pengantar pengkajian sastra

Post on 12-Apr-2017

144 Views

Category:

Education

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

PENGANTARPENGKAJIAN SASTRA

Bahan Kuliah

PENGERTIAN SASTRA

1)

Segala sesuatu yang tercetakatau tertulisGreat booksKarya imajinatifMenurut Wellek dan AustinWarren:Sebuah ciptaan, kreasi, bukanCuma imitasi

2) Luapan emosi yang spontan3) Bersifat otonom4) Otonomi sastra bersifat

koheren (selaras bentuk danisi)

5) Menghadirkan sintesa antarahal-hal yang salingbertentangan

6) Mengungkapkan sesuatu yangtidak terungkapkan denganbahasa sehari-hari.

Pengertian Sastra secaraUmum

Hasil cipta manusia berupatulisan maupun lisan, bersifatimajinatif, disampaikan secarakhas, mengandung pesan yangbersifat relatif.

Pengertian Sastra Jawa

Sastra: alat untuk mengajarJadi, sastra adalah segalasesuatu yang berfungsi untukmengajar.Ilmu pengetahuan, ilmu alam,hukum, undang-undang, ilmubahasa, karangan, naskah/manuskrip dalam filologi.

Objek Sastra

Bahasa lisan maupun tertulis,baik tersurat maupun tersirat,dengan aneka gayapenyampaiannya.

Pengertian Kajian Sastra

Proses atau perbuatanmengkaji, menyelidiki, danmenelaah objek material yangbernama sastra.

Tujuan Pengkajian Sastra

UNTUK MEREBUT MAKNA

GENRE SASTRA

Adalah suatu klasifikasi bentukdan isi karya sastra yangterdapat dalam realitas.Terdapat pendapat yangberbeda dalam klasifikasi karyasastraFenomena ini disebut denganestetika identitas, sebagaiidentitas seorang sastrawan

Contoh klasifikasi sastra

1.

2.

3.

4.

Karya sastra tradisional Jawa(tembang)Ada aturan guru wilanganGuru gatraGuru laguBerbentuk bait, diatur sesuaidengan metrum

Kepatuhan untuk mematuhiaturan tersebut merupakankebanggaan tersendiri bagi parapenyair.Estetika identitas yang sudahmendominasi tersebutmenghadapi tantangan dankenyataan adanya keinginanpara sastrawan untukmengubah konvensi yang ada.

Menghendaki adanya revolusiMemunculkan estetika oposisiBukan hanya pada puisi, tetapijuga prosa.

Pembagian Genre Sastra

Menurut Aristoteles1) bersifat cerita (naratif)2) dramatikKemudian dalam perkembangannyadibagi menjadi 3, yaitu:1) naratif2) dramatik3) puisi

Naratif

Teks naratif adalah semua teks-teks yang tidak bersifat dialogdan isinya merupakan suatukisah sejarah dan deretanperistiwa. Bersamaan dengankisah dan deretan peristiwahadir cerita. Contoh novel,cerpen, dan lain-lain.

Dramatif

Semua teks yang bersifatdialog, yang isinyamembentangkan sebuat alur.Teks drama berkiblat padapementasan.Petunjuk-petunjuk pementasanbersifat sekunder, tidak pernahdiucapkan (disebut sebagai tekssamping)

Puisi

Teks puisi adalah teks monologyang isinya tidak pertama-tamamerupakan sebuah alur.Bercirikan tipografik tertentu.

Analisis Teks Naratif

Unsur-unsur pembangun fiksimenurut Stanton:1) tokoh2) alur3) latar4) judul5) sudut pandang6) gaya dan nada7) tema

Tokoh Menurut Dimensinya

FISIOLOGISusia, jenis kelamin, keadaan tubuh,ciri-ciri muka, dan sebagainya.SOSIOLOGISstatus sosial, pekerjaan, jabatan,peranan dalam masyarakat,pendidikan, agama, pandanganhidup, ideologi, aktivitas sosial,organisasi, hobby, bangsa, suku,dan keturunan.

PSIKOLOGISmentalitas, ukuran moral,keinginan dan perasaan pribadi,sikap dan kelakuan,temperamen, intelektualitas

Menurut Keterlibatan dalamCerita

Tokoh utama (Sentral)paling terlibat dengan maknaatau tema, paling banyakberhubungan dengan tokoh lain,paling banyak memerlukanwaktu penceritaan.Tokoh tambahan (Periferal)

Berdasarkan Wataknya

TOKOH SEDERHANAkurang mewakili keutuhanpersonalitas manusia dan hanyaditonjolkan satu sisi karakternyasajaTOKOH KOMPLEKSmenggambarkan keutuhanpersonalitas manusia, baikburuk secara dinamis.

top related