9(§) 11 12 13 14 15 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29...

Post on 13-Feb-2021

0 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

  • Pikiran Rakyato Senin o Selasa o Rabu o Kamis 0 Jumat o Sabtu • Minggu

    1 2 3 4 5 6 7 8 9(§) 11 12 13 14 1518 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 3117

    OJan OPeb o Mar eApr OMei OJun OJul OAgs OSep OOkt ONov ODes

    •Ing,Punya Catatan Haid

    (Minimal sete-lah 12 bulan re-

    maja mengevalu-asi pola haidhasil catatan

    kalender haidbersama dokteruntuk memper-baiki keadaanyangkurangbaik pada se-

    tahun yang lam-pau dan memper-

    baikinya padatahun berikut-

    nya melalui per-baikanpolahidupserta

    anjuran dokter)

    POLAhaidpadaremajaumumnya belum ter-atur dalam arti daurhaid (periode dari awal haid keawal haid yang berikutnya)lamanya belum teratur. Haidpertama/rnenarse umumnyaterjadi pada masa praremajasekitar umur 12-16 tahun.

    Namun, pada saat ini akibatterjadinya perubahan polahidup, khususnya nutrisi ataucara makan dan kurangnya ak-tivitas olah raga membuat re-maja cenderung mendapatkanhaid lebih dini. Hal ini meru-pakan akibat dari pola makandan kurangnya aktivitas yangmembuat remaja memiliki be-rat badan berlebih. Tingginyalemak/lipid dalam tubuh re-maja menyebabkantingginya/meningkatnya hor-mon utama perempuan, yaituestrogen di samping hormonseks steroid lainnya. Pen-ingkatan dari hormon tersebutmemicu kelenjar rahim danpembuluh darah rahim menja-di membesar. Akhirnya den-gan dipengaruhi oleh hormonlainnya terjadilah pecahnyapembuluh darah kelenjar ra-him atau yang disebut denganhaid yang pertama terjadi,

    Pergeseran usia haid yanglebih muda ini, terutama sekalipada usia di bawah 10 tahunperlu diwaspadai. Hal ini kare-na kelenjar rahim dan payu-dara khususnya, terus-menerus dirangsang oleh-hor-mon tersebut untuk tumbuhdan berkembang. Kemung-kinan pada suatu saat tumbuhkembang ini tidak lagi dapatdikendalikan oleh mekanismepertahanan tubuh maka ter-jadilah tumbuh kembang selrahim ataupun payudara di lu-ar kendali sistem fisiologis re-produksi. Selain itu, muncul-lah gejala-gejala awal ter-jadinya percepatan kejadianprakanker, baik rahim mau-pun payudara, terutama padamereka yang memiliki risikotinggi riwayat turunan penya-kit keganasan/kanker.

    Tiba-tibaHaid pertama/rnenarse ini

    biasanya tidak dirasakan nyeridan terjadi tiba-tiba, apakahsedang tidur ataukah sedangberaktivitas.

    Setelah menarse selama 1-3tahun yang berbeda pada tiapindividu, remaja belum me-ngalami masa subur /belumberovulasi. Haid pun tidak ny-eri kecuali kalau remaja meng-alami proses penyakit lainyang memengaruhi rahim.Setelah melewati masa tanpaovulasi ini, remaja memasukimasa subur, artinya haid yangdisertai dengan keluarnyatelur (ovum) dari indung telursebelah kiri maupun sebelahkanan secara bergantian.

    WaspadaKejadian awal haid/-

    menarse pada usia di atas 16tahun yang disertai atau tan-pa disertai oleh tanda-tandaperkembangan seks sekun-der, perlu mendapatkanpenanganan yang baik.Belum mendapat haid padausia di atas masa remajaberpengaruh pada fungsi re-produksi, khususnya kesubu-ran, di samping gangguan pa-da fungsi tulang.

    Nilai-nilai batas yang di-anggap normal pada siklushaid remaja sangat bervariasi,tetapi sebagai patokanadalah: usia menarse rata-ra-ta 12 tahun 4 bulan, daur haid·berkisar antara 21 - 35 hari.Lama darah haid keluar ku-rang atau sama dengan 7 hari.Banyaknya darah sulit diten-tukan, tetapi pada umumnyaapabila terjadi gumpalandarah menandakanjumlahdarah yang keluar melebihi120 cc. Makin banyak danmakin besar gumpalan berartikian banyak darah yang kelu-ar, normalnya rata-rata seki-tar 80-100 cc darah haid kelu-ar pada setiap siklus haid.

    Selanjutnya denganperkembangan usia, polahidup, keturunan serta berba-gai faktor dari dalam maupun

    KlIplng Humas Onpad 2011

  • luar tubuh memunculkan pe-rubahan-perubahan dari polahaid, yaitu :

    A. Daur haid, yang umum-nya sampai usia 19tahun re-latifbelum teratur. Namun, bi-la melampaui usia 19tahun,ketidakteraturan daur haid da-pat terjadi dan disebabkanoleh faktor-faktor antara lain:1. Infeksi pada sistem repro-duksi. lni disebabkan oleh ku-manfbakteri yang masuk kedalam vagina atau rahim aki-bat kurang telatennya mer-awat kebersihan alat repro-

    Cantoh Kalender Catatan Haid

    endometriosis, serta penyakityang dikenal sebagai nyeripanggul yang menahun dangangguan fungsi kelenjar gon-dok (tiroid) atau terjadinyaproses pertumbuhan, adanyatumor baik pada indung teluratau organ sistem reproduksilainnya.

    B. Perdarahan haid denganjumlah darah yang banyakumumnya disertai gumpalandarah. Keadaan ini dapat ter-jadi secara fisiologis karenaketidakseimbangan antarahorrnon-hormon yang

    BuIan NyerI HIIId LamaHllld DaurHaid JumIah Darah(Hari) (Hari)R S B

top related