gizi buruk bada balita

Post on 17-Aug-2015

26 Views

Category:

Healthcare

10 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

GIZI BURUKPADA BALITA

Kelas : 1B Prodi : S1 KeperawatanOleh :

- Barkah Abdulatip

(C1AA14024)

PENDAHULUAN..• Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang

dikonsumsi secara normal melalui proses digestif, absorbsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme, dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi. Tanpa adanya gizi yang adekuat, maka kualitas hidup tidak akan optimal dan tentunya akan mempenagruhi proses tumbuh kembang.

PENGERTIAN GIZI BURUK• Malnutrisi (gizi buruk) adalah suatu istilah umum yang merujuk pada

kondisi medis yang disebabkan oleh diet yang tak tepat atau tak cukup. Walaupun seringkali disamakan dengan kurang gizi yang disebabkan oleh kurangnya konsumsi, buruknya absorpsi, atau kehilangan besar nutrisi atau gizi, istilah ini sebenarnya juga mencakup kelebihan gizi (overnutrition) yang disebabkan oleh makan berlebihan atau masuknya nutrien spesifik secara berlebihan ke dalam tubuh.

DATABASE KESEHATAN PERKABUPATEN BALITA YANG TERKENA GIZI BURUK

no Kabupaten/Kota %Gizi Buruk Balita1. Kota Sukabumi 0.652. Kota Cirebon 1.483. Kota Bekasi 0.844. Kota Depok 0.115. Kota Cimahai 0.91

kota Suk-

abumi

Kota Cirebon

Kota Bekasi

Kota Depok

Kota Cimahi

00.20.40.60.8

11.21.41.6

GRAFIK GIZI BURUK PADA BALITA DI SETIAP KABUPATEN/KOTA

ANALISA DATA :

Dari data di atas data kesehatan balita yang terkena gizi buruk.berikut ini adalah urutan data dari yang paling tinggi samapi dengan yang rendah. Data gizi buruk yang paling tinggi di kota cirebon yaitu 1.48, cimahi yaitu 0.91, bekasi yaitu 0.84, kota sukabumi yaitu 0.65. dan terakhir kota depok yaitu 0.11.

KESIMPULAN :

Malnutrisi (gizi buruk) adalah suatu istilah umum yang merujuk pada kondisi medis yang disebabkan oleh diet yang tak tepat atau tak cukup. Walaupun seringkali disamakan dengan kurang gizi yang disebabkan oleh kurangnya konsumsi, buruknya absorpsi, atau kehilangan besar nutrisi atau gizi, istilah ini sebenarnya juga mencakup kelebihan gizi (overnutrition) yang disebabkan oleh makan berlebihan atau masuknya nutrien spesifik secara berlebihan ke dalam tubuh. Dn dari data di atas dapat di simpulkan bahwa masih banyak kabupaten/kota yang terkena gizi buruk terutama pada balita.hal ini harus di perhatikan dengan cepat terutama begitu tingginya kasus gizi buruk di kota cirebon dan sekitarnya.

top related