3. tesis bayu kusumo nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21...

19
viii ABSTRAK PENGEMBANGAN MODEL PEMILIHAN RUTE JALAN TOL BALI MANDARA DENGAN REGRESI LOGISTIK Dengan adanya jalan tol Bali Mandara diharapkan bisa meningkatkan aksesibilitas dan mengurai kemacetan yang sebelumnya sering terjadi di ruas jalan By-pass Ngurah Rai, serta memberi manfaat signifikan bagi masyarakat wilayah sekitar. Jalan tol ini menghubungkan antara tiga lokasi utama pulau Bali yaitu Nusa Dua, Kecamatan Denpasar Selatan (Benoa) dan Bandara Internasional Ngurah Rai. Dalam melakukan perjalanan, pengguna jalan akan dihadapkan oleh faktor-faktor yang akan mempengaruhi dalam pemilihan rute. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel yang berpengaruh terhadap pemilihan rute jalan tol Bali Mandara, mengembangkan model pemilihan rute jalan tol dengan menggunakan regresi logistik, dan menganalisis probabilitas dari masing-masing variabel yang berpengaruh terhadap pemilihan rute jalan tol. Data primer diperoleh dari survei dengan menyebarkan kuesioner kepada pengendara di tiga lokasi utama ini (Benoa, Bandara Ngurah Rai dan Nusa Dua). Kuesioner terdiri dari beberapa item yang terdiri dari variabel sosial ekonomi dan persepsi pengguna jalan terhadap penggunaan jalan tol Bali Mandara. Penelitian ini menggunakan metode Principal Component Analysis (PCA) untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pada pemilihan rute Jalan Tol Bali Mandara. Selain itu, model regresi logistik dibangun untuk mengetahui proporsi pemilihan rute pada jalan tol Bali Mandara atau jalan By-pass Ngurah Rai. Adapun bentuk model pemilihan rute jalan tol Bali Mandara adalah sebagai berikut: = 2.861-0.235X1(1)+0.951X2(1)-0.014X2(2)+0.093X2(3)-0.890X3(1) -2.267X4(1)-0.994X4(2)- 2.267F1(1)-1.863F1(2) Variabel atau faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan jalan tol Bali Mandara bagi pengguna kendaraan bermotor yaitu pendapatan keluarga perbulan (X3), jarak tempuh harian rata-rata (X4), dan faktor kenyamanan dan keamanan (F1). Penelitian ini dapat dikembangkan lagi dengan menggunakan variabel bebas yang lain, karena masih ada beberapa variabel lain yang dapat menjelaskan sekitar 67% variabel bebas yang belum dianalisis pada pengembangan model dalam penelitian ini, sehingga didapat hasil pemodelan yang lebih akurat serta dapat digunakan sebagai pembanding. Kata Kunci: jalan tol, pemilihan rute, regresi logistik

Upload: trinhkiet

Post on 29-May-2019

224 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

viii

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MODEL PEMILIHAN RUTE JALAN TOL BALI MANDARA DENGAN REGRESI LOGISTIK

Dengan adanya jalan tol Bali Mandara diharapkan bisa meningkatkan

aksesibilitas dan mengurai kemacetan yang sebelumnya sering terjadi di ruas jalan By-pass Ngurah Rai, serta memberi manfaat signifikan bagi masyarakat wilayah sekitar. Jalan tol ini menghubungkan antara tiga lokasi utama pulau Bali yaitu Nusa Dua, Kecamatan Denpasar Selatan (Benoa) dan Bandara Internasional Ngurah Rai. Dalam melakukan perjalanan, pengguna jalan akan dihadapkan oleh faktor-faktor yang akan mempengaruhi dalam pemilihan rute. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel yang berpengaruh terhadap pemilihan rute jalan tol Bali Mandara, mengembangkan model pemilihan rute jalan tol dengan menggunakan regresi logistik, dan menganalisis probabilitas dari masing-masing variabel yang berpengaruh terhadap pemilihan rute jalan tol.

Data primer diperoleh dari survei dengan menyebarkan kuesioner kepada pengendara di tiga lokasi utama ini (Benoa, Bandara Ngurah Rai dan Nusa Dua). Kuesioner terdiri dari beberapa item yang terdiri dari variabel sosial ekonomi dan persepsi pengguna jalan terhadap penggunaan jalan tol Bali Mandara. Penelitian ini menggunakan metode Principal Component Analysis (PCA) untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pada pemilihan rute Jalan Tol Bali Mandara. Selain itu, model regresi logistik dibangun untuk mengetahui proporsi pemilihan rute pada jalan tol Bali Mandara atau jalan By-pass Ngurah Rai.

Adapun bentuk model pemilihan rute jalan tol Bali Mandara adalah sebagai berikut:

= 2.861-0.235X1(1)+0.951X2(1)-0.014X2(2)+0.093X2(3)-0.890X3(1)

-2.267X4(1)-0.994X4(2)- 2.267F1(1)-1.863F1(2) Variabel atau faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan jalan tol Bali Mandara bagi pengguna kendaraan bermotor yaitu pendapatan keluarga perbulan (X3), jarak tempuh harian rata-rata (X4), dan faktor kenyamanan dan keamanan (F1). Penelitian ini dapat dikembangkan lagi dengan menggunakan variabel bebas yang lain, karena masih ada beberapa variabel lain yang dapat menjelaskan sekitar 67% variabel bebas yang belum dianalisis pada pengembangan model dalam penelitian ini, sehingga didapat hasil pemodelan yang lebih akurat serta dapat digunakan sebagai pembanding.

Kata Kunci: jalan tol, pemilihan rute, regresi logistik

Page 2: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

ix

ABSTRACT

ROUTE SELECTION MODELLING OF BALI MANDARA TOLL ROAD BY USING LOGISTICS REGRESSION

The Bali Mandara toll road is intended to improve the accessibility and to reduce traffic congestion existed on the arterial road of Bypass Ngurah Rai. In addition, the neighbour society may benefit from the construction of the toll road. This toll road connects among three main locations of southern Bali Island (i.e. Nusa Dua), South Denpasar District (i.e. Benoa) and Ngurah Rai International Airport. Motorist will be faced by factors that will influence in route selection. The purpose of this research are to analyze the influencing factors on selecting route of Bali Mandara toll road, modeling the route selection of Bali Mandara toll road using logistic regression, and to analyze the probability of each variable on route selection of toll route.

The primary data is obtained from the survey by distributing questionnaires to motorists in these three main locations (i.e. Nusa Dua, Benoa and Ngurah Rai Airport). The questionnaire consists of several items including socio-economic variables and road user's perception towards the use of Bali Mandara toll road. This study employs a Principal Component Analysis (PCA) to analyse the influencing factors on selecting route of Bali Mandara toll road. In addition, a logistic regression model is constructed to investigate the proportion of route selection on either Bali Mandara toll road or the arterial road of Bypass Ngurah Rai.

The model constructed in accordance to these three surveyed locations are as follows:

= 2.861-0.235X1(1)+0.951X2(1)-0.014X2(2)+0.093X2(3)-0.890X3(1)

-2.267X4(1)-0.994X4(2)-2.267F1(1)-1.863F1(2)

The study found that the influencing factors of motorists to select route of Bali Mandara toll road are monthly income (X3), the average daily of travel distance (X4), and safety and security factor (F1). This research can be developed by using other independent variables, because there are still some other variables that can explain about 67% of independent variables that have not been analyzed in the modelling of route selection.

Keywords: toll road, route selection, logistic regression

Page 3: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

x

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN................................................................................ iii

LEMBAR PENETAPAN PANITIA PENGUJI ................................................. iv

SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT .................................................... v

UCAPAN TERIMAKASIH ............................................................................ vi

ABSTRAK ....................................................................................................... viii

ABSTRACT ....................................................................................................... ix

DAFTAR ISI ....................................................................................................... x

DAFTAR GAMBAR ....................................................................................... xiv

DAFTAR TABEL ............................................................................................. xv

DAFTAR ISTILAH ......................................................................................... xvi

BAB I PENDAHULUAN ................................................................................... 1

1.1 Latar Belakang ....................................................................................... 1

1.2 Rumusan Masalah .................................................................................. 5

1.3 Tujuan Penelitian ................................................................................... 6

1.4 Manfaat Penelitian ................................................................................. 6

1.5 Batasan Penulisan .................................................................................. 7

BAB II TINJAUAN PUSTAKA ......................................................................... 9

2.1 Pengertian Jalan Tol ............................................................................... 9

2.1.1 Syarat-syarat Jalan Tol .............................................................. 10

2.1.2 Spesifikasi Jalan Tol .................................................................. 10

2.2 Proses Pemilihan Rute ......................................................................... 11

2.3 Faktor Penentu Pemilihan Rute............................................................ 15

2.5 Metode Analisis Komponen Utama ..................................................... 16

Page 4: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

xi

2.5.1 Pengertian Analisis Komponen Utama ...................................... 16

2.5.2 Tujuan Analisis Komponen Utama ........................................... 18

2.5.3 Tahapan Analisis Komponen Utama ......................................... 18

2.5.4 Model Matematis dan Penjabaran Proses Analisis Komponen

Utama ......................................................................................... 20

2.5.5 Penggunaan Software SPSS 23.0 untuk Proses Analisis Faktor

Komponen Utama ...................................................................... 31

2.4 Model Analisis Pemilihan Rute ........................................................... 31

2.6 Analisis Regresi ................................................................................... 34

2.6.1 Regresi Logistik Biner ............................................................... 36

2.6.2 Desain dan Analisis Variabel Dummy ...................................... 38

2.6.3 Bentuk Umum Regresi Logistik ................................................ 39

2.6.4 Maximum Likelihood untuk Penentuan Parameter Model

Logistik ...................................................................................... 42

2.6.5 Bentuk Umum Regresi Logistik Uji Kelayakan Model

(Goodness of Fit) ....................................................................... 45

2.6.6 Kalibrasi dan Validasi ............................................................... 47

2.6.7 Rasio Odds dan Probabilitas ...................................................... 47

2.6.8 Penggunaan Software SPSS 23.0 untuk Pemodelan Regresi

Logistik ...................................................................................... 50

2.7 Teknik Sampling .................................................................................. 50

2.8 Rancangan Kuesioner .......................................................................... 55

BAB III KERANGKA BERPIKIR DAN KONSEP PENELITIAN ................ 57

3.1 Kerangka Berpikir ................................................................................ 57

3.2 Konsep ................................................................................................. 59

Page 5: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

xii

BAB IV METODE PENELITIAN ................................................................... 60

4.1 Rancangan Penelitian ........................................................................... 60

4.2 Lokasi Penelitian .................................................................................. 63

4.3 Penentuan Sumber Data ....................................................................... 63

4.4 Variabel Penelitian ............................................................................... 67

4.5 Pengujian Instrumen Penelitian ........................................................... 70

4.6 Analisis Data ........................................................................................ 73

4.6.1 Analisis Komponen Utama Persepsi Pengguna Jalan Dalam

Menggunakan Jalan Tol ............................................................. 73

4.6.2 Analisis Pemilihan Rute dengan Model Regresi Logistik ......... 74

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN ............................................................ 78

5.1 Uji Validitas dan Reliabilitas ............................................................... 78

5.2 Karakteristik Responden ...................................................................... 79

5.2.1 Karakteristik Sosial Ekonomi .................................................... 79

5.2.2 Persepsi Pengguna Jalan Terhadap Jalan Tol Bali Mandara ..... 83

5.3 Penyusunan Model ............................................................................... 85

5.3.1 Analisis Komponen Utama/Principal Component Analysis...... 86

5.3.2 Kalibrasi ..................................................................................... 87

5.3.3 Validasi Model .......................................................................... 92

5.3.4 Prediksi ...................................................................................... 95

BAB VI SIMPULAN DAN SARAN ................................................................ 97

6.1 Simpulan .............................................................................................. 97

6.2 Saran .................................................................................................... 98

DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 100

LAMPIRAN . . .. . 103

Lampiran A Formulir Survei ... ... . 103

Page 6: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

xiii

Lampiran B Output SPSS 23.0 Uji Validitas dan Reliabilitas

Kuesioner . .106

Lampiran C Output SPSS 23.0 Analisis Komponen Utama .......109

Lampiran D Output SPSS 23.0 Analisis Regresi Logistik .116

Page 7: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

xiv

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Hubungan Antara Variabel Dan Faktor...................................... 17

Gambar 2.2 Ilustrasi Metode Rotasi Orthogonal Dan Oblique ...................... 29

Gambar 2.3 Grafik Regresi Logistik .............................................................. 37

Gambar 3.1 Konsep Penelitian ....................................................................... 59

Gambar 4.1 Rancangan Penelitian ................................................................. 62

Gambar 5.1 Persentase Jenis Kelamin Responden......................................... 80

Gambar 5.2 Jumlah Anggota Keluarga Responden ....................................... 81

Gambar 5.3 Pendapatan Keluarga Perbulan Responden ................................ 82

Gambar 5.4 Jarak Tempuh Harian Rata-Rata yang Dilalui Responden ......... 83

Page 8: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

xv

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Pengelompokan Metode Pemilihan Rute ....................................... 32

Tabel 2.2 Pengelompokan metode pemilihan rute ......................................... 46

Tabel 2.3 Jumlah sampel berdasarkan jumlah populasi ................................. 54

Tabel 4.1 Pengkodean Variabel ..................................................................... 69

Tabel 5.1 Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Penelitian ............. 78

Tabel 5.2 Persepsi Pengguna Jalan Terhadap Jalan Tol Bali Mandara .......... 84

Tabel 5.3 PCA dan Analisis Keandalan dari Variabel Persepsi ..................... 86

Tabel 5.4 Skor Komponen ............................................................................. 86

Tabel 5.5 Hasil Kalibrasi model ..................................................................... 87

Tabel 5.6 Estimasi nilai koefisien variabel .................................................... 89

Tabel 5.7 Signifikansi model ......................................................................... 92

Tabel 5.8 Koefisien determinasi model (R2) .................................................. 92

Tabel 5.9 Uji Hosmer-Lemeshow .................................................................. 94

Tabel 5.10 Akurasi Proporsi Data dan Model .................................................. 94

Page 9: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

xvi

DAFTAR ISTILAH

Analisis

Regresi

= Studi dalam menjelaskan dan mengevaluasi hubungan

antara suatu peubah bebas (independent variable) dengan

satu peubah tak bebas (dependent variable) dengan tujuan

untuk mengestimasi dan atau meramalkan nilai peubah

tak bebas didasarkan pada nilai peubah bebas yang

diketahui.

Bartlett Test of

Spericity

= Fungsi Statistik untuk menguji apakah matriks korelasi

tersebut merupakan matriks identitas atau bukan.

Data Primer = Data dari hasil survei wawancara.

Data Skunder = Data yang didapatkan dari kantor/instansi terkait.

Eigen value = Jumlah kuadrat muatan faktor, yang menyatakan nilai

komunitas variabel awal untuk membentuk satu faktor.

Kalibrasi = Proses perhitungan untuk menentukan nilai parameter

(konstanta dan koefisien) dari suatu model.

KMO = Kaiser-Meyer-Olkin, ukuran kecukupan sampling

Komunalitas = Proporsi keragaman peubah asal ke-i yang dapat

dijelaskan oleh faktor umum, dan sisanya yang tidak dapat

dijelaskan oleh faktor umum dijelaskan oleh faktor khusus

yang melalui ragam khusus.

MSA = Measure of Sampling Adequancy, fungsi statistik untuk

menghitung ukuran kecukupan sampling masing-masing

variabel.

Odds = Peluang atau probabilitas atau kemungkinan. Odds suatu

kejadian digambarkan sebagai peluang dari suatu

peristiwa yang terjadi dibagi oleh peluang dari kejadian

yang tidak terjadi.

Page 10: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

xvii

PCA = Principal Component Analysis/Analisis Komponen

Utama, teknik yang digunakan untuk menyederhanakan

suatu data, dengan cara mentransformasi data secara linier

sehingga terbentuk sistem koordinat baru dengan varian

maksimum

Regresi = Salah satu metode untuk menentukan tingkat pengaruh

suatu variabel terhadap variabel yang lain.

Regresi

Logistik

= Bagian dari analisis regresi yang digunakan ketika

variabel dependen (respon) merupakan variabel dikotomi

(terdiri dari dua nilai yang mewakili kemunculan atau

tidaknya suatu kejadian yang biasanya diberi angka 0 atau

1).

Rotasi faktor

varimax

= Metode rotasi orthogonal untuk meminimalisasi jumlah

indikator yang mempunyai factor loading tinggi pada tiap

faktor.

Simpangan

Baku

= Ukuran-ukuran keragaman (variasi) data statistik.

SPSS = Statistical Product and Service Solutions, program

komputer yang dipakai untuk analisis statistika.

Validasi = Ketepatan dan kecermatan dari suatu alat ukur dalam

mengukur data

Variabel = Atribut seseorang atau obyek yang mempunyai variasi

antara satu orang dengan orang lainnya atau dari suatu

obyek dengan obyek lainnya.

Variabel

Dummy

= Variabel simbol (variabel boneka), merupakan variabel

buatan yang dinyatakan dalam bentuk kode yang biasanya

digunakan untuk mengkuantifikasikan data kualitatif.

Variabel Laten = variabel yang nilai kuantitatifnya tidak dapat diketahui

secara tampak

Page 11: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

xviii

Varian = ukuran variabilitas data, semakin besar nilai varian berarti

semakin tinggi fluktuasi data antara satu data dengan data

yang lain

Page 12: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

1

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pembangunan infrastruktur transportasi pada sebuah wilayah atau daerah

diyakini selalu dapat membantu daerah dan masyarakat dalam mengembangkan

perekonomian. Secara langsung infrastruktur akan mempermudah pergerakan

ataupun mobilitas kegiatan masyarakat baik ekonomi maupun sosial. Hal ini juga

terjadi karena terdapat peningkatan aksesibilitas dalam sistem transportasi akibat

pembangunan infrastruktur baru. Semakin baik sarana dan prasarana transportasi

maka semakin baik pula potensi perkembangan yang mungkin akan dicapai

dalam suatu wilayah. Sektor transportasi wilayah menjadi hal yang sangat vital

dalam proses perkembangan wilayah. Pembangunan sarana dan prasarana oleh

pemerintah daerah berpengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi (Kuncoro,

2004).

Provinsi Bali memiliki jalan tol di atas permukaan laut Bali Mandara

diresmikan pada akhir tahun 2013. Jalan tol ini memiliki panjang total 12,7 km

dan sebagian besar berada di atas laut. Dengan adanya jalan tol Bali Mandara

diharapkan bisa meningkatkan aksesibilitas dan mengurai kemacetan yang

sebelumnya sering terjadi di ruas jalan By-pass Ngurah Rai, serta memberi

manfaat signifikan bagi masyarakat wilayah sekitar. Jalan tol ini menghubungkan

selatan Pulau Bali (Nusa Dua) dengan wilayah Kecamatan Denpasar Selatan,

1

Page 13: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

2

tepatnya kawasan Pelabuhan Benoa. Selain kedua wilayah tersebut, jalan tol ini

juga diberikan akses menuju Bandara Internasional Ngurah Rai.

Sebelum adanya jalan tol Bali Mandara, By-pass Ngurah Rai merupakan

satu-satunya jalan arteri primer yang menghubungkan arus lalu lintas orang dan

barang dari Bandara Ngurah Rai menuju Nusa Dua. Lalu lintas pada jalan ini

masih tercampur dan banyak hambatan samping berupa kawasan komersial yang

menurunkan tingkat pelayanan, kenyamanan dan keamanan lalu lintas yang

melewati rute tersebut. Kondisi lalu lintas pada jalan tersebut bisa dikatakan

buruk dengan tingkat pelayanan jalannya antara D sampai dengan F baik pada

ruas-ruas jalan By-pass Ngurah Rai dari/ke arah kawasan Nusa Dua maupun

dari/ke arah kota Denpasar (Darmendra, 2014), pada kondisi seperti itu akan

memerlukan waktu lebih lama untuk melintasinya. Keadaan tersebut jelas

menjadi penghambat perkembangan aktivitas ekonomi dan sosial seperti

pendistribusian orang dan barang di wilayah Bali Selatan. Dibangunnya jalan tol

Bali Mandara bertujuan untuk memberikan alternatif pelayanan dan dapat

meningkatkan tingkat pelayanan (level of service) jalan By-pass Ngurah Rai atau

setidaknya mengembalikan fungsi serta kedudukan semula pada ruas jalan

tersebut. Dengan análisis pemilihan rute diharapkan dapat menjadi referensi

untuk mengurangi beban lalu lintas pada jalan By-pass Ngurah Rai.

Dari persepsi pengguna jalan, jalan By-pass Ngurah Rai serta jalan tol

Bali Mandara tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing,

sehingga dalam melakukan perjalanan, pengguna jalan akan dihadapkan oleh

faktor-faktor yang akan mempengaruhi dalam pemilihan rute. Beberapa faktor

Page 14: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

3

yang mempengaruhi pada saat melakukan perjalanan diantaranya adalah jarak,

waktu, biaya (bahan bakar dan lainnya), kemacetan, antrian, jenis manuver yang

dibutuhkan, jenis jalan raya (jalan tol, arteri), pemandangan, kebiasaan,

kelengkapan rambu lalu lintas dan marka jalan, serta faktor-faktor lainnya. Selain

hal-hal tersebut kondisi sosial ekonomi juga dapat mempengaruhi perilaku

pengguna jalan dalam melakukan pergerakan. Pengguna jalan mempunyai atribut

sosial ekonomi yang berbeda-beda, sehingga perilaku perjalanannya juga akan

berbeda-beda dengan mempertimbangkan kondisi tersebut.

Penelitian yang berkaitan dengan pemilihan rute telah dilakukan

sebelumnya oleh beberapa peneliti, salah satunya yaitu Santjojo (2003) tentang

probabilitas pemilihan rute mobil penumpang. Variabel yang digunakan yang

digunakan dalam penelitiannya adalah variabel dengan skala numerik yaitu biaya

perjalanan dan waktu perjalanan. Dengan menggunakan metode regresi logistik

penelitian tersebut menunjukkan bahwa faktor waktu dan biaya menghasilkan

pengaruh sebesar 30,19% terhadap probabilitas pemilihan rute. Sehingga masih

ada variabel lainnya yang berpengaruh dalam probabilitas pemilihan rute.

Adiyasa (2012) dalam penelitiannya mengenai analisis faktor yang

mempengaruhi pengguna jalan tol, menjelaskan bahwa faktor pendapatan

pengguna jalan tol berpengaruh positif dan signifikan terhadap frekuensi

pengguna jalan dalam menentukan pilihannya untuk menggunakan jalan tol.

Pengaruh dari pendapatan pengguna jalan tol yaitu setiap kenaikan sebesar

Rp 1.000.000,-, maka frekuensi penggunaan jalan tol naik 5,263 kali per bulan.

Sedangkan faktor waktu tempuh berpengaruh signifikan terhadap frekuensi

Page 15: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

4

pengguna jalan yaitu semakin kecil waktu tempuh jalan tol semakin besar

frekuensi pengguna jalan dalam menentukan pilihannya untuk menggunakan

jalan tol sebagai pilihan rute perjalanannya. Pengaruh dari waktu tempuh yaitu

setiap bertambahnya waktu tempuh sebesar 1 (satu) menit maka frekuensi

pengguna jalan akan berkurang sebesar 0,756 kali per bulan. Metode yang

digunakan pada penelitian tersebut yaitu metode regresi linier sederhana

(Ordinary Least Square/OLS).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode statistik regresi

logistik. Analisis regresi logistik digunakan untuk menjelaskan hubungan antara

variabel respon yang berupa data dikotomik/biner dengan variabel bebas yang

berupa data berskala interval dan/atau kategorik (Hosmer dan Lemeshow, 1989).

Variabel yang dikotomik/biner adalah variabel yang hanya mempunyai dua

kategori saja, yaitu kategori yang menyatakan kejadian sukses atau dalam

penelitian ini dikatakan menggunakan jalan tol (Y=1), dan kategori yang

menyatakan kejadian gagal atau tidak menggunakan jalan tol (Y=0). Metode

statistik ini cukup kuat karena memiliki beberapa kelebihan antara lain, mampu

mengkoversi koefisien regresi menjadi rasio odds, dan mampu memprediksi

probabilitas pengguna kendaraan bermotor secara individu berdasarkan nilai-

nilai sejumlah variabel bebas dengan model yang terbentuk. Variabel bebas

dalam regresi logistik bisa campuran dari variabel kontinyu, diskrit, dan

dikotomis. Regresi logistik merupakan regresi non linier, digunakan untuk

menjelaskan hubungan antara X dan Y yang bersifat tidak linier, ketidak

Page 16: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

5

normalan sebaran Y, keragaman respon tidak konstan yang tidak dapat dijelaskan

dengan model regresi linier biasa (Agresti, 1996).

Berdasarkan penjelasan-penjelasan permasalahan tersebut, maka perlu

adanya penelitian dengan variabel yang berbeda mengenai probabilitas pemilihan

rute jalan tol dengan menggunakan regresi logistik. Variabel terikat pada

penelitian ini yaitu pemilihan rute jalan tol dan variabel bebasnya adalah persepsi

dengan pengguna jalan terhadap jalan tol dengan skala ordinal. Hal ini yang

membedakan dengan penelitian sebelumnya, mengingat persepsi dari pengguna

jalan merupakan faktor yang menentukan dalam pengambilan keputusan untuk

memilih rute. Metode Analisis Komponen Utama/Principal Component Analysis

(PCA) digunakan untuk menyederhanakan banyaknya data persepsi pengguna

jalan dengan mereduksi dimensi data tanpa mengurangi karakteristik data

tersebut secara signifikan, sehingga dapat diketahui faktor apa yang signifikan

berpengaruh terhadap penggunaan jalan tol.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan penjelasan pada bagian sebelumnya, dapat dirumuskan

permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini, yaitu:

1. Apa saja variabel yang berpengaruh terhadap penggunaan jalan tol Bali

Mandara?

2. Bagaimanakah pengembangan model pemilihan rute jalan tol Bali Mandara

dengan menggunakan regresi logistik?

3. Bagaimanakah probabilitas dari masing-masing variabel yang berpengaruh

terhadap pemilihan rute jalan tol?

Page 17: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

6

1.3 Tujuan Penelitian

Sebagai dasar pelaksanaan studi harus dilandasi suatu tujuan yang

dijadikan acuan dalam studi ini, yaitu:

1. Menganalisis variabel yang berpengaruh terhadap penggunaan jalan tol Bali

Mandara.

2. Mengembangkan model pemilihan rute jalan tol dengan variabel-variabel

yang mempengaruhinya menggunakan regresi logistik.

3. Menganalisis probabilitas dari masing-masing variabel yang berpengaruh

terhadap pemilihan rute jalan tol.

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Hasil dari penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk menganalisis hubungan

sebab akibat dengan faktor-faktor yang berpengaruh signifikan, sehingga

dapat digunakan untuk memprediksi suatu kejadian baik memilih/tidak

memilih rute jalan tol.

2. Bagi praktisi/instansi terkait adalah sebagai tambahan informasi kepada

pihak-pihak terkait tentang model pemilihan rute jalan tol serta dapat

mempermudah menggambarkan kondisi nyata di lapangan dalam bentuk

matematis, sehingga bisa menjadi control untuk meningkatkan kualitas

layanan dan dapat dijadikan sebagai referensi dalam rangka pemecahan

masalah.

Page 18: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

7

3. Bagi Perguruan Tinggi, penelitian ini diharapkan dapat memperkaya

khasanah penelitian di bidang transportasi.

4. Bagi Peneliti adalah sebagai bahan acuan untuk peneliti dan pengembangan

selanjutnya pada bidang transportasi.

1.5 Batasan Penulisan

Perencanaan transportasi merupakan permasalahan dengan cakupan yang

luas, dengan keterbatasan waktu dan kemampuan penulis, sehingga perlu

ditetapkan sejumlah batasan masalah untuk studi ini, antara lain:

1. Lokasi/objek penelitian dilaksanakan pada jalan tol Bali Mandara.

2. Metode analisis yang digunakan untuk menentukan model hubungan antara

variabel bebas dan tidak bebas dalam penelitian ini adalah dengan

pendekatan statistik yaitu dengan regresi logistik, karena variabel tidak

bebas di dalam penelitian ini berupa kategori (memilih dan tidak memilih)

yang bersifat biner (binary) (Washington, et al., 2003). Selain itu dilakukan

juga analisis komponen utama untuk mereduksi variabel yang dianalisis.

3. Data variabel bebas yang diperhitungkan dalam studi ini meliputi data sosial

ekonomi dan data persepsi dari pengguna jalan tol.

4. Karakteristik dari masing-masing rute tidak diperhitungkan.

5. Analisis yang dilakukan adalah pada kendaraan pribadi dengan kategori

mobil pribadi, sedan, jeep, pick up, serta sepeda motor.

Page 19: 3. Tesis Bayu Kusumo Nugroho (final) - sinta.unud.ac.id filel[ $%675$&7 5287( 6(/(&7,21 02'(//,1* 2) %$/, 0$1'$5$ 72// 52$' %< 86,1* /2*,67,&6 5(*5(66,21 7kh %dol 0dqgdud wroo urdg

8

6. Jumlah sampel yang diambil didasarkan pada volume lalu lintas harian rata-

rata pada jalan tol Bali Mandara. Dalam hal ini satu kendaraan dianggap satu

orang/pengemudinya saja.