4 tindakan dan interaksi sosial

Download 4 tindakan dan interaksi  sosial

Post on 22-Nov-2014

10.742 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

modul pembelajaran yang amat baik bagi para siswa dan masyarakat

TRANSCRIPT

  • 1. SOCIAL ACTION ANDSOCIAL INTERACTION
  • 2. IDENTIFIKASI Competention StandartMemahami perilaku keteraturan hidupsesuai dengan nilai dan norma yangberlaku dalam masyarakat Based of CompettentionMendiskripsikan proses interaksi sosial sebagaidasar pengembangan pola keteraturan dandinamika kehidupan sosial.
  • 3. INDIKATOR1. Mengidentifikasi tipe-tipe tindakan sosial.2. Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial3. Menjelaskan faktor2 yg mendorong terjadinya interaksi sosial & dinamika sosial.4. Membedakan bentuk-bentuk interaksi sosial5. Menjelaskan macam-macam status & peranan sosial.
  • 4. PETA KONSEP PengertianTindakanSosial Tindakan Sosial Tipe-tipe Tindakan SosialPROSESSOSIAL Pengertian Interaksi Sosial Interaksi Syarat Interaksi Sosial Sosial Faktor yg mempengaruhi Interaksi Sosial Bentuk Interaksi Sosial
  • 5. TINDAKAN SOSIAL (SOCIAL ACTION)Tindakan sosial merupakan tindakan atau perilakuseseorang mempengaruhi orang lain dalam rangkamencapai tujuan.Tindakan tersebut berkenaan dengan keberadaanorang lain di masyarakat. Tindakan sosialmerupakan awal dari proses interaksi sosial.
  • 6. Tipe-tipe tindakan sosial (Types of Social Action)1.Tindakan Rasional Instrumental2.Tindakan Rasional berorientasi nilai3.Tindakan Afektif (emosi)4. Tindakan Tradisional (warisan sosial)
  • 7. Tunjukkan masing-masing contoh tindakan sosialyang ada di masyarakat!1.Tindakan Rasional Instrumental2.Tindakan Rasional berorientasi nilai3.Tindakan Afektif (emosi)4.Tindakan Tradisional (warisan sosial)
  • 8. INTERAKSI SOSIAL( SOCIAL INTERACTION )
  • 9. PENDAHULUANInteraksi sosial merupakan kunci dari semuakegiatan sosial, oleh karena itu tanpa interaksisosial tak kan mungkin ada kehidupan sosial /bersama. Bertemunya orang dengan orang secarabadaniyah saja, tidak akan menimbulkan pergaulanhidup dalam suatu kelompok sosial.
  • 10. Ilustrasi Sebagai ilustrasi pihak-pihak yang terlibat dalam interaksi sosial dapat diperhatikan pada skema berikut : a. Antar individu b. Antar kelompok c. antara individu dengan kelompok
  • 11. Ciri ciri interaksi sosial :1. adanya 2 pihak /lebih yang terlibat2. ada hubungan timbal balik diantara pihak pihak yang terlibat3. terdapat komunikasi di antara mereka4. ada dimensi waktu yang menentukan hubungan timbal balik tadi5. ada tujuan yang hendak dicapai.
  • 12. Syarat terjadinya interaksi sosial1. Adanya kontak sosial Kontak sosial mempunyai dua sifat, yaitu : a. Primer, terjadi apabila hubungan sosial diadakan secara langsung & bertatap muka. b. Sekunder, artinya suatu kontak memerlukan perantara.
  • 13. 2. Adanya komunikasi, proses memberikan tafsiran pada perilaku orang lain yang berwujud pembicaraan, gerak gerik badaniyah /sikap, perasaan-perasaan apa yang disampaikan pada orang tersebut.Unsur unsur penting dalam komunikasi :1. Komunikator2. Komunikan3. Pesan4. Umpan balik
  • 14. Proses Komunikasi MessageSender Receiver Feedback
  • 15. Faktor faktor yang mempengaruhi interaksi sosial1. Imitasi adalah proses peniruan tingkah laku orang lain untuk diterapkan pada diri seseorang yang meniru proses tersebut.2. Sugesti adalah suatu pendapat, saran pandangan atau sikap yang diberikan seseorang kepada orang lain dan diterima tanpa disertai daya kritik.
  • 16. Pada umumnya sugesti diperolehmelalui hal-hal berikut :a. orang yang berwibawab. orang yang berkedudukan tinggic. selebriti / publik figurd. iklane. kelompok mayoritas
  • 17. 3. Identifikasi adalah suatu kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain (meniru secara keseluruhan).4. Simpati adalah proses ketika seseorang merasa tertarik kepada pihak lain.
  • 18. 5. Motivasi Adalah suatu daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.6. Empati Empati merupakan simpati yang mendalam. Dalam proses Ini perasaan seseorang memegang peran penting karena ia merasakan bahwa dirinya seolah-olah berada dalam keadaan yg dialami orang lain, merasakan apa yang dilakukan bahkan yg diderita orang lain.
  • 19. Aktivitas MandiriTunjukkan dan jelaskan faktor-faktor yangmempengaruhi interaksi Anda di masyarakat! No. Faktor-faktor yang Contoh mempengaruhi interaksi sosial123
  • 20. Tugas Terstruktur1.Tunjukkan contoh imitasi!2.Tunjukkan contoh identifikasi!3.Apakah pengaruh positif dari imitasi?4.Apakah pengaruh negatif dari imitasi?5.Apakah persamaan imitasi dengan identifikasi ?6.Apakah perbedaan imitasi dengan identifikasi?7.Apakah persamaan sugesti dengan motivasi?8.Apakah perbedaan sugesti dengan motivasi?9.Apakah persamaan simpati dengan empati?10.Apakah perbedaan simpati dengan empati?
  • 21. EVALUASI1. Pak Husein sedang membacakan tata tertib pada peserta ujian. Dalam hal ini terjadi interaksi sosial . a. antar individu d. antar kelas sosial b. antar kelompok e. orang tua dengan anak c. antar individu dengan kelompok2. Berikut ini yang termasuk ciri ciri interaksi adalah .. a. pelaku 1 orang atau lebih d. ada media sebagai perantara b. ada kerja sama e. ada tujuan c. persamaan dalam kebudayaan3. Early minta tolong Nana untuk mengembalikan buku ke Lisa. Antara Early dengan Lisa telah terjadi kontak .... a. langsung c. primer langsung e. sekunder langsung b. primer d. sekunder tidak langsung
  • 22. 4. Berikut ini yang tidak termasuk unsur unsur komunikasi adalah ... a. komunikator c. umpan balik e. komunikan b. pesan d. saran5. Suatu pendapat, saran pandangan atau sikap yang diberikan seseorang kepada orang lain dan diterima tanpa disertai daya kritik isebut dengan .. a. simpati c sugesti e. identifikasi b. imitasi d. motivasi6. Apabila tetangga kita mengalami musibah, kita merasa ikut prihatin. Yang demikian dinamakan ...... a. simpati b. imitasi c. sugesti d. motivasi e. identifikasi
  • 23. 7. Ari sangat mengagumi Ustadz Jefri. Ia berusaha menyerupai Ustadz tersebut dari penampilan, gaya bicara dan kesehariannya. Hal ini menunjukkan proses ... a. simpati c. sugesti e. identifikasi b. imitasi d.