inl/ahkoran - pustaka.unpad.ac.idpustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/06/inilahkoran... ·...

Post on 02-Mar-2019

217 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

o Sen/n o Se/asa 0 Rabu o Kam/s 0 Jumat

inl/ahkoran2 3

17 18 19456 720 21 22

8 9 10 1123 24 25 26

eJun OJul OAgsOJan OPeb oMar OApr OMel

RotanObat

Dari Anyaman Jadiadang T~n.gorokan•.,

M Faisal Febrian FassaFakuitas Farmasi Universitas Padjadjaran, ~

BATUK-batuk,rasa perih yang

menyiksa, gatal,dan kering pada

tenggorokan adalahbeberapa gejala

awal dad penyakityang biasa Iota sebutradangtenggorokan

atau fari ngitis,dalam bahasa

kesehatannya,Mesklpun

tergolong sebagaipenyakit yang

tidak mematlkan,radang tenggorokansangat mengganggu

rutinitas sehari-hari yang padat

dan menuntutkonsentrasi tinggi.

Banyak solusi yang ditawar-kan untuk menyembuhkanpenyakit radang tenggorokkan.

Mulai dari berkumur dengan airgaram hangat atau obat kumur agarrasa sakit yang ditimbulkan sedikitberkurang, memakan tablet hisap(lozenges) yang mengandung anti-septik hingga meminum obat peredasakit dan penurun demam sepertiasetaminofen. Namun, apakah kaliantahu bahwa ada tumbuhan unik yangmungkin orang banyak pad a urnum-nya berpikir bahwa tumbuhan terse-but tidak mungkin bisa untukdijadikan obat-obatanyang ampuh dan mu-jarab. Yap, tumbuhantersebut tidak lain dantidak bukan adalahrot an.

Rotan adalahtumbuhan yangdigunakan parapengusahaproperti un-tukanyam-an seperti:kursi, meja,guci, vasbunga,dan lain-nya.Namunsiapa sangkaternyatarot an sangatlahbermanfaat bagikesehatan kit a semua.Rotan yang me-milikinamalatin calamusrotang adalahsalah satu tan am-an menjalar yang batangnya berduridan berwarna cokelat. Dan umumnyasetiap rotan dapat tumbuh hinggamencapai 6 meter.

Tanaman rotan yang biasa kitajumpai di Kepulauan Kalimantan,khususnya Kalimantan Utara, ternya-ta memiliki zat yang bisa menjadiobat herbal untuk kesehatan manu-sia. Zat yang terkandung di dalamratan tersebut adalah tanin. Zat taninmemiliki khasiat sangat besar untukmemerangi bakteri-bakteri yangbisamenyebabkan sakit tenggorokan.Biasanya bakteri tersebut munculdikarenakan seseorang terlalu seringmengonsumsi makanan pedas, panas,

dimakan. Namun tidak segampangitu membuat hidangan makanan de-ngan menggunakan rotan mudajikaingin menikmati khasiatnya dengancara memakannya. Kita harus meng-olah terlebih dahulu ratan mud atersebut. Karena biasanya, terdapatrasa pahit yang disebabkan getahpahit yang berada dalam ratan mud atersebut.

Berikut adalah langkah-langkahyang harus dilakukan untuk meng-hilangkan getah pahit ratan dariujung ratan muda. Pertama, potong-potong terlebih dahulu ratan mud ayang akan dijadikan obat dan diolahmenjadi makanan. Lalu rebus ratan

muda tersebut dengan air mendidih(proses perebusan ini bermanfaat

~-.--.-...-:-o-~--untuk menghilangkangetah pahitdan minuman yang terlalu dingin yang terdapat pada ratan tersebut).secara berlebihan. Maka bakteri- Setelah prosesperebusan selesai di-bakteri penyebab radang tenggorok- lakukan, ratan yang telah dihilangkanan pun akan dengan senantiasa getah pahitnya tersebut ditiriskanmenghinggapi tenggorokan kita dan dan dicampurkan ke dalam bahanmenyebabkan kita terse rang radang masakan yang akan kita buat. Selan-tenggorokan. jutnya, dapat kita nikmati khasiatnya.

Bagian dari ratan yang dapat Ratan dapat dibuat dalam berbagaimenjadi tempat banyaknya zat tanin jenis makan yang enak dan menggiur-adalah ujung ratan yang masih muda. kan mulai dari tumisan, soto ratan,Cara mengonsumsi ujung ratan ataupun makanan berkuah

mud a tersebut lainnya.dengan cara Selain manfaat ratan

yang berfungsi untukmengatasi radang teng-

gorokan seperti yang telahdijelaskan di atas, ternyataratan pun dapat menyem-buhkan berbagai pe-nyakit lainnya. Masihtetap zat taninyang memegangperanan pentingsebagai jagoanuntuk meme-rangi penyakit-penyakit. Zattanin pun dapatdigunakanuntuk menga-tasi penyakit,mulai dari diare,

pendarahan,hinggapenyakit yang ter-

golong mematikan, se-perti malaria.

~ Penyakit yangdisebabkan

oleh parasit bernamaplasmodium dengan bantuan darinyamuk anopheles ini dapat berdam-pak buruk terhadap penderitanya.Mulai dari kejang-kejang, badan sangatlemah, panas sangat tinggi, dehidrasi,dan akibat buruk lainnya.

Oleh karena itu seperti peribahasayang berbunyi Jangan menilai bukudad sampulnya', karena mungkin dibalik sampulnya yang tidak bagus ter-dapat banyak ilmu yang berguna bagikita. Begitu pula dengan ratan. Karenadi balik kegunaan ratan yang biasanyadigunakan oleh orang banyak sebagaialat -alat properti, ternyata ratan jugamenyimpanjutaan manfaat yangtidak terduga sebagai obat untuk ke-sehatan kita semua. (*)

~r-~ ~

-: ...• ~~ .. -ILUSTRAS! INILAH/KENYO JABAR :/'"

top related