aku santri kang santri pengharap ridho kiayi aku santri kiayiku aku santri kiayiku senin, 09 oktober...

Click here to load reader

Post on 13-Feb-2020

20 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • kang santri pengharap ridho kiayi

    aku santri kiayikuaku santri kiayiku

    Senin, 09 Oktober 2017

    Kumpulan Teks Kultum dan Khitobah singkat (18)

    SUKSES DUNIA AKHIRAT KARNA ILMU مكيلع مالسلا

    دعب اّما...هالاو نمو هبحصو هلا ىلعو هللا لوسر ىلع مالسلاو ةالصلاو هلل ركشلاو هلل دمحلا Yang saya Hormati Syaikhuna Almukarrom wal Mukarromah beserta keluarga, semoga Allah Ridhoi, Amiin.. Yang saya hormati jajaran kepengurusan dari mulai kantor pusat kordopa, askop putra, semoga Allah Rahmati, Amiin.. Yang saya hormati dewan juri yang bijaksana semoga Allah Berkahi, Amiin.. Tak lupa para santri yang baik hati, semoga Allah cintai, Amiin.. Hadirin yang berbahagia

    Antara Ilmu, harta dan tahta ketiganya merupakan hal penting yang harus kita miliki ketika hidup didunia, namun diantara ketiganya itu yang terpenting adalah ilmu karrna dengan ilmu kita akan meraih harta dan tahta.

    Oleh karna itu, berdirinya saya disini akan berkhitobah dengan judul “SUKSES DUNIA AKHIRAT KARNA ILMU” Hadirin Rohimakumullah.

    Dahulu kala nabiyullah Sulaiman pernah ditawari Allah tiga hal. “Hai Sulaiman”, kata Allah.kamu mau memilih mana antara ilmu, harta dan kekuasaan?” Nabi Sulaiman ternyata tidak memilih harta ataupun kekuasaan. Akan tetapi, yang dipilih oleh nabi Sulaiman adalah ilmu.

    Para hadirin, saya mau bertanya, kenapa nabi Sulaiman malah memilih ilmu? Ada yang tahu...? Ternyata, ada satu rahasia besar bagi kita para pelajar, apakah itu? Karena dengan ilmulah nabi Sulaiman memiliki kekuasaan dan kerajaan yang megah, hartanya berlimpah, perabotannya mewah-mewah, sampai istrinyapun cantik dan sholehah. Masya Alllah....

    Hadirin, kisah tadi menggambarkan kepada kita bahwa pentingnya ilmu. Karena dengan ilmu kita bisa bahagia di dunia dan di akhirat. Tanpa ilmu kita akan hidup sesat, berhati jahat, hiduppun melarat sampai masuk ke liang lahat. Na’udzu billahimindzalik.... Nabi Muhammad adalar seorang yang cerdas sehinngga sangking cerdasnya dia menjadi tokoh yang dibanggakan oleh umat islam.

    Pantas rasulullah bersabda :

    “Barang siapa menginginkan kebahagiaan dunia, maka hendaklah dengan ilmu, Dan barang siapa menginginkan kebahagiaan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu, Dan barang siapa menginginkan kedua-duanya, maka hendaklah dengan ilmu,

    Ce site utilise des cookies provenant de Google pour fournir ses services et analyser le trafic. Votre adresse IP et votre user-agent, ainsi que des statistiques relatives aux performances et à la sécurité, sont transmis à Google afin d'assurer un service de qualité, de générer des statistiques d'utilisation, et de détecter et de résoudre les problèmes d'abus.

    EN SAVOIR PLUS OK

    https://abubasshidiq.blogspot.com/?m=1 https://www.blogger.com/comment-iframe.g?blogID=6589544237228934167&postID=7112824496071214352&m=1&blogspotRpcToken=4227722 https://plus.google.com/112040222862083115362 https://www.blogger.com/go/blogspot-cookies

  • Jadi kesimpulannya menuntut ilmu itu penting karna dengan ilmu kita bisa meraih kesuksesan dunia dan akhirat.

    Mungkin itu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat kurang dan lebihnya mohon maaf.

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    KEUTAMAAN SIKAP JUJUR مكيلع مالسلا

    دعب اّما...هالاو نمو هبحصو هلا ىلعو هللا لوسر ىلع مالسلاو ةالصلاو هلل ركشلاو هلل دمحلا Yang saya Hormati Syaikhuna Almukarrom wal Mukarromah beserta keluarga, semoga Allah Ridhoi, Amiin.. Yang saya hormati jajaran kepengurusan dari mulai kantor pusat kordopa, askop putra, semoga Allah Rahmati, Amiin.. Yang saya hormati dewan juri yang bijaksana semoga Allah Berkahi, Amiin.. Tak lupa para santri yang baik hati, semoga Allah cintai, Amiin..

    Hadirin Rohimakumullah Kita semua setuju bahwa jujur merupakan budi pekerti yang mulia. Kejujuran dapat

    membimbing manusia menuju kebaikan. Apabila seseorang telah jujur dan mampu menempatkan suatu kebaikan, maka ia terbimbing menuju surga.

    Oleh karna itu berdirinya saya disini akan berkhitobah dengan judul “KEUTAMAAN SIKAP JUJUR”

    Para hadirin yang dirahmati Allah, Orang yang suka berterus terang dan jujur dalam segala hal kehidupan ini, maka ia

    termasuk memiliki sifat kenabian. Sebab tentu saja orang-orang yang jujur ini suka sekali dengan kebenaran. Karena itu, maka ia selalu memelihara akhlaknya dari dusta. dan ia cenderung untuk melakukan kebaikan dan menegakan kebenaran agama. Dalam Surat Maryam ayat 41, Allah berfirman:

    اِيَبن اًقيدِص َنَاك ُهِنإ َمِيهاَْرِبإ ِبَاِتْكلا يِف ُْرْكذَاو

    Artinya: Ceritakanlah (Hai Muhammad) kisah Ibrahim di dalam Al Kitab (Al Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan lagi seorang Nabi. (QS: Maryam Ayat: 41)

    Para bapak, Ibu dan saudara sekalian, Kejujuran itu dekat dengan kebenaran. Kebenaran adalah sesuatu yang disenangi Allah.

    Jika Allah senang, maka pastilah Dia akan mengasihi. Dan hambaNya yang jujur, maka kelak di hari Kiamat akan disediakan tempat yang menyenangkan, yaitu surga.

    Para hadirin yang saya hormati, Orang yang jujur tidak akan takut kepada siapapun juga. Jika ia harus menghadapi

    bahaya dari perkataannya yang jujur, maka ia tidak akan khawatir. Bahkan ia tak segan-segan mengatakan apa adanya. Tetapi terhadap diri dan hatinya sendiri ia sangat takut. Ketakutan itu ialah jangan-jangan ia memungkiri suara hatinya sendiri. Di mana suara hati mengemukakan kebenaran.

    Jadi kesimpulannya sebagai seorang muslim, hendaknya kita senantiasa bersikap jujur, di mana dan kapan saja. Dalam pergaulan sehari-hari, kejujuran perlu diterapkan. Marilah kita tunjukan kepada masyarakat bahwa seorang muslim selalu memiliki akhlak mulia.

    Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat, kurang lebihnya

  • mohon maaf. Wassalamu’alaikum..

    Orang Islam yang Sebenarnya مكيلع مالسلا

    دعب اّما...هالاو نمو هبحصو هلا ىلعو هللا لوسر ىلع مالسلاو ةالصلاو هلل ركشلاو هلل دمحلا Yang saya Hormati Syaikhuna Almukarrom wal Mukarromah beserta keluarga, semoga Allah Ridhoi, Amiin.. Yang saya hormati jajaran kepengurusan dari mulai kantor pusat kordopa, askop putra, semoga Allah Rahmati, Amiin.. Yang saya hormati dewan juri yang bijaksana semoga Allah Berkahi, Amiin.. Tak lupa para santri yang baik hati, semoga Allah cintai, Amiin..

    hadirin Rahimakumullah. berdirinya saya disini akan berkhitobah dengan judul ” Orang Islam yang Sebenarnya”

    Siapa sebenarnya orang islam itu? Apakah orang madura, atau orang jawa, atau bahkan orang mekah? Bukan, orang islam tidak terikat dengan tempat, jawabannya yang tepat adalah orang yang membaca dua kalimat syahadat, terus melaksanakan sholat, mengeluarkan zakat, berpuasa dan juga haji bagi yang mampu. Alias mengerjakan semua rukun islam.

    Lho kok begitu? Memang begitu islam yang sejati, kalau ada salah satunya ditinggalkan maka itu bukan orang islam yang sebenarnya. Masak dikatakan orang islam kalau gak pernah sholat, puasanya sering bolos, gak pernah membayar zakat, apakah itu dikatakan orang islam. Wong dia baca syahadat saja karena mau kawin, itupun karna disuruh penghulu.

    Saudara hadirin bapak-bapak ibu-ibu yang berbahagia. Pak...... buk.......... saya malu sebagai anak kalo orang tua saya sholatnya lalai, lebih-lebih gak sholat gara sibuk kerja. Bekerja memang harus untuk syarat ibadah, tapi jangan lupa sholat.

    Saudara hadirin yang budiman. Mariklah kita beragama jangan setengah-setengah, kita sempurnakan rukun islam yang

    lima, memang pelajaran anak-anak TK tetapi penerapannya sungguh berat sekali. Allah berfirman dalam Al-Qur’an.

    ْةفَاك ِْملسلا ىِف ْاُولُْخُدا “ Masuklah kalian semua kedalam islam secara keseluruhan”

    Saudara hadirin seiman seakidah yang ber habahagia. Jadi kesimpulannaya marilah kita sempurnakan Islam kita, jangan hanya sebatas Islam

    KTP. Setuju....! Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat, kurang lebihnya

    mohon maaf. Wassalam...

  • Orang yang Mulya مكيلع مالسلا

    دعب اّما...هالاو نمو هبحصو هلا ىلعو هللا لوسر ىلع مالسلاو ةالصلاو هلل ركشلاو هلل دمحلا Yang saya Hormati Syaikhuna Almukarrom wal Mukarromah beserta keluarga, semoga Allah Ridhoi, Amiin.. Yang saya hormati jajaran kepengurusan dari mulai kantor pusat kordopa, askop putra, semoga Allah Rahmati, Amiin.. Yang saya hormati dewan juri yang bijaksana semoga Allah Berkahi, Amiin.. Tak lupa para santri yang baik hati, semoga Allah cintai, Amiin..

    hadirin Rahimakumullah. berdirinya saya disini akan berkhitobah dengan judul “Orang yang Mulya”

    Banyak orang berfikir bahwa orang yang beruntung adalah orang kaya, sementara orang yang miskin berarti memiliki nasib yang tidak untung, saya tegaskan, kekayaan bukan suatu kemulyaan bagi manusia, dan sebaliknya kemiskinan bukan berarti kehinaan pada dirinya, semua itu adalah cobaan dari Allah.

    Yang kaya diuji oleh Allah dengan kekayaannya, yang miskin diuji oleh Allah dengan kemiskinannya. Mampukah sikaya mengendalikan hawa nafsunya, dan mampukah simiskin hidup dengan sangat sederhana dan kekurangan.

    Buk....... Pak....... Siapakah sebenarnya orang yang mulya itu? Orang yang mulya adalah orang yang

    bertaqwa kepada Allah, walaupun kaya tapi tiadak bertaqwa malah enak-enakan saja hidup di dunia, m