44162250-terapi-gout

9
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Seiring berkembangnya jaman, kebutuhan manusia semakin kompleks sehingga menuntut masyarakat untuk lebih memaksimalkan dalam mencari penghasilan. Karena kesibukan itulah, akibatnya, pola makan serta menu makanan yang menjadi asupan setiap harinya menjadi tidak terkontrol. Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa banyak sekali masyarakat yang menderita penyakit gout, atau orang biasa menyebutnya dengan asam urat. Asam urat sudah dikenal sejak 2.000 tahun yang lalu dan menjadi salah satu penyakit tertua yang dikenal manusia. Dulu, penyakit ini juga disebut "penyakit para raja" karena penyakit ini diasosiasikan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang enak-enak. Kini, asam urat bisa menimpa siapa saja, terutama para penggemar makanan enak. Artritis gout merupakan penyakit peradangan sendi yang paling banyak terjadi pada pria berusia >40 tahun. Serangan akut gout ditandai dengan onset- nya yang cepat dan rasa nyeri yang semakin bertambah. Selama stadium akut gout, pasien mengalami rasa nyeri yang hebat yang ditandai dengan kemerahan, rasa panas, pembengkakan dan penurunan jangkauan gerak dari sendi yang terkena Penyakit ini sendiri, disebabkan oleh karena intake makanan tinggi purin yang menyebabkan penumpukan pada daerah persendian sehingga terjadi gangguan metabolic pada tubuh. 1.1 Rumusan Masalah 1.1.1 Apakah tujuan dilakukan terapi diet penyakit gout? 1.1.2 Apasajakah prinsip yang digunakan pada terapi diet penyakit gout? 1.1.3 Apasajakah syarat-syarat dalam melakukan diet penyakit gout? 1.1.4 Menu yang bagaimana yang sesuai untuk diet penyakit gout? 1

Upload: farizmaulana889890

Post on 06-Aug-2015

33 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: 44162250-Terapi-Gout

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring berkembangnya jaman, kebutuhan manusia semakin kompleks

sehingga menuntut masyarakat untuk lebih memaksimalkan dalam mencari

penghasilan. Karena kesibukan itulah, akibatnya, pola makan serta menu

makanan yang menjadi asupan setiap harinya menjadi tidak terkontrol. Inilah

yang menjadi salah satu penyebab mengapa banyak sekali masyarakat yang

menderita penyakit gout, atau orang biasa menyebutnya dengan asam urat.

Asam urat sudah dikenal sejak 2.000 tahun yang lalu dan menjadi salah

satu penyakit tertua yang dikenal manusia. Dulu, penyakit ini juga disebut

"penyakit para raja" karena penyakit ini diasosiasikan dengan kebiasaan

mengonsumsi makanan dan minuman yang enak-enak. Kini, asam urat bisa

menimpa siapa saja, terutama para penggemar makanan enak.

Artritis gout merupakan penyakit peradangan sendi yang paling banyak

terjadi pada pria berusia >40 tahun. Serangan akut gout ditandai dengan onset-

nya yang cepat dan rasa nyeri yang semakin bertambah. Selama stadium akut

gout, pasien mengalami rasa nyeri yang hebat yang ditandai dengan

kemerahan, rasa panas, pembengkakan dan penurunan jangkauan gerak dari

sendi yang terkena

Penyakit ini sendiri, disebabkan oleh karena intake makanan tinggi purin

yang menyebabkan penumpukan pada daerah persendian sehingga terjadi

gangguan metabolic pada tubuh.

1.1 Rumusan Masalah

1.1.1 Apakah tujuan dilakukan terapi diet penyakit gout?

1.1.2 Apasajakah prinsip yang digunakan pada terapi diet penyakit gout?

1.1.3 Apasajakah syarat-syarat dalam melakukan diet penyakit gout?

1.1.4 Menu yang bagaimana yang sesuai untuk diet penyakit gout?

1

Page 2: 44162250-Terapi-Gout

1.2 Tujuan

1.2.1 Mengerti tujuan dilakukan terapi diet penyakit gout

1.2.2 Mengetahui prinsip yang digunakan pada terapi diet penyakit gout

1.2.3 Mengerti syarat-syarat dalam melakukan diet penyakit gout

1.2.4 Mengetahui menu yang sesuai untuk diet penyakit gout

1.3 Manfaat

Mahasiswa mampu memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan

penyakit gout, sehingga dapat melakukan asuhan keperawatan yang sesuai

serta mengerti menu makanan apasajakah yang sesuai dan menu yang harus

dihindari pada pasien penderita arthritis gout.

Page 3: 44162250-Terapi-Gout

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Definisi

Asam urat merupakan sebutan orang awam untuk rematik gout (gout artritis). Penyakit ini merupakan gangguan metabolik yang disebabkan asam urat (uric acid) yang menumpuk dalam jaringan tubuh. Asam urat adalah zat yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui urin. Pada kondisi gout, terdapat timbunan atau defosit kristal asam urat di dalam persendian.

Gangguan asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam darah. Tingginya asam urat dalam darah menyebabkan terjadinya penumpukan kristal di daerah persendian sehingga menimbulkan rasa sakit. Selain rasa sakit di persendian, asam urat juga menyerang ibu jari kaki, dapat membentuk tofi atau endapan natrium urat dalam jaringan di bawah kulit, atau bahkan menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Serangan gout biasanya timbul secara mendadak/akut, kebanyakan menyerang pada malam hari. Jika gout menyerang, sendi-sendi yang terserang tampak merah, mengkilat, bengkak, kulit diatasnya terasa panas disertai rasa nyeri yang sangat hebat, dan persendian sulit digerakan. Serangan pertama gout pada umumnya berupa serangan akut yang terjadi pada pangkal ibu jari kaki, dan seringkali hanya satu sendi yang diserang. Namun gejala tersebut dapat juga terjadi pada sendi lain seperti pada tumit, lutut, siku dan lain-lain. Dalam kasus encok kronis dapat timbul tofus yaitu endapan seperti kapur di kulit yang membentuk suatu tonjolan atau benjolan yang menandai pengendapan kristal asam urat. Tofus sering timbul pada daun telinga, siku, tumit belakang dan punggung tangan.

Gejala akibat penumpukan asam urat tidak dapat diketahui dengan segera. Setelah kondisi ini berlangsung lama, barulah muncul rasa ngilu luar biasa pada persedian, khususnya jari kaki dan tangan. Kulit di sekitar sendi tampak bengkak kemerahan disertai demam tinggi, perut kembung dan hilangnya nafsu makan. Gejala ini biasanya berlangsung beberapa hari dan selama itu air kencing berwarna kuning pekat.

Asam urat atau gout artritis lebih sering menyerang laki-laki terutama yang berumur di atas usia 30 tahun, karena umumnya laki-laki sudah mempunyai kadar asam urat yang tinggi dalam darahnya. Sedangkan kadar asam urat pada wanita umumnya rendah dan baru meningkat setelah menopause.

Kadar asam urat dalam darah biasanya melonjak mencapai 7,5-10 mg%. Sekalipun demikian, kadar asam urat melebihi 6 mg% sudah cukup memberi petunjuk akan tingginya kadar asam urat dalam darah. Kadar normal asam urat yang dianggap sehat adalah 2-5 mg%. Begitu radang gout tersebut mereda, kulit yang tadinya bengkak akan melepuh dan terasa gatal. Gejala ini bisa hilang sama sekali dan tidak pernah muncul lagi sampai berbulan-bulan. Tapi kalau didiamkan

3

Page 4: 44162250-Terapi-Gout

dan tidak segera ditangani, frekuensi kambuhnya akan lebih sering dan rasa sakitnya pun akan lebih menyiksa.

2.2 Tujuan

Jika tidak diatasi gangguan asam urat tersebut sangat mengganggu aktivitas. Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, pengaturan pola makanan dapat dijadikan pilihan untuk mengatasi masalah asam urat. Menu makanan diatur sedemikian rupa agar lebih banyak makanan dengan kandungan nukleotida purin yang rendah. Tujuan dilakukan pengontrolan menu makanan adalah untuk mengurangi resiko serangan akut gout, yaitu dengan penghentian rasa nyeri dan inflamasi secara tepat adan aman.

2.3 Prinsip

Untuk melakukan terapi diet pada penyakit gout ini, harus berpegangteguh

pada beberapa prinsip agar tujuan diet dapat tercapai. Prinsip yang harus

dilakukan adalah :

Pembatasan purin Apabila telah terjadi pembengkakan sendi maka penderita gangguan asam urat harus melakukan diet bebas purin. Namun karena hampir semua bahan makanan sumber protein mengandung nukleoprotein maka hal ini hampir tidak mungkin dilakukan. Maka yang harus dilakukan adalah membatasu asupan purin menjadi 100-150 mg purin per hari (diet normal biasanya mengandung 600-1.000 mg purin per hari).

Kalori sesuai dengan kebutuhan Jumlah asupan kalori harus benar disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi dan berat badan. Penderita gangguan asam urat yang kelebihan berat badan, berat badannya harus diturunkannn dengan tetap memperhatikan jumlah konsumsi kalori. Asupan kalori yang terlalu sedikit juga bisa meningkatkan kadar asam urat karena adanya keton bodies yang akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui urin.

Tinggi karbohidrat Karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam urat karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui uirn. Konsumsi karbohidrat kompleks ini sebaiknya tidak kurang dari 100 gram per hari. Karbohidrat sederhana jenis fruktosaa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Rendah protein Protein terutama yang berasal dari hewan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Sumber makanan yang mengandung protein hewani dalam jumlah yang tinggi, misalnya hati, ginjal,

Page 5: 44162250-Terapi-Gout

otak, paru, dan limpa.

Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita gangguan asam urat adalah sebesar 50-70 gram/hari atau 0,8-1 gram/kg berat badan/hari. Sumber protein yang disarankan adalahhh protein nabati yang berasal dari susu, keju dan telur.

Rendah lemak Lemak dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin. Makanan yang digoreng, bersantan, serta margarine dan mentega sebaiknya dihindari. Konsumsi lemak sebaiknya sebanyak 15 persen dari total kalori.

Tinggi cairan Konsumsi cairan yang tinggi dapat membantu membuang asam urat melalui urin. Karena itu, Anda disarankan untuk menghabiskan minum minimal sebanyak 2,5 liter atau 10 gelas sehari. Air minum ini bisa berupa air putih masak, air teh, kopi, atau minuman ringan yang bersoda (softdrink) sekalipun.

Selain dari minuman, cairan bisa diperoleh melalui buah-buahan segar yang mengandung banyak air. Buah-buahan yang disarankan adalah semangka, melon, blewah, nanas, belimbing manis, dan jambu air. Selain buah-buahan tersebut, buah-buahan yang lain juga boleh dikonsumsi karena buah-buahan sangat sedikit mengandung purin. Buah-buahan yang sebaiknya dihindari adalah alpukat dan durian, karena keduanya mempunyai kandungan lemak yang tinggi.

Tanpa alkohol Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kadar asam urat mereka yang mengonsumsi alkohol lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol. Hal ini adalah karena alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini akan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.

2.4 Syarat

Dalam melakukan diet, harus selalu dipantau faktor resikonya. Agar diet dapat lebih terkontrol. Sehingga dapat berpengaruh terhadap intake makanan nantinya. Ada begitu banyak faktor isiko terbentuknya gout dan hiperurisemia. Jika memiiki satu atau lebih faktor risiko ini, pantau terus kondisi dengan melakukan deteksi dini, misalnya rajin mengukur kadar asam urat dalam darah. Beberapa resiko yang harus diwaspadai, yaitu :• Genetik, sekitar 18 persen orang dengan gout memiliki riwayat penyakit itu dalam keluarga.• Lelaki dewasa lebih berisiko daripada wanita.• Kelebihan berat badan.• Kebiasaan mengonsumsi alkohol.• Pola makan tinggi purin.• Gangguan enzim yang berperan dalam pemecahan purin.• Konsumsi obat-obatan tertentu (peluruh kencing/diuretik, salisilat (antiradang),

5

Page 6: 44162250-Terapi-Gout

siklosporin (imunosupresan), levodopa (obat untuk parkinson), vitamin (niasin).

2.5 Menu diet

Menu diet yang dilakukan pada penyakit gout ini disesuaikan dengan tingkatan faktor resikonya. Hal ini dapat dilihat melalui kadar purin dalam setiap makanan.

Kelompok bahan makanan yang mengandung purin ( dalam tiap 100gram bahan mentah )

Kelompok bahan makanan tinggi purin( mengandung 150-800 mg )- Sardin / ikan kaleng- Hati otak- Ginjal- Paru-paru- Usus- Babat- Pankreas- Kaldu blok / bubuk- Daging itik, bebek, angsa merpati, burung unta.

Kelompok bahan makanan sedang purin- Daging ayam- Daging sapi- Ikan- Kerang-kerangan ( kacang merah, kerang putih, tiram, remis,dsb)- Kacang-kacangan (kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, kedelai)- Kacang polong- Kacang panjang- Asparagus- Kembang kol- Brokoli- Kol kembang- Bayam jamur

Kelompok makanan rendah purin

- Sayuran segar selain yang disebutkan dalam kelompok -Buah-buahan segar

-Susu -Keju -Telur -Padi-padian / serealia

Contoh menu makanan untuk penderita arthritis gout

Bahan makanan yang mengandung asam amino dengan ikatan belerang/sulfur harus dibatasi. Untuk itu aturan mengkonsumsi makanan sumber protein hewani dan nabati sama dengan pada diet gout, kecuali konsumsi telur cukup 1 butir

Page 7: 44162250-Terapi-Gout

sehari. Konsumsi nasi sehari tidak boleh lebih dari 70 gram (1/2 gelas) roti paling banyak 4 potong (80 gram). Untuk memenuhi kecukupan karbohidrat dan memberikan rasa kenyang akibat terbatasnya konsumsi nasi atau roti, maka juga makanan pokok lain seperti kentang, ubi jalar, singkong, aneka kue yang dibuat dari tepung maizena, hunkue, tapioka, atau agar-agar dengan tambahan susu-susu. Aturan lain yang harus dipatuhi, penderita wajib mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahansegar agar dapat membantu memberikan rasa kenyang. Sayuran yang tidak mengandung purin (selain asparagus, kacang polong, buncis, kambang kol, bayam, jamur) harus dimakan paling sedikit 300 gram sehari. Begitupun buah-buahan segar, disarankan lebih dari 300 gram sehari.

Tentu saja diet tersebut baru bisa dilaksanakan setelah anda memeriksakan diri dan diketahui pasti bahwa radang sendi yang anda derita benar-benar karena tingginya asam urat dalam darah. Karena, tidak semua sakit pada persedian diakibatkan penumpukan asam urat.

2.6 Tes laboratorium

Untuk memastikan seseorang terkena gout dapat dilakukan pemeriksaan sebagai berikut :- Pemeriksaan kadar asam urat di dalam darah Apabila kadar asam urat dalam darah pada laki-laki lebih dari 7 mg/dl dan pada wanita lebih dari 6 mg/dl, maka dikatakan menderita asam urat tinggi yang memicu terjadinya gout. - Pemeriksaan kadar asam urat dalam urin per 24 jam Kadar asam urat dalam urin berlebihan bila kadarnya lebih dari 800 mg/24 jam pada diet biasa atau lebih dari 600 mg/ 24 jam pada diet bebas purin.- Pemeriksaan cairan sendi merupakan pemeriksaan untuk melihat defosit kristal asam urat pada sendi yang mengalami peradangan

BAB III

PENUTUP

7

Page 8: 44162250-Terapi-Gout

Kesimpulan

1. Penyakit gout merupakan penyakit yang disebabkan oleh intake makanan

dengan kadar purin yang tinggi.

2. Gaya hidup terhadap pola dan menu makan menjadi salah satu faktor

peningkatan resiko mengidap penyakit gout.

3. Penyakit ini lebih banyak menyerang laki-laki daripada wanita.

Saran

1. Orang-orang dengan faktor resiko penyakit gout sebaiknya melakukan

terapi diet sejak dini.

2. Pola makan serta menu makanan harus disesuaikan dengan kadar purin

yang terkandung didalamnya.

3. Serangan akut arthritis gout dapat diminimalisir dengan berpegang teguh

terhadap prinsip diet.

DAFTAR PUSTAKA

Page 9: 44162250-Terapi-Gout

www.cybermed.cbn.net.id diakses pada tanggal 5 Desember 2008 pukul 10:05 pm

www.index.php diakses pada tanggal 5 Desember 2008 pukul 10:00 pm

www.pantirapih.or.id diakses pada tanggal 5 Desember 2008 pukul 10:03 pm

www.bintangmawar.net diakses pada tanggal 5 Desember 2008 pukul 10:12 pm

www.jambi-independent.co.id diakses pada tanggal 5 Desember 2008 pukul 10:05

pm

www.kalbe.co.id diakses pada tanggal 5 Desember 2008 pukul 10 :14 pm

9