36196476 visual basic 6 0 panduan tugas akhir membuat sistem informasi penjualan barang

32
1

Upload: ramli-putra-dompu

Post on 29-Jul-2015

874 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

1

Page 2: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

2

Buku Panduan Tugas Akhir (TA)

Membuat AplikasiPenjualan Barang

denganVisual Basic 6.0

( Penulis: Indah Indriyanna & Bunafit Cuuuakep’e puwolll ..... nggakketulungan pokoknya, he...piss :p )

Buku TA ini diterbiklan oleh Penerbit Alif Media Yogyakarta,

dengan distributor Suka Buku (Buku Kita) , Grup AgromediaJakarta

Indah Indriyanna, S.Kom,adalah programer dan tim penulis di redaksiBunafit Komputer Yogyakarta. Indah sekarangmenjadi Staf Pengajar Negri di SMP Negri 4Pulung Kencana, Tulang Bawang, Lampung.

Spesialis pemrograman di bidang Visual Basic6.0 berbasis Multi User dan Client/Serverdengan SQL Server 2000, dan MySQL Server.

Juga sebagai penulis buku Internet, SistemOperasi Windows, Office, dll.

Page 3: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

3

KOLEKSI BUKU VB LAINNYA

Page 4: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

4

Relasi Antar Tabel dalam Aplikasi Penjualan BarangRelasi antar tabel harus terlebih dahulu dirancang untuk mendukungkelancaran pengolahan data supaya dapat berjalan dengan baik. Denganrelasi yang baik, akan diperoleh gambaran umum jalannya sistem yangdipersiapkan.

Relasi antar tabel ini merupakan alat bantu dalam menentukan langkah -langkah kerja yang akan dilakukan oleh pemrogram dimulai dari prosesperekaman data, pembentukan tabel sampai dengan pembentukanlaporan-laporan sesuai dengan permasalahan yang dita ngani.

Model Data Logika (Logical Data Modeling) adalah salah satu teknikuntuk menjelaskan dengan baik struktur informasi bisnis dan aturan -aturan sebagai masukan pada proses perancangan database. Berikutadalah langkah-langkah dalam satu set kriteria un tuk mendapatkanmodel data logika yang paling optimal.

Kebenaran StrukturArtinya memiliki konsisten dengan jalur definisi bisnis dan informasiorganisasi.

KemudahanArtinya mudah untuk dimengerti oleh orang yang tidak punya Barangkhusus atau pemakai sistem yang bukan profesional di komputer.

Tidak RedudansiArtinya tidak mempunyai informasi yang berlebihan yang ditulisberkali-kali.

Mudah dikembangkan (extensibility)Artinya mampu untuk menerima kebutuhan baru dengan akibat yangringan terhadap perubahan data dasarnya.

Page 5: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

5

Relationship kadang-kadang sangat sulit ditemukan. Relationship antarentity terdapat beberapa tipe yaitu: Hubungan satu lawan satu (one to one relationship)

Hubungan satu lawan banyak (one to many relationship)

Hubungan banyak lawan banyak (many to many relaionship)

Sistem Penjualan Barang mempunyai beberapa tabel, yang masing -masing tabel saling berelasi dengan yang lain. Berikut adalah relasi antartabel satu dengan yang lain:

Gambar Tampilan Relasi Antar Tabel

Penjelasan Relasi Tabel:

Tabel Jenis_Barang dengan tabel Barang memiliki relasi one to many,artinya setiap jenis barang dapat memiliki lebih dari satu barang.

Page 6: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

6

Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Jenis, dimana didalam Tabel Jenis_Barang sebagai kun ci utama (primary key) dan didalam tabel Barang memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).

Tabel Penjualan dengan tabel Detail_Penjualan memiliki relasi one tomany, artinya setiap transaksi penjualan dapat memiliki lebih darisatu detail transaksi penjualan. Field penghubung antar tabelnyaadalah No_Nota, dimana di dalam tabel Penjualan sebagai kunciutama (primary key) dan di dalam tabel Detail_Penjualan memilikiposisi sebagai kunci tamu (foreign key).

Tabel Barang dengan tabel Detail_Penjuala n memiliki relasi one tomany, artinya setiap barang dapat memiliki lebih dari satu transaksipada detail penjualan. Field penghubung antar tabelnya adalahKode_Barang, dimana di dalam tabel Barang sebagai kunci utama(primary key) dan di dalam tabel Detai l_Penjualan memiliki posisisebagai kunci tamu (foreign key).

Tabel Pengguna dengan tabel Penjualan memiliki relasi one to many,artinya setiap pengguna dapat memiliki lebih dari satu transaksipenjualan. Field penghubung antar tabelnya adalah UserId.

Membuat Tabel Jenis_BarangTabel Jenis_Barang digunakan untuk merekam data jenis -jenis barangyang tersedia di toko. Dengan adanya pencatatan data jenis barang ini,maka toko dapat mendokumentasikan jenis -jenis barang yang dijualkepada para pelanggan.

Untuk membuat tabel Jenis_Barang, maka Anda harus masuk terlebihdahulu pada bagian Window Database DbBarang. Pada WindowDatabase, Anda dapat membuat tabel baru dengan cara mengklik ganda

Page 7: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

7

pada menu Create Tabel in Design view , atau Anda dapat mengikutilangkah berikut:1. Klik kanan pada menu Create Tabel in Design view tersebut dan

pilih menu Design View. Perhatikan contohnya pada gambar berikut:

Gambar Tampilan Membuat Tabel Baru

2. Akan muncul jendela Tabel1 : Tabel. Kondisi jendela danketerangannya dapat dilihat pada gambar berikut:

Gambar Tampilan Pemberian Nama Kolom dan Tipe Data

3. Lakukan pengaturan ke dalam desain tabel di atas. Berikut adalahstruktur tabel secara lengkap.

Page 8: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

8

Tabel Struktur Desain Tabel Jenis_BarangKolom Tipe

dataPanjang

Kode_Jenis Text 5

Nama_Jenis Text 30

4. Berikut adalah tampilan desain tabel setelah dilakukan pengaturan.

Gambar Tampilan Design Tabel Jenis_Barang

5. Tambahkan Primary Key (kunci primer) pada atribut Kode_Jenisdengan cara klik kanan atribut Kode_Jenis Primary Key. Berikutadalah contoh tampilan gambarnya.

Gambar Tampilan Pemberian Kunci Pada Tabel Jenis_Barang

6. Simpan desain tabel dari menu File Save dan berilah namaJenis_Barang. Klik tombol OK. Berikut tampilan gambarnya.

Page 9: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

9

Gambar Tampilan Penyimpanan Tabel Jenis_Barang

7. Setelah selesai, maka akan muncul Window Database dengandatabase DbBarang dan satu Tabel Jenis_Barang . Berikut tampilangambarnya.

Gambar Tampilan Tabel Jenis_Barang Setelah Dibuat

Dari beberapa langkah di atas merupaka n urutan dari proses pembuatantabel di dalam aplikasi Access. Anda dapat menggunakan cara -cara diatas dalam membuat tabel lainnya dalam database DbBarang. Sebagaicatatan, dalam membuat tabel, Anda dilarang dalam menggunakankarakter khusus teks kecuali menggunakan karakter garis bawah ( _ ),dan sebaiknya tidak menggunakan tanda spasi dalam membuat tabelmaupun dalam penamaan kolom.

Membuat Tabel BarangTabel Barang digunakan untuk merekam data Barang yang tersedia diToko. Dengan adanya data Barang, mak a pihak toko akan lebih mudah

Page 10: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

10

dalam melakukan transaksi penjualan kepada para pelanggannya.Berikut adalah struktur dan desain tabel Barang secara lengkap:

Tabel Struktur Desain Tabel BarangKolom Tipe data PanjangKode_Barang Text 5

Kode_Jenis Text 5

Nm_Barang Text 50

Hrg_Satuan Number -

Stok_Barang Number -

Keterangan Text 70

Gambar Tampilan Desain Tabel Barang

Setelah selesai mendefinisikan setiap atribut -atribut ke dalam desaintabel, maka simpanlah tabel tersebut dengan menggunaka n namaBarang.

Membuat Tabel PenggunaTabel Pengguna digunakan untuk merekam data -data pengguna aplikasipenjualan barang. Data pengguna ini akan menentukan hak aksessebagai Admin atau sebagai Kasir. Berikut adalah struktur dan desaintabel Pengguna secara lengkap:

Page 11: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

11

Tabel Struktur Desain Tabel Pengguna

Kolom Tipe data Panjang Format

Id AutoNumber Long Integer 000

UserId Text 30

PassId Text 30

Nama Text 30

Status Text 5

Gambar Tampilan Desain Tabel Pengguna

Setelah mendefinisikan atr ibut-atribut ke dalam desain tabel, makasimpanlah tabel tersebut dengan menggunakan nama Pengguna.

Membuat Tabel PenjualanTabel Penjualan digunakan untuk merekam data -data transaksipenjualan yang dilakukan oleh bagian Kasir terhadap pelanggan. Berikutadalah struktur dan desain tabel Penjualan secara lengkap:

Tabel Struktur Desain Tabel Penjualan

Page 12: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

12

Kolom Tipe data Panjang

No_Nota Text 8

Tgl_Nota Date/Time -

Total_Bayar Number -

UserId Text 30

Gambar Tampilan Desain Tabel Penjualan

Setelah mendefinisikan atribut-atribut ke dalam desain tabel, makasimpanlah tabel tersebut dengan menggunakan nama Penjualan.

Membuat Tabel Detail_PenjualanTabel Detail_Penjualan digunakan untuk merekam data -data penjualansecara detail. Berikut adalah struktu r dan desain tabel Detail_Penjualansecara lengkap: Tabel Struktur Desain Tabel Detail_Penjualan

Kolom Tipe data Panjang

No_Nota Text 8

Kode_Barang Text 5

Harga_Jual Number -

Jumlah_Jual Number -

Subtotal Number -

Page 13: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

13

Gambar Tampilan Desain Tabel Detail_Penjualan

Setelah mendefinisikan atribut -atribut ke dalam desain tabel, makasimpanlah tabel tersebut dengan menggunakan nama Detail_Penjualan.

MMeemmbbuuaatt DDiiaaggrraamm AArruuss DDaattaaJika Anda membaca buku ini dengan tujuan untuk menyelesaikan TugasAkhir (TA) ataupun Skripsi, maka yang sangat diperlukan dalammenulis naskah adalah membuat DAD. Dengan adanya kebutuhantersebut, maka kami akan membahasnya secara komplit pada bab ini,tentunya mengenai studi kasus yang dibahas.

Merancang Diagam Arus DataDiagram Arus Data (DAD) atau Data Flow Diagram (DFD)merupakan gerakan data dari sebuah sistem, mulai dari masuk sampai ketujuannya. Arus data (Data Flow) di DFD diberi simbol suatu anakpanah. Arus data ini mengalir diantara proses (process), simpanan data(data store) dan kesatuan luar (external entity).DAD juga merupakan alat yang digunakan pada metodologipengembangan sistem yang terstruktur. Pendekatan terstruktur inimencoba untuk menggambarkan sistem pertama kali secara garis besar

Page 14: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

14

(disebut dengan top level dan terpecah-pecah menjadi bagian yang lebihrinci atau disebut dengan lower level).DAD yang pertama kali digambarkan merupakan level teratas (top level)dan diagram ini disebut dengan context diagram. Dari context diagramini kemudian akan digambar dengan lebih rinci lagi yang disebutoverview diagram (level 0).Tiap-tiap proses di overview diagram akan digambarkan secara lebihrinci lagi dan disebut dengan level 1.Tiap-tiap proses di level 1 akan digambarkan kembali dengan lebih rincilagi dan disebut dengan level 2 dan seterusnya, sampai tiap -tiap prosestidak dapat digambarkan lebih rinci lagi.

Merancang Diagram KonteksDengan pembuatan suatu diagram konteks dari sistem, strukturpendekatan ini menggambarkan sistem secara garis besar yangkemudian akan dipecah menjadi bagian -bagian lebih rinci. Gambarberikut ini adalah konteks dari sistem Penjualan Barang pada TokoOleh-oleh Khas Jogja.

Gambar Tampilan Diagram Konteks ( Master Konteks ada di dalamCD Penyerta Buku )

Dalam diagram konteks di atas terdapat beberapa pihak terkait yangdigambarkan secara umum, dimana kesatuan luar yang terlibat secaralangsung adalah Administrator (Admin), Kasir, dan Pemilik Toko.Administrator berfungsi sebagai pengelola Aplikasi Penjualan Barang.Kasir adalah orang yang bekerja di Toko Oleh -oleh Khas Jogja dan

Page 15: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

15

memiliki hak untuk melakukan transaksi penjualan. Pemilik Tokomerupakan orang paling berhak dan memiliki kuasa terhadap TokoOleh-oleh Khas Jogja.

Merancang Diagram Arus Data Level-0Penggambaran sistem DAD level -0 (Overview Diagram) merupakanpenjabaran dari konteks diagram, hanya pada level ini sudah menjuruskepada suatu proses dan merupakan gabungan secara keseluruhan yangmelibatkan semua kesatuan luar secara lengkap.Pada proses level-0 terdiri dari beberapa proses yaitu pemrosesan datapengguna, data jenis barang, data barang, dan data transaksi penjualan.Pada level-0, proses-proses di atas dikelompokkan menjadi 5 (lima). Ke -lima proses di atas dapat digambarkan sebagai be rikut:

Gambar Tampilan DAD level-0 ( Master DAD Level 0 ada di dalamCD Penyerta Buku )

Page 16: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

16

Dalam diagram arus data di atas dapat dijelaskan arus datapenyimpanannya ke dalam berkas, diantaranya adalah sebagai berikut:Proses 1.0, Merupakan proses pemasukan data pengguna. Data

pengguna tersebut akan direkam ke dalam tabel Pengguna.

Proses 2.0, Merupakan proses pemasukan data jenis barang. Data jenisbarang akan direkam ke dalam tabel Jenis_Barang.

Proses 3.0, Merupakan proses pemasukan data barang. Dalam prosespemasukan data barang, data jenis barang dari tabel Jenis_Barangjuga dibutuhkan, maka dalam proses tersebut akan mengambil sebagiandata-data jenis barang dari tabel Jenis_Barang yang sudah terbentuk.Data-data hasil masukan data barang dan data jenis barang akandirekam ke dalam tabel Barang.

Proses 4.0, Merupakan proses pemasukan data transaksi penjualan.Pada proses transaksi penjualan barang membutuhkan dua tabelsebagai penampung data-data hasil transaksi, yaitu tabel Penjualandan tabel Detail_Penjualan. Selain kedua tabel tersebut, prosestransaksi penjualan juga membutuhkan dua tabel, yaitu tabelPengguna dan tabel Barang. Sebagian data dari tabel Pengguna dantabel Barang akan diambil kemudian akan direkam ke dal am dua tabeltransaksi, yaitu tabel Detail_Penjualan dan tabel Penjualan.

Proses 5.0, Merupakan proses pencetakan laporan. Proses inimemerlukan data dari keseluruhan tabel. Laporan akan disampaikankepada pemilik toko.

Page 17: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

17

Merancang Diagram Arus Data Level-1 Proses 1Diagram Arus Data Level-1 Proses 1 dapat dijabarkan secara lengkapsebagai berikut:

Gambar Tampilan DAD level-1 Proses 1 (Master Level 1 ada di dalamCD Penyerta buku)

Berdasarkan diagram arus data di atas, pros es pemasukan data penggunadilakukan oleh Administrator (Admin). Dalam diagram tersebut dapatdijelaskan arus data penyimpanan data pengguna ke dalam berkaspenyimpan. Berikut adalah penjelasan secara lengkap: Proses 1.1, Merupakan proses perekaman data pe ngguna secara

langsung yang dilakukan oleh pihak admin. Proses perekaman datapengguna tersebut akan langsung disimpan ke dalam tabel Pengguna.

Proses 1.2. Merupakan proses perubahan data yang dilakukan olehpihak admin. Dalam proses perubahan data terseb ut akanmembutuhkan data dari tabel Pengguna, kemudian akan disimpankembali ke dalam tabel Pengguna.

Merancang Diagram Arus Data Level-1 Proses 2Diagram Arus Data Level-1 Proses 2 dapat dijabarkan secara lengkapsebagai berikut:

Page 18: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

18

Gambar Tampilan DAD level-1 Proses 2 (Masternya ada di dalam CDPenyerta)

Berdasarkan diagram arus data di atas, proses pemasukan data jenisbarang dilakukan oleh Administrator (Admin). Dalam diagram tersebutdapat dijelaskan arus data penyimpanan d ata jenis barang ke dalamberkas penyimpan. Berikut adalah penjelasan secara lengkap: Proses 2.1, Merupakan proses perekaman data jenis barang secara

langsung yang dilakukan oleh pihak admin. Proses perekaman datajenis barang tersebut akan langsung disimp an ke dalam tabelJenis_Barang.

Proses 2.2, Merupakan proses perubahan data yang dilakukan olehpihak admin. Dalam proses perubahan data tersebut akanmembutuhkan data dari tabel Jenis_Barang, kemudian akan disimpankembali ke dalam tabel Jenis_Barang.

Page 19: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

19

Merancang Diagram Arus Data Level-1 Proses 3Diagram Arus Data Level-1 Proses 3 dapat dijabarkan secara lengkapsebagai berikut:

Gambar Tampilan DAD level-1 Proses 3

Berdasarkan diagram arus data di atas, proses pemasukan data barangdilakukan oleh Administrator (Admin) dan disertai dengan pemasukandata jenis barang dari tabel Jenis_Barang. Berikut adalah penjelasansecara lengkap: Proses 3.1, Merupakan proses perekaman data barang yang dilakukan

oleh pihak admin. Pada proses perekaman data barang tersebutmemerlukan data jenis barang dari tabel Jenis_Barang. Data jenisbarang ini digunakan sebagai informasi jenis barang pada barang yangakan direkam. Setelah salah satu data jenis barang dipilih, kemudiandata barang akan direkam ke dalam tabel Barang.

Proses 3.1, Merupakan proses perubahan data yang dilakukan olehpihak admin. Proses perubahan data tersebut berasal dari tabelBarang, setelah dilakukan perubahan data, maka data barang akandirekam kembali ke dalam tabel Barang.

Page 20: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

20

Merancang Diagram Arus Data Level-1 Proses 4Diagram Arus Data Level-1 Proses 4 dapat dijabarkan secara lengkapsebagai berikut:

Gambar 5.6 Tampilan DAD level-1 Proses 4

Merancang Diagram Arus Data Level-1 Proses 5Diagram Arus Data Level-1 Proses 5 dapat dijabarkan secara lengkapsebagai berikut:

Gambar Tampilan DAD level-1 Proses 5 ( Penjelasan ada di buku )

Page 21: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

21

Bagan Alir Sistem Penjualan BarangUntuk mencapai hasil yang maksimal, maka dibuatl ah sebuah alat bantuuntuk menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan olehpemrogram, mulai dari membentuk berkas hingga program mampumenghasilkan keluaran (informasi) yang diperlukan. Alat bantu tersebutdisebut dengan Bagan Alir.Gambaran bagan alir sistem dari Aplikasi Penjualan Barang secaraumum dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Gambar Tampilan Bagan Alir Sistem Penjualan Barang (Penjelasanada di buku)

Page 22: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

22

www.bunafit-komputer.comRedaksi Buku IT & Software Development

www.planetKode.Com

Page 23: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

23

CONTOH PROGRAM APLIKASI BERBASIS VISUAL BASICUNTUK TUGAS AKHIR (TA)/ SKRIPSI INFORMATIKA

Halaman ini berisi daftar koleksi lengkap contoh program aplikasi yangdibuat dengan Visual Basic 6.0. Anda dapat memakai sou rce code

contoh program aplikasi ini untuk belajar pemrogramman, untuk contohmengerjakan program kerja praktek (kp), untuk contoh mengerjakan

tugas akhir (ta), untuk contoh skripsi dan contoh tesis jurusaninformatika komputer. Semuanya full source code/ open source code.

NO JUDUL PROGRAM : VISUAL BASIC 6.0

1

Contoh Program Skripsi: Sistem Analisa SpesifikasiKomputer (Speck Maker) : Kami menyediakan 23 pilihanprogram, yaitu dibuat dengan Visual Basic 6.0, Borland Delphi 7dan Borland C++ Builder.

Program ini digunakan oleh calon pembeli komputer untukmembuat spesifikasi komputer. Pengguna akan dihadapkan padasuatu form utama yang di dalamnya terdapat 10 pilihan Hardwareyang akan dipilih atau akan dibeli, dari hasil pemilihan pelangganakan mendapatkan harga total. Cocok sekali untuk studi kasusKerja Praktek(KP) atau Tugas Akhir(TA) atau Skripsi.

Harga Source Code program ini: Rp. 300.000,- untuk 1 aplikasipilihan(VB, Delphi atau C++).

Yang didapat:[1]. ERD (Relasi Tabel) Sistem Speck Maker[2]. Source Code Program Speck Maker (pilih: VB, Delphi atauC++ Builder)[3]. eBooks (buku PDF : Buku Dasar Menguasai Visual Basic 6dengan MySQL )

Page 24: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

24

2

Contoh Program Skripsi: Sistem Informasi PenggajianKaryawan V1 (Studi Kasus pada Sekolah) : Untuk SekolahMenengah Atas (SMA). Aplikasi ini dibuat dengan Visual Basic6.0 dan laporannya adalah Cristal Report 8. Versi sederhana, cocokuntuk contoh mengerjakan program Kerja Praktek(KP) ataupunTugas Akhir(TA) jurusan Informatika Komputer.

Harga Source Code program ini: Rp. 200.000,-

Yang didapat:[1]. ERD (Relasi Tabel) Sistem Penggajian[2]. Source Code Program Penggajian v1 dengan Visual Basic 6.0[3]. eBooks (buku PDF : Buku Dasar Menguasai Visual Basic 6dengan MySQL )

3

Contoh Program Skripsi: Sis tem Informasi PenggajianKaryawan V2 (Studi Kasus pada Sekolah) : Untuk PegawaiSercara Umum dan bisa juga Untuk Sekolah. Aplikasi ini dibuatdengan Visual Basic 6.0 dan laporannya adalah Data Report. Versilumayan bagus dan sangat mudah dipelajari, cocok untuk contohmengerjakan program Kerja Praktek(KP) ataupun Tugas Akhir(TA)jurusan Informatika Komputer. Sedikit modifikasi, jadih dehdengan gaya berbeda.

Harga Source Code program ini: Rp. 350.000,-

Yang didapat:[1]. ERD (Relasi Tabel) Sistem Pengga jian[2]. Source Code Program Penggajian v2 dengan Visual Basic 6.0[3]. eBooks (buku PDF : Buku Dasar Menguasai Visual Basic 6dengan MySQL )

Page 25: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

25

4

Contoh Program Skripsi: Sistem Informasi DataKarwayan dan Penggajian (Kasus pada Kantor Umum,Expert) : Untuk kantor secara umum, juga bisa untuk sekolah dankampus. Program aplikasi ini dibuat dengan Visual Basic 6.0 danlaporannya adalah Data Report. Versi lumayan bagus, cocok untukcontoh mengerjakan program Tugas Akhir(TA) atau Skripsi jursanInformatika Komputer.

Harga Source Code program ini: Rp. 400.000,-

Yang didapat:[1]. ERD (Relasi Tabel) Sistem Karyawan dan Penggajian[2]. Source Code Program Data Karyawan & Penggajian denganVisual Basic 6.0[3]. eBooks (buku PDF : Buku Dasar Menguasai Visual Basic 6dengan MySQL )

5

Contoh Program Skripsi: Sistem Informasi ManajemenPerpustakaan v1 : Program aplikasi ini dibuat dengan VisualBasic 6.0 dan Ms Access. Program ini untuk manajemen bukudalam perpustakaan, yang dilengkapi dengan form peminjaman,pengembalian dan pembayaran denda. Selain itu, juga dilengkapidengan program katalog untuk pencarian data buku.

Harga Source Code program ini: Rp. 500.000,-

Yang didapat:[1]. ERD (Relasi Tabel) Sistem Karyawan dan Penggajian[2]. Source Code Program Data Karyawan & Penggajian denganVisual Basic 6.0[3]. eBooks (buku PDF : Buku Dasar Menguasai Visual Basic 6dengan MySQL )

Page 26: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

26

6

Contoh Program Skripsi: Sistem Informasi ManajemenPerpustakaan v2 Berbasis Multi User : Aplikasi ini dibuatdengan Visual Basic 6.0 dan MySQL. Program ini hasilpengembangan V1 di atas.

Kelebihan Program :- Database MySQL Server- Berbasis Client/Server dan Multi User- Ada Tools Katalog Buku untuk Klien- Dipermudah dengan Form Setting Server, sehingga dapat bergantikomputer server- Mendukung Inventory Buku (1 Judul banyak unit buku)

Harga Source Code program ini: Rp. 800.000,-

Yang didapat:[1]. ERD (Relasi Tabel) Sistem Perpustakaan[2]. Makalah Skripsi Lengkap (Bab 1 - Bab 5), Full DAD/DFD danBagan Alir Sistem[3]. Source Code Program Perpustakaan dengan Visual Basic 6.0[4]. eBooks (buku PDF : Buku Dasar Menguasai Visual Basic 6dengan MySQL )

7

Contoh Program Skripsi: Sistem Informasi RekamMedis Rawat Jalan Rumah Sakit : Aplikasi ini dibuatdengan Visual Basic 6.0, Ms Access dan laporannya dibuat denganCristal Report. Pprogram aplikasi ini secara khusus menanganirawat jalan pasien pada rumah sakit.

Harga Source Code program ini: Rp. 500.000,-

Yang didapat:[1]. ERD (Relasi Tabel) Sistem Rekam Medis Rawat Jal an[2]. Source Code Program Rekam Medis Rawat Jalan dengan

Page 27: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

27

Visual Basic 6.0[3]. eBooks (buku PDF : Buku Dasar Menguasai Visual Basic 6dengan MySQL )

8

Contoh Program Skripsi: Sistem Informasi RekamMedis Puskesmas : Program aplikasi ini dibuat dengan VisualBasic 6.0 dan Ms Access, laporannya adalah Data Report. Programini untuk mengelola pasien dalam puskesmas, termasuk rawat jalan.Cocok sebagai contekan Siswa Komputer dan Mahasiswa D3 untukmembuat TGA.

Harga Source Code program ini: Rp. 250.000,-

Yang didapat:[1]. ERD (Relasi Tabel) Sistem Rekam Medis Puskesmas[2]. Source Code Program Rekam Medis Puskesmas dengan VisualBasic 6.0[3]. eBooks (buku PDF : Buku Dasar Menguasai Visual Basic 6dengan MySQL )

9

Contoh Program Skripsi: Sistem Infor masi InventoryBarang : Program aplikasi ini dibuat dengan Visual Basic 6.0 danMs Access. Digunakan untuk mengelola keluar masuknya barang digudang, biasanya dipake pada toko retail atau distributor barang.

Harga Source Code program ini: Rp. 500.000,-

Yang didapat:[1]. ERD (Relasi Tabel) Sistem Inventory Barang[2]. DFD/DAD Lengkap dengan Penjelesannya, Bagan Alir SistemInventory Barang[3]. Source Code Program Inventory Barang dengan Visual Basic6.0[4]. eBooks (buku PDF : Buku Dasar Menguasai Visual Basic 6

Page 28: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

28

dengan MySQL )

Untuk Source Code Program Aplikasi Inventory Barang berbasisMulti User (database MySQL), harganya adalah : Rp. 600.000,-

10

Contoh Program Skripsi: Sistem Informasi ManajemenData Siswa : Aplikasi ini dibuat dengan Visual B asic 6.0 dan MsAccess. Cocok untuk referensi program Kerja Praktek(KP), contohTugas Akhir(TA) dan contoh Skripsi mahasiswa Informatika.

Harga Source Code program ini: Rp. 500.000,-

Yang didapat:[1]. ERD (Relasi Tabel) dan Bagan Alir Sistem InformasiManajemen Data Siswa[2]. Source Code Program Manajemen Data Siswa dengan VisualBasic 6.0[3]. eBooks (buku PDF : Buku Dasar Menguasai Visual Basic 6dengan MySQL )

11

Pesan Program Skripsi: Sistem Informasi PenjualanKomputer dan Aksesori : Aplikasi ini dibuat dengan VisualBasic 6.0 dan Ms Access. Cocok untuk referensi program KerjaPraktek(KP), contoh Tugas Akhir(TA) dan contoh Skripsimahasiswa Informatika.

Harga Pesan Baru Source Code program ini: Rp. 1.700.000,-(Standar TA/ Skripsi)Harga Pesan Baru Source Code program ini: Rp. 3.000.000,-(Standar Bisnis Nyata)

Page 29: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

29

12

Pesan Program Skripsi: Sistem Informasi PenjualanLaptop dan Aksesori : Aplikasi ini dibuat dengan Visual Basic6.0 dan Ms Access. Cocok untuk referensi program KerjaPraktek(KP), contoh Tugas Akhir(TA) dan contoh Skripsimahasiswa Informatika.

Harga Pesan Baru Source Code program ini: Rp. 1.700.000,-(Standar TA/ Skripsi)

Harga Pesan Baru Source Code program ini: Rp. 3.000.000,-(Standar Bisnis Nyata)

13

Pesan Program Skripsi: Sistem Informasi PenjualanAksesori Komputer Lengkap : Aplikasi ini dibuat denganVisual Basic 6.0 dan Ms Access. Cocok untuk referensi programKerja Praktek(KP), contoh Tugas Akhir(TA) dan contoh Skripsimahasiswa Informatika.

Harga Pesan Baru Source Code program ini: Rp. 1.500.000,-(Standar TA/ Skripsi)Harga Pesan Baru Source Code program ini: Rp. 3.000.000,-(Standar Bisnis Nyata)

14

Pesan Program Skripsi: Sistem Informasi PenjualanBuku pada Toko Buku : Aplikasi ini dibuat dengan VisualBasic 6.0 dan Ms Access. Cocok untuk referensi program KerjaPraktek(KP), contoh Tugas Akhir(TA) dan contoh Skripsimahasiswa Informatika.

Harga Pesan Baru Source Code program ini: Rp. 1.700.000,-(Standar TA/ Skripsi)Harga Pesan Baru Source Code program ini : Rp. 3.000.000,-

Page 30: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

30

(Standar Bisnis Nyata)

15

Pesan Program Skripsi: Sistem Informasi PenjualanHandPhone (HP) dan Voucher Pulsa : Aplikasi ini dibuatdengan Visual Basic 6.0 dan Ms Access. Cocok untuk referensiprogram Kerja Praktek(KP), contoh Tugas Akhi r(TA) dan contohSkripsi mahasiswa Informatika.

Harga Pesan Baru Source Code program ini: Rp. 1.500.000,-(Standar TA/ Skripsi)Harga Pesan Baru Source Code program ini: Rp. 3.000.000,-(Standar Bisnis Nyata)

Setelah transfer Source Code akandikirim ke Email Anda.

Biaya Workshop (Private) : Rp. 1.500.000, - diYogyakarta, Anda akan diajari teknik membuat

Program yang ada di daftar. (biaya sudah termasuk 1Source Code Program)

*** Jika kamu ingin memesan model Kode ProgramAplikasi Baru (Konsep dari Anda), kami akankenakan biaya minimal Rp. 1.500.000,- ***

Untuk mendapatkan No Rekening transfer, silahkan kirim emailseperti contoh. Atau, Live Order dengan mengirim SMS

SMS Live Order: 0838 6716 1314.

Page 31: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

31

Contoh pesan SMS "kan Bunafit, minta No Rekening buatpembayaran Sc Perpustakaan VB6 ". Kami akan segera membalas.

Jika Anda tertarik pada salah satu aplikasi, silahkan kirimkan kealamat email kami :

CONTOH EMAIL PEMESANAN

Tujuan Email

Subjek Surat Pesan Program Visual Basic 6.0

Isi Surat

Pesan surat Anda di sini ...........

Identitas Pemesan :1. Nama Lengkap : ?2. Mahasiswa Mana ? dan No HP aktif ??

Koleksi Buku dari Penerbit GAVAMEDIA , YogyakartaPenulis : Bunafit Nugroho, dan Indah Indriyanna

Harga: Rp. 57.500,- Harga: Rp. 65.500,- Harga: Rp. 36.500,-

Page 32: 36196476 Visual Basic 6 0 Panduan Tugas Akhir Membuat Sistem Informasi Penjualan Barang

32

Harga: Rp. 67.500,- Harga: Rp. 66.500,- Harga: Rp. 49.500,-

Harga: Rp. 49.500,- Harga: Rp. 33.500,- Penerbit ANDI