1 ketahanan nasional lp cebongan.docx

Post on 16-Sep-2015

227 Views

Category:

Documents

11 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Contoh Kasus Ketahanan NasionalPenyerangan Lapas Kelas IIB Cebongan Sleman, Yogyakarta

Keterkaitan dengan Kasus Ketahanan Nasional yang Terjadi di LP Cebongan Sleman, YogyakartaPengertian Ketahanan Nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Juga secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.Ketahanan Nasional juga diartikan sebagai kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan dengan sukses. Oleh karena itu diperlukan suatu konsepsi/sifat ketahanan nasional yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia. Yaitu sifat Manuggal, Dinamis, Mandiri, Kewibawaan, Mengutamakan musyawarah dan kerja sama, dan Mawas ke dalam. Ketahanan nasional juga tidak luput dari Ancaman. Dan terdapat beberapa Ancaman seperti dibawah ini:a. Ancaman di dalam negeri contohnya adalah pemberontakan dan subversi yang berasal atau terbentuk dari masyarakat Indonesia.b. Ancaman dari luar negeri contohnya adalah infiltrasi, subversi dan intervensi dari kekuatan kolonialisme dan imperialisme serta invansi dari darat, udara dan laut oleh musuh dari luar negeri.

Dan Ketahanan Nasional juga meliputi:1. Ketahanan ideologi : kondisi mental bangsa Indonesia yang berlandaskan akan ideologi Pancasila.2. Ketahanan Politik : kondisi kehidupan politik bangsa Indonesia yang berlandaskan demokrasi politik berdasarkan pancasila dan UUD 1945 yang mampu memelihara sistem politik yang sehat dan dinamis.3. Ketahanan Ekonomi : kondisisi kehidupan perekonomian bangsa yang berlandaskan demokrasi ekonomi yang berlandaskan pancasila yang mampu memelihara stabilitas ekonomi.4. Ketahanan sosial budaya : kondisi sosial budaya bangsa yang dijiwai kepribadian nasional berdasarkan pancasila yang mengandung kemampuan membentuk dan mengembangkan kehidupan sosial budaya manusia an masyarakat Indonesia.5. Ketahanan pertahanan keamanan adalah kondisi daya tangkal bangsa yang dilandasi kesadaran bela Negara seluruh rakyat yang mengandung kemampuan memelihara stabilitas pertahanan dan keamanan.

Mengapa kasus LP Cebongan Sleman, Yogyakarta bisa disebut kasus Ketahanan Nasional ? Sebelumnya kasus LP Cebongan ini terjadi karena dipicu aksi balas dendam atas terbunuhnya anggota Kopasus Sersan Satu SANTOSO di Hugos Caf.

Kasus LP Cebongan merupakan kasus Ketahanan Nasional dalam bentuk HAMKAM, dan ini merupakan Ancaman dari dalam bagi bangsa Indonesia sendiri. Dalam kasus ini menurut Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bagi kami yang penting segera proses hukum agar keadilan ditegakkan. Masyarakat juga tidak jadi bingung dan menduga-duga. Kami tak ingin peristiwa ini terjadi lagi di masa mendatang, khususnya di Yogya. Ini sudah cukup," Jadi proses penegakan hukum dari kasus ini akan menjadi pembelajaran publik. Aksi kekerasan dengan dalih apa pun yang terbukti melanggar hak asasi manusia harus diproses hukum.

PENYELESAIN MASALAH Menurut Kelompok IIKarena kasus ini merupakan kasus yang terjadi di dalam negeri, jadi penyelesaiannya denga cara memperkuat sistem peradilan dengan hukum yang berlaku. Karena kalau penegak hukumnya aja seperti ini, gimana bangsanya !! Jadi perbaiki perbaiki dahulu system pemerintahannya supaya bangsa bangsa/rakyat ini sejahtera, dan rakyat pun harus mendukung upaya pemerintah unutuk memperbaiki sistem Ktahanan Nasional dengan cara menjadi warga negara yang baik.KesimpulanNegara Indonesia adalah negara yang solid terdiri dari berbagai suku dan bangsa, terdiri dari banyak pulau-pulau dan lautan yang luas. Jika kita sebagai warga negara ingin mempertahankan daerah kita dari ganguan dari luar maupun dari dalam, maka kita harus memperkuat ketahanan nasional kita. Ketahanan nasional adalah cara paling ampuh, karena mencakup banyak landasan seperti : Pancasila sebagai landasan ideal, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dan Wawasan Nusantara sebagai landasan visional, jadi dengan demikian kita harus mempunyai katahanan nasional yang sangat solid.

RefrensiTEMPO.CO, Yogyakarta

top related