99001-11-482264903585

11
COST ALLOCATION : JOINT PRODUCT AND BYPRODUCT Cost Allocation Mengidentifikasikan butir – butir split off dari situasi Joint – cost Membedakan antara Joint Product dan By product Menyediakan beberapa alasan untuk mengalokasikan Joint-Cost kepada produk individu Membedakan metode alternative Joint-Cost Basic (Biaya gabungan) Joint-coct adalah biaya produksi yang dikeluarkan untuk membiayai beberapa produk secara bersama – sama. Biaya gabungan ini akan menjadi tidak matching kalau hanya dibebankan pada biaya satu jenis produk saja, padahal biaya tersebut dinikmati secara bersama – sama. Maka dengan demikian cocoknya biaya gabungan ini harus dialokasikan kesemua produk yang ada berdasarkan jumlah unit yang diproduksi. Cuma bedanya dengan adanya pembobotan yang diberikan pada setiap produk yang mencerminkan posisi kepentingan perusahaan terhadap produk – produk tersebut. Splitoff point adalah penghubung dalam proses produksi gabungan (joint Production) ketika dua atau lebih produk menjadi terpisah dan teridantifikasi. Sparable costs adalah semua biaya manufaktur, pemasaran, distribusi, dan dengan demikian membuat melebihi splitoff point yang mana dapat dipindahkan ke masing – masing produk yang spesifik yg teridentifikasi ke splitoff point. Contoh situasi joint cost Industri Produk yang dapat dipisahkan pada titik pemecahan (splitoff) Pertanian : Domba Potongan domba, babat, kulit, PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Aini Zahara AKUNTANSI BIAYA 1

Upload: arif-gunarsa-zain

Post on 30-Dec-2014

63 views

Category:

Documents


6 download

DESCRIPTION

semoga bermanfaat

TRANSCRIPT

Page 1: 99001-11-482264903585

COST ALLOCATION : JOINT PRODUCT AND BYPRODUCT

Cost Allocation

Mengidentifikasikan butir – butir split off dari situasi Joint – cost Membedakan antara Joint Product dan By product Menyediakan beberapa alasan untuk mengalokasikan Joint-Cost kepada produk

individu Membedakan metode alternative

Joint-Cost Basic (Biaya gabungan)

Joint-coct adalah biaya produksi yang dikeluarkan untuk membiayai beberapa produk secara bersama – sama. Biaya gabungan ini akan menjadi tidak matching kalau hanya dibebankan pada biaya satu jenis produk saja, padahal biaya tersebut dinikmati secara bersama – sama. Maka dengan demikian cocoknya biaya gabungan ini harus dialokasikan kesemua produk yang ada berdasarkan jumlah unit yang diproduksi. Cuma bedanya dengan adanya pembobotan yang diberikan pada setiap produk yang mencerminkan posisi kepentingan perusahaan terhadap produk – produk tersebut.

Splitoff point adalah penghubung dalam proses produksi gabungan (joint Production) ketika dua atau lebih produk menjadi terpisah dan teridantifikasi.

Sparable costs adalah semua biaya manufaktur, pemasaran, distribusi, dan dengan demikian membuat melebihi splitoff point yang mana dapat dipindahkan ke masing – masing produk yang spesifik yg teridentifikasi ke splitoff point.

Contoh situasi joint cost

Industri Produk yang dapat dipisahkan pada titik pemecahan (splitoff)

Pertanian : Domba Susu segar Peternakan kalkun

Potongan domba, babat, kulit, tulang, krim,, skim cair Dada, sayap, paha, kaki kalkun, bulu

Industry ekstraktif : Batu bara TembagaMinyakGaram

Batu arang, gas, bensin, tar, amoniak, tembaga, emas, timah, seng, minyak mentah, gas,LPG cair, hydrogen, klorine, kostik soda

Joint Product, Main Product, By Product

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Aini Zahara

AKUNTANSI BIAYA 1

Page 2: 99001-11-482264903585

Joint Product*

Main Product^ By Product

Tinggi Rendah

Nilai penjualan Relatif

Definisi

1. Produk bersama (Joint Product) tidak dapat didentifikasikan terpisah sebagai produk individu sampai titik pemecahan.

2. Produk utama (Main Product) kalau suatu proses tunggal menghasilkan dua atau lebih hanya menghasilkan satu produk dengan nilai penjualan yang relative tinggi.

3. Produk sampingan (By Product) mempunyai nilai penjualan yang rendah dibandingkan dengan nilai penjualan utama.

Mengapa meng-alokasikan Joint-Cost

Perhitungan harga pokok persediaan dan harga pokok persediaan dan harga pokok penjualan untuk laporan keuangan eksternal dan instansi pajak.

Perhitungan harga pokok persediaan dan harga pokok penjualan untuk pelaporan keuanagan inter. Laporan tersebut dipakai dalam analisis provitabilitas divisi.

Perhitungan penyelesaian asuransi kalau klaim kerusakan dibuat oleh bisnis dengan joint dan by product.

(*)

Alokasi Biaya : Produk Gabungan dan Sampingan 1. Joint-Cost Basics

Joint cost (biaya gabungan) adalah biaya proses produksi yang menghasilkan kelipatan produksi secara bersama. Seperti penyulingan batu bara yang menghasilkan arang, gas alam, dan berbagai produk lainnya. Biaya – biaya dari penyulingan ini disebut biaya gabungan (joint cost). Terdapat pula the splitoff point (batas pemisahan) yang merupakan suatu titik hubungan dalam proses produksi gabungan ketika dua atau lebih produk dapat diidentifikasi secara terpisah. Sebagai contoh batubara menjadi arang, gas alam dan produk lainnya. Sedangkan separable cost (biaya yang dapat dipisahkan) adalah keseluruhan biaya seperti pabrik, pemasaran, distribusi dan sebagainya dimana biaya pengeluaran melebihi splitoff point yang menentukan tiap – tiap produk yang teridentifikasi secara khusus pada splitoff point.

Contoh Joint-cost

Industry Separable product at the splitoff point

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Aini Zahara

AKUNTANSI BIAYA 2

Page 3: 99001-11-482264903585

Pertanian dan Indusrti Pengolahan makanan Biji coklat DombaSusu mentah

Selai coklat, buuk coklat, minuman coklat, potongan daging domba, babat, kulit, tulangSusu krim, susu diet (younghourt)

Industry kimiaGas mentah (LPG)Minyak tanah

Butane (senyawa hidokarbon), propanolBensin,

2. Produk – produk utama, produk gabungan dan sampingan Output dari proses produksi gabungan dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori

umum yaitu output dengan nilai penjualan positif, dan output dengan penjualan nol. Sebagai contohnya, pengeboran lepas pantai sebuah hidrokarbon yang nenghasilkan minyak dan gas alam dimana memilki nilai penjualan pisitif dan juga menghasilkan air, dimana memiliki nikai penjualan nol yang mana dikembalikan lagi ke pantai.

Ketika proses produksi gabungan menghasilkan suatu produk dengan nilai penjualan total yang tinggi, dibandingkan dengan nilai total penjualan produk lainnya dari suatu proses, produk tersebut dinamakan produk utama. Sebaliknya produk dari proses produksi gabungan yang mempunyai nilai total penjualan yang rendah dibandingkan dengan nilai total penjualan produk utama disebut produk sampingan.

3. Alokasi Joint costs diperlukan untuk : Perhitungan biaya persediaan (inventory) dan cost of good sold sebagai tujuan

dalam akuntansi keuangan dan laporan untuk penghasilan pajak. Perhitungan biaya persediaan (inventory) dan cost of good sold sebagai

tujuanlaporan internal.

Biaya pembayaran kembali untuk perusahaan yang berjumlah sedikit, tidak semuanya dari produk mereka atau jasa penggantian pembayaran dibawah biaya kontrak tambahan.

Perhitungan penyelesaian asuransi untuk pengklaiman kerugian yang dibuat dalam dasar dari informasi biaya suatu produksi produk gabungan

4. Pendekatan untuk mengalokasikan Joint Cost Terdapat dua pendekatan yang dipakai untuk mengalokasikan joint cost, yaitu : Alokasi joint cost menggunakan data dasar pasar (market based) seperti

pendapatan. Tiga metode yang menggunakan pendekatan ini yaitu: 1. Sales value at splitoff method2. Net realizable value (NRV) method 3. Constant gross-margin percentage NRV method.

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Aini Zahara

AKUNTANSI BIAYA 3

Page 4: 99001-11-482264903585

Alokasi joint cost menggunakan physical measure (pengukuran fisika) seperti berat (kilogram), jumlah (unit), atau volume (meter kubik) dari suatu produk gabungan.

5. Penjelasan mengenai dua pendekatan tersebut

Sales Value at Splitoff MethodSales value ta method mengalokasikan join cost ke dalam produk gabungan sebagai dasar nilai total penjualan relative pada splitoff point.Memperhatikan bagaimana nilai penjualan pada metode splitoff mengikuti keuntungan yang diterima sebagai standar alokasi biaya. Biaya dialokasikan untuk produk dalam proporsi pendapatan mereka. Metode ini saling berterus – terang dan intuitif. Dasar alokasi biaya (nilai total penjualan pada splitoff) menggambarkan persamaan yang dicatat secara sistematis dalam system akuntansi. Untuk menggunakan metode ini, harga penjualan harus ada untuk semua produk pada splitoff point.

Physical-Measure Methode Physical-measure method mengalokasikan joint cost ke dalam produk gabungan sebagai dasar sebuah perbandingan pengukuran fisika seperti berat relative, jumlah, atau volume pada splitoff point. Dibawah standar keuntungan yang diterima, metode ini jauh lebih diperlukan daripada sales value at splitoff method. Hal ini dikarenakan pengukuran fisik produk suatu individu tidak memiliki hubungan atau keterkaitan terhadap penghasilan masing – masing.

Net Realizable Value (NRV)MethodNet realizable value mengalokasikan joint cost ke dalam produk gabungan sebagai dasar NRV relative, nilai akhir penjualan dikurangi separable cost. Net realizable value digunakan sebagai pilihan untuk nikai penjualan pada splitoff method hanya ketika harga penjualan untuk satu atau lebih produk pada splitoff tidak ada.

Constant Gross-Margin percentage NRV MethodMetode ini mengalokasikan joint cost ke dalam produk gabungan sebagai cara dimana produk individu mencapai sebuah persentase keuntungan bruto yang serupu (gross margin).

6.Produk Sampingan Proses produk gabungan tidak hanya menghasilkan produk gabungan dan produk utama tetapi juga produk sampingan. Walaupun produk sampingan mempunyai nilai total penjualan yang rendah dibandingkan dengan nilai total penjualan gabungan dan produk utama, kehadiran sebuah produk sampingan dalam proses gabungan dapat menyebabkan alikasi dari sebuah joint cost. Terdapat dua macam metode perhingan yaitu production method dan sales method.

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Aini Zahara

AKUNTANSI BIAYA 4

Page 5: 99001-11-482264903585

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Aini Zahara

AKUNTANSI BIAYA 5

Page 6: 99001-11-482264903585

E8-1 (1) Net revenue method:Gross revenue from sale of by-product .............. $20,000Production cost after separation........................ 6,000Net revenue from sale of by-product.................. $14,000(2) Market value (reversal cost) method:Final market value ............................................... $20,000Less: Profit ($20,000 × 10%)............................... $2,000Marketing and administrative expenses ... 1,000Production cost after separation............. 6,000 9,000Joint cost allocated to the by-product ....................... $11,000

E8-2(1) Calculation of manufacturing cost before separation for by-products.By-ProductA BSales .............................................................................. $6,000 $3,500Manufacturing cost after separation .......................... $1,100 $ 900Marketing and administrative expenses .................... 750 550Profit allowance (A, 15%; B, 12%)............................... 900 420$2,750 $1,870Manufacturing cost before separation ....................... $3,250 $1,630Chapter 8 8-3

E8-2 (Concluded)(2) LOGAN COMPANY

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Aini Zahara

AKUNTANSI BIAYA 6

Page 7: 99001-11-482264903585

Income StatementFor Month Ended April 30Main By-ProductProduct A B TotalSales .............................................................. $75,000 $6,000 $3,500 $84,500Cost of goods sold:Before separation (requirement (1)).... $32,620 $3,250 $1,630 $37,500After separation..................................... 11,500 1,100 900 13,500$44,120 $4,350 $2,530 $51,000Gross profit ................................................... $30,880 $1,650 $970 $33,500Less marketing and administrativeexpenses ................................................. 6,000 750 550 7,300Profit from operations.................................. $24,880 $ 900 $ 420 $26,200

E8-3Apportionment ofMarket Value Joint ProductionProduct at Split-Off Cost*W ............................................................ $ 80,000 $ 60,000X ............................................................ 60,000 45,000Y ............................................................ 40,000 30,000Z ............................................................ 20,000 15,000Total ............................................................ $200,000 $150,000

E8-4 Z: Market value per unit ......................................... $ 9.00Gross profit, consisting of:Operating profit ............................................. $2.00Marketing and administrative expenses ..... 1.00 3.00$ 6.00Further processing cost ............................... 2.00Value per unit of by-product at split-off ...... $ 4.00Value of by-product to be credited to joint cost(2,000 units × $4) ........................................... $8,000*$ ,$ ,%150 000200 000=758-4 Chapter 8

8-4 (Concluded)X and Y:Ultimate Apportion-Market Processing Hypo- ment ofValue Ultimate Cost thetical Jointper Units Market After Market ProductionProduct Unit Produced Value Split-Off Value Cost*

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Aini Zahara

AKUNTANSI BIAYA 7

Page 8: 99001-11-482264903585

X $20 8,000 $160,000 $ 40,000 $120,000 $ 80,000Y 25 10,000 250,000 70,000 180,000 120,000$410,000 $110,000 $300,000 $200,000*** Ratio to allocate cost prior to separation**$208,000 cumulative joint cost less $8,000 value of credit for by-product.

E8-5(1) Ultimate Apportion-Market Processing Hypo- ment ofValue Ultimate Cost thetical Jointper Units Market After Market ProductionProduct Unit Produced Value Split-Off Value CostE $4.30 30,000 $129,000 $30,000 $ 99,000 $ 66,000*S 6.60 15,000 99,000 24,000 75,000 50,000C 6.00 13,000 78,000 27,000 51,000 34,000Total................................................................. $306,000 $81,000 $225,000 $150,000* $150,000 ÷ $225,000 = 2/3; $99,000 × 2/3 = $66,000(2) Differential revenue (15,000 × ($6.60 – $5.50)).. $16,500Differential cost ................................................... 24,000Net effect of separable processing.................... $ (7,500)Conclusion: Based on the information given, S should be sold at the splitoffpoint.CGA-Canada (adapted). Reprint with permission.$ ,$ ,200 000300 00023=

Chapter 8 8

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Aini Zahara

AKUNTANSI BIAYA 8