kewirausahaan dan etika bisnis.pptx

Post on 31-Jan-2016

222 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Dosen : Mellyandriana ST, MT.

Kewirausahaan dan Etika Bisnis

By. Sarah Margareth Gultom

Meilda FaramitaJuni Amelia Sitepu

Kapan waktu yang tepat

menjadi wirausaha?

SEKARANG!

Tidak perlu banyak pertimbangan, analisa-analisa, atau alasan-alasan lain yang membuat anda tidak melakukannya. Ada beribu alasan untuk menunda atau tidak memulainya sekarang, tetapi ada juga beribu alasan yang bisa anda jadikan alasan untuk melakukannya. Semua tergantung anda sendiri.

Anda ingin memulainya sekarang? Mudah saja. Anda siapkan meja dan kursi yang anda miliki beserta peralatan dapur secukupnya (misalnya kompor, panci, gelas, piring, sendok). Lalu letakkan di depan rumah anda. Lengkapi dengan kopi sachet, mie goreng, mie rebus, jadilah warung kopi anda. Dan anda sekarang sudah menjadi seorang wirausahawan.

Intinya JUST DO IT

Semudah itukah? Ya.. Tidak perlu banyak berpikir, menganalisa untung rugi, kapan balik modal, laku atau tidak laku. Itulah sederhananya cara memulai usaha.

Tapi ternyata tidak semua orang memiliki mental untuk menjadi seorang wirausahawan. Banyak yang tidak berani dengan bermacam-macam alasan. Tidak punya modal, tidak punya tempat, malu, takut tidak laku, menilai selera konsumen dengan selera kita sendiri, dan sebagainya.

Untuk itulah diperlukan ilmu. Jadi syarat menjadi seorang wirausahawan salah satunya adalah jangan berhenti belajar. Kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja.

Setiap manusia diberikan kelebihan sekaligus kekurangan. Tapi tidak ada keberhasilan yang akan dicapai jika kita selalu mengeluhkan kekurangan kita. Justru kita harus terus menggali potensi diri kita sehingga kita bisa melihat dan memanfaatkan kelebihan yang kita miliki.

Rasa percaya diri sangat diperlukan untuk seorang wirausaha. Jika kita tidak percaya diri, bagaimana kita bisa meyakinkan orang lain tentang usaha yang kita jalankan? Karena itu, teruslah belajar dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun untuk mendapatkan ilmu.

Selain sikap percaya diri, kemauan adalah modal selanjutnya. Seperti pepatah bilang dimana ada kemauan di situ ada jalan. Kemauan untuk melakukan rencana-rencana kita, kemauan untuk belajar, kemauan untuk memanfaatkan kesempatan yang ada, dan yang juga penting kemauan untuk selalu memberikan manfaat bagi orang lain.

Jika tidak ada kesempatan, kita bisa menciptakan kesempatan itu dengan melihat apa yang ada di sekitar kita. Kebutuhan yang muncul di masyarakat tetapi belum tersedia. Ada banyak cara untuk mendapatkan kesempatan itu.

Menjadi wirausahawan memang tidak mudah. Perlu kerja keras dan kerja cerdas agar hasilnya maksimal.

Semoga bermanfaat dan ...

Selamat Berwirausaha

top related