belajar ppt

Post on 28-Jan-2016

4 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

belajar ppt

TRANSCRIPT

MEDIA PEMBELAJARAN“KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOTOR BAKAR KONVENSIONAL”

Oleh :Linda Fitri Andriyani

K2513040PTM/B

Sistem PengapianSistem pengapian pada motor bensin adalah berfungsi menyalakan campuran udara-bahan bakar yang telah dikompresikan di dalam ruang pembakaran.

Komponen Sistem Pengapian

Baterai

Kunci Kontak

Koil Pengapian

Distributor

Kabel Tegangan Tinggi

Busi

1. BateraiBaterai adalah alat elektrokimia yang dibuat untuk mensuplai arus listrik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan sistem kelistrikan lainnya.

2. Kunci Kontak Kunci kontak berguna untuk menghubungkan dan memutuskan arus dari baterai ke koil pengapian (ignition coil).

3. Koil Pengapian (Ignition Coil)Koil pengapian (ignition coil) berfungsi menaikkan tegangan yang diterima dari baterai (12 V) menjadi tegangan tinggi (10 KV atau lebih).

4. DistributorDistributor berfungsi sebagai alat pemutus dan pembagi arus pengapian yang akan di salurkan ke spark plug (busi).

5. Kabel Tegangan TinggiKabel tegangan tinggi berfungsi untuk mengalirkan arus listrik tegangan tinggi dan koil pengapian (ignition coil) ke busi.

6. BusiBusi berfungsi untuk memberikan loncatan bunga api melalui elektrodanya ke dalam ruang pembakaran, apabila ada arus tegangan energi mengalir ke busi.

Sekian dan Terimakasih

top related