panduan menggunakan laptop bagi pemula

Post on 21-Jul-2015

337 Views

Category:

Education

8 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Disusun oleh: Sahman, S.Pd. SMK N 3 Kuala Kapuas

P e n g a n t a r

1. Keluarkan laptop dari soft case (tas) nya.

2. Letakkan laptop pada tempat yang rata/datar

3. Pasang charger saat laptop akan dihidupkan

4. Pastikan jack charger menancap stabil pada stop contact.

5. Jangan lepaskan baterai laptop saat bekerja.

1. Tekan tombol POWER pada laptop beberapa detik sampai lampu INDIKATOR POWER menyala.

2. Tunggu sampai tampilan pada layar monitor (desktop) sempurna, tanda bahwa proses “booting” telah selesai.

ICON

3. Gunakan “mouse” bukan “touchpad” agar lebih aman kita mengoperasikan laptop.

Mouse Touchpad

4. Cara menggunakan mouse.- Klik kanan untuk menampilkan pilihan “Menu”.- Klik kiri untuk mengaktifkan atau menjalankan program.- Scroll untuk menaik-turunkan layar.

Klik kiri

Klik kanan

Scroll/Penggulung

5. Melakukan “Refresh” sebelum memulai bekerja, untuk memastikan bahwa laptop telah siap menerima perintah yang akan kita berikan:- Klik kanan pada area kosong desktop,- Geser mouse/pointer pada pilihan “Refresh”,- Klik tombol kiri mouse.

Perintah ini tidak menghasilkan tampilan apa pun selain respon (yang cepat) dari laptop, yang menunjukkan bahwa laptop siap untuk menerima perintah-perintah selanjutnya.

6. Menyembunyikan “icon” pada desktop: (video di sini)- Klik kanan pada area kosong desktop,- Geser mouse/pointer pada pilihan “View”- Lanjutkan pada pilihan “Show desktop icons”,- Klik tombol kiri mouse.- Icon akan hilang dari layar.

7. Menampilkan kembali “icon” pada desktop:- Klik kanan pada area kosong desktop,- Geser mouse/pointer pada pilihan “View”- Lanjutkan pada pilihan “Show desktop icons”,- Klik tombol kiri mouse.- Icon akan muncul kembali di layar.

8. Merapikan “icon” pada desktop:- Klik kanan pada area kosong desktop,- Geser mouse/pointer pada pilihan “Short by”- Lanjutkan pada pilihan “Name”,- Klik tombol kiri mouse.- Icon akan tertata rapi kembali secara otomatis.

9. Mengganti Desktop Backgroud dengan Background bawaan Windows: (video klik di sini)- Klik kanan pada area kosong desktop,- Geser mouse/pointer pada pilihan “Personalize”- Akan tampil gambar berikut:

10. Mengganti Desktop Backgroud dengan Background bawaan Windows: (lanjutan)- Klik pada Desktop Background,- Klik pada Background yang diinginkan,- Klik pada Save change, maka background telah berubah.

11. Mengganti Desktop Backgroud dengan foto keluarga: sini- Klik kanan pada area kosong desktop,- Geser mouse/pointer pada pilihan “Personalize”- Akan tampil gambar berikut:

10. Mengganti Desktop Backgroud dengan foto keluarga: (lanjutan)- Klik pada Desktop Background,- Klik pada Browse, lalu pilih file foto yang diinginkan,- Klik pada Save change, maka background telah berubah.

Untuk mengetahui banyaknya ruang penyimpanan di dalam laptop, lakukan langkah berikut:- Klik kanan pada “icon” Computer di desktop,- Geser mouse/pointer pada “Open”,- Klik kiri mouse maka muncul tampilan berikut:

Membuat ruang penyimpanan pribadi di dalam laptop

Lakukan langkah berikut: (video klik di sini)- Klik kanan pada “Computer”, pilih “Open” lalu klik

kiri.- Klik kanan pada FOLDER D, pilih “Open” lalu klik kiri.- Klik kanan di area kosong, geser mouse ke pilihan

“New” lalu geser lagi ke pilihan “Folder” lalu klik kiri.

- Ketikkan nama folder, misalnya “LATIHAN SAHMAN”- Tekan tombol “Enter” pada keyboard, maka FOLDER

PRIBADI kita telah berhasil dibuat.

Untuk membuat file RPP di Folder kita sendiri, ikuti langkah berikut:- Klik “Computer” lalu “Open” (litah video di sini)- Klik Folder D lalu “Open”- Klik Folder kita, lalu “Open”- Klik kanan di area kosong, geser mouse ke pilihan “New” lalu geser

lagi ke pilihan “Microsoft Office Word Document”- Ketikkan nama file yang akan kita buat, misalnya “RPP Bahasa

Indonesia” lalu tekan tombol “Enter” pada keyboaard.- Maka kita telah membuat sebuah fila dengan nama “RPP Bahasa

Indonesia” namun file tersebut masih kosong.- Untuk mengisi file tersebut, ikuti langkat selanjutnya.

Untuk mengisi file RPP Bahasa Indonesia yang telah kita buat, ikuti langkah berikut: (video klik di sini)- Klik kanan pada file “RPP Bahasa Indonesia”, lalu “Open”- Silakan mulai mengetikkan isi file mulai dari awal, misalnya:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (lalu Enter)(RPP) (Enter dua kali)

Satuan Pendidikan : SD Negeri 5 Selat Hilir (Enter)Kelas/Semester : 6 (Enam) / Ganjildan seterusnya

Untuk membuat titik dua rata, tekan tombol Tab setelah “Satuan Pendidikan” dan “Kelas/Semester”

Lakukan penyimpanan file dengan cara sebagai berikut:- Klik pada “Office Button” di pokok kiri atas,- Klik pada pilihan “Save”- Maka file RPP Bahasa Indonesia kita sudah tersimpan.- Untuk mengakhiri kegiatan pengetikan, kita klik tanda silang (X)

pada pojok kanan atas. - Selesai.

Untuk membuka kembali file kita, ikuti langkah berikut:Klik “Computer”, lalu “Open”. Klik Folder D lalu “Open”. Klik Folder kita, lalu “Open”. Klik file RPP Bahasa Indonesia, lalu “Open”

D e m i k i a n

sales@domain.com CompanyName CompanyName

top related