurance 15%

Technical Skill 30%

Psychological Factor 15%

Know-how 9%

Anaerobic Capacity 4%

Mobility 4%

Muscular Strength 4%

Taktik 4%

KENAPA TEKNIK

Latihan untuk meningkatkankekuatan, daya tahan dan aspek-aspek fisiologis lainnya tidak banyakberguna kalau seorang atlet tidakdapat meningkatkan kecepatanperahu.

Atlet menjadi daya penggerak untukmelajukan perahu di atas air.

Daya penggerak ditentukan olehkemamupuan fisik dan keterampilan tekhnikatlet.

Dalam olahraga rowing daya dorongberubah-ubah, karena satu kali kayuhanberada di dalam air yang memberikan dayadorong dan satu kali diluar air yang tidakmemberikan daya dorong.

Dalam lingkaran tarikan, pendayungbergerak maju dan mundur pada tempatduduk sambil mengembangkan gaya positif(mengakibatkan perahu maju) dan gayanegatif (menghambat luncuran perahu)

Wunzel Joesten - Berlin

Garis (a) menunjukan perubahan kecepatanperahu selama tarikan dibandingkankecepatan rata-rata.

Luncuran perahu yang baik hanya sedikitselisih dari kecepatan rata-rata.

Garis (b) menunjukan percepatan dariperahu. Perahu mencapai percepatan yang terbesar terjadi pada saat drive danpercepatan yang terkecil waktu recovery.

Garis (c) menggambarkan lonjakan-lonjakan, ayunan membujur dari perahu. Satumenggambarkan gerak haluan dan yang lain memperlihatkan gerak buritan.

Satu-satunya cara untuk mengurangi pengaruhgaya negative adalah memasukkan daun dayungke dalam air dengan cara yang benar.

Tujuan dari teknik mendayung yang baik adalahmengurangi pengaruh gaya negative seminimalmungkin. Disini kita bisa melihat perbedaaanantara atlet yang baik dan yang buruk. Tidakberlebihan kiranya untuk menyatakan bahwa titikpaling penting dari dayung adalah ketikamemasukkan daun dayung ke dalam air. Dengancara memasukkan yang benar (daun dayungharus masuk ke dalam air sebelum semua gayaterpakai untuk menekan footstretcher), makakita bisa mengurangi gaya negative denganmentransfer gaya tersebut pada daun dayung(blade).

Akan tetapi betapapun baiknya teknikmendayung, gaya negative akan selalu ada, dankecepatan akan menurun pada titik terendahsegera setelah daun dayung masuk ke air. Tujuankita meningkatkan teknik adalah untukmengurangi variasi perubahan kecepatan.

Efek dari interaksi antara gaya positif dan gayanegative akan terulang antara 220 dan 250 kali untuk jarak 2000m. Kehilangan kecepatan sedikitsaja dalam setiap kayuhan akan membuatkecepatan rata-rata berkurang sehingga jaraktempuh setiap kayuhan juga menjadi lebihpendek. Contohnya pengurangan jarak tempuh5cm setiap kayuhan kalau dikalikan denganjumlah kayuhan maka jarak tempuh yang hilangadalah 12.5m untuk setiap 2000m.

ARM TOO EARLY IN THE MIDLE1

BANDED ARMS

BODY MOVES BACKWARD AT THE FINISH

DUMMIES 4 ENGLISH

DUMMIES CHN2

ELBOW TOO WIDE

EXTREME LAYBACK

HAND TOO HIGH AT THE CATCH

HAND TOO SLOW

JERKY STOPPING OF THE SLIDE

LATE FEATHERING

LIFFTING SHOULDER

LIFFTING THE BODY AT THE CATCH

MISSING ARMSTROKE AT THE MIDLE

NOT ENOUGH LAYBACK

NOT ENOUGH REACH

RUSHING

SHOOTING OUT

SKYING

TOO HARD USE OF THE BODY AT THE FINISH

TOO LONG REACH

UNEVEN HANDS

UNEVEN LEGDRIVE

TERIMAKASIH

top related