document13

Post on 31-Mar-2016

225 Views

Category:

Documents

5 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

Laporan: Yulius Sulo, Merauke wilayah Pegunungan Tengah yaitu Kabupaten Jayawijaya, Lanny Jaya, Yalimo, Nduga, Mamberamo Tengah dan Tolikara. (nal) Semua Usaha Tidak Ada Hasil Tanpa ada Kemauan Kita Sendiri Khusus Pengasihan dan Pasang susuk : pasang susuk intan, susuk emas dan berlian, penglaris dan cepat dapat jodoh dan lain - lainnya layanan kepada kelompok penduduk ter- tentu, masih digunakannya nomor induk kependudukan lokal. Kegiatan tersebut diikuti 6 kabupaten di UKURAN YANG DIPILIH

TRANSCRIPT

13Cenderawasih Pos Kamis, 27 Agustus 2009 LINTASPAPUA

RONALD MANURUNG/CENDERAWASIH POS

Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persada (DWP) KabupatenNduga saat dilantik oleh Ketua DWP Provinsi Papua, Ny ErnieKristantus di Gedung Sosial GKI Wamena, kemarin.

DWP Diharap Sejahterahkan AnggotanyaKETUA Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Papua, Ny

Ernie Kristantus mengatakan, ketua dan pengurus Dharma WanitaPersatuan (DWP) Kabupaten Nduga yang baru dilantik agar dapatbekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan mencurahkan se-gala kemampuan yang dimiliki dalam membina serta meninkatkanpengetahuan dan kesejahteraan anggota beserta keluarganya.

Sebagai pendamping suami, para anggota DWP diharapkanmenjadi suri teladan serta panutan bagi masyakat khususnya yangada di Kabupaten Nduga."Kami harapkan kepada kepengurusanyang baru dilantik ini memiliki rasa tanggung jawab menjalankantugasnya dengan baik untuk membina dan meningkatkan pe-ngetahuan dan kesejahteraan anggota dan keluarganya,"ung-kapnya usai melantik Ketua dan Pengurus DWP Kabupaten Ndugadi Gedung Sosial GKI Wamena, Rabu (26/8) kemarin.

Selain itu, kepada penjabat bupati Nduga selaku penasehat DWPagar memberikan dukungan baik moril maupun financial demikelancaran pelaksanaan kegiatan yang telah diprogramkan olehpengurus DWP Provinsi Papua sehingga tujuan organisasi dapatterwujud dengan baik.

Sementara itu, Ketua DWP kabupaten Nduga Ny. Olasina Wan-dikbo mengungkapkan, pengurus DWP Kabupaten Nduga diiba-ratkan sebagai bayi yang masih memerlukan bantuan, bimbinganserta dukungan dalam menjalankan tugasnya membina anggotadalam memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan dan untukmeningkatkan kemampuan serta pengetahuan sehingga menjadimanusia yang beriman.

Dalam kesempatan itu juga Penjabat Bupati Kabupaten Nduga,Benyamin Arisoy mengatakan, dengan dikukuhkannya pengurusdan anggota DWP hendaknya dapat menjadi pendorong parasuami dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara dan abdimasyarakat, terutama disaat pemerintah Nduga bergeser dari KotaWamena menuju ibukota kabupaten yaitu Distrik Kenyam. (nal)

WAMENA

Di Merauke, Seorang PemudaTewas Gantung Diri

DITEMUI Cenderawasih Pos,pagi kemarin, Dandim Handono,sedang melakukan pengecekan didalam kompleks perumahanmaupun barak Kodim yangberada di belakang Makodim.

Maklum, sebagai pejabat barumeski bukan orang baru di Me-rauke itu, tapi setidaknya harus

Khusus Pengasihan dan Pasang susuk :

pasang susuk intan, susuk emas dan berlian,

penglaris dan cepat dapat jodoh dan lain -

lainnya

PENGOBATAN KHUSUS ALAT VITAL PRIA & WANITADARI JAWA BARAT

HATI - HATI JANGAN SALAH TEMPAT APALAGI SALAH ORANG DATANGLAH KE PAKARNYABISA DIBUKTIKAN DI TEMPAT !!!

>> Khusus Pria

- Menambah ukuran besar dan panjang

- Menambah keras kuat dan tahan lama

- Mengatasi Ejakulasi dini, impotensi dini maupun lama

- Burung susah bangun, loyo bisa perkasa lagi

>> Khusus Wanita

- Gurah Vagina, pulih seperti perawan lagi, keputihan

- Membesarkan, mengencangkan payudara

- Secara alamiah, insya allah keluhan anda akan tuntas

- Tidak pakai suntik atau silicon

Klinik pengobatan Emak Erot yang paling Hebat danKlinik pengobatan Emak Erot yang paling Hebat danKlinik pengobatan Emak Erot yang paling Hebat danKlinik pengobatan Emak Erot yang paling Hebat danKlinik pengobatan Emak Erot yang paling Hebat dan

sudah teruji Keampuhannya Baik di sudah teruji Keampuhannya Baik di sudah teruji Keampuhannya Baik di sudah teruji Keampuhannya Baik di sudah teruji Keampuhannya Baik di IIIIIndonesia danndonesia danndonesia danndonesia danndonesia dan

Mancanegara BersamaMancanegara BersamaMancanegara BersamaMancanegara BersamaMancanegara Bersama

Semua Usaha Tidak Ada Hasil

Tanpa ada Kemauan Kita Sendiri

SILAHKAN MENCOBA DAN BUKTIKANSILAHKAN MENCOBA DAN BUKTIKANSILAHKAN MENCOBA DAN BUKTIKANSILAHKAN MENCOBA DAN BUKTIKANSILAHKAN MENCOBA DAN BUKTIKANAlamat PraktekAlamat PraktekAlamat PraktekAlamat PraktekAlamat Praktek

Jl. Argapura Bawah, Depan Hotel RelatJl. Argapura Bawah, Depan Hotel RelatJl. Argapura Bawah, Depan Hotel RelatJl. Argapura Bawah, Depan Hotel RelatJl. Argapura Bawah, Depan Hotel Relat

Indah Hubungi HP : 081248877779Indah Hubungi HP : 081248877779Indah Hubungi HP : 081248877779Indah Hubungi HP : 081248877779Indah Hubungi HP : 081248877779

UKURAN YANG DIPILIH

Panjang 21 cm 20 cm 19 cm 15

Besar/Diameter 6 cm 5 cm 4 cm 3 cm

H. YUSUFH. YUSUFH. YUSUFH. YUSUFH. YUSUF

Diduga Putus Asa AtasPenyakit yang Dideritanya

MERAUKE-Diduga karena putus asamenanggung beban penyakit yang dideri-tanya, seorang pemuda di Kampung Ong-gaya, Distrik Noukenjerai, KabupatenMerauke bernama Yunus Ndimar (25) me-milih mengakhiri hidupnya. Ia ditemukantewas gantung diri di rumahnya, Selasa(25/8) sekitar pukul 08.00 WIT.

Kapolres Merauke AKBP Hadi Ram-

dani, SH, ketika dikonfirmasi membe-narkan kasus bunuh diri dengan cara gan-tung diri di Kampung Onggaya tersebut.''Kami belum tahu apayang melatarbelakangikorban mengambil ja-lan pintas dengan carabunuh diri. Tapi, darilaporan yang saya te-rima dari KapolsekOnggaya bahwa kor-ban sedang sakit,'' terangnya.

Pagi sebelum kejadian, lanjut Kapolres,

korban yang sedang terbaring sakit me-nyuruh tantenya bernama Mertelda Ndi-mar (36) untuk membelikan obat diPuskemas Onggaya.

Mertelda kemudian langsung bergegasmenuju Puskemas membeli obat. Sedang-kan di rumah, hanya korban dan seorangnenek bernama Martha Kulikanum yangsaat itu sedang berada di belakang rumahmencuci pakaian.

Saat balik dari Puskesmas membawaobat, Mertelda justru mendapati korbansudah dalam posisi gantung diri di dalam

rumah. Mertelda kemudian melaporkankepada sang nenek yang sedang mencucidi belakang rumah dan tetangganya atasapa yang dilakukan keponakannya itu.

Korban kemudian diturunkan dari atastali gantungan, tapi nyawanya tidak dapatdiselamatkan lagi. ''Saat diturunkan,korban sudah tidak bernyawa lagi,'' terangKapolres.

Meski begitu, lanjut Kapolres, pihaknyamasih menyelidiki kasus tersebut apa latarbelakang korban mengambil jalan pintasitu. (ulo)

mengetahui kondisi sebenarnyayang ada di sekitar Makodim,termasuk aset maupun kondisiprajurit. "Nanti dibuatkan satutempat khusus bagi anak-anakyang ingin mencoret-coret,'' kataDandim kepada salah seoranganggotanya yang men-dampinginya.

Kodim Merauke sendiri me-miliki 269 rumah dinas. Rumahdinas tersebut berada di dalamkompleks Makodim maupunyang berada di Polder Merauke.Menurut Dandim, dirinya inginagar kompleks perumahan mau-pun pangkalan tetap dalam ke-adaan bersih. Termasuk bebas

dari coret-coretan.''Yang coret-coret itu bisa diwa-

dahi di suatu tempat. Tapi, tidakdengan sembarang,'' terangnya.Terkait dengan tugasnya tersebut,Dandim mengaku sebagai peja-bat baru, dalam beberapa waktuke depan, dirinya tetap berorien-tasi secara kedalam. ''Tugas dankegiatan yang belum diselesaikanoleh pejabat lama akan saya lan-jutkan,''terangnya.

Bincang-bincang Dengan Dandim 1707 Merauke yang Baru, Letkol Inf Arhanud S.T.E.S Handono

Berharap TNI Makin Dekat dan Dicintai Rakyat

RONALD MANURUNG/CENDERAWASIH POS

Suasana kegiatan pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) bagi aparatur pemerintah di Wamena, Rabu (26/8).

Aparatur Pemerintah Harus Kuasai Perangkat SIAK

Terkait Deadline BagiKantor Perwakilandi Wamena

JAYAWIJAYA-Menanggapipernyataan Bupati Jayawijaya,Wempi Wetipo, S.Sos, M.Partentang batas waktu (deadline) 3bulan bagi kabupaten pemekaranuntuk tidak lagi memiliki kantorperwakilan di Kota Wamena,direspon baik Penjabat BupatiKabupaten Nduga, Benyamin Arisoi.

"Hal itu sangat baik dan harusditanggapi secara positif karenaapa yang disampaikan bupatikabupaten induk merupakandorongan untuk semua penjabatbupati kabupaten pemekaran agarsungguh-sungguh melaksanakantugasnya,"ungkapnya kepadawartawan usai mengikuti Penge-sahan Ketua dan Pengurus DWPKabupaten Nduga di Gedung So-sial GKI Wamena, Rabu (26/8).

Khusus Kabupaten Nduga,

pihaknya sedang mempersiapkansarana-sarana kantor darurat se-perti kantor pemerintah, rumahpegawai (barak darurat) dan kan-tor DPRD. Untuk itu, diharapkandalam waktu 3-6 bulan ke depansebagian tugas-tugas pemerinta-han sudah dilaksanakan di ibu-kota kabupaten yaitu Kenyam.

Pihaknya juga akan terus men-dorong pihak ketiga (rekanan)yang diberikan tanggung jawabuntuk melaksanakan pembangu-nan guna mempercepat penger-jaannya. Bukan hanya itu, lanjutBenyamin, saat ini pihaknya se-dang menseriusi perbaikan lapa-ngan terbang (Lapter) yang diker-jakan dari swadaya masyarakatkarena saat ini jalur udara meru-pakan satu-satunya pintu masukke Kabupaten Nduga khususnyaDistrik Kenyam. "Lapter terse-but diperkirakan dalam jangkawaktu 2 minggu ke depan sudahbisa dipergunakan sehinggadapat memperlancar mobilitasbarang dan jasa,"tandasnya. (nal)

Dinilai Tidak Miliki NiatBaik Bayar TunggakannyaRp 12,6 M Lebih

MERAUKE- DPRD Kabupa-ten Merauke akhirnya bersikaptegas kepada PT Pelayaran Mu-samus, perusahaan yang meng-operasikan 4 kapal milik Peme-rintah Kabupaten (Pemkab) Me-rauke. Tindakan tegas itu beruparekomandasi kepada bupati untuksegera menempuh jalur hukumdengan melaporkan perusahaantersebut ke polisi.

Pasalnya, perusahaan tersebutdinilai tidak memiliki niat baikuntuk menyelesaikan tunggakan-nya atas kerja sama pengopera-sian kapal Pemkab Merauke.''Hasil paripurna dewan membe-rikan rekomendasi kepada bupati

untuk melaporkan PT PelayaranMusamus lewat jalur hu-kum,''tandas Ketua Pansus DPR-D Merauke Kusmanto, SH,ketika ditemui, Rabu (26/8).

Kusmanto mengungkapkan, ja-lur hukum tersebut harus ditem-puh karena secara persuasif tidakbisa lagi dilakukan. Sebab, bupatisendiri beberapa kali memanggil

JAYAWIJAYA-Kepala Dinas TenagaKerja dan Kependudukan Provinsi Papua,Ir Marthen Tangaran P, MM mengatakan,penyediaan sumber daya manusia (SDM)pengelola Sistem Informasi AdministrasiKependudukan (SIAK) bagi aparaturkabupaten/kota merupakan salah satuupaya dalam rangka mendorong penye-lenggaraan pelaksanaan program SistemAdministrasi Kependudukan (SAK)secara nasional melalui pembangunansesuai amanat UU RI No 23 Tahun 2006tentang administrasi kependudukan.

Dikatakan, aplikasi SIAK dibangun dandikembangkan untuk mewujudkan sistempenomoran yang tunggal dan terpadusecara nasional melalui pelayananpendaftaran penduduk serta pencatatansipil dalam rangka membangun databasekependudukan nasional yang dinamis danakurat.

"Tujuan diselenggarakannya kegiatan iniuntuk mempersiapkan aparatur atautenaga operator yang profesional yangdapat menguasai, mengoperasikanperangkat SIAK sehingga dapat me-lakukan pelayanan pendaftaran pendudukdan pencacatann sipil,"ungkapnya kepadawartawan usai membuka KegiatanPenyediaan SDM Pengelola SIAK BagiAparatur Kabupaten/Kota di Hotel RanuJaya I Wamena, Rabu (26/8) kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan kebijakan ad-ministrasi kependudukan harus bisadiwujudkan bersama mengingat, dalampelayanan pendaftaran penduduk danpencatatan sipil yang dilakukan masing-masing kabupaten selama ini masih me-nunjukkan belum adanya keseragaman

baik mengenai nomenklatur kelembagaanmaupun spesifikasi blangko dokumenpendaftaran penduduk serta pencatatansipil kemudian pembebasan biaya pe-

layanan kepada kelompok penduduk ter-tentu, masih digunakannya nomor indukkependudukan lokal.

Kegiatan tersebut diikuti 6 kabupaten di

wilayah Pegunungan Tengah yaituKabupaten Jayawijaya, Lanny Jaya,Yalimo, Nduga, Mamberamo Tengah danTolikara. (nal)

DPRD Merauke Rekomendasikan PT Pelayaran Musamus Dipolisikandirektur perusahaan tersebut, na-mun diabaikan terus. Kusmantomenyebut, jalur hukum yang di-tempuh tersebut terkait denganpenyertaan modal pada PT Pe-layaran Musamus yang meru-gikan Pemkab Merauke.

Dimana perusahaan yang ber-kantor pusat di Jakarta tersebuttelah mengoperasikan sejumlahkapal Pemkab Merauke. Namun,perusahaan itu menunggak yangseharusnya disetor ke kas daerahmelalui Dispenda. Tunggakan PTPelayaran Musamus tersebut me-rupakan temuan Laporan HasilPertanggungjawaban (LHP)BPK Tahun 2007 sebesar Rp7.429.960.000. ''Tapi setelah dila-kukan penghitungan kembalioleh Dispenda, tunggakan sebe-narnya sebesar 8.560.630.000,''kata Kusmanto. Sehingga totaltunggakan PT Pelayaran Musa-

mus sampai akhir Juni 2009 se-besar Rp 12.658.462.060.

''Selama 2008 sampai Juni2009, ada tambahan tunggakanperusahaan tersebut sebesar Rp4 miliar lebih,'' terangnya. Ditempat terpisah, Sekwan Sugi-yanto, SH, mengungkapkan telahmenyusun hasil keputusan DPR-D Merauke dalam bentuk reko-mendasi dewan kepada bupati.''Rekomendasi DPRD Meraukebernomor 973/17/DPRD/2009tertanggal 18 Agustus 2009 su-dah dibuat dan telah ditanda-tangani Ketua DPRD Merauke.Tinggal diserahkan ke bupati,''tandas Sugiyanto.

Sekadar diketahui, 4 kapal mi-lik Pemkab Merauke yang diope-rasikan itu masing-masing KMMaroka Ehe, LCT Lady Mariana,MT Yelmasu dan LT Ohan 09.(ulo)

YULIUS SULO/CENDERAWASIH POS

Kusmanto, SH

Sebagai pejabat baru, dirinyaberharap kepada prajurit Kodimagar selalu mengedepankan pro-fesionalismesnya sebagai prajuritTNI dengan melakukan pende-katan teritorial. Profesional de-ngan pendekatan teritorial, lan-jutnya, dimana setiap prajuritselalu dekat dengan rakyat dantetap memegang teguh 8 wajibTNI dan melaksanakannya da-lam tugas dan kehidupan sehari-hari.

''8 wajib TNI itu diantaranya,menjaga kehormatan TNI, tidakmabuk-mabukan, tidak sekali-kali menakut-nakuti maupunmenyakiti rakyat dan seba-gainya,''terangnya.

Jika 8 wajib TNI tersebut dipa-hami dan dilaksanakan dengansungguh-sungguh, baik dalamtugas maupun dalam kehidupanbermasyarakat, maka TNI akansemakin dicintai oleh rakyat.Namun begitu, diakui Dandim,masih banyak anggota yang ha-rus diperbaiki melalui pembi-naan.

''Meski sudah ada dogma 8wajib TNI, namun masih banyakanggota yang melakukan pelang-garan. Nah, ini yang harus kamiperbaiki melalui pembinaan agarprajurit semakin profesional dandicintai rakyat,''tandasnya. (ulo)

Sejak dilantik Sabtu (22/8), Dandim 1707 MeraukeLetkol Inf Arhanud S.T.E.S Handono langsungmelaksanakan tugas dan tangung jawab yang

dipercayakan ke pundaknya tersebut.

Laporan: Yulius Sulo, Merauke

YULIUS SULO/CENDERAWASIH POS

Letkol Inf. S.T.E.S Handono.

RONALD MANURUNG/CENDERAWASIH POS

Benyamin Arisoi

Itu Merupakan Dorongan

top related