makalah green it rai

Post on 15-Nov-2015

24 Views

Category:

Documents

7 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

Keren

TRANSCRIPT

MAKALAH PENERAPAN KOMPUTERGREEN IT

Nama: Rai Trisna JatnikaNPM: 143020200Kelas: TP-D

PENERAPAN KOMPUTERJURUSAN TEKNOLOGI PANGANFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS PASUNDANBANDUNG2014

BAB IPENDAHULUANA. Latar BelakangPada era globalisasi sekarang ini Teknologi Informasi menjadi sesuatu hal yang baru dan menarik bagi end user. Tetapi penggunaan Teknologi Informasi membutuhkan energi listrik yang sangat besar pada saat dinyalakan dan digunakan. Global warming yang terus bermunculan salah satunya disebabkan oleh penggunaan komputer yang berlebihan oleh masyarakat. Perilaku masyarakat yang boros energi contohnya adalah membiarkan komputer dalam kondisi menyala pada saat ditinggal daripada dimatikan terlebih dahulu. Penyebab lainnya adalah pembuatan computer dan berbagai barang elektronik yang memakan bahan baku, air, dan listrik yang menambah pembuangan emisi carbon dioxide. Penggunaan hardware di komputer juga mengkonsumsi banyak energi.

Berdasarkan fakta-fakta yang ada dapat disimpulkan bahwa IT menjadi salah satu masalah dalam pemeliharaan lingkungan. Solusi yang tepat untuk mengatasi dampak pemanfaatan IT adalah Green Computing. Istilah Green Computing awalnya diciptakan oleh U.S. Enviromental Protection Agency yang membuat suatu program Energy Star yang berpatok pada bagaimana cara memanfaatkan konsumsi energi yang dipakai pada penggunaan computer dan teknologi yang semakin berkembang agar lebih efisien.

Menurut Prof. San Murugesan, untuk menghadapi perubahan IT yang berdampak pada lingkungan harus dimulai dari mengubah kebiasaan kita sendiri dalam melakukan berbagai hal sehari-hari dan membuat suatu siklus hidup IT lebih bermanfaat. Cara yang disarankan adalah dengan Green use, Green Disposal, Green Design, dan Green Manufacturing. Perubahan industri IT sendiri harus berubah untuk mendukung Green Computing. Saat ini perusahaan IT hanya fokus pada penggunaan peralatan IT di berbagai divisi, proses penggerak, dan harganya. Di masa yang akan datang perusahaan-perusahaan diharapkan bisa mengangani dampak dan kegunaan IT pada lingkungan.

Pada masa ini sudah banyak perusahaan luar yang berkomitmen untuk menggunakan energi bersih dan Green Computing. Menurut article Penny Jones, pada tahun 2013 perusahaan besar Google dan Cisco menduduki posisi paling atas di Greenpeace Annual List, dimana daftar tersebut berhubungan dengan perusahaan yang berkontribusi paling banyak dalam Green IT. Google bekerja sama dengan Duke Energy untuk mengembangkan suatu program yang membantu perusahaan besar lainnya membeli energi baru dengan tarif yang relatif rendah. Di Cisco mereka menambah photovoltaic panel di atap sebagai penggerak energi di perusahaan dan memasang pabrik pendinginan yang efisien dalam penggunaan energi.

B. Tujuan dan Manfaat Tujuan dari penulisan paper makalah ini adalah:- Mengetahui dampak penggunaan teknologi secara terus menurus- Memberikan contoh penggunaan Green Computing dalam kehidupan sehari-hari- Memperkenalkan Green Computing dalam kegiatan dan aktifitas di lingkungan sekitar- Memberikan informasi dan pengetahuan Green Computing- Mengetahui pengertian-pengertian Green Computing dari berbagai sumber

Manfaat yang diberikan bila tujuan telah tercapai:- Menerapkan Green Computing sebagai pedoman dalam kehidupan- Mengetahui dampak dan bahaya-bahaya dari pemakaian teknologi yang berlebihan terutama komputer- Menggunakan peralatan elektronik terutama komputer secara efisien agar dapat mengurangi pembuangan gas emisi yang berbahaya- Mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan- Ramah lingungan

C. Ruang LingkupUntuk melakukan penyusunan dalam penulisan ini maka akan dijelaskan tentang ruang lingkup Green Computing yang meliputi:- Melakukan perubahan konsep paperless- Regulasi Green Computing- Green hardware- Memberikan pemahaman Green Computing- Pemahaman solusi yang diberikan oleh penggunaan Green IT

BAB IIPEMBAHASAN

A. Pengertian Green IT/ComputingGreen it adalah komputasi ramah lingkungan yang digalakkan untuk meminimalisir dan menghilangkan sama sekali dampak buruk dari penggunaan teknologi bagi lingkungan. Pengertian dariGreen Computingatau Komputasi Hijau itu sendiri yaitu suatu ilmu atau penerapan tentang bagaimana kita menggunakan sumber daya komputer atau perangkat elektronik yang kita miliki secara efisien dan ramah lingkungan. Sasaran utama green computing adalahbumiini sendiri,manusia, serta laba/keuntungan. Tujuannya jelas untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan yang berbahaya terhadap lingkungan, mengefisiensi penggunaan energi, menyeimbangkan antara teknologi dan lingkungan agar tercipta suatu teknologi yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam atau lingkungan hidup serta menerapkan daur ulang pada bahan-bahan pembuat komputer. Salah satu langkah yang mudah untuk mengefisien kan penggunaan energi adalah penggunaan laptop dari pada komputer pribadi di rumah, secara tidak langsung cara ini dilakukan untuk menghemat energi.

B. Manfaat Green Computing Menghemat daya dan Hemat listrik memperpanjang usia perangkat computer mengurangi emisi karbondioksida membutuhkan sedikit hardware Penghematan kertas Terhindar dari Krisis listrik berlanjut Memelihara Lingkungan agar menjadi lebih baik Ramah lingkungan

C. Kelebihan dan Kekurangan Green ComputingKelebihan dari green computing: Penggunaanenergyberkurang dari teknik komputasi hijau diterjemahkan ke dalam emisi karbondioksida yang lebih rendah, yang berasal dari pengurangan bahan bakar fosil yang digunakan dalam pembangkit listrik dan transportasi. Konservasi sumber daya berarti lebih sedikitenergyyang dibutuhkan untuk memproduksi, menggunakan, dan membuang produk. Menghematenergydan sumber daya menghemat uang. Komputasi hijau bahkan termasuk mengubah kebijakan pemerintah untuk mendorong daur ulang dan menurunkan penggunaanenergyoleh individu dan bisnis. Mengurangi resiko yang ada dalam laptop seperti kimia diketahui menyebabkan kanker, kerusakan saraf dan reaksi kekebalan tubuh pada manusia.

Kekurangan dari Green Computing: Komputasi hijau benar-benar bisa cukup mahal. Beberapa komputer yang hijau mungkin sangat kurang bertenaga. Perubahan teknologi yang cepat.

BAB IIIPEMBAHASANA. Penerapan Green ITPenerapan Green computing memiliki beberapa cara , seperti konsolidasi infrastruktur, penggunaan daya keseluruhan yang lebih rendah, dan pemanfaatan sistem yang lebihoptimaluntuk melakukan berbagai pola kerja. Ini juga termasuk merangkul dan mengadopsi bahan berbasis industri-industri terkemuka yang memiliki masalah dengan dampak padalingkunganyang hijau. Solusi pada jaringan menurunkan overheadCPUdan meningkatkan pemanfaatan sistem, dengan demikian dampak langsungnya yang dapat dirasakan adalah menurunya tagihan listrik. Contoh pengaplikasian komputasi hijau yang lain adaah penggunaan CPU dan komputer server yang hemat energi.Green Computing yang juga bertujuan untuk mencapai kelayakan ekonomi melakukan pengembangan-pengembangan terhadap praktek produksi ramah lingkungan , komputer hemat energi dan peningkatan prosedur pembuangan serta daur ulang.Untuk mempromosikan konsep green computing,maka ada empat pendekatan yang dilakukan:1. Green use: Meminimalkan konsumsi listrik perangkat komputer dalam cara yang ramah lingkungan.2. Green disposal: membuat kembali komputer yang sudah ada atau mendaur ulang perangkat elektronik yang tidak digunakan.3. Green design: Merancang komputer yang hemat energi , server , printer,proyektordan perangkat digital lainnya.4. Green Manufactur: Meminimalkanlimbahselama proses pembuatan komputer dan mengurangi dampaknya terhadap lingkungan.

Pemerintahdan pihak yang berwenang pun turut aktif memplokamirkan konsep green computing ini dengan melakukan beberapa program serta membuat peraturan-peraturan untuk menegakkannya.

Selain itu ada pula beberapa langkah sederhana agar penggunaan komputer lebih ramah lingkungan dan efisien energi. Diantaranya:1. Menggunakan mode tidur atau hibernasi ketika tidak menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama.2. Menggunakan monitor layar datar atauLCD, bukan monitor tabung sinar katoda konvensionalCRT.3. Membeli komputer notebook hemat energi, bukankomputer desktop.4. Mengaktifkan fitur manajemen daya untuk kendali konsumsi energi.5. Mematikan komputer pada akhir penggunaan.6. Mengisi ulang cartridgeprinter, bukan membeli lagi yang baru.7. Memperbaiki perangkat yang ada, bukan langsung mengganti dengan komputer baru.8. Gunakan metode tanpa kertas untuk berkomunikasi9. Gunakan komputer yang memenuhi persyaratan energy star10. Pilih mematikanmonitordari pada menggunakan screen saver11. Gunakan power saving setting padalaptop12. Kurangi penggunaan backlight13. Matikan bluetooth dan wifi ketika tidak digunakan14. Melakukan upgrade RAM laptop dari pada membeli laptop baru

BAB IVPENUTUPA. KesimpulanSetelah melakukan penelitian terhadap data-data dari Green Computing kami dapat menarik kesimpulan bahwa Green IT adalah penggunaan peralatan elekronik dan non-elektroni terutama komputer secara efisien dan juga dengan adanya Green Computing maka seluruh aktifitas manusia yang berhubungan dengan komputer dapat terkontrol dengan baik. Namun banyaknya cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah daya komputer yang digunakan serta dampak-dampak negatif yang diakibatkan oleh komputer atau semacam alat elektronik, Green Computing juga dapat dijadikan sarana untuk menghargai lingkungan oleh manusia itu sendiri. Adanya Green Computing sekarang ini dapat mengurangi kadar emisi carbon dioxide dan mengurangi biaya listrik secara signifikan dengan pemakaian komputer yang baik. Green Computing juga dapat dijadikan strategi pemilik untuk mendorong maju dan menjamin ketersediaan energi di masa depan.

B. Saran Mendaur ulang komputer dan alat elektronik lainnya yang sudah tidak terpakai dengan cara mengambil beberapa sparepart yang masih berfungsi dan melakukan pembaharuan pada komputer lainnya. Contohnya saja pada bagian komputer yang sudah tidak berfungsi dengan baik dicopot dan digunakan pada komputer yang memerlukannya Menggunakan kertas yang mudah didaur ulang, contohnya kertas koranMelakukan Green Computing pada beberapa sektor IT yang membutuhkan, contohnya pembaharuan hardware untuk pemanfaatan energi agar tidak terbuang Menggunakan laptop lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan komputer CPU Berlangganan E-Magazine atau koran yang dapat diunduh dalam laptop ataupun gadget lainnnya untuk mengurangi emsi kertas yang terbuang Menggunakan komputer dan alat elektronik lainnya dengan baik atau terkontrol, contohnya mematikan alat elektronik daripada di stand-by Gunakan komputer dan alat-alat elektronik lainnya yang mengikuti program Energy Star, yaitu sebuah program sertifikasi yang hemat energi

top related